Tuesday, February 22, 2011

Q & A: Mengapa kita bisa kesetrum ketika menyentuh orang lain?

Ini adalah pertanyaan dari Fred Young mengenai fenomena kesetrum yang dialaminya ketika menyentuh adiknya:


Selamat malam bang enigma....

Saya baru saja menemukan blog anda dan dari situ saya yakin anda dapat memberi penjelasan atas pengalaman aneh saya. Seringkali saat saya dan adik saya bersentuhan terasa seperti tersetrum listrik. Lebih aneh lagi, ini terjadi tiba-tiba saja yang sering membuat kami kaget. Dan setelah berdiskusi dengan teman, ternyata teman saya juga mendapat pengalaman yg sama dgn saya. Jadi agar tidak membuat penasaran saya minta bantuan bang enigma untuk menjelaskannya.

Terima kasih


Ini adalah sebuah pertanyaan yang menarik. Saya kira, bukan hanya Fred yang mengalami persoalan ini. Sebagian besar dari kita pastilah pernah mengalami setruman listrik statis, walaupun dalam kadar yang kecil.

Perlu diketahui, apa yang dialami oleh Fred bukanlah sebuah kelainan, melainkan sebuah fenomena yang normal dan sangat sering terjadi. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau memang ada kasus-kasus listrik statis yang sangat ekstrem. Misalnya yang terjadi pada seorang pria Australia bernama Frank Clewer.

Suatu hari, Frank memasuki sebuah gedung perkantoran untuk memulai wawancara kerja. Ketika ia memasuki gedung tersebut, karpet yang diinjaknya segera terbakar.

"Awalnya terdengar suara seperti kembang api menyala. Lima menit kemudian, karpet itu mulai terbakar." Kenang Frank.

Semuanya menjadi panik dan petugas pemadam kebakaran segera dipanggil. Kebakaran berhasil diatasi sebelum api menyebar ke tempat lain. Ketika kembali ke mobilnya, Frank memegang sebuah plastik dan tidak butuh waktu lama, plastik itu meleleh di tangannya.

Kedengarannya seperti salah satu adegan dalam film Fantastic Four ketika salah satu tokohnya, Johny Storm, menyadari kalau tubuhnya bisa mengeluarkan nyala api.

Lalu, apakah Frank Clewer termasuk salah satu calon superhero masa depan?

Sepertinya tidak.

Dalam kasus Frank, kemampuan itu bukan didapatkannya dari paparan radiasi kosmik luar angkasa, melainkan dari sesuatu yang sangat umum. Ketika petugas pemadam kebakaran melakukan penyelidikan secara menyeluruh, mereka menemukan kalau penyebab kebakaran tersebut adalah pakaian yang dikenakan oleh Frank.

Waktu itu Frank mengenakan jaket yang terbuat dari bahan nylon sintetis dan kemeja wol. Pakaian itu telah menyebabkan Frank menumpuk listrik statis di tubuhnya. Ketika ia berjalan di atas karpet, listrik itu terlepas dari tubuhnya. Inilah yang menyebabkan kebakaran tersebut.

Ketika petugas pemadam kebakaran mengadakan pengukuran dengan alat pengukur listrik, mereka menemukan kalau aliran listrik yang ada di tubuh Frank mencapai 40.000 volts.

Bagaimana semua ini bisa terjadi?

Untuk memahaminya, kita perlu mengerti mengenai listrik statis terlebih dahulu. Jangan kuatir, saya tidak akan membahasnya dari segi teknis yang membingungkan (saya yakin kita telah mendapatkan pelajarannya ketika SD).

Istilah listrik statis itu sebenarnya merujuk kepada listrik yang terkumpul di permukaan sebuah objek. Kumpulan listrik ini akan tetap berada pada objek tersebut hingga ia dialirkan ke bumi atau dinetralisir dengan pelepasan (discharge). Pelepasan inilah yang kita sebut kesetrum.

Prosesnya kira-kira seperti ini:

Semua benda di dunia ini memiliki atom. Apakah itu tubuh manusia ataukah sepatu yang kita kenakan. Setiap atom terdiri dari bagian yang lebih kecil lagi, yaitu proton (positif), elektron (negatif) dan neutron (netral). Diantara ketiganya, elektron adalah yang paling senang berpindah.

Jika jumlah elektron pada suatu benda lebih banyak dibanding protonnya, maka benda itu akan bermuatan negatif. Jika jumlah elektronnya lebih sedikit, maka ia akan bermuatan positif.

Ketika dua objek saling bersentuhan, seperti sepatu yang menyentuh karpet, sebagian kecil elektron dari karpet akan berpindah ke sepatu yang kalian kenakan. Dengan demikian, sepatu itu akan mengalami kelebihan elektron yang membuatnya menjadi bermuatan negatif.

Ketika benda yang bermuatan negatif menyentuh benda yang bermuatan postif, elektron yang jumlahnya berlebih pada benda bermuatan negatif akan melompat ke benda yang bermuatan positif untuk menyeimbangkan muatannya.

Karena itu, misalnya ketika kalian menyentuh sebuah pegangan pintu (yang bermuatan postif), maka elektron dari tubuh kalian akan segera melompat ke pegangan pintu tersebut. Kalian bisa merasakan perpindahan ini dalam bentuk kesetrum.

Kejutan atau setrum ini bisa dirasakan oleh seseorang jika mereka menyentuh sebuah objek yang mampu berfungsi sebagai konduktor, seperti logam, air atau bahkan tubuh manusia lain. Untuk kasus Fred, ia mengalami kesetrum ketika menyentuh adiknya. Hal ini sangat normal mengingat manusia bisa berfungsi sebagai konduktor listrik (Karena itu ketika kalian menyentuh seseorang yang sedang kesetrum listrik, kalian akan ikut kesetrum).

Namun, setrum ini baru bisa dirasakan jika listriknya melebihi 4.000 volt (Tubuh setiap orang memiliki sensitiftas yang berbeda sehingga ukurannya tidak akan sama untuk semua orang). Umumnya, listrik yang terkumpul hanya berkisar sekitar 5.000 volts. Namun dalam beberapa kasus, listrik yang diakumulasi bisa lebih besar. Seperti Frank, yang mengakumulasi listrik statis hingga mencapai 40.000 volt.

