Wednesday, July 20, 2011

Makhluk yang dianggap sebagai Cadborosaurus terekam kamera di teluk Nushagak, Alaska

Pada tahun 2009, ada desas-desus kalau seorang nelayan di Alaska telah berhasil merekam makhluk misterius yang disebut sebagai Cadborosaurus dan menyerahkan hasil rekaman itu kepada Discovery Channel. Desas-desus itu ternyata benar dan pada hari ini Discovery channel akan menayangkan rekaman tersebut secara exclusive.


Apakah kita telah mendapatkan bukti keberadaan makhluk cryptid Cadborosaurus?

Bisa saja. Walaupun masih terlalu jauh untuk menyimpulkannya dengan pasti.

Rekaman yang menarik ini diambil oleh seorang nelayan di teluk Nushagak, Alaska, pada tahun 2009, dan akan ditayangkan perdana hari ini pada acara "Hillstranded", sebuah dokumenter spesial dari Discovery Channel.

Pada rekaman tersebut, terlihat adanya seekor (atau lebih) makhluk panjang seperti ular sedang berenang di teluk. Ukurannya kurang lebih sekitar 6 sampai 9 meter dengan punuk di punggungnya. Makhluk itu juga menyemburkan air dari punggungnya seperti seekor ikan paus. Ini cukup luar biasa karena tidak ada ikan yang menyemburkan air dari punggungnya selain paus. Makhluk dalam rekaman tersebut, jelas bukan seekor paus.

Ini screen shot rekaman tersebut. Kalian bisa menyaksikan cuplikan dari discovery channel di akhir postingan ini.

Ketika melihat makhluk dalam rekaman tersebut, mungkin orang-orang akan segera menghubungkannya dengan Nessie, cryptid paling termashyur di dunia dari Lochness, Skotlandia. Namun, para cryptozoologyst yang menyaksikannya menemukan kalau makhluk itu lebih mirip dengan makhluk cryptid lainnya, yaitu Cadborosaurus, yang diberi nama berdasarkan teluk Cadboro di British Columbia, tempat makhluk jenis ini pertama kali ditemukan.

Paul LeBlond, mantan kepala Department of Earth and Ocean Sciences di universitas British Columbia mengatakan kepada Discovery News kalau ia sangat terkesan dengan rekaman tersebut. LeBlond pernah membantu menulis buku mengenai Cadborosaurus yang berjudul "Cadborosaurus: Survivor from the deep".

"Walaupun rekaman itu diambil pada situasi yang sedikit hujan dan kapal yang bergoyang, rekaman itu terlihat sangat asli."

Cadborosaurus sendiri memiliki nama julukan Cadborosaurus Willsi, yang berarti reptil atau kadal dari teluk Cadboro. Namun, kadang-kadang orang-orang hanya menyebutnya sebagai Caddy.

Makhluk ini dianggap sebagai salah satu jenis ular laut yang memiliki kepala seperti kuda, mata yang besar dan punggung yang berpunuk.

Penampakan makhluk seperti ini telah dilaporkan selama puluhan tahun. Namun baru pada tahun 1937 ditemukan bangkainya di Queen Charlotte Island, British Columbia. Bangkai itu ditemukan di dalam perut seekor ikan paus.

Sejak saat itu, nama Cadborosaurus mulai dikenal secara luas.

Bangkai Cadborosaurus yang misterius itu kemudian diteliti dan disimpulkan sebagai bangkai anak paus. Namun kesimpulan ini ditolak oleh sebagian orang, termasuk oleh pekerja yang menemukannya pertama kali.

Misteriusnya, bangkai itu kemudian hilang entah kemana.

Karena itu, rekaman Alaska menjadi sangat penting bagi para cryptozoolgyst yang ingin meneliti kembali kemungkinan keberadaan makhluk ini.

Banyak peneliti percaya kalau Cadborosarus adalah sejenis belut raksasa atau Frill Shark (Yang memang berbentuk mirip belut). Namun LeBlond menyangsikannya karena gerakan makhluk yang terlihat dalam rekaman tidak seperti gerakan seekor ikan.

"Pastilah makhluk (dalam rekaman) itu sejenis reptil atau mamalia karena ia bergerak naik turun (berosilasi) secara vertikal. Ikan sendiri bergerak ke kiri dan kanan."

Tentu saja satu-satunya cara untuk menentukan identitas makhluk itu adalah dengan menemukan makhluk misterius tersebut. Rekaman ini mungkin bisa menjadi patokan bagi para cryptozoolgyst.

