Monday, October 5, 2009

Apakah NASA mengubah warna langit biru pada foto planet Mars ?

Pada tahun 1976, Amerika Serikat menghabiskan jutaan dolar untuk mengirim wahana Viking Lander I ke planet Mars. Tepat pada pukul 2 siang tanggal 21 Juli 1976, Departemen Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA menerima foto pertama yang berhasil diambil dari Viking. Foto tersebut menunjukkan planet Mars memiliki langit berwarna biru yang indah, bukan merah seperti yang kita kenal selama ini.


Planet Merah, itulah julukan yang diberikan orang selama puluhan tahun kepada planet Mars. Hal ini dikarenakan foto-foto yang dirilis NASA menunjukkan warna merah pada hampir setiap unsur di planet itu. Mars juga digambarkan sebagai planet yang tidak ramah dengan badai debu berwarna merah. Karakteristik ini juga telah digambarkan di beberapa film science fiction seperti "total recall" dan "red planet".

Namun ternyata planet merah tidaklah semerah yang kita bayangkan.

Pada tanggal 10 Januari 2004, departemen JPL NASA yang bertanggung jawab atas wahana spirit rover menyelenggarakan konferensi pers di Pasadena, California. Pada konferensi itu, mereka menunjukkan sebuah foto Mars terbaru yang diambil oleh wahana spirit, Foto Mars dengan langit berwarna biru.


Foto diatas jelas berbeda dengan foto Mars yang biasa kita lihat, seperti foto yang ada dibawah ini.


Ini mengejutkan ! Pada tahun-tahun sebelumnya, NASA hanya merilis foto Mars dengan langit berwarna merah. Setelah konfrensi pers JPL itu, NASA memberikan alasannya :

"Jika pada saat wahana mengambil foto sedang terjadi badai debu di Mars, maka foto akan menjadi merah".

Dengan pernyataan ini, NASA mengakui bahwa Mars memang memiliki langit berwarna biru seperti bumi ! Namun anehnya, mengapa selama ini NASA hanya merilis foto Mars dengan langit merah? mungkinkah ada sesuatu yang ditutup-tutupi ? Dan mengapa baru tahun 2004 NASA mengungkapkan semuanya ?

Menurut sebuah buku, NASA memang sengaja merahasiakan fakta tersebut.

Buku yang saya maksud adalah buku yang berjudul "Dark Mission : The Secret History of NASA" karangan Richard C Hogland dan Mike Bara. Mereka menceritakan bahwa NASA dengan sengaja telah mengubah warna langit pada planet Mars.

Pada tahun 1976, ketika foto pertama Mars datang dari Viking, dunia bisa melihat melalui televisi bahwa Mars ternyata memiliki langit berwarna biru ! Namun, beberapa waktu kemudian, foto resmi yang beredar adalah Mars dengan langit berwarna merah. Menurut NASA, foto Mars yang menunjukkan langit berwarna biru adalah foto yang mengalami kesalahan filterisasi warna. Dengan kata lain, kesalahan teknis. Namun tidak demikian menurut Richard Hogland dan Mike Bara.

Menurut mereka, dua jam setelah foto pertama dari Viking tiba, seorang teknisi NASA tiba-tiba mendapat perintah dari Administrator NASA, Dr. James Fletcher, untuk menghancurkan semua negatif film yang menunjukkan langit biru pada planet Mars. Gambar-gambar yang lain kemudian diubah menjadi hampir merah total untuk menunjukkan seakan-akan tidak ada kehidupan di Mars.

Contohnya foto dibawah ini. Foto disebelah kiri adalah foto yang dirilis oleh NASA mengenai keadaan planet Mars. Pada foto tersebut terlihat warna bendera Amerika mengalami distorsi. Para peneliti kemudian memperbaiki warna foto tersebut dengan menggunakan bendera Amerika sebagai patokan. Dan hasilnya adalah foto disebelah kanan. Mars memiliki langit biru !


Tindakan administrator NASA yang memerintahkan penghancuran foto asli Viking I menimbulkan banyak pertanyaan. Mengapa NASA begitu ngotot menyembunyikan keberadaan langit biru tersebut dari dunia ? Apakah ada sesuatu yang lain ikut terpotret pada foto yang dihancurkan tersebut ?

