Monday, October 26, 2009

Misteri suara dengungan bumi terpecahkan !

Sejak tahun 1970an, di sebagian wilayah dunia, dilaporkan suara aneh mendengung yang sering disebut "The Hum". Dengungan aneh ini tetap menjadi misteri selama puluhan tahun. Namun pada tahun 2009, para ilmuwan percaya telah memecahkan misteri yang berusia lebih dari 30 tahun ini.


Beberapa pembaca meminta saya untuk menulis mengenai misteri Taos Hum. Kali ini saya bukan hanya akan membahas mengenai Taos Hum, melainkan "The Hum" secara keseluruhan. Tulisan ini juga menyertakan hasil penemuan para peneliti yang baru dirilis pada Agustus 2009 terkait pemecahan misteri The Hum.

Dengungan Misterius Bumi
Coba tutup pintu dan jendela, matikan semua peralatan elektronik dan berdiam dirilah sejenak. Tiba-tiba kita merasa semua suara menjadi lenyap dan kemudian suara berdengung aneh mulai terdengar di telinga kita. Mungkin anda pernah mengalaminya dan bertanya : Suara apakah yang barusan terdengar ?"

Itulah fenomena yang disebut "The Earth's Hum" atau "dengungan bumi".

Deskripsi The Hum
Dengungan ini adalah suara berfrekuensi rendah yang dapat terdengar oleh sebagian orang di sebagian wilayah. Frekuensi suara ini hanya berkisar sekitar 10 hertz, jauh dibawah batas minimal frekuensi pendengaran manusia, yaitu 20 hertz. Di sebagian wilayah, suara ini bisa terdengar lebih keras dibanding tempat lain.

Fenemona ini pertama kali ditemukan pada tahun 1998, walaupun laporan kasus ini bisa dilacak ke belakang hingga tahun 1970an.

Selama ini mungkin kita hanya mengenal istilah Taos Hum, yaitu fenomena dengungan yang dilaporkan di kota Taos, New Mexico. Namun sesungguhnya fenomena serupa juga terjadi di banyak tempat. Bristol di Inggris, Bay Ridge di New York, Vancouver di Kanada, Auckland di Selandia Baru dan Kokomo di Indiana juga menjadi rumah bagi fenomena misterius ini.

Deskripsi para saksi
Para saksi yang mendengarnya mendeskripsikan suara tersebut seperti mesin diesel yang berbunyi di kejauhan. "Suara itu memiliki rhytim - naik turun, kedengarannya seperti suara mesin diesel yang sedang berbunyi di kejauhan. Anda sepertinya ingin meminta seseorang mematikan mesin itu namun anda tidak dapat." Kata Katie Jacques, seorang pensiunan berumur 69 tahun dari Inggris.

Menurutnya, sejak mendengar suara itu, ia sudah tidak pernah lagi tidur dengan nyenyak. Anehnya, Katie hanya mendengar suara itu ketika ia sedang berada di dalam rumah.

Di Inggris, ribuan laporan masuk mengenai fenomena ini dan paling tidak ada satu kasus bunuh diri di Inggris yang berkaitan dengan The Hum.

Tinnitus
Para ilmuwan yang meneliti fenomena ini awalnya segera mengkaitkannya dengan Tinnitus yang dalam definisi medis berarti persepsi suara yang tercipta di dalam telinga manusia ketika tidak ada suara eksternal yang masuk yang biasanya diakibatkan oleh infeksi di telinga. Jadi mereka berpendapat, seseorang mendengar suara tersebut ketika terjadi kelainan di telinganya.

Namun teori ini tidak dapat menjelaskan mengapa suara dengungan hanya terdengar di wilayah geografis tertentu.

Teori-teori
Selama puluhan tahun tidak terpecahkan, The Hum memunculkan berbagai teori, baik yang ilmiah ataupun tidak. Bagi beberapa orang, alien dari ruang angkasa sedang menyampaikan pesannya. Bagi yang lain ini adalah suara dari fasilitas senjata Amerika yang beroperasi secara rahasia.

