Wednesday, February 10, 2010

Ditemukan buaya raksasa ! 15 meter ? Hoax !!

Breaking News ! Buaya sepanjang 15 meter ditemukan di Kalimantan ! Tunggu...Kamu bilang apa ? 15 meter ?


Perhatian ! butuh konsentrasi tinggi untuk mengerti isi tulisan ini !

Buaya ini ditemukan di Teluk Pakedai, Kalimantan, dan diklaim memiliki panjang 15 meter. Berita mengenai penemuan ini ditayangkan oleh TV One beberapa waktu yang lalu.

Beberapa dari kalian, sama seperti saya, meragukan ukuran buaya tersebut. Menurut saya, memang buaya sepanjang 15 meter di jaman modern ini adalah sesuatu yang mengada-ada.

Jadi, ketika mendengar berita itu, tentu saja saya sama sekali tidak percaya. Jangankan 15 meter, buaya dengan panjang 5 meter saja sudah sangat jarang.

Oleh karena itu, hari ini, mari kita bermain permainan mengukur buaya. Kita akan mencoba untuk mengestimasi panjang buaya yang ditemukan di Teluk Pakedai.

Sebelum kita bermain, ini rekaman video yang ditayangkan oleh TV One.




Saya tidak menonton berita yang ditayangkan TV One, tapi saya tahu dari beberapa blog bahwa rekaman ini adalah yang disiarkan oleh TV One.

Fakta pertama yang kita ketahui adalah, TV One ternyata ketinggalan dua tahun karena rekaman ini telah bertengger di Youtube sejak 15 Maret 2008. Keterangannya di Youtube adalah :

"Buaya terbesar yang pernah saya lihat, tertangkap di Teluk Pakedai / Mangkang di Kalimantan Barat." (Saya juga tidak tahu darimana angka 15 meter bisa muncul).

Tanda-tanda hoax sebenarnya sudah mulai tercium. Buaya terpanjang di dunia saat ini adalah buaya dengan panjang tubuh sekitar 6 meter. Jika buaya teluk Pakedai itu benar-benar memiliki tubuh sepanjang 15 meter, maka seharusnya buaya itu sudah masuk ke rekor dunia, terkenal dimana-mana, diliput oleh berbagai media di dunia. Tapi kenyataannya tidak.

Tapi, okelah, walaupun ditemukan pada Maret 2008, tidak ada salahnya juga kita mengestimasi ukurannya.

Rekaman video di atas diambil dengan handphone. Jika pertama kali kita memutar rekamannya, maka kesannya buaya tersebut memang sangat besar. Tapi sebenarnya ini adalah tipuan dari angle pengambilan gambar (force perspective).

Perekam buaya ini mengambil gambar buaya dari jarak yang sangat dekat. Ini membuat tubuh buaya menutupi hampir seluruh layar dan orang-orang yang berdiri di belakangnya menjadi terlihat lebih kecil. Wajar, jika mereka yang melihatnya sekilas akan percaya bahwa buaya itu benar-benar memiliki panjang 15 meter.

Lalu pertanyaannya, bagaimana kita bisa mengestimasi ukurannya ?

Caranya adalah dengan menggunakan benda lain di dekat buaya yang bisa dijadikan perbandingan.

Mata saya tertuju kepada gelas yang terguling persis di samping ekor buaya.

Yeah..This is good.

Namun, kita memiliki masalah. Kita tidak memiliki foto buaya itu yang menampakkan tubuhnya secara lengkap dari ujung kepala sampai ke ujung ekor. Kita hanya memiliki sebuah rekaman. Tetapi, rekaman ini juga sedikit bermasalah.

Perekam hanya merekam ekor buaya, lalu menggerakkan handphone ke kepala. Ia tidak mengambil dari jarak jauh untuk mendapatkan satu tubuh yang utuh dalam satu scene.

Jadi, saya berpikir...

Baiklah, jika ia tidak memberikan kepada saya rekaman gambar tubuh yang utuh, maka saya akan membuatnya sendiri.

Bagaimana caranya ?

Saya memutar ulang rekaman tersebut dan memutuskan mengambil beberapa screen shot untuk digabungkan. Maksud saya adalah screen shot kepala, tubuh dan ekor buaya.

Tapi, saya mengalami masalah. Ketika merekam bagian badan, sang perekam memajukan handphonenya sehingga gambarnya menjadi lebih dekat (besar). Lalu angle pengambilan gambar berubah. Ini membuat saya tidak dapat menyusun seluruh tubuh buaya dengan proporsi yang benar.

Karena itu, Saya tidak bisa menggabungkan seluruh tubuh buaya itu dari kepala hingga ekor.

Namun saya menemukan pemecahan untuk masalah ini.

Saya hanya akan mengambil bagian ekor hingga kaki belakang buaya. Dalam rekaman, bagian kaki belakang hingga ekor memiliki sudut pengambilan gambar yang tidak terlalu jauh menyimpang. Jadi Saya bisa menyusunnya dengan proporsi tubuh yang lumayan benar.

Soal mengapa saya hanya mengambil bagian kaki belakang hingga ujung ekor, akan saya jelaskan sebentar lagi.

Jadi saya mulai menggabung-gabungkan potongan-potongan rekaman yang menunjukkan bagian ekor buaya hingga kaki belakangnya. Dan gelas kita termasuk ke dalam gambar yang saya gabungkan. Ini hasilnya (Gambar paling atas).


Mungkin kalian mengira saya asal-asalan menempel dan menggabungkan. Karena itu saya menaruh lima potongan gambar asal yang bisa kalian jadikan patokan untuk menilai benar atau tidaknya hasil karya saya. (foto kaki belakang buaya ada di paling bawah kanan, yang ada talinya).

Periksa pola pada kulit buaya, jangan jadikan orang-orang yang berdiri di belakang sebagai patokan karena mereka bergerak.

Apakah hasil karya saya sudah lumayan akurat ?

Ingat, kita tidak butuh akurasi tinggi. Ini hanya permainan estimasi.

Lalu, sekarang saatnya. Kita akan mulai mengestimasi.

Gelas itu adalah kuncinya. Saya memperkirakan gelas itu memiliki tinggi 12 cm (Karena gelas itu berada dalam posisi tertidur, untuk berikutnya saya akan menyebutnya panjang gelas, bukan tinggi gelas).

Lalu saya membuat anak panah sepanjang gelas itu (12 cm), kemudian mengcopy pastenya (sehingga sama panjang) dan menyusunnya di bawah foto buaya.


Hasilnya adalah 16 anak panah dari kaki belakang buaya hingga ke ujung ekor.

Oh ya, anak panah ke-16 lebih panjang dari foto karena saya memperkirakan ujung ekor buaya ada disitu.

Jadi, sekarang, sedikit berhitung. Jika satu gelas panjangnya 12 cm. Berapakah panjang 16 gelas yang dijejerkan ?

Jawabannya adalah 192 cm, atau 1,92 meter.

Jadi, panjang buaya itu dari kaki belakang hingga ujung ekor adalah sekitar 1,92 meter.

Kemudian, kalian akan bertanya kepada saya : "Tapi, brother enigma, saya ingin tahu panjang dari ujung kepala sampai ujung ekor. Bukan cuma setengah-setengah."

Ok, saya memang belum selesai.

Kita akan tetap bisa mengukur panjang total buaya karena Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan ukuran dan proporsi yang akurat.