Lalu, pertanyaannya adalah, bagaimana listrik statis bisa terakumulasi di tubuh tanpa kita sadari?

Kita hidup di lingkungan yang dipenuhi oleh listrik statis. Sebenarnya, setiap tindak-tanduk kita, seperti berjalan, bersandar di kursi, duduk atau tidur bisa menyebabkan listrik statis terkumpul. Namun, aktivitas-aktivitas semacam ini hanya menghasilkan listrik statis dalam kadar yang kecil sehingga kita tidak bisa merasakan efeknya.

Tetapi, jika beberapa faktor terpenuhi, kadar listrik yang terakumulasi bisa menjadi lebih besar. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan kita menjadi kesetrum menjadi semakin lebih besar juga.

Faktor-faktor tersebut adalah:

1. Pakaian yang kita kenakan

Pakaian yang terbuat dari wol, sutra, bulu, polyester, karet, vinyl, nylon, dan materi sintetis lainnya akan meningkatkan kemungkinan pengumpulan listrik statis. Di Indonesia, mungkin hal ini masih cukup asing di telinga kita. Namun, di negara-negara Eropa, seperti Inggris, persoalan ini sangat umum terjadi sehingga mereka menciptakan produk-produk anti listrik statis untuk pakaian. Misalnya, ada produk yang disebut Static Guard yang umumnya tersedia di tempat-tempat laundry. Kalian bisa menyemprotkan cairan ini ke pakaian untuk mengurangi listrik statis yang menumpuk.

2. Sepatu yang kita kenakan dan cara berjalan kita

Ya, saya tahu, kedengarannya sangat lucu. tetapi, ini adalah sebuah fakta. Jika kalian mengenakan sepatu dari bahan tertentu, seperti karet atau plastik, dan kalian berjalan dengan menyeret kaki atau menggesek kaki ke lantai dari bahan tertentu, kemungkinan berkumpulnya listrik statis menjadi sangat besar.

Metode ini bisa digunakan untuk menggoda teman kalian. Gosoklah sepatu kalian untuk mengumpulkan listrik statis, lalu sentuhlah teman kalian.

Ingatkah kalian ketika kita masih SD dan diajarkan untuk menggosok-gosok sebuah penggaris plastik di rambut kita? ingatkah kalian apa yang terjadi pada penggaris itu? Penggaris itu mampu menarik potongan-potongan kecil kertas. Itulah listrik statis.

Pada banyak perusahaan, karyawan-karyawan yang bekerja di pabrik akan diberikan sepatu khusus untuk dikenakan guna menghindari terciptanya listrik statis yang bisa membahayakan lingkungan kerja atau peralatan elektronik di tempat itu.

Salah satu rumah sakit di South Yorks, Inggris, yaitu Sheffield Teaching Hospital NHS Trust, bahkan telah melarang penggunaan sandal Crocs yang populer itu di lingkungan rumah sakit karena dikuatirkan listrik statis yang tercipta akibat sandal itu bisa mempengaruhi peralatan di ruang operasi rumah sakit. Peraturan ini sedang dipertimbangkan untuk diadopsi oleh rumah sakit lainnya di Inggris.

Jadi, perhatikanlah sandal atau sepatu yang kalian pakai.

3. Lantai rumah atau jalan

Jika lantai rumah kita dilapisi oleh bahan-bahan tertentu seperti plastik, karpet polimer, karpet wol, batu sintetis atau aspal, maka kemungkinan kita mengumpulkan listrik statis menjadi sangat besar. Tentu saja ini harus dikombinasikan dengan penggunaan sepatu atau sandal yang juga mampu mengumpulkan listrik statis dengan sangat mudah.

4. Kelembaban udara tempat kita tinggal

Semakin kering udara, semakin besar kemungkinan listrik statis akan tercipta. Hal ini menjadi masalah yang cukup umum di Inggris ketika musim dingin tiba (Januari - Maret). Pada bulan-bulan itu, udara di atmosfer sangat kering. Kelembaban udara akan turun menjadi hanya 20%. Kondisi ini sangat ideal untuk menghasilkan listrik statis, bahkan tidak peduli bahan pakaian yang kalian pakai.

Karena itu, untuk mengurangi penumpukan listrik statis pada musim dingin itu, penduduk Inggris akan memasang pelembab udara (humidifier) atau ionisasi udara (air ionizer) di rumah mereka. Ketika kelembaban di ruangan mencapai 50% atau 60%, listrik statis akan menghilang. Ini karena lapisan air yang dihasilkan akan membuang elektron-elektron penyebab listrik statis dari tubuh kita.

5. Kondisi kulit kita


Semakin kering kulit kita, maka kemungkinan listrik statis dihasilkan akan menjadi semakin besar. Kembali ke Inggris, pada musim dingin, selain memasang pelembab udara dan mengenakan pakaian dari kain katun, mereka juga menggunakan banyak pelembab kulit untuk mencegah terciptanya listrik statis.

Siapa sangka, selain baik untuk kesehatan kulit, pelembab kulit ternyata juga baik untuk kesehatan jantung.

Sebelum memegang pegangan pintu mobil, untuk mencegah kesetrum akibat listrik statis, kita bisa menyentuh pegangan tersebut terlebih dahulu dengan kunci mobil. Listrik di tubuh kita akan terlepas lewat kunci tersebut.

Jika kita sering mengalami setruman listrik statis, mungkin kita perlu memperhatikan 5 faktor di atas. Namun, saya tidak memungkiri kalau untuk benar-benar mengetahui apa yang terjadi pada Fred, kita perlu melihat kondisi-kondisi yang menyertainya.

Lalu, mungkin ada yang bertanya: Apakah pengumpulan listrik statis di tubuh kita berbahaya?

Untuk efek secara langsung, mungkin tidak. Namun, bisa jadi berbahaya jika ada bahan mudah terbakar di dekat kita ketika listrik statis dilepaskan. Contohnya adalah yang dialami oleh Frank Clewer. Di Cardiff, Inggris, pernah terjadi ledakan gas pada sebuah Yacht yang menyebabkan luka bakar parah pada keluarga pemilik Yacht tersebut. Penyebab ledakan tersebut diduga berasal dari listrik statis yang timbul akibat baju bola yang dikenakan anak mereka yang berusia 13 tahun.