Sayang sekali, pertanyaan ini belum terjawab hingga sekarang. Namun konon para astronom di teleskop Hubble telah lama mengobservasi bahwa Mars memang memiliki langit berwarna biru.

Walaupun begitu, beberapa ilmuwan tetap membela NASA. Menurut mereka, NASA tidak mengubah warna langit. Perbedaan warna terjadi karena proses filterisasi yang tidak sempurna pada wahana penjelajah Mars.

Ya, mungkin saja mereka benar. Namun bagi penganut teori konspirasi, tindakan NASA merahasiakan hal tersebut karena NASA ingin menutupi fakta bahwa ada kehidupan di planet Mars !

Sayang. Tidak ada yang bisa mengetahui pasti kebenarannya. Namun, setelah konferensi pers JPL tahun 2004, sepertinya NASA mulai membuka kebenaran ini kepada publik. Contohnya foto dibawah ini yang diambil oleh wahana Opportunity tanggal 26 Februari 2004. Foto ini menunjukkan matahari terbenam di planet Mars.

Peaceful dan beautiful
!


Apapun yang berusaha ditutupi oleh NASA, namun sekarang paling tidak kita mengetahui bahwa Mars memang memiliki langit berwarna biru. Mungkin suatu hari kita bisa membangun peradaban baru di tempat itu.

Baca juga tulisan sebelumnya : Penemuan artefak misterius di planet Mars.

(rense.com, redorbit.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

49 comments:

Anonymous said...

berapa waktu seh yg kita butuh tuk mendarat di mars dari bumi ?

galih yudistira said...

Salam kenal enigma,setau q emg nasa tuh banyak nyimpen rahasia kok,ga tau mungkin banyak fenomena alam yang lebih baik tidak di ketahui oleh publik,tapi klo kasus langit mars ini,kayaknya emang bisa menyesatkan persepsi orang tentang mars.......klo langitnya biru kan kemungkinan memiliki sifat sama kaya bumi. Trus bisa jadi kita bisa traveling ke sana deh......semoga......mampir balik ke blog q ya!

farry said...

katanya ada juga reruntuhan kota di mars tapi gambar lokasinya dblur NASA. hmm... yg bener sapa iah.. bingung

Ms. Erantzo said...

hmmm...konspirasi lagi...masi ada brapa byk lagi bro konspirasi yg belum terungkap? hehehe...
atau kah mgkn sengaja ditutup2in krn mereka berhubungan dengan alien di mars kah? secara di bumi kan byk mata2 heheheh....

Desain Lansekap said...

Wow terima kasih infonya... keren banget sangat informatif.... Salam kenal ya....

the dev said...

lalu bagaimana dgn tulisan yg mnampilkan poto langit mars yg berwarna merah dgn batu yg mirip tengkorak, apakah itu HOAX?

enigma said...

tidak. foto mars dari NASA tidak ada yang hoax. yang benar adalah WARNAnya yang kemungkinan diubah. Soal objek-objek yang terfoto asli semua.

Anonymous said...

syarat terjadinya langit biru kan ada air n atmosfer yg membelokkan spektrum cahaya matahari kan.....berarti...........

Anonymous said...

mantap2 beritanya.....bro, ulas tentang time travellers dong.....sama tentang misteri2 luar angkasa sana...tks

hakam said...

ap mungkin ya masih banyak hal tentang mars yang ditutupi nasa?

Anonymous said...

wahh.. keren banget..

kasih berita lagi yang lebih seru dan mantap donk kak! beritanya mantap2~ ^^

Hoax itu apa ya?
bisa jelasin gak?

enigma said...

hoax itu artinya rekayasa atau tipuan untuk tujuan tertentu atau sekedar olok2.

Anonymous said...

yeee, anda sendiri juga copy kan berita ini, kenapa gak cantumin sumbernya darimana ? :p

enigma said...

coba cari saya copy darimana ?
saya kasih tahu caranya, cari di google dengan kata-kata kunci di tulisan ini.
kalo ketemu artikel yang sama persis dgn tulisan ini (asal bukan dia yang copy dari sini) infoin saya ya.
selamat mencoba :p

Anonymous said...

