Wednesday, June 5, 2013

Teori: Penduduk Easter Island memindahkan patung Moai dengan cara membuatnya berjalan!

Selama berabad-abad para peneliti mencoba memecahkan misteri bagaimana patung-patung raksasa Moai di Easter Island dipindahkan dari tempat pembuatannya ke seluruh pulau. Banyak teori telah diajukan, tapi tidak ada yang bisa menyamai kreativitas teori ini.
Ketika kita menyaksikan patung Moai atau situs-situs megalitik lainnya di dunia, kita sering berkata: "Pada masa modern ini, kita memindahkan batu-batu besar dengan truk dan derek. Karena pada masa lalu tidak ada teknologi truk dan derek, maka pastilah konstruksi situs tersebut dilakukan oleh alien atau kaum raksasa di masa lampau."
Banyak dari kita tidak menyadari bahwa cara berpikir seperti ini adalah sebuah bentuk kemalasan intelektual yang sayangnya sering dilakukan oleh banyak penulis best seller.
Karena itu, beruntunglah kita karena memiliki para peneliti yang secara sungguh-sungguh menyelami cara berpikir arsitek masa lampau dalam usahanya menemukan teknologi konstruksi megalitik yang luar biasa itu.
Dalam petualangan saya menjelajahi internet untuk memuaskan hasrat kalian akan tulisan misteri, saya menemukan video ini. Sebenarnya tidak bisa disebut teori baru karena sudah pernah diulas oleh majalah national geographic edisi Juli 2012.
Saya tidak tahu bagaimana kalian menanggapinya, namun ketika menyaksikannya, hampir saja saya tertawa terbahak-bahak melihat bagaimana sebuah teori dieksekusi dengan begitu indahnya sehingga rasanya akan sangat sayang jika tidak saya share ke kalian. 

Jika ada yang berbicara soal "berpikir di luar kotak", maka para peneliti ini jelas telah mempraktekkannya dengan sangat baik.
Ingatkah kalian dengan Easter Island yang termashyur itu?
Pulau misterius ini sering dimasukkan ke dalam daftar tempat misterius di dunia dan salah satu sebabnya adalah karena patung-patung raksasa yang tersebar di pulau itu. Patung-patung ini disebut Moai dan dibuat oleh para penduduk Easter Island yang hidup antara tahun 1250 hingga 1500 Masehi.
Terdapat hampir 900  patung Moai tersebar di seluruh pulau. Tinggi rata-rata patung tersebut adalah 4 meter dengan berat rata-rata patung sekitar 14 ton.
Patung-patung itu dibuat dari abu vulkanik yang telah dikompres sedemikian rupa dari sebuah kawah yang disebut Rano Raraku. Hingga kini, di tempat itu masih bisa ditemukan banyak patung Moai yang belum selesai dikerjakan.
Dari Rano Raraku, patung-patung itu diangkut dan dipasang di seluruh perimeter pulau. Ada patung yang bahkan diangkut hingga sejauh 18 kilometer. 

Disinilah misterinya. Bagaimana patung-patung besar dan berat itu bisa diangkut dari Rano Raraku ke seluruh pulau? dengan cara apa?
Selama berabad-abad, para peneliti telah mencoba untuk memecahkan misteri ini. 
Bagi para keturunan penduduk asli Easter Island yang disebut Rapanui, tidak ada misteri disini. Ketika ditanya mengenai hal ini, Suri Tuki, salah seorang pemandu wisata di pulau tersebut, menjawab dengan ringan,"Patung itu berjalan."
Dan memang itulah yang diceritakan turun-temurun lewat tradisi Oral. Disebutkan bahwa seorang raja yang bernama Tu Kuu Lhu membuat patung-patung itu berjalan lewat bantuan dewa Makemake. 
Fast forward menuju abad 21, dua orang antropolog masa modern berusaha membuktikan jawaban ini dengan cara mereka sendiri.
Mereka adalah Terry Hunt dari University of Hawaii dan Carl Lipo dari California State University yang bekerjasama dengan Sergio Rapu, seorang arkeolog yang juga mantan gubernur Easter island. 

Kedua peneliti itu berencana membuat patung-patung Moai berjalan kembali.
Awalnya, mereka melihat kalau patung-patung tersebut memiliki bentuk perut yang gemuk sehingga bisa dicondongkan ke depan dengan mudah. Selain itu, bentuk dasar patung yang berbentuk huruf "D" juga memudahkannya untuk digiring ke seluruh pulau

Pada percobaan ini, sebuah patung dengan tinggi 3 meter dan berat 5 ton dibuat berjalan dengan bantuan tali dan 18 orang.

Bagi kalian yang menggunakan smartphone, berikut adalah link vuclipnya: NG - Scientist make Easter Island Statue walk. Kalian bisa mendownloadnya disitu.

Berikut screenshotnya.

18 orang menggunakan 3 tali untuk menyeimbangkan dan membuat patung itu bergerak.

 
Patung raksasa itu benar-benar berjalan!

Tentu saja teori ini tidak bisa disebut yang "paling mungkin" atau "paling benar". Namun para peneliti ini sekali lagi membuktikan bahwa para arsitek masa lampau tidak membutuhkan teknologi canggih masa kini untuk menciptakan karya-karya yang megah. Dan semakin banyak teori praktis yang dikemukakan, semakin dekat pula kita kepada pemahaman akan budaya masa lampau yang luar biasa ini.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

211 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 211   Newer›   Newest»
Muhammad Anjar the stupid odd boy said...

saya suka dengan cara anda membahas setiap misteri,,apakah anda seorang detektif??
just my imagination..hahaha

Anonymous said...

bener bener kreatif orang orang zaman dulu ,berfikir di luar "kotak"

Life: Is Just Awesome said...

tapi kang enigma, saya lihat salah satu komentar di youtube, berat patung di easter island 80 ton!
apa bisa ya butuh banyak orang?

Devy D said...

Mantap...terima kasih atas informasinya
(5 besar)

:)

enigma said...

@life is just awesome: Karena itu saya mengatakan bahwa kita tidak bisa menyebut teori ini "paling mungkin" atau "paling benar". Tapi eksperimen ini sudah langkah maju. Tinggal mempraktekkannya dengan patung yang lebih berat.

vahn saryu said...

kalau tak salah Video ini sudah lama ya bro?
saya sudah pernah menonton video ini, n sepertinya memang teori yg masuk akal

yusuf sahran said...

sorry oot: enigma, kenapa foto profilmu cuma nampilin satu mata doang?ada hubungankah dgn iluminati????sumpah gue kira ariel ''noah'' lo sekilas .....hahahahaha

ane silent reader blogmu hampir tiap hari, bro
tulisanmu bnyk menginspirasi.....keep on posting,buddy

RAIN said...

Teori praktis. Interesting. :)
Sebuah pemikiran sederhana yg tidak mengesampingkan bukti pasti selalu dianggap sebagai pemikiran yg luar biasa.

Anonymous said...

Ane juga sepikiran dgan bro yusuf, knp foto bro enigma cma mnampilkan satu mata. Apa bro enigma ada hubunggannya dng illuminati????ane jd curiga nih...
Hehehe.... Just kidding bro...

Anonymous said...

cara tsb meninggalkan jejak pada patung tsb, bagaimana dgn yg ada di Easter Island. Apakah bekas jejaknya masih ada ? atau sudah hilang dimakan waktu... atau memang tidak ada...

Kanz World said...

Kesimpulan yang sangat simpel tapi menarik.. Salut bang Enigma!