Pada akhirnya, saya kira memang tidak ada salahnya untuk berhati-hati.

Baca juga: Zhang DeKe - Manusia Listrik dari Xinjiang dan Fenomena Street Light Interference yang membingungkan.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

139 comments:

Lenc ^-^ said...

pertamax kah...? premium kah?? moga aja deh.. baca dulu deng...

dunia kecil indi said...

Aku sering mengalami, malah saking seringnya sampai terbiasa. Setiap kali di mall/gedung2 besar, aku selalu mengalami kalau naik/turun eskalator. Tapi anehnya, cuma aku yang merasakan (mis: aku bersentuhan dengan Ayahku, beliau nggak merasa apa2, tapi aku malah kesetrum). Apa ini ada kaitannya dengan sepatuku? (Sebagian besar sepatuku terbuat dari karet). Hmm, misterius ;)

Sad'in Doubt said...

Wahhz,, tumben ari nie sepi?
apa kabar bung eniqma?

Ady Inbox said...

Waw...Postingan yang berbeda dari biasanya... :O

Tapi tetep nice post bro...!! :D

Anonymous said...

10 besar gak yah..

ijin baca dulu .. *.*

xxxhoerterxxx

Anonymous said...

posting yang bagus bro..sangat bermanfaat, jadi pertanyaan saya apakah listrik statis yang ada dalam tubuh kita dapat dimanfaatkan dan dapat dikendalikan oleh kita sendiri?.mungkin contohnya seperti digunakan untuk prisai ditubuh kita atau melindungi diri kita . dan jika ya, faktor-faktor apa lagi yang perlu diperhatikan?

uncle Me

a.waHyu.s said...

Wah trnyta bisa mpe bgtu..
Gk pnh saya byngn mpe bsa mngluarkn api bgtu..

Bdw fktr2 d atz sya cba & hsil'a ky da lstrk nglir wlwpn dqit..
Haha

enigma said...

@uncle me: dari sisi sains yang diakui, sepertinya belum ada. Tapi dari sisi ilmu bela diri, tenaga dalam dianggap sebagai mekanisme listrik tubuh yang dikendalikan.

Anonymous said...

Mas info ttg Frank itu sumber utamanya dari mana? saya ko' masih tidak percaya ttg kebakaran yg disebabkan oleh frank?

deal said...

apakah semua ini ada hubungannya dengan misteri terbakarnya tubuh manusia secara tiba2 sehingga menyebabkan kulitnya hangus menjadi abu beserta tulang2nya , tetapi sama sekali tidak mempengaruhi busana yang dikenakannya??? atau istilahnya spontaneous human combustion seperti yang pernah anda bahas sebelumnya..

Devy D said...

Bung E....
Saya pernah mengalami saat musim dingin di Vancouver dulu. Biasanya kalau hendak memegang pegangan pintu, sering mengalami "kesetrum". Akhirnya, saya dan teman2 harus memakai kain atau sarung tangan untuk melapisi dulu telapak tangan kami sebelum membuka pintu di tempat kuliah atau lab.

enigma said...

@anonymous 17: berita mengenai frank berasal dari bbc. Saya ada mencantumkan linknya di bawah postingan ini.

@deal: teori yang menarik. Saya rasa masuk akal juga.

@devy d: benar. Hal itu memang biasa terjadi pada musim dingin. @anonymous 17: berita mengenai frank berasal dari bbc. Saya ada mencantumkan linknya di bawah postingan ini.

@deal: teori yang menarik. Saya rasa masuk akal juga.

@devy d: benar. Hal itu memang biasa terjadi pada musim dingin.

Affry said...

nice info banget nih bang enig..
saia juga sering ngerasain kayak gitu, kalo tiba - tiba nyenggol orang...

Anonymous said...

gw dah coba gesek-gesek sepatu ke lantai tp tetep aja ga ada setrumnya bang???? bahkan gw ga ngrasain ada aliran listrik sedikit pun.

Anonymous said...

sy sering mengalamin kesetrum listrik statik kalau pegang rail pegangan di mall ps.
entah kenapa selalu mall itu yg bikin sy kesetrum, sekarang jadi trauma kalau pegang railing di mall tsb. anehnya cuma sy doank yg mengalaminya, istri, anak, teman atw saudara tidak pernah mengalami atw kalaupun mengalami tdk se intens atw sesering sy ..

Anonymous said...

Apakah ini juga menjelaskan bahwa islam melarang pria memakai pakaian dari sutra? hmmm...

Anonymous said...

belakangan klo bersentuhan kulit sm adik saya sering kesetrum, sampe2 buat bahan becandaan, soalnya pas kesetrum bikin kaget n ketawa, pas bgt tentakelnya, eh salah, artikel nya

thekrim said...

Bang E, listrik statis sama listrik di rumah2 tu sama ga? Sedangkan yang 220 volt kalo kesetrum aja rasanya kayak gitu, bahkan bisa meninggal, apalagi listrik yang ada di tubuh hingga 5000-40000 volt, gimana rasanya tuh kalo kena orang, langsung meledak kali.

Anonymous said...

Om enigma.. Ak juga pernah kek gitu..
Pd saat itu ak lg maen komputer, smbl pegang hp gitu, trus sodara yg duduk disebelah aku nyenggol aku, lgs kesetrum.. Kok aku berasa kayak jd konduktor listrik gt yah?

DickyG said...

wah tidang sy sangka permintaan saya di post....
makasih bro enigma.....

F.Y

enigma said...

@Anonymous 27: sepatu dan lantainya harus terbuat dari bahan yang khusus

@Yudh: tentu saja bisa. Kamu bisa melakukan eksperimen sendiri dengan mengikuti prosedur seperti di link ini:

http://www.spartechsoftware.com/reeko/experiments/ExpChargeLightBulb.htm

thekrim: berbeda. Sebenarnya orang sering salah paham. Besarnya Volt tidak membunuh orang. Yang membunuh itu adalah besarnya amper. (Stunt Gun yang sering digunakan oleh polisi untuk melumpuhkan penjahat bisa memiliki voltase hingga 800.000).

@Anonymous 33: tentu saja, tubuh kita bisa menjadi konduktor karena tubuh kita memiliki banyak air.