Jim Covel, senior manager pada Monterey Bay Aquarium, menyimpulkannya dengan sangat baik.

"Kita memang masih menemukan banyak spesies baru di dalam lautan sehingga memungkinkan beberapa orang untuk mengakomodasi pikiran-pikiran seperti ini dan mengisi kekosongan yang ada dengan imajinasi. Namun, hal ini menunjukkan betapa eksplorasi ilmiah sangat dibutuhkan."

Siapa tahu, mungkin suatu hari Cadborosaurus yang misterius itu akan muncul kembali.

Saksikan rekaman tersebut dari cuplikan penayangan Discovery Channel berikut ini:




(news.discovery.com, cryptomundo.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

1,693 comments:

  1. Akhir2 ini banyak misteri bermunculan, apakah anda tidak tertarik untuk terlibat kembali didalamnya brother?

    ReplyDelete
  2. Bro E masih Hidup!!!
    para fans sejati bro E jgn percaya ama hoax ga bertujuan yg bilang bro E meninggal!!

    ReplyDelete
  3. bang enigma ente kemana bang ga pernah post lagi (cry2) apakah ente balik maen dota (maniac) ane kangen bang , kalo ente balik ke dota ane tunggu ya di server OpenGamers .. dnger dnger ente sibuk kerja jdi akuntan ya bang?

    ReplyDelete
  4. Ya ampun bang, kalo mau berenti publish artikel maha dahsyat di blog ini seenggak nya update kek biar jelas, biar pembaca dan penikmat blog ini kayak saya enggak terus terusan menunggu dan berharap. Saya nunggu dari setahun lalu, c'mon bang??

    ReplyDelete
  5. Please join my site on firdhanuratifa.blogspot.com , I'll join ur site too:)

    ReplyDelete
  6. kira2 ampe brapa ya comments di blog ini?
    sekarang udah mw 1500....
    targetnya sejuta kali ya......

    ReplyDelete
  7. tolong ini di liat, tentang ular raksasa di KATANGA,KONGO. tahun 1959.

    http://cryptidchronicles.tumblr.com/post/18459361572/monster-congo-snake-katanga-congo

    ReplyDelete
  8. ternyata masih banyak yang berharap walaupun udah lebih setahun. sungguh hebat blog ini

    ReplyDelete
  9. udah setahun lebih belum ada artikel lagi, bang E kemana dikau, kangen sama artikel2 nya

    ReplyDelete
  10. unik memang kalo soal yg beginian hehe

    ReplyDelete
  11. It's 2012 already. and still no activities detected. gone? or *creeps* ... died? :(

    ReplyDelete
  12. Hahaha...Bung E, kamu sukses menjadi blog misteri yang bener2 menjadi misteri. Jadi inget ma "The Da Vinci Code" ama "National Treasure"...miriiiiip banget pengemasan misterinya!!! Perfecto...two thumbs up for YOU.

    ReplyDelete
  13. LEBIH SETAHUN...BRO E..MEMANG MENINGGAL SEPERTINYA..SULIT UNTUK TIDAK MENGATAKANNYA..TAPI KLO MEMANG MASIH HIDUP..TEGA SEKALI SIH DIA SAMA PENGGEMARNYA..

    ReplyDelete
  14. hapus aja ni blog cuman buat pajangan doang

    ReplyDelete
  15. belum muncul juga....bung E..? hehehehe....sabar!!!!

    ReplyDelete
  16. kok acc terakhir taun 2011 sih? hampir setaun asli gua nungguin tiap hari buka ini? ini serius enigma nya ngilang? aku sering kirimin bung e email lho.....

    ReplyDelete
  17. tes tes tes masih hidup ga yah..

    ReplyDelete
  18. kamu lebih misterius dr blogmu bro E ,,

    ReplyDelete
  19. enigma itu mitos dia sebenarnya enggak ada

    ReplyDelete
  20. mas bro E kok ga pernah posting lagi ya?
    ane udah tunggu sampe setahun kok ga ada update2 terbaru lagi dari mas bro E?

    udah banyak nih misteri2 baru yang numpuk , blum dipecahkan oleh mas bro E,,
    tetep semangat ya mas bro E buat posting2 nya yang berkualitas

    ReplyDelete
  21. ketika dicari tak ada, tak dicari ternyata ada disekitar kita

    ReplyDelete
  22. enigmaaaa... where are you.. Cry cry :(

    ReplyDelete
  23. APAKAH BENAR BAHWA BUNG ENIGmA MENINGGAL DUNIA??

