Sunday, March 28, 2010

Mencari keberadaan Vampire di masa modern

Legenda Vampire boleh dibilang sama tuanya dengan kebudayaan manusia itu sendiri. Kita sendiri lebih mengenal makhluk ini dari film-film Holywood. Tapi apakah ada vampire di masa modern ini?


Legenda makhluk penghisap darah ini tersebar di hampir semua bagian dunia, dan karena itu, tentu akan sangat sulit menyangkal keberadaannya.

Vampire dalam sejarah
4.000 tahun yang lalu, penduduk Assyiria dan Babylonia kuno sudah mengenal figur dewi yang sangat ditakuti bernama Lamastu. Dewi iblis ini dipercaya memangsa manusia, menghisap darah dan menyebarkan penyakit.


Sedangkan dalam kebudayaan Yahudi, dikenal figur yang disebut Lilith. Dalam legenda para Vampire, Lilith ini dipercaya sebagai Vampire pertama yang ada di dunia. Ia digambarkan sebagai seorang wanita iblis yang suka datang pada malam hari untuk mencuri bayi atau janin yang masih dalam kandungan. Kisah Lilith kemungkinan memang terinspirasi dari Lamastu mengingat kaum Yahudi pernah dibuang ke Babylonia ribuan tahun yang lalu.

Namun, kebanyakan dari kita tidak mengenal Lamastu atau Lilith. Kita lebih mengenal figur Vampire yang terkenal seperti Dracula. Vampire jenis ini, yang sering kita tonton lewat film, kebanyakan memang dipengaruhi oleh vampire versi Eropa.

Pada abad 17 dan 18, histeria vampire pernah menyapu Eropa. Banyak penduduk Eropa yang melaporkan melihat keluarga mereka yang telah meninggal hidup kembali dan berjalan di pedesaan serta menyerang penduduk lainnya.

Histeria ini kemudian menyebabkan pemerintah turun tangan. Mereka membongkar kuburan tersangka vampire, menusuk dada mayat itu dengan batang kayu tajam dan membakar mayat tersebut. Ketakutan akan vampire menyebar ke seluruh Eropa sehingga menyebabkan vampire menjadi sebuah objek spekulasi akademis, puisi, lukisan dan bahkan karya sastra. Novel Dracula karya Bram Stoker adalah salah satunya.

Bram Stoker menyeleksi beberapa kisah vampire dan kemudian menambahkan beberapa detail ciptaannya yang kemudian menjadi standar karakter bagi vampire modern. Dari Bram Stoker juga, beberapa karakter vampire yang unik ditambahkan. Misalnya Vampire, dalam hal ini dracula, tidak memiliki refleksi bayangan diri di cermin. Padahal kisah-kisah rakyat Eropa malah menceritakan kalau vampire adalah tokoh narsis yang suka terpesona dengan wajahnya ketika bercermin.

Setelah Bram Stoker, karakter vampire mulai berevolusi di tangan para penulis dan pembuat film Holywood yang muncul belakangan, seperti Anne Rice, Joss Whedon atau Stephenie Meyer.

Lalu pertanyaannya sekarang adalah, adakah vampire di dunia ini pada masa sekarang?

Cukup luar biasa, karena untuk mencari vampire di masa modern, saya menjelajah dunia internet dan menemukan sangat banyak website yang dibuat oleh mereka yang mengaku sebagai vampire.

Namun, semua website tersebut mengakui kalau penggambaran karakter vampire dalam film-film Holywood adalah berlebihan. Menurut mereka, vampire adalah manusia biasa yang karena alasan tertentu memiliki satu atau lebih karakter vampire Holywood.

Dalam film-film, vampire digambarkan sebagai mayat yang hidup kembali, memiliki taring, menghisap darah, terbakar oleh sinar matahari, takut dengan bawang putih dan relik keagamaan seperti salib atau air suci. Mereka juga dipercaya sebagai makhluk abadi, bisa terbang, bertenaga kuat, berwajah pucat dan tidur di peti mati. Jika menghisap darah, mereka akan mengincar leher korban dan korban tersebut akan berubah menjadi vampire juga.

Jika kalian bertanya, adakah makhluk yang memiliki semua karakteristik di atas di dunia ini? Saya akan menjawab tidak ada. Karakter-karakter di atas adalah karakter ciptaan penulis dan pembuat film. Jadi, jangan berharap ada komunitas vampire abadi dengan para tetua yang memimpin di markas rahasia seperti yang kita saksikan di film Blade atau underworld.

Namun, seperti yang sudah saya katakan di atas. Pada masa modern ini, ada sekelompok orang yang percaya kalau mereka adalah vampire, namun dengan definisi yang berbeda. Identifikasi ini bisa muncul karena mereka memiliki satu atau lebih ciri vampire Holywood, seperti takut dengan sinar matahari atau meminum darah.

Jadi, saya akan mengajak anda untuk melihat sedikit mengenai kelompok-kelompok ini dan klaim yang mereka ajukan.

Vampire gaya hidup
Mereka yang termasuk ke dalam vampire jenis ini adalah mereka yang tertarik dengan gaya hidup vampire yang mereka saksikan di film-film. Tapi, bukan cuma sekedar mengidolakan, mereka bahkan benar-benar berkomitmen untuk menjalani kehidupan sebagai vampire. mereka akan berdandan ala Gothic dan menaruh bedak putih di wajah. Mereka juga membentuk klan-klan vampire seperti di film. Namun golongan ini mengaku kalau mereka tidak memiliki kekuatan supranatural ataupun meminum darah.

Vampire Sanguine
Sanguine berarti merah darah. Vampire jenis ini adalah vampire gaya hidup yang bertindak lebih jauh dengan meminum darah manusia. Tidak berarti harus meminum satu gelas darah. Biasanya mereka hanya menambahkan beberapa tetes darah ke dalam minuman mereka. Kadang, mereka bahkan bisa menemukan sukarelawan yang rela tangannya dilukai supaya darahnya bisa dihisap. Beberapa vampire sanguine ini akhirnya menjadi kecanduan akan darah sehingga mereka akan terus menerus mencari darah manusia untuk diminum.

Ini wajar, karena ketika seseorang meminum darah, ia dapat terkena sebuah penyakit yang disebut Reinfeld's Syndrome (Vampiric syndrome). Penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan meminum darah dalam jumlah yang berlebihan sehingga menyebabkan terjadinya reaksi kimia di dalam tubuh yang menyebabkan kecanduan.

