Monday, March 29, 2010

Memahami fenomena Sleep Paralysis

Kamu membuka mata. Baru saja kamu tidur selama beberapa jam. Kamu bisa merasakan pikiranmu melayang-layang antara sadar dan tidak. Sambil berusaha mengumpulkan kesadaranmu, kamu mencoba untuk bangun. Tetapi, ada sesuatu yang tidak beres. Tubuhmu tidak bisa bergerak, nafasmu sesak, seakan-akan ada makhluk tidak terlihat yang menginjak dadamu. Kamu membuka mulutmu dan hendak berteriak, tidak ada suara yang keluar. Seseorang sedang mencekik leherku, pikirmu. Ada sesuatu yang tidak beres. 

Ya, kalian mengerti maksud saya. Kita semua pernah mengalaminya. Sebagian menyebut fenomena ini dengan sebutan tindih hantu atau irep-irep. Entah apa kata resmi bahasa Indonesianya. Dulu, saya sempat mengira kalau kata fenomena ini disebut Lucid Dream. Namun, ternyata saya salah. Fenomena ini sebenarnya bernama Sleep Paralysis (Lumpuh Tidur) atau The Old Hag Syndrome.

Mereka yang mengalami fenomena ini kadang merasa ketakutan karena mengira sedang diserang oleh setan. Tidak bisa disalahkan. Zaman dulu, ada kepercayaan kalau fenomena ini diakibatkan oleh "Old Hag" atau "Penyihir" yang sedang menduduki dada korban. Dari situlah ia mendapatkan nama The Old Hag Syndrome.


Ketika ilmu pengetahuan mulai berkembang, nama The Old Hag Syndrome mulai ditinggalkan. Para peneliti lebih suka menyebutnya Sleep Paralysis (SP).

Lalu, pertanyaannya adalah: Apa yang menyebabkannya?

Menurut survey Gallup tahun 1992, hampir semua orang dewasa mengalami Sleep Paralysis, paling tidak dua tahun sekali. Jadi fenomena ini bukan sesuatu yang asing bagi manusia. Usaha untuk menelitinya telah berlangsung sejak tahun 1950an, namun baru benar-benar bisa dipahami ketika para peneliti mulai mengerti hubungan antara kondisi REM (Rapid eye movement) dengan mimpi.

Ketika kita tidur, kita akan memasuki beberapa tahapan tertentu. Memang ada banyak, namun kita hanya akan melihat dua tahapan besarnya, yaitu Non REM dan REM.

Ketika kita tidur, 80 menit pertama, kita memasuki kondisi Non Rem, lalu diikuti 10 menit REM. Siklus 90 menit ini berulang sekitar 3 sampai 6 kali semalam. Selama Non REM, tubuh kita menghasilkan beberapa gerakan minor dan mata kita bergerak-gerak kecil.

Ketika kita masuk ke kondisi REM, detak jantung bertambah cepat, hembusan nafas menjadi cepat dan pendek dan mata kita bergerak dengan cepat (Rapid eye movement - REM). Dalam kondisi inilah mimpi kita tercipta dengan jelas dan kita bisa melihat objek-objek di dalam mimpi.

Dr.Max Hirshkowitz, direktur Sleep Disorders Center di Veterans Administration Medical Center di Houston mengatakan kalau Sleep Paralysis muncul ketika otak kita mengalami kondisi transisi antara tidur mimpi yang dalam (REM dreaming Sleep) dan kondisi sadar.

Selama REM dreaming sleep, otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh sehingga kita tidak bisa bergerak. Dengan kata lain, kita lumpuh sementara. Fenomena ini disebut REM Atonia.

"Kadang, otak kita tidak mengakhiri mimpi atau lumpuh kita dengan sempurna ketika terbangun. Ini bisa menjelaskan mengapa tubuh kita menjadi kaku."

Menurut hasil penelitiannya, Dr.Hirshkowitz menyimpulkan kalau efek ini hanya berlangsung selama beberapa detik hingga paling lama satu menit. Namun, bagi korban, sepertinya pengalaman ini berlangsung sangat lama.

Lalu, bagaimana dengan perasaan adanya makhluk gaib yang muncul di kamar kita?


Florence Cardinal
, seorang peneliti lain mengatakan kalau halusinasi biasanya memang menyertai Sleep Paralysis. Kadang ada perasaan kalau ada orang lain di dalam ruangan atau bahkan kita bisa merasakan adanya makhluk yang sedang melayang di atas kita.


Lalu, kita bisa merasakan adanya tekanan di dada seperti sedang diinjak atau diduduki. Malah, ada beberapa korban yang melaporkan mendengar suara langkah kaki, pintu terbuka dan suara-suara aneh. Ini cukup menakutkan, tapi normal. Bahkan banyak peneliti yang percaya kalau fenomena "penculikan oleh alien" atau "diserang roh jahat" kebanyakan hanyalah halusinasi yang terkait dengan Sleep Paralysis.

Lalu, dalam kondisi apakah Sleep Paralysis biasa muncul?

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kondisi tertentu dimana kemungkinan mengalami Sleep Paralysis akan menjadi lebih tinggi bagi seseorang. Mereka yang mengalaminya, biasanya adalah ketika yang bersangkutan tidur telentang.

Lalu, fenomena ini lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan yang berlebihan atau mereka yang jadwal tidur normalnya terganggu.

Dan luar biasanya, mereka yang biasa minum obat penenang akan menjadi lebih sering mengalaminya (Ironis bukan?).

Bagaimana kita menghindari Sleep Paralysis?

Ini ada beberapa tips yang dihasilkan dari penelitian klinis, yaitu:

1. Tidurlah yang cukup dan teratur
2. Kurangi Stress
3. Berolahragalah secara teratur

Dengan kata lain, gaya hidup sehat!

Tapi yang terpenting dari semuanya adalah, Jika kalian terlanjur mengalami ini, tidak perlu takut, karena fenomena ini hanya berlangsung sesaat dan akan segera berlalu.


(serendip.brynmawr.edu, about.com)


Komentar Pilihan

Komentar di bawah ini berasal dari EVA di postingan lain di blog ini dan diposting sebelum saya menulis soal Sleep Paralysis.

Anonymous said..

Om Enigma..........pernah denger istilah 'di rep-rep' ga? itu loh mitos masyarakat yang kalo kita tidur seperti ada yg cekik atau nahan badan kita (mitos yg berkembang itu disebabkan oleh mahluk halus)tapi keadaan kita setengah (bahkan sama sekali) sadar.............nah, beberapa waktu yg lalu aku baca tulisan (tapi lupa di majalah apa) tentang penjelasan ilmiahnya.


Nah, mau share aja sih (skalian kalo tertarik dicariin lengkapnya hehehe).....jadi sepemahaman aku dari tulisan itu, kejadian kaya gitu tuh terjadi pada saat kita sebenernya terbangun tiba2 dari tidur saking cepetnya proses itu maka kerja otak ga sinkron sama impuls yg dikirim ke anggota2 tubuh yang disuruh gerak. Alhasil otak kita udah nyuruh gerak tapi anggota badan kita belum siap (belum menerima impuls tersebut, jadi deh kaya kecekik lah, di tahan lah, di pegangin lah (yang katanya oleh mahluk halus).


Begitu juga seperti kejadian kalo kita lg tidur mimpi jatuh sampe kebangun karena berasa nyata banget,nah kalo yang ini , majalah itu bilang, pada saat tidur hampir sebagian besar tubuh kita kan beristirahat tuh, bahkan kerja jantung aja melambat (aku ga bilang brenti loh ya heheh), nah makin lama katanya kerja jantung tuh makin lambat jadi agar supaya itu jantung ga terlena trus brenti ternyata ada salah satu bagian dari otak kita yg pada titik kerja jantung tertentu akan refleks mengirim semacam muatan listrik yg lebih besar dari biasanya (gunanya untuk mengagetkan supaya jantung tidak terbuai dan ikutan tidur). Itu yang sering bikin kita ngerasa jatuh beneran pas lagi tidur (mimpi).


