Wednesday, July 20, 2011

Makhluk yang dianggap sebagai Cadborosaurus terekam kamera di teluk Nushagak, Alaska

Pada tahun 2009, ada desas-desus kalau seorang nelayan di Alaska telah berhasil merekam makhluk misterius yang disebut sebagai Cadborosaurus dan menyerahkan hasil rekaman itu kepada Discovery Channel. Desas-desus itu ternyata benar dan pada hari ini Discovery channel akan menayangkan rekaman tersebut secara exclusive.


Apakah kita telah mendapatkan bukti keberadaan makhluk cryptid Cadborosaurus?

Bisa saja. Walaupun masih terlalu jauh untuk menyimpulkannya dengan pasti.

Rekaman yang menarik ini diambil oleh seorang nelayan di teluk Nushagak, Alaska, pada tahun 2009, dan akan ditayangkan perdana hari ini pada acara "Hillstranded", sebuah dokumenter spesial dari Discovery Channel.

Pada rekaman tersebut, terlihat adanya seekor (atau lebih) makhluk panjang seperti ular sedang berenang di teluk. Ukurannya kurang lebih sekitar 6 sampai 9 meter dengan punuk di punggungnya. Makhluk itu juga menyemburkan air dari punggungnya seperti seekor ikan paus. Ini cukup luar biasa karena tidak ada ikan yang menyemburkan air dari punggungnya selain paus. Makhluk dalam rekaman tersebut, jelas bukan seekor paus.

Ini screen shot rekaman tersebut. Kalian bisa menyaksikan cuplikan dari discovery channel di akhir postingan ini.

Ketika melihat makhluk dalam rekaman tersebut, mungkin orang-orang akan segera menghubungkannya dengan Nessie, cryptid paling termashyur di dunia dari Lochness, Skotlandia. Namun, para cryptozoologyst yang menyaksikannya menemukan kalau makhluk itu lebih mirip dengan makhluk cryptid lainnya, yaitu Cadborosaurus, yang diberi nama berdasarkan teluk Cadboro di British Columbia, tempat makhluk jenis ini pertama kali ditemukan.

Paul LeBlond, mantan kepala Department of Earth and Ocean Sciences di universitas British Columbia mengatakan kepada Discovery News kalau ia sangat terkesan dengan rekaman tersebut. LeBlond pernah membantu menulis buku mengenai Cadborosaurus yang berjudul "Cadborosaurus: Survivor from the deep".

"Walaupun rekaman itu diambil pada situasi yang sedikit hujan dan kapal yang bergoyang, rekaman itu terlihat sangat asli."

Cadborosaurus sendiri memiliki nama julukan Cadborosaurus Willsi, yang berarti reptil atau kadal dari teluk Cadboro. Namun, kadang-kadang orang-orang hanya menyebutnya sebagai Caddy.

Makhluk ini dianggap sebagai salah satu jenis ular laut yang memiliki kepala seperti kuda, mata yang besar dan punggung yang berpunuk.

Penampakan makhluk seperti ini telah dilaporkan selama puluhan tahun. Namun baru pada tahun 1937 ditemukan bangkainya di Queen Charlotte Island, British Columbia. Bangkai itu ditemukan di dalam perut seekor ikan paus.

Sejak saat itu, nama Cadborosaurus mulai dikenal secara luas.

Bangkai Cadborosaurus yang misterius itu kemudian diteliti dan disimpulkan sebagai bangkai anak paus. Namun kesimpulan ini ditolak oleh sebagian orang, termasuk oleh pekerja yang menemukannya pertama kali.

Misteriusnya, bangkai itu kemudian hilang entah kemana.

Karena itu, rekaman Alaska menjadi sangat penting bagi para cryptozoolgyst yang ingin meneliti kembali kemungkinan keberadaan makhluk ini.

Banyak peneliti percaya kalau Cadborosarus adalah sejenis belut raksasa atau Frill Shark (Yang memang berbentuk mirip belut). Namun LeBlond menyangsikannya karena gerakan makhluk yang terlihat dalam rekaman tidak seperti gerakan seekor ikan.

"Pastilah makhluk (dalam rekaman) itu sejenis reptil atau mamalia karena ia bergerak naik turun (berosilasi) secara vertikal. Ikan sendiri bergerak ke kiri dan kanan."

Tentu saja satu-satunya cara untuk menentukan identitas makhluk itu adalah dengan menemukan makhluk misterius tersebut. Rekaman ini mungkin bisa menjadi patokan bagi para cryptozoolgyst.

Jim Covel, senior manager pada Monterey Bay Aquarium, menyimpulkannya dengan sangat baik.

"Kita memang masih menemukan banyak spesies baru di dalam lautan sehingga memungkinkan beberapa orang untuk mengakomodasi pikiran-pikiran seperti ini dan mengisi kekosongan yang ada dengan imajinasi. Namun, hal ini menunjukkan betapa eksplorasi ilmiah sangat dibutuhkan."

Siapa tahu, mungkin suatu hari Cadborosaurus yang misterius itu akan muncul kembali.

Saksikan rekaman tersebut dari cuplikan penayangan Discovery Channel berikut ini:




(news.discovery.com, cryptomundo.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

1,693 comments:

  1. Haha... meninggal.
    Mari kita doakan, semoga bang Enigma baik-baik saja. Yah, semua komentar yang ditampilkan kan harus disetujui dulu oleh admin? Apa admin blog ini ada dua? Rasanya tidak..

    Btw, ada yang memperhatikan nggak tanggal post ini berubah? Seingatku, pernah tertera 14 Juli. Atau aku yang udah pikun?

    Nan

    ReplyDelete
  2. om tolong diperiksa video ini

    http://www.youtube.com/watch?v=gRtylv3fXsw&feature=player_embedded

    ReplyDelete
  3. mana ni berita yang lainnya

    ReplyDelete
  4. Bung E, saya request tentang bukti kebenaran heliosentris donk. Soalnya saya di jaman sekarang ini masih ada beberapa orang yg percaya geosentris, alias bumi itu tidak berotasi, tidak berevolusi, dan menjadi pusat alam semesta!! dan bahkan mereka mempercayainya dengan memberikan bukti2 sains yg (menurut saya) tidak masuk akal.

    ReplyDelete
  5. semoga aja beneran mati.

    By : Si Kecewa Berat.

    ReplyDelete
  6. Mr. E... Jujur nih, aku dah mulai ga enak hati n khawatir bgt.......

    Apa dikau sengaja lagi nguji kita untuk memecahkan teka teki ini? Gimana kalo ga ada yg bisa nebak? ga akan muncul2 lagi? Atau anda udah kembali ke dunia masa depan? Hehehe....

    Buat yang bilang anda sodaranya E, BUKTIKAN bahwa anda bener2 sodaranya n BUKTIKAN kalo Mr. E meninggal. Jangan asal ngomong ah....

    Apapun itu, saya, setulus hati, berharap Mr (or should i write Mrs?) E baik2 aja. Coz i really admire u and i've followed this blog since 2009.

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  7. Sebagai penggemar berat blog bung E, saya tidak mau berspekulasi...
    Tapi jika seandainya memang benar bung E sudah tiada (hiks), saya mengucapkan belasungkawa sedalam2nya untuk keluarga yang ditinggalkan, dan semoga arwahnya tenang di alam sana, dan tidak terlalu penasaran untuk mengupdate kembali blog ini.
    Sekali lagi, ini hanya pengandaian.

    From one of your biggest fan, Ronald Interista.

    (nb: ngomong2 terima kasih bagi siapapun yg bersedia mengapprove komen ini)

    ReplyDelete
  8. semua artikel bang Egnima perlu kita simpan utk siap2 2012 nanti!