Namun para ilmuwan yang meneliti fenomena ini memiliki beberapa jawaban lain.

Suara Alat-alat berat
Bagi sebagian peneliti, The Hum mungkin bersumber dari gelombang suara yang dihasilkan peralatan berat. Ini bisa dilihat dari kasus kota Kokomo, Indiana, yang merupakan kota industri. Para peneliti mencurigai sepasang kipas angin raksasa di pabrik Daimler Chrysler dan kompresor udara di pabrik milik Haynes International. Sedangkan dalam kasus Bristol, para peneliti mencurigai suara dengungan datang dari pabrik-pabrik di Avonmouth.

Suara Pesawat Terbang
Teori lainnya menyebutkan sumber dengungan adalah pesawat yang sedang terbang. Konon ketika terjadi peristiwa 11 September 2001 yang menghancurkan gedung WTC di Amerika, suara dengungan tersebut berhenti selama beberapa hari. Pada saat peristiwa tersebut terjadi, otoritas penerbangan Amerika memang melarang semua pesawat untuk terbang selama beberapa hari.

Radiofrequency Energy
Lain lagi Dr Joe Elder dan CK Chou dari Motorola Florida Research Laboratories. Menurut mereka suara ini berasal dari radiasi Radiofrequency (RF). Manusia memang bisa menangkap suara berfrekuensi rendah ini, namun syaratnya ia harus bisa mendengar gelombang akustik frekuensi tinggi dalam jangkauan KHz dan penyebaran pancaran RF harus berada dalam jangkauan MHz.

Ketika teori ini diajukan, kebanyakan orang segera teringat dengan HAARP (High Frequency Active Auroral Research Program) di Alaska. Proyek ini diketahui memang menembakkan RF ke ionosfer. Apakah suara dengungan itu dihasilkan oleh HAARP ? tidak ada yang bisa memastikannya hingga sekarang.

Simponi ruang Angkasa
Dari semua teori yang pernah di ajukan, ini mungkin teori yang paling indah. Teori ini pertama kali dirilis di situs space.com pada bulan Maret 2000.

Seperti berkompetisi dengan pancaran bintang dan benda angkasa lainnya, bumi kita sesungguhnya bernyanyi seperti burung kenari. Ia mengeluarkan suara dengungan yang konstan dengan notasi-notasi yang tidak terhitung banyaknya. Jika suaranya beberapa oktaf lebih tinggi, maka suara itu akan dapat terdengar oleh telinga manusia, bahkan dapat menenggelamkan suara ribut dari ratusan suara talk show televisi.

Kiwamu Nishida dari institut penelitian gempa bumi universitas Tokyo bersama rekan-rekannya telah menganalisa data seismik 10 tahun dan menemukan kesamaan antara gelombang seismik dengan gelombang suara yang sama di atmosfer.

Menurutnya, gelombang suara yang tidak dapat didengar telinga manusia itu memantul-mantul di antara atmosfer dan permukaan bumi yang kemudian menciptakan gelombang-gelombang suara di dalam perut bumi.

Nah, karena planet Mars dan Venus adalah juga planet yang padat dengan atmosfer, maka kemungkinan gelombang suara yang sama juga tercipta di dua planet tersebut. Ini mengakibatkan terciptanya simphoni alam semesta.

Benturan Gelombang Laut
Dari berbagai teori yang telah saya singgung di atas, inilah teori yang terbaru dan dianggap sebagai pemecahan misteri yang final.

Pada Agustus 2009 di Journal Geophysical Research Letters, sekelompok peneliti mengaku telah berhasil memecahkan misteri ini. Menurut mereka, suara dengungan ini dihasilkan oleh benturan gelombang laut, namun bukan gelombang laut yang memecah pantai seperti yang kita kenal. Gelombang yang dimaksud adalah gelombang laut yang berbenturan dengan dasar samudera. Dan menurut mereka, pantai Pasifik di Amerika Utara adalah sumber dengungan terkuat.

