Wednesday, July 20, 2011

Makhluk yang dianggap sebagai Cadborosaurus terekam kamera di teluk Nushagak, Alaska

Pada tahun 2009, ada desas-desus kalau seorang nelayan di Alaska telah berhasil merekam makhluk misterius yang disebut sebagai Cadborosaurus dan menyerahkan hasil rekaman itu kepada Discovery Channel. Desas-desus itu ternyata benar dan pada hari ini Discovery channel akan menayangkan rekaman tersebut secara exclusive.


Apakah kita telah mendapatkan bukti keberadaan makhluk cryptid Cadborosaurus?

Bisa saja. Walaupun masih terlalu jauh untuk menyimpulkannya dengan pasti.

Rekaman yang menarik ini diambil oleh seorang nelayan di teluk Nushagak, Alaska, pada tahun 2009, dan akan ditayangkan perdana hari ini pada acara "Hillstranded", sebuah dokumenter spesial dari Discovery Channel.

Pada rekaman tersebut, terlihat adanya seekor (atau lebih) makhluk panjang seperti ular sedang berenang di teluk. Ukurannya kurang lebih sekitar 6 sampai 9 meter dengan punuk di punggungnya. Makhluk itu juga menyemburkan air dari punggungnya seperti seekor ikan paus. Ini cukup luar biasa karena tidak ada ikan yang menyemburkan air dari punggungnya selain paus. Makhluk dalam rekaman tersebut, jelas bukan seekor paus.

Ini screen shot rekaman tersebut. Kalian bisa menyaksikan cuplikan dari discovery channel di akhir postingan ini.

Ketika melihat makhluk dalam rekaman tersebut, mungkin orang-orang akan segera menghubungkannya dengan Nessie, cryptid paling termashyur di dunia dari Lochness, Skotlandia. Namun, para cryptozoologyst yang menyaksikannya menemukan kalau makhluk itu lebih mirip dengan makhluk cryptid lainnya, yaitu Cadborosaurus, yang diberi nama berdasarkan teluk Cadboro di British Columbia, tempat makhluk jenis ini pertama kali ditemukan.

Paul LeBlond, mantan kepala Department of Earth and Ocean Sciences di universitas British Columbia mengatakan kepada Discovery News kalau ia sangat terkesan dengan rekaman tersebut. LeBlond pernah membantu menulis buku mengenai Cadborosaurus yang berjudul "Cadborosaurus: Survivor from the deep".

"Walaupun rekaman itu diambil pada situasi yang sedikit hujan dan kapal yang bergoyang, rekaman itu terlihat sangat asli."

Cadborosaurus sendiri memiliki nama julukan Cadborosaurus Willsi, yang berarti reptil atau kadal dari teluk Cadboro. Namun, kadang-kadang orang-orang hanya menyebutnya sebagai Caddy.

Makhluk ini dianggap sebagai salah satu jenis ular laut yang memiliki kepala seperti kuda, mata yang besar dan punggung yang berpunuk.

Penampakan makhluk seperti ini telah dilaporkan selama puluhan tahun. Namun baru pada tahun 1937 ditemukan bangkainya di Queen Charlotte Island, British Columbia. Bangkai itu ditemukan di dalam perut seekor ikan paus.

Sejak saat itu, nama Cadborosaurus mulai dikenal secara luas.

Bangkai Cadborosaurus yang misterius itu kemudian diteliti dan disimpulkan sebagai bangkai anak paus. Namun kesimpulan ini ditolak oleh sebagian orang, termasuk oleh pekerja yang menemukannya pertama kali.

Misteriusnya, bangkai itu kemudian hilang entah kemana.

Karena itu, rekaman Alaska menjadi sangat penting bagi para cryptozoolgyst yang ingin meneliti kembali kemungkinan keberadaan makhluk ini.

Banyak peneliti percaya kalau Cadborosarus adalah sejenis belut raksasa atau Frill Shark (Yang memang berbentuk mirip belut). Namun LeBlond menyangsikannya karena gerakan makhluk yang terlihat dalam rekaman tidak seperti gerakan seekor ikan.

"Pastilah makhluk (dalam rekaman) itu sejenis reptil atau mamalia karena ia bergerak naik turun (berosilasi) secara vertikal. Ikan sendiri bergerak ke kiri dan kanan."

Tentu saja satu-satunya cara untuk menentukan identitas makhluk itu adalah dengan menemukan makhluk misterius tersebut. Rekaman ini mungkin bisa menjadi patokan bagi para cryptozoolgyst.

Jim Covel, senior manager pada Monterey Bay Aquarium, menyimpulkannya dengan sangat baik.

"Kita memang masih menemukan banyak spesies baru di dalam lautan sehingga memungkinkan beberapa orang untuk mengakomodasi pikiran-pikiran seperti ini dan mengisi kekosongan yang ada dengan imajinasi. Namun, hal ini menunjukkan betapa eksplorasi ilmiah sangat dibutuhkan."

Siapa tahu, mungkin suatu hari Cadborosaurus yang misterius itu akan muncul kembali.

Saksikan rekaman tersebut dari cuplikan penayangan Discovery Channel berikut ini:




(news.discovery.com, cryptomundo.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

1,693 comments:

  1. .......Abis keujanan dan kini ku meleleh...T.,T Bro E smg dikau bae bae ajjah..

    ReplyDelete
  2. kalau komen dah seribu, nanti bro E akan muncul....

