Tuesday, November 10, 2009

Sejarah Freemasonry - perkumpulan rahasia terbesar di dunia

The New World Order. Sebuah frase yang membuat orang segera teringat dengan sebuah perkumpulan rahasia yang paling ternama di dunia, yaitu freemasonry. Bagi penganut teori Konspirasi, freemasonry adalah "The Shadow" atau "Invisible Hand" yang secara diam-diam mengendalikan pemerintahan-pemerintahan dunia, sistem keuangan dan bahkan arus informasi. Tujuan utama mereka adalah menciptakan sebuah tatanan dunia baru yang dikendalikan sepenuhnya oleh para mason.


Freemasonry berbeda dengan Iluminati. Kali ini saya hanya akan bercerita mengenai freemasonry.

Sejarah Freemasonry Kuno
Saya mulai dari arti kata freemasonry. Secara sederhana freemasonry berarti kumpulan para tukang batu.

Lalu mungkin engkau berkata : "hei..hei, kita sedang berbicara mengenai organisasi super rahasia yang mengendalikan dunia, kok kamu malah bicara soal sekumpulan tukang batu ?"

Sabar...saya akan masuk kesana sebentar lagi.

Begini, para tukang batu ini bukan sekedar tukang batu yang mengangkat palu dan memecahkan batu-batu besar. mereka adalah ahli bangunan. Keahlian mereka begitu luar biasa sehingga mereka mendapat tugas membangun katedral-katedral di seluruh Eropa. Sebagai imbalan atas tugas ini, mereka mendapat reward dari para raja Eropa berupa fasilitas kemewahan dan pembebasan pajak.

Dengan segera para tukang batu ini membentuk serikat-serikat eksklusif yang disebut dengan Lodge dan tersebar di seluruh Eropa.

Serikat ini sedemikian ekslusifnya sehingga mereka memberikan tanda rahasia dan password kepada para anggotanya. Jadi apabila mereka berkeliling ke seluruh Eropa untuk bekerja, mereka dapat memberikan bukti kepada serikat tukang batu setempat bahwa mereka benar-benar anggota serikat. Sampai hari ini, kode-kode rahasia ini masih digunakan dalam praktek organisasi ini.

Sebenarnya, tidak ada catatan resmi yang bisa menegaskan asal mula freemasonry, atau kadang disebut freemason saja. Sejarahnya ditulis oleh berbagai orang dengan berbagai teori yang berbeda juga. Jadi mungkin kita tidak akan pernah mengetahui secara pasti sejarah freemasonry kuno.

Namun pada dokumen yang berasal dari tahun 1390 yang disebut The Halliwell Manuscript, ditemukan tulisan-tulisan yang mirip dengan prinsip-prinsip freemason modern. Ini mengindikasikan bahwa organisasi ini memiliki akar sejak ratusan tahun yang lampau.

Bahkan menurut para pemimpinnya, sejarah freemason telah bermula dari sejak zaman raja Salomo, walaupun teori ini tidak memiliki dasar yang kuat.

Sejarah Freemasonry Modern
Nah, Pada tanggal 24 Juni 1717, empat lodge diantara sekian banyak lodge yang tersebar di Eropa berkumpul di London dan kemudian sepakat membentuk satu Lodge besar yang disebut The Grand Lodge of England. Tak lama setelah pendiriannya, The Grand Lodge of England menjadi Lodge yang paling berpengaruh di Eropa.

Pendirian Grand Lodge ini dianggap sebagai sejarah freemasonry modern.

Dalam prosesnya, Grand Lodge of England mendapat tandingan dari sebuah Grand Lodge baru yang didirikan belakangan. Perpecahan ini berlangsung hingga 62 tahun. Pada tanggal 27 Desember 1813, setelah melewati beberapa kompromi, kedua lodge besar ini memutuskan untuk menggabungkan diri.

Lodge gabungan yang baru ini bernama The United Grand Lodge of England (UGLE). Dan sejak itu freemasonry mulai menyebar ke seluruh Eropa dan Amerika.

Level Kepangkatan Freemasonry
Freemasonry sebenarnya termasuk sebuah organisasi dengan sistem kepangkatan yang rumit. Hal ini dikarenakan pengajaran dan filosofinya diungkapkan secara bertahap lewat beberapa organisasi yang dibentuk belakangan.

Namun untuk mempermudahnya, saya akan menceritakan garis besarnya saja.

Freemasonry memiliki tiga level di dalam kepangkatannya yang disebut blue degrees yaitu :

1. Entered Apprentice
2. Fellow Craft
3. Master Mason.

Secara teknis, boleh dibilang tidak ada pangkat yang lebih tinggi dibanding Master Mason.

Namun, apabila seseorang telah menjadi Master Mason, ia boleh mendapatkan pengajaran tambahan untuk mengenal ritual freemasonry yang lebih dalam lewat dua organisasi yang dibentuk belakangan yaitu The Scottish Rite dan The York Rite.

The Scottish Rite memiliki pangkat level 4 (Master traveller) hingga level 33 (Sovereign Grand Inspector General). Sedangkan The York Rite memiliki sistem kepangkatan yang lebih rumit. Namun yang paling terkenal adalah pangkat tertingginya, yaitu The Order of the Knight Templars atau biasa disebut Knight Templar saja.

Freemasonry dan Knight Templar
Lalu apa hubungannya Knight templar dengan freemasonry ?

Knight Templar adalah pasukan perang salib yang terbentuk pada abad ke-12. Menurut legenda, Ketika Knight Templar telah menyelesaikan perang salib yang berlangsung selama 200 tahun, mereka kemudian dikejar dan dianiaya oleh raja-raja Eropa dengan tuduhan melakukan praktek sihir. Pada saat itu, Knight Templar telah menjadi sebuah organisasi besar dengan kekayaan yang luar biasa.

Di dalam masa aniaya itu, Knight Templar disebut mendapat perlindungan dari kelompok persaudaraan freemasonry kuno sehingga para mason dipercayakan rahasia penyimpanan harta karun Templar. Legenda ini diceritakan dalam film "National Treasures" yang mungkin sudah pernah anda tonton. Namun entah benar atau tidak, legenda ini tidak memiliki dasar bukti yang valid.

Lambang Freemasonry
Seperti organisasi pada umumnya, freemasonry juga memiliki lambang. Lambangnya yang paling terkenal adalah sebuah jangka dan penggaris busur dengan huruf G ditengahnya.

