Wednesday, May 29, 2013

Inbox: Sky Watcher dan foto formasi awan-awan langka dari Maluku

Salah satu pembaca enigma, Ryan Poex, dari Maluku mengirimkan foto-foto awan yang luar biasa berikut ini. Postingan ini untuk kalian yang menyukai awan.
Ryan adalah seorang sky watcher. Ia suka mengamati langit dan ketika menemukan sesuatu yang luar biasa, ia akan mengabadikannya. Hasilnya luar biasa. 

Formasi-formasi awan yang didapat oleh Ryan sendiri akan jarang kalian jumpai. Bahkan ada beberapa formasi yang belum pernah saya lihat seumur hidup. 
Di Jakarta, jika kita melihat ke langit dan menemukan formasi awan yang indah, seringkali perasaan akan keagungan itu terasa kurang sempurna. Berbeda jika kita tinggal di kaki gunung yang indah. Suasana pegunungan ditambah dengan formasi awan yang unik memberikan perasaan bersyukur yang hikmat.
Lihat saja foto-foto berikut ini:
Foto berikut diambil di kota Ternate pada tanggal 8 April 2009. Awan yang luar biasa ini muncul di atas Gunung Gamalama pada pukul 05:20 pagi. Apa yang membuat kita berdecak kagum adalah kondisi awan tersebut yang diselimuti oleh cahaya terang menyilaukan. 
Saya tahu, imajinasi kalian akan bergerak dengan liar. Mungkin itu bukan awan. Mungkin itu sebuah pesawat induk alien yang sedang turun menuju markasnya di dalam kawah Gunung Gamalama.
Beberapa menit kemudian, cahaya terang di sekitar awan itu menyebar, semakin menyilaukan.
Pada pukul 05:40, cahaya terang yang tersebar itu lenyap dan sekarang hanya terlihat menyelimuti gumpalan awan berbentuk telur.
 
Dalam hati, mungkin saya juga berharap kalau awan itu sebuah pesawat induk alien. Namun gumpalan awan berbentuk telur itu bukan pesawat induk, melainkan awan Lenticular atau Altocumulus Standing Lentucularis. Orang yang melihatnya memang sering mengiranya sebagai UFO. 
Awan Lenticular ini memiliki bentuk seperti sebuah piringan yang unik karena dibentuk oleh pola angin  pegunungan. Angin kencang yang datang dari sisi gunung akan terinterupsi dan menyebabkan tiupan angin naik ke puncak gunung. Ketika angin tersebut melampaui puncak, terbentuklah awan yang berbentuk lensa itu. 

Pada beberapa kasus, awan lenticular ini bisa hanya berbentuk telur di atas gunung dan pada kasus lain ia bisa bertumpuk-tumpuk membuat lapisan-lapisan lensa seperti kue pie. Contohnya seperti awan Lenticular di atas Gunung Fuji berikut ini:

Kalian bisa melihat beberapa awan lenticularis lain disini.
Foto lain yang dikirim oleh Ryan adalah yang berikut ini. Ia mengambilnya di Gunung Maitara, juga di Maluku.
"Awan yang ini diambil pada tanggal 28 desember 2011. Saya mengambilnya karena tertarik sekali melihat Gunung Maitara diselimuti awan dengan bentuk yang pas dan sangat menarik dilihat."
Foto di atas diambil pada pukul 08.45 pagi. 
Ketika saya melihat foto awan ini, saya hanya bisa memikirkan satu kata: Mystical

Gunung itu terlihat begitu misterius sehingga saya tidak akan heran jika ada kerajaan misterius sejenis Shambhala di sana. Who knows....
Back to topic, awan yang menyelimuti Gunung Maitara ini lebih sukar teridentifikasi. Saya mencoba menanyakan nama awan ini kepada dua orang meteorolog dan keduanya memberikan jawaban yang tidak pasti. Mereka mengatakan kalau awan itu bisa jadi lenticular atau bisa juga sejenis awan rendah (Stratus).
Jika kita melihat pada foto kedua, kita bisa melihat lapisan awan berbentuk lingkaran menyelimuti bagian atas gunung tersebut. Dengan kata lain, awan ini kemungkinan besar memang awan Lenticular. Mirip dengan awan Lenticular yang terlihat di Gunung Klyuchevskaya Sopka di Rusia Timur berikut ini.


