Thursday, March 18, 2010

Inbox: Awan dan pelangi aneh di atas Jakarta

Mungkin kalian pernah mendengar julukan "skywatcher" atau "stargazer". Sekarang, perkenalkan, "Cloudwatcher". Di bawah ini adalah foto-foto koleksi Ayahnya Abel Fataya (pataya_1928@yahoo.com). Mungkin foto-foto di bawah ini memang tidak misterius, tapi yang jelas, menakjubkan.


Ketika cahaya, awan, angin dan air bertemu di udara, maka keindahan akan tercipta.

"Hari sabtu, 27 Februari 2010 jam 16.00 di Kalideres, saya ambil beberapa foto langit menggunakan SE k800, menurut saya aneh banget, tolong di informasikan penyebabnya kira-kira karena apa, sebab seumur hidup baru kali ini liat yang kaya gini dengan mata kepala sendiri." (Ayahnya Abel Fataya)


Pada hari yang sama dengan penampakan Fataya, sekitar pukul 16.00, teman saya yang sedang ada di sebuah mall menelepon dan meminta saya untuk keluar rumah.

Lalu saya bertanya,"
Memangnya ada apa?"

"Malaikat sedang mengintip dari balik awan! disini semua orang keluar dan memotret ke langit."


Masih tidak mengerti, saya keluar rumah dan memandang ke atas. Lalu saya melihat awan yang sama dengan awan yang dipotret oleh Fataya. Anyway, saya juga mengambil beberapa foto.


Saya akui, awan seperti ini jarang terlihat di Indonesia. Dari balik awan tebal, kita bisa melihat ada sebuah lapisan cahaya berwarna yang terlihat seperti kain sutra yang halus. Kontras dengan awan yang gelap, lapisan cahaya tersebut memancarkan cahaya terang berwarna pink kuning yang indah.


Apa penyebabnya?


Jika kita melihat foto Fataya, kita mungkin belum bisa menemukan apa yang menyebabkannya. Tapi coba lihat foto yang saya ambil di bawah ini.



Di tengah cahaya terang berwarna itu, ada bola matahari yang bersinar dengan terik. Dan dari foto ini, terlihat ada lapisan kedua yang membuat matahari terlihat seperti sedang mengembangkan kedua sayapnya.

Saya hanya bisa mengira kalau cahaya misterius itu terbentuk karena refleksi sinar matahari yang terkena dengan kumpulan air yang ada di awan. Refleksi ini juga yang menyebabkan terciptanya warna pelangi di awan tersebut.

Kemudian, ini fenomena yang berikutnya:


Tidak misterius memang, tapi Fataya berada pada posisi yang sangat tepat sehingga ia bisa mengambil sebuah gambar yang indah. Fenomena awan ini biasa terjadi di Jakarta, tempat saya tinggal. Alur gelap lurus yang turun dari awan ke bumi adalah tetesan air yang berasal dari awan. Dengan kata lain, pemandangan ini menandakan turunnya hujan.

Jika alur gelap dari awan itu tidak sampai ke bumi, maka fenomena itu disebut Virga. Dalam definisi yang sederhana, Virga terjadi ketika tetesan air dari awan yang hendak jatuh ke bumi menguap dan lenyap di udara.

Lalu, ini foto yang lain, masih pemandangan yang sama:


Seekor burung yang melihat Fataya sedang memegang kamera memutuskan untuk berpartisipasi. Burung ini berada dalam posisi yang sangat tepat sehingga ia terlihat seperti seekor teratorn raksasa.

Atau...apakah itu memang teratorn? Hmm, menarik!

Sekarang, fenomena berikutnya:

"Saya melihat awan di langit (Tangerang) dikelilingi oleh warna-warni pelangi, hanya saja pelangi disini bukan seperti pelangi yang lazim kita lihat, bentuk pelangi ini seperti bola-bola warna (Jadi inget kaya hujan meteor gitu deh kurang lebih). Selain itu ada satu gumpalan warna yang terpisah berwarna hijau) saya pernah baca, ini semacam Green Ray atau mungkin Fire Rainbow. Walaupun ga mirip sama-sekali tapi agak mendekatilah. Yang pasti pemandangan seperti ini memang sangat jarang terjadi di langit. Walaupun sekali lagi karena saya menggunakan kamera HP SE C905, tetap saja detail warnanya tidak tertangkap dengan jelas." (Ayahnya Abel Fataya)


Jika selama ini kita hanya pernah melihat pelangi yang berbentuk lengkungan, maka ini adalah pelangi yang mungkin belum pernah anda lihat. Bentuknya yang nyaris elips mengingatkan saya dengan bentuk sebuah ufo klasik.

