Friday, July 5, 2013

Misteri Kematian Elisa Lam di Hotel Cecil - Terpecahkan?

Di sebuah hotel yang memiliki sejarah kelam di pusat kota Los Angeles, mayat seorang perempuan ditemukan di dalam tangki air di atap hotel dan akses menuju atap hanya bisa dilakukan lewat tangga darurat dan sebuah pintu yang terkunci rapat.

Ini bukan bagian dari naskah buku detektif Conan. Peristiwa ini benar-benar terjadi dan telah memicu perbincangan hangat di seluruh dunia. Para penggemar misteri hingga pengguna internet untuk seketika lamanya bermain menjadi detektif dunia maya. Semuanya dilakukan dalam usaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada Elisa Lam.
Peristiwanya dimulai pada tanggal 19 Februari 2013 ketika para penghuni hotel Cecil di pusat kota Los Angeles mengajukan komplain kepada pengurus hotel mengenai aliran air yang terlalu kecil. Jadi seorang petugas pemeliharaan segera mengambil kunci pintu menuju atap hotel dimana tangki penampungan air berada.
Apa yang ditemukannya segera menimbulkan gelombang kejut ke seluruh penghuni hotel. 
Di dalam salah satu dari empat tangki yang ada di atap itu, ditemukan sesosok mayat yang diidentifikasi sebagai Elisa Lam, salah satu penghuni hotel yang telah dinyatakan hilang selama lebih kurang 19 hari.
Elisa Lam adalah seorang mahasiswi di University of British Columbia, Kanada. Usianya 21 tahun dan pada tanggal 26 Januari 2013 pergi ke Los Angeles seorang diri dan check in ke hotel Cecil. Ia terlihat terakhir kali oleh staf hotel pada tanggal 31 Januari.
Pada tanggal 13 Februari, kepolisian Los Angeles merilis sebuah rekaman CCTV lift hotel untuk meminta bantuan masyarakat yang mungkin melihat Elisa.
Pada tanggal 19 Februari, mayat Elisa Lam ditemukan di dalam tangki air.
Ada dua hal yang menjadi misteri utama dalam kasus ini. Yang pertama adalah apa yang sedang dilakukan Elisa di dalam lift yang terekam oleh CCTV dan yang kedua adalah bagaimana Elisa bisa naik ke atap dan masuk ke dalam tangki.
Dalam rekaman CCTV yang dirilis pihak kepolisian, terlihat kalau Elisa Lam bertingkah cukup aneh. 
Ia masuk ke lift di lantai 14, kemudian menekan beberapa tombol sekaligus sambil mendekatkan kepalanya. 

Lalu ia menunggu pintu lift tertutup.

Pintu Lift tidak kunjung tertutup. Jadi Elisa memeriksa keluar dengan cara yang tidak biasa.

Setelah memastikan tidak ada yang aneh, ia kembali masuk ke lift, berdiri sebentar, lalu merapat ke sudut lift seakan-akan sedang bersembunyi dari seseorang.

Lalu ia keluar lift lagi, melihat ke kiri kanan dan masuk kembali ke dalam lift sambil menekan-nekan ulang tombol lift.

Setelah itu ia kembali keluar. Di sebelah kiri lift, ia menggerak-gerakkan tangan seperti sedang menari atau berenang. Lalu ia pergi dan pintu lift tertutup.
Berikut videonya:
Apa yang sedang terjadi pada Elisa Lam di dalam lift tersebut? Mengapa ia bertindak begitu aneh?
Lalu, bagaimana ia bisa berada di dalam tangki? bagaimana caranya naik ke atap yang terkunci?
Jika Elisa Lam dibunuh, maka lokasi dan kondisi yang menyertai penemuan mayatnya menunjukkan kalau pembunuhan ini adalah sebuah kejahatan yang sempurna.
Menurut pihak kepolisian, mereka memiliki lebih dari 100 jam rekaman CCTV di dalam hotel Cecil, namun memutuskan hanya merilis rekaman di dalam lift tersebut untuk mempermudah warga yang mengenalinya karena Elisa Lam yang terlihat di rekaman tersebut agak berbeda dengan foto-foto di facebooknya.
Pada tanggal 22 Februari 2013, pihak kepolisian menyelesaikan otopsi dan mengumumkan kalau penyebab kematian Elisa belum bisa dipastikan dan pengumuman selanjutnya akan menunggu hasil pemeriksaan toksikologi terlebih dahulu.
Pada tanggal 21 Juni 2013, seluruh pemeriksaan selesai dan pihak kepolisian mengumumkan bahwa kematian Elisa Lam terjadi akibat "Accidental Drowning" atau tenggelam karena kecelakaan. Pemeriksaan ini juga menemukan kalau Elisa menderita Bipolar Disorder (Penyakit mental yang berhubungan dengan perubahan mood yang drastis) yang yang bisa jadi berkontribusi terhadap kecelakaan ini. Pihak kepolisian tidak mengelaborasi lebih lanjut. 
Jadi tidak ada aksi "kejahatan sempurna" seperti yang diperkirakan banyak orang. 
Pengumuman ini membuat keluarga Elisa cukup kecewa karena tidak ada keterangan bagaimana Elisa bisa sampai ke atap.
Apakah pihak kepolisian benar-benar telah menyelesaikan kasus ini? ataukah ada kemungkinan lain?
Sebelum kita berspekulasi yang aneh-aneh, kita perlu menyadari satu hal. Kasus ini tidak akan bisa dipecahkan hanya dengan melihat beberapa foto dan rekaman serta membaca beberapa cuplikan berita. Bahkan di dalam film-film fiksi, para detektif brilian membutuhkan akses ke berbagai informasi untuk memecahkan suatu kasus pembunuhan.
Dalam kasus Elisa Lam, kita butuh semua rekaman CCTV dari hotel Cecil. Kita juga butuh transkrip wawancara dengan semua karyawan dan tamu hotel. Lalu, hasil pemeriksaan lokasi tangki dan jalur menuju atap, sidik jari yang ditemukan, hasil pemeriksaan kamar tempat Elisa menginap, ponsel Elisa dan masih banyak lagi. 
Tanpa semua itu kita hanya memiliki spekulasi. 
Namun, untuk membuka pikiran kita, saya kira tidak ada salahnya untuk mereview kembali kasus ini. Sama seperti postingan saya sebelumnya mengenai tabrakan pesawat Boeing Air China, tulisan ini hanya untuk melihat beberapa kemungkinan dan tidak bertujuan untuk memastikan apa yang sesungguhnya terjadi terhadap Elisa Lam.
Kemungkinan  Pertama - Pembunuhan oleh Iluminati
Saya tidak sedang mengada-ngada. Teori ini diajukan oleh banyak penganut teori konspirasi di internet. Alasannya adalah nama "Elisa Lam". Tidak berapa lama sebelum kematian Elisa, di wilayah itu terjadi wabah TBC. Salah satu metode untuk mendiagnosa keberadaan penyakit tersebut pada pasien HIV adalah "LAM-ELISA". 
Jika kalian tidak percaya, kalian bisa menggooglingnya dan menemukan keterangan tentang metode ini.
Berdasarkan pada kesamaan ini, para penganut teori konspirasi mengambil kesimpulan bahwa kematian Elisa digunakan oleh Iluminati untuk memperingati warga Los Angeles mengenai serangan senjata biologis yang akan segera datang.
Bingung?
Saya juga. Tapi, tidak bisa disangkal, ada kebetulan yang luar biasa disitu.
Kemungkinan kedua - Pembunuhan oleh Hantu
Para pengguna internet di Asia mulai menghubungkan kematian Elisa dengan hantu. Sebabnya adalah karena rekaman CCTV yang misterius tersebut dan adanya kesamaan antara kondisi kematian Elisa dengan adegan dalam film horor "Dark Water".
Lalu, sejarah kelam hotel Cecil menunjukkan adanya kematian-kematian misterius lainnya. Hotel Cecil berdiri pada tahun 1927. Richard Ramirez dan Jack Unterweger, dua pembunuh berantai termashyur diketahui tinggal di hotel itu sementara melakukan kejahatannya. Tahun 1950an hingga 1960an, hotel ini menjadi sangat terkenal karena beberapa pengunjung bunuh diri dengan melompat dari jendela.
Apakah mungkin roh-roh penasaran dari masa lampau kembali datang dan menghantui Elisa?
Kemungkinan ketiga - Pembunuhan (bukan oleh Iluminati atau hantu)
Beberapa media menyebutkan kalau Elisa ditemukan di dalam tangki dalam keadaan telanjang.

Sebelum mayatnya ditemukan, pihak kepolisian sudah pernah mencari Elisa ke atap hotel dan mereka tidak menemukan pakaian disana. Ini berarti Elisa mengalami kejahatan seksual dan pembunuhnya membawa pakaiannya pergi untuk menghapus jejak, atau minimal untuk menunda penemuan mayat supaya ia punya waktu untuk melarikan diri.

Jika ini yang terjadi, pembunuhnya pastilah seorang pria berbadan besar karena dibutuhkan kekuatan yang cukup besar untuk mengangkat mayatnya lewat tangga ke dalam tangki. 
Atau... bisa juga pembunuhnya tidak berbadan besar. JIka demikian adanya, maka kemungkinan besar Elisa mengenalnya.
Bisa saja ia bertemu dengan seseorang yang dikenalnya di hotel. Lalu pembunuh itu mengirimnya pesan untuk bertemu di lantai 14, mungkin dengan ajakan untuk melihat pemandangan kota Los Angeles di malam hari lewat jendela kecil di lantai itu.  Atau sang pembunuh memang tinggal di lantai tersebut (Elisa tinggal di lantai 4 dan lift yang terlihat di CCTV adalah di lantai 14).

Di lift, Elisa memutuskan untuk bermain-main sebentar. Ia membuka lift, lalu menekan tombol door hold, bersembunyi di sudut lift. Tujuannya untuk mengagetkan sang teman jika ia masuk ke dalam lift. Karena tidak kunjung datang, Elisa memutuskan untuk membatalkan permainannya.

Mengenai gerakan anehnya di dalam lift, mungkin karena Elisa bosan dan sedang ingin sedikit merilekskan pikirannya.

Walaupun ia gagal mengagetkan temannya, namun, acara melihat pemandangan tetap berlanjut.  Elisa keluar lift, bertemu dengannya di lantai 14. 

Sang pembunuh mengusulkan untuk naik ke atap demi mendapatkan pemandangan Los Angeles yang lebih jelas. Setelah Menyadari pintu menuju atap terkunci, mereka naik ke atas lewat tangga darurat. 

Sesampainya di atap, pembunuh itu mengajaknya naik ke "storage room". Lalu disana Elisa dibunuh, mungkin dengan memberinya semacam obat yang membuatnya kehilangan kesadaran. Dari situ, tidak terlalu sulit memasukkan mayat Elisa ke dalam tangki, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini. 

Karena obat yang diberikan hanya dalam dosis ringan, mayat yang sudah membusuk selama belasan hari akan melenyapkan jejak-jejaknya sehingga lolos dari penyelidikan petugas toksikologi.

Kemungkinan terjadinya pembunuhan memang menjadi spekulasi banyak orang. Namun, sebaik apapun teori mengenai cara pembunuhan dilakukan akan menjadi tidak masuk akal. Alasannya sederhana.

Seperti yang saya katakan, pihak kepolisian memiliki akses terhadap seluruh CCTV gedung. Jika pihak hotel memasang CCTV di dalam lift, bisa dipastikan kalau mereka juga memasangnya di lorong hotel. Apabila Elisa memang bersama seseorang pada hari itu, pastilah CCTV akan menangkapnya dan polisi sudah akan memiliki seorang tersangka. Jika Elisa tidak bersama seseorang, pastilah polisi juga sudah memeriksa CCTV untuk melihat siapa saja yang pernah naik ke atap atau turun dari atap.

Namun, tidak ada rilis mengenai semua ini yang berarti kemungkinan memang tidak ada pembunuh.
Kemungkinan keempat - Kecelakaan 

Seperti yang sudah saya katakan di atas, pihak kepolisian mengumumkan kalau kematian Elisa disebabkan oleh "Accidental Drowning".  Jawaban ini tidak memuaskan banyak pihak, termasuk keluarga Elisa sendiri.

Bagaimana mungkin kasus seaneh ini dianggap sebagai kecelakaan? Mungkinkah pihak kepolisian salah dalam mengambil kesimpulan?

Memang ada kemungkinan itu.

Melakukan otopsi terhadap mayat yang diambil dari air bukan sesuatu yang mudah. Untuk menentukan apakah seseorang tewas karena tenggelam, tim forensik umumnya akan melihat air di dalam paru-paru atau keberadaan diatom (sejenis algae mikro) di dalam jaringan tubuh. Bukan hanya itu, tim forensik juga akan melihat apakah ada vegetasi di telapak tangan korban. 

Jika seseorang tenggelam, maka reaksi pertamanya adalah menjangkau benda atau permukaan yang bisa disentuhnya. Karena itu, seringkali korban tenggelam  memiliki sisa-sisa vegetasi air di tangannya (Untuk kasus Elisa, hal itu menjadi tidak mungkin karena ia bukan tenggelam di sungai, melainkan di sebuah tangki penampungan air yang tidak bervegetasi).

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, pihak kepolisian akan meminta bantuan toksikologis untuk memeriksa apakah ada zat-zat kimia atau obat-obatan di dalam mayat. Jika mayat telah mengalami pembusukan, maka toksikologis bisa memeriksa Vitreous Humor (sejenis gel yang berada di antara lensa dan retina mata) atau bahkan bakteri dan belatung yang ditemukan.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, pihak toksikologis perlu mendapatkan riwayat kesehatan korban untuk mencocokkan obat-obatan yang ada di dalam sistem tubuhnya. Inilah yang menyebabkan hasil toksikologis Elisa baru bisa keluar empat bulan setelah kematiannya. Pihak kepolisian mengaku mengalami kesulitan mendapatkan riwayat kesehatan itu. 

Intinya, yang ingin saya katakan adalah teknologi masa kini mampu mendeteksi keberadaan zat-zat kimia di dalam mayat, bahkan yang telah membusuk sekalipun.

Jika tidak ditemukan tanda-tanda seperti alkohol, obat-obatan, serangan jantung atau pukulan benda tumpul, maka mereka mengambil kesimpulan kalau korban tewas karena tenggelam. Jadi, memang pihak kepolisian bisa salah karena mereka hanya mengeliminasi beberapa kemungkinan untuk sampai kepada kesimpulan tenggelam. Tapi kemungkinan kesalahan itu sangat kecil.

Dalam kasus Elisa, pihak forensik tidak menemukan tanda-tanda kekerasan atau adanya obat-obatan di dalam tubuhnya sehingga kesimpulan kecelakaan pun diambil.
Jika mereka mengambil kesimpulan seperti itu, pastilah dengan alasan yang kuat. Jika mereka tidak mengelaborasi lebih lanjut, kemungkinan karena memang tidak ditemukan unsur kriminal sehingga penyelidikan dihentikan. Wajar saja. 