Suara dengungan ini tercipta ketika dua gelombang berfrekuensi sama, namun berbeda arah, bertemu. Mereka lalu saling berbenturan dan menciptakan gelombang tekanan tertentu yang kemudian bergerak dengan kecepatan tinggi ke arah dasar Samudera.

Ketika ia mencapai dasar samudera, gelombang itu akan menabrak bebatuan dan menyebabkan vibrasi yang menghasilkan suara berfrekuensi rendah.

Kesimpulan ilmiah ini dihasilkan setelah para ilmuwan mengumpulkan data ilmiah dari tahun 2007 hingga 2008. Dan dengan menggunakan instrumen USA Array EarthScope, para ilmuwan juga dapat menyimpulkan bahwa pantai barat Eropa juga menghasilkan suara yang sama.

Amplifier Internal Tubuh Manusia
Teori-teori di atas memang bisa menjelaskan sumber suara dengungan tersebut. Namun misteri yang belum terjawab adalah mengapa telinga manusia dapat menangkap suara dengungan itu.

Pertanyaan ini kemudian dijawab oleh seorang dokter Cambridge bernama David Baguley. Ia mengatakan bahwa suara ini dapat terdengar oleh seseorang ketika telinganya menjadi over sensitif.

Menurutnya, di dalam tubuh manusia ada sebuah "Amplifier internal" yang dapat memperkuat suara-suara yang masuk ketika manusia yang bersangkutan berada di dalam kondisi terancam bahaya atau konsentrasi yang intens.

Contohnya ketika kita sedang berkonsentrasi dengan soal-soal ujian dan kemudian telepon berdering, maka kita akan mendengar suara deringan itu seperti lebih keras dari biasanya.

Itulah saat ketika tubuh kita mulai memperkuat volume suara-suara latar yang masuk. Kasus ini mungkin berbeda pada setiap orang, namun efeknya tetap sama.

Kesimpulan
Dengan demikian, sekarang kita memiliki dua jenis teori. Teori pertama menjelaskan sumber suara dengungan tersebut. Apakah dari mesin-mesin pabrik, Radiofrequency, simphoni alam semesta atau benturan ombak, sepertinya semuanya bisa diterima dan masuk akal. Saya percaya bahwa suara dengungan tersebut bisa berasal dari berbagai sumber.

Sedangkan teori kedua yang diajukan David Baguley menjelaskan alasan mengapa sebagian orang dapat mendengar suara berfrekuensi rendah ini. Penjelasan inipun dapat diterima.

Jadi bagi saya kasus dengungan misterius bumi telah resmi terpecahkan !

(wikipedia, space.com, foxnews.com, news.bbc.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

39 comments:

ipo.com said...

Kalo Suara tangisan dari dlm kubur mas, yg CD nya banyak beredar di masyarakat. Itu suara asli atau palsu?. Cari tau dong.

Dudi said...

Manusia hanya bisa menduga2 asal datangnya dengunang itu. seperti manusia menduga2 akan terjadinya kiamat 2012. jadi seperti berandai2 dong.. nice post.

cholid __G (cholid zufar) said...

iya betul kisah siksa kubur di russia itu kan ipo.com wah iya memang betul kisah siksa kubur rusia

(ada seorang peneliti diakira suara gas eh diperhatikan ternyata suara orang seperti tersiksa gitu deh hih sampe merinding dengger nya)

enigma said...

@ipo.com : weleh2, saya baru tahu ada suara kubur yang beredar dalam bentuk cd. haha. tapi maaf ya, saya tidak bahas mistik. hehe

cholid __G (cholid zufar) said...

mungkin tidak tapi memang kalau sekilas kaya suara gas kalau diperhatiin kaya orang jerit gitu

Agung said...

hmmm suara kentut juga bisa seperti suara terompet lho.. dalam frekuensi tinggi, orang mati bisa jadi kentut karena gas2 yg ada didalam perut orang mati tersebut belum semuanya terbuang, maka saat terkumpul gasnya dan akhirnya "meledak" maka terdengarlah dari atas kubur itu. Dan orang pasti akan berasosiasi macam2 deh... yakin gw!