    ReplyDelete
  3. ....Sambungan laba laba terbang- Bulatan sutra ini tertarik menjadi bulatan benang oleh aliran udara dan mengeras karena tarikan itu.ketika benang itu ckp pnjng utk menopangnya laba2 itu membiarkan dirinya terbang terbawa angin dg tali sutra yg menjulur dr bwh perutnya sbg "parasutnya".Laba2 kdng terbawa angin sampai bermil mil jauhnya.Begitulah cara laba2 bermigrasi mencari penghidupan yg lebih menjanjikan di tmpt baru.Mrk bermigrasi secara berkala dlm kelompok bsr.Meskipun bgt tak menutup kemungkinan ad lb2 dr jns lain yg melakukan migrasi karena alasan insidentil dg cara biasa spt lb2 beracun yg pindah tmpt oleh sbb pemanasan global misalnya...D.j.Clark berpendapat bahwa laba2 jg "bertanggung jawab atas terjadinya fenomena jatuhnya "rambut bidadari" dr langit.Di blog ini BroE jg prnh memposting ttng kejadian ini..Nah Nan,smg ini bs menjawab rasa penasaranmu... ~Pandansore~

    ReplyDelete
  4. tujuhsmbilanempat
    tambah satu lagi

    ReplyDelete
  5. wow, itu kayak ular, tapi itu juga kan bisa apa aja, kenapa langsung ada keputusan kalo itu adalah binatang purba??

    ReplyDelete
  6. Bung E. Kok dah alma banget gak update lagi... lagi ada tugas khusus?

    ReplyDelete
  7. BroE,ak tau dikau yg mengapprove semua koment.tp KENAPA???!! Sungguh mati ak jadi penasaraa..aannh.......@Theeerrlaaaalhuuu!!!@ ~Pandansore~

    ReplyDelete
  8. E mc 2
    sebuah konsekuensi sebuah profesi baru yg tidak bisa dijelaskan mengapa,kenapa dan bagaimana.. Maaf telah telah mengecewakan semua...

    ReplyDelete
  9. 794
    tambah lagi satu

    ReplyDelete
  10. *NEW TOPIC

    > > Pyramid di Indonesia < <

    ada yang mau mengulasnya?

    X

    ReplyDelete
  11. pada ga nyadar nih...
    bang enigma kan udah nyundul di penutup page (ga suka pertamax di sini, tapi suka penutup pekiwan ya?)
    liat aja komen december 6, 2011 2:22 PM
    ayoo.. buruan liat sundulan agan enigma...
    komenku tampilin ya gan? he..he...
    count down maning ah...

    mr. yu.santos

    ReplyDelete
  12. di tahun 2012 pasti ada banyak misteri yg harus dipecahkan..

    ReplyDelete
  13. @TS SKUBE: ya, diskusi!
    apakah saya percaya ada kehidupan lain selain di bumi ini? Jawabannya, tak mungkin saya bilang tidak. Hmm.. dari hasil nyari-nyari dan baca-baca, setengah kebayang dan setengah tidak soal betapa besarnya alam semesta ini.

    Pernahkah baca artikel... pokoknya yang menunjukan ratusan galaksi lain dalam bidang hitam KECIL di dekat bulan dari sudut pandang di bumi...? Teleskop (kalau g salah) Hubble menyorot bidang itu selama (kalau g salah) 6 bulan sampai cahayanya cukup terkumpul agar terlihat.

    satu lagi yang ini: http://angkaraku.blogspot.com/2011/11/bukti-betapa-kecilnya-bumi-kita-di-alam.html

    ... to be continued.

    ReplyDelete
  14. .... continued.

    Makannya, bagiku malah lebih susah membanyangkan kalau kita sendiri di alam semesta ini. Tapi apakah makhluk lain itu harus sudah canggih seperti alien-alien di film, yah, kupikir tak harus selalu begitu. Mungkin saja teknologinya masih sama seperti kita, manusia, jadi mereka belum kontak-kontakan gitu.. =)

    Mungkin saja baru sejenis alga-alga, atau mungkin kehidupannya baru mulai dan baru berupa bakteri/amoeba anaerob. Mungkin...

    Dan mungkin juga, mereka sudah canggih dan punya rumah di beberapa planet tapi letaknya masih terlalu jauh dari sini, dari bumi... nun jauh di galaksi entah dimana^^

    Menurutmu?

    -Nan (anggota baru TS SKUBE... my style!)

    ps: kalau 1000 komen tercapai dan Mr. E belum kembali, singkatannya ubah jadi "Tim Sukses Sepuluh-ribu Komen Untuk Bung Enigma"... ya? *semangat^^

    ReplyDelete
  15. @Pandansore: Ya, terima kasih! Sepertinya belum banyak dibahas di internet, jadi aku akan mencari tahu lewat buku-buku dulu, sekadar memastikan saja. Tapi menurut wonderbookofknowledge.com..

    "...It does not actually fly—no spider can do this—but the abdomen bears extensive flaps which, when extended, en-able it to plane through the air thus greatly increasing the range of its leap."

    -Nan
    (Jm3)A

    ReplyDelete
  16. @Pandansore...

    Hmm.. untuk meramaikan diskusi, penggagas TS SKUBE, aku ingin bertanya satu hal...

    Apakah kau percaya bahwa kita - manusia, makhluk bumi - hanya sendiri di alam semesta ini?

    Kirim jawaban ke ENIGMA spasi 4129.. (XD)

    -Nan

    ReplyDelete
  17. up date 9jan: enigma lum ada kabar Ctrl+A

    ReplyDelete
  18. bang nulis lagi dong,klo blm ada inspirasi buat nulis paling ga sapa para pembaca aja biar kami tau kalo bang enigma baik-baik aja..

    ReplyDelete
  19. Udah 800an nih komennya.

    By : TS SKUBE.

