Thursday, January 14, 2010

Dua korban Titanic ditemukan selamat karena Lorong waktu - Klarifikasi

Sejak tahun 2008, beredar kisah ditemukannya dua korban selamat Titanic termasuk sang kapten setelah 79 tahun berlalu. Kedua korban tersebut disebut tidak bertambah tua sedikitpun dan kisah ini dianggap sebagai pembuktian bahwa Lorong Waktu benar-benar ada. Benarkah kisah ini pernah terjadi? 

Sebenarnya, saya sudah menerima pertanyaan mengenai kisah ini sejak beberapa bulan yang lalu dari seorang teman. Namun dua hari yang lalu, ketika salah seorang dari kalian menanyakannya kembali, saya baru teringat dan memutuskan untuk menulis mengenai kisah misterius ini.

Saya rasa banyak dari kalian sudah pernah mendengarnya karena ketika saya mencari referensi mengenai kisah ini, saya menemukan kisah yang sama persis dengan kalimat yang sama persis di entah berapa banyak Blog, website, link facebook dan hampir semua forum.

Untuk menyegarkan ingatan kalian, saya akan menampilkan kembali kisahnya, Kali ini saya akan mengkopi pastenya dari sumber yang bersangkutan. Tapi, saya akan mencantumkan sumber beserta linkback ke web yang bersangkutan :

DUA orang korban musibah Kapal Titanic pada tahun 1912, tiba-tiba muncul dalam keadaan masih hidup. Secara fisik mereka tidak berubah persis seperti semula. Teori lorong waktu telah menjawabnya. Misteri peristiwa yang terjadi beberapa tahun yang lalu, dan yang membuat gempar adalah nasib mujur kemunculan kembali korban Kapal Laut Titanic yang masih hidup.
Di antara kedua korban yang beruntung ini, yang satu adalah seorang penumpang wanita yang ditemukan pada tahun 1990, dan lainnya lagi adalah seorang kapten kapal Titanic yang ditemukan pada tahun 1991. Kapten kapal Smith ditemukan pada tanggal 9 Agustus 1991, setahun setelah ditemukannya seorang korban yang beruntung bernama Wenny Kathe, dia diselamatkan dari atas gunung es.

Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan, namun tidak membuatnya kelihatan tua dan lemah, Kapten Smith yang meskipun telah berusia 139 tahun, namun masih tampak seperti orang yang berusia 60 tahun lebih, dan bahkan dia masih menganggap bahwa saat itu adalah masa-masa sekitar tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912. Melalui identifikasi sidik jari yang masih tersimpan dalam catatan pelayaran laut, maka bisa dipastikan identitas Kapten Smith.


Seorang lagi korban musibah Kapal Titanic, Wenny Kathe yang berusia 29 tahun diselamatkan di atas gumpalan es Samudera Atlantik Utara pada tanggal 24 September 1990. Namun yang membuat orang terkejut adalah sejak dia hilang pada tahun 1912 hingga sekarang, tidak terlihat tanda-tanda tua sedikitpun juga. Dia ditemukan dan diselamatkan di atas gumpalan es 363 km barat daya Islandia. Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya. Smith, kapten kapal Titanic dan penumpangnya Wenny Kathe adalah saksi hidup orang hilang yang muncul kembali melalui lintasan lorong waktu. (
rileks.com)


Ketika membaca kisah ini, sebagian dari kalian akan segera percaya bahwa kisah ini hanyalah hoax belaka. Begitu juga saya. Sekarang, yang perlu saya lakukan adalah membuktikannya. Dan penyelidikan sayapun dimulai.

Semuanya diawali dari sebuah pertanyaan. Jika memang ini adalah kisah nyata, mengapa saya tidak pernah mendengarnya dibahas di televisi atau koran ? Mengapa saya tidak pernah melihat kapten Smith atau Wenny Kathe muncul di TV dan berbicara mengenai pengalamannya ? Apakah mungkin saya yang kuper dan jarang menonton Televisi ?

Jadi saya membuka google dan mengetik kata Wenny Kathe, mencoba untuk menemukan kisah ini di discovery atau national geographic, atau paling tidak di salah satu media asing lainnya. Ketika saya mengetik nama itu, google menemukan 3.510 hasil pencarian. Oh My God, this must be real story !

Tapi, tunggu...ada yang janggal. Semua hasil pencarian yang muncul adalah kisah yang berbahasa Indonesia. Saya mengklik hasil pencarian tersebut hingga halaman terakhir google dan menemukan hanya 2 blog berbahasa Inggris dan 1 blog berbahasa Melayu (bisa Malaysia atau Brunei) yang membahas kisah ini. Saya tidak menemukan kisah ini dibahas di Discovery atau media Asing lainnya. There Is Something Wrong !

Setelah saya mengecek dua blog berbahasa Inggris tersebut, ternyata satu diantaranya dibuat oleh orang Indonesia. Jadi tinggal satu blog lagi yang bernama theuniquenews.blogspot.com yang memposting kisah ini pada bulan Februari 2007 . Dan saya percaya blog inilah yang PERTAMA KALI memuat kisah ini di internet. Blog yang berbahasa Melayu yang juga memuat kisah ini bernama kebenarannya.tripod.com. Tidak ada keterangan tanggal atau bulan ia memposting kisah ini.

Seperti yang sudah saya katakan, saya menemukan kisah ini dengan kalimat bahasa Indonesia yang sama persis di seluruh blog dan web yang bisa saya temukan di google, dan hampir semua blog yang mengkopi paste kisah ini tidak mencantumkan sumber. Jadi, pada awalnya saya mengalami kesulitan untuk menemukan sumber pertama dari kisah ini (di media Indonesia).

Tapi akhirnya saya menemukan dan saya percaya (walaupun bukti saya juga tidak kuat) bahwa web yang pertama kali mempopulerkan kisah ini di Indonesia adalah rileks.com yang mempostingnya pada tanggal 07 Juni 2008. Mungkin rileks.com menerjemahkannya dari uniquenews.blogspot.com atau blog kebenarannya.tripod.com.

Lalu sayapun meneruskan penyelidikan.

Pertama, saya membaca kisah ini dan berusaha memahaminya. Lalu, saya menemukan beberapa kejanggalan atau ketidakakuratan yang menurut saya cukup mengganggu.

Misalnya, kapten Smith harusnya berusia 141 tahun pada tahun 1991, bukan 139 tahun. Lalu disebutkan bahwa identitas kapten Smith diverifikasi dengan catatan sidik jari yang tersimpan di catatan pelayaran. Saya meragukan bahwa tahun 1912, catatan pelayaran sudah menggunakan sidik jari untuk mendata awaknya.

Kemudian di paragraf kedua, disebutkan bahwa Wenny Kathe diselamatkan dari gunung es, sedangkan di paragraf keempat disebutkan bahwa Wenny diselamatkan dari atas gumpalan es. Gunung dengan gumpalan es tentu saja berbeda.

Lalu, mungkin yang paling mengganggu adalah kontradiksi kalimat di dalam kisah itu.

Kisah di atas dikaitkan dengan fenomena lorong waktu karena disebut :

"Kapten Smith yang meskipun telah berusia 139 tahun, namun masih tampak seperti orang yang berusia 60 tahun lebih, dan bahkan dia masih menganggap bahwa saat itu adalah masa-masa sekitar tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912 "

Tapi teori lorong waktu dipatahkan oleh kalimatnya sendiri yang berbunyi :

"Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan, namun tidak membuatnya kelihatan tua dan lemah."

Jika Kapten Smith terapung-apung di laut selama puluhan tahun, apakah itu ada hubungannya dengan lorong waktu ? Saya rasa tidak. Jika ia masuk ke dalam lorong waktu, maka ia hanya butuh waktu sekejap untuk sampai ke tahun 1991.