    ReplyDelete
  9. where are you Mr. Enigma?

    ReplyDelete
  10. sperti nya gw mncium bau konspirasi dsni...

    ReplyDelete
  11. man dr 4 th ku ikutin terus ini blog..ampe mandeg gni,

    ReplyDelete
  12. gue kenal Blog ini dari koran harian di daerah gue, jadi blog ini cukup terkenal...

    namun sayangnya ada yg aneh kali ini...
    ANDA HIATUS TERLALU LAMA !!!!!

    jujur, ini bener-bener gak lucu..., kalau masih aktif nge-blog, kenapa belum update juga ??? atau anda memang sudah TEWAS ??? atau sedang ingin membuat pembaca setia blog anda ini merasa kecewa ???

    ReplyDelete
  13. Selamat jalan bro. Semoga anda tenang di alam sana.

    ReplyDelete
  14. Jangan2 blog ini di-hack

    ReplyDelete
  15. UDAH, UDAH!!! BUBAR KALIAN SEMUA!!!

    MASIH BANYAK TEMPAT LAIN DI DUNIA DIGITAL BUAT NYARI INFO.

    Buat Enigma: Thanks atas informasi-2 nya selama ini. Tapi, hidup bakal terus berjalan, tanpamu.

    btw, gw masih ngefans sama enigma.

    (Apaan sehhhhhhhhhhh..........)

    ReplyDelete
  16. Mari sama-sama kita pecahkan misteri hilangnya enigma.

    ReplyDelete
  17. Hallo nama saya David, udah dulu yah daaaah!!

    tes komen gaje

    ReplyDelete
  18. tidak usah khawatir, bang enig lagi ke sisi yang lain. Baca dong yang paling atas itu "enigma, selalu ada sisi yang lain" haha.. davidcms

    ReplyDelete
  19. rupanya blum ada artikel terbaru dari mas enigma yah :(

    ReplyDelete
  20. Lalu aku suka kunjungi blog bang E. karna postingan artikelnya yang keren:) kalo sekarang, tiap hari aku liat blog bang E. hanya pengen liat apa komentar2nya sudah bertambah.

    Ada rasa penasaran dan ingin selalu buka blog ini, walau tidak diupdate lagi, tapi dengan bertambahnya komentar rindunya sudah agak terobati...

    ReplyDelete
  21. PERTAMAX !!!
    Wkwkwkwkwk...bercanda...
    Bung enigma kemana ya ??

    DCD

    ReplyDelete
  22. Senasib g bisa log in nih kyknya.Senasib g bisa log in nih kyknya.

    ReplyDelete
  23. apakah bung E sedang terancam?

    ReplyDelete
  24. bos..
    kok blom ada postingan baru??
    tumben lama banget vacum nya..
    ditunggu ya postingannya..

    ReplyDelete
  25. Selamat jalan mr.E
    Smoga kau tenang di alam sana. . .
    inalilahi wainalilahi rojiun / R.I.P

    ReplyDelete
  26. bahas video luar angkasa NASA release terbaru dong yang katanya ada UFONYA
    http://www.youtube.com/watch?v=ErkSBWOgF88&feature=watch_response

    ReplyDelete
  27. bang, artikel terbarunya mana neh? ane tggu ganz.. tlg bhas msalah black hole ganz..bang, artikel terbarunya mana neh? ane tggu ganz.. tlg bhas msalah black hole ganz..

    ReplyDelete
  28. wuaa gw jg kangennn (dwiero)

    ReplyDelete
  29. Chris dan My. Heart , serta Ms. Terry please aktif di grup fb: IMFO : Indonesia Misteri Forum, lumayan buat kumpul mengenang Enigma.... (dwiero)

    ReplyDelete
  30. Sejak sma saya selalu menyempatkan untuk berkunjung ke blog ini, terakhir memberi komen pun dulu, sudah sangat lama. Baru sekarang saya tergelitik memberikan komen lagi

    Ini blog misteri paling hebat yg pernah saya kunjungi.

    Semoga bung E baik baik saja. Masih banyak misteri yang menunggu untuk dipecahkan

    ReplyDelete
  31. Bro E, kalo sedang tidak mood updated gpp.. namun sekiranya Bro E berkenan menjawab keraguan kami di ruang tanya jawab ini (cukup satu dua kata aja) hehehe....

    Bikin karikatur digital disini: http://caricature.alfyori.com

    ReplyDelete
  32. apa jangan2 bung Enigma lupa password blognya??? dan yg approved komen ini adalah org yg hijack blog ini... tanya knapa?

    ReplyDelete
  33. ya...yang mati si "Enigma", tapi pria dibalik "Enigma" mungkin belum koit, tapi senyum2 nggak jelas melihat penggemar kecewa....ya sudahlah biar sja si "enigma" pergi....paling 3-4 bulan lagi kita udah lupa sama si "enigma"....kita tunggu aja kehadiran pria itu lagi dengan nama lain....kita lihat gaya baahasanya,,,,karena sehebat apapun org ingin meniru..pasti kita akan tahu ciri khas orang yang melahirkan sekaligus membunuh si "enigma".... :P "enigma" kupret..........

    ReplyDelete
  34. koq smpai sekarang engga ada kabarnya.. =.=a

    ReplyDelete
  35. hahahahaha... seru... terimaksih semua...

    ReplyDelete
  36. Artikel terbarunya berjudul "Teka-teki Menghilangnya Bang Enigma" ^^

    ReplyDelete
  37. bila kita kehilangan seseorang yang sangat berarti
    maka kesetiaan akan diuji dengan jalan menunggu.
    dalam masa menunggu, maka ia akan selalu "hadir".
    secara terminologi, berbeda makna antara kata "ADA" dan "HADIR"
    bukankah Ka Enigma selalu hadir?
    bahkan saat kita off line?
    KESETIAAN adalah ANDA.
    :)
    V^_^

    ReplyDelete
  38. update pliss!!! biasanya gak lama kaya gini

    ReplyDelete
  39. dear Anonymous No 200+30...

    Ok... ntar aku main deh kesana.... bukan untuk mengenang Enigma. Tapi karena pengen.... :)

    buat yang pengen tau kabar Mr. E.... silahkan mampir ke blog Nalar nya Mbah Ware.... Seinget ku mereka kenal cukup akrab.



    Ms. Terry

    ReplyDelete
  40. misteri tentang Teka-teki hilangnya MR.E akhirnya terungkap

    Setelah tim dari pencari fakta menyelidiki kasus hilangnya bloger yg banyak menulis tentang teori conspirasi,UFO dan kisah" misteri,atau yg lebih kita kenal sebagai Mr Enigma akhirnya terungkap.

    Dari jejak yang ditinggalkan di kopmuter jinjing miliknya di ketahui kalau mr E ternyata sedang melakukan perjalanan ke masa lalu demi mendapatkan bahan tulisan untuk di posting di blog miliknya.

    Meski begitu tetap belum di ketahui tujuan pastinya, sebab dari peta yang di temukan di sekitar kamar (lokasi di temukan laptopnya) banyak tempat yang di lingkari.

    Di antaranya adalah
    --Segitiga bermuda,mungkin beliau ingin mengetahui apakah di lokasi ini dulunya adalah tempat keberadaan peradaban kuno atlantis atau bukan.
    --Piramida Mesir, beliau juga menandai lokasi dimana terdapat berdirinya piramida giza di mesir. Mugkin beliau juga ingin mengetahui bagaimana dan dengan cara apa piramida ini dibuat.
    --Stonehenge,Inggris. Selain dua tempat di atas Mr E juga menandai lokasi ini. Di curigai Mr E pergi ke tempat" itu untuk menguak misteri tentang asal muasal dari tempat atau bangunan menakjubkan yg ada dan di bangun pada masa lalu itu apakah ada keterkaitan dengan Alien atau Makhluk pintar dari galaksi lain.