Haqrah Dewi Safytra said...

terlepas dari bener enggaknya hal yg dibahas, saya suka cara bang e nulis dan menyampaikan ide. Pelan tapi kuat...tdk terburu2..rapi...:D

VicS said...

jejak bisa di makan oleh waktu,kalau di lihat memang ini cara yg bisa di namakan patung berjalan,yg namanya mistery kalau di ceritakan pastilah terlalu banyak bumbu nya.. seperti contoh org 1 melihat kadal dan di ceritakan kepada org ke 2,BRO gw td liat kadal gede banget (padahal cuma 10cm) biar menjadi sensasi makanya di bumbui,akhirnya sampailah ke org 100 cerita itu dan sikadal pun berubah menjadi NAGA. namun cerita easter island ini memang 1 dari sekian misteri yg belum terpecahkan tapi bukan berarti tidak bisa terpecahkan,mungkin suatu hari nanti ada suatu ide dan pemikiran seperti layak nya seorang dokter yg berhasil menemukan anti virus terhadap berbagai macam jenis penyakit.. tidak ada hal yg tidak dapat di capai oleh manusia,hanya waktu dan karma baiklah yg bisa menembus semua misteri itu.. dan satu hal otak kita di ciptakan oleh tuhan adalah suatu misteri,apakah benar kita diciptakan oleh tuhan? apakah tuhan yg kita percaya sekarang ini akan musnah seperti kepercayaan org2 jaman dahulu kepada tuhan dan dewa nya masing2? coba deh terlusuri masa lalu lagi,masing2 bangsa punya tuhan dan dewa,tapi hancur oleh tuhan dan kepercayaan kita masa kini,bukan berarti tuhan kita yg skrg lbh benar atau tuhan mereka lbh salah.. tapi kekuatan dan jumlah sang penghancurlah yg menjadi kan suatu kepercayaan itu salah,mereka di hina,mereka di tiadakan,mereka dihilangkan.. wah maap jd melenceng jauh.. wes inti nya otak kita di ciptakan harus di gunakan jgn hanya jadi pajangan.. pecahkan terus bro enigma akan semua misteri,dan akan kami dukung dgn sumber2 yg kami share.. thanks to bro enigma the first brilliant blogs..

Anonymous said...

misterinya masih jadi misteri bang e. semakin mendekati jawaban semakin menarik dikisahkan. kita tunggu endingnya kayak apa nanti :)

"jp"

Rifqi Ogi said...

bung E lagi libur ya, tumben postingnya siang, haha.. menurut saya teori di atas mungkin saja, bukannya tenaga orang dulu itu justru lebih kuat?

Ms. Erantzo said...

bener2 suka (jempol) dgn postingan ini....
saya benar2 tertawa terbahak2 meliat video tsb brow, ternyata dgn cara yg begitu sederhana dan sungguh tak terpikirkan hahaha...nice posting brow.... :)

Ridho b. s said...

Wah, misteri yang ini "HAMPIR" terpecahkan... :D nice post bung E..

Nan said...

Haha. Benar-benar berjalan.

Mari kita lihat. Siapa tahu ada ujicoba untuk replika setinggi 4 meter dan berat 14 ton, bukan hanya 5.

Atau ada yang berminat mencoba? Ayo, saya bantu narik :)

-NaN

Anonymous said...

bung Eh,
request, tentang pulau Socotra dunk?
ada misterinya tidak? karena tumbuhn disana bentuknya aneh aneh

Anonymous said...

keren bung E....di tunggu karya selanjutnya...
ceritanya lucu hehe..

Anonymous said...

setelah membaca post ini, tiba- tiba saya menjadi teringat dengan Stonehenge, kalau menurut Enigma bagaimana cara manusia dari zaman itu menata batu - batu Stonehenge sedemikian rupa

joyoblogg said...

memang arsitektur jaman dulu sungguh luar biasa..
Liat aja piramida mesir walaupun udah ribuan taon berdiri mash tetep kokoh sekokoh misteri yg mash menyelimutinya..
Btw mantabbbbss bro postingnya..ane tunggu dari pagi eh ternyata siang baru update..haha

Rendy Saputra said...

haha...beneran jalan tuh patungnya..?!
ngomong2 saya suka dgn "berpikir di luar kotak" bung E...!!
haha...!! :D

Anonymous said...

Semakin ingin tahu, sebenarnya siapa pemilik blog Enigma ini?
Profil dari blog ini terkesan ditutupi...
Tahukah Enigma? kami ingin melihat diri Enigma yang sebenarnya...
Kami ingin tahu sosok Enigma yang menjadi idola kami...
Mungkin disini kami berteriak "ENIGMA..."
seolah-olah bagaikan pahlawan...
Pahlawan yang memberikan wawasan dan pengetahuan kepada kami yang mulanya tak berpengetahuan luas...
"Apakah Enigma akan menjawab uraian diatas?... Berharap ia bisa menanggapinya dengan positif.
By Nara


Dhinie si RaDheeA said...

Hihihi...ternyata gak cuma saya aja yang ngira (at the first time) klo itu foto matanya si ariel... :p

Patung moai yaa..aq pernah liat video itu, masuk akal sih emang,, dan pastinya juga butuh banyak tenaga manusia atau bisa dibantu juga pake tenaga binatang...
Berarti penduduk pulau easter itu kerja sama nya bagus lhoo...buktinya bareng2 mw nyeret batu segitu gedenya... Kl orang jaman sekarang mah pasti mikir berjuta2 kali..hehehe
(AnalisaQ geje)

Anonymous said...

Blognya mantab.
Artikelnya sangat menarik..

Ijin riques bung E,
post teori konspirasinya tolong di perbanyak. Terutama tentang perkumpulan iluminati.
Terima kasih, Salam damai...

abzalom said...

Betul sdh pernah saya nonton di NATGEO Chanel. Di situ juga mereka coba menjelaskan bagai mana orang mesir membangun piramida dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan tali juga. Akhirnya pada ujicoba yang di buat, batu seberat 3 ton dengan mudah dapat di angkat sampai setinggi sebah gedung lantai 3.

Luar biasa betul arsitektur jaman dulu. Pintar2.

Anonymous said...

hah ... bagi saya ini mengecewakan. pengennya sih yang ngangkat alien atau bigfoot atau apapun itu yang lebih 'expectable'
tapi sekali lagi peneliti menghancurkan harapan saya.
nice post kak E. sekarang jadi lebih sering nulis, yah .. keep in touch kak, jangan menghilang lagi, hehe

Anonymous said...

saya telah memendam pertanyaan ini selama bertahun-tahun.
jangan-jangan kak E itu sebenarnya L Lawliet? :o atau ... dulu kak E sebenarnya salah satu anak di Wammy's House? :o
hehehe just kidding kak :D

yureega said...

Bukan tidak mungkin ada kekuatan lain! Memang semuanya di bahas dengan logika dan saya memang percaya akan itu Bro E.

Tapi kan orang dulu lebih peka berteman dengan hal hal yang di anggap gaib. (Bukan yang terlihat mata)

Ada saja orang yang mengatakan bahwa bahwa patung2 itu di teleportasi dengan bantuan mahluk halus?? Memang itu diluar akal kita.

Apakah bro E percaya akan tindakan gaib ter hadap perilakunya akan membantu manusia ??

Atau apa menurut bung E, gaib itu tidak ada ??

Mohon d beri pencerahan.

Anonymous said...

To anonym 35/ Nara:
Emang sih aku jg penasarn siapa sbnar'y ban E.
Tiap kali ada komentr yg mengjukan prtanyaan "bang E siapa?" pasti bang E gak mau jawab...
Ya, mngkin lbih betah kalo identitas'y terus ditutupi.
Salam bwt bang E :>

Rioga Priyambada said...