Tuhan memang menciptakan manusia sedemikian sempurnanya ya.........


Gitu deh Om.....
Makasih,
Salam

Eva


March 29, 2010 4:50 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

307 comments:

  1. mr enigma, saya suka sekali dengan blog anda. kali ini sy pengen sekalian sharing pengalaman (sebelumnya maaf krn saya bawa sedikit elemen agama disini); dulu saya sering ngalamin sleep paralysis ini (singkat SP aja yah :)) pertama waktu kelas 2 smp. ini yg paling parah, karena saya kebangun malam2 dan ngeliat berbagai halusinasi (tempat tidur sy pindah2, tiba2 d kamar saya jd banyak orang, dll) saya coba segala hal utk sadar (waktu itu sy pikir saya mau mati) dan akhirnya saya sadar saat berhasil mengucapkan (dengan suara) nama 'Allah'.

    sejak itu saya sering sekali mngalami SP, minimal 1x seminggu. puncaknya adalah 7 tahun kemudian sejak pengalaman pertama. saya mengalami SP hampir tiap hari, entah pagi, sore, atau malam. saya juga mengalami tidak hanya waktu tidur. saya lebih sering mengalami ketika saya sedang 100% terjaga dan sadar!!! malah saking seringnya ngalamin SP, saya jadi tahu persis gimana ciri2 awalnya, dan saya juga akan langsung tahu kalo sebentar lagi saya akan kena SP (dan saya juga bisa dengan tenang mengatasinya karena sudah tahu caranya).

    di semua penelitian, dijabarkan bahwa SP selalu terjadi di saat kita sedang tidur (ya iyalah namanya jg sleep paralysis) namun anehnya saya hampir selalu mengalaminya pada saat terjaga , dan setiap ngalamin SP saya selalu melihat berbagai 'halusinasi' yang sangat nyata. saya baru bs sadar setelah berhasil (dengan setengah mati) mengucapkan kata 'Allah'. saya juga sering mengalami di malam hari, kalo saya lupa shalat Isya. selalu. kalo saya ngalamin SP krn lupa shalat, saya harus segera shalat klo sudah sadar. kalo nggak, pasti akan bolak-balik kena SP. phew...

    untungnya skrg sy nggak pernah lagi mengalami, sudah bosen soalnya. yg mau saya tanya sama mas enigma, apakah pernah ada keterangan ilmiah/non-ilmiah soal SP yang terjadi saat terjaga spt yg saya alami?
    thanks atas pembahasannya ya mas enigma

    ReplyDelete
  2. Kalo pengalaman yang seperti itu, mungkin pernah. Tapi, pernah juga ngalamin kejadian, tubuh serasa melayang-layang, padahal masih dalam keadaan tidur. Juga pernah ngalamin kejadian tubuh serasa ngalamin kejang-kejang, ketika ditanyain orang lain, katanya tidurku biasa aja. Ga ada yang aneh. Apakah juga indikasi dari sleep paralysis?

    Thx buat info nya. Sangat bermanfaat. Semangat! :)

    ReplyDelete
  3. halo , mas enigma ..
    saya Pembaca setia blog anda..
    Terima kasih Atas Penjelasan Sleep Paralysis nya..
    Saya Jujur Sering Mengalami ini..
    Dan Kebanyakan Mengalaminya antara jam 4 ampe jam 5 malam..
    Itu Karena Saya Seminggu Dua Kali Bergadang Untuk Menyelesaikan Pekerjaan Saya
    Semula Saya berpikir Apakah Saya Mengalami Sesuatu yg gaib..
    Saya Berpikir Apakah Ini Adalah Keadaan Dalam Alam Bawah Sadar..
    Keep Posting Ya Bro..

    ReplyDelete
  4. Om saya masih bingung
    Ada org yg g pernah ngrasain hal ky di atas,,
    Apa ada sangkut pautnya dg tingkat kecerdasan seseorang??
    Kaya dalam hal hipnotis om,,
    saya prnh baca makin tinggi kecerdasan ssorang maka makin mudah u/ dihipnotis.
    Om jelasin jg tntng hipnotis yah
    hehe makasih sblumnya B)

    ReplyDelete
  5. serraaammmmmmmmmmm aq sring mngalaminya sleep paralysis dikosan yg baru sya tmpati..mpe plg krmh pun prh menglami 2 x sebelum"nya klo drmh ga prnh mnglami ...ada yg bsa ksh solusinya???

    ReplyDelete
  6. pernah ngalamin, serem banget deh

    ReplyDelete
  7. kalo di jakarta namanya ketindihan "jin leprep"..
    yaa saya sendiri pernah mengalaminya tapi saya gak percaya kalo itu makhluk halus.. saya lebih percaya kalo itu cuma kejadian ilmiah biasa..
    pesan dari saya kalo mao tidur lebih baik baca doa dulu & kalo udah ngalamin kejadian itu pasti panik maka dari itu perbanyak dzikir & menyebut asma Allah

    ReplyDelete
  8. saya punya pengalaman yang lebih aneh...
    waktu itu saya nem flash disk...
    langsung aja diforat...
    setelah satu bulan kemudian ada kejadian aneh...
    sewaktu saya tidur saya bermipi bangun dari tempat tidur an mengambil flashdisk tersebut dari lantai kamar saya...keudian tidak ada mipi lagi sampai saya sadar dan terbangun dari mimpi...
    tapi kemudian flash disk tersebut ada di gengaman tangan saya...
    padahal sebelumnya saya tidak tahu dimana saya menyimpan flash disk tersebut karena saya klo naro barang2 ya digeletakin aja dilantai kamar...

    setelah beberapa hari dari kejadian tersebut flash disk nya ancur ketiban laptop...

    yang jadi pertannyaan apakah saya tidur sambil berjalan?
    ataukah saya punya keperibadian ganda?
    ataukah ada hal lainnya?

    ReplyDelete
  9. Di awal tulisan, saya membaca bahwa manusia hanya akan mengalami Sleep Paralysis sekali dalam dua tahun.
    Tapi, mengapa saya pernah mengalami Sleep Paralysis sebanyak 3 kali dalam 3 malam berturut-turut dan jika saya tidur terlentang kemungkinan saya mengalami Sleep Paralysis sangat besar?
    Juga, saya pernah melihat sesosok muka saat saya memaksa membuka mata pada sat saya mengalami Sleep Paralysis.
    MOHON PENJELASANNYA...
    terima kasih

    ReplyDelete
  10. om mau tnya..
    apa kjadian ini ada sangkut pautnya dengan tingkat kcerdasan seseorang?
    Masalhnnya ada orang yg blum pernah ngalamin ky gt
    Kaya hipnotis om,,
    saya baca makin cerdas orang itu maka makin mudah dihipnotis
    Makasie om E

    ReplyDelete
  11. Anonymous no.9: saya tidak pernah bilang kalau "manusia hanya akan mengalami Sleep Paralysis sekali dalam dua tahu". Yang saya tulis adalah "Menurut survey Gallup tahun 1992, hampir semua orang dewasa mengalami Sleep Paralysis, paling tidak dua tahun sekali." Perbedaan maksud keduanya sangat besar.

    Soal sosok muka yang terlihat, saya kira saya juga sdh menjelaskannya di tulisan atas.

    @Anonymous 10: saya kira tidak ada hubungannya.

