Friday, October 9, 2009

Misteri Piramida Khufu di Giza

Selama masa pemerintahan Mesir kuno, para firaun membangun sebuah pusat kebudayaan dan pemerintahan yang kuat di wilayah lembah Nil. Mungkin pencapaian terbesar mereka adalah piramida-piramida raksasa yang dibangun untuk menaungi raja mereka setelah maut menjemput.


Piramida - Latar Belakang
Penduduk Mesir kuno percaya bahwa ketika seorang firaun meninggal, ia akan menjadi Osiris, raja orang-orang mati. Sedangkan firaun yang baru akan menjadi Horus, dewa langit dan pelindung dewa matahari. Siklus ini dilambangkan dengan terbit dan tenggelamnya matahari.

Sebagian dari roh firaun yang meninggal, disebut juga Ka, dipercaya masih tetap berada di tubuh jasmaninya. Karena itu mayat sang firaun harus dijaga dengan baik. Jika mayat itu tidak dirawat dengan baik, firaun itu tidak akan bisa menjalankan tugasnya sebagai raja orang-orang mati. Jika hal ini terjadi, maka siklus tersebut akan putus dan malapetaka akan menimpa Mesir.

Untuk mencegah bencana tersebut, setiap mayat firaun yang meninggal segera dimumikan. Semua hal yang dibutuhkan oleh sang raja sesudah kematiannya disediakan di kuburannya seperti bejana-bejana tanah liat, emas, makanan, perabot dan bahkan boneka-boneka berbentuk pelayan yang disebut Ushabti.

Setelah itu, untuk menjaga dan melindungi mayat firaun, orang Mesir membangun kuburan-kuburan yang megah berbentuk piramida.

Piramida - siapakah yang membangunnya ?
Tidak seperti yang sering kita dengar, piramida tidak dibangun oleh para budak atau orang asing. Hasil penggalian arkeologi menunjukkan bahwa piramida dibangun oleh penduduk asli Mesir dengan pengawasan dari pejabat istana.

Luar biasanya, para penduduk yang membangun piramida juga membangun fasilitas-fasilitas penunjang seperti tempat pemanggangan roti, asrama, pekuburan dan bahkan fasilitas kesehatan. Menurut perkiraan, setiap hari dibutuhkan sekitar 100.000 ikat bawang dan 200.000 potong roti untuk memberi makan para pekerja.

Para buruh yang membangun piramida ini juga bangga dengan pekerjaannya. Mereka sering menyebut diri mereka "Sahabat-sahabat Khufu".

Piramida - Saqqara
Hingga tahun 2008, telah 118 piramida yang ditemukan di Mesir. Piramida tertua yang diketahui adalah piramida yang digunakan untuk kuburan firaun Djoser yang ada di Saqqara dan diperkirakan dibangun pada tahun 2600 SM.

Bangunan luar biasa ini didesain oleh seorang tokoh misterius Mesir bernama Imhotep dan dibuat dengan menumpuk batu sedemikian rupa sehingga membentuk tangga menuju puncak. Ini dibuat agar roh-roh orang yang sudah meninggal dapat naik ke langit dengan melewati tangga-tangga tersebut.

Pencapaian ini begitu luar biasa sehingga Imhotep kemudian dijadikan dewa oleh bangsa Mesir 1.400 tahun setelah kematiannya.

Piramida - Giza

Dari 118 piramida yang telah ditemukan, ada satu yang dianggap sebagai pencapaian terbesar bangsa Mesir, yaitu Piramida Khufu (cheops). Piramida ini adalah satu diantara tiga piramida yang terletak di wilayah Giza. Dua lainnya yang berukuran lebih kecil bernama piramida Khafre dan Piramida Menkaure.


Piramida Khufu mulai menarik perhatian dunia ketika Herodotus, sejarawan Yunani, menyinggungnya dalam tulisan-tulisannya.

Diperkirakan sekitar 20.000 - 30.000 pekerja membangunnya dalam kurun waktu 80 tahun. Piramida ini dibangun sebagai kuburan bagi raja Khufu dari dinasti ke-4 Mesir. Sampai sekarang struktur raksasa yang luar biasa ini belum bisa ditiru oleh teknologi modern.

