Saturday, April 3, 2010

Benarkah Fosil naga bertanduk ditemukan dan dipamerkan di Cina?

Ini menarik. Harian pikiran rakyat online pada tanggal 01 April 2010 menurunkan berita mengenai fosil naga bertanduk yang dipamerkan pada tanggal 4 Maret 2010 di Xinwei Ancient Life Fossils Museum di Anshun, China. Dan sekarang, kita akan melihat kredibilitas berita ini.


Saya menerima email dari salah seorang pembaca bernama Wiandi:

"Maaf nih sebelumnya brother enigma, ane tadi baca di kaskus...terus ane nemuin artikel tentang fosil asli naga....hmmmm...menarik nih kata ane...tapi ane masih semu-semu kaga percaya ama tuh berita. So ane mau minta bantuan ama brother enigma buat menganalisis kebenaran mengenai berita ini. HOAX or NO HOAX...cuman itu yang ane pingin tau...n sedkit penjelasan tentunya ,,,,kata nyang nulis nih berita sumbernya dari Pikiran rakyat...hmmm...Koran besar nih...Koran sebesar itu apa mungkin salah berita??? kaga tau deh"

Menarik, karena link kaskus yang diberikan menunjukkan sebuah foto bangkai hewan yang jelas terlihat seperti naga di film-film. Dan postingan di kaskus mencantumkan harian pikiran rakyat sebagai sumbernya. Saya memverifikasinya dan memang menemukan berita ini dimuat di pikiran rakyat.

Karena itu mari kita menggunakan hak kita sebagai konsumen untuk berpikir kritis terhadap sebuah produk berita.


Ini cuplikan berita dari pikiran rakyat:

"PADA 4 Maret 2010, di Xinwei Ancient Life Fossils Museum, Anshun, Guangzhou, ada beberapa fosil unik dipamerkan. Materi yang dipamerkan dinamakan ”China Dragon Fossils”, merupakan fosil utuh yang ditemukan di bawah timbunan es abadi di Pegunungan Thianshan, Jalan Sutera. Mereka menemukan fosil ular naga yang selama beratus-ratus tahun diragukan keberadaannya. Ia memiliki sepasang tanduk di atas kepalanya dan bentuk tubuhnya sangat legendaris seperti hewan yang sering digambarkan dalam buku cerita dan patung kelenteng, serta hiasan istana kekaisaran."

Lalu, dilanjutkan dengan:

"Fosil naga awalnya ditemukan di Guanling County, Anshun City, tahun 1996. Para arkeolog menutup rapat-rapat penemuan itu sehingga masyarakat dunia tidak mengetahui temuan spektakuler tersebut."

Dan di paragraf terakhir berita ini, tertulis:

"Fosil tersebut merupakan temuan pertama di Cina dalam bentuk tubuh lengkap dengan sepasang tanduk dan sepasang cakarnya. Di situs Discovery Channel diperlihatkan beberapa bukti bahwa naga benar-benar memiliki tanduk."


Berita ini kemudian dikutip di kaskus, namun dengan tambahan berupa sebuah foto seperti bangkai naga.


Di pikiran rakyat, hanya ada berita tanpa foto. Di kaskus, berita ini ditambahkan sebuah foto. Apakah kaskus salah dengan menampilkan foto?

Jawabannya adalah tidak. Akan saya jelaskan sebabnya sebentar lagi.

Pertama, kita akan melihat terlebih dahulu pemberitaan oleh pikiran rakyat.

Ketidakakuratan Pikiran Rakyat
Harian ini tidak memuat sumber pemberitaannya sehingga kita tidak tahu darimana ia menyadur kisah ini. Jadi, saya harus menjelajahi internet untuk menemukan sumber pertamanya.

Nah, saya memang menemukan sebuah website yang saya yakini sebagai sumber awal berita ini (walaupun saya tidak bisa memastikannya). Website yang saya maksud adalah weirdasianews.com. Isi pemberitaannya boleh dibilang sama dengan harian pikiran rakyat dan mereka menampilkan foto naga yang sama dengan yang ditambahkan ke kaskus.


Jadi foto tersebut memang milik pemberitaan itu. Kaskus telah menaruh foto yang benar.

Sekarang, kita akan mulai menyelidikinya.

Untuk mengetahui apakah sesuatu itu hoax atau bukan, kita harus selalu kembali kepada "common sense", seperti:

"Mengapa kisah luar biasa ini tidak pernah diberitakan besar-besaran? Apakah penemuan sebuah fosil naga bertanduk tidak cukup menjual?"

Atau pertanyaan seperti:

"Mengapa sumber kisah ini berasal dari weirdasianews.com, bukan national geographic, bbc atau discovery channel?"

Jika pertanyaan ini tidak bisa dijawab, maka kemungkinan besar berita tersebut adalah hoax.

Sekarang, mari kita lihat isi berita dari pikiran rakyat dan membandingkannya dengan weirdasianews.

Pikiran rakyat, ternyata melakukan beberapa ketidakakuratan dalam pemberitaannya.

Pertama
, weirdasianews tidak menyinggung soal bukti yang dimiliki oleh Discovery Channel. Pikiran Rakyat telah menambahkannya sendiri. Dalam kalimat di paragraf terakhir disebutkan kalau Discovery memiliki bukti adanya naga bertanduk di situs mereka, tapi Pikiran rakyat tidak memberikan link situs tersebut.

Kedua, Weirdasianews mempublikasikan berita ini pada tanggal 29 Juni 2007 sehingga pemberitaan pikiran rakyat yang mengatakan kalau fosil itu dipamerkan pada tanggal 4 Maret 2010 adalah sebuah fakta yang tidak akurat dan jelas misleading.


Ketiga, Pikiran Rakyat menyebutkan kalau kota Anshun terletak di Guangzhou. Padahal Kota Anshun terletak di Guizhou. Dalam hal ini, weirdasianews benar karena mereka menulis Guizhou, bukan Guangzhou.

Keempat. Pikiran rakyat secara tidak akurat membandingkan naga tersebut dengan naga Cina yang bisa ditemukan di kelenteng. Foto tersebut jelas menunjukkan kalau fosil naga tersebut adalah naga versi Eropa. Naga Cina, seperti yang kita ketahui berbentuk ular.

Empat kesalahan yang cukup mendasar.

Ketidakakuratan Weirdasianews.com
Sekarang, kita akan melihat apakah weirdasianews memberitakan sesuatu yang akurat. Kita akan mulai dari museum yang disinggung di dalam berita tersebut.

Saya memasukkan nama Xinwei Ancient Life Museum di google dan saya tidak bisa menemukan informasi mengenainya diluar soal fosil naga ini. Lalu, untuk memastikannya kembali, saya masuk ke www.chinamuseum.info dan menemukan adanya daftar nama museum berdasarkan kota.