Beritabener.blogspot.com
Cari d archive bln april klo ga salah . .
Beritanya lbih lngkap . .

enigma said...

berarti saya tidak mengcopynya dong. cuma topik yg sama. haha.

nih sumber tulisan ini :
rense
redorbit
newsvine

Oh ya, soal tulisan di beritabener itu memang topiknya sama. Tapi jelas berbeda.

Aneh kan, hanya karena topik yang dibahas sama lalu saya dianggap mengcopy :)

Anonymous said...

Setau gw, enigma ga gt dhe... Gk copas.. Hehe..
Keep posting ya. Thx.

juragan said...

orang sirik aja yang bilang enigma tukang copas..
Pokoknya gw yakin, enigma 100% orisinil.. masalah referensi itu kan bisa diperoleh dari berbagai macam sumber.

Kalo rekan-rekan semua pernah sekolah (di Indonesia khususnya), di pelajaran Bahasa Indonesia ada latihan yang namanya "menceritakan dengan kalimat sendiri"...

Blog yang isinya cuma copas itu kayaknya penulisnya nggak pernah duduk di bangku sekolah, atau nilai pelajaran Bahasa Indonesia-nya merah melulu..

Anonymous said...

Bung Enigma thanks atas postingannya.. Menurutku wajar kalau NASA punya rahasia. kalau ternyata langit planet mars berwarna pink ntar malah banyak cewe ABG yang kepengen kesana wkwkwkw.... (Ngacir mode : ON)

Yukichan said...

Hahahaha mau deh gw pindah ke Mars kalo langitnya warna pink >.< kyaaaaa

qarrobin said...

@Enigma, aku ijin save as foto mars1.jpg matahari terbenam di planet mars yang diambil wahana Opportunity 26 Februari 2004 tuk dijadiin avatar.

maaf baru sempat mampir lagi
your artikels are original

thanks for this info

Anonymous said...

ow ow ow....adakah NASA menemukan kehidupan alien disana dan berusaha untuk menutup nutupinnya, atau jangan, dengan memanipulasi foto sehingga nampak tidak ada kehidupan agar mereka diam" membangun peradaban baru buat tempat tinggal menjelang 2012 nanti, kan di filmnnya tidak boleh banyak orang yg ikut ke bahtera (dalam hal ini adalah planet mars)

Anonymous said...

emangkannya ditutupin juga karena di MARS tu gada nyang katanya "kehidupan", mereka cuma buat kita berfantasi & ngekhayal aja nyang ngga2... ;D

Anonymous said...

dengan kata lain, kita bisa bernapas di planet Mars donk ^^

Anonymous said...

itu yg komen enigma copas GK BGT DEH, jelas2 dia nyari referensi trus buat dgn kalimat sendiri, haduuuhhh, emg org gk pernah skolah berpikiran cetek, suka nge judge org lain... aduh2, knp ya bnyk org indonesia kyk gt, suka lsg menjudge tp gk pnya faktanya en NALARnya gk maen... bener2 gk skola, mungkin harus nonton film BARNEY dolo ato SESAME STREET... jd ngerti gt ????????????

-mrcostello-

Yazied said...

bener...trus mas enigma tentang foto2 mars yang katanya nunju'in sebuajh struktur kota btul beneran ..trus ama foto yang ada patung mirip putri duyung..itu hoax apa bukan ya boss??

Anonymous said...

salut buat enigma...love u muach..muach..muach.....

adin said...

menarik sekali memang untuk mengetahui misteri planet merah ini....

Anonymous said...

Jonathan archer:

(kemungkinan) nasa tidak merilis foto langit mars biru,dengan tujuan menyatakan bahwa tidak ada apa2 di mars,supaya negara lain tidak mengadakan space exploration di mars,jd mars hanya untuk amerika saja.

kenapa informasi dirilis di 2004?karena nasa menyadari,bahwa negara2 lain akan memasuki era space exploration juga.mereka merilis data dengan harapan,negara2 yg akan melakukan space exploration akan bekerja sama dengan pihak nasa,dan nasa bisa mengirit biaya dgn nebeng space exploration negara lain.

teoriku gk masuk akal?wajar,namanya jg teori...

