Monday, November 16, 2009

Misteri Ular Terbang - Mitos atau fakta

Konon di hutan Kalimantan yang misterius, para penduduk sekitar menceritakan mengenai adanya ular yang biasa terbang dan hinggap di kepala manusia untuk menyantapnya. Di Lombok, ada kisah mengenai ular Berare yang disebut-sebut juga sebagai ular terbang. Apakah makhluk yang disebut ular terbang hanya sebuah mitos ataukah memang ada di dunia nyata ?

Ular terbang ternyata bukan sekedar mitos. Makhluk ini juga telah terdokumentasi dengan baik oleh dunia sains. Namun pada awal penampakannya, bahkan para zoologyst asingpun tidak dapat mempercayainya. Sebenarnya ular ini tidak benar-benar terbang, namun nama ini telah melekat pada hewan yang satu ini selama lebih dari 100 tahun.

Laporan mengenai ular terbang di Indonesia pertama kali diceritakan oleh para Misionaris asing yang bekerja di Sumatera.

Pada suatu hari di tahun 1833, seorang sesepuh penduduk lokal di Sumatera mendatangi dua misionaris barat yang sedang bekerja di sana untuk menceritakan pengalaman anehnya.

Sesepuh yang bernama Tam Basar itu bersumpah bahwa ia dan para penduduk lainnya pernah melihat ular yang sedang terbang di udara. Takut dengan bahaya yang mungkin ditimbulkannya, mereka segera membunuh ular itu sesaat setelah mendarat di dekat mereka.

Kedua misionaris barat itu tidak begitu saja mempercayai kisah itu. Namun Tam Basar bersikeras bahwa ia menceritakan hal yang sesungguhnya. Ia juga menambahkan bahwa ular itu memiliki panjang sekitar 1,2 meter dan tidak memiliki sayap.

Satu tahun kemudian, pada Januari 1834, salah satu diantara misionaris tersebut, NM Ward, sedang berjalan melewati hutan dekat sungai Pedang Bessie, sekitar 1,6 km dari lokasi dimana Tam basar melihat ular terbang.

Ia dan teman seperjalanannya berhenti sebentar untuk mempelajari sebuah pohon tinggi di dekat situ. Ketika mereka melihat ke atas, mereka begitu terkejut karena melihat seekor ular yang sedang terbang, persis seperti yang diceritakan oleh Tam Basar. Ular itu terlihat bergerak dengan cepat di udara di bawah pohon tempat mereka berdiri.

Ward kemudian menceritakan pengalamannya dalam surat kabar "Missionary Herald" edisi Maret 1841. "Dengan demikian, aku menjadi yakin dengan adanya ular terbang. Para penduduk lokal yang mengenal wilayah hutan di situ juga mengetahui fakta ini dengan jelas." Katanya.

Walaupun kedengarannya aneh, namun sekarang kita bisa mengetahui bahwa di Asia Tenggara paling tidak ada lima spesies "ular terbang". Ular-ular tersebut sebenarnya tidak terbang, melainkan meluncur atau melompat dan keberadaan ular ini bahkan sudah dibuktikan dengan beberapa foto dan rekaman video.

Di bawah ini adalah ular terbang jenis Chrysopelea Pelias :

Di bawah ini adalah ular terbang jenis Chrysopelea Ornata :


Ini adalah foto ular terbang dari jenis Chrysopelea Paradisi ketika sedang take off. Tubuhnya yang membentuk huruf S membantunya untuk memberikan daya dorong yang lebih kuat :


Ular-ular jenis Chrysopelea ini termasuk ular yang memiliki bisa. Namun bisa racun pada ular jenis ini tidak mematikan bagi manusia.

Jadi misteri ular terbang Indonesia sebenarnya sudah tersingkap dengan jelas. Hewan ini benar-benar ada dan hidup sampai sekarang. Bahkan bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di negara Asia dan Amerika.

Namun soal ular di Kalimantan yang katanya menyantap kepala orang, hmm...saya tidak tahu pasti.

Walaupun cerita ini singkat, tapi menambah pengetahuan kan ?