Karena itu, kita akan menggunakan perbandingan kedua, yaitu foto buaya yang lain.

Nah, saya menemukan satu foto buaya yang menampakkan ujung kepala hingga ekor dengan posisi horizontal yang lurus. Sangat sesuai dengan yang saya butuhkan. Ini fotonya :


Konon, buaya di atas panjangnya 10 meter. Itu katanya....

Sekarang, apa gunanya foto ini ?

Lihat, saya menambahkan anak panah dari ujung ekor hingga kaki belakang buaya ini. Lalu saya kopi paste anak panah itu (sehingga sama panjang) dan menaruhnya ke sebelahnya seperti ini.


Dari ilustrasi ini, kita bisa mengetahui bahwa :

Jarak dari kaki belakang buaya hingga ujung ekor Lebih Panjang dibanding Jarak dari kaki belakang hingga ujung moncong buaya.

Estimasi kasar saya, panjang dari kaki belakang hingga moncong buaya hanya 75% dari kaki belakang hingga ujung ekor.

Lalu mungkin kalian akan berkata lagi, "Brother enigma, apakah buaya ini bisa dijadikan patokan. Jangan-jangan buaya ini badannya tidak proporsional sejak lahir ? "

Oke..oke.., saya akan menggunakan contoh buaya yang lain. Ini fotonya. Tidak sebagus foto sebelumnya, tapi lumayanlah.


Lihat, sama kan ?

Panjang dari kaki belakang hingga ujung moncong hanya sekitar 75% dari panjang kaki belakang hingga ujung ekor (ujung ekor yang bengkok saya luruskan dengan panah).

Apakah saya harus memberi contoh 10 buaya lain ? Nggak perlu deh kayaknya :)

Sekarang masuk ke estimasi panjang buaya Pakedai.

Jika panjang kaki belakang hingga ujung ekornya adalah 192 cm, maka panjang kaki belakang hingga ujung moncong adalah 75% X 192 cm = 144 cm. Atau lengkapnya :

Panjang total buaya pakedai =

(192cm X 75%) + 192cm = 336 cm

atau 3,36 meter.

Jadi, estimasi saya mengenai panjang buaya Pakedai dari ujung moncong hingga ujung ekor adalah 3,36 meter.

Panjang ini berdasarkan asumsi bahwa gelas itu memiliki panjang 12 cm. Jika panjang gelas saya ubah menjadi 10 cm, maka buaya itu memiliki panjang 2,8 meter. Jika Gelas itu memiliki panjang 15 cm, maka buaya itu memiliki panjang 4,2 meter.

Jauh sekali dari 15 meter.

Kesimpulan saya adalah Buaya itu memiliki panjang sekitar 3,36 meter. Jika mau diambil range jarak, maka saya rasa panjangnya hanya antara 3-4 meter. Ukuran yang luar biasa, tapi tidak langka.

Penutup - sedikit tambahan

Saya ingin mengakhiri tulisan ini karena sudah kepanjangan. Tapi saya tahu beberapa dari kalian akan meminta saya untuk mengestimasi buaya pada foto kedua yang katanya memiliki panjang 10 meter.

Menurut saya, buaya di foto itu hanya memiliki panjang sekitar 5 meter.

Cara saya memperkirakannya adalah :

Lihat bapak yang telanjang dada di paling kanan foto. Saya memperkirakan tingginya adalah tinggi penduduk Asia pada umumnya, yaitu 165 cm.

Potong foto bapak itu, lalu tidurkan di bawah buaya. Maka kalian akan membutuhkan tiga foto berjejer untuk menjadi sama dengan panjang buaya. Jadi panjang buaya itu adalah 3 X 165 = 495 cm atau 4,95 meter.

Benar-benar Penutup

Ini cuma estimasi. Saya tidak tertarik dengan akurasi tinggi untuk kasus yang satu ini. Saya hanya ingin menunjukkan bahwa buaya dengan panjang 15 meter di masa modern ini adalah sesuatu yang terlalu mengada-ada.

Buaya dengan panjang 2 meter - biasa
Buaya dengan panjang 4 meter - luar biasa
Buaya dengan panjang 7 meter - Rekor dunia yang baru
Buaya dengan panjang 15 meter - Benar-benar HOAX !

Apakah TV One bersalah karena menyebarkan berita ini ?

Jawabannya adalah tidak. Media ternama manapun di dunia ini pernah tertipu dengan berita hoax. Jadi menurut saya, wajar saja. Yang penting niat TV One tidak membodohi masyarakat.

Lagipula, rekamannya memang luar biasa. Setuju kan ?


Komentar Pilihan

inoshops said...

benar bro enigma...

Bahkan ukuran fossil Sarcosuchus yang dikatakan sebagai buaya raksasa, ukuran terpanjangnya adalah sekitar 12 meter (sepanjang badan bus) dan ini yang penting, bobotnya hingga 8 ton! apakah bisa dibayangkan video di atas bahwa buaya tersebut berbobot lebih dari 8 ton? menurut saya, sama sekali tidak. 8 ton itu kira-kira seperti anda menumpuk 7 ekor sapi super! Pengambilan obyek dengan teknik force perspective memang sangat menipu. kita bisa melihat contoh force perpective yang baik seperti di situs ini : www.mymodernmet.com/profiles/blogs/10-cool-force-perspective.


Masalah hoax, media sering dianggap innocent, padahal bisa jadi biang keladi hoax adalah dari mereka.


February 10, 2010 11:08 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

143 comments:

  1. saya juga sempat lihat di tvOne..
    tapi cuma sekedar melihat..

    analisa anda luar biasa..

    ReplyDelete
  2. aku asli kalbar, setuju banget kalo buaya 15 meter=HOAX,
    tp mnurut penduduk sekitar emang ada buaya raksasa lo mas Enigma,... :-D

    ReplyDelete
  3. Bro.. u're also good in calculus. hahaha.

    ReplyDelete
  4. Pertamaxx ngak ya keduax,ketigax juga ngak pa pa

    ReplyDelete
  5. om ak baru bikin blog ni,bagi dikit ilmu nya om boleh ga.hehehehehehe....
    saya janji ga bakal bikin blog kembar tp klo copas 1 atou 2 postingan nya boleh kan om....
    plisss ajarin ya om

    ReplyDelete
  6. Pertamaxxx

    pas liat video nya saya lansung menyimpulkan bahwa foto ini 100% hoax ..WHY?
    1.karena saat melihat rekaman pada detik ke 0.07
    motifnya bda bgt(terkesan d sambung)
    2.en yg ke 2 yg membuat saya yakin...
    saya liat pada detik 0.11, itu buaya ada diatas truk biru, nah truk apa yg panjangnya 15 meter(jika bener itu buaya 15 meter)???
    maka saya yakin itu HOAX

    ReplyDelete
  7. @budakpalembang : ok, tidak masalah.

    ReplyDelete
  8. VERY PROFESSIONAL!!
    Standing Applause buat ENIGMA!
    saya sangat suka investigasi2 dari brother enigma, dan investigasi kali ini bagus dan sangat teliti, membuat para pembaca menjadi puas hehehe
    ane kasih cendol deh gan, hahaha
    buat tv one memang tidak salah, kita semua taulah kalo media membikin berita dengan membesar-besarkan judul supaya orang lihat hehe, postingan yg bagus brother enigma, ditunggu posingan selanjutnya!

