Thursday, September 10, 2009

Misteri segitiga bermuda

Dalam satu abad terakhir ini diperkirakan sekitar 50 kapal laut dan 20 pesawat terbang menghilang secara misterius di suatu wilayah yang disebut segitiga bermuda. Tidak heran banyak orang menyebut wilayah ini dengan nama segitiga setan. Setelah hampir satu abad berlalu, adakah misteri yang masih tersisa dari segitiga bermuda ?


Segitiga bermuda membentang di lautan Atlantik yang dibatasi oleh garis yang menghubungkan Florida, pulau bermuda dan puerto rico. Luasnya sekitar 1,2 juta km2. Misterinya dimulai ketika banyak kapal laut, perahu dan pesawat terbang menghilang secara misterius di wilayah ini. Menurut para peneliti, di wilayah ini hukum fisika dilanggar habis-habisan.

Bahkan hingga kini, segitiga bermuda masih sering menjadi topik favorit buku-buku novel dan film-film Holywood. Kisahnya tidak pernah habis dibahas di situs-situs paranormal dan misteri, termasuk di blog ini.

Nama segitiga bermuda awalnya datang dari seorang wartawan bernama Vincent Gaddis yang menulis artikel berjudul "The deadly bermuda triangle" yang terbit pada FebruarI 1964 di majalah Argosy. Namun Legenda ini dihidupkan dan dipopulerkan oleh seorang penulis bernama Charles Berlitz yang menulis buku berjudul "The Bermuda Triangle" pada tahun 1974.

Salah satu kisah pertama mengenai misteri ini adalah peristiwa yang terjadi pada tahun 1918. Pada saat itu sebuah kapal bernama USS Cyclops yang memiliki panjang 542 kaki dan membawa batubara untuk angkatan laut Amerika sedang berlayar dari Salvador ke Maryland. Kapal itu tidak pernah sampai ke tujuan. Para pencari hanya menemukan keterangan bahwa kapal itu berlabuh di Barbados pada tanggal 3 dan 4 Maret untuk menambah persediaan. Setelah itu, hilang tanpa jejak.

Kisah lain yang populer adalah misteri hilangnya 5 pesawat militer Amerika (flight 19) pada tanggal 5 Desember 1945. Pada hari itu, 5 pesawat pembom Avenger berangkat dari pangkalan angkatan laut di Fort Lauderdale, Florida pada pukul 2:10 sore. Kelima pesawat itu dikemudikan oleh para prajurit penerbang dengan dipimpin oleh Lt. Charles Taylor.

Satu setengah jam kemudian, Lt Robert Cox di pangkalan menerima transmisi radio dari Lt. Charles Taylor yang mengatakan bahwa kompasnya berhenti bekerja dan ia kebingungan menentukan arah. Selama beberapa jam berikutnya, pangkalan masih bisa menerima komunikasi radio dari lima pesawat itu hingga komunikasi terputus total pada pukul 7:04 malam.

Dua pesawat kemudian diperintahkan terbang untuk mencari kelima pesawat itu. Salah satu pesawat pencari tidak pernah kembali ke pangkalan. Sang penolong telah bergabung dengan kelima pesawat tersebut, menghilang begitu saja.

Misteri ini telah membuat berbagai teori muncul ke permukaan. Menurut para ufolog, di dasar laut Atlantik tempat segitiga bermuda ada markas alien yang menculik para kapal dan pesawat. Menurut para penganut new age, pesawat dan kapal menghilang karena residu kristal yang berasal dari pulau Atlantis yang misterius. Menurut para spiritualis, segitiga bermuda adalah pintu menuju dimensi keempat.

Menurut peneliti yang lebih rasional, fenomena ini bisa disebabkan karena gangguan elektromagnetik. Bagi para skeptis, yang paling bertanggung jawab adalah cuaca buruk, ketidakberuntungan, bajak laut, navigator yang inkompeten dan human error.

Menarik, karena teori-teori tersebut tidak berakhir sampai disana. Seorang Psikiater bernama Dr Kenneth McCall memiliki teori lain. Ia melacak sejarah segitiga bermuda hingga ratusan tahun sebelumnya dan menemukan bahwa wilayah itu dulunya adalah tempat lalu lalangnya kapal pedagang barat. Dan ia menemukan satu fakta mengejutkan. Pada masa perdagangan budak, diperkirakan 10 juta budak dibuang ke laut itu, apakah karena mereka terkena penyakit, atau karena hukuman.

Menurut Dr McCall, arwah 10 juta budak itu dapat mengacaukan pikiran para pilot atau navigator yang melintas. Hmm. lumayan masuk akal.

Misteri segitiga bermuda terus berlanjut hingga tahun 2000. Pada saat itu sebuah kapal Inggris yang tenggelam 70 tahun sebelumnya (bukan di segitiga bermuda) berhasil diangkat dari dasar laut. Kapal ini terbukti menjadi kunci pengungkapan misteri Segitiga bermuda yang lebih rasional, yaitu gas Metana.