    ReplyDelete
  24. semisterius tema blog nya

    ReplyDelete
  25. my heart chris dll mana

    ReplyDelete
  26. enigma......
    ... ... ... ...

    ReplyDelete
  27. Kayaknya Enigma Gak Bakal Balik Deh T_T

    ReplyDelete
  28. ayo dong posting lagi..:D

    ReplyDelete
  29. bang enigma kog menghilang,jujur setiap blog ini yang pertama kali di buka,tpi dah ampir 2 bulan gak update2,jangan pensiun dong bang, blog ini sangat bermanfaat.dan banyak penggenarnya.jdi sedih kalo bang enigma gak update2....

    ReplyDelete
  30. Bang E
    62 komentar lagi menuju 2000 komentar nih T^T

    ReplyDelete
  31. Tiap hari buka ini blog....ga bosan2 deh

    ReplyDelete
  32. Semakin misterius,,
    banyak spekulasi terkait hilangnya Bung E, saya menemukan beberapa berikut ini :
    -DICULIK ALIEN.
    kenapa diculik alien?? karena keberadaan alien
    sangat diragukan Bung E,bahkan cenderung
    dianggap Hoax olehnya.Lalu apa tujuan Alien menculiknya? entahlah ,mungkin ingin menunjukkan existensinya di Alam semesta bahwa mereka itu ada dan nyata,bukan hoax.
    -TIME TRAVELLER
    mngkin ini sedikit tdk masuk akal, tpi bs saja Bung E brhasil memecahkan rahasia teori raung dan waktu dan berhasil membuat mesin waktu, lalu melakukan perjalanan ke masa lalu untuk menyelidiki Bigfoot di Hutan Amerika.Dan msh blm menemukanya, sehingga masih menetap disana.
    -DIBUNUH MAKLHUK CRYPTID
    teori ini didasarakan atas potingan terakhirnya yg membahas tntang crpto air, mungkin dia prgi ke Alaska dan melakukan riset mengenainya.Dan tanpa sengaja brhasil melihat atau bahkan mendokumentasikanya, tpi tuh Dino lg laper dan dicaplok dah...
    -DICULIK FBI,FREEMASON,ILLUMINATI
    why?? mungkin Bung E dianggap terlalu banyak tahu tentang mereka( krn bnyak postingan komspirasi yg menyangkut organisasi mereka) sehingga Bung E diculik dan disekap di markas Illumintai, dan dihack blognya entah untuk tujuan apa.
    and the last....
    -HE HAS DEAD
    entah ini benar atau tdk, tpi cukup banyak yg percaya akan teori ini,mengingat tdk ada jawaban atau petunjuk apapun tentang keberadaanya, yg menjadi pertanyaan para pembaca smpai sekarang adalah : jika Bung E sudah ..., lalu siapa yg mengconfirm komentar2 yg terus berdatangan?? pertanyaan ini sekaligus membuat orang percaya jika dia masih hidup dan bersembunyi di balik layar tanpa mengatakan sepatah katapun untuk mambalas komentar. Tpi jika Bung E masih hidup pastilah dia memberikan kabar mengenai dirinya, bukankah dia selalu dekat dan terbuka dengan pembacanya,,Jadi....entahlah, semoga dia baik2 saja dan masih mau ngeblog.Tapi terlepas dari semua itu kita jg harus berterima kasih karena Blog ini belum/tdk dihapus, krn seperti yg kita tahu, blog ini sungguh mencerahkan semua yg membacanya, dan dgn analisisnya yg mendalam semua Misteri bs terungkap.itulah yg membuat Blog ini jdi nomor 1 di Indonesia.Dan Meskipun kita telah kehilangan sosoknya, tpi kita masih bisa menikmati hasil karyanya yg mengagumkan.

    ReplyDelete
  33. wah serem juga tapi infonya keren

    ReplyDelete
  34. Dea .
    Kaaak kemana ? kenapa gak posting2 lagii.. :((((

    ReplyDelete
  35. Kemana gerangan bang enigma ni...kenapa nggak muncul2...dah setahun lebih berlalu

    ReplyDelete
  36. kemana sih lo g ngasih kabar samasekali, tega sekali menggantung nasib para penggemar disini

    ane bakal nunggu kbar bung E

    ReplyDelete
  37. bos... ayo bangun, bos...