Ya, saya semakin yakin bahwa kisah ini adalah hoax. Tapi, seperti yang sering saya katakan. Sebuah kisah tidak bisa disebut hoax tanpa bukti yang kuat. Saya merasa belum menemukan bukti yang bisa meyakinkan kalian para pembaca bahwa kisah ini hanyalah imajinasi. Lagipula, saya tahu bahwa pembaca blog enigma adalah orang-orang yang kritis dan jeli (ini terbukti dari komentar-komentar kalian).

Ada yang mengatakan bahwa untuk mengetahui kebenaran sebuah peristiwa, kita harus berada langsung di tempat kejadian. Tapi, Saya rasa tidak demikian. Saya tidak perlu ada di Haiti untuk mengetahui bahwa terjadi gempa besar disana beberapa hari yang lalu. Untuk mengetahui kebenaran sebuah peristiwa, kita hanya perlu mencari bukti yang berdasarkan pada "common sense" bisa disebut sebagai bukti yang kuat. Dan saya rasa, internet dapat menjadi salah satu sarananya.

Ok, sekarang saya akan melanjutkan penyelidikan untuk mencari bukti yang lebih meyakinkan.
Seperti yang saya katakan, ada sesuatu yang salah. Nama Wenny Kathe tidak bisa ditemukan dimanapun di web berbahasa Inggris selain dua blog yang telah saya singgung tadi. Jadi saya memutuskan untuk berfokus pada nama ini. Lagipula, ia tokoh utama kita kan ?


Tapi bagaimana caranya ? Bukankah nama ini tidak ditemukan di sumber-sumber media asing ?

Karena itu, saya memutuskan untuk langsung mencari nama ini di tempat yang seharusnya, yaitu di daftar penumpang kapal Titanic yang tenggelam itu. Ya, di internet, daftar nama seperti sangat gampang ditemukan. Jadi, saya masuk ke encyclopedia-titanica.org dan...... Eureka !

Maksud saya dengan Eureka adalah saya MENEMUKAN bahwa nama Wenny Kathe TIDAK ada di dalam daftar penumpang Titanic. Wenny Kathe ternyata tokoh fiktif.

Karena itu potongan kalimat di atas mengenai Wenny Kathe yang berbunyi : "Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya." adalah pernyataan palsu ! Ini adalah sebuah fakta !

Soal kapten Smith, kita semua tahu bahwa dia bukan tokof fiktif. Kapten Edward John Smith memang kapten kapal Titanic.

Sekarang, saya sudah mendapatkan satu fakta. Karena nama Wenny Kathe adalah tokoh fiktif, saya tidak bisa lagi menggunakan kata kunci itu di google. Lalu, saya bereksperimen dengan beberapa kata kunci dan akhirnya saya menemukan sebuah petunjuk yang mungkin bisa menjadi bukti yang konklusif dan kuat untuk meyakinkan kalian bahwa kisah ini adalah sebuah hoax.

Petunjuk yang saya maksud adalah sumber pertama kali kisah ini muncul di dalam bahasa Inggris.

Ya, Ternyata saya salah.

Saya salah karena ternyata bukan theuniquenews.blogspot.com yang pertama kali memuat kisah ini. Sumber pertamanya adalah majalah Weekly World News Edisi Juni 1992 !

Saya menemukan majalah ini di dalam arsip google books. Ini sampul majalah itu edisi Juni 1992.


Saya tahu, kalian tidak suka dengan sampulnya yang kesannya seperti majalah "freak", majalah ini memang majalah semi fiksi yang sering memuat berita-berita imajinatif. Contohnya dalam salah satu edisi, majalah ini pernah memuat foto seekor monster laut yang sedang menyerang sebuah perahu. Dalam artikel ini, kejadian dan foto itu disebut sebagai kisah nyata.


Ini contoh artikel di dalam edisi Juni 1992.


Amazing right ?

Lalu ini halaman yang memuat kisah Titanic kita.


Dengan integritas majalah yang seperti ini, Bisakah kita menyebutkan bahwa kisah ini adalah hoax ?

Tentu saja belum ! Majalah ini juga pernah memuat berita nyata. Tapi saya menemukan sebuah petunjuk lainnya. Petunjuk yang saya maksud adalah foto wanita di bawah kiri itu. Baca nama yang ada di bawahnya.


Perempuan yang selamat dari Titanic yang disebut di majalah itu ternyata bernama Winnie Coutts, bukan Wenny Kathe. Pantas, saya tidak bisa menemukan nama Wenny Kathe di dalam media bahasa Inggris. Jadi, fakta selanjutnya yang kita ketahui adalah bahwa media Indonesia mengikuti kesalahan theuniquenews.blogspot.com.

I am getting excited.

Sekarang, mata saya tertuju pada nama Winnie Coutts. saya kembali membuka google dan mengetik nama Winnie Coutts dan Eureka !

Yang saya maksud dengan Eureka adalah saya MENEMUKAN bahwa Winnie Coutts ternyata salah satu penumpang Titanic !

Sayapun kembali ke encyclopedia-titanica.org untuk melihat daftar penumpang Titanic dan saya menemukan nama Winnie Coutts memang ada di daftar penumpang kelas III. Kalian bahkan bisa melihat harga tiket yang ia bayar di gambar ini.



Jika Winnie Coutts memang benar penumpang Titanic, jangan-jangan....Weekly World News tidak berbohong ? Pikiran ini memenuhi kepala saya selama beberapa saat.

Namun sekonyong-konyong, saya mendapatkan sebuah firasat. Jika dugaan saya benar, maka petunjuk ini dapat menjadi bukti konklusif yang saya cari. Dengan segera saya kembali ke encyclopedia-titanica.org.

Dugaan saya ternyata benar ! saya MENEMUKAN bahwa Winnie Coutts ternyata SELAMAT dari bencana Titanic. Setelah tragedi itu, ia dan keluarganya pindah ke New Jersey hingga meninggal pada tanggal 29 February 1960 pada usia 84 tahun. Sedangkan kapten Smith, seperti yang kita ketahui bersama, tewas dalam peristiwa itu.

Weekly World News ternyata telah mencatut nama Winnie Coutts untuk menciptakan kisah fiktif ! Tidak ada penemuan Kapten Smith atau Winnie Coutts (ataupun Wenny Kathe) pada tahun 1990 dan 1991.

Jika Weekly World News menggunakan nama penumpang Titanic yang hilang, maka mungkin masih ada unsur yang bisa diperdebatkan. Tapi dengan menggunakan nama penumpang yang selamat, seakan-akan majalah ini ingin memberitahukan kepada kita bawa kisah ini hanyalah sebuah hoax.


Penutup

Saya menghempaskan tubuh ke tempat tidur. Sepertinya saya telah menemukan bukti yang cukup kuat untuk meyakinkan kalian, para pembaca yang budiman, bahwa kisah mengenai penumpang Titanic dan Lorong Waktu sebenarnya hanyalah sebuah Imajinasi. Lelah. Tapi, rasa ingin tahu mengenai beberapa detail masih menggantung di benak saya. Saya berjalan menuju meja dan membuka laptop saya kembali dan...Ah, sudah capek. lagipula, saya rasa bukti-bukti yang saya ajukan sudah cukup meyakinkan. Jadi saya menutup laptop lalu membaringkan diri di tempat tidur dan memejamkan mata. Lega rasanya.


(Semua sumber dan linknya sudah saya sertakan di dalam tulisan)


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

400 comments:

  1. Christian said..

    wah pertamax..

    ReplyDelete
  2. saya cuma bisa berkata wow. analisa yg mantap bro

    ReplyDelete
  3. WAh sepertinya mas enigma dapet idenya pas malem ya?

    ReplyDelete
  4. Keduaxxx

    Mantap ulasannya!!

