Thursday, January 14, 2010

Dua korban Titanic ditemukan selamat karena Lorong waktu - Klarifikasi

Sejak tahun 2008, beredar kisah ditemukannya dua korban selamat Titanic termasuk sang kapten setelah 79 tahun berlalu. Kedua korban tersebut disebut tidak bertambah tua sedikitpun dan kisah ini dianggap sebagai pembuktian bahwa Lorong Waktu benar-benar ada. Benarkah kisah ini pernah terjadi ?


Sebenarnya, saya sudah menerima pertanyaan mengenai kisah ini sejak beberapa bulan yang lalu dari seorang teman. Namun dua hari yang lalu, ketika salah seorang dari kalian menanyakannya kembali, saya baru teringat dan memutuskan untuk menulis mengenai kisah misterius ini.

Saya rasa banyak dari kalian sudah pernah mendengarnya karena ketika saya mencari referensi mengenai kisah ini, saya menemukan kisah yang sama persis dengan kalimat yang sama persis di entah berapa banyak Blog, website, link facebook dan hampir semua forum.

Untuk menyegarkan ingatan kalian, saya akan menampilkan kembali kisahnya, Kali ini saya akan mengkopi pastenya dari sumber yang bersangkutan. Tapi, saya akan mencantumkan sumber beserta linkback ke web yang bersangkutan :

DUA orang korban musibah Kapal Titanic pada tahun 1912, tiba-tiba muncul dalam keadaan masih hidup. Secara fisik mereka tidak berubah persis seperti semula. Teori lorong waktu telah menjawabnya. Misteri peristiwa yang terjadi beberapa tahun yang lalu, dan yang membuat gempar adalah nasib mujur kemunculan kembali korban Kapal Laut Titanic yang masih hidup.

Di antara kedua korban yang beruntung ini, yang satu adalah seorang penumpang wanita yang ditemukan pada tahun 1990, dan lainnya lagi adalah seorang kapten kapal Titanic yang ditemukan pada tahun 1991. Kapten kapal Smith ditemukan pada tanggal 9 Agustus 1991, setahun setelah ditemukannya seorang korban yang beruntung bernama Wenny Kathe, dia diselamatkan dari atas gunung es.

Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan, namun tidak membuatnya kelihatan tua dan lemah, Kapten Smith yang meskipun telah berusia 139 tahun, namun masih tampak seperti orang yang berusia 60 tahun lebih, dan bahkan dia masih menganggap bahwa saat itu adalah masa-masa sekitar tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912. Melalui identifikasi sidik jari yang masih tersimpan dalam catatan pelayaran laut, maka bisa dipastikan identitas Kapten Smith.


Seorang lagi korban musibah Kapal Titanic, Wenny Kathe yang berusia 29 tahun diselamatkan di atas gumpalan es Samudera Atlantik Utara pada tanggal 24 September 1990. Namun yang membuat orang terkejut adalah sejak dia hilang pada tahun 1912 hingga sekarang, tidak terlihat tanda-tanda tua sedikitpun juga. Dia ditemukan dan diselamatkan di atas gumpalan es 363 km barat daya Islandia. Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya. Smith, kapten kapal Titanic dan penumpangnya Wenny Kathe adalah saksi hidup orang hilang yang muncul kembali melalui lintasan lorong waktu. (
rileks.com)

Ketika membaca kisah ini, sebagian dari kalian akan segera percaya bahwa kisah ini hanyalah hoax belaka. Begitu juga saya. Sekarang, yang perlu saya lakukan adalah membuktikannya. Dan penyelidikan sayapun dimulai.

Semuanya diawali dari sebuah pertanyaan. Jika memang ini adalah kisah nyata, mengapa saya tidak pernah mendengarnya dibahas di televisi atau koran ? Mengapa saya tidak pernah melihat kapten Smith atau Wenny Kathe muncul di TV dan berbicara mengenai pengalamannya ? Apakah mungkin saya yang kuper dan jarang menonton Televisi ?