    Untuk lebih jelasnya kita tunggu Konfirmasi dari Mr.E setelah beliau kembali semoga pembaca semua sabar dan terus mengecek kesini untuk mengetahui kabar terbaru dari beliau.

    ReplyDelete
  41. what d hell aya naoon?? Mr.E kemenongg?? dari semenjak komentator enigma masih seuprit, dr sejak artikel2 mr.E msh dikit gw g prnh ktinggalan update baca ni blog. bahkan dulu prnh 2 hari penuh dikantor cm bwt ngabisin ni blog smbil ikut nggoogling sok analisa2an jg. dan dari dulu gw g prnh komen, br skrg doank, cm bwt nunjukin klo gw brharap mr.E masih sehat walafiat dan msh akan eksis nglanjutin blognya.
    so.. where the hell are u bro??

    ReplyDelete
  42. Bung enigma lagi sibuk persiapan buat TA ya? :D apa udah harus kmbali brtugas di CIA / FBI / NYPD ? (dies)

    ReplyDelete
  43. kocak kocak komennya

    ReplyDelete
  44. oh ya, klo gak salah penulisnya misterius juga ya..
    saya pernah gabungin 1 mata menjadi 2 mata tapi sepertinya rumit :P
    klo mau tukeran link boleh ya? :)
    salam kenal mr. enigma :)

    ReplyDelete
  45. ah ngga bermutu blognya
    coba blog w
    haha
    ne w tantangin
    w punya fakta realnya
    085693181183

    ReplyDelete
  46. ah pelai buu..ose kamana lai?? dong bilang ale su mati tuh..betul ka trada?? beta su trasabar baca ale pu tulisan baru lagi. akan ale update capat sudah..pelai se..!

    ReplyDelete
  47. Enigmanya baru married nih keknya, lagi cuti dulu :P

    ReplyDelete
  48. Jangan2 Bung E sudah kembali ke asalnya. Mungkin Seperti Manusia di Mars, John Titor atau Bung E terhisap ke dalam Black Hole dan ga bisa muncul kembali

    ReplyDelete
  49. Ternyata ada yg sama kyk saya, jarang kasi komen tapi penggemar berat blog ini, buat bro Enigma, kamu akan selalu ada di hati dan pikiran kami, we will not forget you, thank you for all the thing that you share with us.

    ReplyDelete
  50. Ms. Terry....maksud dr pernyataan ini apa?
    Ok... ntar aku main deh kesana.... bukan untuk mengenang Enigma. Tapi karena pengen.... :)

    penasaran aja....

    ReplyDelete
  51. Siapapun dibalik nama "Enigma", dia adalah salah satu seorang analis hebat yang pernah saya ketahui. Penjelasan artikelnya luar biasa, berusaha menjelaskan suatu masalah agar bisa sejalan dengan otak tanpa mengesampingkan sisi misterinya. Hebatnya, "enigma" tidak langsung terjun ke TKP tapi hanya menganalisis data yang ia peroleh ditambah science dan experience-nya.
    wherever you are, living or died, i just wanna say, thankz for all your work.

    Zeck d 90210-6

    ReplyDelete
  52. saya sengaja tidak pernah comment di blog anda. tapi untuk kali ini saya akan comment karena saya perduli. kemanakah anda ?? saya percaya, suatu saat anda pasti kembali. apakah anda honeymoon, betul2 "tewas", kecelakaan or something else. saya mulai beranggapan bahwa mungkin blog ini di-hack. apakah anda jatuh sakit bung ??

    ReplyDelete
  53. kak enigma...

    udah terlalu lama deh ngilangnya..
    :'(
    btw, jahat bener sih yang bilang kak enigma udah meninggal !!
    lama-lama ini komen nya jadi penuh dengan teori konspirasi.. -_-

    smoga kak enigma baik-baik aja.
    dan cepet posting lagi..
    :D

    ReplyDelete
  54. ke mana yah TS nya?

    ReplyDelete
  55. tau nggak bung E sekarang sebenernya ngambek gara2 akhir2 ini kalian banyak protes postingannya, yang bilang garing lah , ga seru , minta ganti topik de el el ..

    ya moga emang itu alasannya dan bung E bisa tampil lagi, kami ga berharap postinganya bung E macem2, cuman update saja uda senengnya nggak ketulungan ... hehe ..

    -Hoerter-

    ReplyDelete
  56. sabar aja.. klo bener pembaca setia, pasti bs sabar menanti..

    ReplyDelete
  57. ternyata...eh ternyata....
    blog ini dah di hack n ga di pegang lagi ama bang enigma.teman2 ada yg dapet emailnya gak ?

    ReplyDelete
  58. selamat malam.....boleh tukar link tak?
    ni link saya ya.....
    http://live0life0.blogspot.com/
    harap sudi bertukar link dengan saya...

    ReplyDelete
  59. oh ya....saya telah letakkan link blog kamu di blog saya...

    ReplyDelete
  60. jangan2 di culik mahluk luar angkasa atau bang enigma kejebak di masa silam yg yg ga ada telp atau internet hehehehehe

    ReplyDelete
  61. kolo emang di hack kok moderasinya msh jalan?

    ReplyDelete
  62. nice share!
    http://sronoism.blogspot.com

    ReplyDelete
  63. astaga..

    om e... kemanakah kau pergi?
    T_T

    gini nih repotnya kalo menyembunyikan identitas diri sendiri..
    kita jadi ga tau gimana kabarnya om e.

    apa jangan2 ada orang yang nge-hack emailnya om e.. -___-

    ReplyDelete
  64. Hanya orang gila yang mikir Enigma mati.

    ReplyDelete
  65. Bang Enigma!kemana sih?kok gak ada kabarnya?gak sabar mau lihat postingannya yg baru :(

    ReplyDelete
  66. heboh ya beritanya..... mampir ya di
    www.diapers-pakaiulang.blogspot.com

    ReplyDelete
  67. mampir juga di sini ya
    www.araata.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. biarpun udah ga pernah apdet lagi, dari juli ampe agustus masih adaaa aja yg visit ini blog. yah contohnya gua. hahahaha

    sumpah kangen banget dibikin merinding, kaget, excited, dsb dsb yg selalu gua rasain kalo baca artikel yahud bikinan bang E

    balikin bang E kami!!!
    hahaha

    ReplyDelete
  69. Cara merekamnya gimana ya , apa hanya kebetulan atau gimana?

    ReplyDelete
  70. om enigma kemanaaa????

    ReplyDelete
  71. bung E kemana?? plisss update blog nya, we miss u :'(

    ReplyDelete
  72. mungkin karena kalah pamor ama trans7 ama global yang suka ambil gambar dari youtube, ttg keanehan2 di dunia,walau memang gak dianaolisa spt egnima

    ReplyDelete
  73. Kak Enigma, nie pertama kalix aq komen pdhal dah ngefans ama blog ini dr taun kmren >,<

    Btw, kak Enigma kemana? Q kangen ama postinganx. Moga kak Enigma baik2 aja, jgn ampe deh berita kalo kak Enigma RIP tuh beneran. Semangat ya kak :D.Kak Enigma, nie pertama kalix aq komen pdhal dah ngefans ama blog ini dr taun kmren >,<

    Btw, kak Enigma kemana? Q kangen ama postinganx. Moga kak Enigma baik2 aja, jgn ampe deh berita kalo kak Enigma RIP tuh beneran. Semangat ya kak :D.