Lica Lawliet said...

hehey.... mas enigma disayang orang2.... selalu aja dibelain.... ;)

tp, saya juga yakin kalau mas enigma ngga mungkin copas. keep spirit! ;)

fhira said...

gue nggak tau , guenya minta planet yang asli , tapi yang di kasi malah planetyang cuma setengah foto ....???!!!

enigma said...

Siapa yang bilang kalau sudah ada yang pernah pergi ke Mars????

Kaioshin said...

bro enigma.. berarti dgn kata laen.. di Mars ada ATMOSFER ya dan kalo ada atmosfer bukan gak mungkin ada O2 di sanakan?? en kalo ada 02, berarti mungkin ada kehidupan di sana....

karena sperti yg kita ketahui syarat mengapa langit terlihat biru adalah karena adanya benturan sinar matahari dengan partikel-partikel yang menyusun suatu atmosfer.. dan mengeluarkan sinar berfrekuensi tinggi yaitu BIRU, hijau dan ungu..

dan ini juga yg mungkin menjawab mengapa langit Mars kadang berwarna biru.. dan kadang berwarna merah..

Jika berwarna merah, maka kemungkinan hal yg sama terjadi seperti kejadian Sunset di Bumi.. dimana sinar matahari berada pada posisi yg lebih jauh sehingga sinar yg bertabrakan dgn partikel atmosfer cuman meninggalkan cahaya frekuensi yg rendah.. yaitu MERAH

dan karena matahari sudah menjauh dari Mars, maka suhu berubah secara drastis menjadi lebih dingin.. sehingga timbullah BADAI....


JustMy2Cents... Piss yak.. hehehe

Anonymous said...

cimot said....
om enigma,saya sudah liat di webnya nasa,klo foto2 langit mars berwarna biru tidak benar,false photo,disitu ditunjukin jg kesalahan kenapa jd warna biru.. bisa diliat ko.. tanggapan om enigma???

Anonymous said...

bang enigma, beberapa waktu lalu saya sempet baca artikel tentang anak yang katanya reinkarnasi dari penduduk planet mars. itu gimana? dia bilang atmosfer di mars sekarang udah gak ada gara2 perang nuklir.. namanya boriska kalau tidak salah..

Anonymous said...

walaupun langit nya biru, ttp aja disana gak ada khidupan, atau minimal ada pohon ato rumput lah. jd sma sekali gak ada kmiripan dngn bumi,kecuali langitnya doank...

mnrt gw klo thn 1976 NASA nerbitin poto dngn langit biru, pasti bnyk yg bilng itu hoax. ato sblknya NASA yg bkn hoax dngn nerbitin poto bumi dngn lngt merah... hehehehehehehe....

Anonymous said...

Abirama Vindra , Jogja .
mungkin memang berwarna biru karena lagi" pemalsuan .

bima danubrata said...

postinganya keren banget!!!
aku sampe ngak bisa berhenti baca
good job
kalo ada orang yang namanya bisa aku cantumin sebagai penylidik hoax nomer 1 anda sudah ada di peringkat pertama
aku suka banget teorinya di titanic itu
sekali lagi good job

Anonymous said...

anaktataumalu:
klu gitu mars bisa dihuni donk...
mungkin NASA serakah terus mbangun peradaban baru di mars demi kepentingan kelompoknya..
y Allah..
kalo emang gitu...
DASAR SERAKAH!!

Anonymous said...

Coba perhatikan pd foto mtahari terbenam di mars. Pd bagian langit gambarnya bgitu halus, tapi pd bagian perbukitannya penuh dgn kotak2 seperti ada objek yg dihapus. Mungkinkah objek tsb adalah pepohonan? Yg sengaja dihapus oleh NASA untuk menutupi adanya kehidupan di mars?

ezra d normal said...

emm,,aku paling terakhir kasi comment kayak nya,,
hehe
ku share d fb yak,,

Anonymous said...

That's why you can't so easily trust American's Bureau
Don't be Naive The only person you can trust is
You And God above you
Eyes might be blind But Mind is Not
When Mind is Blinded Only Faith and Hope that Can Save you from Darkness

By. Anonymous

Post a Comment