Monday, May 6, 2013

Apakah kita memiliki "kembaran" di dunia ini?

Kalian sedang berjalan di sebuah Mal. Tiba-tiba, kalian melihat seorang teman berdiri di hadapan sebuah etalase. Kalian berteriak memanggil namanya. Ia menoleh, lalu kalian sadar kalau orang tersebut ternyata bukan teman yang kalian maksud walaupun memiliki wajah yang sangat mirip.
Max Galuppo adalah seorang pria tinggi, berewokan dan berbadan gempal. Usianya baru 20 tahun dan ia kuliah di Temple University, Philadelphia. Hidupnya berjalan seperti biasa saja sampai ia menemukan potret dirinya terpampang di Philadelphia Museum of Art. 

Tergantung di dinding, sebuah lukisan besar dengan objek seorang pria berdiri dengan satu tangan di pinggang. 
Galuppo takjub sekaligus heran ketika melihat wajah pria tersebut sangat menyerupai dirinya. Galuppo berani bersumpah kalau ia tidak pernah menjadi model sebuah lukisan, apalagi hanya dengan mengenakan kaos hitam dan celana pendek ketat berwarna merah. 
Bukan hanya itu, Galuppo semakin takjub ketika menemukan fakta bahwa lukisan yang berjudul "Portrait of a Nobleman with Dueling Gauntlet" tersebut ternyata dibuat pada tahun 1562 di Italia. Bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi? 
Pada abad Holywood dan teori konspirasi ini, teorinya bisa bermacam-macam. Seorang blogger misteri yang imajinatif dan gandrung dengan analisa mungkin akan mengajukan 2 teori yang dianggap paling mungkin, yaitu Galuppo adalah seorang Vampire atau seorang Time Traveler

Mendengar dua kemungkinan tersebut, mungkin diantara kalian akan ada yang segera menimpali dan berkata: "Bro enigma, sebelum kamu lanjutkan, tidak adakah penjelasan yang lebih sederhana untuk saya yang sukar memahami sains di balik Vampire dan Time Traveler?
Sebenarnya ada. 

Saya tahu, kita selalu ingin melihat segala sesuatu dalam kacamata misteri. Terpengaruh oleh keinginan yang kuat untuk menganalisa apapun yang kita jumpai, kita seringkali lupa kalau penjelasan yang paling sederhana biasanya adalah yang paling mungkin

Dalam kasus Galuppo, penjelasan yang paling mungkin adalah: Semua ini hanyalah kebetulan.
Tidak ada Time Traveler, tidak ada Vampire. Yang ada hanyalah seorang pria yang hidup pada abad pertengahan dan seorang mahasiswa abad ke-21 dari Philadelphia yang kebetulan memiliki wajah yang mirip. 

Manusia memiliki gen yang sama. Namun dalam gen tersebut, terdapat instruksi berbeda yang membuat setiap manusia, bahkan yang paling mirip sekalipun, memiliki perbedaan. Warna rambut, warna kulit, bentuk wajah, bentuk telinga ataupun ciri-ciri lain, semuanya dibentuk oleh instruksi genetik ini. 
Saat ini populasi manusia di dunia sudah menyentuh angka 7 milyar. Wajar jika ada beberapa manusia yang memiliki wajah yang sangat mirip. Ada yang menyebutkan kalau kita memiliki 7 kembaran. Ada yang mengatakan 9. Namun tidak ada yang pernah benar-benar menelitinya. Bagi sains, kesamaan dalam wajah manusia adalah hal yang wajar. 

Kesamaan ini juga bisa kita jumpai pada musik. Hanya ada 7 not dasar, namun dari sini jutaan lagu tercipta. Jika kita menemukan satu atau dua yang mirip, maka hal itu bukanlah sesuatu yang aneh.
Jika kita menghitung populasi manusia mulai dari titik nol maka probabilitas kesamaan itu semakin meningkat. Population Reference Bureau, sebuah organisasi yang meneliti soal populasi dari Amerika, pernah membuat sebuah hitungan kasar mengenai total populasi manusia yang pernah lahir ke dunia ini. 
Dengan menggunakan asumsi kalau pasangan manusia pertama (dua orang) di dunia ini ada sejak tahun 50.000 Sebelum Masehi, maka total jumlah manusia yang pernah lahir ke dunia ini adalah 107.602.707.791. Atau lebih dari 107 milyar. 
Dengan kata lain, bukanlah sesuatu yang aneh jika kita menemukan orang lain di masa lampau memiliki kemiripan wajah dengan kita. 
Apalagi dalam kasus Galuppo. 

Ketika ia meneliti lebih jauh tentang silsilah keluarganya, ia menemukan kalau keluarga dari pihak ayahnya berasal dari Florence, hanya berjarak sekitar 10 mil dari kota Emilia, tempat lukisan itu dibuat. Ada kemungkinan kalau pria di dalam lukisan tersebut memang memiliki hubungan darah dengannya. 
Francois Brunelle, seorang fotografer dari Kanada pernah membuat sebuah proyek untuk menemukan orang-orang yang mirip di dunia ini (Media menyebutnya doppleganger - sebuah istilah yang sebenarnya kurang tepat untuk diterapkan dalam kasus ini). 
Brunelle menemukan banyak orang yang tidak memiliki hubungan darah, namun memiliki kesamaan wajah yang menakjubkan. Misalnya, Sophie Cadieux, 29 tahun, dan Catherine Trudeau, 31 tahun. Keduanya aktris dari Kanada. 
"Lucunya, orang-orang seringkali menganggap kami adalah orang yang sama." kata Trudeau. "Lagipula kami berdua sama-sama aktris." Lanjut Cadieux. 
Mereka berdua terlihat takjub dengan kesamaan itu. 

Namun terkadang orang lain bisa memiliki respon yang berbeda dengan Cadieux dan Trudeau. Brunelle menceritakan kalau ada orang yang kemudian menolak difoto karena mengetahui mereka memiliki "kembaran". Menurut Brunelle, mungkin ketika mengetahui hal ini, ego mereka terguncang dan jati dirinya sedikit goyah. 
Berikut contoh lain mereka yang dipotret oleh Brunelle:
 Sylvie Gagnon dan Caroline Dhavernas
 Rudi Kistler dan Maurus Oehman
Mereka tidak memiliki hubungan darah, namun memiliki kesamaan fitur wajah yang luar biasa. 

Sedangkan kesamaan wajah dengan orang-orang yang pernah hidup di masa lampau, ternyata bukan hanya dialami oleh Galuppo.
Contohnya seperti yang terlihat berikut ini. 

