Saturday, May 8, 2010

Kasus teleportasi Gil Perez yang misterius

Sampai saat ini, teleportasi mungkin hanya merupakan bagian dari film science fiction walaupun banyak kisah-kisah yang mengkonfirmasi kemungkinan adanya fenomena ini. Di bawah ini adalah salah satu kisah pendek mengenai sebuah kasus kemungkinan teleportasi yang terjadi pada abad pertengahan.


Pada pagi hari tanggal 24 Oktober 1593, Para penjaga di Mexico menemukan seorang pria kebingungan yang berkeliaran di Plaza Mayor di Mexico City. Apa yang membingungkan dari pria ini adalah, ia mengenakan seragam prajurit Philipina yang berjarak 9.000 mil laut dari Mexico.

Pria itu bernama Gil Perez dan ia tidak tahu bagaimana ia bisa sampai di tempat itu.

Sebagian orang yang membaca kisah ini beranggapan kalau dengan suatu cara, Gil Perez telah mengalami teleportasi secara misterius sehingga bisa muncul di Mexico.

Sejarawan lainnya meragukan akurasi kisah ini dan menganggapnya sebagai hoax atau sebuah urban legend yang berusia sangat tua. Sejarawan Mike Dash misalnya, menganggap kisah ini tidak bisa dipercaya karena catatan mengenainya baru muncul pada abad ke 17, sekitar satu abad setelah peristiwa munculnya Perez di Mexico.

Tapi, sepertinya, cukup menarik untuk menyimak pengalaman Gil Perez. Soal percaya atau tidak, saya serahkan kepada masing-masing pembaca.

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Gil Perez tiba-tiba muncul di Plaza Mayor di Mexico City pada tanggal 24 Oktober 1593. Saat itu Perez mengenakan seragam Palacio Del Gobernador, prajurit pengawal istana gubernur di Philipina.

Saat itu Philipina berada di bawah kekuasaan Spanyol dan Perez adalah prajurit Spanyol yang ditugaskan di wilayah itu.

Yang misterius adalah, bagaimana Perez bisa berada di tempat itu.

Menurutnya, ia sama sekali tidak mengerti bagaimana ia bisa muncul di tempat itu. Ketika ditanya oleh para penjaga yang menemukannya, Perez menjawab:

"Nama saya Gil Perez. Soal mengapa saya berdiri disini adalah karena saya sedang menjalankan perintah yang diberikan kepada saya. Pagi ini, saya diperintahkan untuk berjaga-jaga di muka pintu istana gubernur di Manila. Tetapi, saya tahu persis kalau tempat ini bukan istana Gubernur dan sepertinya saya tidak sedang berada di Manila. Saya tidak tahu mengapa dan bagaimana saya bisa berada disini."

Menurutnya, saat itu ia sedang bertugas di istana gubernur di Philipina. Lalu, ia merasa pusing dan hampir pingsan. Kemudian, ia bersandar di dinding sejenak dan menutup matanya.

Ketika ia membuka matanya kembali, seluruh pemandangan di hadapannya telah berubah.

Sekarang ia berada di Mexico City.

Perez mengakui kalau ia tidak mengerti mengapa ia bisa berpindah tempat.

Ia juga menceritakan kalau malam hari sebelum ia muncul di Mexico, gubernur Philipina, Gomez Perez Dasmarinas, telah dibunuh oleh para pembajak Cina di Maluku.

Ketika diberitahu kalau ia berada di Mexico, Perez menolak untuk percaya karena pada tanggal 23 oktober, ia masih berada di Manila dan mendapatkan perintah untuk bertugas. Karenanya, mustahil ia bisa berada di sebuah tempat yang sangat jauh jaraknya dalam satu hari.

Otoritas Mexico yang mengetahui peristiwa aneh ini segera memasukkan Perez ke penjara karena menganggapnya sebagai desertir dan melakukan praktek penyembahan setan.

Perez menolak anggapan kalau ia adalah penyembah setan. Menurutnya ia telah berpindah tempat dari Philipina ke Mexico dengan suatu cara yang tidak dapat dimengertinya. Karena tidak mendapatkan kesalahan apapun pada dirinya, Perez dibiarkan di dalam penjara selama dua bulan.

Sampai saat itu, tidak ada yang mempercayai Perez hingga sebuah kapal dagang Spanyol tiba di Mexico dua bulan setelah Perez dipenjara.

Kapal dagang tersebut datang dari Manila dan membawa kabar yang mengejutkan.


Kabar itu mengkonfirmasi fakta yang diberikan oleh Gil Perez mengenai terbunuhnya gubernur Philipina oleh bajak laut Cina pada tanggal 23 Oktober 1593, malam sebelum Perez muncul di Plaza Mayor.

Bagaimana Gil Perez bisa mengetahui fakta ini?

Jika ia ditemukan pada tanggal 24 Oktober, maka, mustahil ia bisa mengetahui informasi ini karena sebuah pesan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk tiba di tempat tujuan pada masa itu.

Bukan itu saja, kapal itu bahkan membawa seorang saksi yang bersumpah kalau ia melihat Perez ada di Manila pada tanggal 23 oktober 1593.

Mendengar ini, otoritas di Mexico segera membebaskan Perez dan mengembalikannya ke Philipina dimana ia kembali diberi tugas sebagai perajurit penjaga istana gubernur.

