Wednesday, September 9, 2009

Planet X, Nibiru dan hubungannya dengan kiamat 2012

Baru-baru ini saya mendapat pertanyaan mengenai ramalan suku maya dan tahun 2012. Di kesempatan lain, saya ditanya soal Nibiru dan hubungannya dengan tahun 2012. Jadi saya memutuskan untuk memposting tulisan mengenai topik ini. Dalam 3 tahun ini, saya yakin kita akan sering mendengar soal topik ini disinggung.

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan langsung bercerita soal kalender suku Maya. Saya hanya akan membahas soal Planet X, Nibiru dan hubungannya dengan tahun 2012. Menurut saya untuk memahami hubungan kalender suku Maya dengan tahun 2012, kita harus memahami konsep Planet X dan Nibiru terlebih dahulu. Soal kalender Maya akan saya tulis di post yang lain.

Untuk mempermudah penjelasan, saya akan menulisnya dalam urutan kronologi waktu. Mungkin tulisan ini tidak ada unsur misterinya karena memang cuma untuk menambah pengetahuan. Walaupun saya ingin membahasnya dengan singkat, namun kelihatannya tulisan ini cukup panjang juga (maaf).

Periode Pembentukan Konsep Planet X, Nibiru dan Kiamat 2012

Kita mulai dari tahun 1846.
Pada tanggal 30 September 1846, satu minggu setelah planet Neptunus ditemukan, seorang ahli matematika Perancis bernama Le Verrie mengumumkan kemungkinan masih adanya planet lain di tata surya kita yang belum ditemukan. Ia menggunakan teori mekanika Newton untuk mengukur gangguan orbital Neptunus dan menyimpulkan bahwa gangguan ini pastilah disebabkan oleh gaya gravitasi planet lain.

Pada 10 Oktober tahun yang sama, Triton, bulannya Neptunus ditemukan. Dengan penemuan Triton, maka para astronom dapat menghitung kembali massa planet Neptunus. Namun diluar perkiraan mereka, mereka menemukan massa Neptunus lebih besar 2% dari yang diperkirakan. Perhitungan ini sudah memasukkan pengaruh gravitasi Uranus. Bahkan ketika pluto ditemukan pada tahun 1930, para ilmuwan menyimpulkan bahwa pluto tidak cukup besar untuk mempengaruhi massa Neptunus.

Jadi astronom kembali berusaha mencari planet lain yang dianggap bertanggung jawab atas gangguan massa Neptunus.

Planet lain yang belum ditemukan itulah yang disebut planet X. Jadi planet X sesungguhnya adalah sebuah penyebutan planet yang dipercaya ada, namun belum ditemukan. Konsep ini sesungguhnya telah ada sejak tahun 1840an. Bukan sesuatu yang baru.

Misteri anomali massa Neptunus terus bertahan hingga tahun 1980.

Tahun 1966
Michael D. Coe, seorang peneliti dan penulis mulai mempopulerkan konsep kiamat 21 Desember 2012 yang didasarkan pada perhitungan kalender suku Maya. Konsep Michael D Coe terus dikutip oleh banyak penulis hingga tahun 1990an.

Tahun 1976.
Sebuah buku kontroversi berjudul "The twelfth Planet" diluncurkan oleh Zecharia Sitchin. Dalam bukunya, Sitchin menginterpretasikan kembali tulisan Sumeria kuno yang telah berumur 6.000 tahun dengan mengganti nama dewa-dewa Sumeria dengan nama-nama planet hipotetis.

Menurut Sitchin, pada masa sebelum ada planet bumi, ada sebuah planet yang bernama Tiamat yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Suatu hari orbit Tiamat dimasuki planet raksasa lainnya yang besarnya sekitar 20 kali Jupiter. Planet ini bernama Nibiru. Nibiru sendiri berarti "tempat persimpangan" atau "tempat terjadinya transisi".

Perjumpaan ini menyebabkan Tiamat bertabrakan dengan salah satu bulan Nibiru. Pecahan dari tabrakan ini menyebabkan terbentuknya planet Bumi.

Menurut Sitchin, Nibiru adalah tempat berdiamnya satu ras alien yang bernama Annunaki yang memiliki periode orbit 3.630 tahun mengelilingi matahari. Annunaki yang selamat dari tabrakan itu kemudian datang ke bumi. Lalu ceritanya berkembang. Annunaki konon katanya memodifikasi genetika primata di bumi dengan cara mencampurnya dengan gen mereka sendiri untuk menciptakan homo sapiens (manusia) sebagai budak mereka.

Ketika Annunaki meninggalkan bumi, mereka membiarkan manusia (yang merupakan primata hasil modifikasi genetika) memerintah bumi hingga mereka datang kembali ke bumi.


Para pengikut Sitchin kemudian mengambil konsep dan istilah planet X untuk menggambarkan planet Nibiru. Bagi mereka Planet X yang sedang dicari-cari sesungguhnya adalah Nibiru.

Inilah pertemuan pertama antara konsep Planet X dan Nibiru.

Para pengikut Sitchin kemudian juga menghubungkan kedatangan kembali Nibiru dengan perhitungan kiamat kalender suku Maya. Mereka kemudian menyimpulkan bahwa Planet Nibiru akan masuk ke orbit bumi pada tanggal 21 Desember 2012.

Ingat bahwa gravitasi planet akan mempengaruhi planet lain yang didekatnya. Nibiru yang disebut memiliki besar 20 kali Jupiter dipastikan akan membawa kehancuran bagi planet bumi.

Sekarang Planet X, Nibiru dan kiamat 2012 sudah terhubung.

Timbul tenggelamnya konsep Nibiru dan kiamat 2012

Tahun 1980an.
NASA mengumumkan bahwa anomali massa Neptunus ternyata adalah sebuah kesalahan pada data observasi. Setelah data tersebut diperbaiki, maka tidak lagi ditemukan kesalahan orbital. Misteri yang bertahan sejak 1840an terpecahkan.

Wacana Nibiru dan kiamat 2012 mulai tenggelam perlahan-lahan.

Tahun 1983
Headline media-media menulis bahwa dua astonom bernama Neugebauer dan Houck menemukan sebuah planet yang seukuran Jupiter melanglang buana di antariksa sekitar 2 miliar kilometer dari matahari.

Orang-orang mulai bertanya-tanya, apakah ini mungkin tanda keberadaan Nibiru.

Namun ternyata media salah ! Neugebauer dan Houck hanya mengatakan bahwa mereka menemukan ketidakberaturan dalam spektrum infrared. Ini bisa berarti apa saja, mulai dari sebuah planet hingga sebuah galaksi.