    ReplyDelete
  74. Header :

    THIS IS THE END!!!!

    Header

    ReplyDelete
  75. " enigma is not dead he just ran to forest and its never coming back but if he back he will be the knife masta "

    ReplyDelete
  76. komennya jadi banyak, jadi kocak^^ sepertinya semua ucapan belasungkawa itu berasal dari komen ini ya:

    "om enigma nya tewas yah?"

    sayang ya di dunia maya kayak gini yang namanya anonimitas terjamin.. Teka-teki Hilangnya Enigma bisa jadi misteri abadi..

    Bang E, jika Anda baik-baik saja, dan entah mengapa tak bisa atau berhalangan membuat posting baru, tolonglah... cukup 2 kata ini di komen:

    "I'm okay"

    dan kami bisa berpesta merayakannya, haha. Kami penasaran, dan lebih dari itu, khawatir^^

    -Nan

    ReplyDelete
  77. Tunjukan dirimu wahai enigma!

    ReplyDelete
  78. Oryza Sativa said...

    apa jgan2 krn senpai Enigma sering ngebahas konspirasi yg ternyata beneran, jadinya dia diculik sama pihak Amerika ataupun oleh pihak manapun yg g suka...?
    aduh...
    semoga ja krna hal lain...
    mending jg meninggal dripada diculik n disiksa...

    ReplyDelete
  79. Mungkin bang enigma kesel karena ada orang yang seenaknya tanpa ijin kopas dan komersilin tulisannya jadi buku

    ReplyDelete
  80. Saya mungkin tidak mengenal siapa anda,
    Mr. Enigma..

    Walaupun saya kurang yakin anda seorang yang sengaja menyembunyikan diri dan bangga setelah membaca berbagai komentar pembaca yang menyatakan kerinduannya pada anda..

    Saya hanya ingin mengatakan hal penting kepada anda dari para pembaca setia:

    Kami tertarik pada "Enigma" bukan karena sisi misterius yang "Enigma" miliki, tetapi karena sebuah tulisan anda yang bagi banyak pembaca tidak mungkin atau bahkan sulit ditemukan di blog lain yang berbahasa Indonesia.

    Oleh karena itu tolong jangan menjadi orang yang "sok misterius" hingga menjadikan banyak pembaca anda semakin penasaran, kesal, bahkan mulai membenci tindakan anda.

    Apakah anda mengalami hal yang luar biasa atau sebegitu buruk sehingga tidak bisa membuat tulisan?

    Tapi itu bukan alasan!!

    KARENA JELAS-JELAS ANDA SELALU MEMODERASI KOMENTAR YANG MASUK!!

    Itu tentu saja memberi sedikit kejelasan bahwa blog ini masih dikontrol oleh "oknum" tertentu.

    Anda jelas bukan orang bodoh, bahkan saya yakin anda memiliki IQ, pengetahuan, dan wawasan yang tinggi. Itu sudah cukup menjadi sebuah bukti yang cukup untuk mengatakan bahwa blog anda sedang tidak dipermainkan oleh "oknum" lain.

    Kesimpulannya :

    "OKNUM" yang jelas-jelas sedang mempermainkan para pembaca blog ini tentu adalah "MR ENIGMA" itu sendiri!!

    Saya yakin sekali anda sedang tidak dalam kondisi "tragis" yang diisukan banyak komentator.

    Anda juga tidak sedang "sakit hati" terhadap para pembaca. Karena saya yakin pemilik blog ini bukan seorang yang labil.

    Tapi saya yakin satu hal! anda tetap manusia biasa!!

    Para pembaca baru mungkin tidak merasakan bagaimana perkembangan Enigma..

    Tapi saya yakin banyak pembaca setia yang menyadarinya..

    Enigma perlahan mulai kehilangan kerendahan hati yang ia pertahankan selama ini...

    Ciri-cirinya? Bandingkan setiap analisa di tulisan Mr. Enigma dari postingan pertama hingga akhir!

    Pasti akan terlihat Jawabanya!

    Maaf saya terlalu banyak mengkritik anda Mr E, tapi ingat satu hal, anda bukan siapa-siapa..

    ReplyDelete
  81. ak hmpr tiap hr nengokin ni blog....
    tp bang E ga nongol2... T.T



    _ryan

    ReplyDelete
  82. berita tentang cryptology memang sangat menarik. tetapi sayangnya tidak pernah ada penampakan yang 100% benar

    ReplyDelete
  83. wkwkwkwk sudah bulan okteber dan belum aktif juga...

    ReplyDelete
  84. think positif ja. bung enigma pasti update postinganx.. ditunggu bung Enigma...

    ReplyDelete
  85. Dugaan ane sih, bang E nggak update gara-gara

    1. Lagi ekspedisi sama Mbah Ware (ada pernah ngomong waktu itu di postingan apa gitu)
    2. Lagi pergi ngeliatin cadborosaurus (biar tau itu hoax ato bukan, trus dikaasih tau ke kita)
    3. Lagi pergi berburu alien (halah...)

    Moga-moga aja berita bang E meninggal cuman hoax doang (ane khawatir beneran, takut nggak ada postingan baru dari bang E)

    ReplyDelete
  86. aku mau nanya, siapa di antara kalian yg sampe nangis karna blog enigma dah lama gak update? ya mungkin nangis karna berpikiran yg macam2 gitu..


    [ all of us miss you, bro. E ]

    ReplyDelete
  87. Cuma sekedar menaruh sdikit apa yg "mungkin" saya ketahui, bung enigma ini seorang WNI keturunan beragama Protestan, kemungkinan besar beliau lulusan salah satu kampus di ibukota, mungkin kampus swasta, prediksi saya sekitar Binus, Untar, Atma atau Trisakti, beliau juga tampaknya cukup aktif di persekutuan doa yang diadakan agamanya, cuma itu informasi yang bisa saya berikan. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  88. Saya kira saya sudah ketinggalan berita banyak banget tapi ternyata g ada postingan baru semenjak saya terakhir baca blog ini.bung E kemana nih?? Lama sekali gak posting..
    Ini berita bung E meninggal beneran nih?? Seriusan?? Qlo boongan ni jahat banget yg bikin berita..tetap setia menunggu poatingan terbaru daribung E..

    Tapi kalo beneraniih ngeri gw..tapi semoga tenang di sana. Bung E benar2 menginspirasi saya.gara2 baca blog ini saya jadi senang dengan misteri n konspirasi..mendadak sedih..ah semoga bung E nanti kembali menulis

    ReplyDelete
  89. semoga cepat terungkap makhluk apa ini...
    http://fashionpria.indoprofile.com/blog

    ReplyDelete
  90. ini adminnya jahat juga, approve komentar tapi nggak ngasi keterangan.. jadinya cuma banyak spekulasi sama bang e.. tolong dikasi penjelasan sederhanalah kenapa berhenti? aneh tetep approve komentar tanpa keterangan apa-apa.. padahal tiap buka komputer pasti buka blog ini.. nunggu posting baru..

    ReplyDelete
  91. Please, temen-temen pembaca..
    jangan nulis yang nggak-nggak kayak ngaku-ngaku keluarganya n bilang Bro E meninggal

    Saya yakin Bro E akan balik lagi, mungkin dia sekarang lagi bener-bener sibuk

    Yang pasti, saya akan tetep menanti post baru dari Bro E...

    ReplyDelete
  92. MR. ENIGMA masih ada.

    Dia belum meninggal, mati, ataupun menghilang dari blog ini...ya, saya yakin hal ini.