Menurut mereka di wilayah tertentu di lautan, kadang gas metana tersembur keluar dari dasar laut. Naiknya gas ini ke permukaan menyebabkan berkurangnya kepadatan air laut dan akan menyebabkan apapun yang ada di permukaan laut tenggelam. Bahkan jika para awak kapal terjun ke permukaan dengan pelampung, tetap saja mereka akan tenggelam.

Dan di wilayah segitiga bermuda, ditemukan beberapa bagian dimana gas metana biasa menyembur ke permukaan laut. Ini memang bisa menjelaskan penyebab tenggelamnya kapal laut. Tapi masih belum bisa menjelaskan penyebab hilangnya pesawat terbang.

Kemudian pada tahun 1975, seorang bernama Larry Kusche yang berprofesi sebagai pustakawan di Arizona State University meneliti misteri ini dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan kesimpulan yang sangat berbeda. Menurutnya, tidak ada misteri di segitiga bermuda. Ia menulis hasil penyelidikannya dalam sebuah buku berjudul "The Bermuda Triangle Mystery - Solved".

Ia menemukan banyak laporan kecelakaan di segitiga bermuda tidak dilaporkan secara akurat. Contoh, ia menemukan satu laporan mengenai kapal yang tiba-tiba hilang di lautan yang tenang, padahal kenyataannya lautan saat itu sedang dilanda badai.

Di bagian lain, ia menemukan banyak kisah yang ditulis mengenai kapal-kapal yang menghilang secara misterius. Padahal kenyataannya bangkai kapal-kapal tersebut ditemukan dan penyebab tenggelamnya sudah dapat dijelaskan.

Dalam kasus lain ia menemukan seorang penulis menyebutkan satu kapal hilang di segitiga bermuda. Padahal sesungguhnya kapal tersebut tenggelam 3.000 mil jauhnya dari segitiga bermuda.

Lagipula dengan luas 1,2 juta km2 (9 kali pulau jawa) dan lalu lintas pelayaran yang padat, adalah hal yang wajar apabila ada beberapa kapal yang tenggelam disitu. Lagipula pesawat dan kapal yang tenggelam beberapa puluh tahun yang lalu memang belum memiliki sistem navigasi yang memadai.

Setelah hampir satu abad, pertanyaannya adalah, apakah masih ada misteri yang tersisa dari segitiga bermuda. Kelihatannya yang masih menjadi misteri adalah bagaimana segitiga bermuda bisa menjadi misteri.

Mungkin kisah dan cerita yang kita dapatkan memang bercampur aduk dengan imajinasi manusia. Mungkin Larry Kusche memang benar. Tidak ada misteri di segitiga bermuda. Lagipula insiden terakhir yang terjadi adalah pada tanggal 22 Desember 1967, 42 tahun yang lalu.

Jika itu kenyataannya, saya turut bersimpati untuk para penggemar misteri segitiga bermuda yang berduka.


(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

101 comments:

  1. wah klo gitu gak asyik lagi dunk mistery nya udah terungkap...btw templatenya bagus download dari mana nih, saya juga pengen nyoba...

    ReplyDelete
  2. jhon doe nih,
    sptnya pernah baca ulasan bung enigma ini, mirip dengan di wikipedia??

    ReplyDelete
  3. saya dari dulu kuarng tertarik dengan misteri dehitiga bermuda karena menurut saya hal seperti itu memang kurang misterius..

    ReplyDelete
  4. kita juga punya kok segitiga bermuda, mister enigma....namanya masalembu triangle...letaknya mulai pulau masalembu di paparan sunda membentuk sudut segitiga sama sisi kearah barat timur laut jawa dan memotong utara selatan selat makasar...sering juga kapal banyak yang hilang atau mengalami naas begitu melalui masalembu ini...

    ReplyDelete
  5. Hmm, kasusu kapal Mary Castelette gimana ya ?
    Pernah lihat di National Geographic tahun 2000an mengenai masalah segitiga bermuda dan ada kasus tahun 1997 tentang sebuah pesawat terbang yang mengalami turbulance dan sampai di tempat tujuan dalam waktu 30menit padahal seharusnya memakan waktu sau setengah jam lebih !!

    Keep posting :P !!

    ReplyDelete
  6. banyak artikel yang bagus dan menarik (menurut saya) dan banyak juga yang hanya berupa foto, alangkah bagusnya jika ditambah dengan keterangan2 yang mendukung. trims n semoga sukses.

    ReplyDelete
  7. msh menjadi misteri,hanya Tuhan yang tahu..karena Tuhan yang menciptakan..

    ReplyDelete
  8. Artikel mengenai Segitiga Bermuda udah gw tunggu banget! Makasih buat Enigma yang udah mau tampilin artikelnya.