    ReplyDelete
  9. wawwww ,,,

    om enigma gx ngertii ,,,
    -______-

    ReplyDelete
  10. tapi saya bener-bener baru bang dalam dunia bloger ni....mohon petunjuk nya

    ReplyDelete
  11. saya bener2 apes bisa nemuin blog ini... misteri adalah misteri yang membuatnya menarik karena esensinya yang tak tersentuh logika/penalaran. di blog ini misteri menjadi tidak menarik lagi karena rahasianya sudah tersingkap.. he..he..he...

    ReplyDelete
  12. Dear bang Enigma,
    Terus terang cara kerja bang Enigma menginspirasi saya untuk tidak selalu mempercayai sesuatu, kecuali hal tsb ada bukti yg otentik. Saya ambil contoh saat saya lihat di FB beredar foto payudara wanita (Susan McKinley) yg katanya dimasuki larva, kemudian saya cek infonya dibeberapa situs, akhirnya saya temukan ternyata itu hoax. Namun teman2 saya tidak tahu bahwa itu hoax, dan mereka sudah takut (khususnya wanita), namun saya pakai cara bang enigma (yakni melalui bukti lain dari internet) untuk membuktikan hal tersebut ke teman2 saya hehehe...

    ReplyDelete
  13. Mas... ^^
    saya terus mantau perkembangan ni blog. tambah sip ajah.

    aurora mah kalah, hhe.
    oiya, aq lagi vakum ni. ada project.
    ntar tak PM kalo projectnya udah slesai.

    ok? just wait the next project. btw bannernya aurora boleh koq mas kalo mau diganti ma banner lain, cz aq juga masi jarang update.

    thanks. ^^

    ReplyDelete
  14. @Devy : Gud Job Dev, Very good. I like that.

    @Pemuja klenik : Saya hanya menyelidiki sesuatu yang terlalu mengada2. Jika sebuah peristiwa atau misteri yang luar biasa terjadi, tetapi tidak mengada2, saya juga enggan menyelidikinya. Biarkan tetap jadi misteri. Haha.

    @Budak palembang : Perjalanan seribu mil SELALU dimulai dari satu langkah kecil.

    ReplyDelete
  15. udah duga tuh
    kok ga diambil videonya yang utuh buayanya gitu
    top markotop!!

    ReplyDelete
  16. benar bro enigma...
    Bahkan ukuran fossil Sarcosuchus yang dikatakan sebagai buaya raksasa, ukuran terpanjangnya adalah sekitar 12 meter (sepanjang badan bus) dan ini yang penting, bobotnya hingga 8 ton! apakah bisa dibayangkan video di atas bahwa buaya tersebut berbobot lebih dari 8 ton? menurut saya, sama sekali tidak. 8 ton itu kira-kira seperti anda menumpuk 7 ekor sapi super!

    Pengambilan obyek dengan teknik force perspective memang sangat menipu. kita bisa melihat contoh force perpective yang baik seperti di situs ini : www.mymodernmet.com/profiles/blogs/10-cool-force-perspective

    Masalah hoax, media sering dianggap innocent, padahal bisa jadi biang keladi hoax adalah dari mereka.

    ReplyDelete
  17. Ternyata bkan hanya ahli masalah mysteri,,mr enigma juga pawang buaya ya? heheheee,,jngan2 masih ada hubungan darah ma rob bradel.

    ReplyDelete
  18. penghitungan simple yg jarang diperhitungkan.....
    Good Job Bro.....

    ReplyDelete
  19. @inoshop : Saya setuju, kadang media juga bisa jadi biang keladi hoax.

    ReplyDelete
  20. Mantab sekali just like profesional detective... keren2 Keep posting bang

    ReplyDelete
  21. myheart2105 said...
    Aku tambah ngefaaaaaanss banget sama Mr.Enigma..
    Benar2 pembuktian yang extremely awesome..

    Semua misteri yg ditulis disini bikin aq penasaran..tapi yg bikin aq lebih penasaran adalah misteri tentang Om Enigma sendiri.. Haha.. ^^

    (Boleh aq share bocoran dikit ya Om,..) Om Enigma itu berwajah chinese, berumur plg tidak 30 tahun dan gak pernah kuliah di jurusan hukum, atau kedokteran atau komputer atau matematika... suka dgn misteri...Gak punya FB, tinggal di Jakarta (exactly di ************ :-) hehehe..)
    Ada yg mau nambahin?

    ReplyDelete
  22. bung, kemarin saya habis kirim email tentang penemuan naga di sungai kalimantan, dan sekarang saya juga baru denger kabar tentang buaya satu ini.

    menurut saya warga kalimantan (mungkin) sengaja melakukan hal ini supaya meningkatkan jumlah pengunjung ke wilayah tersebut/sekalian promosi daerah wisata gitu...piss orng kalimantan, gw jg warga sono :D hehe...

    ReplyDelete
  23. gak jadi pertamaxx.....hakakakakaka....
    bang enigma said
    -@Devy : Gud Job Dev, Very good. I like that.

    like apanya bang??berita soal payudaranya apa soal percaya pa ganya?wkwkwk....

    @kaitou : i agree with u walaupun dikau gagal pertamaxx.....wakakakaka

    seto ma mas budi titip coment pertamaxx!!!

    - don quixote doflamingo -

    ReplyDelete
  24. Udh ktwan HOAX..BGT!

    Bung..enigma mang jenius,analisis2'nya msuk akal smua..

    Posting tntang kpal mrie celeste dong..bung..?

    'FITZKLICK'

    ReplyDelete
  25. 0:17 jarum suntik? wah.... buayanya lagi 'stone' tuh biar ngga ngejar-ngejar penonton.

    ReplyDelete
  26. perbandingan 75% : 100%, mengingatkan saya pada 'vitruvian man' leonardo da vinci.. well done, good job bung enigma!

    ReplyDelete
  27. huahahahah...

    sebenarnya panjang buaya itu cuma 3 - 3,5 meter,
    sebenarnya tidak perlu menggunakan gelas untuk mengukur panjang buaya itu, karena terlalu rumit,,

    coba om enigma lihat lagi, buaya itu kan ada di atas sebuah mobil picup, dan mobil picup biasanya panjangnya 4 meter atau kurang, dikurangi panjang bagian kepala mobil picup, jadi panjang buaya itu mungkin cuma 3 meter.

    sangat terlihat kebohongannya.. :D

    ReplyDelete
  28. gmbrnya muncul.videonya gak.
    s7 komen dr don quixote doflamingo

    ReplyDelete
  29. ehm...
    force perspective yg bgus utk seorg amatir,
    hahahhahaha...

    ReplyDelete
  30. tv one benar-benar mengecewakan.,.,,.

    tolong upload lagi info tentang makhluk misterius

    nice work brother enigma.,.,

    ReplyDelete
  31. betul mas......di youtube video itu sudah lama beredar..kebetulan lagi cari video kura-kura raksasa iraq..ketemu tuh video buaya tadi...tapi orang-orangnya seperti orang malaysia ya....
    andika.

    ReplyDelete
  32. Meski itu hanya hoax, menurutku memang ada di pedalaman kalimantan.
    Bapak ku pernah bertemu dengan buaya di pedalaman teluk balikpapan seukuran kapalnya(lebar 1 meter, panjang hitung sendiri lah).
    Selain itu, di salah satu pelabuhan tempat mengumpulkan kayu hasil tebangan, para pegawainya mengkonfirmasikan, sering melihat buaya berukuran 7 meteran.
    Aku percaya, karena sejak melihat buaya itu, bapak ku tidak berani asal "nyemplung" di perairan yang biasa terlihat buayanya.
    Anda percaya?