    Kenapa g jadi detektif aj sih..

    ReplyDelete
  5. Keren!!

    Artikel yg memuat kapten smith dan winnie couts selamat itu terbitan thn berapa?? Apa 1992 juga??

    ReplyDelete
  6. Lho,.sudah disebutkan diatas, edisi Juni 1992 yang sampulnya saya tampilkan.

    ReplyDelete
  7. Wah, mantap banget pembahasannya, dengan penelusuran yang sangat detail dan teliti. Salut om.

    ReplyDelete
  8. ^^, Wkwkwk
    Gile. . .Keren Euy! ! !

    ReplyDelete
  9. gw blg jg apa... tp bener gk sih yg dkatakan ma CERN kalo dia udah bsa buat mini blackhole
    jd geregetan sndri...

    ReplyDelete
  10. wah... hebat skali analisis Anda.. keren..
    tpi, itu bukan berarti lorong waktu tidak pernah terjadi kan?

    kalo boleh sy ingin ada pandangan ilmuwan tentang lorong waktu ini..

    apa benar lorong waktu yg dimaksud sama dengan worm hole?

    ReplyDelete
  11. soal wormhole, saya tulis lain waktu.

    ReplyDelete
  12. mengakhri teka-teki yg panjang,,
    q suka banget 5 blog ini...apalagi penejlasannya yg begitu detail..mantap!

    ReplyDelete
  13. K Enigma, minta tolong dong, kebeneran kemaren buka yahoo, disono ada berita tentang pada malam natal 2009, seorang ibu dan anaknya yg dinyatakan meninggal, namun beberapa saat (lupa dalam hitungan menit atau jam), keduanya hidup kembali, di web yahoo tersebut beritanya dalam bentuk video, inet gw kan lambat jd males kl tunggu videonya, brgx k enigma bs bantu cari

    ReplyDelete
  14. Keren Mas :)

    Mantep deh Pokonya,,,

    ReplyDelete
  15. kalo bole jujur, tidak ada blogger dengan tingkat disclosure of evidence nya setinggi ini (untuk blog misteri dan sejenisnya)

    membaca artikel aslinya saja sudah terlihat inkonsistensinya, namun yang lebih menarik adalah proses pembuktian bang enigma yang tidak cepat puas...

    ya, setidaknya meski kita tahu, bila hal itu adalah nyata tentu sudah jadi narasumber utama film titanic, namun di sini kita disuguhi sebuah prosesi pembuktian ala sherlock holmes...
    bravo bang engima

    ReplyDelete
  16. saya pun yakin berita ini hanya hoax..

    dari latar belakangnya aja dah mencurigakan, Titanic? kenapa harus Titanic..?

    btw,
    saya suka banget sama tulisan2 mas enigma di blog ini.. mendetail banget, lengkap.
    hasrat ingin tahu saya akan misteri dunia terlampiaskan disini, bahkan banyak hal yg dulunya masih hinggap di otak saya sebagai misteri.. disini sudah terpecahkan.

    hebat.. enigma!
    salute. di buat jadi buku, pasti best seller ni..

    ReplyDelete
  17. OMG ..
    Sering baca buku detektif y bang ??
    jago deeh, conan d dunia nyata t'rnyata ad d indo ..

    plok plok plok plok ..

    ReplyDelete
  18. Mantap Bung!
    Nie Blog kayak`y rating no 1 nih di Indo.
    ^^, Wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Sebenernya saya mau komen tentang dejavu kemaren tapi saya malah menemukan sesuatu yang mengejutkan.....ini berita yang gila tapi menarik....selamat bang enigma juga seorang pencari mistery yang satu2nya di indonesia......hehe oh ya bang.....klo pake trik proteksi dari q tadi akan tetap berfungsi meskipun javascript di matikan......ada baiknya bila bang enigma masuk ke html page dan melakukan enter sekitar seratus kali di atas kode head (yang paling atas ituloh.....)biar klo ada yang mau kopas ga bisa lihat source code nya...karena bila pengkopas tuh asal2an dia pasti bingung.....klo udah pake tag body buatan q tadi....di jamin satu2nya cara buat kopas artikel kita adalah dengan mendownload halamanya.....itupun kelak akan saya lengkapi nanti gmn cara untuk enskripsi halaman html biar ga bisa di download...klo perlu di kasih tambahan virus biar blog kita aman....semoga artikelnya bang enigma ga di kopas lagi yah...salam.....dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  20. aaaah....akhirnya bang enigma dan kita semua bisa tidur nyenyak malam ini... :)heheheh.
    great job mas!! buka kntor detekif swasta aja :)
    serius!!!!

    ms.terry

    ReplyDelete
  21. jdi kisah si kapten smith gimn tuch?
    pembahasannya putus ditengah jaln nihh..
    apakh kisah kapten smith berusia 141 thn, benar or hoax??
    satu lgi..manusia bisa berthn hidupkah di lautan es (Bayangin aja suhu air kadang2 bisa di bawah minus 0 derajat)??
    Seperti yg ia katakan..Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan..
    Ada yg janggal..

    ReplyDelete
  22. Hebat aq sngat puas sekali

    ReplyDelete
  23. Mantap detektif enigma!!

    ReplyDelete
  24. @fans enigma : sepertinya kamu kurang konsentrasi membacanya. haha. Kapten Smith meninggal pada saat bencana. Maksud saya, kalau memang ia benar ditemukan tahun 1991, harusnya saat itu umurnya 141, bukan 139 seperti yang tertulis di artikel rileks.com. Semua kisah itu hoax. jangan dianggap benar.

    ReplyDelete
  25. Bung, soal majalah yg diatas bsa d download g?

    Sukses slalu

    ReplyDelete
  26. itu ada di arsip google books. setahu saya tidak bisa didownload. cuma bisa dibaca online.

    ReplyDelete
  27. bang enigma coba bahas tentang john titor yang ktnya dri tahun 2036 dan punya gambar mesin waktu dan konsepnya^^

    ReplyDelete
  28. Sejak awal bc kisah ini saya sudah tdk percya..
    Tp saya benar2 salut sama mas enigma..
    10 jempol buat anda!!!

    ReplyDelete
  29. @idiotevil : kisah itu memang nyata. tapi saya harus baca-baca dulu ya.

    ReplyDelete
  30. oohh..ternyata kisah titanic yg selamt berarti cma 1 orng..seperti yg pernh di film kan..

    ReplyDelete
  31. coba bahas ttg john titor kliatanny mnarik tuh^^

    ReplyDelete
  32. EUREKA!! DETAIL sekali analisanya Mr. Enigma!!! dulu saya juga pernah mendengar cerita ttg ini, namun saya memang kurang percaya dengan cerita itu, namun setelah membaca postingan mas enigma saya makin lebih percaya bahwa itu memang HOAX!! postingan bagus mas enigma, saya kasi bintang 5 untuk cerita ini * * * * *! Good Luck!!

    ReplyDelete
  33. skali lagi salute buat bang enigma..
    rate #1 blog in indonesia :)

    ReplyDelete
  34. salut om analisisnya...
    maknyus...
    rekuest dong om klo ada wkt...
    prehistoric survivor maybe...:D

    ReplyDelete
  35. hhmmm....kok saya baru tahu tetang kisah ini!
    tp makasih ya om atas infonya.
    seperti biasa saya kagum.

    PEACE!!!!!

    ReplyDelete
  36. ya....seperti biasa....analisis yang mantab.....btw.....gaya anda menulis sekarang sedikit berubah.....dengan sentuhan perasaan pribadi....ehmmm anda terpengaruh oleh siapa...?
    ( i wonder.....?)hehehehehe

    ReplyDelete
  37. hemm. kan saya dah bilang dari kemaren .. bikin buku aja bos.. kayanya bagus...