Tidak berapa lama, kedua astronom tersebut mengkonfirmasi bahwa temuan mereka menunjukkan adanya sebuah galaksi (Ultra luminous infrared galaxies - ULIRGs), bukan planet. ULIRGs adalah tempat dimana bintang-bintang lahir.

Tahun 1994.
Seorang peneliti dan astrolog bernama John Major Jenkins menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Tzolkin : Visionary Perspectives and Calender Studies"

Dalam bukunya ia menafsirkan arti periode-periode kalender Maya. Bukan sesuatu yang baru, namun Jenkins kembali mempopulerkan konsep kalender maya yang telah dipopulerkan sebelumnya oleh Michael D Coe. Jenkins dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam penyebaran kembali konsep kiamat 2012.

Kiamat 2012 kembali mendapat perhatian dunia, didorong oleh publikasi buku Jenkins.

Tahun 1995
Seorang paranormal bernama Nancy Lieder mengklaim bahwa ia diperingatkan oleh suatu ras alien yang tinggal di sebuah planet yang terletak di sistem planet Zeta Reticuli bahwa Nibiru akan menghancurkan bumi pada Mei 2003.

Tahun 2003
Ramalan Nancy Lieder meleset. Mei 2003, dunia tidak kiamat. Nancy Lieder mengkoreksi ramalannya menjadi tahun 2012.

Tahun 2005
Nasa mengumumkan bahwa pada tanggal 21 Oktober 2003 sebelumnya telah ditemukan sebuah planet baru kesepuluh yang diberi nama Eris. Orang-orang segera mengasosiasikannya dengan Nibiru.

April 2006
Arti kata Planet didefinisikan ulang. Berdasar pada definisi baru ini, Eris masuk kedalam kategori planet mini bersama Pluto. Lagipula karakter Eris sangat jauh dari Nibiru. Periode orbit Eris hanya 556,7 tahun.

Tahun 2007 - sekarang
Konsep kiamat 2012 kembali dihidupkan oleh beberapa buku populer. Namun kali ini, Nibiru bukan dianggap sebagai penyebab kiamat, melainkan badai matahari (solar maximum). Nibiru hanya menjadi wacana sampingan, tertutup oleh popularitas badai matahari.

Kesimpulan
Sekarang pertanyaannya, bisakah kita mengatakan konsep Nibiru dan kiamat 2012 sebagai hoax ?

Jawabannya tidak !

Konsep nibiru dan kiamat 2012 adalah sebuah penafsiran atas catatan-catatan kuno oleh seorang peneliti. Kita tidak pernah bisa menyebut penafsiran sebagai hoax. Hoax adalah sebuah kebohongan yang disengaja dan ditujukan untuk olok-olok atau untuk keuntungan tertentu. Sitchin tidak pernah bermaksud untuk membuat olok-olok. Ia sangat meyakini apa yang dikatakannya.

Yang bisa kita sebut hoax adalah klaim bahwa Planet Nibiru telah ditemukan oleh
NASA. NASA telah menyangkalnya. Namun entah kenapa para pengikut Sitchin tidak pernah mau menerima penyangkalan NASA.

Jika anda bertanya kepada saya, apakah saya mempercayai bahwa planet Nibiru akan menghampiri bumi pada tanggal 21 Desember 2012.

Jawabannya adalah : saya tidak percaya ! bahkan saya tidak percaya satupun konsep dan teori yang ditulis di buku Sitchin.

Tapi apa yang saya percayai tidak harus anda percayai juga. Peganglah apa yang anda percayai. Saya tidak akan mendebatnya.

(wikipedia, xfacts.com)


Update :

Oh ya, saya sudah menulis soal penjelasan kalender maya. Kalian mungkin tertarik membacanya juga. Klik disini.


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

193 comments:

Ms. Erantzo said...

Hmmm...jadi begitu ya, thanks bro, jadi nambah pengetahuannya hehehe...bagus bro, segera posting mengenai kalender maya ya...

Anonymous said...

Yup, gak percaya ama teory, saya cuma percaya sama kepercayaan saya

Anonymous said...

kpn2 tolong posting tentang 'the taos hum' ya.. thnks.

hakam said...

emang isu kiamat banyak bro selain 2003 sama 2012 pernah juga tahun 1999, apakah yang 2012 bakal meleset ramalan nya?? semoga saja iya..

Anonymous said...

Bikin topik yang gak usah pake itung2an ajalah, agak susah nangkapnya hehehe

Anonymous said...

Keren bgt....hal hal yang berbau konspirasi memang menarik untuk dibahas..dan saya juga gak percaya tentang konsep kiamat 2012...I just Believe on the God...

Anonymous said...

lalu hubungannya dengan crop circle yang sering anda posting,gimana mister enigma? bahkan ada beberapa yang persis dengan karakteristik seni bangsa maya atau sumeria...????

ryan said...

bagaimana dengan perubahan kutub bumi saat didekati planet X, mungkin ini yang akan menyebabkan musibah (bukan kiamat) 2012 nanti,, katanya planet saturnus dan uranus sudah berubah kutubnya.

Anonymous said...

brarti sitchin gg beragama tuh.....
masa katanya manusia dr alien......

Anonymous said...

. ihh sRem jdii pngen tobat cZ banyak dosa niih . . huft :(

qarrobin said...

thanks bro share nya

kalo manusia dari Alien, ada film nya...lupa judulnya

ga percaya deh kiamat 2012, buktinya ga ngeyakinin

kalo badai matahari, ada di film knowing

hariyanto said...

Belajar ttg angkasa luar memang menarik; apalagi ditampilkan gambar-gambarnya yang indah.....tetapi sejauh ini planet tersebut berjalan dengan sangat teratur; walaupun teori bi ng bang diakui saat ini tetapi tumburan antar planet masih misteri. Tapi salut tulisannya....menarik dan informatif....

aLdycHarMing said...

Aneh2 aja ya si stitchin, masa ada sih planet kyk gitu? orbitnya juga aneh lagi.

khai said...

saya stuju ngam laman blog awk..hanya tuhan yg maha esa mengetahui segalanya...thanks bro for your information

APA ARTI SEBUAH NAMA said...

wah... da planet baru yang mulai hangat dibicarakan. satelit indonesia mulai menangkap objek baru yang mereka sebut planet NIUNGU, bahkan ga cuma satu! ada NIMERAH, NIJINGGA, NIKUNING, ada lima kl ga salah. planet terakhir yaitu NIBOONGAN DOANK!!!

thisismeliana said...

Mantep bro! Aku suka bacaannya! Gw juga rada gk percaya ama Kiamat 2012.. Hehehe

Anonymous said...

hemh...menurut g..i.A kiamat 2012 itu gada!!cz blm ada tuh org yg bagi2in emas didunia ini...