    ReplyDelete
  33. Mantap bung enigma. Kalo dilihat betul2x, memang terlihat sekali buayanya tidak terlalu besar. Kok bisa yah TV one menyiarkan berita hoax seperti itu

    ReplyDelete
  34. Analisis yang cerdas...
    jarang sekali ada blog yang mampu mengupas berita dan informasi dengan baik dan rasional...
    Saya acungkan jempol buat anda...

    ReplyDelete
  35. saya salut banget nih sama brother Enigma. wow.. cerdas banget :D

    ReplyDelete
  36. ha ha ha, gak usah diukur seperti itupun udah tau kalo itu bohong belaka. Dari jenis mobilnya pun ( biasa untuk bawa pasir )dah tau, kalo buayanya hanya sekitar 3 meteran

    ReplyDelete
  37. Mantapss Bro Enigma...salut....

    ReplyDelete
  38. suka sekali dengan gaya penuturan fakta ala Anda, seperti membaca terjemahan inggris-indonesia yang sangat baik, cerdas sekali...two thumbs up....nggak salah saya men-subcribe blog ini ^_____^

    ReplyDelete
  39. tambahan bro..myheart21055.
    1.mas enigma badannya agak subur..jgn percaya sama photo yang blog ini..itu photo 5 thn yang lalu.
    2.suka makan cemilan (makanan ringan)..lah...tiap hari nongkrongin komputer..
    3.status...(???????)ada yang tahu ngak????....

    ReplyDelete
  40. Soal estimasi dengan truk :

    Karena saya tidak bisa melihat jumlah rodanya, maka saya lebih suka menggunakan gelas :)

    ReplyDelete
  41. keren bang estimasinya so kita bisa tau ukuran aslinya. good job..

    ReplyDelete
  42. Yah mas Enigma,memang dari orang-orang yang berjejer disamping tubuh buaya juga dah bisa dihitung kok panjang buaya yang jadi tontonan itu..kalo sampai 15 meter berarti kan panjang banget,sampai setinggi menara? udah kelihatan hoaxnya:D

    ReplyDelete
  43. jd critanya bang enigma mulai bermain matematika nih...?
    salut bwt abang..
    dari sekian byk postingan abang, ini yg paling sy suka..

    ReplyDelete
  44. tambahan ni soal payudara susan mckinley,walaupun hoax,tetep aja ngeri...bikin merinding asli..hiii...cari di google search keyword susan mckinley.langsung liat langsung sekarat...

    buat Yudh,thanks dah setuju ma aku...hahahaha
    - don quixote doflamingo-

    ReplyDelete
  45. hebat analisanya....
    kyk di film apa ya.....









    CROP CIRCLE
    KUSABAR MENANTI.....

    ReplyDelete
  46. Wah, saya benar-benar terkesan setelah baca postingan yang ini. bener2 pinter cara yg dipake buat ngukur panjang buayanya kang, mmakai benda yang ada di sekitar buaya buat alat pengukur. standing applause buat enigma...!!

    ReplyDelete
  47. terlalu banyak hoax didunia ini!

    ReplyDelete
  48. kalo kita mengumumkan/ membongkar data yang dibuat orang lain(dan datanya adalah hoax) itu bersalah gak sih? hoax itu kan mirip dengan hasil karya ataupun hasil kerja keras orang lain(meskipun dengan menipu orang banyk) apakah kita tidak dianggap sebagai pengkritik hasil karya orang lain?

    499

    ReplyDelete
  49. bang enigma, coba deh abang liat waktu ada orang memfoto buaya itu dengan HP, apakah orang yang merekam bisa menembus orang itu karena hp itu ada tepat di depan kamera, apakah itu kesalahan saya??? ~saya hanya menanya~

    ReplyDelete
  50. ada kemungkinan seperti itu, yaitu berita hoax yang terlalu dibesar-besarkan, namun ada kemungkinan juga salah hitung, termasuk buaya kedua yang "KATANYA" panjangnya 10 meter..

    Sama seperti kejadian Manusia tertinggi di Indonesia Suparwono, semula diklaim memiliki tinggi badan 270 cm (2,7 M), sudah bangga mau didaftarkan masuk guiness book of record, digembar-gemborkan di TV pula, eh.. ketika dihitung ulang ternyata tingginya cuman 242 cm (2,42 M), batal deh...

    ReplyDelete
  51. @Mif on the duty : tentu saja ini sdh ketahuan hoax. Bahkan tanpa melihat rekamannyapun saya sdh tahu ini hoax. Makanya saya bilang tulisan ini adalah untuk mengestimasi ukuran buaya, bukan untuk membuktikan apakah ini hoax atau bukan.

    @499 : jika ada seseorang yang memuat berita hoax, lalu dibongkar hoaxnya oleh org lain, harusnya ia senang karena artinya ia bisa meluruskan informasi kpd pembacanya. Tapi jika ia marah, berarti org itu memang berniat membodohi masyarakat.

    @anonymous said "bang enigma, coba deh abang liat waktu ada orang memfoto buaya itu dengan HP, apakah orang yang merekam bisa menembus orang itu karena hp itu ada tepat di depan kamera, apakah itu kesalahan saya??? ~saya hanya menanya~"

    Saya tdk mengerti maksud kamu.

    ReplyDelete
  52. bang kalo soal john titor tu bener gak si? bahas lah bang, biar bisa nyenyak tidur awak ni...
    Ranto

    ReplyDelete
  53. John Titor, haha. misteri terbesar dunia internet.

    ReplyDelete
  54. Bro Enigma, walopun saya jarang comment, tapi saya sering baca postingan di ene blog,dan jawabannya sangat memuaskan,maka karena itu saya mau request tentang BAHASA INDONESIA donk
    maksudnya kapan ditemukan, siapa penemunya , sejak kapan d pakai gtu, kan katanya pas jaman kerajaan pake bahasa sansekerta,kok bs jadi bahasa indo...
    kalo bs d jawab ya BROOOO
    MAJU TRUSS BLOGMUUUUUU

    ReplyDelete
  55. dear bang enigma...

    tulung bahas tentang Ourang Medan/Marie Celese dunk....Listen-listen alias krungu-krungu penumpangnya pada hilang/mati knapa ya?

    tulung ya dibahas....

    - don quixote doflamingo -
    &
    FAMAS

    ReplyDelete
  56. Bang,request bahas tentang film fourth kind dong,itu kan semi dokumenter dr kejadian real.Di film itu ada misteri suku Sumeria yang katanya punya bahasa tertua di dunia,dan di film itu benar2 terjadi sesuatu yg sangat misterius,apakah ini hoax atau bukan?saya ingin melihat dari sisi lain yaitu pemikiran Bang Enigma. Salut untuk blog yang penuh inspirasi ini.

