Sunday, December 6, 2009

Legenda Atlantis yang sesungguhnya - menurut Timaeus dan Critias

Kita telah mengenal Atlantis yang legendaris sejak lama. Selain menarik minat para arkeolog dan penjelajah, Atlantis juga menarik perhatian para panganut new age, ufolog hingga nazi Jerman. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa bangsa Atlantis adalah sekelompok ras super keturunan alien yang memiliki teknologi tinggi. Tapi ngomong-ngomong, berapa banyak dari kalian yang pernah membaca buku Timaeus dan Critias tulisan Plato ?


Selalu ada perdebatan apakah Atlantis yang dideskripsikan oleh Plato merupakan sebuah fiksi atau kenyataan. Saya sama sekali tidak kesulitan untuk menerima teori bahwa Atlantis adalah sebuah bangsa yang benar-benar ada dalam sejarah. Namun sepertinya saya mengalami kesulitan untuk menerima teori yang mengatakan bahwa Atlantis adalah negeri para dewa, Ras super keturunan alien dengan teknologi super tinggi, atau teori para penganut new age yang menganggap Atlantis sebagai sebuah benua mistik yang memiliki peranan signifikan dalam kehidupan umat manusia.

Hitler bahkan percaya bahwa bangsa Arya adalah keturunan langsung dari Atlantis yang membuat ia memerintahkan pencarian benua ini.

Jadi saya memutuskan untuk membaca langsung dari sumber legenda Atlantis, yaitu Timaeus dan Critias karangan Plato yang ditulis pada tahun 347 SM. Tentu saja kalian tahu bahwa manusia cenderung membesar-besarkan sesuatu. benar kan ? Jadi saya harus mencari tahu sendiri apa yang dikatakan Plato mengenai Atlantis.

Dan saya tidak menemukan satupun deskripsi yang mengindikasikan bahwa ras Atlantis adalah ras super keturunan alien dengan teknologi super tinggi. Teknologi dan kemampuan yang dideskripsikan Plato mengenai Atlantis sebenarnya sama saja dengan teknologi yang dimiliki oleh bangsa purba lainnya seperti Yunani, Cina dan Mesir. Bahkan, dalam tulisan Plato disebutkan bahwa Bangsa Atlantis kalah berperang dengan Yunani (Saya percaya kalian belum pernah mendengar soal ini).

Mungkin yang membuat orang berpikir bahwa mereka keturunan alien adalah karena Plato menyatakan bahwa bangsa Atlantis berasal dari keturunan Poseidon, Dewa Samudera Yunani (ini berlaku bagi mereka yang mempercayai teori bahwa dewa-dewa masa purba adalah alien).

Tapi menariknya, jika kita meneliti kisah-kisah legenda masa purba dari Cina kuno, Sumeria, Mesir, Yunani dan bahkan Indonesia, kita juga akan menemukan legenda yang menceritakan bahwa mereka adalah keturunan langsung para Dewa. Jadi saya menganggap, Legenda Atlantis tidak jauh berbeda dengan legenda suku bangsa lainnya. (Maaf untuk penggemar Atlantis)

Tapi ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari kisah Atlantis. Dan bagi yang belum mengetahuinya, di bawah ini saya sertakan deskripsi singkat mengenai Atlantis.

Potongan-potongan kalimat ini saya terjemahkan dari Timaeus dan Critias versi Inggris terjemahan Benjamin Jowett. Kalian juga dapat mendownloadnya sendiri dengan mengklik link sumber di akhir tulisan ini.

Timaeus dan Critias adalah sebuah buku yang ditulis dalam rupa dialog yang terjadi antara Timaeus, Critias, Hermocrates dan Socrates. Dalam buku itu, kisah Atlantis diceritakan oleh Critias yang mendengar kisah itu dari kakeknya yang juga bernama Critias. Sedangkan Critias (sang kakek) mendengarnya dari Solon. Dan Solon mendengarnya dari para pendeta Mesir.

Timaeus hanya sedikit menyinggung soal Atlantis. Sedangkan Critias lebih banyak mendeskripsikan Atlantis. Namun, Critias sepertinya belum diselesaikan oleh Plato sehingga kita hanya mendapat sepenggal kisah Atlantis. Tapi paling tidak cukup untuk mengambil pelajaran dari bangsa yang luar biasa ini.

Lokasi Atlantis
"Kekuatan ini datang dari samudera Atlantik. Pada waktu itu, samudera Atlantik dapat dilayari dan ada sebuah pulau yang terletak di hadapan selat yang engkau sebut pilar-pilar Herkules. Pulau itu lebih luas dibandingkan dengan gabungan Libya dan Asia dan pilar-pilar ini juga merupakan pintu masuk ke pulau-pulau lain di sekitarnya, dan dari pulau-pulau itu engkau dapat sampai ke seluruh benua yang menjadi pembatas laut Atlantik. Laut yang ada di dalam pilar-pilar Herkules hanyalah seperti sebuah pelabuhan yang memiliki pintu masuk sempit. Namun laut yang di luarnya adalah laut yang sesungguhnya, dan benua yang mengelilinginya dapat disebut benua tanpa batas. Di wilayah Atlantis ini, ada sebuah kerajaan besar yang memerintah keseluruhan pulau dan pulau lain disekitarnya serta sebagian wilayah di benua lainnya" (Timaeus)

Asal mula bangsa Atlantis
"Sebelumnya aku telah berbicara mengenai pembagian wilayah yang diadakan bagi para dewa dan bagaimana mereka tersebar ke seluruh dunia dalam proporsi yang berbeda-beda. Dan Poseidon, menerima bagiannya, yaitu pulau Atlantis." (Critias)

"Di tengah-tengah pulau itu ada sebuah dataran yang dianggap terbaik dan memiliki tanah yang subur. Di situ ada sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi di masing sisi-sisinya. Di gunung itu tinggal seorang pria fana bernama Evenor yang memiliki seorang istri bernama Leucippe. Mereka memiliki satu anak perempuan bernama Cleito. Ketika Cleito telah dewasa, ayah dan ibunya meninggal dunia. Poseidon jatuh cinta dan bersetubuh dengannya." (Critias)


Karakteristik Tanah Atlantis
"Poseidon lalu memecahkan tanah di sekitar bukit tempat tinggal Cleito sehingga bukit itu terpisah dari dataran lain. Bukit itu sekarang dikelilingi oleh laut yang berbentuk lingkaran. Poseidon membuat dua bagian daratan seperti ini sehingga jumlahnya menjadi dua daratan yang dikelilingi tiga wilayah perairan." (Critias)

"Masing-masing daratan memiliki sirkumferen yang berjarak sama dari tengah pulau tersebut. Jadi tidak ada satu orang dan satu kapalpun yang dapat mencapai pulau itu. Poseidon lalu membuat dua mata air di tengah-tengah pulau, satu air hangat dan satu lagi air dingin. ia juga membuat berbagai macam makanan muncul dari tanah yang subur." (Critias)

Nenek Moyang bangsa Atlantis
"Poseidon dan Cleito memiliki lima pasang anak kembar laki-laki. Ia lalu membagi pulau Atlantis menjadi sepuluh bagian. Ia memberikan kepada anak tertua dari pasangan kembar pertama tempat kediaman ibu mereka dan wilayah yang mengelilinginya yang merupakan tanah terluas dan terbaik. Ia juga menjadikannya raja atas saudara-saudaranya. Poseidon memberi nama anak itu Atlas. Dan karenanya seluruh pulau dan samudera itu disebut Atlantik." (Critias)

Kemakmuran Bangsa Atlantis
"Tanah Atlantis adalah tanah yang terbaik di dunia dan karenanya mampu menampung pasukan dalam jumlah besar." (Critias)

"Tanah itu juga mendapatkan keuntungan dari curah hujan tahunan, memiliki persediaan yang melimpah di semua tempat." (Critias)


"Orichalcum bisa digali di banyak wilayah di pulau itu. Pada masa itu Orichalcum lebih berharga dibanding benda berharga apapun, kecuali emas. Di pulau itu juga banyak terdapat kayu untuk pekerjaan para tukang kayu dan cukup banyak persediaan untuk hewan-hewan ternak ataupun hewan liar, yang hidup di sungai ataupun darat, yang hidup di gunung ataupun dataran. Bahkan di pulau itu juga terdapat banyak gajah" (Critias)