Guizhou ternyata tidak memiliki museum sama sekali.


Bayangkan, sebuah berita yang menyebutkan adanya fosil naga menyebutkan nama sebuah museum yang fiktif. Dengan satu fakta ini saja, seluruh kredibilitas pemberitaan akan runtuh dengan sendirinya.

Lalu, jika kita mencari kisah penemuan fosil ini yang disebut ditemukan di Anshun tahun 1996, maka kita tidak akan menemukan sumber lain yang kredibel. Berita penemuan ini hanya bisa ditemukan di blog atau web yang memuat kisah yang sama dengan weirdasianews.

Jadi, menurut saya, kisah ini adalah hasil karangan dari penulis weirdasianews. Tapi untuk memastikannya, kita harus kembali kepada foto naga yang bersangkutan.

Asal usul foto Naga
Pertama kali melihat foto ini, kita akan segera tertarik untuk bertanya:

"Katanya fosil naga itu dipamerkan di museum, mengapa di foto itu, ia terlihat seperti tergeletak begitu saja di sebuah ruangan yang mirip dengan sebuah gudang?"


Disini, kita mencium bau amis.

Karena itu, mari kita telusuri asal-usul foto ini.

Kita tahu kalau sebuah hoax, isu, rumor atau pemberitaan yang tidak benar bisa tersebar di dunia maya karena satu praktek yang disebut Copy Paste. Satu blog mengcopas berita heboh, yang kemudian akan dicopas oleh blog lain hingga akhirnya memenuhi forum-forum dan facebook. Dan kita mendapatkan sebuah berita heboh.

Dalam kisah naga ini, cukup ironis karena saya menemukan bukti kalau berita ini hoax juga akibat praktek copy paste. Akan saya jelaskan maksudnya.

Jika seseorang mengcopas tulisan sebuah artikel, mereka akan mendrag tulisan tersebut dan mengklik Copy, lalu mereka akan mempastenya di blog mereka.

Jika ada foto, ada dua cara mengcopynya.

Cara pertama, mereka bisa menyimpan foto tersebut di komputer, lalu mengupload ke postingan. Jika kita menggunakan blogspot, otomatis foto itu akan terupload ke account Picasanya dengan alamat url baru dari Picasa.

Cara kedua, sama dengan mengcopy tulisan. Mereka akan mendrag foto tersebut dan mengklik copy, lalu mereka akan mempastenya di blog mereka. Dengan cara ini, foto tersebut tidak akan berpindah alamat url.

Inilah cara saya menemukan asal usul foto ini.


Saya masuk ke beberapa website dan memeriksa alamat url foto naga yang ditampilkan di situ. Jika kalian menggunakan Mozilla Firefox, kalian bisa mengarahkan kursor ke foto tersebut dan alamat url-nya akan ditampilkan di kiri bawah browser seperti di foto di bawah ini.


Di salah satu website yang memuat foto naga ini, saya menemukan kalau gambar itu memiliki url di www.crawley-creatures.com.

Maka dari sinilah penelitian kita harus dimulai.

Saya masuk ke website www.crawley-creatures.com dan langsung menemukan tulisan ini di halaman muka:


"Crawley Creatures was established in 1986 in the Oxfordshire village of Crawley, producing Animatronic Creatures, Prosthetic Make-ups, Action props and Models, for feature films, television and commercials."

Perusahaan ini ternyata memproduksi makhluk-makhluk animasi dan model untuk film-film. Dalam website itu juga disebut kalau mereka membuat model-model untuk film-film seperti Star Wars - Return of the Jedi, Frankenstein, An American Werewolf in Paris dan lain-lain.

Di bagian Dragon, saya menemukan foto naga kita beserta foto-foto naga versi lain.


Ya, naga itu sebenarnya adalah sebuah properti film. Sekarang kita tahu mengapa di foto itu ia tergeletak begitu saja di lantai.

Di halaman web tersebut juga disebut kalau naga tersebut adalah properti yang digunakan dalam film Dragons: A Fantasy Made Real.

Dragons: A Fantasy Made Real atau kadang dikenal dengan judul The last Dragon adalah sebuah film dokumenter FIKSI yang diproduksi tahun 2004 oleh Discovery Channel. Kalian bisa melihat serba-serbi film ini di website discovery channel, animal planet, disini.


Dalam film dokumenter fiksi ini, diceritakan kalau fosil naga tersebut ditemukan di Rumania. Ini menjelaskan mengapa naga tersebut terlihat seperti naga versi Eropa, bukan naga versi Cina.


Tunggu sebentar, Film dokumenter fiksi ini diproduksi oleh Discovery Channel?

Deja Vu?

Ya, paragraf terakhir dari harian pikiran rakyat mengatakan kalau Discovery Channel memiliki bukti adanya naga bertanduk. Inikah bukti yang dimaksud?

Hmmm.................

(Semua sumber beserta linkback sudah saya sertakan di dalam tulisan)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

167 comments:

Anonymous said...

wah, klo pikiran rakyat tau soal ini, mereka bakal malu berat...

udah maen copas, tapi ternyata berita nya cuma hoax.,.,...,.

kasian amat.,.,.,..,

Anonymous said...

mungkin PR bermaksud ikut partisipasi merayakan april mop bang,,hehe

tapi apapun itu, hasil analisa enigma emang selalu jempolan,, :D

btw, ditunggu postingan soal philadelphia experimentnya bang,, ^_^

C Purnama

Anonymous said...

blog enigma jauh lebih di percaya dari koran ! >.< :D ini baru lugas dan terpercaya :P

tigor buseng said...

bos enigma.. saya udah nunggu postingannya dari td pagi..dan gagal menjadi pertamax.... besok lg kalo mau posting ,,sms saya dulu ya// biar saya bisa pertamax.. ini nomer hape saya 08562976899

Chris said...

Wah, ternyata bang Enigma tergelitik juga akhirnya mengangkat tulisan ini :)

Puas. Itu yang saya rasakan.
Dalam posting Pacman di Saturnus saya juga menanggapi komentar seorang pembaca yang menanyakan hal ini. Tapi bang Enigma mengulasnya lebih detail..hehe..bravo Mr.Enigma!

Btw, tumben 'memecahkan rekor' posting di malam minggu?? Hehe..benar tidak ya?

Keep up the good work bro :)

Yudh said...

analisanya bagus mas..layak klo jd detektif di bidang HOAX..hehe..

enigma said...

@Chris: ya, memang betul. saya tidak biasa posting kalau sabtu malam.

bang tio said...

kesan pertama liat poto naga tadi:
Kok kayak naga di film "Eragon" (cmiiw) ? Museum kok kayak garasi/basement rumah?

Udh keliatan hoaxnya, dan mengapa hoaxnya terjadi juga dijelaskan. Baru sumber terpecaya nih. Buatan bang enigma!

