Tuesday, January 12, 2010

Fenomena Deja Vu yang misterius

Pernahkan anda mengunjungi sebuah rumah untuk pertama kalinya dan tiba-tiba anda merasa familiar dengan rumah tersebut ? Atau pernahkah anda berada dalam suatu peristiwa ketika tiba-tiba anda merasa bahwa anda sudah mengalaminya walaupun anda tidak dapat mengingat kapan terjadinya ? itulah deja vu, salah satu fenomena misterius dalam kehidupan manusia.


"Om, saya merasakan bahwa saya pernah melakukan hal yang sama, gerakan yang sama dan lain- lain"

Suatu hari, kalimat di atas masuk ke kotak komentar di blog ini. Walaupun kalimat itu terdengar menakutkan dan misterius, tapi untuk kasus ini sepertinya saya punya jawabannya. Inilah yang disebut deja vu.

Banyak dari kita yang sudah pernah mendengar kata ini, tapi mungkin hanya sedikit yang mengetahui artinya.

Definisi Deja Vu
Deja vu berasal dari kata Perancis yang berarti "telah melihat". Kata ini mempunyai beberapa turunan dan variasi seperti deja vecu (telah mengalami), deja senti (telah memikirkan) dan deja visite (telah mengunjungi). Nama Deja Vu ini pertama kali digunakan oleh seorang ilmuwan Perancis bernama Emile Boirac yang mempelajari fenomena ini tahun pada 1876.

Selain deja vu, ada lagi kata Perancis yang merupakan lawan dari deja vu, yaitu Jamais Vu, yang artinya "tidak pernah melihat". Fenomena ini muncul ketika seseorang untuk sementara waktu tidak dapat mengingat atau mengenali peristiwa atau orang yang sudah pernah dikenal sebelumnya. Saya rasa sebagian dari kalian juga sering mengalaminya.


Sebelum kita melihat mengenai deja vu, pertama, kita perlu mengetahui apa yang disebut dengan "Recognition Memory", atau memori pengenal.

Recognition Memory
Recognition Memory adalah sebuah jenis memori yang menyebabkan kita menyadari bahwa apa yang kita alami sekarang sebenarnya sudah pernah kita alami sebelumnya.

Otak kita berfluktuasi antara dua jenis Recognition Memory, yaitu Recollection dan Familiarity. Kita menyebut sebuah ingatan sebagai Recollection (pengumpulan kembali) jika kita bisa menyebutkan dengan tepat seketika itu juga kapan situasi yang kita alami pernah muncul sebelumnya. Contoh, jika kita bertemu dengan seseorang di toko, maka dengan segera kita menyadari bahwa kita sudah pernah melihatnya sebelumnya di bus.

Sedangkan ingatan yang disebut Familiarity muncul ketika kita tidak bisa menyebut dengan pasti kapan kita melihat pria tersebut. Deja Vu adalah contoh Familiarity.

Selama terjadi Deja Vu, kita mengenali situasi yang sedang kita hadapi, namun kita tidak tahu dimana dan kapan kita pernah menghadapinya sebelumnya.

Percaya atau tidak, 60 sampai 70 persen manusia di bumi ini paling tidak pernah mengalami deja vu minimal sekali, apakah itu berupa pandangan, suara, rasa atau bau. Jadi, jika anda sering mengalami deja vu, jelas anda tidak sendirian di dunia ini.

Teori-Teori Deja Vu
Walaupun Emile Boirac sudah meneliti fenomena ini sejak tahun 1876, namun ia tidak pernah secara tuntas menyelesaikan penelitiannya. Karena itu, banyak peneliti telah mencoba untuk memahami fenomena ini sehingga akhirnya kita mendapatkan Paling tidak 40 teori yang berbeda mengenai deja vu, mulai dari peristiwa paranormal hingga gangguan syaraf.

Pada tulisan ini, tidak mungkin saya membahas 40 teori tersebut satu persatu. Jadi saya akan memilih beberapa teori yang saya anggap perlu diketahui. Pertama, saya akan mulai dari teori psikolog legendaris, Sigmund Freud. Tapi sebelum itu, saya ingin menunjukkan kepada kalian sebuah gambar yang sangat terkenal. Ini dia :


Foto di atas adalah foto ilustrasi "Puncak gunung es" yang terkenal. Para ahli "otak" sering menggunakan ilustrasi di atas untuk menunjukkan seperti apa pikiran kita yang sebenarnya. Permukaan air adalah batas kesadaran kita. Pikiran Sadar kita adalah bongkahan yang muncul di atas permukaan laut. Sedangkan pikiran bawah sadar adalah bongkahan raksasa yang ada di dalam laut.

Menurut mereka, sesungguhnya sebagian besar informasi yang kita terima tersimpan di pikiran bawah sadar kita dan belum muncul ke permukaan. Hanya sebagian kecil dari informasi yang kita terima benar-benar kita ingat atau sadari. Prinsip ini adalah kunci penting untuk memahami Deja Vu.

Gangguan akses memori
Sigmund Freud yang sering dijuluki sebagai bapak psikoanalisa pernah meneliti mengenai fenomena ini dan ia percaya bahwa seseorang akan mengalami Deja Vu ketika ia secara spontan teringat dengan sebuah ingatan bawah sadar. Karena ingatan itu berada pada area bawah sadar, isi ingatan tersebut tidak muncul karena dihalangi oleh pikiran sadar, namun perasaan familiar tersebut bocor keluar.

Teori Freud ini terbukti menjadi landasan bagi teori-teori yang muncul berikutnya.

Namun sebelum saya membahas teori-teori yang lain, saya ingin mengajak kalian untuk mengenal satu kata ini terlebih dahulu, yaitu "Subliminal". Subliminal berasal dari kata latin, yaitu "sub" dan "Limin atau Limen". "Sub" berarti bawah, sedangkan "Limin" berarti ambang batas. Dalam artian psikologi, subliminal berarti beroperasi dibawah sadar.

Lagi-lagi berhubungan dengan bawah sadar. Maksud saya memperkenalkan kata ini adalah untuk memahami teori di bawah ini.

Perhatian yang terpecah - teori ponsel
Seorang peneliti bernama Dr. Alan Brown pernah mengadakan eksperimen yang diharapkan bisa menciptakan ulang proses deja vu. Dalam percobaannya, ia dan rekannya Elizabeth Marsh memberikan sugesti subliminal kepada subjek penelitiannya.

Mereka menunjukkan sekumpulan foto yang menunjukkan lokasi-lokasi yang berbeda kepada sekelompok pelajar dengan maksud bertanya kepada mereka mana yang dianggap paling familiar bagi mereka. Dalam percobaan ini, semua pelajar yang diuji belum pernah mengunjungi lokasi-lokasi yang ada di foto tersebut.

Namun sebelum mereka menunjukkan foto-foto itu, terlebih dahulu mereka menayangkan sebagian foto itu di layar dengan kecepatan subliminal sekitar 10 sampai 20 milidetik. Kecepatan itu cukup bagi otak manusia untuk menyimpan informasi itu di bawah sadar, namun tidak cukup bagi para pelajar itu untuk menyadari dan menaruh perhatian padanya.

Dalam percobaan ini terbukti bahwa lokasi-lokasi pada foto-foto yang sudah ditayangkan dengan kecepatan subliminal dianggap paling familiar bagi para pelajar itu.

Eksperimen serupa pernah diadakan oleh Larry Jacobi dan Kevin Whitehouse dari Washington University. Bedanya, mereka menggunakan sekumpulan kata-kata, bukan foto. Namun hasil yang didapat sama dengan eksperimen Dr. Alan Brown.

Berdasarkan pada hasil eksperimennya, Dr. Alan Brown kemudian mengajukan sebuah teori yang disebut sebagai teori ponsel (atau perhatian yang terpecah).

Teori ini mengatakan bahwa ketika perhatian kita terpecah, maka, secara subliminal, otak kita akan menyimpan informasi mengenai kondisi di sekeliling kita namun tidak benar-benar menyadarinya. Ketika perhatian kita mulai fokus kembali, maka segala informasi mengenai sekeliling kita yang tersimpan secara subliminal akan "terpanggil" keluar sehingga kita merasa lebih familiar. Ini sama seperti bongkahan es di bawah permukaan air yang naik ke atas permukaan.

Contoh, jika kita memasuki sebuah rumah sambil ngobrol dengan orang lain, maka perhatian kita tidak akan terpaku kepada kondisi rumah itu, namun otak kita telah menyimpan informasi itu secara subliminal di bawah sadar. Ketika kita selesai ngobrol, pikiran kita mulai fokus dan informasi yang tersimpan di bawah sadar mulai muncul. Seketika itu juga kita mulai merasa familiar dengan rumah itu.

Jadi, berdasarkan teori ini, deja vu tidak berhubungan dengan kejadian di masa lalu yang telah berlangsung lama.

Memori dari sumber lain
Ada lagi teori yang lain. Teori ini percaya bahwa otak kita menyimpan banyak memori yang datang dari berbagai aspek kehidupan kita, seperti film yang kita tonton, gambar ataupun buku yang kita baca. Informasi-informasi ini kita simpan tanpa kita sadari. Sejalan dengan lewatnya waktu, maka ketika kita mengalami peristiwa yang mirip dengan informasi yang pernah kita simpan, maka memori yang tersimpan di bawah sadar kita akan bangkit kembali.

Contoh, sewaktu kecil, mungkin kita pernah menonton sebuah film yang memiliki adegan di sebuah tugu atau monumen. Ketika dewasa, kita mengunjungi tugu ini dan tiba-tiba kita merasa familiar walaupun kita tidak ingat dengan film tersebut.

Teori ini mirip dengan teori ponsel, tapi teori ini setuju bahwa deja vu berhubungan dengan kejadian yang telah berlangsung lama di masa lampau.

Teori Pemrosesan Ganda (visi yang tertunda)
Dalam banyak hal, teori-teori mengenai penyebab Deja Vu tidak berbeda jauh dari yang diajukan oleh Sigmund Freud. Namun seorang peneliti bernama Robert Efron berusaha melihat lebih jauh kedalam mekanisme otak, bukan sekedar pikiran sadar atau tidak sadar. Walaupun sangat teknikal, teori yang diajukannya dianggap sebagai salah satu teori Deja Vu terbaik yang pernah ada.

Teori Efron ini berhubungan dengan bagaimana cara otak kita menyimpan memori jangka panjang dan jangka pendek. Ia menguji teori ini pada tahun 1963 di rumah sakit Veteran Boston. Menurutnya, respon syaraf yang terlambat dapat menyebabkan deja vu. Hal ini disebabkan karena Informasi yang masuk ke pusat pemrosesan di otak melewati lebih dari satu jalur.