Namun anehnya, mereka tidak memiliki interpretasi resmi terhadap arti simbol ini. Jadi interpretasinya seringkali hanya diberikan oleh para individu dengan pandangan dan pemikiran masing-masing.

Misalnya, Huruf G di tengah lambang itu. Di beberapa lodge, huruf G itu diterima sebagai kependekan dari "God". Di tempat lain "Goodness". Tapi mungkin yang paling populer adalah "Geometry", sebuah dasar matematika yang melahirkan legenda freemason.

Di beberapa negara seperti Inggris, huruf G tersebut telah dihilangkan dari lambang freemason setempat.

Menurut Albert Pike, pendiri The Scottish Rite dalam bukunya "Morals and Dogma" yang juga dianggap sebagai "kitab sucinya" freemason, lambang jangka berarti "Ketuhanan yang Kreatif", sedangkan penggaris busur adalah "Bumi produktif alam semesta"

Entah apa maksudnya. Tapi kedengarannya sangat New Age.

Selain lambang tersebut, lambang lain yang sering dihubungkan dengan freemason adalah lambang piramida dengan sebuah mata di puncaknya. Lambang ini disebut "all seeing eye".


Menurut Fredrick Goodman, mata yang melihat di puncak piramida itu memainkan peranan sangat penting dalam dunia okultis. Asal lambang tersebut adalah "The Eye of Horus" dari zaman Mesir purba.

Sedangkan lambang piramida diambil karena freemason menganggap piramida sebagai lambang penyatuan semua agama. Menurut Foster Bailey, seorang mason level 33, "Simbol piramida, yang bisa ditemukan di Mesir dan Amerika Selatan menjadi saksi bahwa misteri zaman purba memiliki keterkaitan dengan pekerjaan para Mason pada zaman ini."

Disinilah sebagian orang mulai mencium bau konspirasi. Simbol ini ternyata terdapat pada uang kertas Dolar Amerika.


Tidak heran, karena pendiri negara Amerika kebanyakan adalah anggota freemason.

Bahkan tata letak kota Washington DC disebut didesain oleh para Mason.


Kebetulankah ?

Kerahasiaan Freemasonry
Namanya juga perkumpulan rahasia. Sejak awal Freemasonry dipenuhi oleh bayang-bayang kerahasiaan.

Kerahasiaan ini juga diimplementasikan dalam hubungan antar mason. Ada logo-logo rahasia, ada cincin khas mason dan bahkan mereka menciptakan metode rahasia bersalaman khas Mason.

Kerahasiaan ini juga tercermin dalam perekrutan anggota baru. Ketika seorang anggota baru masuk, ia tidak akan diberitahu mengenai arti simbol-simbol dan upacara Masonry. Mereka hanya akan menerima pengertian penuh mengenai makna ritual freemason ketika mereka naik ke level tingkatan yang lebih tinggi.

Ketika para mason telah naik ke level tinggi dan telah mengetahui makna simbol dan upacara, mereka diwajibkan untuk merahasiakannya dari orang lain. Kalau tidak, ada hukuman yang menanti. Karena itu menurut Albert Pike, para Mason adalah "anak-anak cahaya" karena mengetahui makna simbol tersebut. Orang lain yang tidak mengetahuinya adalah anak-anak kegelapan.

Menurut beberapa mantan anggota freemason, seorang kandidat awal yang berniat menjadi anggota akan ditahbiskan lewat upacara yang mistis.

Pertama, sang kandidat harus menanggalkan semua pakaiannya sehingga hanya mengenakan pakaian dalam. Lalu matanya ditutup dengan kain. Proses ini disebut dengan hoodwinked yang berarti ditempatkan dalam "kegelapan spiritual dari dunia yang kotor", entah apa juga maksudnya.

Kemudian sebuah tali dilingkarkan ke lehernya yang melambangkan perbudakan. Lalu kandidat tersebut disuruh berdiri di sebuah sudut dan ditantang untuk merajah dadanya sendiri dengan sebuah jangka. Setelah itu, ia harus mengucapkan sumpah rahasia perkumpulan.

Bahkan menurut mantan freemason Ed Decker, para mason level tinggi biasa meminum anggur lewat cawan yang terbuat dari tengkorak kepala manusia.

Hmm. memang mistis.

Markas Freemason
Walaupun perkumpulan ini telah tersebar dimana-mana, namun boleh dibilang freemason tidak memiliki markas resmi yang utama. Jadi saya pasti tidak bisa menunjukkannya kepada anda.

Tapi saya bisa menunjukkan kepada anda markas The Scottish Rite yurisdiksi selatan di Amerika. Letaknya di Washington DC di gedung yang bernama The House of Temple. Markas ini adalah markas freemason yang paling terkenal di dunia.


Foto dibawah ini menunjukkan altar freemason di House of Temple. Altar kosong ini menjadi saksi bisu atas terbentuknya legenda freemason yang misterius.


Konspirasi Freemasonry
Apabila berbicara mengenai perkumpulan rahasia, atau bahasa kerennya, secret societies, maka mau tidak mau kita harus menghubungkannya dengan Teori Konspirasi. Apalagi jika kita berbicara mengenai freemason.

Menurut para penganut teori konspirasi, Freemasonry memiliki tujuan terselubung, yaitu untuk mengontrol pemerintahan, agama dan ekonomi dunia.

Pada level internasional, Freemason dipercaya sedang berusaha mendorong terciptanya "Suatu tata pemerintahan dunia yang baru", suatu pemerintahan dunia yang universal di bawah kendali doktrin dan agama freemasonry.

Teori konspirasi ini pada mulanya berkembang pada tahun 1792 yang dihembuskan oleh beberapa penulis di Perancis dan Skotlandia.

Namun walaupun hanya teori, sepertinya ada benarnya juga. Pada bulan September 1950, dalam sebuah terbitan majalah New Age, Mason level 33 bernama William Smith menulis :
"Maksud Tuhan adalah untuk menggabungkan semua ras, agama dan kredo. Rencana ini didedikasikan untuk menciptakan sebuah tatanan baru bagi segala sesuatu, untuk membuat sebuah "bangsa yang baru, ras yang baru, peradaban yang baru dan agama yang baru, yaitu agama yang tidak sektarian dan yang telah lama ada, yang sering disebut "Cahaya besar". Melihat ke belakang, maka kita dapat melihat tangan yang membimbing bangsa Nordic bekerja untuk menciptakan sebuah tatanan dunia yang baru - Novus ordo Seclorum."
Novus ordo seclorum yang berarti New Order of the Ages (bukan New World Order) ini dapat ditemukan pada uang kertas dolar Amerika Serikat. Franklin Delano Roosevelt, presiden Amerika yang juga seorang mason level 33 telah menaruh kalimat ini dalam mata uang dolar Amerika. Ini menunjukkan bahwa freemason telah menaruh sidik Jarinya di sistem keuangan Amerika.