    ReplyDelete
  12. Saya juga cukup sering ngalami sleep paralysis,g cma dua thn skali,tp gak pernah liat makhluk yg aneh-aneh, knapa ya...?

    Sya jg pernah bca soal sleep paralysis ni di site lain tp yang baru sya tahu adalah soal penyebab mimpi yg terasa jatuh tiba-tiba, yg ada d' komentar pilihan,
    Nice info...

    ReplyDelete
  13. Halo Enigma jika saya kena sleep paralyse saya malah seneng kenapa?
    karena jika kita tidak panik saat sleep paralyse kita bisa langsung mengalami fenomena Lucid Dream

    ReplyDelete
  14. woah,, saya nyari2 tentang kyk ginian juga,, haha,, thanks ya

    ReplyDelete
  15. pengetahuan ku bertambah dan jadi tau banget sebenarnya sperti apa, makasih ya infonya

    ReplyDelete
  16. http://www.Facebook.com/SleepParalysis

    ReplyDelete
  17. mas Enig...
    knapa ya stiap aq mmpi tpi aq g' bs nginget nya...
    Eva bilang (yg dbgian kmntar plihan) klo mmpi jatuh,rsanya kyak jtuh bneran,trus tb2 kbgun.karena otak mngrimkan muatan lstrik lbih bsar dr biasanya spya jntung g' brhnti brdtak.
    aq sring kyk gini mas.
    aq bngung mas,mdh2an ja mas Enig bs ngasih pnjelasan.
    1.apa pnyebab aq srng tiba2 bgun trus deg2an gtu,pdhal pas bngun g' ngrasain apa2 mas slain deg2an.apa krna fktor lain slain mmpi?
    2.klo aq kyak gtu gr2 mmpi,tpi aq g' bs nginget mmpi yg bru aq alami.apa ada yg slah sma tubuh atau otak aq,smpe2 g' bs inget sma mmpi yg bru dialami?
    mslah pnykit aq cm prnh kena tipus mas,ini juga g' prah2 bgt.trus aq juga merokok mas ( mungkin ini juga ada hbungannya )
    mdah2an mas enig tau.
    aq mau kyak orang2 yg nyeritain mmpi nya ke orang lain mas.slama ini cm bs jd pndengar stia aja.
    dan saya selalu brbhong ktika pacar saya bertanya "pernah g' mmpiin aq?"
    tlong dbantu ya mas Enig.pleaseeeee......
    -zaki...

    ReplyDelete
  18. Om, Ane baru 15 tahun tapi udah berpengalaman kena SP berkali-kali! itu karena apa ya? padahal saya tidak perna kecapekan dan kadang kalo kena SP suka ada suara tawa anak kecil dan diulang terus-terusan! kasih saran dong.

    ReplyDelete
  19. akhir2 ini saya sering mengalami sleep paralysis spt yg dijelaskan. bhkan sebulan sudah tiga kali, mmg saya akui jadwal tidur saya krg teratur, stres dan sangat jarang olah raga malah kebanyakan minum kopi.
    Namun ada satu kejanggalan mnrt saya, saya baru bisa terbangun dari peristiwa yg mengerikan tsb kalau sudah baca2 ayat tertentu (Muslim). saya merasakannya bukan sekedar tertindih tp ada sesuatu yg berusaha masuk k dlm tubuh melalui tengkuk, dan anehnya lg peristiwa ini slalu terjadi kalo saya tidur lupa baca do'a.

    apa ada pembaca lain yg srg mengalaminya jg???

    ReplyDelete
  20. to ~cHii

    dulu saya pernah mengalami hal yg serupa/mirip.
    sewaktu bangun, saya sepenuhnya sadar tp ada sosok aneh yg duduk dekat saya, seingat saya pakaiannya lusuh dan polos satu warna warnanya abu2 krem spt seragam bawahan sma. ini berlangsung cukup lama (spt melihat penampakan) namun hanya sekali saya mengalaminya lbih srg mengalami sleep paralysis.

    saya yakin manusia tdk sendiri hidup di dunia ini, mgkin jg karna ulah makhluk tak kasat mata ini.

    Buat yg ingin bisa baca pikiran org coba pelajari teknik psikologi, banyak bukunya atau bisa tanya2 dg mahasiswa psikologi. sebenarnya buka membaca pikiran org namun lbih ke cara mengetahui pola pikir seseorang.

    ReplyDelete
  21. aq sering mengalami ini, bahkan hampir setiap hari, dan 1 malam bisa berkali², klo kecapean...
    akhirnya gk sengaja nemuin cara biar gk kena Sleep Paralysis klo tidur, yaitu tidur sambil dengerin musik pake earphone/headset, soalnya waktu tanda² Sleep Paralysis mau dateng, kepala pusing(kayak tidur di komedi puter) + ada angin kecil yg masuk kekuping, nah waktu dengerin musik lama-kelaman tanda² ilang, walopun agak ngeganggu, tp dari pada kena Sleep Paralysis, biasanya 1/2 jam baru bisa tidur pules.

    selamat mencoba ya yg biasa kena Sleep Paralysis...

    (aq rekomensasiin denger musik klasik, dgn suara agak keras)

    ReplyDelete
  22. wah... semalem saya baru ngalamin itu tindien. saya sangat kerap sekali mengalaminya. pernah dalam semalam mengalaminya lebih dari 4 kali. jika dihitung secara statistik, dalam hidup saya, saya sudah mengalami lebih dari 417 kali kasus seperti ini. ada beberapa kasus yang sangat mengerikan. dalam artian dosisnya lebih kuat dari biasanya karena telinga ini terasa berdengung seperti akan pecah dan tubuh saya bergetar seperti akan hancur. hanya pernah 4 kali saya mengalami kasus ini. tapi sekarang saya sudah tahu cara mengatasinya. mengingat otot dan saraf otonom tidak terpengaruh, maka kita bisa menggunakan nya untuk membangunkan kita sendiri. seperti dengan membuat bunyi-bunyian dengan lidah agar kita tersadar.

    ReplyDelete
  23. ""Lalu, kita bisa merasakan adanya tekanan di dada seperti sedang diinjak atau diduduki. Malah, ada beberapa korban yang melaporkan mendengar suara langkah kaki, pintu terbuka dan suara-suara aneh. Ini cukup menakutkan, tapi normal. Bahkan banyak peneliti yang percaya kalau fenomena "penculikan oleh alien" atau "diserang roh jahat" kebanyakan hanyalah halusinasi yang terkait dengan Sleep Paralysis.""

    Bung Enigma tolong bahas mengenai film "The Fourth Kind" yang menceritakan penculikan oleh alien sekitar jam 03.30 pagi. Yang menarik dari film ini adalah rekaman video asli dari kejadian sesungguhnya, seperti muncul UFO yang direkam oleh kamera mobil polisi.

    ReplyDelete
  24. Soal film fourth kind, sudah pernah saya bahas disini:
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/02/q-apakah-film-fourth-kind-berdasarkan.html

    ReplyDelete
  25. kalo yg saya tau namanya irep-irep

    ReplyDelete
  26. aku juga sering banget kena :O sekali tindihan hbs itu berulang kali kena sampe pagi. jadi siklusnya gini: mimpi-bangun-tindihan- akhirnya bisa gerak-tidur-mimpi-bangun-tindihan,bla bla .sedih -..-

    ReplyDelete
  27. oh, nice info mas, sy juga sering mengalami ini,
    rasanya seperti mw mati :p

    ReplyDelete
  28. Sore..
    saya pernah bahkan sering mengalami SP.
    mungkin dr faktor kecapekan. Tp saya pernah baca(lupa dimana) kalau SP itu terjadi karena pikiran kita yg masih bekerja, misalnya sebelum tidur memikirkan masalah yg ada di kantor. otomatis akan terjadi SP saat tertidur.