Walaupun kisah ini sukar dikonfirmasi, namun catatan mengenai Perez yang sudah ada pada abad ke-17 cukup menarik karena pada masa itu, ide mengenai teleportasi belum dikenal sama sekali. Dan kasus Perez akhirnya menjadi satu di antara sekian kasus misterius abad pertengahan yang tidak terpecahkan.

(wikipedia, psychic101.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

100 comments:

Anonymous said...

Mungkin Perez mempunyai pintu "Kemana Saja DORAEMON". Jadi bisa pidah2! Wkwkkwkwk
Bercanda Mode: ON

Vahn Saryu Personal Blog said...

wah, bro enigma posting di siang hari nih.. ada apa gerangan?he..he..he

Vahn Saryu Personal Blog said...

Hmm..saya pernah baca kisahnya. Gil Perez kalau tidak salah jumper pertama ya bro?

enigma said...

Mungkin juga bro, setahu saya, ini kisah tertua mengenai jumper.

wong_deso said...

teleportasi = jumper = kayak difilem thank bang enigma, blog ini merupakan blog terfaforitku yang wajib kunjung bukan hanya memaparkan tapi juga mengulas....good..salam

Anonymous said...

bang enigma tolong donk bahas john titor dari indonesia

ANIS said...

Kayak film Quantum Leap...my fav tuh....
nice posting bang...
Kiriman imel ku kok gak pernah di bahas Bang..???hehehe....
Gak ada manfaatnya ya Bang..??

Freak Boy said...

kayak jumper ya ?? bedanya kalo jumper kudu mikirin dulu tempat dimana dia akan pergi.
O iya bro enigma, saya penggemar berat blog ini loh, dari sejak awal dibuat. cuma baru kesampean comment sekarang. maklum baru pnya google account. hehhehe
sukses ya !! keep posting

Anonymous said...

nice posting bung enigma, tpi saya tidak trlalu percaya pada hal .smcam ini .. dan mungkin ini cuman cerita khayalan orng jaman dulu.. orang jman dlu kan doyan ngayal...contoh : ada cerita gunung yg terbentuk dri perahu kebalik (busyet gede bnget tuh perahu) ..sampe kisah orng yg bisa ngintipin bidadari mandi.. (enak bner tuh orang)... yah ini cuman skedar my opinion... ^_^

Anonymous said...

saya penggemar berat blog ini,,selain ulasan yang tepat,,good job brotha,,keep posting

joyondaru said...

coba deh di mbah GOOGLE di ketik "KANTONG MACAN" leluhur kita doelu dah banyak yang pake....
teleportasi ala WONG JOWO.

Mohammad Reza said...

Hmm..interesting like usual..Saya rasa dia masih terlalu dini untuk disebut jumper, saya rasa, sang waktu pada saat itu tanpa sengaja berbelok. Jumper, adalah subjek seperti killer, artinya dia mempunyai kemampuan untuk bertindak, tapi Perez sama sekali tidak diceritakan melakukan sesuatu yang mengakibatkan berbeloknya ruang dan waktu. El misterio es un regalo.

Mohammad Reza said...

Wow, pengantar tidur... Tidur macam apa yang baca cerita beginian? Hmm..baguslah, ceritanya bisa menambah daftar misteri..

Anonymous said...

hmm... teleportasi ya...

Ngomong2, memang ada ya bukti kalau si Perez dan catatan tentang dia itu bener2 ada DAN asli DAN bukan sengaja dibuat? Kalau benar, saya setuju kalau ini memang teleportasi. Tapi kalau tidak? Hmmm... Dan seperti Mike Dash, saya juga menanyakan kenapa butuh 1 abad bagi cerita itu untuk muncul ke permukaan. Menurut bung enigma?

u-tell

Anonymous said...

secara fisikanya mungkinkah?
hehehe, gak manggil om lagi deh. analisanya "mas" chris dari sudut pandang science kayaknya mungkin ya????

Yoza said...

wah bagus artikelnya ^^

Sekedar memberi informasi,
mungkin bermanfaat.

Saya pernah baca di satu buku, jadi kita bisa berpindah tempat tanpa kita sendiri sadari. Ada bebrapa kejadian serupa, tp saya lupa bagaimana rincinya, yang pertama seorang pria sedang berjalan kaki dan tiba2 sudah berada di tempat bermil mil jauhnya.

Lalu ada sepasang suami istri dari Eropa (kalau tidak salah)yang hendak pergi ke sebuah tempat, karena malam hari jadi gak keliatan pemandangan sekitar, pas mereka melihat tanda di jalan mereka ternyata sudah berada di benuaAmerika . Padahal kan tidak mungkin menempuh benua lain dalam beberapa jam. Terlebih Amerika dan Eropa berada sangat jauh dan dipisahkan oleh lautan.

Dari cerita di bukunya itu dijelaskan terkadang kita dapat berpindah tempat dengan mendengarkan suara dari kejauhan. beberapa orang yang punya kekuatan khusus bisa mendengar ada yang memanggil mereka dari kejauhan, kalua orang itu berkonsentrasi dan menutup mata ia akan merasa mendekati suara itu, lalau saat bangun dia sudah akan berada di tempat suara itu berasal.

-semoga membantu, mohon maaf apabila salah-

Anonymous said...

@yoza: hehe, anda sopan sekali ya. Terima kasih untuk infonya :)

Saya sih bukan orang skeptis yang langsung bilang hal2 semacam ini 100% tidak benar atau bagaimana. Jika info mengenai hal2 ini adalah sebuah fakta, saya mengambil posisi untuk percaya. Sekali lagi, jika info ini memang benar2 FAKTA. Lagipula menurut saya di dunia ini memang ada hal2 yang belum bisa dijelaskan dengan logika manusia kok. Crop circle, misalnya?

