Thursday, January 14, 2010

Dua korban Titanic ditemukan selamat karena Lorong waktu - Klarifikasi

Sejak tahun 2008, beredar kisah ditemukannya dua korban selamat Titanic termasuk sang kapten setelah 79 tahun berlalu. Kedua korban tersebut disebut tidak bertambah tua sedikitpun dan kisah ini dianggap sebagai pembuktian bahwa Lorong Waktu benar-benar ada. Benarkah kisah ini pernah terjadi? 

Sebenarnya, saya sudah menerima pertanyaan mengenai kisah ini sejak beberapa bulan yang lalu dari seorang teman. Namun dua hari yang lalu, ketika salah seorang dari kalian menanyakannya kembali, saya baru teringat dan memutuskan untuk menulis mengenai kisah misterius ini.

Saya rasa banyak dari kalian sudah pernah mendengarnya karena ketika saya mencari referensi mengenai kisah ini, saya menemukan kisah yang sama persis dengan kalimat yang sama persis di entah berapa banyak Blog, website, link facebook dan hampir semua forum.

Untuk menyegarkan ingatan kalian, saya akan menampilkan kembali kisahnya, Kali ini saya akan mengkopi pastenya dari sumber yang bersangkutan. Tapi, saya akan mencantumkan sumber beserta linkback ke web yang bersangkutan :

DUA orang korban musibah Kapal Titanic pada tahun 1912, tiba-tiba muncul dalam keadaan masih hidup. Secara fisik mereka tidak berubah persis seperti semula. Teori lorong waktu telah menjawabnya. Misteri peristiwa yang terjadi beberapa tahun yang lalu, dan yang membuat gempar adalah nasib mujur kemunculan kembali korban Kapal Laut Titanic yang masih hidup.
Di antara kedua korban yang beruntung ini, yang satu adalah seorang penumpang wanita yang ditemukan pada tahun 1990, dan lainnya lagi adalah seorang kapten kapal Titanic yang ditemukan pada tahun 1991. Kapten kapal Smith ditemukan pada tanggal 9 Agustus 1991, setahun setelah ditemukannya seorang korban yang beruntung bernama Wenny Kathe, dia diselamatkan dari atas gunung es.

Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan, namun tidak membuatnya kelihatan tua dan lemah, Kapten Smith yang meskipun telah berusia 139 tahun, namun masih tampak seperti orang yang berusia 60 tahun lebih, dan bahkan dia masih menganggap bahwa saat itu adalah masa-masa sekitar tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912. Melalui identifikasi sidik jari yang masih tersimpan dalam catatan pelayaran laut, maka bisa dipastikan identitas Kapten Smith.


Seorang lagi korban musibah Kapal Titanic, Wenny Kathe yang berusia 29 tahun diselamatkan di atas gumpalan es Samudera Atlantik Utara pada tanggal 24 September 1990. Namun yang membuat orang terkejut adalah sejak dia hilang pada tahun 1912 hingga sekarang, tidak terlihat tanda-tanda tua sedikitpun juga. Dia ditemukan dan diselamatkan di atas gumpalan es 363 km barat daya Islandia. Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya. Smith, kapten kapal Titanic dan penumpangnya Wenny Kathe adalah saksi hidup orang hilang yang muncul kembali melalui lintasan lorong waktu. (
rileks.com)


Ketika membaca kisah ini, sebagian dari kalian akan segera percaya bahwa kisah ini hanyalah hoax belaka. Begitu juga saya. Sekarang, yang perlu saya lakukan adalah membuktikannya. Dan penyelidikan sayapun dimulai.

Semuanya diawali dari sebuah pertanyaan. Jika memang ini adalah kisah nyata, mengapa saya tidak pernah mendengarnya dibahas di televisi atau koran ? Mengapa saya tidak pernah melihat kapten Smith atau Wenny Kathe muncul di TV dan berbicara mengenai pengalamannya ? Apakah mungkin saya yang kuper dan jarang menonton Televisi ?

Jadi saya membuka google dan mengetik kata Wenny Kathe, mencoba untuk menemukan kisah ini di discovery atau national geographic, atau paling tidak di salah satu media asing lainnya. Ketika saya mengetik nama itu, google menemukan 3.510 hasil pencarian. Oh My God, this must be real story !

Tapi, tunggu...ada yang janggal. Semua hasil pencarian yang muncul adalah kisah yang berbahasa Indonesia. Saya mengklik hasil pencarian tersebut hingga halaman terakhir google dan menemukan hanya 2 blog berbahasa Inggris dan 1 blog berbahasa Melayu (bisa Malaysia atau Brunei) yang membahas kisah ini. Saya tidak menemukan kisah ini dibahas di Discovery atau media Asing lainnya. There Is Something Wrong !

Setelah saya mengecek dua blog berbahasa Inggris tersebut, ternyata satu diantaranya dibuat oleh orang Indonesia. Jadi tinggal satu blog lagi yang bernama theuniquenews.blogspot.com yang memposting kisah ini pada bulan Februari 2007 . Dan saya percaya blog inilah yang PERTAMA KALI memuat kisah ini di internet. Blog yang berbahasa Melayu yang juga memuat kisah ini bernama kebenarannya.tripod.com. Tidak ada keterangan tanggal atau bulan ia memposting kisah ini.

Seperti yang sudah saya katakan, saya menemukan kisah ini dengan kalimat bahasa Indonesia yang sama persis di seluruh blog dan web yang bisa saya temukan di google, dan hampir semua blog yang mengkopi paste kisah ini tidak mencantumkan sumber. Jadi, pada awalnya saya mengalami kesulitan untuk menemukan sumber pertama dari kisah ini (di media Indonesia).

Tapi akhirnya saya menemukan dan saya percaya (walaupun bukti saya juga tidak kuat) bahwa web yang pertama kali mempopulerkan kisah ini di Indonesia adalah rileks.com yang mempostingnya pada tanggal 07 Juni 2008. Mungkin rileks.com menerjemahkannya dari uniquenews.blogspot.com atau blog kebenarannya.tripod.com.

Lalu sayapun meneruskan penyelidikan.

Pertama, saya membaca kisah ini dan berusaha memahaminya. Lalu, saya menemukan beberapa kejanggalan atau ketidakakuratan yang menurut saya cukup mengganggu.