Piramida Khufu dibuat dengan struktur berupa empat sisi triangular dan dasar segiempat sama sisi. Luasnya meliputi wilayah sekitar 0,5 km2. Tingginya sekitar 148 meter. Namun karena erosi, maka piramida itu kini hanya memiliki tinggi 137 meter yang tediri dari 203 undakan. Panjang masing-masing sisi dasarnya adalah 230 meter. Sudutnya adalah pada 51 derajat, 51 menit dan 14,3 detik. Ia juga memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia selama 3.800 tahun.

Jumlah batu yang digunakan untuk membangun piramida ini berjumlah sekitar 2,5 juta blok batu. Masing-masing seberat 2 ton hingga 70 ton dan berat total piramida ini diperkirakan sekitar 6,5 juta ton. Ini membuat piramida ini menjadi struktur bangunan terberat di dunia. Ini juga berarti Arsitek piramida tersebut memiliki pengetahuan mengenai geologi untuk menentukan lokasi pembangunan yang kuat menahan beban seberat itu.

kebanyakan jenis batu yang digunakan untuk membangunnya adalah batu kapur kuning. Namun untuk beberapa interior, ia menggunakan batu granit yang keras. Luar biasanya, batu yang ada di puncak piramida dan di dasar piramida memiliki jenis sama dan diperkirakan berasal dari pertambangan batu yang sama. Batu-batu ini dipotong dengan presisi yang luar biasa sehingga ketika ditumpuk, sekeping kartu atm tidak bisa menembus celahnya.

Piramida Khufu - Karakteristik
Ada hal-hal yang menarik ditemukan di Piramida ini. Pertama, Piramida khufu ternyata memiliki kesejajaran dengan empat arah mata angin pada kompas. Ini artinya empat sisinya menghadap ke arah utara, timur, selatan dan barat. Ketidaksesuaian dengan utara hanya sekitar 1/12 derajat. Yang mengejutkan tentu saja, mereka membuat struktur dengan karakteristik ini tanpa kompas yang pertama kali ditemukan sekitar tahun 1500 Masehi. Ini menunjukkan bahwa para arsitek Mesir telah memiliki pengetahuan memadai mengenai arah angin.

Selain itu, Max Toth dalam bukunya mengenai piramida mengatakan bahwa piramida khufu mewakili hukum-hukum universal yang diekspresikan secara geometri. Hal ini kelihatannya sukar untuk disangkal. Contohnya adalah pada karakteristik-karakteristik ini :

Perimeter Piramida, yaitu jarak antara empat sisi di dasarnya ternyata memiliki korelasi dengan lingkaran bumi.

Jumlah hari dalam 100 tahun adalah 36.524 hari. Ini sesuai dengan total inci pada perimeter Piramida.

Rasio antara tinggi piramida dengan perimeter dasarnya adalah persis 3,14 atau kita kenal juga dengan sebutan Phi.

Selain karakteristik geometri, karakteristik yang luar biasa lainnya adalah Temperatur didalam Piramida yang berada pada kondisi tetap, yaitu 68 derajat fahrenheit, sama persis dengan temperatur internal bumi.

Piramida - Pandangan Alternatif
Hingga kini, secara umum, piramida diketahui sebagai kuburan para raja. Namun bagi beberapa orang, fungsinya lebih daripada itu. Salah satu hipotesis alternatif yang paling terkenal adalah teori Erich Von Daniken. Dalam bukunya "Chariots of the Gods" ia mengatakan bahwa piramida dibangun oleh alien yang berasal dari planet lain dengan teknologi maju. Ia mendasarkan teorinya pada struktur piramida yang memiliki teknologi tinggi, terlalu tinggi untuk zaman itu. Hipotesis ini diterjemahkan keadalam banyak film seperti Stargate dan Transformer 2.

Bagi yang lain, mungkin bukan alien yang membangun piramida, namun mereka percaya bahwa piramida memiliki kekuatan mistis. Kelompok-kelompok seperti Rosicrucian, Freemasonry, Kabbalah dan lainnya telah menggunakan piramida sebagai simbol ritual mereka. Contohnya bisa dilihat pada uang kertas 1 dolar dan lambang Amerika serikat yang konon didesain oleh para anggota freemasonry.

