Sunday, August 2, 2009

Kisah rumah hantu Amityville - nyata atau hoax ?

The Amityville Horror atau rumah hantu Amityville adalah sebuah kisah penindasan satu keluarga oleh makhluk gaib di sebuah rumah di Amityville, New York. Sejak kemunculannya, kisah ini dipenuhi oleh kontroversi. Apakah kisah ini nyata atau hanya sebuah rekayasa ?


Tulisan ini adalah permintaan seseorang yang ingin mengetahui kebenaran kisah rumah hantu Amityville. Sebenarnya, blog enigma adalah blog yang "anti cerita hantu". Namun karena bukan hantunya yang mau dibahas, maka saya memutuskan untuk menulisnya juga.

Kisah Rumah Hantu Amityville

Bagi yang belum pernah mendengar tentang Amityville Horror, beginilah kisahnya secara singkat :

Kisah horor ini dimulai dari sebuah novel best seller berjudul "The Amityville horror : A True Story" yang ditulis oleh Jay Anson dan diterbitkan tahun 1977. Segera setelah buku ini memenuhi rak buku di Amerika, penjualannya melonjak dengan sangat cepat.

Kisah di buku ini bermula pada tanggal 13 November 1974 ketika satu keluarga yang terdiri dari enam orang yang tinggal di sebuah rumah di Amityville dibunuh dengan kejam. Kepala keluarganya, sepasang suami istri bernama Ronald dan Louise DeFeo ditembak ditempat tidurnya ketika sedang terlelap. Demikian juga dengan dua anak laki-laki dan dua anak perempuannya. Satu-satunya yang selamat dari pembunuhan itu adalah seorang anggota keluarga lainnya bernama Ronald DeFeo Jr (Butch). Ronald ditangkap atas tuduhan pembunuhan dan dihukum penjara seumur hidup.

Karena seluruh anggota keluarga sudah meninggal dan Ronald berada di penjara, rumah itu akhirnya dijual. Rumah horor itu tepatnya berlokasi di 112 Ocean Avenue, Amityville, New York.

Tahun berikutnya, tepatnya 23 Desember 1975, sebuah keluarga baru, George dan Kathy Lutz bersama tiga anaknya menempati rumah itu. Mereka membelinya dengan harga $80.000 dengan cara mengambil hipotik dari Columbia saving and loans sebesar $60.000. Tak berapa lama, mereka mulai mengalami gangguan dari roh-roh jahat yang menghuni rumah itu. Mereka keluar dari rumah itu setelah 28 hari menghuninya.

Menurut mereka, tangan tak terlihat memecahkan pintu dan membuka lemari-lemari. Cairan hijau aneh keluar dari langit-langit rumah, sekumpulan serangga menyerang mereka dan wajah iblis dengan mata merah menghantui mereka pada malam hari dan bahkan iblis itu meninggalkan jejak kaki di halaman rumah yang bersalju.

Kemudian mereka memanggil seorang pastor bernama Mancuso untuk mengusir setan itu, namun ketika pastor itu tiba dirumah itu, satu suara berteriak "Keluar !". Pastor itu gagal membersihkan rumah itu dari roh jahat.

Akhirnya, karena usaha yang dilakukan gagal untuk mengentikan gangguan itu, keluarga Lutz memutuskan untuk pindah dari rumah itu.

Fakta atau rekayasa

Novel ini sedemikian populernya sehingga beberapa film telah dibuat berdasarkan kisah novel ini. Remake terakhir dibuat tahun 2005 yang diperankan oleh Ryan Reynold sebagai George Lutz (percaya sama saya, filmnya benar-benar membuat merinding).

Sekarang, pertanyaannya, apakah kejadian yang diceritakan di buku itu benar-benar terjadi ?? Kita akan memisahkan fakta dan rekayasanya.

Fakta
Novel ini tidak sepenuhnya salah ketika ia menulis label "True Story" di judulnya. Semua tokoh yang diceritakan di dalam novel ini adalah nyata.