    ReplyDelete
  20. Bang Enigma kapan updatenya, jelang 1 tahun lebih knp gak update2,,

    ReplyDelete
  21. @Nan:Di internet msh minim informasi ttng ini.. (menurutku).selain bc buku ak jg prnh liat tayangan serupa di tipi.Kenyataanya,telah terjaadi hujan laba laba dan rmbt bidadari yg serupa dg sutra laba2 yg saling pilin.Di sisi lain ad laba2 dr jenis2 lain yg suka berselancar di angkasa dg "parasutnya".Jd bagiku misteri sdh terjawab kini.Tp jika engkau ingin memastikan dl sblm percaya sesuatu itu langkah bijak.Itu menandakan Dirimu pny pendirian dan bkn type orng yg asal taklit buta,aku suka itu.Gmn menurut Bro E.....??! Menjawab ttng adakah makhluk lain selain manusia di alam semesta ini, jawabanku pasti ya ada.Itu jawabanku utk Makhluk astral.Tp klw utk makhluk organik spt manusia dan apa2 yg ad di sekitarnya, sa' estu kulo pekiwuh njawabe mas Bro...mw blng ad ak ga prnh ngeliat n mastiin langsung.Mw blng ga ada tp selain galaksi tatasurya ad milyaran galaksi lain di alam semesta ini.ga menutup kemungkinan nun jauh disana,di permukaan planet yg ad dlm galaksi yg blm kt knl itu,yg jaraknya ribuan thn cahaya dr bumi ada kehidupan dr makhluk lain.Entah itu peradabanya lbh maju atw lbh mundur dr kita.Yg pasti,ILMUKU HANYA SETETES AIR DI LAUTAN BILA DI BANDINGKAN DG KEPANDAIAN TUHAN (Mohon yg bkn seguru n seilmu jgn mengganggu).Jawabanku adalah WALLOHUU A'LAM BISHOWAB..............Menurutmu alien itu ad pa ga Nan??????? jawaban krm ke Reg - spasi -Enigma ... :)o ~ pandansore~

    ReplyDelete
  22. mr. P....
    Eh mksud ane mr. E mau nunggu sampe 1000 komen baru dia muncul lagi........

    ReplyDelete
  23. kemana...kemana...kemana....
    ku harus mencari kemana....
    bung enigma jarang posting...
    kita smua jadi pusing...
    huwo..huwo...huwo....

    ReplyDelete
  24. bung enigma sudah meninggal pa sudah bosan dengan misteri,,,,
    kox g' pernah update ge n coment,,,,??
    where are you,,,,??

    ReplyDelete
  25. Hemmh ternyata bang e blum kembali juga..
    Tp di fb smua permintaan pertemanan di knfirm..

    ReplyDelete
  26. @Pandansore..
    ya, betul. REG Enigma kirim ke...

    maaf, aku jarang nonton TV, dan gak pernah coba yang begituan soalnya X) lupa!

    WOW! aku baru sadar sudah 800 komen lebih. Bisa masuk rekor muri ini^^

    -Nan
    p.s: call me 'sis'.

    ReplyDelete
  27. kangen artikel bro E...

    ReplyDelete
  28. @Nan : Ya, saya setuju dgn pendapat anda kawan. Saya juga begitu yakin pasti ada kehidupan di luar sana. Walaupun itu hanya sel2 kecil dalam bentuk bakteri. Memang salah satu sumber daya alam yg mengindikasikan adanya kehidupan adalah dgn adanya air. Tapi kita sama2 tau bahwa kebanyakan planet memiliki cairan sejenis metana dibandingkan air segar. Tp apakah km tau kawan bahwa di dalam metana pun bisa terdapat kehidupan, seperti alga dan lainnya. Kehidupan memang dapat berevolusi dimana pun. Coba bayangkan ini kawan, disalah satu planet nan jauh disana, terdapat seorang makhluk humanoid sedang menatap bintang yg tak lain itu adalah bumi. Dan dia berkata dalam hati, ''mungkinkah ada kehidupan di bintang itu?''. Jadi tanpa di sadari kita memang saling menatap tanpa ada nya komunikasi. Bukankah itu sungguh ironis kawan?

    By : TS SKUBE.

    ReplyDelete
  29. @Nan & pandansore : Sobat, apakah kalian pernah menonton film Pandorum?? Saya begitu menyukai ide film itu, walaupun itu hanya fiksi ilmiah, bukan tidak mungkin planet Tanis dalam film itu benar2 ada. Owwh,, saya benar2 mengagumi karya Tuhan di alam semesta ini kawan.. Dan saya begitu bersemangat jika memikirkan itu. :)

    By : TS SKUBE.

    ReplyDelete
  30. om enigma dah pensi Sekarang dya lagi sibuk main game mungkin

    ReplyDelete
  31. "If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now...."
    but the light was gone and there's nothing to guide me now

    ReplyDelete
  32. @Nan:upssstt...ayamsuwooorry sis! pdhl, ak dah ngebayangin betapa machonya dirimu... :P(kidding).sekali2 ga pa2 kok cobain yg begituan.Hehehe.......@,,,,@ ~pandansore~

    ReplyDelete
  33. @TS SKUBE: menarik. menurut buku fisika dari Yohanes Surya... ada danau etana dan metana cair di Titan, salah satu satelit Saturnus (kalau aku tak salah ingat). hmm, dan telah ditemukan sejenis cacing yang bertahan hidup di lempengan es metana, di pedalaman laut dekat Mexico. Keren, ya?

    Oh! Mr. E pernah mengulasnya, bukan? http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/05/lima-makhluk-bumi-yang-mungkin-bisa.html

    Dan soal standar hidup...