Pelangi berbentuk aneh ini sebenarnya adalah sebuah Circumhorizontal arc (CHA). Nama kontemporernya adalah fire rainbow seperti yang disebut oleh Fataya di atas.

Pelangi ini terbentuk akibat pembiasan cahaya yang melewati es kristal di dalam awan cirrus. Namun, ia membutuhkan kondisi tertentu untuk muncul. Matahari harus berada pada posisi tinggi, paling tidak 58 derajat di atas horizon dan tentu saja harus ada awan cirrus yang mendukungnya. Walaupun sudah diketahui penyebabnya, tetap saja pelangi seperti ini merupakan pemandangan yang langka.

Nah, ini fenomena terakhir kita hari ini:

Menarik sekali bukan? Jika satu orang mendapatkan foto awan yang aneh, mungkin biasa saja. Tapi Fataya kembali menemukan awan misterius yang indah. Foto ini diambil pada tanggal 14 Maret 2010 pukul 17:43.


Yang membuat saya terkagum adalah bentuknya yang unik. Mengingatkan saya pada pola yang ada pada sol sepatu. Seakan-akan, ada raksasa bersepatu yang baru saja menginjakkan kaki di langit yang jernih.


Saya tidak bisa memastikan jenis awan ini, tapi awan ini terlihat seperti jenis awan yang disebut Cirrocumulus atau altostratus undulatus. Ciri-cirinya ditandai dengan pola yang seperti gelombang dan lapisan-lapisan yang mengindikasikan adanya ketidakstabilan kelembaban.

Memang kumpulan foto-foto ini tidak bisa dibilang misterius. Tapi saya rasa, inilah salah satu cara Tuhan menghibur manusia.

Apa yang kalian rasakan ketika kalian memandang ke langit dan melihat lapisan awan cahaya berwarna pink, pelangi berbentuk elips dan jejak sol sepatu di udara?

Kalian akan merasa terhibur!

Bukankah begitu?

(Penyebutan nama dan alamat email sudah atas ijin yang bersangkutan)

Komentar Pilihan


Anonymous said..

Ini bukan cara Tuhan menghibur manusia... tapi ini cara Tuhan menghiasi dunia...

March 18, 2010 10:53 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

97 comments:

  1. wah, bnr2 unik bang, seneng rasanya kalo kita bs memotretnya.

    ReplyDelete
  2. memang tuhan menciptakan alam ini dengan segala misteri dan keindahannya...
    jujur saja, saya baru menemukan fenomena seperti ini, karena saya kurang memperhatikan keadaan langit. :D
    oh iya, itu link Virga mohon untuk di koreksi, karena link nya menuju file... thx

    ReplyDelete
  3. bagus bgt.. to twit..kek ngliat apel dtngah2 melon yg terblah..

    ReplyDelete
  4. From :Mahran

    wew mantep ituh awan menurut saya terjadi karena pembiasan cahaya kurang sempurna. saya juga kuaang mengerti sama yang seperti ituh. kalo mau tanya langsung sama guru/dosen IPA ,ckckckckc

    ReplyDelete
  5. wah.. menakjuban bgt yee.. ga nyangka bgt....

    ReplyDelete
  6. mantapz om sekali post langsung dua. tadinya saya mau coment pada post yang pertama, tapi berhubung saya orangnya tidak terlalu mengerti tentang Roket dan sebagainya, maka saya post saja di sini sekalian aprov untuk keduanya.

    oh ya om untuk post yang ini brows saya tidak dapat membuka gambar yang ke tiga. mungkin koneksi saya yang buruk atau memang gambarnya yang eror om?

    PEACE!!! buat om enigma :D

    ReplyDelete
  7. Iya, sepertinya koneksi internet kamu lagi lambat.