Efron menemukan bahwa Lobus Temporal dari otak bagian kiri bertanggung jawab untuk mensortir informasi yang masuk. ia juga menemukan bahwa Lobus Temporal ini menerima informasi yang masuk dua kali dengan sedikit delay antara dua transmisi tersebut.

Informasi yang masuk pertama kali langsung menuju Lobus Temporal, sedangkan yang kedua kali mengambil jalan berputar melewati otak sebelah kanan terlebih dahulu.

Jika delay yang terjadi sedikit lebih lama dari biasanya, maka otak akan memberikan catatan waktu yang salah atas informasi tersebut dengan menganggap informasi tersebut sebagai memori masa lalu.

Deja Vu - Sepertinya saya pernah menulis ini.
Tidak, saya cuma bercanda. Ini pertama kalinya saya menulis mengenai Deja Vu. Walaupun tidak menakutkan seperti fenomena Doppelganger yang juga sering dihubungkan dengan aktifitas otak, Deja Vu tetap dianggap sebagai fenomena yang luar biasa misteriusnya.

Tapi jika kalian bertanya mengenai pendapat saya, maka saya rasa Sigmund Freud telah memecahkan misterinya.


(wikipedia, howstuffsworks.com, news.softpedia.com, scientificamerican.com)


Komentar Pilihan

Anonymous said...

Ini teory saya asli mas enigma (saya di merebot@gmail.com) cuma belum di coba pembuktiannya secara klinis... coba cek sama yang bermata sebelah (maaf picak) apakah bisa mengalami de javu, hipotesa saya selama ini adalah, mereka pasti belum merasakan de javu..

Karena de javu terjadi (mirip teori efron yang saya baru tahu detik ini di blog ini) adalah lambatnya reaksi otak menerima informasi sebelah mata dari mata lainnya ke otak... info mata yang lambat dianggap kejadian sebenarnya, info mata yang cepat dianggap kejadian masa lalu yang entah kapan,... de javu tak akan sanggup memprediksi kejadian kedepan karena memang belum masuk informasi ke depan oleh matanya. Dia hanya akan merasa, "ih kayanya pernah,... " saya penikmat de javu. Tak pernah takut mengalaminya, bahkan enjoy


January 18, 2010 10:30 AM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

279 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 279   Newer›   Newest»
pictsel.co.cc - gambar keren said...

akhirnya request saya diposting juga..
thanks mas enigma..

btw.. pertamaxnya punya saya gak ya?:O

gatotkaca_coy said...

sering banget denger tmen bilang :duh deja vu ni. tp smp skrng sy sndr blom prnah, jd pnasaran pngn tau gmn rasanya.spt biasa,pnjlsnnya enak bang

Anonymous said...

jadi deja vu itu ngga ada hubungannya dengan kehidupan sebelumnya ya? ehehehe

Devy D said...

MAs Enigma, saya pernah mengalami deja vu, (malahan banyak kali terjadi)...mungkin terkait teori di atas yah. Cuma saya pernah mengalami mimpi yg beberapa waktu kemudian menjadi kenyataan...apakah itu termasuk tipe deja vu? Krn saya pernah bermimpi ke suatu tempat, kemudian beberapa waktu kemudian saya pergi ke t4 tsb dan baru teringat bhw saya pernah melihat itu dlm mimpi...

enigma said...

@Devy D : Itu bukan deja vu. itu precognitive dreams. Itu juga salah satu fenomena yang membingungkan banyak orang.

Dunia Infoku said...

Bang Enigma ini yang aku tunggu2 @@


2 requestq tentang Doppelgenger sama De Ja Vu akhirnya terbit juga. hehehe

zumaidil said...

mas apa munkin dejavu ada hubungannya ama incarnation dan reincarnation ?

Anonymous said...

GREAT!!! lebih dari 3kali seminggu saya sering merasakan hal seperti ini.

luar biasa, apapun yg terjadi kalo uda berasa dejavu, langsung teriak kenceng2 DEJAVI NIH!! pasti rasanya lebih lega.. haha


-Hendrik-

Anonymous said...

saya pernah mengalami deja vu selama beberapa detik, dimana baik suara gerakan dan lokasinya benar2 familiar.

jd menurut saya teori2 di atas masih kurang meyakinkan bagi saya.


bro enigma, tolong bahas tentang Astral Projection donk.

Anonymous said...

kalo precognitive dream saya sering ngalamin bisa request itu gk mas?

myheart1978 said...

tulis jg dunk ttg precognitive dreams ... kan satu paket dg dejavu hehe ... thanx be4!

Anonymous said...

Seperti biasa tetap mantap ne..
Dari smua teori diatas teori efron la yg bs menjelaskan deja vu yg beberapa kali saya alami..

enigma said...

@zumaidil : reinkarnasi itu satu teori dari 40 teori lainnya.

Soal precognitive boleh sekali-kali. Kalo astral projection mikir-mikir dulu.

king dhilicious said...

saya juga pernah melakukan hal yg sama dengan gerak2 saya yg sangat familiar seperti yg Anonymous (12/1/10) katakan, apakah itu termasuk Deja Vu mas enigma?

Anonymous said...

Saya pernah baca buku yg m'jlaskan ttg dejavu ini, klo dilihat dari teori-teori di atas, yang cocok itu teori terakhir (teori efron).

Jadi sebenarnya deja vu sama sekali gak ada hubungannya dengan masa lalu.

- accank -

Ide-gue said...

Wah, ternyata ada juga yang request deja vu ini.. hahaha
Thanks bang dah mengabulin req aku.. :D
Ow.. gitu toh yang namanya deja vu... pernah aku ngalaminnya, cuma jarang bgt n hampir lupa tuh.. :D
salut dah.. :Dv

king dhilicious said...

oo begitu, postingan yg menarik mas enigma.
oiya mas saya mau kasih saran, tolong postingin ttg desa yg hilang di nome,alaska (kalo ga slh) yg katanya terjadi abduction alien, apa kah itu benar? tolong ya soalnya saya penasaran hehehe ^_^ .
keep posting Enigma!

Anonymous said...

bos,klo gue setuju ma teori nya Robert Efron...

klo ga salah satu buku yang prnh aku baca jelasin astral projection itu kayak pelepasan roh ato bathin lah kira-kira begitu,kayak adegan di film angling darma raja angling darma bertapa di gua trus roh/bathin nya keluar dr raga dan patih mardib memakai tubuh angling darma untuk pulang kekerajaan nya (kurang lebih begitulah )
hehehehhe...cuma pendepat aku doank kok !!!!
klo mr.enigma gimana ???

from :N.O

enigma said...

Ternyata banyak yang pro efron. haha. Efron terlalu teknikal. saya masih megang freud dan memori dari sumber lain.

Astral projection memang kurang lebih seperti itu.

aw3ng said...

awal taun ini aja udah "dapet" DV. mundur lagi, oktober tahun kemarin malah "dapet" PD...sekarang malah di-post 1...tinggal 1 lagi bro...req. yg PD yah (precognitive dreams)...
sukses always...

mbah ware said...

saya juga mendukung sigmund freud....bro...deja vu,precognitive dream,astral projection...(been there,done that...very excitited....wanna try...?)hehehehe

Anonymous said...

Kalo waktu kecil lumayan sering ngalamin, tp skrng dh jarang..
Tapi yg ak alami g hanya perasaan familiar, tapi dari situasi, tempat, warna, orang2 di sekitarku, sampai kata2nya yg diomongin pun persis kayak pernah terjadi..
Apakah itu de javu??

Anonymous said...

mas, saya rasa ini bukan pertama kali mas enigma ngebahas tentang deja vu

Anonymous said...

Mas enigma saya pernah mengalami kejadian melihat semua benda yang bergerak menjadi lamban seperti slowmotion.., bisakah bang enigma jelaskan itu fenomena apa mas?

Maaf klo ga nyambung peace heheheh :)

abzalom said...

wah...sebagai pengemar konspirasi ingkarnasi saya sedikit kecewa sih..tp oke juga tuh..ternyata di dunia ini sains lah yang paling dapat diterima di banding mitos.."
PEACE om..!!! kagum saya.

Ijin copas! ^_^

loopdreamer said...

oe bang... ni bener2 sebuah tulisan yang menarik... beberapa waktu yang lalu saya juga penah pelajari tentang teori2 Freud (waktu kuliah) meskipun gak intens...'coz aku ga' kuliah di psikologi...hehe... dari teori2 Freud memang menggambarkan secara jelas apa itu deja vu...tapi sebenarnya (seingatku) menurut Freud deja vu itu hanya salah satu cara dari memori bawah sadar tersebut "merembes" atau memaksa keluar dari alam bawah sadar yang selama itu di tekan oleh alam sadar manusia... sebenarnya yang lebih banyak di bahas Freud justru mengenai mimpi yang malah lebih banyak menyimbolkan kenangan2 bahkan hasrat2 yang ditekan oleh manusia...misalnya hasrat yang dilarang oleh aturan2 sosial di masyarakat (dalam hal ini berkaitan dengan alam sadar... jadi berkaitan dengan hal itu justru saya malah menyimpulkan sendiri (pede banget sih gw..hehe) bahwa memori yang keluar melalui deja vu juga merupakan simbolisasi dari hasrat terpendam yang ter(di)tekan oleh alam sadar kita...jadi bisa saja simbol yang keluar dari deja vu tersebut "menipu"...alias bukan hal sebenarnya yang pernah kita ingat/alami tersebut, tapi hanyalah simbol yang tersembunyi yang harus diteliti lebih lanjut lagi berkaitan dengan kepribadian seseorang yang mengalami kejadian itu atau kenangan masa lalu yang pernah dialami, seperti juga yang dipaparkan dalam teori mimpi nya Freud (busyet malah jadi pengen diskusi)...ah malah jadi panjang banget...btw thanks...tulisannya menarik sekali...

Anonymous said...

Astral projection ?
Ide bgus tuh mas, soal'y qu udh prnah nyobain. . .
Req donk, byar pembaca yg lain jd tw tntang astral projection. .

Anonymous said...

