Tuesday, December 8, 2009

Inbox: foto jejak kaki Lo'lok - makhluk misterius dari Minahasa

Beberapa waktu lalu, saya menulis mengenai makhluk Cryptozoology bernama Orang Pendek dari Sumatera. Saat itu, dari seorang pembaca bernama Farry, saya menerima informasi bahwa ia memiliki foto jejak kaki makhluk serupa dari Minahasa yang bernama Lo'lok. Saya memintanya untuk mengirim foto tersebut karena saya sekalian ingin menulis mengenai Lo'lok.


Ini email dari Farry (orang_wuwuk@yahoo.co.id) :

Hai mr. enigma,

Maaf baru kali ini ada kesempatan kirim foto jejak kaki Lo'loknya. Kalau tidak salah foto ini diambil menggunakan hp nokia 5310. Jejak kakinya ada di bawah tangga salah satu bangunan PDAM. Sengaja foto ini diambil dengan kaki orang dewasa supaya ada perbandingan antara kaki Lo'lok dengan kaki manusia normal.

(*notes enigma : Foto-foto di atas diperdebatkan keasliannya)

Dari informasi yang saya dapat, ternyata ada juga jejak kaki di bangunan mesin PDAM tapi sudah tidak terlalu jelas lagi. Jadi saya tidak ambil sampelnya.

Lo'lok di daerah saya selalu dikaitkan dengan mistik. Jadi setiap ada penampakan, orang-orang tidak terlalu peduli karena menurut mereka percuma saja dicari. Paling ujung-ujungnya tidak bakalan ketemu.


Dulu ada teman saya yang katanya "diculik" Lo'lok. Ia dibawa ke goa tempat kediaman Lo'lok. Menurut keterangannya, lubang pintu masuk ke dalam goa sangat kecil dan tidak mungkin bisa dimasuki oleh manusia normal. Tapi anehnya dengan bimbingan Lo'lok dia bisa masuk ke dalam.


Menurut cerita papa saya, pada zaman permesta, ada orang yang memiliki kemampuan yang tidak biasa. Katanya kemampuan ini adalah hasil pemberian Lo'lok. Jika ia menginginkan sesuatu, ia tinggal mengelus tangan kanannya dan semua yang diminta langsung keluar lewat telapak tangannya.


Kebetulan orang yang memiliki ilmu dari Lo'lok itu adalah teman kakek saya. Jadi kita mengetahui cerita ini karena ia sering main ke rumah saya. Menurutnya lagi, di dalam goa kediaman Lo'lok banyak harta karun dan benda-benda bertuah.


Teman saya yang berasal dari desa lain juga memberi informasi yang sama tentang Lo'lok. Menurutnya, apabila ada orang yang mencabut sehelai rambut Lo'lok, dia akan mencari orang itu sambil menangis dan memohon agar rambutnya dikembalikan. Dia tidak akan berhenti sebelum permintaannya terkabul. Kadang orang-orang mempergunakan kesempatan ini untuk meminta sesuatu dari Lo'lok.


Masih banyak cerita lainnya lagi dari penduduk yang membuat saya sakit kepala karena selalu saja dihubung-hubungkan dengan mistik. Cerita lain mengenai makhluk ini pasti mr.enigma sudah tahu. Semoga foto yang dikirim bisa bermanfaat untuk mr.enigma dan semua pengamat cryptozoology
.

Thanks


Bagi penggemar Cryptozoology, ini mungkin makhluk Cryptid yang belum anda ketahui. Selama ini, mungkin kita hanya pernah mendengar mengenai Orang pendek dari Sumatera.

Apabila dibandingkan dengan Orang pendek dari Sumatera, maka Lo'lok sangat kalah populer di dunia Cryptozoology. Coba anda mencari mengenai Lolok di google, maka anda tidak akan menemukan website/blog yang membahas soal makhluk ini.

Namun, setelah mencari beberapa lama, Saya menemukan informasi yang lumayan banyak mengenai Lo'lok di sebuah buku yang dipromosikan oleh google yang berjudul "Images of the Wildman in Southeast Asia : An Anthropological Perspective".

Di buku itu diceritakan bahwa pada abad ke-17, seorang pastor Katolik dari Perancis yang bekerja di Sulawesi bernama Nicolas Gervaise menceritakan bahwa pulau Sulawesi dipenuhi oleh "monyet dan Babon" yang agresif. Ada yang tidak berekor dan ada yang berjalan dengan empat kaki. Bahkan dalam catatan tersebut juga disebut adanya monyet putih yang berukuran besar.

Yang luar biasa dari catatan Gervaise adalah adanya kisah mengenai perilaku primata-primata ini yang lumayan aneh. Misalnya, ia menceritakan bahwa sekelompok primata di Makassar pernah memperkosa dan membunuh seorang wanita penduduk setempat. Lalu ia juga menceritakan bahwa pernah terjadi seekor kera menculik seorang anak berusia tiga tahun di Pare-pare.