Yah, ini pun kembali pada diri kita masing2.

u-tell

ACE said...

abad pertengahan kayaknya banyak mistos dan urban legendnya ya,kalo ane bisa kembali ke abad pertengahan ane bakalan jadi ksatria dan bertempur di atas kuda hahaha.maaf kalo menyimpang dari topik soalnya saya adalah penggemar berat abad pertengahan

wire said...

gila ya mungkin ternyata teleportasi itu kerjaan wong samar yang baru belajar ilmu mindahin orang

Anonymous said...

syarif..keren juga kalau ak punya kekuatan seperti itu ak mau kunjungi KAABAH di arab saudi .dan kunjungi norwegia yang katanya punya pemandangan yang paling di dunia.maybe someday akan ada alat seperti itu ya bang enigma.kalau bang enigma mau kemana kalau bisa teleportasi gitu? bales ya...

JustVincent said...

wah, bagus tuh

kalo tentang teleportasi, mungkin bisa bahas tentang Philadelphia Experiment.

bang tio said...

ini kasus tertua? Berarti ada yang lain dong. Tertua berarti waktu kejadian paling tua, klo yang terbaru kapan?
Ada brp kejadian mirip ini sampai sekarang?

Anonymous said...

bung enigma, punya penjelasan nggak mengenai patung bunda Maria yang bisa "nangis" darah?

Anonymous said...

Dea .
Nice posting kak . .
Oh iya , skdar info aja . .
Di Cirebon lbih tpat.a d komplek pmakaman Sultan Gunung Jati katanya ada slah stu lorong yg bs nmbus langsung ke Mekkah ,jd kalo ad org yg msuk k lorong itu ntar kluar2 udah d Mekkah , tapi yg bisa ngelakuin itu cuma org2 zaman dulu yg 'berilmu' , jd mrka kalo shalat langsung ke Mekkah . . (enk bgt bs shalat di Mekkah tiap hari)
Tp ga tau jg sih kbenaran.a tp crta ini udah turun temurun gtu di Cirebon . .
Maaf kalo ada unsur Sara , tlg diedit yg kak . . :)

Anonymous said...

@Dea: asli orang cirebon? aku cirebon. kalo terowongan yg nembus mekah itu adanya d komplek petirtaan gua sunyaragi, nanti ada tembusan terowongan kekeraton kesepuhan juga dari situ. tapi ini memakan waktu lama kalo mau jalan ke mekah lewat terowongan. ga bisa sekejap kan?

@bang enig: gimana kondisi cuaca waktu Mr.perez terteleportasi? siapa tau ada warpzone akibat petir dll...

Ms.Terry

Berlin said...

waaaah, saya baru aja kemaren nonton film The Time Traveler's Wife... mungkin ini nenek moyangnya tokoh utamanya film itu. wahahaha...

Anonymous said...

btw...katanya para sunan itu juga mampu untuk berteleportasi dalam sekejap ke mekah untuk berhaji. saya baca, di india juga ada yg bisa. itu loh...yg namanya baba baba gt.

Ms.Terry

aw3ng said...

@Ms.Terry : br buka, br baca, br no komen...eh, dah keduluan...
gimana kondisi cuaca waktu Mr.perez terteleportasi? siapa tau ada warpzone akibat petir dll...

btw, ane jd inget crita ttg slh satu pnumpang bis AxAx, dr Jakarta dia mo ke Bali...tau2 dia ketiduran, dan 1/2 jam kmudian (mnurut crita) kondektur teriak2 "Bali turun...Bali turun..."
hasilnya...1/2 jam dan si pnumpang tgl 1X naek bis dah smp kBali...enak yah...
untung aja dia tidur...cb klo melek, smp mana dia...sm jg ky mr. Perez...untung merem...cb klo melek..."nyasar" kmana tuh???

Anonymous said...

@Ms.Terry :iya dea Cirebon asli . .
Oh dea malah gak tau soal itu . Yg dea tau mah terowongan yg di makam sunan ajah , katanya mah cepet kok nyampenya cm skjap . . .
Hehehehe :)
ali baba bukan kak ?

ichabod_CRANE said...

keren,tapi mungkin ada yang menteleport dia kali...?
gimana bro ENIGMA....?

Juan Marthin said...

Another great mitery.
Membaca postingan ini jd teringat juga sama film Doraemon yg tentang lubang waktu. hehehe
(ga nyambung yaa)

Anonymous said...

jadi ingat hiro nakamaura yang ada di film heroes^^.cuma menutup mata dan bisa mengendalikan ruang dan waktu.

Anonymous said...

om enig post tentang alam bawah sadar dong.......

Verisky said...

Mr. Enigma, temenku pernah ngomong katanya kalo kita memfoto pohon, terus hasilnya di pohon banyak bintik2 cahaya, berarti di situ banyak hantunya. Kata temenku itu karena kan hantu di ciptakan dari api terus dia bereaksi dengan oksigen di sekitarnya, jadi begitu. Tolong dong Mr. Enigma post tentang itu, soalnya aku penasaran nih.

Chris said...

Wah, teleportasi ya. Ditulis dengan bagus, mengalir lancar. Plus contoh: kasus Gil Perez.

Saya menanggapinya menjadi 2. Kisah Gil Perez dan Teleportasi itu sendiri.