Mereka yang meminum darah ini biasanya juga percaya kalau darah akan memberikan kepada mereka kekuatan dan energi yang luar biasa. Praktek ini juga bisa ditemukan di suku-suku terasing seperti suku Maasai dari Afrika. Suku Mongolia masa Genghis Khan juga biasa mencampurkan susu mereka dengan darah yang dipercaya bisa meningkatkan keberanian dan kekuatan.

Vampire Psikopat
Jika kita hanya membatasi definisi vampire dengan makhluk yang meminum darah, maka beberapa pembunuh berantai layak mendapatkan julukan sebagai Vampire. Pada awal abad 20, Peter Kurten melakukan 9 pembunuhan dan 7 percobaan pembunuhan. Ia disebut mencapai orgasme seksual ketika melihat darah korbannya dan kadang malah suka menjilatinya. Karena itu Peter Kurten mendapat julukan "The Vampire of Dussledorf".

Richard Trenton Chase, pembunuh lainnya, juga mendapat julukan yang mirip, "The Vampire of Sacramento". Ia membunuh 6 orang dan meminum darah mereka.

Namun yang paling luar biasa mungkin adalah Manuela Ruda dan suaminya, Daniel, yang berasal dari Jerman.


Mereka membunuh seorang pria bernama Frank Hagen yang berusia 33 tahun di bawah sebuah banner yang bertuliskan kalimat "When Satan Lives". Lalu, pasangan itu meminum darah korbannya dan berhubungan seks di dalam peti mati.

Ketika di pengadilan, Ruda bersaksi:
"Kami bertemu banyak orang yang menawarkan darah mereka untuk kami minum. Di London, kami berhubungan dengan banyak vampire. Kami meminum darah dari orang-orang hidup. Saya punya taring hewan yang saya tanam di dalam mulut supaya lebih gampang menggigit. Lalu, saya menajamkan gigi saya yang lain. Kami mempelajari urat nadi mana yang harus digigit dan kami tidur di kuburan. Pernah suatu hari kami menggali sebuah kuburan dan tidur di dalamnya hanya untuk mengetahui bagaimana rasanya. Selama 2,5 tahun terakhir ini, saya memiliki setan di dalam jiwa saya."
Pasangan ini juga percaya kalau mereka akan bereinkarnasi sebagai Vampire. Mereka biasa mengorbankan kambing dan ayam sebelum mereka meningkatkannya menjadi korban manusia.

Kedengarannya sangat vampire, atau vampire psikopat. Tapi, dari kesaksiannya kita tahu kalau pasangan ini telah menciptakan karakternya sendiri. Mereka tidak lahir dengan gigi taring dan keinginan untuk meminum darah. Mereka mengakui kalau mulai tertarik dengan vampirisme ketika ia berhubungan dengan setan.

Psychic Vampire (Vampire paranormal)
Vampire jenis ini sering disebut Pranic Vampire. Mereka juga berasal dari vampire gaya hidup, namun dengan suatu alasan batiniah perlu mendapatkan energi dari sumber luar dan mereka mengklaim punya kemampuan untuk menghisap energi dari orang yang ada di sekelilingnya. Jika orang-orang berkumpul dengan vampire jenis ini di dalam suatu ruangan, maka orang-orang di dalam ruangan itu akan merasa lemah karena energi mereka dimakan oleh vampire paranormal.

Entahkah fenomena ini nyata atau tidak, sukar membuktikannya. Namun, para vampire jenis ini mengakui kalau mereka memiliki teknik tersendiri untuk memangsa energi orang lain.

Vampire Karena Penyakit
Seperti yang sudah saya katakan di atas. Dalam masa modern ini, seseorang bisa disebut sebagai vampire karena ia memiliki satu atau lebih karakter vampire Holywood. Ini salah satu contohnya.

Vampire jenis ini adalah manusia yang terkena penyakit langka yang disebut Porphyria. Penyakit ini menyebabkan tubuh manusia mengalami ketidakteraturan produksi Heme, sebuah pigmen yang kaya akan zat besi di dalam darah, sehingga yang bersangkutan akan menjadi sensitif terhadap ultraviolet atau cahaya matahari. Jika terkena cahaya matahari sedikit saja, kulit orang tersebut akan menjadi rusak. Bibir dan gigi mereka akan menjadi lebih merah sehingga terlihat seperti hewan. Dalam kasus yang berat, hidung dan jari tangan yang bersangkutan bahkan bisa lepas dengan sendirinya. .


Karena itu, penderita penyakit ini akan mengindari sinar matahari dan hanya keluar pada malam hari.

Akibat kelainan ini, secara alamiah, mekanisme tubuh akan membuat penderita penyakit ini menjadi lebih berbulu untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Dr.David Dolphin dari University of British Columbia percaya kalau penderita penyakit ini telah menginspirasi legenda vampire dan werewolf.

Bahkan, penyakit ini juga bisa dihubungkan dengan bawang putih. Menurut Dr.Dolphin, bawang putih memiliki kandungan kimia yang bisa memperparah penyakit ini. Ini menyebabkan penderita Porphyria pasti akan menjauhi bawang putih.

Porphyria diperkirakan menyerang 1 dari setiap 200.000 penduduk dan masih tidak ada obatnya. Jika ada 6 milyar penduduk, maka itu berarti ada sekitar 30.000 penderita porphyria di dunia.

Selain karena Porphyria, ada website vampire lainnya yang mengklaim kalau vampire adalah mereka yang terjangkit dengan retrovirus, sebuah virus RNA yang mereplikasi diri di dalam sel induk via enzim tertentu untuk menghasilkan DNA dari genom RNAnya.

Para vampire golongan ini percaya kalau retrovirus ini telah membuat mereka menjadi lebih kuat, lebih tahan sakit, insting yang lebih baik dan lebih cepat bergerak. Mereka juga mengakui kalau mereka selalu merasa kekurangan darah sehingga mereka juga memerlukan konsumsi darah dari luar.

Namun, teori ini masih belum dibuktikan secara sains karena saat ini hanya ada tiga jenis retrovirus yang dikenal bisa menginfeksi manusia (salah satunya adalah HIV). Retrovirus yang menyebabkan vampirisme tidak atau belum pernah ditemukan sama sekali.