Patung itu berjalan? Penduduk pulau memang mengagumkan. haha
sepertinya ada episode spongebob yang menaiki batu

shera aryo said...

Setelah melihat videonya, cuma bisa bilang,..
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
MANTAAAAAAAP,...

Anonymous said...

If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now....

Tsubasa Akiyama said...

Atau jangan-jangan kebanyakan orang zaman sekarang pola pikirnya justru lebih jadul dari orang zaman dulu ya? haha just saying

Anonymous said...

Present Oetomoe

Bang E, request misteri pulau sandy di google earth yang katanya pulau siluman di sebelah australia :-)

Anonymous said...

yes akhirnya oom enigma apdet lagi
tq atas updatenya

Anonymous said...

Iya,dr gaya penulisan dan penjabarannya jg beda

nais_inpo said...

Om e....

Gw liat patungnya kan jg ada tu yang di lereng lereng bukit... kyk nya ga mungkin deh teori itu bisa di pake buat mindahin nya ke lereng yg kemiringan nya lumayan itu.... pasti patung nya tumbang...
Setelah di cek lagi , kok gw ga nemuin tempat yg kata om banyak patung yg belum selesai di buat itu...
Kok para peneliti ga ada yg berpikiran kalo patung itu di bangun di t4 patung itu skrg berada ya? Kan bisa di bawa kesana bahan2 pembuatan patung nya...
Btw, tentang ini adalah teori paling memungkinkan, berapa persen om e setuju dengan teori ini? Hehe...

enigma said...

@nais inpo: kamu betul bro. Kalau patung itu dibuat dari abu vulkanik, seharusnya lebih mudah dibuat di lokasi pemasangan. Tapi karena di kawah ditemukan patung yang belum jadi, maka peneliti menyimpulkan kalau patung itu dibuat di kawah. Soal persentase, 25%.

Anonymous said...

kalau misalnya aku hidup di jaman dulu dan disuruh mindahin patungnya aku lebih memilih di bawa pakai grobak dari pada dibikin berjalan dengan cara seperti diatas, walaupun bentuk grobaknya cuma seperti papan besar yang dikasih banyak roda tapi yang penting bisa buat bawa beban sampai puluhan ton, kalau pakai grobak tinggal ditarik sambil ada yang dorong lebih gampang n cepet, kalau pakai cara diatas kayaknya bakal lama banget nyampainya, tapi yang pasti cara diatas sangat kreatif :)

abuqnan said...

Salam ......
Bbrp bulan yg lalu sy dpt kiriman video youtube dari temen saya ttg penampakan sosok malaikat atau makhluq lain di Masjid Nabawi Madinah ( Masjid kedua paling sakral setelah masjidil haram di Mekkah).
Jika berkenan, mohon bisa di teliti keaslian video ini:


http://www.youtube.com/watch?v=V9RnMHxyiWw&sns=em

Terima kasih.

Anonymous said...

aku lebih senang kalau anda tetap menjadi misteri bang, yang selalu ingin tau identitas enigma hanya abg ababil percayalah, aku tidak peduli Enigma itu siapa yang penting tulisan anda sangat bermanfaat dan menambah wawasan biar otak ente-ente pada nggak kayak orang PRIMITIFFF...!!! teruslah berkarya bro E...

"aku hanya orang bodoh yang ingin pintar" :)

RAIN said...

@anonymous 51 & 52 : sebaiknya tidak out of topic ya gan,ini bahasan tentang patung moai bukan bahasan tentang siapa penulis enigma. Tentang siapa penulis enigma,dan apakah ini bukan penulis yg dulu biarkan tetap jadi misteri seperti apa yg di inginkan penulis. Yg penting ilmu kita tetap masih bisa bertambah dgn tulisan2 enigma. Jika anda masih terus mencari siapa penulis enigma,maka anda masuk dlm lingkaran tanpa ujung. Sekian.

Anonymous said...

Meskipun teori pemindahan batu tsb dianggap sebagai teori yang paling kuat, tapi tetap saja jika kita tidak tahu asal-usul berdirinya batu tersebut, misteri belum terpecahkan dengan sempurna. Terkadang sehebat apapun pemikiran manusia tetap saja ada batasnya. Teori selalu saja dibenahi dan diperbaiki oleh generasi-generasi baru hingga mencapai titik sempurna, padahal sekuat dan sehebat apapun kita menggapai kesempurnaan, pada akhirnya kita tidak akan bisa, sebab kita dipenuhi dengan kekurangan.

Anonymous said...

beratnya di atas 10 ton,dengan pahatan perut busung dan kaki yg melengkung,dan digerakan dengan tarikan tali,masyarakat super jenius asli pulau paskah cukup aneh bila tidak mendokumentasikan teknologi mereka utk pengetahuan generasi setelah mereka,juga ada sisa pahatan yg tak terselesaikan.menurut saya sejarah dunia memiliki pola yg hampir sama yaitu "ironis"
karena mereka mendapatkan cara/kreatifitas utk kepercayaan mereka,yg bahkan sudah dilakukan,semuanya itu tidak dpt menyelamatkan kelangsungan koloni mereka.jd mau dibilang jenius juga tidak,dibilang tidak pintar tp mereka berhasil akan hal yg sepertinya tidak mgkn ada/terjadi pada masa nya.
saya merasa saat itu ada seorang pintar (bisa raja/kepala suku) yg memberikan ide brilian dan memperdaya seluruh rakyat dengan mgkn cerita mistis,sehingga semua rakyatnya melakukan apa yg dia perintahkan dengan berpeluh membuat patung moai sampai mengelilingi pulau. motivasinya belum jelas,bisa saja utk menakuti bangsa lain yg hendak mendekati pulau

teori paling konyol sekalipun bisa masuk akal,jika dipikirkan secara pintar
"...Suri Tuki, salah seorang pemandu wisata di pulau tersebut, menjawab dengan ringan,"Patung itu berjalan."

ty masbro enigma

myheart1978 said...

klo enigma menampakan dirinya sendiri ... maka dia bukan enigma lagi, dan anda akan kehilangan enigma utk selama2nya ... sebab dia tdk mungkin menyangkal namanya sendiri :-)

Anonymous said...

kok orang jaman dulu lebih pintar ya daripada jaman sekarang? :)

Anonymous said...

klo trus trang kan bgs,drpd bo'ong,siapapun penulis blog ini skrg hrsnya jgn numpang nama enigma saja,ksh tau dong siapa kamu sbnarnya,jgn tipu peminat setia bang enigma trmasuk saya.

Anonymous said...

tulisannya gak mutu,gak seperti tulisan bang enigma yg dulu,dasar PENIPU

kritis said...

saya juga agak sangsi apakah penulis blog ini benar2 bang E yg dulu

Manos said...

This is manos speaking.
Yang postingan ini gaya mr.e. Yang kadal mars kemarin bukan gaya bang.e. tapi cara berpikir yang menjiwai tulisannya sama. dan jiwa tulisan tidak bisa menipu. Dan manos juga yakin kalau anonymous 66 dan 67 adl ABG alay yang suka berfantasi menjadi benjamin gates. hati-hati, bisa jadi gila nanti.
Manos out..

anonymus said...

bro Enigma,
mungkin ini teori konyol saya, tapi kalau memang "Patung-patung itu dibuat dari abu vulkanik yang telah dikompres sedemikian rupa dari sebuah kawah yang disebut Rano Raraku."

kenapa tidak bahan baku nya saja yang diangkut ke tempat yang ingin dibangun patung, jadi tidak perlu berat2 bawa patung yg sudah jadi kan ?

Anonymous said...