    ReplyDelete
  8. paling keren "jejak kaki raksasa", hehehehe,ada juga yg hobi motret langit ky saya... ^_^
    >Achel<

    ReplyDelete
  9. gile.. yg awan kaya bentuk sol sepatu itu kirain cuman gw yg ngeliat, gw ngeliat cuman udah sore, bentar langsung ilang.. dan gw cuman lg megang hape, hasilnya ga keliatan..

    nice post..

    ReplyDelete
  10. bang, klo "pillar of light" itu gmana ??

    ciri2'a kyk awan mendung yg dibolongin, jdi d antara awan mendung ad cahaya yg masuk lewat bolongan itu jdi k'liatan'a kyk pilar cahaya ..

    tdi sore saya liat d s'kitar bekasi, gg unik emank tpi lumayan keren ..

    By :A~rv~

    ReplyDelete
  11. Sejak kcl ak pny impian melihat hujan turun tp ak ga keujanan, hingga suatu hari btahun2 yg lalu ak lg diatas kpl feri bapakku ngasih tau 'liat tuh dsana lg ujan' dan akhirny impianku tkabul,liat ujan dr tmpt yg ga ujan ^_^
    skitar sbln yg lalu ak liat pelangi bbentuk lingkaran penuh, cm sayang ga smpt moto krn lg dtengah jalanan menuju puncak sdngkan ak lg naik motor. Duh,bkln jd mkn sering mandangin langit nih kl bgini carany :P

    ReplyDelete
  12. dea . .
    Wew keren nih ka .
    Dea baru tw awan banyak jenis n namanya , selain yg td disebutin diatas , ada lg ga ??
    Oia ka , Dea waktu itu pernah liat awan tp warna pelangi , udah dea foto . Mw ngirim k email kka , alamatnya apa ? Thx before

    ReplyDelete
  13. keren bang tambah info saya seneng banged gk ada yg ngomong pertamax kalo gni kan enak baca komen2nya...

    ReplyDelete
  14. @dea: jenis awan bnyk sekali. Kalau kamu ada foto, kamu bs kirim ke email saya di: kingdom.enigma@gmail.com. Dgn senang hati saya lihat.

    ReplyDelete
  15. bang, yang terakhir bukannya "gravity wave"? Ane pernah baca gravity wave kayak gitu gambarnya. Tadi pagi sih saya juga liat di pondok gede. Cuman lebih kecil.

    ReplyDelete
  16. ini bukan cara Tuhan menghibur manusia... tapi ini cara Tuhan menghiasi dunia...

    ReplyDelete
  17. Bang Tio: saya kurang yakin kalau itu adalah gravity wave karena gravity wave membutuhkan kondisi tertentu untuk muncul. Saya lebih prefer altostratus undulatus. saya sudah tambahkan link di atas. coba dilihat referensi wikinya.

    ReplyDelete
  18. b.e.a.u.t.i.f.u.l
    btw nice pict... jarang2 dpt liat awan ky gt

    ReplyDelete
  19. Myheart2105 berkata...
    wow,,foto2 yg unik yach! Kadang2 q jg prnah lht yg bgini tp gak prnh difoto..hee..:p

    @om Enigma: baca tulisan diatas q jd rada bingung, mana yg kalimat Fataya, mana yg klmtx om Enig...apa kalimat asli Fataya yg diberi wrna biru n tanda kutip?? Lumayan sngkt yach emailx klu bgtu....

    Oya om Enig, ini klmt syapa? Om Enigma?

    ''Pada hari yang sama sekitar pukul 16.00, teman saya yang
    sedang ada di sebuah mall
    menelepon dan meminta saya
    untuk keluar rumah.
    Lalu saya bertanya,"Memangnya ada apa?"
    "Malaikat sedang mengintip
    dari balik awan! disini semua
    orang keluar dan memotret
    ke langit."
    Masih tidak mengerti, saya
    keluar rumah dan memandang ke atas. Lalu saya melihat awan yang sama dengan awan yang dipotret
    oleh Fataya. Anyway, saya juga mengambil beberapa foto.''


    Ini foto awan kayak malaikat yg mengintipx mana Om??


    Btw, agak oot neyh, mang tman2 Om Enig gak da yg tau kalo Om punya blog misteri queren ini? Koq mreka gak prnah da yg komen yach dsini? Atau brangkali ada yg komen, tp krna menyangkut identitas om Enig, makax gak diapprove?
    Wiiy, ni slh satu msteri blog ini neyh, n misteri pmilikx... :D

    ReplyDelete
  20. Kalimat fataya yang biru miring. Yang kamu copas itu kalimat saya.