Mas, saya pernah mengalamai seperti mengetahui peristiwa yg sedang terjadi bahkan saya dapat menebak peristiwa yg akan terjadi beberapa detik kedepannya,, walaupun saya hanya dapat menebak sekitar 10 - 15 detik, namun kejadian yang saya tebak tersebut persis terjadi beberapa detik kedepannya... tapi bila ketika saya sedang mengalami hal tersebut dan saya langsung memberitahu seseorang yg ada di dekat saya, maka tebakan saya akan meleset..
contoh : saya sedang menonton pertandingan basket, tiba2 saya merasa pernah melakukannya kemudian muncul bayangan2 dipikiran saya bahwa sipemain "A" akan memasukkan bola ke keranjang dalam posisi 3point kemudian setelah melempar, dia jatuh karena tertabrak pemain lawan.. kemudian bayangan itu benar2 terjadi persis seperti bayangan tadi..
apakah itu juga de javu ?? karena saya sering mengalaminya...

tolong pendapatnya mas enigma...

Anonymous said...

astral projection kalo dr jawa apa yg disebut "ngrogoh sukmo"apa itukah??buat bung enigma selalu manteb aja postingnya.seandainya bung dijadiin Wakil Rakyat mau nda??.biar kasus-2 korupsi bisa dianalisa dan dibonkar..wakakaka(ngelantur).Tengkyu

Anonymous said...

maaf kalo boleh tau profil bang enigma dari mana yah???sekalian fotonya sapa tau kalo jumpa dipasar/jalan bisa nyapa??.tengkyu bang

uyun said...

saya sering merasakan De ja vu tapi msh belum ngerti apa maksud di balik itu...so thank buat mr enigma....tampilan photonya dong plus profilenya...

Anonymous said...

Saya juga sering mengalami deja vu.. sudah sejak kecil

Anonymous said...

Bro...deja vu uda di posting, akyu punya request mana??? yaitu manusia 446th n bilderberg, tolong dunk bro, di posting...tx Bro.

enigma said...

Manusia yang berusia 446 tahun informasinya hanya sedikit. Jadi susah untuk menulisnya.

Nainggolan said...

Ketika saya membaca judul posting anda, rasanya topik ini sudah pernah anda bahas. Walau anda sudah menjelaskan, tapi sepertinya saya yakin. Ah, mungkin juga saya salah.

Yazied said...

bagaimana dengan saat dimana kita melihat atau melakukan sebuah kejadian yang kita merasa benar2 belum pernah melakukan, tapi kita ingat pernah melihat kejadian tersebut ,yaitu di dalam mimpi..apakah termasuk dejavu, soalnya saya ngga melihat persamaan dari semua teori diatas,..

gimana mas enigma??

kingdhilicious said...

WAH TERIMA KASIH BANYAK ENIGMA! saya tunggu postingan nya hehehe ^_^
oiya mas apakah deja vu ada hubugan nya dengan clairvoyance? (maap ni gan banyak tanya hehehe)

Junior said...

Mas Enigma, karena teori yang "masuk akal" adalah selalu berhubungan dengan otak. Apakah berarti orang yang mengalami deja-vu memiliki "kelainan" pada otaknya ? Saya sering mengalami deja-vu, bahkan dari masih kanak2. Tapi akhir-akhir ini frekuensinya jadi bertambah, bisa seminggu sekali. Ada referensi mengenai ini gak ya mas ?

Anonymous said...

mas,reinkarnasi itu ada ga si?
menurut pendapat anda pribadi

Anonymous said...

aq juga sering mengalami Deja Vu, tpi pandangan ku, tempat,orang,suara dalam kejadian tersebut sama persis, jdi seperti mengalami kembali kejadian tersebut. Sebelum membaca postingan ini, saya pikir kejadian tersebut(Deja Vu)ulah orang yang dapat memutar balik waktu

Anonymous said...

om, klo saya yang paling sering (terkadang, tidak selalu setiap periode waktu) adalah ketika suatu saat saya bermimpi namun saya tidak ingat-ingat kembali setelah bangun bahkan sampai beberapa waktu, namun suatu saat setelah beberapa rentan waktu setelah mimpi tersebut saya mengalami apa yang pernah saya impikan tersebut, maka kadang saya hanya berucap, koq saya pernah ya melihat peristiwa, tempat ini, bahkan dala suatu peristiwa ini....

apa namanya itu juga dejavu?

enigma said...

Bermimpi atau bisa mengetahui peristiwa masa depan bukan deja vu. tapi precognition. Deja Vu berarti perasaan familiar yang muncul ketika mengalami sesuatu tapi TIDAK INGAT kapan kita pernah mengalaminya.

enigma said...

Anoymous : reinkarnasi itu masuk ke wilayah keagamaan. Jadi pendapat pribadi saya tidak berguna.

Anonymous said...

leelee said ....

akhirnya dibahas juga , saya lumayan sering ngalamin deja vu gan , ada disuatu tempat & merasa pernah ada di kejadian tsb persis dgn apa yg saat itu trjadi jg , kadg semua terlintas jelas apa yg akan terjadi selanjutnya tp cuma bertahan tidak sampai 1 menit , thx gan infonya , i like it ^^V

Icha said...

wahhhhhhhhh..aku bgt tu bang enigma. dah lama pgn minta dbhs..mslhnya dr kcil ku sering mngalami ini trs..sering bgt ngom "ehh kyk yg dah prnah deh.." entah pas sdg mlkukn ssuatu atau berbicara ssuatu atau saat sdg berada di suatu tmpat. yg paling aku inget wktu camping di gunung puntang,banjaran,bdg. aku blm prnh ksana tp pas msk gua trus aku kluar..aku liat jalan setapak dgn semak2 di sekitarnya. langsung sktika ada perasaan aneh yg nyelimuti pikirnku dn blg seketika klo aku dah prnh ksitu sblmnya. dan ku langsung z jln..berlari smpai dgn sndirinya mnukan jln kluar. pdhl ku gtau jln itu sama skali tp trs aja jln kyk yg udah hapal. smpe tmn2,kakak pmbina pada heran n nanya apa ku sdh prnh ksini sblmnya.soalnya cuma aku yg sampai dluan di garis finish! dan ku jwb aku jg gtau..!!
smpe skr msh suka inget z kjdian itu..rasanya anehh!

aurora said...

ooo... jadi ini yang namanya deja vu... tapi ada yang bilang, kalau deja vu itu adalah memori terpendam kita di kehidupan kita yang sebelumnya. apakah ini mendukung teori reinkarnasi?

Anonymous said...

dari semua teori yg dipaparkan enigma, gak ada asatupun yg aku rasa cocok dgn gambaran deja vu yg kualami. gmn yah..? rasanya deja vu ku ini bukan soal otak bawah sadar atau apa, tp bnr2 kyk mengulangi peristiwa yg sama, bhkan aku bs menduga kejadian sesaat setelah de ja vu itu mulai, walaupun cm sekian detik..

acehdesain said...

saya sudah lama menjadi pembaca setia blog enigma...keren banget memang...salut...sebenarnya mr. enigma ini pekerjaannya apaan ya???kok sempat-sempatnya bikin tulisan-tulisan bermutu, bukankah butuh waktu yang sangat banyak untuk satu tulisannya aja....?

utama said...

menurut saya, mungkin orang yang mengalami deja vu pernah bermimpi ato scara tdk sadar terbayang suatu keadaan yang mirip dengan keadaan pada saat orang itu mengalami deja vu. saya pernah merasakannya, tapi diinget-inget kayaknya pnah terjadi di mimpi. apa itu termasuk deja vu

Anonymous said...

saya setuju sm teori efron. secara saya baru aja di kasi kuliah tentang otak, syaraf, dan neuron. Banyak bagian otak dan syaraf yg masi blum diketahui fungsinya secara jelas. dan mungkin dejavu ini salah satu fungsi otak

Anonymous said...

bang enigma tadi kan abang bilang "precognitive Dreams" k mba Devi D ..
tu juga tolong jelasin dong soal'a saya sering bngt ngalamin itu ..

putude said...

Lalu,
bagaimana dengan orang yang "katanya" bisa melihat masa lalu dan masa datang ? apa ada hubungannya dengan otak / deja vu itu sendiri ?

lalitis said...

ooo, berarti saya selama ini precognitive dreams ya, kirain deja vu...

Anonymous said...

bapak saya pernah suatu kali pergi ke hutan yg belom pernah dia kunjungi sama sekali, hutan tersebut di pulau Jawa dan bapak saya tentunya ngga pernah melihat2 gambar ttg hutan , dan saat berada di hutan tersebut dia merasa sangat kenal sekali dan hapal dengan lingkungan hutan itu, apakah itu de javu?ataukah mungkin bapak saya reinkarnasi binatang dan dulu tinggal di hutan tersebut?

Aditya's Blogsphere said...

Dejavu memang aneh...saya pernah membahas ini saat membuat artikel indera keenam...saya sering bgt bang ngalamin dejavu...dulunya saya pernah membaca klo dejavu itu adalah gejala kangker otak...tp ternyata studi lebih lanjut mengatakan bahwa dejavu adalah bagian dari otak yang jenius namun masih butuh rangsangan untuk membangkitkan kejeniusan itu, dejavu juga salah satu pertanda seseorang memiliki indera keenam, itu di katakan oleh salah satu instruktur pernafasan kalimasada pada saya dalam suatu latihan rutin....saya belum membaca artikel bang enigma tentang dejavu tapi akan saya download untuk di pelajari trims....

Mif on the duty said...

X Files pernah ada episode tentang deja vu kalo ngga salah bro enigma?

Anonymous said...

Aku stuju dengan efron..lebih masuk akal..soalnya aku pernah ngalamin dejavu waktu masi kecil..mau mandi trus mata menuju ke anduk n diotak blg "ambil anduk ah," eh tiba2 lgsg ngrasa dejavu! Langsung kbayang aku ambil anduk itu,krn iseng aku mau coba ga ikutin dejavu ku,jd tiba2 membelokkan diri ke kiri..ga tau nya dejavu aku jg kyk gt..akhrnya pasrah OT2

Jadi,kyknya kalau diliat dr kejadian yg aku alami,lebih co2k teori efron d..menurut mas enigma gmana?

-yukichan-

pringadi said...

precognitive dreams toh, bukan deja vu
aku melihat cinta pertamaku di dalam mimpi
aku catat dan ingat baik2 setelah mimpi
2 tahun kemudian tergetar aku waktu ngeliat dia benar2 ada dg nama dan wajah yg sama

penghuni60 said...

akhirnya dibahas jg.saya sering bgt tuh ngalamin hal trsebut.tp yg paling bikin saya ga habis fikir adalah hal yg prnah saya alami wkt skolah smp.saya jd pgn crita nih,
"wkt itu saya lg ngobrol ma tmn2 dlm kelas, nah pas suatu keadaan,saya merasa situasi trsbut pernah trjadi,malah anehnya saya bisa menebak apa yg akan diucapkan oleh tmn saya, dan ternyata bnr, lalu saya jg msh bisa menebak bahwa akan ada seseorang yg datang dari balik pintu kelas, dan trnyata bnr jg tebakan saya, malah saya jg tau siapa org yang dtg trsebut."
menurut mas enigma apa itu yg dinamakan deja vu?

amanda said...

klu dihubung2in, dejavu itu bisa jd krn doppelganger kita udah pernah mengalami/melihat sesuatu yg kita anggap dejavu td kali ya.. he2.. mungkin gak?
bang enig.. posting ttg precognition dream dunk ato apapun yg berhub dgn cara kerja mimpi. Palagi mimpi yg jd nyata.