    Sebelumnya pernah saya berkomentar yang bisa dibilang "tidak sopan" disini.

    Tapi, ya, sampai sekarang komentar itu tidak muncul disini, karena memang Enigma tidak pernah memunculkan komentar yang aneh2 di blog nya.

    Jadi, I believe that SOMEDAY.....

    Mr. Enigma will come back to us.

    ReplyDelete
  93. ngetes doank bang,,,,

    ReplyDelete
  94. kok sekarang jarang bgt posting yah????
    kemana nih Enigmanya????

    ReplyDelete
  95. Kalo Discovery yg liput sih kebenaran terjamin :D
    ditunggu berita selanjutnya.

    ReplyDelete
  96. Hmm... seandainya Bang Enigma baik2 saja dan memang terus memoderasi komentar yang masuk, saya yakin Bang Enigma tidak sengaja menyembunyikan diri untuk 'mentertawakan' komentar2 rindu yang masuk, seperti yang Anonim no.85 (yah, 85 di laman ini) tuliskan.

    ...mungkin, cuma mungkin, hanya iseng ingin memecahkan rekor komen dalam satu post. Entah sampai 500, atau 1000 mungkin.

    Atau kalau memang ia berhalangan dan ada seorang yang dipercayainya diserahi tugas menyetujui komentar... yah, sampaikan sajalah bahwa kita, para pembaca yang penasaran, akan tetap menunggu post terbaru...

    ... ya kan, sobat-sobat sesama pembaca?

    -Nan

    ReplyDelete
  97. Dari sumber-sumber yang (tidak) terpercaya, kesimpulan yang mungkin tentang penyebab hilangnya Mr. Enigma yang juga sudah dikemukakan adalah sebagai berikut:

    -Mr. Enigma mengalami kecelakaan, dan terluka berat atau meninggal karenanya.

    -Mr. Enigma sedang mengadakan penyelidikan lapangan untuk membuktikan kebenaran post-post keren yang ditulisnya.

    -Mr. Enigma sedang vakum/koma/sudah meninggal karena sakit.

    -Mr. Enigma telah diculik alien karena sesuatu yang ditulisnya atau ditemukannya, dan tak punya harapan untuk kembali.

    -Mr. Enigma secara misterius kehilangan minatnya terhadap misteri dan tak mau susah payah membalas komentar para pembacanya.

    -Mr. Enigma diculik/ sudah dilenyapkan oleh agen-agen rahasia negara asing akibat sesuatu yang ditulisnya/ditemukannya.

    -Mr. Enigma sengaja menghilangkan diri untuk mengetes seberapa banyak komentar yang akan masuk di post terakhir ini, atau untuk menghibur diri dengan komentar rindu yang masuk.

    -Mr. Enigma sudah menemukan belahan jiwanya dan vakum setelah menikah (yang ini rada memberi harapan).

    -Mr. Enigma entah bagaimana caranya telah menemukan cara untuk melawan arus waktu, dan terjebak di masa lalu.

    -Mr. Enigma adalah pengikut sekte 'sesat', dan beberapa bulan lalu ketuanya memerintahkan untuk melakukan bunuh diri massal.

    Damai, bro.. bukan buat ngejelekin, cuma seru-seruan sekaligus mengisi kekosongan =P
    5/10/11

    ReplyDelete
  98. hahaha.... kemaren ane komentar sara tapi ga di approve, itu artinya bang E masih eksis....

    ReplyDelete
  99. Kak Enigma gak meninggal whoy !
    stop deh komen spekulasi yang jahat kayak gitu.
    mungkin kak enigma emang lagi beneran sibuk banget. cuman bisa approve komen, tapi gak ada waktu untuk ngapdet blog.

    he also has real life guys !

    jadi mari kita hormati kak enigma dengan kesibukannya, dan berharap dia cepat kembali.
    :D

    ReplyDelete
  100. "PENTING!!!!!"
    BUAT PARA PENGGEMAR ENIGMA DAN KOMENTATOR ENIGMA,, HARAP BACA DISINI, DISINI ENIGMA DIWAWANCARAI MENGENAI TUJUAN DAN MAKSUD DIA MEMBUAT BLOG INI,
    http://www.ayongeblog.com/2010/06/22/enigma-blog-pengungkap-misteri/
    DARI WAWANCARA TERSEBUT DIKATAKAN BAWHA ENIGMA HANYA MEMPOSTING HASIL TULISANNYA HANYA UNTUK KESENANGAN BELIAU TERHADAP MISTERI, JADI KITA PUN TIDAK BISA MEMAKSA BELIAU UNTUK TERUS MEMPOSTING KARENA ITU "HAK" BUKAN "KEWAJIBAN" DAN YANG PALING PENTING, "E" TIDAK MENAMPILAKAN SIAPA SEBENARNYA DIA KARENA MEMANG MENURUT DIA MENGANGGAP ITU TIDAK PENTING, SUATU BLOG KAN TIDAK PENTING JUGA KALAU HANYA TAU SIAPA PEMBUATNYA TAPI ISINYA TIDAK PENTING "yang penting isi bacaannya bukan siapa dia"
    jadi sudahlah menerka nerka dan mengarang soal siapa sebenarnya "E", karena tidak ada manfaatnya, lebih manfaat lagi jika "anda semua" menjadi penerus "E II" bukannya terpaku dengaan satu orang,

    by
    "code of Blue blood"

    ReplyDelete
  101. mungkin buat kalian para pembaca hanya bisa menikmati apa yang bung enigma posting dan cuma bisa komentar doang, tapi buat bung enigma bukan hal yang mudah dalam mencari bahan berita dan menjabarkan dalam kata-kata yang terperinci dan detail akan beritanya ditambah lagi penghasilan dari blog ini tidak lah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup seorang bung enigma, bukankah membuat blog hanya membuang buang waktu saja, atau dengan kata lain hanya kesia-siaan saja.

    ReplyDelete
  102. kemana enigma ?
    meninggal, merid, atau lg bertualang mustahil ga ada kabar apapun, apalagi ada yg aprove komen.
    apa masalah inet ga lancar sprti yg pernah mr e sampaikan dulu?
    trus aprove nya lewat apa ?
    Di hack ?
    bisa jd tp ngapain harus repot2 aprove komen tnpa reply shingga org pd kesal ?
    lagipula org yg ngehack ga ada untungnya kalau pd akhrnya di tinggalkan fans, apalagi blm tentu dia bs posting, karna 1X post akan ada 100 post bertanya kmana aja anda selama ini ?
    Cepat atau lambat akan diketahui ini di hack atau tidak.
    Jadi apa kendala nya ?
    bs aprove komen, tp ga bs post, 1 artikelpun tdk lg muncul, tidak ada kejelasan.
    situasi sperti lg sibuk berat, males dan sudah bosan.
    gejala ini terlihat dr bobot postingan anda yg mulai menurun.
    padahal desain web sdh berubah lbh baik jd sngt aneh kalau tb2 menghilang.
    kesannya saat ini seperti diambil alih oleh org lain.
    entah di hack atau pensiun atau di berikan kpd phk yg dikenal.
    apapun itu, kini anda telah G A G A L.

    ReplyDelete
  103. WE WANT U MR.ENIGMA

    I KNOW U STILL WATCHING US THERE WITH A SMILE AND RED WINE, WAITING IN THE DARKNESS BUT DONT LET US DISAPPOINTED UNDER UR FEET

    ReplyDelete
  104. bung enigma telah menginspirasikan kepada para blogger.
    saya sangat tertarik melihat semua artikelnya bang e.
    mudah-mudahan semua yang ia posting tidak sia-sia
    and jadi debu saja

    ReplyDelete
  105. eh,jangan2 salah satu dari anonymous di sini adalah bang Enigma yg lagi ketawa di blkg layar??