    ReplyDelete
  38. analisis keren master. . . . .
    blog ini memang istimewa,gag seperti blog lain yang kopas sana-sini. .

    ReplyDelete
  39. kereennn !!!!!!

    awesome !!!

    humhh...iya nih om Enigma..kayaknya tutur bahasanya berubah...jadi kayak novel-novel gitu..

    eniwei..kerenn deh !! buat smua ulasannya..dari awal mpe akhir..

    ReplyDelete
  40. ya....
    gaya tulisannya berubah....
    lebih hangat dan manis
    tapi tetap detail dan mantap.......

    ReplyDelete
  41. Edan....
    makin lama makin mateng aja bang enigma ini.. selamat bang... anda yang terhebat soal tulisan blog misteri...

    ReplyDelete
  42. luv u gan..
    cerita dan cara pengupasan misteri dilengkapi dengan fakta sampe ke akar - akar nya...


    kalo ga sampe puas bukan bung enigma namanya !
    Hot Regrad's

    ReplyDelete
  43. bener kata mbah ware!! klo dbandingin yg dulu2 kayaknya skrg gaya menulis kk enigma jd berubah gmn g2,, knp hayo??

    hehe,,misteri...^^

    ReplyDelete
  44. Wuih..keren deh analisanya, dibahas secara terperinci banget, heheheh...
    Referensinya banyak pula...
    Btw, salam kenal yah :)

    ReplyDelete
  45. -antonnyKID-

    @anonymous: yang selamat ada sekitar 500 orang atau kurang. Coba kamu nonton lagi filmnya, saat pencarian korban selamat kan banyak tuh yang diangkut.
    Hanya saja saat TITANIC ditemukan bangkai kapalnya, sementara dibutuhkan kesaksian korban mengenai peristiwa saat itu, rupanya masih ada yang hidup meski umurnya sudah terlampau cukup tua. Akhirnya kisah cinta nenek itu yg terjalin diatas kapal, digabung dengan kisah tenggelamnya kapal tsb, EURECA! Kita temukan film TITANIC.
    @mbah ware: bener mbah. Mungkin sejak coralstone buatan mr. Ed.

    Lowh, aku merasa DEJAVU!! Eureca dan bentuk2 penulisan tanggapan komentar diatas, rasanya pernah liat.
    Sudahlah, lanjut. .

    ReplyDelete
  46. setelah baca sampai bawah ternyata sangat fantastis, ketika baca penutupnya rasanya tiba" badanku jadi ikut merasa lelah...hmmm....

    ReplyDelete
  47. Amazing!

    Hanya berbekal laptop + internet, bung Enigma berhasil misteri sebuah hoax.

    Gue yakin kalao ada adu cepat investigasi, pasti Sherlock Holmes ngiri kenapa dia tidak dilahirkan di abad 21! :))))))))

    ReplyDelete
  48. gan cara analisis nya bagus banget... sya ampe di bawa bolak balik antara yakin hoax or ga...
    ketika ada argumen yg nyakinin itu nyata sya lagnsung percaya... dan ketika gan analisa lagi rupanya mendalam n cendrung kisah yg cuma imajenasi ajha...
    luar biasa ...

    ReplyDelete
  49. mas enigma bener2 ky detektif dah!

    ReplyDelete
  50. wah ayo dong, ungkap lebih banyak misteri lagi,,

    ReplyDelete
  51. mangstab bener ni bang enigma,,
    salut! 10 jempol dah! (emang ada?hehehe)

    btw, saran nya bro aditya untuk proteksi blog nya bang enigma saya setuju tuh,,

    entah kenapa blog ini udah jadi milik umum..jadi ikut marah rasanya kalau ada yang copas sembarangan

    ReplyDelete
  52. AWASOME!!!
    Bakat bgt jadi Detaktif.. !!

    ReplyDelete
  53. Anonymous said...
    bang enigma coba bahas tentang john titor yang ktnya dri tahun 2036 dan punya gambar mesin waktu dan konsepnya^^
    January 14, 2010 10:03 PM

    bang banyak tuh yang pingin cerita John Titor, kalo gak salah mas pernah bilang kalo link-link cerita John Titor udah hilang, jangan2 dia emang nyata dari tahun 2036 tapi ditutup-tutupi. cari tau dong bang...

    ReplyDelete
  54. iya mas, bahas john titor dong...

    ReplyDelete
  55. udah tak bookmark bro webnya. btw, kalo ada kesempatan, tolong bahas ttg black hole ya bos. :D

    ReplyDelete
  56. Halo Mas Enigma....salut untuk anda. Kisah ini ( jujur ) saya belum pernah dengar, namun baik untuk menambah khazanah pengetahuan otak kita. Mas Enigma, apakah anda tidak tertarik dengan " JUMPER " misteri yang lumayan membingungkan. Banyak cerita ( entah benar/tidak ) yang mengulas kembali kemampuan beberapa orang untuk berpindah tempat dalam sekejap. Atau mas enigma pernah membahasnya? kapan ya? kok aku ngga pernah lihat, tolong beri tahu saya dong penjelasan logisnya, trims sebelumnya.

    ReplyDelete
  57. Keren abizz Bro....cerita Titanicnya...nah sekarang di Posting dunk, request akyu ttg Bilderberg dunk or The skull (ini cerita perkumpulan rahasia juga ya???)...Tx bro.

    ReplyDelete
  58. BRAVO BANG ENIGMA!!!!!!
    ckckckckckkk...
    ini analisis paling hebat kedua setelah analisis ukiran alien di mastaba itu...
    ai lop yu pullll bang enigmaa!!!!

    ReplyDelete
  59. oiya bang.. saya pernah baca berita tentang kapal tenggelam,, tapi kapal tersebut tidak pernah ditemukan..
    beberapa tahun kemudian (atau mungkin berpuluh puluh tahun) kapal itu berhasil ditemukan, dan yang mengejutkan adalah....

    jeng jeng jeeengg....

    ternyata para penumpang kapal itu masih hidup,, mereka makan dan minum dari ikan laut yang mereka tangkap (tapi entah gimana cara mereka bernapas). dari para penumpang tersebut ditemukan beberapa perubahan pada tubuh mereka (semacam adaptasi gitu)...,
    berita ini sempat dibikin serial (ato mungkin film) di tahun 90-an... (lupa judulnya apa hehee..)

    kalo bisa cari tau berita itu ya bang,, penasaran banget tuhh..

    tnx bang enigma muachh....

    ReplyDelete
  60. keren banget yg ini.
    mantap.
    salut sama enigma yg tekun bgt nyari info-nya ^^

    ReplyDelete
  61. keren bgt postingannya bang enig.. Lanjutkan yah!!
    Aq mpe ikut2an searching di google cari nama Wenny kathe, he2.. Aq pertama baca cerita itu sih dah ngrasa aneh, org biasa imposible bwt menembus lorong waktu.

    ReplyDelete
  62. Hebat.... analisa yang sangat terinci.
    Gimana kalau nanti membahas soal misteri kapal Mary Celeste sama Philadelphia Experiment??

    ReplyDelete
  63. BRAVO.... ENIGMA..... BRAVO.....
    Penelusurannya kaya kaya Detective Sherlock Holmes...... Cool Bro.....

    ReplyDelete
  64. bang enig, anda pernah menyinggung soal teori hollow earth di tulisan ini http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/12/ufo-nazi-senjata-rahasia-jerman-pada.html

    dan saya sangat tertarik dengan teori tersebut, kira2 ntu teori beneran apa ngga yah?
    kalau bisa tolong diulas :D

    ReplyDelete
  65. analisisnya mantep banget !!!
    love this!!

    salah satu artikel yang paling menarik buat saya.

    keep posting bang!!