    Yg saya alami mungkin terkesan lucu, krn sebelum tidur biasanya seperti ada yg berkata pd saya kalau nanti saya akan mengalami SP, dan ternyata benar. tidak hanya dalam posisi telentang saja. Dan dalam semalam akan bbrp kali mengalami secara berurutan setelah terbangun sampai saya berdoa, setelah itu tidak terjadi lg.
    Yg saya rasakan a.l :
    1. telinga pekak;
    2. kdg klo dlm hati memikirkan suatu suara, misalnya:"toing..toing..toing" maka lama kelamaan suara itu akan berulang dgn sendirinya dgn frekuensi yg semakin cepat dan volumenya semakin keras tidak terkontrol dan tidak akan berhenti sebelum terbangun. namun, bila tidak memikirkan suara apa2 y tidak akan terdengar apapun;
    3. sesak nafas;
    4. tidak bisa bergerak.

    Yg ingin saya tanyakan, jika seandainya "pasrah" tidak berusaha untuk bernafas dan membangunkan diri, bagaimanakah jadinya? apa akan mati?? saya tidak pernah berhasil mencobanya krn tdk tahan dengan telinga yg pekak.

    Saya akan sangat berterimakasih atas jawaban yg diberikan.

    Salam

    ReplyDelete
  29. saya pernah mengalami 1 tahun 3 kali tindihan sangat menakutkan

    ReplyDelete
  30. saya punya pengalaman menarik tentang fenomena ini..

    saya beberapa kali pernah mengalami sleep paralysis, tapi ada satu kejadian yang sangat janggal. Suatu hari, entah kapan, saya lupa, saya dan seluruh keluarga tidur berbarengan di sebuah hotel dan kita semua mengalami sleep paralysis ini bersamaan pula. Bahkan hal yang kita mimpikan-pun sama, yaitu didatangi oleh sesosok mahluk hitam besar pada waktu yang bersamaan.. Jujur saya merasa aneh dengan hal itu, bagaimana mungkin kita bisa mengalami mimpi yang sama persis dalam waktu yang sama, kira2 apa penjelasan ilmiah untuk hal ini?

    ReplyDelete
  31. Kalu ada cara buat menghindari nya .,.
    Kenapa ga dituliskan juga cara mendapatkannya ...?
    Aku malah ngincer Sleep Paralyze ...
    Biar bisa Lucid Dream bahkan Astral Projection ...
    Oh iya om ulasannya dong tentang ASTRAL PROJECTION atau LUCID DREAM thanks ..

    ReplyDelete
  32. bang bagaimana cara ngalirin litrik tubuh ke jari
    dan dapat menyetrum orang lain

    ReplyDelete
  33. aku barusan ngakamin tadi -__- makasih sharingnya ya

    ReplyDelete
  34. aku pernah ngalamin yang kayak gitu. sumpah itu bukan REM juga bukan lucid dream, bukan salah satu dari teori para ilmuwan sok tahu yang belum pernah ngalamin tapi berani kurang ajar coba-coba nerka itu.
    rasanya emang ngeri, dan sumpah, aku terjaga waktu itu. aku masih normal, dan tau bedanya mimpi, halusinasi, fantasi gak kesampaian, dengan ketemu incubus. kay? kalo ada yang berani bilang yang aku alamin itu REM, gw slatak pala lo!

    ReplyDelete
  35. hmmm berarti selama ini saya salah persepsi dok,q pikir ada setan yang masuk gtu dalam tubuhq,barusan aja aku mengalaminya,aku tida bisa bergerak sama sex.hufttt q bangun langsung qcari penyebabnya,takutnya saya taut terus-2san.
    mksih sharex om.

    ReplyDelete
  36. ko saya terus - terusan si?

    ReplyDelete
  37. halo nama saya rizkia :)
    saya juga sering ngalamin hal seperti itu. umur saya baru 16 tahun.
    saya kutip "Menurut survey Gallup tahun 1992, hampir semua orang dewasa mengalami Sleep Paralysis, paling tidak dua tahun sekali."
    nah kalau di kasus saya (hehe) udah sering banget. seminggu aja bisa 2 atau 3 kali. tergantung aja sih. hal itu jelas sangat mengganggu saya. saya ingat pertama kali saya mengalami hal itu ketika saya kelas 1 SMP. hari jumat, saya tidur sekitar jam 10, saat itu saya sendirian dirumah lalu saya mimpi seperti tangan, kaki dan leher di pegang, dan saya tidak bisa teriak. kemudian hal itu berlanjut hingga sekarang. tapi semoga jarang aja sih. hehe

    sekedar share ya :D

    ReplyDelete
  38. Wow wow.. hebat.. ini baru sip..
    puluhan tahun kucari2 penjelasan tentang siksaan ini n baru kali ini menemukan jawaban yang gamblang, jelas dan persis..
    Kirain saya sendiri aja di dunia ini yg mengalami hampir gila krn tindihan, gataunya banyak juga para Sleep Paralysiser..
    Hemm.. Sangkaanku kutukan ini adalah peringatan atas dosa2 yg kuperbuat (tetap sbg evaluasi diri).. dari tulisan ini menguatkan keyakinanku ternyata Tuhan memang msh menyayangiku..
    @Enigma.. Anda pasti orang jempolan..
    Beribu Terimakasihku buat anda n jg kejujuran para komentator..
    -------
    Sejak usia 13 tahun hingga 40 ini, meski berangsur-angsur makin jarang terjadi saya mengalami yang anda sebut Sleep Paralysis.. Seperti pada saat bulan ini (Ramadhan) krn perubahan jadwal tidur (blm pules udah hrs bangun) dpt dipastikan SP terjadi.. 3 thn lalu saya berolahraga badminton teratur 2 x sminggu dan gangguan SP ini turun drastis.. Saya wong deso swaktu anak2 tidak ada TV shg dongeng ttg kejahatan tak terlihat spt wewe gombel, gendruwo dan kawan kawannya sbgai pengantar tidur stiap hari terdoktrin kuat tp saya selalu pmberontak yg tidak meyakininya coz emang tdk pernah melihatnya sendiri (ainul yakin).. Sejak semula saya menduga ttg SP yg trjadi pdku ini krn sarafku ada masalah, bolehlah dg sebutan "sakit sarap".. tp sy g` gila2 amat kok.. Setiap tidur hya selang bbrp detik aja saya akan langsung mimpi (indah buruknya tgtung suasana hati).. Apa mimpi tiap tidur spt saya ini juga dialami orang lain? Apa juga ada pnjelasan ilmiah ttg hal ini? Barangkali saudaraku @Enigma bisa menjelaskannya!

    Setidaknya saya bisa share bahwa keteraturan jam tidur dan olah raga adalah gaya hidup sehat yg membantu menghilangkan gangguan tidurku..

