Wednesday, February 17, 2010

Misteri 11 hari yang hilang dari kehidupan Agatha Christie

Kita telah membaca puluhan novel misterinya. Kita juga mengenal tokoh detektif ciptaannya, Hercule Poirot, yang sama termashyurnya dengan Sherlock Holmes. Namun misteri paling terkenal yang diciptakan Agatha Christie bukan terdapat dalam salah satu novelnya, melainkan terjadi pada kehidupan nyatanya. Pada tahun 1926, ia menghilang begitu saja selama 11 hari dan misteri ini boleh dibilang tidak bisa terjawab dengan sempurna hingga 80 tahun berikutnya.


Agatha Christie lahir pada tanggal 15 September 1890 dengan nama Agatha Mary Clarissa Miller. Pada awalnya, ia menjalani kehidupan sebagai penulis novel romantis dengan nama samaran Mary Westmacott. Namun ia kemudian lebih dikenal sebagai penulis 80 novel misteri yang didominasi oleh dua tokoh unik, detektif Belgia, Hercule Poirot, dan seorang perempuan tua bernama Miss Jane marple yang juga memiliki kemampuan detektif.

Pada tahun 1914, ia menikah dengan Archibald Christie, seorang pilot pesawat tempur, dan menjalani kehidupan pernikahan yang tidak bahagia karena suaminya mulai berselingkuh dengan seorang perempuan bernama Nancy Neele.

Pada tahun 1919, ia melahirkan anak satu-satunya yang diberi nama Rosalind. Pada tahun 1920, tahun dimana suaminya mulai berselingkuh, ia menerbitkan novel misteri pertamanya dengan tokoh detektif ternama Hercule Poirot yang berjudul "The Mysterious Affair at Styles" atau "Pembunuhan di Styles".

Novel ini, kemudian mengangkat nama Agatha Christie menjadi salah satu penulis ternama di inggris, sejajar dengan Sir Arthur Conan Doyle.

Lalu sebuah misteri benar-benar terjadi di kehidupan nyata Agatha Christie.

Semuanya dimulai pada hari jumat tanggal 8 Desember 1926. Pada saat itu, Christie telah menulis enam novel, dimana salah satu diantaranya 'The Murder of Roger Ackroyd" menjadi salah satu best seller.

Pukul 21:45, Christie sedang ada di rumahnya di Berkshire. Lalu, ia naik ke lantai atas, mencium putrinya, Rosalind, yang sedang tidur dan meninggakan sebuah catatan untuk sekretarisnya yang mengatakan bahwa ia berniat pergi ke Yorkshire. Ia masuk ke mobil dan mengendarainya keluar rumah.

Beberapa waktu kemudian, mobil Morris Cowley yang ditumpanginya ditemukan dalam keadaan kosong di dekat sebuah danau di simpang Newlands dekat Guildford. Tidak ada tanda-tanda keberadaan Christie. Polisi segera menyelidiki kasus ini.

Selama 11 hari berikutnya, seluruh Inggris dipenuhi dengan berita menghilangnya penulis itu. Bahkan harian The New York Times juga memuat berita ini di halaman utamanya. lebih dari 15.000 sukarelawan turut mencari keberadaannya. Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, pesawat terbang dimanfaatkan untuk membantu pencarian orang hilang.

Hebatnya, semua elemen kisah misteri yang bisa ditemukan pada novel Christie juga bisa ditemukan pada peristiwa ini.

Misalnya, mobilnya ditemukan di dekat sebuah danau yang disebut "The Silent Pool", yang merupakan lokasi kematian seorang anak perempuan muda dan kakak laki-lakinya yang tenggelam. Banyak yang menduga, Christie, mungkin telah bunuh diri dengan terjun ke danau itu. Namun, polisi yang memeriksa seisi danau tidak bisa menemukan mayatnya.

Karena Christie adalah seorang penulis misteri, banyak yang menduga bahwa aksi menghilangnya penulis ini hanyalah sebuah tindakan publisitas untuk mempromosikan novel-novelnya.

Sebagian lainnya menduga bahwa Christie mungkin telah dibunuh oleh suaminya, Archie Christie yang tidak setia.

Demikianlah kehebohan yang tercipta selama 11 hari itu.