Misalnya, kapten Smith harusnya berusia 141 tahun pada tahun 1991, bukan 139 tahun. Lalu disebutkan bahwa identitas kapten Smith diverifikasi dengan catatan sidik jari yang tersimpan di catatan pelayaran. Saya meragukan bahwa tahun 1912, catatan pelayaran sudah menggunakan sidik jari untuk mendata awaknya.

Kemudian di paragraf kedua, disebutkan bahwa Wenny Kathe diselamatkan dari gunung es, sedangkan di paragraf keempat disebutkan bahwa Wenny diselamatkan dari atas gumpalan es. Gunung dengan gumpalan es tentu saja berbeda.

Lalu, mungkin yang paling mengganggu adalah kontradiksi kalimat di dalam kisah itu.

Kisah di atas dikaitkan dengan fenomena lorong waktu karena disebut :

"Kapten Smith yang meskipun telah berusia 139 tahun, namun masih tampak seperti orang yang berusia 60 tahun lebih, dan bahkan dia masih menganggap bahwa saat itu adalah masa-masa sekitar tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912 "

Tapi teori lorong waktu dipatahkan oleh kalimatnya sendiri yang berbunyi :

"Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan, namun tidak membuatnya kelihatan tua dan lemah."

Jika Kapten Smith terapung-apung di laut selama puluhan tahun, apakah itu ada hubungannya dengan lorong waktu ? Saya rasa tidak. Jika ia masuk ke dalam lorong waktu, maka ia hanya butuh waktu sekejap untuk sampai ke tahun 1991.

Ya, saya semakin yakin bahwa kisah ini adalah hoax. Tapi, seperti yang sering saya katakan. Sebuah kisah tidak bisa disebut hoax tanpa bukti yang kuat. Saya merasa belum menemukan bukti yang bisa meyakinkan kalian para pembaca bahwa kisah ini hanyalah imajinasi. Lagipula, saya tahu bahwa pembaca blog enigma adalah orang-orang yang kritis dan jeli (ini terbukti dari komentar-komentar kalian).

Ada yang mengatakan bahwa untuk mengetahui kebenaran sebuah peristiwa, kita harus berada langsung di tempat kejadian. Tapi, Saya rasa tidak demikian. Saya tidak perlu ada di Haiti untuk mengetahui bahwa terjadi gempa besar disana beberapa hari yang lalu. Untuk mengetahui kebenaran sebuah peristiwa, kita hanya perlu mencari bukti yang berdasarkan pada "common sense" bisa disebut sebagai bukti yang kuat. Dan saya rasa, internet dapat menjadi salah satu sarananya.

Ok, sekarang saya akan melanjutkan penyelidikan untuk mencari bukti yang lebih meyakinkan.
Seperti yang saya katakan, ada sesuatu yang salah. Nama Wenny Kathe tidak bisa ditemukan dimanapun di web berbahasa Inggris selain dua blog yang telah saya singgung tadi. Jadi saya memutuskan untuk berfokus pada nama ini. Lagipula, ia tokoh utama kita kan ?


Tapi bagaimana caranya ? Bukankah nama ini tidak ditemukan di sumber-sumber media asing ?

Karena itu, saya memutuskan untuk langsung mencari nama ini di tempat yang seharusnya, yaitu di daftar penumpang kapal Titanic yang tenggelam itu. Ya, di internet, daftar nama seperti sangat gampang ditemukan. Jadi, saya masuk ke encyclopedia-titanica.org dan...... Eureka !

Maksud saya dengan Eureka adalah saya MENEMUKAN bahwa nama Wenny Kathe TIDAK ada di dalam daftar penumpang Titanic. Wenny Kathe ternyata tokoh fiktif.

Karena itu potongan kalimat di atas mengenai Wenny Kathe yang berbunyi : "Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya." adalah pernyataan palsu ! Ini adalah sebuah fakta !

Soal kapten Smith, kita semua tahu bahwa dia bukan tokof fiktif. Kapten Edward John Smith memang kapten kapal Titanic.

Sekarang, saya sudah mendapatkan satu fakta. Karena nama Wenny Kathe adalah tokoh fiktif, saya tidak bisa lagi menggunakan kata kunci itu di google. Lalu, saya bereksperimen dengan beberapa kata kunci dan akhirnya saya menemukan sebuah petunjuk yang mungkin bisa menjadi bukti yang konklusif dan kuat untuk meyakinkan kalian bahwa kisah ini adalah sebuah hoax.

Petunjuk yang saya maksud adalah sumber pertama kali kisah ini muncul di dalam bahasa Inggris.

Ya, Ternyata saya salah.

Saya salah karena ternyata bukan theuniquenews.blogspot.com yang pertama kali memuat kisah ini. Sumber pertamanya adalah majalah Weekly World News Edisi Juni 1992 !

Saya menemukan majalah ini di dalam arsip google books. Ini sampul majalah itu edisi Juni 1992.


Saya tahu, kalian tidak suka dengan sampulnya yang kesannya seperti majalah "freak", majalah ini memang majalah semi fiksi yang sering memuat berita-berita imajinatif. Contohnya dalam salah satu edisi, majalah ini pernah memuat foto seekor monster laut yang sedang menyerang sebuah perahu. Dalam artikel ini, kejadian dan foto itu disebut sebagai kisah nyata.


Ini contoh artikel di dalam edisi Juni 1992.


Amazing right ?

Lalu ini halaman yang memuat kisah Titanic kita.


Dengan integritas majalah yang seperti ini, Bisakah kita menyebutkan bahwa kisah ini adalah hoax ?

Tentu saja belum ! Majalah ini juga pernah memuat berita nyata. Tapi saya menemukan sebuah petunjuk lainnya. Petunjuk yang saya maksud adalah foto wanita di bawah kiri itu. Baca nama yang ada di bawahnya.


Perempuan yang selamat dari Titanic yang disebut di majalah itu ternyata bernama Winnie Coutts, bukan Wenny Kathe. Pantas, saya tidak bisa menemukan nama Wenny Kathe di dalam media bahasa Inggris. Jadi, fakta selanjutnya yang kita ketahui adalah bahwa media Indonesia mengikuti kesalahan theuniquenews.blogspot.com.

I am getting excited.

Sekarang, mata saya tertuju pada nama Winnie Coutts. saya kembali membuka google dan mengetik nama Winnie Coutts dan Eureka !