@manos: kalau u pembaca yg teliti,coba u bandingkan tulisan mr e yg dulu dgn yg skrng kan beda,dr gaya bahasa dan cara memecahkan suatu misteri jg beda..

Manos said...

@anonymous 72: Ini manos lagi. Nope, manos tetap menganggap kalian anak alay yang sherlock wannabe. kalau manos tanya kalian cara analisa apa yang berbeda, pasti kalian gelagapan. tipikal penganut teori konspirasi. cuma pengen kehebohan.
manos out..

Anonymous said...

kemana aja bung enigma<><><><>kita rinduuu sekali akan bahasan2 dari anda,.,.,.,thk telah muncul kembali,

RAIN said...

@ anonymous 66,67,72 : Selain cara penulisan dan analisa yg anda anggap beda dari yg dulu,
Apa sih yg anda ketahui tentang bro E?
Saya tunggu jawaban anda.

Anonymous said...

Dulu tulisan Enigma membuat kagum para pembaca yang membaca tulisannya termasuk saya. Namun sekarang saya pikir ada yang berubah dari tulisannya, meski saya yakin ini adalah Enigma, tapi jika tulisannya berbeda maka bukanlah Enigma. Kadang kejujuran dalam hati tak bisa dibohongi, karena itulah saya sedang berkata jujur. Saya hanya berharap takkan kehilangan Enigma dan juga tulisannya, dan setiap penggemar tulisan Enigma juga mengharapkan hal itu...... "Kami Tak Ingin Kehilangan Pahlawan Dalam Hati Kami".

Anonymous said...

Bang enigma tolong bahas tentang misteri mole people yang ditemukan NASA dong. Katanya mereka hidup dibawah tanah gitu... Mohon dicari tahu yang bang E. Terimakasih

Silva said...

@Anonymous 67: Get off. kamu ngotorin blog ini. logika tempe seperti itu nggak usah banyak ribut. orang yang kenal dengan identitas enigma itu si Lica Lawliet. dia saja nggak bilang palsu. Makanya kalau mau sok jd detektif, ngaca dulu.

Anonymous said...

Kok penjelasannya pendek, padahal kalau panjang seru!!
Hehe... :]

Anonymous said...

@Enigma :
Saya punya tulisan, dan saya ingin bang Enigma memostingnya di blog anda, dan saya mungkin akan mengirimnya lewat email.... Kira-kira boleh tidak?
Dengan begitu pembaca Enigma tidak hanya membaca saja, tapi mengirim bacaan untuk Enigma. Mungkin bukan hanya saya pribadi yang menginginkan hal itu pembaca yang lainnya mungkin juga ada...
Thanks ditunggu ya jawabannya :)

Nash said...

Hahahahahaha... bener deh ngakak. sudahlah guys, jangan ribut lagi soal keaslian enigma. baca saja tulisannya. Kalau ada yang anggap nggak mutu, nggak usah kunjungi lagi blog ini. Kalau ada yang anggap enigma sudah mati, nggak usah kunjungi lagi blog ini. Kalau ada yang merasa tulisannya berubah dan jadi nggak suka, nggak usah kunjungi blog ini lagi. Tidak perlu caper-caper. simpel saja.
saya pribadi kenal dengan enigma, saya tahu identitasnya, dia temen baik saya. cuma saya tau, pembaca-pembaca enigma itu kebanyakan hidupnya ngayal. hahahahahaha
besok kalau ketemu enigma, bakalan ngakak bareng nih. ~~++

Anonymous said...

@Nash
Wkwkwk lucu dech jadi suka ama gya tulisannya abang bner tuh "caper"...
Hehe...
Bang Nash bolh q minta almat fb'y?
~novi~

Anonymous said...

@manos/rain/silva: aku ga mksud ngotorin blog ini,cuma heran aja sama penulisnya,ga mungkin baru bbrapa bulan bang enigma menghilang lalu muncul lagi dgn cara penulisan yg beda dr yg dulu,maksudku tulisannya sperti penulis yg baru/amatiran,jd alangkah baiknya penulis blog enigma yg skrg kasih tau ke kita2 jati dirinya,perlu kalian ketahui aku jg peminat bang enigma,mungkin duluan aku drpd kalian yg singgah di blog ini,sebab pertama kali blog ini publish aku udh mampir

Anonymous said...

@nash: saya kan cm mau fakta,apakah blog ini skrg penulisnya bnar2 bang enigma,klo benar kok tulisannya kayak tulisan orang blo'on/amatiran?

Anonymous said...

Buat yg merasa teman/teman dekat mr enigma,tlg kasih tau dgn sejujur2nya siapa di balik blog enigma skrg,trus trang tulisan yg ada di blog ini jd gak mutu atau mr enigma skrg udh berubah jadi otak tempe ??

Nash said...

@Anonymous 83, 84: Keliataan bloonnya ente. Gara-gara pertama kali publish blog ente mampir terus blg yg paling kenal sama enigma?
Di IMFo paling tidak ada 3 orang yang tahu identitas enigma dan mereka tidak komplain spt ente. sudahlah bro. bener kata Silva, ente mengotori blog ini. Btw, kalau mmg enigma menulis spt orng bloon, coba ente sebutkan blog ente. saya pengn bandingkan dgn blog ini. apakah ente memang lebih cerdas dr enigma. kalau nggak ada, diem saja dan tdk usah ngerecokin orang yang pengen baca komentar soal tulisan.

Anonymous said...

@Nash
Coba abang bc yg anonymous 82, kok sy nanya baek2 malah disbut bloon?
~novi~

Anonymous said...

@lica lawliet
Kok alamat fb'y gak d simpen d profil, pdhal q suka ma blog kamu?
hehe... Cuman pngn lebih dket aja...
:)

Nash said...

@novi: abang tidak punya fb dek.. hehe

Oiya, satu lagi yang nggak diketahui orang dari enigma. satu tahun lebih ini enigma masih menulis kok. tapi di media lain dan menulis soal politik.
there... jadi tahu skrg. kalau ada gaya menulis yang beda, itu biasa. maklum, kebiasaan.

@ABG Caper: masih merasa yang paling kenal dengan enigma?

@enigma: sebaiknya dibuang saja komen si ABG Caper bro. dia cuma org yang pengen liat kontroversi. ngotorin blog bro saja.

enigma said...

@anonymous 2:56PM: ini bukan blog detektif bro.

@Novi: sudah saya edit komennya Nash. Karena ada komentar yang belum diapprove, urutannya anonymous yang dimaksudnya jadi salah.

@Nash: Haha. Padahal saya menikmati komen-komennya. Tidak apa bro. Tidak perlu dibuang. :)))

Anonymous said...

@Nash
Hehe...,
Kirain abang punya, kalau twitt'y ...???
O iya emang nama blog tntg politik'y apa?
Kok novi baru tau ya? Bleh minta linknya?
Boleh ya bang...
hehehe... :)

Anonymous said...

Waw telat deh...

Rencana misteri apa lagi yang akan anda buat lagi?

Molotoft said...

Wkwkwk
Jadi, selain baca tulisan om ë, juga bisa nikmatin komen2 yg seru nih

Ga masalah sih siapa yang nulis, org dari dulu suka misteri, mau siapa aja yg nulis ya tetep aja suka bacanya.

Yg jls kita pernah kita pernah ''galau'' krn ga bisa baca artikel di blog ini. Jgn sampai itu terulang.

Manos said...

This is manos speaking.
Finally, our mystery man show up.
Nash, hari ini manos deklarasikan kamu sbg saudara manos! Mungkin manos bisa korek-korek identitas mr.e dr kamu.
Utk ABG caper, skrg manos yakin, kamu memang cuma caper spt kata nash. Manos setuju kamu menyingkir dari blog ini spy blog ini bersih.
Manos out.

