Monday, August 24, 2009

Perjumpaan Kenneth Arnold dengan UFO - permulaan era piring terbang

Tahun 1947 adalah tahun UFO. Pada tahun itu, 5 tahun setelah pertempuran militer Amerika dengan UFO yang dikenal dengan sebutan insiden "The Battle of Los Angeles", dua peristiwa penting menandai dimulainya era UFO di dunia, yang pertama adalah jatuhnya UFO di Roswell, dan yang kedua adalah perjumpaan pilot Kenneth Arnold dengan UFO.


Pada 24 Juni 1947, seorang pengusaha bernama Kenneth Arnold sedang terbang dengan pesawat kecilnya untuk membantu mencari pesawat lain yang hilang sebelumnya. Saat itu Ia terbang agak rendah di atas pegunungan di Washington. Ketika ia sedang mengamat-ngamati pemandangan dibawahnya, ia melihat kilatan-kilatan cahaya aneh berkelebat di ujung matanya.

Arnold yang kebingungan akhirnya menemukan sumber cahaya tersebut, sekelompok objek berwarna perak dan bercahaya yang terbang dengan cepat. Dan anehnya adalah objek-objek terbang tersebut memiliki bentuk yang tipis menyerupai piring. Objek yang digambarkan oleh Arnold mirip dengan objek yang terlihat pada insiden "The Battle of Los Angeles".

Dalam karirnya sebagai pengusaha dan sekaligus pilot, Arnold belum pernah melihat benda terbang seperti itu. Ia memperkirakan objek-objek itu bergerak pada ketinggian 9.500 hingga 10.000 kaki dari bumi.

Arnold sempat melihat jamnya ketika objek-objek itu terbang dari puncak Ranier ke puncak Adams. Dari situ, ia menghitung kecepatan terbangnya dan mendapatkan angka 1.200 mph. Kecepatan yang mustahil untuk sebuah pesawat pada era tersebut.

"Kelihatannya mustahil," Katanya, "Namun objek itu ada disitu...Aku percaya kepada mataku."

Pada saat Arnold diwawancara oleh Bill Bequette dari AP News wire, ia berkata,"Mereka terbang dengan gerakan aneh seperti gerakan sebuah piring ketika engkau lempar di permukaan air."

Bill segera memuat hasil wawancara itu dengan menggunakan istilah piring terbang untuk mendeskripsikan bentuk objek tersebut.

Dan era piring terbang pun dimulai.

Sebenarnya Arnold tidak pernah mengatakan bahwa objek tersebut berbentuk piring terbang, malah ia mengatakan bahwa objek tersebut lebih mirip sebuah bumerang. Ia menggunakan istilah piring untuk mendeskripikan gerakan objek tersebut. Salah penyebutan ini malah membuat piring terbang semakin dikenal.

Militer Amerika yang menerima laporan Arnold pada awalnya mengabaikan insiden itu. Namun karena kisah itu menyebar luas di seluruh Amerika, maka militer harus menenangkan situasi. Pada tanggal 7 Juli, Sebuah pertemuan mendadak diadakan untuk menentukan respon atas penampakan itu.

Pertemuan tanggal 7 Juli tersebut sangat berdekatan dengan insiden jatuhnya UFO di Roswell yaitu pada tanggal 8 Juli 1947. Karena itu, desas desus beredar bahwa insiden Roswell mungkin terjadi pada tanggal 7 Juli 1947, bukan 8 Juli dan pertemuan itu adalah salah satu respon darurat terhadap insiden itu.

Menyusul pertemuan rahasia itu, Arnold dipanggil oleh militer dan diwawancarai mengenai insiden tersebut. Hasil dari wawancara itu mendapat tempat khusus di project bluebook. Isinya, tidak ada yang mengetahui secara pasti.

Walaupun kisah Arnold yang luar biasa tertutupi oleh Insiden Roswell, namun perjumpaan ini dianggap sebagai salah satu tonggak sejarah dalam era piring terbang di dunia. Dari 800 laporan penampakan UFO di tahun 1947, perjumpaan Arnold dianggap sebagai yang paling penting.