    ReplyDelete
  34. ... aku sering meragukan apa yang pernah kubaca, bahwa makhluk hidup perlu intensitas cahaya sekian dan kelembaban, suhu, dan kadar oksigen sekian-sekian... tapi, ya ampun, itu 'kan standar MANUSIA! :)

    hmm, mungkinkah makhluk di sana memiliki suatu senyawa atau bahkan unsur baru yang menyusun zat yang memungkinkan mereka bertahan di suhu ekstrim, atau mungkin menghindari mutasi karena efek radiasi dari bintangnya (apakah mereka punya rangkaian kromosom?) yang belum kita ketahui? Yah, tentu mungkin dong! Aduh, soal begini selalu membuatku tertarik.

    Ini pendapatmu, apa pendapatmu?
    -Nan

    ReplyDelete
  35. @TS SKUBE:Lm knl shobat... :) Pandorum???! Maaf kawan, saya blm prnh nonton film itu...tp tenang aja,ak bs ngeraba ceritanya kok, hehe.. (es te es pe).Bagiku di dunia ini segalanya serba mungkin klw Pemilik segala kemungkinan berkehendak.Wah.. sama dong,saya jg pengagum berat Karya Tuhan berupa alam semesta ini.... ~pandansore~

    ReplyDelete
  36. @BroE...Smwa pada laporan di fb addnya di konfirm ma BroE.Tp ak bolak balik add kok ga ad konfirm ya..tp ga pa2 sih law ga mw jd tmn ku di fb.... ~.+ ~pandansore~

    ReplyDelete
  37. halooooo....gmn nih sob gak update postingan lagi nih??salam sukses selalu...thanks

    ReplyDelete
  38. halo all gua numpang tanya, sistem pendidikan di indonesia bisa di bilang masuk ke dalam budaya tidak????

    thanks

    ReplyDelete
  39. Blog walking,
    Follow me,and I will follow back.
    Thnks!!!

    Http://scorpionkris.blogspot.com

    ReplyDelete
  40. Bro E, kenapa jadi tidak bisa melihat komentar yg terbaru?? Link nya kok hilang??

    By : TS SKUBE.

    ReplyDelete
  41. Bang Enigma...
    Ane kirim Email tapi kenapa ga di bales2 ya?

    ReplyDelete
  42. ndang mbaliko EE ndang mbalikooo

    kemana nih authornya, udah gk sabar menanti update selanjutnya :D

    ReplyDelete
  43. Bro E, Anda bukan tipikal orang yang tidak mengindahkan orang lain, apalagi pemggemar setia blog Anda. Jadi kalau setelah sekian banyak komen2 yg masuk tapi tidak ada klarifikasi juga dari Anda, berarti ada hal di luar kendali Anda yg memaksa Anda untuk tidak mampu membalas komen2 kami. Kemungkinannya:
    1. Anda (maaf) meninggal dunia.
    2. Anda diancam dgn kekerasan atau dirayu dgn sejumlah imbalan oleh pihak tertentu untuk tidak menulis artikel ataupun membalas komen apapun di blog ini lagi.
    3. Anda mengalami amnesia total, sampai2 lupa kalau punya blog ini.
    4. Anda sudah sampai di penghujung kemurnian niat untuk berbagi ilmu & menyampaikan kebenaran tanpa pamrih kepada kami & kebosanan sudah merubah haluan Anda 180 derajat.
    Namun dari sekian banyak teori2 yang berusaha menjelaskan keberadaan Anda saat ini, yg jelas kali ini Anda benar2 aneh & semisterius artikel2 Anda... Sayangnya dengan cara yg amat mengecewakan....

    Enigma Follower

    ReplyDelete
  44. kenapa gg bisa liat comen baru ??
    by : TSKUBE zack

    ReplyDelete
  45. kk enig mana ya? kok ga pernah nulis2 lg? pindah blog?

    ReplyDelete
  46. da y' tw g' kmn om enigma,,,,,,,??

    ReplyDelete
  47. mungkin juga bang enigma diculik alien, abis kesel mereka digosipin terus disini :))

    ReplyDelete
  48. i like post!!!
    thanks menambah wawasan pengetahuan!!!
    :)

    ReplyDelete
  49. pensiun yah ini orangnya?

    ReplyDelete
  50. bang E, lagi kemana, minta kabarnya ??? saya dan teman teman saya cemas

    ReplyDelete
  51. @anonim 181

    Innalillahii wa innailaihi raajiuun
    Aku sebenernya sangat ingin tidak setuju sama comment Anda. Tapi dilihat dr keadaannya, mungkin ini memang benar kenyataannya.

    Rest in Peace Bang E,,

    Salah satu orang yg paling aku kagumi di jagat internet walau tak sekalipun aku pernah melihatmu. Your hardworks will forever be remembered. (T^T)

    Salah satu penggemarmu yg paling setia
    Junglemount

    ReplyDelete
  52. Sayang sekali. Kalau memang keinginan Mr. E untuk membiarkan blog ini begini saja, itu keputusan yang tak bisa diganggu gugat.

    Yang ingin kuketahui hanya keselamatan dan keadaan sang penulis. Baik-baik sajakah?

    ReplyDelete
  53. BUNG ENIGMA KEMANASIH

    ReplyDelete
  54. kok ga bisa lihat komen lagi sih?

    ReplyDelete
  55. iya nih om e....
    kangen :)

    ReplyDelete
  56. bro ada yang tertarik bahas fenomena suara aneh dari seluruh dunia???