Struktur Masyarakat Atlantis
"Pada masa itu, wilayah Atlantis didiami oleh berbagai kelas masyarakat. Ada tukang batu, tukang kayu, ada suami-suami dan para prajurit. Bagi para prajurit, mereka mendapat wilayah sendiri dan semua keperluan untuk kehidupan dan pendidikan disediakan dengan berlimpah. Mereka tidak pernah menganggap bahwa kepunyaan mereka adalah milik mereka sendiri. Mereka menganggapnya sebagai kepunyaan bersama. Mereka juga tidak pernah menuntut makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan." (Critias)

"Para prajurit ini tinggal di sekitar kuil Athena dan Hephaestus di puncak bukit. Di tempat itu mereka kemudian membuat pagar untuk melindungi tempat itu. Di sebelah utara, mereka membangun ruangan untuk makan di musim dingin dan membuat bangunan-bangunan yang dapat digunakan untuk kebutuhan bersama." (Critias)


"Mereka tidak memuja emas dan perak karena bagi mereka, semua itu tidak ada gunanya. mereka juga membangun rumah sederhana dimana anak-anak mereka dapat bertumbuh." (Critias)


'Inilah cara mereka hidup, mereka menjadi penjaga kaum mereka sendiri dan menjadi pemimpin bagi seluruh kaum Helenis yang dengan sukarela menjadi pengikut mereka. Lalu mereka juga menjaga jumlah perempuan dan laki-laki dalam jumlah yang sama untuk berjaga-jaga bila terjadi perang. Dengan cara inilah mereka mengelola wilayah mereka dan seluruh wilayah Hellas dengan adil. Atlantis menjadi sangat termashyur di seluruh Eropa dan Asia karena ketampanan dan kebaikan hati para penduduknya." (Critias)


Teknologi Atlantis
"Mereka membangun kuil, istana dan pelabuhan-pelabuhan. Mereka juga mengatur seluruh wilayah dengan susunan sebagai berikut : pertama mereka membangun jembatan untuk menghubungkan wilayah air dengan daratan yang mengelilingi kota kuno. Lalu membuat jalan dari dan ke arah istana. Mereka membangun istana di tempat kediaman dewa-dewa dan nenek moyang mereka yang terus dipelihara oleh generasi berikutnya. Setiap raja menurunkan kemampuannya yang luar biasa kepada raja berikutnya hingga mereka mampu membangun bangunan yang luar biasa besar dan indah." (Critias)

"Dan mereka membangun sebuah kanal selebar 300 kaki dengan kedalaman 100 kaki dan panjang 50 stadia (9 km). Mereka juga membuat jalan masuk yang cukup besar untuk dilewati bahkan oleh kapal terbesar dan Lewat kanal ini mereka dapat berlayar menuju zona terluar." (Critias)


Kehancuran Pulau Atlantis
"9.000 tahun adalah jumlah tahun yang telah berlangsung sejak perang yang terjadi antara mereka yang berdiam di luar pilar-pilar Herkules dengan mereka yang berdiam di dalamnya. Perang inilah yang akan aku deskripsikan." (Critias)

"Pasukan yang satu dipimpin oleh kota-kota Athena. Di pihak lain, pasukannya dipimpin langsung oleh raja-raja dari Atlantis, yaitu seperti yang telah aku jelaskan, sebuah pulau yang lebih besar dibanding gabungan Libya dan Asia, yang kemudian dihancurkan oleh sebuah gempa bumi dan menjadi tumpukan lumpur yang menjadi penghalang bagi para penjelajah yang berlayar ke bagian samudera yang lain."
(Critias)

"Banyak air bah yang telah terjadi selama 9.000 tahun, yaitu jumlah tahun yang telah terjadi ketika aku berbicara. Dan selama waktu itu juga telah terjadi banyak perubahan. Tidak pernah terjadi dalam sejarah begitu banyak akumulasi tanah yang jatuh dari pegunungan di satu wilayah. Namun tanah telah berjatuhan dan menimbun wilayah Atlantis dan menutupinya dari pandangan mata." (Critias)


"Karena hanya dalam semalam, hujan yang luar biasa lebat menyapu bumi dan pada saat yang bersamaan terjadi gempa bumi. Lalu muncul air bah yang menggenang seluruh wilayah." (Critias)


"Namun sesudah itu, muncul gempa bumi dan banjir yang dashyat. Dan dalam satu hari satu malam, semua penduduknya tenggelam ke dalam perut bumi dan pulau Atlantis lenyap ke dalam samudera luas. Dan karena alasan inilah, bagian samudera disana menjadi tidak dapat dilewati dan dijelajahi karena ada tumpukan lumpur yang diakibatkan oleh kehancuran pulau tesebut." (Timaeus)


Penutup - Pelajaran dari Atlantis
"Selama banyak generasi, karakter yang mulia hidup di dalam diri mereka, mereka patuh kepada hukum dan memiliki ketertarikan yang kuat kepada dewa. Mereka memiliki jalan hidup yang baik, menggabungkan kelemahlembutan dengan kebijaksanaan di dalam berbagai aspek kehidupan dan dalam hubungannya dengan sesama." (Critias)

"Mereka tidak mau mengangkat senjata melawan sesamanya, dan mereka akan segera bergegas menolong rajanya ketika ada usaha untuk menggulingkannya. Mereka menolak segala kejahatan dan hanya melakukan kebaikan. Mereka hanya menaruh sedikit perhatian untuk kehidupan mereka sendiri. Mereka menganggap remeh harta benda emas dan perak yang sepertinya hanya menjadi beban bagi mereka." (Critias)


"Bahkan ketika mereka berkelimpahan di dalam kemewahan, mata hati mereka tidak dibutakan olehnya. Mereka sadar bahwa kekayaan mereka akan bertambah oleh perbuatan baik dan persahabatan antara satu dengan yang lain yang juga disertai dengan penghormatan antara sesama. Karakter-karakter semacam itu terus bertumbuh di antara mereka." (Critias)


"Namun, karakter-karakter mulia tersebut mulai memudar dan menjadi terlalu sering dikompromikan. Mereka bercampur dengan sifat-sifat duniawi, dan sifat itu kemudian menjadi pengendali. Karena itu mereka tidak mampu lagi menanggung kekayaan yang mereka miliki. Mereka mulai berperilaku tidak sepantasnya dan mata mereka menjadi rabun karena mereka telah kehilangan harta mereka yang paling berharga." (Critias)


"Zeus, raja para dewa yang memerintah berdasarkan hukum dan mampu melihat perbuatan-perbuatan jahat yang mereka lakukan mulai mencanangkan hukuman bagi ras yang terhormat itu supaya mereka dapat disadarkan dan dimurnikan. Lalu ia mulai mengumpulkan para dewa dari tempat kediaman masing-masing. Setelah mereka semua berkumpul, Zeus berkata : ....." (Critias)



Dan dengan kalimat itulah Critias berakhir, tidak terselesaikan. Jadi kita tidak akan pernah tahu apa yang ingin dikatakan oleh Zeus. Tapi bahkan walaupun buku ini tidak pernah terselesaikan, pengaruhnya terhadap umat manusia jauh lebih besar dibandingkan dengan ribuan buku lainnya.

(Timaeus, Critias)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

138 comments:

Anonymous said...

pertamaaaaxxx gan tanya ttg fraterniti donk,,

--- dimas ---

Anonymous said...

salah tulis gan fraternity tu apa ya??

kalo organisasi rahasia skumpulan penenun kaya di film wanted itu nyata apa g y?

gw mau tanya donk ttg chemtrail itu apa soalnya gw sering bgt liat di langit awan putih (atau semacam asap) melintang panjang bgt di langit,, gw domisili di madura,,

ada juga foto2nya, kalo mau kirim kemana ya ?


thx bgt gan,, blog paling keren yang pernah gw baca !!!!



=== dimzdiah ==

Anonymous said...

pertamaxxxx dri dlu smpe skrang kesampean jga... kwkwkw mlez sih klo da bnyak orang

tigor buseng said...

sial sial sial sejak jam 8 malam tadi tak tungguin postingannya...kenapa aku tidak jadi yang pertamaxxxx..........buat dimas ini hari keberuntunganmu...