Orang di sebelah kiri foto di bawah ini adalah Vsevolod Mikhailovich Garshin, seorang penulis Rusia yang hidup pada abad ke-19. Sedangkan yang di sebelah kanan adalah seorang komedian Amerika Serikat, Jon Stewart.
Berikut (sebelah kiri) adalah sebuah lukisan dari seorang pria yang dibuat tahun 1835 oleh seniman Denmark, Christen Købke. Sedangkan pria di sebelah kanan adalah aktor Amerika Serikat, John Krasinski.
Lalu, sebagai intermezo, lukisan di bawah ini dibuat tahun 1544 oleh George Pencz. Bisakah kalian menyebutkan nama tokoh masa kini yang menyerupai wajahnya?
Jika kita melihat foto-foto di atas, ada satu hal yang menarik. Apabila kita memperhatikannya dengan sungguh-sungguh, kita bisa menemukan banyak detail yang sesungguhnya tidak sama persis. Ini menunjukkan kalau pengenalan akan wajah sebenarnya juga banyak dipengaruhi oleh persepsi. Itulah sebabnya mengapa Brunelle memotret pasangan-pasangan "kembar" itu dalam format hitam putih. Hal ini dilakukan supaya perbedaan detail yang bisa mengacaukan persepsi kita dapat diminimalisir.

Contoh campur tangan persepsi yang lain adalah kemiripan yang bisa terlihat pada dua orang sahabat atau sepasang suami istri.

Ketika dua orang sahabat menjalin hubungan yang cukup lama, mereka akan cenderung meniru satu sama lain. Entahkah ekspresi wajah, cara tersenyum atau cara meringis. Ini membuat wajah mereka terlihat sedikit mirip dan persepsi kita akan memperbesar kemiripan tersebut.  Hal ini juga menunjukkan kalau kita mengenali wajah seseorang secara holistik (menyeluruh) dan bukan dari detail-detail kecil.

Jadi, kembali kepada pertanyaan yang menjadi judul dari postingan ini. Apakah kita memiliki "kembaran" di dunia ini? Saya rasa iya dan itu bukanlah sesuatu yang luar biasa.

Maaf untuk penggemar Vampire dan Time Traveller. Not this time.

Sebelum saya akhiri postingan ini, mari kita sedikit bermain pengenalan wajah. 

Ilusi di bawah ini disebut Thatcher Illusion atau Thatcher Effect yang diambil dari nama mantan perdana Inggris Margaret Thatcher. Ilusi ini menunjukkan kalau manusia memang mengenali wajah secara holistik, bukan dengan detail seperti yang sudah saya singgung di atas.

Berikut adalah foto mantan perdana menteri Tony Blair

Sekarang, coba lihat gambar berikut ini dan temukan perbedaan antara foto A dan B. 

Sudahkah kalian menemukannya?

Mungkin kalian akan berkata: "Bro enigma, tidak ada perbedaan diantara kedua wajah itu."

Baiklah, jika kalian tidak melihat ada perbedaan, fotonya saya putar 180 derajat. Sekarang bisakah kalian menemukan perbedaannya?


Percayalah, Set foto yang kedua ini sama dengan set foto yang pertama. Jika kalian tidak percaya dan menganggap saya telah melakukan penipuan, kalian bisa kembali ke set foto pertama, lalu lakukan handstand dengan kepala di bawah dan kaki di atas untuk melihatnya dengan benar. Atau kalian bisa membalik layar monitor kalian 180 derajat. Atau kalian cukup menyimpan set foto pertama ke komputer dan merotasinya dengan aplikasi paint atau microsoft word.

Menarik bukan?

Baca juga mengenai Doppelganger disini.

Sumber: 

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

169 comments:

  1. Podium yang penting. . .

    ReplyDelete
  2. kasus ini juga pernah ditemui bro.
    saat NICHOLAS CAGE disangka reinkarnasi.

    kalau gasalah ada orang yang ngeliat foto tua, dan mukanya mirip ama Cage.

    sempet dibahas di blog haritz juga ya?
    sempet heboh juga dan kalo gasalah CAGE sampai diundang ke talkshow.

    ReplyDelete
  3. sangat-sangat menarik bung E

    ReplyDelete
  4. om SAM, ini pengalaman saya ketika saya sudah pindah rumah ke kota yg baru (dari bogor ke pasuruan) bnyak sekali org yg sok kenal, tapi pada akhirnya mereka cuma mengira saya ini teman mereka.

    spertinya d kota ini ada orang yg sangat mirip dengan saya, tapi saya sendiri belum pernah ketemu dengan dia.
    nice mystery..

    ReplyDelete
  5. Jadi mitos bahwa kita mempunyai kembaran itu benar adanya ??
    terus saya jg pernah mendengar bila kita bertemu kembaran kita, kita akan meninggal. apa itu benar ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga kok. Di kelas aku ada anak yg bener2 persis sama aku, tapi ga ada hubungan darah sama sekali :)

      Delete
  6. Foto terakhir terlihat mirip dengan wajah sang pemilik situs Facebook, Mark. :)

    ReplyDelete
  7. Bukan pertamina tapi pertamax setelah pertamina gan, menurut ane, lukisan di atas potret sosok Tony Blair itu mirip sama Justin Timberlake. Hayo, kalo bener, harus komen di bawah komen ane di Facebook....hehehe...ane anggap itu reward terbaik dan terhormat. Hehehe....

    ReplyDelete
  8. @Yudhi: Benar, Tapi menurut saya, foto Nicolas Cage sama sekali tidak mirip.

    @Wahyj Adi: Haha. Saya malah pernah tinggal berdekatan dengan orang yang sangat mirip dengan saya :)

    @Anonymous 12: Kalau itu Doppelganger. Baca postingannya disini: http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/01/fenomena-doppelganger-kembaran-yang.html

    ReplyDelete
  9. mengenai postingan yg skg ini saya juga sudah pernah mendengar penjelasan yg sama tentang hal kemiripan, penjelasan yg bagus bro E, saya tunggu hal - hal menarik lainya.

    ReplyDelete
  10. Saya kira bakalan sama isinya kayak postingan Doppelgänger, eh beda ternyata :)

    ReplyDelete
  11. ini dia inpoh yg cari2, sengaja saya tranper pikiran saya ke Mr.E

    lol

    ReplyDelete
  12. g usah jauh-jauh bro, saya baru-baru ini ketemu orang yang mirip banget dengan saya dalam hampir segala hal (80% mirip)

    hanya bedanya dia wanita dan saya pria, jadi beda secara sifat 20% saja hahahahaha....

    desta bluedyst

    ReplyDelete
  13. @Bro Aven: Dimana komen di FB nya? Ada yang jawab Zuckerberg juga. Si Timberlake dan Zuckerberg memang punya rambut yang mirip.

    ReplyDelete
  14. setuju sama om E..

    soalnya saya sendiri pernah ketemu sama orang yang mirip sama saya..
    orang itu kebetulan pacar dari saudara sepupu saya sendiri.. -o-

    pertama ketemu sih heran banget + awkward..
    ga nyangka punya kembaran...