    ReplyDelete
  39. Wow wow.. hebat.. ini baru sip..
    puluhan tahun kucari2 penjelasan tentang siksaan ini n baru kali ini menemukan jawaban yang gamblang, jelas dan persis..
    Kirain saya sendiri aja di dunia ini yg mengalami hampir gila krn tindihan, gataunya banyak juga para Sleep Paralysiser..
    Hemm.. Sangkaanku kutukan ini adalah peringatan atas dosa2 yg kuperbuat (tetap sbg evaluasi diri).. dari tulisan ini menguatkan keyakinanku ternyata Tuhan memang msh menyayangiku..
    @Enigma.. Anda pasti orang jempolan..
    Beribu Terimakasihku buat anda n jg kejujuran para komentator..
    -------
    Sejak usia 13 tahun hingga 40 ini, meski berangsur-angsur makin jarang terjadi saya mengalami yang anda sebut Sleep Paralysis.. Seperti pada saat bulan ini (Ramadhan) krn perubahan jadwal tidur (blm pules udah hrs bangun) dpt dipastikan SP terjadi.. 3 thn lalu saya berolahraga badminton teratur 2 x sminggu dan gangguan SP ini turun drastis.. Saya wong deso swaktu anak2 tidak ada TV shg dongeng ttg kejahatan tak terlihat spt wewe gombel, gendruwo dan kawan kawannya sbgai pengantar tidur stiap hari terdoktrin kuat tp saya selalu pmberontak yg tidak meyakininya coz emang tdk pernah melihatnya sendiri (ainul yakin).. Sejak semula saya menduga ttg SP yg trjadi pdku ini krn sarafku ada masalah, bolehlah dg sebutan "sakit sarap".. tp sy ga gila2 amat kok.. Setiap tidur hya selang bbrp detik aja saya akan langsung mimpi (indah buruknya tgtung suasana hati).. Apa mimpi tiap tidur spt saya ini juga dialami orang lain? Apa juga ada pnjelasan ilmiah ttg hal ini? Barangkali saudaraku @Enigma bisa menjelaskannya!

    Setidaknya bisa share bahwa keteraturan jam tidur dan olah raga adalah gaya hidup sehat yg membantu menghilangkan gangguan tidurku..

    ReplyDelete
  40. Kalo aku sih malah pengen Sleep Paralysis...
    emang sih serem cuman itu salah satu tahap ke lucid dream..
    waktu kita kena SP kita harus tenang, konsentrasi dan atur nafas, dan berusaha untuk tidur kembali... baru deh lucid dream terjadi....

    ReplyDelete
  41. biasanya sleep paralysis terjadi pada umur 14-17,tp aku baru berumur 12 thn,apalagi saya mengalaminya lebih dr 3 kali ?? apakah itu normal normal saja?

    ReplyDelete
  42. Ini artikel yg saya cari, tapi kenapa disitu disebutkan hanya dialami sekitar dua tahun sekali?

    Sedangkan saya mengalaminya hampir setiap malam ..

    ReplyDelete
  43. Uda pernah coba blm buat temen2..saya juga dulu sering mengalami hal itu..malah saya saking sering nya jadi buat parcobaan..ketika itu terjadi ikuti saja alurnya, jgn coba melawan untuk bangun..maka yg saya rasakan saat itu seperti terbang melayang. Dan anehnya beberapa kali saya bermain2, dalam keadaan terlepas saya seperti melihat diri saya sendiri dalam keadaan tertidur..sebenarnya itu penomena apa..saya merasa roh saya lepas dan dapat melihat jasad..jika tidak percaya..teman2 semua boleh cobbaaa..tp hati2 terlepas beneran roh nya ya..jika sudah merasa melayang langsung dilawan..jgn sampe lepas beneran..selamat mencoba

    ReplyDelete
  44. Bang Enigma, izin share di blog saya, ya meriharlidagoblog.wordpress.com :D
    Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  45. Gan klau dalam kondisi NON REM kita gk bisa bermimpi yaa??thx buat jwbn'a~
    mmpir" di blog ane juga yaa ^^
    http://how-yourblog.blogspot.com/

    ReplyDelete
  46. saya pernah mengalaminya dan langsung ketakutan karna pada saat kejadian tubuh saya rasanya seperti dipuku, disayat,l lalu dibenturkan. Dan saya merasakan betul sakitnya.
    Saya mencoba untuk sadar namun sangat sulit dan otak saya berpikir ini hanya mimpi. Tetapi mata saya sepenuhnya melihat dan pada saat bangun itulah yang saya lihat pada saat sleep paralysis.
    Menurut saya kejadian ini terjadi karna terlalu lelah dan banyak beban pikiran (sebagian orang yang saya tanyakan tentang kejadian ini mengatakan sedang diganggu setan/iblis/semacamnya). Saya sih agak ragu, tapi saya yakin pasti ada penjelasan ilmiahnya, dan ternyata memang ada.

    ReplyDelete
  47. mas.. mau numpang curhat dikit nieh.. tadi malem kejadiannya enton juga dieurep-eurep (cak jama sunda mah) tapi di mimpi itu tuh enton ngeliat yg kex begituan dan takut, terus kebetulan ada tmen enton yg masi bgun... nah anehnya enton bisa apal ada temen-temen enton di samping enton dan enton dimimpi tuh (tapi g tau mimpi g tau sadar) da enton ngerasa itu nyata! enton teriak-teriak sambil nyebut nama allah kenceng bget.. tapi kata temen-temen malah kaya orang yg mau g ada :(, jadi mereka takut buat bangunin enton :(...

    ReplyDelete
  48. #share : okkeh, awalnyaa "fenomena" ini (makassar : " ketindisan " ) sgt tdk menarik utk di bahas (pikirku dlm hati) soalnyaa mamakuu seringg bgt ngalaminnyaa, saking keseringannyaa aku jd malesss bangunin mama klo sdg "ketindisan "... harii inii ada seorang pemuda yg meninggal konon kata keluarganyaa krn "ketindisan", awalnyaa siy pemudaa inii tidur mlm sepertii biasanyaa n tiba2 siy pemuda inii ngigau "ketindisan" akhirnyaa keluarga siy pemuda ngebangunin, okkeehh stlh di bangunin smuanyaa baik2 sj... stlh merasaa tenang siy pemuda tsb kembali tertidur ke kamarnyaa, dan besoghh paginyaa tubuh siy pemuda sdh terbujur kaku alias meninggal, kata keluarganya meninggalnya krn ketindisan...

    yg menjadi pertanyaannyaa, ketindisan sampai menyebabkan kematian bagaimana rasionalnyaaa ????

    ReplyDelete
  49. oia... sebagian besarr org yg sering mengalaminyaa inii mengatakan akan mengalami hal inii jika posisi tidur terlentang sm dgn om enigma katakan... mohon penjelasannya mengenai posisi tidur, trimakasiyy.... dan 1 lg bisa gak om enigma menjelaskan kaitan antara "ketindisan"+heart attack=kematian ? #mohon penerangannyaa :)

    ReplyDelete
  50. emang di setiap mimpi itu ada artinya..???

    ReplyDelete
  51. Aku Barusan Aja ngalamin ini , trus aku cari di google Aja kenapa kok bisa ? Kata orang orang jawa sih ketindihan , aku juga takut lah :( tapi habis Baca penjelasan ini . Aku bisa tahu , ini banyak di Alami semua orang ( Hal bias- ) yang kerna kurang tidur , dll :) thanks ya ^^

    ReplyDelete
  52. ijin publish aku kasih sumber kok :)

    ReplyDelete
  53. sering banget kena sleep paralysis, terutama kalo di salah 1 kamar dirumah aja... dikamar yg lain ga kejadian. ada penjelasan?

    ReplyDelete
  54. kalo saya sdang mengalaminya saya terus berusaha untuk sadar.... terus kalo saya membiarkannya begitu saja apa tidak ada dampak yang fatal?

    ReplyDelete
  55. biasanya jika saya sedang mengalami sleep parylis saya terus berusaha untuk sadar,,, tapi jika saya membiarkannya begitu saja apa tidak apa-apa?

    ReplyDelete
  56. .setiapp tidur saya selalu mengalami kayak gituan.
    saya takut.