Namun, kesimpulan ini punya lubang. Jika memang kematiannya diakibatkan karena kecelakaan, bagaimana mayat itu bisa berada di dalam tangki? Apakah Elisa naik ke atap untuk melihat pemandangan malam dan kemudian terpeleset ke dalam tangki? Bukankah tangki airnya tertutup? 

Karena itu, ada kemungkinan terakhir yang mungkin lebih masuk akal dibanding karena kecelakaan. 
Kemungkinan kelima - Bunuh Diri
Sampai sejauh ini kita bisa mengetahui kalau pihak kepolisian memiliki informasi sebagai berikut:

1. Tidak ada tanda-tanda pembunuhan pada mayat.
2. Tidak ada tanda-tanda overdosis obat atau racun pada mayat.
3. Tidak ada tanda-tanda kalau Elisa bertemu dengan seseorang di hotel.
4. Elisa Lam memiliki riwayat Bipolar Disorder.

Dari keempat informasi ini, jelas kalau kemungkinan pembunuhan bisa dieliminasi sehingga hanya tinggal dua yang paling mungkin, yaitu karena kecelakaan dan karena bunuh diri. Diantara keduanya, saya lebih condong ke bunuh diri. Jika kesimpulan bunuh diri diambil, maka banyak pertanyaan yang bisa terjawab dengan mudah. Misalnya beberapa pertanyaan sebagai berikut:

1. Mengapa Elisa Lam bepergian sendiri ke Los Angeles?
Memang tidak ada yang bisa memberikan jawaban yang pasti soal ini. Namun kemungkinannya adalah karena ia ingin menyepi. 

Menurut Michaelshouse.com, salah satu organisasi yang berhubungan dengan kecanduan alkohol, obat-obatan dan masalah mental, gejala-gejala yang bisa dijumpai pada penderita Bipolar Disdorder adalah:  

"The symptoms of bipolar disorder and drug addiction are often similar, including: depression, mood swings, hopeless feelings, social withdrawal, anxiety and other behaviors." 

Saya tidak akan heran jika Elisa pergi ke Los Angeles sendirian karena memang sedang ingin menyendiri. 
2. Mengapa Elisa Lam bertingkah aneh di dalam lift? 
Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, ada yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Rekaman CCTV tersebut bisa saja menjadi kunci pemecahan misteri ini atau tidak sama sekali. Soalnya kita tidak tahu pasti tanggal berapa rekaman itu diambil. 

Namun karena Elisa check in ke hotel pada tanggal 26 Januari dan terakhir terlihat pada tanggal 31 Januari, maka kita bisa menyimpulkan kalau rekaman itu kemungkinan diambil pada tanggal 31 Januari.

Kita tahu Elisa ditemukan pada tanggal 19 Februari, namun forensik tidak bisa memastikan kapan Elisa tewas. Udara dingin dan tidak adanya serangga di dalam tangki bisa memperlambat proses pembusukan sehingga mempersulit identifikasi waktu tewasnya.
Jadi, bisa saja ada selang beberapa hari antara terjadinya peristiwa lift dengan tewasnya Elisa sehingga rekaman tersebut tidak berarti bisa memberikan kepada kita sebuah petunjuk. 
Namun bagaimanapun juga perilaku yang ditunjukkan di dalam lift tetap menarik karena sangat tidak umum. Yang bisa saya berikan adalah beberapa kemungkinan lagi.

a. Elisa sedang mabuk obat atau alkohol.
 
Teori ini akan kembali kepada Bipolar Disorder yang diidapnya. Sebelum hasil toksikologi Elisa keluar, rekaman CCTV di lift tersebut diperlihatkan kepada Trinka Porrata, seseorang yang ahli dalam masalah obat bius. Walaupun ia tidak bisa memastikannya, namun Trinka menduga bahwa Elisa berada di bawah pengaruh obat-obatan. 

Ketika hasil toksikologisnya keluar, kita bisa mengetahui bahwa ternyata obat-obatan bukan faktor yang menyebabkan Elisa bertingkah seperti itu. Kalau begitu apa? 

Kemungkinannya adalah Elisa sedang mabuk alkohol. Jawaban ini sangat sederhana dan terkesan menunjukkan kemalasan berpikir. Tapi saya punya dasar untuk mendukungnya.

Menurut statistik, sekitar 60% dari penderita Bipolar Disorder mengalami kecanduan obat-obatan atau alkohol. Ini disebabkan karena mereka biasa lari ke alkohol untuk mengurangi depresi.

Lalu mengapa laporan toksikologis tidak menyinggung apa-apa soal alkohol?
Jika peristiwa lift memiliki selang waktu beberapa hari dengan kematian Elisa, maka jejak-jejak alkohol bisa tidak ditemukan di tubuhnya.

Jika kita meminum alkohol, maka jejak-jejak alkohol tersebut akan lenyap lewat nafas, keringat, urin dan metabolisme. Jejak-jejak tersebut bisa segera hilang dari tubuh kita dalam tempo 10 jam hingga beberapa hari (Tergantung berapa banyak kita meminumnya).

Persoalan dengan teori ini adalah Elisa tidak atau kurang terlihat seperti orang mabuk. Cara ia berjalan tidak seperti seseorang yang sempoyongan. Satu-satunya tindakan yang membuatnya terlihat seperti orang mabuk adalah gerakan tangannya.

b. Tindakan Elisa hanya iseng.

Berapa banyak dari antara kalian yang sering melakukan gerakan aneh atau lucu jika sedang sendirian? Berapa banyak di antara kalian yang suka membuat ekspresi lucu ketika sedang bercermin? Saya yakin cukup banyak. 

Perilaku aneh Elisa bisa jadi hanya karena ia seorang yang cukup "animated". Mungkin terpengaruh oleh Bipolar Disorder yang diidapnya.

c. Bipolar Disordernya kambuh karena tidak meminum obat.

Ini adalah kemungkinan yang paling kuat. Penderita Bipolar Disorder seringkali memiliki gejala yang mirip dengan pengguna Obat bius dan penderita ADHD sehingga tindakan aneh Elisa di dalam lift bukan lagi menjadi sebuah misteri.

Itu adalah tiga kemungkinan untuk menjawab perilaku aneh Elisa di dalam lift.

3. Kalau memang ia bunuh diri, mengapa aktivitasnya sebelum kematian tidak menunjukkan tanda-tanda ingin bunuh diri? 
Benar. Sebelum kematiannya, Elisa mampir ke sebuah toko buku di sekitar hotel yang ironisnya bernama "The Last Book Store" dan membeli beberapa buku dan piringan. Ia mengatakan kepada penjaga toko bahwa buku dan piringan tersebut akan diberikan kepada orang tuanya sebagai oleh-oleh. 

Orang yang berniat bunuh diri tidak akan membeli oleh-oleh. 
Namun ada kemungkinan lain. 

Keinginan untuk bunuh diri itu bisa muncul tiba-tiba jika ia mendapatkan kabar yang membuatnya depresi atau jika Bipolar Disordernya kambuh. 

Menurut statistik, di kalangan penderita Bipolar Disorder, tingkat bunuh diri tahunannya 20 kali lebih besar dibanding populasi pada umumnya. Sedangkan 25%-50% penderita Bipolar Disorder pernah mencoba untuk bunuh diri, dan keinginan untuk bunuh diri tersebut bisa muncul secara tiba-tiba.
4. Lalu bagaimana Elisa bisa sampai ke atap? Bukankah pintu menuju atap selalu terkunci dengan alarm? 
Banyak orang mempermasalahkan akses ke atap gedung yang sepertinya tidak mungkin. Tapi, seringkali kita lupa bahwa akses menuju atap tidak hanya bisa dilakukan lewat pintu atap. Akses itu juga bisa dilakukan lewat tangga darurat. Dan percaya atau tidak, pintu menuju atap gedung sebenarnya tidak selalu terkunci. Jadi, menurut saya ini bukan masalah. 

Di youtube, ada sebuah video dari seorang citizen journalist yang merekam pemandangan tangki air yang diambil dari atap hotel Cecil. Saya tidak tahu apakah ia memiliki ijin untuk naik ke atas. Namun jika tidak, ini menunjukkan bahwa akses menuju atap tidaklah begitu sulit.


Berikut videonya:
Ada satu hal lagi yang menarik dari video ini. Jika kalian memperhatikan baik-baik rekaman ini, kalian bisa menemukan banyak coretan-coretan di atap hotel dan di tangki air. Coretan-coretan tersebut terlihat seperti dibuat oleh orang-orang iseng.

Jika demikian, bukankah itu menunjukkan bahwa akses menuju atap bisa ditembus dengan mudah?
5. Jika Elisa memang bunuh diri, mengapa ia melakukannya dalam keadaan telanjang?

Jika kita melihat kembali pada kasus-kasus bunuh diri di masa lampau, kita bisa menemukan kasus-kasus unik dimana bunuh diri dilakukan dalam keadaan telanjang. Fenomena ini dikenal dengan sebutan Naked suicide. Jadi, bukan sesuatu yang aneh. Fenomena ini memang belum bisa dipahami sepenuhnya sehingga membuat para psikolog secara khusus mempelajarinya. 
Selain itu, ada lagi kemungkinan lain. Yaitu tubuhnya tidak ditemukan dalam keadaan telanjang. Ini memang agak simpang siur dan media pun menjadi sedikit kebingungan. Contohnya berita dari examiner.com berikut ini.
Dari url yang saya lingkari, terlihat kalau examiner.com awalnya memberitakan bahwa mayat Elisa ditemukan dalam keadaan telanjang. Namun sepertinya mereka telah mengkoreksinya dan menghilangkan kata "Naked" dari headlinenya walaupun kemudian mengutip CBS Los Angeles yang memberitakan bahwa Elisa ditemukan dalam keadaan telanjang (nude). Namun jika kita masuk ke website CBS Los Angeles dan memutar video yang ada disitu, kita tidak akan menemukan kata nude disebutkan.Hanya media yang mengutip penyiar radio Claudia Peschiutta yang menyebutnya telanjang. Media-media lain tidak menyebutkan kondisi tersebut.

Maksud saya adalah, ada kemungkinan kalau media salah memberitakan kondisi penemuan mayat karena memang tidak ada rilis resmi dari pihak kepolisian yang menyebutkan soal itu. Namun kalaupun benar Elisa ditemukan dalam keadaan telanjang, maka jauh lebih masuk akal mengatakan ia tewas karena bunuh diri dibanding karena kecelakaan.

6. Jika Elisa bunuh diri, mengapa tangki air tertutup ketika ditemukan? Bukankah mustahil bisa menutup tangki air dari dalam?

Masalah tutup tangki memang menjadi sangat penting. Jika tutup tangki ditemukan dalam kondisi tertutup, maka kemungkinan terjadinya pembunuhan menjadi sangat besar. Namun seperti yang sudah saya katakan di atas, saya berasumsi bahwa polisi sudah melakukan tugasnya meneliti semua rekaman CCTV di dalam hotel dan tidak menemukan unsur pembunuhan dari sana. Dengan demikian kemungkinan keduanya adalah bunuh diri.

Kebanyakan orang akan berpendapat bahwa mustahil menutup tangki dari dalam. Namun sebenarnya tidak demikian. Ketika mayat Elisa ditemukan, tangki memang ditemukan dalam keadaan tertutup (dikonfirmasi oleh wawancara dengan pihak kepolisian). Namun jangan melupakan satu hal, yaitu faktor air.

Ketika mayat ditemukan, air tangki penuh sekitar 75%. Dengan kondisi ini, sangat mungkin pada saat Elisa masuk ke dalam tangki, airnya masih penuh.

Jika kita melihat desain tutup tangki, kita bisa melihat ada dua tonjolan di salah satu sisinya. Kemungkinan dua tonjolan ini adalah engsel. Artinya pintu tersebut seperti sebuah jendela yang terkait di salah satu sisinya. Jika Elisa masuk ke dalam tangki yang penuh dengan air, ia bisa mengambang dan menarik tutup tersebut. Sama sekali tidak mustahil.
7. Kalau memang Elisa bunuh diri, mengapa ia menenggelamkan diri ke dalam tangki dan bukan melompat saja dari atap gedung? 
Sebelum menjawab ini, saya akan berikan satu lagi alasan mengapa saya menganggap kematian karena bunuh diri lebih mungkin karena kecelakaan.
Ini karena di masa lampau, kasus penemuan mayat di dalam tangki umumnya terjadi karena bunuh diri. Luar biasanya, salah satu yang mirip dengan kasus Elisa Lam adalah kasus yang menimpa pekerja wanita, warga negara Indonesia, di Singapura.
Bulan mei 2011, mayat Ruliyati ditemukan di dalam tangki air blok 686B, apartemen Woodland, Singapura. Ketika ditemukan, pertanyaan yang muncul sama dengan kasus Elisa. 

Deja Vu?

Awalnya, kasus ini dianggap sebagai pembunuhan. Namun belakangan terungkaplah masalahnya yang sebenarnya. Ruliyati memiliki seorang kekasih bernama Repon Mustafa. Majikannya yang tidak suka melihatnya berhubungan kemudian meminta Ruliyati untuk memutuskan hubungan dengan pria tersebut. Ruliyati yang depresi kemudian berencana bunuh diri bersama Repon dan keduanya sepakat untuk melakukannya di tangki air. Pada detik terakhir, Repon berubah pikiran sedangkan Ruliyati menyelesaikan niatnya dengan menenggelamkan dirinya sendiri. (baca disini)

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya, "Mengapa Ruliyati (ataupun Elisa) memutuskan untuk bunuh diri di dalam tangki? mengapa tidak terjun saja dari atap apartemen? Bukankah lebih mudah?" 

Well, pertanyaan seperti itu tidak akan pernah bisa dijawab. Ada yang memilih bunuh diri dengan racun, ada yang dengan membakar diri, ada yang menembak kepalanya, ada yang gantung diri dan ada yang terjun dari ketinggian. Semuanya tergantung pilihan masing-masing dan kita yang tidak memahaminya memang akan terus mempertanyakannya. Tapi itulah kenyataannya.

Kesimpulan
Karena pihak kepolisian sudah menyebutnya sebagai kasus kecelakaan, maka saya rasa kita tidak akan bisa berharap adanya penyelidikan lebih lanjut sehingga satu-satunya cara agar kasus ini bisa menjadi lebih jelas adalah: Pihak keluarga perlu menyewa detektif swasta. 

Ia bisa memeriksa kembali petunjuk-petunjuk yang dimiliki oleh pihak kepolisian dan mengambil kesimpulannya sendiri.
Namun jika kalian menanyakan pendapat saya, maka saya lebih condong ke kasus bunuh diri dibanding kecelakaan. Tapi kesimpulan dari pihak kepolisian pun tidak akan saya permasalahkan. 