Penutup

Sebenarnya, saya mendapatkan beberapa belas pertanyaan mengenai vampire. Tapi sebagian besar pertanyaan tersebut berdasarkan atas anggapan kalau vampire masa modern sama persis dengan vampire Holywood. Saya rasa, soal ini sudah saya jawab di atas. Vampire masa modern adalah manusia juga yang karena alasan tertentu memiliki satu atau lebih karakteristik vampire Holywood.

Untuk vampire jenis ini, ya, mereka ada dan hidup seperti layaknya manusia biasa. Tentu saja dengan sedikit perbedaan dalam kebiasaan.

Baca juga: Tengkorak "Vampir" abad pertengahan ditemukan di Italia.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

125 comments:

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

pertamax!
sbenerx dr dulu pingin merasakan pertamax..wkwkwk..bc dulu ah ^^v

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...
@om Enig: om, vampir yg merasa orgasme krn membunuh/mlht tetesan darah, si Peter Kurt, tu bukanx kelainan sexual sadisme? Kalo ktemu ma org yg orgmasme klo disiksa, jd klop deh, jadinya sado-makisme..
Pa sbaikx tu lbh tpt diblg sadisme drpd psikopat??

enigma said...

@Myheart: Psikopat artinya orang dengan kelainan psikologi atau mental. Bisa termanifestasi dalam perbuatan apa saja.

Vahn Saryu said...

Bgaimanapun jg,vampire jg mnusia,he..he..he.btw,mirip dgn kisah zombie yg konon ktanya bnr2 ada yg bang?eh,bang enigma sdh prnh bhas blm yah?he..he

ido said...

wanita iblis yg mencuri bayi? terdengar seperti kuntilanak

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...
o..gt ya om,,
q gak hbs pikir, koq ada y org yg mau psg taring hewan, mruncingkan gigi, ma tdr d kburan cuma gara2 mo cr sensasi n populer...
bgq koq kyk org bodoh ya? wkwkwkwk...^o^

he? retrovirus yg mngktkn kkebalan tubuh? hehe..namax jg teori,, setauq virus retrovirus yg trknal tu adlah virusnya HIV AIDS, yg malah mghncrkn kkbalan tubuh..
kalo yg retrovirus yg mngktkan kkblan tubuh, q blm prnh dngar,, tp memang gak ada dech kliatanx,, krna kalo ada, pasti dah menghebohkan dunia tuch.. bisa2 HIV AIDS tnggal sejarah..wkwkwk...

Anonymous said...

gak tertarik sama sekali... gak ada misterinya,,
lain kali posting yang lebih misterius dong.., jangan hal-hal yang membosankan seperti ini..

ngomong-ngomong crop circlenya kok belum muncul-muncul ya, apa di inggris sekarang masih musim dingin ya??

saran: kenapaya banyak postingan di sini yang hasil akhirnya "Belum dipastikan kebenarannya" atau "masih misteri". Tolong lain kali kalau memposting postingan, hasil akhirnya itu kenyataan atau HOAX. Kalau hasil akhirnya "Belum dipastikan kebenarannya" atau "masih misteri" lebih baik gak usah diposting dulu, cari informasi yang lebih banyak, setelah itu baru menyimpulkan peristiwa atau makhluk itu Kenyataan atau HOAX.

enigma said...

@Anonymous: pernyataan kamu mengandung kontradiksi. Pertama, kamu menginginkan postingan yang misterius. Tapi kamu menyarankan saya untuk menyimpulkan untuk kamu apakah peristiwa itu hoax atau kenyataan. Kalau sudah ada kesimpulannya, bukankah itu bukan misteri lagi?

Anonymous said...

bukan seperti kuntilanak, tapi seperti "Leak", makhluk iblis yang mencuri janin bayi yang masih dalam kandungan. wujudnya hanya kepala wanita beserta jantungnya tanpa tubuh, biasanya terbang dengan cepat tapi tidak terlalu cepat juga (kalau kita memakai sepeda motor pasti bisa menyalipnya, tapi kalau lari dengan kaki, kita pasti kalah).

Anonymous said...

Kalau Elizabeth bathory dan Vlad dracul apakah mereka bisa disebut sebagai vampir?

Anonymous said...

koreksi untuk Myheart2105

sado masokis kali?? atau dijepang dikenal sebagai S&M....wkwkwkwk

Ms. Terry

DeeLaBeLLe said...

Saya ud prnh dngr ttg penyakit itu. Saya sk vampire tp kl buat ngikutin gaya hdp vampire kyny ngga deh,palingan suka dandan ala vampire aj mata dpucet2in gt :P
saya dpt info dr tmn d semarang kl mlm ini bulan sprt dkelilingi pelangi,sayang d jkt ga kliatan krn mendung,bs dbahas ga bro en?

ANIS said...

Tambahan aja..Saya pernah baca juga bang....kl ada komunitas penggila vampire di sana ( barat..kalo ga salah di Inggris ) sering makan hidup2 kelelawar yg kecil2 ( gak tau yg jenis apa ) biar bisa " menyempurnakan diri " menjadi vampire.
Ini bukan hoax bang...cm sori banget....sumbernya saya lupa.
Btw...nice posting bang.
Ditunggu Crop Circle nya bang..! Plisssss....

Anonymous said...

halo bung enigma.

saya punya teman, lebih tepatnya adik kelas saya, juga mengalami hal serupa. dia 'alergi' sama sinar matahari. jadi sehari-hari dia biasa pakai pakaian yang hampir menutup seluruh tubuhnya.

pernah sekali waktu dia berjemur di tengah lapangan saat upacara, kulitnya menjadi merah seperti melepuh dan keadaanya seketika menjadi lemas.

ironisnya, teman-temannya malah menjauhinya dan memebrinya julukan vampir. sungguh suatu persepsi yang dalah menurut saya.

terima kasih bung atas postingannya, sangat informatif dan menarik.

-JV-

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Wow! Dah ada 24 komentar dlm wkt sbentar ajah..ck..ck..

@om Enig: kykx blog ini udah jd seleb di dunia perblogan ya?? Hehe..q tau om bkalan mngelak :)
So humble :D

Oya, maksudx sado-masokisme, salah tulis..hehe..