Jay Anson menulis buku ini atas permintaan Penerbit Prentice Hall berdasarkan rekaman suara George Lutz yang menceritakan kisah ini. Jadi Keluarga Lutz benar-benar ada dan benar-benar pernah menempati rumah horor itu. George Lutz meninggal karena serangan jantung di Las Vegas pada tanggal 8 Mei 2006. Istrinya Kathy Lutz meninggal terlebih dahulu karena Emphisema pada 17 Agustus 2004. Sebelumnya, mereka bercerai pada akhir 1980-an namun tetap menjaga hubungan baik.


Pembunuhan yang dilakukan oleh Ronald DeFeo Jr juga benar-benar terjadi. Saat ini Ronald DeFeo Jr sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup di Green Haven Correctional Facility di Beekman, New York.

Rumah yang terletak di 112 Ocean Avenue juga benar-benar ada. Namun karena alasan privasi, alamat rumah ini telah diubah untuk menghindari turis yang ingin melihat-lihat.


Pastor yang mengusir setan itu juga benar-benar ada. Di buku, namanya disebut Pastor Mancuso, namun nama asli pastor itu adalah Ralph J Pecoraro. Ia menolak nama aslinya disebut dibuku itu untuk menjaga privasinya. Saat ini ia sudah meninggal.

Hoax
Seperti yang saya singgung diatas, semua tokoh dalam kisah ini adalah nyata. Yang diragukan oleh banyak orang adalah kebenaran pengalaman di dalam buku ini. Memang harusnya kisah di buku ini nyata karena berdasarkan cerita langsung dari George Lutz. Namun masyarakat menemukan kisah didalam buku ini terlalu luar biasa sehingga mereka mulai meragukannya. Apalagi ada kemiripan dengan film "The Exorcist" yang terkenal itu.

Akhirnya kontroversi itu terjawab ketika Pengacara Ronald DeFeo Jr yang bernama William Weber mengakui bahwa ia dan George Lutz mengarang kisah ini dengan tujuan untuk mendapatkan persidangan yang baru bagi Ronald DeFeo Jr. Apabila Ronald beralasan membunuh karena pengaruh roh jahat, maka persidangan mungkin bisa mempertimbangkan untuk meringankan tuntutannya atas pertimbangan sakit jiwa. Menurut Weber, Bagi Lutz tentu saja mengarang cerita seperti itu akan membuat ia kaya raya sehingga Lutz setuju berkoloborasi untuk mengarang cerita itu. Lutz menolak pengakuan Weber.

Sepertinya pengakuan Weber ini mendapat peneguhan dari banyak pihak, salah satunya adalah dari seorang peneliti bernama Rick Moran yang menemukan lebih dari 100 kesalahan faktual dalam buku itu.

Istri Ronald DeFeo Jr bahkan juga ikut meneguhkan kesaksian Weber. Baginya kisah hantu Amityville adalah sebuah kebohongan.

Pada Maret 1977, setelah keluarga Lutz keluar dari rumah itu, Jim dan Barbara Cromarty membeli rumah itu dengan harga $55.000. Barbara dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa seluruh perabot rumah itu masih sama seperti aslinya dan tidak menunjukkan ada tanda-tanda perbaikan, berlawanan dengan klaim Lutz yang mengatakan roh jahat menghancurkan perabot-perabot rumah itu.

Setelah 10 tahun keluarga Cromarty memutuskan untuk pindah dari rumah itu karena mengalami banyak gangguan, bukan dari roh jahat, namun dari para turis yang ingin melihat rumah itu. Pada tahun 1987, mereka menjualnya kepada keluarga O'Neil dengan harga $325.000.

O'Neil, Pemilik rumah berikutnya akhirnya juga pindah setelah 10 tahun karena tidak tahan, bukan karena gangguan roh jahat, tetapi karena pajak properti yang meningkat tinggi. Mereka menjualnya pada tahun 1997 kepada Brian Wilson dengan harga $310.000.

Brian Wilson, pemilik saat ini, begitu sukanya dengan rumah ini sehingga ia tetap tinggal di rumah itu dan bahkan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki rumah itu. Namun untuk menjaga privasinya dan menjauhkannya dari turis, ia mengubah alamat rumah itu.

Ketiga pemilik rumah itu setelah Lutz sama-sama mengatakan bahwa rumah itu tidak berhantu dan mereka mengatakan bahwa mereka tidak pernah mengalami hal-hal aneh selama tinggal disitu.