    Gw rasa orang2 pada gk berani berlayar ato terbang di daerah Bermuda lagi. Waktu tuh di TV juga ada tayangannya. Ada seseorang yang mencoba terbang di atas Bermuda. Gw udah lupa kejadiannya seperti apa. Enigma tolong cari artikelnya ya.. :)

    ReplyDelete
  9. kakak bagus n seru. . .
    saya juga punya blog, tapi gak sebagus punya kakak..
    saya baru aja bikin, dan masih bingung cari templatenya yang bagus..
    saya terinspirasi mw bikin seperti punya kakak..
    tolong bantuannya ya,,
    saya berharap sangat kakak mau bantu aku..

    terimakasih :)

    ReplyDelete
  10. kamu kasih tahu saya mau dibantuin dalam hal apa saja. ntar pasti saya bantuin. ok. oh ya. kalo mau via email saja. email saya ada di menu dibawah header yang tulisannya "contact me".

    ReplyDelete
  11. segitiga bermuda terlalu sulit dipecahkan kemisteriusannya, manusia susah untuk menjangkau itu....kampung itu takut kepada kita kalau kita taat kepada Allah SWT...

    ReplyDelete
  12. wih takut dong kalo mau ke situ.hiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
  13. boss ... ada gak info ttg misteri laut hitam .. yg dimana tidak ada makhluk apapun yg hidup disana n konon itu tempat dimana Allaah membalikkan bumi kaum sodom ..

    ReplyDelete
  14. Mr. Enigma..ada g insiden2 yg berhubungan dengan segitiga bermuda di jaman yg canggih ini..mengingat insiden terakhir terjadi 42 tahun y lalu..posting ya..

    -indah_

    ReplyDelete
  15. mas enigma,cariin ttg davinci dung.
    trz ttg himalaya dan misterinya

    ReplyDelete
  16. Pertanyaan nya sekarang, masih ada ga kapal & pesawat yang lewat situ zaman sekarang, ilang ga?
    Klo ga ilang berarti Misteri Segitiga Bermuda cuma Mitos & Propaganda Amerika ma kroco2 nya, gatau dah tujuan nya apa?

    ReplyDelete
  17. the rolis

    coba deh cek lagi ke segi3 bermuda. pake camera yang cangih. buktiin dong bener ngaknya?

    ReplyDelete
  18. Apakah benar daerah ini merupakan pusat kerajaan lain...? Entahlah, yang jelas misteri tetap menjadi misteri.

    ReplyDelete
  19. Coba cek data baru, ada yang hilang let say 80-90 ,ada di bbc ato discovery, lupa (<-- heboh dimedia zaman itu, mungkin orang kaya ato orang top). Berlayar dari Haiti ke Florida, ato Cuba ke Florida, lupa....Have Fun..... :)

    ReplyDelete
  20. WIIIH,,, ini salah satu misteri dunia yang hebat nih,,,
    tapi liat disini deh,,, ada kejadian aneh lagi di dunia,,check this:
    danu-pramudia.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Penjelasan bung Enigma ini memang masuk di akal, tetapi ada beberapa hal yang memang belum bisa dikupas, bagaimana hubungan Dajjal dgn Segitiga Bermuda ini ? UFO yang sering lalu lalang disana bagaimana ? apakah ada snapshot picture realnya yang bisa ditampilkan, spt apa sih poros tengah segitiga bermuda itu ?

    Kemudian dibagian :
    Kisah lain yang populer adalah misteri hilangnya 5 pesawat militer Amerika (flight 19) pada tanggal 5 Desember 1945. Pada hari itu, 5 pesawat pembom Avenger berangkat dari pangkalan angkatan laut di Fort Lauderdale, Florida pada pukul 2:10 sore. Kelima pesawat itu dikemudikan oleh para prajurit penerbang dengan dipimpin oleh Lt. Charles Taylor.

    Pesawat-Pesawat yang digunakan oleh 5 penerbang ini bisa disebut layak terbang karena sudah memiliki sistem navigasi yang canggih, mengapa masih bisa hilang begitu saja ? apakah pengaruh gas Metana yang menghalangi pemandangan, mungkinkah peralatan navigasi rusak begitu saja ketika memasuki wilayah Segitiga itu ? padahal sebelumnya baik-baik saja, dan saya yakin mereka sudah melakukan ricek sebelum melakukan penerbangan

    ReplyDelete
  22. Edo said...

    kayknya da yg ganjal..!!

    masih inget tentan teori einstein “Unified Field” (penyatuan medan).. Angkatan laut amerkia serikat melakukan percobaan rahasia pada kapal perusak pada th 1943 (saat PDII) yg dikenal eksperimen Philadelphia..

