Thursday, November 12, 2009

Inbox: Awan vertikal di Cilegon

Dibawah ini email yang dikirim oleh mufreaky@gmail.com :

Tadi saya membaca postingan tentang chemtrail conspiracy, ini mengingatkan saya pada kejadian di bulan Juni 2009. Di atas langit kota Cilegon, Banten, ada segaris awan putih memanjang dari cakrawala sampai ke tengah langit.


Saya yakin bukan dari pesawat karena tidak ada pesawat yang melewati rute itu. Awan putih itu bertahan selama paling tidak 2 jam. Saya pertama kali melihatnya jam 12 dan baru pudar pada jam 2. Jejak awan ini dapat dilihat dari luar kota ( tol jakarta merak) yang menandakan awan itu terdapat di ketinggian. Beberapa hari kemudian muncul jejak serupa tapi lebih kecil dan samar.

Saya awalnya mengira ini awan vertikal yang menandakan gempa seperti konon yang terjadi di Kobe, Jepang. Tapi syukurlah kekhawatiran saya tidak terjadi. Bagaimana menurut bung enigma ?


Notes :
Metadata foto ini menunjukkan bahwa lima foto di bawah ini diambil pada tanggal 6 Juni 2009 pada menit-menit yang berbeda dengan Nokia E65.

Pukul 12:32

Pukul 12:33

Pukul 12:33

Pukul 12:36

Pukul 12:45

Objek dalam foto ini memang langka, tapi tidak misterius. Kadang disebut sebagai awan vertikal yang diisukan sebagai penanda akan adanya gempa bumi, walaupun sebenarnya tidak berdasar. Menurut saya bisa saja awan itu contrail dari pesawat atau benda langit yang jatuh. Yang pasti saya yakin jejak itu bukan Chemtrail.

UPDATE - 17 Juli 2011
:

Lihat postingan kemungkinan penjelasan alternatif mengenai fenomena ini di sini.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

31 comments:

  1. awan kayak gitu sering aku liat juga kok...apalagi didesa aku..tiap pagi pasti ada awan kyak gitu...padahal didaerah ku tidak ada pesawat yang lalu lalang disana....

    ReplyDelete
  2. gimana membedakan chemtrail sama awan itu?

    ReplyDelete
  3. chemtrail cuma teori. sebenarnya cuma sebutan saja berdasarkan pada teori konspirasi. Sedangkan awan yang seperti di atas bisa saja jejak benda langit yang jatuh. untuk gampangnya disebut awan.

    ReplyDelete
  4. kok bisa yakin bukan chemtrail....?
    apa karna kecil kemungkinan pemerintah atau militer kita melakukan hal2 yang berbau konspirasi seperti chemtrail..?

    ReplyDelete
  5. maksud saya istilah "chemtrail" adalah sebuah istilah yang tidak terdapat dalam sains dan hanya terdapat dalam teori konspirasi.

    Apakah pemerintah Indo bisa melakukan konspirasi seperti chemtrail ?

    Kalau ingin mengurangi jml penduduk Indo, pemerintah cukup berdiam diri, tidak perlu menyemprot bahan kimia ke langit.
    Karena tetap saja penduduk Indo akan berkurang dengan cepat krn :

    Bakso boraks, tahu dan ikan berformalin, seafood dan jajanan dengan pewarna buatan, saus dengan bahan kimia berbahaya, ayam tiren, daging gelonggongan, piring bermelamin, bus tua dengan asap hitam mengepul and many more.