    ReplyDelete
  57. sial..ketinggalan berita udah lewat sehari baru di baca. tapi its oke om..mantapz.

    tapi om, saya akan bertanya sedikit. sebelumnya coba om lihat ulang rekaman nya. pada waktu kameranya di arahkan kedepan, di situ terlihat seseorang yang tampaknya sedang memegang HP mungkin untuk merekam juga. Nah..di situ bisa kita lihat jaraknya antar orang itu dengan buaya nya yang terletak pada sebuah truk atw lebih tepatnya jarak antar orang tersebut dengan truknya. yang kalo menurut saya jaraknya tidak terlalu dekat. karena antara orang tersebut dengan truknya masih terlihat ruang kosong disitu.

    yang kedua: saya masih ragu juga kalo ini di bilang hoax, kenapa? oke, seperti tadi, mari kita lihat ulang rekamannya..
    pada rekaman di atas khusus pada durasi 10-14 detik di situ terlihat bagian belakang dari sebuah mobil kap terbuka atw mobil belakang kosong(blakos). nah di situ saya perkirakan kalo buaya itu di letakan pada sebuah mobil kap terbuka.

    trus apa yang menjadi perbandingannya??

    oke..kita balik lagi pada rekaman. dan saya akan mengutip sedikit dari pernyataan om enigma yang mengatakan begini:

    "Rekaman video di atas diambil dengan handphone. Jika pertama kali kita memutar rekamannya, maka kesannya buaya tersebut memang sangat besar. Tapi sebenarnya ini adalah tipuan dari angle pengambilan gambar (force perspective).

    Perekam buaya ini mengambil gambar buaya dari jarak yang sangat dekat. Ini membuat tubuh buaya menutupi hampir seluruh layar dan orang-orang yang berdiri di belakangnya menjadi terlihat lebih kecil. Wajar, jika mereka yang melihatnya sekilas akan percaya bahwa buaya itu benar-benar memiliki panjang 15 meter."


    oke kita lanjutkan..jika perekaman nya di lakukan dari dekat maka seharusnya pada rekaman gelas plastik itu harusnya terlihat lebih besar lagi. yang berikut orang yang terlihat pada video yang sedang memegang HP harusnya tidak dapat terekam karena seluruh tubuh buaya itu sdh menutupi seluruh layar. dan pada rekam itu terlihat kepala dari orang itu berarti jarak orang itu dengan buaya lebih dekat di bandingkan jarak kamera yang merekamnya. dan kalo memang jarak pengambilan video di lakukan dari dekat maka kita tidak bisa melihat jarak yang kosong antara orang yang memegang hp dengan truknya karena posisi kamera harusnya berada dekat sekali dengan posis truk tersebut dan buaya nya. inilah perbandingannya :).

    tapi saya tetap setuju dengan om enigma, kalo buaya itu panjang 15 meter adalah hoax. tapi saya tidak mengatakan kalo buaya itu buaya panjangnya biasa saja. menurt saya buaya itu panjangnya sekitar 6-7 meter di ukur dari panjang mobil untuk sebuah blakos panjang nya sekitar 8-10 meter. dan sdh pasti buaya dengan ukuran begitu dapat di bilang monster.

    Itu sih menurt saya, saya tidak bermaksud untuk menyangga pernyataan om.

    tetap blog misteri enigma yang terbaik.. :D

    PEACE!!!!!!!!

    ReplyDelete
  58. hahaha..it's hoax bro......saya pernah jadi penangkap buaya 8 tahun yang lalu waktu masih dipedalaman Kalimantan di negara tetangga...dan setahu saya yang besar cuma buaya muara...paling cuma 5-6 meter...

    ReplyDelete
  59. wah dah tidur ya bang?
    bang enigma kerja di web developer ya?

    meldove dQd

    ReplyDelete
  60. @abzalom : bagus abz, akhirnya kamu mengeluarkan komentar analisis, bukan sekedar peace lagi. hehe. itulah sebabnya saya tidak mau pake truk untuk mengukur, karena saya tidak bisa melihat jml rodanya. Jadi saya tidak tahu ukuran panjang pasti truk. Buaya itu memang ditaruh di bak belakang truk.

    @mbah ware : dulu saya kira Indiana Jones, ternyata mbah ware Rob Bredl juga.

    @meldove : saya bukan web developer.

    ReplyDelete
  61. Bro Enigma, postingan2 di blog ini udah banyak, yg komen lebih banyak lagi. Apalagi yang copy paste ke blognya sendiri. ngga kepikiran untuk bikin majalah sendiri ? atau minimal ajuin konsep kolom khusus di sebuah majalah yg udah ada gitu yg khusus membahas masalah2 ini. Selain manfaatnya lebih menyebar kan lumayan lah buat jajan2 dikit.

    ReplyDelete
  62. Waaah. . .
    Akhir'y khasus ini di selidiki juga. . .
    Tolong juga dong yang ular sanca dikepala'y tumbuh rambut seperti manusia, cuma gimbal, ular itu sekarang di jogja, sempat di tayangin di media televisi nasional..

    Nice post bung. . .

    ReplyDelete
  63. Akhrnya bsa komen juga, blakangan ini blog enigma agak brat dibuka, jadi kalo komen srng gagal...

    Kalo bukan web developer pasti akuntan..

    Peace..

    ReplyDelete
  64. double pertamax bug......kalau posting yg panjang,gak bosenin kok malah kita pada suka...hahahaha.thx.gbu

    ReplyDelete
  65. Saya tidak percaya lagi kepada TVOne sejak TVOne dengan sombongnya berani bilang kalo Noordin M. Top sudah mati padahal yang mati adalah Ibrohim di Temanggung...

    Lagipula TVOne sering menggunakan kata "kabar" sehingga menurut saya berita2x di TVOne lebih mirip dengan infotainment politik daripada berita sungguhan...

    Kalo mau yang bener2x berita mending MetroTV aja dech... TVOne itu 90% Bulls**t.... :)

    ReplyDelete
  66. sebenarnya kalau dilihat dari cara mengambil video itu kita sudah bisa memastikan kalau buaya itu panjangnya cuma 3 meter,

    orang yang mengambil video itu cuma memutar tangannya untuk mengambil video dari ekor sampai kepala lalu melangkah sedikit untuk mengambil gambar kepalanya, seandainya buayanya 15 meter, orang yang mengambil video itu pasti harus berjalan agar dapat mengambil gambar buayanya.

    bung enigma mengandalkan gelas plastik yang kebetulan ada di video itu, bagaimana kalau tidak ada gelas plastik itu, lalu bagaimana juga kalau semua orang yang ada di video itu berada seperti orang yang ada pada durasi 1-6 detik. Apa yang akan akan anda lakukan bung enigma.

    ReplyDelete
  67. om enigma, bahas Penemuan Piramida di Segitiga Bermuda donk

    ReplyDelete
  68. always
    Awesome!!!!!!

    B.J Amstrong

    ReplyDelete
  69. orang yang tak ingin dikenalFebruary 12, 2010 at 7:20 PM

    dear, akang enigma....

    memang, seperti biasa, analisis bang enigma selalu tepat, hebat banget bisa menganalisis buaya 15 meter itu, pertama, saya pikir itu memang betulan...

    ReplyDelete
  70. Bang enigma ..
    sekali" nawarin diri jadi detektif deh coba d indonesia ..
    jarang" loh ad org yg kyk bang enigma yg bisa mecahin masalah gtu ajh ..

    ReplyDelete
  71. hoax lagi......hoax lagi........
    lama2 negara ini diganti jadi negara hoax aja dah.....