Lihat video dari NatGeo berikut ini:

 

(forteantimes.com, flyingsnake.org)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

50 comments:

  1. ruarrrrrrrrrrrrrr biasa, sungguh sebuah ciptaan Tuhan yang apik bangeth.
    salut bangeth buat enigma yang selalu berhasil menyingkap setiap tabir mistery yang ditemuinya.
    salam.

    ReplyDelete
  2. Malah sebaliknya, orang yang hinngap dikepala ular dan menyantapnya. Buat obat kuat ha ha ha

    ReplyDelete
  3. enigma......memang blog misteri no 1 di indonesia....slu saja menampilkan artikel yang bermanfaat bagi kita semua.....thanks...yach........

    ReplyDelete
  4. kok yg ular huruf S itu di foto nya kayak ada muka orang yak

    ReplyDelete
  5. Benar2 blog terdepan di Indonesia dalam masalah misteri..
    saluuuttt...!!!

    ReplyDelete
  6. to emiro: iya ya, bener setelah diperhatiin jadi merinding. hahaha

    ReplyDelete
  7. secara ilmiah ular tersebut bukan TERBANG melainkan LONCAT..
    gak mungkin ular itu terbang
    ular siluman kaleeeeeeee

    ReplyDelete
  8. @rensen : ini memang tulisan selingan. lagi sibuk soalnya.

    @emiro : memang ada kepala orang, kalo kita mengira itu hantu jadi merinding. padahal itu foto kepala cewek yang pake kacamata di gedung lantai tinggi. Cuma fotonya gelap, jadi kayak hantu. haha

    ReplyDelete
  9. fotonya kok nggak meyakinkan... kayak di lempar ke udara trus di foto...

    ReplyDelete
  10. kereeeennn...berkali-kali baca seru abiez...

    ReplyDelete
  11. Waktu kecil dulu orang2 tua di tempat saya sering cerita soal ular yg bisa terbang atau lebih tepatnya melompat, katanya dulu sering terlihat..
    Tapi sekarang udah jarang..

    ReplyDelete
  12. lho--lho....kok bisa gt bang?wah unik.....btw cepet bgt posting lg?padahal aq aja masih blog walking...hehe

    ReplyDelete
  13. gw juga pernah liat tuh uler waktu masih kecil sih, ketika gw lagi main n jalan-jalan lewat sawah ada uler di atas pohon pisang n ketika uler itu ngeliat gw n fren eh.. itu uler lompat sejauh kurang lebih 3 s/d 5 meteran kepohon pisang yang lain kira-kira panjangnya uler itu 1,5 meter-an, jadi ngeri juga waktu itu langsung kabur deh kita semua...wiiiiii....takuuuut

    ReplyDelete
  14. aku juga demikian, waktu masih kecil pernah ketemu sama ular terbang itu. aku sdg merambah hutan mencari burung buat jadi sasaran tembak mainanku. eh, tau2 uler itu terbang dan mendarat tepat di depanku, lalu aku dan ular sama2 kaget dan teriak2 ... lalu kami kabur! cepet banget! shock gua!

    ReplyDelete
  15. sy pernah di ceritakan ortu ttg ular terbang di tanah betawi, dikenal dengan nama 'Braja', kalo lg terbang berwarna merah, dan biasanya stelah itu ada yg mati krn gigitan ular, dipercaya digigit oleh 'braja 'tsb..
    sy percaya ada makhluk sperti itu, dan sy tahu ortu sy bukan pembohong..

    ReplyDelete
  16. Umm....maaf nih, bukan bermaksud menghina... tapi Hehehe.. "ular terbang" ini sudah pernah diliput sama Discovery Channel kok... :) hehehe.... tapi blog enigma ini emang selalu saya ikuti tiap hari. Hahaha.. seperti baca koran saja! :) 2 thumbs up! :)

    ReplyDelete
  17. nice post,, tapi kalo Ularnya bisa terbang, gimana caranya?? kalo cuma loncat gimana isa setinggi itu?

    ReplyDelete
  18. Ternyata legenda2 dari daerah bisa jadi kenyataan juga ya?