UPDATE 8 Juli 2012

Update dilakukan pada sub judul "Kemungkinan kelima - Bunuh Diri".Perubahan dilakukan pada pertanyaan ke 4. Saya menambahkan pertanyaan 5 dan 6 sehingga total menjadi 7 pertanyaan.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

416 comments:

  1. ainul said :
    Oke, ini kelanjutan komen gwa diatas (maaf bang E jdi komen 2x, buka lewat hpe soalnya) ,,

    N menurt gwa, klo trbunuhnya si EL, gk mungkn bgt dbunuh oleh manusia (oleh hantu mungkn sih, tpi gwa mau lbih logic, ntar dikira males mikir :p hehehe), knpa ? Udah trpampang alasan.nya dr bang E,, klo misal ada org dket dr EL di dlm rekaman cctv itu, pasti org itu akn di interogasi n dia bsa dtuduh pelaku, n klo trbunuh, pasti akn ada bekas pukulan, atau obat2an klo emg dbius,, n itu undetected,,

    Klo menurt gwa, itu bukan bunuh diri, bsa jdi itu accident,, begini,,
    Dlm rekaman di lift, kyaknya dia udah unstabil keada.an.nya, n bner2 stres, n bosen,, n dia keatas atap, kmudian keatas lagy(atap atas sblah tangki air), n karna dia kyaknya iseng2 kyak di lift,, dia turun ke tangki n buka2 pntu tangki air,, n masuk scara gk sadar, n buka pntu.nya pun cuma separuh ampek tubuhnya masuk, tiba2 ketutup,, n akhrnya meninggal karna tnggelam, atau kehbisan nafas karna didlam tentu pengap gk da udara,, ini kmungkinan pertama gwa,,

    ReplyDelete
  2. ainul said :
    Maaf bang E, komen mpek 3x, baru dpat ilham,,

    Ini kemungkinan mungkin ngaco n imajinatif bgt dr gwa,,
    Kok gwa merasa, bsa gk sih ini seperti menjdi bhan "promosi" hotel cecil yg emg udah trkenal angker ?? Dgn membuat skenario seperti the black dahlia murder or si pembunuh berantai di taun2 sblum.nya,, mreka krja sama ma polisi jga,, supaya kejahatan mreka gk trbongkar,, ntar bagi hasil.lah, hehehe,, jdi pasti org2 akn penasaran ma hotel ni, n pngn tau kyak apa hotel.nya, trutama bag atap.nya,, n dbuat se misterius mungkn bagaimana dia trbunuh,, tpi alasan knpa harus EL yg dbunuh, blum gwa temukan bang, hehehe

    Oh iy bang, mungkin bang E bsa nambah.in info ttg water tank.nya,, sbrapa gede pntu.nya, apakh seorg EL yg kliatan.nya kecil gtu, bsa buka pntu water tank.nya,, n cara pengisian.nya sperti apa, apa air kran biasa dipompa keatas atau kyak gmana,, n yg pnting, apakh ada tangga di dlam tanki.nya? Biasanya ada tangga kecil di bag samping dket pntu tank.nya, fungsinya buat bersihkan tangki.nya klo udah kotor n mungkn ada gangguan kesumbat apa gtu,,

    Itu dlu dr saya,, yg trpenting, gwa suka bang E balik lagy, misal klo mau vakum lagy klo bsa pamit ma penggemar.mu kyak gwa, sumpah bang, slama 2 minggu gwa terus mantau , palagy pas ada yg ngaku2 bang E dah meninggal,,
    Salam super :)

    ReplyDelete
  3. heellloo bung E....
    saya penggemar lama anda..
    tapi untuk yang satu ini sebetulnya ada satu kesimpulan yang harusnya diperhatikan kembali.. rekaman CCTV... di menit 2.28-2.23 itu ada tangan orang lain yang menahan pintu lift untuk tetap terbuka.. ini bukan murni kecelakaan...
    mungkin pembenuhnya adalah orang dalam atau petinggi dari hotel tersebut...
    Yang kemungkinan besar di tutupi pihak kepolisian...

    ReplyDelete
  4. kemana nih bung henda dan bung E?
    kenapa moment berhenti komenya berbarengan ya?

    padahal perdebadatan antar dua orang ini sangat seru.

    ReplyDelete
  5. Salam bung E. Tolong dibahas apakah rokok listrik memang berbahaya daripada rokok biasa? Apakah hanya akal2an produsen rokok biasa yang berusaha melakukan "pembunuhan karakter" terhadap rokok listrik, dengan berkoar didunia maya bahwa rokok listrik lebih berbahaya.

    ReplyDelete
  6. tapi yang menjanggal di pikiran saya dari menit 1:53 sepertinya dia sedang berkomunikasi dengan bahasa isyarat bahwa lift sedang bermasalah/ada orang didalamnya,tapi mungkin lebih ke lift yg bermasalah karena dia kembali, mungkin ke tangga, dan memang tujuan awalnya ingin ke atas, tolong penjelasan dan video cctv yang dilorong. atau mungkin dia adalah saksi dalam sebuah kasus, namun keberadaannya adalah kunci dari kasus tersebut dan kemudian ia dibunuh untuk menghilangkah jejak kasus tersebut

    ReplyDelete
  7. cewek stressss....

    ReplyDelete
  8. Bung enigma, bahas tentang "red mist" dong. episode spongebob yg misterius itu lho

    ReplyDelete
  9. Hebatt, analisa yang luar biasa lagi dari bang E

    ReplyDelete
  10. bang enigma ane request postingan tentang ini Ril besok bisakah ikam ngawali aku ngeprint preregistrasi?klau bisa besok aku kerumahmu sekitar jam 10an

    ReplyDelete
  11. menurut saya elisa menekan tombol lift dengan acak bukan karena tidak memakai kacamata. Seandainya saya tidak memakai kaca mata lalu mau menekan tombol lift saya akan mendekatkan mata saya ke tombol tapi tidak menekan secara acak seperti itu.

    Pintu lift tidak tertutup juga aneh seperti ada yang menahan, tapi EL seharusnya bisa dengan mudah melihat ada orang atau tidak tanpa harus melakukan tindakan seperti meloncat. Saya rasa dia juga bingung kenapa liftnya tidak tertutup.

    saya rasa dia juga tidak takut ketinggian sehingga tidak loncat dari atas gedung karena posisi dia tewas juga ada di ketinggian.

    kalau menurut saya dia tanpa paksaan pergi ke dalam tempat penampungan air bukan dipindahkan.
    bila ia dipindahkan akan terjadi banyak jejak yang mudah ditemukan. memang kemungkinan lebih besar bunuh diri atau memang dalam keadaan kondisi mental yang tidak baik.

    ReplyDelete
  12. Makasih informasinya, sangat logis.

    ReplyDelete
  13. Tolong dicari tau kebenaran yg ini gan.kasihan

    http://m.kaskus.co.id/thread/51e672357c1243d87c000000/hot-anak-bermata-satu-lahir-dajjal

    ReplyDelete
  14. kasus yang menarik bro Enigma, dan saya sepertinya punya sedikit kemungkinan analisa mengenai kasus ini, kemungkinan tentang kematian Elisa Lam ini.

    Kemungkinan yang menurut saya sedikit mungkin adalah pembunuhan, ada beberapa alasan kuat menurut pandangan saya serta kemungkinan siapa pelakunya.

    Elisa Lam ditemukan tewas tenggelam di dalam tangki air di atap hotel, sementara untuk menuju tempat itu cukup susah. Jadi asumsinya, untuk menuju tempat tersebut dan melakukan pembunuhan, ialah orang yang sangat mengetahui seluk beluk tempat-tempat di hotel itu. Bisa dimungkinkan pelakunya ialah salah satu pengurus hotel. Ia memanggil Elisa, berjanji untuk bertemu di suatu tempat, dan melakukan pembunuhan. Kemungkinan pelaku adalah orang yang kenal dekat dengan Elisa (meskipun saat proses interogasi ia bisa berkelit dari polisi dengan alasan tidak mengenal koran karena ia hanya pengurus hotel).

    Mengenai pembunuhannya, mengapa tidak ditemukan tanda-tanda adanya kesengajaan pembunuhan, mungkin bisa dilakukan dengan menenggelamkan kepala Elisa dengan air di dalam baskom yang mana airnya diambil dari air tangki tersebut. Setelah melakukan pembunuhan, si pelaku kemudian melucuti pakaian korban dengan maksud menghilangkan jejak karena bagaimanapun ketika korban ditenggelamkan ke dalam air di baskom ia pasti meronta-ronta. Mungkin dari bekas rontaan tersebut membuat pakaian korban robek atau semacamnya sehingga jika Elisa ditenggelamkan dalam kondisi berpakaian akan ditemukan bekas robekan pakaian yang akan menjadi tanda tanya yang mengarah kepada pembunuhan. Lagipula hal itu juga mementahkan tuduhan sebelum dibunuh korban diperkosa terlebih dahulu, karena dari postingan bro enigma tidak menyinggung kondisi alat vital korban.

    Setelah menenggelamkan Elisa ke dalam air di baskom, pelaku melucuti pakaian korban, memastikan korban sudah tewas, kemudian menyembunyikan mayat Elisa ke dalam tangki air. Karena bagaimanapun cukup sulit untuk memasukkan seseorang ke dalam tangki air dalam kondisi korban masih sadar. Jikapun korban dipingsankan dahulu pasti akan ada bekasnya (entah dengan stun gun ataupun memukul tengkuk korban misalnya).

    Tapi asumsi saya pun juga mempunyai titik lemah, walaupun hal ini mungkin saja terjadi. Yaitu saya masih belum bisa menganalisa mengenai tingkah aneh korban di dalam lift.

    Hanya satu yang menurut saya mungkin tentang tingkah laku aneh korban di dalam lift, yaitu adalah kesengajaan. Pelaku menyuruh korban berpura-pura bertingkah aneh di dalam lift dengan alasan bercanda. Padahal pelaku menyuruhnya melakukan itu untuk mempersulit proses investigasi polisi jika nanti mayat korban ditemukan.

    Bukankah diketahui jika Elisa mengidap Bipolar Disorder ?!
    Pelaku bisa menyuruhnya bercanda dengan cara itu dengan alasan untuk menyembuhkan penyakitnya itu ?!

    Kesimpulan yang bisa saya ambil ialah, pelaku kenal dengan korban, dan motif pembunuhan kemungkinan dilakukan karena masalah pribadi dengan korban entah dendam atau motif lain. Dan kemungkinan pelaku mengenal korban dari jejaring sosial, berteman akrab, terjadi perselisihan, kemudian dengan nekat melakukan pembunuhan.

    Atau mungkin juga, pelaku mengenal korban melalui jejaring sosial, berteman akrab, kemudian mengajaknya ketemuan, kemudian terjadi cekcok sehingga tanpa sadar pelaku membunuh korban. Namun hal ini juga bisa dilakukan orang selain pegawai hotel tersebut, misalnya orang tersebut adalah orang yang sering mengunjungi hotel tersebut dan mengajak Elisa ketemuan di hotel tersebut.

    Well... itu hanya sebatas analisa saya, benar atau tidaknya hanya Elisa Lam dan Tuhan yang tahu :)

    ReplyDelete
  15. -D

    boleh saya memberi pendapat???

    "4. Lalu bagaimana Elisa bisa sampai ke atap? Bukankah pintu menuju atap selalu terkunci dengan alarm? "

    disitu ada video coret"an anak jahilkn menurut
    -E...??

    Mungkin benar memang gampang untuk ke atap yg paling atas melalu pintu darurat. seperti video tersebut.

    tapi apa -E tau maksud dari coret"an itu??

    "mungkin atau tidak mungkin"
    yaps mungkin atau tidak mungkin disana bekas 1 kelompok atau bisa di sebut "teman2 elisa"

    jika benar begitu maka saya akan simpulkan itu "pembunuhan berencana"

    kenapa saya percaya??

    "kita back ke lift"
    sudah melihat video di lift kn??
    dan sudah baca semua yang di tulis -E??

    kalo sudah pasti masih ingat -E mengatakan bawah Elisa bisa juga berasa teman'a dan elisa mengajak bercanda dengan menekan tombol lift secara tidak wajar.
    setelah itu iya seperti berbicara dan ingin tetap menggunakan lift..

    so... knpa temannya tidak mau???
    "itu pertanyaan yang mudah"

    pelaku tidak akan bodoh karena dia tau di dalam lift ada "CCTV" bisa jadi dia pun tau berapa banyak CCTV yg ada di hotel tersebut.

    kemungkinan bebasar ini di butuhkan 3-5 orang untuk melakukan pembunuhan berencana seperti ini.

    dan kenapa saya begitu percaya jika ini pembunuhan berencana???

    sudah saya katakan coret"an itu mungkin sudah dibuat sebelum elisa ada di lift itu.

    dari semua yang saya pikirkan hanya "Telanjang" yang jadi point penting disini.

    jika benar adanya dia mungkin di perkosa oleh 3-5 orang... lalu iya di bunuh..

    ada lagi 1 yang mengganjal kepala saya
    "Pakaian elisa"
    disini tidak di beritau bahwa "pakaian" elisa tidak ada disana.

    kemungkinan besar "pakaian" itu di bawa oleh pelaku dan menghilangkan jejak secara lancar.

    hanya itu kesampulan saya yang tertinggal dari
    -E


    jika benar mungkin elisa mempunyai teman di hotelnya.


    hehehe... mungkin itu aja yang bisa saya bercomment :)

    ReplyDelete
  16. asli keren post sama koment2nya.

    baik itu merupakan pembunuhan, kecelakaan, atopun bunuh diri, mari kita ambil hikmah dari kejadian ini.
    selain pintu atap yg perlu dikonci, tangki aerpun kudu di gembok juga tuh!
    jadi sembarang orang ndak bisa maen2/berenang dalem tangki tsb.

    keep post bro..

    ReplyDelete
  17. Kan ada CSI ahli mengolah TKP ;)

    ReplyDelete
  18. tangannya di cctv itu kan seperti orang yang berenang, jadi mungkin itu ajakan berenang di tanki

    ReplyDelete
  19. Bagi yang penasaran darimana tim ahli menyimpulkan bahwa Elisa Lam menderita bipolar disorder, well, mereka punya akses informasi untuk hal itu yang tidak kita miliki.
    Tapi setidaknya kita bisa mengamatinya dari perubahan suasana hati (mood swing) EL dalam jangka waktu yg cukup lama, dari tulisan-tulisan di blognya:

    http://etherfields.blogspot.hk

    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  20. Jika Elisa bunuh diri, Ada kemungkinan Elisa masih berpakaian ketika naik ke atap, setelah sampai disana barulah dia melepas pakaiannya lalu memasukannya kedalam kantong plastik sehingga dapat dibuang dengan cara dilempar jauh, dan tentu saja kantong berisi pakaian itu sudah tidak ada disekitar hotel karena jika kantong tersebut jatuh sampai bawah maka sebelum 19 hari, pasti sudah dibuang oleh petugas kebersihan. Karena dikira bungkusan sampah. Bagaimana pendapat Mr. Enigma mengenai kemungkinan ini?

    ReplyDelete
  21. Pakaian yang dimasukan dalam kantong plastik tanpa dilipat akan berbentuk seperti gumpalan sehingga dapat dilempar jauh.