Ex-ia said...

ini berita lama ya? kyknya pernah baca. kirain fosilnya dari sejenis dinosaurus. ternyata....

Anonymous said...

Wah...thank you brother enigma dah memposting jawaban yang menjadi pertanyaan ane selama ini...akhirnya ane tahu bahwa ini cuman HOAX...analisanya beuhhh...mantep brother...he"...BRAVO..!!!

jangan kapok ya kalo ntar saya nanya lagi...???he"

ijin copas ya buat ngasih klarifikasi ke yang laen...

---Wiandi Fazzar---

Vahn Saryu said...

Ok deh,maaf y bro.Sdh g sbar menanti pnjelasan dr anda,he..he.Thanks

Anonymous said...

bang tolong bahas mengenai lagu yang membuat mental collapse

Purydhink™ said...

Iya tuh. Orang saya sendiri pernah liat filmnya. Nice analysis bro!

enigma said...

@Dea: Out Of Place Animal. Hewan2 yang ditemukan di tempat yang tidak seharusnya.

enigma said...

Soal video yang katanya bisa bikin mental collapse, saya barusan nonton dan dengerin. Tidak terjadi apa2. Cuma gabungan suara teriakan sama suara mencicit seperti ban mobil direm. Saya kira reputasinya telah membuat orang menjadi ketakutan dulu. padahal kalau didengar seperti hiburan. Biasa saja.

Anonymous said...

Artikel yang di PR dalam rangka April Mop kali...

Anonymous said...

Noe said :
just one word 'mantap'
salam kenal sblmnya bro enigma.. ini satu2nya blog yg saya baca habis smua post-nya.. oiya sekedar sharing bro, saya baca bnyk yg komen soal susahnya blog ini dbaca klo dbuka dr hp.. pengalaman saya emg klo buka pke browser opera mini tampilanny jd besar n harus geser2, tp saya coba buka pake google pointer gak tuh, trus dbawahnya ada tulisan kira2 artinya 'halaman ini telah diset oleh google untuk ditampilkan di hp'

Anonymous said...

bang tompel...........

ahahaha........ masih ada aja yang ketipu sama hoax yang satu ini......

tapi berkat bos enigma semua menjadi jelas....

ONE WORD FOR YOU...... MAGNIFICENT

aprian said...

keren bang

ane pernah lihat ni foto dr pertama ud lgs curiga

ternyata bner hoax

Ikhwan 창작 said...

Mantap postinganx,, bisa bahas mengenai film "THE FOURTH KIND" gak,, masalah difilmx itu apakah benar2 true story. soal filmx disertai dengan bukti2 rekaman dari dr.Abel tyler.apakah rekaman itu benar2 asli soalx pada rekaman itu ada pasien dokter tyler yang sampai melayang dan mengeluarkan bahasa2 aneh. film ini berkisah tentang penculikan alien yang terjadi di Nome-amerika. dan salah satu korban penculikanx anak dr.Abel tyler sendiri blum ditemukan sampai saat ini. saya penasaran banget. dan saya rasa cuma bang Enigma yang bisa mengungkap misteri ini.thanks before.

Anonymous said...

Jonathan archer:
ulasan yg amat menarik om enigma,saran aja neh...gmna kalo anda menulis suara pembaca ke koran2 terkenal (harian rakyat,kompas,dll),tentang kepalsuan/hoax brita mreka,d sertai bukti?biar koran2 tu gk ngasal copas berita,sapa tw anda bisa jd kepala editorial bagian sains,tekno,etc,and (amin) jd kepala bagian peneliti laporan2 tidak lazim (sjenis departemen x-files) di departemen pertahanan negara (kali aja suatu saat bagian tsb ada...)
oh ya,request ulasan n analisis dong,2 atau 3 hari lalu detik.com memberitakan api berbentuk wajah manusia pd kebakaran di pasar (maaf gk bisa kasih link,soalnya nulis comment ni dari hanphone) thanx u!!

Anonymous said...

klo menurut gue ...nih (naga) cuman buat april mop doank bang , soalnya orang luar negeri kan sering bikin lelucon yg aneh2, contoh : media belanda pernah memberitakan menara pisa jatuh,dan ternyata itu cuman lelucon april mop, and Pohon Spaghetti: Program televisi BBC, Panorama membuat sebuah lelucon terkenal pada tahun 1957, yang menampilkan orang-orang Swiss memanen spaghetti dari pohon. Banyak orang yang menghubungi BBC untuk mengetahui cara menanam pohon spaghetti mereka sendiri. Hal ini pernah difilmkan di St. Albans
so,, bisa aja ini bukan berita hoax ,tpi lelucon yg emank sengaja dibuat untuk april mop ^_^

ANIS said...

CROP CIRCLE PLEASEEEEEE.....( LOLS )
( thanks jg soal balasannya kmrn bang )
sorry ngejunk trs bos......

Anonymous said...

sebenernya ini kan udah lama ketauan kalo cuma properti film. tp salut buat bang enigma,ditelusuri sampe sedetil2nya.

gyzdenocture said...

udah ane duga, pasti hoax
fosil sehebat itu mana mungkin tergeletak begitu aja di tempat mirip gudang/studio, fosil dino aja penuh dgn balutan gips agar tidak rusak,
lagian kenapa juga berita "besar" tsb muncul dari pikiran rakyat? kenapa dailymail atau discovery pada waktu yg sama tidak ada berita mengenai naga tsb? Kenapa di PR nda ada picnya? no pic = hoax. Kenapa di kaskus picnya hanya ada 1?
enigma emang mantab!

Mohammad Reza said...

Wah, brother, foto ini sudah lamaaa sekali saya lihat. dan sejak pertama kali melihatnya saya tahu ini Hoax, meskipun saya tidak tahu gambar dragon ini darimana, tapi jelas sekali ini hoax.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata....Quereenn...Hahaha..Emang om ENIGMA banggetz! kalo dilihat lbh teliti mang dah kliatan hoaxnya, tuh ada tripod warna kuning..ada kabel jg..tmpukan barang2 ...pokokx kyk gudang deh..gak da mirip2x kyk museum...

enigma said...

@ikhwan: fourth kind sdh pernah saya tulis. Coba cari di arsip kategori Q&A.

Chris said...

@Bang Enigma: iseng-iseng saya googling website dari gambar ini:
2.bp.blogspot.com/_ziPJWp4LX_o/S7cyUA1UGWI/AAAAAAAAEPQ/xfelkPr_BGU/s1600/dragon71.JPG

Saya penasaran dengan tab bertuliskan 'Yuffie's DRAGONICA:'

Mungkin bang Enigma waktu itu membuka halaman ini?
yuffiie.blogs.iahgames.com/2008/07/unintended-preview-and-zomg-dragon.html

Oya, di sana ada foto properti 'fosil naga' itu. Dan di bagian bawah ada link 'Crawley Creatures SFX' yang menuju ke halaman ini:
www.crawley-creatures.com/recent/dragons.htm

Di situ ada foto-foto properti naga seperti yang bang Enig temukan.