    ReplyDelete
  57. curang nih...

    ga diliatin comment terakhir ya...

    bung enig masih nunggu wan tozen ya bung?

    inshaAlloh tembus deh

    ReplyDelete
  58. Pak Enigma, saya penggemar berat blog anda. Menurut saya sayang jika blog ini hanya sampai disini. Mungkin Anda sibuk... namun yg paling penting, Anda turut mencerdaskan bangsa dengan isi blog ini.. Salam

    ReplyDelete
  59. http://www.today.co.id/read/2011/02/24/12611/ikan_raksasa_bergading_dan_berbelalai_terdampar_di_pulau_natuna

    ini trunko apa bukan? kalo sepintas sih mirip paus yang udah membusuk
    trims sebelumnya

    ReplyDelete
  60. Dear Enigma... Kau bagaikan UFO yang tak pernah dan tak kan pernah terungkap... Kau mengukir Crop Circle terindah di hatiku. Jika kepergianmu adalah sebuah kematian, itu hanyalah Hoax tak berarti atau Konspirasi tak bernilai. Jejak yang kau tinggalkan di otak dan fikiran ku begitu besar laksana jejak Big Foot. Dengar seruan ku wahai Fenomena. PLEASE COME BACK

    ReplyDelete
  61. Mr E.....

    Ane ga bisa liat coment yang selain di page one... cuma 200 komen doang yg bs ane baca... komen terbaru ga bisa ane buka... uda coba d hp n kompie lain gada menu next nyaaa... TULUUUUUUUNG!!!!!

    ReplyDelete
  62. mas E maksudnya semua ini ap ??
    mw nguji kita atw gimana siih ??
    bingung aku :'(

    ReplyDelete
  63. nymak sob.. Jngan lupa kunjungi dan follow
    http://tricksadja.blogspot.com

    tinggalin jejakmu jg di
    http://tricksadja.blogspot.com/2012/01/bisnis-online-daftar-gratis-bonus.html
    ya?? Di tnggu ...

    ReplyDelete
  64. Semua blog misteri sperti matisuri stelah ditinggal bang enigma, tidak ada ulasan yg mendalam sprti yg pernah ada dienigma..smoga cepat kembali berkarya.

    ReplyDelete
  65. Apa jangan-jangan, Bro E sengaja menghilang, sampe tunggu komen'nya mencapai 1000 ya??
    hayo ngakuuuuuuuuuuu..
    We need U Bro E...
    Don't leave us..
    come back laaaaaaaaaaaaah..

    ReplyDelete
  66. Bro Enigma, where r u?

    aku liat disini cuma 200 komen, kalo di halaman utama 865 komen...

    apakah udah dihapus yg 600 an komen lainnya?
    ataukah ada filter yg saya tidak paham keberadaannya?

    I miss u a lot.

    Salam Ragil SP
    (pemerhati visual dan fotografi),

    terima kasih bbrp komen saya terdahulu pernah dijadiin oleh Bro Enigma sebagai acuan para pembaca :)


    NB: please check ur email....

    ReplyDelete
  67. Bang E kalo udah di alam yg lain kirim2 salam n postingan ditunggu

    ReplyDelete
  68. I have misjudged my gift. If I see in the darkness it's because there is light. And it is the light which guides me now. The light that will not go out, that will lead us out of the dark night, if we let ourselves feel this, too. It will protect me, as it protects those around me. Even as the ancient forces try to steal our breaths. Seven years of trials and tribulations. Seven plus one, the prophets tell us. Is this the end? The last year of this peace? Or the beginning?

    ReplyDelete
  69. bang, dimanakah abang? kok gak muncul2.. T.T

    ReplyDelete
  70. Ayo kita serukan suara kita agar bung E kembali posting...!!!

    Bung E kami mendukungmu...!!!
    Bung E kami merindukanmu...!!!

    ReplyDelete
  71. Wah, ane bru teu ada site kyk gini. Kyknya emg sngaja mnarik diri si empunya ni blog, bsa jd krn ksibukan di real.

    ReplyDelete
  72. Dimana dimana dimana,
    kesana kemari mencari enigma, namun yg kutemui bkn dirimu, sayang yg kuterima duit palsu

    ReplyDelete
  73. enigma, kemana dikau?

    ReplyDelete
  74. wah,,,,beneran itu?????biasanya kan banyak yang suka ngedit2,,,,,kaya ikan jaer...

    ReplyDelete
  75. ka..... qok ga prnh posting lgi ceh??????
    wlow q ugha ru ja tw blog ni, tp q uda ngrasa terinpirasi ama blog ini
    posting lagi ya?????
    please!!!

    ReplyDelete
  76. Hmm, menarik informasinya. Bisa ada ya ular yang kyk gtu.

    ReplyDelete
  77. hahahahhahahahaha...........................

    ReplyDelete
  78. Mr. E... aku ga bisa liat komen2 nih.. udah mendekati 1,5 bulan. Dari PC atau HP tetep ga bisa. Pake Mozilla, Opera, IE, & Chrome sama aja... Tombol next buat comment nya ga ada.... Jadi cuma bisa baca 200 komen di halaman pertama aja. Kenapaaaaaa??? hikssss.... Ampuuuuun!!!!!! Help me please....


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  79. Mistery dibalik hilangnya bung E

    ReplyDelete
  80. Terima kasih buat postingan ini :)

    Sukses dah :)

    ReplyDelete
  81. bung Enigma kemana ya ? l agi vacum kah ?

    ReplyDelete
  82. belon ada update juga?

    ReplyDelete
  83. semoga arwah bro Enigma diterima disisiNya...

    ReplyDelete
  84. sundul ah...dari pada sepi... :D :D

    ReplyDelete
  85. Apakah ada orangnya

    ReplyDelete
  86. Gan Please Join Blog Saya
    http://hack-pas.blogspot.com/

    ReplyDelete
  87. Okashii..

    Banyak yang tak bisa melihat komentar terakhir, tapi aku bisa... kenapa?

    -Nan
    A(Ap!)

