Thursday, March 25, 2010

Misteri Kutukan Superman

Ada beberapa pembaca yang meminta saya untuk menulis mengenai Urband Legend. Walaupun menarik, Urban Legend mungkin lebih didominasi mitos dibanding fakta kebenaran. Namun, untuk memenuhi permintaan itu, saya telah memilih satu kisah Urban Legend yang berkisar pada salah satu tokoh favorit saya, yaitu tentang kutukan di sekitar film Superman. Ingat, saya tidak menyajikan tulisan ini sebagai sebuah kebenaran yang harus dipercayai, melainkan hanya sebagai informasi "sekedar tahu".


Urban Legend adalah mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan Urban Legend berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor atau bahkan kisah moral. Urban Legend tidak selalu berarti kisah bohong, namun, sama seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut, Urban Legend juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebih sensasional. Di Indonesia, kisah yang bisa dianggap sebagai Urban Legend contohnya adalah rumah pondok indah, terowongan casblanca, rumah gurita di Bandung dan lain-lain.

Sebenarnya, selain kutukan Superman, ada banyak Urban Legend atau kepercayaan lain yang melibatkan kutukan. Contohnya adalah kutukan yang menimpa presiden Amerika Serikat sejak Abraham Lincoln sehingga setiap 20 tahun, presiden Amerika akan terbunuh atau meninggal pada saat masih menjabat (Dan ini benar-benar terjadi). Kutukan ini dipercaya berakhir pada masa Ronald Reagen.

Lalu ada lagi kutukan keluarga Kennedy, kutukan keluarga Bruce Lee, atau yang paling heboh belakangan ini, kutukan penerima Oscar yang konon setelah menerima Oscar akan mengalami perceraian.

Kutukan Superman adalah sebuah kepercayaan kalau suatu malapetaka akan menimpa orang-orang yang terlibat dalam karakter Superman yang disajikan berbagai media, terutama film.

Kutukan ini pada dasarnya berbunyi:
"Jika kamu berniat untuk memerankan manusia terkuat di dunia, maka kamu akan berakhir dengan kematian atau berada pada posisi yang terlemah."
Kutukan ini konon bermula dari pencipta karakter Superman sendiri, Jerry Siegel dan Joe Shuster.

Siegel dan Shuster
Siegel dan Shuster menciptakan tokoh Superman pada tahun 1938. Namun, pemegang hak cipta atas karakter itu adalah perusahaan tempat mereka bernaung, DC Comics. Pada tahun 1946, kedua orang tersebut menuntut DC Comics karena merasa diberi kompensasi yang kurang atas keberhasilan karakter itu. Pengadilan New York akhirnya memutuskan untuk memberikan penyelesaian maksimal $60.000 untuk masing-masing. Jumlah ini tentu saja sangat kecil dibanding jutaan dolar yang didapat dari Superman.



Usaha Siegel dan Shuster berlanjut hingga tahun 1975 ketika keduanya mengorganisir protes yang diikuti oleh penulis komik lainnya. DC Comics akhirnya setuju untuk membayar keduanya uang pensiun senilai $35.000 pertahun seumur hidup dan akan menyebut nama keduanya untuk setiap penggunaan karakter Superman.

Selain Superman, Siegel dan Shuster tidak pernah lagi menciptakan tokoh sekelas Superman. Ada yang mengatakan kalau keduanya marah dan mengutuk karakter itu karena ketidakadilan yang diterima.

Di bawah ini adalah para tokoh yang dianggap mengalami malapetakan karena kutukan Superman:

The Fleischer Brothers
Max dan David Fleischer adalah dua kakak beradik yang menciptakan studio Fleischer yang memproduksi film kartun Superman. Beberapa waktu setelah menayangkan film tersebut, Flescher bersaudara mulai bertengkar satu sama lain yang menyebabkan studio tersebut jatuh kedalam kesulitan keuangan sehingga terpaksa dijual ke Paramount Studio. David akhirnya bisa meneruskan karir sebagai penasehat spesial efek di Universal Studio, namun Max meninggal dalam kondisi melarat.