    ReplyDelete
  22. Jika ini pembunuhan, bisa saja pelaku dan Elisa sudah janjian untuk bertemu di atap, dan pelaku naik ke atap jauh lebih awal agar tidak dicurigai, kemudian setelah membunuh Elisa pelaku menunggu cukup lama sampai yakin Elisa sudah benar-benar mati (bisa sambil duduk di atas pintu tanki air) kemudian barulah pelaku turun dari atap dengan membawa pakaian korban. Waktu yang dibutuhkan pelaku untuk menunggu sampai korban benar-benar tewas cukup lama, sehingga ketika turun tidak akan menimbulkan kecurigaan.

    ReplyDelete
  23. saya jadi terpikir membuat film pembunuhan, hahaha... tapi bukan terencana.

    sebut saja pembunuhnya mr.X, skenarionya seperti ini: EL dan X berkenalan lewat jejaring sosial. (jika demikian, akan membantu sekali jika bisa mengakses akun EL). sementara menurut sy X adalah orang penting di hotel tersebut, hal ini lah yg mungkin membuat EL mau datang sendirian ke LA. Mungkin melalui semacam ajakan ke hubungan yang serius, menikah mungkin. rasanya tidak terlalu aneh EL menanggapinya serius, bisa jadi karena tidak yakin ada lelaki yg mau dengan seorang dgn kelainan mental seperti dirinya, maka EL menyanggupi ajakan tersebut. atau alasan2 lain seperti janji2 dari orang sebesar pemilik hotel.

    pada akhirnya mereka bertemu di hotel, sy pikir mereka sudah bertemu sebelum terjadi pembunuhan, jd pembunuhan itu bukan pertemuan pertama.

    lalu EL terkesima dan benar2 suka dengan mr.X, cieee, sehingga dia bermaksud jujur bahwa dia menderita penyakit mental.

    merasa dibohongi, X kecewa dan sangat kesal dan mulai terpikirkan untuk melakukan pembunuhan.

    demikian skenario umumnya. saya tidak yakin, itu cuma skenario film. satu2nya yang saya yakini adalah bahwa pembunuhan itu dilakukan oleh orang yang sangat cerdas atau minimal sangat berpengaruh. kenapa begitu?

    Bro E menyebutkan bahwa seharusnya ada banyak rekaman cctv yang bisa diangkat terkait kematiann EL, namun mengapa polisi hanya me-release satu video tersebut. dan saya bertanya2, mengapa dari sekian banyak rekaman, video tersebut yang dipilih? menurut saya ini semacam pengalihan isu dan mengangkat 'sakit mental' untuk mengcover atau membias semua kemungkinan.

    saya membaca hampir semua komentar, termasuk bahasan bro E, pada akhirnya akan menyinggung kepada kelainan mental milik EL. ini lah yang saya maksud bias untuk SEMUA kemungkinan.

    orang bunuh diri? saya pikir orang-orang yang bunuh diri tidak terlalu cerdas untuk memikirkan agar mayatnya tidak ditemukan, untuk naik ke atap lalu bukan memilih melompat, dll. mau tenggelam silahkan di kamar mandi hotel. ya, orang bunuh diri tidak 'secerdas' itu.

    SALAM, saya baru baca blog ini tadi malam, dan saya jatuh hati. hahaha

    M.Friday

    ReplyDelete
  24. menurut saya si Elisa Lam ini meninggal karena bunuh diri karena depresi atau stres

    ReplyDelete
  25. karena kedua korban ( elisa & ruliyati dari kisah ini) perempuan ya..
    perempuan umumnya milih cara bunuh diri yg terkesan melankolis kayak ngiris2 tangan, minum racun ato nenggelamin diri...
    ekstrem juga kalo perempuan milih lompat dari atas gedung, terus tubuhnya terpotong2 tercerai berai, mungkin mereka ngrasa itu terlalu mengerikan utk dilakukan...
    (koment ini sebagian saya ambil dari salah satu buku tentang bunuh diri yg ditulis pulo coelho)

    ReplyDelete
  26. @Anonymous 224:

    "saya membaca hampir semua komentar, termasuk bahasan bro E, pada akhirnya akan menyinggung kepada kelainan mental milik EL. ini lah yang saya maksud bias untuk SEMUA kemungkinan. "

    Tidak semuanya yang menyinggung hal tersebut pada akhirnya. Silakan lihat lagi komentar pendukung teori pembunuhan.

    Mengapa dikatakan bias? Apa karena sentimen bahwa polisi MENUTUPI sesuatu alias konspirasi?
    Berdasarkan data-data yang ada sepertinya yang bias adalah mengatakan ini konspirasi.

    Saya rasa "penyakit mental" yang kamu sebut sebagai bias tersebut atau sebagai cover saja, mungkin sedikit berlebihan, mengingat polisi beserta tim ahli sudah melakukan penyelidikan selama lebih kurang 4 bulan sejak mayat EL ditemukan, dan berkesimpulan EL menderita bipolar disorder.

    Jika kamu kurang yakin, silakan cermati tulisan-tulisan EL di blognya, maka kamu bisa mendapat pengertian mengapa EL dikatakan menderita bipolar disorder, meski pihak polisi meyimpulkan
    hal itu dari sumber yang sama sekali berbeda, setidaknya kita bisa mengakses bukti ini secara langsung.

    Jalan-jalan kemari:

    etherfields.blogspot.hk

    ReplyDelete
  27. I was the killer

    ReplyDelete
  28. @Bang E: Bang E, menurut saya.. Ini bukan kecelakaan deh. Begini, kalau kecelakaan, kenapa dia ditemukan dalam keadaan telanjang, DAN JUGA tidak ditemukannya pakaian si EL? Aneh bukan. Soal kenapa dia tidak melompat dari gedung saja, saya rasa itu karena dia tidak mau meninggal secara menyakitkan. Dan kalau emang begitu, kenapa dia tidak melompat dari jendela kamarnya saja, atau kemungkinan dari tangga darurat. Saya rasa ini pembunuhan (walaupun menurut Bang E itu mustahil). Karena apa? Cukup byk kasus pembunuhan, yg pelakunya bisa mengecoh cctv. Nah, kalau memang itu terjadi, mungkin pelakunya adalah 'orang dalam' yg bisa diartikan oleh pegawai hotel, pengunjung, dsb. Mengingat EL sudah menginap cukup lama disitu, mungkin dia sudah kenal beberapa 'orang' disitu, atau mungkin dia sengaja menginap disitu karena mengenal seseorang yg menginap atau bekerja di hotel itu. Selanjutnya, dia diajak ke atap.. Entah untuk apa, dan mungkin dia berpikir dia bisa naik ke atap hotel (mengingat penyakitnya) dengan lift itu, dan dia mungkin mencari 'orang' yg dikenalnya itu yg mungkin sudah berjanji untuk menemuinya dilantai 14 (kelakuannya didalam lift). Nah, waktu itu dia melihat orang itu, dan dengan segera berlari keluar untuk menemui 'orang dalam' tersebut yg mungkin tau cara mengecoh cctv, mengingat naik ke atap itu dilarang krna pintunya terkunci. Nah, setelah berhasil naik ke atap, kemungkinan dia diberi obat-obatan, dan mayatnya dimasukan kedalam tangki supaya tidak meninggalkan kecurigaan, dan mungkin juga coretan-coretan diatap hotel disebabkan EL dan 'orang' itu, right?
    Kemungkinan saya:
    1. Dia memang dibunuh dengan kejahatan sempurna (menggunakan sarung tangan agar tidak meninggalkan sidik jari, dsb)
    2. Pembunuhannya memang sudah direncanakan, sehingga pakaiannya diambil untuk bukti bahwa dia telah dibunuh.

    Sekian tanggapan saya atas kasus diatas Bang E. Maaf kalau ada yg salah dan ngaco krna saya cuma pelajar smp berumur 13 tahun. Otaknya masih belum berpikir secara luas/logika :D
    Terima kasih...!

    ReplyDelete
  29. benar2 misteri yang membingungkan sob.

    ReplyDelete
  30. posting lagi dong bang E,,, kangen nih sama tulisannya

    ReplyDelete
  31. mantap analisanya..mirip detektif bang E.

    ReplyDelete
  32. dpt blog ini dr hp, penasaran langsung w nyalain kompi, sumpah keren2 artikelnya..
    salam kenal buat admin

    ReplyDelete
  33. mas enigma (siapapun namamu). itu "UPDATE 8 Juli 2012" bener ya tahun nya?
    atau anda melakukan "time travel" untuk update?

    ReplyDelete
  34. Teguh said :
    Bang E, postingannya jangan ikut2an puasa donk...
    Mentang2 lg bulan puasa jd ikutan puasa posting..
    Tp klo bagi2 THR mau donk ngantri... :D
    Ditunggu postingan berikutnya nih..
    Jangan kelamaan ntar keburu lebaran.. :)

    ReplyDelete
  35. kayaknya bunuh diri tuh . Tolong ikuti blog saya juga ya : thorr22.blogspot.com terima kasih semua dan admin sekalian

    ReplyDelete
  36. btw Bro E, itu kenapa ya pintu liftnya ga ketutup-ketutup lama banget?

    ReplyDelete
  37. Gan bleh minta template blog nya gk? :D

    mahogra.fauzan@gmail.com (Y)

    ReplyDelete
  38. akan ada banyak misteri dalam kehidupan ini yang tidak bisa kita terima dengan hanya menggunakan akal pikiran kita.

    ReplyDelete
  39. mantabss cuma jgn terlalu Bang E updatenya..kalo bisa tiap hari update sambil nunggu bedug puasa :)

    R.Joe

    ReplyDelete
  40. bagaimana bisa ia bunuh diri dengan menenggelamkan diri ke air, sedangkan ia bisa mengambang untuk menutup pintu tanki air?

    ReplyDelete
  41. Kalau menurut hemat saya jelas ini pembunuhan.. Kemungkinan pertama: Kalau bunuh diri kenapa harus jauh2 ke LA? Dan kenapa harus ada jeda waktu yang lama stelah dia chek in hotel dan di beritakan hilang. Kalau memang dia berniat bunuh diri pasti setelah chek in dia akan langsung melakukan bunuh diri itu. Dan saya juga sependapat dengan yang mengatakan bhw elisa dibunuh oleh pegawai hotel. Dan kalau memang elisa mengidap bipolar disorder tentu saja orang tuanya tdk akan mengizinkan elisa pergi sendirian. Pastilah orng tua elisa menyuruh anaknya membawa teman agar aman. Dan Mungkin saja pegawai hotel itu tman elisa.. Makanya dia memilih hotel cecil. Tetapi orang tua elisa tdk mengenal tman elisa tsb. Dan alasan polisi bilang bahwa itu sebuah kecelakaan adalah kebohongan. Jelas lah bahwa pihak kepolisian di bayar oleh pihak hotel yang merasa ingin menjaga nama baik hotelnya. Kemungkinan ke dua: walaupun ini kemungkinan ini kecil mungkin saja elisa dbunuh oleh makhluk2 yang tidak tampak. Dan untuk menghindari kehebohan serta takut bahwa nantinya hotel itu akan sepi setelah kasus ini maka pihak hotel meminta polisi mengatakan bahwa ini hanya sebuah kecelakaan. Dan kemungkinan terakhir adalah ini sebuah konsprasi yang dilakukan oleh pihak hotel untuk menaikkan nama hotel mereka. Dan kejahatan ini sudah di atur mereka sedemikian rupa sehingga membingungkan pihak kepolisian. Apalagi stelah itu ada wabah penyakit yang mungkin sudah diprediksi pihak hotel sehingga mengaburkan penyelidikan serta membawa polisi untuk menyelidiki kasus lainnya.

    ReplyDelete
  42. Mau nambah komen lagi tapi ini out of topic hehe..
    Aku nemu blog ini bro xmisteri.blogspot.com/2013/07/misteri-kematian-elisa-lam-di-hotel_8.html?showComment=1374839783367&m=1#c7506170576068090700 kok bisa sm? Parah banget yang punya blog xmisteri ini copas gak nanggung2. Dan dibawahnya gk ditulis sumbernya dari bung E.

    ReplyDelete
  43. Salam kenal bang E, sy mengagumi tulisan-tulisan anda...

    Yang saya heran, untuk apa Elisa pergi ke Hotel tersebut? Kalo emang mau menginap atau menyendiri, knpa ia memilih hotel tsb untuk mengakhiri hidupnya?
    Seakan-akan kepolisian Los Angeles cenderung menutup-nutupi kasus ini bang E..

    Mau ngapain dia pergi ke atap. Kalo emang untuk melihat keindahan kota LA, knpa akhirnya berujung ke dalam tangki air dan meninggal?
    Kan diseluruh sisi ruangan hotel dipasang CCTV, seperti sepanjang koridor, seharusnya pihak hotel tahu keberadaan Elisa sebelum menuju ke lift dan keluar pergi menuju ke lantai 14 lewat rekaman CCTV.

    Kalopun dibunuh, harusnya ada jejak2 sidik jari di TKP seperti jejak sepatu pembunuhnya dan bisa dilacak oleh anjing pelacak..

    ReplyDelete
  44. Gak ada posting baru bro...? :3

    ReplyDelete
  45. Sudah lama tidak main2 ke blognya bang enigma, selalu saja ada yang baru dan masih saja ada yang terlewat dibaca. Terima kasih sudah menjadi salah satu situs untuk bahan referensi buku saya, benar2 sangat membantu, terima kasih :)

    ReplyDelete
  46. Eemm.. semua tanggapan dan dugaan dah dijelasin sm coment" diatas.

    Tapi tetep ada yg kurang..
    eemm ..

    ReplyDelete
  47. Bang E, udh 3 minggu lebih nih ga ada postingan baru, ayo bang E postingin lg yg baru

    ReplyDelete
  48. tapi untungnya bisa terungkap ya sob.....visit balik ya sob...http://dennyaby321.blogspot.com/2013/07/rahasia-mendapatkan-token-gratis-game.html

    ReplyDelete
  49. bro tolong selidiki yg tentang jin dari arab yg punya twitter itu donk ...

    konon katanya dia bisa tau siapa kita sebenarnya , tempat kita tinggal ...

    bukankah sangat janggal apabila itu manusia ???

    lalu kenapa dia bisa tau siapa kita sebenernya ???