Anonymous said...

nice info gan, Izin Copy gan ada beberapa yang menarik.

MOH. Aris Taufik said...

aku juga gak percaya bro..
bukankah ada Andrew Carlssin yang mengaku berasal dari tahun 2256, dan dia dapat membuktikan kalau dirinya itu dari masa depan..

kalian bisa mengerti yang aku maksud kan..

Ilmal Yakin said...

sy sependapat dengan mas enigma, gk usah pusing2 deh mikirin kiamat, semua itu adalah rahasia Tuhan yang kita manusia gk mungkin bisa mengetahuinya, b.t.w postingan nya sangat menarik, thanks for the info

Nuril said...

nggak ada kiamat 2012 itu, semuanya bohong

dianarifiani.blogspot.com

Anonymous said...

mantep dah... btw peneliti skrg pintar2 bgt ya... bisa ramalin kiamat lagi :p

Yukichan said...

menurutku kok, ttg nibiru dan sebagainya itu cuma karangan doang..jadi mungkin si sitchin itu memang meneliti2 ttg hal itu dan karena terlalu menggebu2, ia jadi menciptakan suatu cerita yang berdasarkan 'dugaan yang ia yakini'. Kenapa bisa nyambung? Hal itu dikarenakan ia telah mempelajari nya dulu, dan tinggal masukin karangannya di bagian2 bolong dari penelitian dia

deeeuuuh--ini cuma pemikiran ku doang XD mau coba sok tau..hehe

Anonymous said...

Sudah berpuluh - puluh tahun semenjak foto pertama Bumi dari luar angkasa diterbitkan, namun masih ada orang yang mempercayai bahwa bumi itu datar hingga abad 21 sekarag ini, mohon bang enigma memberikan pencerahannya, terima kasih !!

Anonymous said...

artikel menarik bgt! tapi lebih menarik lagi yg pada komen, masa' nungguin ada yg mau bagi2in emas? gila tuh orang :D (tapi kalo ada bilang gw yach!).

Anonymous said...

Wow !!! gue bener-bener terperanjat !! ternyata ada seorang anak bangsa yang bisa ngejelasin iptek gak kalah sama orang luar !!! Thx's bro !! paparannya detil bngt n gak bosenin ... ilmiah ... dan logik bngt !!! sekali lagi ... bravo !!! Maju terus !!!

Anonymous said...

Rahasia Alloh g mungkin semudah itu terungkap oleh teori2 manusia....
yang penting jalani hidup sebaik mungkin

wawan said...

setuju aku juga ga percaya ama teori teori so tau orang orang itu semua ALLoh SWT yg aku percaya bukan manusia yg pengetahuannya hanya setitik ...

agus Hartoni said...

tidak usah khawatir semua itu hanya gambaran soal teknologi pemikiran manusia, semua ada hikmahnya jangan terlalu dipikir, pada tahun tersebut
akan terjadi............ apalah gitu..... kalau saya berpikir pada tahun tersebut saya sukses besar apa yang saya inginkan terlaksana uang melimpah mobil lima , rumah lima belas dan lain lainnya, hanya istri satu aja dan anak dua, makanya kita harus sadar dan intropeksi diri...sadar akan diri kita sadar akan likungan sekitar.... jangan mentang - mentang kita yang kuasa, yang maha kuasa masih ada seenaknya aja kita berbuat merusak lingkunganlah,membuang limbah / kotoran, jalani hidup dengan baik.

Anonymous said...

tanya aja sama paramal cilik si Cinta anaknya si Uya yang acaranya sering nongol di SCTV, pasti ramalannya tepat ada apa sih di masa depan nanti, he..he..

nanie said...

artikel na bagus banget,,
thnx wat infona yua..
jadi lbih tau banya tentang planet biru n desas desus kiamatnya,,,,,

Anonymous said...

agak bingung sih.. tapi bagus juga buat nambah pengetahuan. tapi, emang bener ya kalender maya dan planet nibiru tuh ada ? apa ini hanya sebuah khayalan seseorang saja mungkin.. but, keep posting, kalo bisa jadiin cerpen atau novel sekalian, biar seru..hehehe...

Gilang said...

...sobat kiamat tu bisa jdi kpan ja., ga' bakal da yg bsa memajukan/memundurkan'y 1 mnt saja. Tuhan tu maha tahu dan maha berkehendak. juga maha pengasih...' maka'y qta hrus tobat man .... qta ga' usah tkut ma kiamat yg perlu qta tkutin tu dah baik lum ibadah qta, intropeksi tu perlu .. orang yg hri ni amal'y lbih jlek dri kmrin tu orang yg rugi...... yg amal hri ni sma dg kmarin tu orang yg tertpu...... yg amal'y lbh baek dr kmrin .......na tu yg plng bruntung........ key

CassaNova said...

hiiiii..... ngeri mas enigma.... >.<
tapi keren...
posting tentang crop circle lagi donk mas enigma... koq di indonesia gk ada crop circle sih mas enigma???

Anonymous said...

sblmnya makasi atas infonya....

tapi ada yang saya g ngerti...knapa nibiru tidak masuk k sistem tata surya kita???? terus knapa disebut planet X, bukannya sebutan planet X itu buat pplanet yang tidak dikutahui????

mohon dijelaskan!

Tri romdhoni said...

Sudahlah jangan meributkan pepesan kosong.Cukup kita mempersiapkan diri kita masing2 sebagai mahluk yg beragama.Jangan mempermasalahkan kiamat akan terjadi pada 2012,karena itu musrik.Nabi muhammad saw pun tidak tahu kapan terjadinya kiamat,kenapa kita sbg manusia terlalu membesar2kan isu palsu ini!

angga said...

hanya allah lah yang mengetahuinya
dan hanya orang berimanlah yang tetap percaya semua itu hanya lah kehendak allah S.W.T

Bobbi said...

Cepat lambat manusia akan mati jg.....Kiamat gak kiamat sama aja dah kyknya.... ujung2nya kt jg mati kok.... ^ ^

yudi said...

bagus bro..... saya menyukai posting anda.... terus berposting bro... sukses selalu..... GBU

Anonymous said...