Legenda kera-kera misterius ini ternyata tidak hanya milik para penduduk Makassar atau Pare-pare, penduduk Minahasa juga memiliki legendanya sendiri, yaitu mengenai Lolok. Kisah Lo'lok di Minahasa ini diceritakan oleh seorang peneliti bernama JH Schwartz.

Lo'lok yang juga disebut "manusia hutan kecil" atau "roh hutan" adalah makhluk yang disebut berasal dari Minahasa di Sulawesi utara. Kadang-kadang makhluk ini juga sering disebut Orang pendek Minahasa.

Menurut para saksi, bentuk makhluk ini menyerupai anak kecil dengan rambut panjang. Makanannya sama seperti manusia, yaitu nasi. Lo'lok disebut juga memiliki kekuatan yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan arah jalan. Jadi mereka dapat tersesat di hutan yang lebat.

Dalam sebuah kasus yang dihubungkan dengan kekuatan Lo'lok, diceritakan bahwa pernah terjadi seorang perempuan tersesat selama satu bulan di sebuah hutan. Para penduduk lokal dan suaminya yang mengadakan pencarian di hutan menemukan perempuan itu dalam keadaan setengah gila. Lalu para tetua desa menyarankan untuk mengambil tanaman cabe dan menggosokkannya ke mata perempuan itu. Dan benar, perempuan itu sembuh.

Sama seperti yang diceritakan oleh Farry, Schwartz juga menceritakan bahwa masyarakat Minahasa memang percaya ada orang-orang tertentu yang memiliki kekuatan yang diterima dari Lo'lok. Bahkan kisah ini cenderung menjadi semakin mistik. Pernah ada satu orang berhasil menangkap Lo'lok dan berjanji akan melepaskannya jika Lo'lok itu mau memberikan kekayaan kepadanya.

Selain Schwartz, pada tahun 1929, seorang administrator kolonial Belanda bernama Coomans de Ruiter juga memiliki cerita sendiri mengenai Lo'lok. Menurutnya Lo'lok memiliki tinggi sekitar 1,5 meter dengan rambut yang panjang. Mereka berjalan dengan dua kaki dan biasanya terlihat berpasangan. Makhluk ini juga meninggalkan jejak kecil seperti manusia. Mereka pemalu dan akan segera berlari apabila didekati manusia. Namun menurut de Ruiter, Lo'lok mengkonsumsi lumut.

Apabila Schwartz percaya bahwa orang bisa menjadi tersesat di hutan akibat pengaruh kekuatan Lo'lok, maka de Ruiter dengan pendekatan naturalisnya menjelaskan bahwa orang-orang yang hilang di hutan terjadi bukan akibat terpengaruh kekuatan Lo'lok, melainkan benar-benar karena diculik.

De Ruiter menceritakan bahwa pernah terjadi seorang anak perempuan berusia 4 tahun bernama Martina Rau diculik oleh Lo'lok dari rumahnya di Amurang, Minahasa Selatan. Anak perempuan itu kembali ke rumahnya keesokan harinya tanpa terluka sedikitpun. Ketika ditanya darimana, ia menjawab bahwa ia pergi dengan "kakek neneknya".

Ada beberapa peneliti yang mengajukan teori bahwa Lo'lok sesungguhnya adalah manusia dari suku terasing yang tinggal di pegunungan wilayah Dirijo yang disebut To Ipono. Suku ini disebut memiliki sifat seperti Lo'lok, pemalu, akan melarikan diri ketika didekati dan memiliki tubuh berbulu. Namun tidak ada keterangan mengenai ukuran tubuh suku ini.

Apakah para penduduk telah salah mengartikan penampakan suku To Ipono ? ataukah Lo'lok adalah makhluk Cryptozoology yang belum dikenal ?


Notes :
*Beberapa orang percaya bahwa foto-foto di atas bukan jejak Lo'lok. Melainkan cetakan sisi kiri telapak tangan kiri manusia, dan sepertinya memang masuk akal. Baca komentar-komentar di bawah. Tapi informasi mengenai Lo'loknya valid. Jadi kalaupun palsu, maka anggap saja gambar itu sebagai ilustrasi.

(Images of the Wildman in Southeast Asia : An Anthropological Perspective)


Komentar Terpilih :

Kakuzu said...

Hmmm.....
Sepertinya mahkluk Lo'lok memang benar adanya.......