Hehehe..pertanyaan saya, (agak out of topic nih :p), apakah bang Enigma suka 'game berbasis anime-like character' ??
Karena 'Yuffie's Dragonica' itu ternyata blog tentang games.

Kemudian saya menyadari salah satu snapshot yang bang Enig tampilkan (1.bp.blogspot.com/_ziPJWp4LX_o/S7cyTkbJ7fI/AAAAAAAAEPA/yOVGA9qCdoQ/s1600/dragon7.JPG)
sepertinya (memang) berasal dari yuffiie.blogs.iahgames.com, dari halaman ini:
yuffiie.blogs.iahgames.com/2008/07/unintended-preview-and-zomg-dragon.html

Ketika saya buka gambar 'fosil naga'nya, yup! memang menuju ke alamat www.crawley-creatures.com ( www.crawley-creatures.com/recent/recentimages/dragons1.jpg)

Padahal dari sumber primer weirdasianews.com (www.weirdasianews.com/2007/06/29/real-dragon-fossils-on-display-in-china/) tidak ditemukan petunjuk image 'fosil naga' berasal dari crawley-creatures.com, karena gambarnya langsung diupload ke situs itu, alamatnya www.weirdasianews.com/wp-content/uploads/2007/06/dragons1.jpg

Ini yang membuat saya penasaran..hehe..bagaimana bang Enig bisa sampai ke blog games yuffiie.blogs.iahgames.com/2008/07/unintended-preview-and-zomg-dragon.html,
dan mendapatkan clue yang luar biasa??

Bisakah bang Enig membagi 'cerita-dibalik-layar'nya?

Hehe..pertanyaan saya memang OOT (out of topic), tapi sekiranya bang Enigma menanggapinya, saya (atau kami pembaca :D ) tentu senang sekali ^_^

Anonymous said...

Nice post bro, oh ya bahas juga dong Bro Enigma tentang penemuan patung di bulan. Soalnya saya bingung sekali itu hoax atau bukan. Thanks

Anonymous said...

Waktu saya pertama kali liat tuh foto,saya langsung jadi laper,soalnya mirip ayam bakar sih bentuk n warnanya,haha..

inoshi said...

sebenarnya jelas kalau itu bukan fosil naga

1. fosil belum pernah ditemukan segemuk itu. terlihat kalau naga tersebut masih memiliki struktur utuh(lemak+otot+kulit+daging). Sebuah penemuan fosil yang menggemparkan science bila benar.
2. jelas bukan gudang tapi studio, terlihat jelas property studio(kabel+gypsum+sponge)

bukan berarti surat kabar besar= NO HOAX, banyak sekali hoax dalam surat kabar skala nasional pun

enigma said...

@Inoshi: betul, itu seperti studio. saya tidak mengerti soal properti studio. karena ada barang-barang berantakan, saya langsung teringat sama gudang. haha. Dan saya juga setuju kalau itu tidak mirip fosil, melainkan bangkai.

enigma said...

@Chris: Kamu teliti sekali.
tidak ada metode khusus. Memang Yuffie's DRAGONICA itu blog games. itu blog ketemunya juga tidak sengaja. sebenarnya, kalau kamu eksperimen dengan beberapa keyword seperti dragon, china, display, fossil dll, maka kamu bisa menemukan banyak blog yang membahas soal ini, termasuk Yuffie's DRAGONICA. Dan satu lagi, sebenarnya ada beberapa blog lain yang url gambarnya dari crawley. saya memilih Yuffie's DRAGONICA secara acak saja.

Anonymous said...

@bang enigma bikin tulisan tntang mitologi yunani dong

Erick said...

cool dan bagus....
ini adalah salah satu penggunaan internet yang benar
semoga Enigma menginspirasi pengguna internet lainnya

Anonymous said...

Agus: Mas Enigma!! Tolong Bahas Tentang Kebakaran Di Ramayana!! Yang Terdapat Wajah Orang, di Kobaran api. Itu Bener Atau HOAX,TRIMS.

enigma said...

Foto itu asli. Bukan fotoshop. Saya rasa, kt bs menyebutnya pareidolia.

Chris said...

@anonymous yang mengatakan tentang april mop:
Hehe..bisa jadi begitu dan sebagusnya memang begitu :)
Karena kalau tidak, Pikiran Rakyat bisa malu karena memuat hoax.

Setelah saya cek halamannya (newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=134976) saya 'kok' tidak menemukan tanggal publikasinya ya?

Saya googling lagi, saya temukan situs yang membahas soal ini dengan 'mengandalkan' artikel di Pikiran Rakyat itu:
www.bunglon.net/viewtopic.php?f=176&t=9069#p148223
Judul threadnya '(Hot+pict) naga ternyata ada (no hoax+sumber koran nasional)'
Dan pada bagian akhir tulisan:
''YANG BILANG GAMBARNYA HOAX CEK SURAT KABAR PIKIRAN RAKYAT 1 APRIL 2010''

Hmm..berarti memang benar artikel di Pikiran Rakyat itu dipublikasi pada tanggal 1 April 2010.

Yang mencolok, pada bagian bawah artikel di PR itu tertulis:
'' Dedi Riskomar, wartawan senior.
Penulis: ''

Maksudnya mungkin artikel itu di tulis oleh wartawan senior Dedi Riskomar.
Seandainya memang mereka tidak berniat memberi kejutan april mop, wah, betap malunya Pikiran Rakyat...

Mungkin sebaiknya di akhir artikel itu di tulis: 'Selamat april mop :p'
Haha...

Eits, tapi apa benar bang Dedi Riskomar memang menulisnya untuk tujuan april mop?

Saya googling, saya mendapati bang Dedi sepertinya memiliki minat terhadap naga. Tulisannya yang lain tentang naga dikutip oleh orang lain, seperti pada situs ini:
www.awangfaisal.com/naga-mitos-atau-realita

Kalau anda googling, anda juga dapat menemukan banyak situs/blog/forum yang mengutipnya.
Saya mencoba menelusuri sumber tulisan bang Dedi itu di PR, tapi tidak bertemu.

Oya, sepertinya bang Dedi ini suka menulis artikel-artikel berbau misteri atau peristiwa aneh, di samping juga menulis artikel Sains dan Teknologi. Silakan anda googling dengan kata kunci 'Pikiran Rakyat Dedi Riskomar'.
Bahkan dia pernah menulis mengenai (mitos?) Putri Duyung di Pikiran Rakyat, ini:
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=68749

Sebenarnya saya menemukan info lainnya, tentang usia dan blognya. Tapi saya rasa itu kurang relevan. Yang jelas dia memang pantas disebut wartawan senior.