Kelompok-kelompok ini juga percaya bahwa lorong-lorong didalam piramida melambangkan tabel waktu, dan persimpangan dari lorong-lorong itu melambangkan sebuah peristiwa besar yang akan terjadi di dunia.

Teori lain yang terkenal adalah teori Orion yang dikemukakan oleh Robert Baucal dan Adrian Gilbert. Menurut mereka, tiga piramida yang terletak di Giza adalah representasi dari tiga bintang di Orion Nebula (Ini juga disinggung di film Transformer 2). Menurut teori ini, orang Mesir adalah keturunan langsung dari alien yang mengunjungi bumi dan para alien itu menyimpan sebagian pengetahuan mereka ke dalam struktur piramida.


Piramida - Kesimpulan

Piramida, hingga sekarang masih tetap menjadi salah satu bangunan yang paling misterius di dunia. Beberapa waktu yang lalu, peralatan astronomi dan wahana penjelajah milik NASA telah diterjunkan untuk memeriksa seluruh bangunan piramida khufu. Namun anehnya, NASA menolak mempublikasikan hasil penyelidikan terhadap ruang bawah tanah di dalam Piramida.

Hal ini telah memicu berbagai teori di kalangan penganut teori konspirasi, apalagi ditambah dengan sikap keras pemerintah Mesir yang selalu menolak untuk memberikan ijin terhadap eksplorasi.

Mungkin misteri piramida tidak bisa terjawab hari ini. Namun apabila anda berkesempatan mengunjungi bangunan luar biasa itu, ingatlah bawah ribuan tahun yang lalu, sekelompok bangsa telah membuat sebuah pencapaian yang tidak bisa kita tiru. Jika demikian halnya, apakah kita masih bisa menyebut bangsa kuno sebagai bangsa yang primitif ?

(Wikipedia, gizapyramid.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

42 comments:

enigma said...

haha..sori bro.bukan pertamaxx soalnya moderasi sih komennya.

Si Mihael keehl kayaknya rajin banget masuk ke blog ini. Sehari masuk beberapa kali kayaknya. hehe.

Mihael Keehl said...

bukanya dari hp dari komputer sekolah dari laptop sama pc.. hahahaha i like XFILE ENIGMA! Piramidanya keren cukup mengobati rasa rindu sama crop circle :)

enigma said...

iya deh. kalo gitu, besok atau lusa, saya posting soal crop circle utk keehl.

rahasia yang terabaikan said...

selamat malam........mampir berkunjung setelah jalan-jalan di facebook, piramidanya buatan alien vs predator td sore ya hehe...........succes for this day...aq dah buka fb nya

Anonymous said...

akhirnya ada jga piramid di bahas ..... wahhh tadinya om enigma gag post hari nie .. soale di tungguin dari siang ampe sore kok gag ad .. eh ternyata malem ...

yosbeda said...

wah brow gw malah jadi penasaran ma Erich Von Daniken , cz dulu pernah denga r juga sie tentang nie orang,, postingan berikutnya bahas karya2/tulisan2 dia ya... hehe..

Rensen said...

kunjungan rutin bro!! crop circle yang baru blom ada yang muncul nie... jadi kangen

Stanley said...

bagus2 postingannya...memang masih banyak misteri di dunia kita ini.... Sukses yach

ipo.com said...

Kira2 di tahun piramid dibuat wkt jamanx nabi sapa ya? Nyerempet dikit dong mas. Skalian aq biar tau. Crita Pantai selatan g bisa diposting mas? Di jember kan ada batu yg menyerupai ekor ular. Ada legendax kan

enigma said...

Soal zaman nabi siapa, saya tidak tahu pasti. Tapi yang pasti sblm zaman musa (1500 SM). pantai selatan terlalu mistik, jadi mungkin tidak. kalo batu yang menyerupai ekor ular saya rasa tidak aneh. hehe.

Mihael Keehl said...

pantai selatan itu nyi roro kidul kan? katanya sih gak boleh sembarang diceritain.. ya ga sih??

enigma said...

ya, nyi roro kidul. nggak juga sih. boleh saja diceritain. cuma karena blog ini tidak membahas mistik, jadi tidak dimuat. hehe.