Anonymous said...

saya juga pernah de javu, waktu itu sore2 saya ama kaka saya jalan di sebuah gang, tiba2 ada kejadian ketemu ama seseorang, anehnya saya dan kaka saya bisa bareng bilang begini "kayanya pernah deh" ,,, hah? kok bisa bareng, setelah itu saya bilang klo kejadian tadi tuh pernah terjadi, kaka saya juga bilang hal sama, aneh... de ja vu barengan...

x-file said...

de javu yg paling banyak menurut gw:
1. yg kita tahu bahwa kita membawa dna dari orang2 pendahulu kita, bisa saja terjadi keluarnya memori lampau dari pendahulu (misal: ada org yg lhr di indonesia tp saat misal ke jepang dia merasa selain familiar juga merasa bahwa dia pernah lahir disana)
2. ya itu seperti yg disebutkan diatas oleh bang enigma banyak jg de javu krn aktifitas memori otak
3. de javu krn pelepasan ruh scr tdk sengaja misal saat tidur ruh tdk sngja lepas entah kmana dan saat ia ktmpat itu ia mrasa prnah kesitu, bs jg plepasan ruh krn mati suri seperti yg prnh dialamin bokap gw, saat mati suri bokap merasa ruhnya mlayang kliling dunia, dan benar saat dia bertugas ke malaysia juga ke singapura saat di jalan dia tahu arah2nya klo mo pergi kmana, pdhl bru prtama kali ksana ampe temennya heran

Anonymous said...

Akhirnya comment akyu dibalas juga sama enigma, kalo manusia 446 thn infonya sedikit, gimana dunk dgn Bilderberg??? bisa dunk diposting??? oh ya Bro mo tanya Kasus WTC 9/11, apa bener gak ada pesawat yg di tabrakkan??? katanya misil ya??? gimana Bro???

enigma said...

Pesawat ada yang ditabrakkan ke gedung WTC. Terlihat jelas dari rekamannya.

moo said...

mantap boz postingannya,,
ni dya yg udah q lama q cari...

Deja Vu said...

sewaktu saya membaca postingan ini, saya merasakan sensasi dejavu, bahwa saya pernah membaca tulisan ini. setelah saya ingat2, ternyata saya memang pernah membacanya... saya embaca tulisan ini di kaskus. ternyata sumbernya berasal dari sini toh? hanya saja disitu tdk dicantumkan nara sumbernya. hebat. banyak sekali yg copas blog enigma ini. keep up the good work!

ransyah said...

nice.. jadi semakin percaya gwe akan pembuktian ilmiah terhadap deja vu instead of reincarnation thing. :)

emang seh di salah satu agama yang ada didunia ini menganut paham reinkarnasi. terlepas dari benar atau tidaknya reinkarnasi (yang tergantung dari kepercayaan terhadap agamanya masing-masing), pembuktian ilmiah ini lebih bisa di tangkap dengan masuk akal :)

salute buat enigma sekalian mau ngasih pujian buat tulisan enigma yang membongkar hoax penumpang titanic yang selamat. pengamatan yang jitu.

btw, klo bisa tolong dimuat tentang perkumpulan rahasia/teori konspirasi yang berada di indonesia donk. apakah ada atau tidak?? atau apakah memang freemason atau illuminati sendiri yang menguasai indonesia juga??

kan untuk perkumpulan rahasia cina sudah ada tuh :)

karena menurut saya pribadi.. pribadi lho.. :) banyak konspirasi teori yang terjadi di Indonesia.. entah dari segi politik, keamanan, maupun segi ekonomi.. siapa tau enigma bisa menemukan bukti2 kongkrit yang bisa di jadikan suatu pertimbangan bahwa ada suatu perkumpulan rahasia yang mengatur ini semua layaknya freemason mengatur amerika dan dunia :)

makasih neh enigma sebelumnya.. maaf klo misalnya kepanjangan :)

Anonymous said...

Rara said:

Hallo mas enigma. I just came across your blog and feel excited to read the whole posting. I do feel so lucky since i found this blog - the blog what i have been looking for. So far i have read about 30% of your post and cant help my self doing other things - that i should have to do - instead of reading this blog.

My opinion?
this blog is amazing. Really. I do like the way you explain something to your readers, make heavy topics way easier to be understand, and the blog's layout gives a plus (because good layout would increasing interest in reading and I think that one of the criteria for a good blog is having layout that indicates: simple, clean, and does not interfere with the eye).

Keep posting, mas enigma.
I will send my request. ASAP. :)

restu said...

diatas ada yg nanya ttg WTC,skalian nyambung...
wktu tu mas enigma prnah posting ttg makhluk terbang purba yg muncul pas peristiwa WTC(waktu tu diliatin fotonya),mnurut saya itu hoax..
soalnya saya prnah liat videonya (yang sudut pandangnya sama n pas ketika gedung ke dua meledak)gak ada penampakan aneh tuh..saya dpt dr you tube tp lupa link-nya..videonya make back sound my immortal-nya evanescence....coba di cek deh mas.....thanx

Anonymous said...

bang kalo fenomena "ketindihan" (javanese culture) gmn?
saya pernah "merasa" bangun dlm tidur dan dpt "melihat" sekeliling namun tdk dpt bergerak, seolah2 ada "sesuatu" yg "merusak" sistem saraf motorik saya.

Lawlitte

enigma said...

Itu irep-irep dalam bahasa Jawa. Begitu informasi dari pembaca. Coba kamu baca di kotak komentar postingan sebelumnya mengenai Doppelganger. Yang lain menyebutnya Lucid Dream. Tapi soal Lucid Dream belum saya kroscek.

Anonymous said...

Mas enigma, saya pernah merasakan kayak dejavu. dan pada saat dejavu itu tiba-tiba saya udah tau apa yang akan temen saya bicarain dan ketika saya pengen tebak apa yang dy bicarain, tiba-tiba mulut saya kayak ga bisa bicara. sesaat temen saya bicara ternyata benar kata2 temen saya itu sama dengan kata2 yang tiba2 muncul dalam dejavu saya. bagaimana menurut mas enigma?

enigma said...

Dejavu itu umumnya cuma perasaan familiar saja bahwa kita pernah mengalami sesuatu. Soal bisa tahu apa yang akan dibicarakan oleh orang lain, mungkin itu bukan deja vu. Tapi saya tidak tahu pasti karena saya belum pernah meneliti fenomena seperti yang kamu alami.

Anonymous said...

dejavu mungkin gejala kerusakan pada otak, dan bila parah bisa terjadi kerusakan permanen

monsieur sunday said...

wow. alam pikiran bawah sadar memang hebat! apa ya yang bakal terjadi kalau seseorang bisa mengendalikan dan menggunakan pikiran bawah sadarnya dengan sadar? :/

Anonymous said...

Ini teory saya asli mas enigma (saya di merebot@gmail.com) cuma belum di coba pembuktiannya secara klinis... coba cek sama yang bermata sebelah (maaf picak) apakah bisa mengalami de javu, hipotesa saya selama ini adalah, mereka pasti belum merasakan de javu..
karena de javu terjadi (mirip teori efron yang saya baru tahu detik ini di blog ini) adalah lambatnya reaksi otak menerima informasi sebelah mata dari mata lainnya ke otak... info mata yang lambat dianggap kejadian sebenarnya, info mata yang cepat dianggap kejadian masa lalu yang entah kapan,... de javu tak akan sanggup memprediksi kejadian kedepan karena memang belum masuk informasi ke depan oleh matanya. Dia hanya akan merasa, "ih kayanya pernah,... " saya penikmat de javu. Tak pernah takut mengalaminya, bahkan enjoy

bay said...

klo saya, seperti mengalami deja vu dalam mimpi. jadi dalam mimpi itu saya pergi ke suatu tempat. dan saya merasa pernah ke tempat itu.

haryadi said...

salah satu hal yang membingungkan saya adalah:
mimpi yang jadi kenyataan(precognitive dreams)..
ya dulu waktu kecil,usia 6tahun lah...saya pernah mimpi melihat petugas coast guard menaiki speedboat melintas dermaga( suatu pulau yang belum pernah saya datangi-namun thn 1988 saya temukan dermaga itu ketika liburan bersama keluarga,its real!) dan setelah 3tahun ini mengabdi pada negara,saya baru sadar! petugas coast guard dan speedboat yang melintas itu adalah saya sendiri!

saya masih belum dapat menerjemahkan semua mimpi2 aneh saya(termasuk mimpi ketika saya mati!)

salam

pulau sambu.batam

Albert said...

Om...saya sering sekali melihat hal" yang " SAMA PERSIS " .. misal ketika saya sedang terdiam, saya memikirkan sesuatu, dan hal itu terjadi..entah kapan saya pernah melihatnya..tapi hal itu sama persis.. tidak ada perbedaan sama sekali..
apakah ini yang disebut dengan De Javu ?

Mariska Sheila Kellani said...

kangen sama CROP CIRCLE..huhuhu

ah pas SMP saya aktif bgt tuh deja vu nya, malah yang paling bersemangat tuh sampe tau kejadian beberapa detik ke depan. tapi cuma sekali itu aja sih bisa tau kejadian ke depannya, deja vu2 setelah itu cuma deja vu biasa..hehe tapi seneng kalo ngalemin deja vu, seru dan berasa spesial (walo tau semua org pernah).

eh tapi oke tuh sama teori si komentar pilihan!! ga pernah nyangka bahwa orang bermata sebelah sulit untuk ngalemin deja vu...cool

astree said...

kl ini deja vu bukan?
saat hari pertama masuk kuliah,saya berkenalan dengan seluruh teman sekelas.Dan perhatian saya tertuju pada satu laki2 yang saya yakin sekali pernah bertemu dengannya entah kapan atau dimana.Saya langsung tanyakan dan telusuri baik asal ataupun aktivitas yang mungkin terhubung dengan asal ataupun aktivitas saya.Ternyata tidak ada sama sekali.
Waktu berlalu dan whhaalaa ternyata laki2 ini sekarang menjadi suamiku setelah 7 thn pacaran. Hehehe...kalo ini masuk deja vu ato reinkarnasi?? dimana dimanapun dan dikehidupan kapanpun he is my soulmate?? ^_^

Ridwan said...