    ReplyDelete
  66. hebat bang enigma...
    bisa menganalisis seuatu sampe ketauan klo berita ini cuma hoax. :)

    hebat, hebat, bisa menemukan semua sumber pembuktian.

    berapa penumpang sih kak, yang selamat dri bencana titanic?

    ReplyDelete
  67. mak nyussss pemirsa......asli manteb postingnya,bang gue juga mo request ttg john titor donk,sampai sekarang pasti msh banyak yg bertanya-tanya itu beneran nda???.tengkyu

    ReplyDelete
  68. bung enigma kalau boleh sekali-2 profil dan foto di terbitkan biar banyak fans blog yg tau kayak apa sih mister enigma.pasti banyak yg blm tau ttg anda,terimakasih

    ReplyDelete
  69. saya ga mau komentar soal tulisan mas enigma, soalnya udah ga bisa disangkal kalo mas enigma luar biasa effortnya utk nulis.

    tapi saya mau komentar soal paragraf terakhirnya mas enigma.
    selama saya baca tulisan mas enigma, jarang sekali mas engima menunjukkan sisi2 kemanusiaan mas enigma. maksudnya tuh selama ini aku menganggap mas enigma mirip kaya mesin penulis (hehehe, aneh ya). saking bagusnya tulisan mas enigma jd aku ga pernah mikir kalo mas enigma nulis n nyari semua datanya sendirian, ga pake tim editor,,makanya agak kaget n seneng bgt baca paragraf terakhirnya...
    salam kenal deh sama the real mas enigma heheheh

    ReplyDelete
  70. om bahas gerhana matahari hari ini donk...

    temanku tadi cerita dari bengkulu, kemarin tgl 14 jam stngh 7 pagi, dia liat benda asing terang dilangit seperti meteor gitu katanya kira2 5 menit lamanya trus hilang tertutup awan, tp gk ada fotonya, ktnya gk klihatan klo difoto dengan iphonenya, ketika dia mau berangkat sekolah, trus apa ada hubungannya dgn gerhana hari ini ya??
    kan biasanya jika ada benda asing di langit indonesia, akan terjadi suatu fenomena alam, seperti di jakarta kemarin sebelum banjir, kan ada yg melihat benda asing, trus gunung karatau dll....mohon pencerahannya om :)

    ReplyDelete
  71. wah,dari dulu saya mencari-cari kebenaran kisah ini karna kisah ni buat saya bingung dan akhirnya anda yang memecahkan nya,gila saya ga bisa seperti anda tp saya akan berusaha mendekati bayangan anda itu cukup buat saya,(diam dan takjup
    )
    bukan blog nya yang misteri tapi yang punya nya yang misteri ato jangan2 anda ini alien yg menyamar...hehehehehhehe,,,,,

    from :N.O

    ReplyDelete
  72. Waawwwww , , , Mangssstaabbbss sekali bung Enigma . . .
    analisa yang sangat baguss. . .:)
    Keep Posting!!!

    ReplyDelete
  73. Saya suka dengan postingan ini,,kenapa??
    karena.. Eureka!!
    maksud saya, saya MENEMUKAN kalau postingan ini berbeda dari yang lainnya,, kenapa?? karena biasanya om enigma menulisnya dengan serius,, dan kali ini benar-benar berbeda,, sangat rileks dan santai,, walaupun mungkin saat menulis sangat capek.. :D
    walaupun dengan gaya yang santai,, tapi tetap mengutamakan gaya bahasa indonesia yang baik dan benar,, :thumbsup:

    ReplyDelete
  74. Fakta tambahan :
    Total penumpang Titanic 2.223 orang
    Penumpang yang meninggal 1.517 orang
    Penumpang yang selamat 706 orang

    ReplyDelete
  75. kk enigma izin kopas buat forum yaaa..

    ReplyDelete
  76. Bravo....!!! Bung Enigma hebat euyyy...

    Cuma pertanyaannya: kalo ternyata Wenny Kathe ternyata penumpang gelap, gimana dong?

    Atau bisa juga dia penumpang yang memakai karcis nama penumpang orang lain seperti Leonardo diCaprio yang dapet tiket Titanic dari orang lain karena hasil menang judi.

    Pls don't be offended, I'm a great fan of you (sincerely)

    ReplyDelete
  77. bang enigma,, mau tanya nih..
    btw icon blog'ny gambar apa yah?? Pterodactyl / teratorn / gambar apa?? :)

    KEEP POSTING !!

    ReplyDelete
  78. aq sukanya sama blog ini krena analisa bung enigma, mantaph....gak sekedar copas, atau mengulang pembahasan yg dah dimuat media lain, benar2 diselidiki, bahsa sendiri, gaya penulisan sendiri, di analisa, membuat kita berpikir dari sudut pandang yang berbeda...satu pertanyaan: waktu di kantor bisa konsentrasi total?? atau mikirin blog juga, atau blognya dipikirin pas pulang kantor aja (1 atw 3 pertanyaan ya...hehehehe), Luph the blog... :)

    ReplyDelete
  79. HEBAT!
    salut buat anda bung.

    Saya rasa anda adalah seseorang yang memiliki 'indera ke-enam' yaitu sebuah kemampuan intuisi yang sangat kuat. Setiap anda memiliki hipotesa, ternyata hipotesa itu terbukti....

    Hmmmm, orang seperti anda jarang ditemukan

    ReplyDelete
  80. Anonymous said...
    "satu pertanyaan: waktu di kantor bisa konsentrasi total?? atau mikirin blog juga, atau blognya dipikirin pas pulang kantor aja"

    Saya bisa konsentrasi dimana saja. Blog ini tidak pernah memenuhi pikiran saya.

    ReplyDelete
  81. Memang kLo pake google semuanya bisa di dapat ya...

    Menurut saya, kelebihan blog ini adalah bahasanya runtut, mudah dimengerti, dan menggunakan bahasa Indonesia yan baik dan benar. Kalo semua isi blog ini dijadikan buku, pasti laku nih di Gramedia he..he..

    Btw, profesinya mas enigma ini apa sih? Jangan sampai menjadi misteri seprti blognya... Soalnya identitasnya tidak dicantumkan...
    Tolong dijawab ya...

    - accank -

    ReplyDelete
  82. Enigma said :)..."Saya bisa konsentrasi dimana saja. Blog ini tidak pernah memenuhi pikiran saya."


    Salute salute salute.........kalo aq punya 10 jempol aq kasih deh....:), sayang aq punya cma 4, aq pinjam deh 4 milik keponakan 2 lagi pinjam teman....khusus buat bung enigma... :)

    ReplyDelete
  83. salut dengan penelusurannya... sampai sejauh itu...hebat...

    ReplyDelete
  84. YALOR, saya suka saya suka!!!

    ReplyDelete
  85. widiiihhhhh.... ajib amat nih ceritanya... kaya sherlock holmes uey, muantap... oh iya, aku dah donlod semua file enigma, buat dibaca2 lag dirumah, soalnya di rumah gada internet. izin donlod om.. huhuhuh...

    ReplyDelete
  86. mantap n keren Mr. Enigma..I Like it..karena sebelumnya saya pernah baca kisah ini di salah satu Blog dan parahnya saya sempet percaya akan kisah ini sampai semuanya terbuka ketika saya membaca ulasan Mr. Enigma di atas..thanks y..

    -indah-

    ReplyDelete
  87. mas spertinya bkn lulusan psikologi,,atau sarjana politik atau HI(bsa jd lulusan sana tp dgn nilai yg gak trllu wah,,hehehe),,diliat dr cara analisanya sih.......
    tp analisa anda akhrnya menemukan jalannya jg mnuju kebenaran(buah dari kecerdasan dan pengalaman)..salut!!
    hehehee......kalo saya ngaco blg y mas,,ato pling gak blg saya bner atau salah

    ReplyDelete
  88. alfa--tajam fenomenal.terima kasih atas kerja kerasnya

    ReplyDelete
  89. apalah arti sebuah namaJanuary 16, 2010 at 10:30 AM

    Salut sama bang enigma, kayak detective conan saja...!!!