Anonymous said...

@ molotoft

Anda pembaca baru atau sudah lama ya?

Nash said...

@Novi: yup, bro e bener. Abang salah urutan. Maklum, awam.

@enigma: thanks bro.e. Kapan-kapan kita ketemu ya.

Nash said...

@ABG Caper: saya sudah ikutin blog enigma dari awal berdirinya sewaktu enigma cuma posting video penyihir Meksiko. Kamu sejak kapan?
Nggak usah sok kenal deh.

Anonymous said...

Thinkerboy said
@enigma: anda orang yang sabar dan terima apapun yang keluar dari mulut pembaca. Padahal postingan anda bagus panjang pendek itu hak anda, beda atau sama juga hak anda, anda juga tidak pernah copas. Kebanyakan orang seperti itu ya mengejek hasil karya orang yang susah payah buat tapi diragukan. @nash saya setuju dengan kamu dengan anonymous yang tidak jelas dan sok pintar diatas.

Anonymous said...

@ nash: kamu komen anonym 5.22 pm diatas atau siapa?

Anonymous said...

sory bro,menurut gue anonymous yg kalian sebut abg caper kemungkinan besar adalah peminat blog enigma yg fanatik,mungkin dia lebih peduli dgn blog ini drpd kalian,mungkin dia lebih teliti dlm membaca tulisan di blog ini drpd kalian,so wajar saja apabila ada sedikit saja perbedaan tulisan dr bro enigma yg dulu dgn skrg bisa bikin curiga anonymous yg tadi,jd timbul pertanyaan dlm benaknya apakah penulis blog ini yg skrg memang mr.e atau org lain yg ngaku-ngaku sbg enigma.maaf bukan maksud gue belain si anonymous yg tadi

Anonymous said...

@hehe... Ga apa2 bang, nama abang siapa sy jd pngen tau?
Gak tau knp tari td bwaan'y pngen lbih dkt sm abang aja...
Hehe..
~novi~

Anonymous said...

@hehe... Ga apa2 bang, nama abang siapa sy jd pngen tau?
Gak tau knp tari td bwaan'y pngen lbih dkt sm abang aja...
Hehe..
~novi~

Anonymous said...

Meskipun Enigma menikmati ketika ada beberapa komentar yang mengajukan pertanyaan mengenai jati dirinya, kami hanya selalu berpikir bahwa ini adalah sebuah teriakan yang keras untuk seorang tokoh yang kami dibanggakan. Enigma adalah orang yang baik ia juga tidak pelit ketika berbagi pengetahuan, ini membuktikan bahwa suatu saat nanti Enigma akan menampakan dirinya, karena tidak tega melihat kami terus bertiak.
Biarlah waktu yang menjawab misteri itu.

Anonymous said...

Meskipun Enigma menikmati ketika ada beberapa komentar yang mengajukan pertanyaan mengenai jati dirinya, kami hanya selalu berpikir bahwa ini adalah sebuah teriakan yang keras untuk seorang tokoh yang kami dibanggakan. Enigma adalah orang yang baik ia juga tidak pelit ketika berbagi pengetahuan, ini membuktikan bahwa suatu saat nanti Enigma akan menampakan dirinya, karena tidak tega melihat kami terus bertiak.
Biarlah waktu yang menjawab misteri itu.

Anonymous said...

Thinkerboy said

Kenapa percakapannya makin ngelantur ya?

@ novi: @hehe?

Sumpah bingung

Nash said...

@anonymous 101: Dia lebih teliti? teliti apanya? Kalau sdh nyebut enigma otak tempe, bloon dll, itu jelas bukan teliti. tapi caper.
dia bilang "Buat yg merasa teman/teman dekat mr enigma,tlg kasih tau dgn sejujur2nya siapa di balik blog enigma skrg,".. Nah, saya sudah bilang kalau saya temannya enigma. Saya sudah bilang ini enigma yang nulis... menurut kamu apakah ABG caper akan bisa terima? Pastinya nggak.. model gini mah mestinya jedot2in kepala ke tembok saja.

Molotoft said...

@ aninomus 96

saya pembaca lama sekali
bisa di lihat komeng2 saya di artikel2 lainya


:)

by molotoft

Anonymous said...

cari perhatian tuh,penyakitnya indonesia..

sudah tungguin aja lanjutannya bangE, mmang lagi jarang ada misteri nih ,kecuali misteri eyang sub*ur

RAIN said...

Hai para detektif,mana jawaban yg saya tunggu? Saya pernah bertanya "selain dari segi tulisan yg anda nilai berbeda dari dulu,apa BUKTI NYATA yg bisa anda kemukakan kalo blog ini telah 'beralih tangan' dan yg menulis bukan bro E yg dulu?" Jangan berdasarkan 'kata hati saya' dong,itu bukan jawaban. Anda bilang 'kami tidak ingin kehilangan pahlawan kami',skrg saya tanya,ada ga sih pahlawan tanpa nama? Bukankah banyak? Ini blog misteri bukan blog untuk curhat isi hati gan. Silakan dijawab para detektif yg 'hanya ingin tau' identitas bro E. You will meet me in this topic.

Lica Lawliet said...

@ABG : halo saya kenal baik sama bro e, dan semua artikel di blog ini murni tulisan bro e.. :3

btw, buat apa sih kenal orgnya segala? biar klo ketemu dijalan bs fto bareng gitu? :P

Anonymous said...

saya setuju sama anonymous 7.09,emang tulisan di blog ini sekarang udah beda dari tulisan yg kemarin2,baik dari segi isi,pemaparan,analisa dsb

Agla said...

Dear Bung-E, aku udah beli buku ENIGMA, bukunya sangat bagus, sayang tidak semua yang ada diblok juga dimuat dalam buku. Aku ada pertanyaan bung-E. Diakhir halaman prakata ada huruf-huruf yang sepertinya merupakan sebuah teka-teki, benar g? klo iya artinya apa bung-E?

Anonymous said...

yg trlhat dr fto cwok,mtanya agk spit.
Kshan tmen-tmen kmu tuh
brilah pnjlsan agr mrka tk mmprsoalkn tntang u lg

skdar saran

RAIN Skywalkers said...

@anonymous 7.50 AM
Kalo tulisan,analisa dsbnya anda bilang lain,apa itu tanda pasti kalo penulisnya ga sama lagi?

Anonymous said...

@rain: iya pasti dong,atau barangkali bang e udh kehilangan ciri khas/jati diri sbg penulis yg baik/profesional ???

Anonymous said...

To RAIN
Dan kamu jangan menghakimi orang lain seenaknya, saya disini tidak sedang menunggu tanggapan kamu, saya juga tidak butuh tanggapan kamu. Kenapa malah kamu seolah-olah yang punya urusan, saya sama sekali tidak punya urusan dengan kamu. Pada komentar saya tidak memojokan enigma, saya hanya membanggakannya... apa itu salah? Apa salah jika saya bertanya kepada enigma?
Kamu mungkin orangnya sudah pintar jadi tidak perlu bertanya...

Anonymous said...

Thinkerboy said

@anonymous 11:03
Kenapa anda bisa bicara seperti itu? Memangnya baru hengkang 2 tahun lalu muncul lagi ia kehilangan keprofesionalanya?.
Saya rasa tidak.
Mungkin beliau hanya mencoba sesuatu yang lebih baru. Kalau menurut anda tidak bagus, tidak usah frontal.

RAIN Skywalkers said...

@anonymous 10.12 AM :
Ingin tau identitas bro E? Bersiaplah masuk dlm lingkaran tanpa ujung. Berharaplah sekuat anda.