Di Kalimantan Timur tepat nya di Kabupaten Kutai Barat mahkluk Lo'lok sudah menjadi legenda sejak lama, orang Dayak menyebutnya Anak Onen, ciri-cirinya sama persis dengan ciri-ciri Lo'lok. Oang Dayak percaya bahwa Anak Onen memiliki kekuatan gaib, jika bisa mengalahkannya maka Anak Onen akan mengabulkan apapun permintaan dari orang yg berhasil mengalahkannya. Walaupun banyak cerita yg beredar tetapi sangat jarang sekali orang bisa bertemu dengan mahkluk tersebut...
Saya sangat tahu persis cerita tentang Anak Onen karena saya merupakan penduduk asli Kalimantan Timur.

Untuk saudara-saudara dan Mr.enigma terima kasih sudah membaca comment ini..... Keep posting bozz

December 12, 2009 12:29 PM


UPDATE - 12 april 2011:

Salah seorang pembaca enigma memutuskan untuk mencoba membuat jejak kaki tersebut dengan menggunakan tangannya. Hasilnya sangat mirip. Jadi, foto yang disubmit oleh Farry memang kemungkinan merupakan jejak buatan manusia.


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

76 comments:

  1. Hallo, saya juga pernah mendengar bahwa bebrapa orang Minahasa dulu punya yg namanya jimat, bahkan ada yang bisa terbang dgn jimatnya itu... kalau nggak salah ada yang terkenal dgn nama opo Lengkong Wuaya...Saking terkenalnya sehingga di jembatan ke MAnado ada patungnya...

    ReplyDelete
  2. "Hmmm.. Kenapa namanya Lolok? Bukankah dalam bahasa Menado, lolok artinya alat kelamin laki-laki, apakah karena tubuh mereka kelihatan kecil seperti alat kelamin laki-laki, sehingga dinamakan dgn 'lolok'? Kwokwokwokwok.."

    v(^0^)v

    ReplyDelete
  3. Apa ada hubungan dgn leprechaun?

    ReplyDelete
  4. @sony: wah ternyata bahasa manado sama dengan bahasa bali. dalam bahasa bali, lolok berarti kemaluan laki-laki juga.

    ReplyDelete
  5. tambahan: katanya dlu msh ada orang yg memelihara lo'lok. Slh satu tugasnya menjaga kebun. Apabila ada yg bermaksud jahat mis. mencuri maka tanpa sadar si pencuri membawa hasil curiannya ke rumah pemilik kebun yg notabene memelihara lo'lok. Kesadarannya pulih setelah ditegur. Kebayangkan malunya si pencuri... hehe.
    Mr. Sony... lo'lok bukan lolo' (kemaluan pria) ... hehe
    Thnkz 4 mr. enigma

    ReplyDelete
  6. bang, saya yakin kalau foto tersebut bukan jejak kaki lolok, namun sebuah cetak tangan terkepal. Jelas banget kalau itu cetakan dari bagian bawah telapak tangan yang dikepalkan. dilihat dari jarak jejak kakipun sangat tak mungkin, bahwa itu sebuah jejak kaki. Cetakannya menunjukkan kalau bagian tengahnya mengalami tekanan yang lebih besar secara merata, persis dengan jejak bagian bawah telapak tangan yang terkepal.

    ReplyDelete
  7. Mr. Enigma, foto di atas saya rasa itu hoax. Cara membuatnya mudah (dulu pas sekolah teman2 sering membuatnya di papan tulis). Buatnya pake tangan, pertama-tama kepalkan tangan, lalu tempelkan bagian sisi (kelingking) ke papan tulis ato media lain, akan membentuk telapak tersebut. Untuk jarinya, cukup tempelkan ujung jari (kecuali jempol), jadi terbentuk jejak jarinya (klo pas sekolah dulu biasanya bikin 3 jari doang ^ ^). Jadi deh....
    Dulu sih buatnya di papan tulis (kan ada bekas kapurnya), klo gambar diatas bekas lumpur....begitu?

    ReplyDelete
  8. @Inoshi dan Nekopia : sepertinya kalian berasal dari daerah yang sama ya. Mainannya kreatif sekali. Saya memang tidak menyangka kalau ada orang yang biasa membuat jejak-jejak palsu. Haha.
    Memang betul, mirip sekali dengan cetakan sisi telapak tangan. Setelah kalian jelaskan baru terlihat. Saya senang karena telah mendapat pengetahuan baru.
    Bagaimana Farry ? mau menjawabnya ?