    ReplyDelete
  15. Wahh ..
    saya juga punya kembaran donk..
    hmm -_-
    bro enigma ada kembaran ga??
    hahahaha

    ReplyDelete
  16. Bro e saya malahan punya temen mirip banget ama saya

    hahaha

    ReplyDelete
  17. Malam bro - E, berhubung postingan kali ini, dan sesuai komen saya sebelumnya, saya ingin bercerita tentang kisah yg saya alami dan masih terjadi sampai skg ini, moga ada jawaban untuk hal saya alami ini. saat ini usia saya 23 tahun, hal menarik yg saya alami sehubungan dengan postingan Bro-E kali ini adalah, seringnya saya di sapa orang2 yg belum pernah sya kenal sebelumnya bahkan orang yg kebetulan berselisih lewat dengan saya. tidak hanya sapaan, senyuman sampai pandangan sinis pun sering syaa alami. hal yg paling membuat saya bingung adalah ketika berangkat dari kampung halaman menuju ke (kota) tempat saya kuliah. sungguh aneh bagi saya di sepanjang perjalanan setiap ada kerumunan orang atau perorangan yg kebetulan berselisih lewat dengan saya, peristiwa tegur sapa sering kali terjadi, padahal saya tidak kenal mereka sama sekali. dan yg sungguh anehnya, dari wajah dan cara orang itu menyapa saya, seakan sudah kenal lama dengan saya. sempat saya berpikir bahwa barang kali saja hanya kebetulan dan tegur sapa sesama manusia rasanya tidak ada yg salah. namun hal ini terjadi terus menereus bahkan ketika saya pergi ke daerah yg belum pernah saya kunjungi. disisi lain saya berpikir mungkin saya ini mirip sangat dengan orang tua jadi brang kali orang tua saya kenal sengan bnyak orang, sehingga efeknya berimbas kepada saya. tp kalo mirip, rasanya tidaklah sesering ini saya mengalami peristiwa tegur sapa dengan orang yg belum saya kenal. saya coba berpikir lebih realistis, barang kali ada yg aneh sama penampilan saya, sehingga orang2 itu mungkin menyapa dengan niat ingin memberi tau keanehan saya ato malah sebaliknya. tp rasanya setelah instropeksi diri, masih normal2 saja penampilan saya. dan sampai saat ini saya masih bingung dengan hal ini. pernah saya bertanya sama orang tua, dan dari carita ayah saya, beliau jg sering mengalami hal yg sama dengan yg saya alami. dan dari penjelasan bro-E di atas, setidaknya rasa ingin tau saya sedikit terbayar. setidaknya ada penjelasan tentang hal yg selama ini menjadi pertanyaan dalam diri saya. :D

    ReplyDelete
  18. @a time - my story: Kalau sampai kamu bisa dikenali di banyak tempat, sepertinya cukup luar biasa. Mungkin kembaran kamu sangat terkenal :) Kalau saya, mungkin saya akan menelitinya dan mencari tahu.

    ReplyDelete
  19. sering baca soal doplgr...tapi yang paling mencerahkan yang ini..keyen :D

    ReplyDelete
  20. sangat luar biasa kalu memang seperti yg bro-E katakan. saya jg tertarik untuk menelitinya, namun setelah saya lihat silsilah keluarga, ayah saya adalah anak bungsu dari 7 bersaudara, dimana di antara nya hanya beliau yg tumbuh sampai dewasa, sedangkan menurut cerita beliau, saudara2 beliau tak ada yg sampai tumbuh dewasa (maksud saya tak panjang umur). dari sisilah ibu, kakek saya adalah seorang ulama, tp beliau setau saya hanya berdomisili di satu daerah saja, kemungkinan untuk di kenal orang bnyak sangat kecil kecuali di daerah beliau tinggal. untuk sil silah lebih jauhnya saya tidak tau lagi. tp sangat tidak mungkin menurut saya jika ada orang jaman skg yg masih ingat\teringat dengan sesorang yg hidup berpuluh2 tahun yg lalu yg mungkin mirip dengan saya tanpa ada bukti (foto/lukisan sperti penjelasan bro-E). jujur, hal ini membuat saya lebih nyaman bepergian dengan menggunakan helm, (kebiasaan pemuda di daerah saya tidak menggunakan helm bepergian) jadi saya lebih nyaman. tq bro-E atas uraian dan penjelasannya. moga posting selanjutnya smakin menarik lagi.

    all the time, something new is always be a great one :)

    ReplyDelete
  21. wahaha. "Seorang blogger misteri yang imajinatif dan gandrung dengan analisa mungkin akan mengajukan 2 teori yang dianggap paling mungkin, yaitu Galuppo adalah seorang Vampire atau seorang Time Traveler. "

    Lagi nyindir blogger mana bang.e????

    ReplyDelete
  22. O yeah,. I remember now.
    Dulu waktu saya masih kuliah, ada teman satu kost yang berasal dari Padang; sedangkan saya orang Jawa ; dia bilang kalau pernah punya teman yang mirip dengan saya.
    Lain waktu,saat lagi jalan-jalan di Mall, tiba-tiba ada yang nabok dari belakang, saya pun menoleh ke belakang..., apa yang terjadi?
    orang itu langsung minta ma'af; salah orang.
    Berarti saya punya 2 kembaran,.. :)

    ReplyDelete
  23. yups pertama kali liat foto lukisan itu langsung terbesit mr zuckerberg...

    @norman.. haha, saya baru sadar klo paragrap itu mengandung makna terselubung, tp its ok kok, :)

    @atime-mystory.. sepertinya apa yg terjadi sama agan bisa jadi nilai tambah agan tuh, dimanfatin buat kebaikan. :)

    ~scott

    ReplyDelete
  24. ini bung E kenapa kalo posting selalu tengah malem ya -_-

    ReplyDelete
  25. Bro a time, mungkin wajah bro pasaran kali, jadi banyak yg mirip.

    Kalo menurut saya gen manusia walaupun sangat banyak sebenarnya yang berbeda antara 1 dengan yg lain mungkin cuma 1%. Nah karena saking banyaknya orang yg sudah di lahirkan bisa saja gen manusia kehabisan kombinasi. Contohnya kunci, seberapa banyak sih model kunci gembok yg bisa dibuat. Yg pasti ada pengulangan dengan kunci yg sama. Apalagi hanya bicara wajah. Mungkin gen yg mengatur kombinasi wajah kurang dari 1%

    ReplyDelete
  26. @ a time - my story : I realy amazed with your true story. Btw, pernah gak anda mencoba bertanya pada orang-orang itu, "ma'af, apakah saya mengenal anda?" atau, "ada yang salah dengan saya?"
    Just speak up Dude,.. don't think,.
    @ Mr.E: Do you agree with it?