@anonymous 11.03 AM :
Anda mengklaim "pasti",lalu dikata berikutnya anda bilang "atau barangkali". Terus yg mau anda kemukakan yg mana? Belajarlah untuk tidak terjebak dari kata2 anda sendiri,baru berdebat gan. :))
Lagian kalo saya tanya apa bukti yg bisa anda kemukakan kalo si penulis bukan bro E asli selain dari tulisan dan analisanya,saya pastikan anda tidak akan bisa menjawab. :))

Silva said...

Ngakak. ABG Caper minta temen bang.e kasih tahu. Lica Lawliet maju. Lalu jadi ragu. Lalu.... sudah, ikutin kata Nash saja. Jedot-jedotin saja tuh kepala di tembok.
Sudah keliatan ababilnya. Orang ganti gaya nulis saja dibilang pasti bukan orang yang sama.
detektif ababil.
Males sudah nanggapin ABG ababil,.

Persephone said...

Hei hei jangan bertengkar lah -_-

Yang terpenting adalah artikel yang ada di blog ini, bukan siapa yang nulis.

Sepertinya tidaklah penting untuk mengetahui siapa penulis-nya atau apakah blog ini sudah berpindah tangan atau belum.

Soal gaya bahasa, saya rasa gaya bahasa yang "berubah" tidak berarti orang-nya berubah juga.

Contoh nih, saya dulu suka nulis pakai huruf besar di tiap kata. Terus setelah tanda titik atau koma, saya gak pernah pake spasi.

Namun sekarang? Setelah dibenerin sama temen saya, ya gini nih tulisanku sekarang. Sudah tidak seperti dulu lagi.

Kita takkan pernah tau siapa wujud asli Enigma sebenarnya. Namun setidaknya beliau masih bisa menyempatkan dirinya untuk "menghidupkan" kembali blog ini setelah hampir satu tahun blog ini mati :D

Damai saja kawan2, kita kan sama sama penggemar blog ini, jadi ya kita harus saling menghargai. Selain itu, kalau kita bisa saling menjaga perasaan, pasti om Enigma juga senang :)

Malah nanti kalau kita berprasangka buruk sama beliau, entar beliau marah malah kita ditinggal lagi lho :(

Jujur saya masih percaya kalau ini adalah Enigma yang asli!

Anonymous said...

Saya juga yakin ini enigma, tp kalau boleh saya jujur tulisannya agak berbeda.

Anonymous said...

Tapi kalau orangnya nyebelin tetep aja bikin darah tinggi.
Dia mempermasalahkan banget hal sekecil upil.
Haloooo... Itu cuma gaya penulisan doang!
Dasar ABG caper+otak ceper!

Anonymous said...

@anonim 11.03 : tulisan yg profesional itu yg kyk gimana ya?

Anonymous said...

jd kesimpulannya teman2 yg komen pada ngaku semua bahwa gaya tulisan di blog ini telah berubah,sama seperti yg saya utarakan pertama kali,iya kan?wajar bukan timbul di benak saya ada apa yg terjadi di blog ini atau barangkali mr enigma udah nyerahin blog ini pada org lain yg dia percaya untuk mengelolanya? dr: yg kalian sebut abg caper

Anonymous said...

@anonymous 3:38: coba u bandingkan isi tulisan bang enigma yg dulu dgn yg ada skrg,klo u membaca dgn tidak asal membaca pasti terasa beda.

Rusdi said...

Kalau saya sih, baca isi blognya. Bukan liat siapa yang nulis. saya setuju kalau yg merasa tidak hepi tidak perlu mengunjungi blog ini lagi. Dari awal enigma jg sptnya tdk terbeban utk menahan pembacanya. Jadi simpel sajalah. Kalau ada yg merasa enigma sdh jadi bloon, tdk usah kunjungi lagi blog ini. Krn kalau anda msh meributkannya, anda jg bloon namanya. Kalau saya hepi2 saja. Yg penting isi blognya bermanfaat. Soal gaya tulisan, itu kacang bagi saya. Mau ditulis dgn gaya alay pun, asalkan bermanfaat, saya pasti baca. Jd, sebaiknya keributan tdk bermanfaat ini disudahi saja.

Anonymous said...

@rusdi: jd yg komen di blog ini kamu bilang bloon semua ???

Anonymous said...

Ryw berkata.....

Sudah sudah... Mendingan komen tentang patungnya aja..
Dari pada emosi GJ..

Anonymous said...

Kalau saya baca tulisannya ingin melihat siapa penulisnya. Coz sy menghargai enigma tidak hanya ingin memanfaatkan tulisannya saja, krna sy ingin menghargai smua'y yg ada pd enigma.
By: Mai

Anonymous said...

Kalo novi yakin ni pasti yg nulis'y abang enigma, ya mskipun ada sdikit yg berbeda dr tulisannya jd gak greget, tp bg novi gk jd masalh, mungkin krn abang enigma kurang semangat aja nulisan gak bs enjoy itu bs diliat dr jam abang enigma ngepulish tulisannya jd kurng istirahat+ngantuk............. Hehehe..... :)
Huh smpet sedih krn ada yg bilang abang enigma "bloon".
Semangat abang enigma!!! :o
~novi~

Anonymous said...

Thinkerboy said

Memang benar ada gaya penulisan yang berbeda dari saudara enigma. Tapi, bukan berarti anda(anonim yang disebut caper) berspekulasi penulis blog ini orang yang berbeda. Bukan hanya anda saja yang detail membaca setiap artikel enigma.. Banyak orang juga, contoh lica lawliet, inoshi (masternya analisis), dan Myheart2105. Mereka pembaca lama dan santai-santai saja. Jadi jangan terlalu " kritis" saat ada perbedaan seupil. Camkan!

Anonymous said...

bung e saya mau tnya ,,butuh waktu brpa hari atau jam kah anda meneliti setiap postingan ini sampai detail??
salam hangat
pembca setia ENIGMA

dhanoe penggemar misteri said...

Bro enigma , pertemuan dengan Thunderbird Dekat Selatan Greensburg, Pennsylvania Benar atau hanya hoax ?

enigma said...

@Thinkerboy: Orang yang marah karena dihina itu menunjukkan kalau dia "insecure". Saya tidak mengalami masalah dengan itu.

@Agla: kalau semua dimasukkan, nanti akan jadi buku yang sangat mahal. Soal teka-teki, tidak menarik jadinya kalau saya kasih tahu :))

@Satrio: silahkan.

@Anonymnous 136: Meneliti? yang lama itu justru merapikan tulisannya di format blogger yang tidak user friendly :))

@dhanoe: tanpa foto, tidak bisa diverifikasi. Kalau seekor burung sedang terbang, estimasi kita terhadap ukuran burung tersebut akan menjadi kurang akurat.

dhanoe penggemar misteri said...

tapi saya ada link nya ini coba anda klik link nya.

nanti akan ada foto nya kok , duniacryptozoology.blogspot.com/2010/10/pertemuan-dengan-thunderbird-dekat.html?m=1

Age Setiyanto said...

saya agak bingung dengan kata "anymous xxx". aplagi gk da keterangan nama. apa gak ad solusi biar komen2 ny enak dibaca. biar urutan ny jelas gtu bung e..

mr.g

Anonymous said...

Thinkerboy said

Yang anda katakan kemungkinan patung digerakkan 75%
Dan yang 25% untuk kemungkinan bahannya dibawa ke tempat patung itu berada atau sebaliknya?
(Saya baca disalah satu komentar)

enigma said...

@thinkerboy: maksud saya adalah kemungkinan penduduk Moai memang memindahkan patung dengan membuatnya berjalan adalah 25%. Kemungkinannya masih kecil karena ada banyak faktor lain yang belum diperhitungkan.

enigma said...

