Saturday, June 6, 2009

Penampakan terbaru monster danau Champlain

Para penduduk lokal di sekitar danau Champlain, New York mengatakan mereka juga memiliki Nessie sendiri. Mereka menyebutnya Champ. Walaupun monster danau Champlain tidak sepopuler Nessie, namun misteri Champ juga menarik banyak para pemburu monster dari seluruh dunia.

Sebuah rekaman video dari 'makhluk' yang kelihatannya sedang berenang di danau Champlain dekat Oakledge Park di Burlington minggu yang lalu telah memicu diskusi baru mengenai "Champ", monster danau Champlain yang legendaris.

Rekaman yang berdurasi hampir dua menit itu diambil saat matahari terbit pada hari minggu oleh penduduk lokal Burlington bernama Eric Olsen, 37, menunjukkan sebuah objek sedang bergerak melintasi sebuah teluk kecil dan wilayah pantai di Park.

Di beberapa bagian dalam rekaman itu, objek itu kelihatannya seperti mengangkat kepalanya di atas permukaan air. Di bagian lain, apa yang sepertinya bagian badan makhluk itu sepanjang beberapa kaki juga dapat terlihat.

"Aku hanya sedang merekam situasi danau ketika disudut mataku aku melihat sesuatu yang sedang bergerak. Aku segera mengalihkan kameraku kepadanya," Kata Olsen, seorang Web Developer dan musisi.

"Anda dapat melihat makhluk itu bergerak secara horizontal dan vertikal, naik turun permukaan air. Terlihat ia memiliki tubuh yang panjang" Katanya.

Olsen segera memposting videonya di Youtube. Tidak berani memastikan bahwa yang direkamnya adalah "Champ", ia hanya memberi judul videonya "Strange Sighting on Lake Champlain." Klik disini untuk melihat video Youtubenya.

Loren Coleman, seorang ahli kriptozologi terkenal yang bermarkas di Portland, Maine, mengatakan bahwa rekaman Olsen adalah salah satu bukti terbaik sampai hari ini mengenai "Champ" "Kita harus segera mencari tahu apa yang terlihat disitu." Kata Coleman. "Film itu harus diteliti dengan serius."

Kriptozologi adalah bidang ilmu yang mempelajari makhluk yang seharusnya tidak ada atau makhluk-makhluk legenda.

Sebelum rekaman ini, foto "Champ" yang terbaik adalah sebuah foto yang diambil tahun 1977 oleh Sandra Mansi dari Bristol ketika ia sedang berpiknik di danau itu dengan keluarganya. Foto itu diteliti dan dinyatakan asli hingga ditampilkan oleh majalah Time dan harian The New York Times.

Mansi, sekarang 66 tahun, yang menyaksikan video Olsen mengatakan bahwa ada beberapa kesamaan dan juga perbedaan antara apa yang dilihatnya pada tahun 1977 dengan apa yang terekam oleh Olsen.

"Aku memang melihat kesamaan bentuk kepala," Katanya sambil membandingkan fotonya dan video Olsen. "Satu hal yang berbeda adalah ukuran panjang leher. Di rekaman itu, ukuran lehernya kurang panjang. Namun apapun yang dilihat Olsen, paling tidak ada hubungan dengan apa yang kulihat.

Scott Mardis dari Winooski, seorang ahli kriptozologi yang lain yang telah menghabiskan banyak waktu untuk meneliti legenda "Champ" mengatakan bahwa rekaman Olsen sangat meyakinkan dan terlihat asli.

"Rekaman itu tidak terlihat seperti direkayasa," Kata Mardis. "Objek di dalam rekaman itu memiliki tekstur yang sama dalam semua frame. Tidak terlihat seperti hasil rekayasa komputer."

Mardis dan Coleman mengatakan bahwa gerakan ojek itu menunjukkan bahwa makhluk itu bukan berang-berang, rusa besar atau mamalia umum lainnya. Keduanya berpendapat bahwa makhluk itu kemungkinan seekor spesies anjing laut yang baru dengan leher panjang. Selama ini sebagian ahli berpendapat bahwa Champ adalah seekor berang-berang.

"Memang banyak kemungkinan, namun apabila makhluk itu adalah anjing laut yang salah habitat, pasti akan menarik." Kata Coleman.

Ellen Marsden, seorang profesor biologi di universitas Vermont memberikan pendapatnya bahwa makhluk itu kemungkinan seekor rusa besar yang sedang stress, bukan berang-berang.

"Ikan atau makhluk air lainnya jarang bergerak selambat itu di air." Kata Marsden. "Makhluk itu sepertinya tidak nyaman di dalam air. Ia berenang seakan-akan ada sesuatu yang salah." Ia juga berkata bahwa anjing laut tidak berenang dengan punggungnya keluar dari air.

Olsen mengatakan bahwa ia belum pernah melihat objek itu sepenuhnya keluar dari danau. Ia berhenti merekam setelah dua menit karena terbatasnya memori ponselnya dan ia takut apa yang direkamnya akan hilang.