Precognitive dreams. Ya, saya sangat sering mengalaminya, dibanding deja vu. Selama ini saya kira itu termasuk deja vu, ternyata bukan tah?

Adhie said...

Saya Juga Sering Deja Vu!
Saya Sering Merasakan Pernah Ngelakuin Itu sebelumnya Sering banget malah!, Tapi Saya Gak Tau Sebelumnya Dimana, Dimimpi pun Nggak!
Saya Kadang2 Juga Suka Kaget Sendiri, dan Suka Ketakutan. Soalnya Kejadian itu bener2 terjadi,
Saya nggak bohong mengenai hal ini.
Saya udahin dulu aja deh, jadi merinding lagi saya! Y_Y

Anonymous said...

enigma...

saia mau tanya..
dulu waktu saia masih smp, saia pernah berfikir, seandainya saia bisa keliling dunia..
tiba2 saia merasa terpaksa mengambil pensil dan menggambar sebuah tempat. padahal saia belum pernah ke tempat tersebut dan saia tidak tau mau menggambar apa, tapi ada suatu tempat yang saia sendiri tidak tau, tetapi saia terus menggambarnya hingga saia selesai. yang saia heran, saia behkan bisa menggambarkan letak pohon kelapa, jumlah pohon kelapa, letak rumah, bentuk rumah, dsb.
setelah semuanya selesai, seorang teman saia berkata kalau itu rumah kakeknya yang ada di padang.

saia bingung , ini suatu jebetulan atau apakah ini deja vu? karena saia belum prnah mengunjungi tempat tersebut.

--Aufklarunk--

enigma said...

@astree : Menurut saya, sebelum kamu masuk kuliah, kamu memiliki gambaran mengenai pria impian di pikiranmu. kamu memegang pikiran ini kuat-kuat selama bertahun2. Ketika kamu masuk kuliah, kamu melihat pria ini, dan tiba-tiba kamu melihat semua impian kamu terpenuhi di pria ini. Jadi kamu merasa familiar. Tentu saja, karena kamu telah memikirkannya selama bertahun2. Just a thought.

enigma said...

@aufklarunk : itu bukan deja vu, itu adalah peristiwa paranormal yang disebut remote viewing.

Jonathan Archer said...

Hai om enigma,mau share n tanya:
dari kecil saya (kadang) bisa ngeliat gambaran/kejadian apa yg terjadi d masa depan ttng khidupan saya/org lain,kadang lewat mimpi,kadang skedar lewat aja/flashing gk jelas.
And saat terjadinya mimpi ke kenyataan sangat cepat,butuh waktu jam-an saja,gk harian...contoh2nya:
1.tragedi Wtc 11 sept,ada kluarga jauh yg mw nek psawat itu,gk tw sebabnya apa,tw2 aku telp mreka,suruh cancel penerbangan,aku sampe maki2 mreka biar ngebatalin,akhirnya batal...5 org kluargaku selamat
2.tsunami di aceh,aku lg tdur,berasa aneh,mimpi kabur gk jelas,latar belakang merah darah,org2 teriak,ksakitan,dll.pas bangun,badan lemes,kasur basah ama keringet,mata sembab,mimpi skitar 1 jam an,stelah baca berita,d waktu yg sama dgn mimpi,terjadi tsunami.
3.gempa jogja:lg telp2an ama pacar,tau2 kaya sejenis flashing memory gt,tiba2 ngomong ma pacar: yank,hari ini bakal ada gempa besar,hati2 ya...2 jam kmudian,jogja bergoya
4.gempa padang kmarin2,mimpi tau2 kebangun dr tdur jam 1an,bingung,kosong,tau2 nelp pacar: hri ini sumatra bakal kena gempa besar,pacar cuma nenangin aja,cuma mimpi,tenang aja.tau2 sore/mlm hari dy telp,coba liat berita...padang gempa.
Banyak lg contohnya,tp kpanjangan ntar

kadang bingung,mimpi apa yg akan kejadian,mana yg cuma mimpi,tapi ciri2nya,kuping kiri saya berdenging 5-10 menit,migrain tiba2...

tolong yg om enigma,kira2 dgn crita saya,saya ngalami apa?saya pernah sampe k suatu masa d mana saya down bgt tentang anomali saya,n sempet mau bunuh diri,krna berpikir org2 yg jd korban itu meninggal krn mimpi saya...mu ke psikolog,kyanya sia2,crita2 ke temen,disangka orang gila.ya udah dah,saya share kesini aja...tambahan informasi,saya muslim,tp gk bgitu taat,gak punya ilmu macem2,n gk niat mw punya sesuatu yg lebih,saya cuma mu jd manusia biasa tanpa beban mimpi2 n petunjuk2 kelas berat itu...please help!!

enigma said...

Mr Archer. Di dunia ini memang ada orang yang punya sensifitas seperti yang kamu alami. Kadang disebut Premonition atau bisa juga precog. Saya rasa kamu tidak perlu takut karena bencana terjadi bukan karena kamu mimpikan, tapi kamu cuma mendapatkan firasat mengenai bencana itu.

Memang yang kamu alami itu tidak normal. Tapi yang tidak normal itu tidak berarti gila lho. Menurut saya, kadang yang tidak normal itu bisa berarti luar biasa. Dan kamu termasuk yang luar biasa. Memang orang yang mengalami ini sering stress pada awalnya. Tapi kalau kamu sdh terbiasa dan menerima kemampuan ini apa adanya, maka kamu akan menemukan cara untuk memanfaatkannya untuk kebaikan.

Kamu punya dua pilihan, menganggapnya sebagai kutuk atau menganggapnya sebagai anugrah.

Yang penting, ingat bro. Kamu luar biasa.

novi cuk lanang said...

saya meragukan penjelasan dari Freud. karna istri sering mengalami dejavu. terakhir dia merasakan pernah di kantor pegadaian waktu di surabaya. padahal sekalipun dia belum pernah ke surabaya, apalagi ke kantor gadai

supertramp said...

ulasan yang menarik..saya sendiri sering mengalami peristiwa 'pernah mengalami' itu :)

saya jadi pengen curhat kalo saya juga sering mengalami pengalaman aneh yang saya sebut ngawur sebagai 'kebetulan yang membingungkan'.
contoh pengalamannya gini :

-waktu itu saya sedang mengetik di komputer kata 'kemana', beberapa detik kemudian saya mendengar seseorang berkata 'kemana' juga..
-suatu hari saya tidak sengaja mendengar lirik lagu dan sampai pada kata 'satu-satunya' beberapa detik kemudian saya membaca iklan di sebuah bus dan ada kata-kata 'satu-satunya'..

mungkin itu hanyalah sebuah kebetulan biasa, namun saya tidak berbohong dan kebetulan itu saya ulami bukan hanya sekali dua kali..namun sering sekali.

adakah penjelasan rasionalnya tentang fenomena kaya gini? atau apakah nama ilmiah untuk pengalaman seperti ini?

terima kasih..blog yang menarik :)

Hida-Kun said...

Sering banget ngalami dan tentu saja bisa memprediksi kejadian berikutnya...
Dan terbukti yang saya perkirakan benar-benar terjadi...
Seneng kalo ngrasain deja vu...Sering-sering juga gpp...
^.-

indigo_nila said...

i like this post..
mas, permisi numpang di link di fesbuk ya..
thx v.m

Anonymous said...

berarti deja vu itu sama kayak reinkarnasi atau enggak?

Anonymous said...

precognitive dreams atau dejavus, kalian jangan lupa kita ini manusia. makhluk yang paling sempurna dari smuanya, walaupun hanya sdikit yang tau potensi asli manusia dan mengembangkannya. manusia bisa menangkap info2 yang sebenarnya "sign" untuk dia tentang apa yang akan terjadi langsung dari Tuhan. sebagai panduan lah untuk jadi "pawang" di dunia ini. itu makanya para Nabi, atau orang2 yang "khusus" mereka bisa kontrol itu dan bisa melihat sesuatu sebelum terjadi. itulah potensi asli manusia, klo memang "light" yang dicari, arahin bahasan nya kesitu, dgn mengupas fenomena indah menjadi sesuatu yg tidak mungkin, u will bring us back to the darkness. thx

lyrics said...

Saya telah banyak kali mengalami deja vu.Hampir setiap hari terjadi.Peristiwa itu bermula ketika saya berusia 15 tahun.Sekarang saya berusia 17 tahun.Ia masih berlaku lagi hingga ke hari ini.Kalau kebolehan ini saya praktikkan,saya rasa kemungkinan besar saya boleh meramal atau melihat masa depan.Sebab saya pernah menyatakan perkara yang belum terjadi sebab saya rasa pernah berlaku tiba-tiba terus menjadi.

mushabpb said...

bang enigma,saya pernah ngerasaain kejadian aneh,saya lagi tidur terus mimpi orang2 berlari2 tampa arah,pas udah bangun,siap2 berangkat sekolah pas uda berangkat 1/4 dari perjalanan,tiba2 terjadi kecelakaan lalu saya liat korbanya lari2 tampa (seperti mimpi saya)
darah nya ngocor di mana2 apakah ini deja vu?

rekky holmes said...

saat itu saya sedang bermimpi.saya membeli sebuah rumah dan saya ingat no rumah nya.dua minggu setelah mimpi saya itu,saya kembali ke rumah yg ada di mimpi saya saat itu tetapi saya tidak ingat dan merasa familiar dengan rumah itu.setelah tiga hari kjadian itu,baru saya sadari bahwa rumah itu yg ada di mimpi saya dgn no rumah yg sama.'apakah kjadian yg saya alami bisa disebut deja vu?'

Anonymous said...

setiap yang saya pikirkan di otak saya sering terjadi sama persis yang telah direncanakan yang ada di pikiran saya,, pernah saya berpikir sesuatu yang negatif, akhirnya kejadian itu terjadi dan saya tidak berani berpikir sesuatu yang negatif dan jahat lagi,,itu kenapa ya?.. saya minta solusinya,,

Anonymous said...

om enigma coba bahas fenomena disunat jin yg ada di Indonesia kyknya menarik tuh

Anonymous said...