Kirk Alyn

Kirk Alyn memerankan Superman dalam dua film pada tahun 1940an. Setelah ia memerankan film itu, karir aktingnya tamat karena dianggap terlalu identik dengan tokoh Superman. Akhirnya ia pensiun dan pindah ke Arizona.

Ia muncul sebagai cameo dalam film Superman tahun 1978 sebagai ayah Lois Lane. Tahun 1999, ia meninggal dunia setelah terjangkit penyakit Alzhiemer.

George Reeves
Sebelum Christopher Reeve, pemeran Superman adalah George Reeves yang memerankan tokoh ini di film "Superman dan the Mole Man" pada tahun 1941.


Pada tanggal 16 Juni 1959, hanya beberapa hari sebelum hari pernikahannya, Reeves ditemukan tewas akibat luka tembak di kepala. Sebuah pistol ditemukan didekatnya. Kematian itu disimpulkan sebagai bunuh diri.

Christopher Reeve
Christopher Reeve memerankan Superman dalam film Superman: The Movie (1978), Superman II (1980), Superman III (1983) hingga Superman IV: The Quest for peace (1987).


Pada tanggal 27 Mei 1995, Reeve jatuh dari kudanya dan lumpuh dari leher ke bawah. Setelah peristiwa itu, Reeve menghabiskan hidupnya dengan kursi roda hingga meninggal pada 10 Oktober 2004 akibat gagal jantung.

Dua tahun setelah kematian Christopher, Istrinya, Dana Reeve, juga meninggal pada 6 Maret 2006 di usia 45 tahun akibat kanker paru-paru.

Margot Kidder
Margot Kidder adalah Lawan main Christopher Reeve yang memerankan tokoh sentral, Lois Lane. Setelah bermain di film itu, ia didiagnosa mengidap Bipolar Disorder.


Pada April 1996, ia menghilang selama beberapa hari dan ditemukan oleh polisi dalam kondisi paranoia dan delusi.

Marlon Brando
Marlon Brando adalah seorang aktor Holywood terkenal yang memerankan Jor-El, ayah biologis Clark Kent di film Superman: The Movie (1978). Marlon mengalami banyak tragedi dalam kehidupannya.


Pada Mei 1990, putra pertama Brando, Christian, menembak dan membunuh Dag Drollet, kekasih saudari tiri Christian, Cheyenne Brando, di rumahnya di Beverly Hills. Christian mengklaim kalau peristiwa itu adalah sebuah kecelakaan. Namun, pengadilan memutuskan 10 tahun penjara baginya. Christian meninggal 18 tahun kemudian pada usia 49 tahun.

Tahun 1995, Cheyenne yang masih depresi atas kematian Dag Drollet bunuh diri dengan menggantung diri. Usianya baru 25 tahun.

Marlon Brando sendiri mengalami hidup yang tak kalah susah. Karena banyaknya tragedi dalam kehidupannya, ia mulai mengasingkan diri dari gemerlap Holywood. Pada tanggal 1 Juli 2004, Brando meninggal pada usia 80 tahun karena pulmonary fibrosis. Ia juga diketahui mengidap kanker hati, gagal jantung dan diabetes yang menyebabkan ia hampir mengalami kebutaan.

Lee Quigley
Lee Quigley memerankan bayi Kal-El di film Superman Tahun 1978.

Ia meninggal pada bulan Maret 1991 di usia yang sangat muda, yaitu 14 tahun, karena menghirup gas aerosol yang berbahaya.

Richard Pryor

Richard Pryor memerankan salah satu tokoh jahat di film Superman III. Tiga tahun setelahnya, ia didiagnosa menderita multiple sclerosis. Ia meninggal pada 10 Desember 2005 karena gagal jantung.

Mariel Hemingway
Mariel Hemingway adalah salah satu artis yang turut bermain dalam film Superman IV: The Quest for Peace (1987). Pada 2 Juli 1996, kakak Mariel yang bernama Margaux ditemukan tewas karena overdosis. Ia berusia 41 tahun. Walaupun peristiwa itu dianggap sebagai bunuh diri, Mariel tidak mempercayainya.

Mark Pillow
Mark Pillow adalah aktor yang memerankan Nuclear Man di film Superman IV: The Quest For Peace (1987). Peran itu adalah debut pertamanya di dunia akting. Namun, setelah peran itu, karirnya tamat dan tidak pernah bermain film lagi.