Kasus Gil Perez

Saya setuju dengan bro/sis U-tell, jika ternyata memang Gil Perez memang ada, dan kejadiannya memang ada dan dikonfirmasi oleh pelaut dari Filiphina, dan mengingat waktu kejadiannya hanya berselang 1 hari dengan jarak tempat 9000 mil laut, maka memang kuat alasan untuk mengatakan sesuatu yang luar biasa telah terjadi padanya, seperti teleportasi.

Tapi, masalahnya, konfirmasi oleh pelaut dari filiphina mengenai kejadian ini, juga merupakan bagian dari cerita, sehingga walaupun ceritanya terlihat nyata, masih ada kemungkinan untuk tidak mempercayainya. Pertanyaan ''apakah kisah ini benar-benar terjadi??'' dan ''apa bukti bahwa cerita ini bukan hoax??'' dapat muncul dan bisa membuat orang-orang meragukan kebenaran kisah itu. Terlebih lagi pertanyaan ini: ''dan mengapa kisah ini baru muncul 1 abad kemudian??'', ''Bukankah seharusnya cerita yang luar biasa tersebar luas dengan cepat??'', ''jika seandainya hal ini dirahasiakan, why??, sepertinya tidak ada indikasi bahwa hal ini perlu dirahasiakan bukan?? Tidak ada yang dirugikan bukan jika kisah ini tidak dirahasiakan??''

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan di atas, ya, bisa saja kisah ini hanya karangan saja, hasil imajinasi kreatif manusia menembus batas-batas realitas kehidupan sehari-hari.


Mengenai Teleportasi

Saya rasa ada beberapa fenomena yang digolongkan menjadi teleportasi.

1. Memindahkan objek (benda mati atau makhluk hidup) seketika ke tempat lain.

2. Berpindah tempat (diri sendiri) ke tempat lain dalam sekejap mata.

3. Mengalami perjalanan ke suatu tempat, tetapi sampai di tempat tujuan yang tidak semestinya, baik ke tempat yang tidak dikenali, ataupun ke tempat lain yang berjarak sangat jauh, yang mustahil ditempuh hanya dalam waktu yang sebentar.

Ketiga hal di atas, dapat digolongkan dikehendaki ataupun tidak dikehendaki.
Jika dikehendaki/disengaja melakukan teleportasi, mungkin itu bisa dikatakan sebagai 'jumper'. Tapi jika tidak, maka bukan jumper, seperti kasus Gil Perez itu.

Mengenai teori, ada beberapa versi yang saya baca. Dan nanti saya menambahkan hal yang berhubungan dengan agama.

1. Dematerialisasi

Prinsipnya, objek diurai menjadi partikel-partikel, mungkin foton (paket energi) atau sebagainya, kemudian diproyeksikan ke suatu titik dan diubah menjadi objek lengkap kembali, sebagaimana keadaan sebelum dikirim. Ini teori yang sepertinya dipakai pada film Star Trek. Tapi sepertinya teori ini tidak menjelaskan bagaimana pikiran/jiwa ditransfer, jika yang diteleportasi adalah makhluk hidup.
Selain itu bagaimana penguraian objek, proyeksi ke suatu titik dan penyusunan kembali, berbau science fiction. Belum terlihat nyata untuk teknologi kita saat ini.

(Bersambung...)

Chris said...

(Sambungan...part 2)

2. Worm hole
Objek tidak di-dematerialisasi, tapi lebih pada shortcut ke lokasi tujuan. Worm hole digunakan sebagai shortcut. Ini dapat kita temui pada film jumper.
Dalam penjelasannya, worm hole berfungsi sebagai lorong yang melipat ruang yang bisa menjadi shortcut, dan di dalamnya objek melaju dalam kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya, sesuatu yang terdengar mustahil untuk dilakukan oleh manusia jika masuk ke dalamnya. Mengenai apa yang terjadi pada worm hole, saya rasa hal ini masih spekulasi. Bagaimana proyeksi dilakukan melalui worm hole, hal ini juga belum jelas. Walaupun terdengar saintifik, tetapi bagaimana proses yang terjadi sebenarnya masih spekulasi, sehingga hal ini juga terdengar seperti science fiction.

3. Dematerialisasi+Wormhole

Teori ini saling melengkapi. Proyeksi dilakukan dengan memanfaatkan wormhole, dan objek yang ditransfer dalam lorong wormhole dalam bentuk foton setelah di-dematerialisasi.
Tapi, berhubung 2 teori mendasarinya masih spekulasi dan teoretis, jadi konsep ini juga tergolong spekulasi/teoretis saja.

Sampai di sini, teleportasi tidak memiliki penjelasan yang memuaskan, sehingga mungkin banyak yang menyangkalnya, dan menganggapnya cuma science fiction. Hmm..sah-sah saja

Tapi, saya berpendapat bahwa apa yang kita sebut teleportasi exist.
Mungkin dari segi sains masih spekulasi dan belum mempunyai penjelasan yang memadai. Tapi dari segi keimanan, saya mempercayai bahwa teleportasi dapat terjadi atas izin Tuhan.
Maaf, saya tidak bermaksud SARA. Tetapi sepertinya jika kita mengeksplor lebih lanjut, mau tidak mau agama juga akan terbawa.
Dalam Al-Qur'an surat An-Naml ayat 38-40 disinggung mengenai teleportasi. Yaitu seseorang yang mempunyai pengetahuan tentang kitab suci, melakukan teleportasi terhadap singgasana Ratu Balqis (Sheba) dari istananya ke istana Nabi Sulaiman hanya dalam sekejap mata, kejadian itu ditutup dengan kutipan perkataan Nabi Sulaiman yang diabadikan dalam ayat tersebut: ''ini adalah dengan rahmat dari Tuhan-ku!''.