Apakah Deja Vu berkaitan dengan yg namanya Precognitive...?

seorang yg mengalami Deja Vu adalah orang yang telah mengetahui kejadian yg akan datang diwaktu sekarang..hanya saja terlambat untuk disadarinya.....
kejadian dejavu seakan2 sudah pernah qt alami..artinya qt mengetahuinya dipikiran qt sejak awal sebelum terjadi..ini merupakan Short Term Precognitive(mengetahui sesuatu yg akan datang dalam waktu singkat) dan biasanya disadari setelah adanya pemicu ingatan...
Awal dari dejavu biasanya dikarenakan adanya pemicu, dan terkadang qt sudah bisa menebak apa yg selanjutnya terjadi tetapi setelah qt mengingatnya kembali...hoho

Anonymous said...

Berarti Deja Vu gak ada hubungan dengan peristiwa misterius laennya yg disebut REINKARNASI ya?

btw, anda percaya gak sih dengan reinkarnasi tersebut? kalo ada mohon dibahas dunk... hhehehe..

thx

Anonymous said...

bwt aq..
inform ini pnting bgd..
soal.a aq sring ngalamin deja vu ntu...
klo da pnjlasn.a yg laen,,
tlg ksi tau y...
thx be4...

Anonymous said...

gw jg sring ngalamin peristiwa yang manurut gw familiar banget,cuman gak tau kapan gw pernah ngalamin peristiwa itu sebelumnya,gmna ya penjelasan tentang ini?

Yuan Aiyla said...

wah, bagus...bagus....
aq juga sering ngalamin dejavu kayak gitu...
bikin takut juga sih...

yuanaiyla.blogspot.com

Anonymous said...

ada satu teori lagi mas. menurut kepaercayaan dari Buddhism manusia mengalami yang namanya reinkarnasi. jadi dej vu dianggap sebagai peristiwa yang telah terjadi di kehidupan sebelumnya yang masih sedikit teringat.

Anonymous said...

Bgs banget ni blognya! Aku suka masalah psikologi!
Bisa gag bahasa masalah reinkarnasi?

Anonymous said...

saya punya pengalaman yang sama, bahkan sering dan saya aga takut juga..salah satunya yang paling simpel adalah ketika saya sedang online di FB untuk bermain game, saya melihat tmn2 yg online, ada 1 tmn yang menarik perhatian saya, dan saya tau dia pasti menyapa saya..dan ternyata betul, dia menyapa saya dengan nama panggilan dan itu saya pikirkan sekitar 2-3 detik sebelum kejadian..bahkan sya taw apa yang akan dibicarakan olehnya dengan tepat walaupun hanya 3-4 kalimat..pertanyaan saya,apakah ini merupakan info mata yang lambat?

Anonymous said...

saya mau konsultasi untuk masalah ini, saya sering mengalami hal ini kira2 1 mggu 2-3 x kejadian..salah satunya yang paling simpel saja, ketika saya sedang online facebook untuk bermain game, sblmnya saya melihat chatbox, di situ ada teman yang menarik perhatian saya, padahal saya tidak mengenal dia, dan saya tahu dia akan menyapa saya dengan nama panggilan..dan hal ini pun terjadi..bahkan saya tahu 3 detik sebelum kejadian, apa yang akan dibicarakan oleh dia 4 kalimat yang akan dikatakan..ternyata hal tersebut terjadi..dan apa yang dia katakan dengan yang saya pikirkan betul2 serasi..yang saya ingin tanyakan, apakah ini dianggap sebagai sebagai info mata yang lambat..padahal ada teman saya di sebelah saya waktu kejadian, yang merasa takut ketika hal itu terjadi.

enigma said...

Saya kira pengalaman kamu lbh condong ke precognitive dibanding deja vu.

Anonymous said...

apa yang dimaksud dengan precognitive? maaf banyak bertanya, karena hal ini membuat saya agak tidak nyaman.
terima kasih

enigma said...

Prcognitive itu sejenis firasat, tapi bersifat meramalkan. Nih, coba kamu baca dulu soal precognitive dream.
http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/02/precognitive-dream-fenomena-mimpi-yang.html

Anonymous said...

ya saya sudah baca artikel mas tentang precognitive, tp precognitive yg mas jelaskan berhubungan dengan mimpi dan saya sebelumnya tidak pernah mengalami mimpi2 untuk mengalami hal tersebut..toleransi waktu antara saya tahu kejadian itu akan terjadi adalah 4-5 detik dan 7 detik paling lama, sedangkan dr teori precognitive, kejadian yang akan dialami berdasarkan mimpi dan toleransi waktunya lebih lama. Hal yg saya alami berorientasi terhadap diri sendiri. selama ini masih hal kecil2 saja yang saya alami tetapi sering. Dan yg saya takutkan adalah hal besar seperti kejadian buruk. oleh karena itu, apakah ada jalan untuk menghilangkan hal ini dr diri saya? sya sudah pernah mencoba utk melupakan, namun tidak pernah bertahan lama..
terima kasih

eqodoc said...

saya mengalami kejadian tersebut.. mungkin bisa disebut precognitive-dream... gak tau bisa jadi kenyataan. kenapa jadi nyata.. karena setelah mimpi itu terjadi ku ceritakan ke beberapa sahabat. tentang mimpi itu..
sahabat berusaha mengira-ngira apa yg akan terjadi, semacam tafsir mimpi..
dalam mimpi itu aku berkunjung ke sebuah rumah..
tidak terlalu besar.. tapi lumayan membuatku nyaman..
melihat seseorang menggendong anak kecil/balita..
umurnya kira2 kurang dari 3 tahun.. anak laki-laki
ada beberapa perempuan di rumah itu..
mungkin pertanda aku akan dapat rezeki..
tapi entah hal itu belum terjadi.. setelah 5 bulan kejadian itu.. aku benar2 berkunjung ke sebuah rumah persis seperti yg ada dalam mimpiku..
melihat seorang anak kecil laki-laki dan beberapa perempuan di dalam rumah itu.. tidak langsung menyadari.. tetapi setelah terjadi baru percaya..
dulu pernah satu ketika sewaktu masih kecil.. aku punya mimpi aneh didatangi oleh Ayah tetanggaku, dalam keadaan beliau sudah melayang.. mengajakku pergi.. namun aku tidak mau.. karena beliau bilang akan pergi jauh.. dan keesokannya beliau meninggal. apa itu firasat atau semua hanya kebetulan..??? ada satu lagi yg masih mengganggu pikiran.. mudah2an mimpi ini cuma bunga tidur.. binun euy... :p

Anonymous said...

temen kntr ku, pas lg rame2nya penerimaan krywan baru sempet menerima surat lamaran dr cewek yg dirasa bener2 pernah tau n terasa dekat sm tu cewk. Pendek cerita jd tmn sekantor tp just know tanpa ada hub apa2. Eeeh.. Dia tetep aja ngerasa tau deket. Akhir cerita skr tu cewk jd istrinya pdhl ga pernah bhub dekat (pacaran.red). Gmn tuh bang, de javu jg?
Katanya sih, kalo jodoh gitu. Berasa 'lain' pas ketemu?

Satryacode said...

bang eniigma,
Saya baru pertama ngepost komentar ni..

Saya ada rasa agak ganjil gitu ni,
Ceritanya ..
Ketika saya tidur dan bermimpi,
Saya sering kali sadar di dalam mimpi kalau saya sedang bermimpi,
Dan karena itu saya jadi seperti rajA dalam mimpi itu,
Hehe...
Yaaa.... Mau ngapain terserahkan, gk ada larangan, gak ada yg hrs di takuti.

Itu kira2 fenomena apa ya bg??

Soalny itu sering saya alami ...

Salam_
Satryacode

kernelizer.blogspot.com said...

Saya setuju deja vu itu ada, sewaktu kecil kita hanya bingung mengalaminya dan kemudian terlupakan seiring umur... ternyata dejau juga dialami orang sedunia, menakjubkan... mari membuka misteri ini dengan logis agar kita smua mengerti apa yang teradi dengan dejavu ini...

kernelizer.blogspot.com

clow said...

biarin ah komen telat hehe

Saya punya teori sendiri tentang De Javu ini, berkali2 saya mengalami hal ini juga. Teori2 diatas masuk akal dan logis semua sayapun setuju. Tapi bagaimana jika sebenarnya de javu itu adalah sebuah peristiwa 'penyebrangan' tak sengaja yg terjadi bbrp saat tanpa kita sadari. Teori saya berhubungan dgn Teori many worlds interpretation dari fisika kuantum dan M theory. Sebuah pemahaman baru ketika kita skrg di suguhi pengetahuan ttg paralel universes. Begitu tipisnya sebenarnya universe kita bersinggungan dgn universe lain, mungkin saja fenomena penyebrangan penglihatan ini terjadi sekejap tanpa kita sadari, dan ketika kita melihat peristiwa serupa di dunia kita, maka kita mengalami de javu itu? who knows..

45T1 said...

Wew, by the way... kalo yang satu ini masuk teori siapa ya? jadi gue mimpi kecelakaan motor nabrak pohon sebulan yang lalu gue inget banget kejadian itu di mimpi, ya gue cuma inget di mimpi itu gue kebentur pohon pas lagi pake helmet. terus sekarang mimpi itu kenyataan... I little bit shock with it... >.< terus kalo keseringan de javu gimana dong??? (".)??

Anonymous said...

Bro Enigma, mengenai pikiran dibawah sadar dan De Javu, saya jadi ingat tentang praktek meditasi Buddhism. Dalam ajarannya yang terdiri dari ribuan sutera, Buddha berkali-kali menceritakan tentang kehidupannya sebelum dilahirkan menjadi Siddharta Gautama. Menariknya lagi, ribuan murid beliau yang telah mencapai tingkat tertentu dalam meditasi, masing-masing dapat melihat kembali seperti apa kehidupan masa lampaunya (dan ini diceritakan dengan gamblang pada sutera-sutera Buddhis). Bila ajaran ini cuma bualan, maka yang membual tentunya menjadi ribuan orang. Selama kuranglebih 50 tahun Buddha mengajar, selama itu pula ribuan murid membuktikan sendiri adanya reinkarnasi ini. Bahkan sampai kini, walaupun mereka yang dapat mencapai tingkat seperti ini, tidak akan pernah mempublikasikannya secara terbuka (hanya sebatas internal).

Ajaran ini sungguh menarik dan bertolak belakang dengan ajaran agama Abraham (bahwa manusia hanya hidup sekali, lalu meninggal dan pilihannya adalah surga atau neraka). Ajaran Buddha justru mengajak kita untuk membuktikan sendiri benar atau tidaknya reinkarnasi itu. Bukan untuk dipercaya, karena mempercayai reinkarnasi tidak membawa keuntungan atau kebaikan apapun, sama seperti mempercayai bahwa manusia hidup pasti mengalami penuaan. Suatu hal yang alamiah yang pasti terjadi pada tiap makhluk.