Bahkan sebagian beranggapan bahwa rancangan tata kota di Washington DC pun memiliki tanda tangan Freemason.

Morgan Affair - Hukuman bagi pengkhianat
Tujuan-tujuan terselubung freemason disembunyikan dengan sangat rahasia sehingga setiap anggota yang membocorkan rahasia ini akan diberi hukuman. Dalam sejarah, paling sedikit ada 15 mantan anggota freemason terbunuh secara misterius setelah mereka berniat membongkar rahasia persaudaraan itu. Korban yang paling terkenal adalah William Morgan.

Kisah Morgan pertama kali diangkat oleh Charles Finney, seorang mantan mason yang beralih menjadi pendeta. Menurut Finney, Morgan berniat mencetak sebuah buku berjudul "Illustrations of Masonry" yang mengungkap rahasia tiga level pertama freemason.

Dalam buku itu disebut bahwa Level teratas dalam piramida Mason adalah penyembahan terhadap Lucifer, sesuatu yang boleh dibilang tidak pernah diketahui oleh publik. Namun belum sempat buku itu diterbitkan, pada tanggal 11 September 1826, Morgan diculik dan dibunuh dengan ditenggelamkan oleh 3 orang mason.

Peristiwa yang sering disebut "Morgan Affair" ini telah menimbulkan gerakan anti freemason dimana-mana.

Anggota-anggota ternama
Selama berabad-abad, Freemason berevolusi menjadi kelompok persuadaraan dengan anggota-anggota yang memiliki pengaruh dan kekuasaan. Mungkin inilah sebabnya teori konspirasi tumbuh dengan subur.

14 dari 44 presiden Amerika adalah Mason termasuk George Washington, Andrew Jackson, Franklin D Roosevelt, dan Harry S Truman.

Namun patut dicatat juga bahwa paling tidak 5 presiden Amerika menyatakan diri sebagai anti Mason.

Selain itu, 18 Wakil presiden Amerika juga adalah mason. Termasuk 9 dari 56 penandatangan deklarasi kemerdekaan Amerika, 18 Senator, 76 anggota DPR dan 35 hakim agung.

"Saat ini paling sedikit sekitar sepertiga dari presiden Amerika adalah anggota persaudaraan, jadi merupakan sebuah tradisi substansial bagi para politisi untuk terlibat di dalam freemasonry." Kata salah seorang mason.

Di Inggris, Sebagian raja, ratu dan perdana menterinya adalah Mason, termasuk Winston Churchill dan pangeran Philip.

Lihat foto di bawah ini :


Pria kurus ini adalah pangeran Edward dari Inggris. Ia adalah seorang bangsawan yang mendapat gelar Duke of Kent. Tapi selain gelar itu, ia juga dikenal sebagai Grand Master dari United Grand Lodge of England yang juga merupakan pimpinan seluruh Lodge di Wales dan Inggris.

Dalam foto di atas juga terlihat ia bersalaman dengan metode khas Mason.

Dalam bidang ekonomi, keluarga-keluarga super kaya yang menguasai dunia diketahui sebagai Mason, termasuk Rockefeller, Chrysler, Hilton, JC Penney dan bahkan kolonel Sanders.

Dalam bidang musik, Beethoven, Hendel, Mozart dan Haydn.

Dalam Sastra, Shakespeare, Voltaire, Rudyard Kipling, Tolstoy dan Sir Arthur Conan Doyle.

Dan tentu saja, tidak mengherankan kalau arsitek patung liberty, menara Eifel, gedung putih dan Mt Rushmore adalah juga anggota freemason.

Pantas, freemason begitu terkenal. Para anggota mereka berasal dari semua kalangan yang nama-namanya bahkan tertulis di buku sejarah kita.

Freemasonry - Sekarang
Saat ini cabang Freemasonry tersebar di 164 negara dengan 5 juta anggota dimana 3 juta diantaranya ada di Amerika Serikat. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat sekitar 33.700 Lodges dimana 15.300 lodges ada di Amerika.

Namun sepertinya apa yang disebut sebagai perkumpulan rahasia sudah tidak terlalu rahasia lagi. Apabila kita mencari di Internet, kita bisa menemukan website resmi Freemason disana.

Lihat ! Bahkan mereka sempat berpose untuk Life Magazine seperti sekelompok mahasiswa yang baru diwisuda. Tapi dasar mason, bahkan dalam pose tersebut, masih sempat-sempatnya mereka membentuk formasi piramida.


Penutup
Jadi, perkumpulan macam apakah freemason itu sebenarnya ?
Itu sangat tergantung apakah kalian penganut teori konspirasi atau bukan.

Mungkin kalian merasa tulisan ini kurang lengkap. Namun, namanya juga perkumpulan rahasia , tentu saja tidak boleh diungkapkan lebih jauh lagi. Jadi saya berhenti disini. :)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

85 comments:

adin said...

nice info...pantas saja amerika sangat berkuasa, karena sebagian besar penguasa mereka adalah anggota freemason...hmmm...postingan yang menarik banget

ipo.com said...

Great. Baru tau artix. Bener2 keren mas enigma. Tp sayang ada yg rahasia. Apa kira2 mas enigma anggota mason jg yg ada di Indonesia?.

Ms. Erantzo said...

torereng....puanjang banget bro...aku bacanya dari bawah biar seru hahahha....

Mihael Keehl said...

dudududuh.. Yahud...keren bgt!! keep posting... memang misterius ya mereka ini

cholid __G (cholid zufar) said...

memang bisa di lanjutkan kisah mereka kk enigma
kalau memang rahasia tapi kok sudah menyebar dimanamana sih ,wah keren ada tanda tangan nya tukang batu disitu

inti nya saya mau memberikan
lagu bagus buat kita semua
http://www.youtube.com/watch?v=S8hABGhMiPk

cipluk said...

setau saya mas Enigma bukan Mason karena saya cukup kenal mas enigma. Namun ada yg lebih menarik dibahas 33 orang yg masing2 diperkirakan punya kekayaan 6 triliun USD bahkan lebih dan diperkirakan mereka mengendalikan perekonomian bahkan sembilan bahan pokok seperti tepung terigu beras dll serta energy baik minyak dll maupun GOLD. Dan 33 orang ini mengendalikan perbankan diseluruh Dunia. Bahkan menurut ceritanya mereka ini sudah mengendalikan kapan harus terjadi krisis ekonomi dan kapan harus perang serta dimana harus terjadi kekacauan. Tolong bung enigma tulis. May be mereka juga Mason.

mystery said...

wah....amerika ternyata merupakan freemason juga,,,bagus sekali nie artikel....

puRy_himawari said...

just becarefull mas...coz "the eye" is watching us...even on this internet system.

btw...saya pernah baca sejarah dinasti rotzchild (waduh...maaf saya lupa cara penulisanny) dari jerman sana n berakar pada nabi Daud/David. dan itu... GILA!!!! ternyata invisible hand itu udh masuk k negara kita.