@age: memang kalau komen dengan anonymous jadinya begitu. Membingungkan. Sebaiknya pembaca berkomentar dengan memberi nama :))

Anonymous said...

Thinkerboy said

Berarti kemungkinan penduduk pulau Moai menggunakan alat pembantu lebih besar daripada menggerakkannya dengan sihir atau mantra atau sejenisnya.
Sayang andai saya bisa kesana melihat sendiri bagaimana keadaan bentuk pulau tersebut. Apakah termasuk berbukit,rendah,tinggi,basah,dll. Apa sama sekali tidak ada ditemukan bukti apapun seperti tali,rantai,kawat,jejak,dan sejenisnya?. Kalu tidak berarti sangat sulit memecahkan misteri ini. Saya akan mencari berbagai sumber, siapa tahu saya bisa membantu anda. Thinkerboy out

Penghuni 60 said...

wah, tdk pernah terpikirkan olehku sob memakai trik seperti itu utk membuat patung berjalan... hebat..!

Molotoft said...

Wah lagi bahas komeng saya yg di atas ni.

Wkwkwk

Maksud om ë, om ë setuju dengan teori ini bahwa patung di pindahkan dengan cara diatas adalah 25% berarti 75% nya ga setuju. Bener kan...?

Anonymous said...

Thinkerboy said

@molotoft: maklum saya sangat mengantuk membacanya waktu itu jadi tidak bisa konsentrasi.
Hahaha. :))

androidfreak said...

[REQ]Bahas ttg pesawat China Airline yang dikabarkan menabrak UFO

Anonymous said...

merinding baca beberapa postingan terakhir di blog ini. saya sendiri baru buka blog ini sejak sebulan terakhir...

pastinya, keren dan informatif serta banyak komentar :)

- Rizky blogspot

danial asfana said...

Ada yg yakin 100% masih Enigma dan ada yg berkurang keyakinannya,... Kereen,.. Dan kedua belah pihak dari tulisannya tidak terlihat terinspirasi tulisan Enigma (meski ngakunya temen deket atau penggemar setia) atau jangan" ini sebuah 'konspirasi' juga -aw

Anonymous said...

Ryw berkata...

@danial asfana: maksud konspirasi?

afrianto RJ said...

saya yakin kalo ada yang mau biayain ekspedisi bro enigma ke pulau paskah, terpecahkan deh mistery Moai itu, para arkeolog berpikir berdasarkan teori2 yang mereka pelajari di buku dan itu terbatas, awam berpikir dengan sejuta kemungkinan, sampai yang paling konyol sekalipun.... hehehe

Anonymous said...

isi tulisannya sangat amat sederhana,tidak setaraf dgn penulis sekelas enigma ??

Anonymous said...

bang E jadi inget peristiwa baru2 ini di wilayah kabupaten kediri jatim, yg diberitakan di internet tentang pohon besar dipekuburan yg roboh tapi bangkit sendiri lagi...coba kalo ada waktu bang E selidiki

Anonymous said...

Thinkerboy said

Saya tidak yakin kalau nama anda benar-benar enigma.
Karena enigma artinya tekai-teki(orangnya juga teka-teki).
Ah... Tapi saya tidak peduli mugkin bisa saja kebetulan atau memang dibuat sedemikian rupa. Atau maksudnya blog misteri enigma itu blog "misteri yang masih teka-teki"
Tenang itu opini kok.. Tidak bermaksud apa-apa.. Saya tetap mengagumi blog yang anda buat.
. Siapa pun anda. Sahabat enigma jangan marah ya. O:)

eman doren said...

saya selalu mengikuti dan membaca blog bung e. walau saya tidak pernah berkoment. saya turut larut dalam misteri hilangnya bung e, dan mengikuti perkembangan tulisannya setelah kemunculannya kembali. memang ada perbedaan cara menulis bung e, namun uraiannya masih tajam dan akurat. bagaimana kalau bung e kembali ke gaya menulis yang dulu. membaca tulisan yang sekarang, seperti minum air tapi dahaga tak terpuaskan. salam

enigma said...

@eman doren: Yang penting itu gaya menulis atau isi tulisannya bro?

Anonymous said...

Thinkerboy said

Bung E, Myheart2105 dan inoshi kenapa tidak muncul lagi ya? Analisis mereka bagus. (Walaupun yang lebih serius inoshi)

Nash said...

Wkwkw. Jangan berdebat dgn enigma. Satu tahun belakangan ini dia kerjanya cuma berdebat.

myeyes0125 said...

hahaha..
lucu-lucu komennya.

bagi saya, berubah atau tidak bukanlah masalah. yang penting "isi"-nya tetap bermutu buat saya.
lanjut bro E!!!!

shera aryo said...

Yah, itulah Indonesia.
Kalo disuruh komentar emang jago banget, :)
Contohnya di bidang olahraga Sepak bola.
Banyak banget komentator bola yang fasih ngomentarin si CR7, Rooney, dsb. Tp bagaimana dengan Timnas kita? You all knew it :)
The point is, saya tetap kagum dengan postingan Mr.E yang selalu membuka wawasan saya tentang dunia misteri, dan membuat saya tampak semakin bodoh karena (ternyata) banyak hal yag belum saya ketahui.
Last but not least, just be a wise reader.
Karena kalian yg berkomentar miring soal Mr.E, belum tentu punya ide brilian n' belum tentu bisa posting Anti CoPas seperti beliau.

Bravo Mr.E

Lica Lawliet said...

@novi : sy baru baca komen kamu, fb sy ada di komen blog sy koq.. tp sy lupa dmn hahaaha :D

Anonymous said...

@lica lawliet
Padahal link'y kirimin aja d komen ini, kan kalo nyari di komen'y blog km kan
bnyak gak tau tulisannya yg mana? ... :(
Oh iya kok km jrg update skrg?
~novi~

RAIN Skywalkers said...

@myeyes0125 : sepertinya tidak asing dgn 'my' dan angka dibelakangnya wkwk :))

Setuju. Bagi saya "Isi" sebenarnya sudah bisa meredam kehebohan. :)

Hantu-Nasionalis said...

Jelas tidak akan terpikir dan kebayang lah ama orang jaman sekarang yang lebih cenderung individualis :D

Orang jaman dulu tuh kan apa apa harus gotong royong...

Masuk akal untuk membuat patung berjalan dengan tali tersebut. Tidak masalah dengan beratnya, semua bisa terlampaui bila seluruh kampung ikutan narik :D Ulasan Toooppppp Bung!!

Natil said...

@Anonimous 108. Mungkin bukannya ga ada, tapi belum aja.

myeyes0125 said...

@RAIN Skywalkers

yupe.. saya "my" yang dulu. salam kenal.

RAIN Skywalkers said...

@myeyes0125 : Salam kenal juga bro.
RAIN is evolution from Blue Eyes,if you still remember 2-3 years ago. :))

Anonymous said...

@myeyes0125: O jadi ternyata kamu Myheart2105 ya.... Kenapa ganti nama? Kirain cuma ada yang ngikutin kamu karena nick name- mu unik.
This is eakkachainchavet comment

informasi berita online said...

wah postingan bung e memang mantap...tapi misteri biarlah misteri kalo ngeliat videonya ga ada lagi misteri di patung moai itu :)

Misterious J said...

Berpikir di luar kotak?
Saya rasa tidak.
setiap masa memiliki caranya sendiri. Dan cara itu berkembang seiring perkembangan masyarakat (kebudayaan) dan musnah seiring musnahnya masyarakat itu sendiri.

