Thursday, August 20, 2009

Misteri Holadeira - makhluk misterius dari Amazon

Amazon adalah salah satu tempat paling misterius di dunia. Hutan lebat, sungai yang dalam dan panjang, makhluk-makhluk buas yang tidak terbayangkan. Adakah monster yang belum pernah diketahui muncul dari wilayah ini ? Mungkin ini salah satunya, monster aneh yang sering disebut Nessie dari Amazon.


Seorang pemancing ternama bernama Jeremy Wade dua kali menjumpai makhluk misterius yang dikenal dengan nama Holadeira ketika ia sedang mencari lumba-lumba merah jambu dari Amazon (Inia Geoffriensis). Pertama kali ia melihat makhluk itu adalah pada tahun 1993. Saat itu ia melihat sebuah bentuk badan yang bergerigi muncul diatas permukaan air sekitar 100 kaki dari perahunya.


Wade yang penasaran menanyai para penduduk lokal yang tinggal di dekat sungai mengenai makhluk itu. Herannya, tidak ada seorangpun yang mengetahui ada makhluk seperti yang dideskripsikan olehnya.

Wade lalu kembali ke Inggris beberapa minggu kemudian dan membawa foto-foto hasil jepretannya untuk diproses. Salah satu foto yang dibawanya ternyata memang menangkap sosok makhluk aneh itu. Apabila dilihat dari warna dan gerakan makhluk misterius itu, maka para peneliti percaya bahwa makhluk itu adalah lumba-lumba merah jambu Amazon. Namun mereka juga tidak tahu bagaimana hewan itu bisa memiliki bentuk sirip atas seperti itu. Jadi, Wade kembali ke Amazon tahun berikutnya untuk mencari tahu.

Di Amazon, Wade bertemu dengan seorang penduduk lokal yang mengaku bahwa ia melihat makhluk itu dua minggu sebelumnya di sungai. Ia menyebutnya "Holadeira", yang artinya "gergaji". Dari situlah asal nama Holadeira yang digunakan Wade. Ternyata tidak butuh waktu lama bagi Wade untuk melihat kembali makhluk itu. Ketika ia sedang merekam sekelompok lumba-lumba yang sedang muncul ke permukaan, ia melihat Holadeira, kali ini kepalanya terlihat, dan memang makhluk tersebut ternyata seekor lumba-lumba. Namun lumba-lumba jenis apakah yang memiliki sirip seperti itu?

Teori yang paling sering diajukan adalah sirip lumba-lumba itu rusak akibat jaring nelayan atau baling-baling perahu nelayan. Kemungkinan lain adalah kelainan genetika yang diderita oleh lumba-lumba itu. Sepertinya makhluk itu bukan spesies jenis baru karena hanya satu lumba-lumba yang pernah terlihat.

Namun ada kemungkinan lain, karena Wade terbiasa melihat lumba-lumba, Wade mengasosiasikan makhluk itu dengan lumba-lumba. Padahal mungkin makhluk itu memang adalah monster jenis baru dari Amazon. Lagipula, apabila siripnya rusak akibat jaring nelayan, maka bentuk kerusakannya terlalu rapi.


(fortunecity.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

17 comments:

teguh said...

kalo di Amazon kan suka ada cerita di film2 tentang suku yang semuanya Cewe benar ada gak sih...? kalo bener ada baru seru tuh... (kira2 kembang biaknya gimana ya?kan gak ada cowonya)

Mihael Keehl said...

unik kok enigma!!! tapi seperti biasa namanya juga misteri.. ya ga jelas gitu deh :)
hahahhahahha... kaya stegosaurus dalam sungai aja..

Anonymous said...

asyik da monster lagi... tanya dunk, mau belajar kriptozoologi (yg pernah ditulis enigma) ntu dimana ya??? hehe...

btw, mank vampire ntu ada berapa macem c??? truz vampire ntu beneran ada g??? ap cuma sebuah penyakit ja???

thx...

enigma said...

Cryptozoology itu cabang ilmu yang tidak diajarkan di Univ manapun. Sebenarnya yang disebut ahli Crytozoology adalah ahli Zoology yang menyimpang dengan mempelajari hewan2 yang belum terdokumentasi oleh sains modern. Jadi kalo mau jadi ahli Cryptozoolgy, jadilah ahli Zoology dulu. Di Univ luar negeri banyak, di Indonesia saya tidak tahu dimana.

Tapi ada juga cryptozoology yang bukan berasal dari ahli zoology, mereka adalah orang-orang yang mengabdikan waktu untuk belajar soal makhluk-makhluk misterius di dunia. Contoh kan sering lihat ada pengamat Teroris, padahal kan tidak ada pelajarannya di dunia. sama seperti itu. Yang penting fokusnya untuk mempelajarinya.

Soal vampire, hingga saat ini belum bukti bahwa ada manusia vampir. yang ada adalah kelelawar vampir yang minum darah ternak. Vampir juga umumnya hanya hidup dalam legenda dan kepercayaan masyarakat, seperti salah satu artikel saya yang berjudul "tengkorak vampir abad pertengahan ditemukan di Italia".

Namun, sebenarnya di Indonesia dan luar negeri sering ditemukan kasus ternak yang mati dengan kehabisan darah. Tapi di luar negeri, mereka menyalahkan alien atau Chupacabra. di Indonesia, mereka menyalahkan praktisi ilmu hitam.

cholid __G (cholid zufar) said...

kk enigma pingin tahu cara posting di duniahakam tekan aja Poskan Komentar di bawah tulisan komentar

Anonymous said...

katanya pertemuan kedua pas dia lagi ngerekam lumba2. trus rekamannya mana donk?

Anonymous said...

mas ada gk foto ato video yg nampak kepala nya?

Anonymous said...

numpang komen OOT:
Jadi, apakah (http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/08/konspirasi-pemanasan-global.html) membuat Mr. Enig menyukai George W. Bush???

Fajri ganteng said...

Gue waktu lagi mancing di dermaga pelabuhan, gue lihat sesuatu lagi berenang warna hitam (itu punggungnya) di punggung benda itu ada durinya, perasaan gue sih itu godzilla, yang gue lihat itu gede banget, gue lempar pake batu, pas gue lempar dia malah kabur, maaf kelupaan merekam monster itu

Post a Comment