Friday, June 12, 2009

Anaconda terbesar di dunia ditemukan di Amazon

Kedengarannya seperti salah satu episode dari film petualangan Indiana Jones. Setelah 23 tahun melakukan penelitian terhadap kebudayaan kuno yang berumur 3000 tahun di tiga benua dengan menggunakan bantuan citra satelit, seorang ayah dan anak melakukan perjalanan luar biasa jauh ke dalam belantara hutan Amazon untuk mengkonfirmasi teori mereka bahwa ada Anaconda Raksasa yang jauh lebih besar dari yang pernah dikenal hidup di hutan ini. Mereka menemukannya, bahkan memotretnya.


Mike Warner (73) dan anaknya Greg (44) menemukan seekor ular yang disebut memiliki panjang 40 meter dengan diameter badan 2 meter. Ular ini telah mengkerdilkan seluruh ular raksasa yang pernah dikenal selama ini.

Warna tubuh anaconda ini bukan hijau melainkan coklat gelap dan dikenal oleh penduduk lokal dengan sebutan "Boa Hitam" atau "Yacumama". "Yacumama diterjemahkan sebagai "Ibu Perairan", lewiatan-nya hutan belantara, dan keberadaan ular ini telah dikonfirmasikan oleh sejarah dan kebudayaan masyarakat Amazon.

Mike, yang buta sebelah telah menghabiskan 23 tahun meneliti keberadaan makhluk ini, namun baru 6 bulan yang lalu ia mendapat semangat tambahan ketika anaknya menemukan dokumen-dokumen penelitiannya dan memutuskan untuk bergabung dengan penelitian luar biasa ini. Mike yang telah menabung seumur hidupnya untuk ekspedisi ini segera pergi ke Amazon bersama Greg dalam sebuah tim kecil.

Penduduk lokal yang diwawancarai mengatakan bahwa apabila ular itu berenang, air sungai akan berguncang hebat dan ular itu dapat menerkam seekor monyet yang sedang berada di pohon secepat kilat. Mereka kemudian mengambil lebih dari 700 foto dan 5 jam rekaman video. Setelah itu mereka melakukan perjalanan pulang untuk meneliti foto-foto tersebut.

"Data yang kami kumpulkan sangat luar biasa. Kami menemukan banyak jalur-jalur yang tercipta ketika ular ini bergerak. Kami melihat pohon-pohon setinggi 90 kaki rubuh akibat dilewati ular ini. Dan yang terpenting, kami berhasil mengambil foto salah satu makhluk ini ketika ia sedang bergerak di air." Kata Greg.

Tim mereka menghabiskan 12 hari di hutan belantara pada Maret 2009 dan mengumumkan penemuan mereka pada 2 Mei 2009.

Laporan mengenai adanya ular raksasa anaconda dapat dilacak kebelakang hingga tahun 1906 ketika kolonel Percy Fawcett yang diutus Royal Geographical Society untuk membuat peta hutan Amazon menemukan jejak anakonda selebar 6 kaki, atau sekitar 1,8 meter. Dan menurut Greg, catatan kolonel Fawcett telah membantu ia menemukan ular raksasa itu.

Greg mengatakan,"Pahlawan sesungguhnya adalah ayahku. Ia menghabiskan 23 tahun untuk meneliti keberadaan ular ini dan bertekad untuk berhasil ketika orang lain telah putus asa."

Sekarang mereka telah membagi hasil penemuan mereka kepada Pemerintah Peru, National Geographic Society di Washington dan Queens University di Belfast. Dan mereka berencana untuk kembali lagi ke hutan itu untuk menemukan anakonda raksasa lainnya, kali ini dengan kru televisi.


Baca juga. Babi liar raksasa ditemukan di Australia.

(rumerz.com)

Notes from enigma : Sebenarnya, saya memiliki kecurigaan terhadap foto diatas (bukan kisahnya). Mereka mengatakan membawa pulang 700 foto untuk meneliti bukti adanya anaconda raksasa, Namun foto diatas menunjukkan seekor anaconda yang difoto dari sebuah perahu (ujung perahu terlihat di foto). Jika sudah jelas terfoto, untuk apa 700 foto dibawa pulang lagi untuk diteliti. Menurut saya, makhluk di foto tersebut benar ular anaconda, tapi bukan ular yang disebut dalam kisah mereka (yang memiliki panjang 40 meter). Namun selama saya belum mendapatkan informasi bahwa foto itu adalah palsu, maka untuk sementara foto dan kisah diatas adalah versi resminya.


Artikel ini diupdate pada tanggal 19 Juni 2009.

Baca : update terbaru berita penemuan anaconda terbesar di dunia

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

53 comments:

ziaur said...

Bos...
Blognya Agak Sedikit eRor Yach..??
Postingan Tentang Koloni Alien Kok Gak Ada di Artikel Tebaru..Yang ada masih tentng anaconda

enigma said...

nggak tuh. gue cek berkali-kali, ok. mungkin tadi pas kamu buka lagi ada masalah. tapi sekarang sdh ok.

Ziaur said...

Tapi Sampai Skrng Kok...
Kan Ada Postingan Tentang Awan Merah...
Terus Kan w Selengkapnya...
pass w Baca di samping kanan( yang artikel Tebaru)
Masih Tentang Anaconda
(w ngasih saran deh...Coba Lo ke Blogger Trus Di Publikasikan ..Lo Ganti Apa aja deh asal gampang...Kalo Udah Baru Ganti Lagi xfile-enigma kaya biasa)

enigma said...

bro, gue sdh coba buka dibeberapa lokasi yang berbeda, dari kantor, dari warnet, dari laptop, artikel terbaru update kok. jadi kalo lu bilang masih salah, gue bingung deh. he..he..