Jadi kisah rumah hantu Amityville yang populer itu sebenarnya secara resmi telah dianggap sebagai sebuah rekayasa untuk tujuan-tujuan tertentu. Namun, George Lutz tetap berpegang teguh pada kisahnya hingga akhir hayatnya.

Nah, walaupun sepertinya kasus ini telah selesai. Namun saya memiliki pendapat sendiri.

Saya percaya rumah Amityville benar-benar berhantu.

Mengapa saya sampai pada kesimpulan seperti ini ?

Ketika saya membaca berbagai sumber yang menceritakan tentang kisah rumah hantu Amityville, saya menemukan ada dua pertanyaan yang belum terjawab hingga kini oleh mereka yang meragukan kisah Lutz.

Pertanyaan pertama :
Mengapa keluarga Lutz hanya bertahan di rumah itu selama 28 hari ? Jika anda membeli sebuah rumah, apakah anda lalu meninggalkan begitu saja rumah itu setelah 28 hari ? Tidak ! jadi pasti ada sesuatu yang mendorong mereka untuk segera pindah.

Pertanyaan kedua :
Mereka mengeluarkan $80.000 untuk membeli rumah itu pada Desember 1975 dengan mengambil hipotik dari Columbia saving and loans sebesar $60.000. Ketika mereka keluar setelah 28 hari, tentu saja mereka menolak untuk membayar cicilan rumah dan kena penalti denda yang cukup besar. Jika tidak ada sesuatu yang terjadi, mengapa mereka rela dikenai denda tersebut ?

Berdasarkan pada dua pertanyaan tersebut, saya menyimpulkan bahwa rumah itu benar-benar berhantu, namun saya juga percaya Lutz membesar-besarkan kisahnya didalam bukunya.

Jadi apabila kita hanya membahas soal novelnya, maka kita dengan pasti bisa menyebut bahwa novel "The Amityville Horror : A true Story" sebagai hoax atau semi hoax. Saya menyamakan novel ini dengan film "Titanic" yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, based on real event tapi bukan True Story. Memang berdasarkan atas peristiwa nyata, namun kisahnya didramatisir sedemikian rupa untuk tujuan komersil. Tapi kalau kita berbicara soal rumah Amityville, ceritanya jadi lain.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, saya kira kita tidak terlalu heran dengan rumah hantu atau roh yang tinggal di sebuah rumah. Saya rasa roh ada dibanyak rumah, cuma biasanya mereka tidak mengganggu penghuninya. Anda juga percaya itu kan ??

(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

38 comments:

Mihael Keehl said...

hmm.. jujur aja..aku emang kurang suka cerita2 hantu gitu..karena kadang kurang bisa dipercaya..
tapi berhubung kali ini yg mau dibahas ceritanya yang hoax atau tidak aku jadi mau baca deh.. -_-
hehehe
buat Enigma.. makasih ya mau nyempetin baca blog ku.. semangat buat posting deh..
padahal blog ku kan cuma untuk syarat kelulusan naik kelas 2 SMP di bidang ICT di sekolah.. jadi udah jarang di posting. Tapi sekarang walaupun udah naik kelas 2 SMP tetep posting ah! hehe

By the way banyakin posting soal makhluk2 aneh n kejadian2 misterius ya.. Crop Circle juga OK!!

Anonymous said...

Ga pernah bosan gw baca blog ini...
Truz diupdate, kalo bisa sehari lebih dari 1 informasi barunya...

Butik baju online said...

Wah analisanya mantab sekali, btw film yang bikin merinding itu judulnya apa ya? saya adi pingin nonton.

enigma said...

judulnya sama, "The Amityville Horror" dibintangi oleh Ryan Reynold dan Melissa George.

Ad4m San™ said...

salam kenal sob ^_^, sebelumnya ane minta ijin buat publish artikel sobat di blog ane boleh gak sob >.< yang pasti dengan di cantumin sumber dan link back (*_*)

Andry said...

Waahh cerita yang bagus..saya selalu mengikuti perkembangan blog anda lho...saya sangat suka cerita misteri..klo bisa misteri dr Indonesia juga dunk..selera lokal nih

Anonymous said...