Yukichan said...

@atas:kecil?
hahah~ mungkin kedengerannya kecil, tapi sekali tujuan freemason itu kegapai, kita bakal abis..

aku suka banget sama bahasan ini karena aku juga tertarik ttg ini. Udah banyak buku aku baca ttg Freemason dari SMA..mengerikan.

*merinding*

Anonymous said...

waw baru kemaren saya berangan2 kapan ya blog ini bakal ngebahas freemason dan ternyata langsung terkabul harapan saya :)
keep posting!

Anonymous said...

Hmmm...very nice,,,
Saya anti mason dan ini membuat saya semakin bergairah untuk melawan mereka...

RifkyPanzer™ said...

Semua organisasi rahasia yg ada du dunia, rata rata memiliki akar ke freemasonry.thanks infonya ya

Anonymous said...

land lord, mr. lawie said
sebenarnya freemason udah lama ada di indonesia,

bahkan pada jaman kolonialisme mereka punya gedung sendiri di Jl.Budi Utomo, skrr jadi STM 5 jakarta or STM 1 kalo ga salah,

orang belanda menganggap mereka sebagai pasukan setan dan dijauhi, walau sama2 dari eropa,

bisa di baca di buku Tempat2 Sejarah di Jakarta, karya Adolf Heuken

bang enigma, nicholas flamelnya gimana ?

DeeLaBeLLe said...

pertama tau freemason dr buku2ny Dan Brown. Sebenernya mas enigma msh bnyk tau ttg freemason y? tp ga mau bahas lbh lanjut :P
Para pejabat & miliuner Indonesia anggota freemason???

Krieg said...

Untuk lebih lengkap, baca buku Holy Blood Holy Grail, di buku itu semua terungkap semua sejarah tentang organisasi2 rahasia di dunia seperti Ordo Sion, Illuminati, dan Freemason. Freemason juga ada di Indonesia pada jaman V.O.C dan Lodji (Lodge) yg terbesar di gedung Bapindo di daerah Cikini. Sekarang ini Freemason di Indonesia masuk melalui perkumpulan Lions club dan Rotary club yg berpusat di Bandung.

Anonymous said...

gelo, presiden n hakim aj ampe Freemason Member, skalian aj smw orang di dunia ini freemason member!!!

btw tlg dong posting yg berbau mistis n misteri, cz w aga2 gk ngerti ngbaca ttg konspirasi ... keep posting om enigma!!!

bintang said...

mas enigma, saya jd pengen tahu illuminasi, katanya kelompok ini yang mmengendalikan dunia, bahkan freemason itu underbownya, bener nggak? trus saya pernah baca buku, ada beberapa orang terkenal indonesia anggota illuminasi.. bisa nggak di ulas tenntag grup ini? trims

Anonymous said...

mas enigma tolong tulis tentang arwah gentayangan dong..
tolong bahas apakah penampakan2 yang ada itu adalah arwah manusia yang gentayangan atau cuman hantu yang menyerupai manusia...
misteri lho itu bos..

hakam said...

wah panjang banget hampir bosen bacanya, udah lama denger nama freemason tapi baru tau sekarang apa itu, kayak di film national treasure 1 bner, yang harta karun nya dipindah dari mesir ke dibawah gereja apa gitu lupa

Lylalma said...

mason...tipe org-org sombong yg mengira bisa mengendalikan segala hal di dunia ini, tujuan mereka adalah mempercepat kedatangan Almasih versi mereka, yaitu Dajjal(Lucifer) menurut versi gw.
"Dan sesungguhnya mereka telah membuat makar yang besar padahal di sisi Allah-lah (balasan) makar mereka itu. Dan sesungguhnya makar mereka itu (amat besar) sehingga gunung-gunung dapat lenyap karenanya." (Q.S. Ibrahim [14]: 46)

didi said...

waduh makin ngeri aja dunia ini, gilaaaaaa!!!!!!!.

ngapa ya orang2 pintar and kaya kyak mereka kok ngak kuat iman ya, hayooo apa yang salah. gue bisa nyimpulin dari sini brarti mereka yang gak percaya tuhan aja bisa berhasil aplagi kita ya kan hehehehe(sok tau) mungkin kesalahan kita adalah kita kurang percaya dengan tuhan ,kurang bersatu dan kurang peduli dengan sesama, sangat dibutuhkan suatu sikap dewasa untuk mengatasi semua ini(sok dewasa wkwkwk)jangan mengandalkan bantuan dari luar, kita adalah generasi penerus bangsa kita harus saling menyangi dan saling melindungi dan membantu.

jujur gue sedih sekali ketika melihat teman seperjuangan saya(generasi muda)terjerumus dalam dunia kerja yang seharunya belum bekerja dan bagi para orang tua tolong jangan terlalu banyak bekerja perhatikan anak2 kalian klo gak bisa meluangkan waktu sebentar cukup beri perhatian bagi mereka agar mereka mengerti dengan keadaaan yang sedang terjadi jadi anak2 itu akan menganngap anda selalu menyangi mereka.

dukung didi jadi presiden masa depan selanjutnya(wkwkwkwk promosi) doain ya

oh ya mo pesen buat orang yang punya banyak waktu tolong yaa bantuin gue tuk ngajar anak yatim dan jalanan agar menjadi genersi yang lebih baik di masa depan and jangan lupa didik dengan kejujuran agar gak korupsi hehehehe(kasian hidup mereka tidak seberuntung dari kita) kita harus
"BERSATU" "SALING MENYAYANGI" "SALING MENGHORMATI" "SALING MENGHARGAI"
MAKA KITA AKAN LEBIH DARI FREEMASORNRY BAHKAN LEBIH DARI AMERIKA dan NEGARA MAJU LAINNYA KITA SUDAH "LUPA" MARI KITA BANGKITKAN LAGI HEHEHEHEHE