    ReplyDelete
  106. kyknya klo udh gak ada ide buat posting lgi gak mgkn deh... soalnya di webpage yg dia jdiin bahan referensi terus update peristiwa peristiwa bru... jdi gak mgkn kehabisan ide... ada yg inget dlu prnh ada yg nantang dia buat ngebongkar organisasi hitam di indonesia? maybe...

    CanisMajor

    ReplyDelete
  107. makasih infonya .
    salam kenal
    www.hajarabis.com

    ReplyDelete
  108. tunggu saja posting terbarunya dan sambutlah dgn komentar positif..

    ReplyDelete
  109. INI MISTERY, HILANGNYA BUNG ENIGMA..

    ReplyDelete
  110. dimana, dimana, dimana? kemana, bung Enigma, kemana?
    bung e keluar donk.. ayu ting ting udah capek ni nyariin..

    ReplyDelete
  111. Penggemar Sejati EnigmaOctober 8, 2011 at 6:37 AM

    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!
    ENIGMA IS DEAD!!!!!

    Hapus bookmark dulu ah........ ciao!!!

    ReplyDelete
  112. wah, masih belum update juga ini. T_T

    ReplyDelete
  113. jangan asal ngomong dong, nggak enak, ini juga bukan blog kita, hormatila tuan rumahnya...
    bung enigma kemana si? request saya tentang jacatra secret juga belum dibahas..

    ReplyDelete
  114. saya kecewa bang e,

    gebi ardia

    ReplyDelete
  115. tenang bang, aku bkal ttep setia nunggu posting baru abang..doain aku bsa posting sekeren abang..

    ReplyDelete
  116. kak enigma...

    saya yakin kak enigma baca ini, dan tau kalau disini ada banyak orang yang kangen kakak.

    yang kami harapkan gak muluk-muluk kok untuk saat ini. kakak kan bisa ngebales komen, meskipun cuman sekali dan dengan kata-kata simpel seperti "saya vakum sebentar"

    that would be enough for us..
    :')

    ReplyDelete
  117. mas enigma kenapa ya?
    ko udh lama ga update blog nya,
    kangen sama artikel artikel mas E nih

    ReplyDelete
  118. this is life. . .nothing last forever.

    Stand up and continue your life. . .

    ReplyDelete
  119. eheem...
    permisi bapak-bapak, 1bu-ibu...

    *jreeeng..* genjreng gitar
    He is watching us,
    oh he is watching us,
    he is watching us, from a distance.. *gubrakk :0

    9= oh, Enigma, dimanakah dirimu?

    ReplyDelete
  120. *muter lagu sum 41

    so am I, still waiting ~

    ReplyDelete
  121. iya bro e jangan ngambek gitu donk....

    ReplyDelete
  122. PENGUMUMAN...!!!!
    TERNYATA PENDIRI BLOG ENIGMA DI CULIK ALIENT.

    ReplyDelete
  123. Mr.enigma lagi di penjara, Gara'' kasus penipuan !
    sabar ya.. bntr lagi juga balik kok dia

    ReplyDelete
  124. Saatnya menyimpan file-file analisis enigma ke komputer pribadi.. Siapa tau dalam waktu dekat blog ini akan menghilang seperti blog-blog misteri sebelumnya..
    Kalo seperti itu bakal sedih n terasa sangat kehilangan sekali.. hiks.. hiks..

    So, See you later kak Enigma..

    ReplyDelete
  125. Revin Says :...

    If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now....

    seppertinya bung enigma sedang dalam pencarian ide baru nihh....

    still waiting...

    ReplyDelete
  126. Namanya juga blog misteri gan,,buat yang suka misteri pasti menghilangnya MR.E menjadi kesenangan tersendiri untuk di ketahui bagaimana kisah sebenarnya

    ReplyDelete
  127. @Anonymous no 133 :

    Serius nih ? Ato jangan jangan cuma joke doank?

    ReplyDelete
  128. frustasi ....................

    ReplyDelete
  129. Great... Enigma is Mysteri... and now Mysteri is Enigma !!.. apa bedanya???

    ReplyDelete
  130. Tolong Kk Enigma, jangan biarkan kami penasaran. Jelaskanlah dengan akal sehatmu. Buatlah postingan jika kau memang ingin meninggalkan blog Hebatmu ini. Biar kami tau, kenapa kau tidak update lagi? apakah benar misteri" itu sudah tidak ada lagi yang baru?
    Jika anda masih tetap bersih keras untuk acc seluruh komentar, tanpa ada penjelasan yang pasti, itu akan menciptakan histeria massa kepada semua pembaca setiamu. Setidaknya kk coba balas lah salah satu dari komentar kami. Terima kasih! Semoga Tuhan tetap melindungimu Enigma sang Misterius sejati .

    ReplyDelete
  131. waktu itu gw pernah kirim email ke om E ,nanya tentang salah satu fenomena ,dan gw minta coba om telusuri dan buat artikel ,kayaknya bakal menarik ,dan dia bales ,well udah lama sih ,kira2 1 bulanan yang lalu ,kemana nih om E D:

    ReplyDelete
  132. molotoft

    kerinduan mengalahkan rasa kecewa saya.
    kemanaaaaa kemanaaaaaaaaaaaaaaaa kemanaaaa......

    lama2 saya sewa detektif jg nih buat nyari om e.

    ReplyDelete
  133. [Sebuah percakapan tanya-jawab antara aku dan sesama pembaca enigma..]

    T: Apakah komentar terus disetujui oleh seseorang?

    -Ya. Semua komentar yang masuk harus disetujui dulu. Pernah pengirim komentar SARA mendapati komentarnya ditolak.

    T: Tapi bagaimana dengan menggunakan 'fltering'? Apapun yang bisa otomatis menyeleksi komentar?

    -Saya tak tahu tentang itu (bukan blogger ahli sih), tapi saya yakin apapun yang melakukan filtering itu bisa mengubah isi komentar. Sekali waktu, saya mendapati komentar saya sudah berubah isinya ketika di-post.

    T: Jadi MEMANG ada orang yang terus memantau dan menyetujui komentar2?

    -Ya, seharunya ya.

    T: Apakah itu Mr. Enigma? Apakah dia sengaja hanya mengprove komentar tanpa membalas? Ataukah ada seseorang yng hanya menggantikan dia karena suatu hal?

    -Untuk semuanya, saya tidak tahu^^
    (Q)A

    ReplyDelete
  134. masih blum ada kabar?

    ReplyDelete
  135. hei, ngomong iseng boleh, tapi ada batesnya, ini bukan blog kita

    ngomongin orang meninggal itu uda kelewatan

    kalau bener bung E meninggal, setidaknya kawan2nya kayak Lawliet dsb bisa ngasi konfirmasi kan?

    ReplyDelete
  136. @Anonymous no 137 :
    Serius,
    Saya satu fakultas sama mr.E

    ReplyDelete
  137. Sodara-sodara, nih, kebetulan saya pribadi kenal dengan enigma. Kalau ada diantara kalian mengira enigma bikin blog utk cari penghasilan, salah besar. kalau ada diantara kalian mengira enigma merasa besar, itu jg salah besar. Dulu, dia bikin blog ini cuma untuk iseng. jadi tdk ada keterikatan untuk meneruskannya.
    Saya sdh menelpon dia dan bertanya mengapa tdk posting lg. Menurutnya, dunia maya sudah tidak menarik lagi. Dia juga sudah hampir nggak pernah online internet kok. Soal siapa yang menggapprove komentar, itu cuma salah seorang pembacanya yang diberi kepercayaan.