Saya tidak percaya rumah Amityville berhantu krn: 1. fakta yg dipaparkan lebih mendukung.
2.rumah di Amerika lebih sedikit hantunya krn penduduk di sana lebih realistis dan logic ketimbang penduduk di Asia, hal ini terjadi spt sebuah kata bijak mengatakan: apa yg diimani, itulah yg bakal terjadi. apa yg diyakini dgn teguh, itulah yg bakal terjadi. org amerika meyakini secara logic tentu berakibat konsep hantu yg tidak logic sulit 'menetap' disana ketimbang org asia.
3.karena terjadi pembunuhan sadis di rumah Amityville itu dan mgk George Lutz itu org yg masih percaya dgn arwah gentayangan ditambah dgn rumors2 miring yg berkembang pd saat itu, maka berakibat walau bayangan kucing/tikus yg lewat sekalipun akan mengintimidasi mereka secara luar biasa dlm ketakutan. bagaimana mgk seseorg akan betah di dlm rumah mereka jika mereka merasa diri dan anak2 mereka jg terancam, walau itu sebenarnya adlh sugesti mereka sendiri. yg mana mgk jg ada anak2 iseng di daerah mereka itu yg turut jg mengompori dgn cara mempermainkan hantu2an kpd keluarga george pd saat itu.
jika aku merasa terancam, rugi 30 persen dari harta aku tidaklah masalah. uang bs di cari, damai sejahtera dan kebahagiaan keluarga merupakan harta tak ternilai.
maaf kata jika aku menyanggah pendapat dari sodara enigma. salam damai..

enigma said...

tidak perlu minta maaf, sanggahan dan diskusi yang sopan selalu diterima disini.

Anonymous said...

Ada satu fakta yang terlewat sehingga anda percaya rumah itu berhantu, yaitu mengenai alasan pertama anda mengapa dengan mudahnya Lutz meninggalkan rumah itu, saya kutipkan:

Pada tanggal 18-Desember-1975, George dan Kathleen Lutz beserta ketiga anaknya membeli sebuah rumah di Ocean Avenue 112, Amityville New York, seharga $80.000. Setelah ditinggali sebentar, ditambah klaim-nya bahwa terdapat aktifitas supranatural, tanggal 30-Agustus-1976, George Lutz mengembalikan rumah itu ke lembaga keuangan Columbia Savings & Loan. Menurut agen Edith Evans, keluarga Lutz tak pernah membayar cicilan satu kalipun. Bisa jadi cerita tersebut dibuat-buat untuk menghindari tuntutan hukum akibat tidak membayar cicilan. Tapi bagaimanapun nama Amityville begitu mendunia sebagai ikon horror setelah ditulis menjadi novel secara sensasional oleh Jay Anson.

enigma said...

Wow, saya suka jika ada yang ikut memberikan kontribusi pendapat. Nah, saya juga menyadari informasi diatas. Namun, pendapat saya, jika anda membeli rumah, lalu menyadari bahwa rumah itu berhantu (keluar dalam 28 hari, bukan 28 bulan), maka saya juga akan menolak membayar cicilan. ha..ha. jadi saya masih tetap berpegang pada pendapat saya. Lagipula jika Lutz menunggak selama berbulan-bulan, lalu meberikan alasan bahwa rmh itu berhantu,barulah Lutz kemungkinan berbohong.

thisismeliana said...

Saya pernah membaca di satu buku mengenai rumah ini dan saya percaya rumah ini berhantu. Rumah di film tersebut diduplikat karena tidak ada satu pun orang Amerika yang berani masuk ke rumah aslinya. Selain itu, katanya para pemain kerap diganggu walaupun mereka berada di lokasi syuting. Tp itu terserah pembaca berkomentar mengenai kasus ini. :)

Anonymous said...