    ReplyDelete
  88. vote enigma untuk masuk kedalam MURI sebagai blog terbaik di Indonesia ..
    by TS SKUBE [someone]

    ReplyDelete
  89. ahk yang bener nih foto..apa cuma boongan yah??

    ReplyDelete
  90. mungkin saja bung enigma marah karena ada beberapa blog lagi yg mengcopy sluruh isi dari blog ini kemudian memposting lagi dengan menggunakan blog lain seperti blog misteryaja dulu yg mengcopas habis postingan bung enigma ..

    teruslah berkarya bung enigma, kami selalu menanti kemisteriusan postingan dari anda ..

    _RA_

    ReplyDelete
  91. mas enigma, ko' gak ada berita-berita baru lagi ? saya suka baca enigma, tapi hanya postingan ini yg terakhir dan tidak ada lagi yg baru ..

    ReplyDelete
  92. konspirasi atw konsekuensi ???
    dg menyusun alibi bodoh spt ini

    ReplyDelete
  93. bolak -balik kesini kok.......wah.....kok gak pernah updates? misterius banget nii

    ReplyDelete
  94. Yahhh kok ngak update lagi nih?
    :/
    semoga cepet balik ya, seru baca blog Bung Enigma :)

    ReplyDelete
  95. ALWAYS WAITING 4 U BIG BRO!!

    ReplyDelete
  96. komen ditaun 2012.

    ReplyDelete
  97. If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now....

    googling : Millennium

    Millennium :1000

    he want us to make 1000 comments ???
    allright, he got it :D
    let's make 1000 comments guys..

    ReplyDelete
  98. Mengapa comment bahwa Bang E ud "meninggal" di tampilin?
    Hanya ad 1 alasan yaitu bang E emg ud meninggal
    Mgkn yg mengconfirm adalah keluarga bang E
    Misalkan keluarga bang E ber komentar disini menggunakan akun bang E dan berkata "Maaf buat para fans , Bang E telah meninggal"
    Apa kalian bakal percaya gitu aja?
    Mgkn kalian akan berpikir bahwa itu hacker bkn?
    Jadi menurut gw kalo emg bang E ud meninggal dan seorang keluargga bang E hanya meng approve comment kita dan tdk berkomentar sedikit pun itu adalah tindakan yang tepat
    Gw bkn senang kalo bang E meninggal
    Jujur gw penggemar berat bang E

    ReplyDelete
  99. Lam kenal ya om mampir ya....

    http://caramurah.mywapblog.com/ayo-ngeblog-biar-gak-goblok.xhtml

    ReplyDelete
  100. Teori Saya Tengtang Hilangnya Enigma :

    Mulanyanya Enigma sedang malas membuat postingan & memang sedang kehabisan bahan tulisan ditambah sebuknya aktifitas kerja keseharian, hal ini dapat terlihat dari postingan yang semula selalu update sampai lama-lama up date cuma dua minggu sekali, kemudian Enigma dihinggapi penyakit bosan & memutuskan untuk libur beberapa bulan untuk tidak membuat postingan.

    Namun penggemar Enigma menanggapinya dengan terlalu serius & berspekulasi dengan berbagai macam teori sehingga secara tidak sengaja terjadilah "Tipping Point", hal ini sangat menguntungkan Enigma karena popularitasnya menjadi lebih naik & banyak dibicarakan.

    Moment & hal ini dimangfaatkan oleh Enigma, berbagai macam opini sengaja dibiarkan & diapprove untuk menambah kesan misterius kemana hilangnya Enigma, padahal Enigma sendiri saat ini selalu cengengesan sendiri sambil memoderasi comment dari para penggemarnya. Namun pada saatnya nanti Enigma pasti muncul kembali, tapi tidak sekarang, karena saat ini Enigma belum mendapatkan skenario yang spektakuler disaat kemunculannya untuk menjelaskan kepada penggemarnya kenapa selama ini dia menghilang.

    Saran untuk Enigma, agar kemunculan Anda menjadi suatu moment yang spektakuler jangan terlalu lama Anda berdiam diri, khawatir jika terlalu lama orang akan mulai melupakan siapa itu Enigma & buatlah skenario yang unpredictable. Dan ada baiknya Anda mulai memikirkan untuk membuka jati diri Anda yang sesungguhnya bersamaan dengan kemunculan Anda nanti, hal ini akan menjadikan Anda sosok selebritis, juga menjadi tindakan preventif jikalau ada orang yang mulai mengaku-ngaku sebagai diri Anda. Setelah kemunculan Anda & berkarya untuk beberapa lama lagi, baru Anda bisa benar-benar memutuskan untuk pensiun jika memang itu pilihan Anda namun tentunya terlebih dahulu dengan membuat pernyataan resmi kepada para penggemar Anda bahwa Anda kali ini benar-benar pensiun, hal ini akan menjadikan Anda seorang legendaris.

    -Case Close-

    ReplyDelete
  101. sukses Bang E...
    komennya bentar lg nyampe 1000, bakal masuk MURI tuh....
    hehe...
    :D

    ReplyDelete
  102. keep commenting kawan2,,mari tembus 1000 comment..hihi

    ReplyDelete
  103. Enigma diculik alien kali...