Jadi, sampai saat ini saya memandang teleportasi itu ada. Tetapi itu lebih karena 'Perbuatan Tuhan'. Jika sains mengajukan dematerialisasi+wormhole, maka kedua hal yang belum/tidak akan mampu dilakukan manusia dengan teknologinya, maka hal itu tidak berlaku bagi Tuhan.
Hehe..itu sebenarnya adalah penjelasan 'maksa' yang mencoba mendefinisikan proses teleportasi yang dikarenakan 'Perbuatan Tuhan'. Mungkin saja prosesnya tidak seperti itu sama sekali, atau bahkan tidak melalui proses sama sekali.

Semua yang saya tulis ini hanya opini pribadi saja.

enigma said...

@Verisky: soal itu, kamu bisa baca disini:
http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/05/x-news-fenomena-penampakan-orbs-100.html

fai said...

apanya julia perez tuh XD.....
Nice posting..........

Lica Lawliet said...

klo di dunia ini teleport bisa dipelajari, kendaraan yg diperlukan buat transportasi ga bakal ada yah.... kemana-mana jd gampang.... hehehehe >.<

INFERNUS said...

Baca dulu aah....
P.S: penah bahas soal:
- USO (Unidentified Submerged Objects)
- ONA (Orders of Nine Angels)
Kalo belum, request, yah...

aw3ng said...

@Chris: emmm...trus klo kisah si penumpang bis (maap) akas itu tmask mana ???

...klo trasa g layak, g di-post ane rela kok bro En, coz bw2 nama...(AKAS)

Anonymous said...

kaq enigma boleh minta tulisan tentang batu berlayar di death valley gak ???

shiirnyaak said...

emang di abad pertengahan yang beloom terpecahkan apa aja sih? bisa nggk kapan-kapan di posting? heheee makasih, maaf merepotkaaan :)

Anonymous said...

sansan

bro,bagaimana mereka berkomunikasi
kan mereka beda bahasa???
trus bagaimana kelanjutan crita it bro ap gil perez dkirim krembali k philipina ato ttp dpenjara???

misteri ttp akan mnjadi misteri krna hdup kita jg misteri
hahahaha

Anonymous said...

@chris: Jangan khawatir bung, anda tidak sendiri kok. Saya juga dari awal adalah orang yang percaya teleportasi memang bukan cuma cerita fiksi belaka (di kitab suci juga sudah dijelaskan). Maka saya katakan, kalau kasus Perez benar2 terjadi, "saya setuju kalau ini memang teleportasi", bukan "saya baru percaya teleportasi itu ada" :)

Dan ini pun juga hanya opini pribadi. Anda sekalian berhak untuk berpegang pada hal2 yang anda percayai benar.

u-tell

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Uwaah...teleportasiii!! ^0^
@om Enig:
Thx udah dmuat y om Enig... Jd ksimpulanx dserahkan kpd pmbaca ya?? Bgaimana mnurut om Enig sndri?? Crita Gil Perez ini cm karangan aja ato pa bner2 asli? Truz apa pndpat om ttg teleportasi?

@chris: owh,, kyk gtu yach...oya aq prnah bc kalo foton2 tu adlh pket2 energi dari cahaya.. Kalo yg lbh cpat drpd itu namax tachyon.. Kykx msh teori2 duank seyh tachyonx... Trus gmana yach cara mengubah objek jd atom2 ato foton2? Apa lgsg diubah jd energi gt?? Trus gmana cr ngrimx ya, n mngubhx lg jd objek sblmx??
Q tau seyh km blg ini cm teori/spekulasi aja.. Tp emg bner juga.. Kykx teori dmaterilisasi punya klemahan, coz gk bs ngejelasin cr mentransfer jiwa.. Iya ya, kalo tubuh aja yg ditransfer, tp jiwax gak, kan jd mati? Wkwkwk... ^0^

@aw3ng: bus AKAS yg crita org yg naik dari Klaten mo ke Surabaya tp cm 1 jam (jm 10 mlm brangkat n smpex jm 11 malam), yg mstix makn wktu 6 jm??

Kykx jg msuk ktgori teleportasi yach??
Kalo pke dfinisi dr si chris, masuk yg ini bukan??

''3. Mengalami perjalanan ke suatu tempat, tetapi sampai di tempat tujuan yang tidak semestinya, baik ke tempat yang tidak dikenali, ataupun ke tempat lain yang berjarak sangat jauh, yang mustahil ditempuh hanya dalam waktu yang sebentar.''

Hmm..kata org2 ada hub.x dgn hantu.. Ato busx yg emang super kuencengg bnggtz??
Ato busx msuk ke lorong worm hole tnpa dsadari?? Ato lorong waktu??

enigma said...

@Bang tio: setelah Perez, memang ada banyak kasus yang mirip.

@Anonymous: Soal legenda Bloody Mary, saya tidak percaya.

@Ms Terry: Saya tdak punya informasi soal cuaca saat Gil Perez berpindah. Kadang, efek cuaca yang aneh memang sering disalahkan dalam kasus seperti ini.

@Ichabod Crane: soal itu saya tidak mengerti.