Jadi saya membuka google dan mengetik kata Wenny Kathe, mencoba untuk menemukan kisah ini di discovery atau national geographic, atau paling tidak di salah satu media asing lainnya. Ketika saya mengetik nama itu, google menemukan 3.510 hasil pencarian. Oh My God, this must be real story !

Tapi, tunggu...ada yang janggal. Semua hasil pencarian yang muncul adalah kisah yang berbahasa Indonesia. Saya mengklik hasil pencarian tersebut hingga halaman terakhir google dan menemukan hanya 2 blog berbahasa Inggris dan 1 blog berbahasa Melayu (bisa Malaysia atau Brunei) yang membahas kisah ini. Saya tidak menemukan kisah ini dibahas di Discovery atau media Asing lainnya. There Is Something Wrong !

Setelah saya mengecek dua blog berbahasa Inggris tersebut, ternyata satu diantaranya dibuat oleh orang Indonesia. Jadi tinggal satu blog lagi yang bernama theuniquenews.blogspot.com yang memposting kisah ini pada bulan Februari 2007 . Dan saya percaya blog inilah yang PERTAMA KALI memuat kisah ini di internet. Blog yang berbahasa Melayu yang juga memuat kisah ini bernama kebenarannya.tripod.com. Tidak ada keterangan tanggal atau bulan ia memposting kisah ini.

Seperti yang sudah saya katakan, saya menemukan kisah ini dengan kalimat bahasa Indonesia yang sama persis di seluruh blog dan web yang bisa saya temukan di google, dan hampir semua blog yang mengkopi paste kisah ini tidak mencantumkan sumber. Jadi, pada awalnya saya mengalami kesulitan untuk menemukan sumber pertama dari kisah ini (di media Indonesia).

Tapi akhirnya saya menemukan dan saya percaya (walaupun bukti saya juga tidak kuat) bahwa web yang pertama kali mempopulerkan kisah ini di Indonesia adalah rileks.com yang mempostingnya pada tanggal 07 Juni 2008. Mungkin rileks.com menerjemahkannya dari uniquenews.blogspot.com atau blog kebenarannya.tripod.com.

Lalu sayapun meneruskan penyelidikan.

Pertama, saya membaca kisah ini dan berusaha memahaminya. Lalu, saya menemukan beberapa kejanggalan atau ketidakakuratan yang menurut saya cukup mengganggu.

Misalnya, kapten Smith harusnya berusia 141 tahun pada tahun 1991, bukan 139 tahun. Lalu disebutkan bahwa identitas kapten Smith diverifikasi dengan catatan sidik jari yang tersimpan di catatan pelayaran. Saya meragukan bahwa tahun 1912, catatan pelayaran sudah menggunakan sidik jari untuk mendata awaknya.

Kemudian di paragraf kedua, disebutkan bahwa Wenny Kathe diselamatkan dari gunung es, sedangkan di paragraf keempat disebutkan bahwa Wenny diselamatkan dari atas gumpalan es. Gunung dengan gumpalan es tentu saja berbeda.

Lalu, mungkin yang paling mengganggu adalah kontradiksi kalimat di dalam kisah itu.

Kisah di atas dikaitkan dengan fenomena lorong waktu karena disebut :

"Kapten Smith yang meskipun telah berusia 139 tahun, namun masih tampak seperti orang yang berusia 60 tahun lebih, dan bahkan dia masih menganggap bahwa saat itu adalah masa-masa sekitar tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912 "

Tapi teori lorong waktu dipatahkan oleh kalimatnya sendiri yang berbunyi :

"Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan, namun tidak membuatnya kelihatan tua dan lemah."

Jika Kapten Smith terapung-apung di laut selama puluhan tahun, apakah itu ada hubungannya dengan lorong waktu ? Saya rasa tidak. Jika ia masuk ke dalam lorong waktu, maka ia hanya butuh waktu sekejap untuk sampai ke tahun 1991.

Ya, saya semakin yakin bahwa kisah ini adalah hoax. Tapi, seperti yang sering saya katakan. Sebuah kisah tidak bisa disebut hoax tanpa bukti yang kuat. Saya merasa belum menemukan bukti yang bisa meyakinkan kalian para pembaca bahwa kisah ini hanyalah imajinasi. Lagipula, saya tahu bahwa pembaca blog enigma adalah orang-orang yang kritis dan jeli (ini terbukti dari komentar-komentar kalian).