Anonymous said...

mlm2 masih bisa posting info,, sambil kerja tetep rajin cari data ya gan,,

saluut,,,

jakrta mana gan?? kok fotonya ebigma cuma mata doank,, kaya shinobi aja,, hahah

--dimz--

enigma said...

@dimzdiah : fraternity itu kata bhs inggris yang artinya persaudaraan. Jadi bukan nama/merk organisasi.
Kalo di film wanted, nama organisasinya assasin, berasal dari perkumpulan kuno Hasshashin dari turki.

Chemtrail itu jejak asap tapi mencurigakan. haha.

Mau kirim foto, klik tab Contact me di bawah header. ada alamat email saya. Tapi harus misterius ya fotonya. haha.

Jakarta barat. justru malam baru bisa posting. Shinobi itu memang favorit saya.tapi lebih suka lagi nobita.

@anonymous urutan ketiga : Maaf bro, ternyata cita-cita kamu belum kesampaian.

Anonymous said...

jangan2 di binus y gan?? rumah saya dkt situ soalnya

==dimzdiah ==

Anonymous said...

ahahah,, tadi emg sempet mau nutup web ini soalnya lom ada postingan baru,,

oiya bang enigma,, satu lagi saya mau tanya (maap kebanyakan,semangat 45 soalnya,,hehe)

saya pernah liat acara di NGC tentang piramida-piramida di mesir,,nah di salah satu dinding piramida tersebut terukir jelas ada tiga bentuk yaitu :
helikopter,
speedboat/yacht , dan
UFO,

bentuknya persis bgt kaya kalo kita gambar 2 dimensii,dan di sekitar ukiran tersebut y cuma hieroglif2 biasa,,


terus ada suatu ruang penyimpanan bawah tanah yang belum terekslporasi dan katanya berhubungan dengan suku maya dan UFO,, gimana tuh gan??


thx yo,,,
hohohoho,,

---dimzdiah---

enigma said...

Ukirannya bukan di dinding piramida. Tapi di kuil Abydos. memang mirip helikopter, pesawat sama kapal selam. Kalo soal ruang bawah tanah, memang lagi diteliti. ketemu di bawah piramida Giza.
Lokasi saya bukan di dekat binus.

gatotkaca_coy said...

bang enigma, nanya.
apa ditulis buku/buku2 itu drmn plato dpt smua pngetahuan itu?
trus kita bisa tau yg d tulis itu bkn fiksi atau karya sastra/karangan/smcmnya drmn?maap, ngga tll ngrti

enigma said...

Itu buku berupa dialog antara timaeus, critias, socrates dan hermocrates. jadi plato tidak ada disitu. Soal atlantis, diceritakan oleh critias yang mendengarnya dari kakeknya yang juga bernama critias. sang kakek (critias) mendengarnya dari Solon. Solon mendengarnya dari para pendeta Mesir.

Soal fiksi atau tidak sdh jadi perdebatan selama ratusan tahun. nobody knows.

Aditya's Blogsphere said...

kok udah banyak yang komen.....nah ini yang aku tunggu bang.....sik aku waos (baca) dulu yua....tar komenya di lanjut......

Anonymous said...

Bang enigma . Mw tx . Sblmx maap klw prtxn sya adlh prtxn bdoh . Ap ad hbgn peristiwa bhtera nuh dgn tngglmx atlantis ?Thx

gatotkaca_coy said...

mo nanya lg bang.
barusan bbrp kl buka blog ini ko k blok terus y?
knp kira2 y bang enigma?
apa krn kseringan buka blog ini jd ad yng salah?

enigma said...

@gatotkaca : saya tidak mengerti maksud kamu.

@anonymous yang nanya soal bahtera nuh :
Itu pertanyaan yang menarik. Menurut beberapa ilmuwan, masa tenggelamnya Atlantis memang kurang lebih sama dengan masa Nuh hidup.

Anonymous said...

Ak pernah baca di blog lain kalau atlantis mungkin berada di amerika selatan... Bener ga ya??

Mariska Sheila Kellani said...

haha jangan2 itu fiksi karangan Plato. kebayang klo misalnya berapa ribu taun di masa depan para arkeolog masa depan menemukan komik doraemon terkubur dan berpikir teknologi kita udah semaju itu ampe bisa bikin alat2 canggih doraemon hhahaha.

eh tapi ada juga kan teori atlantis itu indonesia. pas dulu daratan Sunda masih menyatu dan belom terpecah jadi sumatra, jawa n kalimantan gara2 Toba meledak dan abunya menyebabkan 6 tahun musim dingin, cool ya~??

anyway, bang enigma i love u so much, your blog ROCK!! semoga anda bahagia selamanya ya :)

enigma said...

ya, satu diantara beberapa puluh teori lainnya.

Anyway, belum pernah ada yang mendoakan supaya saya bahagia selamanya. Jadi saya terharu. semoga kamu juga bahagia selamanya.

Anonymous said...

tapi kayaknya bisa jadi emang kisah nabi nuh tuh...

Anonymous said...

Yudolf :
Saya pernah baca katanya di kitab Mahabrata ada peperangan antara orang India kuno dengan bangsa Atlantis yang di sebut bangsa Aswins. Mereka berperang dengan teknologi laser, jet, dan roket serta kendaraan terbang dan juga Bom nuklir. Apakah Enigma bisa mengulas tentang hal ini??? Mengenai kitab Mahabrata atau tentang teknologi yang di bicarakan kitab itu!!! Trims!!!

gatotkaca_coy said...

belakangan saya sering kesulitan buka blog ini.ada tulisan "blocked" ketika dibuka.terus2an.jd sy smpet kira bloking dtng dr bang enigma krn saya tll sering buka2 blog ini.smacem ditolak gt (blakangan sadar kl it g make sense).makanya brusaha shati2 mngkn utk tanya.maaf sdh pnya prasangka buruk, maaf. sy super awam thdp atribut dn mslh2 teknis dunia maya,jd agak panik waktu situs fave sy ngga kbuka trus mikir yg aneh2.he he.pis y bang.maaf

Arya said...

mantap bos, emang perlu ni artikel yang gini2an, biar ga pada kena 'buaian' terus2an, n ga banyak menghayal.
salut!!

Anonymous said...

bang mau tanya,,

1. Kira2 berapa prosentase kemungkinannya alien, ufo dsb yg selama ini kita sangka sebagai ET adalah Bangsa Jin yang berumur panjang yg muemungkinkan untuk menguasai teknologi dari masa ke masa.

2. Apakah Anda percaya ada makhluk lain selain manusia di semesta ini?

L

Moh. Aris Taufik said...

bagaimana ya..,

om enigma.. kira-kira plato menulis itu tahun berapa ya??
lalu saat kejayaan atlantis itu tahun berapa??

kami selaku umat islam, mempercayai semua yang ada dalam kitap suci Al-Qur'an, dan Hadist nabi,,
Lalu di dalam Al-Qur'an tidak pernah disebutkan adanya atlantis, dan tidak ada hadist Nabi yang mengatakan tentang bangsa seperti atlantis itu,

didalam Al-Qur'an hanya ada kaum Nabi Nuh as yang terkena adzab banjir bah, tidak disebutkan bangsa atlantis yang ditenggelamkan..

mohon penjelasannya, mungkin om enigma menemukan keterangan atlantis dari Al-Qur'an dan Hadist Nabi SAW.

Terima kasih

Anonymous said...

Tumben Bang enigma balas hampir semua pertanyaan..
Mantab dah!!
Salllluuuut Wat Blog Ini,apa lg yg Nulis!!

Anonymous said...

keren bgt bro^^.tolong diulas y tentang sejarah ninja,he3...soalnya ninja juga misteriuskan

Anonymous said...

pasti anonymous diatas abis nonton ninja assassin...
=D

Anonymous said...

wah gw blum nnton ninja assasin,wkwkkw.tp gw tertarik soalnya gw blajar ninjutsu

enigma said...