    ReplyDelete
  6. chemtrail itu emg salah satu syaratnya sekumpulan awan vertikal ya? dulu wktu saya berangkat sekolah saya prnh liat ada awan diagonal yg ke atas... bentuknya lurus... saya kira itu ampas roket atau apa tpi sewaktu istirahat sekolah (skitar 2-3jam setelahnya) saya msih dpt melihat awan tersebut... hm... tpi saya gak yakin klo itu chemtrail, dan saya jg gak punya fotonya soalny saya bru punya hp bru2 ini hehe itu jg dgn kamera pas2an 1.3mpx hehe :D

    sbenernya ciri2 chemtrail itu gmn sih? soalny di artikel sbelumnya blom trlalu jelas definisinya... EVILution

    ReplyDelete
  7. @Evilution : Sebenarnya ada saya singgung sedikit ciri-ciri chemtrail di tulisan sebelumnya, ini saya kutip :

    "Pada mulanya Chemtrail terlihat seperti contrail, namun beberapa saat kemudian jejak asap itu akan melebar dan tetap terlihat di langit hingga beberapa jam"

    Ciri-cirinya yang utama memang cuma itu. sebenarnya argumen penganut teori konspirasi memang rada lemah juga.

    Kalo soal chemtrail memang sumber-sumber lain tidak ada yang lengkap. semuanya juga bahas dikit-dikit.

    ReplyDelete
  8. kalo saya fikir awan itu sebelumnya adalah awan biasa yang membentuk vertikal di akibatkan himpitan angin yang berlawanan arah kemudian membentuk jalur sendiri yang kebetulan berbentuk vertikal itu terbukti dari tidak terlihatnya awan lain yang dekat dengan wan vertikal tersebut.

    ReplyDelete
  9. Tanda gempa bumi???

    itu beneran??
    mas enigma.. itu cuma mitos atau emang terbukti bahwa awan tersebut penanda akan terjadi gempa bumi?

    ReplyDelete
  10. Seperti yang saya katakan di atas, teori itu tidak berdasar.

    ReplyDelete
  11. "Bakso boraks, tahu dan ikan berformalin, seafood dan jajanan dengan pewarna buatan, saus dengan bahan kimia berbahaya, ayam tiren, daging gelonggongan, piring bermelamin, bus tua dengan asap hitam mengepul and many more".....wakakakakaka........penalaran yang menarik......tapi jangan dilupakan gempa dan tsunami, mereka juga penyumbang depopulasi terbanyak sekarang di Indonesia....

    ReplyDelete
  12. Mungkin saja itu jejak roket uji coba LAPAN...

    ReplyDelete
  13. mbah ware : nah itu dia negara kita tercinta...he..he..

    ReplyDelete
  14. Wah fotonya yang pasti bukan hoax, karena bisa ambil sampai 5 gambar. Salut buat saksi mata yang mengambil foto ini.

    Buat enigma: Hari ini ada berita ikan berkepala buaya di Surabaya, bisa jadi topik baru nih, ada fotonya juga lho.
    Terus, tentang nenek supiah yang katanya bisa berjalan di laut itu bagaimana? apa bung enigma bisa membahas juga?

    ReplyDelete
  15. jangan-jangan borax cs tuh juga termasuk konspirasi? wkw wkw kw wk

    ReplyDelete
  16. ngomong ngomong soal awan, kita pernah denger soal cloud circle. sejenis crop circle tapi di awan.

    bisa cariin ga, Senpai Enigma?????

    ReplyDelete
  17. Ywdh..bikin kabar heboh baru aja lagi!

    "Awan itu adalah jejak malaikat lagi jalan-jalan ke bumi"
    Hehehehe..

    Bagus sekali artikel-artikelnya mas, setiap minggu bahkan tiap hari saya selalu baca artikel di blog ini.