Ada yang mengatakan bahwa untuk mengetahui kebenaran sebuah peristiwa, kita harus berada langsung di tempat kejadian. Tapi, Saya rasa tidak demikian. Saya tidak perlu ada di Haiti untuk mengetahui bahwa terjadi gempa besar disana beberapa hari yang lalu. Untuk mengetahui kebenaran sebuah peristiwa, kita hanya perlu mencari bukti yang berdasarkan pada "common sense" bisa disebut sebagai bukti yang kuat. Dan saya rasa, internet dapat menjadi salah satu sarananya.

Ok, sekarang saya akan melanjutkan penyelidikan untuk mencari bukti yang lebih meyakinkan.

Seperti yang saya katakan, ada sesuatu yang salah. Nama Wenny Kathe tidak bisa ditemukan dimanapun di web berbahasa Inggris selain dua blog yang telah saya singgung tadi. Jadi saya memutuskan untuk berfokus pada nama ini. Lagipula, ia tokoh utama kita kan ?

Tapi bagaimana caranya ? Bukankah nama ini tidak ditemukan di sumber-sumber media asing ?

Karena itu, saya memutuskan untuk langsung mencari nama ini di tempat yang seharusnya, yaitu di daftar penumpang kapal Titanic yang tenggelam itu. Ya, di internet, daftar nama seperti sangat gampang ditemukan. Jadi, saya masuk ke encyclopedia-titanica.org dan...... Eureka !

Maksud saya dengan Eureka adalah saya MENEMUKAN bahwa nama Wenny Kathe TIDAK ada di dalam daftar penumpang Titanic. Wenny Kathe ternyata tokoh fiktif.

Karena itu potongan kalimat di atas mengenai Wenny Kathe yang berbunyi : "Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya." adalah pernyataan palsu ! Ini adalah sebuah fakta !

Soal kapten Smith, kita semua tahu bahwa dia bukan tokof fiktif. Kapten Edward John Smith memang kapten kapal Titanic.

Sekarang, saya sudah mendapatkan satu fakta. Karena nama Wenny Kathe adalah tokoh fiktif, saya tidak bisa lagi menggunakan kata kunci itu di google. Lalu, saya bereksperimen dengan beberapa kata kunci dan akhirnya saya menemukan sebuah petunjuk yang mungkin bisa menjadi bukti yang konklusif dan kuat untuk meyakinkan kalian bahwa kisah ini adalah sebuah hoax.

Petunjuk yang saya maksud adalah sumber pertama kali kisah ini muncul di dalam bahasa Inggris.

Ya, Ternyata saya salah.

Saya salah karena ternyata bukan theuniquenews.blogspot.com yang pertama kali memuat kisah ini. Sumber pertamanya adalah majalah Weekly World News Edisi Juni 1992 !

Saya menemukan majalah ini di dalam arsip google books. Ini sampul majalah itu edisi Juni 1992.


Saya tahu, kalian tidak suka dengan sampulnya yang kesannya seperti majalah "freak", majalah ini memang majalah semi fiksi yang sering memuat berita-berita imajinatif. Contohnya dalam salah satu edisi, majalah ini pernah memuat foto seekor monster laut yang sedang menyerang sebuah perahu. Dalam artikel ini, kejadian dan foto itu disebut sebagai kisah nyata.


Ini contoh artikel di dalam edisi Juni 1992.


Amazing right ?

Lalu ini halaman yang memuat kisah Titanic kita.


Dengan integritas majalah yang seperti ini, Bisakah kita menyebutkan bahwa kisah ini adalah hoax ?

Tentu saja belum ! Majalah ini juga pernah memuat berita nyata. Tapi saya menemukan sebuah petunjuk lainnya. Petunjuk yang saya maksud adalah foto wanita di bawah kiri itu. Baca nama yang ada di bawahnya.