@gatotkaca :saya tidak pernah memblok siapapun utk membuka blog ini. saya hanya mereject komentar yang saya tidak inginkan. Mungkin security setting di browser kamu. coba cek, atau coba gunakan browser lain.
Oh ya, kadang kalau kamu konek pakai Telkomflash, maka blog ini menjadi tidak update karena dia hanya meload posisi blog satu hari sebelumnya. saya juga tidak mengerti soal ini.

@anonymous yang bertanya :
1. Kira2 berapa prosentase kemungkinannya alien, ufo dsb yg selama ini kita sangka sebagai ET adalah Bangsa Jin yang berumur panjang yg muemungkinkan untuk menguasai teknologi dari masa ke masa.

"kemungkinanan selalu ada. soal persentase, hanya Tuhan yan tahu."

2. Apakah Anda percaya ada makhluk lain selain manusia di semesta ini?

"Setelah meneliti kalimat pertanyaan yang kamu gunakan, maka saya menjawab, tentu saja ada makhluk lain selain manusia di alam ini"

Anonymous said...

Bang enigma...sy tertarik dengan hub bangsa atlantis dengan kaum nuh, tolong posting dari sisi ilmu arkeologi dan sejarahnya yah..

Memang dah ini blog ga ade matinyeee...hail enigma hehehe...

-Hiruma- said...

Bang Enigma, tolong posting misteri 2012 doong.... hehehe... soalnya kayaknya seru jg tu dibahas....

Anonymous said...

Baru nongol, udah rame bener. ketinggalan dah gua.

husnun said...

mas enigma... tulisan yang bagus..
saya juga pernah baca novel ttg atlantis ini.
judul nya Negara Kelima, ditunggu postingan berikutnya ya...

wendi wirawan said...

apa jangan2 atlantis ada hubungannya dengan zaman NUH AS ? krn dari cerita critias ada air bah hujan dan gempa bumi . sama ceritanya ketina NUH AS membuat bahtera bagi umatnya . . .

hmm . . . i wonder . . .

Anonymous said...

Kalo menurut saya dari tulisan plato di atas sama seperti mitologi Yunani. Saya gak percaya sama sekali dengan atlantis

gatotkaca_coy said...

ya saya tau bang enigma ndak bgitu. makannya jadi pengen malu. eniwey tengs infonya bang. btw saya jg ikutan dukung pencaritauan hub crita nuh as sm atlantis.maju trus bang enigma!

Anonymous said...

Itu sih kaum nabi Nuh yang kena banjir hebat (yang telah diprediksikan Prophet Nuh PBUH dengan membuat kapal terbesar pada saat itu)

gatotkaca_coy said...

bang enigma, udah ada jatwal tetep wiken libur posting y? :)
cm mo share link yg ngomongin atlantis juga. kali ini kaitannya dengan teori indonesia=atlantis or not.d lihat scr geologis/mnrt ilmu bumi dgn bahasa yg ramah sm kpala orang spt sy.he
mngkn bang enigma ud bc.tp ttp cantumin aj ah.hahah.smg manfaat http://rovicky.wordpress.com/2006/11/11/benarkah-indonesia-itu-atlantis/

Mariska Sheila Kellani said...

2. Apakah Anda percaya ada makhluk lain selain manusia di semesta ini?

"Setelah meneliti kalimat pertanyaan yang kamu gunakan, maka saya menjawab, tentu saja ada makhluk lain selain manusia di alam ini"

buahauahuhau ngakak saya baca ini..tentu saja selain manusia masi ada makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan kan??

haahahhaa..iya bang enigma, semoga kita bisa bahagia selamanya ya XDD

Anonymous said...

Saya suka postingannya mas !

oya mas bahas juga dong tentang benua Lemuria/ Kumari Kandam..

thnx...=)

Anonymous said...

coba di cek n dibandingkan dengan sejarah kerajaan dwaraka yang dibagun di tengah laut oleh bangsa yadawa (bangsa yang sangat maju dengan ciri-ciri seperti diungkap dalam sejarah atlantis) dibawah kepemimpinan sri krsna, kemudian bangsa yadawa musnah karena perang saudara dan sesudah perang kerajaan dwaraka tenggelam (antara mesir dengan india) perkiraan 5000 tahun yang lalu.

Yazied said...

bagus...bagus...ada tulisan yang nyebutin kalo sebelum hancur beberapa penduduk atlantis berpindah dan menyebar ke pulau lain sambil membawa teknologi dan kebudayaan mereka serta cerita2 legendanya...saya jadi berfikir kalo kebanyakan legenda2 yang ada di dunia tuh ada di indonesia semua, mulai hobbit, kuda sembrani, Org, Naga, Raksasa, bahkan sampai dengan Elf..khusus Elf ada yang merhati'in ga kalo ornamen2 Elf mirip dengan ornamen2 dalam pewayangan Jawa, fan tlisan2nya mirip dengan tulisan sansekerta..ini cuman argumen lho, maaf kalo salah semua..tolong di benarkan

ms. edvo said...

ga percaya lg saya hahhaha..
ada berapa taun sih sebelum masehi? plato menulis ttg timeaus dan critias pd thn 347 SM. trus didlmnya dblg atlantis perang aja udah 9000 taun.
????

Anonymous said...

kk enigma, pendeta solon di mesir masih ada ga ampe skrg? kalo masih ada, knp org2 ga nanya ama mereka lgs za ya ttg atlantis? kan ceritanya diceritain bermula dari pendeta solon ini. harusnya mereka lbh tau dong?! ya ga?

enigma said...

Ya, tapi sayangnya Pendeta mesir itu sudah tidak ada lagi pada masa sekarang.

Anonymous said...

bos bahas tentang budaya lemuria dong,katanya dulu di wilayah indonesia ya?

Anonymous said...

semua pertanyaan kalian dapat kalian baca di buku karangan Prof.Asoriyo Santos kalo gak salah...
judulnya ttg 'Atlantis'...benere2 ngeriiii n mberindiing bacanya....!



Mega_Kairos

Anonymous said...

klo ngomong atlantis jadi inget novel karangan ES. Ito "Negara Kelima"

Anonymous said...

Kang Enigma ... setau saya para ahli sudah menemukan atlantis .. yaitu adalah pulau santorini dg gn berapinya Thera ... Gunung tsb meltus dan menenggelamkan sebagian pulau santorini. tenggelamnya pulau inilah yg menyebabkan laut merah pd waktu itu sempat surut shg Musa dpt melewatinya bersama bani Israel ... kemudian ketika Firaun dan pasukannya lewat .. maka sunami besar menghantam mereka ...

Anonymous said...

gw mau tanya donk ttg chemtrail itu apa soalnya gw sering bgt liat di langit awan putih (atau semacam asap) melintang panjang bgt di langit,, gw domisili di madura

** maaf, baru nanggapi. Itu bukanlah awan aneh. Itu tandanya baru saja ada pesawat jet atau roket yg sedang lewat. Aku juga sering lihat kok.

Anonymous said...

tp klo gw denger2 tuh atlantis tuh kan pulau jawa.

ilvan yanuar said...

cerita atlantis ntu dongeng ya???
klo org yg beragama,pasti ga pcy deh ama ntu cerita..
ilvan's....

Anonymous said...

hallow om enigma
menurut saya ada teori yang paling kuat
tentang Atlantis
tapi saya lupa
Atlantis sebenarnya berada di bawah pulaw jawa
yang tenggelam karena lempengan bumi !!!!
dan menurut kabar burung nya Atlantis akan muncul lagi !!!!
tapi ntu baru kabar burung nya
ada bukti bahwa atlantis berada di bawah pulau jawa sumatra !!
ada nya gunung krakkatau dan anak krakatau
yang muncul dari permuka'an laut sunda

sekian

Anonymous said...

--Why--

sebenerny kehancuran atlantis bukan karena bencana alam kan.. tapi karena perang?? atlantis yang sebenarnya cinta damai itu bertahan atas serangan bangsa yang ingin menduduki wilayahny..tapi karena perang yang berkepanjangan akhirnya tunduk jg.. alhasil kisah2 dan peradaban asli yang tercatat tidak ada lagi karena di hancurkan... dan skarang atlantis itu sendiri menjadi sbuah yang kita tahu keberadaannya tapi tidak tahu keasliannya...

atauu.... sbenarnya salah 1 negara di bumi ini adalah atlantis...

om engima.. pendapat q ini termasuk ap sih??? konspirasi?? pendapat mengada2?? ato skeptis??