    ReplyDelete
  72. bung enigma, coba cek berita disini http://regional.kompas.com/read/2010/02/12/21082920/Tapak.Kaki.Raksasa.Hebohkan.Aceh
    mungkin bisa diulas di blog ini
    thx atas perhatiannya

    ReplyDelete
  73. bang, mau kasi analisis juga neh,,

    kalo aq tau itu hoax dai lengan+tangan seorang pemuda yang terlihat di video itu sedang merekam menggunakan hp nokia 7610 kuning,, dia ngerekam deket banget sm tu buaya,, dan ukuran lengan+tangan itu dijadikan perbandingan jarak antara kaki depan dan kaki belakang,,

    perkiraan saya sih tangan pemuda sekitar 30-40 cm. nah panjang lengan+tangan itu kira2 1/3 dari jarak anatar kaki depan dan kaki belakang buaya,, berarti jarak kaki depan-belakang hanya sepanjang 1,2 meter

    berarti kan kalau ditotal panjang seluruh tubuh buaya paling panjang hanaya sekitar 3,8-4,3 meter,,

    hehehe, cuma iseng2 nimbrung,gtau bner g itung2an'a,,

    ---dimazz---

    ReplyDelete
  74. diliat dari videonya. buaya ini ditaruh diatas bagian belakang truk, jadii rasio tinggi manusia di latar dgn buaya jdi lebih kecil dibandingkan kalo buayanya ditaruh diatas tanah tempat para manusia latar juga berpijak. ditambah manusia latarnya sepertinya berjarak 3-5 meter disamping truk.

    ReplyDelete
  75. Di kalimantan memang sering ditemukan buaya dalam ukuran besar, seringkali buaya yang ada ditemukan karena memakan manusia.
    di kalimantan timur tepatnya di musium kayu tuah himba terdokumentasi buaya yang pernah ditangkap oleh manusia di kalimantan timur.
    ada dua buaya yang diawekan.
    buaya pertama dengan panjang 6.5 meteran
    yang kedua 5.5 meteran.
    silahkan mampir saja di kutai untuk melihat buaya raksasa yang benar2 ada. bukan hoax

    ReplyDelete
  76. KlO bner ada ihh q takutt nanti dimakan lge hehehehhe

    ReplyDelete
  77. Tak Perlu turun gunung ya bro Enigma untuk memecahkan misteri? Hehehe.... saya berpikir, apa jadinya kalo bro enigma turun gunung dalam memecahkan misteri....bakal dahsyat men....

    pikiran saya yang kedua, mungkin benar2 lebih dahsyat lagi jika di Inggris-kan!!

    ReplyDelete
  78. TVone agak mengecewakan menayangkan info yg bkn sesungguhnya..

    ReplyDelete
  79. Bang Enigma,
    bahas juga ttng video mata dewa yang katanya ada waktu gempa padang. sempat disiarkan di transtv juga. spertinya itu bukan terjadi dipadang, soalnya pernah ada viseo yang mirip yang katanya ada di bali..
    thanks..

    ReplyDelete
  80. You really solve it,..
    g asli org kalbar,..jarak tmpat sy k telukpakedai kira 3.30jm prjalanan,..
    awal ny sy hmpir prcaya bhwa buaya yg memakan manusia d telukpakedai telah tertangkap n spanjang gt,n sy jg kaget dgn ukuran segede yg ad d video hp sy,..
    2007 bln mlm idul fitri,..seorg bapak sedang ke wc yg ad dkt sungai..org melayu,..
    mgkin beol x d wc,..tb2 buaya lgsg bw dy hmpir k tengah sungai...
    seorang saksi yg melihat n minta bntuan warga,..tp hsil pncarian berhsil d temukan setelah 2 hr d hutan dkt pulau tersebut..
    Lagian yg d temukan hny tangn ,kpl kaki aj,..
    singkat aj y,..
    buaya itu tetangkap stlh 2hr kmudian stlh penemuan tubuh yg terpisah,..n lgsg d mutilasi warga,..
    Sy lgsg ksh lht video tersebut kpd bokap sy,apkh buaya tersebut spnjg d video hp,soal ny byk tmn2 yg blg d telukpakedai,..
    bokap blg,yg tertangkap hny sktr 5mter,..n ga ad yg sgede gt.lol
    oh y,..bokap g itu sales d pulau tersebut,n hmpir smua wrga dsn knl sm dy,..
    tgl 5oktober dy sdh berhnti dr kgiatn nymkrn dy terkna stroke n paru2 bsh,pdhl dy bkn type perokok,..
    so,..it solve by nr enigma,....its really Hoax,..
    blm ad kabar buaya yg ad d kalimantan barat,..
    tp bnr ad 1 keajaibn d pulau tersebut,..terdapat sebuah batu susun yg sgt besar,..tnggi 10 meter,n lebar kr2,....15mtr 3 batu kcuali tgkat 4 n 5
    Lbh kcl dr ukuran trsebut,..
    Dr kjauhan kelihatan ny spt tmpt duduk kerajaan,

    disusun 5 batu secara meningkat,..asli batu loh bkn semen ato bata.lol
    batu tingkat 2 d tumbuhi pohon beringin yg cukup bsr,..
    aneh kn,,.pohon beringin tmbuh d ats batu,..
    d ats gunung jg ad kapal yg sgt besar,..
    konon,..menurut crt sejarh wrga dsn,.. itu pulau yg br mncul dr dlm laut,..
    pcy ato nggak,..datang aj sndiri k telukpakedai
    n jg lht sndiri keajaiban yg smua ad d pulau tesebut
    Bg yg merayakn imlek,..KONG XI FA CHAI,..
    Mg d thn ini xian smua mndapat kn rejeki yg melimpah,..
    keep posting mr enigma,..i really satisfied with ur blog,..thx...

    ReplyDelete
  81. permisi mau tanya, apa sudah dihitung dengan panjang kendaraan yang mengangkut?

    ReplyDelete
  82. yang saya sesalkan kemarin waktu ditayangkan di tvOne, narasumbernya yang diwawancarai lewat telpon mengatakan penangkapan buaya tsb baru2 ini serta buaya tersebut telah diukur benar2 15 meter. Sungguh terlalu narasumbernya..

    ReplyDelete
  83. it's my first comment..!
    saya punya analisis sederhana:
    1. untuk video buaya: asumsikan bahwa satu langkah manusia dewasa adalah 40 cm, jadi untuk 15 meter, membutuhkan: 1500cm/40cm = 37.5 langkah. setelah saya cermati video tersebut, saya cuma dapat menghitung si perekam video berjalan antara 8 - 11 langkah. untuk buaya sepanjang 15 meter dan jarak pengambilan sedekat itu, TIDAK MUNGKIN bisa diambil dari ekor sampai ke moncong dengan hanya 11 langkah manusia dewasa, paling tidak membutuhkan 30 - 35 langkah manusia. asumsi saya, buaya ini mempunyai panjang kira2:
    (8+11)/2 x 40 cm = 475 cm =3,80 meter. (bandingkan dengan pendekatan bung enigma antara 2.8 mtr sampai 4.2 meter, berdasarka asumsi panjang gelas antara 10 - 15 cm)

    2. untuk foto buaya yang katanya 10 meter; asumsikan seorang manusia dewasa mempunyai bentang bahu (jarak dari bahu kiri ke bahu kanan) 50 cm. pada foto terlihat ada 16 orang yang berjejer dari ekor buaya sampai moncongnya, dengan kondisi yang bertindih (bahu kanan seseorang ditutupi oleh bahu kiri orang sebelah kanannya). asumsikan bahwa jarak bentang bahu yang saling menindih itu adalah 30 cm, sehingga jarak dari orang pertama sampai orang ke 16 adalah 30 x 16 cm = 480 cm = 4,8 m. itulah aproksimasi panjang buaya. (bandingkan dengan asumsi bung enigma= 4,95 mtr, beda tipis kan)

    ReplyDelete
  84. Hihi...komentar pertama, tapi sudah sangat mengesankan. I like the way you are thinking. Memang kalau mau berpikir, pasti akan ketemu beberapa cara untuk menghitungnya. Tapi yang saya suka dari perhitungan kamu adalah kamu bisa menemukan angka pasti yaitu 3,8 dan 4,8 meter. Bukan cuma range angka estimasi. Walaupun tentu saja angka pasti yang saya maksud juga adalah estimasi.