    ReplyDelete
  27. serasa bukan membaca hasil tulisan bung E yang seperti biasanya

    ReplyDelete
  28. Sangat Menarik,tp klo buat gw pribadi blum pernah ngalamin ketemu atau disangka orang lain.
    dan semoga aja gak banyak orang lain yg kembar apalagi mirip dengan wajah ngganteng gw :D

    ReplyDelete
  29. @shera: Setuju, memang itu maksud saya :)

    ReplyDelete
  30. Wah,asik nih bang...
    Tapi foto perdana mentri itu,,,klau kita handstand mau lihat dari arah berbeda hasilnya bukan kyak gtu kan,,,,XD
    Itu editan kan bang. ,mulut + matanya terbalikXD
    Ompongnya beda lagi...hehe

    ReplyDelete
  31. Saya punya teman yang wajahnya mirip dengan saya, dan dia sahabat dekat saya. :3 ternyata penjelasannya gini toh

    ReplyDelete
  32. Seperti biasa , Nice Post !!

    saya punya satu pengalaman yg cukup aneh nih, saya kan punya teman sekelas yg menurut saya tidak mirip, tapi teman-teman sekelas saya dan bahkan beberapa guru di sekolah saya menganggap dia mirip sekali dengan saya, dan bahkan mereka sering salah panggil. jadi, apakah ada penjelasan dari kejadian diatas ?

    ReplyDelete
  33. ada yang menjadi misteri bung E pada foto lukisan yang dibuat tahun George Pencz,,apa yang menonjol antara kedua tangan lukisan itu?he

    ReplyDelete
  34. @Anonymous> semoga gan :)

    @Utek Quantum> setuju saya gan, sesuai penjelasan bro-E juga. mungkiin emang pasaran kali ye wajah saya ckck

    @shera aryo> im aggre with u dude. about asked them with, "Do you know me?" or "have we meet before?"

    yes, i did it. but they're answer is "no, i dont"

    sometimes this situation is good for me, when im hang out with my friends, and suddenly the people say hi/hello to me, its make me feel better in front of my friends. once my friend say to me, "you have so many friends, man". what can i say, just keep silent or just say "yes". and until now, this still happen to me

    ReplyDelete
  35. A_U said...

    Dari dulu aku selalu pengen nyari kembaranku yg konon katanya ada 7 buat tiap2 orang. Tapi sampe sekarang, belum nemu 1 pun juga. :(

    Mr. Enigma, kalo aku berhasil menemukan perbedaan pd fotonya pak Tony Blair (meski cuma 1) apa aku bisa dibilang pemerhati detail? wkwkwk.

    Nanya donk, aku teringat pd postingannya bro Phenomena ttg Maria Orsic yg mirip Sully. Jadi menurut Mr. Enigma, Sully itu penyihirnya Thule Society yg selalu awet muda, ataukah mereka berdua hanya memiliki wajah yg sama?

    jawab donk, pliiiiiiiiisssssssss.

    ReplyDelete
  36. klo wajah bung Enigma sendiri mirip artis ngga ya? :penasaran

    btw Welcome back bung E
    It's good to be back!

    ReplyDelete
  37. ~kizure

    Om E, saya rasa lukisan yang dominasinya warna merah itu (siapa, kagak tau) mirip si Chester Bennington.. :D

    ReplyDelete
  38. betul, bro E,
    saya juga pernah ketemu dengan orang-orang yang (saya rasa) mirip dengan saya. :)

    ReplyDelete
  39. mantep,
    emg bnr sih
    katanya jg org yg sudah bersuami istri lama kebanyakan mereka menjadi mirip satu sama lain
    ya krn itu,proses hidup bersama yg cukup lama,serta ada rubrik yg pernah gw baca kalo itu bs terjadi oleh krn pertukaran DNA (secara suami istri kan)
    maaf kalo salah :D

    btw, mo nanya ni Bang E, itu lukisan yg dibuat tahun 1544 sm George Pencz itu emangny mirip sm siapa ya tokoh saat ini?
    gw kok gk nemu maksudnya,emg mirip siapa y???

    tengkyu.. ;)

    ReplyDelete
  40. Whaha,
    jadi inget, aku punya temen online,
    dia bilang ada orang yg mirip aku di sekolahnya :))
    aku di klaten,
    dia di sumedang :p

    btw nice post bro Enigma ☺

    ReplyDelete
  41. ini kan udh pernah dibahas sebelumnya bro, kok dibahas lg..?

    ReplyDelete
  42. @penghuni60: Baca postingannya dulu bro :)

    ReplyDelete
  43. Bung Enigma, bahas dong tentang astronaut purbakala... Boleh kan? :)

    ReplyDelete
  44. wahh, kalo saya sih memang kembar mas. Hehehehe

    ReplyDelete
  45. owh ya bro jadi inget kata dosen ane kalo di dunia ini ada tujuh orang yang mirip dengan kita,hmm....mungkin ada benernya juga x ya....

    ReplyDelete
  46. apa kalo orang yg benar2 kembar berkemungkinan juga punya kembaran lagi..?

    ReplyDelete
  47. berarti wajar aja yah kalo manusia yang satu bisa mirip sama manusia lainnya walaupun gak ada hubungan darah sama sekali dan dari masa yang berbeda saya kira itu semacam reinkarnasi
    kalo lukisan yang terakhir agak mirip seperti mark zukerberg, menurut saya tapi

    By Desy

    ReplyDelete
  48. Bro e , tukang abu gosok yg biasa keliling d komplek saya dia mirip bget User heheh

    ReplyDelete
  49. pengalaman pribadi ya bro E, suatu saat sy ada tugas kantor dengan tujuan ke bojonegoro, menggunakan transportasi bus, sy sendiri tinggal di sby, sesampainya di terminal bunder (daerah gresik), ada satu keluarga ikut menumpang di bus, nah keanehannya mereka semua langsung tersenyum pd sy dan langsung bilang "mau kemana mas bayu" dieng nama sy kan bukan bayu, abis gtu sy jelaskan klo sy bukan yg dimaksud, tp mereka tetap memaksa klo sy ini adalah orang yg mereka kenal "capek dueh" oke lah setelah membaca artikel ini sy jd agak sedikit paham, bahwa manusia itu emang ada kembarannya hehehe, omong2 bro E klo sy liat kok mirip artis vocalis nya noah ya hehehe

    ReplyDelete
  50. @atime-mystory
    Mungkin wajah agan "maaf" pasaran gitu...
    Ato mirip artis yg br naek daun br2 ini arya wiguna.
    Wajahny pasaran bnyk yg mirip. Ato vokalis ponky jikustik wjahnya pasaran bnyk yg mirip hampir setiap tempat yg ane kunjungi bnyk orng yg mirip.