--ed--

enigma said...

Sebenarnya atlantis bukan bangsa cinta damai. Atlantis itu menyerang Yunani, tapi kalah. Lalu, mereka memang hancur karena gempa bumi.

revo_7 said...

ZEUS berkata:"Ibu2 Bapak2 siapa yg pnya anak bilang aku,aku yg sdg malu,sama tmn2ku krn hanya diriku ygtak laku2"

Evelyna Pee said...

Dapat buku Timaeus dan Critias dimana?

hmm..mgkn nga Atlantis itu sebuah negri seperti keadaan bumi kita sekarang. Dgn berbagai kecanggihan teknologi yg ada. Atlantis kemudian hancur. Lalu sisa2 peninggalan mereka terkubur jg. Terkadang ada yg menenemukan sisa2 barang2 yg mgkn membuat berpikir, kok jaman dulu uda ada barang canggih ya..
Terkadang jg ditemukan sebuat tulisan di batu/simbol2, yg mgkn itu adalah sebuah dokumen. Sama seperti kita skrg, dokumen yg ada di kertas/buku.

Mgkn nti peradaban yg kita jalani skrg musnah. Kemudian nti akan muncul peradaban baru lagi. Yg tentunya nti akan menemukan sisa2 peninggalan peradaban kita. Bisa saja peradaban baru tsb menemukan tulisan/dokumen2 pd jaman skrg, namun mereka nga ngerti apa isinya, krn mgkn peradaban baru itu menggunakan model tulisan/cara komunikasi yg jauh berbeda dgn yg kita gunakan skrg. Sama seperti kl skrg ini kita menemukan peninggalan dari jaman2 dulu yg kita nga ngerti apa arti dari simbil2 tsb..hehe..hanya pendapat ketika lg sulit tidur

Anonymous said...

mungkin itu kaum ad yang dibinasakan tuhan beserta pulau nya...MISTERY whawhewhoww...

Anonymous said...

wah, baca negara kelima deh, pasti percaya banget kalo indonesia (dan sekitarnya) itu sisa2 atlantis, contoh yang mendukung teori itu: di dlm crita timeus & critias disebutin ada curah hujan tahunan, ada gajah2, ada deretan gunung2 merapi. wah pokoknya masih banyak deh fakta2 yang disambungin di novel itu, keren deh.

Anonymous said...

terhentiny sbuah tulisan itu sama dngan berakhirny hidup seseorng, ada yang berakhir baik, ada yang bruk dan menyedihkan. Bila terhenti di tengah2 seperti itu berarti ia menghentikanny dengan terpaksa yang berarti mati, bila benar isi buku tsb berarti cerita tsb berasal dari orang yang pernah tinggal dan selamat dari bencana tsb, dilihat dari segala yang ia thu mengenai atlantis berarti dapat disimpulkan bahwa ia orang penting di kota atlantis karena pada masa itu hanya orang yang memiliki hub penting bagi negara saja yang boleh tahu mengenai negara tsb secara detail

499

Anonymous said...

Lam kenal mister anigma.
pengagummu nambah satu lagi nie..

Anonymous said...

Skilas memang mirip dg karakteristik Indonesia (menurut saya).bisa saja kan? He.. he..
Indonesia dulunya adalah atlantis yg lenyap di telan alam,kemudian muncul kembali dg bentuk kepulauan seperti sekarang.orang atlantis yang keluar kemudian mendiami eropa.tak heran bila eropa teknologinya lebih maju.mungkin, lumpur sidoarjo adalah lumpur yg di kisahkan dlm legenda atlantis yg kini muncul stelah skian abad terpendam.
(berharap mode : on)

ChoKecil said...

bukannya tulisan itu menunjukan itu
INDONESIA?

ditempat mana lagi ada Atlantis selain Indonesia
atau India
tetapi kalau dibandingkan dengan luasnya
daerah itu,
India bisa saja dicoret dari daftar kemungkinan Atlantis =)

Coba kalian baca buku
Tulisan dari Prof. Arysio Nunes dos Santos dalam bukunya Atlantis, The Lost Continent Finally Found

Anonymous said...

Indra/ChoKecil

"Namun sesudah itu, muncul gempa bumi dan banjir yang dashyat. Dan dalam satu hari satu malam, semua penduduknya tenggelam ke dalam perut bumi dan pulau Atlantis lenyap ke dalam samudera luas. Dan karena alasan inilah, bagian samudera disana menjadi tidak dapat dilewati dan dijelajahi karena ada tumpukan lumpur yang diakibatkan oleh kehancuran pulau tesebut." (Timaeus)

nah itu bisa dijadikan referensi
Gunung Toba atau Gunung Krakatau =)

tapi seandainya saja BENAR ATLANTIS adalah INDONESIA
kita tetap saja seperti sekarang,
jangan hanya berbangga hati
melainkan seharusnya kita bisa mengembalikan kejayaan Indonesia speerti dulu, tetapi tidak dengan hati yang dipenuhi keduniawian (ratu adil)

seperti yang dikatakan oleh Jayabaya =)

Anonymous said...

sya lebih suka menganggap atlantis hanya sebuah dongeng.....
hha

Soerosasmitho said...

manusia itu memang tidak tinggal sendirian (selain hewan dan tumbuhan lho ya)...
dilihat dari UFO dan lain-lain...
UFOpun bukan ilmu pseudoscience lagi tetapi sudah menjadi science, yaitu ufologi dan pengamatnya yg disebut ufolog...
UFO inipun masih tetap disembunyikan ke-eksis-annya oleh pemerintah dunia yg berkuasa (AS) dalam Area 51...
mereka berkonspirasi untuk menutupi hal ini untuk mengantisipasi kepanikan org2 kalau mereka tau bahwa UFO itu nyata...
UFO dibuat seakan2 kisah dongeng atau tokoh fiksi dalam film2pun, salah satu konspirasi pemerintah untuk menananmkan doktrin kepada semua orang, bahwa UFO itu benar-benar tidak ada...
semua itu sudah ada bukti, sejak terjadinya rosswell incident...

dan satu hal yg perlu diketahui, kita tinggal di planet bumi di galaksi bimasakti...
masih ada trilyunan galaksi di jagat raya ini...
dan tentunya tak terhingga jumlah planet yang ada...
mampukan anda membayangkan ujung dari luar angkasa...?
pernahkan anda berimajinasi, bahwa pesawat luar angkasa akan tertabrak/mentok jika terus melaju ke suatu arah (asumsi luar angkasa memiliki batas berupa "dinding")...?
ataukah asumsi diatas seperti orang pada jaman dulu yg berpikir bahwa bumi itu datar, sehingga luar angkasa itu sebenarnya berhubungan jika kita start di suatu titik, maka setelah berapa lama kita melakukan ekspedisi akhirnya kita kembali di titik start semula...
dari ke semuanya itu, apakah tidak mungkin jika terdapat planet yang memiliki terrain dan sifat seperti bumi (layak huni makhluk hidup)...?
itupun kalau mahluk hidupnya seperti kita...
belum lg kalau jenisnya mampu bertahan hidup dengan kondisi planet yang lain dari bumi (tekanan tinggi atau rendah O2 mungkin)...
planet mars-pun sudah dianggap sedikit lagi untuk mampu sama seperti bumi...
tidak menutup kemungkinan, di luar sana ADA planet yg layak huni (bayangkan dari trilyunan, satupun (selain bumi) masak tidak ada...?)

buat bung enigma, sangat bagus sekali blognya...
dan saya pun sangat tertarik, kebetulan saya lulusan S2 Arkeologi UGM sedang mempelajari peninggalan bangsa maya, atlantis dan mulai sedikit tertarik dengan astrologi...
karena semuanya itu menunjukkan keterkaitan satu dengan lainnya...

terus berkarya bung enigma...!!!
regards...

Anonymous said...