Anonymous said...

Saya juga sering kesetrum kerika memegang pegangan pintu atau bersentuhan dengan orang lain. Waktu itu teman saya bilang mungkin karena saya kurang minum air, pengaruhkah??

Anonymous said...

nice info bro.
apakah benar apabila terlalu lama di depan komputer bs mengakibatkan menumpuknya listrik statis di tubuh kita?
ada yg bilang salah satu cara membuangnya dengan menempelkan tangan kita ke tiang besi yg langsung menyentuh/menempel tanah.

jôe

Anonymous said...

nice posting,,,

aku jg pernah ngalamin,,
awal'y smpet aneh sm fnomena ni,,
tp dah di jlasin sma bang E jg ngerti...

hizkia said...

Thx a lot Mister E . Setelah baca faktor no 4 , akhirnya saya ngerti kenapa tiap jalan ke mall saya selalu kesetrum . Pasti AC jadi penyebab turunnya kelembaban udara di mall .

Oh iya Mister , saya mo tanya apakah minuman isotonik seperti pocari sweat yang mengandung elektrolit juga berpengaruh terhadap pengumpulan listrik statis di tubuh kita ?

theaskingman said...

oh ada jg toh fenomena over-voltage gitu? sepertinya di asia masih jarang, apalagi indonesia. produk2 wool dan poly kan tidak bisa dibeli smua kalangan (mahal heheh)

pengen nyoba nyentrumin temen pake sepatu...tapi sayang sol sepatunya aus ntar wkwkwkkw

enigma said...

@anonymous 36: saya kira tidak ada hubungannya.

@Joe: Benar. Terlalu lama duduk di depan komputer bisa mengakibatkan tubuh kita menumpuk listrik statis. Cara membuangnya juga benar.

@Hizkia: Benar. AC memang bisa menyebabkan udara menjadi kering. Soal minuman elektrolit, tidak ada hubungannya dengan penumpukan listrik statis di tubuh kita.

MJ said...

Q & A! Lama ya, gak muncul postingan dari pertanyaan pembaca!

Btw, ketika ada org yg nyentuh kita dan kita merinding, apa itu termasuk tersetrum listrik statis dalam skala kecil?

Anonymous said...

can it happen when we are throbbing? it happens a lot to me when i touch him in doki-dokki.. ;p

-vampprincess-
dark is not to be feared, it is to be loved

dhiyu said...

Saya mau mengoreksi bung enigma. Dalam tulisan bung enigma di atas dikatakan bahwa:

“ Karena adanya perbedaan kutub, elektron akan cenderung mencari proton dan sebaliknya. Ini seperti pria yang tertarik dengan lawan jenisnya atau sebaliknya. Jadi, ketika elektron menemukan sebuah benda yang kelebihan proton, ia akan melompat ke benda tersebut.

Karena itu, misalnya ketika kalian menyentuh sebuah pegangan pintu (yang memiliki lebih banyak proton), maka elektron itu akan segera melompat dari tubuh kalian ke pegangan pintu tersebut. Kalian bisa merasakan perpindahan ini dalam bentuk kesetrum.”

Menurut saya belum ada satu pun benda/senyawa di bumi ini yang bisa kelebihan atau kekurangan proton dalam kondisi normal mas. Yang benar adalah sebuah benda/senyawa bisa kelebihan atau kekurangan elektron, bukan kelebihan/kekurangan proton (sekali lagi dalam kondisi normal).

Mengapa begitu? Itu karena istilah kekurangan elektron dan kelebihan proton adalah 2 buah konsep yang sangat berbeda jauh dalam ilmu fisika-kimia mas.

Inti atom terdiri dari proton dan neutron dalam jumlah yang relatif sama dan unik untuk setiap jenis senyawa. Misalnya 1 atom hidrogen punya 1 proton, 1 neutron dan 1 elektron sedangkan atom helium punya 2 proton, 2 neutron dan 2 elektron. Kalau sebuah atom hidrogen kelebihan proton, atom itu akan berubah wujud menjadi atom helium melalui sebuah reaksi yang kita kenal sebagai reaksi FUSI nuklir. Reaksi fusi nuklir ini contohnya terjadi di matahari dan bintang-bintang lain, di mana dibutuhkan suhu ribuan derajat celsius dan tekanan yang sangat besar! Reaksi fusi nuklir yang terjadi di bumi hanya pernah dilakukan dalam laboratorium (misalnya kita kenal bom hidrogen). Reaksi fusi nuklir mengemisikan banyak energi sehingga para ilmuwan punya impian suatu saat reaktor fusi nuklir ini akan menggantikan peran pembangkit listrik konvensional.

Ilmuwan kuno mengenalnya sebagai ilmu alkimia. Itulah kenapa kita sering mendengar legenda tentang para ahli alkimia yang mampu mengubah benda-benda menjadi emas. Konsep alkimia itu pada dasarnya adalah mengutak-atik susunan proton berbagai senyawa sehingga bisa berubah menjadi senyawa yang kita inginkan.

Misalnya seorang ahli alkimia ingin mengubah besi menjadi emas. Maka ia dengan teknik tertentu harus mampu menambahkan proton ke dalam inti atom besi sedemikian rupa sehingga inti atom besi memiliki jumlah proton yang sama dengan jumlah proton emas. Saat jumlah itu tercapai (entah dengan cara apa), secara otomatis besi akan berubah menjadi emas! Namun teknik itu sampai hari ini hanyalah sebuah legenda seperti halnya El Dorado.

Sementara kekurangan elektron berarti bahwa dalam benda tersebut jumlah protonnya TETAP namun jumlah elektronnya berkurang, misalnya karena reaksi kimia biasa. Contohnya atom Fe2+ dan atom Fe3+ adalah sama-sama atom besi yang JUMLAH PROTONNYA SAMA. hanya bedanya atom Fe2+ adalah atom besi yang kekurangan 2 elektron sedangkan atom Fe3+ adalah atom besi yang kekurangan 3 elektron, sehingga MUATAN Fe3+ lebih positif daripada MUATAN Fe2+, namun jumlah proton keduanya TETAP SAMA.

Jadi dapat disimpulkan, dalam kondisi normal seperti konteks artikel bung enigma di atas, tidak mungkin ada benda/senyawa yang kelebihan proton, yang benar mengalami kekurangan elektron. Terima kasih.