Mihael Keehl said...

ooh..sebenernya sih aku sok sok ngerti aja kalo orang bilang mistik tapi ga ngerti ngerti bgt yg kaya apa...

Anonymous said...

can't believe, betapa cerdasny manusia zaman dulu.ngangkat batu segitu berat, lom ada traktor dll.Salut buat OM Enigma

odet_unicore said...

mantabb coy. . . Blognya keren bnget. Ni blog sbgai media iLmu Pengetahuan yg baik. Tingkatkan lgi ya Enigma. . .

Anonymous said...

Mengenai Alien dan cerita2 yang berkenaan dengannya ada satu pertanyaan yang selalu menjadi pertanyaan saya. Mengapa jika dianggap mereka adalah bangsa yang lebih cerdas dari kita lebih kuat dari bangsa manusia, kenapa fisik mereka jauh sekali dari bangsa manusia? Manusia mempunyai fisik yang jauh lebih bagus dari gambaran2 mengenai alien tsb. Ketika saya pertama kali melihat gambaran mengenai alien kesan saya : suatu bentuk yang kaku (mirip boneka) jelek, dan seperti mengada-ada.

thisismeliana said...

Makasih ya Bro udah post artikel ttg piramida. Walo puas, tp masih kurang puas juga.. Hahaha. Semoga ntar ada artikel lain ttg piramida yang lain. :)

Yukichan said...

Ketika saya pertama kali melihat gambaran mengenai alien kesan saya : suatu bentuk yang kaku (mirip boneka) jelek, dan seperti mengada-ada.>>> tentu aja mengada2..kan lom ada yang pernah liat beneran..

lagipula, gambaran tentang alien kan kebanyakan di ambil dari gambar2 orang2 jaman dulu yang tentu aja cara menggambarnya ga se modern jaman sekarang..kalo pada jaman dulu ada yang bisa gambar macem anime Jepang, gw yakin aliennya pasti cakep2, cantik2 dan seksi2..hahay

Anonymous said...

ilmu pngetahuan di sana-sini.
pndatang baru. baru nemu blog ini. smaleman ngga tidur.ngga kedip dpan kompi (wooo elaah sgitunya). besoknya libur. sharian mantengin blog sial ini. sial. racun, racun yg enak. hehe.
enigmatic enigma

manusiakendi said...

wuh, akirnya mbahas piramid juga.
tpi blom pernah nonton transformers 2 nih

Anonymous said...

mas, cari tulisan tentang blackhole dong... kan aneh juga tuh. katanya bisa membaut cahaya berbelok dan kesedot..thx ya....

Anonymous said...

aduh mr enigma..knp ya segala misterius selalu dihubung2kan dengan alien sich..

-indah-

Anonymous said...

bukannya piramid dibangun sama budak" dari bangsa israel ya?? kok katanya yg bikin orang" setempat?

Anonymous said...

Mas Enigma, dulu saya pernah baca di buku, dibilang kalo kita bikin replika Pyramid dgn presisi perbandingan ukuran yg tepat sama dgn aslinya & diletakkan sesuai arah mata angin, lalu kita taruh sekerat daging/makanan tepat di tengah2 miniatur pyramid dgn ketinggian tertentu (kalo ga salah, 1/3 dr tinggi pyramid deh..? maaf saya lupa) maka makanan tsb tdk akan mengalami pembusukan. Jadi entah bagaimana struktur pyramid itu juga memiliki efek pengawetan. Apa benar? Mohon diinvestigasi ya Mas Enigma kalau berkenan....

Anonymous said...

Piramid ini sudah berdiri dg megahnya pada zaman nabi Yusuf ... jadi kita bisa membayangkan ketika yusuf memasuki mesir pertama kali .. berlatar blkg piramid kufu dan dua lainnya ..

Anonymous said...

wakam ahlaknaa qablahum min qarnin hum ahsanu atsaatsan wariyaan - Berapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka [907], sedang mereka adalah lebih bagus alat rumah tangganya (teknologinya) dan lebih sedap di pandang mata.
ingat listrik mesir
yaa ma'syara aljinni waal-insi ini istatha'tum an tanfudzuu min aqthaari alssamaawaati waal-ardhi faunfudzuu laa tanfudzuuna illaa bisulthaanin / Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
Hanya Dua makhluk inilah yg memiliki Teknologi
Jin diciptakan lebih dulu tentu teknologinya lebih berbeda dari manusia (alien - bisa dipastikan jin terms agama dan amerika tdk mengenal terms jin )

Anonymous said...