    Eksperimen Philadelphia bertujuan untuk menyelidiki pengaruh medan magnetik terhadap kapal laut dan seluruh isinya. Dalam eksperimen itu, dua generator ditempatkan pada sebuah kapal. Generator yang pertama dihidupkan dan menghasilkan pulsa magnetik. Sementara yang satu lagi tidak memuat pulsa magneti dan dihidupkan setelah generator pertama. Akbatnya, tercipta medan magnetik di atas dan di sekeliling kapal. Hasilnya sangat mengejutkan dan penting, walau pada akhirnya eksperimen tersebut menimbulkan akibat buruk pada awak kapal tersebut

    Saat eksperimen dilakukan, tampak suatu sinar kehijauan samar-samar. Harap dicatat, laporan dari orang-orang yang selamat dari Segitiga Bermuda mengatakan bahwa mereka melihat adanya kabut berwarna kehijauan. Peristiwa yang terjadi kemudian adalah seluruh kapal terselimuti kabut hijau. Akhirnya, kapal bersama awaknya menghilang dari pandangan pengamat. Hanya lekuk permukaan laut yang kelihatan, menunjukan bahwa kapal itu memang masih ada di situ. Kapal itu tampak dan menghilang lagi, tampak dan menghilang lagi di daerah Norfolk, Virginia. Eksperimen itu dapat dikatakan sesuai dengan teori Unified Field.

    Menurut seorang bekas awak kapal perusak itu, percobaan berhasil dengan baik di lautan. Mereka telah berhasil menciptakan sebuah “ruang waktu” berbentuk spiral. Ruang waktu itu mempunyai radius sampai seratus yard atau 91 meter dari pusat pancaran magnetik, yang artinya setiap benda, manusia bila berada dalam radius itu akan lenyap dari pandangan, tetapi masih mungkin dapat diraba. Ketika kapal itu lenyap dari pandangan, hanya lekukan kapal pada permukaan air yang tertindih kapal itu yang kelihatan. Semakin diperkuat gaya medan magnetik, mengakibatkan manusia pun turut lenyap dan untuk dapat diketemukan harus dengan diraba. Mereka baru tampak kembali setelah keluar dari medan magnetik itu. Istilah pelenyapan itu oleh mereka disebut “pencairan”.


    Melalui eksperimen ini, ditemukan penyebab berbagai kecelakaan di Segitiga Bermuda dan juga membuktikan kebenaran teori “Unified Field” Einstein


    makasi sebelumnya brother..

    ReplyDelete
  23. wah mantab nech....emang segitiga bermuda menjadi misteri di zaman nya....namun semuanya itu hanya difaktor kan karena alam seperti yang telah di jelaskan oleh om Larry pada buku nya.......

    ReplyDelete
  24. aq pernah baca buku, judulnya "misteri besar yang tk terpecahkan" menurut buku itu sih katanya, waktu zaman perbudakan, budak negro yang dikumpulin di kapal trus ada yang di buang ada yang di tembak,dll itu yang menyebabkan sgitiga bermuda, tapi aq sendiri lbih suka alasan logis yaitu adanya pengaruh medan magnet kuat yang bisa mengacaukan gelombang elektro pada pesawat & kapal yang ilank... ((aq terkesan sok tau y???))^^

    ReplyDelete
  25. Misteri segitiga bermuda adalah sebuah cerita yang banyak mengilhami manusia untuk menciptakan berbagai teori-teori tentang pemecahan misteri tersebut yang terkadang malah susah dipahami.....

    ReplyDelete
  26. wach.......... teori2 ini memang patut untuk dikaji, soalnya mengundang rasa penasaran yang tersendiri, bagaimana smw it bs trjd?
    sebuah mstri yg sulit untk dtrm akl shat mnusia,
    prtanyaannya, apkah anda mnusia?????????????
    he he he ...
    just kidding qo'. tp bnran dech. nie ksah bkin ngeri.
    maha kuasa sang pencipta segala sesuatu didunia...

    ReplyDelete
  27. keren infonya man...
    u'r mysteri man!!!! huahahaha
    optimalkan blogmu http://dkills.blogspot.com/search/label/optimalkan%20blog

    ne bukan promosi, tp cuma saran... thanks

    ReplyDelete
  28. Misteri segitiga bermuda terlalu sulit dipecahkan ,akal dan teknologi manusia susah untuk menjangkau itu,!.!.!........Ngapain g'diserbu rame2 pake alat2 perang aja, ntar klo bener ada setannya pasti tu setan kebirit2 ....???????????


    by: Ak cah Gemblung

    ReplyDelete
  29. Segitiga bermuda????Wooww...Saya sngat tertarik dengan misteri ini...tapi saya yakin ini tidak ada hubngannya dgn arwh,setan ataupun alien.mgkin ini adlh salah satu fenomena alam yg blm dpt dijlskan secara ilmiah secara pasti.tpi sya yakin ini ada hubungannya dgn pengaruh medan magnet yang sngat kuat ataupun terdapatnya gas metana disekitar segitiga bermuda,yng menyebabkan setiap kapal ataupun pesawat yng melintas hilang.

    ReplyDelete
  30. banyak hal yang berada di luar jangkauan manusia. kita kan tau cuma tuhan yang punya pengetahuan yang sempurna. banyak hal yang tidak bisa dan tidak mungkin bisa dijelaskan dengan ilmiah dan sience. segitiga bermuda mungkin salah satunya seperti halnya tentang akhirat.....