    ReplyDelete
  57. oh, pernah tuh bung E..
    jadi gini, dulu saya mencoba mempraktekkan lucid dream (mengendalikan mimpi) yg tutorialnya ada di salah satu forum terkenal di indonesia.

    disitu disebutkan untuk bisa mengendalikan mimpi kita harus ada di fase antara tidur dan terjaga, jadi kurang lebih badan kita secara fisik tidur tapi pikiran kita belum tidur (baru setelah membaca ini saya sadar kalo itu disebut REM :D)
    itu akan membantu kita sadar kalo kita bermimpi nanti - karena sebagian besar orang tidak sadar kalo sedang bermimpi.
    kondisi REM ini katanya gampang banget diraih kalo kita terbangun secara tiba-tiba (entah karena suara gledek, mimpi buruk, dll) dan kemudian mencoba untuk tidur kembali.

    menurut beberapa tulisan yang pernah saya baca, manusia pada saat tidur biasanya bagian badan yg lebih dulu tertidur adalah bagian bawah tubuh kita. sedangkan pada saat kita bangun, yang paling dulu bangun adalah bagian atas tubuh kita. itu menjelaskan kenapa setiap pagi kita sering lebih sigap menolehkan kepala kita dan mengarahkan mata kita ke arah alarm, dibandingkan menggerakkan tangan kita untuk mematikan alarm.

    sempat suatu hari saya terbangun tiba-tiba karena tiba-tiba ada teman saya yang masuk ke kamar kos buat minjem carjer hape, ga sampe 1 menit.
    tapi sepenuhnya saya sadar apa yg terjadi.
    kemudian saya ingat kalo kondisi ini memungkinkan banget buat mulai lucid dream, karena badan saya belum bangun sepenuhnya.
    jadi saya coba dan beneran kejadian :D
    karena saya udah prediksi, untungnya jadi ga panik. dan memang sih, banyak halusinasi aneh yang salah satunya saya dengar suara harimau mengaum di sebelah kiri saya.
    antara kaget dan penasaran pingin mencari tau apa sebenernya yang mengaum itu, tapi namanya juga SP begitu, jadi nolehin kepala buat mencari si harimau juga gabisa.
    akhirnya saya nikmatin aja suara harimau itu sambil berharap bisa masuk ke mimpi dan mengendalikannya.
    tapi yang ada saya malah bangun dan ga jadi ke lucid dream :D
    setelah saya bangun ya seperti kejadian lainnya, semua halusinasi hilang.

    oiya bung E, pernah dengar istilah "lepas raga" kan?
    menurut tutorial lucid dream ini, kalo ada kesalahan dalam usaha mencapai lucid dream, kita malah bisa melepas raga kita.
    saya penasaran aja karena kalo saaat kita melepas raga katanya enak juga, bisa melayang-layang diatas badan kita dan pergi semau kita.
    memang sih berbau paranormal banget, tapi mungkin seru untuk dibahas tentang benar tidaknya.
    saya dulu pernah baca, mungkin salah satu tulisan bung E ya?
    kurang lebih seperti ini, "manusia memang mahluk spiritual yang tidak akan bisa sepenuhnya dipahami sains, lagian sampai sekarang tidak ada peneliti manapun yang mencoba meletakkan roh manusia dibawah mikroskop untuk diteliti lebih lanjut"

    salam

    ReplyDelete
  58. Tindihan memang bikin serem, dulu saya sering mengalaminya. Tapi ada satu yang bikin saya bingung, mungkin ada yang bisa menjelaskan.

    Saya sering mengalami tindihan ketika saya berumur 15 tahun (kelas 2 SMA). Nyaris tiap hari saya mengalaminya. Biasanya terjadi ketika saya mau mencoba tidur (belum dalam keadaan tidur). Ketika tindihan terjadi, saya selalu mendengar suara tawa anak-anak. Setelah itu tidak pernah tindihan lagi. Hanya sekali yang berbeda, itu pun saat saya berumur 17 tahun dan bukan sedang di rumah, tapi di kosan, yang saya lihat adalah pocong. Sejak itu tidak pernah tindihan lagi.
    Jadwal tidur saya cukup teratur (6-7 jam sehari) dan saya rutin berolahraga (jogging setiap Sabtu dan Minggu).

    Jadi, kira-kira kenapa saya kena tindihan ya?
    Thanks

    ReplyDelete
  59. Saya ngalamin ini juga, sering malah. umur saya hampir menginjak 16 tahun. Pertama kali sleep paralays kira-kira pas umur 12-13 tahun. Biasanya saya ngalamin sleep paralys ini siang hari. Pertama ngalamin ini sih, gerakin jempol kaki dikit aja udah langsung kebangun. Tapi kesini-kesininya, gerakin tangan secara paksa malah gak bangun-bangun. Susah gitu. Kadang bener2 kayak orang lumpuh yg belajar buat bisa gerakin seluruh tubuhnya. Tapi ketika saya berhasil bangun, malah ada rasa ngantuk, ngantuknya gak bisa ditahan. Secara gak sadar tiba-tiba merem, terus ngalamin sleep paralys itu lagi.

    Karna aku udah sering & udah tau trik-triknya, jadi setiap terbangun dari sleepy paralys, aku diem dulu, tahan ngantuknya sampe gak ngantuk. Abis itu baru tidur lagi, dan berhasil tidur normal sampe pagi.

    ReplyDelete
  60. ane terkadang sering tuh -_-'

    anggota badan mau d gerakin susah dan gak mau gerak . tak kira ada mahluk halus -_-'

    ihh serem hehehe

    ReplyDelete
  61. ak sering ngalamin.awal nya mimpi seram dulu.pas roh ini masuk ke tubuh ak.kaya ada yg menahan agar roh ku tidak semua masuk ke tubuh.mata ak sdkt ter buka dan melht sedikit mahluk itu..mulut ku pun ter engah2 membca ayat..menurut ku ini perbuatan setan dan jin jahat.untk menggoda manusia.apa lagi jika tidak bc doa...brengsek memang mahluk itu..kadang ak pengen nonyjok muka nya.thanks.

    ReplyDelete
  62. saya setiap siang hari mengalami sleep paralysis saat tidur

    ReplyDelete
  63. kak mw tanya nih.. pubertas mempengaruhi Sleep Paralysis juga g? (umur saya 13 thun hehehe ) soalnya aku jarang main jadi jarang kecapean tapi sering bnget kya gini,, di tunggu balasannya..,, makasih kak :D

    ReplyDelete
  64. 9999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999999
    \












    445454545









    ReplyDelete
  65. Hy mas brow enigma, ada satu prtyaan yg mengganjal dlm pkran sya sjak sya bca artikel yg ditulis oleh mas brow.. Prtanyaan itw adalah mengapa imajinasi kita ktika terjadi sleep paralysis itw slalu kdatangan atau melihat byangan orang lain dan knpa tdk imajinasi yg lain??.. Mohon beri pnjelasannya..??

    ReplyDelete
  66. saya dulu sering mengalaminya, tapi sekarang nggak penah lagi, karena saya ada obatnya. buat yang islam baca ayat kursi dan al-ikhlas 3 kali insya Allah nggak bakal naglamain lagi

    ReplyDelete
  67. saya sering mengalami sleep paralysis disertai penampakan dan suara, dan biasanya alam di kamar saya akan berubah seperti di dunia lain. tapi saya masih sangat bingung karena saya terkadang mengalami sleep paralysis begitu saya mulai memejamkan mata, hanya sepersekian detik ,bahkan saya pernah beberapa kali telat kuliah karena saya tidak bisa bangun, alarm saya stel jam 5, saya dengar dan saya mencoba untuk bangun, setengah mati saya berusaha membuka mata tapi hasilnya nihil. Dan selama itu saya terus fokus agar bisa membuka mata, kuncinya hanya membuka mata, kalau mata terbuka, berakhirlah sudah semua, tapi begitu saya berhasil buka mata ternyata sudah jam tengah 9. Bayangkan hampir 4 jam saya berusaha bangun. Memang belakangan tidak disertai dengan penampakan karena biasanya saya berusaha mengingatkan diri bahwa itu hanya sleep paralysis. Kadang saya berfikir mungkin lumpuh tidur yang disebut sleep paralysis tidak sesimple penjelasan ilmiah itu.

