Friday, May 22, 2009

Misteri hilangnya putri Anastasia dari Rusia terungkap

Anastasia adalah salah satu putri dari Czar Nicholas II, kaisar terakhir Rusia yang dibantai oleh pasukan komunis. selama puluhan tahun masyarakat Rusia percaya bahwa putri Anastasia berhasil lolos dari pembantaian dan hidup dengan menyembunyikan identitas dirinya. Sekarang misteri yang berumur 90 tahun itu mungkin telah berhasil diungkap oleh para peneliti dengan ditemukannya sebuah kuburan yang berisi tulang belulang dua manusia. Salah satu kisah paling romantis di Rusia ternyata berakhir dengan kelam dan menyedihkan.

Kisahnya bermula pada tanggal 17 Juli 1918, Pasukan komunis Bolsheviks Rusia menyerbu Istana dan membantai kaisar Nicholas II, ratu Alexandra dan kelima anak mereka yaitu Olga, Tatiana, Maria, Anastasia dan putra mahkota Alexei beserta pelayan-pelayannya. Revolusi Rusia dimulai dan mengakhiri pemerintahan dinasti Romanov yang telah berlangsung selama 304 tahun. Isu beredar di kalangan masyarakat Rusia bahwa dua anak NIcholas II berhasil lolos dari pembantaian. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya sebuah kuburan Masal pada tahun 1991 di Yekaterinburg di wilayah pegunungan Ural, 900 mil di timur Moskow yang berisi tulang belulang seluruh keluarga kerajaan, didalamnya tidak ditemukan jasad dua anak Czar Nicholas II lainnya. Publik percaya bahwa putra mahkota Alexei dan Anastasia berhasil selamat dan hidup dengan menyembunyikan identitas dirinya.

Namun para peneliti mengungkapkan dalam sebuah laporan baru-baru ini bahwa tidak ada akhir bahagia bagi seluruh anggota kerajaan, termasuk putri Anastasia.
Pada tahun 2007 tim peneliti berhasil menemukan kuburan kedua hanya beberapa ratus kaki dari kuburan pertama yang didalamnya terdapat sisa-sisa tubuh dua manusia. Analisa DNA terhadap dua bagian tulang manusia itu menunjukkan adanya hubungan antara tulang tersebut dengan tulang keluarga Romanov lainnya. Pemerintah Rusia mengkonfirmasi bahwa tulang tersebut salah satunya adalah milik putri Anastasia setelah mendapatkan hasil lab dari Rusia, Inggris dan Amerika Serikat.

"Saya diminta untuk melakukan studi tersebut." Kata Evgeny Rogaev, seorang ilmuwan molekular genetis di Universitas Massachusetts yang memimpin investigasi itu. "ini adalah kasus yang sulit," sambungnya. Laporan final hasil penyelidikan itu dipublikasikan secara online pada Februari 2009 di Jurnal National Academy of Sciences.

Sebuah pemandangan yang menyedihkan terpampang di hadapan para peneliti. Orang yang membunuh kedua orang tersebut telah mencoba untuk menghancurkan tubuh mereka dengan api dan asam sulfur, kemungkinan dilakukan untuk menyembunyikan identitas dan waktu kematian mereka. Hal ini telah membuat pekerjaan para peneliti yang dipimpin Rogaev menjadi lebih sulit dari yang dibayangkan.

Rogaev sebelumnya juga pernah diminta oleh pemerintah Rusia untuk melakukan tugas Forensik pada tahun 1997 terhadap tulang belulang di kuburan pertama. Sekarang ia telah diminta untuk mengakhiri sejarah kelam Rusia untuk selamanya.

Kunci yang digunakan oleh Rogaev adalah DNA mitokondrial yang terdapat pada sisa-sisa tulang. DNA mitokondrial hanya didapatkan dari ibu. Berbeda dengan DNA Autosomal yang bisa didapat dari ayah dan ibu. Dengan demikian Rogaev dan Tim dapat menghubungkan DNA tersebut dengan DNA ratu Alexandra. Kunci lainnya adalah dengan membandingkan kromosom Y dari garis keturunan Romanov. Penelitian dari kuburan kedua menunjukkan bahwa tulang tersebut berasal dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Jadi tim peneliti dapat membandingkan kromosom Y dari putra mahkota Alexei dengan Czar Nicholas II.

Tim peneliti juga mendapatkan bantuan dari tempat yang tak terduga, yaitu dari museum State Hermitage di St Petersburg. Museum itu menyimpan pakaian Czar Nicholas II yang mengandung noda darah, sisa dari upaya pembunuhan terhadap Nicholas II ketika ia mengunjungi Osaka pada tahun 1891. Dari noda darah itu, peneliti mendapatkan DNA yang jelas.