Hanya ber bagi Ilmu mengenai ''KIAMAT''

KIAMAT terjadi pada hari JUM'AT

Rasulullah SAW Bersabda.....
"Hari Jumat itu Sayyidul Ayyam (Tuan dr segala Hari) dn hari yg paling mulia di antara hari2 lain di sisi allah.Di sisinya hari jumat lebih besar dari pada hari IDUL ADHA dn IDUL FITRI...Padanya (hari JUMAT) akan terjadi 5 kejadian penting..
1 .padanya ALLAH mnurunkn adam ke bumi
2 .Padanya ALLAH mewafatkan Adam
3 .padanya terdapat satu wktu bila seorang hamba memohon sesuatu kpd ALLAH pasti dikabulkan
4 .DAN PADANYA BAKAL TERJADI KIAMAT
5 .Malikat.langit.bumi.angin.gunung dn pepohonan itu semua takut pada hari jumat...

Sumber hadis sya bca pda buku ''Keajaiban Hari Jumat''............

semoga brmanfaat bgi teman2 smua.....

Anonymous said...

sooner or later namanya kiamat tuh pasti datang, biarpun kita GAK TAU kapan waktunya...
1 aja pertanyaan : .... SIAP gak dengan datangnya hari itu..??

Anonymous said...

saya ga percaya 2012 kiamat karena planet nibiru, solar system, pergeseran bumi dll..
tapi saya lebih percaya bahwa 2012 adalah akhir masehi, entah itu ada nabi baru, datangnya dajjal, suksesnya new world order.

Anonymous said...

saya ga percaya ma kiamat 2012 karena itu semua teori orang gila yg hanya membuat orang awam panik dan bingung

iplogodesign said...

cerdas, itu kesan yang poe dapet waktu baca artikel ini. yup, percaya aja apa yang lo yakinin..

salam kenal

Anonymous said...

Aq g percaya kalau 2012 adalah kiamat
yang aq g lebih percaya lagi ada orang yang mengatakan klo hari JUMAT ADALAH KIAMAT

nifan said...

apakah ada kaitannya freemasonry tentang 2012???
atau kaitanya tentang illuminate corporate....
apakah ada kaitanyya terhadap kelompok rahasia ini???
mohon pencerahannya bang enigma.....
thnks....

nay said...

jd nambah ilmu saya ne ...
thx yy ,,,
saya juga seperti anda, tdk mempercayai it sm sekali,,,,

mey said...

abzza said...
hahaha...semuanya kan hanya perkiraan manusia, nga ada satu orang pun yang tahu kapan dunia ini akan berakhir.
semuanya hanya Tuhan yang tahu.
manusia hanya mengira-ngira tapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya.

Soripada said...

Tamba :
Menurut saya, kalau pun 2012 terjadi bencana akibat gejala alam, itu bukan ahir dari kehidupan di bumi. Bahkan menurut ramalan saya, justru bencana yang lebih besar masih akan datang pada beberapa tahun berikutnya (2033), itu pun juga bukan merupakan akhir kehidupan di bumi. Tetapi di atas semuanya itu, hanya Tuhan yang punya kuasa.

meyy said...

tamba betull...
ngga ada satu orang pun yang tahu kapan kiamat akan datang..


ngapain pusing mikirin kiamat??

arief.wara said...

ya tinggal liat aja ntar, jalanin hidup sebaik baiknya aja, g perlu percaya, kalo udah waktunya mati ya mati aja, g perlu kiamat segala kan, lagian kalo matinya rame rame, ya gak masyalah,

- enjoy your life, prepare for your life after die

Anonymous said...

Kiamat itu ditangan Allah.kita tak boleh percaya mende ni semua.hanya Allah saja yang tahu bilakah kiamat.

Allah maha besar

increase your traffic with klikrar said...

Udah liat tuh planet blum ya?? kan dah deket nih 2012, udah ada yang menemukan keberadaannya (dengan sebenar-benarnya?)

Andre said...

Kenapa kalian percaya dengan kata2 yang orang yg tidak bijak, percaya kepada Tuhan saja... jangan percaya Kpada orang yang hanya bisa bicara saja dan tanpa menunjukkan bukti yang pasti...

Jika benar 2012 akan kiamat apakah ada buktinya ??

jawab ya jangan mengelak...!!!

Anonymous said...

Tidak ada salahny jika qta berjaga-jaga bkn??
Alkitab sendiri pun pernah mengatakan berjaga-jagalah sebab kita tidak pernah tw kpn datangny hari itu

Makany jadilah manusia sebaik mgkn cz emg bencana alam makin lama makin byk

alam semesta enggan bersahabat dgn qta krn qta terlalu mengabaikan alam.

Anonymous said...

menarik jga britanya. . .
klo bsa lbih dprjelas ttg suku maya nya biar tmbah menarik. . .wa pnasaran ttg suku maya???

Anonymous said...

emmm...bnr2....sya jg gak pcya tpi bleh lah bwt nambh pengetahuan

Anonymous said...

wah wah wah.... tambah susah memahami tentang planet X/Nibiru karena blog misteri hawkson memuat isi yang cukup masuk akal tertapi memilik isi yang sangat berbeda tolong penjelasannya


Thx.....

Anonymous said...

thanks..
wah jadi tmbh pngetehauna neeehhhh...v pngen lebih lengkap dunk biar lebih tau

Anonymous said...

Ciri-ciri tanda Kiamat yang ada dalam al-Qur'an:
1. semua langit di bumi ini berubah menjadi hitam pekat
2. lalu tak ada yang tau bahwa tanda2 no 1 itu adalah untuk memutar balikan rotasi bumi, sehingga matahari terbit di barat
3. turunnya dajjal bermata 1
4. turunnya nabi Isa a.s
5. adanya Imam al Mahdi
6. adanya Yajjuj dan Majjuj (entah itu suku atau hewan pamakan manusia)

Anonymous said...

ah. pda ngawur u... kya pda tau mau kiamat aja, teori blum tentu bnar... kl allah mw akan terjadi kiamat ga mesti 2012, jum'at bsok jga bisa... jangan gila dong....

Anonymous said...

aku pernah dapaet informasi dari temen, katanya dia pernah buka di satu situs dan katanta NASA udah tau nibiru bakal dateng makanya dia udah persiapin semuanya buat kiamat dan katanya NASA udah buat tempat buat berlindung waktu kiamat dan tempatnya ada di bawah tanah. dan aku juga pernah dapet informasi dari kakak sepupuku kalo di masa depan wujud kita berubah karna faktor dari gas apa gt yang buat wujud kita berubah meyerupai alien, dan di masa depan orang2 bebas menggunakan mesin waktu, sampai ada alien yang datang ke bumi waktu itu diperkirakan itu adalah manusia dimasa depan yang ingin melihat sanak saudaranya, itu benar apa engga sih? thanks

Edi said...

Konsep manusia "diciptakan" oleh Alien Annunaki sempat menarik perhatian saya (seandainya tidak dihubung2kan dengan agama loh)....