    ReplyDelete
  104. the legend of mistery
    Mr.Enigma

    ReplyDelete
  105. Bang E adalah sosok yg menginspirasi banyak orang
    blognya menjadi pelopor blog misteri di Indonesia
    teruslah berkarya dimana engkau berada

    ReplyDelete
  106. pada kemana Empunya
    katanya dah meninggal,diculik alien,diculik time traveller, dan paling panas ada yang ngaku ngaku adiknya Popy namanya
    eh ujung ujung malah ada mr questio misteri banget padahal kalau dipikir-pikir bung E manusia juga
    pasti sibuk banget kerja sampai gak ada waktu lagi buat blog ini, karena blog ini butuh ide waktu yang terkuras habis hanya untuk sebuah postingan,Semoga bung Enigma Sehat Selalu yang penting Hidup beribadah Sehat

    ReplyDelete
  107. mari kita ikut berpartisipasi dalam pencapaian 1000 comments utk postingan ini.. :)

    ReplyDelete
  108. Belum ada yang baru juga, ternyata.
    Keren, sudah lebih dari 900...

    -Nan
    (Jm5)At!

    ReplyDelete
  109. http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2012/02/titik-terang-menghilangnya-enigma.html

    ReplyDelete
  110. kak tolong posting lg dunk.......
    walaw sekedar pemberitahuan.............
    God bless you forever










    little angel

    ReplyDelete
  111. Bang E lagi ajak ama ayu ting2 nyari alamat kgk ketemu2...
    Bang E where are you..

    ReplyDelete
  112. Semoga bung enigma menemukan bahan tulisan lg... sambil menunggu, gmana kalo rekan2 bikin karikatur ditempat saya dulu.. di http://caricature.alfyori.com

    ReplyDelete
  113. Mana posting updatenya broo....

    ReplyDelete
  114. Bung Enigma itu masih hidup. Silahkan baca di sini: http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2012/02/titik-terang-menghilangnya-enigma.html atau disini : http://phenomenaaroundus.blogspot.com/2012/02/berita-kematian-enigma-hanyalah-hoax.html

    ReplyDelete
  115. ane baru nyadar hari ini ketika buka2 email langganan enigma di email, sudah lama ga nerima.. jadi yg benar gimana?

    ReplyDelete
  116. iya...ada yang daftarin donk ke muri....
    siapa tau bang enigma jadi mau posting lagi :D

    ReplyDelete
  117. I miss you kak enigma. :'(

    ReplyDelete
  118. masih ada aja ya yang bilang kak enig meninggal.
    -______-

    @chyp.

    argumen kamu bener-bener masuk akal. iya semoga saja kak enig emang lagi bosen dan suatu saat nanti balik lagi. :)

    ReplyDelete
  119. makin rame aja ne blog

    ReplyDelete
  120. Klo Emang Bang E Ingin Komen ini 1000 Pasti bang E dah bilang "Wah Kalian Udah Berhasil Menebak apa Yg Sedang Saya PikirKan" Pasti Bang E Udah Menanggapinya,Pastinya Ada Alasan Lain Selain Komen Mencapai 1000

    ReplyDelete
  121. said...
    Mantap..

    Dan Bagi Yang Terkena Penyakit Kronis,

    silahkan Kunjungi Blog Ane.

    ReplyDelete
  122. wah lama gk update neh enigma...dtunggu update terbarunya :)

    ReplyDelete
  123. butuh analisis bung E nih,sebelu turset semakin merajalela

    ReplyDelete
  124. keep posting kawan kawan ..
    tinggal 20 komen lagi :D
    by : TS SKUBE [someone]

    ReplyDelete
  125. master E... Banguuuuunn!!!! sudah terlalu lama anda tertidur.

    ReplyDelete
  126. Mungkin bro E pake aplikasi buat approve comment otomatis.

    ReplyDelete
  127. 1.Apa blog ini disabotase oleh hacker? sepertinya tidak
    2.Enigma lagi cari sensasi? mungkin, tapi apa alasannya?g masuk akal
    3.Tuh orang udah males update?kayaknya enggak.
    4.Enigma mati?tidak tahu juga
    5.Jika pesan ini terkirim berarti jawabannya adlh nomer 4

    Teman

    ReplyDelete
  128. gw ga yakin blog ni btuh acc

    "S"

    ReplyDelete
  129. Eh, numpang tanya...
    Benarkah jika myheart2105 adalah seorang cowok?
    Kalau enggak salah, komentator di atas ada yg namanya my heart. Tapi my heart 1978.

    Seingat saya, bro Enig pernah menyebut kalau myheart2105 adalah seorang laki-laki.
    Untuk gaya bahasa, komentar2 myheart2105 memang seperti cewek.
    Tapiii...

    Nan, yang gaya bahasanya kayak cowok, ternyata juga seorang cewek...
    [Maaf OOT].

    To Ms. Terry & Nan, punya akun FB tak?
    Boleh tahu alamatnya??
    hehe...

    Poppy ayo muncul-lah kembali...
    Setidaknya dengan aksimu, kita tahu bhw bro Enig masih hidup (walaupun, bisa saja kan, tetap ada kemungkinan bhw orang lain yang menggunakan akun emailnya bro Enig...)
    :p

    _Anak Usil_

    ReplyDelete
  130. wah rupanya bung enigma masih blum muncul ya,pdhl kangen sama tulisan"nya

    ReplyDelete
  131. now, enigma as "enigma"..

    ReplyDelete
  132. Wah serem juga ya gan.. Ogah deh liat langsung..

    ReplyDelete
  133. kak e,, I trust U with all my heart.
    cuma q harap kak e bisa memberikan alasan yg baik tuk kealpaan kak e brbulan2 ini,,
    haha,,waiting for your comeback :)

    molly

    ReplyDelete
  134. Tambahin komen deh biar sampai seribu.

    ReplyDelete
  135. Ya elah si kk Enigma tuh ngambek sampe kaya gini ya?
    Padahal aku sudah sampe kebawa mimpi nihh.. karena pasti banyak banget bahan postingan yang baru dan HOT di tahun 2012 ini.. PLEASE come back for your readers!!