Gimana pada mao pelajari atlantis?
yg nyata2 kesalahan bebuyutan ajah pada gak tau, tuch grafitasi bumi tuch sbnarnya grafitasi bumi sebuah kebodohan yang dipelihara, yg pasti benda jatuh ke bumi itu bukan karena grafitasi bumi buktinya balon dan asap gak bisa terbang ampe tinggi bgt apa ini karena grafitasi bumi? pasti enggak lah kalo benar ada grafitasi harusnya semakin jauh jarak dari bumi semakin menurun pula daya tariknya ya ngak?

Ibnu Nadzir said...

sempat baca negara kelima karangan e.s ito? walaupun menurut saya agak berlebihan menyamakan atlantis dengan minang, tetapi di situ terdapat tesis yang menarik kemungkinan mengambil tesis dos santos soal atlantis di Indonesia.. punya pendapat khusus?

Anonymous said...

Kak Enigma, kalau yang di dalam laut mati itu apa ya? Katanya juga ada bekas peninggalan kerajaan di sana. itu sudah pernah diselidiki belum?

cheppy said...

percaya gapercaya gadosa juga kan. semua kekayaan alam, cuma indo yg punya.. saya percaya atlantis adalah indonesia di masa lalu. request shinobi dong bang enigma :D

rezki said...

halo sy pembaca baru enigma nih. wah blognya keren, bnyk penggemarnya, topiknya mnarik dan sy betah buka blog ini.
cuma mau bilang, ada buku ttg atlantis yg sy beli (prof. santos). katanya atlantis itu adalah indonesia. coba ya dibaca ya. bukunya namanya atlantis the lost continent finally found http://www.atlan.org/

Anonymous said...

bos, saya baca di salah satu web, ada yg ngaku orang dari atlantis. beneran gak tuh ?

Anonymous said...

mas, Inggrid Bennette beneran dari atlantis gak ?
coba baca disini http://annunaki.wordpress.com/2009/11/23/rahasia-atlantis/

TOLONG JAWAB DONG

CMIIW said...

bro enigma, apakah anda sudah lupa dengan logo anda: "selalu ada sisi lain?" kalimat terakhir anda terkesan skeptis terhadap kisah reinkarnasi dari si Inggird. atau anda masih beranggapan bahwa reinkarnasi masuk dalam kategori keagamaan?menurut saya tidak demikian, karena reinkarnasi lebih prefer kepada kesempatan yg diberikan Tuhan kepada umatnya untuk memperbaiki kesalahan yg terlanjur dilakukan/menyempurnakan kebaikan yg blm terlaksanakan. Jgn lupa pada kalimat:"What if Inggrid is telling the truth?"
Tapi Enigma masih tetap menjadi blog mistery favorit saya kok! Bravo Enigma!after all it's just my thought, ^__^V

enigma said...

Reinkarnasi memang masuk wilayah keagamaan dan saya memang tdk mau mengomentari mslh keagamaan. Mengenai ingrid, yang saya bilang mengada2 adl klaimnya, bkn soal reinkarnasinya. "What if ingrid not tell the truth?", bukankah itu sisi lain juga?

CMIIW said...

hahahha...bravo bung enigma memang jago dalam berdebat. Yah saya akui memang bener klo ingrid blm pasti mengatakan yg sebenarnya karena segala sesuatu selalu ada sisi lain..dalam kasus seperti ini tetap menjadi mistery tersendiri, benar atau tidaknya kita tidak tau pasti, tapi klo kita terburu2 bilang: ah, si ingrid mengada-ada..bukankah itu terkesan seperti bung enigma mengetahui secara pasti kejadian yg sebenarnya? klo bener demikian, berarti sense of mistery jadi ilang dong?ya ga?hehehhee....^__^V peace, no offense! btw blog mistery bung enigma aku bacanya tiap hari lho!tapi aku lebih suka ke topik yg berbau mistery yg tak terpecahkan..cara penulisan bung enigma sangat bagus sekali, berbeda dengan blog2 lain yg sudah aku baca, cara penyampaiannya terlalu menonjolkan agamanya..karena menurut saya pribadi, blog mistery adalah mistery, tidak bisa di sangkut pautkan dengan agama manapun di dunia ini..cara penulisan dan komentar juga tidak boleh terpengaruh agamanya..inilah yg membuat aku salut dengan bung enigma..karena setiap kata2 anda sangat netral dibaca. Btw, semoga kita semua berbahagia....~^____^~

enigma said...

Sebenarnya dalam menulis blog ini saya punya patokan. Saya pernah menjelaskannya dalam postingan saya mengenai hoax tengkorak raksasa. Patokan saya adalah begini:

Kalau sesuatu klaim misteri terlalu bombastis atau spektakuler (menurut definisi saya tentunya), maka saya mengambil posisi skeptis. Jika sebuah klaim misteri saya anggap tidak bombastis atau spektakuler, maka saya akan mengambil sisi Believer.

Posisi saya dengan Ingrid (dengan menganggapnya sebagai mengada-ngada) sama saja dengan posisi saya terhadap klaim yang lain, misalnya soal hitler lari ke antartika dan mendirikan markas ufo disana, atau Nazi punya markas di bulan, atau teori yang mengatakan kalau Tuhan sesungguhnya adalah alien dari luar angkasa, dll.

Banyak yang mengira kalau saya netral, padahal sebenarnya tidak. Saya juga punya cara pandang dan pendapat lho. :)

Anonymous said...

hebat bung enigma,
saya penggemar baru anda
tapi bang, omong2, siapa sih sebenarnya si ingrid itu ? kok saya cari di google gak nemu
tolong dong ceritain dikit tentang dia, dia sekolah gak ?

-si doel-

Anonymous said...

udah aku baca, gak dijelasin asal usulnya. tokoh fiktip kali yah

enigma said...

Hmm, memang susah dipastikan karena namanya cuma muncul di satu artikel. Saya tdk dapat info lbh lanjut ttg dia.

artgeoid said...

saya sudah membaca buku atlantis in indonesia karangan prof. santos...

meskipun bahasanya berat namun isinya memang menakjubkan...

penelitian prof. santos selama 30 tahun tersebut benar-benar detail...

sayang akhirnya dia meninggal dunia di tahun 2005

banyak konspirasi kenapa dia meninggal...
ada yang bilang dia dibunuh...

karena di bukunya sendiri beliau menulis bahwa ada usaha dari pihak-pihak tertentu untuk menutupi kebenaran tentang Atlantis...

mungkin kalau boleh saya ingin menyumbang tulisan tentang Atlantis berdasarkan buku prof. Santos di blog ini.

salam
raditia

NB : saya mengirim pesan ke email anda, tentang John Titor...

Anonymous said...

3 benua 2 pulau besar kyak likosai indo x,kan indo pernah kn super volcano(danau toba??wkwkwk g jlas jg ni

Anonymous said...

Bung Enigma,
Saya telah membaca buku Prof Arysio Santos berjudul "The Lost Continent Finally Found". Menurut beliau ciri-ciri geografis yang paling cocok terletak di Indonesia berdasarkan sumber Timaeus dan Critias. Beliau memaparkan dari sejarah apakah yang terjadi pada zaman es pleistosen, tentang pilar-pilar herkules yang sesungguhnya, bencana alam sampai dengan kaitan tulisan-tulisan kuno atau manuscript suku-suku kuno dahulu kala.
Yang paling mengesankan adalah bentuk geografis pada zaman es pleistosen ternyata sangat berbeda dengan yang sekarang.
Oke, saya yakin bung enigma telah tahu mengenai hal ini dan bagaimana pandangan bung enigma sendiri dengan teori terbaru mengenai atlantis ini..?