SALAM DARI GENERASI MUDA INDONESIA PEMBANGUN MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK (DIDI)

"MERDEKA"

Anonymous said...

freemansory adalah organisasi setan..
yang bakal bikin kita kaya boneka yang bisa mereka gerakkan..
yang mengatur hidup kita sejak lama tanpa sepengetahuan dunia..
yang memiliki tujuan untuk menguasai dunia..
yang aka melakukan sesuatu yang benar2 tidak kita udga, contohnya tahun 2012 mereka akan melakukan population decrease hingga 93% GILA !!!

hacurkan freemansory dan illuminati !!
kita semua bisa !!
jangan percaya ama AMRIK !

wendi wirawan said...

terima kasih mas enigma . . . mudah2an bisa membantu membuka mata temen2 kita di indonesia . . . btw FYI temen2 yg baca komen saya , jay-z rhianna dan kanye west juga part of this . . . bisa dilihat di album 3 jay-z yang dinamakan the blueprint3 , ini adalah saat jay-z memasuki levet "master mason" .

wake up guys . . . conspiracynya blm berakhir . . . NWO didepan mata kita . . .

salam damai .

*sekali lagi , terima kasih bung enigma . . .

Anonymous said...

mason kayak merk balsem aja(ups). perkumpulan rahasia tapi ga rahasia....aneh. BTW kayaknya Novus ordo Seclorum bisa diartikan New World Order (tatanan Dunia yang BAru) coba deh!

wahyu adhi said...

mas enigma, saya pengikut setia blog ini,,
salah satu yang saya suka dari mas enigma adalah tidak copy-paste, tidak mengada2 (didukung fakta), dan gigih mengupas sesuatu..

mengapa saat mengupas freemason ini hanya sampai disini?tidak ada tulisan lanjutan?

apa karena topik ini sudah sangat banyak tersebar secara copy-paste di berbagai blog (yang notabene isi nya sama aja) ? atau karena takut ? atau karena emang anggota mason itu sendiri?

tolong diungkap lagi, saya sangat ingin melihat sudut pandang mas enigma yang brilian dan beda dari copy-paste2 di banyak blog lainnya

thanks

gatotkaca_coy said...

pernah dnger kl kprcyaan ritual mereka mirip dgn agama kuno kabala. erat jg hub.nya dg budaya msir kuno. dan knp jg simbol piramid jd sangat pnting bwt mereka y? prnah dngr jg kl dr skian bnyk arsip sejarah mesir, pmerintah ndak punya arsip mengenai asal-usul piramid.knp bntuknya bgitu, drmn ide mengenai piramid itu, dsb,dsb. Mungkin disini ada yg tau? kl tnyata ada maap, brarti sy yg slh.he2.trus kl baca2 d artkl ktnya ad agama baru dr mreka, namanya new age kl g slh.
seandainya mreka btul2 punya mksut jahat, mdh2an Alloh mlindungi kta dr maksut jahat manapun dg taktik secerdas apapun.
klo kata alam mbah dukun mah : pissss ah

Anonymous said...

Hebat, salut buat Mr. Enigma. Blog and benar-benar informatif!

tigor buseng said...

freemason sebenernya adalah sekumpulan orang orang yang suka dengan remason....

Anonymous said...

//Chicrhey//...
Artikel ne bgs bgt.,
ga'salah lg,coba tmen2 baca "dajjal akan keluar dr segitiga brmuda"
smuanya ada kterkaitannya lho.
Bner yg dktakn bung enigma.
Tp prnh brfkr g siapa pmmimpinnya?!
InsyaALLAH,buku tu kan brmanfaat bgt to tmen2 yg trtrk ma freemason.
Selain itu jg bs mnambah iman kita.

Bung-enigma,postingin jg dong,indonesia adl atlantis yg hilang.
Mslhnya kmren ru kluar di tv,n q pngin ngrt scr lngkpny gtu!!

Mksh ya bung dh nmbah wawasanQ.

Anonymous said...

Kira-kira saya bisa jadi anggota freemansory gak ya??

ryu said...

bagus tuh tujuannya,,,,
tp terlalu rahassia shingga orang" yg bersejarah menjadi boneka dari Freemason,,~~~

Anonymous said...

apalah tujuan mereka sebagai manusia... bentar hidup, nggak nyampe 100 taun, trus mati, apa artinya bagi mereka menguasai dunia, secara individu..

Anonymous said...

..kami ada di Indonesia sejak lama. Dan kalian salah menyangka kalau kami tidak percaya Tuhan. Kami tidak bertujuan untuk menguasai dunia, beberapa orang yg paling kalian hormati dalam sejarah adalah bagian dari kami...

aw3ng said...

...sekian banyak postingan bung enigma - terlebih "konspirasi" - banyak yang mengerucut dan terkait sama piramid. kapan2 diulas dong bung, knapa bentuk segitiga ini (tampak samping piramid segitiga juga kan...)kaya'nya "ngetop" banget...
jadi inget imel kiriman temen saya, ttg salah satu artis top Indonesia, yg digosipin yahudi, di cover albumnya juga ada "all seeing eye" ...nah loo...

btw, salut...illuminati-nya ditunggu...

Anonymous said...

Salut untuk anda bung. Anda benar mengenai Freemasonry. Piramid all seeing eye itu sebetulnya setiap lapisan ada artinya dan menunjukkan organissasi atau kumpulan atau konspirasi di dunia ini yang terkait erat dengan Freemasonry. Antara lain, Cartel Mafia, Drug Dealers, Kelompok Wiccans/Tukang Sihir alias Witch Covenant dan Warlords - mengapa? mereka dalah the luciferian. Bahkan Lucent Technologies itu singkatan dari Lucifer Enterprise (LUCENT)dan beberapa brand produk konsumen besar merupakan pendukung dan sumber dana Freemasonry. Di kampus-kampus AS mereka menyusup di dalam asrama-asrama Fraternity dan Sorority untuk melaksanakan indoktrinasinya di generasi muda. Syahdan mantan salah satu presiden kita juga ada terlibat...katanya lho mengingat sahabat baiknya mantan Presiden AS juga Mason. Well, Freemasonry kaitanya erat dengan Zionisme dan pembangunan Temple of YHWH terakhir yang melibatkan penggusuran mesjid Al Aqsa. jadi buat mereka yang mau tau soal Mason..jangan lupakan apa yang terjadi di Israel dan Palestina. Waktu kesudahan segala sesuatu sudah sangat amat dekat dan itu bukan tahun 2012.Bahas dong Iluminati dan kaitannya ke Mason, Wiccans, The Druids dan Witch and Warlords alias para tukanmg Sihir.

gatotkaca_coy said...

wlpn kelihatannya brbau2 agama, tp mslh pnggalian Al Aqsa ckp universal utk dikaji bang Enigma.konprsi berat itu. krn mnrt sy kl ngga btul2 utk kpntingan yang amat sangat, buat apa gali2 tmpat ibadah orang dg smbunyi2? iseng bukan?