MISTER RIZ said...

sekedar ngucapin met mlm bang,nih lg nyoba opera mini di hp,sneng akhrny bs buka blog dri hp,sepp deh buat enigma

juiceU&Mie said...

bener bro, ga usah bahas mistik... lagian alam kubur kan beda ama alam dunia, kecuali Yang di Atas mengizinkannya...

gatotkaca_coy said...

blm prnah dnger fnmn ini.tp ngga heran lah, kipas angin, msin kcil2an yg cuma muter2 aj bunyi, apa lagi bumi yg notabene "mesin" besar dg sgl aktivitasnya. tp kok smp bs bkn orng bunuh dr y?wow.pngetahuan lagi.ck..ck.. dapeet aj si abang ni

topazo said...

Ini yang saya namakan sendiri "bunyi keheningan"... biasanya memang kedengaran kalau lagi konsentrasi (tapi konsentrasi ala meditasi, bukan konsentrasi ala mikir soal2 matematika ^ ^)..

coba deh, bisa didengar kok, tinggal tingkat konsentrasinya, atau tempatnya juga kali...

sekedar info, KATANYA, kalau udah bisa denger suara keheningan ini, jadi gampang lihat mahluk halus... hehehe

unego said...

kadang orang mati saat ditusuk dadanya akan menjerit. ini karena udara dalam tubuh yang keluar tiba-tiba.

suara dengungan atau suara ngiiing kata orang jawa biasanya dihubungkan dengan pratanda atau firasat tertentu.

kebetulan di rumah, juga kadang terdengar suara-suara seperti itu yang menurut saya adalah gabungan dari suara-suara mesin rumah tangga yang menjadi satu (kompor gas, dap, suara orang, air mengalir, dll)

DeeLaBeLLe said...

suara dengungan itu bukannya krn tekanan udara ya?

Anonymous said...

mas saya mau nnya yg blue beam project donk,,apa bisa dibahas ya mas makasih

Anonymous said...

wah.. apa jangan ada suara dari Alien..
yang ingin memberi pesan ke kita?

Lila Hamz said...

aku sering begitu dari kecil klo tengah malem dan ga ada suara sama sekali, aku kirain itu tekanan darah

the real blog said...

hi.. serem ya, kalau aku di rumah sendirian, cuma baca buku ya kadang-kadang gitue, bikin takut

eorenmh said...

wah iya, kalo mendadak telinga berdenging, itu kira-kira kenapa yah? padahal juga ga lagi ngapa-ngapain ....
semoga bukan hanya kelainan fisik aja (penyuka misteri mode ON, hehehe)

Anonymous said...

coba deh malem2 pas org2 udah pd brenti aktivitas.
matiin lampu, tutup pintu, jendela, matiin yg kira2 ngluarin bunyi sekecil apapun kaya tetesan air di kamar mandi atau jam dinding.
usahain pikiran dlm kondisi tenang, urusan duniawi udah kelar, jgn ada kegelisahan karena perut lapar atau rasa ingin buang air. trus terlentang di alas yg senyaman mungkin, tutup mata, nafas perlahan-lahan, rileks..
pasti lama2 molor. wkwkwkwk....

Anonymous said...

wah ini menarik, rumah saya yg dulu di karawaci, setiap malem menjelang pagi, sebelum saya tidur, saya selalu mendengar seperti bunyi pesawat terbang mendengung kencang di atas, dan anehnya lg itu bunyi kok bisa lama sekali sekitar 1 jam gitu. Kl dipikir2 mana mungkin pesawat terbang ngambang di atas rumah saya begitu lama, saking seringnya saya tidak pernah cek bunyi apaan itu, seperti kesihir. Baru tau dari posting disini, jadi teringat lagi.

Anonymous said...

saya kmrn mengalami hl spt itu..
kra2 sktr jam 10 mlm..
kyk suara msin diesel..
ane..