    ReplyDelete
  90. mantab banget mas. ulasan yang cukup menarik. saya yang biasanya males untuk baca2 cerita yang panjang, jadi penasaran waktu pertama kali baca bagian awalnya. dan akhirnya saya baca sampai habis. bener2 jeli. salut buat mas...........

    ReplyDelete
  91. ada crop circle di kepalanya om pentolan dewa..
    bs diselidiki g boz enig

    ReplyDelete
  92. @restu : saya memang bukan lulusan psikologi, politik atau HI.

    ReplyDelete
  93. mantap analisisnya bung...
    posting tentang sejumlah orang yang konon di culik oleh Alien donk,,

    -roo-

    ReplyDelete
  94. jika jepang punya Conan, kita juga nggak kalah kok, mmasih ada Mr. Enigma ...... i am so proud with you

    ReplyDelete
  95. ih keren euy si mas enigma......

    toplah pokoknya....

    ReplyDelete
  96. Wahyu h:
    semoga bs lbh sering menyebutkan sumber beserta linkback ke website aslinya.

    ReplyDelete
  97. Analisis yg 10000000% hebat (seandainya ada 10000000%),,,,,
    Sya takjub bsa membaca peristiwa2 ini,,,,,
    Dan btw bung Enigma, baxk juga penggemarx,,,
    So, tingkatkan dan cari baxk2 misteri di seluruh dunia,tdk tapi diseluruh alam semesta ini.......

    ReplyDelete
  98. ini saya lagi yang comment 100000000%,,,
    sya cuman mau nax,,apa saya bisa gabung ke group, a/ apalah yg bisa membantu sya membaca semua misteri2 bung Enigma......??????
    please answer it......

    ReplyDelete
  99. anonymous said :
    "Cuma pertanyaannya: kalo ternyata Wenny Kathe ternyata penumpang gelap, gimana dong?"

    Nama Wenny Kathe sudah tidak relevan lagi karena kisah awalnya di WWN menggunakan nama winnie coutts.Kisah ini ditulis ulang theuniquenews.blogspot.com, tapi namanya berubah menjadi wenny kathe dengan kisah yang sama persis. Nama Wenny K mungkin hasil kesalahan penyaduran uniquenews.

    Lagipula kisah di aslinya tidak mengatakan bahwa wenny kathe penumpang gelap karena ada kalimat :

    "Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya."

    Jadi kisah itu menyebut nama wenny kathe ada di daftar nama penumpang resmi Titanic.

    @adi saputra : itu gambar pterodactyl.

    ReplyDelete
  100. Anonymous said...
    sya cuman mau nax,,apa saya bisa gabung ke group, a/ apalah yg bisa membantu sya membaca semua misteri2 bung Enigma......??????
    please answer it......

    Tidak ada grup, semua tulisan saya bisa dibaca di blog ini.

    ReplyDelete
  101. two thumbs up buat bung enigma! kek gini nih blog misteri seharusnya, ga segan2 capek buat ngebantah berita hoax!

    ReplyDelete
  102. mas enigma , ulas ttg URANTIA BOOK dong mas

    ReplyDelete
  103. Eureka.....
    cool...
    analisa nya TOP

    ReplyDelete
  104. mang sy suka ma gaya bahasanya bung enigma...tp kekuranganya cuman g punya duit buat jalan2 lgsung k TKP hehehe...oia request dong nag hammadi d bahas...

    ReplyDelete
  105. Bang enigma kok lum update......sibuk apa bang?

    ReplyDelete
  106. sabtu memang jarang posting. lagi mikirin mau nulis apa. haha

    ReplyDelete
  107. merinding bacanya..keep posting mas!!! :eager: :headbang:

    ReplyDelete
  108. mastap kk enigma,
    canggih euy

    B.J amstrong

    ReplyDelete
  109. nice investigation sir!
    keep reveal the truth,..

    B.R.

    ReplyDelete
  110. ternyata banyak info yg gak bisa di percaya di internet, mas enigma memberi pencerahan pada kita semua...semoga ada penceraha juga untuk cerita john titor yang rumornya kebenarannya di tutupi pemerintah kalo dia emang bener dari masa depan...
    oh iya, mas...saya baca di berita katanya suku maya masih nyimpen 1 rahasia tentang perubahan jajaran bintang tiap 25800 tahun dan saat itu matahari akan sejajar dengan pusat galaksi..kalo bisa dibahas...trims

    ReplyDelete
  111. aku suka berita ini, den membuat bulu kudukku sedikit berdiri

    ReplyDelete
  112. jangan-jangan pemeran kapten smith di film tianic adalah kapten smith,,soalnya mirip

    ReplyDelete
  113. analisanya ok bgt...
    tp mnrt saya..bkn tdk mngkn kl lorong wktu itu ada..

    ReplyDelete
  114. buat saya sblm menganalisis sesuatu harus diperhatikan kemungkinan terjadinya kasus tersebut, kalau mmg mustahil ga usah dianalisis karena kemungkinan terakhir adl palsu dan itulah kebenarannya.
    waktu bersifat linear dan waktu dalam ilmu fisika bukan besaran vektor dan bukan pula besaran skalar!

    ReplyDelete
  115. sip. investigasi yang menarik bung enigma. meski tetap sahaja, lorong waktu adalah fenomena yang tetap menyita sedikit tempat dalam otak saya

    ReplyDelete
  116. mas enigma mohon maaf..
    saya masukan link ini..
    untuk klarifikasi di blok tetangga
    www.XXXXXXXXdunia.com

    ReplyDelete
  117. Jack Dawtson juga penumpang gelap!,..tapi film Titanic laris manis...bagus tuh penelitiannya..mantap Gan..

    ReplyDelete
  118. Om enigma memang hebat dalam memecahkan misteri.O...... iya terima kasihya om enigma telah mengucapkan(pembaca blog enigma adalah orang yang kritis dan jeli.

    ReplyDelete
  119. sebagai pembaca dan fans blog mas enigma yang super ganteng sejagat alam semesta..saya merasa ikut bangga dan tersanjung lho..(Pembaca blog enigma adalah orang kritis dan jeli)..^^

    ReplyDelete
  120. enigma tau ttg TV Series Fringe? bercerita ttg kejadian2 aneh yg terjadi di dunia yg melibatkan dunia paralel. Disitu jg diceritakan klo WTC msh berdiri tegak dan JFK msh hidup. Yang berbeda hanya White House yang diceritakan hancur pd dunia paralel. bs kah enigma membuat artikel mengenai dunia paralel ini?

    ReplyDelete
  121. Hebat.. hehe hebat analisa sampai isa nemu artikelnya :p wow salut2 ^_^b

    ReplyDelete
  122. Mas enigma sadar ngak kenapa winne coutts bisa selamat?liat dari harga tiketnya dia termasuk kelas eksekutif, artinya dia memang di dahulukan untuk naik sekoci karena penumpang kelas atas.
    BTW saya mau tanya kan mas enigma punya list yang survive, ada ngak yang dari kelas 1 (kelas ekonomi).

    ReplyDelete
  123. Dia bisa selamat karena wanita dan anak-anak didahulukan dalam penyelamatan. Yang dari kelas 1 tentu saja ada. Kamu tinggal klik link encyclopedia-titanica.org yang saya kasih di atas.

    ReplyDelete
  124. i like your blog....karena memberikan informasi sedetail-detailnya...dan emberikan bahwa itu benar atau bukan....semoga sukses...bro!

    ReplyDelete
  125. penelusuran yang hebat, mas enigma. saya pembaca tetapmu sekarang, hehehe. sukses terus untuk blognya!