@ anonimus yg sptinya mngaku agt mason :
mungkin anda lbh mngerti. mau brsdia berbagi? :)

gatotkaca_coy said...

bang enigma, numpang kirim mesej.tengs bfore.
@ bang/mba didi :
sy baru baca lagi kmntr2 d sini dan baru ngeh kl bng/mb didi lg nyari orang yg bnyk waktu dn mau partisipasi ngajar anak yatim dn ank jln. sy bnyk wktu,jd klo abng/mb didi mampir lg k sini dan baca komen ini, mau dong tukeran imel. ud lama pngen partisipasi tp ngga tau hrs mlai dari mana. sy tunggu bgt responnya.tengs brat bng/mb

Kacamata Rusak said...

Yippie! Freemason! Satanism!

Ada yang tau ga kalau sebenarnya para pengikut ajaran satanisme itu ga nyembah setan, tapi mereka nyembah diri sendiri dan harta? *buset, duniawi+narsis banget!*
terus mereka juga ga percaya setan itu ada. Setan itu hanya simbol mereka.

Oh ya, artikelnya keren! Salut!

indra said...

saya cukup salut sama bro enigma yg berani posting ttg mason.. walaupun blm sepenuhnya lengkap..
klo ada yg pernah nonton seri dokumenter "The Arrivals" pasti lebih tau banyak.. gmn mereka sudah berhasil merubah dunia sesuai yg mereka mau

Anonymous said...

Segitiga bermata satu, dajjal. Sama seperti perempuan bermata satu, karangan pak Langit Kresna Hariyadi.
Tapi, cukup seru, mangkanya jangan latah ikut organisasi2 dari barat yang tidak ada hubungannya denmgan budaya serta kehidupan kita sehari2. Cuman mentingkan gengsi (katanya).

Anonymous said...

freemasonry dah lama ada en dah lama berkuasa.
dah lama mengawasi kita dengan matanya yang satu itu.hiii ngeriii,,,
ayo bersatu,, bangun dunia dibawah satu kekuasaan Indonesia, satu bahasa Indonesia, satu negara Indonesia. gada yang laennnnnn,,,,

Anonymous said...

salut dengan artikelnya mas..
kalo boleh pesan, artikel tentang simbol-simbol perkumpulan ini yang lebih luas dan mendalam

Anonymous said...

Mr Enigma, sy rada bingung...saya yg salah baca artikel atau emang ada prubahan ya? seingat saya bbrp hari lalu sy baca artikel ini kayaknya lebih dari ini ya. Disana ada pmbahasan soal obelisk, piramida, dan simbol-simbol lainnya yg rada sinkron ama novelmya Dan Brown. Serta ada pmbahasan tentang dolar plus kekuatan Yahudi (atau sy baca d tulisan lain? bs dibantu??) Kok hr ini sy baca lg karena mau share..jd beda ya...knp? apa kalimat trakhir Excuse itu alasannya?// Anyway...TQ atas tambhn wawasanny.

enigma said...

Tidak, saya tidak mengubah apapun dari artikel ini. Jadi kemungkinan kamu membaca artikel di tempat lain.

Anonymous said...

fremason itu organisasi bentukan DAJJAL LAKNATULLAH yang bertujuan menghancurkan dunia dan memecah belah manusia yang bermuara pada penyesatan iman

Anonymous said...

believe me guys READ THIS! apapun buku yang kalian baca, milyunan artikel yang kalian tahu, internet dan segala macam informasi yang membahas tentang keberadaan Mason...berarti info itu sudah usang atau sudah tidak berlaku lagi, atau merupakan kamuflase dari tujuan mereka yang sebenarnya. setiap hari mereka berganti system, bahkan membernya sendiri banyak yang tidak tahu bahwa mereka sudah berganti sistem atau apapun. we will never know about them, jd jangan mimpi bisa mengaku tau ttg gerk gerik mereka.semua yang identitas nya sudah diketahi orng, seperti pangeran, presiden atau apa, mereka hanyalah tumbal massa saja. the real master nya bersembunyi di balik kesederhanaan hidup mereka, bahkan mungkin menyamar jd orang miskin supaya orang terkecoh. hanya ada special people yang menjadi lawan mereka, cari sendiri infonya, thx.

Aufar Syahdan said...

coba guys , baca majalah ...ERAMUSLIM DIGEST...terbitan website eramuslim.com
edisi2 sebelumnya ngebahas tenntang FREEMASON..pokoke lengkap bgt ...salah satu majalah yg membuka mata daan pikiran kita lebar" ttg sejarah yg ditutup tutupi oleh bangsa yahudi LAKNATULLAH!!!

Anonymous said...

numpang lewat
di sini sangat jelas tentang fremason ..dll

http://swaramuslim.com/ebook/html/020/index.php

-Hiruma- said...

Kak(?) Enigma sering main assassins creed ya???? he he he.....

erlanggaBayu said...

aku ga prcaya ..
coz yg ktnya "invisible Hand" ga prnah nyentuh aku ...
hahahahaa ,,

klo orang2 hebat anggota freemason,,
brarti ini organisasi yg bagus dong . ktnya bnyak anggota rotary club jga . .

walah, freemason yg diributin ini kan belum prnah bkin masalah yg nyata ..
knpa kita ga ngeributin bnyak organisasi radikal laen spertti Jamaah Islamiyah, Al-Qaeda, dan organisasi teroris laen yg uda jelas-jelas bikin kacau dimana-mana cuma dgn dasar agama ..
aplagi kita smua tau, mreka punya satu pemimpin sok paling bener brnama Osama bin-Laden ...
He is the most Bullshit guy that I've ever known . ..


huaah ,,
suka bnged ributin yg ga ada kejelasannya ..
yang paling penting itu kita uda berusaha ngelakuin yg terbaik dlm hidup (sperti bung didi) ...

santai saja kawan ..
ikuti kata hati biarkan resahmu berlalu ...
:)

surich said...

mr enigma koq gak ad suaranya? ap anda bener2 mason
i think mason udah menyelipkan ajarannya dari segala media secara halus, sebut aja smallville n supernatural, disana dibahas the traveler is clark kent and others yang bikin kita percaya lewat teori2 mereka yg manusiawi

Anonymous said...

freemason juga ngedeteksi smua yang nyelidikin mereka??