    Well, percaya atau tidak...

    ReplyDelete
  138. Mr.E engga pernah peduli dgn kalian kalii..

    dy mungkin g prnah menyangka akan byk pembaca setia blognya. dan saya rasa dia emg g pernah berniat sampai menggaet banyak fans. tapi kenyataannya.. dia sudah terlanjur membuat byk orang jatuh hati dgn tulisan2 dy.

    sebenarnya, apapun alasan mr.E, saya rasa tidaklah sopan jika tidak ada penjelasan apapun mengingat banyak org yg menunggu kepastian dr dy.

    coba perhatikan, semua balasan email ataupun komentar dr Mr.E bisa jadi hanya demi melengkapi tujuan dia menulis di blog ini.

    mungkin mr.E senang jika telah memberikan inspirasi ttg tulisan ataupun cara pandang terhadap suatu hal/masalah. tapi itu tidak mengubah pendapat saya bahwa blog ini dia buat hanya untuk kepuasan dia semata.

    kalau dia peduli dgn kita, dia pasti akan memberi penjelasan ke kita.

    dan sampai sekarang tidak ada penjelasan kan?
    hehe.. terima kenyataan ya..
    DIA EMG G PERNAH PEDULI DENGAN AKU.. ATAUPUN KALIAN..

    ReplyDelete
  139. gw prcya dia masi ada,,, dia mungkin lg mnyusun sebuah "rencana" yg kita semua tak tau apa,,, hanya dia dan Tuhan saja yg tau! justru alangkah tidak lucu, jika seorang blogger misteri, ga misterius!!! bravo Mr.E!!! 1-1-3-5-8-13-21; Binggo! ;)

    ReplyDelete
  140. apa jadi`y jika detective conan sudah kehilangan hasrat`y untuk mnjadi detectif?!
    apa jadi`y jika naruto sudah kehilangan hasrat`y ingin mnjadi hokage?!
    apa jadi`y jika dora the explorer sudah kehilangan hasrat`y untuk berpetualang?!
    apa jadi`y jika bung "E" sudah kehilangan hasrat`y untuk ngeblog?!

    jawab mistery dgn tanya,,, karna itulah sejati`y sebuah misteri!!! jika telah trjawab, bukan misteri lagi naama`y!!! biarlah Bung "E" tetap mnjadi misteri buat kita semua...

    ReplyDelete
  141. kyknya bang enigma lg bikin sensasi nih, biar heboh...
    tp aku mlh takutnya kalo bang enigma itu lg sakit.
    sementara dia butuh mengistirahatkan pikirannya. tp tetep msh bs acc komentar.

    hmm, makin misteri aja

    ReplyDelete
  142. Bung Enigma, tolong bawa serta saya ke tempat di manapun anda berada saat ini. Saya rindu.

    ReplyDelete
  143. ku telah mati.. dan tinggalkan cara hidupku yg lama...
    semuanya sia sia dan tak berarti lagi..
    hidup ini, kuletakkan pada mezbahmu ya Tuhan..
    jadilah padaku seperti yg Kau ingini...
    (ya kan mister??)
    CMIIW deh....

    ReplyDelete
  144. ck..ck...Sepi banget tanpa enigma...
    :(

    ReplyDelete
  145. we Miss you Bro E
    meskipun kau menghilang, tetapi kau masih tetap ada di hati kami semua.
    WE MISS YOU ENIGMA

    ReplyDelete
  146. i miss your new post :(

    ReplyDelete
  147. Mr. Enigma telah dikutuk oleh seorang penyihir...
    Beliau dikutuk menjadi tikus putih dan dikurung disebuah pulau terpencil di samudra pasifik....
    Karena Mr. Enigma berencana untuk memposting tentang salah satu Organisasi Rahasia Penyihir terbesar di Indonesia....

    ReplyDelete
  148. halo om E dimanapun anda berada dan gmanapun keadaan anda.

    #curhat dikit
    dari jaman sekolah gw paling males namanya baca.
    tp pas nemu ini blog, jujur gw jd lumayan seneng baca (awalnya crosscheck fakta2 dr penjelasan omE).

    intinya mh kapan lah balik lg?
    gw jadi penganut teori konspirasi nh kalo gini..
    whaha

    ditunggu lah om E!!



    X Drake

    ReplyDelete
  149. WHHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA........

    BUNG ENIGMA DIMAKAN DINOSAURUS !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  150. kok udah 6 bulan kang enigma ga update sih

    kita nunggui loch...

    agung

    ReplyDelete
  151. kk engima .. kk kemana ... /Cry/

    ReplyDelete
  152. Udah brapa kali bolak balik ngeliat blognya om E, tpi tetep aja post nya msih yg itu2 aja..
    Om E kmu dimana??

    ReplyDelete
  153. Ka enigmaa, kka kmna??

    ReplyDelete
  154. sesuatu banget yach?

    ReplyDelete
  155. enigma ga ada postingan baru lagi nih?

    ReplyDelete
  156. klo emang bner bang E sudah tiada, saya sungguh2 turut berduka cita.
    saya sungguh menemukan sosok yang sangat berapi2 dalam menyelesaikan misteri dalam setiap postingan dari Bang enigma yang tidak dapat di temukan di manapun itu.
    saya sungguh teringat akan orang2 tua yg biasa menceritakan dongeng kisah hidupnya yang penuh misteri apabila membaca postingan abang E.
    rasanya, tidak bosan2 saya untuk terus menekan tombol "refresh" sambil terus berharap bahwa Bang E telah bangkit kembali.

    ada atau telah tiada, saya hanya ingin Bang E tahu, bahwa kami sangat membutuhkan Bang E. Bang E benar2 pahlawan tanpa tanda jasa yang bahkan tidak ingin namanya di ketahui kahalayak umum.
    we love you Bro. E, and we will always hoping and prying that the day you will comeback will be true.

    :') #nangispasngetiknya.

    -Mr.8 A.K.A A. yusuf-

    ReplyDelete
  157. lah belum update jga ya mas E?
    dari td mlah jd baca komentar dari pembaca,kapan update lg mas bro?

    ReplyDelete
  158. Kalau saya sih santai aja teman2.. Ini kan blognya bung E, kita lihat saja nanti seberapa lama bung E akan bertahan dgn Gold Silent... :)

    6 bulan, 1 tahun, 5 tahun atau 100 tahun ??

    Hanya Tuhan dan bung E yang tahu... :P

    ReplyDelete
  159. He said, "If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now...."

    ReplyDelete
  160. lorEm ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temporincididunt ut labore et dolore maGna aliqua. ut enim ad minim veniam, quis nOstrud exercitation ullamco laboris niSi ut aliqUip ex ea coMmodo consequat. duis aute irure dolor in repreHenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugIat nulla pariatur. exCepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.
    =======================
    et harum quidem rerum facilis est et expedita distinctio. in a sapiente delectus, cum liberum arbitrium est potentia cumque nihil impedit quo posset facere quod velit, omnis voluptas assumenda est, omnis dolor repellendus. temporibus autem quibusdam iura et officia ex blanditiis saepe eveniet ut et voluptates repudiandae sint et molestiae non recusandae. itaque earum rerum hic tenetur a sapiente delectu principium: tutis excludit voluptatibus maiores alias voluptates aut perferendis doloribus asperiores repellat.

    ReplyDelete
  161. kok ngga pernah di uodate lagi blognya om??