    ReplyDelete
  51. Wahhh, setuju banget nih pendapatnya.. Apalagi yang tentang 7 nada dasar.. Bisa menciptakan lagu-lagu yang luar biasa banyaknya..!!!

    :setelah mengikuti blog ini selama 3 tahun, baru ini comment pertama.. :)

    :jadi malu

    ReplyDelete
  52. katanya di dunia ini kita mempunyia kembaran yang lebih dari satu.. tapi itu semua tak lepas dari rahasia Yang Maha Kuasa

    ReplyDelete
  53. Katanya kalo kita ketemu "kembaran" (doppleganger) kita, mitosnya sebentar lg salah satunya bakalan meninggal gtu? Pernah baca cerita gtu sih hehe...

    ReplyDelete
  54. Kalau itu Doppelganger. Berbeda dengan kasus yang saya posting. Kamu bisa baca soal Doppelganger dengan mengklik link di bawah postingan.

    ReplyDelete
  55. itu mah biasa...
    gak Ada Misterinya...
    karena Itu di Indonesia dikenal istilah "MUKA PASARAN".
    tapi Maaf ya bang Sam/Enigma, muka aku ini gak pasaran Loh...
    hihihi...

    ReplyDelete
  56. Selalu mantab..spt 3 thn yg lalu!!

    ReplyDelete
  57. 1 lagi nih kembaran yng hampir mirip diego milito dan rembo wwkwkwk coba aj dah liat

    ReplyDelete
  58. Ada kemungkinan wajah mas sam/enigma mirip sama saya :)

    ReplyDelete
  59. oh my gosh...i hope i can meet my "twin"...

    ReplyDelete
  60. bang E , saya mau tanya ?
    Qlo bang E dapet penghasilan dari blog ini ga ??

    kira2 brapa per bulan ??

    hehehe saya pengen tahu bang

    ReplyDelete
  61. @Deris: Tidak sama sekali :)

    ReplyDelete
  62. "Maaf untuk penggemar Vampire dan Time Traveller. Not this time."
    sedikit kecewa sih bang, soalnya aku ngarep banged kalo si Galuppo itu vampire, hahaha....
    but overall, postingan bang Enigma selalu enak dibaca :)

    ReplyDelete
  63. bang E ,sangat disayangkan,pdhl blog bang E pngunjungnya smpe 300 ribu lebih perbulan pngunjung

    qlo bang E ada yang nawarin iklan , lmyan bang , komisinya buat jajan bang E :) atau membiayai blog bang E ,jdi lebih optimal

    OK , saya tahu bang E bkin blog ini brtujuan hanya hobi bang E saja

    tapi ngg ada salahnya qlo ada iklannya :)

    saya cuma nyaranin bang :)

    ReplyDelete
  64. @ Rico : Ha,..ha,..ha,. sempat terlintasdi pikiran saya soal kemiripan itu, hanya saja Mr. lebih sipit.
    @ a time : Well, if that is, so it's better if you keep smiling to somebedy else and don't give a d*mn with their opinion (that you are someone else) as long as you enjoy it.

    ReplyDelete
  65. btw foto di lukisan itu, di masa kini mirip mark zukenberg pendiri facebook betul bang E ?

    ReplyDelete
  66. kalo Mr. E hobi sepakbola pasti tau beritanya.
    Pas Real madrid lawan Galatasaray di Turki.
    ada penggemar C.Ronaldo yang bisa dibilang wajahnya mirip sama Ronaldo.
    Sekedar info nih, temen SMA saya malahan mirip sama Dede (yg maen di OVJ), ada juga yang mirip Armand Maulana, Ada yang mirip Luna Maya, mirip Xabi Alonso (cuma ngak ada bewoknya) bahkan yang mirip Armand sama Luna postur badan sama potongan rambutnya juga sama.
    Saya ngak melebih - lebihkan, pokoknya kalo aja Mr. E ngeliat mereka - mereka tuh, pasti langsung keinget sama artis - artis itu.

    ReplyDelete
  67. @ Anonymous 60 ; there's no such thing like reincarnation.
    @ Bani Sasmita : menurut saya bukan "org yg sudah bersuami istri lama kebanyakan mereka menjadi mirip satu sama lain", tapi orang yang menikah (jodoh :anak muda sekarang bilang "soulmate), memang sudah tertulis "dari Sononya", dan cenderung memiliki kemiripan satu sama lain (seperti kakak adik).
    @ Mr. E : I just can't wait for your next "blasting" post,..

    ReplyDelete
  68. Banyak orang yang mirip di dunia ini, dan bisa terjadi kemiripan karena faktor gen yang tidak kita ketahui, masih banyak rahasia alam yang belum tergali hingga kini, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    ReplyDelete
  69. by : young walladee

    Sbenarnya, hlangnya mr. E slama 2 thn karna utk menyelesaikan bukunya. Soal gaya penulisan, itu karna mr. E terbiasa dgn gaya penulisan yg ada di buku.

    ReplyDelete
  70. Foto terakhir horo banget ya.

    ReplyDelete
  71. mungkin gallupo yang sekarang belum tau masa depanya. Dan kalau masa depanya seorang Time traveler.dan dia bisa saja ke tempat yang dia inginkan, yang membuat sejarah lukisan gallupo memakai celana pink. Maybe . tapi sudah tentu dari ke-5 huruf hidup sampai membuat kata-kata dan dalam berbagai bahasa tentu ada kata yang sama. By:kiel

    ReplyDelete
  72. By: arif.riffi

    Wajah yg mirip.. Sama seperti saya waktu saya masih kelas 2 SMP . Ada adik lelas saya yg wajahnya mirip sekali dengan wajah saya. Yg jadi saya bingung, saya laki-laki dan adik kelas saya itu perrempuan.

    ReplyDelete
  73. Belum pernah nemu si 'kembaran'.
    Jd penasaran kalo nemu kembaran sendiri gmn ya reaksi qt b2??

    ReplyDelete
  74. Baru tau kalo bos enigma ini udah comeback... Sippplah bosss....

    ReplyDelete
  75. ya setuju sama bang enigma...
    emang fenomena ky gitu bukan hal yg mustahil terjadi. dengan jumlah manusia yg milyaran ga mungkin semuany beda, pasti ad yg mirip. mirip bukan berarti sama persis.
    :)
    foto blair itu pernah ketemu di film doc ny national geographic judulny test your brain.
    keren!!!!!

    ReplyDelete
  76. kak, ak mw tanya deh, yang di http://www.kapanlagi.com/plus/tempat-tempat-ini-semisterius-segitiga-bermuda-c9ffc8-2.html
    emg bener adanya?
    ap cuma di hiperbola???
    thanks b4...