De Javu, menurut saya tidak terlepas dari sana. Tempat seseorang dilahirkan kembali biasanya tidak jauh dari tempat kelahirannya dahulu. Bila ia melihat tempat atau benda yang sama dengan yang dulu pernah dia lihat, mungkin pada saat itu dia mengalami de javu.

Pernah lihat film "Little Buddha" saat si anak reinkarnasi dari seorang mahaguru di Tibet memilih benda-benda kesukaannya?

Semoga bermanfaat.

Fashion said...

De javu banget nich............. Ga inget dengan jelas......(pernah ke istana negara ga? habis itu 2 thn lagi pergi lagi ke sana)Kira-kira bisa ingat tidak?

Anonymous said...

sdikit curhat....
dejavu sering saya alami.
eh bisa disebut dejavu ato tidak yah?
pernah waktu jalan2 ma temen kemana gtuh[maap,ga saya sebutkan t4nya]....trs tiba2 dpt feeling spt sudah kesitu sblumnya...pdhl faktanya sama skli blom pernah....
huahhh...
mpe dikira sok tau ma temen sdr pada waktu itu
haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Dg. Paewa said...

Nice Blog.... qualified lah mnurut sy. 30 jempol buat yg punya blog ^_^

Sy sendiri juga sering Deja Vu.... rasanya real banget...tapi susah dijelasin gitu. pokoknya serasa yakin aja kalo emang kejadian itu udah pernah dialami....entah kapan ato di mana...

Yg paling unik pengalaman dgn temen sy waktu masuk ke museum di Makassar.

Wkt itu sy tanpa sengaja kesetrum kabel lampu penerangan etalase (sakit n kaget minta ampun T_T) trus temen yg satunya lagi yg baru nongol di tangga ngakak ketawain sy.

Trus temen sy yg sama2 di depan etalase, ngomong "dari awal kita naik tangga, trus berjalan menuju etalase ini, sy sudah tau kalo ga lama lagi km bakal teriak karna kesetrum. trus si Dayat (nama temen yg satu lagi) nongol di tangga sambil ketawa ngakak"

hmmmm...... this is weird.... entah dia ngomong benar atau tidak...

tmb09 said...

Sob..numpang baca untuk referensi ya...:-).
Aku sering mengalaminya...dan aneh..hehe..

zaza said...

sy jg pernh ngalamin deja vu. kadang suka ngerasa aneh klw abis ngerasain deja vu.

afrilia said...

saya sering sekali merasakan hal aneh dsekitar saya...
n saya baru tahu bahwa itu adalah de javu...
saya merasa tdk nyaman dgn k'adaan ini...
ini sudah berlangsung sudah 1 tahunan...
kira2 gimna untuk keluar dr mslah ini...
mksh...

Anonymous said...

tuna netra ga pernah merasakan de javu secara visualisasi ya...

Anonymous said...

saya suka sekali isi blog anda
boleh request tentang lucid dream? karena saya lihat belum ada. saya juga pernah mencoba metode lucid dream yang beredar di internet, tapi tidak pernah berhasil. bisa tolong bahas? thanks

-black cat-

Anonymous said...

fathur said ... aq sering mengalaminya,dengan adanya deja vu.seperti aq pernah hidup 2x apa yang pernah aq lakukan dalam alam sadar terjadi dalam kehidupan sebenarnya and aq sangat bersyukur atas kebesarannya..........AMIEN

Anonymous said...

Hmmm, masalahnya gimana dengan de ja vu yang bukan tentang lokasi namun tentang suatu kondisi bro enigma?

Contoh:
"Wah,kayaknya kita pernah ngobrol kayak gini ya sebelumnya?" padahal blm pernah. dll

Anonymous said...

Mr. Enigma, gambar nomor 3 di lyr kompter gk muncul tuh!

Anonymous said...

tapi terkadang saya bingung
saya kalo mrsa djavu pasti saya diem aja
mw liat djavu itu

Anonymous said...

kak enigma, saya sering ngalamin hal aneh sejak saya kecil, ini contohnya: -sebelum terjadi tsunami saya pernah bermimpi seorang dewa atau malaikat berkata pada saya jika sebentar lagi sebagian asia bakal terkena bencana air, dewa/malaikat itu bentuknya seperti orang tua dan memegang sebuah tongkat, trus selang 3 hari setelah mimpi itu memang terjadi tsunami.
- dan saya juga sering melihat nama tempat, orang atau apapun yg belum pernah saya jumpai, dan setelah selang berapa waktu terjadi, tempat ato orang yg saya liat itu beneran ada setelah saya jumpai.
- didalam mimpi saya (sdh berlangsung sejak saya kecil) juga saya sering terlibat bersama seorang pria, kami mengobrol dan merasa bahagia satu sama lain karena bisa bersama, tentu saja orang yg saya tidak kenal, tetapi setelah saya dewasa, baru saya sadari ketika melihat acara di tv ato dvd, bahwa org tersebut adalah seorang rocker, yg ingin saya tanyakan adalah mungkinkah dua orang yg tdk saling kenal dan juga jarak yg sgt jauh bisa bertemu secara roh? dan bahkan terkadang seblum lagu2nya di rilis utk umum, saya sudah di beritahukan oleh nya beserta judul dan isi lagunya.
kak enigma, peristiwa yg saya alami itu termasuk peristiwa apa ya? saya merasa sangat takut dan sangat tertekan. mohon kak enigma bisa menjawabnya utk saya.
terima kasih ya kak enigma

Anonymous said...

saya pernah merasakan dejavu beberapakali, yaitu seuatu keadaan yg sama berulang kali terjadi ...
saya memikirkan hal tersebut terjadi masa lalu tapi tidak ingat kapan hal tersebut terjadi..

Zyouna_tsafa@yahoo.com said...

saya Sring Mengalami deja vu,,,
apakh Itu Berpengaruh Bg kHiDupan saya,,,,
Bisa Di hilanGkan,,,,

Anonymous said...

SPMD

Kalo menurut saya itu hanyalah sebuah situasi nyata yang mirip dengan situasi dalam mimpi yg pernah dialami seseorang beberapa hari sebelumnya dan kemudian agak sedikit lupa tentang mimpinya sehingga mengganggapnya sebagai aktifitas bukan mimpi. Sehingga Akhirnya dia merasa pernah mengalami hal serupa sebelumnya, padahal yg sebelumnya itu cuman mimpi tapi dianggap sebagai aktifitas bukan mimpi dan sudah agak lupa.

Anonymous said...

kata orang mimpi itu adalah bunga tidur.tapi ada juga yang bilang mimpi itu bsa jd kenyataan.aq sering mimpi melakukan sesuatu ternyata dikehidupan ku nyata ku jg melakukan hal yg sama di mimpi dan rasanya ku pernah melakukan itu.apa itu jg dinamakan deja vu?

Anonymous said...

tunggu dch ada yg bilanng deja vu itu ada kaitanya sama masa depan yang akan kita lakuin,mang itu benar ya?

Anonymous said...

bbrapa waktu ini, aq terlalu sering mengalami dejavu, tp de javu yg gw alami tu, kejadian yg terjadi sama persis sama mimpi yg gw alami bebrapa malam lalu,,,
bisa d jelasakn
sebenarnya pa y6 saya liat..

Anonymous said...

saya sering banget kaya gitu
sya makan mie dengan keluarga
tapi sya sprti merasakan ini sudah terjadi
sya emg plpa sya tanya sama ayah saya tapi baru kali mkn mi breng2 setelah beberapa bulan
s

Anonymous said...

wow thanks bang E ^

hmhm...ak lbh pro ke teori Freud,
manusia biasa itu menggunakan otaknya hnya sekian persen sj, nah kl sdh ad org yg bs mnggunakan keseluruhan fungsi otaknya itu yg disebut paranormal atau org yg mmpunya indra ke 6 dan bs dgn maksimal memanfaatkannya,

ak dah srg bgt ngalamin dejavu tp ga prnah bs menebak apa yg trjadi selanjutnya (susah.....). kl sdh ad yg bs mnebak kejadian yg akan trjadi selanjutnya ak pkir org itu sdh layak mnjadi peramal...tnggal diasah lg sj,

hmmmm... kliatannya bnyk yg slh presepsi antra precognitive dream sm dejavu nii bang E.... mnurut pnglamanku, dejavu itu BKN dr mimpi, cz ak slalu ingat mimpi yg barusan ak alami dan itu brbeda sama sekali dgn dejavu yg ak alami,

contoh : nii kjadian dejavu ku wktu hari sabtu kemaren, ak ngliat ada tmnku yg masang poster avenged sevenfold di ruang kantornya, dan ak lgsg ngrasa prnh ngliat hal itu sebelumnya, baik kondisi ruangannya, org2 disekitarku, dia ngomong apa sj, dll sama persissss, itu brlangsung slama krg lbh 10-15 dtk (stlh 15 dtk itu ak merasa biasa lg, ga ngrasa kejadian SETELAH 15 dtk itu dejavu), dan ak ga prnh ngimpiin hal itu sbelumnya.

keep posting ya bang E

_ryan crb

Anonymous said...

Rasanya dejavu mirip mimpi deh...
Semakin diingat semakin dilupakan...
Kalo mo membuktikan adanya dejavu..
Buatlah sebuat note kecil dan selalau bawa setiap saat...
Setiap merasakan dejavu tulis tanggal dan wktna di note itu...
Jadi kita bisa mengetahui kapan dan berapa kali sudah kita merasakannya...

Anonymous said...

deja vu,,,knp aku sering bgd ngalamin itu,,,jd it bkn kemempuan untk mlht pa yg akn trjd ya,,,he

hobi-unduh said...

Wah artikelnya bagus sekali mas enigma :) , sekalaian saya mampir sama promosi blog ( tempat download film dan subtitle gratis ) kunjungi hobi-unduh.blogspot.com

Anonymous said...

anaktataumalu:
saya agak kurang setuju sama komentar pilihan yang di atas
sebelah mata saya sendiri memang kurang normal...
tapi saya cukup sering mengalami deja vu..^_^

Anonymous said...

gue juga pernah ngalamin deja vu,dan sampe sekarang masih aja keingetan,,kaya gga bisa di lupain

Anonymous said...

Bang Enigma, saya juga beberapa kali mengalami dejavu, tapi saya setuju dg devy, waktu saya mengalaminya saya coba me ngingat-2 sekuat tenaga sampe beberapa hari dan saya ingat ternyata itu di mimpi. Kita sering mimpi kacau atau banyak kejadian dlm mimpi tsb dan ada sepenggal mimpi tsb jadi kenyataan, maka kita susah mengingat kapan dan dimana

My Boring Old Life said...