    ReplyDelete
  9. mmm...nampaknya ada diskusi ya?bang enigma,baru2 ini saya bertemu dgn seekor rase,alias musang berbulu putih,di tempat saya rase di percaya adlh mahluk mistis,mungkin indera spesial yg saya miliki tdk begitu baik,tapi waktu itu saya melihat rase berubah jumlahnya,dari seekor menjadi ribuan,padahal musang berbulu putih adalah binatang langka,saya akan kembali ke tempat yang sama,dan berusaha mengambil fotonya,semoga aja dapet,saya ingin temuan itu bisa di diskusikan secara ilmiah,trims

    ReplyDelete
  10. buat jejak sperti itu gampang ....
    waktu sekolah dulu sering buatnya dengan menggunakan sisa kapur dipapan tulis, bner pa yang dikatakan ma Nekopia diatas

    ReplyDelete
  11. guys... foto-foto yg saya kirim tidak ada yg direkayasa. Juga bentuk kakinya bukan rekayasa. Saya bkn ahli bangunan or ahli cetak tapi saya yakin 100 persen jejak kakinya asli. Perlu diingat bhwa bngunan lantai tsb udah lama n jejak kaki dan lantainya byk mengalami pengikisan. Jejak kakinya baru kelihatan jelas stlh disiram air.
    Di tempat saya lo'lok bukan makhluk or cerita fantastis. Buat apa lakuin sesuatu yg useless.
    Thnkz masukannya guys... saya hny bs ksi info n bukti seadanya

    ReplyDelete
  12. Saya percaya Farry tidak merekayasanya.

    ReplyDelete
  13. @aditya : ya, musang putih memang sangat jarang terlihat. Tapi kalau bisa dapat fotonya, maka itu sesuatu yang sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  14. mungkin aja lo'lok itu masih memiliki kekerabatan dengan manusia pendek dari Flores (Homo Florensis), yang tulang belulangnya(fosil)berhasil dari diketemukan oleh beberapa ilmuwan dalam sebuah gua bernama Liang Buah.

    ReplyDelete
  15. om boleh minta email nya ga om soalnya wa juga mau ngasih informasi kaya
    "adolf hittler mati di indonesia" ??
    dan masih banyak lagi
    jadi klo minat kirim email ke sini yah om
    feel_death@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. Nice Info.
    menurut saya itu cukup asli. gak ada yg di rekayasa.
    semoga Makhluk" itu cepet" ketahuan deh. biar gak jadi misteri mulu..hehe^^



    -Hendrik-

    ReplyDelete
  17. menurut saya itu hoax soalnya gambar 'jejak kaki'-nya sangat mirip dengan jejak kepalan tangan kiri, baik dari ukuran maupun polanya. si pengirim mungkin tidak merekayasa tapi mungkin jejak itu dibuat oleh orang lain. thanks.

    ReplyDelete
  18. huahaha! pengen ketawa ngliat foto hoax-nya...

    ReplyDelete
  19. setau saya, stiap benda yg melekat d dasar yg lunak pasti bekasnya akn membentuk cetakan. Aplgi ini hny foto. Mgkn juga foto ini keliatan trllu sempurna. So, kalo 'cetakan' ini bnr2 cetakan mgkn kayak crop circle... jejak kaki yg bgtu banyak dicetak dlm wkt smalam di bbrpa lokasi yg agk brjauhan.
    duuh! trnyata susah juga iah hidup dlm dunia misteri! hehe...

    ReplyDelete
  20. No problem Farry, kamu sdh melakukan pekerjaan yang baik. Informasi kamu mengenai Lo'lok sangat berharga.

    ReplyDelete
  21. saya usahakan bang........semoga dapet......

    ReplyDelete
  22. itu bener2 100% dibuat dari sisi telapak tangan! saya dan adik2 saya biasa membuat seperti itu di tembok! hahaha! kok mas eni bs ketipu begitu! sayang saya bukan jadi yang pertama menggungkapnya

    ReplyDelete
  23. yooo...berjuanglah mas aditya!!!! mudah2an bisa nemu musang berekor sembilan juga ya... (serius!!)

    ReplyDelete
  24. @Anonymous : Saya tidak merasa ketipu kok. yang terpenting bukan apakah kita ketipu atau tidak. Yang terpenting adalah apakah kita terus ngotot bertahan di dalam kesalahan atau segera mengakui bahwa kita salah. Paling tidak sekarang saya lebih pintar kan dalam menganalisa hoax atau bukan. hehe

    ReplyDelete
  25. fotonya kyknya hoax..
    cara buat jejak kaki, dgn ngepalkan tangan..
    saya dulu suka buat jejak kaki seperti itu pada kaca mobil yg berembun ketika hujan

    ReplyDelete
  26. Hmmm.....
    Sepertinya mahkluk Lo'lok memang benar adanya.......

    Di Kalimantan Timur tepat nya di Kabupaten Kutai Barat mahkluk Lo'lok sudah menjadi legenda sejak lama, orang Dayak menyebutnya Anak Onen, ciri-cirinya sama persis dengan ciri-ciri Lo'lok.
    Orang Dayak percaya bahwa Anak Onen memiliki kekuatan gaib, jika bisa mengalahkannya maka Anak Onen akan mengabulkan apapun permintaan dari orang yg berhasil mengalahkannya.
    Walaupun banyak cerita yg beredar tetapi sangat jarang sekali orang bisa bertemu dengan mahkluk tersebut...
    Saya sangat tahu persis cerita tentang Anak Onen karena saya merupakan penduduk asli Kalimantan Timur.