    ReplyDelete
  31. itu semua di luar kuasa manusia karena itu bisa benar ato tidak itu tergantung manusianya menyikapinya seperti apa?
    mw percaya silahkan
    tidak juga tak apa
    boleh jga tuh d coba terbang di ats segitiga bermuda

    wkwkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  32. gw pernah baca artikel tentang kejadian di segitiga bermuda. waktu itu ada kapal yang lagi di sana. terus tiba2 mesinnya mendadak mati dan tiba2 aja cuacanya jadi penuh kabut. pas awak kapalnya ngelempar jangkar, jangkarnya itu nyangkut. terus pas mereka manggil kaptennya, mereka ngeliat jangkar itu ada yang narik.kalo kasusnya gitu, apa masih bisa dihubungin sama teori2 ilmiah?

    ReplyDelete
  33. Menurut kakak Gua yang kuliah jurusab geofisika segitiga bermuda disebabkan oleh medan magnet yang besar yang mengakibatkan proses bahan kimia sehingga medan magnet yang besar dapat menarik benda apapun! gitu bang enigma! tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  34. Misteri yg sruh..

    Qu jga prnah bca bku yg mnjlaskan kedudukan triangel gak menentu...
    Artinya tdk hanya berada di samudra atlantik Saja.

    penjelasan ttg hlang nya kapal mmg msih di akibatkan krn adanya gas metana dlm laut yg bsa mnggelamkan kpal tsb. Tpi bgmna dgn psawat yg trtarik smpai ke dlm bumi ???
    Ada pula yg mngatakan segitiga bermuda jga mrupakan lorong waktu yg mnghubungkan dunia kita dgn dimensi yg lain...

    pnjelsan nya mmg menarik tapi masih menarik juga jika di telusuri...

    ReplyDelete
  35. di dunia masih banyak misteri yang kita gak tau jawabannya, ini adalah salah satunya,, masih butuh banyak belajar

    ReplyDelete
  36. keren infonya..

    segitiga bermuda,, masih menjadi misteri sampai saat ini...

    ReplyDelete
  37. DEE says :
    kira2...ada hubungannya ga ya ttg gas metana dari segi3 bermuda itu ama jasad2 para budak yg pernah dibuang kesitu...kan kalo tempat ditemukannya kerangka dinosauruspun pasti daerah itu tinggi kadar gasnya...(mohon diposting)

    ReplyDelete
  38. amerika kemana...? katanya sdh punya piranti2 canggih.. masak tidak bisa mengungkap misteri ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ente kemana...masak cm ikut2an posting doang kayak gua,nylempung kesana dong

      Delete
  39. mungkin di dasar laut ada makhluk gaibny..hhaha..*ngaco*

    ReplyDelete
  40. bohong tuh ..daerah segi tiga tak ada apa2 semua itu cuma cerita bohong untuk kepentingan amerika tempat itu tak layak jika di cap tempat angker sebab tuh tempat paling cocok buat tempat orang2 berduit ya semacam diplomat2 yg mengatur ekonomi dunia.. masa tempat sekecil itu dan penuh dengan fasilitas mewah rumahnya jg gede2 banget lapangan udara jg tersedia golf jg ada .... coba chek aja aja kelapangan atau kl gada dana lewat google aerth jg gampang

    ReplyDelete
  41. ya itu sarang dajal,yg secara pengetahuan lebih pintar 100 tahun dari manusia umumnya.. so scara technology kita tertinggal.

    ReplyDelete
  42. Misteri alam yang sungguh mengesankan.

    ReplyDelete
  43. misteri segitiga berdamuda emang tak terpecahkan..so mysterious!!

    ReplyDelete
  44. tIDAK USAH DIPIKIR,, JALANI AJA HIDUP MASING-MASING, SEMUA MISTERI ADALAH URUSAN TUHAN, KARENA HANYA TUHAN YANG DIBALIK SEMUA RAHASIA....

    ReplyDelete
  45. Agustin said...



    Dari dulu saya sangat tertarik dengan misteri segitiga bermuda....
    klo kita lihat dari segi agama misteri segitiga bermuda sangat bertolak belakang dengan apa yang disebutkan dari segi kenyataan.
    nah...saya bingung, yang paling dapat dipercaya itu yang mana??

    ReplyDelete
  46. Bro Enigma, saya pernah nonton tayangan (mirip National Geographic) tapi saya lupa namanya. Di film dokumenter itu, dilakukan percobaan di Segitiga Bermuda. Satu orang mengendarai pesawat dan orang lain diam di daratan. Singkatnya, ketika jam dipesawat dan jam di daratan tiba-tiba menjadi berbeda ketika pesawat terbang di atas segitiga bermuda.
    Salah satu teori yang dikemukakan adalah adanya "terowongan awan" yang mengandung elektromagnetik diatas segitiga bermuda.

    ReplyDelete
  47. Bro enigma . . .
    Mnrt pendpt kuwh . . .
    Di segi3 bermuda tsb merpkn markas dajjal dan kerajaan jin jd wajarlah mereka diculik bwt dijadiin budak . . .

    ReplyDelete
  48. PERTAMAXXXXXX !!!!!!!!!