Mas enigma,
Kasus saya sama dengan Mba Devy D di atas. Deja vu saya bersumber dari mimpi. Padahal mimpi itu sudah lama saya alami. Tidak dalam waktu dekat.

Berkali-kali mengalami deja vu di tempat2 yang baru pertama kali saya kunjungi. Ternyata itu ada sebutannya juga ya, bukannya deja vu tapi precognitive dreams....

Hmmm... apakah itu fenomena kebetulan atau "kelebihan" dari yang di atas?

My Boring Old Life said...

Sebagai tambahan... kejadian tsunami 2004 lalu juga pernah masuk ke dalam mimpi saya berkali-kali, lama sebelum bencana itu terjadi... Setelah itu, mimpi tentang air bah berhenti.

Nggak lama mimpi serupa kemudian mulai datang lagi, dan tsunami Pangandaran pun terjadi.


Saya jadi takut nih....

Anonymous said...

bagimana klo saya ga bisa mengingat sebagian besar masa lalu saya... apa kepala saya dah eror tu???? peristiwa yang sebulan lalu aja saya dah lupa...

klo soal de javu,,, dulu saya sangat sering ngalaminnya,, sekitar smp,,,tapi sekarang dah jarang banget,,,klo ada pun jarang,, tapi lucunya de javu saya bisa di kendalikan,,,

contohnya : saya lagi ngobrol ma orang,, saya dah tau dia mau ngapaen dan ucapain apa,,,jadi klo saya ga ganggu alurnya jadi bakal sama dengan yang ada di kepala saya,, tapi klo saya gnggu alurnya jadi melenceng,, itu kenapa ya,, kepala saya.. apa beneran dah eror,,,

Contoh Askep said...

Wah mantap artikelnya sangat mendalam. Baru berkunjung diblog yang mistik seperti ini. terima kasih atas artikelnya. Apabila ingin tukar link dengan blog saya sangat senang. Keep Share

Anonymous said...

deja vu beneran ada qo :)
saya udh pernah memanfaatkan deja vu :D

Anonymous said...

tp,,kalo aq......
aq pernah merasakan lo aq mengalami kejadian2 itu,,kyk'a mank familyar bgt wat aq....
tp smua'a itu sm persis bgt....
kjdian,waktu,tgl,t4,pkk'a mua'a tuh udh aq rsa prnh aq lkuin n udh prnh aq jlni.....
n itu aq br sadar lo aq prnh jlni hal itu pas semua udh keulang lgi mpe leze. n alhasil aq jd diem n otak jd trz mengingat2 tiba2.....
apa itu termasuk deja vu???

Nan said...

oh, jadi bedanya dengan dejavu - precognitive dream 'pernah mengalami'nya lewat mimpi ya.

tapi susah dong membedakannya? kalau precognitive dream hanya akan teringat dan terasa 'efek'nya kalau kita sudah mengalaminya benar-benar. Tapi sementara itu kadang aku bingung apa itu sudah pernah dimimpikan atau deja vu.

Oya, cerita dikit boleh kan? Suatu pagi aku berniat bangun memenuhi panggilan alarm, dan maish setengah sadar. Waktu itu aku seperti melihat kotak comment di facebook (bener kerajingan yah =P)plus penulis dan isinya. Yang aku ingat setelah bangun namanya 'Ari' atau 'Adi' dan isi komennya ada 'egois' dan 'membentengi diri'.

aku mulai mencari-cari dan ternyata ada komen serupa, di salah satu page di fb. tentang AOT.

dan inilah aku, berdiri di pihak skeptis.

(n2p.email@gmail.com)

Anonymous said...

deja vu...
sebel niiiiih,tiap hari kyk gini..
gak nyaman,kayakny hidup kita gak surprise bgt,apa" udah tau duluan,huuuueeeh...
gmn sih biar gak deja vu mulu?
rasany klo prnah ngalami tu tiba2 dikepala kerasa kyk gmn gt...
takut kelainan :(

ErzaMusiva said...

Oooh, jadi yang dimaksud "de ja vu" itu begitu ya?
Baru tau saya.
saya sering kok mengalami de ja vu.

ErzaMusiva said...

mas... fenomena deja vu itu kan terjadi secara ga disengaja oleh kita.
trus ada ga cara membuat deja vu secara disengaja kapanpun kita mau?

Anonymous said...

mikumm..
aq jg pnah ngerasain yg nma'y DEJA VU..
eemm,, aq kira hal" yg bgtu adlh reinkarnasi dri yg sblum'y, tp trnyata engga iia..
hheehhee,,
oy,, mas mkaciie iia taz inform'y yg d'atz..
skrg aq lbih ngrti yg nma'y DEJA VU..

Anonymous said...

Waktu awal kuliah aq liat seorang cwek di kls B, (aq kls A), yg trlihat sangat familiar; kyknya prnah liat, tp dmna ya?
Eh.. trnynta wktu hmpir llus kami pcran, da skrg 5 th. tlah brlalu, dia dah jd ibunya anak2. So, mnrutku deja vu adalah firasat dari takdir yg mesti kiat jalani.

Anonymous said...

Sebelumnya saya pernah mengalami deja vu, tapi yang satu ini lebih aneh dari deja vu yg pernah saya alami. Yang biasanya deja vu muncul spontan selama beberapa detik saat kita mencoba memahami fenomena yang sedang berlangsung di dalam otak. Tapi kali ini deja vu yg muncul atau yang saya rasakan sampai kurang lebih 1-2 jam yang akan datang. Awalnya saya melakukan kegiatan kerja di klinik seperti biasanya, saat membuka laci meja sktar pukul 7 muncul deja vu beberapa detik dan setelah itu saya merasa nanti akan terjadi tabrakan motor, beberapa saat kemudian saat mengambil obat muncul deja vu lagi dg perasaan yg sama. Saat akan pulang dr klinik jam 9 ternyata ada kecelakaan speda motor vs mobil di perempatan jalan dkat tmpat krja. Untuk deja vu biasa teori diatas sudah bisa untuk dapat menjelaskan fenomena itu, kalau deja vu semacam ini bagaimana menjelaskannya?

bad_boys said...

ember neh.... nanyak muluk.... sholat sono...biar jauh tuh setan2nya...hehhehehe...b'canda dink :)

hipnotis ja yg dibahas asyik tuh... kan masih ada hub ama alam bawah sadar... sekalian ama telepati.. buat nambah2 ilmu boleh dunk :)

alouvalia said...

oh itu ya arti dejavu...
tapi gimana kalo kita pernah mimpi, trus mimpi itu anggaplah jadi nyata,, tapi kita ngerasa ini pernah terjadi dlm mimpi,,,
gimana donk tuh..

cacao said...

wah, saya nyari2 tentang deja vu di wikipedia, cuma gak selengkap ini,, pingin tau, eh kesampean, ketemu blognya.. thanks

undapatie said...

hehe...
Teori Freud, comment pilihan ataupun teori yang menuliskan ketidak selarasan otak menerima signal tidak bisa menjelaskan kenapa 2 orang yang bisa "de javu" berbarengan pada tempat yang sama.

Saya lebih percaya bahwa de javu diakibatkan memory masa lampau yang sudah tertanam dalam otak sepeti teori de javu "Memori dari sumber lain".

Saya tidak bisa membuktikan secara sains.. Tapi setidaknya ini bisa menjelaskan kenapa 2 orang sekaligus bisa mengalami de javu yang berbarengan. :)

Anonymous said...

wah....... ternyata ane beruntung....... dari kecil ane bisa dejavu dan astral projection..... hmmm........kalo mau astral tuh susah....... agan enigma tau gimana caranya agar dejavu lebih menjadi jelas

Anonymous said...

kesalahan syaraf otak menerima respon dari mata ??

Anonymous said...

Thiertha said

sya mengalami sering mengalami Deja Vu, dan pda saat Deja Vu berlangsung saya dapat memprediksikan apa yang kemudian terjadi dan yang saya prediksikan terjadi, apakah itu termasuk deja vu, karena sya mrasa dan yakin sudah pernah mengalami kejadian yg sama,.,

thanks

book said...

mas saya mau tanya , saya sering mengalami hal sprti itu , tapi lewat mimpi , entah lma tw sbntar , trkadang bisa terjadi , dan pikiran yg saya pikirkan , terkadang bisa terjadi wlw tdk saya ucapin, apa itu juga di sebut deja vu mas ???
tolong jelasin dong mas , soal nya , saya trkdang takut , untuk mmpi , dan ngucapin ap yg saya pikirin.

Anonymous said...

Hampir 2 kali seminggu saya mengalami deja vu, dan saya sadar bahwa yg saya lakukan sekarang ini (seperti duduk sambil merokok, merenung dan melempar batu) sdh perna saya lakukan tetapi saya tidak tau kapan.. atau itu fenomena lain dari melihat kedepan atau saya tau yang akan terjadi itu apa..!!

Anonymous said...

saya mrasa mgalami dejavu..ketika sya melihat sesuatu, saya seperti prnah melihat sesuatu itu tetapi dimimpi saya, yang anehnya semua memori itu muncul nya cepat sekali dan saya tidak mampu mengingat dgan jelas shingga mmbuat dada saya terasa sesak...saya bingung kenapa itu terjadi.ada yang tahu knp saya jadi sesak?

cold4hands said...

wah, keren nih, ijin copas ya bro?, kalaunya boleh,. akan saya cantumkan sumbernya dengan link aktif,.
menarik ni artikel, soalnya saya sendiri sering mengalaminya,. Saya beranggapan, bahwa ketika saya mengalami deja vu, maka saya sebelumnya pernah mengalami kejadian tersebut ketika bermimpi,. Nice share bro,.

Anonymous said...

salam buat semua. terimakasih artikelnya tentang deja vu.

sedikit saya mo share pengalaman. 5 tahun yang lalu saya pernah muter2 naik motor ke suatu jalan di desa sebelah, sumpah seumur hidup baru kali itu aku masuk desa itu. begitu lewat salah satu jalan di tengah sawah,saya kaget "memang peristiwa,suasana,dan waktu itu sepertinya memang pernah saya alami" tapi dimana dan kapan. karena saya orangnya haus akan keterangan,saya berusaha mengingat. setelah seharian mengingat ternyata ada hasilnya. tepat sekali bahwa peristiwa itu aku alami dalam mimpi 3 hari sebelumnya.
mohon pencerahannya. terimakasih iwan jogja.

Post a Comment