    Untuk saudara-saudara dan Mr.enigma terima kasih sudah membaca comment ini..... Keep posting bozz

    ReplyDelete
  27. kalo untuk foto...saia kira itu hoax...waktu kecil saia juga sering membuat cetakan seperti itu...namun mengenai artikel minus foto...cukup menarik...

    salam

    ReplyDelete
  28. Sebenarnya, hoax maupun tidak tidak usah diperdebatkan soalnya, Mr. Enigma sudah menjelaskan bahwa mahluk tersebut memang benar-benar ada.

    mungkin saja mr. Farry tidak mengetahui bahwa ada orang iseng yang mencetak jejak tersebut.

    Bagi saya, gambar tersebut sepertinya memang cetakan kepalan tangan, soalnya dibagian tumit (klo bisa dibilang begitu) agak kabur, yang menandakan bahwa bagian tumit tidak ditekan. (jarinya juga, masa kelingking semua, hehehehehe)

    Btw @ Deivy D : Patung di jembatan manado dimana yach????? tepatnya dijembatan apa???"bukang sadiki tu jembatan dimanado" hehehehe

    salut buat mr. Farry dan Mr. Enigma

    http://pajakid.com
    http://shareberita.wordpress.com

    ReplyDelete
  29. ada kmungkinan foto itu palsu,tp bkn farry yg mmalsukan,mungkin anak2 yg sdg bermain,krn ank2 yg sering bkin jejak2 kyk gt pke tngan,n akhirnya farry mnemukannya..

    ttg makhluknya saya sih bs dbilang prcaya aja,,didaerah saya sumatera barat jg bnyak mkhluk mistis yg memang keberadaannya diakui oleh msyarakat..cerita anak hilang yg diculik makhluk halus,org yg memelihara makhluk halus utk brbagai keperluan baik positif maupun negatif,atau yg paling terkenal ttg "palasik" yg bahkan sdh dibuat film nya.....

    btw nice blog mas.....smoga akuntabilitas nya bs smakin ditingkatnkan

    ReplyDelete
  30. iya pertama liat fotonya juga yang langsung kebayang tu mainan pas SD bikin jejak2 'tuyul' dari telapak samping tangan hehe..

    tapi serem juga ya ada makhluk2 kaya monyet yg pernah merkosa n bunuh orang :-&

    hmm..makanan lo'lok nasi?berarti mereka masak dong??cool..ato nasinya nyolong dari penduduk? lol

    ReplyDelete
  31. wow.....info yamg menarik.....tetapi pendapat saya pribadi....bahwa itu adalah hoax....belaka soalnya....di daerah saya ada seorang yang bisa dibilang adalah pengrajin....dan dia sering.membuat jejak yang persis seperti itu....persis bNGET....tepatnya di dinding rumahnya.......jadi aq ga percaya bahwa itu lolok....tetapi thx bwt enigma atas penjelasannya....aq sekarang mengerti tentang lolok....

    ReplyDelete
  32. jejak kakinya terlalu jelas dan terasa ada yang janggal....
    bisa jadi itu buatan tangan yang sengaja di jiplak...
    perbandingan kaki itu juga sama besarrnya dengan ukuran tangan orang dewasa.....

    ReplyDelete
  33. tuyul kali tuh..he3

    ReplyDelete
  34. Sharing...

    http://temp-zzz.blogspot.com/2009/12/tuyul-alien-dst-mereka-itu-ada.html

    http://temp-zzz.blogspot.com/2009/10/mengenal-jin.html

    ReplyDelete
  35. bung enigma, bisa juga neeh klo dikumpulin artikel mengenai mahluk cryptid di indonesia. keren tuh

    ReplyDelete
  36. @All : Bahasa manado umum untuk mahluk ini Kaboter ( mungkin dari Bhs Belanda?). Deskripsinya sama.

    @Enigma : Ada juga manasia2 raksasa di minahasa, ada foto jejak kaki dan barang2 yang pernah saya lihat, itu foto asli (tahun itu belum dikenal editing pada foto, mungkin foto tahun 50-60 an) Kalau tidak salah, data2 ini ada di musium Sulut, soalnya diserahkan ke sana setelah Beliau meninggal.

    ReplyDelete
  37. wahhh saya gak percaya. kalo tingginya 1,5 meter kakinya gak segede itu. itu mah ukuran kaki bayi yg tingginya ga nyampe 1 meter

    ReplyDelete
  38. kalo itu kaki , knp bntuknya bgitu ?

