Sunday, July 12, 2009

Pacu - ikan yang memiliki gigi seperti manusia

Beberapa waktu yang lalu, saya ditanya soal penemuan ikan bergigi manusia yang ramai dibicarakan di internet. Kisahnya dimulai ketika seorang nelayan bernama Scott Curry berhasil menangkap ikan ini di danau Buffalo Springs, Texas. Ia segera menyadari bahwa ikan ini memiliki deretan gigi persis seperti manusia.



Pengawas dari Danau Buffalo Springs berkata bahwa selama 36 tahun mengawasi danau itu, ia belum pernah melihat ikan seperti ini. Sebuah stasiun televisi lokal di Texas bahkan segera membuat sayembara sebesar 100 dolar bagi siap saja yang dapat menangkap ikan jenis itu lagi.

Nah, ternyata, ini bukanlah sejenis ikan siluman atau ikan alien. Ikan ini adalah jenis ikan yang umum ditemukan di sungai Amazon. Namanya ilmiahnya adalah Colossoma Macropomum atau biasa disebut ikan pacu.

Ikan Pacu masih memiliki kekerabatan dengan piranha. Bedanya, saudaranya itu adalah ikan karnivora sedangkan Pacu adalah ikan herbivora. Mereka memakan tumbuhan. Namun beberapa penduduk lokal pernah menyaksikan Pacu memakan ikan-ikan kecil yang mengindikasikan kemungkinan bahwa hewan ini termasuk golongan omnivora. Ia dapat bertumbuh hingga mencapai panjang 90 cm dan berat 30 kg.


Bahkan ikan ini bukan hanya dapat ditemukan di sungai Amazon. Kita dapat menemukan ikan ini dijual di petshop di Amerika Selatan dan dunia. Beberapa orang benar-benar menyukai ikan ini di akuarium rumahnya sebagai pengganti ikan mas.

Mungkin yang misterius adalah, bagaimana caranya ikan ini bisa sampai ke sebuah danau di Texas. Menurut saya ada seseorang yang menabur bibit ikan Pacu di danau Buffalo Springs, sesuatu yang normal saja terjadi.

(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

24 comments:

Anonymous said...

Menarik sekali,. gw jga baru tahu ada ikan jenis ini,. teruz posting artikel yg menarik boz,. thx,.

ilyas said...

akhirnya ikan bergigi manusia yg selalu membuatku bertanya-tanya, terjawab juga.,. :)

hanif said...

kayaknya asal mula ikan ini adalah manusia yg dikutuk karena telah melakukan dosa, nggak percaya..! tanya aja sama ikannya :P

babehdyo said...

kata ikannya..
"loh,saya ga dkutuk...
tp bnyk bangsa saya yg ngelakuin hal jahat akhirnya mrk dkutuk jd manusia.."
haha...

Anonymous said...

Sedang memikirkan seandainya ikan ini tersenyum maka senyumnya adalah senyum terlebar didunia..:D

giginya kuning2 coy... foto pertama seperti ngeluarin bau jigong gitu ya..

Anonymous said...

Ikan Pacu berkata
"mau ikut lomba senyum pepsodent ahhhh"

Anonymous said...

sial, giginya lbh bagus dari gigi biniku .... huh!

Anonymous said...

awkakwkakwkKWKAKWK XD

ikannya disuruh nganga kok mau ya? ngerti aja ikannya klo giginnya mau dipriksa, mentang" giginnya nda ada yg berlubang :-(

Sony said...

"Andai saja yang menemukannya orang Indonesia, pasti sudah diberi sesajen tuh.. Kwokwokwokwokwok.."

Anonymous said...

kalo yg digambar tu cm akan bawal pjg 70cm brt 7kg

buana said...

ih... srem bnget ya??? kok ada ikan brgigi manusai,bwa ksni aja... ntar tak pasangin behellll biar ikanx makin cute.,he... he....

Anonymous said...

inih foto sepertinyah ada yang aneh dan seperti nyah mahluk ini ada dua saya liat di foto pertama bagian gigi ikan tersebut yang depan ada yang kuning sedangkan foto ke dua gigi depan ikan tersebut kok tidak kuning...{coba kita amati sama2 lebih lama deh...pasti ada yang aneh

Tawon Republik said...

Nambahin info buat agan aja. Selain pacu, ikan sheepshead dari Samudra Atlantik juga punya struktur gigi mirip manusia. Gigi itu berfungsi untuk menggilas cangkang keras kerang makanannya

Dan soal pacu, mereka juga punya nama lokal "tambaqui"

Anonymous said...

wah, jadi makinparno nih makan ikan, harus liat giginya dulu,, hahaha

belajar seo blogspot said...

Melihat ikan yang berigigi seperti ini mengingatkan saya pada suatu hal ...

Anonymous said...

Sekedar info tambahan, saya juga suka mancing, dan sebenarnya ikan Pacu ini ada juga versi lokalnya, yaitu ikan Bawal. Mungkin kl jalan2 ke pasar ikan dan lihat2 ikan Bawal, giginya agak beda karena lebih runcing pada bagian ujungnya, lebih membentuk taring2 dibanding gigi manusia, tapi sekali lagi ini versi lokalnya, jadi bisa saja beda. Lagipula, bentuk tubuhnya juga mirip kan? :D

Defri annursyah said...

bos enigma itu kayaknya photoshop deh, coba liat gambar yang pertama bagian gigi atas ikan gak ada kan?tapi di gambar kedua gigi ikan keliatan dgn jelas tanpa ditarik bibir atasnya!
"sorry ini cuma pendapat aja!"

Post a Comment