    ReplyDelete
  38. siapa yg confirm komentar? blog ini kan harus diconfirm komentarnya biar bisa keluar. meskipun udh nggk nulis artikel lagi, tp blog ini ttp hidup krn ada komentar baru dan ada yg mengurusi.

    Your Fan

    ReplyDelete
  39. Tukang publis Cerita "Misteri"
    Di Web penuh "Misteri"
    Kini telah Menjadi "Misteri"
    Untuk Penggemar "Misteri"
    By : Halakobek (Masih Misteri)

    ReplyDelete
  40. Artikel Bagus,, Kunjungan Baliknya Sobat

    knightcommunity.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. Siapapun yang masih aktif di blog ini. Saya sepertinya harus memberitahukan bahwa FB asli ENIGMA adalah JACK SAJA. Dia merupakan salah satu admin di grup IMFO, grup yang memang berdiri karena keberadaan ENIGMA.

    Jika kalian semua membaca ini, tolong jaga privasi beliau. Karena ingin menulis atau tidak, itu hak dia. Jadi kenapa kita semua harus memaksa ENIGMA untuk menulis lagi?

    K*Y

    ReplyDelete
  42. bung E lgi minum kopi sama gua..

    ReplyDelete
  43. komentar dari para penggemar terus bermunculan, namun mengapa bung E tak muncul-muncul juga?

    ReplyDelete
  44. ini adminnya kemana yaa?
    kok gak post lagi padahal artikelnya bagus bagus

    ReplyDelete
  45. mantap berita a bro, bisa buat masukan untuk para ilmuan,

    ReplyDelete
  46. Setahun!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Anggap aja ada rumah yg tamunya sampai ribuan tpi sama pnghuninya nggak diurusin...

    ReplyDelete
  47. asli masih ditunggu ni om E tulisan ny...
    kpan mo nulis agi, klw kagak mo nnulis agi blog ny ditutup aja, jangan beri harapan kosong sm penggemar

    ReplyDelete
  48. MAS E, KEMANA AJA MAS, KANGEN NIH

    ReplyDelete
  49. dia lg ga mw posting lagi..............
    lg mw pensiun,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  50. RIP bung enigma.....

    ReplyDelete
  51. bung enigma dah berkeluarga, mkanya ngk sempat ngurus ni blog..

    ReplyDelete
  52. entah knapa logika dan insting saya berkata, kalo bungbro E masi idup,,, mungkin dia ingin menjadikan dirinya sebagai salah satu legenda hidup dari misteri yg tak terpecahkan,,,

    ReplyDelete
  53. tes komen ahhh, semoga mas E sehat-sehat saja

    ReplyDelete
  54. bang...kau kemane sih... pegi tak bekabar - kabar, tak kesian ke same penggemar kau disini nih... T_T

    ReplyDelete
  55. Saya Masih Menunggu Bung Enigma..

    Rizky

    ReplyDelete
  56. bro...
    ane udah comment 50x setiap x3 sejak sang Bintang Fajar menerangi Tanah,Udara berhembus dari kipas angin karena panas,sorry....Api di gambar wallpaper ane keren,jadi lebay... :) ,aduh Air gelas ane tumpah....wkwkwk curcol..
    by the way,the point is...
    bro..
    balik lagi dong,Bergabunglah kembali...
    -Adam W, Brown..

    ReplyDelete
  57. bro enigma, dimanakah engkau bersembunyi, semua fansmu menanti tulisanmu.

    teman2 singgah yah di blog sederhana saya

    ichtechliomessi.blogspot.com

    thanks

    ReplyDelete
  58. masih belum ada kabar kah dari brother enigma?

    ReplyDelete
  59. Aduh, mana ini bro enigma.nya?

    ReplyDelete
  60. seremm ya gan kalo bener-bener ada di indonesia :(

    ReplyDelete
  61. bung Enigma,dimanapun anda berada sekarang,semua fans-fans'mu,pengagum''mu,penggemarmu dan semuanya pasti merindukanmu.kami nggak akan percaya ada hal buruk terjadi pada bung Enigma.kami pasti berdoa semoga anda sehat dan baik'' saja.tapi cepatlah muncul lagi.kami kangen tulisan-tulisan khasnya bung Enigma lagi......
    bener katanya Mr. Anonymous diatas,ngeNet terasa hampa tanpa ada postingan bung Enigma lagi....