Yang saya maksud dengan Eureka adalah saya MENEMUKAN bahwa Winnie Coutts ternyata salah satu penumpang Titanic !

Sayapun kembali ke encyclopedia-titanica.org untuk melihat daftar penumpang Titanic dan saya menemukan nama Winnie Coutts memang ada di daftar penumpang kelas III. Kalian bahkan bisa melihat harga tiket yang ia bayar di gambar ini.



Jika Winnie Coutts memang benar penumpang Titanic, jangan-jangan....Weekly World News tidak berbohong ? Pikiran ini memenuhi kepala saya selama beberapa saat.

Namun sekonyong-konyong, saya mendapatkan sebuah firasat. Jika dugaan saya benar, maka petunjuk ini dapat menjadi bukti konklusif yang saya cari. Dengan segera saya kembali ke encyclopedia-titanica.org.

Dugaan saya ternyata benar ! saya MENEMUKAN bahwa Winnie Coutts ternyata SELAMAT dari bencana Titanic. Setelah tragedi itu, ia dan keluarganya pindah ke New Jersey hingga meninggal pada tanggal 29 February 1960 pada usia 84 tahun. Sedangkan kapten Smith, seperti yang kita ketahui bersama, tewas dalam peristiwa itu.

Weekly World News ternyata telah mencatut nama Winnie Coutts untuk menciptakan kisah fiktif ! Tidak ada penemuan Kapten Smith atau Winnie Coutts (ataupun Wenny Kathe) pada tahun 1990 dan 1991.

Jika Weekly World News menggunakan nama penumpang Titanic yang hilang, maka mungkin masih ada unsur yang bisa diperdebatkan. Tapi dengan menggunakan nama penumpang yang selamat, seakan-akan majalah ini ingin memberitahukan kepada kita bawa kisah ini hanyalah sebuah hoax.


Penutup

Saya menghempaskan tubuh ke tempat tidur. Sepertinya saya telah menemukan bukti yang cukup kuat untuk meyakinkan kalian, para pembaca yang budiman, bahwa kisah mengenai penumpang Titanic dan Lorong Waktu sebenarnya hanyalah sebuah Imajinasi. Lelah. Tapi, rasa ingin tahu mengenai beberapa detail masih menggantung di benak saya. Saya berjalan menuju meja dan membuka laptop saya kembali dan...Ah, sudah capek. lagipula, saya rasa bukti-bukti yang saya ajukan sudah cukup meyakinkan. Jadi saya menutup laptop lalu membaringkan diri di tempat tidur dan memejamkan mata. Lega rasanya.


(Semua sumber dan linknya sudah saya sertakan di dalam tulisan)


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

400 comments:

  1. tp trlalu dini jg mngatakan itu Hoax, jk anda berada dr jaman mungkin 80 tahun lalu dan anda hanya menguasai media surat ntelegram untuk menginfo sesuatu... apa yg anda beritakan jk ada org mengatakan bhwa dia bsa mnciptakan alat komunikasi skecil genggaman tangan tanpa adanya kabel???

    ReplyDelete
  2. kereeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn.................!!!

    ReplyDelete
  3. analisa yg mantap dan cukup menguras waktu saya sambil mnunggu buka puasa...

    anonymous mengucapkan
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
    MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

    ReplyDelete
  4. amazing bung atas klasifikasinya....
    saya rasa bahwa bukti yg anda berikan sangatlah kuat untuk membuat kisah ini menjadi HOAX.

    ReplyDelete
  5. trus, yg bernama jack dawson dan rose dawson kemana??

    ReplyDelete
  6. ade said

    bang saya copy paste ya..

    ReplyDelete
  7. Emang hebat pemilik blog ini!!! salut!! Terus berjuang, Maju blogger indonesia!!! ^_^

    ReplyDelete
  8. Edward Smith sudah meninggal.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Edward_Smith

    ReplyDelete
  9. analisis yang bagus....cuma saya masih berfikir jika benar winnie coutts selamat dan bukan imajinasi media tentang lorong waktu, maka pertanyaan saya bagaimana cara dia selamat...?!!! apa sudah pernah dipublish sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Soal cara dia selamat, sama sekali tidak aneh. Sebagian penumpang Titanic selamat karena diselamatkan oleh kapal Carphatia.

    ReplyDelete
  11. sy suka cara berfikirmu ...........!!!

    ReplyDelete
  12. jadii... lorong waktunya gimana om? Boongan juga kah???

    ReplyDelete
  13. Dalam kasus ini, tentu saja boongan.

    ReplyDelete
  14. saya ingin mengenal profil bung enigma boleh ga...?seperti curiculum vitae gtu...:P

    ReplyDelete
  15. wah..saya udh mengira dari pertama ada yang aneh..karna nama wenny kathe bukan nama yang lazim dipakai tahun 1900an..hahaha...tapi winnie itu nama yang cukup populer dipakai dalam buku-buku sastra inggris dan amerika tahun 1900-an..

    ReplyDelete
  16. gila.. rajin amat nyari2 sumbernya..
    mantap parah lah!! :)

    ReplyDelete
  17. yep, i was searching her name -Winnie "Minnie" Coutts dan dia selamat karena menyelamatkan diri dengan menggunakan boat 2. tapi jadi pertanyaan, kenapa cuma dia yang disebut-sebut?

    ReplyDelete
  18. click here, i've got somehing http://www.encyclopedia-titanica.org/tribute_heroes.html

    ReplyDelete
  19. Ya, betul. itu dari winnie. hehe. kalau cuma nama winnie yang disebut, saya rasa itu pilihan random saja dari WWN.

    ReplyDelete
  20. hebaatt.. saya jujur kagum dengan cara mas mencari kebenaran dari berita hox ini... ckckck..

    ReplyDelete
  21. kalo orang yang memiliki bakat istimewa (ex: telekinetics, space time-continuum, telephaty, etc) bisa di katakan hoax juga g brad? bole jg tuh di bahas

    ReplyDelete
  22. ditektif....mantaps....wow

    ReplyDelete
  23. Damn.....gak tahu saya harus bilang apa.....bener2 analisa yang jeli dan amazing.... kalau saya yang baca mungkin sudah langsung bilang cerita yg saya baca adalah asli...ckcckkckckck...kalau ada berita aneh lagi kayaknya saya harus buka website enigma dulu....wkwkwkwkwkkwk...kali aja hoax...kan cape deeeh..