Jika yang menghilang adalah seorang masyarakat biasa, mungkin tidak akan menarik perhatian yang begitu besar. Namun karena Christie telah menjadi figur yang sangat ternama, menteri dalam negeri saat itu, William Joynson-Hicks, sampai-sampai mendesak kepolisian untuk bekerja lebih keras mengungkap kasus ini.

Bahkan rekannya sesama penulis misteri, Sir Arthur Conan Doyle, yang menciptakan tokoh Sherlock Holmes, dan Dorothy L Sayers, penulis misteri seri Lord Peter Wimsey, juga ikut bereaksi.

Conan Doyle yang dikenal sebagai seseorang yang tertarik dengan dunia paranormal bahkan mengambil sarung tangan Christie dan memberikannya kepada seorang medium (paranormal), sementara Sayers menyelidiki kasus ini dengan mengunjungi lokasi menghilangnya Christie. Di kemudian hari, Sayers menulis sebuah novel berjudul "Unnatural Death" yang didasarkan pada peristiwa ini.

Sebelas hari setelah Christie menghilang, kehebohan itu berakhir. Ia ditemukan selamat. Namun semuanya menjadi semakin misterius karena kondisi yang menyertai penemuannya.

Selama menghilangnya, Christie ternyata menginap di hotel Swan Hydropathic di Harrogate dengan menggunakan nama yang berbeda, Teresa Neele.

Beberapa tamu mengenalinya sebagai Agatha Christie dari foto yang terpampang di surat kabar. Namun ketika ditanya, ia hanya tertawa. Jadi petugas hotel yang curiga segera memanggil polisi yang kemudian mengundang suaminya, Archie Christie, untuk mengidentifikasinya. Ketika melihat suaminya, kalimat pertama yang keluar dari mulut Christie adalah 'Fancy, my brother has just arrived'.

Agatha Christie dan suaminya diperiksa oleh polisi. Namun, Christie yang kemudian mulai sadar, mengakui bahwa ia tidak mengerti mengapa ia bisa menginap di hotel itu dengan menggunakan nama lain.

Kasus ini kemudian tidak diperpanjang karena polisi beranggapan kalau Christie telah mengalami amnesia. Tapi jawaban atas kasus ini sesungguhnya tidak pernah benar-benar terungkap. Apakah Agatha Christie mengalami amnesia ? Apakah ini adalah perbuatan yang disengaja ?

Ada tiga teori yang paling populer mengenai penyebab peristiwa itu.

Pertama, Christie mungkin sengaja melakukan semuanya itu sebagai publisitas untuk melariskan novel-novelnya. Ini diperkuat dengan adanya unsur-unsur misteri yang ditemukan pada kondisi menghilangnya.

Kedua, Christie melakukannya dengan sengaja sebagai protes karena rencana suaminya untuk menghabiskan akhir pekan dengan selingkuhannya di sebuah rumah dekat lokasi ditinggalkannya mobil.

Teori ini sesungguhnya sangat masuk akal. Pada tanggal 8 Desember itu, malam yang sama sebelum Christie menghilang, mereka bertengkar karena suaminya menceritakan niatnya tersebut. Bahkan, bukan cuma sebagai protes, Christie mungkin telah menghilang dengan tujuan membuat suaminya malu dengan menjadikannya sebagai tersangka pembunuhan. Jika ini tujuannya, sepertinya ia cukup berhasil karena selama ia menghilang, polisi memang memeriksa Archie secara intensif mengingat ia memiliki motif karena perselingkuhannya. Polisi bahkan juga membuntuti dan menyadap telepon rumahnya.

Teori ini juga diperkuat dengan adanya fakta bahwa Christie telah mendaftar di hotel dengan nama Teresa Neele, nama yang memiliki nama belakang sama dengan selingkuhan suaminya, Nancy Neele.

Teori ketiga dan yang paling baru datang dari Andrew Norman, seorang dokter dan penulis biografi Christie.

Menurutnya, novelis itu mungkin mengalami apa yang disebut "Fugue state" atau secara teknis dapat disebut "Psycogenic Trance" atau Amnesia yang diakibatkan oleh Trauma, stress atau depresi.