Foto menarik lain yang diambil oleh Ryan adalah berikut ini.
"Awan yang ini diambil pas tanggal 08 Januari 2012. Awan ini cukup menarik karena menutupi langit dengan indah. Jika dilihat di gambar kedua sebelah kanan ada dua objek yang terbang diatas langit. Menurut saya, yang di atas seperti jamur terbang :D dan dibawahnya seperti ikan terbang (imajinasi berlebihan)."
Formasi awan seperti ini juga cukup langka. Langit dipenuhi oleh awan berpola seperti sisik dan ditengahnya ada sebuah lingkaran cahaya, terlihat seperti sebuah vortex atau pintu dimana seorang malaikat akan muncul. 
Awan ini gampang diidentifkasi. Polanya yang sangat unik jelas menunjukkan kalau awan ini adalah Altocumulus Translucidus.
Jika ada kata "Alto" pada nama sebuah awan, artinya awan itu berada di ketinggian menengah (6.000 - 20.000 kaki). Jika awan itu di atas 20.000 kaki, maka nama depannya adalah Cirrus. Jika berada di bawah 6.000 kaki, tidak ada nama awalan yang khusus. Namun awan dengan ketinggian ini diberi nama stratus atau cumulus, tergantung jenisnya.

Awan Altocumulus ini terbentuk dari tetesan air dan terlihat seperti bongkahan-bongkahan putih dan abu-abu yang menutupi langit. Istilah "translucidus" di nama belakangnya menunjukkan bahwa satu bagian dari langit yang dipenuhi awan itu memiliki celah yang memampukan cahaya matahari melewatinya (Translucent). 
 
Oh iya, jika kalian penasaran dengan dua objek terbang yang dimaksud Ryan, ini dia yang dimaksudnya.
Apakah kedua objek itu UFO? Mungkin tidak. Dugaan saya, dua objek hitam tersebut kotoran yang menempel pada lensa kamera atau objek umum yang lewat ketika foto tersebut diambil. Sangat sering terjadi dan seringkali disalahtafsirkan sebagai UFO.
Foto berikutnya, luar biasa. Dan pada salah satunya juga ada objek terbang yang misterius.
"Jadi begini bro, pada hari Minggu tanggal 11 Desember 2011, saya sedang berjalan-jalan sore sekitar jam 4, lalu saya melihat ke langit ada awan-awan yang menurut saya tidak pernah saya lihat seumur hidup saya. Lalu saya langsung memotret awan-awan ini. Di salah satu kiriman saya, bisa bro liat foto objek yang saya maksud sudah saya bulatkan. mohon pendapatnya bro, Terimakasih."
Awan luar biasa seperti yang terlihat pada foto di atas adalah Mammatus atau Mammatocumulus. Kita bisa mengenalinya dengan gampang dari polanya yang terlihat seperti gumpalan-gumpalan bulat menutupi langit (Atau seperti bisul - terserah bagaimana kalian mengasosiasikannya). Awan jenis ini biasanya dikaitkan dengan cuaca buruk.

Banyak hipotesis yang diajukan untuk menjelaskan bentuknya yang aneh. Menurut DR. Forbes, Mammatus tercipta ketika es kristal jatuh dari bagian atas awan Cumulonimbus. Ketika jatuh, es kristal itu kemudian berubah menjadi uap air dan menyebabkan lingkungan sekitarnya menjadi dingin. Udara dingin itu kemudian "jatuh" mendorong awan ke bawah sehingga menyebabkannya berbentuk seperti kantong-kantong yang melembung ke bawah.

Kalian bisa melihat bentuk awan mammatus lainnya disini.

Dan objek yang dimaksud oleh Ryan adalah ini. 

Saya pribadi menganggap kasus ini sama dengan dua objek di foto sebelumnya walaupun saya akui akan mustahil untuk bisa mengidentifikasinya dengan tepat.

Foto lain yang diambil pada hari yang sama merupakan foto awan yang sangat spektakuler.

Awan seperti ini terlihat seperti sebuah orkestra, seakan-akan secara serentak, entah dengan cara bagaimana, sekumpulan awan ditiup dan naik membentuk jamur atau ubur-ubur. Dan memang itulah namanya, awan ubur-ubur atau Jellyfish cloud atau Altocumulus Castelanus. Nama tentakel yang menjuntai ke bawah disebut "trailing virga" dan ia terbentuk akibat tetesan air hujan yang sudah menguap.

Awan seperti ini muncul ketika udara lembab naik dari arus air di teluk dan terperangkap di antara udara kering. 

