Friday, March 19, 2010

Inbox: "Karpet misterius" di danau Baikal terlihat di google earth

Ini pertanyaan lain mengenai citra aneh yang terlihat di google earth. Kali ini, citra tersebut berada di atas salah satu danau paling misterius di dunia, yaitu danau Baikal.


Di bawah ini email dari Bapak M.Arsyad Gafar, SH:

Mas Enigma, Saya mengharapkan penjelasan tentang "karpet misterius" yang saya temukan di Google Earth pada kordinat:

53°53'56.58"N 108°51'41.60"E


Karpet misterius tersebut cukup membuat saya penasaran. Benda apakah gerangan? Atas jawaban mas Enigma saya sampaikan banyak terimakasih.

Hormat saya,

M.ARSYAD GAFAR, SH


Ini screen shot lain dari karpet yang dimaksud bapak Arsyad. "Karpet" tersebut terlihat seperti sebuah garis yang ada di atas "Buryatia".


Kalian bisa melihat kalau "karpet" tersebut terbentang di atas sebuah danau. Namun, danau ini bukan danau sembarangan. Ini adalah danau Baikal, danau terdalam di dunia yang termasuk ke dalam salah satu danau paling misterius di dunia.

"Karpet" panjang itu terlihat membentang dengan satu ujung di darat dan ujung yang lain tenggelam ke dalam danau. Ini membuatnya semakin misterius. Seakan-akan "karpet" tersebut adalah sebuah jalan menuju dasar danau.


Karena lokasi "karpet" tersebut berada di sebuah lokasi yang terkenal secara internasional, maka saya yakin kalau ada orang lain yang juga melihat dan mempertanyakannya. Jadi saya mulai menjelajahi internet.

Ternyata, saya memang menemukan "karpet" itu dibahas di dua atau tiga website. Diantaranya adalah googleearthcoolplaces.com dan en.allexpert.com. Mereka menyebutnya pita, bukan karpet. Tapi tidak ada satu website pun yang bisa memberikan jawaban pasti. Mereka sama bingungnya dengan bapak Arsyad.

Namun, rata-rata menduga kalau pita itu adalah sebuah kerusakan gambar pada google earth, dan saya setuju dengan pendapat ini.

Sebelumnya, saya pernah menulis soal kerusakan gambar google earth di postingan sebelumnya mengenai dua objek putih di atas kota Klaten. Dan saya melihat kasus karpet Baikal sama dengan kasus tersebut.

Ada beberapa alasan yang mendasarinya:

Pertama, apabila menggunakan ukuran google earth, maka pita tersebut memiliki lebar 1,5 km dan panjang 120 km. Jika pita tersebut adalah sebuah bangunan yang benar-benar ada, maka bangunan apakah yang memiliki ukuran sebesar itu? Jalan raya? jelas tidak mungkin. Saya tidak pernah melihat ada jalan yang memiliki lebar hingga 1,5 km.

Kedua, jika pita tersebut adalah sebuah bangunan nyata atau jalan raya, maka proyek tersebut terlalu besar untuk disembunyikan. Namun, kita tidak pernah mendengar kalau ada proyek seperti itu dibuat di atas danau Baikal.

Ketiga, ada yang bertanya, bagaimana kalau bangunan itu adalah bagian dari proyek rahasia pemerintah? bukankah mereka akan merahasiakannya?

Jika ini adalah proyek rahasia pemerintah, maka sepertinya sangat tidak mungkin. Bagaimana cara mereka merahasiakan bangunan sebesar itu dari dunia? Dan jika itu adalah sebuah proyek rahasia, saya yakin mereka akan meminta google earth untuk menyensornya.

Keempat, pada citra satelit yang berasal dari NASA Landsat Data, pita tersebut tidak terlihat.


Jadi, saya menyimpulkan kalau pita raksasa tersebut adalah jenis kerusakan gambar yang memang biasa dialami google earth.

Tapi, sekali lagi, saya butuh konfirmasi final.

Pada postingan mengenai dua objek putih Klaten, saya mengirim email berisi pertanyaan mengenai objek itu kepada salah satu pengelola blog google earth bernama Mickey Mellen. Kali ini, saya mengirim email kepada rekannya sesama pengelola blog google earth. Namanya Frank Taylor (frank@gearthblog.com).

Ini foto Frank Taylor. Usianya lebih tua dari Mickey, jadi mungkin ia punya jawaban yang lebih pasti.


Dalam riwayat hidupnya yang tertulis di google earth blog, disebutkan kalau Mr.Taylor adalah seorang pengusaha, pelaut, pilot, pendaki gunung dan pecandu teknologi. Ia fasih dalam teknologi komputer grafis dan teknologi simulasi. Ia pernah bekerja di NASA mengurusi pesawat Antariksa dan simulator stasiun Antariksa. Ia juga memiliki gelar dalam bidang astronomi dan fisika dari universitas Arizona.

Dengan kapasitas yang demikian, saya rasa jawaban Mr.Taylor akan cukup memiliki otoritas.

Jadi, kemarin saya mengirim email kepadanya. Tidak seperti Mickey yang ragu-ragu (ketika menjawab pertanyaan saya soal dua objek putih di atas Klaten), Mr.Taylor sangat yakin dengan jawabannya. Ini dia isi email balasan dari Mr.Frank Taylor:

"Hi, That type of error is frequently seen in satellite imagery, and similar ones in aerial imagery as well. It is likely it has already been reported. You can check the Data Error Compendium for example:

http://www.gearthblog.com/blog/archives/2007/01/google_earth_data_er.html

Or you can report the error here:

http://www.google.com/support/forum/p/earth/label?lid=4a7a006bf753f7f8&hl=en

Captain Frank Taylor"


Tahukah kalian, dengan mencermati kata-kata yang digunakan oleh seseorang, kita bisa mendapatkan beberapa informasi tambahan. Dalam hal ini, mari kita cermati kata-kata Kapten Frank.

Dia menggunakan kata "That type of error is frequently seen in satellite imagery, and similar ones in aerial imagery as well"

"Jenis kesalahan seperti itu sering terlihat pada gambar satelit dan gambar aerial"

Ia menggunakan kata "That".

Ini menunjukkan kalau ia sudah mengetahui mengenai pita danau Baikal sebelum saya mengirim email kepadanya.

Ini dikonfirmasi oleh kalimat berikutnya:

"It is likely it has already been reported"

"Sepertinya kesalahan itu sudah dilaporkan"

Jadi, ini bukan sesuatu yang baru baginya. Karena itu kita bisa yakin kalau kapten Frank memberikan jawaban yang akurat.

Ia juga mengatakan kalau pita tersebut adalah kesalahan yang umum terjadi pada gambar satelit atau aerial. Seperti yang kita ketahui, foto-foto yang ada pada google earth dibuat dengan menggunakan foto satelit dan foto aerial (dari pesawat), dan kesalahan seperti ini biasa terjadi pada kedua jenis foto tersebut.

Dari link yang diberikan kapten Frank, Kesalahan-kesalahan citra pada google image bisa berupa: Kesalahan kamera, duplikasi gambar, kesalahan batas, gambar yang hilang, garis-garis aneh, refleksi, blur dan lain-lain.

Ini beberapa contohnya:

Di foto di bawah ini terlihat ada foto dengan garis hitam yang memiliki angka-angka misterius. Ada juga sebuah kota dengan angka-angka raksasa di atasnya.

Kesalahan-kesalahan ini sebenarnya berasal dari pengambilan foto oleh kamera sehingga menimbulkan gambar yang misleading. Kesalahan ini dikenal dengan sebutan camera artifact.


Lalu, ada lagi jenis kesalahan yang lain seperti di bawah ini. Bayangkan, ada tali raksasa tergeletak di sebuah padang rumput.


Jadi, dalam kasus "karpet" danau Baikal, saya rasa, saya cukup puas dengan jawaban kapten Frank dan menganggap itu sebagai jawaban terbaik.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

95 comments:

  1. Ya, google earth memang tidak sempurna.

    ReplyDelete
  2. bg
    ak penasarann
    kalo kta buka google earth
    ituu gambar tampilanna yg wktu itu jga atau beberapa hr sblum na ato kpn??
    ak bngung nihh

    ReplyDelete
  3. Dharma the blue ragnarMarch 20, 2010 at 12:13 AM

    Good one Mr.Enigma.. :)

    ReplyDelete
  4. @rob: itu gambar lama, bs setahun dua tahun lalu. Kalo mau foto realtime, hrs bayar.

    ReplyDelete
  5. sipp.. gambar yang ada nomornya lebih aneh....

    ReplyDelete
  6. Kelimax....lumayan....gak pertamax juga gak papa. Minta Reinkarnasi dong......

    ReplyDelete
  7. harusnya dibetulin nih google earth
    banyak banget rusak sama camera artifact-nya
    mungkin lama selesainya

    ReplyDelete
  8. memang tidak ada yang sempurna di dunia ini..... bang enigma...maju terus blog nya....

    ReplyDelete
  9. rizal achmad ..

    bang mau nanya, kalo google earth sering error dalam proses pengambilan gambar kan bisa terjadi kesalah-pahaman orang memandang obyek yg bersangkutan, gimana cara kita tahu bahwa gambar itu camera artifact selain nanya ke orang google earth langsung..??


    selain itu apa biasanya ada konfirmasi lanjutan dari google earth apabila terjadi camera artifact..??

    btw, cara make google earth tu gimana bang, saya bingung udah utak atik sana sini tetep belum paham2, hehe .. kalo mau masukin kordinat seperti Bapak M.Arsyad Gafar, SH itu dimasukin di kolom yg mana..??

    mungkin pertanyaan saya terlalu banyak ya bang,hehe.. yg pertanyaan terakhir saya nanya lewat email aja boleh bang..??

    trims bang ..

    ReplyDelete
  10. hmmm.... dilihat bagaimanapun, tidak terlihat seperti sebuah karpet....
    menurut pendapat pribadi saya, jika memang itu adalah danau 'misterius' dan sangat dalam, tentu mereka (pemerintah) tak akan gegabah dalam membuat sebuah jalan diatasnya.... 100% pasti akan diberitakan ke publik.... lagipula, sepertinya danau itu berbahaya.... hihh.... >.<

    ReplyDelete
  11. Hore premium!
    Mas enigma tolong jelaskan tentang Out of Body Experience donk!
    Kalo di negeri qta kan lebih dikenal dgn "Meraga Sukma" seperti ilmunya Wiro Sableng dan lebih mengarah ke Mistis.

    ReplyDelete
  12. apa misterius nya danau itu enigma?

    ReplyDelete
  13. Nandar,

    jaman sudah modern gene,tetep aja msh ada kesalahan y.... sungguh sangat ironis.

    ReplyDelete
  14. 99 lubu:

    wh ternyata cuma kesalahan satelit saja..
    kalau begitu bung enigma,setlah melihat ada angka dan rambut di atas kota dan padang rumput,berarti apakah seperti gambar kuda,singa dll yang kelihatanya menempel pada gurun,bukit/gunung itu juga kesalahan satelit atau memang buatan manusia bung??

    ReplyDelete
  15. yang namanya misteri kalo sdh sampe on enigma tuntas sdh. hehe

    PEACE!!!!! buat om enigma :D

    ReplyDelete
  16. Setubuh sama yg atas!!
    Tidak Selama nya Sempurna!

    ReplyDelete
  17. kok lama2 jadi g mutu postingannya, ttg google earth kan mostly karena kesalahan kamera, g usah dibahas deh, sama sekali ngga misterius,

    ReplyDelete
  18. oooh gitu toh....


    Demon_cilegon

    ReplyDelete
  19. lala said,,
    wah brother,, emang kesalahan itu ga bisa dibetulin ya???
    Kalo dibiarin terus berarti kesalahan itu bakal terulang lagi dunt!!!

    ReplyDelete
  20. Mas enigma.. Jangan inbox terus donx yg diposting..

    Peace..

    ReplyDelete
  21. bang enigma bisa gak mengulas tragedi misteri pembantaian kyai2 NU yang disinyalir dilakukan oleh oknum ninja yang dilakukan pada masa reformasi ketika itu.saya tunggu tanggapanya bang.makasih !!!!

    ReplyDelete
  22. andika,
    bung enigma bisa di posting ngak misteri "mati suri" penasaran nih,pasti ada kajian medis dan psikologisnya...
    thanks...

    ReplyDelete
  23. andika,
    mas enigma danau terdalam bukannya danau yang di cina Tian si....

    ReplyDelete
  24. enigma, bisa tidak postingin suatu hal yang lebih misterius lagi????


    thx

    ReplyDelete
  25. @andika:danau Tianci adalah Danau GUNUNG terdalam di dunia. Baikal adalah danau darat terdalam di dunia.

    @Rizal ahmad: Caranya tahu camera artifact atau bukan adalah dengan melihat jenis kesalahannya. Kesalahan seperti itu kan sudah terdokumentasi. Tinggal dibandingkan.Konfirmasi lanjutan dari google tidak ada, cuma mereka akan memperbaiki gambarnya.

    Cara masukkan ke kordinatnya adalah masukkan ke kolom fly to di sebelah kiri atas.

    ReplyDelete
  26. @Lincoln: Danau itu sering terlihat fenomena-fenomena aneh. baca postingan saya soal markas alien di danau-danau rusia.

    ReplyDelete
  27. ...namanya jg buatan manusia, pst "rawan eror"...
    btw, jgn2 satu saat cam-artf g g brbentuk angka or nomer...tp satu saat berbentuk crop-circle...heheheee....(^_^m)
    mumpung lg bahas karpet-jembatan, ane tunggu Adam Bridge-nya bro...

    ReplyDelete
  28. @anonymous said" kok lama2 jadi g mutu postingannya"

    Setiap kali saya posting, saya punya maksud. Tulisan di blog ini bukan untuk menciptakan karya bermutu, tapi untuk memberikan informasi. Jika informasi itu kamu anggap g mutu, itu karena informasi itu memang bukan untuk kamu, melainkan saya telah berjanji dengan Bp Arsyad untuk menjelaskannya. Jadi, memang benar, postingan ini lebih ditujukan untuk bpk Arsyad.

    Tapi, saya juga ngerti kalau banyak orang mungkin anggap postingan ini tidak berguna, karena itu saya mempostingnya hari jumat malam, dimana saya seharusnya tidak memposting apa2. Jadi, postingan ini seperti suplemen saja.

    Sepertinya kita harus mulai menganggap kalau blog ini juga untuk orang lain.

    Hehe. (saya tidak sedang marah maksudnya, Tapi memberikan penjelasan)

    ReplyDelete
  29. ...e eh, nambah dikit bro...
    di California Selatan ada sebatang pohon yang tumbuh diatas granit, namanya apa yah...???
    maaf, sdikit out of topic...

    ReplyDelete
  30. sepertinya itu memang gambar yang rusak,, coba lihat gambar ini >>
    http://geology.com/records/satellite-image-of-lake-baikal.jpg

    digambar itu tidak ada karpet di danau baikal..

    ReplyDelete
  31. I Like Your Style Enigma

    ReplyDelete
  32. andika.
    wah gawat..kalau mas enigma lagi marah,ntar kita di suruh mampir ke blog....(itutuh...copy-paste..masih ada ngak ya tu blog??....)

    ReplyDelete
  33. magsudnya google earth dgn real time itu gimana??? apa bener2 real time dan bisa ngeliat dimana aja? misal: aku keluar rumah dan melambai2 ke langit. apa aku bisa liat aku di google earth saat itu jg? keren donk! brapa sih bayarnya????

    -YOU.C100

    ReplyDelete
  34. Youc100. Memang itu maksudnya realtime.

    ReplyDelete
  35. wow
    kalo real time tuh kyknya mahal bgt yah
    kalau gitu kita ngk repot2 lagi buad mata2in orang
    nyari dimna kbradaan org lain

    tp pasti hrga nya mahal bgt

    ReplyDelete
  36. Myheart2105 berkata...

    Sprti biasa, pnjelasan Om Enig luar biasa.. mgkn sih bwt sbgn org 'karpet misterius' itu gak misterius, tp gaya analisis kmungkinan2 dan perkataan si Taylor tuch yg bikin asyikx..hehe..

    Q jg mo nambahin, tp gak tau ya tman2 s7 pa tdk.
    Ttg 'karpet misterius' yg tdk misterius:
    1. Memangnya ada gt karpet sgede itu? Kalaupun ada, kok gak keliatan lekuk2, kerutan2x? Dia kan luas bnggetz?

    2. Karpet raxasax di atas danau: kok gak kliatan bsah seyh? Kalau bsh kan warnax lbh gelap? Yg ini warnax malah coklat ngejreng! :)

    3. Cb liat batas 'karpet' di bgn atas ma bgn bwh. Kliatan ada garis hitam yg ckp tebal bukan?? Selain itu, warna antara 'karpet' ma warna latar blakang, gak matching, gak natural. Nah, itu yg bs jd petunjuk knapa 'karpet' ini cm ksalahan gmbr. Seolah2 'karpet' itu ditempelkan di atas sbuah foto....

    4. Hmm,,palagi ya?? (mikir2... ?_?).
    Oya tntang polanya. Masak iya ada pola (yg anggaplah pola/motif karpet) sgede itu?? Anggaplah bnar ada krpet sgede itu, tp kok polanya super guede?? Kalau karpet biasa, ya jelaslah polanya gak kan keliatan dari kejauhan sgitu,, alias polos aja tampaknya...



    Hehehe.. gak penting bnget yach nih komen aku,, kan sbnerx dah dianalisis dgn mantep ma om Enig..hehehe :p

    ReplyDelete
  37. buuuuaaaaguuuuussss.

    saya salut buat sampeyan mas....

    oh ya, di daerah saya, ada salah satu media cetak (baca: jawa pos) yang setiap hari minggu menulis tentang artikel misteri.

    saat saya membacanya, saya jadi curiga, sebab yang ditulis kok sama dengan yang mas enigma tulis. apa dari pihak mereka sudah ada konfirmasi ke mas enigma?

    sekian dari saya. maju terus mas, aku mendukungmu......

    ReplyDelete
  38. kirain tadi mirip sama jalan raya dibawah laut yg ada di India kalau ngak salah, mantep penjelasannya bung Enigma.

    ReplyDelete
  39. Itu memang gambar yang rusak, saya juga baru tahu sekitar kamis kemaren. Google earth saya rasa hanya sekedar fasilitas replika (ingat, "replika") Bumi, jadi, adanya kesalahan, sangat mungkin terjadi bahkan banyak gambar yg terlihat sangat main-main di google earth. Jika kita lihat di youtube ttg beberapa tempat aneh di google earth, kita akan tahu betapa banyak gambar semacam itu ada di dalam googleearth.Marilah kita memakluminya.

    ReplyDelete
  40. saya kira masalah realtimenya googleearth pro perlu diluruskan. karena awam membayangkan seperti live tv. menurut saya tidak, hal itu bakal membutuhkan kolaborasi dari banyak satelit untuk dapat memenuhi permintaan mengenai lokasi pengguna google earth pro di seluruh dunia..

    pasti semua sedang bayangin, beli google earth pro lalu ngintipin orang mandi, ya? wkwkwkw

    ReplyDelete
  41. @anonymous: jawa pos tdk pernah konfirmasi dgn saya. Tp sy tdk tahu apakah mereka copas dr enigma atau tdk krn saya blm pernah baca. Tp kalau iya, berarti cukup menyedihkan.

    ReplyDelete
  42. Myheart2105 berkata...
    Wewewew...ralat! ralat! Q slh tulis,
    Yg ini:
    ''Sprti biasa, pnjelasan Om Enig luar biasa.. mgkn sih bwt sbgn org 'karpet misterius' itu gak
    misterius, tp gaya analisis
    kmungkinan2 dan perkataan si
    Taylor tuch yg bikin asyikx..hehe..''

    Maksudnya:

    ''Sprti biasa, pnjelasan Om Enig luar biasa.. mgkn sih bwt sbgn org 'karpet misterius' itu gak
    misterius, tp gaya analisis DARI OM ENIGMA tentang
    kmungkinan2 dan analasisnya thdp perkataan si Taylor tuch yg bikin asyikx..hehe..''


    Hehehe...sori kalo kliatan lebay :p, soalx q merasa tulisanq HARUS spt yg q pikirkan...hehe..
    Peace a_av

    ReplyDelete
  43. waw. boleh minta link nya enigma? (internet saya lemot ni jd susah nge-search hehe)

    ReplyDelete
  44. Saya sudah masukkan linknya di paragraf terakhir dari tulisan di atas.

    ReplyDelete
  45. om enigma...bisa ga...post sesuatu yg berhubungan dgn hal gaib yg misterius...keq wajah di rmh maria gomez gitu...

    ReplyDelete
  46. Akhirnya saya bisa berkunjung ke blog ini lagi, setelah dilanda kesibukan ujian beberapa hari :)
    Wah, saya sudah ketinggalan banyak kisah-kisah unik...

    Karpet 'misterius' di atas danau Baikal, saya menikmati ulasannya..mengalir lancar! Mungkin Google Earth memang sengaja tidak menyediakan situs resmi untuk mengkonfirmasi adanya kesalahan fotografi. Sebagai 'x factor' saja, membuat pengguna takjub, heran dan penasaran. Membuat misteri hadir di dalam benak pengguna/pembaca. Dengan ini bisa memunculkan kreatifitas baru, misalnya tumbuhnya situs/blog yang membahas keunikan image dari Google Earth... Keanehan juga bisa masuk dalam keunikan itu menurut saya :)


    @Myheart2105: wah, analisis kamu boleh juga :) . Saya setuju dengan poin-poin kamu. Terlebih lagi poin yang nomor 3:
    ''3. Cb liat batas 'karpet' di bgn
    atas ma bgn bwh. Kliatan ada
    garis hitam yg ckp tebal bukan?? Selain itu, warna antara 'karpet' ma warna latar blakang, gak matching, gak natural. Nah, itu yg bs jd petunjuk knapa 'karpet' ini cm ksalahan gmbr. Seolah2 'karpet' itu ditempelkan di
    atas sbuah foto....''

    Ya terlihat tidak natural.

    ReplyDelete
  47. Hmm..brarti ada kemungkinan pnampakan ogopogo lwat google earth i2 jg ksalahn tknis google earth bro?btw,apakah cra krja GE dg Google Ocean sma bro?klo gsalah saya pernah bc soal pnemuan formasi btu aneh d laut ole GO

    ReplyDelete
  48. Anonymous, wajah di rmh maria gomez sdh pernah saya posting. Judulnya wajah2 misterius dari belmez. Search saja menggunakan widget di kanan atas.

    ReplyDelete
  49. nice blog..boss... bisa tukar2 link nya... konfirmasi ya...!1

    ReplyDelete
  50. nice blog..... bisa esxchange link boss.. confirm ya.. thank

    ReplyDelete
  51. walapun sebenarnya sebelumnya saya sudah bisa menebak kalo itu error pada sistem google earth tapi membaca pembahasan bang enigma membuat saya selalu takjub.. bang enigma selalu detil dalam menganalisa sebuah fenomena.. bravo bang enigma..


    ---sakura falls

    ReplyDelete
  52. oh bukan karpetnya aladdin yah.. hehehehe.. :p

    ReplyDelete
  53. Myheart2105 berkata...

    habis bc2 komen dsini, q jd GR hehehe... :p

    @chris: wew, q melayang k angkasa bc kmen km..kalo chris (n om Enigma) yg muji, waduh, rasax gmanaa gituh? wehehe... sbnrx q brusaha kyk om Enig yg stay cool kalo dpuji,, tp trus trang q gak kuat,, nih dah jingkrak2 sndiri.. :p
    btw, chris km kmren2 ujian?? pntes gak muncul2.. msh skul dunks,, ato dah kuliah?? kalo iya, skul or kul dmana?? djwb yach (maksa mode: on à_àv )
    q kr km tuh org kantoran,, ato usiax dah dwasa bngetz gt...eh, maav yach,, kalo trnyta km usiax dah 20-an ke atas, q pnggil chris aja,, khan shrsx k pggil kakak/abg/om... hehehe... tlg djwb yach,,pliis.. (à_à)


    @om Enigma: nanti malam posting kan om? q tunggu yach...

    ReplyDelete
  54. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2831014

    greenland aneh...

    ReplyDelete
  55. Kalau yang lochness saya yakin bukan kerusakan gambar. Kalo yang ufo, banyak, jadi kamu harus kasih tahu saya yang mana dulu.Soal komen berwarna, linknya sudah saya kasih di blog kamu.

    ReplyDelete
  56. @Myheart2105:
    Jadi ini yang kamu tanyakan di tulisan 'Ilusi melayang para fakir??

    ''btw, chris km kmren2 ujian??
    pntes gak muncul2.. msh skul dunks,, ato dah kuliah?? kalo iya, skul or kul dmana?? djwb yach (maksa mode: on à_àv )
    q kr km tuh org kantoran,, ato
    usiax dah dwasa bngetz gt...eh, maav yach,, kalo
    trnyta km usiax dah 20-an ke atas, q pnggil chris aja,, khan shrsx k pggil kakak/abg/om...
    hehehe... tlg djwb yach,,pliis..
    (à_à)''


    Hehe...ada-ada aja nih Myheart :)
    Iya, beberapa hari kemarin saya sedang sibuk ujian. Tapi btw, memang ujian cuma milik pelajar dan mahasiswa ya? Hehehe...bercanda :)
    Ok, berhubung sepertinya kamu antusias 'banget' tentang jati diri saya, saya akan beri bocoran 'sedikiiit aja' ya :)
    Ini usia saya, dicari yang tekun ya, hehehe ^_^v
    ''Jumlah akar-akar persamaan kuadrat dari duapuluh satu eks kuadrat ditambah duapuluh satu eks dikurang seratus duapuluh enam, kemudian hasilnya ditambah lima dan dikali sembilan, kemudian ditambah empat, kemudian dikali dua, hasilnya dikurang limapuluh delapan''

    Hehe...tidak apa-apa kan Myheart, biar lebih penasaran :)
    Nah, kalau sudah dapat usia saya, kamu bisa prediksi aktivitas utama saya. Oya, kalau kamu sudah tahu, cukup disimpan dalam hati saja ya Myheart, hehehe... ^_^v
    Wah, hari ini hari yang berat ya...

    ReplyDelete
  57. Myheart2105 berkata...

    whatt??! alamakjank..
    hikz T_T,,q gak ngartos yg bgituan, x kuadrat x ,y..bla..bla..

    @chris: q gak ngerti kuadrat-kuadrat..T_T,, ksh tau dunks..lgsg2 aja.. T_T, q sukax hapalan,,sjarah,geografi,,sosial gt dech..



    @om Enigma: bantuin donk om, brapa umurx si chris,,, TOLONG dunk pliiss... skalian request lacak ttg si chris ya,, umurx, mhs atw plajar atw dah krja.. trus skul/kul/krja dmana... -_-v, kalo prlu buatin postingan khusus ja..om Enig yg m'analisax,,
    ntar dech,, q jg tnya tman2 jg bwt mcahin soal mtematikx chris..
    (kcewa mode: on T_T)

    ReplyDelete
  58. kalo ga salah kesalahan2 seperti itu memang sering terjadi.maklumlah,google belum secanggih John Titor di masanay,hehe..........

    ReplyDelete
  59. safir

    assalamualaikum, wah saya nyasar ke blog ini lewat kata kunci "gravity", dan ternyata isi blognya bener2 bagus

    saya mau comment sedikit ni tentang postingan ni

    kalo citra google earth itu memang gak real time, walaupun itu google earth pro, dan juga memang banyak kesalahan karena itu foto biasanya dia mbil dari citra satelit, menurut sepengetahuan saya (saya dari geodesi) yang juga membahas mengenai citra satelit penginderaan jauh, bahwa dalam pengambilan tersebut citra suatu daerah terdapat beberapa kesalahan yang bisa di akibatkan dari sistem satelit itu sendiri maupun dari sinyal yang dipancarkan dan diterima kembali oleh satelit,,

    maaf ya comment panjang
    sukses selalu buat pemilik blog ini

    ReplyDelete
  60. Myheart2105 berkata...

    om Enigma, tlg dunks analisis brapa umur,pkrjaanx si chris..

    q dah coret2 d krtas burem, pke rumus2 ma temen2, tp kok jwbnya pake koma?? n gak msk akal,,masak umurx 68,6 tahun?? wkwkkwk..pasti q yg oon :p

    ReplyDelete
  61. @safir: memang betul. Google earth tdk real time. Hanya ada bbrp gambar yg "near real time".

    ReplyDelete
  62. Ariel 10 said...
    O... kayak yang di Klaten ya Om Enigma.

    ReplyDelete
  63. Om Enigma.. aku udh cek dan memang ada... tp aneh nya itu apa y??

    ReplyDelete
  64. umur chris ±22 tahun

    ReplyDelete
  65. Saya komen bkn wat postingan,, tp wat membantu kebingungan myheart....
    (bkn berarti postingan bang enigma g menarik lho... Kt smua tw, kpn sih postingan bang enigma g menarik? Hampir tak ada... Saya sih cuman suka itung2an,, jd iseng aja ngitung usia Chris)Mungkin saya tw jawabannya....
    Tp kan hrs da izin dr Chris.... Soalnya Chris g mw usianya ketauan kan?

    ReplyDelete
  66. Alta, saya yakin chris akan setuju.

    ReplyDelete
  67. Oh, saya lupa tentang ini.
    Haha..sepertinya menebak umur dan identitas jadi trend baru dunia misteri :)

    Kadang seseorang bisa jadi benar-benar penasaran :)

    Saya rasa saya tidak berkeberatan terhadap hal ini...

    ReplyDelete
  68. hmmm..... kalo gitu bang enigma aja deh yang mempublikasikan usia Chris... hehe... selaku pihak yang berwenang... haha...

    ReplyDelete
  69. baiklah... saya coba jawab....
    benarkah usia Chris adalah 22 ?

    ReplyDelete
  70. Myheart2105 berkata...

    wuhahaha..akhirx q dah tau brapa umurx chris, q tnya ma tmen yg bisa..hehe :p

    eh, ada jg yg mnanggapi prmhonanq ya? salam kenal Alta n anonymous! ^_^

    @chris: ok, q janji bakalan diem aja. nih mulut dah diresleting (ziiiip..hehe)

    Q kira km dah 30-an (maav yach,,hehe.. :p) abis, ngomongx dwasa gt..

    @chris: 1 lg, km kul atau krja? kul dmana? atw krja dmana? gak pa2 kan dishare, lgian kt jg gak da yg tau idntitas km sbenarx..ok? ok?

    @everyone: kalo da yg mau bntu dprsilakan. (mgkn om Enigma atw Alta bs bntu??)

    nb: sbnrx q sdkt ngambek kmrn krn q prtnyaanq dicuekin ma om Enigma... T_T
    (hehe..kidding ^_^v)

    ReplyDelete
  71. @Myheart2105: Chris sendiri sudah mengatakan kalau dia ujian beberapa hari sebelumnya. Jadi Kemungkinan besar Chris adalah Pelajar/mahasiswa.
    Apakah ujian cuma kegiatan pelajar/mahasiswa? Jawabannya tidak, tapi didominasi oleh pelajar/mahasiswa. Jadi kalaupun kamu menebak Chris adalah mahasiswa atau pelajar, kamu memiliki kemungkinan benar hingga 90%.
    Menurut saya Chris adalah mahasiswa, sehingga umurnya mungkin antara 19-22.

    ReplyDelete
  72. Myheart2105 berkata...

    wow! akhirx om Enig angkat bcara jg ttg chris. thx ya Om ^_^v
    Q dah tau umurx chris..hehe..
    mnrt om mhs ya? q rasa jg gt..
    q pantau dr td, chris blm jwb prtnyaanq yg lain,,hehe..pa si chris mau go mysterius jg??

    @om Enigma: kira2 mnrt om si chris mhs apa? kul dimana, mksdq di jurusan/fakultas apa?? (trus alasanx knapa..) mgkn matematika?

    om..pliis dijwb yach..

    btw, q setia sll mnantikan postingan om Enig..walawpun gak prnah pertamax..hehe.. :p

    ReplyDelete
  73. Myheart2105 berkata...


    @chris: kalo km bc ini, djawb dunks..
    stlh aq meneliti komen2 km di blog ini,, hmm..(gaya detektif :p) mnrtq km tu mhs kedokteran yach?? q bc komen km di postingan Tamam Shud..hehehe..dijwb dunks! (maksa mode: on ^^v)

    @om Enig: bgmana mnrt om?? (maksa mode: on hwehe..^^v)

    ReplyDelete
  74. Kalau soal itu, belum tentu. karena pengetahuan seperti itu bisa dibaca di internet.

    ReplyDelete
  75. bnyk misteri ddasar danau..
    saia pnasaran apakh ada kota yang hilang atw terkubur ddasar danau ?

    ReplyDelete
  76. Google sengaja membuat objek2 aneh di tempat2 yang dianggap misterius... demi kepentingan bisnis.
    Dengan semakin banyak pengguna yang menggunakan google earth, maka brain google semakin kuat di hati konsumen. Satu2nya penjelasan saya adalah: Sebagai strategi Bisnis dari sebuah perusahaan terbaik di Dunia yang didirikan oleh para jenius (yang salah satunya) termasuk ex anggota KGB.

    ReplyDelete
  77. akurat , tepat , realita dan terpercaya .. like this

    ReplyDelete
  78. kok mirip tiker ya ? ?

    yah semua pasti memiliki kekurangan
    maklumi aja

    kecuali teknologi alien yang mungkin super sempurna

    ReplyDelete
  79. keren parah :) terimakasih infonya

    ReplyDelete
  80. kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnn

    ReplyDelete
  81. pita.

    mgkn tu da d langit bkan d darat.coz,q prnah melihat kota saya dr google earth tp sbagian g kliatan krna tertutup oleh sesuatu yg putih(spertinya tu awan)

    ReplyDelete
  82. wah keajaiban itu mas bukan bangunan

    ReplyDelete
  83. Penampakan tersebut hanya terlihat di darat saja kalau sekarang .. (Kamis, 15 Sep 2011 Pukul 3:52 PM)pada koordinat 53°49'53.44" N 109°21'14.09" E
    :)
    Bang enigma KEREN !

    ReplyDelete
  84. kiki imuet fddsaazxdAugust 11, 2012 at 7:26 PM

    Hahaha mana munkin ada karpet di danau baikal.. munkin ada yang edit
    terus kaya di area 51 £¥¢₩§^`|™??????

    ReplyDelete
  85. mungkin ada yang pengen camping kali di danau baikal... hehehehe.. becanda....
    Google earth memang masih belum sempurna.... ^_^

    ReplyDelete
  86. Ini bukan BLOG nya JAMES RANDY FOUNDATION kan????

    ReplyDelete
  87. tapi bung E liat coba ujung karpet yang mau ke dasar danau itu terlihat seperti ada bayangan terbing,, jadi terlihat seperti REAL!!

    who now??

    ReplyDelete