    ReplyDelete
  85. terima kasih bung enigma... sebenarnya angka2 saya juga merupakan estimasi..

    ReplyDelete
  86. oM eniGma,,keren abis dah,,nih bLog keren..estimasinya juga keren..

    ReplyDelete
  87. ehm. . .kagum m estimasinya n setubuh banget kalo media di indonesia kebanyakan berfikir agak teoritis. . .

    ReplyDelete
  88. Wih, bung ENIGma, mantab ini blognya...
    Dah brita d update trus..
    salut dah

    ReplyDelete
  89. uji materi mantap!! keren bro! sempet kagum waktu berita ini muncul, tp belakangan malah jadi ragu, krn ngk ada berita kelanjutannyan. berita batu dijadikan obat aja ber minggu2 tayangnya, masa buaya raksasa cuma sekilas info...

    ReplyDelete
  90. di rekamnya dari dekat jadinya kaya 15 meter. ckckck...

    ReplyDelete
  91. gw salut sama bang enigma.... oke emang... tp apakah bener tue yang di samping gelas aqua bukan na teko air..... truz coba liat ukuran suntikan yang menusuk buaya... coba di gunakan itu untuk mengukur tubuh buaya nya.... nah stlah itu cara melihat panjangnya pake ajah cara waktu pake perbandingan ekor..... gw bukannya meragukan om enigma tapi kebenaran apasalahnya kalo kita kejar.... ya khan.........

    ReplyDelete
  92. Kagedth!!! Guede Buangedth Tuh Gilaxx!!!!
    Dah ky Dinosaurus!!

    ReplyDelete
  93. dari mobil pengangkutnya dah ketahuan hoax...
    truk apa yg panjangnya 15 m....

    ReplyDelete
  94. Kakak Enigma, keren banget lah aku suka bacanya, kakak mau request dong, aku itu penasaran banget sama teori tentang hollow earth, apakah itu memang benar" ada?? Kehidupan di bawah bumi, karena cita" ku juga ingin jadi seorang astrofisika. ku penasaran banget lah kakak. thanks ya ^^

    ReplyDelete
  95. hoho,hebat bang bs mecahin kasus ini dg cara yg luar biasa rumitnya...........mgkin hanya anda yg bs dg cara tsb....ok,,,tapi mnurut pandangan ane,mgkin analisa anda terlalu panjang bin lebar,ckup liat di video aj,trus dah bs dpastikan memang itu akibat dr teknik mengambil video aj,n liat aj videonya bnyk cacatnya jk ingin bs disebut5 m. liat aj yg ngangkut buaya itu,sjenis pick up....simple kan pmecahannya. tp analisa anda sangat bagus sekali.....

    ReplyDelete
  96. analisa yang luar biasa, great job!

    ReplyDelete
  97. itulah intinya
    pemecahan masalah itu sederhana aja.
    yg jadi masalah itu kalo sdh menyangkut kepercayaan alias kata-kata:
    'Saya sudah percaya seperti itu, nenek moyang saya percaya, bapa ibu percaya, mbah percaya-saya sdh percaya mati....'
    itu yg sulit
    karena sudah TIDAK MAU mendengar penjelasan orang lain

    ReplyDelete
  98. saya suka bgt dengan blog ini,hampir smua artikel saya baca dalam waktu sehari.karena saya suka dengan cara melihat suatu misteri dari sisi laindengan cara memecahkan misteri tersebut dari data2 lain,selain berita buaya 15 meter tersebut saya juga pernah baca ada tokek raksasa yg ditemukan dengan berat 64 kilo.tapi sepertinya HOax.apakah enigma pernah membahasnya?

    ReplyDelete
  99. permisi.......
    tuh buaya kelihatan besar karena ditaroh diatas meja atau apaan yah?
    gag mungkin ada buaya sebesar itu, trus talinya jga iku besar.
    emangnya tuh mulut mau diganjel pae apaan. pohon?

    ReplyDelete
  100. maaf saya, sama sekali ga bermaksud mencela pekerjaan anda. tapi saya sendiri tinggal di palangkaraya, kalimantan tengah. saya sering sekali masuk-kluar hutan, sungai, rawa, dll.
    buaya sepanjang 15 meter itu sama skali tidak mengada-ada. saya sendiri pernah melihatnya di kapuas dan barito hilir. kalau anda mau, anda boleh datang sendiri untuk melihatnya. anda harus benar2 mengerti kalau tanah kalimantan dipenuhi unsur2 mistik, gaib dan sihir. buaya2 sepanjang 10 meter an lebih tidak sulit untuk di temukan. tp buaya2 tersebut belum tentu buaya asli, sbagian besar memang buaya jadi2an. untuk ukuran buaya muara, sebelum saya tinggal di kalimantan, menurut situs resminya, panjangnya berkisar antara 6-9 meter. sedangkan di kalimantan sendiri buaya2 asli (bukan jadi2an) sepanjang 7-9 meter masih sering di temukan. tp jangankan memfotonya untuk publikasi, apabila anda punya niat jahat sedikitpun, anda sudah lgsg terkena sihir dll, biasanya tukang foto bisa tiba2 luka, ato tercabik mandau, dll.

    ReplyDelete
  101. Bro. Utk buaya 15 meter, yang saya anggap mustahil adl buaya dlm artian hewan yang sebenarnya. Kalau buaya jadi-jadian, jangankan yang 15 meter, yg 100 meter pun saya bisa percaya ada. Tulisan di atas hanya utk menilai buaya yang ada di berita tvone.

    ReplyDelete
  102. hehehe... saya stuju om (enigma) masalah "ukuran" buaya itu yang asli dari alam/dilahirkan/buaya yang memang keturunan buaya, 15 meter itu ukuran yang mustahil dan jikalau memang ada ya mgkin itu hoax...

    nah lain critanye kalo buaya itu buaya jadi2an... buaya yang memang bukan asli buaya.. kaya roti buaya gtu bisa dikategorikan sbagai buaya jadi2an.. ga mustahil kan kita bikin roti buaya yang panjangnya 100 meter>> nah ga mustahil jga kalo ada ilmu sihir yang bisa ngrubah apapun jd buaya dgan pnjang 100 meter ..namanya jadi2an ada proses pmbuatannya getoo.. hehehe maaf ya nambah2in

    ReplyDelete
  103. w said..
    trus bagaimana cara kerja pawang buaya yg mampu berkomunikasi dg buaya sangata raksasa yg menelan 2 korban??