Tokrem said...

artikel yg penting nih........ini yg ane demen artikel yg bs menambah wawasan...sangat bermnfaat.
ada beberapa yg ingin sy tanyakan :

pertanyaan pertama : Bagaimana cara kita mengetahui kadar listrik statis di tubuh kita?

Kedua : apakah akumulasi listrik statis ditubuh kita bs bertambah tiap hari sesuai dg aktifitas yg kita lakukan(mis: skrg 4000V, bsk bertambah 5000V, besoknya lg 6000V),atau bs berkurang dg sndirinya?

ketiga: apakah jika kita berjalan (dg sepatu berbahan khusus) di tanah/bumi dg menggesek2an kaki jg bs menyebabkan listrik terkumpul? bagaimana jk tanpa alas kaki?

maaf terlalu banyak pertanyaannya......sebenarnya msh ada lg.
mumpung membahas artikel yg menarik, jd skalian aja ngorek info lbh lanjut.....ok
ditunggu jwabannya....
keep posting.....

Yarael said...

hmm kalo yg disentuh lawan jenis saya memang suka kesetrum bang E :D

Anonymous said...

molotoft


cara mengetahui kadar listrik statis di tubuh kit?! pake multi tester bisa ga om e??
tpi setelan mlti tster kan bnyk tu... kira kira gmn ya????

Anonymous said...

kejuutan listrik, aku lebih senang jika mendapatkan hadiah....

enigma said...

@MJ: Merinding berbeda dengan kesetrum lho.

@Vampprincess: Doki dokki?

@dhiyu: saya setuju dengan kamu. Saya sudah mengkoreksi kalimat "kelebihan proton" menjadi "kekurangan elektron". Thanks ya atas koreksinya.

@Tokrem:
1. Bisa dengan elektrometer yang sensitif.
2. Bisa bertambah dan bisa berkurang. Tergantung aktivitas yang kita lakukan.
3. Tanpa alas kaki juga bisa. Namun tidak akan menghasilkan listrik statis yang cukup kuat untuk membuat kita kesetrum.

@molotoft: Soal multi tester, saya kira tidak bisa.

Anonymous said...

yes, doki-dokki means throbbing.. ^^ sorry for confusing you, bro.. my childish.. *blushing*

-vampprincess-
dark is not to be feared, it is to be loved

Anonymous said...

ooohhhh gitu.... tapi masih penasaran sama SHC deh..

nani said...

saya sering juga ngalami kesetrum kayak gitu tp g ngeh kalau itu akibat dr listrik statis
Thx bang enigma wawasan sy jd bertambah

fitri said...

keren...
Pas prtma liat jdulna krain q tntng cnta yg mngalirkn listrik dr hti k hti,eh tw na bkn,hehe
k2 enigma,gmn cra nglink c??,bleh y mnta ajarin alna ga ngrti2 wlaupn uda bca ptnjk2na.. (>,<")

enigma said...

@vampprinces: saya bisa menebak maksudnya :)

@fitri: ngelink dari postingan? Kalau itu, caranya, sewaktu mau posting, kamu blok kata yang ingin dilink, lalu klik ikon menu bergambar rantai dan isi url yang ingin dilink.

fitri said...

k2 enigma,mksdna nglink blog k2,heheh
q ga bsa ngejelasina, bngung tp psti k2 tw mksd q deh. . .

Anonymous said...

A2T : hmm...kalo gitu waktu kita yang kesetrum listrik,itu adalah kebalikan dari listrik statis yg bro E terangkan ini bukan?yaitu masuknya elektron2 kedalam tubuh kita?

Anonymous said...

gara-gara ini juga kah bisa terjadi spontanicus human combustion

enigma said...

@fitri: masuk ke dashboard, design, add gadget, link, lalu masukkan url yang ingin di link.

@A2T: sebenarnya kasusnya berbeda. Tapi mungkin kita juga bisa menyebutnya seperti itu karena listrik itu sebenarnya juga aliran-aliran elektron. @fitri: masuk ke dashboard, design, add gadget, link, lalu masukkan url yang ingin di link.

@A2T: sebenarnya kasusnya berbeda. Tapi mungkin kita juga bisa menyebutnya seperti itu karena listrik itu sebenarnya juga aliran-aliran elektron.

Anonymous said...

Pengen aman dari setrum? jangan nginjek bumi...
cmiiw

Cgit

Anonymous said...

mas enigma boleh copy paste gak......
mau saya tempel di mading sekolah......

Reza Winandar said...

Kalo kita kesetrum apakah listrik statis akan berkumpul di tubuh kita?

pipin said...

menariik...

saya pernah mengalaminya, tapi yg paling saya ingat adalah saat saya masih SMP, kira2 akhir 1999. saat itu jumat siang, saya dan teman2 sekolah sedang antri mengambil air wudhu untuk shalat jumat berjamaah. saat sedang mengantri, saya bersenggolan tangan dengan seorang teman saya.. tiba kami berdua sama2 kesetrum.. cukup keras, sampai menimbulkan suara "CTERR...!!" yang bikin teman2 yg lain menengok.. saat itu saya cm bingung aja.. soalnya gak paham..

setelah baca penjelasan bang enigma, kayaknya point2 faktor kesetrum yg disebutkan di atas membuatnya masuk akal.. :)
mungkin gara2 faktor kain sarung yg saya pakai, sandal jepit plastik, karpet mushala, dan jumat siang yang kering.. :D

hahaha..
thanks infonya.. :)

Anonymous said...

Enigima_Genki say.....

wah saya sering kesetrum kalo pegang meja... bahakan pernah sampe ada percikan api gitu...

Anonymous said...

Bro enigma, kalo kesetrum (ground) komputer, stabilizer, ataupun mesin cuci, apakah itu juga karena adanya perpindahan elektron akibat listrik statis dalam tubuh manusia?

Ataukah ground itu berfungsi menghilangkan listrik statis yang ada didalam perangkat tersebut?

"Jawab bro ;P"

"Thank you bro :D"

phreakphysics is not me!

Anonymous said...

Si Sumpek Said...