SEBENARNYA RUMAH YG DIMAKSUD ADA HANTUNYA TUH TIDAK ADA, HANYA SEGELINTIR ORG SAJA YG MEMBESAR-BESARKAN KEADAAN AJA, TERUS KATA ENIGMA MENGENAI PERCAYA ADA HANTU DI RUMAH TERSEBUT SESUAI PEMIKIRANNYA, SAYA HARGAI, TETAPI ADA CERITA YG SEBENARNYA..KARENA RUMAH YG DIMAKSUD ENIGMA ITU HANYA BERJARAK 3 RUMAH DARI RUMAH KAKEK-NENEK SAYA, CERITA MENGENAI ORG YG BERTAHAN 28 HARI TRS PINDAH ITU DIKARENAKAN DIA GAGAL MEMBAYAR UANG SISA, YG SDH JATUH TEMPO SESUAI KESEPAKATAN AWAL...JADI TEPAT 28 HARI SETELAH ITU DIA KELUAR RUMAH, NAMUN ADA VERSI LAINNYA...PIHAK YG MENGELOLA JASA SEWA RUMAH TERSEBUT MELAKUKAN HAL2 YG TIDAK TERPUJI, DIA MELAKUKAN PENIPUAN DGN MEMBUAT HANTU2 AN SUARA2 YG MENAKUTKAN AGAR SI PEMILIK RUMAH CEPAT PERGI...HANYA ITU SAJA DARI SAYA

Anonymous said...

Baru nonton film The Haunting in Connecticut, dibahas dunk Bang Enigma, itu Hoax atau nyata, kebanyakan cari di Google adanya ya cuma kisah Amityville aja, ditunggu !!

nizar said...

mantabs gan ceritanya..
tapi boleh ngga agan share blog kenalan agan yang ngebahas soal hantu??
soalnya selain dari misteri di blog enigma, saya juga suka misteri tentang hantu.
thx ya..

Anonymous said...

OK karena saia anak pesantren n saya penggemr blog ini maka mnurut saia itu bza saja terjadi karena agama kristen pun percaya mengenai mahluk jahat atau roh

papaciko said...

"....Menurut Weber, Bagi Lutz tentu saja mengarang cerita seperti itu akan membuat ia kaya raya sehingga.... " << sepertinya kalimat tsb menjawab pertanyaan pertama dan kedua bung enigma (dan lainnya).. memang sesuatu telah terjadi yaitu adanya kolaborasi (konspirasi?) untuk mengarang cerita adanya paranormal activity yg membuat Lutz kaya raya :)

pertama: Lutz (sekeluarga) hanya bertahan 28 hari dan pindah untuk menguatkan cerita yg dibuatnya..

kedua: Lutz rela kehilangan sejumlah uang krn ia mendapat gantinya bahkan lebih besar (kemungkinan dia mendapatkan uang yg banyak dari Weber)

note: sy tdk skeptis.. sy jg percaya adanya rumah2 yg dihuni makhlus halus...

Rex said...

klo rumahnya sengaja dibeli untuk ditinggal lagi gimana?

orang barat klo ngeplot dari jauh2 hari loh, bahkan untuk nulis buku sekalipun.

tapi gw sih masih netral aja, soalnya dengan netral kita bisa enjoy everything.

emasdhanoe said...

mas mas blognya analitis banget!
angkat tulisan tentang anak indigo sama sixth sence dong mas..
kadang nyata, tapi gak masuk akal..
tau justru kebalikannya..
okey pengen baca analisisnya..
salam kenal mas..

Anonymous said...

wuih analits sekali mas..
keren nyari datanya..
kayak film detektif..
btw soal mistis mas..
gimana klo ngebahas tentang sixth sence sama indigo?
seru juga tuh mas..
gak masuk akal tapi bener..
saya sering ngalamin..
saya punya temen seperti itu..
tolong dibahas bener enggaknya..
saya pengen tau dari pendapat mas enigma..

Anonymous said...

Ithink this is a real story,, the amityville emang beneran ada kok. kemaren pas liburan ke AS aku lewat rumah itu, dan kata orang"setempat itu beneran ada. so,, I belive that !!!!

magician said...

mr. E, knp di fb nama mr. E kok dipisah? jadi enig ma??

Anonymous said...

Cerita Amytiville boong kok...
Baca aja Cleopatra: Si Cantik atau si Buruk Rupa by Karl Kruszelnicki. Di situ dibahas.

Anonymous said...