Pengetahuan ini sangat menarik, salut buat postingnya ... keep on doing good work, good posting .... Thanks....

Anonymous said...

Nasa yang sebelumnya membantah Nibiru tidak ada akhirnya mengakui bahwa nibiru ada tapi tidak membahayakan.. kalo memang tidak membahayakan, kenapa mesti di sembunyikan? Tanda Tanya bro..

Setiawan said...

saya dapet cerita dari guru saya, bahwa yang menyebabkan air bah pada zaman nabi nuh adalah planet nibiru

Anonymous said...

sains tidak bertentangan dengan agama kok malah sejalan.... banyak kata2 dari agamaku yang dulunya dibantah sains tapi setelah diteliti lebih lanjut sains modern membenarkan dan meralat teori nya yang lama... agama apa itu yg bertentangan dengan sains??? jadi bingung agamanya bener gak ya?...
thanx infonya ya bro... nibiru nya seru juga dibuat cerita

Anonymous said...

hanya Allah yang mengetahui kapan kiamat besar akan terjadi,Reinfocement Nibiru,ZNT mungkin bukan kiamat besar. tetapi kiamat kepada satu bangsa saja.

hit girl said...

saya tidak percaya kalau planet nibiru ini akan menyebabkan kiamat, karena yang menentukan kiamat hanya Tuhan, tapi saya percaya ada kehidupan di planet nibiru yang ingin memperbudak manusia, saya pernah denger ini dari teman saya, karena sudah ada beberapa kejadian yang membuktikan. Saya percaya di planet nibiru ada kehidupan pun karena ada seseorang yang saya percaya pernah melihat makhluk luar angkasa.

maz said...

tiada kiamat yang bisa diketahui sebelumnya.semua hanya ungkapan bahwa manusia sangat lemah didalam sistim tata surya.

Anonymous said...

wah saya tidak percaya,masa allah mau membuat kiamat.. manusia harus tersiksa dengan perasaan takut selama 2 tahun....menunggu kiamat....
ALLAH MAHA adil....mungkin mau menuntut agar manusia dapat memiliki ilmu yg lebih tinggi lagi,
sehingga mampu untuk,mengatasi hal ini,atau perasaan untuk tetap percaya dan berpedoman pada al-qur'an....

agung said...

owh..makasi atas penjelasnnya tpi skrng saya mo tanya...planet NIBIRU itu sbnrnya ada penghuninya apa tidak

Anonymous said...

kk enigma...tolong donk plisss,,,bahas tentang zecharia sitchin dan jelaila yang katanya seorang nibiruans(bangsa nibiru) donk....(coba deh liat videonya aja di youtube....keywordnya jelaila..)tolong ya kk enigma,,soalnya aku gk tau lagi nyari infonya dari mana.. :D

setiawan said...

yg tau kiamat cuma tuhan, kita ini hanya manusia biasa, ya kita cuma bisa pasrah aj lah, kan kita gak yau kapan kiamat datang, bisa jadi hari ini, besok, atau tahun depan

dewi said...

tak mungkin lah !!!! kiamat tak da yg tau ...
hnya tuhan yg tau semua yg akan trjdi cuy !!!!!!
jdi gk usah ngarang cerita

Anonymous said...

Wallahu alam...
Allah maha kuasa atas segala sesuatu ...
Kembali ke jalan yang benar ... itu langkah yang tepat ... gmn bro ...?

.thaiianx abby,, said...

.haddouh, ayo kawan mari kita semua jd orang yang baik..biar selamat,,
.salam gardu jati..

Anonymous said...

Aw...aw...aw... d'>.<'b sprt biasa na article yg d bkin mz enigma ene bkin qt kek nahan nfas awl na & ngos"an akhr na...ciakakak

tp q cm jlzin guyz qt d sni u/ brbagi ilmu & bkn na mw ngbnding"in sains dgn agma yg Xan anut ato kprcya'an/pndpat prbadi msing" indvidu... ^^ so....
"open ur mind & try to respect another reason"...y g' mz?! ^_^v

ICARUS

regha said...

klo kiamat gw gak percaya, tpi klo keberadan planet nibiru mungkin ada... ni pendapat ane, cuma menghubung2kan aja.... kan ada tu istilah langit ke tujuh contoh di islam ada isra miraj.... planet bumi kan planet ke3 trus ktany planet nibiru ke 10, jadi pas kan selisih 7...
menurut saya bangsa annunaki tu bangsa malaikat. yang katanya mencampur gen pribumi sama mereka... kesalahanny bngsa anunaki bukan pencipta manusia, tapi bisa dianalogikan bahwa tuhan yg menciptakan, dan kebetulan malaikat selalu dekat dengan manusia,

atau mungkin bngsa anunaki adalh kita (manusia), katany bangsa anunaki turun dari langit, adam sama hawa bisa di bilang turun dari langit,
trus bangsa anunaki menciptakan manusai, ....adam bisa dibilang menciptakan manusia, dengan melahirkan anak2nya yatu kita2 ini...
trus knpa adam yg cuma 1 makluk disbut sebagai bangsa??? karena mungkin saat itu malaikat ny berbentuk manusia (seperti yg sering diceritakan) jadi seolah2 bnyak, kemudian mereka menyebutny suatu bangsa.

jadi sepertinya ada kesalahan pencatatan oleh bangsa sumeria, atau mungkin memang sengaja dibuat salah.

ktanya DNA anunaki di campur sama DNA neandertal. ya hal itu bisa terjadi,... homo erctus, neandertal dll mang ad, dan dia bukan golongan manusia (annunaki), bisa aj klo ada manusia yang kawin silang sama homo erctus... ya kaya jaman sekarang aj, banyak kan yang kawin sama binatang.

nah mungkin bangsa sumeria inilah keturunan manusia dan neandertal, makany dia nulis seperti itu. Bentuk wajah mereka juga agak mirip orang purba hahahaha pis pis

regha said...

oia knpa saya gak percaya kiamat 2012... ya gamapng aja si, 3600 taun yg lalu saya cari dimana2, gak ada musibah yg besar ya, tapi memang ad musibah penyakit skitar taun itu, (sumberny lupa, udah lama)
trus yg kedua, kalo seandaikan akan bertabrakan, seharusnya planet nibiru sudah terlihat di galaksi kita, kan gak mungkin tiba2 nongol dalam sekejab

mmm mungkin 3600 itu siklus jaman baru, soalnya pas saya hitung2 nabi adam turun kira2 7600 tahun yg lalu, dan menurut plato cerita atlantis ada sekitar 9000SM.... itu berarti perkiraan 10800 tahun yang lalu.... klo siklus ini saya lebih percaya, anak2 indigo juga baru pada muncul, yang katanya akan memimpin di jaman yg baru, yaitu setelah 2012

Lutfi ahmad faisal said...