Perempuan yang selamat dari Titanic yang disebut di majalah itu ternyata bernama Winnie Coutts, bukan Wenny Kathe. Pantas, saya tidak bisa menemukan nama Wenny Kathe di dalam media bahasa Inggris. Jadi, fakta selanjutnya yang kita ketahui adalah bahwa media Indonesia mengikuti kesalahan theuniquenews.blogspot.com.

I am getting excited.

Sekarang, mata saya tertuju pada nama Winnie Coutts. saya kembali membuka google dan mengetik nama Winnie Coutts dan Eureka !

Yang saya maksud dengan Eureka adalah saya MENEMUKAN bahwa Winnie Coutts ternyata salah satu penumpang Titanic !

Sayapun kembali ke encyclopedia-titanica.org untuk melihat daftar penumpang Titanic dan saya menemukan nama Winnie Coutts memang ada di daftar penumpang kelas III. Kalian bahkan bisa melihat harga tiket yang ia bayar di gambar ini.



Jika Winnie Coutts memang benar penumpang Titanic, jangan-jangan....Weekly World News tidak berbohong ? Pikiran ini memenuhi kepala saya selama beberapa saat.

Namun sekonyong-konyong, saya mendapatkan sebuah firasat. Jika dugaan saya benar, maka petunjuk ini dapat menjadi bukti konklusif yang saya cari. Dengan segera saya kembali ke encyclopedia-titanica.org.

Dugaan saya ternyata benar ! saya MENEMUKAN bahwa Winnie Coutts ternyata SELAMAT dari bencana Titanic. Setelah tragedi itu, ia dan keluarganya pindah ke New Jersey hingga meninggal pada tanggal 29 February 1960 pada usia 84 tahun. Sedangkan kapten Smith, seperti yang kita ketahui bersama, tewas dalam peristiwa itu.

Weekly World News ternyata telah mencatut nama Winnie Coutts untuk menciptakan kisah fiktif ! Tidak ada penemuan Kapten Smith atau Winnie Coutts (ataupun Wenny Kathe) pada tahun 1990 dan 1991.

Jika Weekly World News menggunakan nama penumpang Titanic yang hilang, maka mungkin masih ada unsur yang bisa diperdebatkan. Tapi dengan menggunakan nama penumpang yang selamat, seakan-akan majalah ini ingin memberitahukan kepada kita bawa kisah ini hanyalah sebuah hoax.


Penutup

Saya menghempaskan tubuh ke tempat tidur. Sepertinya saya telah menemukan bukti yang cukup kuat untuk meyakinkan kalian, para pembaca yang budiman, bahwa kisah mengenai penumpang Titanic dan Lorong Waktu sebenarnya hanyalah sebuah Imajinasi. Lelah. Tapi, rasa ingin tahu mengenai beberapa detail masih menggantung di benak saya. Saya berjalan menuju meja dan membuka laptop saya kembali dan...Ah, sudah capek. lagipula, saya rasa bukti-bukti yang saya ajukan sudah cukup meyakinkan. Jadi saya menutup laptop lalu membaringkan diri di tempat tidur dan memejamkan mata. Lega rasanya.


(Semua sumber dan linknya sudah saya sertakan di dalam tulisan)


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

383 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 383   Newer›   Newest»
Anonymous said...

saya cuma bisa berkata wow. analisa yg mantap bro

Anonymous said...

Keduaxxx

Mantap ulasannya!!

Kenapa g jadi detektif aj sih..

Anonymous said...

Keren!!

Artikel yg memuat kapten smith dan winnie couts selamat itu terbitan thn berapa?? Apa 1992 juga??

enigma said...

Lho,.sudah disebutkan diatas, edisi Juni 1992 yang sampulnya saya tampilkan.

Doctor said...

Wah, mantap banget pembahasannya, dengan penelusuran yang sangat detail dan teliti. Salut om.

surich said...

gw blg jg apa... tp bener gk sih yg dkatakan ma CERN kalo dia udah bsa buat mini blackhole
jd geregetan sndri...