Nasib mirip juga dialami John Haymes Newton, Gerard Christopher dan Stacy Haiduk yang bermain dalam seri Superboy antara 1988-1992.

Lex Luger

Lex Luger adalah seorang pegulat pro yang pernah muncul dalam sebuah peran di film New Superboy di tahun 2007. Ia kemudian mengalami kerusakan syaraf yang membuatnya lumpuh.

Lane Smith

Lane Smith memerankan Perry White, bos Clark Kent dan Lois Lane di film seri TV Lois and Clark. Belakangan, ia didiagnosa mengidap penyakit langka Lou Gehrig dan meninggal pada tanggal 13 Juni 2005.

Jeph Loeb
Jeph Loeb, penulis naskah seri TV Smallville, kehilangan putranya, Sam Loeb, karena kanker.

Mereka yang Lolos dari kutukan
Dan tentu saja, namanya juga Urban Legend, menarik, tapi tidak bisa dianggap sebagai sebuah kebenaran. Mereka yang menolak kepercayaan ini menyatakan kalau tokoh-tokoh yang pernah bersinggungan dengan Superman juga banyak yang mengalami peningkatan karir, seperti:

Gene Hackman yang memerankan Lex Luthor di Superman I, II dan IV mengalami kesuksesan karir yang luar biasa setelah film tersebut.

Terence Stamp yang memerankan Jenderal Zod di Superman I dan Superman II juga mengalami karir yang sukses.

Dean Cain yang memerankan Superman dalam film Lois and Clark juga mengalami peningkatan karir setelah perannya dalam film itu. Ia mendapatkan beberapa peran yang baik dalam film seri Frasier dan Law & Order.


Teri Hatcher yang menjadi Lois Lane di film seri TV Lois and Clark mengalami kesuksesan karir yang luar biasa setelah bermain dalam film itu. Bahkan Ia menerima penghargaan untuk perannya dalam film seri desperate housewives.

Untuk film Superman terakhir (Superman Returns), kita juga tidak mendengar adanya bencana yang menimpa Brandon Routh, Kate Bosworth dan Kevin Spacey.


Bahkan Brandon Routh telah menandatangani kontrak dengan Warner Bros untuk membuat sekuel film tersebut yang berjudul Superman Lives. Kedengarannya seperti sebuah karir yang bagus.

Atau, kita juga tidak mendengar adanya bencana yang menimpa pemeran utama dalam film seri Smallville seperti Tom Welling atau Kristin Kreuk.

Soal Tom Welling, ada yang menarik. Beberapa orang percaya ia lolos dari kutukan Superman karena di film seri Smallville, ia tidak mengenakan kostum Superman.


Malah jadi aneh, kalau kutukan menimpa seseorang karena memakai kostum Superman, mengapa Dean Cain atau Brandon Routh tidak mengalaminya?

Lalu, mengapa aktor lain yang tidak mengenakan kostum Superman seperti Margot Kidder atau Lee Quigley bisa kena dengan kutukan ini?

Bagaimana dengan ribuan orang lain yang turut serta dalam pembuatan film Superman sejak tahun 1940an hingga sekarang? Mengapa mereka tidak terkena kutukan?

Jika melihat dari faktor ini, maka saya rasa kutukan Superman mungkin hanya memiliki kombinasi kebetulan yang cukup baik untuk menjadikannya sebagai salah satu Urban Legend paling terkenal di dunia. Seperti yang saya katakan, informasi ini hanya untuk "sekedar tahu".

(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

90 comments:

Chris said...

Pertamax?? ^_^v
Wow, tokoh hero favorit bang Enigma Superman ya?

enigma said...

@Chris: salah satunya. Saya kira kita semua suka dengan superman.

ANIS said...

pertamax...!!!
wah....kok ngulas kayak ginian bang..??
aneh aja...biasanya misteri2 bermutu.
ini mah hoax murahan bang....Sorry..no offence..

enigma said...

Sebenarnya ini bukan hoax karena tragedi-tragedinya benar-benar terjadi. Hoax itu adalah sebuah rekayasa. kalau ini adalah kisah benaran, cuma teorinya yang ngaco. Saya rasa sekali-sekali tidak masalah membahas yang "ginian".