Ini adalah sebuah teori yang juga cukup masuk akal mengingat pada tahun 1926, malam ketika menghilang, Ia dan suaminya bertengkar, bahkan suaminya sempat meminta cerai darinya. Ini menambah depresi yang dialaminya karena ibu Christie baru meninggal dunia satu tahun sebelumnya.

Norman, yang menghabiskan beberapa lama untuk mempelajari kehidupan Christie menemukan indikasi bahwa ia mungkin memang memiliki kondisi mental yang langka ini.

"Kondisi seperti ini, yang memang lebih dimengerti pada masa kini, sesuai dengan gejala-gejala yang dimiliki Christie selama ia menginap di Harrogate," Kata Norman.

Dalam bukunya "The Finished Portrait" yang terbit tahun 2006. Norman menulis bahwa penggunaan nama barunya dan kegagalan mengidentifikasi fotonya sendiri di surat kabar menunjukkan bahwa novelis itu telah mengalami psychogenic amnesia setelah mengalami periode depresi yang berkepanjangan.

"Sifat ini memiliki kecenderungan untuk bunuh diri,"Kata Norman. "Kondisi mentalnya sangat rendah saat itu. Dan mungkin itulah sebabnya ia menulis mengenai karakter bernama Celia dalam novel autobiografinya Unfinished Portrait."

Teori Andrew Norman banyak dianggap sebagai penjelasan paling baik atas misteri menghilangnya Agatha Christie.

Namun, Walaupun begitu, tetap saja tidak ada yang pernah bisa mengetahui dengan pasti jawabannya karena Agatha Christie sendiri menolak untuk membicarakan peristiwa itu hingga kematiannya pada tahun 1976 di Oxfordshire. Jadi, ini adalah sebuah episode misteri sendiri dari kehidupan sang novelis.

Pada tahun 1928, Agatha Christie bercerai dari Archie dan menikah dengan Sir Max Mallowan, seorang arkeolog. Selama hidupnya, ia menulis sekitar 80 novel. Novelnya telah diterjemahkan kedalam 104 bahasa dan terjual lebih dari 2 miliar eksemplar. Ini membuat Guinnes Book of World Record menganugerahkannya sebagai "Penulis paling laris sepanjang sejarah" dan "Penulis paling laris dalam semua kategori".

Sampai saat ini, belum ada yang bisa menggantikan posisinya sebagai "The Queen of Crime", wanita penulis misteri paling laris di dunia.

Fakta menarik :
Novel "Tirai" yang merupakan kasus terakhir Hercule Poirot dan novel "Pembunuhan Terpendam" yang merupakan kasus terakhir Miss Jane Marple ditulis pada masa perang dunia II (1939-1945), namun kedua novel itu, yang memang disiapkan sebagai kasus terakhir dua tokoh ciptaannya, tidak langsung diterbitkan, melainkan disimpan di lemari besi sebuah bank selama 30 tahun lebih dan baru diterbitkan pada akhir masa hidup Christie di tahun 1976.

(wikipedia, guardian.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

79 comments:

Anonymous said...

gagal pertamaX !!! emm .. !!
keep posting bung enigma !! ^_^

Anonymous said...

thx infonya..

ulas tentang piramid di cina donk...

Anonymous said...

ah biasa aja, si agatha christie cuma cari sensasi..., thanks anyway buat bro enigma...

INFERNO said...

daripada miss christie, jujur penulis yang sekarang saya lebih suka adalah senpai enigma......

Anonymous said...

petamax plus
tapi k empat denq gag ap ap lha haha..

lebih kren lagii bang enigma aaaah..

Anonymous said...

tumben ngepost siang hari. Liburan?
Hmmm.... Agatha cristie? Keknya pernah liat bukunya.
Request dong tentang jimmy hoffa dan kapal ourang medan (misteri dari indonesia nih)
Keep posting!

From : bang tio

penghuni60 said...

gmn kalo bang enigma jd penulis novel misteri aja?
:)
saya langsung beli deh bukunya...
sukses ya bang..
saya suka bgt artikel yg ini.

Anonymous said...

Ada misteri lain yg belum terungkap. yaitu
"SIAPAKAH PENULIS BLOG INI?" hhehehehe

Fahmi said...

Gutt article mr.enigma...!!!
Owh iy.. .
udh jrang nih gx bca tntang ''crop circle''...
bahas lg donk...


thx'

Devy D said...