    ReplyDelete
  21. Myheart2105 berkata...
    Itu awan yg kyk bekas jejak spatu cntoh efek pareidolia ya?

    Wah skrg dah pake kmentar pilihan lg :)
    S7 ma kmntr plihan, tp q jg mo nambahin: awan2 unik, fire rainbow dan pristiwa angkasa menakjubkan lainx mrupakan tanda2 kekuasaan Tuhan bg org2 yg berpikir... :D

    ReplyDelete
  22. Myheart2105...

    Hikz,,blakangan ni kmen2/prtnyaanq bbrp x gak direspons ma Om Enig..kyk dicueqin gtu,, knapa om?

    Yg ini jg blm direspon:
    '' Ini foto awan kayak malaikat
    yg mengintipx mana Om??''

    Dan ini juga:


    ''Btw, agak oot neyh, mang
    tman2 Om Enig gak da yg tau
    kalo Om punya blog misteri
    queren ini? Koq mreka gak
    prnah da yg komen yach dsini?
    Atau brangkali ada yg komen,
    tp krna menyangkut identitas
    om Enig, makax gak diapprove?
    Wiiy, ni slh satu msteri blog ini
    neyh, n misteri pmilikx... :D''


    Jika da kata2q yg mnyinggung ato gak brknan ma Om Enigma slma ini, q mhn maaf ya... T_T

    ReplyDelete
  23. Tuh sudah saya jawab. Foto malaikat mengintip itu cuma kalimat hiperbolic. maksudnya ya foto yang pertama. Kalo teman saya jarang yang komen. Tidak banyak teman yang tahu soal blog ini.

    Ohya, kalau komentar berupa pertanyaan, pasti saya balas. haha. Kalimat2 kamu tidak ada yang pernah nyakitin. Semuanya luar biasa. menambah kaya blog ini.

    ReplyDelete
  24. capek blogwalking, singgah di blog ini. Tulisan2nya bagus-bagus. Awan unik dan fenomena unik hampir setiap saat ada, tp kita yg kurang menyadarinya.

    oya, seharusnya usia bung Enigma sudah 31 tahun ya..semoga makin matang dan bijaksana...

    (hayoo..berani gak menampilkan komen ini? ;) )

    ReplyDelete
  25. menurut saya, mungkin sama seperti proses terbentuknya halo..bukankah di awan tu banyak partikel air, sehingga air itu terbias dgn sinar matahari..di surabaya, saya sering bgt melihat awan seperti ini bahkan dgn ukuran yg lebih besar,,bahkan di youtube, publik malaysia merekamnya dari negaranya soal awan seperti ini

    ReplyDelete
  26. saya rasa inlah cara tuhan mengingatkan manusia bahwa dunia itu indah, tapi keindahan itu bakal hilang kalo dirusak oleh manusia...

    GO GREEN we MUST!!

    ReplyDelete
  27. untuk menghibur manusia, tuhan menghiasi dunia.
    coba kalo lagi stress, cari tempat lapang berumput, tiduran sambil lihat langit...
    apalagi kalau malam....

    bila tetep stress, hubungi psikiater terdekat

    bila tetap belum sembuh, coba sarankan sang psikiater ke lapangan berumput....

    ReplyDelete
  28. saya pengen nambahin kalimat di komentar pilihan....

    "Ini bukan cara Tuhan menghibur manusia... tapi ini cara Tuhan menghiasi dunia... agar manusia dapat semakin menghargai dan mensyukuri ciptaan yang diberikan Tuhan."

    ReplyDelete
  29. yanuar (yan2473@yahoo.comMarch 19, 2010 at 2:20 PM

    Awan ini juga saya lihat di jl. bantar gebang saat pulang dari mall di bekasi barat...saya foto dengan kamera HP Nokia 2600 classic...tapi karena resolusinya rendah maka hasilnya kurang jelas...awan yang sangat indah untuk dilihat...saya foto jam 16.14

    ReplyDelete
  30. dea . ok thanks ya ka . . :) sy kirim scepatnya . .