Salam,
Donny

Revolters said...

kk, cc, om, tante...semuanya dah... pernah ga berfikir secara logis... hancur/hilangnya atlantis...akibat pergeseran lempang bumi yg mengakibarkan hancurnya pulau itu...dan tenggelam ke dasar Samudera Atlantik??

oh ya...soal indonesia itu Atlantis...menurut saya... itu salah bgt... atlantis kan di S. atlantik..bukan di pasifik... klo di pasifik...benua Lemuria kan...

skalian... bahas tentang benua lemuria yg ilang juga ya... THX..

keren bgt nie blog...

hizkia said...

numpang tanya nih . kalo Atlantis itu Indonesia , apa ga kejauhan kalo mo serang yunani ? apalagi cerita atlantis berasal dari para pendeta mesir . kalo berdasar penjelasan arnold tonynbee di bukunya yg berjudul sejarah umat manusia , sepertinya pada waktu itu lokasi Indonesia berada di belahan dunia yg berbeda dengan lokasi kebudayaan mesir & yunani ..

asanx said...

hanya dongeng saja.
Critias mendengar dari kakeknya yang bernama Critias jg.dan Critias(sang kakek mendengar dari para pendeta mesir
jd kesimpulannya para pendeta mesir mendengar dari mana,sebab kurang lebih 5000 thn yang lalu terjadi banjir besar yang kita kenal dgn air bah.
dan yang selamat dari peristiwa itu hanya 8 orang.yakni Nuh dan istrinya dan ketiga anaknya serta menantunya.

Anonymous said...

gimana kalo nusantara kita jauh lebih tua dari atlantis..atlantis cuma salah satu anak cucu nusantara..

Edvan Muhammad Kautsar said...

dari poto yang ada diatas. ilustrasi bangunan atlantis terlihat seperti bangunan candi borobudur ya gan..

dibahas juga dong gan mengenai asal muasal borobudur. klo ga salah kan masi misterius ya.. :D

nice blog. i like your blog Enigma

determity said...

bro sumber ttg atlantis selain tulisan plato ada g?
kok terkesan cm cerita rakyat biasa ya?
yg dibumbi penyedap cerita.

enigma said...

@determity: tidak ada bro. Makanya banyak yang beranggapan ini cuma karangan Plato saja.

Anonymous said...

"pengaruhnya terhadap umat manusia jauh lebih besar dibandingkan dengan ribuan buku lainnya."

anda menyepelekan pengaruh kitab-kitab dan buku-buku suci umat beragama (Kristen, Islam, Hindu, Buddha).

enigma said...

@Anonymous 103: Ada berapa banyak buku di dunia ini? Milyaran atau ribuan?

yang saya tulis adalah:
"pengaruhnya terhadap umat manusia jauh lebih besar dibandingkan dengan ribuan buku lainnya."

saya tidak menulis:
"pengaruhnya terhadap umat manusia jauh lebih besar dibandingkan dengan semua buku di dunia."

Bisakah kamu melihat perbedaannya?

Jangan berusaha membangun sebuah kasus berdasarkan bukti yang tidak pernah ada. :)

Anonymous said...

@bang E,

Setuju bang E...orang tuh kok HOBI nya nyari kesalahan ya?

bro, lu buka mata besok udah terbit ribuan buku, bro di seluruh dunia.

dan bro..kitab itu berbentuk buku, tapi bukan berarti itu sebuah buku. itu tetap dan akan selaluu disebut kitab (suci) ga aka pernah menjadi sebuah buku.

di bahasa inggris aja nulisnya BOOK dan BIBLE, buku dan alkitab(kitab suci agama kristen). sama ga, bro?

ada-2 aja lu ah..gemes gwa bacanya. mencoba kritis salah tempat.

Anonymous said...

Zeus Berkata : "Kun Fayakun"
Hi..hi..hi....


By : Nacha

Silver_surfer said...

Mirip seperti Numenor dalam Lord of the Rings, atau J.R.R. Tolkien yang mencontoh ya??

Silver_surfer said...

BungE, sedikit tambahan, bisakah anda menjelaskan mengenai Lemuria?? Apakah ini sama dengan Atlantis?? kayanya saya dulu sudah pernah baca tulisan yang menyamakan mereka, tapi lupa dimana. Sedangkan tulisan yang lain membedakan mereka...

NB: Ngakak saya baca komennya Anonymous no.72.... Ni orang pernah belajar Fisika gak ya??

Anonymous said...

Kita telah mengenal Atlantis yang legendaris sejak lama. Selain menarik minat para arkeolog dan penjelajah, Atlantis juga menarik perhatian para panganut new age, ufolog hingga nazi Jerman.

Maaf, koreksi ya, kk Enigma. Penganut, bukan panganut. Soalnya tulisan kk selalu enak dibaca, sampai EYD juga diperhatikan.(sudah boleh jadi guru Bahasa Indonesia)

Hehehehe.... :D

-ddhavi-

inspirasi said...

menarik and keren abiz....izin copas....dan yang pasti aku cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.makasih.............

Anonymous said...

kalo ditelusuri terus tentang Atlantik gak akan pernah ada habisnya. menarik banget!!

isan said...

bro enigma, menurut Prof. Arysio Nunes dos Santos, katanya atlantis itu indonesia loh..
saya liat di website http://www.atlan.org/

Anonymous said...

sepertinya zeus ingin agar ini tetep jadi rahasia...seperti kata sebuah lagu...knowing nothing is better than knowing it all...

Anonymous said...

Zeusnya ga lanjut lagi soalnya dibantai Kratos.

Ngakak gw baca yg bawa2 gravitasi.hahaha.

Sama yang klaim atlantis=indonesia :
- Atlantis dijelaskan di Samudera Atlantik, apa Indonesia terletak di benua Atlantik?
- Hebat sekali Indonesia bisa nyerang Yunani jaman dulu dengan jarak sejauh itu.

oraono said...

Dengan melihat usia atlantis yang hampir sama dengan yunani kuno dan kebudayaan di timur tengah, bisa di katakan jika atlantis bukanlah sesuatu yang sangat istimewa, bung Enigma kalo sempat bisa carikan to jelaskan bagimana atlantis bisa begitu menjadi sesuatu yang sangat heboh seperti bung Enigma menjelaskan bagaimana segitiga bermuda bisa menjadi sangat terkenal. mungkin ceritanya akan berakhir seperti segitiga bermuda yang menjadi sebuah jawaban alternatif akibat permasalahan hilangnya pesawat di sekitar kepulauaan bermuda.
kembali ke atlantis : sudah menjadi hal wajar sebuah negara / kerajaan besar yang hampir2 tidak bisa dikalahkan oleh lawan2nya malah hancur akibat perang saudara. mungkin plato ingin menggambarkan sebuah negara yang hebat tapi akhirnya hancur akibat perang saudara. dah lumrah hal tersebut juga terjadi di kebanyakan kerajaan di dunia bahkan di indonesia juga begitu.

Anonymous said...

zeus berkata :"ayou pada ngopi bareng" ...hehehe

andreas said...

are you some kind of freak that do research on website about legend or extraterestrial being?

wise_new said...

Anda pun ternyata juga menjadi bagian dari sebuah misteri juga hehehe......

kadrav said...

keren kali ya kalo indonesia dulunya beneran atlantis....

Anonymous said...

Saya sangat 1000% yakin Indonesia bukanlah Atlantis apalagi peninggalan atau”puing2x peca hannya”sebab Atlantis sesungguhnya tetaplah ter letak di sekitar Samudranya.Saya pun sama seper ti kalian Fans Legenda Atlantis sebagai Legenda Nyata yg wajib Kita percayai & imani berdasar kan fakta :
1.Di zaman dahulu (era PraSejarah) memang ba
nyak negara yg terkena bencana alam akibat
pencairan Es Kutub Utara & banjir zaman
nabi Nuh.Bisa jadi Atlantis tenggelam akibat
bencana yg sejaman atau salah 1nya gara2x es
Kutub atau banjir besar Nuh.Bahkan dalam laut
Hitam pun banyak peninggalan2x Kota & Negara
zaman purba.
2.Atlantis seiman dgn Greece(Yunani)berbukti
dewa-dewi mereka ialah Zeus,Poseidon dll
sedangkan di Indonesia para dewa-dewi leluhur
Kita ialah Dewa-dewi Hindu atau dari India. 3.Indonesia secara Geografis letaknya lebih me
pet ke Semenanjung Malaya(Malaysia Barat) se
bagai Asia jadi Indonesia ialah kepulauan”
pecahan”Benua Asia yg terputus.
4.Atlantis sebagai milik Dewa laut Poseidon
tapi Indonesia tercipta dgn sendirinya. 5.Tesis atau apapun karangan Prof Santos dari
Brazil dkk yg sebutkan RI ini Atlantis atau”
pecahannya”sama sekali salah & tidak berdasar
kan penelitian ilmiah apalagi realitas.
6.Penemuan banyak peninggalan Atlantis termasuk
Piramida dlm laut terletak di Samudra Atlan
tis terutama segitiga Bermuda bukan di RI.
7.Teknologi dan Situasi Kondisi dalam Atlantis
tiada bandingannya,sangat kontras berbeda dgn
RI.Teknologinya di dasarkan Iptek dan Ilmu
Kebatinan atau Kelahiran.
8.Sesuai keyakinan & mimpi Saya juga yg menun
jukkan lokasi Atlantis di dalam Samudranya me
mang benar ada.