    ______________
    vstmyblog

    http://nutsiesfashion.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Sy pribadi belum pernah melihat langsung ular "Berare" di Lombok itu, namun banyak orangtua di sana bercerita bahwa mereka pernah melihat langsung.

    ReplyDelete
  20. Mirooooooo!!! ini miro temen gw sd kan??? ini gw maria!!!

    ReplyDelete
  21. bung dulu pernah ada artikel cryptozoologi dalam kerangka legenda jawa, terbit di majalah berbahasa jawa joko lodhang, yang saya inget daerah banyuwangi bernama alas purwo banyak bentuk2 hewan yang aneh2 seperti ular tebang dan juga ular lebar biasa disebut ulo kloso / ular tikar...asik juga kalo ada penjelasn ilmiahnya

    ReplyDelete
  22. mas enigma coba liat kompas deh.
    Kayaknya ada cupachabra di Indonesia
    http://regional.kompas.com/read/xml/2009/11/16/22195326/ada.dua.lubang.gigitan.di.leher.sapi

    ReplyDelete
  23. ULAR KU JUGA BISA TERBANG, KALI....??

    ReplyDelete
  24. saya kira ular segede anaconda yg bisa terbang kyk naga di film2 itu..ternyata cuma gerakan melompat aja bukan terbang itu..

    ReplyDelete
  25. tapi cukup bikin aq merinding kalo tiba2 enak2 lagi jalan tiba2 tu ular lompat dengan indahnya kearahQ. mana cewekQ parno ma yang namanya Ular hehehehehehe ^^

    ReplyDelete
  26. oii bro gw copy neh posting nya yhaa

    tenang gw buat koq sumber nya

    boleh yhaa...

    ReplyDelete
  27. Kalau di Pulau Bali, kisah ular terbang ini ada ceritanya. Begini ceritanya... hiiiiik kayak mubuin anak. Ya begini, Pada jaman dahulu diceritakan bahwa ular yang paling ditakuti adalah ular Sanca, ular ini dipercaya ular yang paling besar dan bisanya sangat mematikan sayang ular ini agak bodoh, nah suatu ketika ular sanca di tantang berkelahi sama ular terbang ini (kalo di bali namanya ular Selem Pandan ular yang cerdik)dengan perjanjian siapa yang bisa mematikan pak tani itu, bisa yang kalah harus dikeluarkan. Ular sanca yang bodoh disuruh duluan menggigit seorang petani yang sedang mencangkul di sawah dan ular ini sekali menggigit pak tani langsung mati. Nah karena posisi pak tani saat digigit pas mencangkul jadi pak tani kelihatan masih hidup, dia dalam posisi berdiri dan di tahan oleh cangkul yang masih lengket ditanah. Nah Ular selem pandan ini berteriak dan mengatakan pak tani masih hidup dan dia masih berdiri, pada saat giliran ular selempandan (ular terbang)ular ini langsung meloncat dan menabrakkan tubuhnya di pak tani yang sudah mati itu, dan akhirnya paktani jatuh ketanah, dan ular terbang pun berkata bahwa aku paling hebat di dunia ini. Nah ular sanca udah terlanjur berjanji maka bisa yang dimiliki itu di muntahkan dan dimakanlah sama ular terbang. Mungkin pengasuh xfile-enigma tidak menjelaskan bisa yang di miliki ular terbang ini, kalo di bali ular ini sekali gigit pasti mangsannya langsung mati.

    ReplyDelete
  28. waktu kecil, saya pernah lihat ular terbang, dan dia langsung mendarat di air, nggak tahu kecil atau besar yang jelas heran aja, kok bisa?

    ReplyDelete
  29. Ariel 10 said...
    Iya benar kata OM Enigma lihat saja posisi ularnya.Itu posisi ular yang meloncat.

    ReplyDelete
  30. Lompat x Bukan Terbang!!?