    ReplyDelete
  18. haduh koq saya bingung, tu awan beneran vertikal dr atas k bawah atau sebenarnya horisontal?
    anw saya suka blog mas enigma, boleh request ga mas? tulis tentang kutukan presiden amerika dong, kan banyak yg meninggal ga wajar, katanya itu kutukan, bner ga? oya 1 lagi tentang buku yang konon meramalkan tenggelamnya titanic, saya lupa judulnya... trims

    ReplyDelete
  19. aku juga pernah liat tapi itu asap pesawat jet mungkin itu juga

    ReplyDelete
  20. masalah chemtrails patut mendapat perhatian kita juga sebab saya pernah membaca ttg gagasan tata dunia baru yg digagas oleh orang2 yahudi. dalam gagasan itu disebutkan ttg rencana depopulasi penduduk dunia dengan cara menyebarkan racun zat2 kimia ataupun menyebarkan virus2 yg dpt menimbulkan penyakit. rencana depopulasi tsb. tidak hanya dilakukan di negara2 maju saja tp juga di negara2 berkembang seperti indonesia. caranya bisa bermacam-macam mungkin di negara maju dilakukan dengan cara seperti penyemprotan zat2 berbahaya dari udara sedangkan di indonesia mungkin dengan cara yang berbeda, misalnya saja lewat penyebaran virus2 penyebab penyakit seperti AIDS, demam berdarah, dsb. terlebih lagi sekarang di indonesia ada fasilitas laboratorium angkatan laut milik amerika (NAMRU) yang aktivitasnya mencurigakan. siapa tahu di laboratorium tsb. sekarang sedang dikembangkan sejenis virus yg lebih mematikan drpd virus flu burung, virus flu babi, dsb. dan apabila sudah tepat waktunya virus2 tsb. dilepas untuk menjangkiti penduduk indonesia. menurut saya seharusnya pemerintah juga harus menaruh perhatian ttg masalah semacam ini sebelum nanti segala sesuatu terlanjur terjadi.

    ReplyDelete
  21. itu sih roket LAPAN yang biasanya diluncurkan 2 bulan sekali

    ReplyDelete
  22. dar say : aku juga pernah melihat awan seperti itu waktu pulang dari semarang ke wonosobo

    ReplyDelete
  23. yang kya gitu mah aku jga pernah liat tapi ga sampe di publikkasikan kya gitu. waktu itu aja aku pernah liat itu malah sama sahabt2 aku (tapi lgi main) truz... aku ga ngomongin awan kaya gitu ke sbat aku, aku malah biasa aj. gitu loh.....

    ReplyDelete
  24. Saya takut kalau itu adalah HAARP (senjata pemicu gempa milik Amerika), saya takut itu akan memacu guning Krakatau agar meletus.

    ReplyDelete
  25. saya juga tinggal di kota cilegon...
    saya sering melihat awan seperti ini jika sedang melaksanakan upacara bendera hari senin di smp ks (sekolah saya)
    kalau bisa bahas lagi ya...
    saya penasaran... :D

    ReplyDelete
  26. awan yang di bentuk oleh angin dengan kecepatan tinggi, biasa terjadi pada siang hari yang cerah dengan pembentukan mendung sedikit

    ReplyDelete
  27. ituh kan pernah dibahas yeh sblume?

    ReplyDelete
  28. Saya yakin 100% itu gas buangan roket. Saya kurang tahu istilah ilmiahnya apa. Ya semacam kenalpot motor lah ngeluarin asap XD

    Saya yakin itu roket karena beberapa kali melihat proses terjadinya awan itu. Alamat saya di Jepara Jateng. Roket itu melintas dari barat ke timur. Saya yakin itu bukan pesawat karena jika dilihat dari bawah tidak terlihat adanya sayap. Bentuknya lonjong kecil berwarna putih.

    Awalnya awan yg terbentuk ukurannya seukuran roket itu , jd tipis sekali seperti rambut. Tapi selang bbrp detik awan itu melebar dan terus melebar sampai akhirnya hilang sama sekali dalam bbrp jam.

    Dulu tahun 2000-an hampir tiap hari liat pas berangkat sekolah. Kadang malah 2 awan sekaligus

    ReplyDelete
  29. Jimin:
    Foto jam 12.36 dan 12.45 keren, ada kepala naga menyembul dari bawah. seperti ular turun dari langit ke bumi nih

    ReplyDelete