    Demi saya dan semua.. hahaha
    ayolah posting aja sih
    "Posting ga pernah", "kasih kabar ga pernah"

    Enigma Said : "aku uda sibuk kerja"

    ReplyDelete
  136. BRO ENIGMA..BURUAN DONK BALIK SINI T_________T
    *udah males mau ngomen panjang". langsung ke intinya aja

    ReplyDelete
  137. sayembara mencari bang E hadiah 1.000.000.000.000.000.0 rupiah

    ReplyDelete
  138. Apakah semua misteri didunia ini sudah habis dibahas semua oleh bung enigma?

    saya yakin bung enigma masih standby di depan komputer :)

    ReplyDelete
  139. Kebaikan selalu menyertaimu, Bro Enigma. :)
    God was very happy when creating yourself.

    ReplyDelete
  140. bro E .. where are you?

    ReplyDelete
  141. Millennium is approaching...
    20+ years to come...
    The light which guides us now...
    The light that will not go out...
    It will be back...
    It will protect us...
    As it protects those around me...

    ReplyDelete
  142. haloo
    adakah bung E?

    ReplyDelete
  143. sangat2 informatif (pantes deh blog ini banyak fans nya) hihihi... ^^v

    ReplyDelete
  144. mungkin bang enigma menantang kita semua utk memecahkan misteri yg dia buat skrg ini

    ReplyDelete
  145. Ayo tinggal 19-20 komen lg.. 1000 komen tercapai!
    rindu updatenya nih bos

    ReplyDelete
  146. akhirnya pertamax yeeeeeeeeeeeeessssssssss!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  147. lebih rame baca komennya daripada blognya nihh ~

    ReplyDelete
  148. Tgl 18 februari 2012

    ReplyDelete
  149. wah ada ada saja ya di dunia ini mas tentang misterius misterius, makasih infonya mas. salam fans enigma

    ReplyDelete
  150. Nice info gan, ditunggu untuk informasi menarik lainnya...

    ReplyDelete
  151. ikut kafilah sepuluh besar terakhir ah...


    menunggu di pojokan mas bro

    @_@ +yusan+

    ReplyDelete
  152. Requiescat in Pace....

    ReplyDelete
  153. kenapa bung Enigma?

    ReplyDelete
  154. wah, kayaknya Mr. E disihir jadi kodok deh. Makanya ga bisa posting lagi

    ReplyDelete
  155. Om Enigma tertidur karena salah minum obat.

    ReplyDelete
  156. Bung E. Jawab dong pertanyaan kami!!!!

    Ga lucu....

    ReplyDelete
  157. Ga Jelas......................!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  158. If you still alive, I'll send a spirit to hurt you. Or make you silent forever...





    "Peace Be With You..."

    ReplyDelete
  159. Hargai dong para pembaca setia anda.

    Jawaban anda, meski hanya satu patah kata, akan sangat berarti bagi mereka. Setidaknya mereka akan tahu anda masih hidup atau sudah mati.

    ReplyDelete
  160. Bung E berubah jadi Werewolf, dan dia mengasingkan dirinya di dalam sebuah Goa di Pegunungan Himalaya, untuk menemukan kedamaian.



    #BERTAPA...

    ReplyDelete
  161. Mr. E, Please come back.

    ReplyDelete
  162. 21 feb 2012, 14.40 wib
    emm.. di approve kapan ya?
    emm.. koment no berapa ya/

    ReplyDelete
  163. Buat para fans Enigma,
    coba buka Link ini :
    http://www.inmystery.com/2012/02/benarkah-misteri-hilangnya-enigma.html?m=1
    mungkin bisa ditinjau ulang kebenarannya tentang apa yang di alami E.

    Analisa saya pribadi hanya 40% untuk kebenarannya.
    silahkan dibaca. Semoga bermanfaat. :)


    ~Dark Lune

    ReplyDelete
  164. terakhir liat udah 1002 comments..

    ReplyDelete
  165. eureka, akhirnya lebih 1000 koment dan akhrinya si enigma blum nongol.. mgkin emg dh almarhum kali yah.. smoga diterima disisiNya ya bro,

    ReplyDelete
  166. Terakhir kali kesini kayaknya videonya ga bisa diputer, kok ini bisa ya...??

    is he come back ??

    ReplyDelete
  167. ini komen udah seribu, kok yg punya rumah belom nongol2???? komen brg 1-2 kata bos...

    ReplyDelete
  168. Sekedar informasi, Bang E msh hidup.
    dia hanya sdg tdk mau diganggu karna ada kesibukan tersendiri di dunia nyata.
    kalo kalian msh penasaran, saya punya bukti email dari Bang E sendiri, silahkan kalian baca disini:
    http://penghuni60.blogspot.com/2012/02/titik-terang-misteri-hilangnya-enigma.html

    Sori ya Bang E, aku sengaja nglakuin ini karna aku gak mau ada fans Enigma yg menganggapmu sudah meninggal.

    BTW, semoga liburanmu menyenangkan.

    ReplyDelete
  169. Serasa diputusin sepihak rasanya kalo kayak gini
    hehehehe

    ReplyDelete
  170. cinta itu memberi dan terus memberi tanpa peduli akan menerima atau tidak dari yg dicintainya..
    kami mencintai blog anda dan akn terus ada koment walaupn anda tidak peduli lagi keresahan kami..

    enigmalovers

    ReplyDelete
  171. saya temannya enigma,dia itu orang palembang,udah kerja,tapi dia sekarang sedang menderita penyakit yang membuatnya tidak bisa bergerak maupun berbicara,jadi dia vakum dulu sampai dia sembuh,tapi kata dokter penyakitnya udah parah(stroke)

    ReplyDelete