    ReplyDelete
  24. saya kagum dgn ulasan diatas,

    ReplyDelete
  25. Analisa yang menarik....
    setelah saya baca blog ini, isinya sangat menarik.
    saya diingatkan kembali untuk terus berpikir analitical.

    salam

    Mevi

    ReplyDelete
  26. kerennnn ....
    saya suka..

    ReplyDelete
  27. bung enigma,
    saya minta link tentang Winni Coutts yg benar2 selamat katanya dan pindah ke New Jersey itu donk,,

    kapten Smith kok lum slesai djelaskan?
    dengan mengabaikan crita hoax mngenai kapten Smith, apakah dia termasuk orang yg slamat sperti Winni Coutts?
    Weekly World News menggunakan pnumpang yg selamat dan "mnambah2i" bumbu-bumbu fiktif agar terlihat sensasional,
    digmbar itu ada kapten Smith jg,
    apa kapten Smith selamat sperti Winni?

    yg saya mau tanya juga:
    1.Jumlah pasti orang yg selamat dr musibah itu, (2 orang, lebih, atau Winni seorang saja mnurut bung enigma?)

    2.Berapa lama wktu yg dbutuhkan Winni slama terdampar?, (jika ia benar2 pnumpang selamat)

    3.Seperti apa penyelamatan persis diri Winni saat bencana dari pencarian berita bung enigma?

    4.Seperti apa keadaan benar2 Winni Coutts selamat dari bencana itu?
    apa benar sperti yg Weekly World News katakan ia ditemukan di atas es (iceberg)?
    jawaban bung enigma?

    5.Apakah Winni benar2 naik kapal Titanic?
    ( bisa saja daftar itu daftar penumpang yg membeli tiket, bukan daftar yg penumpang yg benar2 menaiki kapal Titanic, jd Weekly World News membesar-besarkan berita tntang Winni seakan ia telah menaiki kapal dan selamat . . . )

    jika pertanyaan saya yg ke 5 itu benar Winni tidak benar2 naik kapal Titanic dan soal Kapten Smith mnurut bung enigma benar2 mati dalam bencana, spertinya mnurut saya sudah cukup menjadi bukti kuat bahwa bagaimana Weekly World News dalam ber"fiktif ria" atas berita nya dan mengenai pencarian bung enigma bahwa semua ini benar2 HOAX.

    soal kata2 berlebihan Weekly World News diatas tentang Winni, "hadn't age a day since 1912".
    mungkin wartawan Weekly terkesima oleh awet mudanya Winni saat mengambil gambarnya,, ^^

    ReplyDelete
  28. analisa yang keren.... TOP BGT ^^

    ReplyDelete
  29. Iya sih berita itu juga udah masuk acara gosip .. tp setelah baca blog ini jd yakin klo itu cuma fiktif ..

    ReplyDelete
  30. Udah jadi detektif aja om gue yakin dah para koruptor di indonesia abis sampai tidak ada yang tersisa....Muanttapppp OM...salut dah....

    ReplyDelete
  31. Saya sangat menyukai analisis anda.. Klo saya punya lima jempol, saya acungkan semua, tp saya cuma punya 4.. Mungkin itu bs menggambarkan kekaguman saya terhadap blog ini..

    Ctrl+D

    Skali lagi "Selalu ada sisi yang lain"

    ReplyDelete
  32. WAH,, HEBAT! SAYA BENAR2 KAGUM DENGAN ANALISANYA! THX, UDAH MECAHIN MISTERI INI... SY JD TAU...

    ReplyDelete
  33. analisis yang keren !

    ReplyDelete
  34. Sedap, sepertinya telah kutemukan blog misteri yang penulisnya bisa mempertanggungjawabkan tulisannya.

    two thumbs up for enigma!

    ReplyDelete
  35. kagum aku.... capa yg punya blog ni???????

    ReplyDelete
  36. .salam kenal
    .saia penggemar bru blog anda
    .sebelumnya saia mw miinta tolong
    . tolong selidiki lebih lengkap lagi mengenai manusia listrik
    . terimakasih

    ReplyDelete
  37. detail banget .
    kerennnn !! 2 thumbs up for enigma !!

    ReplyDelete
  38. wah...analisis yg bagus...^^

    ReplyDelete
  39. yg terbaru donk....

    ReplyDelete
  40. apakah anda tahu, kalau teori melampaui waktu atau lorong waktu itu memang ada, masuk akal dr segi sains.. dan juga agama islam.

    ReplyDelete
  41. jadi ketagihan dengan blog ini

    ReplyDelete
  42. wah mantab gan, kalah nih Sherlock Holmes :)

    ReplyDelete
  43. kerenn!!
    BOOKMARK ahh,,,gw demen nih blog bermutu ky begini,,
    jgn2,, berita facebook bakal tutup juga HOAX news ya??
    ga mungkin lah MArk Zuckerberg sebodoh itu..
    nice POSt!!

    ReplyDelete
  44. ijin copas om..ada yang nyebarin lagi niy..uda tak kasi linknya kesini :)

    ReplyDelete
  45. Great post! With very detail and comprehensive article!

    ReplyDelete
  46. sangat jarang saya membaca penuh isi posting sebuah blog sejak saat itu.. tapi xfile-enigma membuat saat itu menjadi kini.

    Blog seperti inilah yang membuat saya enggan menulis. malu rasanya :)

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  47. Anda jauh lebih pintar daripada staf-staf ahli presiden kita :)

    ReplyDelete
  48. Ist... Maantap..

    Thanks for info ya

    Lanjut Gan...

    ReplyDelete
  49. wah, penulis harusnya jadi pulisi intel nih...........

    ReplyDelete
  50. agan aku mau nanya !!!
    dari masalah diatas cmn sie cewek yg brhasil agan pecahkan,,,,, sdangkan sih kapten spertinya agak tanggung !!!

    klau pun dia tidak melewati lorong waktu(timehole) melainkan dia hanya terhanyut-hanyut di air,,,tetap saja tidak menjelaskan kenapa selama puluhan tahun dia masih hidup dan bahkan umurnya tetap sama seperti saat kapal itu tengelam. terimakasih

    ReplyDelete
  51. @Brian: Seluruh kisah ini adalah fikitf. Tidak ada penemuan kapten smith atau wenny kathe pada tahun 1990 dan 1991. Kapten smith sudah tewas pada kecelakaan tersebut.