Anonymous said...

Keren bgd bung enigma, udah lama saya tggu postingan ttg urban legend, saya tggu postingan ttg urban legend lainnya
~BiGMaN~

Anonymous said...

Katanya kristin kreuk ibunya orang indonesia tionghua ya bung enigma?

Chris said...

Wah, ternyata saya yang 'pertamax' ya :)
Kebetulan yang luar biasa.. :)
Baru kali saya merasakan 'pertamax', wah asyik juga :)

Hmm..ya, saya rasa hampir semua orang suka Superman. Tapi saya kira saya adalah yang pengecualian ^_^v
Btw, bang Enigma, apakah ini semua kebetulan saja?? Atau memang 'ada sesuatu yang lain' yang kita sebut 'misteri'?

enigma said...

@anonymous: benar sekali. Kristin kreuk, ibunya org chinese yg lahir di indonesia.

Lincoln said...

ya benar kata enigma, sepertinya ini hanya kebetulan
dan kalo saya lihat sebagian kematian juga karena faktor umur (ga tau si kalo yg lain)
yah sedikit membingungkan tp menurut saya seperti kata enigma "hanya kebetulan yang cukup baik untuk menjadikannya sebagai salah satu Urban Legend paling terkenal di dunia"
ditunggu NEXT POSTING ENIGMA

(asik nama "Lincoln" masuk postingan ^^V hahaha)

abzalom said...

saya sih tidak percaya dengan cerita itu, tapi karna om enigma udah bahas..ya..saya aprov aja deh..hehe :D mantapz om

maw nanya nie om? untuk kasusnya margot kidder tuh dia sempat hilang dan ditemukan oleh polisi dalam kondisi PARANOIA dan DELUSIA.

yg maw saya tanya PARANOIA dan DELUSI itu artinya apa om? soalnya saya tidak begitu mengerti tetang istilah2 dalam kedokteran..!

PEACE!!!!!!!!! buat om enigma :D

enigma said...

@abzalom: keduanya adl penyakit mental. Orgnya jd ketakutan tanpa alasan yg jelas.

penghuni60 said...

walaaah, ada superman disini??
:)
kalo abang suka superman,
saya suka spiderman loh bang...
mdh2n gak ada yg namanya kutukan spiderman...
hehe... just kiding

Vahn Saryu said...

Menurut saya kisah ini kbtulan saja.oh ya,sprti ktukan firaun yg trnyta bsa djlaskan scra ilmiah.oh ya,bkankah jg ada ktukan model2 mjalah playboy bro enigma?

Anonymous said...

smallville film favorit ane, keren coy...

-mrcostello-

Anonymous said...

hehehehe
keren nih superman..yg terkuat akhirnya kalah dalam posisi terlemah

bang poting tentang PROJECT BLUEBEAM, gw masih belum ngerti inti dari proyek ini!!


-jakass-

enigma said...

@jakass: bluebeam ya? Saya ingat dulu pernah baca. Ok deh, saya coba baca lagi.

AdityaBlogsphere2 said...

menarik deh....aq suka yang versi serial bang.....keren...ndak pake kostum celana dalam warna-warni kaya pendahulunya ahahahaha....ga nyangka ternyata film ini meninggalkan kisah misteri juga

mbah ware said...

wakakakakaka............salah satu persamaan kita lagi....di rumah masih ada tuh...koleksi komik superman waktu saya masih SD lengkap sekalian Batman, Teen Titans, JLA,Legion Super Heroes...wakakakaka....saya yakin anda juga punya kan...?

inoshi said...

benarkah John Haymes Newton, Gerard Christopher, Stacy Haiduk tamat kariernya? kalo berkarir di film superman mungkin iya, karena faktor kesempatan saja.Mark Pillow menurutku sedang sial saja, sedangkan postur dan wajahnya mungkin hanya pas jadi manusia nuklir. Lagian aktingnya waktu itu juga kaku gak alami banget. wajar bila akhirnya ga laku...