!!!!!percaya nggk percaya kiamat bkal trjadi tahun 2012 nggk jadi soal,tergantung keimanan kta msing2.namun kiamat itu nyata dan psti terjadi broo....berserah diri kepada allah.swt adalah lngkh terbaik bagi kta semua.thank's ya bro nambah pengetahun nieeh......

Anonymous said...

Kiamat terjadi setiap saat: sel mati dan berganti sel baru, itu bentuk kiamat.

Anonymous said...

biar kiamat yang penting HEPI

waduuh maw kiamat aj do edan semua
santai donk bro
asal km banyak beribadah agar masuk surga
gitu aj kok repot
KOPLAK....

waaahaaaahaahaaahahahahahahahhaaaaaaaaaaa

Anonymous said...

Allah yang maha Tau...
Qt mnusia hanya bisa berfikir ,, yang hanya dberikan ilmu sdikit saja,,

kembali pada AL-qur'an dan al-hadist rasulullah..

wallahualam...

aulia said...

keberadaan planet nibiru hanya isapan jempol belaka,sitchin dan nancy lieder memiliki imajinasi yang sangat berbahaya. thanks....

Anonymous said...

NASA MENYANGKAL KARNA TIDAK INGIN MEMBUAT DUNIA PANIK,KARNA AKAN MENYEBAKAN SEGALA ASPEK EKONOMI DUNIA TERGANGGU,JANGAN LANGSUNG MEMBANTAH PERNYATAAN YG ADA,SETIDAKNYA KALIAN HARUS PERSIAPKAN DIRI SEDINI MUNGKIN,JANGAN SAMPAI KALIAN SADAR SAAT BENCANA ITU TELAH TERJADI DAN MENYESAL KARNA TERLENA DENGAN KEHIDUPAN SAAT INI!!!

Saya, atau.... lebih baik panggil SmokingWolf said...

ehm? what? lebih baik siap2 aja dulu! lagipula saya berpikir, apa anehnya sih, jika ada planet yg mau menabrak bumi? apa anehnya sih, jika ada kehidupan lain? apa anehnya sih, ada orang yg meramalkan kiamat?
biasa saja!

Anonymous said...

AAAALAH TEORI2 GILA ITU DI PERCAYYAIN SESUNGGUHNYA PERCAYA KPD ALLAH SWT JGN PERCAYA KPD ORG GILA ITU KLO DI PERCAYAIN DOSA KARNA TELAH MENDAHULUKAN ALLAH YO KWN JGN TAKUT YA !!!!!!!

uahiiu poesthree said...

emh percaya sma ALLAH aj .
coss smua it ada krna ALLAH .
ALLAH it MAHA SEMPURNA .
malaikat aj blum tau kiamat kpant kalo ga d perintah sma ALLAH .
jd kuatt'kn iman x'an yya :)

Anonymous said...

jangan percya kiamat thn 2012 yg tau kiamat tu cuman tuhan yang maha esa

NYEN DADI.......! said...

PLANET NIBIRU JANGAN NABRAK BUMI KITA DOUNG...................!

Sumonggo said...

di kasih lampu merah ja biar planet nibiru g jadi nabrak bumi hehehe.
salm kenal dari saya..

Eman said...

terimakasih atas ilmunya semoga Alloh memberkati dan merahmati anda

Anindya said...

gk ada manusia yg bisa meramal tentang kiamat meski bagi anda betul

retno said...

emang sich,,sebenarnya kita tidak perlu percaya kepada ramalan buku maya yang di sebut tidak nyata

Anonymous said...

Spertinya gak ada yang bilang kiamat deh, tapi kalo ada bencana besar yang bisa mbunuh banyak orang kan bisa aja terjadi, bumi udah ada sejak jutaan taun yang lalu, dan musnahnya manusia maupun hewan dalam skala besar kan jg sudah terjadi, jadi menurutku waspada ajalah kalo kita hidup berdampingan dengan alam, tapi kalo nggak ya trima aja kalo mau mati xixixixi

dicky said...

coba baca suku dogon, misteri kebudayaan tua tuh. ada hubungan dengan planet nibiru juga

Anonymous said...

Hai, blog dimana isinya bnyak ilmu untuk dikongsi.. saya tertarik untuk bertanya kepada pemilik blog ini supaya mengkaji tentang yakjuj makjuj.. kita sedia maklum yakjuj makjuj bukan kisah dongeng kerana ianya tercatat di dalam al-quran dan kita umat islam harus mempercayai perkara ghaib.. yakjuj makjuj ini juga terkait dengan kisah zulkarnain yg juga tercatan dalam al quran surah al kafi. sejauh manakah kewujudan perkara ini.. harap saudara dapat mengkaji perkara ini.

felloelektronick said...

apakah benar degn munculny planet nibiru bdampak byk ny musibah atw bencana alam seprti yg tlh trjdi di indonesia dan negara2 lain

Anonymous said...

saya suka komen kesimpulannya. percaya yg saya percaya aja! thax, penulisnya objective nich.. good job n writing. keep it up!

rafika nur azizah said...

hari kiamat itu bukan di tentukan oleh planet" ataupun sejanisnya hari kiamat yang mengetahui hanyalah ALLAH SWT,nabi besar MUHAMMAD SAW pun tidak mengetahui kapan hari kimat itu terjadi.kita hanyalah makhluk yang lemah,tentang ramalan" itu saya pun tidak percaya tentang hari kiamat 2012 itu,Jadi ayolah jangan sia"kan di bumi ini kita hanyalah sementara..................

ashraf IZzudiN(hamba allah yang Hina dan lemah) said...

Allahuakbar..Salam,..I'm Malaysia..selepas saye membace artikel ini,..sye rase seolah diri sye semakin dekat dgn ALlah dan sye rase terhina..saye takut..amaln yg sye buat selame ini tidak d terima...YA Allah ampun kan dosa hambamu ini..Sya..tidak thu ingin mempercayai yg mne satu,,tpi yg pasti..Kiamat atau hari pembalasan akan berlaku..

Anonymous said...

ya saya setuju dengan kata-kata kamu...
kita tak boleh percaya dengan benda-benda mengarut itu...
sesungguhnya kita harus percaya allah yang mengetahui nya...
so jangan terlalu mudah dengan percakapan orang-orang lain...

Dimas Nidjiholic said...