Menimbang fakta-fakta di atas, feeling saya, bang Dedi sepertinya tidak mengetahui ke-hoax-an tulisannya..dan berharap tulisannya benar...karena saya yakin dia tidak akan berani menyebarkan hoax (berkali-kali,mungkin) di media seperti Pikiran Rakyat...

enigma said...

Haha, chris..chris. kamu ini cocoknya jadi penyelidik polri dan diserahkan untuk nangani kasus century atau mafia pajak.

Memang, saya setuju dengan kamu. budaya pemberitaan april mop tidak dikenal di media Indonesia. Di Inggris mungkin ya.

Apakah pikiran rakyat membuat berita hoax untuk april mop atau tidak, The damage is done. Banyak yang sudah terlanjur percaya. karena itu saya luruskan.

Chris said...

Hahaha..saya tertawa baca komentar bang Enigma..
Penyelidik Polri? Haha..tak pernah terbayangkan ingin jadi polisi :)

Setuju!
Saya harap seseorang membuat artikel ini go public sehingga manfaatnya lebih luas..Lintas Berita sepertinya bagus.

shiirnyaak said...

ee , kalo ditemukan benar , fotony yang salah deh soalny itu foto aku pernah ngambil dari internet setaun yang lalu :)salam kenal

enigma said...

Penemuannya yang disebut terjadi di Anshun tahun 1996 juga hoax karena pikiran rakyat menyadurnya dari weirdasianews dan berita itu tidak bisa ditemukan di sumber lain selain web yang memuat berita ini. Foto dan berita itu memang sudah beredar sejak tahun 2007. wajar kalau kamu sudah menemukannya setahun yang lalu.

shiirnyaak said...

eh , mav tadi blm baca nympe selese trnyata itu emg buatan haha

Anonymous said...

haha blogger cupu keahlianya cuma copas gk kaya brother enigma ,btw saya tetap percaya naga itu ada hanya saja gk ketangkep,keliat bla... blaaa...

Anonymous said...

nice info, you've done a great job, sir..
keep do it, you have a lot of readers..
and i'm one of them..
do not make them dissapointed..
viva enigma..
:)

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@om Enigma: om q sukaaa bangetz postingan analisis kyk gn,, om, kalo bs postingan yg pke analisx dprbnyk dunks..ya?

om, kalo ada yg brita unik n mnrk, tp dcurigai hoax,, q boleh request kan om utk dikupas tuntas,,

oya om, kapan2 bhs apparition dunks..


@chris: wedew,, wlwpun dah dikupas tntas ma om Enig, trnyata km ada aja yg bs ditambahin ya..gud..gud..
chris, km tuh misterius jg ya, tp q ykn km mhs kdokteran,, kali ni gak usah djwb (krn q ykn km bkalan blg: aku bukan siapa2..hehe)

haryadi said...

waaah,..hahaaaa,.dari awal udah curiga,..kok kyk pernah ntn sekuel Naga ini..tapi lupa dimana...Discovery Channel!!!!...you did it again Gan..bravo..bravo!!

Anonymous said...

bu agus mas eni gma (maksudnya buagus mas enigma)

hehehehe.......

saya suka postingan ini, terlebih karena membahas naga, hewan favorit saya meskipun masih diragukan keberadaannya.

tetap semangat mas, jangan sampai semaput. hahahaha...


-JV-

Anonymous said...

Dea .
Wew seru bgt liat percakapan 2 ahli analisis , kak Enigma sama kak Chris . . Kereen . .
@Kak Chris : ka , bikin blog dong , pasti postingan kka banyak peminat.a jg , apalgi kalo banyak analisisnya beuuh mantaap . . . .hehehe . .
P.s. bwt ka Chris n ka Enigma : ad yg bisa tebak ga sy org mana ?
Hehehe . . .

Anonymous said...

Dea .
Ditunggu balesannya ya kak . .
Penasaran nih , pada tw gak yaa . .
Hehehe . . . :D

enigma said...

Dea, saya punya beberapa tebakan. Bagaimana kalau saya mulai dari Batam?

Anonymous said...

Mbak Dea, kalo saya tebaknya, dari Ciawi..
Hehehe... ikut2an nih

*dipentung ama mas Enigma fan rame2*

:(

-dina-

Anonymous said...

Bang ENIGMA hebat analisis'y kaya detektif profesional aja..
Teliti bgtzz..
Pasti suka baca detektif Conan ya??
Kira2 bisa gk nebak pembunuh'y sebelum selesai baca tuh komik atau nonton Film'y??
Aq aja selalu gagal nebak'y.. Huft
Emang kurang teliti n akurat gw..

abzalom said...

mantap om enigma.
sdh hampir seminggu ini saya tidak berkunjung ke blog ini, karena ada sedikit masalah dengan leptop yang sering saya pakai. jadi mau tidak mau saya harus pake hp.

begini om enigma, saya orangnya paling bingung kalo broswing dari hp, trus tadi waktu saya buka blog ini koq halaman webnya jadi kecil ya? harus di zoming lagi tuh untuk bisa di lihat dengan jelas! trus waktu saya buka link yang format untuk hp, di situ saya tidak bisa koment!
jadi saya balik lagi ke format aslinya baru bisa koment om.
kira2 hp saya yang bermasalah atau memang tampilanya begitu om?
(oh ya..! om enigma tau tidak? buat aktivasi GPRS saja saya butuh waktu 4 hari..hehehe)

PEACE!!!! buat om enigma :D

enigma said...

Kalau tampilan terlihat kecil sehingga perlu dizoom, itu krn di opera mini, setting, show overview nya dicentang. Kalo tdk mau tampilan kecil, centang dihilangkan.

Anonymous said...

Dea .
Bukaan Batam bukan Ciawi , ,
tp dea ada di indonesia barat . .
Ayoo kaa . Tebak lg . .
Yg lain jg boleh nebak kok . .

Fire 'FY' Rockerz said...

Om Enig, artikel konspirasinya ditambah lagi dunk.....(Melas mode: On)

Anonymous said...

Muanteb subroto!!
Salut dgn analisisnya Enigma.

@Dea: Dea Imut bukan? Hwehe.. Kamu d Jakarta? Kalau mau dtebak, tnggalkan klu-klu msterius yg bagus... Hwehehe..

Anonymous said...

Dea .
Hmm , bukaan , ywdah , ni clue nya , kota di perbatasan 2 provinsi di jawa . Dan suka dibilang kota wali . .
Skg mah pasti ktauan . . .
Hehehe . .

Anonymous said...

wah dari pertama liat foto nya kyk pernah liat. trnyta itu foto anak naga yg kejebak di gua di rumania itu di film Dragon..hehe.
tp salut ama analisisnya. bung enigma analis ya?