Anonymous said...

wah... hebat skali analisis Anda.. keren..
tpi, itu bukan berarti lorong waktu tidak pernah terjadi kan?

kalo boleh sy ingin ada pandangan ilmuwan tentang lorong waktu ini..

apa benar lorong waktu yg dimaksud sama dengan worm hole?

moo said...

mengakhri teka-teki yg panjang,,
q suka banget 5 blog ini...apalagi penejlasannya yg begitu detail..mantap!

idiotevil said...

K Enigma, minta tolong dong, kebeneran kemaren buka yahoo, disono ada berita tentang pada malam natal 2009, seorang ibu dan anaknya yg dinyatakan meninggal, namun beberapa saat (lupa dalam hitungan menit atau jam), keduanya hidup kembali, di web yahoo tersebut beritanya dalam bentuk video, inet gw kan lambat jd males kl tunggu videonya, brgx k enigma bs bantu cari

inoshi said...

kalo bole jujur, tidak ada blogger dengan tingkat disclosure of evidence nya setinggi ini (untuk blog misteri dan sejenisnya)

membaca artikel aslinya saja sudah terlihat inkonsistensinya, namun yang lebih menarik adalah proses pembuktian bang enigma yang tidak cepat puas...

ya, setidaknya meski kita tahu, bila hal itu adalah nyata tentu sudah jadi narasumber utama film titanic, namun di sini kita disuguhi sebuah prosesi pembuktian ala sherlock holmes...
bravo bang engima

riksHD said...

saya pun yakin berita ini hanya hoax..

dari latar belakangnya aja dah mencurigakan, Titanic? kenapa harus Titanic..?

btw,
saya suka banget sama tulisan2 mas enigma di blog ini.. mendetail banget, lengkap.
hasrat ingin tahu saya akan misteri dunia terlampiaskan disini, bahkan banyak hal yg dulunya masih hinggap di otak saya sebagai misteri.. disini sudah terpecahkan.

hebat.. enigma!
salute. di buat jadi buku, pasti best seller ni..

Anonymous said...

OMG ..
Sering baca buku detektif y bang ??
jago deeh, conan d dunia nyata t'rnyata ad d indo ..

plok plok plok plok ..

MamangXNyo said...

Mantap Bung!
Nie Blog kayak`y rating no 1 nih di Indo.
^^, Wkwkwk

Aditya's Blogsphere said...

Sebenernya saya mau komen tentang dejavu kemaren tapi saya malah menemukan sesuatu yang mengejutkan.....ini berita yang gila tapi menarik....selamat bang enigma juga seorang pencari mistery yang satu2nya di indonesia......hehe oh ya bang.....klo pake trik proteksi dari q tadi akan tetap berfungsi meskipun javascript di matikan......ada baiknya bila bang enigma masuk ke html page dan melakukan enter sekitar seratus kali di atas kode head (yang paling atas ituloh.....)biar klo ada yang mau kopas ga bisa lihat source code nya...karena bila pengkopas tuh asal2an dia pasti bingung.....klo udah pake tag body buatan q tadi....di jamin satu2nya cara buat kopas artikel kita adalah dengan mendownload halamanya.....itupun kelak akan saya lengkapi nanti gmn cara untuk enskripsi halaman html biar ga bisa di download...klo perlu di kasih tambahan virus biar blog kita aman....semoga artikelnya bang enigma ga di kopas lagi yah...salam.....dan semoga bermanfaat

Anonymous said...

aaaah....akhirnya bang enigma dan kita semua bisa tidur nyenyak malam ini... :)heheheh.
great job mas!! buka kntor detekif swasta aja :)
serius!!!!

ms.terry

Fans Enigma said...

jdi kisah si kapten smith gimn tuch?
pembahasannya putus ditengah jaln nihh..
apakh kisah kapten smith berusia 141 thn, benar or hoax??
satu lgi..manusia bisa berthn hidupkah di lautan es (Bayangin aja suhu air kadang2 bisa di bawah minus 0 derajat)??
Seperti yg ia katakan..Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan..
Ada yg janggal..

enigma said...