Dear Bang Enigma
Thanks atas artikelnya, kebetulan Agatha Christie adalah penulis favorit saya (sampe bukunya saya kolekti tuh)... heheheh...keep posting...

Anonymous said...

SUMPAH KOLEKSI BUKU AGATHA CHRISTIE ADALAH HARTA KARUN YANG PALING BEHARGA!!! ANDA TIDAK AKAN LEPASKAN BUKU ITU SEBELUM HALAMAN TERAKHIR. MEMUKAU NALAR DAN YAKIN DEH 100% AKHIRNYA SANGAT MENGEJUTKAN, TANPA BISA DITEBAK!!! SHE IS THE MUNBER ONE!!!

Anonymous said...

misteri baru yang menjadi PR dari semua orang.

"siapakah mr. enigma yg menjadi teka - teki selama ini? apakah kita harus mengerahkan pesawat terbang untuk menemukannya, apa motif di balik sembunyinya?"

silahkan teman2 untuk mulai meneliti dan mencari jawabannya:

mulai dr latar belakang, ciri penulisan: gaya, tata bahasa, cara berpikir, hobi, dll ... semoga semuanya bs membawa pada lokasi dan persona hahahah .....

Dyzza Al-Azzam said...

Bung Enigma request kapal MARY CELESTE dunk,penasaran awaknya pada ngeluyur kemana...misteri yg pling misteri adalah siapakah Bung ENIGMA itu??

Anonymous said...

Jadi ingin bca novelnya..sepertinya sangat menarik..klo judul yg paling populer apa ya?

enigma said...

Judul yg paling populer saya tdk tahu. Tapi Jika kamu ingin melihat kejeniusan agatha christie, maka kamu hrs membaca "pembunuhan atas roger ackroyd"

Anonymous said...

Agatha Christie adalah pengarang yang paling TOP bagi saya. Jenius. Bahkan saya lebih menyukai ceritanya dibandingkan dengan Sir Arthur Conan Doyle. Yaah--memang sih mereka berdua punya cara menulis yang berbeda. Yang jelas saya cinta Agatha Christie

Dan menurut saya, dia melakukan itu bukan untuk sekadar nyari sensasi. Kenapa? Karena ia tak perlu sensasi untuk membuatnya terkenal.
Agatha Christie pasti punya alasannya sendiri

I love her >.<

Dan saya suka Hercule Poirot, detektif sombong yang jenius <3

--Yukichan--

Anonymous said...

agatha christie it's my favorit bro
sory agak ngiklan dikit:
Painting For Sale, Please Visit:
www.wsz-painting.blogspot.com

Anonymous said...

Land lord lawie said :
" Agatha Crhistie ....,kisah hilangnya Agatha itu udah ada film nya lo ..,
kalo buku terbaiknya agatha ya "The Orient Express" udah dibuat film dalam 3 versi kalo ga salah. luar biasa mengejutkan endingnya
lebih bagus dari pembnhn Roger.
Sembilan Patung Anak negro jg bagus sekali...,
Nice Post Bro..."

wong jowo said...

Enigma Yth

Aq prnah dapet cerita bhwa indonesia saat ini sbnernya diatur & dikendalikan oleh semacam organisasi keturunan raja2 nusantara jaman dulu,,pergerakan mereka katanya sih selalu dibalik layar...
Katanya hmpir smua kejadian besar yg terjadi di indonesia jg karena turut andil-nya mereka...
Pergerakan mereka pun jg udah nyampe level internasional....
Organisasi mereka udah terbentuk mulai dari penyatuan seluruh kerajaan nusantara mnjadi negara indonesia saat ini,termasuk penyerahan kekayaan kerajaan untuk pembuatan "emas devisa"
intinya saat ini ada negara di dlm negara Qta...
Bner G sih smua itu ???
Minta ulasannya ya....

Anonymous said...