    ReplyDelete
  77. satu2 nya misteri yang belum terungkap adalah
    Bung E itu sendiri
    Tidak ada penjelasan sedikit pun
    Padahal banyak dari temen2 mempertanyakan bung E tapi bung E tidak menanggapi
    Sedikit aneh ......

    ReplyDelete
  78. ini bukan Bung E, w yakin ini bukan Bung E. Gaya bahasa, cara mengulas kasusnya, dan pembawaannya brbeda sebelum Bung E menghilang. Siapa anda?

    ReplyDelete
  79. PRESENT OETOMOE
    Begini bang E, saat 20 tahun lalu di rumah baruku kan masih di daerah tulungagung tapi sekarang sudah pindah surabaya. Saat itu ibuku sendirian dirumah lagi nonton televisi ,selang beberapa menit kemudian "kembaranku" yang sangat mirip aku pulang sekolah padahal masih jam 9 pagi,saat itu masih kelas 5 kalau tidak salah.
    Ibuku juga heran kenapa pulang pagi padahal teman seumuranku masih jam sekolah,dan saat ditanya juga diam saja langsung masuk kamar lalu"DIA" juga ganti baju punyaku dan keluar saja tanpa pamit ibuku!!! Seumur2 kalau keluar aku mesti pamit dulu.
    Singkat cerita pulang sekolah langsung menuju rumah,ibuku juga bingung dan terus menanyakan hal itu padaku tapi aku juga jawab yang jujur.
    Dari ceritaku ini apakah ada kemiripan dari postingan bang E ? Setidaknya berhubungan ?
    Jadi merinding,tolong di jawab ya bang E?

    ReplyDelete
  80. wah, klo punya kembaran penjahat, gawat dunk!
    bisa salah ciduk ntar pak polisi nya

    ReplyDelete
  81. Kalau menurutku sih, yang dimaksud @PRESENT OETOMOE bukanlah kembaran yang nyata melainkan ghoib/astral kalau orang jawa bilangnya Papat sedulur lima pancer, saya menyebut itu karena anda menuliskan "DIA ganti baju PUNYA KU dan keluar saja tanpa pamit ibuku" benar begitu Bung E? Hehehehe :D

    ReplyDelete
  82. Selama ini, belum pernah saya ketemu atau melihat walaucuma di foto orang yang mirip sama saya. Pengennn... :)

    ReplyDelete
  83. oke mr E...okee... ngerti deh vampir itu nggak immortal...
    tapi jadi dong bahas tentang vampirnyaa... ini request dari jaman kapan loohh... masa werewolf dibahas tapi vampir enggak. nggak adil... pokoknya request terus sampe dikasih...

    ReplyDelete
  84. Anonymous 104: sudah pernah saya bahas disini:
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/03/mencari-keberadaan-vampire-di-masa.html

    ReplyDelete
  85. Mungkin tidak sama spt film the one, jet li. kembaran dari dimensi lain mr.E?

    ReplyDelete
  86. Pencet Ctrl+Alt+Panah bawah, lebih simpel... :)

    ReplyDelete
  87. saya juga mw berbagi crta, pernah waktu itu sy sdg ketiduran dirumah shabis pulang kerja,padhl aja janji dgn teman mau kepasar malam. Hape saya matiin. Ketika sya bgun esok apginya sy dpt sms dr teman mengatakan saya lg beli baju ya? Trus sy bingung, sya tanya keteman sya, ya dia bilang dia melihat saya mlm td sdg menemani cowok beli baju, trus saya bingung. Kpn beli baju? Secara saya tidur dirumah. Eh, sya mlh dikatain bohong. Dan temen sya bilang kok cwek itu mirip bgd sama saya, dari rambut sampai cara dia berdiri benar2 mirip. Dan anehx lagi bukan cuma dia, ada be2rapa teman pun bilang sya sombong, di sapa tidak menyahut. Padahal yg mereka lihat itu bukan saya. Ini pun bukan hnaya sekali tetap terjadi tiga kali.

    ReplyDelete
  88. Ga usah jauh jauh klo mau ngebuktiin manusia ni memang bnyak kembarannya..pak jokowi dan mr.barrack obama itu dah buktinya..bnyk orng yang bener2 mirip ama mereka ber 2..

    ReplyDelete
  89. Ga usah jauh jauh klo mau ngebuktiin manusia ni memang bnyak kembarannya..pak jokowi dan mr.barrack obama itu dah buktinya..bnyk orng yang bener2 mirip ama mereka ber 2..

    ReplyDelete
  90. Untuk yang gambar Tatcher Illusion ketika belum dibalik memang agak sulit dibedakan jika hanya sekilas dicermati.

    ReplyDelete
  91. om enigma. bahas tentang elisa lam donngg

    ReplyDelete
  92. ini menarik. Dua kali saya melihat orang yang sangat sangat mirip kedua teman saya sehingga saya benar2 mengira mereka kembar atau mereka teman saya itu sendiri. Beberapa kali juga ada orang yang mengira saya teman mereka karena katanya wajah saya mirip dengan temannya. Hehe... Jadi inget film INUYASHA, hehe..
    Keep sharing your knowledge bro Enigma ^^

    ReplyDelete
  93. menurut saya semua itu persepsi otak manusia.
    umumnya otak akan mengevaluasi bagian dari wajah yg memiliki ciri khas tertentu.


    saya ambil 2 artis BERMATA SENDU zoey deschanel dan katty perry.
    siapa pun pasti setuju kalo mereka seperti saudara kembar.
    saya pun begitu.

    lalu saya crop bagian mata kedua orang tsb dan ternyata hasilnya mereka tidak terlihat mirip lagi.

    kasus yg sama dengan pria di foto pertama. coba anda ubah wajah orang tersebut di bagian pipi yg penuh janggut, misal kita cukur janggut orang yg asli, maka pria dan lukisan itu terlihat tidak terlalu mirip lagi.






    bukan begitu????

    ReplyDelete
  94. Wah DENSUS jangan sembarangan nih.. kawan2 hati2 khwtir wajah kalian mirip teroris.. haha

    ReplyDelete
  95. Saya mau tanya masalah blog misterius John Titor? Yang saya tanyakan adalah sejak kapan blog tersebut ada di Internet, jika pemiliknya sudah kembali ke masa depan. Siapa yang mengurus blog tersebut? Sedangkan domain .com dan hosting www.johntitor.com memerlukan biaya untuk menjaganya tetap aktif.