Apakah bisa digunakan untuk menciptakan Ninjutsu Tjidori? hehehe

Anonymous said...

blog yang sangat menarik...bro enigma,req posting tentang area 51 dnk...ane dlu pernah baca di suatu majalah lama,n skarang apa kbrnya tu...masih ada apa kaga...

v3frographer said...

k2,q ga ngerti ngelink nya gmn..
k2 ja y yg ngelink blog q,heehee,bleh y??

Limumu Bougenvil said...

maaf, saya punya pertanyaan,
suatu hari, saat saya berkerja, saya mengantonggi HP seharian penuh. hingga pada sore hari sekitar jam 3 paha saya terasa terbakar, ketika di cek ternyata memang terdapat memar. apakah itu juga jerjadi karena listrik statis dari HP yang saya kantonggi di kantong celana saya?

enigma said...

@Cgit: Tergantung maksud kamu dengan jangan nginjak bumi.

@Anonymous 70: boleh

@Reza Winandar: Listrik statis itu berbeda lho dengan listrik di rumah kita yang digunakan untuk menyalakan TV.

@pipin: memang kalau terjadi discharge listrik statis, kadang bisa mengeluarkan suara seperti itu.

@You are not phreakphysics: Memang ada perpindahan elektron juga. tetapi listrik statisnya tidak selalu hanya pada manusia. Pada objek juga bisa ada. Ground memang bisa menghilangkan listrik statis.

@Anonymous 76: Area 51 sudah saya tulis disini:

http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/03/rahasia-area-51-terungkap-para-veteran.html

@Limumu Bougenvil: Saya rasa bukan itu penyebab memarnya.

joko pakusumo said...

mr.e kalo kesetrum saat menyentuh troli itu ada penjelasannya nggak ?

hinata_17 said...

Keren om Enigma,,,!!! :D

aku jadi pingin nyobain nih jadinya, hehe
biar kayak superhero :D

Anonymous said...

Hei.. Hei.. Kok malah ngajrin orang jail? Hahaha..
Tpi kalo di Indonesia, bulan kering bulan brapa, Om. E ?
(padahal saya jga mau jailin orang) hihihi

Iin

Anonymous said...

pertanyaannya gak menarik, jadinya jawabannya juga gak menarik. Next.

Anonymous said...

jawaban Mr.E pada komentar no.22 seperti tidak biasanya coz ada pengulangan. Cukup lucu ^^

enigma said...

Betul sekali. Sepertinya tanpa sengaja saya telah mempastenya kembali.

internazionale said...

saya penggemar blog anda, setiap keluar artikel saya slalu membacanya, tapi.bru kali ini saya komentar. krna saya bru bikin blog, dan blog anda sudah saya pasang di blog saya.. makasih.

Faiz "DORKS" Ramadhan said...

Bro Enigma, apa benar semut bisa masuk ke otak manusia sampai - sampai organ di otak-otak kita dimakan satu per satu? Yah, saya sendiri kurang percaya akan berita tersebut, karena kalo tidak salah kan di otak manusia itu sebagian besar air, sedangkan semut itu sangat takut terhadap air, dan di dalam otak manusia itu kan kurang udara, jadi, semut itu kan kesulitan bernafas...saya perlu pendapat bang enigma nih, karena saya juga belum yakin dengan pendapat saya, THX!

Anonymous said...

Mas, ada link misteri bagus nih mas, cocok untuk bahan postingan mas, dan menarik untuk dibahas..

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3991378

Jika sempat, tolong dibahas ya mas, satu-persatu..

Thanks mas,

Mercy
280211

Anonymous said...

walah..

tadi saya coba cek link yang saya kasih mas malah berbeda isinya :hammer:

duh..

sori banget mas..

Mercy

octa said...

banyak inspirasi yang saya dapatkan dari blog ini,,, MANTAP

joko pakusumo said...

bang E barusan saya dpt berita bahwa ada org yg jadi es secara misterius bernama jean siapa gitu saya juga lupa...

tolong bang E

Anonymous said...

artikel ini pas bgt sama kehidupan sy, jangankan orang, pintu atau besi. tembok pun bisa berlistrik gara2 g sentuh. baru tau skrg alasan2 nya, makasi enigma!!!

Anonymous said...

menrik bung,..
bung E setelah fenomena listrik statis gimana pndapat bung E tentang urban legend di Devon?
tentang jejak kaki iblis di Devon,yg sudah terjadi lama bgt.namun misteri itu tetap blm terungkap secara pasti hingga sekarang.
bisa minta tolong diceritakan menurut versi bung E?
anonymous 15

arashita apsari said...

bro en.. facebook yang katanya mau di'hilangkan' itu hoax kan? (soalnya dari WWN)

tapi temenku ngotot kalo itu bener, padahal udah saya beri link ke posting blog ini ttg WWN ama onion itu..
gimana cara memberitahu teman saya kalau itu hoax?

enigma said...

@faiz ramadhan: kalau tinggal di telinga iya. Tapi kalau memakan otak, saya kira tidak.

@joko pakusumo: bukan menjadi es secara msiterius. Tetapi mati beku, lalu hidup kembali.

@anonymous 15: nanti akan saya posting.

@arashita: minta dia untuk mencari sumber dari media-media utama seperti detik atau kompas.

Anonymous said...

relatif bang.. karena saya sudah mencoba beberapa cara agar mendapat listrik statis ang ditumpuk.. tp nyatanya gagal.. hehehe.. ingin seperti Jhony di fantastic 4..... :)

Neofree

Jo said...

Apa mungkin bisa kejadian ini, bisa jadi dasar pemecahan masalah "Spontaneous Human Combustion(SHC)"?

rio allen said...

ane pernah liat yang beginian di TiPi..
waktu ntu, ada ibu2 ngisi bensin (di luar negeri ngisi bensin sendiri ga kaya di Indo). Pas dia masukin nozzle ke dalam lobang tangki, langsung ada api nyala...
selidik punya selidik, ternyata api terjadi karena listrik statis :)

Anonymous said...

Saya termasuk orang yg sering kesetrum saat memegang gagang pintu atau bersentuhan dengan orang lain, terutama waktu sedang tinggal di luar negeri saat musim dingin. Saya maklum sih kalo itu karena listrik statis yg ada di tubuh saya, cuma kadang heran juga kenapa saya relatif sering mengalami 'kesetrum' ini dibanding teman2 saya.