Mantap boss....
misteri yang di tulis tidak pernah di sangka-sangka sebelumnya...
tidak umum gitu loh boss.....
to all brother.....misteri yang di tulis sama misterinya dengan bung Enigma...
andika

Ms. Erantzo said...

bagi yg penasaran : pastinya Mr. Enigma seorg pria, kyw swasta, penggemar serial the x-files, kulit kuning langsat, penampilan simple dan rada cuek, perantau dari sumatra, dia seorg jenius? so pasti, klo nga, mana mungkin bisa mengungkap misteri2 yg ada selama ini hehehe...
btw betul nga bro? *peace* ;)

Anonymous said...

baru pertama ku koment....
n trima ksih bang enigma...ilmu bermanfaat semua.....tlong ulas kisah planet X atau nibiru itu............yg terkenal itu.....

Aditya's Blogsphere said...

BANG ENIGMA....MOHON BANTUANYA UNTIK VOTE BLOG SAYA YA BANG.....PETUNJUKNYA ADA DI SIDEBAR BLOG SAYA PALING ATAS SEBELAH KANAN...MAKASIH ATAS BANTUANYA BANG.......

Mif on the duty said...

Agatha Christie ya...ini penulis novel legendaris sih,wajar kalau dia mengalami kejadian aneh langusng diekspos besar-besaran oleh media massa saat itu

ichabod_CRANE said...

Mas ENIGMA,kalo gak salah wajah-wajah yang ada di Belmez juga jadi judul salah satu novelnya Agatha Christie kan ?

Anonymous said...

ah bosen yang kayak gini trus, gak ada penemuan2 ato misteri yang udah diselesaikan ya?

Anonymous said...

boleh request donk tentang "manusia indigo" ehehehe, Thx

Anonymous said...

Bang enigma posting anjing penghisap darah dong yang ada di malang beritanya ad di koran surya tgl 18 febuari halaman dpn

Anonymous said...

iya bosen nih...topiknya...kapanngebahas ruang angkasa ..

mbah ware said...

agatha christie....hehehe.....tumben anda bahas novelis satu ini....kalau mau, silahkan baca di perpustakaan pribadi saya....hehehe...kayaknya masih lengkap tuh....yang terbaik novelnya dalam seri hercule poirot bagi saya mungkin "the big four" yang membahas konspirasi untuk menguasai dunia...wakakaka...dan cerita tentang pembunuhan yang dilakukan seorang anak2 dalam "buku catatan josephine atau crooked house..."
kenapa anda tidak sekalian membahas alfred hitchcock sekalian....dia juga seorang yang misterius...wakakaka

enigma said...

Hmm. hitchcock ? haha, saya juga sudah baca "trio detektif" sejak SD. Haha. kita memang punya kecocokan banyak ya.

aw3ng said...

weh Bro, jd inget sm novel-2 ane...smp2 inget, punya setumpuk Hardy Boys...heheheeee.....
btw, harrogate tu dimana yah? maap, ane slalu dapet nilai jelek kalo berhubungan dgn peta...maksudnya, brapa jarak dr tempat mobil ditemukan, trus masa iya sih, sepanjang jalan dari mobil ke hotel Swan gak ada orang yang ngenalin? trus dia udah c.i berapa hari? btw, gara-2 postingan ini, ane jd sibuk bongkar-2 kardus...nyari novel...heheheeee....
keep outstanding bro...

INFERNO said...

senpai, mau ngasih laporan!
kmarin kita nonton metrotv, di bagian newstickernya, ada berita "Inggris beberkan bukti bukti penampakan mahkluk asing".
bisa cari tau ga data datanya apa aja..?????

enigma said...

Kamu bisa baca disini :

http://dunia.vivanews.com/news/read/130796-ufo_melayang_di_atas_stadion_klub_chelsea

Sudah diberitakan oleh vivanews.

Anonymous said...

bro, posting misteri ttg ufo lagi donk...
kangen ni ma ufo...
ato cropcircle jg boleeh...
ditunggu ya...
tq.

Anonymous said...

agatha christie *speechless*

btw 2/3 malam yg lalu saya mimpi ketemu bang enigma :D

hhm...saking kepengennya saya ngobrol bnyk sama bang enigma ttg misteri alam raya x y.... hahah

Ms. Terry

enigma said...

Ms Terry, Mungkin suatu hari kita benar-benar bisa ketemu dan ngobrol :)

Anonymous said...

hahaha.... i really hope so. buat forum atau klub misteri/occult gtt deh mas, yg bs ketemuan sambil membahas hal2 misterius with u as our leader :D

btw, tentang indigo child materinya dah siap blm? dah banyak yg request. aku jd penasaran...