    ReplyDelete
  50. Selamat siang bung E. Saya juga sependapat bila ini adalah kasus pembunuhan, karena saya rasa ada seseorang (tersangka) dibalik semua ini dan orang tersebut sepertinya sangat dikenal korban, seperti terlihat di CCTV dalam Lift tampaknya korban memang sedang berkomunikasi dgn seseorang yg tahu betul bila didalam lift ada CCTVnya. Sehingga ia berusaha mengajak mengajak korban melalui jalan lain. Dan tersangka jg kemungkinan bersembunyi di area blind spot saat berkomunikasi dgn korban yg berada di lift tsb, ini terlihat dari gerakan2 aneh yg dilakukan si korban, kemungkinan si tersangka mengajak si korban ke atap gedung untuk melihat pemandangan dan berenang diatas atap?!?! (Saya juga ga tau kenapa punya pemikiran seperti itu tp sepertinya tersangka memang mengetahui seluk beluk gedung tsb) dan knp memilih tangki paling pojok dekat sisi gudang sbg eksekusi? Mungkin karena itu posisi paling memungkinkan selain tidak terlihat jg mudah dalam jangkauan lompat ataupun "dorong". Saya kira pada saat mereka berdua berada diatas si tersangka mengajak mandi atau berenang didalam tangki (entah ini ide gila darimana sy jg ga ngerti) pada saat berhasil merayu korban untuk telanjang si tersangka jg ikut telanjang untuk memancing korban supaya melepaskan pakaiannya juga hingga si korban mau melompat atau bisa jadi di dorong hingga masuk kedalam tangki dan tersangka menutupnya dr luar serta menahan tutup tangki sementara waktu utk memastikan korban telah tewas, lalu membersihkan bekas2 sidik jari tersangka dan membawa pakaian korban utk menghilangkan barang bukti...

    @Hatake

    ReplyDelete
  51. Ini menurut saya bang.
    Ini merupakan aksi pembunuhan.
    Dia pertama memang terlihat santai seakan ga terjadi apa-apa, namun setlah sadar pintu liftnya ga tertutup juga dia mengecek keadaan sekitar.
    Adegan pas dia masuk seperti reaksi ketakutan dengan datangnya seseorang dari 2 arah.Sepertinya dia mulai sadar telah diikuti.
    akhirnya dia mengecek kembali keadaan sekitar namun tak ada yang janggal, tidak seperti yang dia kira sebelumnya.
    Pas dia ada disebelah kiri lift, tangannya naik seperti sedang mengurai rambut kaya orang yang sedang dalam masalah.
    Lihat lagi pas adegan dia masuk, dia seperti strees akan masalah.
    Sekarang dia mencoba menutup lift kembali namun penuh keputus asaan.
    Dia menyerah, seseorang muncul dari sebelah kanan lift dan mengajak ngobrol dia seperti menyalahkan sesuatu ke dia.Adegan seperti berkata "AKU?!, aku tidak tahu apa-apa tentang itu." Dia juga menjelaskan lebih.
    Tak berhasil dengan penjelasannya akhirnya dia pergi.
    Saya perkirakan ini pembunuhan oleh 2 orang dan oleh orang dekatnya yang tahu tentang dia.
    Namun saya belum bisa menjelaskan apa yang terjadi setelah ini.Mungkiin dia diperkosa atau upacara sesat.

    ReplyDelete
  52. wow pembahasan yang mantap dan lengkap.....

    ReplyDelete
  53. Assalamu'alaikum...
    apakabar bro E?
    panggil saja aq brondong, aq salah satu penggemar blog enigma, banyak sekali info.tentang misteri2 dunia yang terpecahkan.disini...
    kali ini aq mau usul bro, bisa tak bro membahas tentang Al-Hin atau poppy atau bangsa polip, yang konon kabarnya tercipta jauh sebelum adanya manusia Nabi Adam A.S. turun ke muka bumi sebagai khalifah baru...

    Dan apakah benar cerita dari blog yg mengangkat kisah seorang pasien yg dirasuki oleh Al-Hin bernama Mizari, lalu di lain blog ada pula yang mengaku bangsa sejenisnya yaitu poppy bernama Yamasifun dan membenarkan adanya keberadaan mereka hingga saat ini..

    Mohon agar kasus ini diangkat bro... siapa tahu akan muncul para ahli ulama dsb yang ikut mengungkap eksistensi mereka atau mungkin menyanggahnya...

    Terimakasih.
    Wassalam...


    si Brondong

    ReplyDelete
  54. Kalo dilihat lagi dari video cctv nampaknya elisa ga sendirian bisa dibilang dia emang lagi menghindar dari seseorang, terlihat ada adegan yg terpotong tp bila diperhatikan lagi gerakan elisa diluar lift bukanlah seperti gerakan menari atau berenang tapi lebih tepatnya ada yg menariknya dari belakang dan elisa berusaha berontak atau lebih tepatnya meronta dan dari situ sy mencoba ambil kesimpulan elisa sedang dibius mungkin menggunakan cairan chloroform disaputangan yg dibekapkan ke mulutnya... Ada satu lagi ada gerakan yg seolah2 elisa menyerah dengan mengangkat tangannya kemungkinan elisa ditodong pelaku sebelum dibekap dan dibius...udah gitu aja

    ReplyDelete
  55. malam bro E, mungkin ini bisa lebih masuk akal dari awal masuk kedalam lift elisa terlihat seperti gugup atau ketakutan nampaknya ia merasa di ikuti oleh seseorang atau memang sedang di ikuti dan pada saat ia menekan tombol lift ternyata pintu lift tak bisa tertutup. Cara elisa menekan tombol menunjukan mata elisa yg sepertinya minus ditambah ia tdk mengenakan kacamatanya saat itu, krn pintu lift tak bisa ditutup ia merasa seperti ada yg menahannya lalu ia mengintip dan menoleh kesebelah kanan (mungkin ia merasa orang yg mengikutinya akan muncul atau ada di sebelah kanan sehingga elisa seperti bersembunyi disisi sebelah kanan pintu lift)... Tapi elisa seperti terkejut (sepertinya seseorang itu datang dari sebelah kiri ) dan semua gerakan aneh yg dilakukan oleh elisa nampaknya atas perintah orang yg ada disamping kiri *terlihat bayangan kaki seseorang dilantai* awalnya elisa disuruh angkat tangan lalu masuk lagi kedalam lift untuk menekan semua tombol atas perintah orang tersebut *mungkin tujuannya agar lift menjadi lambat dan tak bisa digunakan sementara waktu* lalu elisa kembali keluar dan orang tersebut memerintah elisa utk melakukan gerakan seolah menari atau berenang, dari sini ada 3 kemungkinan: 1. Kamuflase atau mengalihkan perhatian seolah2 ada orang disebelah kanan. 2. Memang ada orang datang dari sebelah kanan dan seseorang yg bersama elisa memintanya supaya memberitahukan bila liftnya rusak dan tak bisa digunakan. Dan 3. Orang tersebut ingin tau apakah ada orang lain didalam lift atau tidak...
    Jadi kira2 seperti kejadian dari cctv yg saya coba terjemahkan heheh..

    NB: ada kemungkinan pembunuhnya bukan 1 orang tapi ada 2, yg satu ada di sebelah kiri yg bertugas memberi instruksi kepada elisa dan yg satu lagi menahan tombol lift dari sebelah kanan ini terlihat disaat elisa meninggalkan lift. Baru pintunya tertutup.
    @BlackBerry

    ReplyDelete
  56. Baru neh...
    http://www.dailymail.co.uk/news/article-2381804/Bizarre-photo-shows-Australian-fisherman-fight-way-OUT-shark-bit-fishy.html?ICO=most_read_module

    ReplyDelete
  57. gan, bahas dong mengenai pesawat yang hilang setelah 35 tahun kembali mendarat itu asli atau hoax ?

    ReplyDelete
  58. mas E kok nggak update lagi sih?

    ReplyDelete
  59. Dear Admin,
    Saya mencoba membuat analisa, sepertinya Elisa di bunuh, seperti gelagat ia di Lift mengapa pintu lif susah tertutup seperti ia sedang diarahkan untuk keluar lif dan menuju tangga darurat, ke dua ia memencet banyak tombol seperti di film action yg pernah sy tonton kalau sedang di kejar-kejar dan masuk lift cenderung yg mengejar akan melihat tombol yg menyala kemungkinan untuk mengalihkan yg mengejar ia pencet banyak tombol, untuk tangki kalau memang elisa nekat untuk naik ke tangki air itu susah karena tinggi dan tidak ada akses tangga untuk naik, walaupun sedang tdk mabuk itu mustahil di lakukan dan ketika saya liat FB Elisa Lam RIP terlihat gambar tangki tempat mayat elisa tapi tangkinya disebelahnya rusak seperti pecah, apakah pecah itu baru atau lama kalau baru mungkin itu perlu di selidiki dan posisi tangkinya yang rapat dengan tembok mengindikasikan siapapun pelakunya melakukan itu agar tidak terlihat orang, mungkin bisa di lihat ditanya lagi pegawai yg bekerja dari jam dimana Elisa di lift sampai kira2 Elisa sampai di atap ditambah lagi ketika di temukan tidak berbusana analisa sy kalau ia di ceburkan memakai busana mungkin bau airnya akan cepat ketahuan karena baju di rendam lebih dari 1 hari akan mengeluarkan bau yg tidak enak dan segera akan tercium oleh penghuni hotel, Wallohu A'lam bishowab.

    Dari Detektif Bobby

    ReplyDelete
  60. terlalu banyak misteri dalam kematian ini dan ini memang menjadi sebuah kontroversi

    ReplyDelete
  61. Kok bung E ngak updet lagi

    ReplyDelete
  62. alay lu eningma abal"
    makin GJ !!!

    ReplyDelete
  63. seringkali kasus kematian misterius menimbulkan banyak spekulasi, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete
  64. Bang E, tolong bahas tentang kematian Amy Robsart (istri dari Lord Robert Dudley, 1st Earl of Leicester, yang merupakan lelaki yang disukai Ratu Elizabeth I) thanks in advance ! :D

    ReplyDelete
  65. Anda mengecewakan saya sebagai penggemar blog anda.

    ReplyDelete
  66. Saya makin percaya klo ini kasus pembunuhan dan polisi LA sudah mengetahuinya hanya saja sengaja ditutup2i agar pelaku merasa aman. Asumsi saya:
    1. Jumlah pelaku 2 orang dan EL mengenal korban.
    2. Korban dipaksa naik ke atap gedung dan eksekusi disana dengan cara dibius atau juga dibekap hingga kehabisan nafas.
    3. Korban ditelanjangi dan di masukan kedalam tangki air dengan tujuan menghilangkan barang bukti dan memberikan jeda waktu untuk melarikan diri, itulah kenapa korban tidak terjun aja dari atap gedung klo memang mau bunuh diri, karena kalo terjun hari itu jg pasti langsung ketauan.

    Itu aja asumsi dari saya kesian dan terima nasib.

    ReplyDelete
  67. bang dari yang saya lihat saya punya masukkan ni
    saya bisa simpulkan dari rekaman cctv dan sedikit info yg saya baca di atas
    kalau menurut prediksi saya dia telah di bunuh, ini cuma prediksi ya bkn saya sotoy :D

    pertama dari rekaman cctv yg saya liat mungkin dia sedang bermain dgn seseorang dan bkn cuma sekali mungkin sudah sering karna dia mulai cek in sdh cukup lama juga
    tu dia ngajak temen nya ngejer dia dan berusaha ngagetin seperti yg abang bilang di atas na trs tu orang gak mau turun walaupun dia ngajak turun, tp tiba-tiba dia memperlihatkan gerakan bahwa temen nya tersebut mau mengajak dia berenang?
    itu bukanla sebuah gerakan maen-maen atau iseng tp seperti isyarat dari temen nya yang ngajak berenang kan??
    ke dua jika bener dia di temukan dalam kondisi telanjang ya jelas pasti bau nya sudah di sembunyikan oleh salah satu temen nya di lantai 14 itu yg memang sudah biasa maen di atap / bisa jadi udah tau seluk beluk tu hotel lah

    ni kesimpulan saya tu orang jg sering berenang iseng di dlm tengki air jd dia ngajak si korban berenang jg kan masih bisa ngambang kalo pintu nya ke buka kayak berendam la
    na mungkin si korban gk bisa berenang atau ketauan ama yg punya hotel sehingga mereka menutup pintu dari dalam eh na'as si korban gk kuat sehinggal kehabisan udara dan ninggal sementara temen nya selamat dan waktu liat temen nya udah gk gerak dia panik dan menutup tuh pintu air juga membawa baju sih korban pergi agar tdk menjadi tersangka jd tdk wajar kalu dia bunuh diri sedangkan bau nya tdk di ketemukan?

    itu prediksi saya :)

    ReplyDelete
  68. Seru banget. Selalu deg-degan bacanya.

    ReplyDelete
  69. Where are you Mr. Enigma?

    ReplyDelete
  70. cerita misteri memang menarik dan menarik pula cara penyajiannya. bravo.

    ReplyDelete
  71. Setelah membaca ulasan di atas, sepertinya jika bunuh diri rasanya agak janggal, mengapa? Jika ia bunuh diri secara telanjang, maka di mana ia menaruh bajunya?? Apakah bajunya di letakkan di suatu tempat dan kemudian Elisa pergi ke atap dengan keadaan telanjang? Sepertinya tidak mungkin, apakah pihak berwajib sudah menemukan pakaiannya? Intinya, di mana ia menyimpan bajunya jika ia benar bunuh diri secara telanjang? Dan jika benar begitu, mengapa pihak berwajib belum menemukan pakaiannya? Hehehe... Terima kasih sobat Enigma atas artikelnya yg sangat menguras otak

    ReplyDelete
  72. Definitely. Murder
    Agree with henda

    ReplyDelete
  73. Update Lagi Dong bro,udah sebulan kok gak update?
    mau ngilang lagi nih? -_-"

    ReplyDelete
  74. saya penggemar blog bro E dari dulu
    kalo sibuk,posting dikit2 gak apa lah bro asal update gak lama2 kayak dulu ^^

    ReplyDelete
  75. saya ingin menantang bro E membahas kasus kematian sisca yovie..

    ReplyDelete
  76. bung E ?, skrg udah bulan agustus nih?. Udah 1bulan gak ada postingan baru dari bung E, udah kangen nih...

    ReplyDelete
  77. banyak kemungkinan kematian Elisa Lam, mampir juga dong ke blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete
  78. kok ga update lagi kak E? Maaf, tanya bukan pada tempatnya. Ehehe

    ReplyDelete
  79. Mr. E, menurut anda Cerita Misteri lebih menarik karya siapa ? Agatha Cristie atau Sir Arthur Conan Doyle?