Kalian bisa melihat bermacam-macam bentuk awan ini disini.

Awan semacam ini pernah membuat heboh tahun 1975 ketika muncul di Denmark. Saya pernah memposting masalah ini sebelumnya dan kalian bisa membacanya disini: Misteri fenomena UFO Viborg.


Untuk mempermudah kalian mengenali bentuk-bentuk awan, mungkin gambar di bawah ini bisa membantu.

Siapa tahu diantara kalian ada yang tertarik menjadi sky watcher dan siapa tahu juga apa yang akan kalian dapatkan ketika kalian sedang mengamat-amati langit yang misterius...

Referensi:

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

57 comments:

jamal firdaus said...

waow keren Bro E. awan memang tempat imajinasi liar bisa dibentuk,,,

Anonymous said...

bang kalo awan yang terbelah (atau langit seolah2 terbelah) itu nama sainsnya apa bang? saya lupa di postingan bagian mana ..

-RA-

enigma said...

Namanya anticrepuscular ray. baca disini bro: http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/06/fenomena-langit-terbelah-di-yogyakarta.html

Anonymous said...

Jadi ingat dulu pernah ngirim foto awan vertical ke bang E hehheehehe dan sempat ngebahas dikit di email. Thanks bang E

"JP"

Anonymous said...

Present Oetomoe

Wow keren Bang E !!!
Yang menarik dari awan tersebut adalah jenis MAMMAE,karena terbentuk dari cuaca buruk ya???
Menurut Bang E "bentuknya seperti bisul tergantung anda mengasosiasikanya" NAMUN menurut saya itu lebih membentuk payudara???hahaha.
Jadi gini Bang,bila kita merujuk pada istilah anatomi kata"MAMMAE" adalah nama salah satu bagian tubuh yaitu payudara yang berfungsi untuk menghasilkan air susu dan bla bla bla. . .banyak kok referensi medis yang merujuk kata MAMMAE.
Itu cara saya mengasosiasikan mammae pada awan ini ,dan selanjutnya terserah readers yang menilainya? :-D . Yang jadi pertanyaan sekarang adalah :
imajinasi saya yang terlalu liar atau memang seperti "ITU" cara pria mengasosiasikan "AWAN" tersebut?...hehehe peace bang :-D

UK said...

Luar biasa , Ryan.. berada di tempat dan waktu yang pas, utk mengabadikan fenomena alam ini...
kalau disini, bentuk awan2nya jg kadang2 suka aneh.. tp bagi saya uda biasa hehehe..

Tks postingannya Bung E... dan tks jg utk share-fotonya Bang Ryan...
You're lucky dude who lives in Mmaluku!!

Anonymous said...

Nice posting :bung E
Menurut saya awan Mammae itu terlihat sprti kumpulan wajah2 tak dikenal.. Hehe ;)
Next post Ditunggu


Arlyn--,

Didin Kha said...

Ane orang ternate :D ..
Awan yang mirip "Bisul" itu kayaknya pernah muncul belum lama ini, beberapa hari setelah gunung gamalama meletus :v ..

Art Energic said...

walaupun saya gak dapet inti dari permasalahn ini, tapi saya suka dengan awan yang bentuknya ubur-ubur, sangat unik:)

-Art Energic

joyoblogg said...

edan.. tuhan memang maha kuasa ..
Bener kata orang indonesia ntu surga dunia..haha good good..

Nice posting bang..
Btw napa kgak ikut semacem kontes seo blog gtu bang..
Kya blog tetangga tadi ..haha
Kgak mikirin kualitas postinganya malahan ngurusin rank eang d dapet..haga payah..:D

Anonymous said...

Dua obyek misterius di awan altocumulus
obyek pertama sepertinya burung
dan obyek kedua mungkin kotoran pada lensa
ttpi kalw kotoran seprtiya tdk mungkin karna stlh sya melihat spesifikasi foto tsbt foto itu di ambil menggunkan blackberry 9000

ari

Anonymous said...

Bang E. Kasih info tntang kota brigadoon dong bang. Gw pnasaran ama ni kota.

Anonymous said...

yang ngirim tahu gk nih itu awan apa? jngan sampai ngakunya sky watcher tpi gk prnah blajar tntang sky, apalagi kalau smpai bertanya ke enigma yg basisnya jg bukan ilmuan sky...
untuk bro enigma usul aja, buat kolom khusus video mistery yg terverivikasi. contohnya monsterquest (yg suka menjlajah dunia untuk mempelajari misteri, skalipun belum pernah terkuak :D)...