    ReplyDelete
  31. Kereeeeeen..penjelasannya keren2..
    aku ga salah duga..
    isi blog abang keren..
    kpan2 mampir blogku dong bang..

    ReplyDelete
  32. wah,harus sering2 tengok keatas nih.....

    ReplyDelete
  33. Memang ciptaan tuhan tiada taranya,,,
    tidak ada yang dapat menyaingi apalagi mengalahkan ciptaan Tuhan..

    ReplyDelete
  34. saya juga pernah ngeliat awan kayak pelangi gitu kira-kira tahun 2006-2008-an lah... tapi karena ga' tau apa ya takjub aja... tapi yang bedanya.. matahari nya udah tenggelam.. sedangkan awan berpelangi tsb di atas dekat awan hujan... gitu...

    ReplyDelete
  35. Memang ciptaan TUHAN tiada duanya !!!!! Puji TUHAN !!!!!

    ReplyDelete
  36. k aku mau tanya kok blog kk terkenal sih??? klo aku cari di search engine google nma blog aku ga ada, tpi klo nma blog kk langsung dpt di search engine google. bahkan kk diurutan pertama dari 100.000 lebih blog misteri kya kk....tipsnya gimana k?????

    ReplyDelete
  37. Novi: Yang terpenting adalah tema blog yang harus jelas, lalu serius posting dan menulis. juga rajin update. soal urutan di google, tidak perlu dipikirkan. itu tidak terlalu penting (kecuali kalau kamu menjual barang).

    Saya sendiri tidak pernah ngecek urutan di google. lagipula, Menurut google, tidak perlu pusingkan pagerank. Yang penting buat blog sebaik-baiknya.

    Sisanya serahkan ke google untuk menilai.

    ReplyDelete
  38. Dea .
    Ka , sy uda kirim ftonya ke emaik kka . Uda ktrima blm ?

    ReplyDelete
  39. Td saya cek inbox lwt hp, emailnya sdh masuk. Tp blm lihat di komputer. Ntar saya lihat fotonya ya dea. Terima kasih bnyk :)

    ReplyDelete
  40. setuju Lica Lawliet : ... tapi ini cara Tuhan menghiasi dunia... agar manusia dapat semakin menghargai dan mensyukuri ciptaan yang diberikan Tuhan.
    Jd inget sekian tahun lalu, wkt lg liburan di JaTeng, naek sepeda, di "kejar-2" hujan...satu hal yg luar biasa, saya berjongkok di Garis Batas hujan...depan saya (seolah2) garis hujan, smtr dibelakang saya tanah masih kering...
    Tuhan memang "entertainer tanpa tanding"...!!!

    ReplyDelete
  41. aw3ng : ya, saya juga pernah.... hujan di sekolah, sedangkan di rumah saya tanahnya kering....
    saya juga pernah melihat kilat (atau guntur? petir? entahlah) warnanya pink-biru.... cantik sekali....
    dunia ini memang benar-benar panggung sandiwara.... penuh dengan karya Tuhan yang indah.... ^^

    ReplyDelete
  42. foto yang paling atas saya pikir itu spt aurora ... khan kalo gak salah aurora terbentuk kalo medan magnet bumi ketemu sama sinar/ultraviolet nya matahari atau gimanalah ...

    ReplyDelete
  43. gw koq ga liat ada keunikan atau keanehan di foto2 yg ada di atas yah? menurut gw biasa aja ga da yg aneh, malah keliatan lucu wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  44. kirain gue doang yg liat kmarenan, thanks for the info bung Enigma, kalau ngak salah mirip Nacreous cloud (mother of pearl), tapi kalau ini kan abis sunset ya', nah kalau yg kita2 liat waktu itu kira2 pukul 4 sore dah. ada benernya jugasih, mungkin itu cara Tuhan menghiasi dunia.

    ReplyDelete
  45. @ k enigma: oo.. makasih ya ka atas saran kk. skarang aku semangat bgt bwt nerusin blog aku terus menerus. trims ya k =)

    ReplyDelete
  46. cakep- cakep semua tahu. Duh, aku iri banget, nih. Beruntung banget yang bisa ngeliat langsung. :( Paling demen fenomena yang pertama. XD Sungguh Tuhan Maha Kuasa. :)

    ReplyDelete
  47. Tulisan kali ini mengajak kita untuk merenungi kebesaran-Nya...
    Kata-kata 'Puji Tuhan' atau 'Subhanallah' adalah refleksi bawah sadar cinta kita kepada-Nya...