    ReplyDelete
  62. ini aku said...

    kalo kupikir-pikir, enigma itu bukan oom Jack Saja. Dulu sih aku juga pernah mengira spt itu. Tapi setelah melihat secara seksama, sepertinya bukan kog. Sepertinya enigma adalah kenalannya oom Jack Saja. Gitu sih menurutku. Dan, satu hal yg (lagi-lagi) menurutku lebih penting, daripada sibuk mikirin enigma, kenapa kita gak mengurusi urusan kita masing2 saja? Siapapun enigma, dimanapun dia berada, apapun yg sedang dia lakukan, itu adalah haknya. Mungkin suatu saat dia akan kembali menulis di blog ini, mungkin juga tidak. Buat yang punya saran utk menghapus saja blog ini, sebaiknya blog ini jangan dihapus deh. Kenapa? kan udah gak diurus gitu? Siapa bilang blog ini gak diurus, kalo udah gak diurus, artinya sudah gak ada lagi moderasi komentar donk?!

    Biarkan saja blog ini tetap ada di jagad maya ini. Karena setiap hari pasti ada pengunjung baru, yang mungkin baru mulai berkunjung sejak hilangnya enigma. Biarkan pengetahuan yg ada di blog ini, bisa dibaca oleh orang banyak.

    #I wonder, what's on ur mind, Mr. E?
    yaah, menurutku inilah asiknya ngebaca blog enigma: menebak-nebak jalan pemikiran si penulis ketika dia sedang menulis artikelnya...

    ReplyDelete
  63. Wow amazing..
    Sudah lama gk cek blog bung enigma, dan ternyata komentar di last post dari bung enigma masih terus bersambung.

    ReplyDelete
  64. Aneh juga ya!!!
    Komentar2 kan perlu approval, jadi siapa yg approve blog ini?? Saudaranya? Temannya?
    Siapa yg mau rajin approv blog ini?
    Ya Bung Enigma sendiri!!!!!
    Mungkin dy mau posting di tanggal 24 Desember 2012 sambil tertawa terbahak2 dan berkata "tuh kan bener gk ada kiamat 23 des:D"
    Wish u come back soon.

    from ur fans

    ReplyDelete
  65. saya adalah penggemar anda
    saya kira anda sudah tiada
    ternya anda adalah belum tiada
    saya hampir tetipu dengan orang lain
    akhirnya saya memang pengagum berat anda
    anda adalah orang indonesia yang hebat
    supaya indonesia makmur diperlukan orang seperti anda
    agar dapat mengayomi masyarakat serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

    ReplyDelete
  66. kak kok uda lama sekali updatenya? :D mau kasi ide aja untuk bahas lost colony craotoan

    ReplyDelete
  67. saia selalu mantengin trus blog nya bang E berharap suatu saat dia bakal posting lg

    ReplyDelete
  68. bung E sudah meninggal

    ReplyDelete
  69. menunggu dan terus menunggu..
    segera kembali bro..

    ReplyDelete
  70. Waahhhhh, kemana nih Mr.E ????
    Udahh lamaa kami nunggu postingan terbarumu
    Ato mungkin dia beneran udah....
    Klw emg beneran udah meninggal, smoga tenang di alam sana ya

    ReplyDelete
  71. bagus sekali artikelnya. artikel anda sangat bermanfaat. thank you.

    ReplyDelete
  72. Wahh... masih lom update juga.. PARAH!

    ReplyDelete
  73. Back pleaseeee ... Bro ?

    ReplyDelete
  74. Mr. E jahaaat... fans-fansnya kok pada digantungi begini.... :'(


    Please come back.

    ReplyDelete
  75. bang mana nih postingan barunya...!!!!!

    ReplyDelete
  76. Quo vadis, E? I know you're not dead. That's why you still approve these comments, am I right or am I right?

    PS. Wake up,E, we miss you.

    ReplyDelete
  77. mas EEEEEE....... kami meanunggu mu...cepat balikkk....

    ReplyDelete
  78. Kok ngak diupdate lagi beritanya om Enigma.. Ayo donk om, semangat.. TT

    ReplyDelete

  79. Already ɑ year om E..
    Setelah liat posting di hawkson, semuanya udh jelas om E masih eksis..
    Tapi kenapa gak update2 sih (۳˚Д˚)۳

    ReplyDelete
  80. hello... anybody here?

    ReplyDelete
  81. komentarnya udah gak pake approval lagi, fix ini blog udah gak diurus.