    ReplyDelete
  126. Detektif yang handal... mantab... banyak jempol buat bang enigma...

    ReplyDelete
  127. serlock holmes dah nih bang enigma

    ReplyDelete
  128. Blog Paling Kerenn.. :D
    Kakak saya suka ngeliat ke blog kk.
    wow. memang takjub. benar2 detektif handal yang bisa mencari itu hoax atau tidak :D
    boleh aku COPAS gak?
    tapi aku tetep kasih Link.
    boleh yaaaaaaaaa...??
    tp gk boleh gpp kok!
    maaf masih belajar blogger. :D

    ReplyDelete
  129. wah uraiannya bagus...udah kek baca novel misteri ajah ^_^...
    i`m waiting for ur next amazing articles...

    ReplyDelete
  130. baru kali ini gw ngasi comment pdhl dah lama gw baca2 blog ini^^. analisanya bnr2 memuaskan.

    ReplyDelete
  131. penutupnya itu lho.....kayak cerpen romantis...

    keren bang!!!!

    ReplyDelete
  132. wah, gaya analisanya kayak sherlock holmes, atau hercule poirot.. mantep... bang enigma cita2nya tadinya pengen jadi detektif ya?? hehehe.

    ReplyDelete
  133. Kwkwkw ~... mantap bro... ^^... Awesome... Suka ni gw... Hwhw ~...

    Btw... Tuh Dpt Link Ticket"a u dpt info dRi mna..? Pas gw buka... Wogh~... Its ReaL~... Hwhw ~.. Kyen"~... ^^... Good Luck Sob~... ^^...

    ReplyDelete
  134. analisa yg luar biasa mas..BTW masuk kerja di Badan Investigasi Misteri2 gt donk, ky di FBI or BIN ..hehehe

    ReplyDelete
  135. kakak enigma , bahas yg dikasih tau sama bro idiotevil dong , menarik tu .
    #1 blog in Indonesia is . . . . . xfile-enigma !!!

    ReplyDelete
  136. keren...
    bisa melakukan analisa sampai serinci itu..

    ReplyDelete
  137. Mantab Analisanya... Macam COnan Edogawa saja
    heheheh
    Cendol Sent
    :shakehand

    ReplyDelete
  138. Comment apa y??
    Smpe bingung mau comment gmana..

    ReplyDelete
  139. Mantraaab. . . . .
    Mantap deh pkoknya. . .

    ReplyDelete
  140. hebat...penelitian yang spektakular...kalau boleh tahu apa profesi bang enigma...apakah detektif, pengacara, atau mungkin juga intel...

    karena setahu saya seseorang yang punya pekerjaan selain diatas pasti akan buang2 waktu untuk mencari pembuktian yang benar2 akurat dan butuh waktu yang lama...

    btw, salut buat bang enigma...salam kenal...

    ReplyDelete
  141. giiillllaaaaaaa.......
    hebat oom....

    ReplyDelete
  142. Bung.. Kalo penumpang yang selamat dari Tampomas? ada nggak ya?

    ReplyDelete
  143. top bangeeeet!! kl ttg segitiga bermuda, ada ga' ya...???

    ReplyDelete
  144. tp smua data yg anda cari bersumber di internet, bagaimana kalau sumber yang anda anggap sebagai bukti2 tsb sebenarnya palsu. coba deh sumber wawancara atau apalah yg bisa meyakinkan sy..

    ReplyDelete
  145. tp, mas 'teka-teki', bgmn kalo sumber yg anda anggap bukti2 akn adanya hoax i2jg palsu? bgmn anda bisa tahu kalo sumber itu asli? bgmn dgn hasil wawancara?

    ReplyDelete
  146. canggih bgt bang artikel nya.

    ReplyDelete
  147. Anonymous said"coba deh wawancara atau apalah utk meyakinkan sy" jawaban sy adl: tdk ada yg bs meyakinkan km, krn walaupun sy bs mendapat wawancara dgn saksi, km akan kembali bertanya: bagaimana kalau saksi itu berbohong? Sbh hoax yg dibuat bdsr data dr internet hrs dibongkar jg dgn info dr internet. Sebuah wawancara sngt tdk relevan dlm kasus ini.

    ReplyDelete
  148. hebat mas enigma analisanya tajam..apa resepnya mas? kualitas mas enigma mungkin faktual,calm,active,independent(FCAI)

    ReplyDelete
  149. makasih ya atas informasinya, tapi apa iya lorong waktu itu memang ada?
    kayaknya ga' logis dech kalau orang yang hidup dari tahun 1912, bisa hidup dengan terdampar di gunung es, lagi pula gunung es kan sangat dingin apalagi di samudra artik dan atlantik suhunya bisa mencapai -0 derajat celcius.

    ReplyDelete
  150. kerenn bgttt
    ak suka bca na
    dn fakta2 na jga ok

    ohyahh

    riquest dunk

    vampire itu nyata ngk sihh
    itu misteri bgt buad ak
    soalna ak trgila2 ama edward cullen skrg.
    tw kn yg main film twilight itu

    jd ak pnasaran
    vampire itu bneran ada atau ngk, dn tampangnya itu kyk apa gituuu

    tnx yahh

    ReplyDelete
  151. Terakhirxx..!!!

    salut sama enigma..!!!

    coba dari dulu saya tau ini blog...
    pasti wawasan sudah bertambah banyak...!!!

    ReplyDelete
  152. wahh coba saya tahu blog ini dari dulu

    btw mantap bgt bos artikelnya

    ReplyDelete
  153. I like this Blog,,, acungan 4 jempol!!!

    ReplyDelete
  154. hebatt gw jg bngung masa iya seh org bsa mlewati lorong waktu..mustahil bgd.indonesia bsa jaa bikin2annya...dr kmren gw cri bukti2nya gx da dsini bru ktmu trnyata tipuan....

    ReplyDelete
  155. mmmmmm..... Tapi mana penjelasan atas Kapten Smith??? Tulisan terapung selama berpuluh2 tahun mungkin hanya menggambarkan bahwa seharusnya ia sudah berpuluh2 tahun terapung... bisa saja hal itu terjadi karena salah menerjemahkan teks aslinya... Sepertinya kasus ini butuh banyak penjelasan....
    Thanks bwt infonya...

    ReplyDelete
  156. wow baru buka ni blog udah kesemsem abis. keren banget bro..

    ReplyDelete
  157. theuniquenews.blogspot.com SEPERTINYA JUGA BUATAN ORANG INDONESIA BANG, LIHAT LINK GAMBAR CACING ANEHnya di link ini

    http://theuniquenews.blogspot.com/2007/11/huge-number-of-black-worms-appeared.html

    lihat link nama file gambarnya :

    http://2.bp.blogspot.com/_TT9yY5iFza8/R0q8thaPqvI/AAAAAAAAAis/qlXIZcMvwh8/s320/cacinganeh.jpg

    hehehehe, CACINGANEH.JPG, kayanya itu bukan bahasa inggris dehhh... thanx.. mangtabss banget ulasannya bang Enigma.. keep going on, kayaknya punya bakat detektif nih bang Enigma ...

    ReplyDelete
  158. Wah. Malah kamu yg jago banget bs ketemu fakta itu. Hebat. Saya akui sy tdk menyelidiki sampe sejauh itu.

    ReplyDelete
  159. top markotop bung... ane suka analisa anda

    ReplyDelete
  160. hmm... yg menrik untuk saya mas,, apakah memang betul perjlanan melintas waktu atau hoax itu memang ada kalo bener ada saya minta kisah nyata-nya ya (kali aja saya bisa lompat ke masa depan atau ke masa lalu yg pad saat hidup ane lbih enak dri skrang hehehe....)