Om kalo di pelajaran fisika saya

Planet yang mempunyai massa lebih kecil dari planet satunya planet itu akan mengorbit pada planet yang mempunyai massa yang lebih besar

contohnya planet kita sama matahari

sedangkan massa matahari 10 kali masa Jupiter berarti kalo begini jadinya kalo nibiru memang benar benar ada, seharusnya matahari dan planet lain mengorbit di NIbiru dong???

apalagi teori alien yang menciptakan manusia it NONSENS
Bullshit
yang menciptakan manusia itu Tuhan kan
wkwkwk

itu pendapat saya

Thx

davaxxcool said...

jika 2012 dunia akan berakhir aku tak kan bisa bertemu dengan teman-teman ku dan pacar ku aku yakin duniaa tak kan berakhir 2012 karna hanya allah swt yg tahu itu nabi muhammmad aja gk tau kapan kiamat gk tau nya besok kiamat minggu depan kalo bulan depan pokok nya dunia masi panjang

Anonymous said...

dlm islam hari kiamat tidk ada sorg pn manusia akn tahu bila tejadinya.......

Fish said...

Ya mungkin saja nibiru ga akan "mampir" kebumi pada 2012, tp entah knapa ya saya agak percaya kl dunia akan berakhir di tahun itu, tp semoga itu ga akan terjadi..karena saya masih kepengen hidup..ha ha ha

chater said...

wah... 2012 pasti tu kayaknya.... dari semua sumber2 peneliti itu kayaknya benar2 terjadi tu.... ngeri ini harus siap2

Anonymous said...

di al-qur'an kan disebutkan tanda2 hari kiamat..
berarti kiamat msh membutuhkan waktu untuk proses diawali dengan tanda2 itu..
klo tanda2nya terlihat sekarang, bukan tidak mungkin 2012 akan terjadi kiamat
allah memusnahkan suku maya juga buku2nya mungkin karena pengetahuan suku maya membahayakan umat manusia di masa mendatang..
dan mungkin, pengetahuan manusia di masa kini juga membahayakan kelangsungan hidup umat lainnya maka bukan tidak mungkin manusia di masa kini juga akan dihancurkan sebagian untuk tetap menjaga rahasia2 kebesaran allah..
wallahu a'lam...

salam kenal..

shadow_freak

Antonio said...

menurut saya Nancy Lieder hanya mencari ketenaran . Dia sudah mengatakan bahwa 2003 kiamat tapi lihat tidak terjadi apa apa kan terus dia bilang 2012 terus nanti salah, ganti 2021 ,salah lagi alasannya meleset !!!! kita hanya kembali ke pda TUHAN jika bbanyak berdoa beribadah . niscaya mau hari ini pun kiamat kita sudah siap

shend said...

sama dng saya mas, saya juga ngga percaya sama satu pun konsep dari sitchin mas, emank sitchin punya bukti otentik klo manusia itu terbuat dri gen yg dimodifikasi alien, hihihihi,,,lucu! yg saya percayai bahwa manusia adalah salah satu ciptaan tuhan yg khusus diciptakan untuk menjadi khalifah di bumi.:)

Anonymous said...

sebelum kiamat korupsi dulu yang banyak...biar gak nyesel...hidup koruptor.....hahaha

Anonymous said...

yang penting mahberibadah mau kiamat 2012 17 68 79 klcukup amal mah

Francis Clay said...

One of the most mind-blowing explanations I’ve ever seen on the topic of Planet Nibiru is from a man named Dr. Scott McQuate. He uses the Sumerian language to go into detail about Planet Nibiru and explains things I’ve never heard anywhere else. He has a fascinating video lecture you can watch at www.PlanetNibiru.us Well worth your time. Peace!

Anonymous said...

Coba liat nti pas 21Des2012 masih ada gak yg posting komen disini hehehe
aya aya wae :-)

Anonymous said...

untung udah beli kapling di planet mars kemarin yang mau bareng berangkat boleh transfer dulu 5JT ke BCA cabang PUSAt No rek:02223-3049985 udah dulu ya mau siap2.thanks

Anonymous said...

Saya memang tidak percaya hal ini dari dulu. Tapi, saya lebih percaya Al Quran. Kitab ini sudah muncul di abad 6 masehi. Begitu saya mencoba mengkaji isinya dan menghafal beberapa surat di dalamnya, banyak terdapat keajaiban di dalamnya yang membuktikan kebenaran Islam dan kerasulan Muhammad. Di dalamnya ada penjelasan batas air tawar dan air asin yang kebenarannya telah terekam di salah satu video yang dibuat oleh National Geographic. Selain itu, ada juga penjelasan tentang terbentuknya bayi manusia dari ovum dan sperma yang telah dibuktikan dengan ilmu biologi. dan, salah satu yang paling ajaib dengan kalimat bahwa gunung adalah paku bumi agar bumi tidak bergerak yang setelah saya pahami dengan ilmu kimia fisik, astronomi, geografi, dan fisika yang saya kuasai terbukti kebenarannya. Manusia yang hidup di abad 6 dengan keberadan ilmu alam dan teknologi masih sangat terbelakang bisa menjelaskan tentang kejadian-kejadian alam yang hanya bisa dipaha oleh para ilmuwan di abad 20 dan seterusnya. Malah, 100% terbukti benar.

sello barra said...

menurut saya sichin hanya meyakini apa yg dia ykini tnpa mlihat kenyataan...
seandainya bumi hasil tabrakan planet. bumi tdk mungkin brbntuk sprti sekrng dan tdk aqan mmiliki inti bumi..
mungkin bumi hnya aqan berbentuk sprti sebuah asteroid...jika bumi mmang hasil tbrakan planet...
nmun bgai mna mungkin ada penjelasan tntang anunaki pindah ke bumi setelah tabrakan...
yg pdahal mnurtnya bumi adalah hasil tabrakan dari kedua planet...
dan mna mungkin di bumi ada kehidupan...padahal bumi adalah hasil tbrakan planet..
dan juga knapa mreka harus ke bumi ..sdangkan planet mreka masih utuh..setelah tbrakan...
hal sprti ini bisa mruntuhkan kprcayaan kita trhdap tuhan...
saya hnya bisa trtawa mndngar pndptnya..
krna saya org isllam ..mungkin inilah knapa kmi umat isllam brbeda dg umat agama lain...
krena kami slalu punya pelindung yaitu allah.dan dy tlah memberikan kami al-qur,an.
yg aqan mnjauhkan kmi dri kebodohan....

Anonymous said...