    Tulisan ini menyadarkan kita yang mungkin terlupa sejenak akan Dia...

    Dia selalu ada bagi hamba-Nya...

    Mari sejenak mengheningkan diri mentafakuri akan siapa diri ini dan siapa Dia...

    ReplyDelete
  48. Myheart2105 berkata....

    s7! mari mengheningkan cpta sjenak....



    selesai.



    @Om Enigma: nih kykx o.o.t deh om,, q bc2 kmen2 di ats, da yg blg usia om Enig udah 31. apa bener om? tumben om meng-approve kmen kyk gt.. kalau bner,, wah, dah dwasa bnggetz yach,, emang pas kyk kata2/sikap om Enig d blog ini...
    dijawb yach om..pliis à_àv (maksa mode: on hehe..)

    ReplyDelete
  49. Ya, anonymous benar. Haha. kalau dia tahu, itu berarti dia sudah lama baca enigma.

    ReplyDelete
  50. Dea .
    Ka , email sy d bls dong . .
    Yg ttg awan pelangi tuh , ya ya ya ?

    ReplyDelete
  51. Nanti malam pasti saya balas. Sabar ya :) lagi di luar soalnya.

    ReplyDelete
  52. Dea , oh gitu , ok thanks ya ka . .
    Maaf ni jd ganggu . .
    Hehehe :D

    ReplyDelete
  53. saya tambah komentar lagi nie om..saya temukan video yang sama seperti awan ini nie link nya: http://www.youtube.com/watch?v=XMNCj3P_gPI&feature=player_embedded

    semoga membantu

    PEACE!!!! :D

    ReplyDelete
  54. Ariel 10 said...
    Nah akhirnya di posting juga sebelum saya komentar.Om itu tidak hanya terjadi di JAKARTA tetapi di Semarang juga seminggu yang lalu saya melihat itu saya sih mau bilang sama om enigma tapi ndak sempat (soalnya banyak ulangan)Tapi saya lihatnya pas sore hari.

    ReplyDelete
  55. Waw,... Mudah"an Kalideres jdi tmpat yg sring" ad pnmpakan awan kya gni ya Bang,..
    Ntar klo beneran sering nongol di kalideres kan qta bsa bangun tmpat yg mirip d Boscha sono,..
    Klo Boscha bwt liat benda" langit trus klo d Kalideres khusus bwt penelitian awan hehehe...
    Salam bwt Abel Pataya ya...

    ReplyDelete
  56. bagus2 yaa awannya

    ReplyDelete
  57. gw mw tanya nih.. pada hr senin kalo gg slah tgal 8 maret 2010, sekitar jam 5 sore,, setelah hujan, ad 2 pelangi yang terbentuk, 1 di selatan, dan 1nya di Barat daya, mhon klarifikasi nya. tq enigma

    ReplyDelete
  58. Saya tinggal di daerah Cipondoh yg berbatasan dgn Kalideres. Saya rasa awan yg dilihat oleh Ayahnya Abel itu adalah awan yg sama yg saya lihat waktu itu. Kebetulan juga saya suka mengamati langit, khususnya awan2 yg unik. Begitu melihat awan itu, saya yg waktu itu baru pulang kerja, segera berteriak memanggil adik2 saya, dan kami langsung naik ke balkon rumah menikmati pemandangan langka itu. Sayangnya saat difoto, hasilnya kurang bagus, mungkin kameranya murahan.

    ReplyDelete
  59. Hai !!!
    ketika tasik di guncang GEMPA
    ya beberapa bulan kebelakang saya melihat sesosok Mata tajam yang melihat ke arah bumi !!! ketika sesudah GEMPA munculah mata misterius yang melihat kota Tasik. .. . . .. saya penasaran
    apakah itu Mata sungguhan atau hanya segumpalan awan saja !!! ya sampai sekarang saya masih bertanya-tanya
    terimakasih !!!
    Surya
    cukup sekian

    ReplyDelete
  60. Lebih indah lagi klo kita lihat awan dari pesawat...seperti benar-benar ada "negeri di Awan"

    Sungguh indah rekaan Tuhan...subhanallah..

    ReplyDelete
  61. awan dengan warna2 indah itu juga terlihat di Balikpapan-kalimantan timur pd tgl 24 April 2010 kemarin. Memang sangat2 indah...memberikan kebahagiaan sendiri saat memandangnya.

    Kalau pemandangan awan yang terlihat sedang menjatuhkan titik air/hujan di area tertentu, sudah sangat biasa terjadi di balikpapan.
    lucu loh... kadang spt melihat slide show yang sangat lambat, saat hujannya berpindah.

    ^.^

    ReplyDelete
  62. kayaknya yang pelangi di awan itu masuk ke fire rinbow deh mas..
    coba googling tentang fire rainbow..

    ReplyDelete
  63. gw prnh kok ngliat fenomena ky gini,
    wkt tu gw dlm prjalanan plg kuliah dr solo-jogja,
    dtgh jln gw brhnti krn pas mandang ke langit gw lt pmandangan yg indah bgt, ada awan yg bntknya tbel bgt trs da bias2 cahaya pelangi gt dipinggirannya, gw smpt foto pk kmera handphone tp gmbrnya gk jelas..
    gw takjub bgt m pemandangan tu...
    tuhan emg cinta akan keindahan n menciptakan pemandangan yg begitu cantik... ^^

    ReplyDelete
  64. aurora borealis ya bang??

    ReplyDelete
  65. oh ya...yg gambar diambil dengan SE C905 itu saya jg pernah lihat...awalnya saya kira pelangi...ternyata bentuk nya ga membujur tapi cuma berupa seperti noda2 indah di langit...

    ReplyDelete
  66. Fenomena yang mudah di temui, bila matahari sembunyi di balik awan , lihatlah melalui kaca jendela mobil dengan filter V-cool (koreksi) maka pada pinggir awan2 yang tipis muncul pelangi
    ---------------------------------------------
    ()

    ReplyDelete
  67. saya sering liat ke gtuh.....
    he....

    ReplyDelete
  68. DIMALAYSIA JUGA KLIATAN

    ReplyDelete
  69. hi enigma ... bagus sekali fotonya

    comulus, comulus nimbus, stratus dll itu bentuk/type awan yang pernah kita pelajari di bangku sekolah.

    Ada lagi type awan baru yang disebut awan sylph (awan bidadari). Awan type ini berfungsi untuk membersihakn segala macam polusi yang ada di langit.
    contoh-contohnya dapat dilihat di
    www.all4orgone.com

    yang dari depok dan sekitarnya dapat di lihat pada halaman 57, 43, 38, 54, 56, 47, 48 , 65 , 62, 63, 60,

    selamat menikmati

    ReplyDelete
  70. Menurut z ini adalah kebesaran Allah SWT, untuk mengingatkan kepada umat manusia agar tetap menyembah kepadanya..!!
    Allahu Akbar..!!

    ReplyDelete
  71. wah gw dah pernah liat langsung yg bayangan dari awan ke bumi itu...yg hujan mo turun pass banget di lapangan terbuka wktu mau maen bola sayang gw gak bawa hp jadi gak bisa di poto

    ReplyDelete
  72. Yah,aku sich,percaya gak percaya,pasti kalau betulan ada beritanya donk,di TV harus tersiar kemana mana....Hmmm kalau yang ini sich,kurang percaya hmmmmm.....

    ReplyDelete
  73. nice post :D paling seneng klo liat langit rasanya damai tenang. terus jaga bumi kita y :)

    ReplyDelete
  74. post ini memang sangat menagjubkan sih...
    tp saya bertanya tanya dhe apa sih itu???
    keren tapi seram juga sih...
    =.=

    ReplyDelete
  75. Saya pribadi berpendapat... itu adalah bahasa alam semesta untuk mengabarkan sebuah kejadian. Seperti halnya fenomena awan tegak lurus yg merupakan pertanda akan terjadi nya gempa. Karna dari tiga foto awan tegak lurus yg saya sempat abadikan... sejak tahun 2009... gempa nya benar-benar terjadi. dg selisih waktu sampai dua minggu dari penampakan awan tersebut.

    ReplyDelete
  76. Foto pelangi di atas sama persis dgn apa yg gw lihat di langit skul gw.