    ReplyDelete
  39. Anonim...
    klo pengen bener yakin ada pa engganya itu makhluk... minta aja dinas pemerintah yg berkaitan dengan flora dan fauna bwat ngambil fotonya. hewan yg di anggap punah ajah bisa ke ambil fotonya, kenapa makhluk itu engga?

    ReplyDelete
  40. cuman mw menambahkan..
    saya percaya mas fery bener2 mendapatkan jejak tersebut, tapi itu mungkin itu hasil iseng orang yang membangun bangunan tersebut...
    (saat aku kecil, aku juga pernah tertipu kakak saya yg menggunakan ide yg sama)

    mengomentari anonim (januari 21,2010 10:35 AM)
    jangan kira manusia sudah menemukan seluruh jenis hewan di dunia.. bayangkan saja, manusia saja baru mengenal sekitar 1.6 juta spesies, padahal diperkirakan ada 7 - 100 juta spesies yang ada dibumi kita ini. Berarti kalau dihitung dari perkiraan minimal yaitu 7 juta, maka maksimal baru 22% spesies diketahui (www.en.wikipedia.org/wiki/species).

    What a vast world the earth is...

    ReplyDelete
  41. KAKI KECIL DIBUAT DENGAN TANGAN! COBA KEPALKAN TANGAN ANDA, LALU BAGIAN BAWAHNYA BASAHI DAN TEKAN PADA TANAH YANG KERING LALU PERHATIKAN HASILNYA!! DAN BANDINGKAN UKURAN DENGAN KAKI ANDA..

    ITS JUST HOAX FOR IDIOT BABY!

    ReplyDelete
  42. saya percaya,karena dipertengahan tahun 2006 dalam perjalanan menuju air terjun cipadaranten gunung gede dari desa lengkong ciwaluh bodogol, setelah 3 jam berjalan menyusuri sungai didalam hutan, kami (2 orang pemandu & 1 orang turis asal jerman) menemukan hanya 2 jejak kaki ukuran anak kecil usia 5 tahun dan berjari hanya 3, yg sebelah kiri diatas batu & yg sebelah kanan berjarak sekitar 5 meter tercetak diatas pasir dipinggir sungai, jejak itu masih sangat baru, (kmgkinan pd saat kami berjarak 10m dari tempat itu) kata teman saya pemandu yg org asli situ itu adalah jejak kaki orang bunian, yaitu org sakti yg telah ratusan tahun tinggal dihutan itu. kami tidak menemukan seorangpun disekitar situ apalagi seorang anak kecil (orang bunian mampu bersembunyi hanya dibalik sebilah rumput saja dan mereka menjadi invisible!!) karena jalur water trekking adalah termasuk jalur ekstrim & berbahaya (krn kami masuk lembah di dlm hutan gunung gede & berjalan melawan arus sungai menuju hulu cungai cisadane (air terjun tingkat 3 cipadaranten), trserah bagi yg tidak mempercayainya, tp itulah yg sebenarnya kami temukan.

    ReplyDelete
  43. kaki yang ambil gambar kok ada bekas luka ya????????

    ReplyDelete
  44. sama nggak ya ama cerita2 makhluk mini "mistik" dari jawa??

    di tempat saya ada yang percaya makhluk kecil bernama JENGLOT..
    tubuh mini (mungkin sekitar 10cm), dg jenggot panjang melebihi panjang tubuhnya.
    dipercya punya ilmu sakti..
    apa ada yang pernah melihatnya?

    ReplyDelete
  45. pernah merhatiin jejak kaki simpanse..atau hewan semacamnya?...mirip tangan dikepal..kan???

    ReplyDelete
  46. phyta: jenglot pernah masuk berita, tapi ya udah mati, kaya gitu.tetapi sebenarnya, ukuran asi jenglot itu normal karena mereka asalnya manusia normal,merekajadi begitu karena suatu ilmu hitam yang menyebabkan tubuhnya tdk bs hancur

    ReplyDelete
  47. kisah lolok memang ada...
    kalau jejaknya berada di batu2-an yang ada di hutan lebat (alam liar), mungkin bisa dipercaya..
    tapi kalau jejak kaki si lolok itu ada di lantai rumah...??? bisa juga balita yang gak sengaja lewat di lantai yang semennya masih basah...

    ReplyDelete
  48. betul saya setuju bahwa itu jejak tangan dikepal...saya saja waktu kecil sering bikin seperti itu ditembok. Mirip kaki tuyul....sebab dilihat dari bentuk jejaknya sangat jauh dari jejak kaki tapi lebih sama dengan tangan terkepal...