    ReplyDelete
  52. keren..... saya suka baca enigma.....
    nambah ilmu pngetahuan terus bagi-bagi ilmu yahhh...
    bravo enigma

    ReplyDelete
  53. salut luar biasa........

    ReplyDelete
  54. like ur analisis..
    lanjutkan

    ReplyDelete
  55. salut dengan kejelian dan rasa penasaran anda terhadap peristiwa yg di sajikan :)


    keep up the good work bro

    ReplyDelete
  56. Em mungkin benar nama dua korban selama itu hny rekaan belaka......percaya ga percaya dah...
    Tapi kita jg ga isa pungkiri tentang kisah lorong waktu disegitiga bermuda......
    Ga tw dah bro udah analisis belum di blog mu....
    Entah lorong waktu itu ada atau tidak....
    Masih menjadi misteriiii dunia

    ReplyDelete
  57. Um.....ga tw jg dah.....
    Mungkin ada bener nya jg......
    Itu cm fiktif dan rekaan......
    Tp tntng lorong waktu di segitiga bermuda perlu dianalisa jg...w ga tw bro udah bhas soal itu pa blm.......
    Bngung dah jd ada apa ga...
    Bales via mail aja ya...
    ultra_ndri@yahoo.com

    ReplyDelete
  58. gile bener.................patut di conto ni.............

    ReplyDelete
  59. Wah, saya salut skali dgn analisa detektif ala enigma ini,, itulah perlunya berita hoax, biar enigma bs mbuktikannya,, saya tmsk salah satu yg mcopas artikel ttg ini,, dan stlh mbaca ini, saya jd tperangah dg penelusuran yg bgitu mdlm dr enigma,, blh tdk saya mcopas pbuktian ini? pastinya dgn etika mcopas ;p
    btw, kl bs enigma jg mbahas soal "The Illuminati Card Game" yg saat ini sdg hangat2nya dibicarakan,, td saya baca soal HAARP disini, krn pnasaran dr sbuah artikel ttg "The Illuminati Card Game" yg mjlskan konspirasi yg mgantung ttg gempa dan tsunami di Jepang br2 ini ada hubnya dgn HAARP,,
    Oya, sm 1 lg enigma,, ttg novel "The Wreck of The Titan" yg banyak ksamaan dgn kjadian Titanic 14 thn kemudian,,

    skali lg t`ksh info & kbrilianannya dlm mngorek sbuah kbenaran,, salam (",)v

    ReplyDelete
  60. kepikiran bikin buku? misteri mungkin? di indonesia buku/novel misteri kurang populer. mungkin bung enigma ini bisa memperkaya daftar penulis berkualitas -khususnya bidang misteri- di indonesia.
    ngomong2, terimakasih infonya. cara berpikir anda dapat ditiru.

    ReplyDelete
  61. I'm from United Kingdom.
    I can speak and understand indonesian languages.
    Briefly here, all of your research is effective.

    ReplyDelete
  62. Mantap penjelasannya bang ngmong ngomong kalo boleh tau abang orang mana ????

    ReplyDelete
  63. iya....... cerita ttg john titor donk.......
    ehehehheheheh

    ReplyDelete
  64. seru banget baca post ini,, walaupun banyak banget tapi seru...

    ReplyDelete
  65. Analisa yang sangat bagus.. Hhe Good Boy

    ReplyDelete
  66. gan,ane cuma bisa ngomng MANTAP dah,,ane demen a artikel 2 lo gan,detail bget lu mah,,sallluutt.

    ReplyDelete
  67. waw, hoax bikin dunia gempar ,emang bener kata orang indo '' dinua panggung sandiwara''

    ReplyDelete
  68. Dalam penyelidikannya terhadap lorong waktu, John Buckally mengemukakan teori hipotesanya sebagai berikut. Pertama, obyektifitas keberadaan lorong waktu adalah bersifat kematerialan, tidak terlihat, tidak dapat disentuh, tertutup untuk dunia fana kehidupan umat manusia, namun tidak mutlak, karena terkadang ia akan membukanya. Kedua, lorong waktu dengan dunia manusia bukanlah suatu sistem waktu, setelah memasuki seperangkat sistem waktu, ada kemungkinan kembali ke masa lalu yang sangat jauh, atau memasuki masa depan, karena di dalam lorong waktu tersebut, waktu dapat bersifat searah maupun berlawanan arah, bisa bergerak lurus juga bisa berbalik, dan bahkan bisa diam membeku. Ketiga, terhadap dunia fana (ruang fisik kita) di bumi, jika memasuki lorong waktu, berarti hilang secara misterius, dan jika keluar dari lorong waktu itu, maka artinya adalah muncul lagi secara misterius.


    Disebabkan lorong waktu dan bumi bukan merupakan sebuah sistem waktu, dan karena waktu bisa diam membeku, maka meskipun telah hilang selama 3 tahun, 5 tahun, bahkan 30 atau 50 tahun, waktunya sama seperti dengan satu atau setengah hari. Dalam ajaran Buddha terdapat satu bait penuturan: “Bagaikan sehari di kahyangan, tapi rasanya sudah ribuan tahun lamanya di bumi,” tampaknya memiliki makna kebenaran yang sangat dalam.

    gmana tentan hipotesa nya si John Buckally

    ReplyDelete
  69. pertamax nih . .
    gw suka analisis lo yg cermat broo

    ReplyDelete
  70. wow... saya cuma bisa cengo baca artikel ini
    it really is good XD
    good job!

    ReplyDelete
  71. bang enigma,maaf neh sblmnya..
    sy br2 ini tertarik sm dunia blog..
    klo blh taw,prnh ngulas crita ttg john titor g y??
    maaf sy br2 ini knal ma blog ini..
    mohon maklulm ^_^
    makasih

    ReplyDelete
  72. pemikiran ny mantab ..
    5 jempol buat anda ..
    berapa hari tuh mecahin ni misteri ..???

    ReplyDelete
  73. Rasa penasaran membuat anda meneliti untuk mencari kebenaran, saya merasa kagum pada anda....!