    TRIMAKASIH LARRY DAN MAS ENIGMA

    pembodohan berakhir smpai disini...

    hehe....

    ReplyDelete
  49. hii ngeri bngtzzzzzzz

    ReplyDelete
  50. mm..saya sangat tertarik dgn cerita ini..
    saya jadi penasaran kisah tentang segitiga bermuda ...

    ReplyDelete
  51. wawasan saya tentang segitiga bermuda bertambah...
    terima kasih artikelnya..:)
    bacaaan menarik dan bagus

    ReplyDelete
  52. artikel yg bagus, banyak informasi yg bisa di gali dari tulisan ini... saya kira segitiga bermuda hanya mitos, ternyata banyak sejrah yg mendukung ya... bener2 info yg bagus thanks

    ReplyDelete
  53. gw udah baca dan nonton tentang misteri ini, meski begitu tetap ajah masih belum percaya..

    ReplyDelete
  54. apakah keberadaan segitiga bermuda benar-benar nyata ??

    ReplyDelete
  55. wah..sintinya sebenernya segitiga bermuda itu ada gak sih???

    ReplyDelete
  56. bagus ni artikel nya . !

    ReplyDelete
  57. Nama itu cocoknya diberi nama segitiga darah muda
    {The blood triangle young}

    ReplyDelete
  58. kalau aku si kayaknya di situ markasnya dajjal ma setan2....

    ReplyDelete
  59. saya nggak habis pikir dengan gelombang air besar atau yang sering di sebutkan di bermuda. dengan 80 kaki seharusnya samai di darat sebagai tsunami, dan bisa tenggelamkan pulau kecil bernma bermuda itu. tapi tidak ada tsunami yang sampai di pulau bermuda.

    pernah dengarkah bahwa ada arus kuat pada palung patahan?
    palung patahan hampir menyerupai sungai raksasa di dasar laut. sungai besar yang terendam air di dasar laut dapat menjadi arus kuat bila lautnya mempunyai gelombang alias bergerak. dan gerakan itu menimbulkan pusaran air. kalau sungai kecil pusaranya kecil tapi kalau besar pusaranya besar. terjadinya pusaran tergantung gelombang arus air laut. kalau arusnya tenang ya ... kayak laut biasa ... makanya bisa hilang dalam sekejap tanpa menimbulkan tsunami atau efek dan jejaknya nggak ada, seperti tornado besar yang hilang dalam sekejap. kemanakah kapal? itu... besar kemungkinan nyangkut di dasar palung. dan blom ada peneliti yang meneliti dasar palung, karena kedalamanya. bahkan teknologi kapal selam modern tak mampu menahan tekanan di kedalaman palung... kalau di paksa kapal bisa hancur karena tekanan air dan kekerapatanya.

    dan yang namanya pusaran pasti mempunyai daya hisap. entah itu air atau udara di atasnya.

    hehe.. itu logika saya lho....

    ReplyDelete
  60. uhhh........ jdi pingin ke segitiga bermuda,pengen tau rasanya tpi q jga g' mw mati/ilang di sana

    ReplyDelete
  61. mas tolong di cover juga pandangan dari segi agama (entah islam , kristen, atau yahudi atau yang lainya)bila ada, jadi akan lebih realiitis lagi

    ReplyDelete
  62. yah, saya kira segitiga bermuda memang sebuah misteri besar. kecewa..

    ReplyDelete
  63. "Lagipula insiden terakhir yang terjadi adalah pada tanggal 22 Desember 1967, 42 tahun yang lalu."

    saya menganggap segitiga bermuda sebagai suatu yg misterius bang enigma....klo bg enigma berpendapat tidak ada yg misterius...coba buktikan ada pesawat maupun kapal yg melewatinya dan ada penyelam yg menyelam disana....dianara 2008-2009........hayooo....tenkyu bg

    ReplyDelete
  64. @Dika: Sebenarnya setiap hari ada kapal yang melewati segitiga bermuda setiap hari lho sampai sekarang.kalau kamu lihat, banyak pulau masuk ke dalam segitiga tersebut. Nah, pulau-pulau tersebut adalah tempat wisata (masuk kepulauan Bahamas). kalau tidak ada kapal yang lewat, para turis naik apa kesana?

    ReplyDelete
  65. bang enigma,saya bisa ga minta foto didalam segitga bermuda,,,,kan bilangx bnyk yg lwt disana :)

    ReplyDelete
  66. pada ribut ne manusia 2011,ngpain d.pkirin cih,qt jd penonton setia ja,mw terpecah kan atw ga'a,ngpain jg d.pkirin,bikin pusing ja.

    klo mw d.pkirin jg ga bakal trpecah kn,wong ciptaan allah mn bs manusia brfikir sjauh tu,kalah jauh coy otak'a.

    jgn pd mrah ye,ne kn cm comment biasa..pisss

    heheheh

    msh ada rahasia d.blk rahasia.