    ReplyDelete
  104. Saya sebagai orang Kalimantan, lokasi dtemukan buaya itu tak jauh dari tempat tinggal saya. Memang panjangnya tidak sampai 15 m. Tapi yang saya amati, panjang kepalanya saja sekitar 2 m, dtambah badannya menjadi 6 m, plus ekornya yang 2,5 m. Jadi totalnya 8,5 m. Masalah masuk rekor atau tidak itu lain lagi. karena banyak hal-hal besar lain di luar sana yang luput dari perhatian media. Jadi, biarlah itu menjadi kekayaan fauna Indonesia yang seharusnya dilindungi bukannya diperdebatkan hanya karena tidak masuk rekor atau cuma rekaman.

    ReplyDelete
  105. hem.....bgus skali bro analisanya....aq mlh ga lgsg phatiin gelasnya....cm curiga dri teknik pengambilan sudut videonya....skali lg nice post bro

    ReplyDelete
  106. kok sempat bikin, analisis ginian...anyway, HEBAT!!

    ReplyDelete
  107. buaya raksasa itu kan hewan purba yg namanya deinosuchus

    -flippy-

    ReplyDelete
  108. benar2 Blog yang luar biasa.. thanks..

    ReplyDelete
  109. Klo deinosuchus emang sih,tapi kok di Indonesia bkn Amerika?
    Benar-benar HOAX!!!!!

    ReplyDelete
  110. bener- hoax nih!!!!!!!!!!!


    lagi" trick kamera...

    mamang benar mata tak bisa jadi alat pengukur yng baek........

    ReplyDelete
  111. udah jls2 hoax&cara pembuktiannya jg simple banget tp kok dibikin ribet,ckckckck..

    ReplyDelete
  112. Gan dah keliatan HOAX liat baik2 orang yg nonton dech.. kan buayanya ada di atas kayu..nah banyak penonton bukan melihat buaya di papan kayu itu melainkan di bawahnya....coba perhatikan!!

    ReplyDelete
  113. bro enigma,, tambahan lagi untuk hoax nya,, liat aja buayanya di taruh diatas mobil pick up,, belum pernah lihat tuh mobil pick up panjangnnya 15 meter,, benar-2 hoax... hahaha

    ReplyDelete
  114. Impresive. Salut analisis anda.

    ReplyDelete
  115. mr. enigma, aq punya blog baru aq boleh kann copy paste 4-5 artikel ? aq cuma mw liat bentuk-bentuk artikel dan cara mengatasi permasalahannya. nanti pasti ku tulis sumber nya degh ! boleh ya ? thank!

    by : haiqal

    ReplyDelete
  116. sangat salut sma enigma !
    akurat banget dah !
    I'm your fans :D

    ReplyDelete
  117. @MyHeart UUUUUPP there(comment 23): segala sesuatu patut dipertanyakan, dan kalau wajah chinese-nya bro E disimpulkan dari foto profil akun bloggernya yang hanya menggambarkan mata menyipit...yah!

    mungkin avatarnya ganti? Aku baru lihat di tahun 2011 dan dikau februari 2010.

    bro E sudah punya fb sekarang.. yah, mungkin..

    @rtamrinr, comment 78: 'raksasa' atau 'besar' itu relatif..

    @Anonymous, comment 116: jika yang dimaksud 'simple' adalah membandingkan buayanya dengan panjang pick-up, menurutku ga bakal seakurat memakai gelas karena, seperti yang bro E bilang, roda mobilnya kan ga kelihatan^^

    tulisan ini asyik ya? seru dan ada hitung-hitungannya.

    ReplyDelete
  118. dasar kalian ini bodo semua percaya aja sama berita bohong murahan kayak gitu
    kabar hatu, hal aneh, hal gaib semuanya bohong orang yang percya cuma orang bodo

    ReplyDelete
  119. nice post bro...
    tapi pake logika aja, itu buaya kan diletakan di atas sejenis mobil pick up yg panjang mobilnya ga mungkin 15 meter.
    trus klo di bandingin sama ukuran tangan orang yg lg ngerekam pake kamera hp di sebelahnya, buaya nya ga keliatan gede2 banget

    ReplyDelete
  120. andaikan yang bikin rekaman ini membaca postingan ini, tentu dia salut akan matematika anda. tampaknya ulah tipi dayanya luluh lantak oleh postingan ini...

    ReplyDelete
  121. orang buaya itu disimpennya di atas truk ko....,mana mungkin 15 meter.,hadeeeeuh

    ReplyDelete
  122. yoho... saya sudah lihat videonya...
    dari pada ribet.. kenapa gaak ukur ukuran normal truk nya aja......!!! berapa panjang normal truk dan buanyannya.. ketahuan dech.....
    coba lihat.. lehernya sampe di tekuk gitu!!!

    ReplyDelete
  123. lehernya ditekuk itu karena supaya buayanya gak berontak

    ReplyDelete
  124. ya blog ini memang memotivasi saya untuk tidak gampang percaya dengan hal hal aneh (jarang)

    ReplyDelete
  125. Saya bukan kaget ama buayanya tapi salut ama bapak yg telanjang dada (beserta teman2nya) yg ternyata memiliki tinggi badan 3.33 m --> 10 m / 3 = 3.33 m :)

    ReplyDelete
  126. Mas bro, cara pengukuran buaya yg anda jabarkan itu sudah sering mÙncul di discovery chanel.jd bukan tdk mgkin anda juga mengambil teori dari situ stelah nonton di discovery hehehe
    Peace...

    ReplyDelete
  127. Kalimantan memang penuh dengan misteri..bagi yg gak percaya kesana aja pasti akan mengalaminya

    Orang pintar itu uda pasti tau kalau itu video hoaxx..kalau yg ragu2 itu berarti orang goblok blok blok..IQ jongkok..

    ReplyDelete
  128. Kalimantan memang penuh dengan misteri..bagi yg gak percaya kesana aja pasti akan mengalaminya

    Orang pintar itu uda pasti tau kalau itu video hoaxx..kalau yg ragu2 itu berarti orang goblok blok blok..IQ jongkok..

    ReplyDelete
  129. Whoahaha.. ketahuan juga boongnya, ternyata hoax, 3 meter masa dibilang 15 meter, jauh bingiits :D

    ReplyDelete
  130. Keren gan....
    Ngitungnya pake logika
    Betul juga ya?! Mana ada buaya 15 meter hare genee...

    ReplyDelete
  131. Keren banget gan ngitungnya

    ReplyDelete
  132. ya ane orang kalimantan asli, di kalimantan memang banyak buaya buaya yang super super jumbo, bahkan ada cerita cerita yang mengaitkan dengan mistis seperti buaya kuning dan putih. di kalimantan sendiri memang banyak mistis bahkan bisa '' guna guna'' orang hanya lewat foto

    ReplyDelete
  133. buayanya ditemukan di sulawesi mas bro. coba check bahasanya komentator. itu gaya ngomongnya orang sulawesi selatan. ada temanku jg yg pernah jd saksi mata pas ditemukan buayanya.

    ReplyDelete
  134. Kereeeennnnnn........
    Kayak ny postingan ini ni yg pling q suka 😁, tntu sja stelah jdi pnggemar bru beberapa bulan di blog ini..

    🙌👍👏

    ReplyDelete
  135. anonymous, banyak bicara. tg isingi cangkemu piye...

    ReplyDelete
  136. anonymous, banyak bicara. tg isingi cangkemu piye...

    ReplyDelete