Setelah membaca penjelasan bung Enigma, saya jadi mengerti kalo itu karena kebetulan saya memenuhi beberapa kriteria yg disebut di atas, dari bahan pakaian yg sering saya pakai, cara berjalan saya yg cenderung menyeret kaki, dan kulit saya yg tipe kering.

Thanks atas pencerahannya.

Gungde Ngurah Agung said...

saya biasa mijat ortu atau istri mereka bilang seperti kestrum tapi sekala kecil ky kestrum batre AA, mungkin saya harus belajar tenaga dalam biar berkobar dan gampang dikendalikan

cacao said...

mmmmm,, saya belajar elektron n proton pas saya kelas 8,, hehe,, keep posting~!

Johnny Wirjosandjojo said...

Bung E. bisakah kita menciptakan/mengeluarkan petir dari tubuh kita dengan memanfaatkan semua faktor-faktor di atas secara maksimal?
Lalu bisakah listrik statis tercipta tanpa sentuhan? Jika bisa, kira-kira seberapa jauh?

enigma said...

Kalau petir mungkin tidak. Kalau tanpa sentuhan, duduk di depan komputer bisa menumpuk listrik statis bro.

Anonymous said...

Q & A: Mengapa saya bisa kesetrum ketika melihat orang yang saya suka?

hahahah... maaf kmenuh-menuhin komentar.... XD

Jeprie said...

Di luar negeri, terjadi beberapa kebakaran di pom bensin akibat listrik statis. Ini biasanya terjadi pada sopir pria muda. Wanita dan orang tua, sebelum masuk mobil terbiasa berpengan terlebih dahulu pada body mobil sehingga listrik statis mereka hilang.

Video percobaan kebakaran pom bensin bisa dilihat di salah satu episode Mythbuster.
http://www.youtube.com/watch?v=HRcnGm97wEQ

ilyasfirefox said...

om, kalau mau bertanya lewat email, alamat emailnya apa om?.. thanks. :D

Anonymous said...

saya pernah mengalami situasi ini..selalunya di tempat yg sejuk..tangan segera akan merasa sakit apabila electron brpndah..rase sprti electrik mgalir

Anonymous said...

Akhir2 ini saya sering mengalami kesetrum klo dorong troli, kesentuh benda dr plastik. Mungkin krn saya lg demen pake crocs, dan di ktr bahan serangamnya polyester, kulit saya juga cukup kering. Tks infonya

Anonymous said...

makasih infonya. sangat bermanfaat. teruslah menulis.

AR JU NA said...

mo nanya dong mas E aku pernah ksetrum gara2 siku2 lengan ku kesenggol / di sentil, apa ini termasuk listrik statis ??
tmenku ada yg suka jail dngan cara menyentil titik tertentu di bagian siku2 tangan temanku 'n kta'a dia (yg di sentil) ngrasa kaya di setrum gtu.

Thanx wat jawaban'a..

Anonymous said...

wkwkw ternyata bnyk juga ya yg sering alami hal tersebut,,ketika bersentuhan,,sangat lucu dan ingin mengulangi nya sampai istri ku takut memegang ku..sangat lucu bung,,,..

libas habis said...

waw.. enigma benar2 blog yang jenius..

semoga info2nya bermanfaat bagi yang membacanya

Anonymous said...

baca artikel ini, aku jd inget fenomena SHC, apa mungkin para korban SHC jg mempunyai akumulasi listrik statis yg besar pd tubuh mereka spt yg terjadi pd fred yg pada kondisi tertentu tanpa mereka sadari bs menimbulkan percikan api dan akhirnya bs membakar tubuh para korban SHC ini.
bwt om Enig, apakah sudah ada teori yg menghubungkan antara SHC dengan listrik statis ini?

Tebak Ini Siapa said...

Waaah :((
Ini yang sayaaa cariii :((
Makasih ya mas ^^
Akhirnya nemuuu kenapa aku suka kesetrum hihi~

Camelia said...

halo kak enigma...
mau tanya nih kalau bola listrik yang ada di TMII itu gmn ya cara kerjanya?

trus ada ngga sih keuntungan dari menumpuknya listrik statis di tubuh kita?
waktu saya baca tentang cerita fred,dia menumpuk listrik sampai 40.000 volt,efek untuk orang tersebut gmn? (positif & negatifnya)

segitu aja pertanyaanya,mohon penjelasan nya ya kaka...thank u ^_^

lei said...

o ternyata begitu..
saya dalam 1 hari bisa puluhan kali menyetrum orang yang di samping saya, ataupun barang yang saya pegang.
dan saat memegang laptop atau pun mencabut kabel data/usb ada percikan api kecil keluar..
kaget bget pertama kali..tapi lama2 ud terbiasa..
kyaknya saya kurang minum air ni..hehe

RedCinnamon said...

Penjelasan yg sangat detail dan masuk akal. Saya sering kesetrum apalagi kl memegang benda logam. Besi di mall, di kasir supermarket, terakhir kestrum teman waktu jalan bareng. Selama ini saya berpikiran mgkn saya kecapean atau lelah tapi sebabnya saya bisa mengerti skrg, mgkn krn saya senang pakai crocs sehari2.. Good blog, salam kenal..

Welia Ichsan said...

Bermanfaat sekali...krn sy asli lg kebingungan kok sana sini nyetrum, ke mall pegang eskalator nyetrum, keyboard laptop nyetrum,, smp2 suami sendiri jg disetrum...hihiii
skrg baru ngerti kenapa2nya...
thanks a lot
ijin share ya...

Welia Ichsan said...

Finally.....
Akhirnya sy ga kebingungan lg knp suka nyetrum ga jelas.. sana sini nyetrum, ke mall di eskalataor nyetrum, knci pintu nyetrum, pegang keyboard nyetrum, pegang suami jg nyetrummm...
Semua jd serba nyetrumm...kirain mang ada bakat jd super hero hihiiii
Tanya sama guru fisika malah katanya hrs cek cpt2 cek kolesterol, gejala stroke (Nah looooo ketauan guru fisika nya sesuatu deh hahaaa)
Tp mang hrs ekstra hati2 lagi kl gitu..liat efeknya yg bs ngebakar jd serem jg..
Thanks a lot infonya...bermanfaat bgt..ijin share yaa...;)

Andi My said...