    ReplyDelete
  67. bro, aku copas ke blogku boleh kan? aku tulis linkback-nya kok. makasih ijinnya

    ReplyDelete
  68. banyak yang berkata ini gas metan.
    tapi ada juga yang pernah meliat sebuah piramid yang lebih besar dari piramida yang ada di mesir.
    apakah ini semua peradaban kuno yang tenggelam seperti atlantis dan memiliki kekuatan cosmos.
    atau mungkin itu semua gunung yang sangat tua yang mengeluarkan sebuah gas metan dengan intensitas yang sangat besar dan membahayakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah semuanya mungkin,, krn bLm ad yg nyelam ksana trus bilang ini loh faktanya,, tuh kan!!!!!!

      Delete
  69. yaeah bro...all in this world adalah misteri...cinta juga satu misteri...

    ReplyDelete
  70. Teknologi sdh canggih, masa gitu aj g bs dipecahkan..

    ReplyDelete
  71. Kenapa masih saja banyak yang percaya dengan misterinya? Bagaimana caranya agar yang sudah percaya misteri segitiga bermuda menjadi sadar kalau itu semua sebenarnya hanyalah sebuah misteri yang hanya dibuat-buat oleh penggemarnya. Tanya pada diri anda sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidup kita aj yg ruang lingkupnya kt dah tau masih aj penuh misteri ap lg yg segede itu,,,, gak percaya??? Coba tanya orang dekat anda( suruh dia jujur kacang ijo) pernah egk dia bebohong kpd anda???(pasti pernah krn sorang ulama pun pernah berbohong wlaupun punya alasan tp tetap aj judulnya bohong) Bukankah itu juga suatu misteri,, knp??? Kok iso???padahal aku dah jujur sma kmu( sambil mikir,, eh iya,, q juga pernah bohong neh ma dia hihihi)

      Delete
  72. memang katakutan akan segitiga bermuda tersebut samapai sekarang belum ad yg dapat mengungkapkan sebabnya,,
    semga swatu saat misteri tersebut dapat terkuak
    terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  73. hasna mutiari syaniAugust 12, 2011 at 6:32 PM

    huhhhh crita'a bgus bnget tuhhhh,,,

    ReplyDelete
  74. hem,wow! artikelnya keren..
    tpi mau tnya nih,
    ada yang tau kisah DAJJAL ga? katanya tinggal disitu? dan prnah ada situs blog yg mnerangkan kalo disitu letaknya istana iblis. hih! serem bngt!
    ttrus ada juga yg nulis artikel kalo tersangka utamanya itu gas alam atau gas metana kalo gak salah. gmna pndapatnya, mas/mbak/bang/teteh/brother/sister enigma ? :)

    ReplyDelete
  75. aku pernah baca di buku katanya segitiga bermuda adalah tempat munculnya dajjal nanti,wallohu a'lam.

    ReplyDelete
  76. rian said.....
    enigma tolong dong di cari artikel pesawt yg terbang diatas bermuda.

    ReplyDelete
  77. [Dan di wilayah segitiga bermuda, ditemukan beberapa bagian dimana gas metana biasa menyembur ke permukaan laut. Ini memang bisa menjelaskan penyebab tenggelamnya kapal laut. Tapi masih belum bisa menjelaskan penyebab hilangnya pesawat terbang]
    -enigma-

    Diantara kalian mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa gas metana [CH4] mempunyai sifat : mudah terbakar, tidak berbau, lebih ringan dari udara dan menimbulkan gangguan saraf yang berakibat fatal. Apabila kosentrasinya 5% - 15% berpotensi menimbulkan bahaya, termasuk bahaya ledakan.

    Dalam kasus Flight-19 ini, para pilot bisa saja terhirup gas ini dan kemudian mempengaruhi sisten syaraf mereka ketika ketika melintasi daerah semburan gas metana. Hal ini akan mempengaruhi sistem syaraf di otak mereka. Terutama sistem syaraf penglihatan, keseimbangan dan sistem memori logika. Sehingga keadaan ini berpotensi menimbulkan ilusi.
    Bahaya ini terutama mengancam pesawat terbang propeller. Karena jenis pesawat ini kurang bisa melaju meninggalkan tempat semburan, sehingga pilot secara tidak sadar cukup lama menghirup gas ini. Selain itu ketinggian pesawat juga mempengaruhi, pesawat terbang pada ketinggian dimana konsentrasi gas metana ini belum terurai dan mempunyai konsentrasi gas yang berbahaya.
    Kalau yang dihirup adalah gas Hidrogen sulfida [H2S], mungkin lain lagi ceritanya. Karena pilot dengan cepat menyadari “kehadiran” gas ini melalui baunya. :D

    Pernah ada “pengakuan” dari beberapa pilot yang selamat dari Segitiga Bermuda. Linus lupa dimana, di TV kalau tidak salah. NatGeo atau Discovery Chnl, dah lupa.
    Dari “pengakuan” yang disampaikan, secara garis besar mereka mengalami gangguan alat navigasi termasuk altimeter. Peralatan ini bekerja tak karuan. Selain itu peristiwa adanya “suatu lorong” juga banyak dialami.