Boleh sharing ya,..saya tertarik membaca ulasan anda, meski sayangnya kurang mendalam,..dan disayangkan lagi dengan materi dan pemahaman yg sederhana seharusnya anda tidak melontarkan pendapat percaya atau tidak terhadap suatu teori.
Untuk memahami apa yg dikatakan Zecharia Sitchin tidak cukup hanya mengetahui sejarah, tetapi juga pengetahuan yg dalam dan liberal ( non fanatism ) terhadap agama, gnostism termasuk apocryph books serta juga sejarah percaturan politik internasional. Apa yg di tuliskan oleh Zecharia Sitchin bukanlah teori, melainkan terjemahan dari prasasti kuno atau lebih dikenal sebagai Cuneiform Tablet atau Summerian tablet yg usianya bukanlah ribuan tahun melainkan ratusan ribu tahun berdasarkan uji radio carbon.
Percaya atau tidak bukanlah masalah,..tapi faktanya sebagian isi dari summerian tablet tersebut termuat juga dalam kitab2 suci baik kristen maupun islam,..contohnya mengenai Abram atau Abraham atau Ibrahim,..meski dengan nama berbeda tapi kisahnya sama, begitu juga mengenai Nuh dan air bah,..
Intinya,..yg kita anggap firman dan ayat2 suci ternyata telah ada ratusan ribu tahun bahkan sebelum zaman agama.
Cobalah baca " The Lost Book of Enki",..prasasti yg di buat sendiri oleh Enki,.slah satu dari dua bersaudara yg ditunjuk menjadi penguasa Bumi oleh Ras Annunaki dari planet Nibiru( saudaranya Enlil, Enlil diduga adalah nama lain dari Elohim atw Jahwe ).
Dalam tulisan tersebut Enki mengingatkan manusia agar jangan tertipu oleh penyesatan2 yg dilakukan oleh bangsa mereka sendiri ( Ras Annunaki ) berikut keturunan mereka di bumi,..dia juga menjelaskan kode2 angka seperti 40,.7,..dan lain2 merupakan kode milik siapa diantara kelompok mereka. dimana angka2 ini menjadi sakral dalam kitab suci,..
kalau soal penyangkalan,..ga usah heran,..kalau anda mengerti yg saya maksud maka tidak heran Nasa bahkan pakar akan menolak teori ini karena mereka bagian dari rencana yg di ingatkan oleh Enki,..coba deh baca lebih banyak..
terima kasih

Mhd.fahrie said...

bagus bngt JIWA bro enigma
tiada kesilapan dalam berbicara,,
salud dah
meskipun yg tertulis juga tlah di persiap kan dgan hati2

Anonymous said...

Planet NI-BIRU, PLANET INI BIRU, TEORI DARWIN, TEORI SAPTO DHARMO, TEORI SAPTO DHARWIN, YU-NANI, MBAK-YU-NANI itu KAKANYA MBAK-YU RORO JONGGRANG, , ORA ET LABORA, ORA KERJO IET LAPARO, demikianlah Java script itu mreka curi dari Sini untuk membingunkan Ummat yang Bingung...

Anonymous said...

planet NIBIRU itu maksudnya orang amerika bahwa "Planet ini BIRU" yang tidak lain dan tidak bukan adalah Bumi, Dunia, Earth itu sendiri karena planet yang berpenghuni dan berpengtumbuhan hanyalah di PLANET INI BIRU, yang cantik indah Kata Jin dan Malaikat.

aditya febriyanto said...

sebalumnya maaf kalau saya belum menyimak komen-komennya,,
dari yang pernah saya baca katanya nibiru itu planet terjauh dari sebuah bintang katai merah (dark star), dimana bintang tersebut berukuran mini dan juga mengorbit pada bintang kita. jadi orbit dari planet-planet pengikut bintang merah tadi memungkinkan akan bersinggungan dengan orbit planet-planet di tatasurya ini terutama planet terjauh si bintang merah yaitu Nibiru. nah dalam periode tertentu yang cukup lama si nibiru ini akan memasuki dan bersimpangan dengan orbit planet-planet tatasurya kita. dan konon katanya periode sebelumnya adalah yang menyebabkan banjir besar jaman Nabi Nuh, atau sebelumnya lagi kala punahnya Dinosaurus.

soal manusia tercipta dari gen alien dan primata, entah lah para ilmuwan yang salah atau kita yang kurang tepat menafsirkan Al Qur'an (sepertinya saya dosa jika mempertanyakan ini. atau mungkin "manusia" bermakna "makhluk dimana ia adalah bentuk paling sempurna (mentok) dari semua persilangan primata" sehingga sudah cukup pantas disebut "manusia" dan bukan primata lagi.
atau manusia adalah ras sempurna tersendiri dimana ia pun dahulu hidup dalam periode yang sama (berdampingan) dengan para homo-homo yang lain. makanya dalam pewayangan digambarkan ada tokoh manusia dan ada tokoh manusia kera (hanoman).

maaf,, :)
ini mungkin semata-mata fantai saya, jadi tidak bermaksud membingungkan atau mengubah teori.

Anonymous said...

Walaupun saya belum tentu percaya bahwa pada 21 desember akan terjadi tabrakan antara bumi dengan nibiru, tapi saya percaya bahwa manusia juga bisa memprediksi kejadian alam. Memang banyak yang bilang bahwa kiamat itu hanya Tuhan yang tau, tapi masalahnya kenapa kok masih saja ada yang mengkait-kaitkan berita ini dengan kiamat atau kitab suci? Padahal yang diprediksi kan bencananya, dan bukan kiamatnya!!! Kenapa banyak yang menyalahkan dan selalu membawa ayat-ayat kitab suci? Menurut saya, manusia memang tidak boleh memprediksi kapan akan terjadi kiamat, tapi bukankah manusia boleh memprediksi akan terjadi bencana karena Tuhan memberi akal dan pikiran kepada manusia...

daffa12 said...

emang kiamat sama meteor ???

Kiamat itu sama dajjal dll masa sama meteor hmm!!!

ridwan permana said...

woy g jadi kiamat makan tuh teori dari prasasti buatan orang yahudi,itu smua cuma konspirasi

Try said...

Emang banyak banget berita-berita mengenai hal2 kiamat. Itu semua tergantung bagaimana kita menanggapi itu semua. Keputusan yang bijak adalah tindakan yang paling tepat. postingan yang bagus.....



Ayo klik aku dan ikuti kompetisi cerdas cermat online. Hadiahnya menarik lho....

Muhammad Luthfi said...

hahahaah kiamat hanya Allah yg tau,,,,
btw ini malah udah tanggal 19 januari 2013\
;)

Anonymous said...

Selamat para Peramal ngawur Nggak berdasar pada logika!

Kamu telah adalah peramal ke 9.999 yang meleset!

Klik disini untuk mendapatkan NOL BESAR GRATIS!

Post a Comment