    ReplyDelete
  162. om enigma, kangen ni
    nggak seru kalo ga baca blog mu
    banyak penggemarmu yang menunggu beritamu

    apa pun itu semoga yang terbaik untuk mu

    ReplyDelete
  163. @Enigmas

    Well kalau memang benar begitu, mana pembaca yg diberinya kepercayaan untuk mengaprove koment tersebut?
    Kenapa dia tidak pernah berkata apa2? pastilah dia paling tidak membaca komen2 yg masuk. apakah dia sampai tidak punya hatinya membiarkan banyak manusia mati asa-nya karena dibiarkan tanpa harapan?

    Setidaknya "dia" memberi sedikit clue yang menunjukkan kalau aprove dilakukan bukan oleh enigma.

    Ada juga anonimus (yg mengaku satu kampus) yg mengatakan enigma dipenjara karena kasus penipuan.

    ReplyDelete
  164. @Orang yg mengaprove komentar

    KAMI BUTUH JAWABAN DARI ORANG YANG MENGAPROVE KOMENTAR INI

    Tolong beri sedikit petunjuk siapa anda, apakah anda benar enigma atau hanya sahabatnya?

    Tolong beri petunjuk dimana sdr. Enigma berada sekarang.

    Jika Enigma memang tidak menaruh perhatian lagi pada blog ini, saya yakin beliau tidak keberatan anda membuka rahasianya.

    Kecuali, Enigma memang bermaksud membuat kekacauan, euphoria masal akibat ketidak jelasan status keberadaannya.

    trus kenapa juga dia membiarkan aprove komentar tetap jalan??

    jika dia memang so careless dan tak berencana kembali, semestinya ia menutup blog ini, atau kalau ingin membiarkannya, ia bisa membiarkan komentar termoderate secara otomatis!!!
    Jauh lebih gampang kan???

    Tetapi kenapa bersusah2 menyuruh/menyewa seseorang hanya untuk memoderasi komentar yang tak akan terjawab (jika benar kata Enigmas, ada orang yg memoderate komentar)

    semacam misteri atau karena memang terjadi sesuatu pada enigma?

    Seharusnya enigma tahu resikonya jika dia hanya bercanda dengan kebisuannya ini (menciptakan misteri). ketika pada akhirnya kedoknya dibuka, persembunyiannya diungkap, maka bukannya rating meningkat atau penggemar bertambah, tetapi semua akan menjadi disrespect.
    Saya rasa enigma memikirkan hal itu.

    If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now....

    WE NEED ANSWER FROM THE PERSON WHO APPROVE THIS COMMENT

    ReplyDelete
  165. aduh ini kemana sih BUNG E ? ?

    ReplyDelete
  166. molotoft

    enigmas>>> klo emang bg E ga tertarik lg sma dunia maya, apa slahnya dia kasi informasi klo dia quit dari blog ini. tggal ngetik " MAAF SAYA TIDAK MENGGUNAKAN BLOG INI LAGI ". kata2 itu udah cukup bagi kami. barusan om e sms saya, katanya dia bakal update lg kok. dia lagi ngerancang sbuah postingan besar.

    ReplyDelete
  167. @Linus Tua

    Klik gambar untuk sampel, tetapi beberapa kerja keras yang besar dan rasa sakit dapat membantu Anda menghemat temporincididunt. untuk contoh sepele, ingin mendengar dari Anda. tidak ada produk yang termasuk ke dalam kategori ini akan dikirim ke item di bawah ini. Ada tidak ada produk, Anda akan typesetting elektronik, tersisa dasarnya tidak berubah.
    =======================
    Kasus-kasus ini sangat sederhana dan mudah dan perbedaan. dalam jam gratis, kehendak bebas adalah sebuah kekuatan yang mungkin dan ketika tidak mencegah bahwa ia menghendaki untuk melakukannya, setiap kesenangan harus disambut dan nyeri setiap dihindari. Tapi dalam waktu-waktu tertentu hak dan kewajiban bisnis sering akan terjadi bahwa kesenangan harus ditolak dan gangguan diterima. dalam hal ini, oleh karena itu, prinsip pilihan jam gratis: ia menolak kesenangan untuk mengamankan kesenangan yang lebih besar lainnya, atau dia bertahan sakit untuk menghindari rasa sakit lebih buruk.

    ReplyDelete
  168. Sebenarnya, enigma sudah meninggalkan petunjuk di salah satu komentar.

    ReplyDelete
  169. saya enigma, dengan ini menyatakan kekecewaan saya pada kalian yg telah ngehack blog saya,,, hiks hiks,, padahal ini blog udah saya buat sedemikian rupa, biar dinikmatin bersama.. jancok pade...

    ReplyDelete
  170. dengar2 sih..om E mau pindah server soalnya om E bosan dengan blogspot, jadi om E sedang persiapkan segala sesuatunya. di tunggu aja kalo udah jadi entar om E bakal buat notification.

    semoga berhasil om E

    peace!!

    ReplyDelete
  171. BELIAU UDAH DITANGKAP AMA FBI
    (INI ADALAH KONTROVENSI YG PALING MISTERIUS DI BLOG MISTERI ENIGMA)

    ReplyDelete
  172. ayolah bang enigma kembali lahh, gua nungguin banget postingan lo gua suka banget cara lo mecahin suatu masalah yg rumit rumit, pokonya gua suka banget sama blog lo. plis bangg update lagi dong bang

    ReplyDelete
  173. molotoft

    JANGAN PERCAYA PADA SIAPAPUN.
    BHKAN YANG MENGAKU SEBAGAI APPROVER
    KARENA BLOG INI DI APPROVE SECARA OTOMATIS.

    TETAP SEMANGAT UTK MENYERUKAN KEMBALINYA ENIGMA.

    ReplyDelete
  174. Wah, nggak asik. Nggak ada postingan baru lagi....

    ReplyDelete
  175. "this is life. . .nothing last forever.

    Stand up and continue your life. . ."




    SETUJU BANGETS!!

    ReplyDelete
  176. how interesting !!

    ReplyDelete
  177. udah 400 komentar untuk postingan ini..


    enigma
    Selalu ada sisi yang lain

    ReplyDelete
  178. ini misteri yang mudah, bang enigma di bunuh oleh blogger lain yang kalah saing dikarenakan postingan bang enigma membuat rating blog dari blogger lain menurun. mystery solved.

    ReplyDelete
  179. haRI ini bad mood abis....trus memutuskan buka blog ini, gw th mr e dah lama gak posting...tapi baca2 komen disini bikin stress gw ilang stngh....nyengir2 gak jelas baca komen2 yg ada...meski gak posting lagi...blog ini tetap berguna...hohohohoh, thanks mr e....God Bless U...............Love U...4ever..........wherever you go...wherever are..........

    ...Rachel...

    ReplyDelete
  180. Blog ini blog misteri paling keren yang pernah kulihat. Sayang sekali kalau akhirnya mati. Mr. Enigma mungkin telah membebaskan kita semua dari pandangan tentang misteri yang 'sesat', dan memberi sudut pandang baru.

    Seandainya blog ini memang akan mati, tak adakah pembacanya yang bersedia mengikuti jejaknya?

    B.(J)A

    ReplyDelete
  181. @molotoft

    pernah dicoba, tapi pengaprove tetap memilih komentar. komentar tanpa kata2 slang namun bernada keras tetap tidak masuk.

    ga tau sekarang..

    ud ada yg coba lagi?

    ReplyDelete
  182. If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now....

    ReplyDelete
  183. jeruk.. jeruk.. jeruk seribu tiga.. ayo ayo sapa mo beli.. tiga dapat satu...jeruk.. jeruk..

    ReplyDelete
  184. wkwkwk sudah mau bulan november

    ReplyDelete