Dari semua perbandingan tersebut, maka terungkaplah bahwa tulang belulang di kuburan kedua adalah milik putra mahkota Alexei dan kakak perempuannya, beberapa beranggapan Maria, beberapa lagi beranggapan Anastasia. Namun bagaimanapun juga, keseluruhan keluarga Nicholas II telah ditemukan lengkap di dua kuburan tersebut. Itu berarti menutup misteri yang telah berumur 90 tahun untuk selamanya.

Tidak ada akhir yang indah bagi keluarga Nicholas II, terutama Anastasia. Dongeng paling romantis di dalam sejarah Rusia itu telah berakhir untuk selamanya di sebuah kuburan sepi tanpa nisan.


(msnbc.msn.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

34 comments:

Anonymous said...

Ironis sekali kenyataannya...
Sy sangat berharap andai Anastasia bisa hidup layaknya seperti di dongeng ciptaan Disney!

Anonymous said...

saya pernah lihat film dokumenter di Discovery tentang Anastasia, pada intinya saat ditemukan pertama kali dijumpai ada 5 kerangka manusia di kuburan pertama, kurang 2 kerangka. Pada kuburan kedua (yang ditemukan pada kurun waktu yang berbeda) terdapat 2 kerangka lagi, dimana kerangka laki2 telah dikonfirmasi sebagai PM Alexei, permasalahannya tim Rogaev tidak dapat menyimpulkan DNA pada kerangka perempuan sebagai salah satu kerabat Czar.
Disisi lain, penemuan kuburan kedua didasarkan atas publikasi dari dua warga rusia yang mendapat manuskrip asli pengakuan tertulis dari pimpinan tim algojo Czar puluhan tahun setelah peristiwa pembantaian tersebut, yang menyebutkan alasan kenapa mayat keluarga Czar tidak dikubur pada satu liang saja serta rentetan kejadian yang terjadi malam itu
Pendeknya, sang pimpinan tim algojo bercerita bahwa pada saat mereka membawa mayat keluarga Czar, ternyata mereka dicegat oleh sekelompok pendukung Czar dan terjadi sdu tembak, disaat itu baru mereka sadar bahwa ada 2 mayat yang hilang yaitu Alexei dan seorang putri Czar lainnya(tidak disebutkan siapa)
setelah berhasil megusir para pendukung Czar, maka diambil tindakan drastis untuk menutupi kesalahan mereka, itu sebabnya mayat2 tersebut disiram acid dan dibakar, sedangkan rekan lainnya berusaha mencari 2 mayat yang hilang.
agar tidak terlalu lama berada dalam hutan yang diyakini masih dikepung para pendukung Czar maka 5 mayat yang ada dikubur terlebih dulu, yaitu Czar dan istri serta 3 anak gadisnya.
beberapa saat kemudian mereka berhasil menemukan mayat alexei dan seorang gadis sehingga keduanya dikubur pada kubur kedua terpisah dengan keluarganya
Manuskrip ini lalu dilansir oleh pemerintah Rusia sebagai dokumen resmi yang dianggap menutup kisah tragis ini, tetapi kemudian muncul lagi cerita dari Afsel tentang seorang nenek2 yang sering menceritakan kejadian yang sama pada masa mudanya kepada 2 orang cucunya. Sang nenek meninggal pada tahun 80an (kalo gak salah)sedangkan detil cerita dokumen tersebut baru dirilis pada tahun 2000an. So...

wong said...

mas enigma, menurut anda russia keadaanya lebih baik saat dibawah kekaisaran romanov apa dibawah partai komunis bolshevik pada saat itu???

enigma said...

Dibawah romanov, Russia penganut Facis. Dibawah bolsyevik, rusia masuk komunis. Susah mengatakan mana yang lebih baik karena setiap jenis pemerintahan akan beradaptasi dengan keadaan zaman. MIsalnya Cina itu komunis, tapi kalo soal ekonomi, jelas tidak menganut paham komunis.

Tapi sekarang komunisnya Rusia juga sdh lebih adaptif terhadap perkembangan dunia.

wong said...

saya pernah baca komik Tintin yg petualangan di soviet, mas...
di dalam ceritanya, penulis komik sangat provokatif (provokasi tersembunyi-halus) agar pembaca komik tahu kalo komunisme itu jelek & menyengsarakan. lucu & aneh pokoknya :p

trims jawabannya

Anonymous said...

tanya dunk mas mengenai nenek2 di afsel tuh mau tau beritanya darimana??? coz pengen baca...@_@

enigma said...

sebenarnya soal nenek di afsel, saya tidak tahu pasti. soalnya anonymous yang komen di atas juga tidak jelas maksudnya. Apakah nenek itu mengaku sebagai anastasia atau apa. Salah seorang yang paling terkenal mengaku sebagai anastasia adalah anna anderson yang setelah meninggal dites DNA dan ternyata negatif.

Anonymous said...

animasi Anastasia itu bukan bikinan Disney lho..hehe cuma mau klarifikasi aja.. soalnya saya ngikutin semua film animasi disney dan anastasia ga masuk dalam daftar :)

Anonymous said...

sapa tu anstasia???
koq kyk g pernah w dgr critanya???

