Monday, June 17, 2013

Objek apakah yang telah menabrak pesawat Boeing 757 Air China? Beberapa kemungkinan

Pada tanggal 4 Juni 2013, sebuah pesawat Boeing 757-200 dari Air China baru mengudara sekitar 20 menit (sumber lain mengatakan 10 menit) dari bandara Chengdu dengan tujuan Guangzhou. Pada ketinggian 8.000 meter (28.000 kaki), tiba-tiba terdengar suara keras. Sang pilot yang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi segera menghubungi menara pengawas udara untuk meminta ijin kembali ke bandara Chengdu. Ketika sampai di darat barulah terlihat jika hidung pesawat raksasa tersebut telah penyok ke dalam. Apakah UFO terlibat dalam insiden ini?

Berikut adalah kondisi kerusakan yang dialami pesawat tersebut.

Sudah hampir dua minggu peristiwa ini terjadi dan sepertinya sukar bagi dunia maya untuk menganggapnya sebagai hal yang biasa. Terima kasih untuk kreativitas dan imajinasi para blogger dan awak media, peristiwa ini menjadi subjek dari diskusi yang berkepanjangan, termasuk oleh kalian, para pembaca blog enigma.

Ketika peristiwa ini terjadi, saya melihat sebuah fenomena lain, yaitu ketergantungan media, termasuk media di Indonesia, terhadap berita yang dihembuskan oleh media tertentu. Bahkan headline beritanya pun tidak dimodifikasi. Tidak bisa disalahkan, jika ada lonjakan traffic terhadap sebuah subjek, celakalah media yang tidak ikut terjun ke dalam arus tersebut.

Hidung sebuah pesawat penyok dan hampir seluruh media mengkambinghitamkan UFO. Dan mungkin yang paling bertanggungjawab dalam pemberitaan ini adalah thesun.co.uk yang memuat berita ini dengan judul: Did Chinese plane have mid-air crash with UFO?

Jika kita membaca judul ini, kita pasti akan mengharapkan sebuah isi berita seperti: 

"Sang pilot pesawat menyaksikan sebuah sinar terang menyilaukan yang diiringi oleh munculnya sebuah objek berbentuk piringan yang kemudian menyerempet hidung pesawat. Sesaat setelah itu, objek tersebut tidak terlihat lagi dan cahaya menyilaukan tersebut lenyap"

Jika beritanya seperti itu, wajar jika kata "UFO" dimunculkan dalam headline. Namun kita tidak bisa menemukan isi berita semacam itu. Dari udara hampa, thesun melakukan deduksi yang luar biasa aneh.

Sebenarnya penggunaan kata UFO tidak bisa dibilang salah. Setiap benda terbang yang tidak teridentifikasi bisa dikatakan sebagai UFO. Namun, arah pemberitaan thesun.co.uk jelas. Ini terlihat dari ilustrasi yang ditampilkan dan narasumber yang dihubungi.

Untuk kreativitas, thesun menduduki urutan pertama.

Selain memberikan ilustrasi sebuah piring terbang yang komikal, mereka juga menghubungi NIck Pope, seorang pengamat UFO yang dengan yakin segera berkata "Kasus-kasus seperti ini menunjukkan bahwa, tanpa memandang apakah seseorang mempercayai keberadaan UFO atau tidak, ada masalah keselamatan udara yang serius disini. File lembaga penerbangan dan kementerian pertahanan menunjukkan adanya banyak kasus tabrakan udara yang hampir terjadi antara UFO dan pesawat komersil"

Dengan kata lain, bagi Pope, jelas piring terbang dari planet lain bertanggung jawab atas insiden ini.

Tapi, jika mau jujur, seharusnya media menyadari bahwa peristiwa semacam ini bukan sesuatu yang asing dalam dunia penerbangan.

Dibanding mengambil lompatan deduksi yang luar biasa aneh dengan menuduh sebuah piring terbang, sebaiknya saya memberikan kepada kalian beberapa kemungkinan alternatif atas apa yang terjadi pada pesawat Air China 757-200.

Lalu bagaimana dengan piring terbangnya?

Kalian bisa melupakan itu.

Jika sebuah piring terbang logam berukuran besar dan berkecepatan tinggi menabrak hidung pesawat seperti itu, apakah kita mengira pesawat 757 tersebut masih bisa kembali dengan selamat dan hanya mengalami penyok?

Jadi, sebagai alternatif, saya akan memberikan tiga kemungkinan dan referensi. Saya tidak bisa memastikan apa yang menabrak pesawat tersebut, namun saya tahu pasti kalau peristiwa tersebut bukan sesuatu yang aneh.

Kemungkinan pertama - Hantaman bongkahan es
Peristiwa semacam ini pernah terjadi, walaupun cukup jarang. Saat terjadinya badai, bongkahan-bongkahan es bisa menghantam pesawat yang melewatinya. Bongkahan-bongkahan es yang keras dengan mudah merusak permukaan pesawat.
Namun, bongkahan es ini biasanya muncul dalam jumlah banyak sehingga kerusakan yang ditimbulkannya akan lebih parah dan luas, tidak terbatas pada ujung hidung. Permukaan es yang keras akan membuat cacat permukaan pesawat dan membuat catnya terkelupas, seperti yang terlihat pada pesawat berikut ini.
Pada sebagian kasus, hantaman es ini juga membuat kaca kokpit retak.
Jadi, apa yang menimpa pesawat Air China kemungkinan bukan diakibatkan oleh bongkahan es.

Kalian bisa melihat contoh kecelakaan akibat bongkahan es pada link berita BBC berikut ini: Huge hailstones cause flight mayhem.

Kemungkinan kedua - Kerusakan struktur internal pesawat 
Hidung pesawat atau yang disebut radome (Radar Dome) memiliki struktur internal yang unik. Ia tidak padat seperti bagian tubuh pesawat lainnya karena fungsinya terutama untuk melindungi radar pesawat. Rongga yang dimilikinya memungkinkannya untuk penyok ke dalam seperti yang dialami oleh pesawat Air China tersebut.