@Anonymous: Batu berlayar death valley sdh saya posting. ini linknya:

http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/08/misteri-batu-bergerak-death-valley.html

@Sansan: Tidak beda bahasa. Mereka sama2 menggunakan bahasa Spanyol. Perez dikembalikan ke philipina dan kembali menjadi prajurit penjada istana.

Anonymous said...

kita tdk mengetahui soal arah aliran waktu, mungkin saja saat itu dia berpindah ruang dan waktu, sapa tw

499

Anonymous said...

@lica lawliet: eh, ada yang kelupaan sis. Selamat ya buat pertamax yang kedua :)

Maaf telat banget :)

u-tell

Anonymous said...

wah yang ini nggak bisa dipercaya, orang ini mencari legitimasi dengan menggunakan seragamnya dan membuat pernyataan demikian. hanya kebohongan yang dibesar-besarkan...

Lica Lawliet said...

@u-tell : hehehehe.... makasihhh!! telat jg gpp, yg penting masih ada yg sadar. hehehehe :)

Anonymous said...

Dea . .
Duh jd ga enak . Selamat ya kak Lica Lawliet !! :D

Anonymous said...

@Chris: saya setuju dgn opini kmu. Masih banyak kisah di kitab suci yg terkait dengan keajaiban waktu. Macem yg tertidur dalam goa selama 300 thn, perjalanan ke langit ke7, dll. Pada akhirnya Tuhan akan menunjukan kuasa n kekuatannya agar kita makin beriman, cinta n dekat padanya.

BTW Chris...kayanya aku juga mulai kagum sama kamu...ehehehehe :)

Ms. Terry

Anonymous said...

@Dea: hm..hm...it's ok... sekali2 main k sunyaragi... disana ada musium purbakala jg. Dan baru2 ini koleksinya bertambah, ada guci2 cina yg usianya ribuan tahun loh... :)

Ms. Terry

Anonymous said...

VIC said . .
wow, JUMPER yg tidak menyadari keahlian JUMPERnya

Anonymous said...

lala said,,
waduh ketinggalan 2 postingan nieh..
kalo baca cerita di atas,, aq jd inget sama tokoh Hiro Nakamura di serial Heroes..

Anonymous said...

Dea .
@Ms.Terry : oh yaa ? Wew , boleh tu , ntar ksana ah :)
thx info.nya ya kaa . .

Nate River said...

@lila : "klo di dunia ini teleport bisa dipelajari, kendaraan yg diperlukan buat transportasi ga bakal ada yah.... kemana-mana jd gampang.... hehehehe >.<" saya ga akan telat lagi ke sekolah..............(-.-)

Lica Lawliet said...

@nate : 'lila = lica lawliet'?

iya, makanya klo bangun jgn telat. :P

Andry said...

Teleport dan Time traveller ne pembahasan yang paling saya suka bung..jadi inget foto time traveller yang tertangkap kamera tiu..diulas lagi donk itu HOAX atau beneran...

Best regards,


Mr.Andry

Anonymous said...

ztax....
perubahan manusia menjadi paket2 energi kemungkinan besar memang bisa dilakukan. manusia juga merupakan materi yang terdiri dari atom2 dan molekul2.

bukannya saya mau berlagak alim atau apalah namanya. yang jelas banyak karunia2 allah yang belum bisa di ungkapkan sampai saat ini.
contohnya guru saya waktu sma dapat membaca pikiran dan hati manusia melalui aura yang di pancarkan. katanya semua manusia itu memiliki aura yang di pancarkan dri tubuhnya yang mendeskripsikan seperti apakah hati orang itu. dan oleh karena itulah semua orang tak ad yng berani curang dlam ujian. dan kemampuan dia emang terjadi karena saya yang mengalaminya sendriri..... thax dah ada yang mw baca....

Nate River said...

@lila : iya....kaya si penyihir....dan tmnnya marlin...hahahaha :D

hmmmhmmmm.....iya2....maksih dh atas sarannya...=3=

Lica Lawliet said...

@nate : hahahaha! tau aja.... itu masih rahasia, jgn dibongkar.... :D

apedaaaah said...

Teleportasi sudah ada sejak zaman Nabi Allah,...bahkan para pendahulu kita bisa memindahkan singgasana hanya dalam setengah kerlipan mata!
tapi kisah perez terlalu lama disembunyikan,...mungkin ditutupi agar cerita ini tidak dimanfaatkan para pemuja setan..who knows

ms.manage said...

Saya 100% percaya sama yang namanya teleportasi. Maaf sblmnya kalo saya pake referensi dari Alkitab. Dalam Kisah Para Rasul 8: 26-40 diceritakan Filipus yang mengajar kitab Yesaya dan membabtis seorg sida-sida dari Ethiopia di'larikan' Roh Tuhan dan tiba di Asdod (ayat 39-40) semenjak saya membaca kisah ini di bangku SMA saya mengimani yang namanya teleportasi (tapi yg dilakukan Roh Tuhan ya..) banyak hal-hal di dunia ini yang sering ga masuk akal manusia tapi hanya soal kecil bagi Tuhan.

Anonymous said...

owh ya,banyak kan cerita kayak gini di Indonesia, kayak seseorang di temen saya, sekolah di Jawa Timur, ketika naek motor ke rumah neneknya, tapi tiba2 udah di tangerang, bukan fake nihh

aw3ng said...

@Myheart2105: ahahay...ane ngumpetin, mlh dibuka dgn jelas...heheheee....
thx anyway...