    ReplyDelete
  80. Hahahaha sangat gampang ditebak
    Dia sedang dikejar oleh mantan pacarnya yang ngamuk ,dia pun menteror liam dengan berbagai sms,buktinya tidak ditemukan hp nya liam kan? Setelah meneror nya maka tumbuh kegelisahan dr lima sehingga dia menjadi gila seperti itu
    Saat dia di atap maka muncul lah sang pembunuh lewat tangga darurat dengan mengejar liam hingga terjatuh kedalam tank air,tp dia teringat oleh hp yg ber isi sms terror trs dia melucuti baju liam untuk mengambil hp dan membuang baju tersebut
    Dan membiar kan liam mati tenggelam
    Ini adalah analisis ku yg cukup kuat

    ReplyDelete
  81. Selamat siang bro enigma,
    Request donk....... Ulasan bung enigma tentang "Pembunuhan Fransisca Yofie"
    Terima kasih

    ReplyDelete
  82. Kyknya bukan bunuh diri,
    tapi murder..
    bnyak yg janggal,
    Kalo dijadiin film horror atw thriller based on true cases sm org luar sn pasti kerreennn... :D

    ReplyDelete
  83. klw menurut saya ini kasus pembunuhan yang dibuat seolah2 bunuh diri..
    dan si pelaku adalh orng yg ahli dalam menghilangkan jejak dan barang buktinya..

    karna gk masuk akal klw elisa bunuh diri sementara di TKP tidak ditemukan pakainnya,,
    gk mungkin kan elisa berjalan dari lantai 4 dalam kondisi tanpa busana..

    bisa jadi ini adalh pembunuhan yg sudah direncanakan oleh pelaku, tempat dan cara membunuh elisa agar tidak meninggalkan jejak dan membuat penyidik bingung dan bertanya..

    bisa sj si pelaku membuat janji ketemu diatap hotel(Tempat yg sdh direnakan oleh pelaku tuk menjalankan aksinya), stlh bertemu di TKP si pelaku mengajak elisa tuk memainkan sebuah permainan(misalx: petak umpet atau sejenis permainan dalam air yg msing2 harus menggunakan tangki air yg berbeda dan tanpa busana, setelah si pelaku memastikan elisa sudah berada didalam tangki, si pelaku lalu menutup tangki tersebut, dan kabur bersama barang buktinya(pakaian elisa), dengan demikian elisa bisa mati karena kekurangan oksigen dan kedingan.

    * dengan demikian kematian elisa seolah2 karena bunuh diri..

    * dan menjadi misterius karena tak di temukan pakaian di TKP

    * dan sulit untuk mengklaimnya sebagai kasus pembunuhan karena tidak ditemukan kontak fisik dengan korban, dan hal2 lain yg memicu bahwa ini adalah kasus pembunuhan..

    hehehe
    ini sih menurut saya...

    ReplyDelete
  84. Maaf bang E, mau nanya? bang E anggota Illuminati ?

    ReplyDelete
  85. Mampir lagi sob, o iya Bung E, ada review dari ane buat sobat nih, hehhee

    ReplyDelete
  86. update lagi dong banggg udah lama ga cupdate nih..

    ReplyDelete
  87. min izin copas ya post-postnya untuk blog tugas sekolah

    ReplyDelete
  88. Bang enigma ilang lagi, semua blog misteri yang lain sekarang juga ikut menghilang. Ada apa ini? Huft

    ReplyDelete
  89. Bahas tentang pembunuhan sisca yofie sama kasus di mesir bang . Bakal rame kayaknya klu bung e yg ngepost

    ReplyDelete
  90. Salam bung E, saya sudah mengikuti blog ini sejak lama dan sempat kehilangan selama 2 tahun, sukurlah bung E kembali meng-update :). Ini adalah komen pertama saya untuk blog ini. Saya sependapat dengan adanya kecenderungan unsur bunuh diri dalam kasus ini. Mengacu pada riwayat bipolar dissorder yang dideritanya, dan melihat tingkah laku dia saat berada di lift maka saya berkesimpulan bahwa dia memiliki masalah kejiwaan yang lebih serius dari bipolar dissorder. Mungkin saja dia sebenarnya memiliki kecenderungan schizophrenia namun belum terdiagnosis. Dan gejala schizophrenia tersebut ternyata muncul saat dia berada di hotel itu yang menyebabkan dia berhalusinasi dan mempengaruhi tindakannya untuk bunuh diri (bisa jadi sebenarnya niatnya bukan bunuh diri). Itu saja pendapat saya. Btw penguraian yang menarik, sukses :)

    salam, G

    ReplyDelete
  91. sdr Enigma...
    sy suka baca artikel anda n komentar2 di blog ini...
    ada satu komentar di artikel anda yg judulnya "Misteri Unidentified Submerged Object - benda bawah air tak dikenal"
    di komentar 63 oleh sdr epsilon
    kasian bro udah hampir 3 tahun nunggu tntng analisis anda tntng jam analog....
    ato apa saya kelewatan mmbaca smua artikel anda...
    hehehe... klo kelewatan di bagian mana y artikelny...
    soalnya penasaran juga apa pendapat anda tntng itu, klo ga ada misterinya ya... gpp lah bro. untuk selingan aja....
    dari pada ga ada bacaan yg dibaca lagi, n kasian juga lihat sdra epsilon, udah cukup lama dia menunggu..
    trims blok anda sangat inovatif n kreatif..

    by : aad

    ReplyDelete
  92. kok lama nggak nulis artikel lagi bung e??? sy sdh lama mengikuti artikel bung e, cm baru kali ini comment..

    ReplyDelete
  93. Tapi kalo memang bunuh diri dg keadaan telanjang, bukannya jadi rancu ya?? Soalnya dmn si Elisa naro bajunya?? Ato dy udh telanjang sejak tadi alias telanjang dari kamarnya yang di lantai 4??? Kalo begitu kan pasti ada CCTV yang merekam keadaannya yang telanjang bulat.. Jd lebih masuk akal kalo dalam keadaan tidak telanjang bulat..

    Dan memang ini jadi susah krn kita g bs observasi lapangan langsung.. Krn menurut gw, kalo emg si Elisa muncul keinginan bunuh diri secara tiba-tiba krn penyakit mentalnya, tetep aja dy bunuh diri di dlm air yang notabene biasanya sukses membuat org tersadar kembali.. Soalnya kalo di air tiba-tiba napas jd sesak krn g bs bernapas.. Jd mnrt gw cara bunuh diri di dlm air adl untuk orang-orang yang HARUS SECARA SADAR ingin melakukan bunuh diri.. Bukan krn pengaruh apapun (bahkan pengaruh psikologis).. Jd gw lbh cenderung kematian krn kecelakaan atau krn pembunuhan..

    Jadi begini 2 kemungkinan menurut gw :

    1. Kalo kecelakaan, gw setuju sm hipotesa bhw Elisa tiba-tiba ingin bunuh diri gara2 penyakit jiwanya.. Tp mnrt gw, begitu dy terjun kedalam tangki, pintu tangki tidak sengaja ikut tertutup.. Mungkin ke sangkut bajunya atau pas dia terjun kesenggol sedikit atau memang Elisa masuk dg keadaan pintu tangki tidak terbuka lebar dengan kata lain Elisa mengganjal dengan tangannya sendiri sampai dy masuk benar dan begitu sudah masuk ya otomatis pintu tangki menutup dengan sendirinya.. Pokoknya pintu tangki tertutup secara tidak sengaja.. Nah di dalam air, dy tersadar dan berusaha membuka kembali pintu tangki.. Seperti yang kita lihat dlm gambar, tangki air cukup tinggi sehingga tidak bisa menjejak.. Biar bagaimanapun tangki air pastinya sengaja diciptakan cukup berat agar kalopun ada badai sekalipun, itu pintu ngga mudah terbang.. Apalagi untuk keperluan kebersihan sehari-hari.. Nah si Elisa bermaksud mendorong kembali pintu tangki tsb dari dalam air tp gagal.. Secara tenaga wanita.. Sampai akhirnya kehabisan napas dan meninggal..

    2. Klo pembunuhan g perlu gw jelasin panjang lebar.. Ya semua jd lebih jelas aja n ga aneh jg Elisa smp ada di tangki air itu.. Dan g aneh juga kalo memang mayatnya dlm keadaan telanjang.. Cm klo pembunuhan, hrs ada motifnya.. Apa si pembunuh dia kenal?? Atau si pembunuh mo ngerampok?? Ato si Elisa pernah melihat sesuatu yang seharusnya tidak Elisa lihat?? Dan jd pertanyaan bgmn si Elisa bisa masuk ke dalam tangki tanpa ada jejak obat dan bahkan tanpa ada perlawanan?? Yah gw g begitu ngerti obat sih.. Tapi bukannya ada obat bius yang ga perlu dimasukin ke dalam tubuh udah bisa pingsan bbrp jam ya?? Yang dihirup aja gtu.. Apakah itu juga meninggalkan jejak obat?? Dan perlu diingat ini sudah berhari2 Elisa di Air.. Jd kaya obat bius hirup gtu lbh gampang hilang jejaknya kan?? Well, gw g tau n g pernah belajar obat-obatan gtu..

    Intinya gw rasa yg msk akal ya pembunuhan ato kecelakaan..

    ReplyDelete
  94. Mystery........enigma emang top markotop

    ReplyDelete
  95. Hmm dugaan singkat saya juga bunuh diri, karena orang-orang yang memiliki ganguan mental bisa terlepas meski sesaat dari realitas. Tapi saya juga menduga jika Elisa menggunakan obat-obatan tertentu, coba lihat cara dia memutar tubuhnya pertama kali saat akan menekan tombol lift, gaya seperti itu hanya dilakukan oleh orang yang memakai obat atau sedang dibawah pengaruh alkhol atau seseorang yang sedang "bermain" dengan dunianya sendiri.

    Untuk penjelasan yang di duga elisa sedang menunggu temannya saya kurang setuju, pertama dari cara dia memasuki lift, dia tidak berlari dan tidak melakukan sesuatu hal yang aneh. Dia masuk ke dalam lift dengan cara yang biasa, berjalan santai.

    dan saya sekarang tiba-tiba sangat merinding, saya stop saja komentar saya sampai di sini wkwkwkwkwk

    Tambahan yang membuat saya ganjil dengan kasus ini bukan elisanya, tapi pihak kepolisiannya :D

    Untuk menangani kasus aneh semacam ini polisi tidak akan bekerja sendirian melainkan akan menggunakan jasa-jasa bidang lain yang terkait dengan kasus (Misalnya psikolog, psikiater, ahli bahasa tubuh, dll) hehehehe sekian :D

    ReplyDelete
  96. SEMUA BERIMAJINASI.

    BUNG E, MENDING BAHAS INI:

    KASUS PEMBUNUHAN / PENJAMBRETAN SISCA

    LEBIH REAL, JELAS ADA DI DEKET KITA DI INDONESIA, REKAMAN CC TV ADA, ULASAN BERITA ADA, KETERANGAN POLISI+SAKSI ADA.

    AYO DONK BUNG E.

    ReplyDelete
  97. Elisa Lam mati terbunuh.
    ada sesuatu yg disembunyikan oleh kepolisian Amerika Serikat

    ReplyDelete
  98. Waw hebat detail banget kayak tim penyidik aja... keep posting sobat!

    ReplyDelete
  99. wah, masih blm update yg br lg .... kangen info br mr E...!!!

    ReplyDelete
  100. kesimpulan saya, elisa lam bukan mati bunuh diri. tetapi ia dibunuh, karena menurut kepolisian, saat mayat elisa ditemukan, kondisi tangki terkunci rapat. sangat tidak mungkin bila elisa mengunci dari luar.

    ReplyDelete
  101. kemarin ini ada di on the spot

    ReplyDelete
  102. mari kita panggil Detektif Conan , pasti terpecahkan

    ReplyDelete
  103. bosen nunggu post baru, mungkin aja lagi sibuk bikin buku baru yg ada duitnya

    ReplyDelete
  104. mr E, jngn lama'' update info barunya...kangen berat sama info barunya !

    ReplyDelete
  105. Mas,,,bisa minta email mas E? Saya sangat tertarik dgn cara analisis mas...saya ingin ajukan 1 kasus ke Mas E...jika mas bersedia saya bisa jelaskan lewat email.. Email saya : pith_revoldy@yahoo.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  106. bang E. dari fotonya yg saya lihat dia pakai KACAMATA yg cukup tebal(saya jg pake). dan dgn keteblan segitu, kalo g pake kacamata ngeliat wajah orang jarak 2 meteran dah burem(gak nyaman bgt, apalagi kalo dah kebiasaan). kemungkinan besar kacamatanya ketinggalan, dikarenakan buru-buru. di video tad dia kan d lantai 14. kelihatan cemas bgt. kalo menurut saya dia DIBUNUH(ILLUMINATI,HANTU,ORANG). tapi kemungkinan org sdkit sekali. karena seperti yg d jlaskan BANYAK CCTV(sulit untuk tdk ketahuan). jd menurut saya pembunuhan illuminati ato hantu. dan karena polisi membatasi video dan informasinya, bisa saja, kan 2 hal itu suatu yg tidak logis. memang sejak kapan ad berita pembunuhan oleh hantu/illuminati secara formal/umum.

    ReplyDelete
  107. Kalau menurut saya ini pembunuhan soalnya ada tangga akses menuju ke atap jadi gak lewat lobby

    ReplyDelete
  108. wah betul-betul menegangkan sampai akhir

    ReplyDelete
  109. Aduh Bang E

    Baru sempet bisa komen sekarang setelah vakum sampeyan yang lama banget itu eh sekarang malah udah vakum lagi -_-

    Tapi intinya sih, saya tetep berterimakaasih Bang E udah sempat kembali posting memuaskan dahaga para penggemar misteri Indonesia dengan artikel-artikel ente yang berbobot

    Pokoknya, update lagi postingannya, Bang! :D

    ReplyDelete
  110. Gan saya mau tanya tentang the grinnig man dan the green childreen of woolpit, kalau ada waktu tolong jawab pertanyaan saya ini.Terima kasih.

    ReplyDelete
  111. Saya setuju dgn bung Henda kalau ini kasus pembunuhan.. Menurut saya petunjuk yang paling mencolok bukan cctv, tapi pakaian Elisa yang hilang. Kalau saya adalah Sherlock Holmes, petunjuk itulah yang saya jadikan acuan awal.

    ReplyDelete
  112. kok bung E nggak posting artikel baru, sih?

    ReplyDelete
  113. bung E, mengapa anda tidak memposting artikel baru? Saya masih penasaran tentang misteri yang ada di dunia ini, juga cara anda menganalisisnya. Kemana anda pergi?

    ReplyDelete
  114. lama gak update lg sibuk bikin buku baru ya bang E, lagipula posting disini gak ada duitnya hehehe... tapi kalo kedua-duanya dinamis pasti yg dibuku jg bakal laris.