Jika terdapat cacat pada Radome ini, maka tekanan udara yang kuat bisa membuatnya penyok. Cacat yang terjadi bisa diakibatkan oleh sambaran petir atau tabrakan burung pada hari-hari sebelumnya. Seorang pilot pernah bersaksi bahwa hidung pesawatnya penyok hanya karena sepotong paruh burung yang tertinggal di dalam radome pada tabrakan yang terjadi hari sebelumnya.

Salah satu kasus kerusakan internal yang menyebabkan penyok seperti China Air adalah kasus yang dialami oleh Northwest Airlines pada tanggal 7 Juli 2008.

Awalnya, kerusakan ini dicurigai sebagai tabrakan dengan burung. Namun setelah otoritas keselamatan penerbangan Amerika, FAA, menyelidikinya, mereka menemukan penyebabnya karena kerusakan internal.

Jadi, bisa saja itu yang dialami oleh pesawat Air China. Namun masalahnya, jika kita melihat pada hidung pesawat tersebut, terlihat adanya cacat bekas tabrakan di kiri bawah.

Kita memang tidak tahu kapan bekas hitam itu muncul. Bisa saja beberapa hari sebelumnya dan pesawat tersebut belum dicat ulang. Jika demikian kondisinya, maka penyok akibat tekanan udara menjadi penyebab yang mungkin sekali.

Tapi, jika cacat tersebut muncul saat terjadinya penyok, maka penjelasan ini menjadi mentah.
Kemungkinan ketiga - Tabrakan dengan burung
Pihak Air China sendiri memberikan jawaban ini sebagai penjelasan resmi. Namun, beberapa pihak meragukannya karena tiga faktor, yaitu ketinggian pesawat saat terjadi tabrakan (8.000 meter) yang terlalu tinggi untuk seekor burung. Lalu kondisi permukaan hidung pesawat yang bersih dari darah dan terakhir adalah besarnya penyok.
Menurut saya pribadi, jawaban ini adalah jawaban standar yang sangat mungkin. 
Akan saya berikan alasannya.
Keberatan Pertama, apakah ada burung yang bisa terbang pada ketinggian 8.000 meter atau 28.000 kaki?

Jawabannya ada. 

Gambar di bawah ini diambil dari jeb.biologists.org.
Ada beberapa jenis burung yang bisa terbang melebihi 8.000 meter. Burung Bar-headed goose yang bisa terbang hingga ketinggian 9.000 meter adalah burung yang berasal dari Asia dan ia bisa terbang sampai ke puncak Himalaya dalam tempo 8 jam.
Sebuah pesawat Jet yang terbang pada ketinggian 8.000 meter atau 30.000 kaki akan dengan mudah menjumpai burung ini di udara.
Saya tidak bisa memastikan bahwa burung ini yang menabrak pesawat Boeing 757 Air China, namun jelas ini adalah salah satu kemungkinan.
Jadi, keberatan sebagian orang atas tabrakan burung yang berhubungan dengan ketinggian dapat dijawab dengan mudah.
Sekarang keberatan kedua.
Jika tabrakan burung, dimanakah darahnya?
Benar, jika seekor atau sekelompok burung menabrak pesawat, kemungkinan besar memang akan meninggalkan bekas darah, bahkan seringkali pemandangan yang terlihat sangat brutal, seperti yang terlihat di bawah ini.
Tabrakan burung dengan pesawat United Airlines.
Atau tabrakan burung dengan pesawat Delta Airlines berikut ini.
Jelas sekali terlihat adanya bercak darah.
Namun, kondisi hidung pesawat yang diakibatkan oleh tabrakan burung tidak selalu seperti itu. Misalnya tabrakan antara pesawat Garuda Boeing 737-800 Jakarta-Palangkaraya dengan seekor burung elang berikut ini. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 21 April 2012.
Pesawat tersebut menabrak seekor burung elang seberat satu kilogram dan menimbulkan penyok yang hampir sama persis dengan pesawat Air China 757 dan hanya berbeda ukuran (Perhatikan bekas penyoknya yang rapi walaupun ditabrak oleh seekor burung).
Sudut benturan mungkin menjadi faktor ada atau tidaknya darah. Sama seperti pada sebuah kecelakaan lalu lintas. Pada sebagian kasus, darah bisa terlihat pada kendaraan, sebagian lagi tidak. 
Dalam kasus Air China, bekas tabrakan mengindikasikan kalau tabrakan tersebut tidak terjadi secara frontal. Melainkan hanya menyerempet di kanan bawah hidung pesawat (Soal ini, ilustrasi piring terbang thesun cukup akurat).
Karena struktur hidung atau radome yang berongga, maka terjadilah penyok ke arah dalam seperti yang kita lihat dari fotonya.
Kemungkinan lain adalah, dalam perjalanan turun, pesawat melewati hujan sehingga bekas darah bisa terhapus.
Lalu, keberatan terakhir. 

Jika tabrakan itu diakibatkan oleh seekor burung, maka burung apakah yang bisa menyebabkan penyok sebesar itu?
Tidak dibutuhkan seekor burung sebesar kerbau untuk membuat penyok sebesar itu.
Jika saya melempar sepotong agar-agar ke kepala anda, maka anda tidak akan terbunuh. Namun jika saya melemparnya dengan kecepatan 900 km/jam, agar-agar itu akan membuat anda tewas seketika.

Kecepatan gerak objek yang menabrak akan menentukan tingkat kerusakan yang ditimbulkannya.

Pesawat Boeing 757-200 memiliki kecepatan 0,8 Mach atau sekitar 900 km/jam. Pada saat terbang dengan kecepatan tersebut, seekor burung yang memiliki ukuran seperti Bar Headed Goose bisa menyebabkan penyok sebesar itu. Namun karena tabrakan tidak terjadi secara frontal, maka pesawat tersebut tidak mengalami robek.