Anonymous said...

R-A ..
@ bang enigma : bang, kliatannya ada persamaanx y antara teleportasi ma time travel..?? bedanya hanya si user tidak sadar melakukannya ..

@ bang chris : bang chris klo boleh nanya contoh dari dematerialisasi itu apa seperti layaknya santet (maaf klo ad yg tersinggung,hehe)
menurut definisi, santet kn termasuk objek materi yg diurai menjadi partikel2 terkecil lalu dengan media udara masuk ke dalam tubuh serta didalam tubuh kembali menjadi objek utuh seperti sedia kala ..
yang kedua (menurut bang chris) apakah kisah nabi muhammad yg ber-isra mi'raj jg termasuk teleportasi..??
btw saya juga percaya dengan teleportasi (berkeyakinan dengan izin dr Tuhan tentunya ^_^)

Anonymous said...

melintasi ruang dan waktu...
kenapa kejadian semacam teleportasi ini kebanyakan terjadi pada abad pertengahan? terlebih pada saat itu takhayul masih kental pada masyarakat ditambah tekhnologi belum begitu berkembang....

Rizal Aditya said...

Koq mirip di cerita doraemon petualangan jilid 1, kalo tidak salah. Tentang Nobita yang mengingikan seekor peliharaan dinosaurus yang pada akhirnya tiba2 menghilang karena lorong waktu. Terkadang cerita petualanga doraemon koq bisa bisanya dia cerita mirip artikel ini.

Chris said...

Wah, komentar part 2 saya juga hilang ya?

REPOST!


(Sambungan...part 2)

2. Worm hole
Objek tidak di-dematerialisasi, tapi lebih pada shortcut ke lokasi tujuan. Worm hole digunakan sebagai shortcut. Ini dapat kita temui pada film jumper.
Dalam penjelasannya, worm hole berfungsi sebagai lorong yang melipat ruang yang bisa menjadi shortcut, dan di dalamnya objek melaju dalam kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya, sesuatu yang terdengar mustahil untuk dilakukan oleh manusia jika masuk ke dalamnya. Mengenai apa yang terjadi pada worm hole, saya rasa hal ini masih spekulasi. Bagaimana proyeksi dilakukan melalui worm hole, hal ini juga belum jelas. Walaupun terdengar saintifik, tetapi bagaimana proses yang terjadi sebenarnya masih spekulasi, sehingga hal ini juga terdengar seperti science fiction.

3. Dematerialisasi+Wormhole

Teori ini saling melengkapi. Proyeksi dilakukan dengan memanfaatkan wormhole, dan objek yang ditransfer dalam lorong wormhole dalam bentuk foton setelah di-dematerialisasi.
Tapi, berhubung 2 teori mendasarinya masih spekulasi dan teoretis, jadi konsep ini juga tergolong spekulasi/teoretis saja.

Sampai di sini, teleportasi tidak memiliki penjelasan yang memuaskan, sehingga mungkin banyak yang menyangkalnya, dan menganggapnya cuma science fiction. Hmm..sah-sah saja

Tapi, saya berpendapat bahwa apa yang kita sebut teleportasi exist.
Mungkin dari segi sains masih spekulasi dan belum mempunyai penjelasan yang memadai. Tapi dari segi keimanan, saya mempercayai bahwa teleportasi dapat terjadi atas izin Tuhan.
Maaf, saya tidak bermaksud SARA. Tetapi sepertinya jika kita mengeksplor lebih lanjut, mau tidak mau agama juga akan terbawa.
Dalam Al-Qur'an surat An-Naml ayat 38-40 disinggung mengenai teleportasi. Yaitu seseorang yang mempunyai pengetahuan tentang kitab suci, melakukan teleportasi terhadap singgasana Ratu Balqis (Sheba) dari istananya ke istana Nabi Sulaiman hanya dalam sekejap mata, kejadian itu ditutup dengan kutipan perkataan Nabi Sulaiman yang diabadikan dalam ayat tersebut: ''ini adalah dengan rahmat dari Tuhan-ku!''.

Jadi, sampai saat ini saya memandang teleportasi itu ada. Tetapi itu lebih karena 'Perbuatan Tuhan'. Jika sains mengajukan dematerialisasi+wormhole, maka kedua hal yang belum/tidak akan mampu dilakukan manusia dengan teknologinya, maka hal itu tidak berlaku bagi Tuhan.
Hehe..itu sebenarnya adalah penjelasan 'maksa' yang mencoba mendefinisikan proses teleportasi yang dikarenakan 'Perbuatan Tuhan'. Mungkin saja prosesnya tidak seperti itu sama sekali, atau bahkan tidak melalui proses sama sekali.

Semua yang saya tulis ini hanya opini pribadi saja.

Chris said...

@R-A: waduh, maaf ya baru balas, baru baca soalnya..hehe..

1. ''bang chris klo boleh nanya contoh dari
dematerialisasi itu apa seperti
layaknya santet (maaf klo ad
yg tersinggung,hehe) menurut definisi, santet kn termasuk objek materi yg diurai menjadi partikel2 terkecil lalu dengan media udara masuk ke dalam tubuh serta didalam tubuh kembali menjadi objek utuh seperti sedia kala ..''