    ReplyDelete
  161. analisa anda emang kerennn
    tapi bukanya di dunia sesuatu yang gak mungkin bisa jadi mungkinnn,,,tapi smoga suatu hari lorong waktu itu ada ya.
    hehhe
    good luck terus buat blog nya masss
    by aal

    ReplyDelete
  162. satu hal yg smpe skrng aku prcya adlh ttg lorong wktu,, atw lbih dknal dng istlh alirn waktu,, mksd_a kt ne ada dlm 1 alran yg troes mnglir ke dpn, nmun bg org2 trtntu ada hmbtan djlan_a yg dnmkan alran wktu,, jd smcam trsdot ke ruang wktu,,
    ak prnh bc, dl ada sorg penjga di sebuah istn (lp dngra mn),, dlm htngan dtik dia udh ada di ngra lain (lp jg nm ngra_a) dsksikan ma ratu dan pmbntu2_a di ngra tu,, dan hal ini dbktkan dng dkrmnya kpal utk mnjmpt pnjga td stlh dpat kbar_a,,

    jg crta ttg sebatalion tntra turki (kl ga slh ingt) tb2 hlang stlh diselmti kbut,, lg seorg pnlis yg msuk ke goa yg bntu tb2 hlang tak brbekas,, bestu seorng pelari yg lg lari troes jtuh smbl mnjrit kmdian mnghlang, ne dliat ma org2 yg da djlan tu,, mnrut smbr_a smpe skrang pun msih trdngar suara2 lari dan jrtannnya...

    (maaf kl crta_a ga spesifik krn udh lm kl ne ksh_a ak bc)

    ReplyDelete
  163. eh bang Enig....
    kalo tentang kapal titanic yang mengangkut mumi tu gimana?????????????

    .Jesse.

    ReplyDelete
  164. hadyuuuh.. Sebel..
    Jd ketagihan kiy.
    Masak dr kmrn aq klak klik terus dr satu artikel ke artikel lain. Cape neh mata, hp ku jg pasti payah banget hrs charge berkali2.. Hadyuuh.. Hadyuuh..

    ReplyDelete
  165. waaahhh..baru tau kalo ada artikel2 yang bagus..knp gak dari dulu2 aku cari ya...mata udah sepet tp penasaran banget...ma kasih infonya..pengetahuan ku jadi bertambah banyak...
    bahasanya bisa di mengerti..

    ReplyDelete
  166. semunya itu hanyalah konspirasi orang luar yang hanya mencari ketenaran, , , tapi sebenarnya semuanya itu gk bener, , , klo smith itu di bawa jin ke alam ghaib mungkin w percaya, karna yang kaya gituan udah banyak buktinya

    ReplyDelete
  167. Great Blog... Excellent Job !

    Baru kali ini sy seneng baca blog.. hehe

    Salut buat bang Enigma ! Keep investigating yach..

    ReplyDelete
  168. hahaha. great analyze. om enigma ini sepertinya mengidap penyakit yang entah apa namanya sehingga tidak bisa hidup dengan tenang sebelum memecahkan misteri secara logis. wkwkwkwk. salut om

    ReplyDelete
  169. just saying "WOOWW"
    keren cuy,analisa yg mendalam,..

    anyway,.gue percaya sama yg namanya lorong waktu,.
    karena di kitab suci agama yg gue anut,sampe 350thn kedepan lg

    ReplyDelete
  170. Mantap Gan penyelidikannya! Bakat tuh jadi detektif kaya X-File beneran! Salam

    ReplyDelete
  171. waduh kacian yang blog nya disebut....wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  172. Mantap bro!!! q suka blog ini!!

    ReplyDelete
  173. Saya sangat menghargai kecerdasan, pengetahuan, keuletan dan jerih payah enigma dalam menjawab semua pertanyaan. terima kasih! =)

    ReplyDelete
  174. bukannya memang ada yang selamat yaa yang naik sekoci..tapi gak tau juga deh,hehe..

    keren..keren penjelasanny...keep posting

    ReplyDelete
  175. kejanggalan emg bnyak bgt, termasuk dengan daftar penumpang yg ada...sya sendiri masih sangsi dg gambar itu, apakah itu gambar scanc dri majalah ato memang otentik, kalopun otentik, pertanyaan yg mendasar adalah ? apakah komputer pada masa itu sudah mampu menulis macam demikian dg tabel dan tulisan yg halus dan rapi, bukankan saat itu komputer masih di imajinasi...dan kalopun ada, apakah tinta pada masa itu telah mampu memunculkan karakter warna biru...

    ReplyDelete
  176. luar biasa gan penyelidikannya.
    top markotop.

    ReplyDelete
  177. Ada 5 hal yg ingin sy sampaikan :
    1. Highly & first class honour to Mr.Enigma
    2. Teknik & metode pembuktian 'Hoax or not' Mr.Enigma, cukup sistematis, so sy minta izin untuk copas, sekedar sbg acuan menganalisis suatu berita
    3. Bs kh sy dpt 'software' atau 'cara lain' untuk membuktikan suatu foto (digital) adalah hasil rekayasa atau bukan. (kebetulan sy tdk punya Photoshop)
    4. Hal ini membuktikan bahwa Internet adalah spt 'both sides of coin' atau pisau bermata 2, bs sebagai alat mencari data /kebenaran tp bs jg memberi data/berita menyesatkan. So beware, Bro..
    5. Mohon dibantu untuk 'Membuktikan' fenomena CROPCIRCLE.. apakah 'buatan' manusia atau aliens.
    Tks a bunch

    ReplyDelete
  178. Sip<, Salut buat Mr.Enigma. Penelitian yang sangat luar biasa.. Saya Kagum sekali. Sebelumnya Terima Kasih atas infonya.. Muantap Gan..

    ReplyDelete
  179. Bagus bgd postinganna bang. . .

    Salut ama penelitianna. . .

    ReplyDelete
  180. kirain beneran,,,
    eh ternyata oh ternyata hanya hoax belaka....
    secara tidak langsung anda sbg hoax dund..

    ReplyDelete
  181. wah--wah.. keren2. thanks.

    ReplyDelete
  182. hummm ........ amazing!! ditipu mentah2. thanks analisa yang keren.

    ReplyDelete
  183. ini hoax ya?
    klo memang benar kenapa berita nya tdk pernah muncul di televisi atau booming di media masa, hanya tersebar lewat internet.

    ReplyDelete
  184. saya baru tahu kalo ada brita ini, benar gak ya?

    ReplyDelete
  185. waaaaawwwww.........

    SALUTTTTTTTTTT BANGETSS DAHH !!!!!

    makasi atas pencerahan ny ya mas.,, ^_^

    ReplyDelete
  186. yg membuat orang sulit copy paste tulisanmu adalh narasi sudut pandangnya SAYA. jadi orang harus cape ngedit kalau nggak akan kelihatan begonya klau ngga nyebutin sumber aslinya, yaitu link mu ini.
    bravo i love your's.

    ReplyDelete
  187. wow,...
    saya terkesan dengan analisis dan hipotesa anda,..
    apakah anda tertarik menjamah international?

    ReplyDelete
  188. Menjamah internasional? sama sekali tidak pernah kepikiran :)

    ReplyDelete
  189. pertamax bang,,,,bon voyage,,,

    ReplyDelete
  190. kenapa ga coba menelusuri kejadian-kejadian konspirasi yang ada di indonesia bro? :D

    ReplyDelete
  191. mantap bung...
    teliti dan penyampaiannya baik sekali...

    ReplyDelete
  192. wah keren2 analisisnya
    saya baru baca sebagian artikel, jd pengen baca smua artikelnya nih

    ReplyDelete
  193. bro enigma gimana nih linkback nya ?
    punya anda sudah saya taro di sahabat ..
    di http://goodfate.blogspot.com/ ..
    di tunggu link back nya ya bro ..
    thanks

    ReplyDelete