Prama said...

sorry sedikit ngejunk. tapi Anastasia bukan film keluaran Disney. hehe.

but I do love the soundtrack though.

hahaha..

anw. I dont find this is sad, malah sebagai Almarhumah, seharusnya dia bahagia disana bahwa sebegitu banyak orang2 yang mengidolakan dia sampai kisah hidupnya (walaupun cuma rekaan) dibuat sangat indah. :)

abzalom said...

>_< hih...sadis juga kumunis, tp untungnya kita negar demokrasi:)


peace demokrasi

Fadhil Djajasasmita said...

Saya lihat film di National Geographic, di situ, Keluarga Romanov di tahan dulu oleh tentara komunis.. Dan ternyata, Di Dinasti Romanov, ada 5-6 Tsar yang dibunuh, salh satunya Czar Nicholas II..

Anonymous said...

revolusi selalu makan banyak korban, menciptakan bnyk kengerian. apakah manusia ingin senantiasa membuktikan bhw mrk makhluk paling kejam d dunia ini??

Anonymous said...

kasihan banget sejarah nasib kluarga kerajaan Romanov , Rusia .
baguslah dengan adanya akhir dari sejarah misterius Rusia .
akhirnya terungkap juga .
saya juga merupakan penggemar film Anastasia , keren sekali ..

Anonymous said...

waw....crita ironis...keqnya mrip keq romeo n juliet deng..

Anonymous said...

saya yakin anastasia bahagia krn jiwa tak pernah mati "terinspirasi dari film the lovely bones " n einstein said " segalanya relative " sekaligus sedih .MODE on

Anonymous said...

Yang foto putri Anastasia masih kecil itu apa benar foto asli? Soalnya zaman itu masih belum ada foto warna kan?

Riezky said...

Itu foto asli. Teknik pewarnaan foto sudah dikenal walau dengan cara yang berbeda. potret berwarna pertama yang dibuat di Rusia o mengabadikan Sastrawan Leo Tolstoy. Anastasia meninggal sekitar umur 17-18 tahun. Foto keluarga yang diperlihatkan disini adalah foto resmi untuk publikasi dari tahun 1914.

Anonymous said...

saya tau sejarah ini ketika saya masih di skolah dasar(skrng sy sdh punya 2 anak berumur 12 dan 13 tahun) saya selalu menceritakan kisah ini kepada anak2 saya dan akhirnya ketika ada film kartun nya saya beli dan sy mnt mrka utk menontonnya..krn cerita ini sgt bagus dan penuh misteri....tp knp sy berkeyakinan kl anastasia itu memang lolos dari pembantaian komunis...?

Anonymous said...

ironis, kasian bgt. . .
aku baru nonton film dokumenternya di NGC.
semoga gak terulang lg kejadian keji sprti itu. . amiin. .

Anonymous said...

semoga para pembunuhnya masuk neraka jahanam!!....

Anonymous said...

ih.....

tpi kyknya pda saat sya bca blog tntg Putri anastasia ini sya mrsa ada prbdaan antra buku yg sya bca, buku ini klwrn thun 70-an.
dri blog ini di katkn bhwa org" pda jmn kerajaan Romanov itu prcya bhwa Putri anastasia berhasil melarikan diri sdgkn di Buku yg sya bca msyrkt Romanov pda saat tu tdk prcya bhwa seorg wnita yg wjhnya mrp dgn Putri Anstsia itu adalh putri Anastasia saat wanita itu mengaku bhwa ia adlah Putri Anstasia.
kejadian ini terjdi krna polisi sdg mlkkn pnyldkn kpda wanita yg mgku bhwa ia sdlh Putri Anstsia krna ditmkn mencburkn dri kdlm sbwh kolam dan di saat itu msyrkt tdk prcya (kjdian ini trjdi pda thun 20-an).

pdhl msh bnyk lgi prbdaan yg ign sya ktkn nmun sya tk pnya bnyk wku jdi lain kali sja yh.... bru sya smbg.

Anonymous said...

gosho aoyama pernah menyisipkan tentang pelarian alexei dan anastasia ke jepang dalam film Detective Conan the movie, mereka diceritakan hidup dalam penyamaran hingga keturunan mereka menjadi sasaran percobaan pembunuhan oleh keturunan gregory rasputin,,,,,,

Anonymous said...

Saya sudah berulang kali nonton movie anatasia , tp yg saya bingung nenek anatasia itu ada ga ya ? Trus dimitri itu ada ga ya dimasa lalu ?

Anonymous said...

Terus terang saya pribadi berdoa semoga kekaisaran Rusia bisa dipulihkan kembali, dan Kaisar Rusia akan sebagai pemersatu bangsa Rusia.. Amin.

Anonymous said...

Dimitri itu ada, http://en.m.wikipedia.org/wiki/Dimitri_Floydorovich_Sudayev

aurelia aldy said...

Dimitri tu ada tapi kayaknya anaknya rasputin harusnya

Post a Comment