Terima kasih infonya...
Terjawab sudah misteri yang selama ini saya dan temen2 sekantor alami....

charles said...

Jadi ini toh sebabnya, pantes dulu pas lagi jalan" nyenggol tangan temen aja nyetrum, trus pas dicoba lagi eh gak nyetrum @@

Gabriella Loveny said...

trimakasih Enigma atas infonya . kejadian seperti ini saya rasakan dari kemarin , jika saya n sepupu saya bersentuhan dgn tidak sengaja pasti kami berdua kesetrum .. bahkan setrumannya itu mengeluarkan suara ledakan kecil kejadian ini sdh kami rasakan sekitar 20x dan itu membuat kami waspada jika kami berdekatan satu sama lain .

Anonymous said...

Thanks buat artikelnya, saya sering ngalamin kesentrum dgn keluarga n kawan, sakitnya cuma saya yg bisa ngerasain.

Anonymous said...

Aku jg sering terkena sengatan listrik secara tdk sengaja spt saat bersalaman,memegang pakaian (dr bhn kaos), memegang bhn plastik(gayung,bhn plstk lainx),buku...
Oh y dulu wkt umur 7 thn aku punya pengalaman ttg listrik,wkt itu aku sedang bermain dgn sepupuku di saat sdg brmain di dlm kamar tb2 mrk menantg aku untulk masukin paku beton yang panjg ke dalm colokan listrik yg aktf,yah nmx jg ank kcl psti mlakukn sesuatu tnpa bpikr bahayax,akhirx dgn tgn kosg aku pun memegang paku betonts tsbtt utk bbrp detk aku blum mrasakn apa2 tp tiba2 aku merasakan dr ujung jari tangan dan ujg jari kaki aku merasakan spt pakaian yang di peras makin lm makin kuat smpe mnjlr ke lehr tp aku hanya diam dn mnikmati sensasi tsb.di saat rasa melilit itu di kepala akhirx aku cabut spt biasa,dn aku brmain kmbali dgn sepupuku spt biasa,dn tdk ada bks luka di tgnku sdiktpun sewaktu mmgang paku tsb.oh iya watt arus listrik di rmh tsbt sgt besar krn di rmh kakek dn nenek aku itu tinggal bbrp ank,cucu,krabt,dan asisten rumh tgga dgn kmr brbeda2 dn rumh makan yang cukup bsr yg di jadikn satu dgn rmh.sudah pasti arus listrikx bsr(itu lah pengalaman nyata sy) kira2 ada kaitannya g' ya dgn kejadian dulu dgn skrg?

Anonymous said...

Sewaktu aku berumur 7 thn aku tinggal bersama kakekku dn kluarga bsr,krn yg tggl di rmh tsbt trmsk banyak di tmbh sbgian sdh brkeluarga.rumah itu trmsk luas dgn bxk kamr dn ada juga rumah makan yang sudah pasti arus listrik yg digunakan pastilah sgt besar.wkt itu aku sdg bermain dgn sepupuku di dlm ruangan tb2 sepupuku menantang aku untuk memasukan paku beton pjg yg dia temukn di lantai ke dalm colokn listrik.yg nmx ank kcl pastilah klo di tantg g' pnh bpir trlbh dahulu apakh itu bahaya atau tidk.akhrx aku pun memasukkn paku beton tsb ke dlm colokn listrk yg ada di dinding ruangan itu,tb2 aku mrasakn tgn dn kakiku spt ksemutn dn rs itu mrambt sampai keleher smakn lm rs ksemutn itu berubh aku merasakn tgn dn kakiku spt pakaian yang di peras mkn lm rs itu mkn kuat sampai mnjlr ke lehr nmn aku msh mnikmati disaat sengatn trs mnjlr ke sebagian kplaku baru aku cabut paku tsb dari colokn listrk,alhmdulillh tdk ada luka sediktpn di tgn atau tubhku dn akupn brmain spt biasa dgn sepupuku.
Skrg aku serg mrasakn sengatn listrik tiba2 di saat aku bersalaman dgn org,dan juga ketika aku memegang pakaian dr bhn kaos,gayung,buku,dn krts tp sengatn itu trjd secara tiba.dn tidk bisa di ulang dl wktu yg sm.itulah pengalmn nyata sy.

maya said...

Sama...saya udah 3x senggolan sama temen kayak kesetrum, ini yang terakhir nyenggol besi tangga kayak kesetrum juga+bunyi kayak percikan. Kira2 ada efek buruknya gak terhadap tubuh kita jika sering terkena listrik statis...?

Anonymous said...

bahaya nih kalau punya kelainan begini,harus dekat air mulu.

sumbayak said...

artikel yang menarik sobat...
masih banyak sekali ilmu di dunia ini, jika di pelajari tidak akan habis sampai akhir hayat kita :)

icha acsioma said...

Thanks bngt atas info akurat na bang ganteng :)
-tetapi kejadian seperti itu sy ngalamin dlm seminggu ada 4x nyebalin dah..

Anonymous said...

Terima kasih untuk artikelnya ya... Sangat berguna sekali.

Saya juga sering kesetrum terutama jika sedang ke Mall, sampai-sampai setiap ke Mall meskipun tidak sendirian, saya pasti memilih untuk jalan agak berjauhan karena seringkali kesetrum dengan teman yang jalan bareng. Baru-baru ini malah saya kesetrum sedotan saat mau minum, sangat aneh, tapi memang terjadi begitu.

Rasanya memang benar, alasannya adalah karena ada yang salah dengan sepatu yang saya kenakan dan cara jalan saya. Terima kasih untuk pencerahannya...

Mellhana said...

Thanks infony .. bagus bgt. Saya lg d jerman dan dari januari sedang musim dingin. Dan saya sering banget kena listrik statis saat bersentuhan dengan orang lain. Kita berdua sama2 kesetrum. Mungkin bagi teman saya hal biasa karena dia memang lahir d dan terbiasa seperti itu. Tapi buat saya ini aneh. Karena kalau d jakarta amat sangat jarang merasakan hal tersebut.
Maka dr itu sy penasaran mengenai penyebabnya .. dan menemukan blog ini.
thankyou ya..

Post a Comment