lex luger juga ga separah c. reeve (c.reeve pun lumpuh karena kecelakaan, sebuah hal yang bisa terjadi pada semua manusia tanpa melibatkan faktor kutukan). Lagian lex ruger bekas tukang gulat, kena syarafnya dah resiko lah, kayak petinju juga. dia masih bisa berjalan meski pakai kruk.
Lou Gehrig meninggal usia 69 th, sebuah usia yang wajar untuk meninggal. penyakit apapun bisa saja hinggap di usia tsb
Jeph Loeb dan Mariel Hemingway, bukan dirinya yang kena tapi orang lain yang berhubungan darah. So pasti, tiap individu punya nasib sendiri...

jadi menurut saya bukan sebuah kutukan...
suatu hal yang wajar banget.

suparmin aja bisa kena penyakit aneh, supirman jadi sukses mendadak, suparman adiknya meninggal....itu semua bisa terjadi tanpa mereka membintangi film superman...

enigma said...

@mbah ware: sebenarnya malah saya nggak punya satupun komik superman. hehe. cuma suka filmnya.

Anonymous said...

saluut buat bang enigma...oh ya bang enigma saya syarif...kalau menurut saya suatu kebetulan bisa menjadi fakta ketika otak kiri kita lebih bermain daripada otak kanan.jadi memang semua hal di dunia ini akan tetap misteri mana kenyataan dan mana ilusi permainan pikiran saja...hehehe

Anonymous said...

Ini sih cuma kebetulan saja, tidak ada yang menarik...

DeeLaBeLLe said...

Weits, skali nongol lgsg 2 postingan ^_^
nice info, soalny ak br denger :P

Anonymous said...

Dea . .
Wah , dea baru tau soal Urban Legend nih ka . .
Oia , kta.a mw posting ttg vampir ? Uda jd blm ka ? Waktu itu dea baca , kaka lg bikin tp baru setengah . . . . .

Anonymous said...

Dea. .
Oh gitu , oke oke . .
Ditunggu ya kaaa . . . :D

enigma said...

By the way, dea. Apa yang ingin kamu ketahui mengenai vampir? Mungkin km bisa memberikan saya ide?

Anonymous said...

rizal achmad ..

jalan ceritanya seperti kebetulan yg sangat kebetulan bang, hehe ..

btw, kabarnya Siegel dan Shuster sekarang gimana bang..?? apa gak ada tuntutan (bagi yg mempercayai adanya kutukan tsb) buat mereka gara2 hal yg kebetulan itu..??

Anonymous said...

Enigma,tgentang Yeti di Tibet tolong di ulas dong beneran atau hanya legenda?

Anonymous said...

Dea . (maaf ka baru bisa bls)
Yg pertama pastinya vampir tuh ada engga ? Trus gimana cara hidupnya , apa makanannya , gimana bentuk fisiknya , ada dimana mereka skg ini ? Gimana cara mereka menyembunyikan diri dari manusia ? Apa yg paling ditakuti vampir ? Kapan vampir menampakkan diri ?
Oia kalo bisa , knp vampir di film vampir China dgn film vampir Hollywood beda ?
Hehehe , maaf banyak banget ka . . Peacee . . .

riadi muhammad said...

hee bang enigma sukanya superman,,
saya sukanya kura kura ninja,,
wkakakakkakakakakakkk...
[ga ditanya]

Anonymous said...

Kutukan mumi sih, mungkin masih bisa percaya. Tapi.............,kalau kutukan Superman? Yah, wallahu'alam. Hanya Allah yang tahu.

yulfan said...

kemukinan antara orang yang lolos dari kutukan tersebut ada hubungannya dengan Siegel dan Shuster....
misalnya kakek ato saudara gitu...
makanya mereka nggak kena kutukan karna saudara sendiri...

Anonymous said...

Waw superman! :D
Kalo film heroes gimana? Apa di dunia asli ada salah satu dr kekuatan2 itu yg nyata? Hehe

Ditunggu postingan vampirnya mr. Enigma! Good luck! ^0^

Salam,
Lica Lawliet

Anonymous said...

hemh...kalo emang kebetulan...emang cuma di pilem superman aja gitu?
soalnya itu kejadianya termasuk banyak banget...
kalo emang bukan kutukan,cuma kebetulan...saya mau nanya,,,ada lagi ga pilem yang artis ato kru nya kena kejadian kejadian kek gitu...
teng's bang enigma...
kip posting..