@fans enigma : sepertinya kamu kurang konsentrasi membacanya. haha. Kapten Smith meninggal pada saat bencana. Maksud saya, kalau memang ia benar ditemukan tahun 1991, harusnya saat itu umurnya 141, bukan 139 seperti yang tertulis di artikel rileks.com. Semua kisah itu hoax. jangan dianggap benar.

Anonymous said...

Bung, soal majalah yg diatas bsa d download g?

Sukses slalu

enigma said...

itu ada di arsip google books. setahu saya tidak bisa didownload. cuma bisa dibaca online.

Anonymous said...

bang enigma coba bahas tentang john titor yang ktnya dri tahun 2036 dan punya gambar mesin waktu dan konsepnya^^

Anonymous said...

Sejak awal bc kisah ini saya sudah tdk percya..
Tp saya benar2 salut sama mas enigma..
10 jempol buat anda!!!

enigma said...

@idiotevil : kisah itu memang nyata. tapi saya harus baca-baca dulu ya.

Anonymous said...

oohh..ternyata kisah titanic yg selamt berarti cma 1 orng..seperti yg pernh di film kan..

dhilicious said...

EUREKA!! DETAIL sekali analisanya Mr. Enigma!!! dulu saya juga pernah mendengar cerita ttg ini, namun saya memang kurang percaya dengan cerita itu, namun setelah membaca postingan mas enigma saya makin lebih percaya bahwa itu memang HOAX!! postingan bagus mas enigma, saya kasi bintang 5 untuk cerita ini * * * * *! Good Luck!!

Ferdi said...

skali lagi salute buat bang enigma..
rate #1 blog in indonesia :)

Noctis said...

salut om analisisnya...
maknyus...
rekuest dong om klo ada wkt...
prehistoric survivor maybe...:D

abzalom said...

hhmmm....kok saya baru tahu tetang kisah ini!
tp makasih ya om atas infonya.
seperti biasa saya kagum.

PEACE!!!!!

mbah ware said...

ya....seperti biasa....analisis yang mantab.....btw.....gaya anda menulis sekarang sedikit berubah.....dengan sentuhan perasaan pribadi....ehmmm anda terpengaruh oleh siapa...?
( i wonder.....?)hehehehehe

Teguh Setiawan said...

hemm. kan saya dah bilang dari kemaren .. bikin buku aja bos.. kayanya bagus...

abouttechno said...

analisis keren master. . . . .
blog ini memang istimewa,gag seperti blog lain yang kopas sana-sini. .

Panji said...

kereennn !!!!!!

awesome !!!

humhh...iya nih om Enigma..kayaknya tutur bahasanya berubah...jadi kayak novel-novel gitu..

eniwei..kerenn deh !! buat smua ulasannya..dari awal mpe akhir..

Anonymous said...

ya....
gaya tulisannya berubah....
lebih hangat dan manis
tapi tetap detail dan mantap.......

Anonymous said...

Edan....
makin lama makin mateng aja bang enigma ini.. selamat bang... anda yang terhebat soal tulisan blog misteri...

Anonymous said...

luv u gan..
cerita dan cara pengupasan misteri dilengkapi dengan fakta sampe ke akar - akar nya...


kalo ga sampe puas bukan bung enigma namanya !
Hot Regrad's

en La Vida said...

bener kata mbah ware!! klo dbandingin yg dulu2 kayaknya skrg gaya menulis kk enigma jd berubah gmn g2,, knp hayo??

hehe,,misteri...^^

Zippy said...

Wuih..keren deh analisanya, dibahas secara terperinci banget, heheheh...
Referensinya banyak pula...
Btw, salam kenal yah :)

Anonymous said...

-antonnyKID-

@anonymous: yang selamat ada sekitar 500 orang atau kurang. Coba kamu nonton lagi filmnya, saat pencarian korban selamat kan banyak tuh yang diangkut.
Hanya saja saat TITANIC ditemukan bangkai kapalnya, sementara dibutuhkan kesaksian korban mengenai peristiwa saat itu, rupanya masih ada yang hidup meski umurnya sudah terlampau cukup tua. Akhirnya kisah cinta nenek itu yg terjalin diatas kapal, digabung dengan kisah tenggelamnya kapal tsb, EURECA! Kita temukan film TITANIC.
@mbah ware: bener mbah. Mungkin sejak coralstone buatan mr. Ed.