    ReplyDelete
  31. hehehe.. sebenarny kan banyak ular yg bisa "terbang", dan rata2 ular pohon memang bisa melompat dari satu pohon ke pohon lain sehingga terlihat seperti terbang..
    salah satu yg paling terkenal adalah boomslang..
    tadi saya pikir bro enigma membahas ttg boomslang, tp ternyata bukan..

    keren bro, untuk menambah referensi buat yg menganggap ular terbang (selain naga) itu memang ada.. hehehehehe.. :p

    ReplyDelete
  32. Saya akan menyebut sesuatu hoax jika ada bukti yang kuat. Bukan cuma sekedar dugaan. Apa yang kamu sampaikan mengenai foto di atas sayangnya hanya sebuah dugaan yang tidak bisa dipakai untuk membuktikan sesuatu. Oh ya, baca definisi saya mengenai hoax di menu "about this blog" di bawah header.

    ReplyDelete
  33. gambar yang nomor 2 kayak ularnya lagi jatuh dari pohon ya.

    ReplyDelete
  34. klo gg salah dulu banget, pernah liat liputan ttg ular terbang di tvri.
    sbtulnya gg terbang, benar kata admin. ada yg lupa disebut tapi.
    keistimewaan dia melengkungkan badan untuk menangkap aliran udara.
    saat dia loncat, badannya hampit membentuk huruf U terbalik untuk menangkap alirn udara, itu ke istimewaannya.
    btw dia bukan terbang dari bawah/tanah, tapi loncat dari pohon ke pohon.

    ReplyDelete
  35. yah, yang penting burung saya tiddak terbang

    ReplyDelete
  36. He he, kalo orang di tempatku udah ga heran lagi, emang ada kata mbah2 dulu waktu masih buka hutan di daerahku, kalo pas lagi lompat bunyinya seperti pecut. Ceritanya mbahku kalo udah pas denger suara ini pada bungkuk/tiarap biar ga kena gigitannya. Tapi sekarang hampir ga pernah ditemukan lagi karena hutannya udah habis jadi pemukiman.

    ReplyDelete
  37. ya bener bgt tuh,, emang ada ko jenis ular sperti itu di kita

    ReplyDelete
  38. kalau ular tikar atau ulo kloso pernah dnger g
    mash penasaran nie
    soale orang tuaQu sering crita ndek alas purwo - banyuwangi ada
    tpi lum ada penjelasan ilmiahnya

    ReplyDelete
  39. Hai bang enigma saya org Kalimantan selatan Dan saya pernah mengalaminya sendiri,waktu saya kecil saya sering sekali main disemak2 buat mencari capung. Tiba2 saya dikejutkan ada ya ular yg berada dipundak saya. Saya menjerit ketakutan, terus orangtua Dan paman2 saya pada mau melepaskan ular itu Dari badan saya. Ternyata ular itu bisa melompat jauh sekitar 3 meter. Waktu dikejar paman saya ternyata ular itu udah Ada diujung pohon mangga. Ular itu kecil ukurannya sekitar 50 cm

    ReplyDelete
  40. enigma memang best punye

    ReplyDelete
  41. ular itu sih bukan misteri..memang ada..kl kami orang batak menamakannya "ulok dari sihim"..ular itu memang "terbang"..lebih tepatnya meluncur (gliding)..

    ReplyDelete
  42. Di Lombok ular yg paling mematikan itu adh ular berare.... bentuknya antara kadal dan ular...krn memiliki kaki.

    ReplyDelete
  43. Om enigma, saya bru ni. Suka bca tulisan2 om, jdi bca tulisan yg lama-lama juga. Tpi yg ini gmbar ny gk satu pun yg kaliatan om. Ni gmbar ny yg emng uda gk bisa di liat ato jringan sya yg lelet ya om??????

    ReplyDelete
  44. faktanya ular jenis viper ini memang ada, mampir di warung kita juga ya sablon gelas plastik di ciputat

    ReplyDelete
  45. Saya pernah tangkap ular jenis ini.
    Tidak bisa terbang tapi bisa lompat dan melayang... seperti jenis tupai terbang sugar glider.

    ReplyDelete
  46. klo dilombok uler terbang ini biasa dusebut uler berare. biasanya dukaitkan dgn hal yg berbau mistis. konon cerita uler ini jenis uler yg paling mematikan.

    ReplyDelete