Monday, November 16, 2009

Misteri Ular Terbang - Mitos atau fakta

Konon di hutan Kalimantan yang misterius, para penduduk sekitar menceritakan mengenai adanya ular yang biasa terbang dan hinggap di kepala manusia untuk menyantapnya. Di Lombok, ada kisah mengenai ular Berare yang disebut-sebut juga sebagai ular terbang. Apakah makhluk yang disebut ular terbang hanya sebuah mitos ataukah memang ada di dunia nyata ?


Ular terbang ternyata bukan sekedar mitos. Makhluk ini juga telah terdokumentasi dengan baik oleh dunia sains. Namun pada awal penampakannya, bahkan para zoologyst asingpun tidak dapat mempercayainya. Sebenarnya ular ini tidak benar-benar terbang, namun nama ini telah melekat pada hewan yang satu ini selama lebih dari 100 tahun.

Laporan mengenai ular terbang di Indonesia pertama kali diceritakan oleh para Misionaris asing yang bekerja di Sumatera.

Pada suatu hari di tahun 1833, seorang sesepuh penduduk lokal di Sumatera mendatangi dua misionaris barat yang sedang bekerja di sana untuk menceritakan pengalaman anehnya.

Sesepuh yang bernama Tam Basar itu bersumpah bahwa ia dan para penduduk lainnya pernah melihat ular yang sedang terbang di udara. Takut dengan bahaya yang mungkin ditimbulkannya, mereka segera membunuh ular itu sesaat setelah mendarat di dekat mereka.

Kedua misionaris barat itu tidak begitu saja mempercayai kisah itu. Namun Tam Basar bersikeras bahwa ia menceritakan hal yang sesungguhnya. Ia juga menambahkan bahwa ular itu memiliki panjang sekitar 1,2 meter dan tidak memiliki sayap.

Satu tahun kemudian, pada Januari 1834, salah satu diantara misionaris tersebut, NM Ward, sedang berjalan melewati hutan dekat sungai Pedang Bessie, sekitar 1,6 km dari lokasi dimana Tam basar melihat ular terbang.

Ia dan teman seperjalanannya berhenti sebentar untuk mempelajari sebuah pohon tinggi di dekat situ. Ketika mereka melihat ke atas, mereka begitu terkejut karena melihat seekor ular yang sedang terbang, persis seperti yang diceritakan oleh Tam Basar. Ular itu terlihat bergerak dengan cepat di udara di bawah pohon tempat mereka berdiri.

Ward kemudian menceritakan pengalamannya dalam surat kabar "Missionary Herald" edisi Maret 1841. "Dengan demikian, aku menjadi yakin dengan adanya ular terbang. Para penduduk lokal yang mengenal wilayah hutan di situ juga mengetahui fakta ini dengan jelas." Katanya.

Walaupun kedengarannya aneh, namun sekarang kita bisa mengetahui bahwa di Asia Tenggara paling tidak ada lima spesies "ular terbang". Ular-ular tersebut sebenarnya tidak terbang, melainkan meluncur atau melompat dan keberadaan ular ini bahkan sudah dibuktikan dengan beberapa foto dan rekaman video.

Di bawah ini adalah ular terbang jenis Chrysopelea Pelias :



Di bawah ini adalah ular terbang jenis Chrysopelea Ornata :



Dibawah ini adalah foto ular terbang dari jenis Chrysopelea Paradisi yang terlihat di Singapore ketika sedang meluncur di langit :


Ini adalah foto ular terbang dari jenis Chrysopelea Paradisi ketika sedang take off. Tubuhnya yang membentuk huruf S membantunya untuk memberikan daya dorong yang lebih kuat :


Ular-ular jenis Chrysopelea ini termasuk ular yang memiliki bisa. Namun bisa racun pada ular jenis ini tidak mematikan bagi manusia.

Jadi misteri ular terbang Indonesia sebenarnya sudah tersingkap dengan jelas. Hewan ini benar-benar ada dan hidup sampai sekarang. Bahkan bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di negara Asia dan Amerika.

Namun soal ular di Kalimantan yang katanya menyantap kepala orang, hmm...saya tidak tahu pasti.

Walaupun cerita ini singkat, tapi menambah pengetahuan kan ? :p


(forteantimes.com, flyingsnake.org)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

47 comments:

Anonymous said...

ruarrrrrrrrrrrrrr biasa, sungguh sebuah ciptaan Tuhan yang apik bangeth.
salut bangeth buat enigma yang selalu berhasil menyingkap setiap tabir mistery yang ditemuinya.
salam.

Anonymous said...

Malah sebaliknya, orang yang hinngap dikepala ular dan menyantapnya. Buat obat kuat ha ha ha

world of mystery said...

enigma......memang blog misteri no 1 di indonesia....slu saja menampilkan artikel yang bermanfaat bagi kita semua.....thanks...yach........

Rensen's Blog said...

ini artikel selingan ya mas?? psti lg ga mood buat artikel yg pnjang2! hhe...