Jika tabrakan terjadi secara frontal, maka kemungkinan kita akan menemukan kerusakan yang sangat parah seperti contoh di bawah ini.
Pesawat ini adalah Iberia A340 yang terbang dari Madrid ke San Juan pada tanggal 13 Mei 2012. Seekor burung Nasar menghantam hidung pesawat dan masuk ke dalamnya (Bekas tabrakan relatif bersih dari darah).
Atau menyisakan sisa tabrakan yang bersimbah darah seperti contoh di bawah ini. 

Kesimpulan
Seperti yang saya katakan di awal, saya tidak bisa menyimpulkan apa yang menabrak pesawat Boeing 757 Air China. Namun saya menemukan bahwa kemungkinan tabrakan dengan burung atau kerusakan internal jauh lebih besar dibanding tabrakan dengan sebuah piring terbang.

Pesawat Air China mengalami penyok, menyisakan bekas tabrakan kecil berupa bekas guratan hitam. Ini mengindikasikan bahwa apapun yang menabrak pesawat tersebut  pastilah sebuah benda kecil dan lunak yang tidak menabraknya secara frontal.

Jadi, tabrakan dengan burung merupakan sebuah jawaban yang sangat masuk akal. Namun, jika guratan pada hidung pesawat sudah ada sebelum tabrakan, maka kerusakan internal menjadi penyebab yang paling mungkin.

Pada masa lalu, pernah terjadi peristiwa kerusakan internal atau tabrakan dengan burung yang meninggalkan bekas kerusakan yang mirip sehingga tidak mustahil hal yang sama terjadi pada Air China.

Berapa banyak kerusakan akibat tabrakan dengan piring terbang di masa lalu yang bisa kita bandingkan?  
Jadi, darimana kesimpulan piring terbang atau UFO muncul? Itu yang tidak saya mengerti.

Referensi
Chinadaily.com.cn

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

304 comments:

  1. @enigma @afriantoJr @Nama @phom pha ben shyn
    thank you bro sekalian atas jawabannya. sekrang udah ga penasaran lagi sama mermaid itu.......

    ReplyDelete
  2. request penemuan kapal induk yang ada dibulan dong bro, kayaknya menarik untuk dibahas walaupun sepertinya hanya hoax, thanks before.

    ReplyDelete
  3. Beware of media mind control. It will brainwashing your mind. Pengalihan perhatian massa itu banyak terjadi di media kita.

    The sun mungkin lebay, tapi jangan lupa, ada saluran televisi yang lebih lebay. Tipi wan itu...
    Media sekarang sarat dengan muatan berbahaya. Halus, ga berasa, tapi diam diam mencuci otak, membodoh2i kaya the sun.


    Watch your way, because they're never sleep.

    Odissey

    ReplyDelete
  4. musuh si burung besi ya pasti burung jg..soalnya jg terbang...

    ReplyDelete
  5. Mana nih update nya. Ko om enigma berubah jadi org yg kudet gini sih?
    Dah seminggu lebih nih.....
    Jgn ngilang lagi lho ya...

    ReplyDelete
  6. udah 1 minggu lebih kok belum update lagi bang?
    oiya bang E, tolong dong bahas tentang eksekusi maling sapi, itu asli apa gak ya?

    http://www.youtube.com/watch?v=LboI3im8jjU

    ReplyDelete
  7. Mungkin om E gak update karena dia mau mecahin rekor komen sebelumnya sebanyak 1690 komentar. Dan sekarang om E lagi menargetkan sebanyak 2000 komen.
    *ngaco mode on*

    ReplyDelete
  8. iya bro E, update dong...SHADOW PEOPLE kalo bisa hehehe

    ReplyDelete
  9. Om E... Sudah 9 hari nih...
    Terlalu lama... Come on my man...
    Ayo semangat... \(^ O ^)/

    ReplyDelete
  10. Memang enigma 2009 jauh beda sama yang 2013.
    Dulu tiap hari update walaupun gak panjang
    Hiks....hiks..
    Ayo dong om E jangan bikin kami kecewa lagi... Hiks....
    Sekarang om E sibuk banget ya kerjanya..?
    Sampe 9 hari.... Dan akan menjadi dua minggu dari dua minggu akan menjadi 2 bulan dan dari dua bulan akan menjadi dua tahun seperti sebelumnya.... Hiks...
    (GALAU BERAT)

    ReplyDelete
  11. Nice Analysist as always... Good job

    ReplyDelete
  12. Velnore
    Not Bad Bung E !!!
    Gw pernah baca di blognya Bang Hawkson, katanya dia pernah melaporkan kasus tentang episode Red Mistnya Spongebob, kenapa nggak dipost Bung E?
    (apakah topik itu sudah basi?).
    Btw tolong post misteri tentang Game dong Bang E(beyond hell valley, Lavender town syndrome, Luna Game, Sonic CD soundtest, Dll.)

    ReplyDelete
  13. Vesuvio berkomentar....

    What!!?... 2000 komen...??? Terlalu dikit...
    Kalau bro E ngilang 2 taun kaya sebelumnya...
    Komentarnya bakal nembus angka 5000.
    Hihi...
    Kalo bro E 'mungkin gak mungkin' bisa bahas shadow people... Soalnya lebih banyak yang menghubungkanya ke mistik... Ada yang bilang cuma salah liat.
    Terserah bro E deh... Tapi jujur gak bermaksud sombong.
    Aku punya indra ke6, memang bener ada "makhluk" yang mirip manusia bayangan. Baru mirip lho ya. Bukan berarti itu manusia bayangan ato manusia byngan tu bner2 ada. Gak mirip2 amat sich..
    Kalu saksi di luar negri tu bilang shadow people tu kaya jely trus pecah en ngilang, klo yang aku liat lebih tipis tapi gk transparan sma kya shadow people. Yg aku liat dia pake tudung, tinggi 2-3 meter, mata merah kadang kuning kadang kya cahaya lampu. Aku gak takut liat itu, tapi kya ada rasa cemas gt deh... Aku yakin itu bukan hantu,tpi lebih kaya jin. Ahh... Udahlah...ini bukan tempatnya...