Caba bayangkan masa yang akan datang, saat/jika alat anti-grafitasi ditemukan. Tentu masyarakat di masa itu akan menganggap masyarakat di masa sekarang sangat hebat mampu membuat berbagai macam bangunan megah tanpa bantuan alat anti grafitasi.

charles said...

buset tadinya ane kirain beneran jalan sendiri gak taunya pake tali.
Tapi memang unik sih jaman dulu ada aja akalnya^^

Sang Pangeran said...

Hmm, saya menanggapi tulisannya saja.
Trims sudah berbagi info ini, bung E.

Ya, sepertinya ini tidak bisa dikatakan teori yg plg benar, karena sulit menjelaskan untuk patung yg berada di lereng bukit, ataupun yg bobotnya lebih berat lg.

But, hey. Mengapa harus fokus pd satu teori saja? Bukankah bisa saja penduduk pulau paskah itu menggunakan cara yg berbeda2 utk mengangkut patung atau batu bahan pembuatnya?

Kalau saya malah berpikir, sepertinya mereka lebih cenderung membawa bahan bakunya ke tempat tujuan dan dipahat di sana. Ini lebih simpel drpd memindahkan patung yg sudah jadi.

Untuk membawanya kemungkinan mereka menggelindingkannya, atau dgn bantuan tuas/pengungkit dari kayu yg kuat. Bentuk batu bahan bakunya mungkin seperti atau mirip tabung/silinder, sehingga lebih mudah digelindingkan dan atau diungkit.

Sang Pangeran said...

Hmm, apakah patung yg sudah jadi lebih berat drpd bahan bakunya?
Kecuali jika kamu pikir patung itu dirakit dari beberapa bagian dan bukan dipahat seutuhnya, but I don't think so.
Justru setelah dipahat, patung yg sudah jadi lebih ringan drpd batu bahan bakunya, karena tentu ada bagian yg dibuang.

Menanam Duit said...

"Kemalasan intelektual oleh banyak penulis best seller". Sebenarnya bukan kemalasan, mereka dengan keintelektualan ingin membentuk suatu opini di masyarakat yang mengarahkan mindset kepada klenik (spiritualitas).

Mengapa mereka melakukannya dan untuk apa ? jawabannya panjang bung E, tapi singkatnya begini. Mereka adalah orang-orang yang mengabdikan kehidupannya untuk menjadikan kebanyakan manusia di muka bumi menganut paham spiritualitas. Dari sini akan terjadi kebodohan massal masyarakat goyim (non yahudi), dan mereka akan mudah menjdi penguasa. Mereka dibantu kekuatan spiritual itu untuk melakukannya, alias mereka mengabdi kepada syaitan.

Bagaimana klenik (kecerdasan spiritual) menjadikan manusia bodoh ? Ini juga panjang penjelasannya, tapi singkatnya di Qur'an disebutkan "Kebanyakan Jin dan Manusia memiliki hati tapi tidak dipergunakan untuk memahami". Kemudian masalah mata batin (wahyu syaitan). "Di atas hati mereka ada tutupan, lalu ditambah tutupan itu ....".

Apakah itu mata batin ? Sigmund Freud mengklaisifiksi jiwa/nafs/kesadaran manusia menjadi id (hati/kalbu), Super-ego (shudur, dada), dan ego (simpul pikiran manusia, Keinginan). Super-ego itulah mata batin, bagi mereka yang beriman namanya was-was, karena tidak ada kekuasaan syaitan itu terhadap orang yang beriman lagi tawakkal.

Mereka yang melakukan dakwah ini dipimpin oleh para filosof yang mengerti hakekat kehidupan. Mereka mengkaji Taurat, injil, dan Qur'an.

Menanam Duit said...

Apa itu kecerdasan spiritual ? jawabannya panjang juga, singkatnya keyakinan menyimpang manusia dalam memaknai agama secara otomatis membuka segel ilahiah di shudur (dada) manusia sehingga syaitan bebas mewahyukan dan mengendalikan mereka. Silahkan bung E, mencari informasi mengenai mind scanning dan mind controlling.

Proses pewahyuan syaitan inilah yang disebut oleh kebanyakan orang sebagai manunggaling wujud (kawulo gusti), syirk (persekutuan), dan yang termutakhir adalah kecerdasan spiritual.

Kecerdasan itu dissampaikan dengan memanipulai pikiran (persepsi) manusia sehingga bagi mereka yang tidak krits akan mudah diperdaya dalam doktrin-doktrin keagamaan yang sebenarnya mudah untuk diferifikasi dengan logika.

Faried said...

Sangat salut dengan isi blog ini.... hebat... SAIYA SANGAT SUKA DENGAN CARA BERPIKIR YANG LOGIS..

Adhi Prakosa said...

ada sumber gmbr katanya patung ini badannya terbenam sampe ke tanah, jd tdk bisa dgn teori seperti di atas cek link nya https://www.facebook.com/photo.php?fbid=477189925710559&set=a.128465520583003.24998.122675684495320&type=1&theater

Lea said...

Masalahnya, sebagian Moai, atau patung kepala easter island itu ditanam, bukan diletakkan begitu aja. Coba cek ini, deh http://seeker401.files.wordpress.com/2011/10/easter-island-statue-excavation.jpg

Tapi tetap ada kemungkinan patung dibuat di lokasi, sih :D

bakpia jogja said...

mungkin benar teori ini tp ane lebih yakin tentang teori orang2 dulu ukurannya besar2 dan mudah membawa baran2 besar mungkin memindahkan patung itu hanya buruh 5 orang :)

gaban said...

di batu yng berjejer,,untuk nempatin secara pas di smcam gundukan gitu apa cukup dengan teori di atas,,trus dengan proses tersebut apa jejak tali yang di leher patung menghilang juga,,pasti dengan cara itu ada bekas gesek2kan di leher patung tersebut dengan tali yang di gunakan,,mengingat jarak yang di tempuh lumayan dan seberat 14 ton ,

Anonymous said...

"Patung raksasa itu benar-benar berjalan!" wkwkwk
sumpah,!! Buat ngakak.
Mslh, siapa penulis blog enigma
ini, itu bknlah mslh buat saiya.
Saiya masi bs liat chy dr foto
profil blog ini yg nulis enigma
kook. Soalnya saiya masi
bs melihat cahaya itu di mata
foto profilnya enigma. :P
intinya, klu cahaya itu tlah
hilang maka mr,enigma pun
tlah hlg,,!! Mksd saiya tlah
tiada. Semangat terus bt
mr,enigma. Saiya percaya
sepenuhnya pada anda
mr,enigma. SALAM SALKOMSEL.
Saiya gak akan tenang bila
komen saiya gak di publikasi
kan.

By: fanbleni

ben star blog said...

ada gak artikel tentang misteri pembangunan candi borobudur?yg katanya proses pembangnanya itu di bantu"kekuatan ga,ib" sudah ksna kemari nyarinya tpi gak dpet yg masuk akal,mungkin enigma punya pemikiran dan materi yg lebih logis lagi,kelak generasi kita tidak berfikir dangkal tentang hal yg mereka tidak pernah tau kebenaranya.

Anonymous said...

tinggal menambahkan jumlah orangnya untuk berat 80 ton,,hahha

Anonymous said...

bukan nya out of topik. aku juga merasa gaya bahasa dan penjabaran nya berbeda dgn sebelum nya kok.
(ternyata bukan cuma aku yg merasa paerubahannya toh.... )
tapi tetep aja kok buat aku blog ini bagus.
aku gak bermaksud mengkritik atau mau debat kok... cuma ngungkap apa yang aku rasa aja. thx.....
bravo blog enigma

Post a Comment