Btw, nice info mas!!

Anonymous said...

Benar2 blog terdepan di Indonesia dalam masalah misteri..
saluuuttt...!!!

Anonymous said...

to emiro: iya ya, bener setelah diperhatiin jadi merinding. hahaha

AXBR Science Of Today said...

secara ilmiah ular tersebut bukan TERBANG melainkan LONCAT..
gak mungkin ular itu terbang
ular siluman kaleeeeeeee

enigma said...

@rensen : ini memang tulisan selingan. lagi sibuk soalnya.

@emiro : memang ada kepala orang, kalo kita mengira itu hantu jadi merinding. padahal itu foto kepala cewek yang pake kacamata di gedung lantai tinggi. Cuma fotonya gelap, jadi kayak hantu. haha

bintang said...

fotonya kok nggak meyakinkan... kayak di lempar ke udara trus di foto...

Anonymous said...

Waktu kecil dulu orang2 tua di tempat saya sering cerita soal ular yg bisa terbang atau lebih tepatnya melompat, katanya dulu sering terlihat..
Tapi sekarang udah jarang..

rahasia yang terabaikan said...

lho--lho....kok bisa gt bang?wah unik.....btw cepet bgt posting lg?padahal aq aja masih blog walking...hehe

MASIV STAR said...

gw juga pernah liat tuh uler waktu masih kecil sih, ketika gw lagi main n jalan-jalan lewat sawah ada uler di atas pohon pisang n ketika uler itu ngeliat gw n fren eh.. itu uler lompat sejauh kurang lebih 3 s/d 5 meteran kepohon pisang yang lain kira-kira panjangnya uler itu 1,5 meter-an, jadi ngeri juga waktu itu langsung kabur deh kita semua...wiiiiii....takuuuut

Anonymous said...

aku juga demikian, waktu masih kecil pernah ketemu sama ular terbang itu. aku sdg merambah hutan mencari burung buat jadi sasaran tembak mainanku. eh, tau2 uler itu terbang dan mendarat tepat di depanku, lalu aku dan ular sama2 kaget dan teriak2 ... lalu kami kabur! cepet banget! shock gua!

Anonymous said...

sy pernah di ceritakan ortu ttg ular terbang di tanah betawi, dikenal dengan nama 'Braja', kalo lg terbang berwarna merah, dan biasanya stelah itu ada yg mati krn gigitan ular, dipercaya digigit oleh 'braja 'tsb..
sy percaya ada makhluk sperti itu, dan sy tahu ortu sy bukan pembohong..

uprit said...

Umm....maaf nih, bukan bermaksud menghina... tapi Hehehe.. "ular terbang" ini sudah pernah diliput sama Discovery Channel kok... :) hehehe.... tapi blog enigma ini emang selalu saya ikuti tiap hari. Hahaha.. seperti baca koran saja! :) 2 thumbs up! :)

Anonymous said...

nice post,, tapi kalo Ularnya bisa terbang, gimana caranya?? kalo cuma loncat gimana isa setinggi itu?

Anonymous said...

Ternyata legenda2 dari daerah bisa jadi kenyataan juga ya?


______________
vstmyblog

http://nutsiesfashion.blogspot.com

ical said...

Sy pribadi belum pernah melihat langsung ular "Berare" di Lombok itu, namun banyak orangtua di sana bercerita bahwa mereka pernah melihat langsung.

Anonymous said...

bung dulu pernah ada artikel cryptozoologi dalam kerangka legenda jawa, terbit di majalah berbahasa jawa joko lodhang, yang saya inget daerah banyuwangi bernama alas purwo banyak bentuk2 hewan yang aneh2 seperti ular tebang dan juga ular lebar biasa disebut ulo kloso / ular tikar...asik juga kalo ada penjelasn ilmiahnya

Anonymous said...

mas enigma coba liat kompas deh.
Kayaknya ada cupachabra di Indonesia
http://regional.kompas.com/read/xml/2009/11/16/22195326/ada.dua.lubang.gigitan.di.leher.sapi

Andry said...

saya kira ular segede anaconda yg bisa terbang kyk naga di film2 itu..ternyata cuma gerakan melompat aja bukan terbang itu..

Anonymous said...

tapi cukup bikin aq merinding kalo tiba2 enak2 lagi jalan tiba2 tu ular lompat dengan indahnya kearahQ. mana cewekQ parno ma yang namanya Ular hehehehehehe ^^

Romy M.I.B said...

oii bro gw copy neh posting nya yhaa

tenang gw buat koq sumber nya

boleh yhaa...