Lowh, aku merasa DEJAVU!! Eureca dan bentuk2 penulisan tanggapan komentar diatas, rasanya pernah liat.
Sudahlah, lanjut. .

Anonymous said...

setelah baca sampai bawah ternyata sangat fantastis, ketika baca penutupnya rasanya tiba" badanku jadi ikut merasa lelah...hmmm....

Anonymous said...

Amazing!

Hanya berbekal laptop + internet, bung Enigma berhasil misteri sebuah hoax.

Gue yakin kalao ada adu cepat investigasi, pasti Sherlock Holmes ngiri kenapa dia tidak dilahirkan di abad 21! :))))))))

dhika-dhika said...

gan cara analisis nya bagus banget... sya ampe di bawa bolak balik antara yakin hoax or ga...
ketika ada argumen yg nyakinin itu nyata sya lagnsung percaya... dan ketika gan analisa lagi rupanya mendalam n cendrung kisah yg cuma imajenasi ajha...
luar biasa ...

wahyu said...

mangstab bener ni bang enigma,,
salut! 10 jempol dah! (emang ada?hehehe)

btw, saran nya bro aditya untuk proteksi blog nya bang enigma saya setuju tuh,,

entah kenapa blog ini udah jadi milik umum..jadi ikut marah rasanya kalau ada yang copas sembarangan

Anonymous said...

Anonymous said...
bang enigma coba bahas tentang john titor yang ktnya dri tahun 2036 dan punya gambar mesin waktu dan konsepnya^^
January 14, 2010 10:03 PM

bang banyak tuh yang pingin cerita John Titor, kalo gak salah mas pernah bilang kalo link-link cerita John Titor udah hilang, jangan2 dia emang nyata dari tahun 2036 tapi ditutup-tutupi. cari tau dong bang...

Anonymous said...

udah tak bookmark bro webnya. btw, kalo ada kesempatan, tolong bahas ttg black hole ya bos. :D

Budi said...

Halo Mas Enigma....salut untuk anda. Kisah ini ( jujur ) saya belum pernah dengar, namun baik untuk menambah khazanah pengetahuan otak kita. Mas Enigma, apakah anda tidak tertarik dengan " JUMPER " misteri yang lumayan membingungkan. Banyak cerita ( entah benar/tidak ) yang mengulas kembali kemampuan beberapa orang untuk berpindah tempat dalam sekejap. Atau mas enigma pernah membahasnya? kapan ya? kok aku ngga pernah lihat, tolong beri tahu saya dong penjelasan logisnya, trims sebelumnya.

Anonymous said...

Keren abizz Bro....cerita Titanicnya...nah sekarang di Posting dunk, request akyu ttg Bilderberg dunk or The skull (ini cerita perkumpulan rahasia juga ya???)...Tx bro.

riadi muhammad said...

BRAVO BANG ENIGMA!!!!!!
ckckckckckkk...
ini analisis paling hebat kedua setelah analisis ukiran alien di mastaba itu...
ai lop yu pullll bang enigmaa!!!!

riadi muhammad said...

oiya bang.. saya pernah baca berita tentang kapal tenggelam,, tapi kapal tersebut tidak pernah ditemukan..
beberapa tahun kemudian (atau mungkin berpuluh puluh tahun) kapal itu berhasil ditemukan, dan yang mengejutkan adalah....

jeng jeng jeeengg....

ternyata para penumpang kapal itu masih hidup,, mereka makan dan minum dari ikan laut yang mereka tangkap (tapi entah gimana cara mereka bernapas). dari para penumpang tersebut ditemukan beberapa perubahan pada tubuh mereka (semacam adaptasi gitu)...,
berita ini sempat dibikin serial (ato mungkin film) di tahun 90-an... (lupa judulnya apa hehee..)

kalo bisa cari tau berita itu ya bang,, penasaran banget tuhh..

tnx bang enigma muachh....