Anonymous said...

kyk'a itu kutukan milih org deh ..
kan kutukan gg mungkin maw ngambil random gtu ajh ..
ataw jgn" kutukan itu ngambil waktu yg tepat bwat ngelanjutin kutukan'a ..

kita liat ajh nanti ..

Anonymous said...

@DEA @ENIGMA (VAMPIR) Sy Mau Menambah Kan Idea ! 1.Apa Keterkaitan nya Vampir Dengan Kekelawar!!
2.Mengapa Hampir Semua Vampir Memakai jubah Dan Ad sayap'a Seperti Superman Yg Di @atas!
3.Ap Bedanya VAmpir Asia Dan Dinegara Lain nya!
Hanya Sekedar Memberi idea :=)

Anonymous said...

sebenarnya semua orang mengalami masalah dan hal-hal yang pasti tidak diinginkan dalam hidup.

ketika hal tersebut disangkut-pautkan dengan sesuatu, maka masalah atau hal-hal yang kurang menguntungkan tersebut akan tampak seperti "kutukan" yang menimpa.

-JV-

pasri mengambang beneran apa boong? said...

bang enigma tolong dibahas tentang pasir yg mengambang di laut pasific dong,.. itu beneran apa cuma sotoshop sih?

Anonymous said...

bang enigma, aku jg pernah membaca ttg kutukan ini bbrapa tahun lalu di sebuah majalah.

tapi gimanapun juga...

i like superboy n smallville...

Anonymous said...

bang enigma . saya denger2 di internet ada update terbaru soal DNA dari starchild skull . beneran apa hoax bang ?
thx bang enigma

Anonymous said...

menurut pendapat bang enigma apa ada hubungan vampir dengan rabies ?

enigma said...

@anonymous: ya. Memang ada update ttg dna starchild skull. Tp saya tdk yakin kalau beritanya reliable. Soal vampire dan rabies, sy yakin tdk ada hubungannya.

Anonymous said...

SanSan
Hanya kbtulan semata . .
Oea gan mau nanya neh film national treasure it tmpt dan critany benarbenar ada ato hanya fiktif
Mohon penjelasanny . .
Soalny keren bgt crita tntang kemerdekaan amerika . . .

Anonymous said...

Myheart2105 berkata....

ahahaha... om Enig boleh juga...yg kyk gn jg diposting.. tapi good lah..hehe...

om, diatas da komen yg blg tntg kutukan firaun. pa bner ada om? oya kalo ada tlg diulas ya om ^_^

aw3ng said...

...ane sbnernya lebih tertarik dgn awal post bro...

Urban Legend juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebih sensasional. Di Indonesia, kisah yang bisa dianggap sebagai Urban Legend contohnya adalah rumah pondok indah, terowongan casblanca, rumah gurita di Bandung dan lain-lain.

stau ane, ad yg jwauh lebih "heboh" dr 3 diatas...Ratu Pantai Selatan (Nyi Roro Kidul ; sering dikaitin sm Pantai Karangbolong)...
ada mitos yg beredar (unfortunatelly) banyak diyakini smp hari ini...jgn pake (baju, kaos dsb) yg berwarna ijo pupus (ijo daun muda)...
ada beberapa laporan, (korban) keseret air laut, dan (biasanya) meninggal, walopun cm terseret ombak sekitar 10 menit...
mungkin bro En tertarik buat next post ??
heheheeee.....(^_^m)

Anonymous said...

nyi roro kidul pasti g di post ma bang enigma coz menyangkut hal2 keagamaan... betul gk bang?
:sujud::sujud::sujud:

wah tambah rame ya blog ini asik2, congrat buat bang enigma!!!

-mrcostello-

Anonymous said...

Dea .
Nah stuju ma SanSan . Ttg film National Treasure . Dstu kan ad hubungan.a ma Free Mason , trus yg nama.a Saduski , dy pake cincin free mason . .
Jelasih dong ka . .

enigma said...

@sansan dan dea: national treasure itu tempat dan artefaknya memang benar ada. tapi jelas ditambahin bumbu cerita. mirip dengan the lost symbolnya dan brown.

Tokrem said...

Tolong bahas ttg tknologi Teleportasi...saya denger militer amerika sedang mengembangkan teknologi ini.

Anonymous said...

sansan
oh gitu gan,thanks yah!!!!
oea gan bahas penampakan UFO di tajikistan(klo gag salah)dong bang..
kata penduduk sana sring terjadi penampakan UFO
tolong y gan

Anonymous said...

nemu ni http://haxims.blogspot.com/2010/03/misteri-kutukan-superman.html
emang artikelnya bang enigma ada di kaskus juga ya? saya ga ngikutin forum itu soalnya

Anonymous said...

Dea .
Kalo bener tpt.a ada ,adanya bneran d bawah gereja gitu ??

Anonymous said...

cya said...
hemh...iya iya bang enigma...
saya juga jadi ikutan pengen nanya...
ada lagi ga film laen yang banyak dapet kutukan kek gitu...
trus kutukan buat yang dapet piala oscar...
bang enigma mosting tentang itu ga?
masa semua yang dapet piala oscar pada cere gitu?
bisa adja kan emang kebetulan...
mangnya ga ada gitu artis yang ga cere meskipun dapet piala oscar...
jawap ya bang...

Anonymous said...

Bang, kok blog-nya makin jarang di update?

-by accank-

Remember me? said...

Superman
Oh... Yeah!
Orang trkuatpun bisa lemah...
Karna kutukan...






-kutunggu CROP CIRCLE- (i'm still the same person)

enigma said...

@Cya: Saya kira kawin cerai itu sudah biasa di holywood. Jadi, soal oscar dan kawin cerai cuma kebetulan saja. Soal film lain yang kena kutukan, saya belum pernah dengar.

@anonymous: saya tidak pernah posting artikel di kaskus. hanya di blog ini.

haryadi said...

Hollywood issue,...
nothing special on this topic actually...ini hanya kebetulan belaka,...ada satu kisah Kucing Pendeteksi Maut,..dan itu bukan kebetulan.....
cuma sayangnya ,web yang menuliskan kisah kucing ajaib itu kurang detail menjelaskan alasan;kenapa bisa sehebat itu....??
coba deh di ulas kalau sempat :-D,..nice post gan

enigma said...

saya sudah menulis soal itu disini:
http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/02/oscar-kucing-yang-berhasil-mendeteksi.html

Anonymous said...

lala said,,
waduuuh,, ketinggalan dua posting nee,,,
bravo deh bwt smua postingan bang enigma!!!
cerita'in legenda yang lain dunt!!!!!

S.Nainggolan said...

Yup. Kebetulan yang "dibetul-betulkan". Dan kebetulan pula mereka seleb. Komplit kan?

Anonymous said...

hm... emg kutukan ini jdi yg pling populer diantara kutukan pelem2 lainny... tpi klo diliat dri parahny sih kykny kutukan film poltergeist jauh lbih serem... karena smua kru dan pemain film tersebut habis dilibas oleh "kutukan" itu... katany haha. bsa mnta tulung dibahas jg mr. enigma?

EVILution Reporting... :)

Anonymous said...

menurut saya... itu semua terjadi karena GELAP MATA AKI BAT KETENARAN, masuk akal bila hidup mereka rata2 berakhir tragis, mereka punya uang, punya ketenaran, hampir apapun bisa mereka beli, yang membuat mereka lupa segala hal, termasuk kesehatan hidup mereka sendiri... ingat satu pepatah jadinya, makin tinggi kamu terbang, makin sakit kamu jatuh... hahahaha... nice post

xeoz said...

sebenernya selain superman, bbrp film juga mempunyai kutukan.

ada yg mengalami kegagalan penjualan, ada yg memakan korban aktor/kru

ada juga yg membunuh kru/aktornya selama proses syuting sehingga film itu ga jadi tayang / di cancel.

saya rasa ini ga ada unsur kutukan tapi sebuah kebetulan yg tragis dan mencengangkan.

gimana bung enigma?

mungz said...

nice post. kbtulan aku movie-holic. nyambung komen inoshi, karir john haymes newton n stacy haiduk ga bener2 tamat kok. filmografi mereka masih panjang setelah superman, meski kebanyakan cuma serial tv. Yang diputer di indo terakhir ini Prison Break dimana stacy muncul sebanyak 9 episode di season 2.
anyway, just info, ada lagi film yang (katanya) dikutuk bung enigma, yaitu the omen. udah pernah bahas blum yah?