Anonymous said...

itu mungkin suara-suara yg menjadi satu ... seperti : gabungan antara suara tv tetangga yg hampir tidak terdengar... anda pasti tahu, jika ada 50 orang bersuara tapi pelan secara bersama, pasti terdengar lebih besar .. nah, spt itu maksud saya ... maksud : gabungan antara tv tetangga, suara mobil dari kampung sebelah, suara mobil dari jalan tol yg jauh, suara-suara itu bergabung dan menghasilkan dengungan .. masih belom ngerti ? pada suatu tempat di mana banyak orang berkumpul dan mengobrol, suara itu spt :apa k...ya lagi dim..seribu ban... gitu ..

Venomscorpion said...

mantap banget penjelasannya Bang Enigma. Saya pecinta kisah2 misteri dan cryptozoologi berasa menemukan 'rumah' saya di blog ini (I feel at 'home'). Akhirnya terjawab sdh banyak hal2 yg selama ini jadi pertanyaan saya.

Anonymous said...

wah hebat kali kk.
saya tertarik dengan pendapat bung david tentang amplifier internal dalam tubuh manusia.....
kita bisa mencobanya.......cobanyalakah amplifier audio di rumah tanpa memberi input suara dari alat lain kita naikan volume-nya secara otomatis akan keluar bunyi mendengung.......ya itu c perkiraan saya kalo mang dalam tubuh manusia ada amplifier internal...

eni said...

ow,ahirnya pemecahannya hanya dengan persepsi yang begitu mudah untuk dikatakan.tapi apakah itu sudah yakin benar????

chezm0th said...

sering klo lagi mati lampu,pasti beberapa saat kedenger ini suara
sama kaya klo saya abis nonton konser dari dekat,pas di perjalanan pulang ,terdengar lah suara yang kaya gitu,the hum

yang saya simpulkan
suara timbul dari suara" yang kita serap..
kamsudnya,sebelum mati lampu tersebut,kita pasti terlebih dahulu mendengar suara orang,atau suara benda lainnya. Secara mendadak,suasana sunyi, dan ga ada suara,maka suara yang tadi kita denger sisanya kita denger sebagai dengungan
well,silly theory :p

Anonymous said...

saya juga sering mendengar suara seperti ini di malam hari ketika keadaan sunyi. suara ini seperti suara pesawat terbang yang terbang mengelilingi rumah saya dan suara ini tidak pernah berhenti. suara ini membuat saya berfikir kalo ada UFO di atas rumah saya.
tapi setelah saya pindah rumah, anehnya saya tidak pernah mendengar suara ini lagi.

Anonymous said...

menarik, alam semesta bertasbih kepada Allah SWT.

Phoenix Hand said...

Ane juga sering ngalamin ini... pokoknya setiap sunyi dan g ada suara, selalu ada denging di kuping ane, apalagi kalo di kamar.. Sampe skrg juga masih,

Anonymous said...

saya kmrn liat di on the sp** tntg suara itu,
kog suarany bs trtgkp kamera y,
brarti kn yg ndnger smua org di daerh tu,,

pnh dngr gelas brisi air pnas kalo dgosok bunyi?
mgkn lahar diperut bumi ad hub ny,,
just my opi

Anonymous said...

Apakah ada hubungan'y dngn
tekanan udara??
Seprti sebuah rumah yang
kosong,
Atu lbh jlas'y kita di ujung
puncak, n kita brtriak, maka
suara kita akan gelombang.
Kyk karoke ada eko nya
gt lho.... Bingung aku,stlh
mendngar suara mendengung
! ! ! ! ! ! ! ! !

Ezi Qurnia said...

gan, saya sering bangun tengah malam, kalo malam kan sepi, dan rumah saya itu di dekat sawah luas. terus kalo malam sering dengar kayak suara kenalpot motor besar... Mungkinkah itu?

basuki laksono said...

Klo ditempatku setiap malam selalu terdengar suara jangrik sedang bertasbih

Post a Comment