    ReplyDelete
  82. Selamat malam
    _ kunjungan perdana nie dari bloger newbie salam kenal aja dulu dah nanti kapan kapan jenguk lagi dimari
    :D

    ReplyDelete
  83. perlahan-lahan Bro E mulai terlupakan

    ReplyDelete
  84. kangen bang enigma, ini seperti lelucon saja tiba2 berhenti entah kemna... isu dimna2 tolong amat dong bang, teramat sangat ... abang aktif lagi. jgn ngegantungin gini, jika abang memang mendapatkan job yg lebih baik dari ngeblog setidaknya abang memberi informasi sama kita2

    #sangPenerus

    ReplyDelete
  85. bung enigma knapa gak pernah upload lg,bnyk yg harapin tuh.jd org jgn merasa sombong mentang2 bnyk yg berharap sm loe.sngaja bikin org pnasaran,bangga loe sok misterius?taek!!!..

    ReplyDelete
  86. waduh sy kira udah ada postingan baru.. komen jalan terus tapi tetap sunyiiii... masak bung E betah sih mantengin komen-komen yg isinya meratap trus2an.

    ReplyDelete
  87. Sorry Bung E, dua comen sara yg sebelumnya milik saya.. saya bingung dengan cara apa saya memastikan anda masih eksis di dunia... saya suka tulisan anda. boleh anda tahu bahwa sampai sekarang saya selalu sempatkan membuka blog ini setidaknya sepekan sekali..
    mohon maaf komen sara saya sebelumnya...
    saya kehabisan akal....

    thanks anyway

    ReplyDelete
  88. If I see in the darkness, it's because there is light....And the light which guides me now is GONE !

    ReplyDelete
  89. Bang E... CEPETAN BALIKKKK OI!! Frustrasi nih bang E ga dateng2 :(

    ReplyDelete
  90. setiap buka internet baik dari hp maupun pc,dikantor, di mall, dimana aj saya punya kesempatan buka internet saya pasti menyempatkan untuk mengintip blog Enigma..

    ReplyDelete
  91. Ooouchh... Bung E... Klo misteri yang terbaru... Oh aku kangeeenz banget bung bza posting lgi khaann...

    ReplyDelete
  92. Bung E kok Blog Aye Gak Ad d msin Pencari google?... Jwb donk
    plis..bingunmg nih hny kmna...

    ReplyDelete
  93. hope u will back ...

    ReplyDelete
  94. 1 Tahun terlewatkan oleh om E :(
    kemanakah om E saat ini?

    ReplyDelete
  95. Sumpah,, kangen banget sama blog ini,,
    tapi...tapi...tapi.... T^T

    ReplyDelete
  96. kemana niy om E?? bikin penasaran n khawatir ajj...

    ReplyDelete
  97. om enigma.. saya dah kebeli kompi ma modem sendiri ni,, update lg dong >_<

    ReplyDelete
  98. Bung E...Cepat kembali karena saya tetap menantikan bung.E...

    ReplyDelete
  99. Blog ini adalah blog yang paling saya gemari...karena itu saya akan tetap menunggu bung.E....

    ReplyDelete
  100. BACA BAIK BAIK YA

    Bung Enigma sang analis MASIH HIDUP.

    MAU TAU FAKTA SESUNGGUHNYA DAN LENGKAP ?

    BACA DISINI :

    http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2011/12/fakta-dibalik-hilangnya-penulis-blog.html

    DAN TITIK TERANGNYA DSINI :

    http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2012/02/titik-terang-menghilangnya-enigma.html



    JADI JGN ASAL SEBAR BERITA HOAX


    CASE CLOSED

    ReplyDelete
  101. bung Enigma kemana tolong dong pliss kasih kejelasan, saya sangat berharap bung Enig melanjutkan artikel lagi, salam sang penggemar misteri, T_T

    ReplyDelete
  102. udah lebih dari 1 tahun berlalu, tapi masih tetep g ada berita .. T____T i miss u enigma, we miss u T___T

    ReplyDelete
  103. Mbah E...pnampakan ular lembu di sebulu asli gak seeeh

    ReplyDelete
  104. da ampir 12.12.12
    tapi Bro E masih blom bangun juga ^^

    ReplyDelete
  105. Sudah ditungguin lebih dari setahun masih belum update dan belum ada kabar juga :/

    ReplyDelete
  106. bung E, gw suka banget sama blog ..
    gw juga ga maksa bro E untuk update ..
    tapi paling ga, kasi kabar donk kalo memank ga mau update lagi ..

    ReplyDelete
  107. sesuatu ada yang ganjil, entah saya yang salah liat atau footer dibawah baru ditulis.

    "If i see in the darkness, it's because there is light.... and it is the light which guides me now...."

    ReplyDelete
  108. brader dijalanin lagi dong blognya dulu tiap hari gw nungguin updatenya. berasa kehilangan gw nih blog ga dijalanin lagi

    ReplyDelete
  109. tetep nunggu, gw yakin loe bakalan balik lagi bung

    ReplyDelete
  110. tes om, kok gak ada kabar sih??

    ReplyDelete
  111. coba kalian buka facebook, itu yang saya tau. bro enigma dan beberapa rekannya membuat sebuah grup yang juga membongkar misteri. saya lupa nama grupnya, tapi memang bro enigma eksis disana.

    ReplyDelete
  112. ...setiap hari masih ada yang posting komentar. cuma 5 hari terakhir. lambat laun, orang semakin lelah menunggu..

    - Only those who overcome the darkness of the night..will set the chance to see the break of dawn

    ReplyDelete
  113. bang e.... balik lagi dong!!

    ReplyDelete
  114. udah nyaris 2013 nih, udah dr 2 taun lalu ngikutin nih blog sampe skrg... lah masih aja ga muncul2 empunya nih blog...

    ReplyDelete
  115. SUDAH WAKTUNYA KITA TINGGALIN NECH YANG NAMANYA BLOG ENIGMA... CAPEK2 LOE2 PADA MIKIRIN ORANG NDAK TAU DIRI INI... KALAU MEMANG NECH ORANG PUNYA NIAT BAIK... TIDAK AKAN BERTINGKAH KAYAK GINI... NAJIS LOE ENIGMA...

    ReplyDelete
  116. Welcome, enigma. Aku tau kamu selalu ada. Selamat hari ibu (buat istrinya)!

    ReplyDelete
  117. Selamat hari ibu!
    Alhamdulillah, bro Enigma wis kambek maning.

    ReplyDelete
  118. bang e....tolong kasih kejelasan donx.....................sya bisa saja ngebobol email dan password blog ini

    ReplyDelete
  119. izin nyimak artikelnya sob, makasih..

    ReplyDelete
  120. Bro E
    ayolah jangan becanda nih, lanjutkan lagi dong menguak kisah2 misteri

    ReplyDelete
  121. sekarang kan saatnya liburan, mudah2an bung E bisa meluangkan liburnya untuk menyapa penggemarnya disini....

    ReplyDelete
  122. sabar saja yah.. mungkin dia lelah

    ReplyDelete
  123. ENIGMAAA WE MISS YOUUU :''''(((((((((((

    ReplyDelete
  124. i think..... kakak E nunggu ampe gak ada yang buka blog ini tyus bru posting lagi....





    just kidding :):):):)

    ReplyDelete
  125. iya ni, video nya g bisa diputar

    ReplyDelete
  126. ( ∩_∩ )づ Ħăiii˚

    ReplyDelete
  127. terus comment sampai 1jt baru bung enigma update lagi blognya..

    ReplyDelete
  128. Selamat tahun 2013,

    ReplyDelete
  129. udah 2013 ini bro E -_____-

    ReplyDelete
  130. selama ini cuma jadi silent reader doang, udah lama gak ada postingan baru. gam mau mikir aneh, ane do'ain yg terbaik aja buat bang E.

    ne blog te2p ada di bookmark browser ane, sampek kapan pun... :)

    ReplyDelete
  131. baru aja nemu nih blog bagus bgt, eh ternyata udah ditinggal penulisnya. baru kali ini nemu blog asyik gini, ga ngebosenin... semua artikel nya bagus2
    salam kenal bung E

    ReplyDelete
  132. enigma, selalu ada disisi yang lain..

    ReplyDelete
  133. saya tau anda berada dimana sekarang..

    ReplyDelete
  134. wah ampe sekarang belum update nih

    ReplyDelete
  135. komennya sepertinya hanya dibatasi sampai 121212 ya??

    ReplyDelete
  136. bung E.. knp belum muncul aja.. mudah2an bunf E baik baik aja

    ReplyDelete
  137. komen pertama ditahun 2013 kah??