    Ralat aja bro E 8000meter itu 26000 kaki bukan 28000. Emang sih gk penting. Tapi klo lebik akurat kan jadinya Te-O-Pe Be-Ge-Te

    ......

    ReplyDelete
  14. kalau menabrak UFO tidak mungkin karena pasti salah satu atau keduanya hancur meledak diudara, komentar balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Hallo pak Enigma, saya sudah beberapa kali mengalami hal yang aneh, setiap kali mau pulkam, saya terkunci di dalam toilet, satu kali pintu toilet itiu terbuka sendiri, lainnya pintu toilet harus dirusak baru saya bisa keluar. Peristiwa lain lagi adalah cermin jatuh dan pecah di depan saya dan untungnya tidak melukai kaki saya saat saya hendak keluar rumah. Lainnya lagi adalah saya jatuh dari tangga dan kaki saya bengkak sebelah selama 1 minggu. Saya menceritakan hal ini kepada kolega saya seorang Jerman dan dia mengatakan bahwa sisi lain dari diri saya tidak ingin pulkam! bagaimana pendapat bapak? Terima kasih dan salam. RIKA

    ReplyDelete
  16. Velnore
    uh..... Mengenai Red mist Lupakan aja.....
    ngantuk gw td, jd blm baca bener2, Tp klo mw diulas y gpp, soalnya perasaan post bang e yang baru ini tempatnya kebanyakan di Cina Mulu....

    ReplyDelete
  17. bung enigma reques bahas lion air yg hilang deket sulawesi it dong, bisa dikatakan masih unsolved mystery juga kan

    ReplyDelete
  18. mas broo,, sudah beli buku abang. . bagus bangett, sayangnya gada teori konspirasinya yaa,, padahal bagian yang paling aku suka dari tulisan" abang .. .KEREEENN pokoknyaa,

    ReplyDelete
  19. @Sang Pangeran
    bro, saya orang awam, saya menjadi lebih mengerti mengenai kasus ini karena membaca tulisan bro E dan diskusi bro SP dan bro E

    Tapi saya rasa bro E benar bro, yg menjadi patokan saya adalah:
    bro E menulis(dan berdasarkan saya baca2 dikit di artikel2)tabrakan pesawat dgn bongkahan es biasanya bongkahan es tersebut dalam jumlah banyak, sehingga terjadi kerusakan seperti gambar2 yg telah dicontohkan.
    Jika hasil tabrakan seperti yg terjadi pada pesawat kita kali ini, itu bukan seperti tabrakan dgn banyak bongkahan es, tapi dgn sedikit bongkahan es....dan seperti yang kata2 bro SP, it's a big if

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sebabnya dugaan saya yg utama adalah tabrakan dengan bongkahan es tunggal di udara, karena berdasarkan foto yg ditampilkan bung E, kurang cocok kalau itu karena bongkahan es yg banyak.
      Nah, kata kuncinya, bro/sis Nama menyebut kata "biasanya" untuk yg disebabkan bongkahan es yg banyak, tapi bukan berarti jika disebabkan bongkahan es tunggal tidak mungkin, tapi mungkin jarang, atau "luar biasa".

      Delete
  20. @ anonymous 6.06 : Lion Air hilang di dekat sulawesi? Kejadiannya kapan kalo boleh tau?

    ReplyDelete
  21. Mantap Bang Sam.... Analisisnya keren.

    ReplyDelete
  22. pernah bahas ini ga mas enigma 'the answer of life, universe and everything' ?

    ReplyDelete
  23. klo menabrak ES nya di darat yg jelas itu gak mungkin.
    KECIL KEMUNGKINAN nya.

    @sang pangeran , memang nya kamu sudah mendengar berita tentang pesawat menabrak bongkahan ES berapa kali ...

    dibandingan dengan kasus menabrak burung , kan sudah ada bukti nya dari kasus2 lain nya , jadi kenapa masih di perdebatkan lagi ????



    ayolah sang pangeran memang saya akui kepintaran anda memang di atas saya , tapi saya gak perlu sepintar anda untuk meneliti kasus seperti ini , jika sudah ada contoh lain nya tentang pesawat menabrak burung dan hampir sama membuat penyok hidung psawat maka saya rasa , saya tidak akan menggunakan teori anda yg sangat membingungkan :D

    ReplyDelete
  24. ternyata ES BISA TERBANG YA ?????

    atau mungkin pesawat nya menabrak bongkahan ES tersebut di darat ????

    klo di menabrak nya di darat yg jelas itu gak mungkin.

    sang pangeran , memang nya kamu sudah mendengar berita tentang pesawat menabrak bongkahan ES berapa kali ...

    dibandingan dengan kasus menabrak burung , kan sudah ada bukti nya dari kasus2 lain nya , jadi kenapa masih di perdebatkan lagi ????



    ayolah sang pangeran memang saya akui kepintaran anda memang di atas saya , tapi saya gak perlu sepintar anda untuk meneliti kasus seperti ini , jika sudah ada contoh lain nya tentang pesawat menabrak burung dan hampir sama membuat penyok hidung psawat maka saya rasa , saya tidak akan menggunakan teori anda yg sangat membingungkan. :D

    ReplyDelete
  25. @Dhanoe penggemar misteri:

    "dhanoe penggemar misteri said... 27
    klo menabrak ES nya di darat yg jelas itu gak mungkin.
    KECIL KEMUNGKINAN nya."

    Jadi yang mana yang benar? MUSTAHIL atau kemungkinannya kecil? Keduanya bertolak belakang. Pilih salah satu.


    "@sang pangeran , memang nya kamu sudah mendengar berita tentang pesawat menabrak bongkahan ES berapa kali ..."

    Setidaknya baru satu kali, saat Enigma bilang:

    "Kemungkinan pertama - Hantaman bongkahan es
    Peristiwa semacam ini pernah terjadi, walaupun cukup jarang. Saat terjadinya badai, bongkahan-bongkahan es bisa menghantam pesawat yang melewatinya. "

    Disertai dengan foto kejadian tersebut? Memang kenapa?

    "ternyata ES BISA TERBANG YA ?????"

    Jika kamu menolak pendapat saya hanya karena kamu tidak percaya ada es yang terbentuk di udara dan bisa menabrak pesawat di udara, sebaiknya kamu baca yang ini:

    http://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_es

    atau ini yang lengkap:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Hail

    Bung Enigma pun tidak pernah bilang pesawat itu menabrak es di darat :D

    "dibandingan dengan kasus menabrak burung , kan sudah ada bukti nya dari kasus2 lain nya , jadi kenapa masih di perdebatkan lagi ????"

    Saya sudah jelaskan di komentar saya sebelumnya.


    " jika sudah ada contoh lain nya tentang pesawat menabrak burung dan hampir sama membuat penyok hidung psawat maka saya rasa , saya tidak akan menggunakan teori anda yg sangat membingungkan :D"

    Menurut saya sama sekali tidak membingungkan :D

    ReplyDelete
  26. itu menurut kamu , disini yg berkomentar bukan cuma kamu saja ada ratusan orang dan gak mungkin kan semua nya menganggap komentar mu itu tidak membingungkan ????

    klo ada TEORI yg dapat di jelaskan dengan bahasa yg mudah dipahami dan tidak rumit , mengapa harus kita gunakan teori yg kebanyakan orang membingungkan ????


    jadi menurut anda itu karena bongkahan ES ya ????

    klo memang itu karena bongkahan es , mengapa sang pilot dan kopilot tidak menyadari nya.

    apakah bongkahan itu sangat kecil ???

    kalau memang benar bongkahan es itu sangat kecil , mengapa bisa membuat penyok sebesar itu ???

    padahal tadi kamu bilang kan tekanan udara di luar pesawat itu lebih kecil.

    lagipula saya teliti lagi ada sedikit tulisan yg kamu lupakan , tabrakan dengan bongkahan ES itu terjadi saat badai.

    dan itupun dalam jumlah banyak , kalau yg kamu maksud itu tunggal , sangat aneh sekali jika saat badai hanya ada bongkahan es tunggal ,

    ReplyDelete
  27. @dhanoe penggemar misteri :

    "itu menurut kamu , disini yg berkomentar bukan cuma kamu saja ada ratusan orang dan gak mungkin kan semua nya menganggap komentar mu itu tidak membingungkan ????"

    Yang jelas menurut kamu pendapat saya membingungkan, dan menurut saya tidak.
    Soal pendapat orang lain mengenai pendapat saya membingungkan, kita tidak tahu. Apa kamu pernah mengadakan survey?

    "klo ada TEORI yg dapat di jelaskan dengan bahasa yg mudah dipahami dan tidak rumit , mengapa harus kita gunakan teori yg kebanyakan orang membingungkan ????"

    Teori yang kamu kira mudah itu, menurut pendapat saya, memerlukan lebih banyak persyaratan/asumsi, atau perkataan "jika" daripada pendapat saya soal tubrukan es tunggal. Silakan pahami lagi tulisan bung E dan komentar saya sebelumnya.

    "jadi menurut anda itu karena bongkahan ES ya ????"

    Ya. Itu kemungkinan pertama menurut saya.


    "klo memang itu karena bongkahan es , mengapa sang pilot dan kopilot tidak menyadari nya."

    Saat itu yang disadari pilot dan kopilot hanyalah suara benturan keras. Mereka baru menyadari ada penyok saat sudah mendarat.
    Perhatikan tulisan Bung E ini:

    " Pada ketinggian 8.000 meter (28.000 kaki), tiba-tiba terdengar suara keras. Sang pilot yang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi segera menghubungi menara pengawas udara untuk meminta ijin kembali ke bandara Chengdu...."

    "apakah bongkahan itu sangat kecil ???"

    Ya. Lumayan kecil, jika besar, mungkin yang terjadi bukan hanya penyok, tapi robek, dan pesawat bisa jatuh.
    Menurutmu sebesar apa?

    "kalau memang benar bongkahan es itu sangat kecil , mengapa bisa membuat penyok sebesar itu ???"

    Itu karena peristiwa FISIKA yang bekerja, yang disebut MOMENTUM, p= m.v
    Momemtum = massa x kecepatan.

    Dalam hal tabrakan bongkahan es pada pesawat, dipengaruhi oleh massa bongkahan es dan kecepatan bongkahan es. (Dan juga oleh massa dan kecepatan pesawat).
    Intinya, walaupun massa bongkahan es kecil (anggap saja ukurannya kecil, mungkin kurang sebesar kelereng), tapi dengan kecepatan yang cukup tinggi, dapat membuat momentum (tumbukan) yang dahsyat, dan bahkan membuat bodi pesawat penyok atau mungkin robek.






    ReplyDelete
  28. @dhanoe penggemar misteri:

    Terlewat...

    "klo ada TEORI yg dapat di jelaskan dengan bahasa yg mudah dipahami dan tidak rumit , mengapa harus kita gunakan teori yg kebanyakan orang membingungkan ????"


    "...mengapa harus kita gunakan teori yg kebanyakan orang membingungkan ????"

    HARUS?

    Siapa yang memaksa?
    Semua orang berhak berpendapat asal sopan
    dan saya tak pernah memaksa orang lain menerima pendapat saya. Dari mana kamu dapat kesimpulan seperti itu???

    ReplyDelete
  29. Bro enigma,saya minta tolong analisa anda mengenai benda terbang aneh yg sempat saya rekam,coba liat dulu videonya di blog saya.Saya merekamnya pake hp Cross F5.
    Untuk kesediaannya sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    http://drucelee.blogspot.com/2013/07/benda-terbang-aneh-ufo-atau-apa.html

    ReplyDelete
  30. Klo bongkahan es, pasti bongkahannya besaar,,
    dan mungkin berbentuk bulat..
    aneh menabrak bongkahan es bisa menghasilkan penyokan yg rapih seperti itu..

    ReplyDelete
  31. @dhanoe penggemar misteri:


    "kalau memang benar bongkahan es itu sangat kecil , mengapa bisa membuat penyok sebesar itu ???

    padahal tadi kamu bilang kan tekanan udara di luar pesawat itu lebih kecil."

    Karena, keduanya tidak berhubungan.
    Kamu menghubungkan 2 penjelasan yang berbeda.
    Soal bongkahan es, itu bagian dari penjelasan untuk tabrakan dengan bongkahan es tunggal.

    Dan soal tekanan udara di luar pesawat lebih rendah saat berada di udara dibandingkan di darat, adalah benar adanya. Tapi ini adalah penjelasan bagi teori kerusakan internal pesawat. Yang tanpa ditabrak oleh bongkahan es pun bisa penyok, yaitu karena tekana udara, JIKA ada kerusakan internal sebelumnya. Setidaknya itu yang Bung E bilang. Silakan cermati lagi.


    "lagipula saya teliti lagi ada sedikit tulisan yg kamu lupakan , tabrakan dengan bongkahan ES itu terjadi saat badai.

    dan itupun dalam jumlah banyak , kalau yg kamu maksud itu tunggal , sangat aneh sekali jika saat badai hanya ada bongkahan es tunggal."

    Tidak aneh.

    Bro, saya tidak hanya membayangkan kemungkinan ada pesawat yang terkena badai atau menerjang badai di udara, (walaupun kedengarannya agak konyol :D, mengingat pilot akan berusaha sedemikian rupa menghindari badai), tapi juga kemungkinan di cuaca yang cerah pun bongkahan es tersebut bisa dengan manisnya "menyentuh" bodi pesawat. Bisa karena terlempar dari sumbernya (hujan/badai es, es yang jatuh dari orbit/luar angkasa, limbah cair satelit atau pesawat lain), dan atau terbawa angin, melayang di udara dan menabrak/ditabrak pesawat yang berkecepatan tinggi.

    Anggap saja bongkahan es itu berasal dari badai, tidakkah mungkin jika ada bagian dari bongkahan2 es tersebut terlempar/tersebar ke segala arah, sehingga terpencar-pencar, dan tak berkelompok2 lagi??

    Ingat, peristiwa ini terjadi di atmosfer yang luas dan jauh di atas permukaan laut, sehingga ada cukup banyak ruang dan waktu untuk membuat kumpulan bongkahan es terpencar-pencar.

    ReplyDelete
  32. Banyak sekali unsur konspirasi di blog ini... Perdebatannya makin bertambah. Bukan seperti yang telah lalu.
    Mungkin sedikit sedikit akan menjadi sunyi karena kelelahan.
    Dari yang cuma sebuah kata tak berarti. Diperpanjang dengan mudahnya. Mulai tumbuh rasa ingin menjadi lebih baik dari yang lainnya. Wow... Semua mulai ingin diperhatikan.

    Joker

    ReplyDelete
  33. *nama telah disensor*July 2, 2013 at 9:42 PM

    @ Joker:
    Wah... Saya ngerti kata-kata kamu. Tapi tidak mungkin saya jelaskan. Karena kalimatmu mengejek seseorang namanya *sensor* . Nanti kalau saya jelaskan malah kamu yang diomelin habis-habisan. Tidak apa bro kalau orang itu berkomentar yang terlihat aneh.*kalimat telah di sensor*. Yang telah lalu maksudmu perdebatan identitas enigma kan?. Haha. Orang yang ikut diskusi kan tidak apa bro, lebih seru kalau ada konspirasi. Ya itu sebabnya kan kamu bilang "diperpanjang dengan mudahnya?.

    ReplyDelete
  34. @Joker :
    "Banyak sekali unsur konspirasi di blog ini."
    - Bukan adaptasi jika tidak ada lingkungan

    "Dari sebuah 'kata' yg tidak berarti,diperpanjang dgn mudahnya."
    - Hanya sebuah tumpukan batu,bisa menghadirkan ribuan nyawa dan gambarnya dalam sekejap.

    "Semua mulai ingin diperhatikan"
    - Orang akan lebih memperhatikan dan mendebat pernyataan anda.

    Sekian ~

    ReplyDelete
  35. sang pangeran : kamu sangat memaksakan teori mu

    klo kamu udh bisa memecahkan kasus ini , kenapa kamu gak update aja di blogmu ?????

    malah di komentar lagi , apa kamu ingin teori mu dilihat orang banyak ????

    ReplyDelete
  36. "Anonymous said... 40
    sang pangeran : kamu sangat memaksakan teori mu

    klo kamu udh bisa memecahkan kasus ini , kenapa kamu gak update aja di blogmu ?????

    malah di komentar lagi , apa kamu ingin teori mu dilihat orang banyak ????

    July 2, 2013 at 11:46 PM"


    Nah, komentar seperti ini yang sangat malas sebenarnya saya tanggapi, apalagi ANONIM, haha, tanya kenapa???

    Saya tak punya blog, dan saya tidak memaksakan teori saya :)
    Silakan resapi kata per kata, apa yang saya utarakan.
    Tolong bedakan antara argumen berdasar, dan memaksa.
    Yang saya lakukan, saya berbeda pendapat, dan saya jelaskan argumen saya.
    Lalu ada yang bertanya, kemudian saya jawab pertanyaannya. Itu saja.

    What's wrong with that?

    ReplyDelete
  37. Kok banyak banget sih yang nama rain. Apa rain rain ini rain yang sama?. Aduuhh,pucing.

    Phom Pha Ben Shyn

    ReplyDelete
  38. *nama telah disensor*July 4, 2013 at 7:12 AM

    Aku mulai curiga kalau sang pangeran itu inoshi. Hihi.
    Abisnya kata-katanya itu lho mirip*masa dari kata kata langsung nyamain orang*. Kalau bukan ya....., ada penerusnya.

    Anonymous 2july, 11.46:
    Ngeselin banget. Baca baik2.! Pasti kamu cuma asal loncat aja baca. Memangnya Harus ribuan kali dia ngetik sampe jarinya puntung untuk nulis"saya tidak memaksakan pendapat saya" baru kamu ngerti gitu?.

    ReplyDelete
  39. @phom pha ben shyn : 2=1 dan 1=2. Terkadang 2 orang memiliki 1 akun. Tapi bisa juga 1 orang memiliki 2 akun/bahkan lebih. :)
    Mungkin suatu saat anda akan bisa mengetahuinya. Tidak perlu dipusingkan sebenarnya Rain Rain itu orang yg sama atau tidak :) Mungkin 1 Rain atau beberapa Rain itu hanya sekedar orang yg ingin mengetahui dan belajar tentang misteri saja :))

    @anonymous 11.46 : Saya rasa tidak ada pemaksaan teori yg dilakukan oleh sang pangeran. Walaupun katakanlah sang pangeran punya blog dan dia semisal telah memecahkan kasus ini,apa dia tidak lagi berhak untuk berkomentar di blog ini? Lagipula,bermaksud atau tidaknya seseorang untuk diperhatikan,jika komentar,argumen dan penjelasannya kredibel saya rasa semua orang akan memperhatikan penjelasannya. Cobalah untuk berfikiran lebih terbuka dalam menyikapi sesuatu.

    ReplyDelete
  40. lucu baca komentar-komentarnya, malah pada debat sendiri.

    ReplyDelete
  41. Terima kasih, karena saya Selalu tertarik dengan pembahasan Bung E. Saya juga berterima kasih buat teman saya yang mengenalkan blog E kepada saya (sewaktu kasus Hollow Earth yang membuat saya heran).
    Untuk kasus ini, saya tidak begitu pandai membuat spekulasi. Namun, logika tentang efek dari benda yang melaju dengan kecepatan tinggi benar-benar menambah wawasan.

    ReplyDelete
  42. @rain skywalkers/you know who:
    Iya sih. Soalnya sampai saat ini aku udah liat tiga orang namanya rain. Jadi aku bingung, namanya sama, bgtu jg kata-katanya. udah pernah pengalaman soalnya, orang yang gk kukenal namanya sm kyk temenku(fb). Pas aku sapa, Eh, dia ngomel-ngomel bilang gak kenal..... malu... Hehe. Tapi no problemo lah klo yg nmanya rain ada lebih dari 1,,....

    2 enigma:
    Bung E dah hampir 3 minggu lho.... Jgn smpe nunggu lma-lma tp postingannya gk seru... Awas ya....!!! :)

    By Phom Pha Ben Shyn

    ReplyDelete
  43. berdasarkan hukum Newton ke 2 kita ketahui F=m.a
    semakin besar kecepatan (percepatan) suatu benda maka energi yang dihasilkan pun akan semakin besar begitu pula dengan massa suatu benda tersebut, sehingga benturan dengan suatu benda yang tidak terlalu besar tetap akan menimbulkan dampak/bekas yang cukup besar

    ReplyDelete
  44. bang e pernah denger username 666 nggak?

    ReplyDelete
  45. untung nya hanya es... coba klau betulan ufo..wah bisa brantakan tuh... :-D

    ReplyDelete
  46. kasihan para alien, sering difitnah oleh para ufonista....

    ReplyDelete
  47. Masuk akal juga yah yang bro E bilang

    ReplyDelete
  48. ga mungkin gan di tabrak burung sampe penyok gtu gan

    ReplyDelete
  49. wah kacau ini blog keren abis

    ReplyDelete
  50. Kalau yang nabrak burung, burungnya terbuat dari apa yaa, kuat amat sampe nabrak kepala pasawat sampe kaya gitu.

    ReplyDelete
  51. kata kata si pilot gk bisa di percaya...
    ama kesimpulan.. ane yakin yang tabrak radome pesawat nya bongkahan es gede. ampe ancur

    ReplyDelete
  52. hmm, keren bgt analisisnya (y)
    selain itu yg bikin bnyak org mengkambing hitamkan ufo, yaaa media yg ngompor2in supaya beritanya dapet rating bagus

    ReplyDelete
  53. Pertamax gan. oh y, kalo nabrak piring terbang kayaknya sedikit rancu deh. soalnnya dari bekas impact nya juga bolong kan harusnya itu kayak tersayat, tau sendiri bentuk piring terbang kayak gimana.

    ReplyDelete
  54. Brilliant and genius, met kenal bro Enigma
    :)

    ReplyDelete
  55. keren bang E,kalau bisa yang lokal diperbanyak sepertinya masih banyak hal-hal misterius dinegara ini.

    ReplyDelete
  56. keren keren nh enigma.
    sukses lah bro.

    ReplyDelete
  57. yg soal spongebob pnya, kakak saya ada noonton, tapi masih dipercepat videonya.
    terus katanya selesai nonton, otaknya langsung kosong, mau baca buku aja kayaknya gak masuk keotak.....

    ReplyDelete
  58. saya rasa kalau tabrakn dengan burung, bkas guratan hitam adalah bkas dri paruh burung. Lalu penyok bagian si2 adalah bkas dari bgian sayap atau bdan burung..

    Tapi hsil dari enigma adalah penyelidikan yg bgus..

    ReplyDelete
  59. mantaappppp,,,, great,,,

    ReplyDelete
  60. mungkin aja ufo berbentuk burung bang ? hehehe *ngawur*

    ReplyDelete
  61. wow... penjelasan paling akurat yg pernah gw baca. thanks bang enigma

    ReplyDelete
  62. kalo ufo / alien Ъϊśå ngomong , mungkin mereka bakalan bilang : yah,gue lagi ... ckckckc..
    kyaknya sih burung lbh masuk akal deh , saya pernah liat tuh burung elang Чǝлƍ ketabrak helicopter sampe amburadul burungnya,heli nya juga robek,jd mungkin burung Чǝлƍ ini lebih kecil,,


    ReplyDelete
  63. Saya lebih tertarik kalau bertabrakan dengan pesawat UFO kayaknya lebih seruh deh

    ReplyDelete
  64. Enigma, saya mau tanya tentang sesuatu memang tidak berkaitan dengan postingan enigma, saya ingin bertanya tentang buku yang berjudul Codex Serapinianus, karena saya kurang mendapatkan referensi untuk buku ini, saya harap enigma mau membuat postingan tentang buku ini....
    saya harap dibalas...

    ReplyDelete
  65. bagus banget penguraianya, ilmiah bangat,, hehehe

    ReplyDelete
  66. now everithing is can happen.

    ReplyDelete
  67. konsfirasi jg kyany....

    ReplyDelete
  68. Teori baru bahwa yang lewat itu sun go kong lagi patroli PKL

    ReplyDelete
  69. dari awal ane udah ngeduga ditabrak burung. kasian burungnya.

    ReplyDelete
  70. pengkeristalan awan mungkin ga bisa merusak pesawat??

    ReplyDelete
  71. YANG PALING MASUK AKAL ,,, YANG NABRAK PASTI BURUNG NYA MAS BEJO ,,, KARNA BISA TERBANG DI KETINGGIAN 10.000 M ,,,

    ReplyDelete
  72. saya pernah nonton ulasan tentang penyebab pesawat challenger meledak ketika diluncurkan, dan mereka kasih ilustrasi tentang sponge yang bisa merobek tanki bahan bakar kalo saya tidak salah.

    ReplyDelete
  73. Itu bisa juga dari burung..juga bisa kerusakan internal..karena menurut pengetahuan saya selama menjadi mekanik pesawat di Lion **r..karena pengalaman saya selama bekerja di perusahaan airline.,kebanyakan insiden ataupun accident yg terjadi di airline hanya 10% informasi yg di berikan..contoh saat terjadinya insiden di Gorontalo penumpang lion **r mengamuk karena A/C yg tidak menyala sehingga kepanasan..itupun media memberikan informasi tentang penyebabnya yang kurang benar..

    ReplyDelete
  74. pernyataan lu nggak masuk akal bro.
    mana ada jika sepotong agar-agar dilempar bisa membunuh manusia.

    ReplyDelete
  75. menurut saya itu karena menabrak burung,
    ingat gk bebek yg nyebabin kecelakaan pesawat di amrik yg akhirnya mendarat di sungai.

    setau saya saat benda berada pada kecepatan tiggi di udara,jika ia menabrak air/atau binatang/benda maka ia akan hancur berkeping- keping.[air yg cair berubah jd sekeras batu]

    ReplyDelete
  76. Actually no matter if someone doesn't be aware of after that its up to other viewers that they will help, so here it occurs.
    Feel free to surf my web site vuelos a india

    ReplyDelete
  77. Salah UFO karena tidak menyalakan lampu ratting.

    ReplyDelete
  78. coba dilihat dari bahan pesawatnya gan . mungkin ada yg berbeda .

    ReplyDelete
  79. Wah sama seperti kesimpulanku, kemungkinan terbesar oleh burung

    ReplyDelete
  80. mas masa sebagai contoh menggunakan agar-agar sih ? agar-agar kalo dilempar dengan kecepatan 900km/h ya pecah duluan ditengah sebelum sampai tujuan, gimana toh mas hehe pis

    ReplyDelete
  81. Bila tertabrak UFO rasanya tidak mungkin penyok melainkan robek menganga. Namun bila tertabrak burung dari sudut miring (tidak telak 90derajat) rasanya tidak akan menimbulkan penyok yang sebesar itu, Namun akibat dari bongkah es apalagi bolla kasti kemungkinannya sangat kecil deh.
    Maka memang jika harus berpendapat cendurung setuju dengan om En bahwa tekanan udara lah penyebabnya.

    ReplyDelete
  82. sayyid fans star warsJanuary 18, 2015 at 6:50 AM

    Bener banget mereka gak bisa menjelaskan sesuatu tanpa dijelaskan secara detail dengan ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  83. kemungkinan yang paling masuk akal adalah, Pesawat hanya menyerempet sebuah Drone

    ReplyDelete
  84. mungkin saja pesawat itu menabrak gumpalan es yang terdapat pada awan.

    ReplyDelete
  85. itu pasti burung

    ReplyDelete
  86. Betul mas jika menabrak burung kurang masuk akal karena tidak ada burung yang ukuran dan mampu menimbulkan kerusakan sebesar itu juga tidak ada jejak berkas darah.

    ReplyDelete
  87. Kemungkinan lain bukan burung.

    ReplyDelete
  88. Yang perlu di analaisa adalah pertama kerusakan yang ditimbulkan burung tidak akan seperti foto, lubah yang ditimbulkan dari hantaman burung tidak sebesar itu terakhir tidak ada berkas darah atau bulu burung.

    ReplyDelete
  89. Bukan malas berpikir masuk akal karena kenyataan di dunia ini masih ada peristiwa yang masih misteri or tidak masuk akal

    ReplyDelete
  90. banyak yang memang sering mengaitkan UFO dgn alien, namun yg saya tau kepanjangan UFO adalah Unknown Flying Object dan itu bisa dlm bentuk flying object apapun bkn hanya merujuk ke piring terbang alien..

    ReplyDelete