Alfyori Karikatur said...

formasi awan-awan tsb sepertinya muncul pagi sekitar jam 8 dan sore hari, keren seperti lukisan...

RAIN said...

@joyoblogg :
You said : "Btw napa kgak ikut semacem kontes seo blog gtu bang.?
Kya blog tetangga tadi ..haha
Kgak mikirin kualitas postinganya malahan ngurusin
rank eang d dapet..haga payah..:D"

kalo aku boleh mewakili bro E (dgn rasa hormat dan mengucap permisi pada bro E tentunya).
Kalo kamu nanya "kenapa blog enigma ga ikut kontes seo blog?"
Maka jawabannya adalah pernyataan yg kamu kemukakan sendiri. Kalo blog ini ikut kontes mungkin kamu nantinya akan bilang "ternyata blog enigma sama dgn 'blog tetangga' yg ga mikir kualitas postingan malah ngurusin rank yg didapat"

Anonymous said...

mulai sekarang pulang ngajar liat liat awan ah di jalan, siapa tau ada awan hantu hahaha..thanks Bung E'

Wuland Ar Rosyid said...

aku juga suka jadi sky watcher bang, tapi selama ini belum pernah menemukan bentuk awan aneh di yogyakarta...

Julie Rae said...

Jd inget dulu aq pernah ngirim foto awan yg berbentuk lingkaran gede(spt ufo) ke email bung E,n bung E ngebalesnya dgn jenis awan yg q liat (bahagianya) hee◦^⌣^◦​
Makasih atas penjelasannya~

Anonymous said...

saya harap sudah tidak ada lagi orang yang bilang ufo kalau melihat awan seperti itu, nice post bro :)

joyoblogg said...

@Rain
Thats right my brother..

Terus semangat bang E postingan n bukumu slalu ku tunggu..haha

RAIN said...

Hihihihi makasih bro E. ;)
Kalo cerdas sih mungkin masih belum bro E,mungkin aku cuma udah banyak terinspirasi dari bro E sendiri :)

Anonymous said...

Dari SD-sampai sekarang, saya memang suka dengan pemandangan langit seperti itu. Berarti saya juga termasuk Sky Watcher dong ..... hahaha ..
By the way, saya pernah membaca artikel yang penjelasannya adalah jika terdapat awan Lenticular pada gunung, pertanda akan datang musim hujan.

Lica Lawliet said...

awan ubur2nya keren sekali..
sama awan lenticular yg menumpuk.. keren..

Anonymous said...

ternyata bung E juga ahli meteorologi juga >.<
btw, thanks infonya

Nan said...

Indah. Indah sekali.

Memang mencari keajaiban alam nggak perlu jauh-jauh.

-NaN

Penghuni 60 said...

wow, bukti keagungan Tuhan ya bro
^_^
selalu asik kalo memandang langit

Dh Ila said...

Hmmm.... mbah E apa kemungkinan awan aneh menyampaikan sesuatu sepertinawan mama yang mengisaratkan badai

Anonymous said...

Awan di ternate memang bagus2..utk foto yg pertama(yg spt bulatan besar) saya pernah melihatnya di ternate.Klw masih ada fotox nti saya upload disini krn sempat difoto oleh istri saya.

Dasril Iteza said...

"Formasi-formasi awan yang didapat oleh Ryan sendiri akan jarang kalian jumpai. Bahkan ada beberapa formasi yang belum pernah saya lihat seumur hidup"

So, diantara semua awan diatas, yang mana yang belum pernah anda lihat, bro?

Anonymous said...

gue waktu kecil sering liat awan bentuknya kayak hutan banyak dinosaurus nya
Itu mungkin karena gue ketinggian imajinasi
Kekekekkeke

Anonymous said...

saya punya foto pribadi yg ada obyek tek dikenal, bisakah saya posting disini untuk mendapatkan gambaran pasti dari anda??

kalau bisa silahkan emailkan email anda ke rizalardiansyah908@gmail.com

emon gundul said...

ah, keseringan kerja dalam ruangan, lama gak jadi skywatcher nih,,kangen liat langit

peacemaker said...

Brother Enigma, boleh ngga saya Request..? Tolong di bahas dong kisah tentang Grigory Rasputin, siapa dan sepak terjangnya, tentunya dengan style anda yang sangat Conan, kritis dan 'mengundang' skeptis.. ;)
Keep smile Brother..

Post a Comment