    ReplyDelete
  49. kaki perbandingannya koq elek kale....kurik-an and kudis gito

    :P

    ReplyDelete
  50. dear mr.enigma

    sekedar masukan nih:
    1.apa makhluk ini bukan binatang kus-kus yg banyak di sulawesi ? oh ya sy pernah ekspedisi di gunung sojol thn 2003 (sul-teng) pernah mendapatkan makhluk aneh yang tinggi sekitar 1-1,5 m dgn ciri sbb:berbulu,berekor panjang,tidak lincah memanjat dan mata merah (tentux bukan jenis monyet)cuman sayangx setelah kami mengambil dan mencetak gambarx sangat disayangkan makhluk itu tidak ada dlm foto (jarak kami saat mengambil foto makhluk itu 6-10m secara vertikal karna makhluk itu menghindari kami dgn naik pohon)allahu walam..sampai saat ini sy pribadi sangat penasaran.
    2.untuk suku terasing di daerah sulawesi sangat banyak,antara lain (yg masih ekstrim) :
    a.suku lojoe dan suku pallasa di daerah gunung sojol ( sul-tengah),berukuran normal tapi tinggal diatas pohon
    b.orang bunian di daerah gunung gandangdewata (sul-barat),berukuran tidak normal (kecil),bisa menghilang,sering telanjang
    c.orang bunian di daerah luwu timur (perbatasan sul-sel dgn sul-teng),untuk yg ini keberadaanya masih 50% di pertanyakan.
    sekian informasi dari saya.thanks
    (rusmin_rum_archi@yahoo.com)

    ReplyDelete
  51. aku bisa bwt jejak kaya gittu

    ReplyDelete
  52. brother enigma, aku bisa buat jejak kaki kayak gitu dengan menggunakan tanganku. sudah sangat sering aku membuat jejak kaki kecil2 gitu buat mainan dengan temen2.. bisa dengan media pasir, tanah, atau tangan yg basah oleh air lalu di tempelkan di lantai. sumpah demi Allah aku bisa membuatnya. n menurutku jejak kaki ini adalah hoax.

    tapi kalo lo'lok manusia kerdil dari minahasa itu ada atau tidak, saya ga bisa berkomentar banyak cz saya sendiri baru tahu dari blog panjenengan.thx

    ReplyDelete
  53. wkwkwk..
    ketawa aku pas pertama liat jejak kaki kya gitu...

    itu sih permainan wktu aku jman sd dulu.. ternyata banyak juga yang tau permainan ini.. semua orang juga bisa buatnya...

    ReplyDelete
  54. @ junokerenz
    saya setuju dengan anda. sepertinya hoax (cap tangan) terutama sangat terlihat dari jari2nya. dengan ketebalan dan tekstur yang sangat kuat ; ini sangat mungkin sekali seperti ketika kita cap tiga jari dulu di sekolah.
    mudah saja, telapak kaki dibuat dari genggaman tangan samping, dan jari2 kaki dari cap jari tangan. voilaaaa! jejak kaki mini

    ReplyDelete
  55. setuju ma Juno,..

    dulu sering saya pake bwat nakutin adek saya,..
    kita bilangnya tu jejak kaki tuyul agar supaya dy cepet tidur,.
    palling gampang d buat d kaca berdebu,..
    jadi keliatan nyata,..

    jelas terlihat karna tu terlalu gemuk..
    he

    ReplyDelete
  56. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2097779
    dijual kepala bunian/lolok

    ReplyDelete
  57. baca ini q jd inget pengalamn wktu q kelas 2 SMp
    wktu tu q masih tinggal dblitar..
    kejadian ni trjadi drumah sdra w yg kebetulan rumahnya masih dri bambu..
    ketika sdra w tidur wktu malam hari, dya merasa ada yg ngintip dri celah-celah tembok bambunya..trus jga ada yg ngerasa memutari rumahnya.
    ketika pagi hari sdra w, wrga n jga w sekeluarga(yg rumahnya kagak jauh dr rmah sdra w tu)dikejutkan dengan adanya bekas telapak kaki kecil" seukuran bayi usia 7blanan mengitari rmah sdra w..
    lw itu hoax kayak yg biasa dibuat anak"(udah djelasin ma pengcoment diatas) tu g mungkin cz kita wktu tu make perbandingan, dgn cra buat "kaki-kakian" dt tangan & hasilnya jauh beda.
    bekas telapak kaki yg mengitari rumah sdra w tu benar" alami kya tlpak kaki bayi..
    semua gempar ada yg bilang tuyul, anak jin, dsb.
    pek skrang kasusu tu g terpecahkan..
    hiiiiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
  58. hoe..kok mw comen sulit??

    ReplyDelete
  59. Udah2, jgn dtekan lg..
    Kan mr enigma ud jelasin..
    Klo kbnykan dteken ksihan..
    Ga sdkit manusia yg mati krn rasa ingin tahu n naluri..
    Pendapat boleh2 aj, tp jgn kasar n ngulang prnytaan yg tlah dsampaikan..