CV. said...

Kalau di Pulau Bali, kisah ular terbang ini ada ceritanya. Begini ceritanya... hiiiiik kayak mubuin anak. Ya begini, Pada jaman dahulu diceritakan bahwa ular yang paling ditakuti adalah ular Sanca, ular ini dipercaya ular yang paling besar dan bisanya sangat mematikan sayang ular ini agak bodoh, nah suatu ketika ular sanca di tantang berkelahi sama ular terbang ini (kalo di bali namanya ular Selem Pandan ular yang cerdik)dengan perjanjian siapa yang bisa mematikan pak tani itu, bisa yang kalah harus dikeluarkan. Ular sanca yang bodoh disuruh duluan menggigit seorang petani yang sedang mencangkul di sawah dan ular ini sekali menggigit pak tani langsung mati. Nah karena posisi pak tani saat digigit pas mencangkul jadi pak tani kelihatan masih hidup, dia dalam posisi berdiri dan di tahan oleh cangkul yang masih lengket ditanah. Nah Ular selem pandan ini berteriak dan mengatakan pak tani masih hidup dan dia masih berdiri, pada saat giliran ular selempandan (ular terbang)ular ini langsung meloncat dan menabrakkan tubuhnya di pak tani yang sudah mati itu, dan akhirnya paktani jatuh ketanah, dan ular terbang pun berkata bahwa aku paling hebat di dunia ini. Nah ular sanca udah terlanjur berjanji maka bisa yang dimiliki itu di muntahkan dan dimakanlah sama ular terbang. Mungkin pengasuh xfile-enigma tidak menjelaskan bisa yang di miliki ular terbang ini, kalo di bali ular ini sekali gigit pasti mangsannya langsung mati.

DESFIRAWITA said...

waktu kecil, saya pernah lihat ular terbang, dan dia langsung mendarat di air, nggak tahu kecil atau besar yang jelas heran aja, kok bisa?

Anonymous said...

Ariel 10 said...
Iya benar kata OM Enigma lihat saja posisi ularnya.Itu posisi ular yang meloncat.

anakkucing said...

hehehe.. sebenarny kan banyak ular yg bisa "terbang", dan rata2 ular pohon memang bisa melompat dari satu pohon ke pohon lain sehingga terlihat seperti terbang..
salah satu yg paling terkenal adalah boomslang..
tadi saya pikir bro enigma membahas ttg boomslang, tp ternyata bukan..

keren bro, untuk menambah referensi buat yg menganggap ular terbang (selain naga) itu memang ada.. hehehehehe.. :p

777 Man said...

Pada foto ke-2: Mungkin ular itu jatuh dari pohonnya.
Pada foto ke-4: Mungkin juga ular itu dilempar oleh orang yang di dalam foto itu.

Saran saya: seharusnya teks ini dimasukkan ke dalam kategori "Hoax". Karena pada foto pertama dan ke-3, mungkin di-edit sehingga si ular itu terlihat terbang.

enigma said...

Saya akan menyebut sesuatu hoax jika ada bukti yang kuat. Bukan cuma sekedar dugaan. Apa yang kamu sampaikan mengenai foto di atas sayangnya hanya sebuah dugaan yang tidak bisa dipakai untuk membuktikan sesuatu. Oh ya, baca definisi saya mengenai hoax di menu "about this blog" di bawah header.

Anonymous said...

gambar yang nomor 2 kayak ularnya lagi jatuh dari pohon ya.

Anonymous said...

klo gg salah dulu banget, pernah liat liputan ttg ular terbang di tvri.
sbtulnya gg terbang, benar kata admin. ada yg lupa disebut tapi.
keistimewaan dia melengkungkan badan untuk menangkap aliran udara.
saat dia loncat, badannya hampit membentuk huruf U terbalik untuk menangkap alirn udara, itu ke istimewaannya.
btw dia bukan terbang dari bawah/tanah, tapi loncat dari pohon ke pohon.

Apakah Arti Sebuah Kehidupan said...

He he, kalo orang di tempatku udah ga heran lagi, emang ada kata mbah2 dulu waktu masih buka hutan di daerahku, kalo pas lagi lompat bunyinya seperti pecut. Ceritanya mbahku kalo udah pas denger suara ini pada bungkuk/tiarap biar ga kena gigitannya. Tapi sekarang hampir ga pernah ditemukan lagi karena hutannya udah habis jadi pemukiman.

lare osing said...

kalau ular tikar atau ulo kloso pernah dnger g
mash penasaran nie
soale orang tuaQu sering crita ndek alas purwo - banyuwangi ada
tpi lum ada penjelasan ilmiahnya

Ani said...

Hai bang enigma saya org Kalimantan selatan Dan saya pernah mengalaminya sendiri,waktu saya kecil saya sering sekali main disemak2 buat mencari capung. Tiba2 saya dikejutkan ada ya ular yg berada dipundak saya. Saya menjerit ketakutan, terus orangtua Dan paman2 saya pada mau melepaskan ular itu Dari badan saya. Ternyata ular itu bisa melompat jauh sekitar 3 meter. Waktu dikejar paman saya ternyata ular itu udah Ada diujung pohon mangga. Ular itu kecil ukurannya sekitar 50 cm

Kashf al-Haqq said...

ular itu sih bukan misteri..memang ada..kl kami orang batak menamakannya "ulok dari sihim"..ular itu memang "terbang"..lebih tepatnya meluncur (gliding)..

Post a Comment