Selain rekaman diatas, ABC News baru-baru ini juga mendapatkan sebuah video ekslusif yang menunjukkan seekor makhluk bergerak di dalam danau Champlain. Video itu diambil oleh dua orang nelayan dengan kamera digital pada musim panas yang lalu. Sebelumnya kedua nelayan tersebut tidak percaya bahwa Champ benar-benar ada.

"Kami 100 persen yakin dengan apa yang kami lihat, namun kami tidak yakin 100 persen makhluk apa itu." kata Peter Bodette, salah seorang dari nelayan tersebut. Sementara nelayan satunya lagi yang bernama Dick Affolter mengatakan, "Makhluk itu membuat aku merinding, aku belum pernah melihat makhluk seperti itu sebelumnya. Kami tidak melihat keseluruhan tubuhnya, namun kadang-kadang kami melihat beberapa bagian tubuhnya muncul ke permukaan" Sampai sejauh ini, sudah ada ratusan laporan penampakan Champ. "

Orang-orang melaporkan melihat sesuatu yang tidak biasa di danau, sesuatu yang seharusnya tidak ada di danau Champlain. Kemungkinan makhluk itu adalah makhluk purba yang seharusnya sudah punah." Tulis Lohr McKinstry, reporter Press Republican yang telah menulis tentang Champ selama lebih dari 20 tahun.

Sesungguhnya Fenomena Champ telah dimulai sejak 1880 ketika PT Barnum, seorang pemilik sirkus terkenal menawarkan $50.000 bagi siapa saja yang dapat menangkap Champ, hidup atau mati. Para pemburu dan nelayan berlomba-lomba menangkap makhluk itu, namun tidak ada seorangpun yang berhasil.

Mengenai rekaman tersebut, dua orang pensiunan FBI yang menelitinya mengatakan bahwa rekaman itu otentik. Selama ini banyak penampakan Champ yang dilaporkan, namun hanya sedikit yang disertai dengan bukti foto yang meyakinkan.


(monsterandmyth.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

12 comments:

the three gun said...

g sependapat dgn ellen marsden dr video yg g liat gerakan mahluk tu kaya bkn mahluk yg berasal dr air. soalnya dia seolah2 bergerak dgn lambat dan kesulitan gitu... gmn klo tu cm kerjaan org yg pk kostum trus berenang d danau itu. itu cm pendapat gw ja ya....

Anonymous said...

seolah" makhluk itu berhenti berenang karena kehabisan nafas, anehnya jika makhluk itu berasal dari air...tidak mungkin dia berenang selambat itu...

lagipula ketika berhenti mengapa punggungnya tenggelam?, bukankah seharusnya punggungnya tetap muncul di permukaan seperti kuda nil/buaya berenang...

hmm...sepertinya ada perenang dibawah makhluk itu =)

Agung said...

Saya pernah melihat acara di Discovery channel mengenai beraneka macam hoax, di film tersebut niat banget bikin hal2 aneh untuk tujuan bahwa semua bisa direkayasa. Sampai2 kapal selam kecil berawak 1 didandani sedemikian rupa menyerupai monster dan berenang2 nyembul tenggelam di sebuah danau, padahal itu adalah kapal selam mini.

Tokrem said said...

Kl lporannya da sebanyak itu 100 lbh, psti bkn boongan. sy pribadi prcaya kl mmg da ssuatu di danau champlain.Video rekaman dr abc news ko g ada, jd pnasaran neh....

Anonymous said...

saya berfikir itu sperti seekor anjing yg sdang brenang..
namun tdk mnutup kemungkinan bhwa itu memang seekor "champ"..
tahukah kalian,, bahwasannya seekor buaya ataupun kudanil akan memunculkan sebagian kepalanya saja saat mereka menemukan sesuatu atau bisa di sbut mangsa..
jadi saya percaya dengan video ini..
tp apakah bsa d pstikan bahwa "champ" itu benar ada??
mohon tanggapannya bang enigma..
(^_^)

Bagus13 said...

@bro agung,,bisa jadi sperti itu.
tapi masalahnya ini kejadian nya di pagi hari..dimana blm tentu ada orang saat itu...

(bukankah hoax2 sperti itu bertujuan membuat sensasi ya? yang ditujukan untuk orang2 yang di pinggir danau? )


klo kemungkinan hoax spertinya nggak deh..selain dari 100 penampakan,ga ada alasan kuat mengapa hoax tsb direkayasa sedemikian rupa.

andi Ekologi said...

Wah... Ini situs yang benar2 menarik!!!
Thx admin ada juga situs beginian di Nusantara

hipnotis surabaya said...

Tidak seluruhnya yang didunia ini kita tahu, iu sudah menjadi hukum Alam termasuk adanya Monster Laut

Anonymous said...

di dunia ini semua mahluk hidup ada termasuk monster laut diatas, loch ness dll. tuhan sudah menetapkan semuanya

juliyanti mandasari said...

itu hanyalah seperti anjing yg sedang berenang. nothing strange in there :O

Post a Comment