Anonymous said...

walah, freemason yg diributin ini kan belum prnah bkin masalah yg nyata ..
knpa kita ga ngeributin bnyak organisasi radikal laen spertti Jamaah Islamiyah, Al-Qaeda, dan organisasi teroris laen yg uda jelas-jelas bikin kacau dimana-mana cuma dgn dasar agama .. -------> asal anda tau ya bos, organisasi2 yg anda sebutkan ini, semuanya itu hasil produk freemason. yang di setiap agama, dia buat penyesatan2 seperti itu. mereka paling ahli membuat yang benar terlihat salah, dan yang salah terlihat benar. jadi klo yg anda kejar itu organisasi2 itu, ya ga ada abis2nya. skali lagi ini terserah mau percaya ato ngga, because the fact is, mereka memang tidak pernah buat salah dgn atas nama mereka sendiri.

nyonyogoblog said...

waaahh..artikel ny bagus.. mbantu bgt ..soalnya aq lagi mbaca novel dan brown yg the lost symbols.. naah.. it ttg freemason.. :-)
nice info gan!

Anonymous said...

Anda hanya mengetahui setebal kulit ari tentang Freemasonry...
Jangan pandang suatu Objek dari satu sudut pandang saja...

Awak UFO said...

Lah rahasia dimana, kok dah banyak berita & informasinya tentang ntu organisasi??
Tenang aja kawan2, ga usah tajut ma makar mereka, kan kita masih punya Alloh ;D

Anonymous said...

kalo menurut aku sih..
dunia ini tak kan lepas dari namanya uang dan kekuasaan.bagiku, freemasonry itu adalah orang yang akan mengendalikan dunia untuk kepentingan mereka.walaupun harus mencipatakan perang dan kekacauan ekonomi atas nama agama dan suku bangsa.coba kita lihat di indonesia, katanya zaman resesi ekonomi tapi kok mobil-mobil keluaran terbaru tetap bertambah di jalanan? dan masih ada yang sanggup membeli? bangunan-bangunan mentereng tumbuh dimana-mana dan dalam pandangan saya adalah pengelompokan kasta-kasta tertentu di dalam masyarakat umum, yang dijual dengan hal-hal kebutuhan makhluk yang namanya manusia (memberi keamanan, privasi, dan kenyamanan).memang sih alasan klisenya, itu adalah hasil kerja keras.tapi mari kita lihat, siapakah yang di untungkan dari penjualan mobil? ya... uangnya akan mengalir ke luar negri (Siapakah Orang2 nya?).dalam hal pengelompokan kasta masyarakat tertentu akan membuat masyarakat yang lainnya berpikir akan sebuah ketidak adilan yang akan jadi abu dalam sekam antara yang miskin dan yang kaya.seandainya terjadi kekacauan dan bencana, orang yang diuntungkan adalah orang yang mempunyai senjata dan bahan makanan.tapi yang lebih beruntung adalah mereka yang jadi punyuplai senjata dan makanan (Siapakah Orang2 nya?)
saya salut ketika negara kita membangun IPTN, PINDAD, PAL, TIMOR yang mana tujuan dari pembangunan itu adalah mengatasi ketergantungan kita dari luar.tapi saya sangat sedih bagaimana keadaan perusahaan tersebut sekarang.karena hidup segan mati tak mau.pendapat saya adalah ada yang melemahkan perusahaan tersebut yaitu orang2 yang merasa akan dirugikan oleh perusahaan tersebut, karena negara kita tidak akan membeli peralatan perang dari "mereka".kita lihat, apakah ada orang2 yang ahli di industri tersebut? saya yakin tidak karena negara kita tidak mau mengeluarkan gaji yang besar untuk "kejeniusan otak" dengan dalih tidak ada anggaran dan di dunia luar dikembangkan opini kalau negara kita adalah negara yang tidak kondusif untuk akademisi.sehingga perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya.pernahkah dunia internasional meng audit perusahaan PINDAD, PAL, IPTN dan TIMOR? apakah ada media internasional dan lokal pernah mengekspos perusahaan negara kita? jarang.karena kalau sering terekpos akan mengalihkan perhatian rakyat kita mengarah ke perusahaan tersebut yang bakal nantinya akan ada tuntutan dan keinginan agar perusahaan itu maju dan melesat (harapan sebagian besar rakyat indonesia) mulai dari audit anggaran dan hasil dari perusahaan tersebut.coba anda renungkan 2 pendapat saya dulu... mungkinkah itu dari hasil Gurita yang bernama freemansory di indonesia? mereka aka bermain di belakang layar walau pionnya adalah agama dan suku bangsa.

Anonymous said...

mas, kalo gak salah ingat ada foto kota nya di tulisan ini, kok udah gak ada yach ?

Anonymous said...

tks mas,fotonya langsung ditambahin :) saya penggemar baru anda.salam kenal.
mas, ditulisan tentang pendaratan dibulan dikomentar mas katanya NASA pake hitungan dalam buku Newton II Principia untuk ke bulan. bisa ditulis mas, hitungan ke bulan secara ilmiah. tks
--jack--

Anonymous said...

Menarik juga klo mas enigma bahas juga keterlibatan publik figur dengan freemasonry

blognya keren mas :)

Chanders said...

Bang Enigma,

Pliss di tulis tentang BOHEMIAN GROOVE dong..?
Apa ada hubungannya dengan freemansory...?


Thanks

Anonymous said...

tentang KKK dong?trus di Indonesia ada freemason gak?

Anonymous said...

ehm.... awal mula setelah membaca artikel2 lain yg dibahas dg logis, saya kagum bung enigma smart cerdas n masuk akal serta artikel2nya berbobot..tapi setelah baca ttg freemanson ini, ternyata bung enigma sama aja dengan anak2 kecil/org dungu yg suka khayalan..wake up bung !!

enigma said...

Apakah anak kecil itu sama dengan orang dungu ?

Bagian manakah yang kamu anggap sebagai khayalan ?

Adakah kalimat dari tulisan di atas yang menunjukkan bahwa saya percaya freemason mengendalikan dunia ?

Bisakah kamu memberikan bukti bahwa saya salah dan sedang berkhayal ?