Anonymous said...

Sumpah mati demi Allah SWT memang Saya selama ini sering bermimpi mengenai Atlantis sampai 5 kali dgn inti dari mimpi tsb :
1.Mimpi beramai-ramai naik kapal laut ke tengah
Samudra Atlantik & kami semua melihat ada
setumpukan batu putih dalam samudra (Batu
bangunan aneh,bukan karang)berposisi di tengah
Samudra Atlantik serta dekat Bahama.
2.Saya Menemukan daratan baru yg gersang,ada pe
pohonan kering tapi di sekitarnya penuh pera
latan militer termasuk Tank Baja dsb.Bentuk
peralatan Militernya aneh dan unik,daratannya
masih di Samudra Atlantik.
3.Saya menyelam ke lautan Atlantik yg ada beba
tuan segiempat di kepulauan Yasuel ternyata
buah bangunan putih kuno amat besar berhalaman
luas dalam dasar laut ATLANTIS.
4.Saya mengunjungi Menara Traffic Control di
salah satu Airport pada Kota di Atlantic ser
ta mendatangi 2 petugasnya,ih ngeri(berkesan
Roh mereka)seluruh badan sampai pakaiannya”
seragam”putih-putih.Di Runwaynya ada”piring
terbang” lagi Take Off (pesawat UFO).Saya
tanya banyak pada mereka & jawabnya : itu
pesawat kami yg lagi di atur penerbangannya,
tugas kami di sini mengatur pesawat.Memang
pesawat di Atlantis ya itulah(UFO).Mereka
ramah dgn Saya.
5.Saya berada di sebuah daratan besar(kayaknya
Benua sekarang ini mungkin America atau Euro
pe)yg tersambung pada 1 pulau terbesar be ri
si banyak tanaman Bunga dsb.Anehnya Bunga tsb
rata-rata unik,besar dan Berwarna Biru
aneh(agak ungu)yg semuanya tertata rapi dalam
1 taman(semua bunga aneh ini kelihatan ter
pelihara oleh penduduk Pulau terbesar), Saya
belum nemukan penduduknya.Dekat taman bunga
tsb ada”Trotoar”juga utk bersantai seperti Ta
man Menteng Jakarta tapi jauh lebih panjang,
bersih & mengkilat.Tapi mendadak Pulau tsb
tenggelam mendadak pelan-pelan & Saya cepat
naik ke daratan sekarang.Pasca tenggelamnya
daratan tsb masih tampak berbagai bunga,taman
dsb dari permukaan laut bila Kita intip dari
daratan lain yg ada sekarang (terduga USA
atau Europe)jadi daratan tenggelam itu terpu
tus dari daratan benua yg ada sekarang maka
nya Saya yakin Benua yg tenggelam penuh Ta
man, Bunga(kesannya Surga Dunia)itu pasti
Atlantis,1000% yakin.

Anonymous said...

Sementara mimpi Saya baru 5x,Saya yakin ke 5 mimpi Saya ini petunjuk dari Tuhan bahwa gamba ran riil Atlantic memang kayak atau persis dlm 5 mimpi Saya.Tampaknya semua atau segelintir Roh orang mati asal Atlantis sedang “manggil” Saya agar lebih perhatikan Benuanya bahkan bila bisa jadi Penduduk serta Pejabat di sana (maaf bukan GR atau Nar sis tapi kira-kira begitulah emosi mereka).Minimalnya mereka sebagai Roh”Gen tayangan”yg sangat”berat”pada negerinya berha rap Saya bisa mengungkap keberadaan Atlantis pa da waktunya nanti.Akibat ke 5 mimpi ini Saya jadi penasaran mau banget sekali meneliti Atlan tis sampai sukses lalu berambisi mengeDamnya agar bisa muncul lagi terus mengajak semua te man ikut utk sama-sama Kita bangun Atlantis tentunya bersama mereka (roh-roh tsb yg pasti berReinkarnasi selaku pribumi Atlantis),setelah itu Saya bisa Sharing Posisi(kalian boleh ikut selaku penduduk sana,WNKA; Warga Negara Kera a an Atlantis & bisa jadi Anggota DPR KA dll) ibarat politik dagang Unicorn(Kuda Terbang, bukan dagang Sapi).
Akhirnya Saya bisa hidupkan lagi KA & jadi King mereka serta WNI manapun sudah”menjelma”sebagai WNKA.
Kembali pada Situasi & Kondisi Atlantis(KA): Pesawat UFO atau”Piring Terbang”tsb memang mi lik Warga & Raja KA dulu yg Saya yakini berge rak memakai magnet lebih cocok di sebut pesawat MagFi Fly ( Magnet terbang ).
HIDUP KEMBALI ATLANTIS ! SAYA selama ini selalu pelajari banyak cerita benua tenggelam termasuk daratan tenggelam kayak laut Hitam,Dwaraka,Le muria dsb tapi cuma Atlantis lah yg sangat me nonjol & memasuki dunia mimpi Saya.
Sebenarnya daripada Kalian semua Stress mikirin negara RI yg tak kunjung beres problemnya pasti nantinya Kita perlu Hijrah ke Atlantis setelah benua ini selesai di Dam, Rekonstruksi.

Salam Atlantis,
Drs.Hendi P.K.,MM

deeyont valenzky said...

Kalau menurut gue atlantis adalah tempat tinggal nabi nuh dan kaum nya yang di tenggelam kan,gimane?

deeyont valenzky said...

Kalau menurut gue atlantis adalah tempat tinggal nabi nuh dan kaum nya yang di tenggelam kan,gimane?

Anonymous said...

seperti membaca cerita novel harry potter yang dihubungkan dengan dunia nyata. apa mungkin ini cuma novel yang isinya mengenai negara yang ideal menurut plato?

yo2k.

nusantara cosmic said...

ah masa si? ampe mimpi 5x apa berusaha mengarang sampe 5x. cari tahu lagi lebih dalam ttg kaitan nusantara dgn atlantis

Anonymous said...

Zeus Berkata "Kok Sepi Sih?!?!"
Dan mereka Berjoged Caesar XD

edi gunawan said...

gak masuk akal sama sekali gk ada yg benar
ini pasti cuma di karang aja (n)

NOVTANDHI ondy said...

bangsa atlantis tidaklah super
Tetapi MESIN WAKTU yang akan dibuat Manusia bisa dilewati oleh kereta api dari blog yang saya baca dikatakan bahwa tahun 2036 mesin waktu tersebut akan berhasil dibuat.
dari situlah saya menyakini bahwa orang atlantis,mesir,suku maya dll tidaklah pintar tetapi karena mesin waktu yang dibuat oleh manusia masa depan, JADI orang masa depan kembali ke masa lau untuk membuat ATLANTIS dengan menggunakan mesin/alat dang dipunya

Internet | Gadget | Komputer said...

Saya pernah menyaksikan sebuah video dari youtube yang setahu saya video itu bukan buatan orang Indonesia. Dalam video itu diterangkan dengan gamblang tentang seluk beluk atlantis, yang deskripsinya juga didasarkan pada karangan Plato, Critias dan Timaeus. Dan yang saya paling kagumi, pada akhir video itu menyatakan bahwa kemungkinan Atlantis adalah INDONESIA mencapai angka kesamaan 70% bila ditilik dari segi aspek kehidupan rakyat dan kondisi alam serta cuacanya. Luar biasa ! Bagaimana ? Anda setuju bila Indonesia ini memang Atlantis yang hilang? ...

Anonymous said...

Bang , saya copas ke tumblr saya ya bang . izin nih ehehehe .. saya cantumin sumber link nya kok :D

Post a Comment