    Di masa perang, pilot pesawat tempur mempunyai tingkat stress yang sangat tinggi sehingga kepanikan dapat dengan mudah menghampiri. Bisa jadi kepanikan menekan mereka untuk secepatnya bertindak keluar dari situasi seperti ini.
    Dalam kepanikan, pesawat diterbangkan dengan kecepatan penuh. Navigasi, altimeter, dan indikator ketinggian ngaco. Sehingga mereka tidak dapat menentukan arah dan posisi pesawat. Apakah pesawat mengarah ke arah yang tepat, dan apakah posisi pesawat dalam keadaan terbalik, serta apakah ketinggian pesawat berada pada ketinggian yang aman. Tidak bisa ditentukan.
    Hal ini terjadi karena sistem syaraf otak mereka terganggu [terjadi ilusi]. Padahal semua peralatan panel kokpit berfungsi normal. [sendainya ada cctv-menghayal]
    Biasa dibayangkan, pesawat dengan kecepatan penuh menghujam ke permukaan air laut. Pastilah berkeping-keping. Sehingga bangkai utuhnya susah ditemukan.
    Kepanikan, gangguan syaraf yang menimbulkan ilusi mungkin bisa sedikit menjelaskan.
    [cmiiw]
    :)

    [Menurut Dr McCall, arwah 10 juta budak itu dapat mengacaukan pikiran para pilot atau navigator yang melintas. Hmm. lumayan masuk akal.]
    -enigma-

    Kalau yang ini, Linus tidak akan mendebatnya. :)

    Post tenebras spero lucem

    ReplyDelete
  78. sesuatu yang terjadi...pasti ada penyebabnya.
    masuk akal atau tidaknya kejadian disegitiga bermuda tsb, melihat kepandaian org yg mencernanya..

    ReplyDelete
  79. Keren nih masalah segitiga bermuda

    ReplyDelete
  80. hmmm..masih penasaran..

    ReplyDelete
  81. Tapi knapa yang lewat di bermuda yg banyak terjadi kecelakaan?

    ReplyDelete
  82. "Kelihatannya yang masih menjadi misteri adalah bagaimana segitiga bermuda bisa menjadi misteri"

    komentar yang sangat bagus sekali,
    karena misteri yang tak terpecahkan jauh lebih menyenangkan dari kenyataan yang sebenernya..., seperti cerita-cerita dongeng / mimpi.

    Jika misteri terpecahkan maka pesonanya sudah tidak ada, bagaimana yang telah terlanjur mengagumi dongeng tersebut, ada dua :
    1. Mereka akan menerimanya (dengan logis)
    2. Mereka akan menyangkalnya (berbagai alasan) karena merusak mimpinya

    hehe saya jadi mengagumi blog ini (ini pertama kalinya saya melihat blog anda bung Enigma

    -Barz-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuman terori yg d buat d balik meja,, bukan berarti dia sudah memecahkan seluruh misterinya,,, krn tidak ad cttan di atas klu yg bikin teori udah kesana,, di cuman nyimpulkan dr sekumpulan data yg d buat orang lain,, Terus d iyakan jg dgn orang lain yg profesinya sm seperti dia,,, wjar saja klu masih ad pro n kontra,,, lain halnya klu di sendiri yg langsung terjun payung trus dpt bukti2 langsung " ini loh penyebabnya"(sambil menunjukan sesuatu),, baru clear,,, n teorinya pasti bkal bs dterima siapa aj,, krn itu judulnya bukan teori lg tp fakta,,
      Seperti kata ibuku yg jago masak,, untuk mengetahui masakan ini enak ap egk,, kasih sample kpd beberapa orang yg lain profesi n tidak kt kenal n jgn dkasih tau klu itu kita yg bikin,, ntar pasti ketauan sbnarnya enak ap egk masakan kita

      Delete
  83. Kenapa para peneliti tidak pernah mau langsung terjun dan melakukan penelitian disana ?
    Lakukan riset didasar lautnya dan cari tau tentang kebenarannya.

    ReplyDelete
  84. Bro enigma ,gak mbahas tentang pesawat malaysia yang hilang misterius ?

    ReplyDelete
  85. ngeri jgk ya dengarin psl segi tiga Bermuda ini ya .. tp knapa bias terbentuknya segi tiga itu?????

    ReplyDelete
  86. Pesawat malaisia,,Coba cr d mbah gog,, udah ad yg membhas dgn rinci,, nmun ntar jd prtanyaan,, klu emang bener seperti itu knp gak ad yg bertindak,, adem ayem aj
    Klu menerut mas bro enigma gmn???

    ReplyDelete
  87. Bagaimana dengan dokumen Prof. Sergei Nilus yaitu Protokol Sion yang "katanya" didalamnya ada ulasan tentang Bermuda triangle gan? Saya sangat apresiasi jika bung E berkenan mengulasnya dlm sebuah posting :D salam blogger bung Enigma.

    ReplyDelete