    ReplyDelete
  138. dan 2013 tidak ada updatean commentnya lagi

    ReplyDelete
  139. comen terakhir yang di publikasikan 10 desember 2012 jam 6:56....
    kayaknya kak E emg dh bosen ngurusin blog ini, bener kan kak????
    oke itu semua emang hak orang, tapi kalau ak rasa"in di hati, rasanya tragis liat 'pikiran orang di dunia maya' meninggal secara perlahan.... ak tau, pasti kakak jengkel pas liat postingan" kakak nyebar ke blog" lain.... ya itu emang resiko blog tenar menurut ku. tapi satu hal yang pasti, lewat blog ini, banyak orang yang awalnya nggak tau jadi tau banyak tentang 'sisi lain di dunua ini'.
    ak nggak berharap kakak baca komen yang sok 'kenal' ini. tapi kalau baca tolong kasih satu komen aja biar pecinta blog ini tau kalau kakak udah males ngurusin blog ini. "MAAF MULAI SAAT INI SAYA TIDAK AKAN MEMPOSTING PERIHAL SELUK BELUK DUNIA MISTERI" walau komen yang menyakitkan spti itu pun bakal diterima kok. yang penting kami tau kakak baik" aja.....


    just distrub....


    i believe you

    may God bless you in your life forever....

    ReplyDelete
  140. Kami tetap setia menunggu bung :)

    ReplyDelete
  141. Bang enigma dr terakhi kali bang enigma posting dan sampai sekarang 22 januari 2012..sy tep memantau bang enigma..kemanakah engkau bang enigma

    ReplyDelete
  142. halo bro
    gimana kabar?

    ReplyDelete
  143. ayooo januari 2013

    ReplyDelete
  144. setengah tahun lewat dari komen terakhir
    bung enigma belum muncul juga...

    ReplyDelete
  145. bro enigma kemana nih ? lama gak diupdates saya menunggu

    ReplyDelete
  146. 3 taun nih bung E g muncul lg...
    kmna sih bung E

    ReplyDelete
  147. miss you and your post so much, enigma :')

    ReplyDelete
  148. @enigma

    Menurut saya,

    Poppy = puppet

    Percakapan antara tinta merah dan poppy pun dilakukan oleh satu orang.

    Anda sengaja memasang komen terakhir yang menyatakan anda sudah meninggal dan berharap ada yang meneruskan anda (lihat komen posting terakhir blog enigma)

    Terlihat dari sini, sebenarnya anda ingin menyatakan secara halus kepada pembaca bahwa anda ingin berhenti menulis blog, dan anda berharap bahwa ada yang meneruskan anda.

    Saya ada sedikit teori disini.
    1. tinta merah dah questio tau akan hal ini dan menggunakan cara ini untuk menjadi the next enigma. Dan menurut saya, dia adalah kerabat dekat anda.
    2 anda adalah poppy, sekaligus tinta merah, dan questio, tujuan anda adalah untuk menjadi misteri terakhir anda, dan mencari bibit baru untuk meneruskan blog misteri indonesia. Mengapa saya berkata demikian, karena questio sepertinya tahu hal detail mengenai anda, dan dari blog tinta merah, anda melakukan desain yang mirip dengan blog enigma, hal itu dikarenakan faktor alam bawah sadar, secara tak langsung anda ingin menjadikan blog tinta merah mirip dengan blog enigma, dan soal poppy, just like I said before poppy = puppet, boneka untuk membuka masalah ini.

    Call me Burung Gagak. You people can mail me on billykampret@yahoo.com

    ReplyDelete
  149. Bung, apakah sebenarnya bangkai cadborosaurus itu hanya tipuan para penduduk di sana supaya tempat mereka tersohor? saya penasaran dengan kisah selanjutnya mengenai monster ini.

    ReplyDelete
  150. 1600 comment telah berlalu, tapi tetap sepi sunyi

    ReplyDelete
  151. hanya ada 100% kemungkinan hilangnya bro enigma ini...
    1.bro enigma sedang memainkan sebuah teka teki jangka panjang di blog ini,dan sedang menunggu seseorang untuk memecahkannya,petunjuk2 mungkin ada di halaman2 blog ini.., 20%
    2.bro enigma sedang mencari sensasi agar namanya terkenal dan menjadi misteri seperti daftar2 bahasan blognya..15%
    3.bro enigma ingin pensiun tapi ingin kelihatan tetap misteri,keren dan membuat penasaran dimana2...50%
    4.ada masalah yg membuatnya bersumpah utk tidak menulis lg..15%

    ReplyDelete