Anonymous said...

kalau bukan analis jgn2 detektif swasta lagi...
uuuhhh, takuuuttt...
:D

Anonymous said...

pertama kali gw liat sih mahluk naga itu lebih mirip ada didalam studio. Dari jauh aj ud bau Hoax haha..

shiirnyaak said...

eeeh , ada terbaru tentang makhluk* laut nggaa ? hehe , mm terutama nessie nih :) kalo ngga horror kayak rumah amytville juga boleeh hehe :D

Anonymous said...

hebat gan, bisa membedakan mana yg bner n hoax, krain w td'a brita tntang fosil naga memang bner

subbuahpakdulUNDIP said...

wow pakdhe enigma wow...ampe post tbakan pun d bls comment,,.hahaha,,.nice job,.

yulfan said...

ini perasaan saya ato semua foto fosil itu pernah muncul di film harry potter order the phonix ma eragon....

aw3ng said...

...ck ck ck...kesekian kalinya bro En berdedikasi...heheheee...
btw, dah sekian hari nih, apkh bro En "denger" ada sanksi buat si penulis? hahahakk..

D4rk'X said...

ternyata hoax yah, pikiran rakyat memang kadang menampilkan berita yang kurang bermutu. saya pribadi pernah menonton film dragon fantasy made real ini.dan anehnya naga yang digambar kan diceritakan naga yang muncul di eropa, yang di cina bentuknya sangat berbeda. mantap dah bung enigma.

Anonymous said...

~cHii said...

T___T...ikz...

om...pengen rikues nich...
(tapi saya jg tau kok...rikuesan ini tak mungki om posting...T___T)

OM!!!

pLizzz...

pengen sekaLi adja ada postingan yg juduLnya gini...

"PERHATIAN! IDENTITAS OM ENIGMA TELAH TERBUKA"

dan isinya adalah...
identitas asLi enigma...

nama : Prof.Dr.xxx,Spd,Mpr,Ma,dLL...
umur : masi muda
ciri : yah...ciri ciri om! T___T

T___T..ikz...pengen om...

Anonymous said...

wah.bener kk enigma...kalo naga cina g da sayapnya. hanya kayak ular berkaki empat doank.

Anonymous said...

ah ... sekali lihat saya kenali naganya ...
saya punya film aslinya, memang bagus sekali ... bahkan kalau kita melihat tidak dengan teliti akan tertipu kalau itu sungguh film documenter ...

yohanes bandung said...

sebelum ada rumor naga ini, aku dah nonton film-nya dan ngeliat properti-nya.
3 bulan kemudian temenku heboh sama berita ini dan aku cuman bisa ketawa soalnya dia ketipu !!! hahaha...

Anonymous said...

wah-wah....
bang enigma makin ramah aja niehh....

kevin said...

em...

kalo soal foto, saya dulu punya video dokumenter, dan kalo dilihat2 sih kemungkinan hoax sangat tinggi, tapi ada bawa2 nama museum terkenal di luar negeri ( maaf saya lupa namanya UK/US )

Itu foto dragonnya mirip banget sama video itu, soalnya vid documenter itu memang tentang dragons...

Ryu said...

Ea,,,
mang klo naga versi eropa mah cman khayalan semata,,,
tp mah yg parah itu dah tw hoax,masih aj d'publikasikan,,,
gk tw resikonya tuh orang,,
ckckckckkc,,

xyzyp said...

wah mantap bung enigma analisisnya.
ngomong2 bung enigna tau tentang teori hollow earth ngga? apakah itu hoax ?
makasih sebelumya

resha said...

salam kenal om enigma..
wow..analisis yang hebat..
sedikit mengecewakan karena ternyata berita itu gagal membuktikan kalau naga itu benar2 pernah ada (atau memang ngga pernah ada ya? hehe), i love myth creatures, and i wish they are exsist..! hehe
Tapi beneran deh, investigasi dan cara penulisan om sangat cerdas..I like this blog!

Anonymous said...

ehm ehm.. ini prtama kali nya nih gw comment d blog enigma ini, abis kmaren2 pengen comment, tp ngerasa comment gw ga bakal bermutu.. :p tp mau coba deh..

yg paling hebat dr sosok "enigma" itu kalo mnurut gw karna sifat ini, "ga percaya sama berita apapun sbelum dia sndiri nemuin bukti nya".. jarang ada orang yg kyk gitu.. SALUT..

sdikit tambahan, gw sndiri udah nonton itu film.. untuk sbuah film dokumenter fiksi, itu film cukup bagus.. dia jelasin gimana siklus hidup naga itu, cara mreka(naga) kawin, cara mreka(naga) menjaga kondisi telur naga, n cara mreka bisa terbang n bisa nyemburin api dr mulut nya.. dgn materi2 film yg kayak gitu, film fiksi ini jd trlihat punya dasar ilmu pengetahuan dan seakan2 data2 yg mreka punya itu yah d dapatnya dr bangkai naga yg mreka temuin.. untuk yg ga jeli, pasti bakal nyangka kalo ini film dokumentasi asli, apa lg bawa2 nama discovery channel..

yg jd pertanyaan gw, "naga", walopun itu naga dr eropa, asia, amerika ato mana pun, tetep punya kesamaan d beberapa bagian, (contoh: bntuk kepala).. n gambaran tentang naga itu sndiri udah ada d belahan dunia sejak lama, tp dr mana mreka bisa ngegambar sosok "naga" itu kalo mreka ga pernah liat bentuk nya? n gambaran yg memiliki kesamaan itu, artinya mreka menggambarkan 1 makhluk dgn karakteristik yg sama..

kalo gitu, brarti naga itu ada dong? yahh.. ktemu misteri lg deh n_n

PS: maaf, ga pernah comment, tp skali comment panjang bgt n bikin boring yg baca.. tpbesar harapan gw, comment gw ini bakal dapet tanggapan dr bro enigma..

regards : dudut23

enigma said...

Thanks bro dudut23. Komen pertama, tapi bagus. Tulisan di atas memang tidak bermaksud untuk meniadakan keberadaan naga. Yang saya bantah hanya tulisan pikiran rakyat. Oh ya, nanti kapan-kapan, saya akan posting soal naga yang benar-benar ada. Tunggu saja :)

Anonymous said...

hihi.. langsung d tanggepin n_n

wihh, naga yg bener2 ada? kalo gitu, bukan misteri lg dong? haha.. sip2.. mnimal sminggu skali gw slalu update liat blog anda kok, d tunggu postingannya ya.. n_n

dudut23

Kinan said...

Sun Tzu di Weirdasianews itu yang nulis The Art of War bukan tuh?

fick said...

Tulisan yang brilian bang..

two tumbs up pokonya! jujur aja pas pertama kali saya baca artikel tentang naga d koran PR saya langsung percaya gt aja!!

wah ternyata di bantah dengan sebuah artikirel plus pembuktianya!!
salut.....

Anonymous said...

bung enigma..
saya mau nanya nih..
kan di sini disinggung-singgung masalh dokumenter fiksi, berarti film dokumenter itu isinya cuma bohongan ya?? bukan berdasar temuan-temuan asli yang real ditemukan sama peneliti gitu??

Muhammad Ilham Afdillah said...

tu gbr dari pilm diskopri channel, tentang ilmuwan muda yang meneliti jenazah naga yang ditemukan di eropa. yang jelas itu fake, tapi yang bikin saya masih bertanya2, teori2 yang disebut2 di film itu berdasarkan penelitian beneran atau cuma skrip? p.s. gak yakin itu pilm produksi discovery atau yang lain, yang jelas saya sendiri yang ngerental pilm itu dan itu jenis pilm semi-dokumenter. thnx..

Anonymous said...

Bos gw bca di blognya terselubung, emg bnr ditemuin fosil naga di cina, dan dah dipmerin di museum, ada fotonya bos, cek aj, cman fosilnya naganya kecil, sekalian dianalisis y bos,

don gonzales said...

mantabsh,...like this lah,...keren nih enigma,..salut,...

masari2002 said...

kok komen saya gak dimuat mas enigma.... saya kan hanya mau menunjukkan kalo naga itu memang ada karena saya pernah pegang fosil atau tengkorak kepala naga yg ditemukan di sulawesi dan saya photo.... tolong komennya mas enigma...makasih

enigma said...

Komen yang mana? Komen yang ada cuma yg di atas. Ohya, soal naga, sy tdk bilang naga tdk ada. Tulisan di atas cuma utk menilai fakta yg dicantumkan di artikel pikiran rakyat, bukan utk membantah keberadaan naga.

masari2002 said...

ok mas ini saya kasih link saya di www.telagasari2002.multiply.com, hanya saya photo 2 kali di rumah saya pake kamera hp. Itu saya yakin kepala ular naga karena setau saya gak ada binatang mamalia yang bertanduk tetapi bertaring. Rahangnya cuma yg atas , yg bawah gak ikut dibawa waktu dari gua, dan rahang yang bisa lepas setau saya cuma ular. benar gak mas.... makasih tanggapannya.

Masamichi Uchiha said...

wuaaahhh,, penjelasan yang ilmiah, akurat dan terpercaya,,, ini baru berita,,

Anonymous said...

kereeeen!! blognya keren nih penjelasan masuk akal dan terpercaya!!

Anonymous said...

keren abis analisanya...salut buat om enigma ....aku penggemar cerita misteri .....aku tapi aku masih penasaran dengan ufo...? benarkan ada? Kenapa hanya kita yang ada di alam semesta ini....? Kenapa Tuhan hanya menciptakan manusia? dari...mas bolong.

Anonymous said...

udah nonton filmnya 2-3 tahun yang lalu ada di persewaan vcd di jogja, buatan discovery channel sangat fiksi meyakinkan

Reno Fizaldy said...

Good analytic bro....

sih Chris emang pantesnya jadi penyidiknya kasus Century aja, wakakakakkakaka.....

Good comment ke Chris dah buat enigma..

Anonymous said...

wow. blog anda keren sekali. biasanya blog cuma menyebarluaskan berita tanpa manjelaskan itu benar atau tidak... tp blog anda lain.. keren

Anonymous said...

wow kaka enigma detail bgt + teliti memecahkan HOAX di balik berita yang besar...


kaka enigma KERENNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!

Anonymous said...

WOW.. jujur saya salud ama analisa n kemampuan anda Enigma.. keren..!
Rinci, lengkap, dan logis beserta bukti yg meyakinkan.. thumbs up for u gan.. kalo di kaskus udah ane kasih cendol.. hahaha

nearmello said...

wah hebat analisisnya
mwakipun saya jg suka melakukan seperti itu walaupun hanya sekedar hobi dan kepuasan sendiri
karena kebetulan kakak saya hobi cari artikel aneh dan saya sering baca yg misterius sejak masih umur 8 tahun, karena ngga dibaca kakak saya, jadi saya baca de, karena kakak saya lebih tertarik pada artikel tentang keagamaan seperti identitas dzulqarnaen, atau tentang teori baru2 ini tentang borobudur adalah istana ratu balqis...

Anonymous said...

gw cma mau tanya,mngkin emang blum ad bukti yg akurat dri fosil naga .
but,tiap krajaan kuno di dunia,bahkan indonesia punya lambang naga atw mkhluk yg mnyerupai naga di profil khidupan rakyatny.
mkhluk ap yg mreka lihat sbnarny? ap smua penduduk kuno hanya berimajinasi?

laudya chintya della said...

aq ttap gk ykin klu naga itu ada...
klu naga itu ada,mngapa d ilmu sains tdk d buktikan???
menurut logika jga,klo ada naga,psti dunia ne gk bkalan gne,,,krna,,,khan naga thu ktanya bsa trbang...truz,klo naga thu bsa terbg tntu bila satu naga brtu dngan naga laen,pstinya akan brtengkar,,,,jdny,bsa sring mngacaukan khidupan....

klo da naga,kpan naga thu muncul?knp gk pnah kliatan?dmn tpt tnggalnya?pha eank d mkan nya?saat'' kpan naga thu kluar?
lgepla aq ttap gk ykin dech...
naga thu adlh kpercyaan rank'' china..
simbol'' keagamaan mreka...

Koen Setyawan said...

Saya punya film Discovery itu mas. Itu analisis tentang naga. Bagaimana menjelaskan kalau naga itu benar-benar ada. Misalnya bagaimana ia bis amengeluarkan nafas api, bagaimana dia bisa terbang, mengapa ia punya 4 kaki dan lain-lain. Tapi memang hanya fiksi. Pada bagian akhir disebutkan bahwa naga tidak benar-benar ada.

Anonymous said...

saya selalu senang baca isi diblog ini.
bisa dipertanggung jawabakan. sip dah...

black_fenrir said...

pernah nonton ini di discovery channel
dia bahas ttg naga Asia sama naga Eropa

thanks buat penjelasannya!

Anonymous said...

emang tuh..........naga china ama naga eropa kan beda

Anonymous said...

ya skedar mendongkar omzet mungkin??? kalian mau ikut?

Anonymous said...

i love this blog.....
boleh di kasih julukan "tim pencari fakta"...gak!!!