Bismillaah,sya tdk prcaya adanya roh orng yg sdh mati gntayangn,tpi sya prcaya adanya jin,syaithon,mreka jin bisa mnyrupai wajah2 orng hidup dan
yg sdh mninggal apalgi jika ada fotonya....tpi sya cuma mau mnambahkan,jika bnar d rmh trsbut tdk ada gangguan lalu pran pastur itu sbgai apa pdhal katanya orngnya sbnarnya ada,smoga fhm mksud sya...Walloohu'alam....

jihan said...

bismillah hirombilalmin, aw menrt itu trngntng pda yg kuasa jin ada gnya itu yg kuasa manusia tdk isa i klhkn ma ciapa2 kta hrs pengngn yg kuasa pasti jin tdk ada yg ngangu ok

Anonymous said...

baca cerita ini 15 kali sampe inget,takut di lantai atas rumah gw sendirian =.='
aku juga pernah baca di gramedia klo sutradara nya dan kru waktu buat film juga di ganggu"
serem banget nih rumah untung aje rumahnya udah ancur... :D

Anonymous said...

saya pernah nonton pilmny bener bikin merinding

Anonymous said...

tampaknya lutz telah melakukan perencanaan secara terstruktur dan rapi, Wallahualam......
lutz memanfaatkan sejarah rumah tersebut dan bersedia mengambil kerugian dengan sebuah skenario yang rapi untuk keuntungan yang lebih besar, hal itu telah diperhitungkan.......
mengenai makhluk halus, memang disetiap sudut alam semesta memang dihuni makhluk halus namun tidak semudah itu mereka berinteraksi dengan manusia. mereka berbeda dimensi dengan manusia walaupun berdampingan, demikian pendapat saya, semoga liburan anda menyenangkan, wassalam.....

Anonymous said...

A_U said...

Aku percaya sama masbro, kalau filmnya benar-benar membuat merinding. Udah pernah nonton sih. (.>__<.)

Eh ternyata, masbro maniak kata "itu" ya? Banyak sekali kutemukan kata "itu" dalam satu susunan kalimat. hehe.. :P

Tentang Amityville yg bener2 berhantu apa kagak, no komen lah. huehehehe... :P

Tapi aku percaya bahwa, memang ada makhluk2 yang tidak bisa kita lihat keberadaannya. Yang terkadang suka usil menggangu manusia. Namun mereka sebenarnya bukanlah roh dari orang yang sudah mati.

Karena menurut kepercayaanku, roh orang yang sudah mati tuh enggak bisa berkeliaran di muka bumi, sebelum mereka dibangkitkan kembali oleh Tuhan, di hari akhir nanti tentunya.
:D

#aduuh, komen ini enggak menyinggung SARA kan???
(=___=")

Anonymous said...

بِــــــــــسْمِ الَّلهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـم.. Aq sering Nnton n baca tntg hal ghaib. Mmg jin n syaiton g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ bsa brinteraksi lgsg sama mnusia cz beda dimensi. Tp ada bbrpa jin Ɣªήğ mmg usil n "ilmunya tinggi" bsa nmbus alam mnusia. Trz jg prnah dnger nggk klo alam skitar qt trmasuk rumah bsa mrekam kejadian Ɣªήğ prnah trjadi apalgi jg kjdian itu trllu traumatik n kdang alam bsa memutar kmbali kenangan alam tsb bbrpa wktu stlahnya? Dlm parapsikologi ada pnjelasan lgkpnya kok,n itu jg bukan brrti roh org Ɣªήğ prnh mninggal itu mgkin alam sdang memutar kmbali kjdian itu. Biasanya jika suasana dtmpt trsbut sama dgn suasana saat mlm kjdian,misal jm kjdian,suhu,situasi dll. ™ђёe..ђёe..ђёe..ђёe..™ cm numpang share dkit :)

Anonymous said...

Wow!!! Keren abis analisisnya bro tapi emang sih dgr2 emang kalo s
mahkluk halus itu nggak bisa sembarangan masuk dimensi kita krn mereka mempunyai penghalang untuk masuk ke dunia kita
tapi soal rumah amityville kata saudara saya disana rumah itu tiap malem sering ada bayangan gk jelas sob kaya ngerasa ada yg liatin gitu terus hawanya tuh realy realy ...... Salut deh buat semua

Irma said...

Menurut pendapat pribadi ane film "The Amityville Horror" yg dibintangi oleh Ryan Reynold dan Melissa George. salah satu dari film horror Amerika yg bagus,jarang bgt film horror Amerika bagus, bagusan horror Asia hehe...

Post a Comment