Ms. Terry

enigma said...

Sebenarnya blog ini kan sama juga kayak forum, ada orang yang komentar, terus saya balas. Sama kan kayak kaskus. hehe. Kalo occult, saya tidak tertarik. hehe. Occultisme itu beda lho sama misteri.
Iya, saya juga heran banyak sekali yang minta soal anak Indigo. Ok deh, ntar saya usahain cepat.

Anonymous said...

EVILution said...
trnyata kasus ini udah prnh difilmkan lho... saya lupa tahunny judulnya "Agatha" mistery of the lost 11 days agatha christie's life ap gt... tahun 70-an gt... kmrn nemu wktu lgi browsing poster film... :P

Anonymous said...

tapi kan ga live mas :( coba kalau live :)
live from behind ur compie.
betul mas...tapi tetep aja misterius (buat saya)... maksud saya...kok bisa di respons manusia/energinya hidup n bahkan digunakan manusia. apa energi2 itu punya "will" power n kesadaran gt? ('_')

Ms. Terry

Anonymous said...

oh... btw thanks udh mau berusaha memenuhi permintaan kami2 yg haus artikel ttg indigo child...hehehe

Ms. Terry

Anonymous said...

om enigma
keknya 1 kmgkinan yg blm trpkir
Kpribadian Ganda!
krn org ad yg nydr dan ad jg yg nydar klo dy pny kpribadian gnda
palagi org brkpribadian gnda krap brpnampilan beda dri khdupan nrmalny shri2
ato mnding om enigma jg posting dunk ttg kpribadian gnda
krn bhkan ad pusat pnelitian dan pngobatan utk org brkpribadian gnda
byk kan kjadian nytanya yg dinovelkan dan dipilemkan
plis ya om enigma
dri fans brumu

lala...

Anonymous said...

I LoVE AgathA Mary ClarIssa....................

Anonymous said...

bung enigma,
keren banget artikel",
uda kaya detektif bener dah,!

by the way
pernah liat film paranormal activity belum ?
katanya it berdasarkan kisah nyata,
kalo ia tolong diulas d0ng penyebab yang sebenarnya?
dan kenapa bisa mereka (si micah ma katie) ?
thx a bunch brother
keep blogging

-rara-

candra dewi said...

bung Enigma, ternyata novelis itu punya kehidupan yg aneh ya. tapi saya suka agatha christie bagaimanapun anehnya dia, dan saya sudah baca novel pembunuhan roger acroyd, sampai akhir saya gak kepikiran klo pembunuhnya adalah org itu. emang genius juga tuh novelis

Anonymous said...

Godfather: Post tntang MEDUSA donk
Itung2 wat nambah artkl makhluk misterius

Anonymous said...

Godfather: Post tntang MEDUSA donk
Itung2 wat nambah artkl makhluk misterius

Anonymous said...

yaelah itu kan cm 11 hari, dia mau refreshing kalee, kaya artis2 jaman sekarangg... ga misteri ah

Anonymous said...

bagus ah, berhubung aku pernah baca karyanya Doyle sama Christie jd beritanya tetep menarik :D

nenek janda tua si said...

Agathe bukan dlm cerita the aventures or momy yng mana ya udh lupa si dn mas bisa ngak buat article psal mommy

Anonymous said...

wow. gak salah deh kalo saya sangat rergila2 sama agatha christie. jenius dan misterius. perpaduan yg unik

Anonymous said...

menurut saya dia jadi novelis misteri karena mau membunuh suaminya yg ga kesampean, akhirnya rencananya untuk membunuh hanya dia tuangkan di novelnya.
semenjak itu dia jadi seorang jenius misteri sampai suatu saat pengen nyoba menerapkan ide menghilangkan jejak dalam kehidupannya sendiri dan ini membuktikan tidak ada orang sejenius hercule poirot yang bisa menemukan bukti.

Samuel Valerian said...

jujur mas, waktu itu saya pertama kali cuma cari referensi tentang kasus Elisa Lam, sejak itu saya jadi pembaca setia blog ini. makasih ya Mas, blog ini sangat BAGUS menurut saya :)

Post a Comment