    ReplyDelete
  68. Terima kasih , blog ini sangat bermanfaat bagi saya , karena hampir setiap hari saya mengalami sleep paralysis itu membuat saya menjadi takut untuk tidur . Badan saya kaku , saya ketakutan dan mencoba untuk bangun. Setelah beberapa menit saya bangun dan tidak berani untuk tidur lg . Itu sangat mengganggu aktivitas saya , karena saya kurang tidur . Saya ingin melepaskan ini semua . Saya sudah mencoba tips di atas tetapi saya masih sering mengalaminya .

    ReplyDelete
  69. Saya pernah mengalami hal itu. Memimpikan ruangan dan serasa ada yang datang dan mulai mencekik leherku. Ku coba melawan namun tidak dapat berbuat apa-apa dan hanya bisa berpikir. Lama tetap tak sadar hingga akhirnya aku berdoa dalam hati barulah tersadar. Apakah itu hal yang sama seperti yang agan jabarkan di atas??

    ReplyDelete
  70. tiap tiap malam kena ini padahal sudah berdoa masih datang heran gw
    klo bisa ketemu ini mahluk pasti aku suruh dewa tangkap dia
    kimak betul tidur pun mau ganngu macam tidur punya bapak dia aja

    ReplyDelete
  71. tiap tiap malam tidur kena slepp palalisy
    aku tidur kayak nya gk ganngu mahluk makluk de ?
    tidur pun mau ganngu macam gw tidur tempat emak nya aja?
    gk tw ni mahluk mahluk dtg darimana ?
    kadang2 buka mata bisa lht dia kadang2 wajah nya cwek la dan bnyk yg aneh aneh gk seperti manusia ?
    yg aku heran gak tw dari mana ni mahluk mahluk jelek -_-

    ReplyDelete
  72. Setelah saya baca blog ini saya jadi lebih tenang dan g panik kya biasanya.
    Klo uda kna SP saya berusaha tenang, let it flow aja. Emg awalnya kita kaya ketarik k lubang hitam tapi setelah itu kita bisa lucid dream (bgian yg paling aku suka) malah pernah dulu saya ngeliat 'saya' lgi tdur d kasur. Trus saya meninggalkan tubuh saya dan berjalan2 keliling rumah emg rada aneh karna langkahku jdi ringan bgt trus setelah itu saya kmbali kekamar dan tidak mengingat apa2 lg aka lngsung pagi hehhe

    apa itu bisa dikatakan yg namanya astral travelling ?? Plis om jelasin :)

    ReplyDelete
  73. Saya biasanya lebih pasrah / tdk berontak..
    Ada 2 kmungkinan setelah kita pasrah :
    1. Kita akan mengalami lucid dream
    2. Atau, tertidur lebih pulas

    ReplyDelete
  74. Terima kasih informasinya, menjelaskan secra detail Sleep Paralysis yang acap kali saya alami. T____T

    ReplyDelete
  75. Saya hampir mengalami itu setiap hari. Saya ketakutan. Bahkan kadang saya nangis setelah benar2 bangun. Saya jadi takut tidur....

    ReplyDelete
  76. gan ane mah sering kalo begituan kalo bangun tiba tiba kaya orang strok apakah itu berbahaya?

    ReplyDelete
  77. Mas saya pernah mengalami kejadian di atas saya gak bisa bergerak bernapas dan di mimpi saya ada yang mengatakan 2 kalimat syhadat terus gua mengikuti kalimat tersebut seketika saya langsung bangun


    Mas dampak nya mengakibatkan kematian kah


    Tolong jawab mas tolong....... :(

    ReplyDelete
  78. Sya s7 dgn smua pnjelasan d' atz ...
    Tpi mnurut sya tdk spenuh'x bnar, krn bnyk hal yg blm bza spenuh'x d'pahami ...
    KLo pnjelazan scra ilmiah n sdh trbukti scra ilmiah mungqn ad bnar'x tpi bukn brrti tdk ad fktor lain .. Mnurut sya, kLo hal i2 d'kaitkn dgn hal mistis ad bnar'x ....
    Sya prnh mngalami sleep paralysis pda dlm keadaan sadar. Saat sdng brbaring n dlm keadaan sadar spnuh'x, tiba" sya melihat horden jndela brgerak sprti ad angin, tiba" sya mrasa sprti angin brgerak dri jndela mnuju k' arah sya, n jga mrsa telinga sya sprti d'tiup angin sngat kuat skli smpai sya mrasa kegelian, n sya pun tdk bza mnggerakkn tubuh sya .. Sprti hal'x sleep paralysis..
    N hal sprti ni bnx yg mngalami, kk sya yg sring mliht mkhluk haluz, suatu saat dy mliht mkhluk hluz tubuh'x pun mngalami hal serupa ...
    Jdi tdk bza d'ktakn sepenuh'x i2 hnx bza d' jlazkn scra ilmiah, tpi ad faktor lain jga yaitu hal mistis ... Sya prcya saat sleep paralysis kta d'tindih mkhluk haluz ... Krn bnx pnjelasn d' atz juga yg mngatakn bhwa saat mngalami SP mereka melihat mkhluk" gaib .. Sya pun jga bgtu ... KLo pun Sleep paralysis trjdi pda saat kondisi kita sdh tdur n trbngun scra tiba", knpa dlm sadarpun bza mngalami hal trsebut ???? Jdi faktor lain'x adlah ad'x enrgi Lain yg mmbuat kita trbngun scra tiba2..

    ReplyDelete
  79. Mas Enigma saya pernah mengalami hal itu dimana saya belum tertidur pulas, mata saya masih terbuka sedikit sehingga saya bsa melihat jasad saya. Tetapi, ketika saya ingin menggerakkan badan saya, tidak bisa. Saya melihat bayangan /ruh dr tangan sy keluar setiap kali saya ingin menggerakannya, lalu sekejab menyatu lagi dg jasad. Saya berusaha terus sampai akhirnya bisa menggerakkan badan saya. Saya peminum obat asma menahun, karena sudah asma saya sudah kronis. Apakah ada kaitannya dengan efek obat yg saya minum? atau dengan kata lain halusinasi..
    Yang kedua, apakah sleep paralysis memiliki kaitan dengan gejala struk?
    Selanjutnya, jika ada informasi mengenai data / penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut, saya tertarik untuk mempelajarinya. Mohon sharenya..terima kasih atas atensinya

    ReplyDelete
  80. sering banget ngalamin nih, bang...
    tiap bangun tidur pasti ga mau gerak dari kasur, kayak otak minta tambahan waktu 15 menit lagi...

    ReplyDelete
  81. Bang enigma.. trimakasih atas penjelasannya nice pose;) gue mau tanya nih bang.. kalo semacam mimpi yg mimpinyaa itu kek kerasa nyataaa pas udah mau klimaks dimimpinyaa kek ngerasaa jatuh ke alambawah sadarr kek jatuh dilubang gtu.. lsg tiba2 melek matanyaa itu knp bang? Itu soalnya gue sering terjadi banget:'v betewe lu ngerti tulisan gue kaga bang?

    ReplyDelete
  82. Saya rasa ada benarnya tentang artikel yg dibuat enigma, sesuai yg diteliti oleh ilmuan".. tapi bukan berarti fenomena yg dibuat oleh makluk gaib itu tidak benar.. karena dari sudut pandang ilmuan kebanyakan tidak mempercayai yg gaib".. saya mengalami juga dan itu sering soal sleep paralysis.. bisa melihat ada sosok di kamar sendiri tapi tahu dalam keadaan tidur, adapun yg menarik tangan dan kaki.. klo itu hanya sebuah imajinasi kenapa.. kebanyakan alami penglihatan yg sama.. karena itu saya percaya dan menghubungkan secara ilmiah dan gaib.. memang benar fenomena ini terjadi kebanyakan ketika kita sedang capek, kondisi tidur yg tidak benar atau pola tidur yg tidak teratur... biasanya dalam kondisi seperti ini sleep paralysis terjadi. saya juga menghubungkan kejadian ini secara gaib, sperti kerasukan.. kebanyakan kerasukan yg terjadi karena dalam kondisi yg tidak sehat dan capek.. dan itu menjadi pintu masuk untuk sesuatu yg gaib... jadi saya beranggapan ada sedikit benarnya dari sisi ilmiah tapi ada sedikit benarnya dari sisi gaib jika digabungkan..

    ReplyDelete
  83. kaya matanya masashi kisimoto

    ReplyDelete
  84. Yg koment negatif.
    itu anak TK apa orng dewasa.
    #no bacot

    ReplyDelete
  85. Gilaaa, gue baru ngalamin, serem amat, Untung langsung search google. Udah ngerti sih, tapi tetep aja ngeri. Taei rasanya tangan gue ditimpa gitu sama badan yang gakbisa kulihat. Trus badan kaku banget, pas lagi sleep paralsyis itu gue kayak dimainin banget. Pas gue tiba-tiba bisa bergerak ehh ternyatanitu cuma halusinasi dan masih dj tempat yang sama. Dan seremnya itu terjadi berulang-ulang. Pas gitu gue baca Astaghfirullah, pas istighfar mata terbuka. pas dimipi itu mata gue terbuka dan masih di tempat yang sama. ITU YANG BIKIN SEREM.Rasanya itu beneran nyata padahal lu lago tidur. Ini udah yang ke2 kalinua 😢

    ReplyDelete
  86. Aku sering ngalamin pas mau bangun itu terasa ngantuk sekali tapi kalo lanjutin tidur malah semakin parah dan semakin diganggu

    ReplyDelete
  87. Aku juga pernah tapi aku bisa gerakin jari kelingking aku ,tapi tetep aja badan sama mulut gak bisa ngomong ,itu aku bangun dari tidur ,aku baru tidur 5 menitan

    ReplyDelete
  88. assallamualaikum mas
    saya sudah mengalami sleep paralysed/tindih bukan hanya 2tahun sekali seperti yang dijelaskan diatas tetapi selama memasuki kuliah tidak terhitung berapa kali saya sudah mengalaminya, saya merasakan tindihan tersebut biasanya disaat saya setengah sadar atau 30menit menuju tidur pada saat seperti itu saya merasa ada sesuatu secepat kilat didalam dikepala saya dan dalam hitungan detik saya mengalami tindihan tersebut susah dijelaskan memang, dan ada pula disaat saya sedang bermimpi buruk kemudian saat saya tebangun dari mimpi itu disaat itulah saya mengalami tindihan.karna sudah terbiasa awalnya saya tidak menghiraukan karna saya bisa dengan mudah sadar disaat ditindih dengan cara saya menarik nafas panjang dan akhirnya pun terbangun tetapi mas baru kemarin saya mengalami lagi tetapi lebih berat dari biasanya sehingga saya susah untuk menarik nafas panjang untuk kemudian sadar.kenapa ya mas bisa seperti ini saya mulai terganggu dengan kejadian ini mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  89. barusan bgt aku baru aja ngalamin sleep paralysis untuk yg kedua kali dlm hidup aku. yg pertama beberapa bulan lalu, itu seperti penjelasan di atas. seperti ada yg duduk di atas dada aku dan rasanya sesak. tp untuk yg barusan beda. kejadiannya dimulai pas azan subuh tadi (yg aku rasa) aku ada dikamar aku sendiri selama azan berkumandang badan aku panas, kuping aku rasanya pengang dan di dlm sleep paralysis itu aku kaya dilempar ke atas kebawah smpe jatuh ketempat tidur, semakin lama suara azan berkumandang semakin kuat aku diguncang, aku lawan aku istighfar, dan nyebut allahuakbar makin lama dan azan mau selesai pas sadar aku teriak allahuakbar kenceng bgt :( langsung lemes
    yang aku bingung knp bisa aku ngerasa dikamar aku sendiri aku dilempar sana sini dan muter atas bawah smpe aku jatuh dr tempat tidur (kenyataannya tidak)
    thx, just sharing :)

    ReplyDelete
  90. Dua hari gua baru selesai baca komen lu semua gan!

    ReplyDelete
  91. tubuh gue bergetar semua serasa ruh mau lepas. Karena saya takut gue maksain narik ruh kembali setelah bangun badan gue merinding semua.....
    Sedikit serem sih...

    ReplyDelete
  92. Halo om enigma. Nama saya flourenska. Saya senang sekali menemukan artikel ini. Kalau boleh saya mau cerita sedikit. Sejak sd saya mengalami sleep paralysis, dan masih terjadi sampai sekarang. Yg saya bingung, anak sd harusnya belum stres dan kecapean ya ? Haha...gak tau deh kenapa. Waktu kecil memang saya selalu takut dan panik pas lagi ketindihan begitu. Tapi mulai sma dan kuliah, saya jadi "terbiasa" dengan hal tsb dan udah gak se takut dulu.
    Saya ingin tanya mengenai bagian halusinasi nya.
    Saat kuliah, sleep paralysis saya berkembang menjadi lebih real. Bukan sekedar mimpi buruk, tapi experience dimana saya merasakan ada orang di kamar saya dan duduk di tempat tidur saya. Saya bisa membedakan ini lagi SP atau tidak krn saya atau roh saya membiasakan berjalan ke arah saklar lampu dan mencoba menyalakan. Apabila sudah ditekan, lampu tetap mati, berarti saya sedang mengalami SP. dan tidak ada yg bisa saya lakukan kecuali balik ke tempat tidur, duduk saja atau tiduran di kasur dengan melihat "orang-orang" yang masuk ke kamar.
    Yang membuat saya cemas, akhir-akhir ini "orang-orang" tersebut ada yg ajak saya ngobrol. Dan manggil saya.
    Yg ingin saya tanyakan, apakah hal ini masih termasuk halusinasi ?
    Saya berharap ini memang hanya hasulinasi.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  93. Wah gitu ternyata
    Saya udah ngalamin 5 kali
    Lega rasanya

    ReplyDelete
  94. Just want to say your article is as astonishing. The clarity on your publish is just
    nice and that i could suppose you are an expert in this subject.
    Fine with your permission let me to snatch your feed to keep updated with imminent
    post. Thank you a million and please carry on the enjoyable work.

    ReplyDelete
  95. I was recommended this web site by my cousin. I'm not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem.
    You're incredible! Thanks!

    ReplyDelete
  96. I love reading an article that will make people think.
    Also, thank you for permitting me to comment!

    ReplyDelete
  97. Hey there, I think your website might be having browser compatibility issues.

    When I look at your blog in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it
    has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!

    Other then that, great blog!

    ReplyDelete
  98. Hello! I've been following your web site for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a
    shout out from Austin Texas! Just wanted to tell you keep up the
    good job!

    ReplyDelete