Anonymous said...

Nice post bro enigma.. anda pasti memiliki byk koleksi film superman esp. smallville.. Am i right??

S.K.

afrizaL said...

bukannya tidak terkena kutukan. tapi lebih tepat dibilang "belum"

cale said...

menurt saya mati di usia 80 bukan kutukan. ya semua artis holliwood cenderung bermasalah. mati itu kan bervariasi caranya. kecuali semua pemain atau awak movienya mati dengan cara yg sama atau setidaknya kena tabrak apa kek, itu abru misteri.

Anonymous said...

bang enigma tau kutukan THE DARK KNIGHT GAK? sampe-sampe heath ledger (pemeran joker) meninggal

Anonymous said...

SPMD

Hi en,

emang itu teorinya ngaco, karena waktu itu saya masih kecil dan perasaan saya meluap-luap tapi sebenarnya saya suka sama karakter superman, gagah perkasa khan..jadinya saya sering membayangkan kalo seandainya saya adalah sang superman itu. jadinya ya saya sering mikirin wajahnya chris. reeve yg keren itu seolah olah itu adalah wajah saya memerankan superman...Jadinya ya mungkin dia jadi linglung sampai akhirnya kecelakaan begitu..trus lagian Margot kidder...uuuih cantik banget....saya suka sekali wajahnya...sering saya bayangin berciuman ama dia....nah mungkin gara-gara saya cemburu tuh ama Christoper . Trus saking sukanya ama lousi lane saya jadi sering ngebayangin bercakap-cakap ama dia, Bipolar disorder khan gejalanya juga termasuk mendengar suara-suara tanpa ada orang didepannya.
Trus Jendral Zod, Lex luthor saya suka penjahat yang cerdik.

pemeran baru Dean Cain , kurang pas jadi sosok superman meskipun juga sering gue pikirin tapi selalu teralihkan ke wajah teri hatcher yang cantik..., Ngomong-ngomong artis indonesia ada khan yg mirip Teri Hatcher....itu tuh...Elma Theana ama Lola Amaria....Gue jadi prihatin atas problem yg pernah mereka alami..

Trus Pemeran yang baru Brandon Routh, Tadinya saya belum lihat filmnya soalnya saya sulit mencari filmnya tapi begitu dapet...ehh malah males nontonnya...soalnya perannya gitu-gitu aja nggak ada yang seru..tapi kemudian begitu saya amati di foto yang enigma pasang disini..Kayaknya dialah sosok pemeran dengan wajah yg pas dan amat mirip...

Cuman sayang, Saya sekarang lebih menyukai sosok superhero yang nggak perlu pake kostum, buat apa kostum itu khan...Nah..Cerita yg kaya Smallville yang di tokohi oleh Tom Welling itu yg sepertinya lebih pas, sosok superhero yg sederhana dan Selalu menjaga Secret Identitynya Kecuali ke beberapa orang sih buat curhat...

Saya kira ini semua bukan urban Legend but true story..just like Metallica said in their song SAD BUT TRUE.

Nah En, Kita Sebentar Lagi akan punya Sosok Superhero yg Nggak Kalah hebatnya dengan sosok komik luar....Namanya STARMAN...Simbolnya Cahaya bintang karena dia memang cahaya bintang seperti simbolnya Gatot Kaca dan kehadirannya selalu ditnggu-tunggu oleh semua orang...karena semua orang suka melihat bintang....dia disanjung oleh grup musik Extreme dalam lagunya yang berjudul "STAR"

cuplikan liriknya seperti ini:

"Star...you're a star...yeah be carefull of what you wishing for...or your dreams comin true "

yg Lebih asyik lagi kalo film Serial "HEROES" yg dibahas, Tapi knapa di TV Cuman satu episode Ya..?

r1zi said...

Untuk film Superman berikutnya bukannya Brandon Routh digantikan oleh Henry Cavill? Seperti pemeran Superman lainnya Brandon Routh juga mengalami kemandekan karir. Kayanya itu "kutukan" masih berjalan...

Post a Comment