Saya pernah membaca buku oleh melchizedek drunvalo yang membahas mesir kuno.
disebutkan kalau giza dibuat bukan hanya untuk makam raja, tapi untuk inisiasi siswa sekolah spiritual zaman itu. para siswa belajar di sekitarnya misal di kompleks temple of luxor, hingga akhirnya ke giza untuk inisiasi. mereka akan berbaring di sarkofagus untuk mendapatkan energi terbesar dari efek piramida supaya melesat keluar dari tubuh mereka dan menyatu dgn semesta. tapi ini dilakukan dgn perhitungan geometris dan matematis, bukan gaib.
disebutkan juga kalau rentetan giza dan beberapa piramida sekitarnya membentuk gonden ratio yang sejajar dgn rasi orion dan kutub bumi, berfungsi seperti jangkar yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kemajuan di bumi.
The great spinx jg menyimpan misteri yg menarik. arkeolog secara umum menyetujui hipotesa spinx dibangun 4000an tahun yg lalu merujuk pertama kali spinx disebutkan dlm sejarah. tapi bukti fisik misal dari sejarah erosi di tubuh spinx berkata kalau sphinx sudah ada sejak 8000 tahun lampau.
Jg diceritakan ada beberapa piramid minor misal di kompleks piramid saqqara tidak dibuka untuk umum dan dijaga ketat oleh militer karena takut diketahui oleh khalayak bahwa piramid2 ini berusia lebih dari 6000 tahun, sebelum manusia di ciptakan Allah sebagaimana (ditafsirkan) di Al Quran.

aby said...

walah..walah.. Aq ga tau deh yg bener yg mana. Siapapun yg membangun piramida, pastinya sdh 'canggih'. Anyway, sodara2 yg percaya alien itu ada. Emangnya alien makhluk apaan ya? Setauq dlm al qur'an, allah menciptakan manusia, malaikat, jin, setan/iblis, binatang n tumbuhan. Brgkali ada yg belum kesebut. Nah, alien msk kategori makhluk yg mana? Brgkali kitap suci agama lain ada ga yg nyebutin makhluk selain yg aq sebutin di atas?
Menurut bung enigma bgm???

Anonymous said...

trim's ya karena kalian kami anak - anak smp dapat mengetahui mengenai beberapa hal sejarah piramida..............

Gadget News said...

selamat malam... blog walking... setelah googling ttang pyramid.. nyantol ke blog anda.. banyak informasi bagus disini.. makasih..

Sam El said...

KAGUM ANE GANNN!!!! kagumm!!! sampe2 ane lupa jam tidur ane padahal besok ane harus cari uang buat foya-foya (Lho?)hahaha

Anonymous said...

mesir kuno adalah keturunan dari bangsa MOSRAM....
yang hidup ratusan ribu tahun sebelum masehi gan ....

Anonymous said...

Maaf Bung Enigma, mau tanya tapi agak OOT sih~
Itu yang dipegang sama firaun/dewa/dewi Mesir yang ada di gambar-gambar itu apa ya?
Yang ada yang kayak tongkat melengkung, terus ada yang kayak salib tapi salah satu ujungnya melengkung, dll
Soalnya yang sering saya lihat kebanyakan memegang benda-benda seperti itu,,
Mohon penjelasannya Bung Enigma kalo tidak keberatan
Terima kasih sebelumnya~

Kunyuk Pelempar said...

Setau saya piramida dibangun oleh seven-prime (dari planet cybertron) untuk menyembunyikan senjata pemusnah matahari dari the fallen (salah satu pemberontak cybertron). Hal ini dikemukakan langsung oleh Prof. Michael Bay baik dalam teori tertulis maupun film dokumenternya.

Kirana Nagh Ais said...

Paling keren pyramid yg di Giza yg setiap 20.000-30.000 ribu tahun ada penampakan kesejajaran 3 Planet yg sama dengan 3 Piramida itu. Keren banget!

Post a Comment