Patty said...

keren banget yg ini.
mantap.
salut sama enigma yg tekun bgt nyari info-nya ^^

amanda said...

keren bgt postingannya bang enig.. Lanjutkan yah!!
Aq mpe ikut2an searching di google cari nama Wenny kathe, he2.. Aq pertama baca cerita itu sih dah ngrasa aneh, org biasa imposible bwt menembus lorong waktu.

Silver_surfer said...

Hebat.... analisa yang sangat terinci.
Gimana kalau nanti membahas soal misteri kapal Mary Celeste sama Philadelphia Experiment??

Anonymous said...

BRAVO.... ENIGMA..... BRAVO.....
Penelusurannya kaya kaya Detective Sherlock Holmes...... Cool Bro.....

Anonymous said...

bang enig, anda pernah menyinggung soal teori hollow earth di tulisan ini http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/12/ufo-nazi-senjata-rahasia-jerman-pada.html

dan saya sangat tertarik dengan teori tersebut, kira2 ntu teori beneran apa ngga yah?
kalau bisa tolong diulas :D

Shabrina Shabrina said...

analisisnya mantep banget !!!
love this!!

salah satu artikel yang paling menarik buat saya.

keep posting bang!!

chikitanindya said...

hebat bang enigma...
bisa menganalisis seuatu sampe ketauan klo berita ini cuma hoax. :)

hebat, hebat, bisa menemukan semua sumber pembuktian.

berapa penumpang sih kak, yang selamat dri bencana titanic?

Anonymous said...

mak nyussss pemirsa......asli manteb postingnya,bang gue juga mo request ttg john titor donk,sampai sekarang pasti msh banyak yg bertanya-tanya itu beneran nda???.tengkyu

Anonymous said...

bung enigma kalau boleh sekali-2 profil dan foto di terbitkan biar banyak fans blog yg tau kayak apa sih mister enigma.pasti banyak yg blm tau ttg anda,terimakasih

farah said...

saya ga mau komentar soal tulisan mas enigma, soalnya udah ga bisa disangkal kalo mas enigma luar biasa effortnya utk nulis.

tapi saya mau komentar soal paragraf terakhirnya mas enigma.
selama saya baca tulisan mas enigma, jarang sekali mas engima menunjukkan sisi2 kemanusiaan mas enigma. maksudnya tuh selama ini aku menganggap mas enigma mirip kaya mesin penulis (hehehe, aneh ya). saking bagusnya tulisan mas enigma jd aku ga pernah mikir kalo mas enigma nulis n nyari semua datanya sendirian, ga pake tim editor,,makanya agak kaget n seneng bgt baca paragraf terakhirnya...
salam kenal deh sama the real mas enigma heheheh

bean said...

om bahas gerhana matahari hari ini donk...

temanku tadi cerita dari bengkulu, kemarin tgl 14 jam stngh 7 pagi, dia liat benda asing terang dilangit seperti meteor gitu katanya kira2 5 menit lamanya trus hilang tertutup awan, tp gk ada fotonya, ktnya gk klihatan klo difoto dengan iphonenya, ketika dia mau berangkat sekolah, trus apa ada hubungannya dgn gerhana hari ini ya??
kan biasanya jika ada benda asing di langit indonesia, akan terjadi suatu fenomena alam, seperti di jakarta kemarin sebelum banjir, kan ada yg melihat benda asing, trus gunung karatau dll....mohon pencerahannya om :)

Anonymous said...

wah,dari dulu saya mencari-cari kebenaran kisah ini karna kisah ni buat saya bingung dan akhirnya anda yang memecahkan nya,gila saya ga bisa seperti anda tp saya akan berusaha mendekati bayangan anda itu cukup buat saya,(diam dan takjup
)
bukan blog nya yang misteri tapi yang punya nya yang misteri ato jangan2 anda ini alien yg menyamar...hehehehehhehe,,,,,

from :N.O

Adi Saputra said...

Waawwwww , , , Mangssstaabbbss sekali bung Enigma . . .
analisa yang sangat baguss. . .:)
Keep Posting!!!

Muh Aries Taufik said...

Saya suka dengan postingan ini,,kenapa??
karena.. