Tuesday, April 6, 2010

Makhluk "Oriental Yeti" ditangkap di Sichuan

Seekor makhluk aneh yang disebut sebagai "Oriental Yeti" telah ditangkap di sebuah hutan di wilayah terpencil di Cina tengah.


Walaupun disebut dengan nama Yeti, makhluk ini sama sekali tidak terlihat seperti Yeti. Hewan tidak berbulu ini masuk ke dalam perangkap para pemburu di propinsi Sichuan setelah penduduk lokal melaporkan melihat hewan yang disangka beruang.


Salah seorang pemburu, Lu Chin, berkata: "Hewan itu terlihat seperti beruang tanpa bulu. Tapi ia memiliki ekor seperti kanguru."

"Suaranya juga tidak kedengaran seperti beruang - malah lebih mirip seperti kucing dan selalu mengerang setiap saat. Mungkin ia sedang mencari teman-temannya, atau mungkin, ia adalah hewan terakhir dari golongannya."



"Ada legenda lokal yang menceritakan adanya beruang yang dahulunya adalah manusia. Dan sebagian penduduk mengira itulah yang kami tangkap."

Hewan ini sekarang sedang dikirim ke para peneliti di Beijing untuk dilakukan tes DNA.

Jadi, makhluk apakah ini?

Melihat kulit makhluk ini, saya teringat dengan postingan saya sebelumnya mengenai beruang yang kehilangan bulunya di kebun binatang Leipzig. Kemungkinan hewan ini memang hewan biasa yang terkena penyakit kurap. Tapi pertanyaannya adalah, hewan apa yang memiliki kepala seperti anjing, badan bungkuk dan ekor yang panjang? Anjing biasa?

Ataukah panda merah? Hewan ini hidup di Sichuan.


Tidak mirip? Paling tidak ada alternatif pemikiran kan? :)

Atau, Luwak, alias Paradoxurus Hermaphroditus? Hewan ini yang menghasilkan kopi termahal di dunia (kopi luwak).



Ya. Sepertinya Ini lebih mirip.

Baca juga: Para dokter hewan dibingungkan dengan beruang yang kehilangan bulunya di Leipzig.

(dailymail.co.uk)


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

124 comments:

Anonymous said...

mas enigma gk punya penjelasan ? ato setidaknya pendapat ?

Anonymous said...

Dea .
menurut dea mah , ini lebih mirip anjing yang kawin sama kucing trus kena penyakit dan bulunya rontonk . .
hehehe ngaco banget ...
Tapi yang jelas , binatang ini keliatannya liar banget , dan ... (maaf) menjijikan . .
hehehehe . .

enigma said...

@Anonymous: menurut saya itu hewan yang sakit kulit. Tapi identitasnya tidak bisa saya pastikan.

zumaidil said...

kangguru nggak,kucing bukan,anjing gk mungkin badannya bungkuk,beruang ? tambah aneh kalo dikatakan beruang.

bang tio said...

badannya kayak kucing, palanya kayak anjing, idungnya kayak sapi (bener ga?)
Apa tuh hewan kayak begituan?

enigma said...

Hayoo...maen tebak-tebakan. siapa yang bisa menyebutkan identitas hewan ini dengan pas?

zumaidil said...

kk hewan yg ada fotonya di atas itu ? beruang merah ?

enigma said...

@zumaidil: Hewan yang cute itu adalah panda merah, bukan beruang merah. jarang kedengaran kan?

Anonymous said...

Oom, Oriental Yeti di atas seperti juvenile thylachine ......

zumaidil said...

iya baru liat ada hewan kek gituan.btw tuh hewan paling pas menurut gw tapi kepala ama badannya aja gk

Anonymous said...

Qta tunggu aja hasil tes DNA nya biar pada kgak bingung..hehehe...

Anonymous said...

sepertinya lebih mirip panda merah ... cuma kalo liat di gambar di atas panda merah sepertinya punya rahang yang lebar ... hmm mungkin aja itu hanya bulu yg membentuk seolah2 seperti rahang yg lebar ...

zumaidil said...

gk pernah liat trenggiling emang tringgilang punya kepala sprti anjing ?

Anonymous said...

saia mengira it kangguru pohon,,
cb deh prhatiin tu kaki blakang..KANGGURU BANGED..hho
gmn bro enigma?

*lune

Kirishima Sho said...

setoedjoe sama jang bilang mirip juvenile thylacine, tjoeman di poenggoengnja kajak ada tondjolan (ato emang bongkok?)

enigma said...

@Lune: kanguru pohon memang mirip. tapi sayangnya kanguru pohon hanya hidup di papua.

Sebenarnya ada kemungkinan lain. memang bisa saja hewan itu bukan hewan asli cina.

Bisa saja seseorang memelihara hewan impor, lalu karena terkena penyakit, dibuang ke hutan. Kalau begitu kasusnya, maka kemungkinannya akan terbuka sangat luas.

Anonymous said...

dari pada beruang lebih mirip musang.

dari anak mks

Mohammad Reza said...

Itu KNUCKLES ECHIDNA versi putih. hahaha..tapi echidna kan seperti landak. Pasti itu hewan Planet Namex

Anonymous said...

Kak enigma bahas yg ini d0nk..
Katana d0mba2 di inggris diserang alien,itu h0ax ato bukanya?
Ni link na
http://m.okezone.com/read/2010/04/05/214/319490/domba-di-inggris-diserang-alien
Thx..

Mohammad Reza said...

@Anonymous:Oh kamu yang waktu itu ya? Saya sudah lihat videonya. Unik. Kepala dombanya terbakar, matanya hilang, geraham hangus, tapi ada satu yang aneh sekali: Gigi seri bawahnya bersih dan masih putih. Bulunya masih bagus. Tapi matanya seperti dicongkel saja, tidak ada bekas organ atau jaringannya.

enigma said...

Soal hewan misterius di atas, Saya sudah tambahkan foto terbaru. SEKARANG SAYA YAKIN KALAU ITU ADALAH LUWAK. Selain di Indonesia, Luwak juga hidup di Cina.

Anonymous said...

Lica Lawliet said

Iihh.... Panda merahnya cute banget!
Pengen punya 1 di rumah. Hehe

Mirip luwak yah, panda merahnya. :D

Mohammad Reza said...

Hmm mirip juga, tapi masalah keduanya adalah, penyakit kulit apa yang membuat hewan itu seperti itu?

Vahn Saryu said...

Memang mirip sih bro,tapi bukankah foto makhluk yg dikrangkeng itu lebih besar?
mgkin itu tikus raksasa dari papua yang mengalami fenomena OOPA,xixixixixixi

Chris said...

Akhirnya bisa online juga..
Senangnya melihat keakraban dan suasana hangat di sini :)

Tebak-tebakan ya?
Saya juga mau ikut ah.. :)

Kalau saya memandangnya itu adalah seekor anjing malang (sedih...T_T) yang menderita penyakit kulit yang meluas ke seluruh tubuh. Menurut saya itu karena Tinea Kapitis kronik.

'Kenapa anjing ?'
Saya menilai dari bentuk telinga, ukuran tubuh, bentuk mulut, ekor, tungkai kaki, jari dan kuku, semuanya dapat mengarah pada anjing. Hidung anjing dalam keadaan sakit, terlihat kering berwarna kehitaman dan puncak hidung ,di sekitar lubang hidung memerah dan basah.
Mengenai bungkuk, saya rasa ini subjektif/relatif, tulang belakang anjing dapat menekuk sedemikian rupa, tampak lebih jelas saya rasa, jika kurus dan atau tidak berbulu. Jikapun memang bengkok, bisa karena cacat tubuh pada tulang belakang.
Mengenai suara, hewan yang sakit dapat mengeluarkan suara lirih/merintih karena menahan sakit, ini dapat 'menipu' penilaian kita terhadap jati diri hewan ini.

'Kenapa Tinea Kapitis ?'
Sebenarnya pada manusia penyakit ini lazim disebut 'jamur kepala', merupakan kelompok dermatofitosis (penyakit jamur yang menyerang bagian tubuh yang ber-keratin seperti kulit, rambut dan kuku). Penyakit ini mengakibatkan kerontokan rambut.
Nah ini intinya. Pada anjing, penyakit ini bisa meluas ke seluruh area kepala. Pada anjing , Tinea Kapitis ini bisa menyerang seluruh tubuhnya karena sekujur kulit tubuhnya ditumbuhi rambut (bulu), mengakibatkan hampir seluruh bulunya rontok.
Saya mengatakan 'hampir'. Coba perhatikan dengan cermat, hewan malang ini masih memiliki bulu-bulu yang tersisa berwarna abu-abu di bagian depan leher, belakang leher, punggung dan di bagian tungkai kaki sebelah lateral (luar). Anda bisa perhatikan bulu-bulu abu-abunya mirip (memang terlihat) seperti bulu anjing.

Selanjutnya coba perhatikan gambar. Pada kulit ditemukan lesi (kerusakan) kulit berupa bercak berwarna merah bisa disebabkan perdarahan karena garukan, atau seperti ulkus (seperti bisul pecah) di bagian wajah yang merah dan basah. Selain itu juga ditemukan ciri khas Tinea Kapitis berupa bercak keabuan di kulit dengan batas tegas berbentuk bulat/oval (grey patch ringworm) di bagian dada (thorax) sebelah kiri, perhatikan gambar dari theregister.co.uk ini:
regmedia.co.uk/2010/04/06/oriental_yeti.jpg


Pertanyaan selanjutnya: dari mana sumber infeksinya?
Tinea Kapitis disebabkan oleh jamur golongan Tricophyton dan Epidermophyton yang normalnya memang berada pada kulit atau bulu hewan seperti anjing, kucing dan sebagainya. Ini disebut flora normal (komensal). Pada manusia ini tidak ada, jika ada, maka jamur inilah yang menimbulkan Tinea Kapitis di kepala, dan bisa menyebabkan kerontokan/kerusakan rambut.

(Bersambung...)

Chris said...

(Sambungan...)



Pertanyaan selanjutnya: jika jamur itu adalah flora normal pada anjing, lalu kenapa tidak setiap anjing dijumpai kasus seperti 'oriental Yeti' ini?

Saya pikir itu karena faktor imunitas host (tubuh anjing). Selama imunitas/kekebalan tubuh anjing bagus, tingkat koloni jamur terkontrol dalam batas yang aman yang tidak menimbulkan kerusakan kulit atau rambut (bulu). Jika imunitas anjing menurun, maka jamur komensal tadi menjadi patogen (ganas, menimbulkan penyakit) karena jumlah koloninya tidak terkontrol lagi, kerusakan kulit dan bulu tidak terelakkan.

'Apa yang menyebabkan imunitas anjing itu menurun ?'

Ada beberapa:
1. Usia lanjut: ini merupakan proses fisiologis normal. Aging process menurunkan kemampuan memproduksi leukosit (sel-sel darah putih). Sehingga menyebabkan imunitas menurun.

2. Supresi (penekanan) imunitas akibat agen imunosupresif: kanker tulang atau kanker darah (leukemia), toxin, termakan obat-obatan/zat kortikosteroid, intoksikasi logam.

Saya cenderung pada kemungkinan hewan ini adalah anjing liar yang tua. Jika dibandingkan terkena toxin, termakan zat kortikosteroid dan keracunan logam, saya rasa kemungkinan tentang anjing liar tua, lebih besar. Tidak tertutup juga kemungkinan anjing liar tua ini juga menderita penyakit lain, misalnya infeksi sekunder, seperti infeksi bakteri. Ulkus (luka seperti bisul pecah) dapat disebabkan oleh bakteri. Infeksi di saluran cerna, membuat penyerapan dan nafsu makannya menurun. Semua ini memperburuk keadaan anjing malang itu :(

Ya, mungkin ada (banyak) yang tidak sependapat, pendapa saya bisa salah, bisa benar. Tidak apa-apa, karena semakin banyak opini, semakin banyak kemungkinan yang terbuka, semakin terbukalah 'selimut misteri'nya..dan memperkaya khazanah blog ini pada umumnya... :)

Mungkin setelah hasil tes DNA keluar, tabir misteri berhasil disingkap.
Tapi walaupun begitu, saya berharap ada yang peduli dengan nasib hewan ini. 'Seseorang, tolong hewan malang ini dikirim ke dokter hewan segera...!'

DeeLaBeLLe said...

Yg dgambar pertama kepalany lbh mirip chupacabra hehe

enigma said...

Dee, kalau ketangkap di Amerika, pasti sudah disebut chupacabra, bukan oriental yeti.

enigma said...

@anonymous: soal domba dan alien, mungkin akan susah menjelaskannya. tapi saya janji deh baca-baca infonya.

Lincoln said...

ya sepertinya dari bentuk nya ini memang seekor luwak, tp memang banyak juga bentuk hewan yg identik dgn hewan ini, jadi solusinya tes DNA hahaha

aw3ng said...

klo ane bilang sih klo g luwak ya musang...(halah...sm aja...) ngliat clue dr dokter chris...heheheeee....

Coba perhatikan dengan cermat, hewan malang ini masih memiliki bulu-bulu yang tersisa berwarna abu-abu di bagian depan leher, belakang leher, punggung dan di bagian tungkai kaki sebelah lateral (luar).

...wlopun mnurut ane rahangnya kliatan trlalu "kuat" buat luwak yg g suka "repot nyari makan"...
luwak yg "penggemar musik Kadas"...
hahahaakkk....
piss... (^_^m)

aw3ng said...

nambah dikit...heheeee...
sbnrnya ane kurang sreg dgn kmungkinan anjing, ngliat dr bntuk+ukuran ekor...(ato ane salah liat yah...??)
kayaknya terlalu besar buat ukuran anjing, atopun si kiyut panda merah...

aprian said...

betul kata bang enigma niy luwak yg bulunya rontok


wah jd pgn nyobain kopi luwak kyk apa sih rasanya

aw3ng said...

...psssstt...iklan bro...heheeee...
btw, si "anu" ini ditangkap (or tertangkap) kapan yah...??? klo baca post-blog

"Suaranya juga tidak kedengaran seperti beruang - malah lebih mirip seperti kucing dan selalu mengerang setiap saat.

ditambah post dr chris yg sdmikian lengkap ; yg (jujur) bikin ane mrinding, jgn2 dlm bbrp hari kdpan tu binatang mati...

Anonymous said...

chupacabra gan, kaki depannya lebih pendek daripada kaki belakangnya hahaha

enigma said...

Berita ini dimuat di media2 asing tanggal 5 dan 6 april. barusan hari ini.

Chris said...

Hehe..luwak itu musang ya? Hahaha..saya baru tahu :p

Musang, sepertinya juga bisa...suspect terkuat..haha :)

Waktu pertama kali melihat wajah si hewan misterius ini, saya spontan memikirkan anjing..hehe..ayo siapa yang mau menebak lagi?

rizmaula said...

kayaknya sih itu mirip anjing yang bulunya dicabutin gitu ya? kalo ayam mati kan baru dicabutin bulunya baru di jadin makanan. tapi jangan2 ini, anjing hidup yang belom mati trus mau dimatiin buat dimakan..... hiakkkk...jijai...

Mohammad Reza said...

Arrgh!! Apa-apa chupacabra..(jadi sensi dgn hal2 yg berbau chupacabra) Ntar ada kasus anjing rabies, ya chupacabra, kucing autis, ya dianggap chupacabra. Sudah jelas kan itu ROCKY RACKAT! Papapapa, meong, meong, meong!!

Anonymous said...

Itu beruang yang kiposis.. Krik.. Krik.. Tulang pungGungnya bengkok, jd bentUkny ga sempurna.. Ngakngakngakakakak


by: Yana jegeg

Anonymous said...

Itu sih kucing albino atau kucing spink,ukuranya berapa?Apa sebesar kucing klo iya yang diatas itu jawabannya

bang ben said...

berita nie jg muncul dharian jawa poz hari nie lho.....
tpi g sejelaz pemaparan om enigma.....

Anonymous said...

lala said,,,
wah.. akhir2 ini sering posting tentang China y!!!
keep posting brother!!!

subbuahpakdulUNDIP said...

gw lbh suka pndpt yg diatas...

ITU GAJAH....

huahahaha...cba d pkul dech...bnyinya gmn? mang g isa tau dri bntk gigi,kuku,ckar gtu yah idenditasnya? g ad foto clse up wjhna bang?;-)

Anonymous said...

Dikimon said,
Menurut sy, Itu sih luak indonesia yg coba d kembangbiakan d cina untuk kepentingan komersil (master kopi luak). Kemungkinan tidak cuma satu.
krn tdk bs adaptasi dg baik dia nggak bisa buang air besar,dan malah berpenyakit.akhirnya d buang deh.

Oz Angelo Tumbelaka said...

Ada yang mikir nga klo i2 mirip Chupacabra yg nga ad taringnya?
Nga yah?
sory dech

anak mks said...

bang sudah mulai kerjakan nggak tentang werewolf?

Anonymous said...

kalo saya liat, hewan tsb pasti berjalan dengan 4 kaki, dan itu pasti mamalia seperti anjing, bila dikira beruang, berarti hewan tsb cukup besar bukan? berarti kemungkinan hewan tsb adalah anjing atau luwak mulai tertutup, tapi coba perhatikan sisa bulu dipunggungnya, bewarna ABU-ABU, berarti hewan tsb dulu berwana abu-abu :)

499

Anonymous said...

Myheart2105 berkata..

waaw! qeren nih,, kalo aq nebak sih musang, tp,, mulut ma wjhx agak krg pas, lbh mirip anjing..

musang nm ilmiahx paradoxurus hermaproditus,,koq bs ada kata2 'hermaprodit'? kok bs?


@chris: tuh kaan,, dr kmen km, gk bs nghindar lg..hehe..km mhs kdokteran kan??
sini q analisis: q dh mulai curiga sjak postingan Tamam shud,,trus sleep paralysis, trus postingan ini,, pngtahuan itu bgtu cocok jk km mhs kdoktran..
trus 1 lg, km blg d kmen d ats,, wktu mlihat gmbr mkhluk aneh itu, km blg km spontan mikir itu adlh anjing..trus kamu tulis deh,, krn km tau ttg itu,,dan gak pake link2 lg, trus komen kmu dposting 10 mnt kmdn, kalo dlht dr kmen km yg part 2,,kykx km mmg lgsg nulis gak pake googling2an, itu km tulis dlm wkt krg dlm 10 mnit..kalo googling dulu kan gak kburu dlm 10 menit..
ayo chris, ngaku dunks,,(maksa mode: on :p)

@om enigma: (sori oot om),, tp gmana mnurut om?

Anonymous said...

Dea .
Hayo loh , ka Chris di analisis . .
Waah myheart2105 ternyata pinter nganalisa jg , keren keren . . . .
:D

Chris said...

@Myheart2105 yang penasaran :)

Hmm..analisis yang bagus :)
Tapi pernahkah kamu memikirkan perktaan Mr.Enigma ini? :

''enigma said...
Kalau soal itu, belum tentu.
karena pengetahuan seperti itu bisa dibaca di internet.''

Bagaimana dengan kemungkinan saya telah membaca info terkait, atau saya telah googling terlebih dahulu?

Hehe...tapi sepertinya kamu orang yang pantang menyerah ya.. :)

Anonymous said...

hidungnya terlalu tumpul dibanding anjing, luwak ato beruang. kalo kangguru papua mirip, tapi..

mungkin binatang apa yah itu namanya,.. yang ada tapi belum diidentifikasi.. oh ya! cryptozoologi kalee tuh!!

konspirasi & peristiwa misterius kayak tamam shud dulu tuhh.. serruwww
selalu menanti!

septi

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

waduh,, si chris ini bs aja ada yg djadikan alesan,, analisisq jd tumpul de jadix,,hikz ;(

tp q gak nyerah deh..
aq tetep keukeuh kalo km tu mhs kdokteran:

1. komen km d postingan yg ada hubngnx dgn kdokteran kyk Tamam shud, sleep paralysis en postingn ini, km gk prnah pake link2 website spt komntr km d postingan yg lainx.. terlalu kbetulan kalo km cm iseng gak pake link2..hehe,,

2. dlm kmen km di ats,,km blg km spontan mnebak itu anjing yg pnyakitan ktka km mlht gambarx,, q ykn km gk brbhong ttg kata 'spontan' itu. q ykn kalo km tu gak da gugling bwt ngumpulin info dulu sblmx,,tp bner2 km tls spontan saat tu jg. kalo mang bner km gugling dulu, brarti kan gak 'spontan'? q ykn km ngmg yg sbnarx..hehe..

3. truz yg dpostingan sleep paralysis, km blg pusat ksadran adlh formatio reticularis, sdgkn kalo d lht d wikipedia gak da ptnjk spesifik ttg ini, gk da judul khususx, tp emang bner da yg namax frmatio reticularis d wikipedia,, n yg anehx q bc gak terang2an dgn pasti wkipdia blg frmtio rtclaris adlh pst ksdran.. ksimpulanx,, tu adlh mrni pngetahuan km..hehe..

4. trus, biasax km nulisx baku bngtz, gak da dsingkat2, hmpr gk da ksalhn ejaan, tp d kmntr km di ats, kok kliatanx kykx ada muatan emosi gt? km nulis 'perktaan', kan shrsx 'perkataan', km kelupaan hurf 'a'nya..hehe..

5. q ykn kalo cm gugling duank,, psti gak bkalan bisa psting komen ttg kdoktran detil, sstmatik kyk kmen km,, lgian jarak wktu antara pstingan ini dposting ma om Enig trlalu dekat (kira2 3 jam) dgn kmen km yg prtma,, rasax dgn wktu sgtu dgn gugling gk bkalan ckp wktu bwt mmahami, mgnalisis, n mnyusun kmen kyk kmen km..tul gak?? hehe...

sgtu dl dech,, q mau pkir2 dl analisis yg lain..hehe..
btw, chris, q mhn maav yach kalo km gk brkenan ma komen aq ini..q pnsaran bngtz...

peace ^0^v

Anonymous said...

Dear Enigma,

Mas,ukuran tuh hewan berapa?
apa ada kemiripan juga ama Racoon?

The Wolf

enigma said...

Tidak ada keterangandi sumbernya. tapi saya rasa cuma seukuran seekor anjing dewasa.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@septi: kalo soal hidung, aq sih mlhtx kyk hdg anjing yg lg kena kurap,, ato jmuran kyk yg dblg chris,, cb lht gmbr kdua,, dr skilas aja q jg s7 itu adlah anjing yg bulux rntok krn pnykt. hdgx jg kyk hdg anjg koq...


@om enig and everyone: cb prhtkn deh gmbr yg kdua, d perutx ada bnjolan,, mgkn itu tumor ato kanker?? mgkn ini nih yg buat hwan ini jd sakit,, ato pke istilah si chris, mnrunkan imunitas tbuh hwn itu, shg jamuran...

Anonymous said...

aku bantu Myheart2105 deh...
Chris itu kalo gak mahasiswa kedokteran, ya berarti udah jadi dokter betulan.. wkwkwk...

-dina-

Anonymous said...

oo...Okelah Kalau Begitu...
Kalau begitu saya lebih yakin itu adalah seekor Luwak yg mungkin menderita penyakit kulit (pitiful)...

The Wolf

Anonymous said...

@Myheart

Gan,tapi anjing badannya gk bungkuk kayak gitu lho...terus kupingnya juga gk begitu mirip ama anjing...
saya tau karena dulu saya sering gendong n peluk anjing saya yg sudah mendiang sekarang...

The Wolf

Anonymous said...

kasian ya dy. ditangkep terus diteliti gak bakal bs hidup bebas lagi =(

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...
@the wolf: he, anjgx bgkuk ya?? tp q lht biasa2 aja,, tlingax jg kyk tlinga anjg,,
kalo bgkuk mgkn mmg krn pnyakt kali ya..
tp yg bkn q ykn t anjg, adlh ksan prtma wkt nglihat foto yg kdua..
tp gk tau jg..bd org bda prsepsix..

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@dina: s7! kok kykx si chris mnymbunyikan jt dirix ya?
oya dina, knapa km ykn jg kalo si chris mhs kdoktran?..oya, si chris q rasa msh mhs, soalx dia prnh ngasih soal mtk ttg umurx..

Anonymous said...

@myhearth2105: aduh tengah malem ditanyain yang beginian... berat bang!!! nanti aja yah, aku lagi diburu waktu ngerjain tugas kuliah numpuk...

*berdoa dan berharap pagi jangan cepat datang*

*curcol deh aku... hahaha*
-dina-

Deny Deyn said...

pertamax...
maksudnya prtama ngasih koemen disini :D
hehe trtarik baca komen Myheart2105 yg malah nganalisa chris haha

eniwai. menurutku itu bukan luwak, soalnya pas liat gmbr kedua, ekornya beda dgn luwak, luwak ekornya meruncing..klo gmbar kedua besar memanjang.. eh benar kan itu ekor? cmiiw

Anonymous said...

@Myhearth2105 : soal dari cris seperti apa??
bagi-bagi dong..

-ANBU-

juragan sipil said...

komentar ini mulai terbagi dua.. satu menganalisis hewan mirip Luwak.. satu menganalisis manusia bernama Chris..

Jangan-jangan.... ah... nggak ah.. saya nggak berani menghubung-hubungkan antara kedua kasus di atas.. :D

Anonymous said...

BaMbz
kayaknya memang lebih mirip dengan chupacabra deh(CMIIW)

zumaidil said...

kpn nih di update kk sama sumber aslinya ? gk sabar nunggu hasil tes dna

Anonymous said...

kk kenapa gk di bikin aja kotak chat ? kan enak kalo cuma mau beri pesan singkat

enigma said...

Kotak chat akan dgn gampang disalahgunakan. Baik spam ataupun omongan tdk sopan.

Anonymous said...

kebanyakan makan biji kopi kali tu luak.
haaaaa...rontok dahh..

Anonymous said...

Ariel 10 said...
Om tolong bahas UFO yang di Australia ya om saya sih sudah mendengar sedikit beritanya tetapi rasanya kurang mantap kalau tidak di bahas Om Enigma ,kalau bisa diposting ya Om *_^

Anonymous said...

teruskan! om enig keren deh, ngebikin artikel misterinya, dan pembaca yang menanalisis jadinya, blog ini lebi idup. idup enigma!!!!!

Anonymous said...

bang enigma, ada misteri baru ni (sebetulnya ya gak baru2 amat, cuman kayaknya blm ada yg membahas) td sy lihat di tv tentang kandungan seorang perempuan yg tiba2 menghilang, pdhl usia kandungan ada yg sdh 7bln, 9bln, dll. (sdh diperiksa oleh dr, kandungan jg klo sblmnya ada janinnya).
misteri kan bang? masak kandungan tb2 bisa ilang? ayo di ulas bang...
-todi-

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

uwaah..trnyata da yg pnasaran jg hehe...

@ANBU: soalx ada di kmentrx si chris d sini:
xfile-enigma.blogspot.com/2010/03/inbox-karpet-misterius-di-danau-baikal.html

ini aq copy-kan:

Ok, berhubung sepertinya kamu antusias 'banget' tentang jati diri saya, saya akan beri bocoran 'sedikiiit aja' ya :) Ini usia saya, dicari yang
tekun ya, hehehe ^_^v
''Jumlah akar-akar persamaan kuadrat dari duapuluh satu eks kuadrat ditambah duapuluh satu eks dikurang seratus duapuluh enam, kemudian
hasilnya ditambah lima
dan dikali sembilan, kemudian ditambah
empat, kemudian dikali dua, hasilnya dikurang limapuluh delapan''
Hehe...tidak apa-apa kan Myheart, biar lebih penasaran :)
Nah, kalau sudah dapat usia saya, kamu bisa prediksi aktivitas utama saya. Oya, kalau kamu sudah tahu, cukup disimpan dalam hati saja ya Myheart, hehehe...
^_^v
Wah, hari ini hari yang berat ya...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@juragan sipil:
jangan2 apa?? wkwkwkwk.. :o

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

aq jd keranjingan kmentar..hehe :p

@deny deyn: s7! awalx q kr tu luwak,, tp stlh q pkr2 lg,, gukguk aja deh..hehe..
bener, slain wjhx yg emang mirip ma gukguk (foto kdua), ekorx q kr jg. iya, itu tu ekorx,, bulux dah rntok, n luka2 gt,, ujungx gak runcing alias tumpul dan brdarah,,
en eniwei, ada jg ksan ekorx kyk terpotong..he?? trpotong??! jngan2 hwan malang ini dianiaya, diracun, trus diptong ekorx,, n dibikinlah cerita Yeti jadi2an ini!
mgkn cm cr snsasi ato promosi daerah yg brsangkutan???

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@chris: kalo km bc kmenq ini,, komen balik dunks..aq dah analisis lho,, hayo..ngaku yach..hwehehe :o

Anonymous said...

@Myhearth2105: iya sih kalo soalnya dijawab ya seumuran mahasiswa. Tapi apakah mahasiswa kedokteran? kayaknya sih kitaran itu... tapi segitu dulu deh. aku belum ngamatin bener kayak kamu. (alasannya tugas bos....tugas! nasib jadi mahasiswa penunda tugas. udah mumpuk dan deket deadline, pusiiiing!!!)
tapi yang pasti chris itu waktu sma pasti jurusan IPA, senang senang membaca, dan mungkin introvert... hehehe... :)

eh, belum menyapa chris..
Hi chris...!!

-dina-

Chris said...

@Myheart2105:
Ternyata benar, kamu orang yang pantang menyerah ya :)

Mm..bolehkah saya menanggapi masing-masing point kamu? Hehe..

1. Bagaimana jika itu adalah pengetahuan yang sifatnya umum, maksud saya kita bisa memperolehnya melalui rajin membaca?

2. Ya, saya memang spontan berpikir hewan itu anjing dan spontan juga menuliskan komentar tanpa googling.

3.Mm...bagaimana kalau saya tidak mencarinya di Wikipedia? Hehe..

4. Wah, kamu jeli juga ya :) , iya saya lupa menulis huruf a nya..hehe..

5.Mm..bagaimana kalau hal itu juga mampu dilakukan setiap orang yang sungguh-sungguh? Saya rasa kamu pun mampu melakukannya..hehe.. :)

@Dina: hi, juga Dina :). Semoga tugas dan kuliahnya lancar ya...

Anonymous said...

@ -dina-
saya juga belum menyapa kaka Chris..
Hi kaka Chris...!!!!!

virya

Chris said...

@virya: salam kenal juga ya Virya :)
Kok saya dipanggil kakak? Apakah saya lebih tua dari kamu?
Hehe..

Anonymous said...

nie hewan yang saat berada di kandungan, induknya tercemar oleh radiasi entah apa namax, tetapi sang induk dapat lolos dari seleksi non-alam ini dan terjadi kelainan gen di tubuhnya dan embrio, saat lahir kelainan itu muncul kembali di sang anak
bah!!???? ngomong apa gw,
hahaha, cm teori dari saya

junjun said...

menurut sy ni adalah tikus raksasa yang bulunya rontok aklibat dari sebuah radiasi yang msh belum di ketahui...hmmm..

serasa jadi profesor... hehehe...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

wedeeewww!!?

hikz, kmen analisisq dipatah2in smua ma chris,, hikz hikz...T_T

tapi q teteup yakin kalo km tu mhs kdokteran,, ntr q analisis lg kalo da bukti2 lbh lanjut n meyakinkn,, wuahahahaha... (*ditabok! hikz..*)

Anonymous said...

Aye Anonymous yang nebak thylachine itu looh...

biar gampang sebut aye andi bro....

Bro, kan bisa aje jaman dulu pas thylachine masi exsis ade penyelundupan thylachine ke cina tapi gak ketauan... trus yang "eyangnya" lepas.... gak ketangkep.... jadi maseh ada..... yang ene kena penyakit apa gitu tapi lupa... Hehehe...... ahernya ketangkep ma orang Sichuan.... Oriental Yeti "bugil" deh.....

hehehe...bye....

angger said...

wah gambarnya serem juga sob,tepatnya rada menjijikkan,karena gak ada bulunya..hahaa

saladdinakbar said...

wah klu luwak masih lumayan banyak mas di daerah saya sering makan buah kopi milik para petani

Lica Lawliet said...

imut.... imut banget panda merahnya.... baru tau saya ada panda selain panda hitam-putih.... hehehehe :)

btw, saya rasa lebih mirip si luwak daripada si panda merah deh sama 'oriental yeti' itu.... :)

ngomong2, mr.enigma. apa sudah dipastikan hewan apakah sang 'oriental yeti' yg malang itu?

co mentor said...

i think itz very obvious:
klo ngga KANGGURU ya sejenis LUWAK yg kena leukimia gitu deh..wkwkw..
klo dogie sih gak mungkin yah, liat aja perbandingan kaki depan ama blakangna, kaki depan fungsinya cenderung ke fungsi tangan daripada sekedar bwt jalan..trus buntutna.. buntut dogie klo di cukur ga kan segede itu deh rasanya..
trus klo mslh habitat asal sih ga jadi acuan coz disini aja ada singa afrika, onta arab dll..
@enigma nicely post bro..keep up d'gud'werk..

Nikon S210 said...

Ya mungkin sejenis luwak atau panda merah yang cacat atau bulunya rontok kali bro. Tadinya saay sempet deg-degan waktu mau buka postingan ini soalnya judulnya Yeti sih, kan serem.

sesar said...

itu beruang merah bro sis,,,,,,,, itu bkn panda merah gimana sih panda hanya idup di cina

Post a Comment