    ReplyDelete
  77. Ini bukan cara Tuhan menghibur manusia... tapi ini cara Tuhan menghiasi dunia...

    bukan tetapi:
    Ini janji Tuhan kepada Nabi Nuh sebagai tanda perjanjian yang kekal agar tidak akan ada lagi air bah.

    ReplyDelete
  78. ini jawabannya :
    itu adalah hasil dari senjata HAARP dari militer amerika yang berada di antlantik yang bekerja secara macrowive

    lebih lanjutnya silahkan cek di
    http://www.atlanteanconspiracy.com/2011/03/japan-tsunami-caused-by-haarp.html

    ReplyDelete
  79. TU MAH PRNAH JUGA TERJADI DI PURBALINGGA,,,

    ReplyDelete
  80. Di Bangka juga kelihatan ini
    tp ane ga sempet motret

    ReplyDelete
  81. waw pemandangan menakjubkan diatas masjid :)

    ReplyDelete
  82. Xfile, saya kemarin 31 Agustus 2011 juga sempat memfoto awan pelangi di kota medan. Sudah saya posting di kaskus. Silahkan post di sini jika Enigma berkenan. Terima kasih

    ReplyDelete
  83. rasanya aq mau nangis! makasih!

    ReplyDelete
  84. om jangan jangan ini yg menyebabkan kemarau panjang di indo,siapa yang pernah denger senjata pemusnah masal HAARP yang bisa mengatur cuaca seenaknya proses nya kan kayak gini gan HAARP (HIGH FREQUENCY AURORAL REASEARCH PROGRAM)

    ReplyDelete
  85. fire rainbow... saya pernah lihat sendiri. terjadinya setelah hujan deras,sore hari, di atas waduk, ada awan yg tebal, tapi di belakang awan cahaya matahari terik. lalu muncul fire rainbow nya. awalnya hijau muda, lalu muncul warna pelanginya, cukup lama sekitar 15 menit baru hilang

    ReplyDelete
  86. Ijin link ke ☇posting ini di en.Wikipedia ya Prof.∑nigma... :D
    ٩(-̮̮̃-̃)۶٩(͡๏̯͡๏)۶٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶٩(•̮̮̃•̃)۶٩(̮̮̃̃•̃)۶٩(̮̮̃•̃)۶
    ga boleh ya...

    ː̖́ː̗̗̀̀ ː̖̖́́♥H̳̿A̳̿V̳̿E̳̿ ̈́A̳̿ ̈́N̳̿I̳̿C̳̿E̳̿ ̈́W̳̿E̳̿E̳̿K̳̿E̳̿N̳̿D̳̿♥ː̗̗̀̀ ː̖̖́́-̶̶

    ReplyDelete
  87. Bro enigma ada ssuatu yg menjanggal di kepala saya, saya sering ngeliat pelangi n bentuk"nya beda..
    Rata2 pelangi kan arahnya cuma ada dari langit ke langit, satu waktu saya pernah liat pelangi yg ukurannya cukup besar dan arahnya dari langit turun sampai ke dasar bumi.. (sampe ke tanah)
    Waktu itu posisi saya ada di daerah bukit..
    O ia satu lagi, pelangi kan biasanya cuma sebentar tapi yg ini lama kira2 2 - 3 jam (dari jam 3 sampe adzan magribh)..
    Tolong ya please penjelasannya n teori yg ada..
    Kalo bisa sih di post juga bro.. hehe..

    ReplyDelete
  88. I love the beautiful clouds, Like
    clouds that make it well, and
    like it at this blog, including
    man. hehe
    salam kenal kk enigma n smua,nya

    by: octaviana.

    ReplyDelete
  89. pemecahan yang bagus!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  90. klw gk salah namanya awan aurora.
    biasanya muncul di grenland atau belanda

    ReplyDelete
  91. gak heran sama langit jakarta 4 tahun tinggal di sana banyak nemuin keanehan, keunikan, dan keindahan pada langitnya
    Dua kali aku ngeliat halo sun, awan berbentuk lafadz allah pernah tayang di on the spot, dan menurutku langitnya kalau malam terang gak ada bintang warnanya oranye gak setiap malam sih

    ReplyDelete
  92. Keren gan... jarang-jarang tu ada awan kayak gitu..

    ReplyDelete