Karena setahu saya apa yang saya tulis adalah sejarah resmi freemason yang bisa ditemukan di wikipedia dan di dalam buku sejarah Amerika.

Orang yang Cerdas akan meneliti fakta sebelum menghakimi.

Anonymous said...

bung enigma...
sekilas saya tahu ada hubungan antara freemasonry dengan yahudi. Mulai dari simbol, Negara - negara yang disekutukan; seperti Amerika, Inggris, Belanda dan negara besar lainnya... Terutama Indonesia yang di susupi Freemasonry. Nah... anda tahu organisasi pemuda pertama di indonesia?? saya kira anda tahu, bahwa jawabannya adalah Budhi Oetomo . menurut beberapa blog yang saya baca tentang Berdirinya BU merupakan bentukan dari Freemasonry dan Yahudi. dan maksud dari yahudi membuat freemasonry adalah untuk membuat agama baru, dan ingin menghapus agama yang menentang freemasonry. Tolong bahas dan postingkan masalah ini. Terima Kasih

Anonymous said...

lumayan ne baca2 gini enak ne bikin penasaran mason lage mason lage kagak ada matinya dagh seep dagh lanjoootttt

Anonymous said...

"Anonymous said...

ehm.... awal mula setelah membaca artikel2 lain yg dibahas dg logis, saya kagum bung enigma smart cerdas n masuk akal serta artikel2nya berbobot..tapi setelah baca ttg freemanson ini, ternyata bung enigma sama aja dengan anak2 kecil/org dungu yg suka khayalan..wake up bung !!".....

ya loe itu yg dungu pake ngata2in bung enigma seperti org dungu.....loe bisanya cuma komen doank......loe ngiri kan ama postingan bung enigma karna loe gak bisa bikin seperti apa yg bung enigma bikin..........dasar sucker..!!!

buat bung enigma : org seperti itu gak usah didengerin.....inget ama pepatah "anjing menggonggong kafilah berlalu".....artinya kita kafilahnya dan dia adalah anjing yg menggonggong......lanjutt ajjeee deh pokoknya.....

amgine said...

"Banyak foto yang hilang ternyata."

saran saya utk bung enigma:

1. kalo posting foto/gambar penjelasan yg diambil dari situs lain itu, langsung aja diupload di servernya blog ini aja.

2. nanti di artikel diberi link ke sumber foto/gambar tsb.

3. hal ini utk menghindari broken link foto/gambar tsb, agar supaya foto/gambar tsb senantiasa muncul.

terima kasih.

Anonymous said...

waktu baca tulisan dari william smith : "menggabungkan semua ras, agama" jadi ingat yg namanya "sai baba" , bang enig pastidah tau kan soal sai baba?
nah kenapa saya jadi teringat soal sai baba? karena yang saya tau sai baba tuh katanya, menjadikan agama itu "sama" dengan kata lain "1" dan perekrutan anggotanya pun luas dengan kata lain penggabungan semua ras.. jadi?? ap jgn2 sai baba tuh antek2 dari freemanson?

Anonymous said...

d foto ruangan itu kok ada bendera amerika?apa pusat freemasons d amerika?

Anonymous said...

Sudah selidiki sendiri...? dan menemukan bukti bahwa FM adalah organisasi sesat, penyembah setan etc...??? jika kalian hanya followers yg tahu dari internet (bukan situs resmi yg dpt di pertanggung jawabkan)... lebih baik kalian DIAM !!

Giehl said...

Intinya Freemasonry tidak lebih baik dari "The Nine Unknown Men". Nice info....

Anonymous said...

From MR.want to know

KETIKA SAYA SEDANG MENCARI2 TENTANG FREEMASONRY DI INTERNET SAYA MENDAPATKAN SEBUAH GAMBAR,,,INI ALAMATNYA:

http://www.google.co.id/imglanding?q=freemasonry%20symbols&imgurl=http://www.savethemales.ca/washdc.jpg&imgrefurl=http://www.savethemales.ca/000869.html&usg=__R0hO_ZJDdmCcAmfsudMjiLjXpQ4=&h=485&w=415&sz=81&hl=id&um=1&itbs=1&tbnid=bVvXgEcrZwWb9M:&tbnh=129&tbnw=110&prev=/images%3Fq%3Dfreemasonry%2Bsymbols%26um%3D1%26hl%3Did%26sa%3DX%26tbs%3Disch:1&um=1&sa=X&tbs=isch:1&start=15#tbnid=bVvXgEcrZwWb9M&start=19

nah menurut pencarian saya simbol2 di gambar tersebut adalah lambang2 SATANIC...dan itu ada di susunan kota di amerika...menurut tulisan mas enigma diatas amerika dibangun oleh freemasonry right???apakah itu artinya freemasonry adalah organisasi SATANIC ato penyembah setan???banyak sih yang bilang kalo amerika itu memang negara setan..n mohon pendapat mas enigma...

Anonymous said...

From:MR.want to know

satu lagi mas gaya bersalaman freemasonry itu sangat bertentangan dalam hukum islam..dalam islam disebutkan bahwa ketika bersalaman sebaiknya ibu jari kita berada di atas tulang ibu jari orang yang kita salami..apakah freemasonri SENGAJA membuat cara itu karena mereka membenci islam???

orazatachi said...

Pertanyaan saya, apa benar presiden AS sekarang, Barrack Obama seorang mason?
Di Wikipedia Bahasa Indonesia tertulis begitu



Tambahan, gambar logo freemasonry tidak mucul
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Square_compasses.png

Anonymous said...

Salam kenal...
mas enig, mo nanya neh..., tp takut.
Ketika liat foto profilnya mas enigma (satu mata/ menyembunyikan mata kiri), ko jadi inget postingannya Tyrips yang ngebahas Lady Gaga dan all-seeing eye yah ??? (maap, berbau-bau konspirasi).
selebihnya, aku kagum dng pengetahuan mas. Semoga pengetahuan ini menjadikan kita lebih dekat pada-Nya.

Anonymous said...

sebenarnya tidak ada satupun individu yg tahu akan hakikat freemason kecuali sahabat dan membernya. marilah kita semua bersatu utk maju ewuh pakewuh masif toleransi dan tinggi hormat karena kita semua anak bangsa yg sangat luhur..kita hapus metode yg memperuncing perbedaan, kita lupakan hasrat utk membenci, dan bersama-sama mempersiapkan jiwa akan karunia tuhan semesta alam sang arsitek yg agung..karena semua ada dalam konstelasi yg akbar..bumi pertiwi..salam damai :)