(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

21 comments:

  1. hmmm...makin byk misteri dan tekateki neh...
    apa yg disembuyikan oleh mereka? napa nga dipublish? dan apa yg mereka takutkan klo dipublish?

    ReplyDelete
  2. maaf ya Enigma..kok kurang seru ya

    ReplyDelete
  3. memang kurang seru ya..ha..ha..ini tulisan cuma untuk pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. mungkin enigma terlalu sering posting ttg E.T, coba post tentang topik lain dulu mungkin, biar refreshing :D
    just my 2 cents haha :)
    __________________
    vstmyblog

    nutsiesfashion.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. usul yang bagus. ntar saya cari variasi.

    ReplyDelete
  6. E.T apa ya kata Najla-Nutsies tuh gw bingung

    ReplyDelete
  7. mungkin kalo bener" dateng ke bumi ini..
    mirip di pelem,
    district9,

    ReplyDelete
  8. @hakam E.T: extra terrestrial, alien dan UFO

    btw thanks enigma telah visit blog saya :D

    _____________________
    vstmyblog

    http://nutsiesfashion.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. hmm.. kebanyakan ufo mampirnya di amrik mulu yak? atw paling2 negara2 barat.. kesannya males banget ke indonesia ya.. hahaha...
    yg heboh media2 amrik, media2 barat..

    iya bro variasi ah.. biar seger dikit..

    ReplyDelete
  10. Aku bacanya sambil dengerin ost x file , manteb banget. @ device_them ... kalo di indonesia piring terbang ada lho , yaitu orang yang lagi ngelemper suaminya dengn piring

    ReplyDelete
  11. keren, ,
    Q suka dengan postingan UFO, ,
    Bravo,

    ReplyDelete
  12. om enigma.. two thumbs up,
    sy suka posting2nya.
    keep your good work.

    ReplyDelete
  13. lucu nya kenapa semua ufo yg terlihat selalu muncul di negara2 maju aja (mostly di amerika dan lebih lucu lagi ufo2 itu dgn sgala kecanggihan nya ga pernah menyerang :), udh kyk "penampakan" nih lama2 fenomena ufo ini..

    ReplyDelete
  14. mas enigma kok rasanya saya tidak menemukan postingan khusus mengenai tragedi di Roswell ya ? sebenarnya apa sih yang jatuh di Roswell itu ?
    Terus bahas dong tentang AREA 51. apa sih yang disimpan disitu itu ? Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  15. menurut perasaan saya "mungkin" para alien sedang mengintai kekuatan tempur bumi kalo mereka anggap mereka sudah cukup kuat meraka munking akan menyerang

    ReplyDelete
  16. blh lah kisah ini mantap jempol buat enigma... wkekekeekkeke

    ReplyDelete
  17. gila keren banget artikelnya bozz,
    :D :D

    http://www.bagollum.com

    ReplyDelete
  18. @anonymous di atas :
    Kayaknya bukan cuma negara maju kok yg disinggahi Aliens. Pilot2 AU Mexico pernah kejar2an sama pesawat2 aliens. Ada tuh beritanya di youtube dlm bentuk wawancara para pilot dgn TV nasional Mexico. Mexico kan sama aja berkembangnya kayak Indonesia.

    ReplyDelete
  19. Bung E, bisa jadi kejatuhan di roswell itu hanya lah sebuah "insiden" buatan untuk meghentikan rumor panas ufo tersebut??
    seingat saya dulu entah di L.A juga ada penampakan ufo dengan ukuran masif!!
    lucunya untuk menutup antusias publik gubernurnya malah mendatangkan seorang pria berkostum untuk hal yg saya sebutkan tadi...
    bisa jadi bukan..??
    ketika mulai meluas, jawaban saya simpel, "anda tau Amerika itu bagaimana, kan??"

    @Bunkjepret

    ReplyDelete
  20. Artikelnya keren bung. Tpi kok cma ada sdikit penjelasan di postingan "UFO dan Alien dalam sejarah manusia'' tambahin lgi dong inform nya. Pengen tau lbh. Thnks

    ReplyDelete