    Sekarang kita coba mengunjungi hostgator atau godaddy harga satu domain dan host berpa? Lah itu yang saya bingungkan, dari dulu masih aktif dan pemiliknya katanya sudah balik ke tahun 2036. Siapa tuh yang membayar domain dan hostingnya. :P

    ReplyDelete
  96. Ini saya ambil dari http://whois.net/whois/johntitor.com

    Coba dilihat dengan baik2:
    Domain Name: JOHNTITOR.COM
    Registrar: GODADDY.COM, LLC
    Whois Server: whois.godaddy.com
    Referral URL: http://registrar.godaddy.com
    Name Server: NS51.DOMAINCONTROL.COM
    Name Server: NS52.DOMAINCONTROL.COM
    Status: clientDeleteProhibited
    Status: clientRenewProhibited
    Status: clientTransferProhibited
    Status: clientUpdateProhibited
    Updated Date: 11-apr-2013
    Creation Date: 22-may-2003
    Expiration Date: 22-may-2014

    Tanggal dibuatnya adalah 22 mei 2013, terus terakhir kali di update domainnya adalah 11 april 2013. Lah siapa yang update itu? Pastinya domain tersebut sudah beberapa kali di update. Sangat tidak logis kan?

    ReplyDelete
  97. @Remaja Muslim: saya malah jd bingung, maksudnya apa ya ?? Mungkin anda salah lihat, creation date-nya 22 May 2003 (bukan 2013) & updated date nya 11 Apr 2013. Tidak ada yg aneh dg angka2 itu (imho)

    @bung E: senangnya melihat tulisan abang lagi.. :)

    ReplyDelete
  98. nice post, memang sih disekitar kita biasanya ada orang2 yang terlihat mirip walaupun gak ada hubungan darah..

    ReplyDelete
  99. remaja muslim : anda terlalu pintar sampai saya tidak tahu apa yang anda omongkan :D

    ReplyDelete
  100. Pernah kejadian naik kendaraan umum, ada ibu-ibu manggil kearah saya dengan nama "Putri". Ibu itu yakin banget kalo nama saya putri. Padahal nama saya bukan itu dan dia bilang kalo saya mirip banget sm P itu. Beh, doppelganger mungkin

    ReplyDelete
  101. Anonymous 119: Maksud saya adalah itu kan tanggal pembuatan domainnya 22 MEI 2003 dan tanggal terkahir kali di update adalah 11 APRIL 2013

    Lah rentang antara waktu tersebut kan lama banget, itu pasti domain tersebut sudah di update beberapa kali kan? Entah kapan. Lah yang saya tanyakan itu siapakah yang update domain tersebut?

    Maksudnya update domain itu misal kita beli domain selama 1 tahun, lah setiap satu tahun sekali kita harus mentransfer uang ke penyedia layanan domainnya agar domain kita tetap aktif.

    Anonymous 121 : Saya hanya mencoba mengungkap sebenarnya siapa John Titor itu.

    Apakah dia hanya seorang pembuat sensasi ataukah memang benar-benar time traveller.

    ReplyDelete
  102. salah satu orang yang dipotret oleh brunelle yaitu caroline dhavernas pemeran Dr alanah bloom di film seri Hannibal :D

    ReplyDelete
  103. Aku punya guru di SMA, sekolah aku sekarang. Namanya Pak dody, dia mirip banget sama Bebi Romeo. Ada lagi, guru bahasa inggrisku, Pak Purgi, mirip sama Roy Suryo._.

    ReplyDelete
  104. lanjut terus bung E ...aku suka sekalii

    ReplyDelete
  105. Beneran deh aneh, aku punya temen sekelas waktu smp kelas 8 kayaknya, banyak yang bilang aku sama dia itu kembar -_- iya sih bedanya cuma warna kulitnya, dia kuning lansat aku agak sedikit lebih coklat, suaranya mirip, kalo ketawa mirip, gaya rambut mirip, tingginya sama, berat badan pun juga sama, punya hobi sama, dan sejak saat itu jadi deket sama dia, sampe-sampe saat aku sakit dia juga sakit, dan penyakitnya samaan, tinggal nyari yang 6 deh.. :D

    ReplyDelete
  106. ini ada benernya juga sih, kalau kalian sering nonton infotaiment pasti tau artis kate perry, trus pemainnya the happening, sama beberapa artis lainnya itu mirip banget

    ReplyDelete
  107. pastilah banyak yg menyerupai toh kita ini turunan /cucu/cicit dari manusia pertama. .
    Yg awalnya Dari 2 orang manusia menjadi milyaran manusia. .
    Dan semuanya adalah saudara. .
    silaturahmi itu harus terjaga karna semua manusia awalnya dari moyang yg sama. .

    ReplyDelete
  108. kira kira saya mirip siapa ya? di bilang mirip artis ternama ato putri sejagat bolehlah :p xoxoxoxo

    ReplyDelete
  109. yang terakhir Mark Zuckerberg (bener tulisanye begito?)....

    ReplyDelete
  110. Wah akhirnya enigma muncul kembali setelah sekian lama raib
    Semangat bro, lanjutkan :)

    ReplyDelete
  111. Wah...smua postingan anda selalu menarik untuk dibaca...trima kasih yg tlah memberi wawasan luas dari postingan anda ini...

    ReplyDelete
  112. saya juga pernah dikira tukang nasi goreng adalah langganannya, seorang pekerja di pertamina bogor. padahal saya hanya seorang mahasiswa dan baru pertama kali makan di situ (nasgornya daerah bantarjati bogor). kalo ga salah namanya nasi goreng 88 deh (saya beneran dan ga hoax). bahkan dia bilang saya benar-benar mirip bukan hanya dari muka tapi dari postur tubuh juga. Anehnya dia bilang si pelanggannya ini sudah lama sekali ga dateng. jadi pas saya dateng langsung akrab sama saya. saya kira hal wajar, eh ga taunya dia salah orang. dia juga ga membual soalnya ada istrinya juga keheran-heranan dgn ini.
    saya anti hoax sumpah, saya mengalami sendiri.

    ReplyDelete
  113. prnah juga mngalami sprti ini
    mungkin muka saya pasaran kali ya...
    pernah ada orang menyapa saya
    tapi setelah memperhatikan saya baik2 trnyata salah orang...
    tp anehnya terjadi berulang2 dan dngn lain orang sehingga teman kerja saya sndiri yg melihat kejadian ini terheran2 dibuatny....

    pernah juga saya meminta kpd yg menyapa saya, klo bisa yang mirip seperti saya itu dperjumpakan oleh saya...

    tp sayang bro E...
    smpai saya pindah kerja harapan saya untuk berjumpa yg mirip saya tak kesampaian...

    sampe sekarang penasaran juga...
    hehehe

    by aad

    ReplyDelete
  114. Seandainya anda memahami ilmu Islam anda tdk akan bingung dg hal ini.