    ReplyDelete
  115. Bung enigma, saya tantang anda membahas KONSPIRASI DUNIA PERUSAHAAN FARMASI tentang KEBOHONGAN HIV/AIDS. Yang sampai sekarang masih diperdebatkan oleh 2 belah pihak berlawanan yaitu : RETHINKER dan MAINSTREAM. Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  116. SEKADAR MASUKAN:

    Pak enigma kok Di artikelnya pake dI cantumin kemungkinaninan di bunuh illuminati segala?, sampe dibunuh hantu juga ada?, mohon maaf nih, artikelnya jadi keliatan KONYOL,kelihatan kayak artikel GEJE alias gak zelas. Mending lain kali yang kayak begituan gak usah dicantumin Di artikel2 mas selanjutnya. Mohon maaf, human kasih Saran

    ReplyDelete
  117. kalo menurut saya kecelakaan
    ada 1 faktor menarik yg mungkin kita semua luput

    kembali ke bipolar disorder
    penderita dikenal memiliki mood swing atau perubahan mood yg ekstrim
    dan orang yg memiliki suatu disorder pastilah memiliki pemikiran yg berbeda untuk menyalurkan mood yg sedang dirasakan
    mengingat elisa adl seorang yg introvert atau tertutup atau penyendiri
    baik saat gembira maupun depresi

    berikut adalah pandangan saya
    pada saat itu elisa sedang mengalami fase manik/gembira
    gembiranya seseorang yg introvert itu berbeda dengan yg ekstrovert
    dia lebih suka bergembira dengan dirinya sendiri drpd dengan orang lain
    mungkin pada saat itu elisa sedang dlm suasana gembira dan ingin melakukan sesuatu yg baru dan tidak umum
    mulanya dia menuju atap dan melihat sekitar
    lalu melihat tangki air dan sesuatu terlintas di benaknya
    "Mandi langsung di tangki air"
    melepas pakaiannya dan masuk ke dalamnya
    lalu menutup penutup yang akhirnya mengakibatkan elisa terpeleset dan tenggelam

    pada jaman sekarang banyak kegiatan yg dilakukan oleh seseorang pengidap disorder untuk menyalurkan moodnya dan hal yang dilakukannya ini cenderung tidak lazim serta berbeda dengan pandangan khalayak normal
    sudah pasti orang yang mengidap disorder mengalami ilusi atau delusi yg hebat sehingga mereka dg secara yakin melakukan hal2 tersebut dan bangga akan dirinya sendiri secara berlebihan

    ReplyDelete
  118. kalo menurut saya kecelakaan
    ada 1 faktor menarik yg mungkin kita semua luput

    kembali ke bipolar disorder
    penderita dikenal memiliki mood swing atau perubahan mood yg ekstrim
    dan orang yg memiliki suatu disorder pastilah memiliki pemikiran yg berbeda untuk menyalurkan mood yg sedang dirasakan
    mengingat elisa adl seorang yg introvert atau tertutup atau penyendiri
    baik saat gembira maupun depresi

    berikut adalah pandangan saya
    pada saat itu elisa sedang mengalami fase manik/gembira
    gembiranya seseorang yg introvert itu berbeda dengan yg ekstrovert
    dia lebih suka bergembira dengan dirinya sendiri drpd dengan orang lain
    mungkin pada saat itu elisa sedang dlm suasana gembira dan ingin melakukan sesuatu yg baru dan tidak umum
    mulanya dia menuju atap dan melihat sekitar
    lalu melihat tangki air dan sesuatu terlintas di benaknya
    "Mandi langsung di tangki air"
    melepas pakaiannya dan masuk ke dalamnya
    lalu menutup penutup yang akhirnya mengakibatkan elisa terpeleset dan tenggelam

    pada jaman sekarang banyak kegiatan yg dilakukan oleh seseorang pengidap disorder untuk menyalurkan moodnya dan hal yang dilakukannya ini cenderung tidak lazim serta berbeda dengan pandangan khalayak normal
    sudah pasti orang yang mengidap disorder mengalami ilusi atau delusi yg hebat sehingga mereka dg secara yakin melakukan hal2 tersebut dan bangga akan dirinya sendiri secara berlebihan

    ReplyDelete
  119. Pembunuhan tidak mungkin apabila ada pembunuhan maka itu menjadi pembunuhan yang sangat rapi dan dan bagus sekali . karena tidak ditemukan sidik jari sama sekali seperti yang ada di cuplikan cctv sepertinya dia mempunyai penyakit mental dan di cctv itu kliatan kalau si lisa ketakutaan , tapi kalok pembunuhan dugaan nya 1% dan kalok bunuh diri kesempatan dia adalah 80% karena disitu dia memutuskan untuk pergi sendiri dan apabila dia mengajak seseorang maka seseorang itu akan menggagalkan usaha bunuh dirinya. dan apabila ada kecelakaan kemungkinan 19% adanya karena sudah dikutip diatas tank air nya ada penutup yang mempunya Ensel seperti jendela . L .

    ReplyDelete
  120. eh...nongol lg... kirain ga bakal update lg. lanjutkan...

    ReplyDelete
  121. Saya rasa ada yang disembunyikan oleh kepolisian LA. Mana mungkin tidak ditemukan rekaman CCTV ketika Elisa keluar kamar dan menuju ke atap. Ini pasti ulah ILUMINATI yang sudah bekerja dengan sangat briliant dan mendapat dukungan dari pihak2 terkait. Hah.. hah.. hah...

    Keep posting Mr. E

    ReplyDelete
  122. Tuh Elisa Mungkin punya masalah dengan obat obat terlarang dan alkohol , mungkin Elisa dan temen temannya(yg naik tangga darurat)berpesta miras(indonesian bgt)karena linglung temen elisa kelepasa (merkosa)sadar akan perbuatan mayatnya di masukin ke tangki air . benda pestanya di bawa tuk menghilangkan jejak -Pendapat Saya(Maaf Kalo Salah Saya bukan AHLI Teliti tp Saya Ahli Mengkhayal

    ReplyDelete
  123. gua yakin dia mati karena di perkosa terus di buang ke tangki aiir.karena ga mungkin si pembunuh lewat di lorong hotel ato lif pasti dia mikir bakalan ke rekam kamera cctv. Jadi dia lewat tangga darurat buat ketemu ama si krban

    ReplyDelete
  124. kejanggalan yg pertama,kenapa pintu lift bisa terbuka terus?sedangkan dia udah nekan beberapa tombol di lift,kedua di rekaman dia tampak seperti berbicara kepada orang asing,ada 3 kemungkinan penyebab ini terjadi,satu pembunuhan yang drencanakan sangat rapi,dua,makhluk ghaib,tiga hanya peganut teori konspirasi yang tau bagaimana ini bisa terjadi

    ReplyDelete
  125. maaf bang, itu kok kemungkinan dibunuh illuminati dan dibunuh hantu ikut dimasukkan juga?, kelihatan seperti artikel konyol dan murahan dari blog lain, mending dihapus, maaf cuma kasih saran aja saya...saya lihat artikel2 lain sebelumya keren2, tapi ini???

    ReplyDelete
  126. (y) setuju dah :D pernjabarannya keren !

    ReplyDelete
  127. couldn't agree more :D that was so cool.
    brilliant thinking ;)

    ReplyDelete
  128. kalo bunuh diri terus bajunya di
    mana?

    ReplyDelete
  129. itu di bunuh bang, bkn bunuh diri. penjelasan abang ternyata salah.. udh ada berita terbarunya bang

    ReplyDelete
  130. lagian org klo udh mau bnuh diri udh kgk ad pikiran buat nutup tangki lg

    ReplyDelete
  131. Saya percaya ini homocide setelah liat analisis disini http://workingwithreality.blogspot.com/2013/03/elisa-lam-case.html?m=1

    ReplyDelete
  132. kalau melihat dari tingkah lakunya di cctv, seperti lagi mengekspresikan aksinya. diluar tingkah orang normal.... kalau bajunya bisa saja dibuang sendiri di tong sampah.

    ReplyDelete
  133. kalau melihat cerita diatas, saya lebih cenderung ke pembunuhan, ketimbang bunuh diri, keanehan terjadi lebih memberatkan ke pembunuhan

    ReplyDelete
  134. saya menyimpulkan..
    bhwa kematiannya dikarenakan dibunuh oleh mahkluk tak kasat mata lalu dijadikan tumbal,,,
    kalo masalah gerakan aneh di lift itu sya menyimpulkan dia mengalami gejala kyak idiot...
    kebanyakan orang keturunan china bisa berhubungan langsung ke dunia lain dgn menggunakan gerakan2 aneh seperti itu...
    itu kesimpulan saya...

    ReplyDelete
  135. gak pernah bosen ngeliat cara analisa bang E..

    ReplyDelete
  136. Telat komen, gw penasaran gimana rasa air yg di dalemnya ada mayat. Berbau atau gimana?di temukan lama juga kan, tamu hotel kalo gw gak salah baca ya, cuma komplen sedikitnya air. Sedangkan itu ada 3 tangki kan? Apa dari 3tangki itu jadi satu semua buat suplai air ke bawah jadi rasa air yg ada mayatnya gak ketauan? Atau gimana. Bisa bantu mas?

    ReplyDelete
  137. "Para penggemar misteri hingga pengguna internet untuk seketika lamanya bermain menjadi detektif dunia maya. Semuanya dilakukan dalam usaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada Elisa Lam."

    Ternyata ulasan ini juga ditulis oleh detektif dunia maya

    ReplyDelete
  138. EL emang di bunuh...

    ReplyDelete
  139. betul sekali...elisa mati dibunuh

    ReplyDelete
  140. Kecelakaan, Bunuh Diri ato Pembunuhan? Yg bisa diterima semua pihak adalah Kecelakaan.
    Hal itu juga menyelamatkan Nama baik hotel, Nama baik polisi. Saya yakin polisi tidak menutup begitu saja kasusnya...pasti dibelakangnya polisi terus melakukan penyelidikan. Kl polisi bilang pembunuhan, pasti media menguber2 polisi menanyakan siapa pembunuhnya dan masyarakat maupun penghuni hotel ketakutan karena pembunuhnya masih berkeliaran, kl kecelakaan kan case closed...kl polisi bilang bunuh diri, pasti media menguber2 polisi alasan kenapa bunuh diri...
    Paling pas memang kecelakaan, tp dibelakangnya penyelidikan pasti terus dilakukan untuk mengungkap kebenaran yg sesungguhnya...semoga kebenaran segera terungkap...

    ReplyDelete
  141. Dari semua komentar, saya tertarik sama yang gini "Timer di Video di potong durasinya [02:41] tau tau [02:49] "
    Mungkin ada Pengeditan yang dilakukan pihak Hotel Cecil. Atau malah Pihak dalam Hotel Cecil sendiri yang melindungi sang pembunuh,
    Mungkin juga si pembunuh menyogok Petugas Hotel.
    Ingat Mbah E...!! "Uang Berbicara"

    ReplyDelete
  142. saya heran kenapa pintu lift gak nutup2, apa memang liftnya rusak, atau memang ada tombol untuk mencegah pintu menutup (sy jarang pake lift jadi ga tau), atau ada sesuatu/seseorang yang menahan pintu lift supaya tidak menutup????

    ReplyDelete
  143. menarik sekali artikelnya.
    kasian juga ya.

    ReplyDelete
  144. ijn share ya bang...

    ReplyDelete
  145. bung e melewatkan 1 hal, kenapa hanya cctv yang di lift yang di rilis untuk publik? kalau ini bunuh diri, open aja semua cctv yang berhubungan dengan kasus, kenapa terkesan ditutup2i! sekian bang e!

    ReplyDelete
  146. Saya masih bisa belom mengerti, apakah pintu untuk menuju akses tangga darurat itu tidak dikunci , kalo sepengetahuan saya pasti pintu untuk menuju akses tangga darurat itu dikunci kecuali ada keteledoran sang pegawai di hotel tersebut,ataupun kalo kita lihat dengan seksama tangga darurat tsb tidak sampai atas atap hanya sampai 1 lantai dibawah TKP lalu untuk sampai ke atas membutuhkan kunci pintu untuk sampai ke atap . Dan apakah anda yakin di video kedua itu di hotel yang sama , kalo saya liat dari foto yang pertama itu yang dr atas banyak polisi , saya tidak menemukan tempat merah yang di coret-coret. Apabila ternyata sama-pun pasti rekaman itu dibuat oleh pegawai hotel, polisi, atau seorang turis yang ingin melihat TKP dan didampingi oleh seorang pegawai (mohon koreksi jika deduksi saya salah)

    ReplyDelete
  147. kalo gw berpikit sh mungkin journalistnya yang menjadi pelaku menurut gw, kenapa? dia mengambil pemandangan tanki di atap tidak tahu ada izin atau tidak, dan apakah dia sendiri atau tidak? jika tidak izin bisa saja dia memanggil elisa dan membunuhnya bukan? apalagi jika dia adalah temannya.. tak mau menuduh loh :(

    ReplyDelete
  148. dugaannya bisa saja pembunuhan bila mengunakan sudut pandang Non-Habitual Criminals :)

    ReplyDelete
  149. Untuk kemungkinan bunuh diri, mungkin saya bisa menyampaikan alasan kenapa Elisa memilih menenggelamkan diri daripada lompat dari gedung.

    1. Faktor gender. Cewek punya kecenderungan melakukan tindaka bunuh diri yang lebih "halus" ketimbang cowok. Sementara cowok memilih menembak kepalanya sendiri, cewek lebih suka minum racun.

    2. Faktor psikologis
    Ada kemungkinan Elisa memiliki keinginan untuk menghilangkan dirinya sendiri. Apabila dia yang menutup pintu tangki itu sendiri, maka artinya dia tidak ingin ditemukan.

    Suicider yang menggunakan cara melompat dari atas gedung (jumper) punya kecenderungan ingin dilihat / diperhatikan sehingga memilih cara bunuh diri yang spektakuler dan dekat dengan lokasi umum. Selain itu jumper punya keinginan memberi efek shock dari kematiannya pada orang2 yang dianggapnya menjadi penyebab keterpurukannya.

    ReplyDelete
  150. Bang, menurut sy di rekaman cctv lift yg korban seperti sdg menari, terlihat sdg berbicara menggunakan bahasa isyarat.

    ReplyDelete
  151. saya rasa pada saat dia di lift itu memberikan tanda atau seperti bahasa tubuh dan itu terlihat mencoba mengarahkan kanya kepada cctv, munkin saja tanda tanda atau semacam nya ,,, dan saya melihat dia bergerak seperti org yang berenang dan org yang kedinginan mnurut saya itu menyangkut mengenai ia meninggal di dalam tangki itu ...

    ReplyDelete
  152. amit amit jabang bayi, jadi air di hotel macet karena dalam tangki ada jenasah udah berhari-hari, oh my goddddddddd, nooooo

    ReplyDelete
  153. Yg bikin sy penasaran..kenapa pintu lift nya gak mau tertutup????? Biasanya bbrp saat setelah menekan tombol seharusnya pintu lift tertutup otomatis..kl gak bs, biasanya ada d utk menutup pintu tp knp pintunya malah kebuka terus???

    ReplyDelete
  154. mungkin dia , ngerasa ada yg ngikutin gan -_- (bisa berupa hantu , temennya, ato apalah), dia ketakutan nyari tempat bersembunyi , eh sialnya dia ngumpet di tangki -_-..

    ReplyDelete
  155. Benar seperti kata bang enigma this suicide
    Lupakan segala cara dan akses menuju ke atap, yg saya lihat dari waktu 4hari semenjak ia check in di hotel sampai ia menghilang. waktu yang cukup lama untuk memikirkan bagaimana cara bunuh diri yang baik, elisa pasti sudah memikirkan hotel, tempat, kamar dan akses untuk ia bunuh diri terlebih sebelum menghilang ia sempat pergi ke toko buku yang bertuliskan "the last book store" mungkin ini adalah pesan yg ia tunjukkan lalu kemungkinan saat atau waktu ia bunuh diri adalah pukul 19-21 malam diwaktu itu bnyk org hotel yg menggunakan air sehingga tangki air hanya terisi40-55 persen saja memungkinkan elisa mengapung untuk menutupnya dari dalam, lalu soal rekaman sy rasa itu tak terlalu berpengaru mungkin oleh elisa hanya sebagai pengecoh, terlebih elisa pasti sudah memperhitungkan segalanya well allahualam hanya allah yg mengetahui segalanya

    ReplyDelete
  156. salah satu mengapa saya menjadi fans berat anda karena, bung Enigma mengulas suatu masalah dengan gaya bahasa sendiri dan dengan kesimpulan yang bisa diterima oleh masyarakat umum,teruskan karyamu bung

    ReplyDelete
  157. bunuh diri nggak masuk akal. kalau seandainya dia nggak tahan dengan mudah dia pasti bisa keluar sendiri dari dalam tangki tersebut karna volume air didalam tangki nya mendekati penuh atau 75persen. tapi ulasan nya keren, sangat detail, salut.