Saya baru tahu lho kalau ternyata santet 'mekanisme'nya seperti itu.
Mirip tapi tak sama, saya rasa. Dematerialisasi adalah penguraian objek menjadi bentuk terkecil yang MEMUNGKINKAN untuk DITELEPORTASI melalui 'saluran khusus' misalnya worm hole, partikelnya berupa foton saya rasa, sejenis paket energi, ataupun tachyon (partikel teoretis yang disinyalir kecepatannya melebihi kecepatan cahaya). Gambarannya seperti teleportasi di film Star Trek.
Nah kalau santet, saya tidak tahu menjadi apa tubuh pelaku diurai. Lagi pula tujuannya saya rasa bukan teleportasi, tetapi lebih kepada 'menyusup' atau 'menghindari kejaran'. Jika ini benar-benar terjadi, maka saya rasa, mekanisme yang di tempuh bukan melalui jalur sains, yang taat pada hukum alam, tetapi jalur gaib.

2. ''yang kedua (menurut bang chris) apakah kisah nabi
muhammad yg ber-isra mi'raj jg termasuk teleportasi..??''

Hmm..saya rasa itu adalah teleportasi TERHEBAT yang pernah ada. Nabi Muhammad dengan izin Allah SWT, menempuh perjalanan yang sangat sangat jauh yang hanya Allah yang tahu jaraknya hanya dalam semalam, menuju ke Haribaan Allah Yang Maha Suci.

Pendapat saya, jasad nabi (beserta jiwanya) benar-benar dalam kondisi yang memungkinkan untuk bersama Tuhan. Saya tidak tahu bagaimana pastinya, tapi saya rasa tubuh nabi diubah oleh Allah SWT menjadi energi murni (bentuk spiritual, bodiless). Perjalanan yang ditempuhnya saya rasa bukan hanya menempuh dunia fisik (alam semesta kita ini), tapi juga dengan izin Allah SWT menembus dimensi yang tujuh sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Al-Qur'an, sampai ke 'tempat' (tanda kutip) maha tinggi, 'Arasy Allah SWT Yang Maha Suci.

Hmm..demikian sekelumit pandangan saya, semoga anda paham. Dan saya mohon maaf, saya SAMA SEKALI tidak bermaksud SARA.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Chriii~ss...I got u here!!

Trnyata km smpetin kmen pg hari yach??

Speechless...q smakin kgum ma km...pmahamanmu ttg agama bgtu mndalam...
Baidewei,, q br bc pnjlsn yg kyk gn...so scientific...cakrawala baru pkiranq trbuka...

Seandaix km mau ngjawb mslh alien...pa bner alien tu ada?? Are we alone in this universe??

@Om enig: seandaix om Enig swatu saat ngbahas slh 1 the greatest mysterious questions of humanity...

Q bkanx maksa y om...tp q BRHARAP om Enig mau bkin 'ultimate posting' ttg 'apkh alien itu ada??'...

Always keep patient till you decide to reveal sumthin' 'bout alien...om Enig ^_^

Hein said...

gw jadi inget ttg film Minuteman.Keren bgt.Ceritanya ada 3 anak remaja yg bikin mesin waktu.Lalu mereka nyebut diri mereka sbg "Minuteman".Tapi mereka nyontek rancangan NASA
( katanya udah lama&itu jg adalah proyek gagal).Keren bgt yah kalo bisa kayak gitu.

Jeri said...

hal itu tidak aneh sama sekali, toh Nabi Muhammad SAW juga pergi ke Langit ke - 7 dlm 1 malam saja....apalagi cm pindah 9000 KM......tidak ada apa2 nya tuh Bagi -Nya.....Kun Fayakun kata-Nya.

Anonymous said...

bung enigma nya molor gak bisa jwb&jelasin.bisa nya cuma bikin teori tanpa bisa ngasih penjelasan&jawaban.klo cuma gitu semua orang jg bisa bung..............!!!!!!!!!!!!!!!!!

ordinareez said...

wah ini sudah dihapus om pada Juli 2010 di Wikipedia karena hoax http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Articles_for_deletion/Gil_P%C3%A9rez

cholid __G (cholid zufar) said...

gan kayak presiden kita (gusdur), percaya atau tidak dulu ane pernah di ceritain temen nya gusdur nah dia diceritain sama supir nya gusdur saat itu gusdur ingin ke jakarta karena ada apa lupa kalau "gaksalah" acara nya jam 5 pagi tapi saat itu jam 3 pagi dan ada di jawa timur (saia lupa tempat nya) kata supir nya ini gak mungkin nyampe secepat itu karena ada di jawa timur lalu si presiden kita ini bilang kalau turuti saia aja kalau belok kanan ya belok kanan kalau kiri ya belok kiri supir nya sih percaya aja, akhir nya sampai tepat waktu dalam waktu 2 jam dan aneh nya lagi bukan nya presiden kita ini kurang dalam pengelihatan.

(percaya atau tidak loh gan ane gak ada niat apa apa)

Anonymous said...

saya baca ulang, tapi ada yang ganjil

gubernurnya dibunuh di maluku, tapi kenapa berita itu bisa dengan cepat sampai ke philipina?

bayu s said...

saya pernah teleport jg
d dalam rumah saja sih
dari ruang keluarga sampe kamar.
kira-kira 15 taun yg lalu pas masi kcil
tapi sama sekali blum ktemu penjelasannya
cirinya sama kaya gil perez pindah tanpa disadari dan dikontrol. ada yg punya penjelasan?

Anonymous said...

nampak kali hoax
bahasa mexiko sama philifina emang sama ?
sampe bisa ngerti tu orang kata2 si perez

Post a Comment