    ReplyDelete
  60. ayo lebih bijaksana...
    terima kasih buat mas farry yang telah berpartisipasi hingga tulisan ini ada. utamanya juga buat mr. enigma.

    ReplyDelete
  61. Hormati pendapat orang....biar individu masing2 yg menilai, jangan saling mempengaruhi, belum tentu juga yg anda nilai itu benar

    ReplyDelete
  62. kck nya psti srperti saiz anak ptng Barbie hihi

    ReplyDelete
  63. di rumah saya (dapur, saluran pembuangan) pernah muncul jejak kaki yang sama. but yeah idk, dnt rly sure it was the same creature mentioned above..

    ReplyDelete
  64. yups betul sekali.. itu buatan tangan bro..mgkin kurang kerjaan aj bikin-bikin artikel kek gitu

    ReplyDelete
  65. di kampung saya, ada banyak cerita mengenai mahluk ini.
    Saya dari minahasa selatan. cerita dan masyarakat setempat sangat meyakini bahwa mahluk ini ada. Lo'lok sangat takut dengan cahaya. Bila ada yang berhasil mengambil penutup kepalanya maka orang tsb akang di cari oleh gerombolan lo'lok pada malam hari. Lo'lok mampu menculik anak anak yang sendirian dan menyembunyikannya di lubang persembunyiannya.
    Begitu banyak cerita mengenai mahluk ini. Di kmpungku ada yg memiliki kekuatan lo'lok ini, namun digunakan untuk mencuri.

    ReplyDelete
  66. nama saya TOAR , saya berasal dari sebuahd desa di minahasa selatan menurut saya , lo'lok itu benar ada , karena waktu saya umur 11 thun saya pernah berniat kabur dari rumah dan saya tersesat di hutan selama 4 hari,, dan anehnya saya selalu di berikan makanan berupa buah2 dan ubi,,,,selama 4 hari saya tidak pernah kelaparan dan sehat2 saja,,,,.mulai saat itu saya mulai percaya tentang keberadaan loo'lok itu karena siapa lagi yang mau membantu saya di tengah hutan mungkin bener kata orang lo'lok malu menunjukan dirinya,,. saya yakin lo'lok itu adalah makluk hidup seperti kita, hanya karena keberadaanya yang misterius orang mengaitkanya dengan hal2 mistis....

    ReplyDelete
  67. haha...LOL banget pertama ngeliat foto jejak kaki ny...
    Lucu bngt mr.enigma nerima mentah mentah berita yg ky gini..

    ReplyDelete
  68. Gan... maaf saya baru di blog ini.
    jejak kaki diatas memang benar ada gan.
    saya ketemu waktu di proyek. jejaknya naik naik sampai ke plafon rumah gan. dan sampai ke tempat yang gak di jangkau tangan para tukang.

    ReplyDelete
  69. Seperti yg tlah di tulis Mr. Enigma di atas, bhw kisah lo'lok kemungkinan besar memang ada hanya image yg di tampilkan saja yg berpeluang besar "hoax. Dan saya rasa Mr. Enigma tdk bersalah menulis artikel seperti tertulis di atas.

    ReplyDelete
  70. Anonymous December 18, 2012 at
    11:27 AM
    haha...LOL banget pertama ngeliat foto
    jejak kaki ny...
    Lucu bngt mr.enigma nerima mentah
    mentah berita yg ky gini.


    Quote: Seperti yg sdh Mr. Enigma tulis di atas bhw kisah lo'lok kemungkinan besar memang ada dan pernah terjadi. Hanya image pendukung tulisannya aja yg diragukan keasliannya. Dan itu sdh jelas2 di tulis oleh Mr. Enigma. Jadi apanya yg lucu kalo Mr. Enigma menulis artikel ini...?!?

    #bingung gw liat komen "Anonymous" blo'on sperti di atas

    ReplyDelete
  71. Baru baca artikel tentang lolok, ternyata ada...

    Saya asli Minahasa,
    Dan tidak mau mempermasalahkan foto jejak di atas asli atau hoax.
    Tapi cerita tentang lolok di tanah Minahasa memang benar adanya. Walaupun saya sendiri belum melihatnya.
    Tapi dari berbagai kejadian yang pernah terjadi, khususnya di kampung2 atau desa2 di Minahasa (yang masih pedalaman) cerita lolok memang ada.
    Saya sendiri pernah nyari org yang tersesat di hutan, setelah nemu kata org tersebut dia di antar sama org2 kerdil yg disebut lolok itu.

    So... Kalo memang pengen informasi dan cerita lolok ditelusuri.
    Yuuuk ke Minahasa...
    Biar infonya lebih jelas

    Untuk enigma, tetap berkarya
    Sukses terus

    ReplyDelete