Anonymous said...

wkwk mlh berantem...
gw seneng bgt ma yg ttg misteri luar angkasa dan mkhluk nya.. keep posting y ^^

surya aLdhie said...

surya aLdhie :
wwwuuiiihhhh........................
gambar'nya aza udah sereemmmm . . .
apa lg kaLau ngeLyat Lngsung ..

artikeL'nya bagus ,, acung jempoL dechh ...

Sony said...

"Masih kalah besar ularnya jika dibandingkan dgn kisah Baruklinting dari tanah Jawa.. Kwokwokwokwok.."

nyoen said...

itu ulerr bneran tuhhhh...
busyetttttttt kla dfilm2 ya,,

yorachinara said...

mas, saya fikir foto diatas bukan ular dengan panjang 40 M, lihat perbandingannya dengan lebar ular di foto mas enigma. kalu benar lebarnya 2M , bandingkanlah dengan lebar perahu yang ditumpangi seorang manusia ,, maka jelas lebarnya tidak mungkin 2M, hahahah ... saya bisa juga menganalisa,, makasih mas enigma .. ini blog terbaik yang pernah saya baca :D

chrisna said...

om enigma coba sedikit di perhatikan bentuk lekukan ularnya.... ada lekukan ular yang ganjil yang persis di samping ujung perahu. setau saya ular gak bisa melekuk sampai seperti itu. itu mengesankan kalau badan ular tersebut patah atau berkelok terlalu tajam. apakah mungkin itu mrupakan hoax yang di ambil dari dahan pohon yang jatuh dan hanyut.... dan kata penduduk sekitar ular itu bisa menerkam monyet yang berada cukup tinggi. berdasarkan pengetahuan saya apa bila ular yang lapar biasanya berkeliaran sedangkan yang kenyang hanya berdiam diri sambil mencerna mangsa di dalam perutnya. jika ular itu lapar mengapa dia tidak memangsa mangsa empuk yang memperhatikan mereka dari atas kapal ( atau apalah namanya ).... tapi itu hanya dari spekulasi saya ajah loh om..... khan boleh mencoba menganalisis seperti yang om enigma lakukan...........

general said...

artikel yang nambah pengetahuan alam....good...kunjungi jg d vrayzone-nd1.blogspot.com
salam kenal

Anonymous said...

wah artikel nya bagus neh gan.....hhe gw bgt..
tpi menurut analisa saya...,ntu ular kyanya mati dech gan....???secara fisik ular ntu ko ngambang???? klo ular agy berenang lekukan tubuhnya gakan demikian,,,n jga gkn terlalu ngambang seperti gambar di atas,,,pa lagi mempunyai berat ber ton" nan,,,
mungkin klo ular yg udah mati sch itu betul,,,tpi klo d nyatakan dari gambar itu ular itu hidup kyanya 50:50 dch ???
hhe makasih gan ,,, bagus artikelnya...

Zamidy_Shuriken said...

Di suruh guru.. menulis tentang misteri hutan amazon.. langsung saja mampir.. ke blog mas.. makasih_

Anonymous said...

A_U said...

lu-gue end..
haha...

:P

sisi lain dari masbro Enigma yg baru saja aku kenal...

Anonymous said...

A_U said...

kenapa komenku di post terakhir [cadborosaurus] malah enggak ditampilin? Perasaan kemarin, komenku enggak pake diskriminasi SARA2'an atau saru2'an deh...
.>_<.

aku cuma enggak rela aja masbro dikatain udah co.id.
T^T

ya sudahlah, apa boleh buat, mungkin dg begitu masbro bisa lebih damai dalam kehidupan di dunia nyata.

Semoga hari-harimu menyenangkan masbro, semoga ada waktu buat posting lagi yah.
@___@

S E M A N G A T . . .

\(^_^)/

drajat said...

ular raksasa yang pernah ada dan terlihat...Sayangnya foto tidak bisa utuh untuk menggambarkan keseluruhan dari ular raksasa ini

Hendik eko cahyono said...

Itu bneran ato hoaks gan, ko kepalanya kagak ada?jadi penasaran nih. Salam kenal ya gan..!

Nama said...

iya, note nya bro enigma bener.....kalo udah nemu ular segede itu..knp fotonya cm 1, knp waktu itu gak langsung diikuti dan dilihat habitatnya??

Anonymous said...

mungkin memang bner adany mahluk sebesar itu di dunia ini bahkan yg pernah saya dengar di salah satu stasiun televisi yg menayangkan ular ular terpanjang di dunia. ada yg mencapai 80 meter. tp saya msh ragu dan skeptis ttg adany mahluk ini sama halnya dengan legenda monster danau. mahluk raksasa pd umumny bergerak lamban dan mempunyai suara tinggi. sbg contoh paus biru saja mempunyai ciri khas berenang lamban dan suara kncang. ini mgkn berlaku di semua mahluk raksasa. dengan adany seperti itu pzt bg manusia dgn mudah dpt menemukan. saya ragu dengan adany mahluk raksasa. tp saya lebih pcaya itu adalah mahluk yng berbentuk metafisik. bhkan mgkn mhluk itu.bs menampakan wujudnya sebesar pulau. itulah mahluk metafisik alias hantu.....

Anonymous said...

Wah artikel blognya keren2 enk dibacanya ^_^. Kunjungi blog aku yaa www.blogg-ilmukomputer.blogspot.com

Agung Catastrophe said...

hmmmm percaya sih ada mahluk segede itu cman bukti ke public nya cma 1 foto...

Yg ane heran,dia foto uler gede disamping kapal kecil yg nyenggol gtu...

apa gk masalah itu ?

Post a Comment