    ReplyDelete
  115. Hehehe . . Artikelnya meranik bos . .
    Jadi penasaran ane juga ada kembarannya nggak ya? :D

    ReplyDelete
  116. Enzo Ferrari dan Mesut Ozil juga kembar

    ReplyDelete
  117. info yang sangat bermanfaat,

    ReplyDelete
  118. wekekekeke mulut dan matanya dibalik dari gambar A yah

    ReplyDelete
  119. itu nemu kembarannya dimana yaa,, hehehe
    kalo aku ada ga ya,,

    ReplyDelete
  120. luar biasa kekuasaan Tuhan....

    ReplyDelete
  121. coba lihat foto mantan perdana mentri
    itu yang bagian B posisi mata dan mulutnya dibalik ( gigi yang cowongnya di atas ) ? bias disebut hasil editan

    ReplyDelete
  122. Ya, saya percaya , saya mengalaminya sendiri , sewaktu umur saya 19 tahun , 4 tahun yang lalu , saya pernah melihat kembaran seorang teman semasa SMA , tetapi umurnya baru 15 tahun (SMP) akan tetapi , bentuk postur perutnya , tingginya , kulitnya yang putih susu , raut wajahnya , dua lesung pipitnya saat tersenyum, suaranya , saya tidak bisa membedakan bentuk fisiknya , yang membedakan cuma karakternya. Teman SMA saya taat beribadah , shalat , tetapi kembaran yang saya temui , doyan pacaran dan kedapatan doyan film p****.

    ReplyDelete
  123. Itu lukisan yang di intermezo persis MARK ZUCKERBERG pembangun FACEBOOK !

    ReplyDelete
  124. Iya.. ya. Lukisan yang dibuat tahun 1544 oleh Georg Pencz itu mirip Mark Zuckerberg yang bikin FB itu.
    -------------
    "Why Mark Zuckerberg is ImmortaL?"
    Because he is a Vampire.

    You can tell it from his family name ”Sucker Berg”:
    A "Sucker" – a vampire, and
    "-berg" – [means] mountain in some Germanic languages.
    "Mark" – [meaning] a spot, area, or feature on a person's or animal's body by which they may be identified or recognized.

    And a portrait of a young man in 1540's by Georg Pencz. And yes you are right.
    It was Mark Zuckerberg in the year of our Lord 1540's.
    ------------
    :D

    bcanda..bcanda..
    -----------
    apa kabar Bro. Enigma? baik-baik aja kan? :)

    ReplyDelete
  125. Menemukan wajah orang yang mirip dengan kita kenal saja sulit , apa lagi menemukan yang sama persis ! Menarik kalau Tuhan memperlihatkan kepada kita orang yang persis wajahnya , apalagi persis dengan wajah orang yang kita kangenin dan tidak pernah bertemu lagi !

    ReplyDelete
  126. kalo gue dari lahir udah punya kembaran, tapi ga mirip juga tuh

    ReplyDelete
  127. Waktu SMA dulu banyak yang bilang saya kembaran dengan seorang teman seangkatan tapi beda kelas dan beda fak ( saya IPA, dia IPS ). Tadinya saya nggak percaya dan memang tidak kenal sama dia, tetapi waktu benar-benar ketemuan, saya luar biasa kaget karena antara saya dengan dia benar-benar mirip !.
    Dari raut wajah, warna kulit, sampai gaya bicara , gaya senyum dan ketawa kami benar-benar mirip. Bahkan nama kamipun hampir sama. Saya Hendra, dia Chandra. Perbedaannya cuma dari asal suku, saya minang, dia jawa.
    Anehnya kemiripan kami berdua justru membuat kami tidak nyaman karena sering jadi bahan olok-olok teman-teman yang lain, akibatnya hanya sekali itulah kami bertemu langsung. Selebihnya tidak pernah lagi ketemuan, kalaupun secara kebetulan berada bertemu di satu tempat, kami pura-pura tidak kenal dan tidak saling menyapa.
    Hahahahahahaha...
    .

    ReplyDelete
  128. lukisan yg dibuat tahun 1544 oleh George Pencz.itu kyanya mirip MARK ZUCKERBERG

    ReplyDelete
  129. lukisan yg dibuat tahun 1544 oleh George Pencz.itu kyanya mirip MARK ZUCKERBERG

    ReplyDelete
  130. Ada tuh, artis Cut Tari & Ersa Mayori. Mike Lewis & Nino Fernandez. Alexandra Gottardo & Davina. Miriiiiip:D #persepsi

    ReplyDelete
  131. yang paling keren itu foto yang pertama gan..
    padahal itu lukisan udah dibuat beberapa tahun silam tapi ko bisa mirip dengan manusia jaman sekarang ya?
    kerennnn (y)
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  132. manusia pertama adl adam n hawa ,d ajaran manapun mempercayai hal ini meskipun mrka dikenal dlm berbagai nama yg berbeda .. bg penganut ajaran Tuhan hrsnya tdk ush mempertanyakan ttg 'kembaran' kemiripan dll .. bagi penganut teori Darwin, yaitu Darwin sendiri n para atheist .. kalian diciptakan oleh Tuhan dgn derajat yg paling tinggi diantara makhluk2 lain yg diciptakanNya ,mengapa anda para atheist malah merendahkan derajat anda sendiri dgn mentahbiskan bhw manusia pd zaman purba adlh kera2 yg berevolusi smpai akhirnya mendapatkan wujud manusia yg sempurna , bg yg pernah belajar wkt SD ttg meganthropus or homo soloensis dkk, mereka bukanlah spesies binatang, mrka murni manusia namun memiliki struktur tengkorak wajah seperti kera dgn dahi lebar hidung pesek mulut monyong n pipi lebar ..


    saudaraku sesama iman n sahabat2ku lain iman ,mari kita sm2 mendoakan para atheist agar TOBAT n tdk men share pemikiran2 mereka pd generasi mendatang

    peace

    ReplyDelete
  133. infonya bermanfaat dan menarik sekali.jadi tambah ilmu,,,terimaksih gan

    ReplyDelete
  134. ia katanya di duni ini memiliki 7 kembaran ya gan?
    terimakasih ;)

    mampir mampir http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  135. pasti semua orang punya :D

    makasih :D

    mampir mampir http://veriska.com/

    ReplyDelete
  136. Gue juga pernah ngalamin kejadian kayak gini waktu SMA. Ada senior gue yg mukanya persis banget kayak gue dan yang bikin gue kaget adalah nama kita hampir sama. Nama gue martha dan nama senior gue marita hahaha

    ReplyDelete
  137. Untuk photo yang terakhir, tepatnya photo B itu adalah hasil editing Photoshop DLL yg pelakunya masih amatiran.. karena saya orang design.

    ReplyDelete
  138. Gan foto yang Terakhir fotonya yang pakek baju merah abad pertengahan itu kok kayak Mark Zuckerberg

    ReplyDelete
  139. Contohnya Ozil dan enzo ferrari

    ReplyDelete