    ReplyDelete
  158. Saya sih masih percaya pembunuhan daripada bunuh diri...liat rekaman cctv nya dia bukan sekedar menari tp dia seperti berbicara dengan seseorang pakai bahasa isyarat...liat gerakan tangannya pas diluar lift setelah gerakan seperti bernang atau menari...jika mungkin diajak ke atas gedung tp liftnya rusak...dia mau ke atas tp adanya cuma lift rusak...akhirnya dia diajak pakai tangga darurat...untuk alasan bunuh diri kenapa di tangki air saya jg memikirkan itu...kenapa gak loncat? Kalo dia tertekan bukannkah lebih baik loncat daripada menyiksa diri dia sendiri dengan di dalam air yg matinya lebih lama...kecuali ada tujuan tertentu...kalau dia melakukannya...bagaimana pembunuh melakukan pembunuhan.ya? Pertama dia menelpon lam...dia kenalan lisa lam...dia mengajak ke atas...dan membuat dia gak sadar dengan alkohol tinggi hingga mabuk dan pingsan dan kemudian menceburkan lisa lam ke dalam...dan menutup dari luar lisa lam yg sadar pun gak akan bisa keluar karena udah tertutup dari dalam dan pasti jg berat....dia akhirnya mati di dalam bagaimana alkoholnya hilang karena keluar dari nafas atau keringatnya maktu dia mencoba keluar dari air dengan segenap tenaganya...alkoholnya bahkan gak bakal terdeteksi karena airnya terllau banyak larut lah alkoholnya...

    ReplyDelete
  159. illuminati bisa saja melakukan hal yang diluar logika dan itu sudah biasa karena mereka sebelumnya terbiasa melakukannya.
    sebagai korban ritual persembahan, mereka adalah assasin yang nyata dalam kehidupan kita semua.

    ReplyDelete
  160. Baru baca kisah ini, kalo menurut saya pembunuhan dengan detail yang apik, dan pembunuh sudah mengenal cukup baik hotel Cecil ini. Dan lagi, EL mengenal dia. Kombinasi yang bagus utk sebuah kerapian. Tapi saya sangat apresiasi argumen Enigma. Logis.

    ReplyDelete
  161. Ini bukanlah bunuh diri ataupun kecelakaan, ini pembunuhan.
    Sudah jelas ini adalah pembunuhan. Pelaku berencana bertemu dengan korban di atap, perilaku elisa di lift bukan iseng atau bercanda tp itu kode, setelah itu elisa di beritahu untuk ke atap oleh si pelaku. Si pelaku bersembunyi dan menunggu elisa,ketika elisa datang si pelaku langsung membuat pingsan elisa. Setelah pingsan korban dimasukkan ke dalam tangki keadaan telanjang,knp? Karna agar mudah di masukkan, baju yg di pakai elisa cukup sulit untuk dilipat sehingga susah untuk si pelaku menekuknya. Ini adalah kejahatan sempurna, di saat kalian memikirkannya sang pelaku mungkin tertawa karna tidak akan ada yg menangkapnya.

    Alasan soal beli buku tidak ada hubungannya,hantu juga tidak, apalagi iluminati.

    ReplyDelete

  162. 1.kalo memang bunuh diri ... pasti elisa masih menyimpan baju yang dikenanakan di lift. ada rilis pakaian tersebut ditemukan oleh polisi ?

    2. ini menurut saya lho...saat elisa melakukan gerakan aneh seperti berenang, bagi saya dia seperti berbicara dengan seseorang, terkadang kita menjelaskan sesuatu denagn seseorang sambil menggerak gerakan tangan bukan ?
    tapi cctv di lorong lift tidak dirilis polisi dan dari cerita di atas polisi menginformasikan kehilangan elisa lam pada masyarakat setelah elisa hilang...ada yg ganjil kan??
    dan tidak mungkin polisi tidak mengecek cctv lorong lift
    dari sini ada dua kemungkinan :
    1. cctv lorong lift tersebut dalam keadaan rusak atau dibiarkan rusak/ tidak menyala.
    2. kalau cctv lorong lift menyala ada dua kemungkinan lagi :
    2a. memang ada seseorang disitu namun tidak ada satupun baik polisi ataupun pihak hotel mengenalinya makanya elisa dinyatakan hilang ( pergi dengan seseorang ) yang jadi pertanyaan berikutnya orang tersebut pasti sudah didentifikasi oleh polisi dengan karikatur wajah dan dicari polisi sebagai tersangka.
    2b. cctv lorong lift tidak dirilis polisi karena tidak ada siapapun selain elisa sendiri disitu, dia hanya melakukan monolog dan tidak menjurus kepada siapapun pelakunya, kalo cctv ini dirilis maka pihak hotel akan keberatan karena akan memunculkan spekulasi bahwa elisa sedang berbicara dengan hantu yang berdampak pada penurunan minat pengunjung hotel atau spekulasi bahwa elisa sedang terkena gangguan mental namun tetap saja tidak memberikan informasi yang kuat pada polisi kemana el pergi.

    3. kenapa pintu lift seperti tidak berfungsi dan tidak kunjung menutup ?

    saya kurang begitu paham bagaimana dia sampai di atap. yang jelas beberapa sumber menjelaskan kalo satu satunya akses ke atap adalah lewat tangga darurat yang terkunci.. naas hari itu penjaga kemungkinan lupa mengunci pintu tersebut.

    bagaimana dia ke tanki itu pertanyaan yang besar seorang perempuan bisa sya pikir sulit untuk bunuh diri ditempat yang tidak ditemukan kebanyakan kasus bunuh diri akan selalu mudah untuk ditemukan orang lain kecuali wilayah bunuh diri di jepang seperti hutan aokigahara. kasus pembunuhan selalu berupaya untuk menghilangkan korban jadi spekulasi ini tindakan bunuh diri saya mentahkan.

    so the question is percayakah anda elisa lam bunuh diri ??

    ReplyDelete
  163. kalau menurut saya sih bunuh diri karena dia kan ada penyakit gitu mungkin juga ga sadar masuk ke dlm tangki atau ada "hal lain" wallahuallam

    ReplyDelete
  164. mungkin bunuh diri kalau menurut aku atau ada "hal lain" entahlah,wallahualam

    ReplyDelete
  165. Bung E, sebenernya saya agak malu buat ngakuinnya tapi saya punya sedikit spekulasi soal kasus ini. Pertama kali liat wajah Elisa Lam (atau EL) dia mirip dg salah satu artis ***** amatir yang terkenal dengan Exhibitionist-nya (ntr nyari aja di google maksudnya apa). Nah seandainya benar EL dan orang yg saya maksud adalah sama, maka pertanyaan tentang mengapa dia pergi ke LA sendirian, mengapa dia pergi ke atap, mengapa dia bertingkah aneh di lift dan mengapa ia ditemukan telanjang akan terjawab. (ya berdasarkan hasil autopsy di wiki, dia ditemukan telanjang)

    "They reported that her body had been found naked in the tank, about half to three-quarters full, with the clothes she appeared to have been wearing in the elevator video floating in the water alongside her, coated with a "sand-like particulate". Along with them were her watch and room key."

    Namun, yg jadi masalah disini adalah kasus pembunuhannya. Sebelumnya, saya mau nanya, apa ada informasi tentang dia akan bertemu seorang 'rekan' di hotel itu atau tidak? dan satu lagi apa salah satu barang yang dibawa EL itu berupa kamera/ handycam/ webcam/ hape berkamera atau benda apapun yang bisa untuk merekam?

    seandainya iya dia bertemu seorang 'rekan' disana maka kemungkinan besar dia dibunuh.
    namun, jika dia membawa salah satu dari barang yang saya sebutkan dan barang tersebut ditemukan di sekitar tempat korban tewas dan tidak ada tanda" dia bertemu siapapun disana, maka kemungkinan besar dia kecelakaan saat melakukan aksinya.
    Terlebih lagi apabila tangki tempat ditemukannya korban pernah kosong baru" ini maka kecelakaan akan semakin jelas. Tapi untk kasus ini saya lebih cenderung ke dia meninggal kecelakaan saat melakukan aksinya dari hasil autopsy yang menyebutkan :

    "Lam's body was moderately decomposed, bloated and mostly greenish, with some marbling evident on the abdomen and skin separation evident. Tovar and Wang found no evidence of physical trauma or sexual assault, although they had a rape and fingernail kit done. They found no evidence to suggest that Lam had committed suicide."

    tentu saja ini baru spekulasi saya, nah yang jadi pertanyaan benda apa yang dimaksud "sand-like particulate" di paragraf pertama dan "marbling evidence" di paragraf kedua..

    ReplyDelete
  166. spertinya ada 1 misteri yang terlewatkan..
    yaitu kenapa pintu liftnya tidak kunjung tertutup setelah dan sebelum elisa lim keluar dari lift?
    setau saya, pintu lift apabila dlm keadaan tidak ada aktivitas,, lift trsbut akan tetap di lantai tersebut dgn pintu tertutup..
    ada yg bisa menanggapinya?

    ReplyDelete
  167. ulasan yang sangat rinci, teruskan bang

    ReplyDelete
  168. no one knows game elevators ritual ? maybe elisa playing elevators ritual when in the elevator ? who knows

    ReplyDelete
  169. Maybe elisa playing elevator ritual game when it elevator?

    ReplyDelete
  170. Makasehh blog nya .. Teryata Orng yg ad penyakit Bipolar Disorder serem yakk .. Pnya rencana bunuh diri(mungkin) yg hampir sempurna ... Kpikiran kya gtu susah jga yaa di tambah dia ngindarin cctv secara sempurna.__. Ad" aj manusia

    ReplyDelete
  171. Pada Menit 2.24 ada kaki yang tidak memakai sendal, yg jelas2 bukan kaki Elisa. Kemungkinan dia adalh orang terakhir yg bersama Elisa! Knp tidak memeriksa orng2 yang menginap di lantai tersebut. krn tebakan.q jika tidak memakai alas kaki, jadi kemungkinan dia penginap di salah satu kamar lantai itu.

    ReplyDelete
  172. Nostalgia...
    Kalo emang bunuh diri sambil bugil, masa bajunya ga ada?
    Gimana kalo sebenernya pintu tangkinya kebuka, cuman ada pegawai yang ke atas, terus nutup tangki tanpa melihat ke dalam?
    Gimana kalo petugas hotel pembunuhnya?
    Setiap penghuni hotel pasti nyewa kamar buat beberapa hari, kalo lewat ya diminta pergi, masa iya ga sadar Elisa ilang? kecuali kalo orang hotel pelakunya.
    Atau ada orang transaksi narkoba di atas, trus kelihatan Elisa?
    Kenapa ga dikamar aja bunuh diri?

    ReplyDelete
  173. Bung E, bagaimana nih kematian wayan mirna menurut analisa bung E

    ReplyDelete
  174. Kalau bunuh diri dan insiden tenggelam kurang masuk akal karena logika mana ada orang bunuh diri maupun kecelakaan melepas pakaian dulu

    ReplyDelete
  175. Betul bisa jadi reflek dari gelisah.

    ReplyDelete
  176. Kurang setuju karena ekspesi wajah elisa menunjukkan ketakukan bukan ingin mengagetkan orang

    ReplyDelete
  177. di tahun 2016, dan gue suka sama penjelasan blog ini!!!

    ReplyDelete
  178. Saya yakinnya bunuh diri tapi penjelaan lainnya juga masuk akal

    ReplyDelete
  179. Kalo menurut saya mungkin ada kerja sama antara pemilik hotel dengan orang yang pertama kali melaporkannya. Ibarat nya anda mau membakar sesuatu bahan nya sudah jadi alatnya pun lengkap tapi belum dibakar. Kalo belum ada yg mulai sandiwara tsb pasti mayat nya mungkin sampai sekarang belum bisa di temukan.saya bisa pastikan ini adalah kasus pembunuhan karena semua hal sebelum terjadi kematian dibuat seperti sudah ada skenario nya oleh sang pembunuh seperti yang film box office. Saya rasa yang menjalankan ini adalah pembunuh profesional.

    ReplyDelete
  180. wuih, baca enigma lagi, abis temen bawa topik 'elevator ritual'...
    seems legit buat ritual, tapi paling pas bunuh diri bro enigma, top deh..

    ReplyDelete
  181. Klo bnuh diri kok telanjang ya ?? Masalah nya baju nya kan gak ditemukan , mah masa dia lalu lalang sambil telanjang sebelum naik ke atap ???

    ReplyDelete
  182. Masih kurang nerima kalo dia bunuh diri:3

    ReplyDelete
  183. It has been 3 years and the case remain unsolved even the police stated it as accidental drowning. Poor her :(
    tapi nih yang gak banyak orang perhatiin, dia kan check in 26 Januari dan jasadnya ketemu 18 hari kemudian.. Di selang waktu selama itu masa ga ada anggota keluarga yang curiga atau nyariin dia? Minimal heran gitu kok tiba2 Elisa ga jawab telpon atau bales sms.. Gak menemukan artikel yg membahas hal tsb mungkin dianggap gak penting tapi tetap aneh menurut saya karena gimanapun dia perempuan dan nginep di hotel sendirian, pastinya harus ada komunikasi lah dengan keluarga atau kerabat. Apalagi dia katanya penderita bipolar disorder yang mestinya diawasin banget sama ortunya kecuali semua relatifnya itu orang cuek atau Elisa orang yang sangat tertutup dan relatifnya udah paham akan hal itu jd dibiarin aja. Tapi tetep aneh buat saya. Dan yang paling janggal sih dia emang check in buat berapa hari sih sampe selama itu tetep dibiarin aja. Orang nginep paling lama juga semingguan tapi ini sampe hampir 3 minggu tetep gak ada yang curiga kalo si Elisa nginepnya kelamaan. Maksudnya kok pihak hotelnya gak curiga atau menyelidiki lebih awal sih. Apa sebenernya udah curiga tapi baru ketemu 18 hari kemudian? Bisa jadi.
    Dan entah kenapa tapi rasanya ada hal yang ditutupi oleh kepolisian dari publik, karena semua terasa janggal sekali. Tapi gimanapun, pada akhirnya kita hanya bisa berspekulasi, entah itu dibunuh, bunuh diri, kecelakaan, sampe yang ngaco kayak bisikan setan.
    The true answer is only God and herself know. Tapi tetep kuharap kasus ini bisa terpecahkan sebaik-baiknya walaupun memakan waktu lama.

    ReplyDelete