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@deelabelle n om Enig: yg bulan dilingkari ma pelangi, itu halo bulan bukan??
Kalo halo bulan, mgkn hanya kliatan di semarang aja..

Anonymous said...

Dea .
Uyeeee ! Akhirnya dibahas , makasih banyak ya kaa . . . . :D
Oia ka , kalo gtu asal kata 'Vampire' dr mna ? Kan kalo mnurut sejarah diatas adanya Lilith atau Dewi Lamastu , lah knp tau2 nyambung ke Vampire ato Dracula ??
Hehehe , , :)

enigma said...

Kata vampire dari inggris, muncul sekitar abad ke 18. itu cuma penyebutan saja. Kalo dracula itu nama salah seorang vampire.
Lilith dan lamastu itu cuma tokoh yang dikaitkan dengan vampire karena memiliki kesamaan karakter.

Anonymous said...

Dea . .
'Vampire' cuma penyebutan untuk ap ka ? Org yg niru prilaku vampire dsb ato apa ?
Hehehe . . Peace , nanya mulu dr td . .

Anonymous said...

Dea .
Ooh , ya ya ya . .
Skg dea dah ngerti , thanks bgt ya ka , penjelasannya . . .
:)))

Anonymous said...

hai..bang enigma.another great posted.saya syarif
menurut saya itu hanya cerita yang buat kita berpaling pada kenyataan sebenarnya..kalau manusia percaya pada hal yang sesat maka menjadikannya ikut pada yang sesat tersebut..malah kita jadi mengidolakan dan membanggakan yang sesat karena itu menjadi trend..benar ngga bang enigma..mohon balasannya

ichabod_CRANE said...

wah,ahirnya vampire dibahas juga....
Btw...untuk yang di kota Semarang dan sekitarnya coba lihat langit.....
ADA FENOMENA YANG CUKUP MENARIK....:)

Anonymous said...

Anda berani tidak memposting tentang Cout vlad dracul yang sebenarnya tanpa menambah atau mengurangi fakta,kalau anda bisa berarti anda memang blogger sejati

enigma said...

@syarif: memang betul. saya setuju sekali. Kalau seseorang berusaha melarikan diri dari dunia, maka biasanya mereka akan berakhir ke tempat2 yang menyedihkan.

haryadi said...

beruntung sekali saya tidak pernah bertemu dengan semua yg disebut vampire,kunti,leak,mayat hidup atau pun mahluk sejenisnya..apakah mereka itu real??atau hanya bagian dari misteri lain???hhmmmmm.....,
namun saya pernah mengusir dua ekor anjing dengan lemparan sepatu safety jam 01.00wib di tahun 2008(minggu pertama menetap di pulau sambu),yang ternyata tidak ada seorangpun memelihara seekor anjing di pulau ini,.apalagi dua!hahahhaaaa....

DeeLaBeLLe said...

@myheart2105: iya,kt tmnku itu halo. Emang cm bs dliat dsatu tmpt aj y,dtmpt lain ga bs liat jg?

enigma said...

Kemungkinan tidak bisa di semua tempat. kemarin tanggal 9 feb di bandung. malam ini di jawa tengah kayaknya.

Anonymous said...

bang tompel....

bos enigma kalo vlad tepes itu masuk ke sanguiranian soalnya dia cuma minum darah aja....
terutama darah dari musuhnya yang dia bantai/bunuh sendiri........

saya sendiri sanguiranian bos......
tapi ga sampe nyedot darah orang, paling2 darah sendiri.....

nb: darah enak rasanya

haryadi said...

Vlad II Dracule seorang manusia,versi wiki..bukan Vampir
Vlad II (c. 1390 – December 1447), known as Vlad Dracul ("Vlad the Dragon"), was a voivode (duke) of Wallachia. He reigned from 1436 to 1442, and again from 1443 to 1447. He was the father of Mircea II, Vlad Călugărul, Vlad Ţepeş (also known as "Vlad the Impaler" and "Dracula"), and Radu the Handsome. Mircea II and Vlad Tepes were by the same mother, and Radu the Handsome and Vlad Călugărul by another wife. All four of his sons at one time or the other would rule Wallachia. Vlad Tepes would go on to become one of the most notorious rulers in history.

enigma said...

@bang tompel: Vampire psikopat juga minum darah orang. Kamu memang sanguinarian karena kamu tidak menyedot darah orang (apalagi sampai membunuh). Kalo Vlad, membunuh dan minum darah orang lain Seperti manuela reda. Jadi, saya menggolongkannya kedalam vampire psikopat.

@Haryadi: Tentu saja ia adalah manusia biasa. Ia saya sebut sebagai vampire karena memiliki kebiasaan seperti vampire, seperti minum darah. walaupun begitu, saya yakin Vlad pun tidak pernah menganggap dirinya vampir.

haryadi said...

betul...ia mendapat gelar Tepes lama setelah wafat...so Dracula...son of devil adalah Nama Pemberian(gelar) dari keturunan Klan Rumania Utara yg di sensasikan ke cerita fiksi saja....berbeda dengan Penyihir yang memang benar2 ada...

Anonymous said...

bang tompel....

ok bos......

perfect posting.....

@hariyadi: kasian tuh anjing kena lempar safety...
safety kan beratnya hampir satu kiloan hahaha

keren tuh liat halo....
gw juga pernah liat halo pas naek gunung ama temen2, tapi dirusak ama kehadiran mbak kunti iih serem mbak kunti-nya
ehehehe

robstenfreak said...

bg enigma, makasih bgt yah, riquestsan aku di terbitin jga..
aku kagum bgt bca nya bg

aku baru tau skrg, kalo ternyta ada vampire modern yg aslinya itu manusia yg agak melenceng gtu
aku ngak nyangka aja bisa kayak gituu

kalau yg vampire krna pnyakit.. nah itu penyakitnya menular ngk bg???
kan ngeri jg tuh
sampai hidng ato anggota tubuh bisa copot klo kena chaya
bukannya manusia klo ngk kena sinar mtahari malah ngk sehat!!!


sekali lagi tnx bgt yah bg...

enigma said...

@Rob: penyakit itu tidak menular. tapi memang sangat kasihan mereka yang terkenanya. kamu bisa menemukan foto-foto korban yang lebih mengerikan di google image.

robstenfreak said...

ada yah bg??
wah besok siang aja deh aku search nya
maslahnya skrg udah malem dan aku takut ngk bisa tdur bg

oh yah bg..
aku minta izin yah,, mau nerbitin d fb soalnya...
=)

Anonymous said...

Walaupun akhir-akhir ini postingannya relatif kurang menarik lagi, bung enigma tetap harus diberi apresiasi...

mbah ware said...

kalau di Indonesia lebih hebat lagi...mereka tidak meminum darah....tapi memasaknya lalu digoreng...dan memakannya...kalau tidak percaya cek aja di pasar tradisonal.....masih ada kok...hehehehe...apalagi di Surabaya...buat campuran rujak...waakakakakaka

Anonymous said...

om , dalam pernyataan manuela di pengadilan ralat tuh . harusnya "reda" bukan "ruda" . btw , another great article from you .

enigma said...

Anyway. Yg benar adl manuela ruda, bkn reda. Sdh saya koreksi

DeeLaBeLLe said...

Giliran jkt liat halo kpn y?^_^
kl dpkr2 ak ud bbrp kali liat halo yg mngelilingi bulan tp ga sebesar yg d smarang, ak dksh liat foto yg diambil tmnku smlm,halo-ny super guede,amazing!

Anonymous said...

nice post bro enigma, b.t.w uda denger nggk klo di malaysia ada penampakan ufo, tolong di bahas dong, thanks.

Ojir said...

koq gak dibahas vampir dari golongan kelelawar penghisap darah mas ?

enigma said...

Ojir, sebenarnya vampir manusia tdk ada hubungan dgn kelelawar. Kelelawar vampir mendapat nama vampir hanya krn ia mengkonsumsi darah. Jadi krn saya berfokus pada komunitas vampire manusia di masa modern ini, maka saya tdk menyinggung kelelawar. Lain kalau saya berfokus pd sejarah vampire.

yuliasty said...

capek juga baca comments nya para pembaca setia enigma...
tuing...

but nice post...

Anonymous said...

Bos enigma, kalau Van Helsing itu benar2 ada gak

Mihael Keehl said...

IIIIIIIHHHH~~ Yg psikopat vampire.. HYIIIII!!! yaks!! jijik..bisa2nya..
*btw im back again setelah didera ujian,, semoga masih inget saya*

Anonymous said...

Ajan said
0m enigma, apa vampire yang ada di film-film china itu juga beneran yg pakaian'y ala kerajaan gto truz k-2 tngany kdpan dan lompat2. . Apa cuma dbuat" aja?

enigma said...

Abraham van helsing cuma tokoh fiktif yg muncul dalam novel bram stoker.

enigma said...

Ajan, soal vampire di film china, itu mungkin sesuai dgn kisah rakyat eropa mengenai mayat hidup. Tp tdk sesuai dgn deskripsi vampir modern. Kalau di indonesia, kt bisa menyamakannya dgn pocong.

Anonymous said...

Ariel 10 said
Saya kira memang vampire itu tidak ada.

Anonymous said...

kalo menurut mitos kan vampire pertama namanya count dracula atau draculia, bener gak sih?

Aditya's Blogsphere said...

semalem saya bahas blog ini dengan kawan saya...mulai dengan fenomena freemansory sampai pada vampire dan flying rod yang ternyata hanya pengaruh kecepatan tangkap kamera yang mengenai burung dan ngengat....maju terus dengan artikelnya bang enigma.....

Anonymous said...

akhirnya, diposting juga hal yang sadis diblog ini..
saya jadi ngeri, ka..

Anonymous said...

saya suka cara anda membahas mengenai vampire, lebih kepada sisi edukasi, sebuah informasi yang menambah wawasan, bukan hanya sisi misterinya yang diulas.
untuk yang mengatakan artikel ini membosankan, atau kurang menarik, mungkin menginginkan yang lebih dari ini, tapi bagi saya ini sangat-sangat cukup. menulis artikel seperti ini tidaklah mudah, seorang blogger semacam anda tidak perlu dipertanyakan ke-sejati-annya.
tetaplah menulis broder...

Anonymous said...

om enigma bahas juga tentang orang yg namanya dracula atau draculea itu

Anonymous said...

pokok'e ma nyusssssssss.sip bung mantab postingnya

lalitis said...

wah, ini rikuesan saya juga waktu itu (tentang hubungannya dgn porphyria), makasih mas enigma, hehehe

aw3ng said...

@ido: klo g salah, tmen prnah crita, di Sumatra dikenal pake nama palasik (atw pelesik yah???) ada jg yg nyebut palasik kudung...katanya 3 hari abis di "datengin" tuh bayi mninggal stl panas tinggi+kejang2...maaf, ane sndiri blm prnah ksana...
@mbah ware: hahahaaakkk....aku tau itu...
ada yg bilang "didih" , ada jg yg bilang saren (jawa tengah biasanya)...dulu prnah coba, rasanya padet2 gimana gt...hiiii...(kt tmn2 muslim sih haram)
@bro En : jadi gimana ni bro, apa kita asumsikan aja klo porphyria udh ada sjk dulu bgt, dan para penderita (jelas) blm tau apa n bagaimana ttg penyakit yg mreka derita...so, mrk memilih g keluar di siang hari, dan (terpaksa) cari korban trus minum darahnya buat menutupi kekurangan zat besi di darahnya...gitu aja po???
ksian yah, dinegara sono bayam baru ngetop stlah Popeye nongol... (^_^m)

faril said...

tolong jelasin dong tentang fenomena bulan yang dilingkari awan putih membentuk cincin seperti yang terjadi pada beberapa hari yang lalu,,
makasih..

berlian said...

mmmm....
blog yg sangat bagus...
mr enigma bolehkah saya memberi saran??
apakah mr pernah membuat artikel yg menyinggung ttg pembunuh terkejam di dunia??
apakah bisa mr enigma membuat artikel tsbt??
jika bisa... tlng buatkan artikelnya ya...
thnx^^

Island of God said...

Bang, ato Mas, saya pernah baca artikel di sebuah koran, tempo dulu banget, kalo di Eropa sana ada "vampir" beneran. Di artikel tersebut diceritakan ada gadis dari sebuah keluarga "vampir" yang masih tersisa, yang diseret keluar saat matahari terik oleh warga sekitar. Anehnya, gadis tersebut tiba-tiba "terbakar", tubuhnya mengeluarkan api (note: artikel tersebut juga memperlihatkan foto gadis itu saat sedang terbakar. Mungkin kalau post saya ini lebih akurat lagi, bisa menjadi referensi enigma untuk artiket ini. Thank u bung. U've posted many great articles. U've helped Indonesia. 4 thumbs up!!!

Anonymous said...

ane ada masukan nih buat abang enigma, buatin postingan ttg werewolf dong, ane penggemar sejati lycanthrope nih soalnya, itu PE-ER untuk hari in, OKE!? :thumbup

Anonymous said...

hhmmm, yang vampir karena sakit jadi itu kayak film Jepang "Midnight Sun".... kasian.....
Beny

Rei__ said...

kenapa ya??
hantu di setiap negara berbeda-beda??

di jepang or amrik kok ga ada pocong ya??
XD

rio said...

Bagus banget bang enigma...
tapi saya liat banyak tulisan yang mirip di kaskus...
itu nyontek punya abang atao mreka ambil dari source yang sama kaya abang ?
cuma kesian aja kalo abang dah bikin susah2 tapi di comot aja tanpa kasi link ke mari...
Gbu...

enigma said...

Saya tidak pernah mengcopy paste tulisan. Jika ada tulisan dgn kalimat yg sama, maka itu berarti sumbernya dari sini. Soal tdk dicantumkan sumber dgn linkback, itu sdh biasa.

Anonymous said...

~chii said...
hemh...terima kasih atas imponya...
iya bang...pasti masi banyak ya gambar gambar yang lebi nyeremin dari itu...
kagak berani ach...>_<

oiya,gini bang...
pengen nanya,kok di negri orang ya ato kek eropa, amerika,dll...(negara yang keren keren)...
bisa ga ada setan macem pocong, kuntilanak, genderewo, tuyul, dll...
mungkin bwat pocong bisa saya jawap sendiri, karna rata rata orang disana kalo meninggal ya pake peti mati, pke gaun bagus...
trus kek genderewo...
kok bisa ada orang orang di indonesia yang katanya "pinter" dalam hal seperti itu, ya bisa ngeliat hal kek gitu...
kenapa paranormal di negara lain jarang saya denger ada yang bilang hantu hantu macem ntu...
yang sering saya denger paling cuma hantu cewe pake gaun bagus "bukan" seragam putih panjang rambut berantakan...
tentara yang megang senapan dengan seragam plus langkah sepatu boots nya "bukan" sesuatu yang besar hitam dengan mata yang berwarna merah...
apa itu terjadi karna mitos di negara kita yang kuat akan hal itu...(yah, tapi saya memang percaya akan hal itu)
ato emang beda negara beda isinya?

tolong dijawap ya om...
makasi banget sebelumnya...

oiya satu lagi!om enigma dapet keuntungan apa dari ngebuat hal kek gini?
kok keknya rajiiin banget gitu nyari nyari impo sendiri, cuma buat ngebagi hasilnya ama orang lain...

saya suka ama om...
banyak blog yang uda saya baca...
tapi analisisnya...
well...gitu dah...

tolong dibales ya om!!!

enigma said...

Chii, hantu di setiap negara memang beda. saya kira karena kebudayaannya juga beda. kalau di Indonesia kan mayoritas muslim. dimakamkan dengan kafan. lahirlah pocong. kalau di barat kan mayoritas kristen/katolik. dikubur dengan jas. jadilah hantunya berjas.
Kalau di Indonesia ada genderuwo, mungkin di amerika ada juga makhluk sejenis. tapi mereka nyebutnya bigfoot. haha.
Percaya atau tidak, hantu juga menyesuaikan diri dengan negara kok.

Soal keuntungan bagi saya membuat blog ini, ada dua. Dapat banyak teman, dan membuat saya tambah pintar dan berwawasan. Tapi, senang juga bisa memberikan info yang baik untuk orang lain.

Anonymous said...

~chii said...
T___T...ikz om...
saya uda ngetik panjang panjang...kok gagal...
mala jadi wxvit apa gitu...
teksnya ga bisa di kopi paste lagi...
teksnya ilaaang~
T___T...ikz...
what happen aya naon...

well...tadi saya mau bilang...
terima kasih mau ngasi jawapan yang agak panjang...
T___T..terharu...serasa ditanggepin...
terusss...yang bigfoot...
tadinya saya ga ngerti itu apaan,ku kira kingkong...akhirnya kejawap sendiri...>_<
hihihhihi...

trus...
tentang kebanggaan bisa ngasi info ama orang lain...
iya om,kerasa ama saya yang dipuji temen temen kalo saya uda nyeritain tentang apa yang uda saya baca...
mereka iksaytid banget...
dan saya senyum adja gitu...>_<

tapi tau ga om apa yang bikin saya jadi doyan baca ma uda nyoba nyoba bikin artikel kek om...
karna saya ga punya facebook om...
meskipun saya uda 18 taun...
yang awalnya saya sirik ama temen temen,skrang berubah jadi kesenangan tersendiri...>_<
makasi banyak om!!!
mo nyoba menuruti jejakmu!hihihihi...

enigma said...

Kamu tidak punya facebook? sama dengan saya. tidak perlu sirik. saya tidak punya facebook malah bangga, beda dengan orang lain. hehe.

Anonymous said...

~cHii said...

APAH!!!
BENTAR BENTAR!!!
ADA YANG PERLU DIKOREKSI DISINI!!!
JANGAN JANGAN!!!

gyaaaaaa!!!

ich...jangan jangan om juga bikin artikel kek gini karna awalnya ga da kerjaan ya!!!

iya om! kepesimisanku sudah berubah menjadi hal yang positif!

>_<p

solmetan ama om enigma ach!
hihihhihihi...

sip dah...jadi seneng Lagi...

fighting!

Anonymous said...

franirista...

om enigma,, kalo suka makan darah yg udh dimasak kyk saren gt, trmasuk vampir jg ga????

enigma said...

Tidak, vampire cuma suka darah mentah. analoginya, kalau orang suka daging mentah, tidak bisa disamakan dengan orang yang suka makan daging goreng kan?

kritikus said...

Lalu buat apa HOLLYWOOD capek - capek bikin karakter Vampire??? Kalo gak keuntungan lalu.................( tolong ada yang jawab pertanyaan ini)
Padahal emang yang namanya Vampire itu ada... malah ada jasadnya ... bisa dilihat, diraba, bahkan di museumkan, bahkan sudah bisa dipostingkan di kompas.com dan Blog enigma lagi... yang mana yang benar??? ada ato tidak, Vampire itu???

Anonymous said...

Kalo anak band yang pas manggung gigit kelinci idup n minum darahnya masuk golongan yang mana bang??

~Simon~

milo said...

oya mas..nmbah2in info aja ni,
kmrn q liat d tko bku da bku yg mbahas ttg dracula..jdul bkunya saya lpa..
katanya dracula itu jlkan panglima perang swktu perang salib..yg kata bku itu dah mmbunuh sktar 300.000 msuhnya..jd djuluki dracula..nma orgnya jg lupa saya mas..hehe6

enigma said...

Ya itu, si Vlad Dracul yang disinggung di komen-komen di atas.

Anonymous said...

om saya baca ada halo bulan emang halo bulan apaan sih om apa maksudnya halo-halo bulan? makasih y om ^_^

Rensen said...

yg terakhir vampire krn penyakit itu yg saya jadikan kesimpulan asal usul vampire di blog saya, ternyata dicantumin jg sama bung enigma.. hahaa

-once again nice job bro-

Anonymous said...

menurut saya vampir sekarang adalah nyamuk" yang ngisap darah kita

Lica Lawliet said...

sereeem!! mereka sadis.... terlalu terpengaruh sama cerita2 vampir masa lalu kali yah.... hiyyy T___T

Dewa_shiwa^_^ said...

Apa y membedakan Vampire n Dracula???

Jika Vampire n dracula adalah sama menurut saya itu cuma doktrin masa lalu aza.....
y ada manusia y mngaku aku sebagai vampire to dracula n hidup dengan cara atau pola hidup mereka sama dengan vampire ato dracula....brrti mereka tak jauh berbeda dengan kanibal...atau mreka adalah pnganut aliran sesat...ato vampire wanna be...LOL
lagian klo Vampire to drakula "ada" makin sdikit dund populasi manusia didunia ini y braktifitas di siang hari.....(secara vampire or dracula takut ma sinar ultraviolet)....
hahaha,adong adong ajo pon...^^

anakkucing said...

@dewa shiwa, perbedaannya jelas kok..mereka tidak sama..
vampire itu adalah sebutan untuk mahkluknya, atau bangsanya..
drakula itu adalah nama orangnya..

kl mengenai drakula di realita, doski juga bukan vampir, manusia aseli sama seperti kita2..bro haryadi dan bro enigma sudah menjelaskan itu..
asal usulnya sudah perna saya jabarkan di komen postingan bro enigma jg, tp saya lupa dimana.. hehehehe..
kl mau tau lebih lanjut search aja di wikipedia..

well, drakula sebagai vampire itu hanya tokoh fiksi bram stoker..not a doctrine..
walaupun bram stoker terinspirasi membuat cerita dari vlad III dan bahkan tokoh utamanya menggunakan nama yang sama, tp cerita bahwa vlad III adalah vampire itu hanya karangan bram stoker..
dan sayangnya, vlad III yg ada di novel bram stoker lebih terkenal daripada vlad yang asli, sehingga sering terjadi mispersepsi..

neyagoodguy said...

Di bali masih da tu yg ampe krg mgkonsumsi darah,
biasany dr darah ayam or babi gt,
di endapin pe mengental n mnjadi trlht spt ptongn2 hati mentah gt,trus itu dmsk,or dgoreng gt,ktny tmenku yg biasa mkn kyk gt ktny rsny spt hati sapi gt, hiii...
eh iya,stu lg,ktny jg drh tu djmur ntr djdin smcm krupuk gt lho...
ada yg brminat? ^_^

Anonymous said...

gw seh gag banyak komen tentang Vampire,, gw hanya suka aja sama gaya hidup mereka yang berbeda ....
gaya hidup yang ;lebih tertutup, dsb..
sooooo... gw anggap vampire tu keren !!!

Anonymous said...

om enig,, aku trmasuk penggemar vampir nih gr2 baca twilight, d buku itu jg disebutin ttg vampir dr filipina yg namanya danag, vampir dr yahudi yg namany estrie, upier dr polandia,varacolaci dr rumania, nelapsi dr slovakia,dan stregoni benefici dr italia. ttg yg terakhir ini disebut dibuku sbg vampir baik.

yg mau aku tanyain, apa legenda dari vampir2 yang aku sebut diatas itu bener2 ada? atau stephenie meyer cuma ngarang sendiri?

-franirista-

Anonymous said...

om enigma.... ulas ttg gereja setan di bdg donk...(dikenal jg dgn sebutan rumah gurita)

-countessofdarkness-

Anonymous said...

ada yagn kurang tuh. golongan vampir ganteng. teradaptasi dari film hollywood kan vampirx ganteng gillllaaaaaa.. hehehehe

Anonymous said...

hmm..
klo tentang tahanan prancis yang mukanya ditutup topeng besi uda perna diulas apa lom?@__@
ak pnasaran bgt,hehe..

Indra Ginanjar said...

Benar kata @aw3ng, di Sumatera atau yang setahu saya tepatnya di Sumatera Barat ada yang disebut "Palasik". Palasik sendiri ada dua jenis, ada yang biasa saja atau yang kepalanya copot terus keluyuran kemana, yah sejenislah sama leak di Bali atau yang muncul di film-film thailand (ga tau tuh apa namanya disana). Yang jenis ini sih ga terlalu akrab dengan lingkungan saya jadi ga begitu tau deh. Cuma denger-denger dia suka ngambilin mayat bayi yang baru dikubur.
Tapi kalo palasik yang biasa sih masyarakat disini lumayan akrab. Biasanya si palasik suka ga tahan liat bayi, trus disedot aja "slurp" cuma dengan memandang ubun-ubun bayi. Jadi ga pake gigit-gigitan dan berdarah-darah. Setelah itu si bayi jadi nangis terus, panas tinggi dan ubun-ubunnya jadi cekung. Kalo ga diobati bisa meninggal, dan yang bisa ngobatinnya ya si palasik tadi. Biasanya sih cuma dielus aja tu ubun-ubun bayi sama palasik. Keluarga saya pun ada yang pernah jadi korban palasik, hasilnya masa kecilnya badannya kecil kurus, tapi setelah gede sih jadi normal-normal aja.
Seorang palasik disini tidak dimusuhi oleh masyarakat, hanya di diwaspadai dan sedikit ditakuti. Paling juga bisik-bisik "awas, hati-hati dia, tuh palasik". Bagi keluarga yang punya bayi udah pasti deh pasti menghindar jauh-jauh. Karena masyarakat mengerti bahwa palasik itu adalah hasil perjanjian dimasa lalu nenek moyang si palasik yang diturunkan turun-temurun kepada anak laki-laki pertama. Ke-"palasik"-an ini turun saat pemilik sebelumnya (si ayah palasik) meninggal dunia. Si anak (palasik baru) ga bisa apa-apa untuk menolak hal tersebut. Jadi masyarat pun cukup mengerti posisi si palasik. Dalam keseharian pun palasik pun sama saja penampilan dan kehidupannya dengan orang lain, cuma mungkin seleranya aja yang agak lebih.
Oh iya mungkin yang saya jelaskan ini ga begitu akurat, karena saya ga pernah meratiin bener-bener yang beginian. Cuma denger obrolan dilingkungan sekitar, dan cerita ibu dan nenek saya.
Yah itulah sosok vampire modern yang saya kenal.

nearmello said...

wah serem jg penyakitnya
kasian jg, pasti tulangnya pada ngga sehat karena kekurangan vitamin D

semangat posting trus bro!!
klo bs bahas yg lain kayak nekomata (kucing ekor dua) atau mungkin zombie masa kini, karena klo ngga salah zombie dari afrika dari vodoo2 gitu, apa benar seperti zombie di film2

Anonymous said...

Halo, saya adalah penggemar blog Anda, walaupun saya jarang sekali posting comment, tapi saya selalu mengikuti update Blog Anda via email. Yang ingin saya tanyakan, menurut pendapat Anda, samakah Vampire dengan Drakula? Sepengetahuan saya tokoh Drakula itu benar-benar ada. Dia adalah seorang pangeran Wallachia , keturunan Vlad Dracul yang terkenal dengan kesadisannya ketika membunuh musuh-musuhnya.Mungkinkah sifat-sifat Prince Dracula yang brutal dan sadis ini juga mengilhami karakternya yang haus darah? terima kasih ^_^

enigma said...

Bedanya adl, drakula itu adl nama seorang vampir. Jd drakula itu nama, sdngkan vampir itu spesies makhluk penghisap darah. Analaginya adl, oscar adl nama kucing saya. Oscar itu nama, kucing itu spesies makhluk.

Anonymous said...

madesv:

nice. tp rada aneh juga mbacanya gara2 disini vampire lbh kyk kelainan mental daripada manusia super...

Anonymous said...

~iqhaa saiid ,

seerreem ,,
kaloo zombiie ama vampire ituu bedanya apaa yya .??

habiss penasaran bangett siih .
tolong dii jawab yaa !!
plissssss

Anonymous said...

emang vampir itu ada............
prasaan ngayal ajha.............
aneh aneh ajha......

xxxx said...

saya mau memberitahu sesuatu yang sebenarny tidak boleh di beri tahu,karna ayah saya melarangnya..
begini ceritanya,paman jauh saya (saudara sepupu ayah saya) memiliki anak2 terbelakang mental ( 3 dari 6 anak),dan saudara2nya juga begitu.karna mereka mempercayai loya(dukun china),mereka menanyakan hal tercebut mengapa bisa terjadi.ternyata kata loya itu,kuburan ayah mereka(saudara kakek saya yang sudah meniggal belasan tahun lalu) salah arah.jadi mereka disuruh memindahkan arah kuburan ayah mereka.3 hari kemudian,mereka pergi kekuburan ayah mereka,ayah saya juga ikut waktu itu beserta saudara yang lain dan loya itu.setelah dibongkar tanah kuburan itu dan petinya dibuka,saudara kakek saya yang sudah meninggal lebih dari belasan tahun lalu itu ternyata masih berdaging(belum menjadi tulang belulang),dan yang paling menghebohkan adalah dimulut mayat ayah paman saya itu ada sisa darah yang masih segar,rambut yang bertambah panjang,dan mulutnya ada taring.seketika itu si loya minta petinya cepat2 ditutup.alhasil karena kejadian itu,kuburan ayah paman saya itu tidak jadi dipindahkan.
nah,menurut om enigma,ini termasuk apaan?
ini nyata loh,karna benar2 ada dalam keluarga saya.
oh ya,saya tinggal di kalimantan barat,tepatnya disingkawang.

Anonymous said...

Hwaa... komen nomor 117 bener2 serem...
Kamu yakin itu masih orang yang sama di dalam peti mati itu?

Anonymous said...

dah lama gak buka blog ni... ternyata dah banyak crita baru...

Anonymous said...

saya terobsesi vampire sejak masih duduk di SD..saya sangat terobsesi ingin bertemu mereka..sejak mengenal internet aq slalu browsing tentang keberadaan mereka..aq sangat penasaran apakah mereka benar2 ada..dan aq suka bgt mengikuti film2 yg bertemakan vampire..satu yg aku sangat suka setelah melihat twilight saga..wow filmny mengesankan..ada vampire vegetarian..pasti sangat menarik sekali kalau mereka benar2 ada..apa benar sih vampire itu hanya legenda..aq pengen sih mereka benar2 ada dijaman modern ini..pasti keereeennn!!!!!

Anonymous said...

Jdi makin suka baca tentang Vampir.... :)

Waaahhhhh...bahaya nih aku jadi mau seperti Vampir juga... Ixixixixi..

fittrik saputra said...

Aq org yg trobsesi dgn dunia mistik/gaib n slh 1 x yg q cri kbnran adalah dracula/vampir jka mmang bnr dracula/vampir itu ada aq ingin brtmu tpi bkn drakula/vampir jdi2an dgn kta lain org2 yg mngaku2 diri x sbgai dracula/vampir tpi dracula/vampir sjti lah yg q cri,by BlackDevile.

Anonymous said...

Tu yang dari singkawang beneran emang? Saya di kaltim. Serem juga kalau ini nyata. Bisa jadi heboh

Post a Comment