Tantei san said...

lagian... kalimat "merupakan fosil utuh yang ditemukan di bawah timbunan es abadi di Pegunungan Thianshan, Jalan Sutera." dan "Fosil naga awalnya ditemukan di Guanling County, Anshun City, tahun 1996." terlihat sangat aneh...

ditemukan di 2 lokasi yang berbeda? :O

sepengetahuan saya anshun, guizhou, tidak pernah turun salju, kecuali akhir-akhir ini yang tertulis "hujan salju menghantam china selatan"

Anonymous said...

nice investigation bro.. keep up with these revealitation :D

Legenda Aryan Sk said...

Bravo Ist The Best...Dngn membaca sumber dan berbagai pencari Kebenaran ternyata Artikel dan pemencahan masalah ini cukup Sempurna...semua di pecahkan dngn teka teki yg sulit bahkan butuh waktu yg cukup lama untuk menyempurnakan data se DETAIL mugkin...SALUT..!!! Xfile U Is The Best...

nexian101 said...

sorry terlambat 2 tahun sy nemuuin blog bang enigma dr nibiru keyword di google beberapa hari lalu sekarang juni 13 2012, wow untuk mengkaji sesuatu secara dalam kita perlu : pengetahuan luas di bidang itu, rasa ingin tahu yang besar, onjektif belajar dr pengalaman dll. Dr semua blog yg bang enigma posting saya ikuti terus karena objektive dan pengkajiannnya ok enak di baca he he he. Salut deh keren :) objektif enak di baca dengan tingkat akurasi tinggi. Kita membahas article naga ini walau gak byk yg bisa dikata,selama ini naga gak pernah ditemukan fosilnya dan naga itu juga mitos cuma buku harry potter yg mudah dan enak dicerna yg ada. Sandainya ada pememuan fosil nagakenapa sampe sekarang belum di angkat natgeo? channel fav sy? dulu sy suka discovery tp tv cable masih mahal. Ini tahun 2012 dan posting ini udah lama banget, pengen liat fosil naga baca dulu ehh kok kesannya kayak mayat jd ingat jurassic park 1 dimana ketemu hewan sakit herbisuaur tp mirip mayat, payung, kalo kepala doank, jelas kalo mayat bukan fosil, sy baca dulu pas eittt jangan percaya dulu. Kenapa pikiran rakyat gak sadar? dan kenapa banyak orang yg percaya yg kata fosil aja udah salah dengan mayat, gak bisa bedain? gambarnya menarik tp hoax, tp sy baca terus dan dengan sendirinya kisah ini runtuh, mantap kaya membuka pandora box :)dan komen2nya menarik dan di balas enigma juga dan chirs dan Myheart2105 (kalo anda bukan siapa2 anda gak akan baca donk he he he)Jelas dengan kata fosil dan mayat gambarnya udah ketauan hoax naruh gambarnya sama aja dengan mengumumkan itu hoax. jadi gak adalagi opini yg sy bs tmabahin krn sy jg belajar. Tp sangat menarik. bang enigma pernah membahas atlantis bermuda triangle plato nostradamus dll gak? Nemu org yg bs melacak seperti anda jarang lho :) bang enigma masih post gak tahun 2012 krn dalam sala satu post ada beberapa komen nyari abang. kemana? kalo abang berhenti apa post sy dibaca gak yah hehehe, sgt menarik diskusinya nambah wawasan,gak nyangka org indo ada yg gak kalah dengan barat, di men in black ada adegan jones beli majalah sampah yg sama sekali beda dengan pengkajian post ini yg mirip berita, katanya jones kdg2 justru majalah ini ada isinya walau kebanyakan crap ke will smith. Sy percaya bang enigma bisa mengkaji atlantis secara detail, walau kalo mau kita bisa liat di google tp dengan di indo kita cross check perbedaan bahasa dan pengkajiannya. Sy suka sci fi berdasarkan fakta real, dan atlantis jelas ada bukti2nya sejak jaman plato sampe foto dr space dalam laut ada keliatan bentuknya tp sy serahkan ke yang lebih tahu untuk mengkaji, sambil belajar diskusil dll. sama sekali nibiru terlalu banyak komen, kiamat lha tp yang bs meruntuhkan teori kiamat justru kesalahan nancy leader dengan tahun 2003, bukan keberadaan nibiru mengorbit atau menabrak bumi, kalo sekali salah gimana jadi dokter science? peramal, seperti dalam buku harry potter ilmu yang paling sering meleset, namanya juga manusia,sy juga belum jelas plato dan nostradamus kapan hidup tp selama ini ramalannya selalu tepat, well hampir selalu sy gak tau khan masa depan he he he. Salut dan kisah fairy tale seperti naga selalu bisa di crosscect dengan science jadi mitos yang menarik tp sama sekali gak ada bukti nyata. Good job, anda lebih cocok kerja jadi detektif he he he sama chirs jg, thank you buat bukin internet bukan isinya cuma yang gak berguna. see you in the nest post kalo masih post :) (moga2:))

Anonymous said...

waahhh ini posisi sama bentuknya mirip seperti gambar yg satunya lagi!...>_< ckckck

Anonymous said...

(y)yang pasti seharusnya ada di saluran berita dunia.

blognya anak pinter n suka kartun said...

gan kalo menurut gue sih, masih pervaya sama begituan deh!
di animal planet channel bilang: naga itu hidup berdampingan dengan zaman dinosaurus. lalu, menurut teori hancurnya peradaban dinosaurus, dinosaurus mati karena meteor habis itu naga yang hidup zaman itu ia berenag dan berevolusi dan beberapa diantaranya berevolusi sempurna hingga menjadi buaya, sedangkan sebagian berimigrasi kebali ke daratan. dan menyebarlah naga keseluruh dunia, hiduplah manusia sebagai ancaman yaitu menemukan api dari naga. namun manusialah yang menurut saya predator terkuat yang mengancam kehidupan naga tapi manusia menganggap bahwa naga itu ancaman baginya. tapi pada abad pertengahan 15 dimulailah zaman global warming negara bagian eropa, banyak hutan yang rusak karena manusia jadi para naga untuk mempertahankan kehidupannya harus mencuri ternak. tapi berbeda dengan naga yang di asia orang lebih berpikir tradisonal yang masih mempercayai sesajen. sesajen itulah yang dimakan para naga yang dipercayai sebagai utusan para dewa. sehingga di mitologi cina dan bahkan indonesia (zaman hindu - budha) naga itu di muliakan. di akhir film fiksi the last dragon prof. Tunner bertanya: "Apakah naga yang saya teliti benar benar naga yang terakhir ?" hipotesis saya bahwa naga benar benar ada karena hampir di seluruh dunia memiliki mitolgi yang sama yaitu naga. dan naga yang masih hidup sampai sekarang adalah naga lau yanng dikenal dengan nama "Lochness".

Anonymous said...

cobah de nonton filmnya pasti bisa jadi mungkin lah.discovery

Anonymous said...

Ada kok gambar fosil naga ditemukan di china, dlm bentuk tulang, coba search di google.

Post a Comment