    Saya yakin lorong waktu itu ada tapi belum dapat dibuktikan...!

    ReplyDelete
  74. gaya bahasanya congkak...

    oka

    ReplyDelete
  75. goo analysis bro...good conclusion

    ReplyDelete
  76. great mas enigma... terus berkarya melalui blogger,.,. blogger anda menurut saya blogger pengetahuan yang terbaik berdasarkan sumber dan fakta yang akurat... lanjutkan gan!!

    ReplyDelete
  77. Salut dengan kegigihan menganalisa... ditambah dengan gaya penulisan yg enak dibaca!

    ReplyDelete
  78. mantap analisisnya..boleh ngambil magister untuk urusan penelusuran data..

    ReplyDelete
  79. wah ini mah ulasan yang paling keren... edan...

    # Blak white vector

    ReplyDelete
  80. pertamax abis gan...

    ReplyDelete
  81. saya suka komen2 bro Enig yg bernada sarcastic dan lontarn kalimat ketika sdg skeptis... betul2 conscious sejati..! :p

    ReplyDelete
  82. AnliSIs yg bagus bro...salut bwt bro enigma

    ReplyDelete
  83. bisa tolong jelaskan tentang bangsa lemurian???

    ReplyDelete
  84. Blogger yang menulis hal ini cocok jadi cyber detektif !

    ReplyDelete
  85. O.M.G.
    ga prnh sblmny baca blog dmn disitu d jelasin sampai mendetail suatu berita, hoax atau real !!!

    KEREN !!!!! b(^^)d

    ReplyDelete
  86. Hebat!!! 5 Jempol!! ... jd ogah copi paste... takut memberitakan berita yang salah.... tapi yang namanya informasi memang begitu adanya.. Bombastis... hehehe...

    ReplyDelete
  87. hebat bro...laur biasa..anda orang kreatif dan jeli akan pengetahuan sukses selalu

    ReplyDelete
  88. wah salut sama tulisan di sini, baru baca beberapa langsung tertarik pengen baca yg lainya..

    ReplyDelete
  89. Pemeriksaan dan analisa yang indah dan teliti. (Saya juga ngelakuin, hampir sama hasilnya)

    Boleh dibookmark lah ini website. :D

    ReplyDelete
  90. gk sia2 memang, anda berlama-lama di dpn laptop..
    dan perasaan sya sgt kagum, bkn krna berita2 yang anda muat, tapi krn cara berfikir & kreatifitas serta cara anda memecahkan & mencari jalan kluar dari sebuah masalah (yang di sertai dgn penjelasan yg logis serta menyertakan sumber) sehingga dapat dgn mudah di cerna oleh pembaca yang mgkin awam sekalipun (seperti saya)
    thx, buat ENIGMA..
    sukses selalu..
    wassalam..

    ReplyDelete
  91. pernyataan yang sangat akurat..lorong waktu itu hanyalah tuhan yang tahu..

    ReplyDelete
  92. mas kapan tanggal lahir Kapten Edward John Smith ???
    kenapa mas bisa menyimpulkan bahwa usianya 141 tahun ??

    ReplyDelete
  93. Kenapa tokoh fiktifnya gak pake nama winnie the pooh aja biar ada banyak sumber otentik yang dpt dipercayai oleh bnyak orang.
    hahahaha

    ReplyDelete
  94. Detective X-File !
    Kren Gan,,,,,

    ReplyDelete
  95. pertamax....saya suka analisanya yg logis dan masuk akal ;)

    ReplyDelete
  96. keren ....look like a detective, i like your assumption .

    ReplyDelete
  97. kaya nya sammpe kapan pun yg namanya mesin waktu hanya hayalan belaka yha (idaman orang2 yg memiliki kesalahan dimasalalu dan ingin memperbaikinya) hiks T_T

    ReplyDelete
  98. saya dulu pernah membaca di sebuah majalah, bahwa ada seorang bayi tabung yang dikembangkan menggunakan rahim gorilla...dan lahir dengan selamat. tapi saya lupa nama majalah itu...dan saya masih penasaran sampai sekarang...bisa mencarikan referensinya ga ya? dan apa benar bayi manusia bisa berkembang di rahim gorilla? hmm...

    ReplyDelete
  99. Ini sangat betul, sudah saya cari mulai di Wikipedia sampai encyplodia-titanica. Saya juga tidak menemukan Wayne Kathe melainkan Winnie Cotts. Dan pernyataannya dari wikipedia juga mengatakan bahwa Kapten Smith meninggal beberapa jam setelah hanyut. Kalau untuk Wayne Kathe, dia tidak ada didaftar. Lalu Winnie Cutts meninggal saat berumur 80 tahun. Saya rasa mereka yang mengakui sebagai korban Titanic itu hanyalah tokoh fiktif.

    ReplyDelete
  100. nice info bang, keren abiez,,
    boleh mnta izin copas nya, saya masukin koq sumber nya link abang Enigma,
    sekalian y bang mampir ke blog saya.

    ReplyDelete
  101. ikutan donk...sebenernya, saya orangnya agak relijius sih, hehe...Allah berfirman "waktu yang telah lewat tidak akan kembali"...pertanyaannya sekarang, apakah mungkin suatu saat nanti akan ada saatnya manusia bisa kembali kemasa lalu, atau pergi kemasa depan...kita yang pergi maksudku...mungkin suatu saat nanti bisa...entahlah ^^, lorong waktu itu seperti apa ya?...Dimensi yang berbeda?...coba all, baca jhon titor sang penjelajah waktu...apakah berita ini rekayasa yang kejam ^^?...ceritanya mengerikan lho, bentar lagi waktunya...

    ReplyDelete
  102. abang pinter banget kuliah jurusan apa bang?

    ReplyDelete
  103. gumpalan es?, ngapung? bertahun2, sebrapa besar?, kok gak leleh?, usia si winnie di encyclopedia 36 di koran kok 29?, mana yang bener?, hoax?

    ReplyDelete
  104. Mungkinkah diantara komentator anda ada mr Q?
    saya coba pelajari tiap komentar tp sangat sulit utk mengenali gaya bahasa yg digunakan.....

    maafkan saya

    ReplyDelete
  105. anjir mas ini pinter amat analisanya. love it♥

    ReplyDelete
  106. Gue suka postingan yang kaya begini!! penelusurannya mantab!

    ReplyDelete
  107. weew abang kaya sherlock holmes aja heheh

    ReplyDelete
  108. kamu bilang seperti itu kalau kamu melihatnya sendiri
    mbok ya buat mesin waktu biar tau persis ceritanya

    ReplyDelete
  109. saya baru saja mau ikut pindah ke lautan yg dekat gunung Es nya... supaya awet muda dan tidak pernah tua, tapi knapa hoax yach...?? SALUTT.... om enigma pasti dulu dikelas dapet rengking satu terus yach... rasa ingin taunya besar...GOOD...

    ReplyDelete
  110. luar biasa, sampai segitunya mencari fakta hoax atau bukan, demi memuaskan pembacanya. Mantab. Lanjutkan tulisan2 yg sejenis.

    Kalau boleh request, tolong kuak artikel tentang berita Junko Furuta, gadis jepang yang disiksa 44 hari (banyak bertebaran di google). apakah berita itu hoax atau nyata? soalnya saya tidak pernah menemukan artikel lengkapnya, semuanya copy paste dengan bahasa yang persis sama, minim foto, dan cerita kronologisnya terlalu detail menurut saya. TQ

    ReplyDelete
  111. mas saya mau nanya , di situ tertulis , Tidak ada penemuan Kapten Smith atau Winnie Coutts (ataupun Wenny Kathe) pada tahun 1990 dan 1991.

    pertanyaannya , blog apa yg membuat pernyataan bahwa kapten smith dan ny.winnie di temukan pada tahun 1990 dan 1991 ,dan kalo memang ia tidak benar , knp juga sampai skrng belum ada org ataupun peneliti yg membantah kalau info trsbt tidak benar ,
    mkasi mas

    ReplyDelete
  112. wow... gokil lo ya?? analisa yg luar biasa....!!!!! Sallut

    ReplyDelete
  113. Salut atas usaha anda dalam pencariannya,trims....

    ReplyDelete
  114. saya sudah hatam semua artikel di blog ini, semuanya menarik... salut !!!

    salam kenal
    M Umar

    ReplyDelete
  115. kalau berbakat jadi detective genius begini, coba sesekali bisa bikin novel trus di film kan.. kayaknya oke bro

    ReplyDelete
  116. Artikel dengan penyelidikan yang menarik...

    ReplyDelete
  117. Luar biasa...salam dr Flores-NTT

    ReplyDelete
  118. mantap Mr. Enigma
    Update trus dunk web nya

    ReplyDelete
  119. kamu seorang analisis yg mnurut saya sangat kritis dlm masalah...
    cool brooo :)

    ReplyDelete
  120. super waw dah pokok nya
    macam baca komik detektif conan aja
    seru pisan ey

    ReplyDelete
  121. Bro..
    Temuan Ilmiah hal2 yg msh dlm penelitian 'Misteri' i2 kebanyakan ditutupi Oleh agent Pemerintah U.F.O
    dari masyarakat umum.. Kebenaran di sembunyi kan untuk riset mereka...
    Contoh kejadian Di Roosevelt..

    U wanna conversation with me, please Contact my FB Cransy_usa@yahoo.com.. :D

    ReplyDelete
  122. anda pantas jadi detektif..

    ReplyDelete
  123. wow........terus berkarya

    ReplyDelete
  124. Ini blog benar2 sangat detail, walau saya tidak terlalu menyukai bertita seperti ini, dan saya baru 13 tahun, namun saya cinta sejarah, saya suka sekali ini benar benar menguak berita sampai habis [[like]] buat blog ini

    ReplyDelete
  125. Om Penutup nya Narasi nya agak Lebay ya... hahhaa tapi mantab Analisa nya !!

    ReplyDelete
  126. Semangat bos, salut sama semangatnya.... Hehehe saya suka dengan kalimat anda yang “common sense“. Sering kali saya bedebat di forum tentang masalah sejarah agama tetapi selalu mentok pembuktiannya, dan pada akhirnya seolah olah saya harus hidup dizaman tersebut agar jelas buktinya dapat saya lihat dengan mata kepala sendiri. Akan tetapi sehabis saya baca tulisan anda akhirnya saya menarik kesimpulan jikalau perjuangan pembuktian saya tidak lah cukup saya lakukan sebagaimana mestinya. Terimakasih atas informasi : yang menarik ini, anda telah pemberikan semangat baru kepda saya dan inspirasi.

    ReplyDelete
  127. smpat penasaran adanya lorong waktu, tapi udah jlas.. (y)

    ReplyDelete
  128. great...mana tulisan tahun 2013 nih?

    ReplyDelete
  129. 4 jempol untuk analisanya mas... hebat !! detektif nih...
    saya salut dengan kesungguhan mas dalam memecahkan sebuah berita dan insting mas ini sangat luar biasa ! memang sesuai dengan pepetah islam "man jadda wajada"

    ReplyDelete
  130. Salut sama kerja keras anda dalam menyelidiki kisah ini..

    ReplyDelete
  131. Wa..h mantap brow
    Saya akui anda sangat jeli
    Dan tdk gampang percaya
    Dg keterangan yg kurang masuk akal dan tak terbukti.
    Sekali lagi si...pp manta..p

    ReplyDelete
  132. pola pikir yang sangat luas,, bagus...

    ReplyDelete
  133. Maaf Mas enigma.
    Anda hanya ingin membuktikan hoax yang ada di kepala anda.
    Googling lagi dech !...

    ReplyDelete
  134. Great.....5 star.....bgmn jk mengupas kekuatan otak bang...mnurut science kt hanya gunakan 5-10% kemampuan otak...jk 100% otak kita digunakan mungkin dahsyat....contoh gambaran alien selalu berkepala besar dan fungsi2 tubuh tdk tlalu signifikan mrk hanya gunakan kekuatan otak utk telepati terbang spt cahaya dll.....kpn manusia sampai tahap evolusi spt mrk ya

    ReplyDelete
  135. Yang saya mau tanyain cuman satu.., mas bro enigma tuh otaknya pake processor apa? Ko setiap analisanya selalu berbobot dan sulit disangkal?! Heheee... :D

    ReplyDelete
  136. saya menganalisa ini adalah hoax dari mas enigma,,,
    dan sy sendiri sudah kena tipu,, di halaman blog lain sudah dikatakan bahwa berita ini hoax,,
    dan hasil analisa saya ini page hanya di buat untuk menaikkan rating blog, dan terbukti 371 org membaca dan 371 point menjadi 372 point termasuk sy sudah beralih ke halaman ini

    ReplyDelete
  137. keren banget analisanya sampai segitunya. Banyak membantu, bahasanya juga bagus. Toppppp bangettt

    ReplyDelete
  138. Saya sangat suka dengan analisa anda. sungguh membuat saya termotivasi.......... anda sangat jeli, pemikiran ansda seperti detektif hebat, saluuuutttt....

    ReplyDelete
  139. waw,
    dulu banget udah pernah baca tapi baru tau sekarang kalo ternyata cuma hoax

    ReplyDelete
  140. Luar biasa........

    ReplyDelete
  141. Winnie Coutz ditemukan thn 1990, sedangkan meninggal thn 1960. maksudnya gimana?

    ReplyDelete
  142. deduksi anda mengingatkan saya pd style gosho aoyama

    ReplyDelete
  143. JIKA MANUSIA BERGERAK DENGAN KECEPATAN HAMPIR SAMA DENGAN KECEPATAN CAHAYA MAKA TUBUH MANUSIA ITU SEKETIKA AKAN HANCUR LEBUR,KARENA MANUSIA HANYA BERTUBUH DARI DAGING DAN TULANG SAJA ,BAHKAN BAJA YANG TERBAIK PUN AKAN HANCUR JIAKA BERGERAK SEDEMIKIAN CEPATNYA HINGGA HAMPIR MENYAMAI KECEPATAN CAHAYA KECUALI MANUSIA TERBUAT DARI CAHAYA MAKA HAL ITU BISA SAJA TERJADI.

    ADA CONTOH SEBUAH METEOR YANG CUKUP BESAR ,METEOR ITU TERSEDOT OLEH GRAFITASI BUMI ,MAKA METEOR TERSEBUT AKAN TERBAKAR ,MENYUSUT SEDIKIT DEMI SEDIKIT HINGGA AKHIRNYA UKURANYA MENJADI LEBIH KECIL DARI SEBELUMNYA BAHKAN AKAN MUSNAH SESAMPAINYA DI PERMUKAAN BUMI .ITU TERJADI KARENA KECEPATAN METEOR YANG JATUH KE BUMI BEGITU BESAR DAN BERTABRAKAN DENGAN ATMOSFER BUMI AKIBATNYA TERJADI GESEKAN YANG CUKUP HEBAT YANG MAMPU MENGHANCURKAN METEOR TERSEBUT .TENTU SAJA KECEPATAN METEOR TERSEBUT BELUM SEBERAPA DENGAN KECEPATAN CAHAYA. BAGAIMANA KALAU ITU TERJADI PADA MANUSIA YANG HANYA BERTUBUH TULANG DAN DAGING ? JAWABANYA INALILAHI .

    ReplyDelete
  144. anda kurang teliti, di google itu ada pilihan "Search for English results only" ....BRO ! ckckck

    ReplyDelete
  145. sejak kecil saya menyukai ilmu matematika yang pasti, real dan logis. saya tak mempercayai sesuatu yang tak bisa dilihat langsung oleh mata atau langsung dirasakan oleh energi tubuh kita dalam keadaan sadar dan real. secara logika sesuatu yang tak bisa dibuktikan dengan mata adalah tidak ada.

    ReplyDelete
  146. Tidur ga nyenyak gara gara baca berita ini, untung sekarang ada penjelasan yg logis dan menurut saya dapat dipercaya

    ReplyDelete
  147. terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat. Maaf ijin share

    ReplyDelete
  148. keren gan infonya, terima kasih
    dalam al-qur'an pun udah dijelaskan di surat al-kahf dan juga peristiwa isra mi'raj nabi muhammad s.a.w

    ReplyDelete
  149. Baru baca yg ini .
    Wahhh pantasan aja anonymous ada yg resek , ternyata kemungkinan isi blog/web nya di buktikan hoax .
    Nice post bung E .
    Apa cma gw yg kemari gara" postingan terbaru nya bung E ?

    ReplyDelete
  150. siip mann, sangat2 teliti ...........good

    ReplyDelete
  151. GREAT....!!!!!.....suatu suguhan yang sangat menrik..membaca ini blong terasa ikut layaknya ditektif....analisa anda luarbiasa...

    ReplyDelete
  152. Is it just me or does winnie coutts sound so much like wenny kathe

    ReplyDelete
  153. Ilmu lorong waktu = ilmu kanuragan. :D

    ReplyDelete
  154. Bagaimana nih mengenai situs Gunung Padang? Karena ada pro dan kontra. Tapi dari foto yg di TV, meyakinkan, hasil kebudayaan purba.

    ReplyDelete
  155. Wah hebat! Seperti membaca buku seri detektif. Belum lama ini saya juga dapat postingan temen di facebook tentang orang yang hilang di Bermuda ditemukan selamat karena lorong waktu, setelah membaca artikel ini saya jadi berpikir cerita itupun cuma hoax aja.

    ReplyDelete
  156. bener2 keren,analisanya lengkap, ngebacanya jadi bikin penasaran mau terus baca sampai akhir...: )

    ReplyDelete
  157. Numpang bilang, keren bro

    ReplyDelete
  158. terimakasih sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  159. Sepanjang saya membaca artikel tidak menemukan kekurangan untuk mengorek informasi hoax, jujur saja kadang terasa jenuh karena informasi bersifat ilmiah. Kalau tidak begitu tidak ilmiah.
    Pokoke salut.....
    Boleh request tidak ya. FE masih menghangat dan ternyata semakin bertambahnya waktu semakin banyak pembaca di internet yang terjerumus, ini harus segera diluruskan. Sumber utama adalah youtube: fe101, berisi informasi bumi adalah datar, dan video copy-paste yang disesuaikan secara memaksa dengan narasi yang dibuatnya.

    ReplyDelete
  160. WAHH...Saat saya membaca artikel ini , saya merasa seperti sedang menonton film detektif dan film itu sangat seru,hingga saya menonton film itu sampai selesai...
    Artikelnya seru...
    Saya salut sama kerja kerasnya bang...

    ReplyDelete