Tuesday, January 12, 2010

Fenomena Deja Vu yang misterius

Pernahkan anda mengunjungi sebuah rumah untuk pertama kalinya dan tiba-tiba anda merasa familiar dengan rumah tersebut ? Atau pernahkah anda berada dalam suatu peristiwa ketika tiba-tiba anda merasa bahwa anda sudah mengalaminya walaupun anda tidak dapat mengingat kapan terjadinya ? itulah deja vu, salah satu fenomena misterius dalam kehidupan manusia.
 
"Om, saya merasakan bahwa saya pernah melakukan hal yang sama, gerakan yang sama dan lain- lain"

Suatu hari, kalimat di atas masuk ke kotak komentar di blog ini. Walaupun kalimat itu terdengar menakutkan dan misterius, tapi untuk kasus ini sepertinya saya punya jawabannya. Inilah yang disebut deja vu.

Banyak dari kita yang sudah pernah mendengar kata ini, tapi mungkin hanya sedikit yang mengetahui artinya.

Definisi Deja Vu
Deja vu berasal dari kata Perancis yang berarti "telah melihat". Kata ini mempunyai beberapa turunan dan variasi seperti deja vecu (telah mengalami), deja senti (telah memikirkan) dan deja visite (telah mengunjungi). Nama Deja Vu ini pertama kali digunakan oleh seorang ilmuwan Perancis bernama Emile Boirac yang mempelajari fenomena ini tahun pada 1876.

Selain deja vu, ada lagi kata Perancis yang merupakan lawan dari deja vu, yaitu Jamais Vu, yang artinya "tidak pernah melihat". Fenomena ini muncul ketika seseorang untuk sementara waktu tidak dapat mengingat atau mengenali peristiwa atau orang yang sudah pernah dikenal sebelumnya. Saya rasa sebagian dari kalian juga sering mengalaminya.


Sebelum kita melihat mengenai deja vu, pertama, kita perlu mengetahui apa yang disebut dengan "Recognition Memory", atau memori pengenal.

Recognition Memory
Recognition Memory adalah sebuah jenis memori yang menyebabkan kita menyadari bahwa apa yang kita alami sekarang sebenarnya sudah pernah kita alami sebelumnya.

Otak kita berfluktuasi antara dua jenis Recognition Memory, yaitu Recollection dan Familiarity. Kita menyebut sebuah ingatan sebagai Recollection (pengumpulan kembali) jika kita bisa menyebutkan dengan tepat seketika itu juga kapan situasi yang kita alami pernah muncul sebelumnya. Contoh, jika kita bertemu dengan seseorang di toko, maka dengan segera kita menyadari bahwa kita sudah pernah melihatnya sebelumnya di bus.

Sedangkan ingatan yang disebut Familiarity muncul ketika kita tidak bisa menyebut dengan pasti kapan kita melihat pria tersebut. Deja Vu adalah contoh Familiarity.

Selama terjadi Deja Vu, kita mengenali situasi yang sedang kita hadapi, namun kita tidak tahu dimana dan kapan kita pernah menghadapinya sebelumnya.

Percaya atau tidak, 60 sampai 70 persen manusia di bumi ini paling tidak pernah mengalami deja vu minimal sekali, apakah itu berupa pandangan, suara, rasa atau bau. Jadi, jika anda sering mengalami deja vu, jelas anda tidak sendirian di dunia ini.

Teori-Teori Deja Vu
Walaupun Emile Boirac sudah meneliti fenomena ini sejak tahun 1876, namun ia tidak pernah secara tuntas menyelesaikan penelitiannya. Karena itu, banyak peneliti telah mencoba untuk memahami fenomena ini sehingga akhirnya kita mendapatkan Paling tidak 40 teori yang berbeda mengenai deja vu, mulai dari peristiwa paranormal hingga gangguan syaraf.

Pada tulisan ini, tidak mungkin saya membahas 40 teori tersebut satu persatu. Jadi saya akan memilih beberapa teori yang saya anggap perlu diketahui. Pertama, saya akan mulai dari teori psikolog legendaris, Sigmund Freud. Tapi sebelum itu, saya ingin menunjukkan kepada kalian sebuah gambar yang sangat terkenal. Ini dia :


Foto di atas adalah foto ilustrasi "Puncak gunung es" yang terkenal. Para ahli "otak" sering menggunakan ilustrasi di atas untuk menunjukkan seperti apa pikiran kita yang sebenarnya. Permukaan air adalah batas kesadaran kita. Pikiran Sadar kita adalah bongkahan yang muncul di atas permukaan laut. Sedangkan pikiran bawah sadar adalah bongkahan raksasa yang ada di dalam laut.

Menurut mereka, sesungguhnya sebagian besar informasi yang kita terima tersimpan di pikiran bawah sadar kita dan belum muncul ke permukaan. Hanya sebagian kecil dari informasi yang kita terima benar-benar kita ingat atau sadari. Prinsip ini adalah kunci penting untuk memahami Deja Vu.

Gangguan akses memori
Sigmund Freud yang sering dijuluki sebagai bapak psikoanalisa pernah meneliti mengenai fenomena ini dan ia percaya bahwa seseorang akan mengalami Deja Vu ketika ia secara spontan teringat dengan sebuah ingatan bawah sadar. Karena ingatan itu berada pada area bawah sadar, isi ingatan tersebut tidak muncul karena dihalangi oleh pikiran sadar, namun perasaan familiar tersebut bocor keluar.

Teori Freud ini terbukti menjadi landasan bagi teori-teori yang muncul berikutnya.

Namun sebelum saya membahas teori-teori yang lain, saya ingin mengajak kalian untuk mengenal satu kata ini terlebih dahulu, yaitu "Subliminal". Subliminal berasal dari kata latin, yaitu "sub" dan "Limin atau Limen". "Sub" berarti bawah, sedangkan "Limin" berarti ambang batas. Dalam artian psikologi, subliminal berarti beroperasi dibawah sadar.

Lagi-lagi berhubungan dengan bawah sadar. Maksud saya memperkenalkan kata ini adalah untuk memahami teori di bawah ini.

Perhatian yang terpecah - teori ponsel
Seorang peneliti bernama Dr. Alan Brown pernah mengadakan eksperimen yang diharapkan bisa menciptakan ulang proses deja vu. Dalam percobaannya, ia dan rekannya Elizabeth Marsh memberikan sugesti subliminal kepada subjek penelitiannya.

Mereka menunjukkan sekumpulan foto yang menunjukkan lokasi-lokasi yang berbeda kepada sekelompok pelajar dengan maksud bertanya kepada mereka mana yang dianggap paling familiar bagi mereka. Dalam percobaan ini, semua pelajar yang diuji belum pernah mengunjungi lokasi-lokasi yang ada di foto tersebut.

Namun sebelum mereka menunjukkan foto-foto itu, terlebih dahulu mereka menayangkan sebagian foto itu di layar dengan kecepatan subliminal sekitar 10 sampai 20 milidetik. Kecepatan itu cukup bagi otak manusia untuk menyimpan informasi itu di bawah sadar, namun tidak cukup bagi para pelajar itu untuk menyadari dan menaruh perhatian padanya.

Dalam percobaan ini terbukti bahwa lokasi-lokasi pada foto-foto yang sudah ditayangkan dengan kecepatan subliminal dianggap paling familiar bagi para pelajar itu.

Eksperimen serupa pernah diadakan oleh Larry Jacobi dan Kevin Whitehouse dari Washington University. Bedanya, mereka menggunakan sekumpulan kata-kata, bukan foto. Namun hasil yang didapat sama dengan eksperimen Dr. Alan Brown.

Berdasarkan pada hasil eksperimennya, Dr. Alan Brown kemudian mengajukan sebuah teori yang disebut sebagai teori ponsel (atau perhatian yang terpecah).

Teori ini mengatakan bahwa ketika perhatian kita terpecah, maka, secara subliminal, otak kita akan menyimpan informasi mengenai kondisi di sekeliling kita namun tidak benar-benar menyadarinya. Ketika perhatian kita mulai fokus kembali, maka segala informasi mengenai sekeliling kita yang tersimpan secara subliminal akan "terpanggil" keluar sehingga kita merasa lebih familiar. Ini sama seperti bongkahan es di bawah permukaan air yang naik ke atas permukaan.

Contoh, jika kita memasuki sebuah rumah sambil ngobrol dengan orang lain, maka perhatian kita tidak akan terpaku kepada kondisi rumah itu, namun otak kita telah menyimpan informasi itu secara subliminal di bawah sadar. Ketika kita selesai ngobrol, pikiran kita mulai fokus dan informasi yang tersimpan di bawah sadar mulai muncul. Seketika itu juga kita mulai merasa familiar dengan rumah itu.

Jadi, berdasarkan teori ini, deja vu tidak berhubungan dengan kejadian di masa lalu yang telah berlangsung lama.

Memori dari sumber lain
Ada lagi teori yang lain. Teori ini percaya bahwa otak kita menyimpan banyak memori yang datang dari berbagai aspek kehidupan kita, seperti film yang kita tonton, gambar ataupun buku yang kita baca. Informasi-informasi ini kita simpan tanpa kita sadari. Sejalan dengan lewatnya waktu, maka ketika kita mengalami peristiwa yang mirip dengan informasi yang pernah kita simpan, maka memori yang tersimpan di bawah sadar kita akan bangkit kembali.

Contoh, sewaktu kecil, mungkin kita pernah menonton sebuah film yang memiliki adegan di sebuah tugu atau monumen. Ketika dewasa, kita mengunjungi tugu ini dan tiba-tiba kita merasa familiar walaupun kita tidak ingat dengan film tersebut.

Teori ini mirip dengan teori ponsel, tapi teori ini setuju bahwa deja vu berhubungan dengan kejadian yang telah berlangsung lama di masa lampau.

Teori Pemrosesan Ganda (visi yang tertunda)
Dalam banyak hal, teori-teori mengenai penyebab Deja Vu tidak berbeda jauh dari yang diajukan oleh Sigmund Freud. Namun seorang peneliti bernama Robert Efron berusaha melihat lebih jauh kedalam mekanisme otak, bukan sekedar pikiran sadar atau tidak sadar. Walaupun sangat teknikal, teori yang diajukannya dianggap sebagai salah satu teori Deja Vu terbaik yang pernah ada.Teori Efron ini berhubungan dengan bagaimana cara otak kita menyimpan memori jangka panjang dan jangka pendek. Ia menguji teori ini pada tahun 1963 di rumah sakit Veteran Boston. Menurutnya, respon syaraf yang terlambat dapat menyebabkan deja vu. Hal ini disebabkan karena Informasi yang masuk ke pusat pemrosesan di otak melewati lebih dari satu jalur.

Efron menemukan bahwa Lobus Temporal dari otak bagian kiri bertanggung jawab untuk mensortir informasi yang masuk. ia juga menemukan bahwa Lobus Temporal ini menerima informasi yang masuk dua kali dengan sedikit delay antara dua transmisi tersebut.

Informasi yang masuk pertama kali langsung menuju Lobus Temporal, sedangkan yang kedua kali mengambil jalan berputar melewati otak sebelah kanan terlebih dahulu.

Jika delay yang terjadi sedikit lebih lama dari biasanya, maka otak akan memberikan catatan waktu yang salah atas informasi tersebut dengan menganggap informasi tersebut sebagai memori masa lalu.

Deja Vu - Sepertinya saya pernah menulis ini.
Tidak, saya cuma bercanda. Ini pertama kalinya saya menulis mengenai Deja Vu. Walaupun tidak menakutkan seperti fenomena Doppelganger yang juga sering dihubungkan dengan aktifitas otak, Deja Vu tetap dianggap sebagai fenomena yang luar biasa misteriusnya.

Tapi jika kalian bertanya mengenai pendapat saya, maka saya rasa Sigmund Freud telah memecahkan misterinya.



(wikipedia, howstuffsworks.com, news.softpedia.com, scientificamerican.com)


Komentar Pilihan

Anonymous said...


Ini teory saya asli mas enigma (saya di merebot@gmail.com) cuma belum di coba pembuktiannya secara klinis... coba cek sama yang bermata sebelah (maaf picak) apakah bisa mengalami de javu, hipotesa saya selama ini adalah, mereka pasti belum merasakan de javu..

Karena de javu terjadi (mirip teori efron yang saya baru tahu detik ini di blog ini) adalah lambatnya reaksi otak menerima informasi sebelah mata dari mata lainnya ke otak... info mata yang lambat dianggap kejadian sebenarnya, info mata yang cepat dianggap kejadian masa lalu yang entah kapan,... de javu tak akan sanggup memprediksi kejadian kedepan karena memang belum masuk informasi ke depan oleh matanya. Dia hanya akan merasa, "ih kayanya pernah,... " saya penikmat de javu. Tak pernah takut mengalaminya, bahkan enjoy

January 18, 2010 10:30 AM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

322 comments:

  1. nih saya tadi habis berbicara dgn temn2 sy tentang sesuatu, katakan saja A. tapi saat dalam perjalan kerumah saya melihat sekeliling saya yg sgt berhubungan dgn A tsb. ada yg tahu g ini peristiwa apa

    ReplyDelete
  2. jujur, saya orang yang rajin ngalemin yang namanya dejavu, dan setiap kali dejavu maka saya akan melakukan hal yang berbeda dari bayangan dejavu saya, pertama kali dejavu saya ngerasa santai aja, tp makin kesini dejavu saya semakin sering dan makin menyusahkan, saya ketakutan setiap kali saya dejavu, karena saya pernah coba untuk gak ngelakuin hal yang berbeda dan terjadilah hal yang ada di dejavu.
    saya pengen berhenti ngalemin dejavu, karena sangat menyakitkan otak dan perasaan saya.

    ReplyDelete
  3. saya juga pernah merasakan dejavu
    tapi kenapa setelah peristiwa itu terjadi baru saya merasakan seperti sudah pernah terjadi, apakah kita bisa mengetahuinya sebelum peristiwa itu terjadi???

    ReplyDelete
  4. wahh ,.. berarti yang pernah saya alami berkali-kali itu adalah de javu kah ,.. ??
    coz sering kali saya merasa sangat familiar dengan beberapa orang yang belum pernah saya temui sama sekali ,.. sepertinya orang-orang itu sudah pernah saya temui sebelumnya ,.. kadang-kadang juga di suatu tempat saya merasa sangat familiar sekali dengan tempat itu padahal sekali pun saya tidak pernah ke tempat itu ,.. !!

    kalo saya bilang itu semacam ingatan kehidupan sebelum kita apa bisa di bilang begitu ,.. ??

    ReplyDelete
  5. teman saya dan saya juga pernah merasa kan deja vu dan sering membuat bingung

    ReplyDelete
  6. Djavu, i think, almost everybody has been ever.
    i have.

    ReplyDelete
  7. tp om saya juga sering ngalamin deja vu, dan saya hampir setiap deja vu itu tau kejadian setelahnya.. apa itu karena keterlambatan kerja otak atau mata semata atau ada kesalahan di diri saya?

    ReplyDelete
  8. nice posting. baru2 ini saya juga mengalami peristiwa Dejavu ini. Ijin copas y bang E, saya akan sertakan sumbernya.

    ReplyDelete
  9. dari kata-kata "jelas anda tidak sendirian di dunia ini." itu apa sesama manusia apa makhluk lain... begono?

    ReplyDelete
  10. mungkin ndak yach kita seperti di film back to the future? ato kita bisa pindah ke tempat lain pake mesin...

    ReplyDelete
  11. saya pernah mnglmi hal smcam itu ktika sy sdng mngikti kgiatan mppt/mop

    ReplyDelete
  12. wah kalo ini saya juga sangat sering ngalamin gan,, bahkan sangat sering dan bisa melihat'y dengan sangat jelas n sama persis., sampe pernah mencoba merubah kejadian yg serasa pernah saya alami tersebut(bahkan sering),, tp ga pernah bisa,, walopun saya bener-bener ingat dengan kejadian yg serasa pernah saya alami tersebut (mlai dari apa yg mau kejadian, katakan, dll).

    hal ini dah dari kecil saya alami hingga sekarang,, juga tentang postingan saya di precognitive drem.

    hingga sering sx di tertawakan sma teman" saya bila crita hal ini.


    dan pertanyaan saya : apa orang yg sering mengalami hal sama seperti saya,, terkadang akan merasa frustasi,, ketakuatn,, dan mempenghari psikologi'y.
    soal'y setiap kali mengalami hal itu saya sering menjadi bingung dan takut.

    ReplyDelete
  13. sering banget q ngalamin hal kyk gt, entah dlu ga' tau namanya apa, ngrasa mrinding dan kaget, rasanya pernah ngrasain hal tersebut, tapi bukan suara, melainkan keadaan, sedang duduk ato sedang apa, tiba2 mak jeglek kaget sambil senyum2 sndiri, dlu lom tau namanya apa, ga' sengaja baca artikel tentang dejavu di blog, baru tau namanya dejavu toh, kirain cuman hal biasa.

    ReplyDelete
  14. om enigma, saya juga sering atau katakanlah kadang2 mengalami apa yg dinamakan precognitive dreams dan de javu. tetapi saya lebih banyak mengalami precognitive dreams. saya juga tertarik dengan pernyataan bro zumaidil, apakah dejavu/precognitive dreams ada hubungannya dengan reincarnation dan incarnation

    ReplyDelete
  15. Waduhhh...
    Gw ud sring ngalamin hal ini... Dan baru tau klau ini namanya Deja Vu... Weleh"...Waduhhh...
    Gw ud sring ngalamin hal ini... Dan baru tau klau ini namanya Deja Vu... Weleh"...

    ReplyDelete
  16. waktu itu gw ngalami kya deja vu gtu tapi gw tau apa yg akan terjadi selanjutnya, itu deja vu pa bkan..?

    ReplyDelete
  17. kalau sudah tw kejadian 10 atw 5 detik sebelum.y, apakah itu dejavu jg?kalau sudah tw kejadian 10 atw 5 detik sebelum.y, apakah itu dejavu jg?

    ReplyDelete
  18. saya salah satu orang yg sering kali mengalami deja vu seperti yg dialami adik Devi D. Apakah ini suatu Anugerah atau suatu Kutukan atau tepatnya gangguan syaraf? ataukah ini suatu kemampuan paranormal?...

    ReplyDelete
  19. selalu orisinil dan melalui riset..
    bravo bang enigma..

    ReplyDelete
  20. sy juga pernah bahkan sering mengalami Deja Vu, entah kenapa bisa sering gitu, blognya keren banget om enigma, ku copas ya, (manusialay@gmail.com)

    ReplyDelete
  21. mas, bahas juga donk soal lucid dreams dan tingkatan2nya...
    :)

    ReplyDelete
  22. maaf mas apakah klo kita lihat suatu pristiwa lewat mimpi yang telah lama trus terjadi di dunia nyata sekarang apa kah itu termasuk deja vu?

    ReplyDelete
  23. saya juga pernah deja vu
    rasanya udah tau selanjutnya mau ngapain
    terus jalaninnya tuh enteng bgt
    kenapa ya

    ReplyDelete
  24. terima kasih informasi seputar deja-vu nya...kebetulan akhir2 ini saya sering mengalami deja-vu...

    Ada artikel yang menyebutkan bahwa semakin sering anda mengalami deja-vu, itu berarti tingkat stress kita sedang tinggi. Apa itu benar?

    ReplyDelete
  25. oh akirnya nemu juga tentang dejavu
    sip gan infonya

    ReplyDelete
  26. DEJAVU merupakan kejadian masa depan yang belum pernah dilihat oleh mata,menurut saya ketika orang tidur ada yang bilang roh keluar dari jasad dan pergi entah kemana tentunya dengan kecepatan yang luar biasa cepat.Jika bumi memutari poros 24 jam maka roh dapat lebih sehinggga mampu melihat kejadian dimasa depan karena jasad masih dalam keadaan hidup atau terhubung dengan roh maka sebagian kecil dari apa yang dilihat terekam oleh otak dan terjadilah DEJAVU.Itu semua melalui observasi ilmu kirologi.Hanya ALLOH S.W.T. yang tahu hal yang ghaib.

    ReplyDelete
  27. Saya sering Mangalami hal-hal seperti itu!
    Beneran

    ReplyDelete
  28. cara penanganan nya gimana ya?

    ReplyDelete
  29. Deja Vu adalah sebuah peristiwa karena adanya kesalahan yang sedang diperbaiki di sistem dunia ini. Sehingga sistem dunia menampilkan kejadian yg sama agar tidak terlihat proses perbaikannya.

    Source: the matrix

    ReplyDelete
  30. Saya ingin bertanya,apa perbedaan dari Deja vu Precognitive Dreams ??

    Karena dari penangkapan saya dari teori diatas menjelaskan tentang sistem bawah sadar manusia,dan kalau diperhatikan,Precognitive Dreams adalah mimpi, dan mimpi itu terjadi dialam bawah sadar manusia,sama seperti deja vu.. kalau saya sendiri biasanya mengalami deja vu hanya merasa bahwa saya pernah mengalami kejadian tersebut, saya mencoba mengingat namun otak tidak merespons dengan baik. Dan akhirnya saya menyimpulkan bahwa itu terjadi dalam mimpi padahal aslinya blom tentu, karena itu yang menurut saya alasan paling memungkinkan..

    Lalu apa mungkin teori deja vu mirip dengan teori anak indigo yang memiliki kemampuan melihat masa depan ? Karena setahu saya indigo itu juga terjadi dalam alam bawah sadar (seperti mendapat mimpi).

    tolong dijelaskan, terimakasih..

    ReplyDelete
  31. Bang enigma, pernah suatu hari saya kehilangan barang berharga saya. Saya cari2 sampai berhari2 tdk ketemu. Hari ketiga suatu malam saya tidur Dan bermimpi. Dalam mimpi saya seakan2 dikasih petunjuk Dan jalan dimana barang saya itu berada. Ketika saya bangun Dan mentelusuri nya sesuai mimpi saya ternyata benar barang saya itu ketemu. Termasuk apakah mimpi saya itu???

    ReplyDelete
  32. sy sering sekali mengalami yg namanya Dejavu,.belum lama dejavu terjadi pd sy,. sebelum pertandingan chelsea VS barca kemarin sy tidur,.dan sy bermimpi sdg menonton pertandingan tersebut,lalu sy bangun jam setengah 3,stelh itu sy nyalain TV,untuk menonton pertandingn tsb,tp aneh pertandingn trsebut seprti ulangan,apalgi waktu drogba mencetak gol,.itu seolah sdh pernh trjadi,.trimkasih

    ReplyDelete
  33. Ini untuk MENYANGGAH komentar PILIHAN di atas.. mohon kebijaksanaannya untuk diperhatikan.. Pada awalnya, beberapa ilmuwan beranggapan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika pada bulan Desember tahun lalu ditemukan bahwa orang butapun bisa mengalami deja vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.
    Selain itu, sebelumnya Chris Moulin dari University of Leeds, Inggris, telah menemukan pula penderita deja vu kronis: orang-orang yang sering dapat menjelaskan secara rinci peristiwa-peristiwa yang tidak pernah terjadi. Mereka merasa tidak perlu menonton TV karena merasa telah menonton acara TV tersebut sebelumnya (padahal belum), dan mereka bahkan merasa tidak perlu pergi ke dokter untuk mengobati ‘penyakit’nya karena mereka merasa sudah pergi ke dokter dan dapat menceritakan hal-hal rinci selama kunjungannya! Alih-alih kesalahan persepsi atau delusi, para peneliti mulai melihat sebab musabab deja vu ke dalam otak dan ingatan kita.

    ReplyDelete
  34. kalo menurut saya
    ::::::::::::::::::

    peristiwa dejavu sebenarnya''
    ::::::::::::::::::::;
    qt manusia sebenarnya sudah mempunyai takdir hidup dgn kata lain garisan hidup, semua sebenarnya telah digariskan jalan idup qt, baik setiap detik di kehidupan qt dan itu tersimpan jauh di bawah pikiran qt, kayak fenomena gunung es tadi, sebenarnya yang dibawah lebih besar sedangkan diatas addalah kondisi qt yang qt sedang jalani.dan fenomena dejavu atau lainnya yang serupa itu dapat terjadi karena kadand memory yang telah ada terangsang kuat dengan memory yang baru terjadi::::
    :::::::;;:::::
    singkatnya

    bila qt memprogram robot dan qt telah memprogram dari dia dibuat ampe dia mati, dan semuanya hanya menunngu setiap detik per detik waktu sampai memory yang dibuat itu terjadi seperti program yang dibuat dari lahir ampe mati

    ::::::::::::::

    ReplyDelete
  35. Saya pernah bermimpi ke suatu tempat wisata yang ada air terjunnya. seiring waktu mimpi tersbut terlupakan. suatu waktu saya dengan teman-teman rekreasi ketempat wisata yang ada air terjunnya (sebelumnya saya belum pernah ke sana) ketika saya meliat air terjun, jalan-jalan, daerah tersebut seperti pernah saya kunjungi sebelumnya. lalu saya teringat mimpi yang pernah saya alami, air terjun tersebut dengan kondisi sekitarnya sama persis dengan mimpi saya. sampai-samapi saya mengucapkan Astafirullah. Apakah ini gabungan Precognitive Dream dengan Deja vu..?

    ReplyDelete
  36. beberapa hari terakhir ini, saya bertemu orang orang yg wajahnya seperti saya kenal. bukan satu atau dua orang, tapi beberapa. dan saya tak satupun mengenal mereka.
    saya juga sering deja vu, tapi bukan dalam waktu yg lama. contohnya : suatu hari, didalam rumah, saya bangun tidur, ambil gelas, minum, bertemu dgn adik, ngabrol dgn suatu topik, masuk kamar. lalu keluar kamar, tiba2 mata gelap beberapa detik, lalu kejadian dari awal tadi terulang lg dgn urutan yg exact sama. lalu saya sadar dan ingat, menanyakannya pada adik saya apakah kami ngobrol 2 kali, dia jawab tidak.
    dan hal seperti itu beberapa kali terulang, dgn kejadian yg berbeda.

    apakah itu termasuk deja vu?

    ReplyDelete
  37. dear admin.. saya sering sekali mengalami apa yang ada di mimpi saya. saya percaya itu de javu, kadang saya ketakutan dengan hal-hal itu, bagaimana de javu ini bisa hilang dari diri saya.?

    ReplyDelete
  38. buat buku mimpi... tulis detail kita mimpi apa.. tgl brp jam brp... simpan baik".. suatu saat.. klo kita mengalami kejadian nyata... cocokan dg mimpi kita.... pst 50% pasti nyata... sy ud perna alami.. bahkan sering mengalami De Javu...

    ReplyDelete
  39. Aku sering banget ngalamin
    Apakah ada pengaruhnya ???

    ReplyDelete
  40. memang bener sh masih fenomena ......
    ya percaya gak percaya ....

    ReplyDelete
  41. tunggu dulu.. -_-a
    saya mngalami suatu kejadian seperti ini
    misalnya :
    hari ini saya pergi jalan2 bersama tmn2,ke pantai,ke mall,makan" dll...
    setelah pulang ke rumah dan akan tdr tapi sebelum tdur saya mngingat kembali apa yang saya lakukan tadi bersama tmn2 teringat JELAS bahwa kejadian yang tadi (jalan")pernah sya lakukan sebelumnya,, jln",ke pantai,mall dll smuanya terasa sangat jls pernah sya lakukan sebelumnya dan seperti film yang di tonton 2x.. apakah itu yang d namakan deja vu? seperti teori efron??
    mohon jwbannya
    bisa share d fb bisa juga di email
    julyanviko@yahoo.co.id
    thanks. :)

    ReplyDelete
  42. how about dream come true? it is same?
    thanks...... please answer immediatly

    ReplyDelete
  43. saya pernah mengalaminya beberapa minggu terakhir ini. sewaktu SD saya sudah sering mengalaminya, saya pikir lama kelamaan akan hilang tapi waktu saya masuk SMK dan 3 bulan berada di SMK, saat itu lagi kerja kelompok dan salah satu group saya ada yang membuat lelucon, lalu saya teringat sesuatu dan berfikir "kalau ini sama persis seperti yang kemaren lalu, tapi kok gk bisa tau kapan tepatnya, tapi saat itu kami pakai baju batik dan teman saya membuat lelucon yg sama dan semua orang tertawa dengan cara yang sama, contohnya teman perempuan saya yang sampai terduduk di lantai karna tidak tahan tertawa" disitu saya teringat saya tertawa juga, tapi saat sedang mengalami perasaan yg sama saya bukan tertawa melainkan diam.
    apa itu termasuk dalam fenomena deja vu?

    ReplyDelete
  44. mau curcol sambil nanya nih dikit nih mas enigma.

    jadi gini, saya ngalamin kejadian yang aneh banget. kejadian ini terkait dengan seseorang yang sama sekali ngga saya kenal. sebut aja X.

    kenapa kalo tiba tiba saya inget si X (tanpa sengaja mengingat orang itu) dan ternyata orangnya muncul. saya udah itung dari kejadian pertama, saya catet juga dimana dan kapan aja kejadiannya. udah hampir 20 kali. kalo sekali atau dua kali saya masih anggap ini kebetulan. tapi ini udah belasan kali. saya bingung sebenernya ini kejadian jenis apa ya?

    respon ya mas. makasih...

    ReplyDelete
  45. tp mas enigma, saya pernah mengalami dejavu,,,
    waktu kecil sy pernah setengah bermimpi akan kesuatu rumah dipinggir jalan yg jalannya turun,,, sekitar bbrp bulan kemudian saya benar" ketempat itu, padahal saya belum pernah ketempat itu sebelumnya.

    ReplyDelete
  46. bagaimana penjelasan mengenai dejavu yg di alami berulang sampai berkali-kali dengan situasi yang itu-itu saja????

    ReplyDelete
  47. bagaimana penjelasannya apabila dejavu yg dialami berulang berkali-kali, dengan dejavu yg itu-itu saja??

    ReplyDelete
  48. mr.enigma ijin re post ya, supaya lebih pada tau tentang de javu..

    ReplyDelete
  49. Mw ngomentari yang komentar pilihan:
    Pada awalnya anda membaca teks ini , beberapa ilmuwan beranggapan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika pada bulan Desember tahun lalu ditemukan bahwa orang butapun bisa mengalami deja vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.
    (http://www.indospiritual.com/artikel_misteri-deja-vu.html)

    ReplyDelete
  50. Harusnya saya membaca postingan nya sampai selesai lalu baru berani komen dan bertanya di sini.

    Tapi saya benar-benar butuh bertanya sekarang.

    Begini, akhir-akhir ini saya suka memimpikan hal-hal yang agak aneh. Tapi... bahkan dalam mimpi saya merasa saya sudah pernah mengalami hal tersebut. Dan ketika bangun -entah karena pengahruh mimpi atau memang karna saya ingat dengan baik- saya malah merasa heran sendiri kenapa bisa mimpi hal tersebut dua kali. meskipun dalam keadaan yang sedikit berbeda.

    Dan pertanyaan konyol saya muncul-_- apakah -bahkan- dalam mimpi kita juga bisa mengalami deja vu?

    Terima kasih sebelumnya, maaf kalau pertanyaan saya ini agak aneh

    ReplyDelete
  51. saya pernah mengalami dejavu berkali-kali, tapi saya ingat pernah mengalaminya dalam mimpi bukan kejadian masa lalu atau hal yang blum pernah di sadari .....

    ReplyDelete
  52. iya sama kaya Devy D, kalau saya.. saya jadi merasa memang kehidupan kita sudah diatur sedemikiannya... soalnya saya sering kebayang suatu hal yang saya tidak tahu sama sekali... namun pas hal itu benar2 terjadi saya baru ingat bahwa dulu sekali saya pernah merasakan hal yang sama (dalam bayangan saya) padahal saya baru pertama kali mengalaminya.. jadi bayangan itu samar2, saya duduk disebelah orang tidak dikenal laki2, di ruang tunggu yg sama.... eh baru hari ini saya sadar orang itu temen saya yg sama2 lagi praktek nunggu pembimbing padahal jelas2 saya baru masuk kampus itu... dan bayangan itu jauh sebelumnya.. dan banyak hal lainnya seperti itu namun cuman terbatas pada diri saya dan juga terjadinya ga bisa dikendalikan

    ReplyDelete
  53. apa bener klo kita sering mengalami deja vu maka nyawa kita akan semakin pendek?

    ReplyDelete
  54. deja vu ...
    bisa dikatakan saya mengalami 3-4 kali deja vu. dlm dua bulan.

    dalam 3-4 kali de javu ,,terkadang saat deja vu itu muncul ,, saya merasa hal yg saat ini saya alami sudah beberapa kali saya alami ..
    contoh :
    dejavi saya misalkan 4 kali
    1-2-3-4
    nah jika teman saya mengalami de ja vu 4 kali juga dlm dua bulan
    de javu yg pertama misalkan :
    1.a
    2.b
    3.c
    4.d
    ( penjelasan ) = anga itu mewakili berapa kali sama mengalami deja vu dan huruf alfabet itu mengartikan jenis macam deja vu yg dialami..
    jika teman saya mengalami dejavu seperti diatas maka saya mengalami de javu seperti ini ;
    1.a
    2.a
    3.b
    4.a
    dan setersunya ..

    kekuatan pemikiran otak itu melebihi kekuatan penyimpanan memor dlm otak apakah bisa menghasilkan suatu dejavu yg bisa/dapat membacakan pristiwa yg akan terjadi saat dejavu

    thank's atas psotingnya ..

    ReplyDelete
  55. wowww... wowww deja vu :)
    sering banget ngalamin itu... misterius unik seru (y)

    ReplyDelete
  56. Apakah merasakan dejavu it diiringi dengan perasaan g enak... kepala pusing?

    ReplyDelete
  57. Saya sering de javu, tp masalahnya saat de javu itu terjadi saya tau yg akan terjadi, dan saya pasti langsung bilang ke orang yg berada didekat saya, wah ini sudah pernah, habis ini dia akan bilang ini dan melakukan ini, dan benar kejadian berikutnya seperti yg saya bilang

    ReplyDelete
  58. Pernah pula saya dejavu saat melihat pertandingan di tv, dan saya seketika itu akan teriak, ini sudah pernah yg menang adalah ini karena begini dan begitu.. dan benar kejadiaannya persis seperti yg saya katakan, dan itu disaksikan oleh selurun penghuni rumah, hingga mereka terheran. Tp saya tidak bisa memprediksi kecuali saat sedang de javu saja, krn itu memang sperti udah saya alami. Seperti saat kita sudah pernah menonton sbuah film kemudian kita menontonnya lagi, maka kita akan bs mengatakan apa yang akan terjadi dalam film tersebut selanjutnya.

    ReplyDelete
  59. Saya sudah melakukan penyelidikan terhadap diri saya sendiri, mengapa saya saat dejavu bisa tau apa yang akan terjadi, ternyata itu dikarenakan saya sudah mengalaminya dalam mimpi, saya menyadarinya saat saya mencatat semua mimpi yg saya alami kedalam buku mimpi, dan benar saja saat kejadiam de javu saya langsung ingat dan tau kejadian berikutnya krn sudah pernah saya alami di mimpi, persis seperti yg saya tulis di buku mimpi.. benar2 seperti melihat film yg sudah pernah ditonton. Apakah ini teori de javu baru atau sudah ada yg menelitinya?

    ReplyDelete
  60. baik Jamais Vu maupun de Javu pernah ngalamin.. yg plg sering ya Jamais Vu.. hehe soalnya ane orgnya pelupa...
    tapi pernah sekali de javu yang g akan pernah bisa lupa, ane pernah tiba-tiba de javu dan merasa tau hal yg terjadi 10 detik kmudian.. ternyata sesuai skenario di pikiran ane, berbakat jadi paranormal kale ya..

    ReplyDelete
  61. Informasi bagus! sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  62. gw pikir sblum tau De Javu, gw mikirnya kalo gw bisa membaca pikiran :v

    ReplyDelete
  63. Saya udh mengalami nya beberapa kali

    ReplyDelete
  64. Mantap postnya tapi saya cuma mau kasih suatu pernyataan bahwa Deja Vu yang saya alami beda dengan semua teori diatas dimana dengan Deja Vu, saya bisa meramal masa yang akan datang meski aku tidak menyadarinya. Aku menyadarinya ketika event yang pernah "kuramal" akhirnya terjadi. Tolong dijelaskan! Terima Kasih

    Salam Blogger

    ReplyDelete
  65. saya pernah punya pengalaman nyasar bareng temen di rumpin bogor malam hari masuk hutan rencana ingin ke quarry yg baru buka, singkatnya aja: saya serasa mengenal baik tempat dimana kami nyasar saya ambil kemudi keluar hutan ahirnya sampe ketujuan, saya sendiri bingung kenapa tiba tiba saya seperti familiar dengan tempat yg kami datangi... padahal saya dan teman saya baru pertamakali ke rumpin...

    ReplyDelete
  66. Q mulai merasakan peristiwa aneh ktka kelas 3 SD,, saat it q menulis sesuatu dan q merasa pernah menulis it dngan grakan sama, benda2 d sktar saya jg sama...
    Aku fikir it pikiran q yg └A̶̲̅gɪ̣̇ . Berilustrasi,, krn q suka membayang2kan sesuatu...
    Tp smkin q dewasa peristiwa2 it smkin sering terjadi,, q px inisiatif lbh baik q lawan peristiwa it,, pdahal q jg tdak ingat apa yg q lkukan selanjutnya...
    Suatu hari, q mengalami perasaan familiar wlpun q sering melewati lokasi it,, q lngsung sadar peristiwa ini muncul dan q menebak peristiwa slnjutnya dan tnyata benar lalu q lupa apa selanjutnya... Dan peristiwa it terjadi ketika q mw mengikuti prosesi pemakaman nenekku,,
    Dr st q mulai tkut dan waspada bhwa peristiwa atau orang blang deja vu it bisa menunjukkan pada peristiwa sedih dlm hdupku... Yg anehnya q bertanya pda keluargaku,, mereka tidk prnah mengalaminya malah q d olok2 udh agak pikun... Hahahaa... Apapun it,, mngkin it istimewanya driku....

    ReplyDelete
  67. mr.enigma saya pernah ngalamin perlambatan dan percepatan waktu itu di sebutnya apa ya?

    ReplyDelete
  68. Saya juga pernah mengalami hal seperti itu...

    ReplyDelete
  69. sy pernah mengalami pengalaman kebalikan dari de javu, suatu hari sy melihat suatu foto di hp sy yg hnya memperlihatkan sebagian kaki saya, tetapi dengan sandal saya, di suatu tempat yg tidak prnah sy kenali, dan terasa aneh, saat mlihat ini, sy merinding... seingat sy , sy tdak pernah melakukan foto tersebt, apa itu yg nmanya jamais vu, dan saya beberapa kali (mungkin lebih dri 20 x) mengalami deja vu dri kcil, dan dulu sy kira itu adalah waktu yg berulang ( pegulangan waktu)...

    ReplyDelete
  70. Kalo saya sering sekali merasakan deja vu ,tapi entah apa yg terjadi,
    Ketika saya telah memikirkannya maka kejadian itupun langsung terjadi selambat taunya apa yg telah saya impikan,apakah mungkin setiap saya bangun tdr dan sadar akan mimpi saya dan semua itu terjadi?

    ReplyDelete
  71. kok gue sering ngalamin de javu ,mohon pencerahan nya min

    ReplyDelete
  72. saya juga sering mengalaminya, sebelumnya saya tdk tahu untuk mengatakan "hal sekejap yg kulalui itu", dan hanya menganggap mungkin kayak indra ke enam wkwk, seiring brjalannya waktu kejadian yg blm pernah kulalui terulang lg "sepertinya pernah". dan br tau kalo namanya deja vu. misterius :)

    ReplyDelete
  73. Menurut penelitian hanya orang yang memiliki IQ diatas rata2 yang sering mengalami de javu, Apakah benar?

    ReplyDelete
  74. Permisi..

    Umm sebenarnya saya masih bigung ini termasuk deja vu atau tidak.
    Saya dulu sering mengalami ini

    Setiap saya melamun terkadang lamunan saya seperti kehidupan nyata.Ternyata beberapa hari kemudian saya melakukan apa yang saya lamunkan itu.

    Salah satu contoh:Saya melamun bertemu dengan teman saya disekolah sedang bercanda,ternyata setelah beberapa hari kemudian saya melakukan itu.Setiap kejadian itu terjadi saya selalu berkata "Kok kaya'nya pernah ngalamin ya?Persis banget"

    Apa itu juga termasuk Deja vu?

    Mohon dibalas :)

    ReplyDelete
  75. saya pernah mengalami dejavu, rasanya kayak TUHAN lagi ngehukum kita karna dosa2 kita, kayak orang udah mati men, semua hal yg sedang terjadi, kayaknya udah pernah terjadi dan sangat nyata, bahkan saya sampai di bawa ke RS untuk tes kejiwa'an, tapi ALHAMDULILLAH cuma satu hari, pokonya menakutkan buangeet deh, bawa'annya jadi paranoid !!!

    ReplyDelete
  76. Sy perna alami deja vu tp lbh dari seklipdhl seblumya gk perna ku dtng k t4 trsebut dan serinf ku alami bisa lht makhluk yg gk perma d lht orang lain dgn kasat mata telanjang it d sbut apa dan jelaskan n.... Terimah kasih

    ReplyDelete
  77. kalau saya sebelum saya mengalami sesuatusaya udah mimpiin dulu,baru sekitar 1 mingguan baru saya sadar kalau saya pernah lihat kejadian ini di mimpi

    ReplyDelete
  78. Saya akhir akhir ini sering sekali mengalami hal yang seperti ini bahkan satu hari saya mengalami ini lebih dari 2 kali, sangat aneh bahkan saya ingat pernah membaca postingan ini juga tapi saya baru sekali datang dan membaca postingan ini ...

    Maha besar tuhan..

    ReplyDelete
  79. tapi apakah dengan terjadinya de javu itu memang sudah pernah kita alami sebelumnya atau hanya khayalan saja?
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  80. .Terim kasih gan infonya. penting banget bagi ane.
    .soalnya ane salah satu orang yang menjadi pelaku ini. :(

    .ane sering, ntah itu mimpi atau dari mana lah, setidaknya ane pernah merasakan itu terjadi.
    .Contoh pada bulan ini, [Oktober,2014] tanggalnya ane lupa.
    .ane berniat menanyakan perihal lowongan kerja bersama teman ane, nah kebetulan lowongan kerja yang ingin ditanyakan adalah kakak iparnya teman ane, otomatis ane juga belum kenal..

    .Nah singkat cerita, sampailah di lokasi, mereka mengobrol lah .. ane hanya melihat suasana luar rumah, soalnya tidak masuk kedalam hanya diluar.. kebetulan ada anak2 yng lagi bermain, ane liatin deh..
    .dan setelah selesai bicara, pamitlah kami. nah, kebetulan gang/jalan rumah si kakak iparnya teman ane sempit, jadi motor harus mundur dulu untuk musing, nah disinilah ane tiba2 teringat sambil berkata + melihat kebawah tanah ["Ini kan udah Pernah, tapi kapan?"] begitulah ane sering bertanya2 dalam hati dngan kejadian yang lain.. disini ane hanya membantu menarik motor tersebut sambil menghindari adanya becek yg kemudian ane lompati.. sesingkat itu saja, namun ane gatau apa maksud dari semuanya. :(

    .Sampai sekarang, ane nemu artikel ini. ane baru tahu.. kalo ini bisa dibilang Fenomena De Javu. :/ . Ga nyangka.

    ReplyDelete
  81. Apakah orang yang terkena deja vu itu bisa dikatakan orang tersebut memiliki kelainan jiwa?
    dan Inti dari terjadinya fenomena Deja Vu itu seperti apa?

    ReplyDelete
  82. kalau reinkarnasi itu gimana?

    ReplyDelete
  83. kalo yang saya alamin ini dejavu bukan ya?
    saya sering sewaktu tidur bermimpi, tapi mimpi tersebut sering menjadi kenyataan.
    biasa nya setelah bangun tidak ingat lagi mimpi nya.
    baru setelah kejadian itu terjadi.
    kadang kejadian sedih, kadang gembira.
    sampe merasa heran sendiri.

    ReplyDelete
  84. mas saya sudah mengalami deja vu sejak saya duduk di bangku SMP hingga saya sekarang , (kira2 dari umur 14-21). saya sekarang merasa takut sekali, bagaimana mengatasi ini..

    ReplyDelete
  85. nemuin teori deja vu juga, saya sering banget ngalamin seperti ini, ada ni temen saya, temen saya deja vu juga, saya baru kenal sama dia tapi ngeliatnya engga asing kaya udah pernah ngeliat padahal baru ketemu, apakah sesama deja vu juga bisa ngerasain yang sama?

    ReplyDelete
  86. Itu bukan contoh dejavu
    Itu adalah salah satu ciri ciri
    The Sixth Tense /indra keenam
    Ya bs jd km punya

    ReplyDelete
  87. mengapa de javu itu bisa terjadi gan?
    terimakasih ;)

    silahkan mampir http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  88. suatu hal yang di rasa pernah kita alami ya gan?
    makasih :D

    silahkan kunjungi web kami http://veriska.com/

    ReplyDelete
  89. Saya pernah mengalami hal ini beberapa kali
    Dan saya juga pernah mengalami seperti ini
    Ketika saya sedang berbincang bintang bintang dengan ayah saya
    Disaat saya pergi ke mall saya melihat cangkir yang ada tulisan canver dan virgo
    Padahal itu pas sekali dengan apa yang saya bicarakan dengan ayah saya
    Itu cukup membingungkan saya
    Apa nama peristiwa itu saya kurang tau?

    ReplyDelete
  90. Saya sering atau bisa di bilang selalu merasakan deja vu bahkan setiap hari, ketika saya ingin merasakan deja vu tersebut saya cuman menutup mata sebelh kiri saya dan deja vu akan terjadi tergantung titik fokus yang saya liat .. saya lelalu membaca blog2 yang menyinggung deja vu tapi saya tidak pernah mendapatkan penjelasan yang tepat untuk deja vu yang saya rasakan .. sampai saat ini saya masih senang memanfaatkan deja vu yang saya rasakan untuk hal hal lain hihihi .. tapi saya masih bingung kenapa hal tersebut terjadi ..

    ReplyDelete
  91. Apakah saya trmasuk dejavu saat saya mmbayangkan sesuatu atau terlintas d fikiran saya namun beberapa milidetik kemudian terjadi seperti yang saua fikirkan trsebut, tp saya tdak bsa mncgah apa yg saya fikirkan pada akhirnya. Akhir* ini sering sekali trjadi untuk bbrapa peristiwa yg kurang baik. Tolong infokan

    ReplyDelete
  92. Sejak SD Saya sring mengalami Deja Vu,contoh nya ketika saya berada dlm angkot saya sprtinya prnah brtmu dgn smua org dlm agkot itu tp sya tdk tau psti dmna saya brjumpa dgn mereka, kmudian sya prgi ke suatu tempat dan sya mrasa sudah penah ketempat itu tp kpn sya tdk tau psti, kdg sya jg srg mlihat sosok brkelabat ddekat saya dan wrna nya macam2 ada hitam putih merah, kdg sya jg srg mrasa ada yg mmprhatikan sya saat sndiri pda hal tdk ada, apa saya mmpunyai gejala indra keenam???

    ReplyDelete
  93. Gua mah dah sering bgt..
    Jd. Ad waktu-waktu tertentu. Dimana kejadian itu seolah pernah kita alami sebelumnya tp entah kapan, dan mengalami itu mungkin dalam mimpi. Dan itu sama persis dari keduanya. Gx ad bedanya...

    ReplyDelete
  94. deja vu yang tidak masuk akal itu seperti apa ya ?

    ReplyDelete
  95. Saya bisa di bilang sering bgt ngalamin de javu... Itu bukan dr mimpi atau dr film yg waktu keci pernah saya tonton..tp rasanya yg saya alamin memang seperti benar2 telah saya alami sebelumnya.. Dengan org yg sama..percakapan yg sama..tenpat yg sama..bahkan baju yg sama.. Saya kdg2 ngerasa sesikit ' tidak normal krn seringnya ngalamin de javu' itu nprmal ga sih? Kalo sering bgt ngalamin dejavu?

    ReplyDelete
  96. Barusan banget saya mengalami deja vu., tapi ko anehnya kaya yakin bangt bahwa sya sudah pernah ngalamin kejadian ini

    ReplyDelete
  97. saya sering mengalami hal yg spertinya pernah terjadi dan bahkan terkadang bisa menebak apa yg akan terjadi setelahnya, dan tebakanku tak pernah salah, apa itu masih termasuk deja vu karena bisa tau apa yg akan terjadi setelahnya

    ReplyDelete
  98. saya sering mengalami hal yg spertinya pernah terjadi dan bahkan saya bisa menebak apa yg akan terjadi setelahnya, tebakanku tak pernah salah, apa itu termasuk deja vu karena bisa tau apa yg akan terjadi setelahnya, saya merasa bingung sehingga saya mencari berbagai artikel untuk menemukan sebuah jawaban, namun setiap jawaban tak pernah sama seperti apa yg saya alami. thanks dewangga pekalongan...

    ReplyDelete
  99. Ketindihan / kelindihan itu alam bawah sadar belum tidur, tapi badan udah tidur duluan. Kwkwkw saking ngantuknya.

    ReplyDelete
  100. Dejavu itu konslet antara kejadian alam sadar dengan tulisan di lauhul mahfudz.

    ReplyDelete
  101. bagaimana kalau yang kita lihat dalam mimpi kita adalah kematian org, bahwa org itu akan mati dan kita lihat sebabnya org2 itu, dan kita g tau akan terjadi dan kita g bisa mencegahnya karna orang dalam mimoi itu bukan orag yang kita kenal. apa itu dejavu atau firasat atau menurut psikolog aku gila..??

    ReplyDelete
  102. Saya pernah beberapa kali mengalami deja vu!

    ReplyDelete
  103. So blh di posting mengenai hal itu, karena sama dengan Devy D

    ReplyDelete
  104. N bisa gak ya de javu atau apa namanyalah ug intinya pernah melihat n terjadi.. Itu di hilangkan

    ReplyDelete
  105. Mas Enigma,saya juga sama pengalamannya dengan Devy D.Kejadiannya hampir dirasakan tiap hari

    ReplyDelete
  106. Maaf nih mas @enigma mau nany nih, soalny pertanya nyeleneng sendiri hehehe... kalo mimpi sedang berpacran dengan temn sekelas apa artiny ya mas

    ReplyDelete
  107. "Selalu ada sisi yang lain." (Mr.E)

    "Selalu ada ruang untuk Enigma." (Penggemar)
    :)

    ReplyDelete
  108. "Selalu ada sisi yang lain." (Mr.E)

    "Selalu ada ruang untuk Enigma." (Penggemar)
    :)

    ReplyDelete
  109. Setelah kejadian yang entah sekian kali, barula saya mulai mencari info tentang fenomena yg sering saya alami. Dan ternyata ini nmanya Deja Vu.
    kejadian yg saya alami,sering terjadi 3-5 kali hal yg sama,suara gerakan,pikiran,tempat atau posisi saya. Smuanya seperti sudah saya alami.

    ReplyDelete
  110. bang enigma, dari artikel anda ini belum menjelaskan kenapa z bisa mengalami deja vu beserta turunannya. z pernah mengalami deja vu beserta deja yg lang lainnya. bisa cari artikelnya??????

    ReplyDelete
  111. waduh berarti saya pernah juga dong precognitive dreams ? deja vu juga pernah sih tapi sebelum baca penjelasan mas enigma yg 1 ini saya kira precognitive dreams & deja vu itu sama

    ReplyDelete
  112. Bagaimana menurut anda tentang ini, saya merasa pernah mengalami dan mendengar hal ini saat sedang berbicara dengan seseorang, lalu dalam hati saya berfikir "ini de javu" lalu saya mengingat semua apa yang akan dia bilang didalam hati, dan itu benar. Sudah terjadi berkali kali, saya bukan indigo terimakasih

    ReplyDelete
  113. Enigma saya mau tanya nih,, saya juga pernah ngerasain de javu malah perasaan saya itu sering terjadi, juga mimpi yang jadi nyata juga beberapa kali pernah saya alami, trus dalam diri saya muncul perasaan yakin bahwa saya pernah hidup di masa depan dan saya kembali lagi ke masa lalu untuk membenahi kesalahan yang pernah saya lakukan tapi ingatan saya sperti hilang, hal sperti itu termasuk apa ya??

    ReplyDelete
  114. Saya sering mengalaminya,,, sampai" kalaw saya datang ke suatu tempat ygjauh,, pada saya tubuh tersentak,,, lalu teringat keadaan dan tempat tsbut bahkan saya bisa mengetahui keadaan selanjutnya apa yg akan saya lakukan,,, semua itu terasa seakan saya sudah mengalaminya beberapa tahun silam,,, padahal tempat atw keadaan ygsaya datangi sekalipun belum pernah saya datangi,,,

    ReplyDelete
  115. Saya sering mengalami dejavu. Dan sekarang saya membaca apa yang anda tulis tentang dejavu,seperti sudah pernah membacanya tpi ini baru pertama kali

    ReplyDelete
  116. Mas/bro/bung, kalau kita bermimpi ttg sesuatu yang belum pernah terjadi, kemudian sekitar 2-3 mingggu sesudah itu, hal tersebut terjadi perais sedemikian rupa.. itu disebut apa mas?

    ReplyDelete
  117. Saya pro ama efron, kenapa bisa terjadinya fenomena deja vu tuh karna syaraf kita terganggu, dan kenapa saya bisa bilang kaya gini ? Ya tentunya karna saya udh pernah ngalamin, BUKAN BERMAKSUD MAU NGAJARIN TAPI BUAT KALIAN YANG MAU NGALAMIN FENOMENA DEJA VU APALAGI PEROKOK ! GAMPANG CARANYA KALIAN CUKUP BASAHIN TEMBAKAU ROKOK KALIAN PAKE CAIRAN KIMIA, KALIAN KERINGIN BARU KALIAN BAKAR TAPI JANGAN BANYAK BANYAK 1 ISEP AJA :D

    ReplyDelete
  118. Dr kcl sy sering dejavu...
    n barusan jg abis ngalamin, mknya lgsg cek k google n baca blog nya mas enigma ini, tp sy ttp bingung n gak ngerti apa arti dr dejavu ini, apakah berbahaya ato tdk kl sering ngalamin nya cm itu aja sih yg pgn sy tau 😊
    Mksh sblmnya...

    ReplyDelete
  119. Terima kasih buat penjelasannya.. baru kali ini saya merasa masalah sy trpecahkan. Be2rapa teori yg menurut Sy masuk akal, yakni teori pertama dari Sigmund Freud dan yg kedua teori dari Robert Efron..
    Sudah be2rapa kali Sy mengalami pengalaman seperti ini, bahkan ketika waktu masih kecil (SD) Sy prna mengalaminya.
    Sekali lagi terima kasih Uda memosting teori ini....

    ReplyDelete
  120. Mao tanya dunk, pernah saya lagi denger
    Lagu pokoknya genrenya agak mellow gitu, trs di situ saya kaya bisa ngeliat dlm pikiran saya klo saya itu di situ lagi di mobil dlm perjalanan, keknya sih itu daerah pegunungan tapi di situ saya mandang ke jendela mobil itu dngn tatapan ssedih dan pernah lagi setiap denger lagu jepang yg mellow ato gak liat di tv tentang pegunungan di jepang pasti saya ngebayangin sesuatu pokonya di situ saya suka suasananya, suasana alam pegunungan, nah tp kenapa harus pegunungan sama jepang?

    ReplyDelete
  121. Klo mimpi mau cari artinya apa bisa googling klo kita mimpi ini ..ini akan terjadi...sayang nya untuk dejavu artikel hanya membahas tentang alam bawa sadar tapi tak ada yg dapat memecahkan arti mistisnya apa ...
    Klo mimpi para ahli hanya menjelaskan bahwa itu bunga tidur alam bawa sadar dgn teori ini dan itu tapi sebenarnya mimpi yg dtg pada kita ada maksud yg disampaikan..
    Klo kita sering dejavu kira2 pesan apa yg ingin di sampaikan alam lain..
    Aku sering dejavu sebelum sesuatu terjadi aku merasa udah pernah lewati makanya aku ngga takut ambil keputusan dan semua sesuai terjadi sesuai dgn ingatan ku tapi sebetulnya aku ngga pernah alami..
    Aku jadi berpikir di film korea kan percaya ingkarnasi apa mungkin itu adalah kejadian di kehidupan ku sebelumnya..Dejavu

    ReplyDelete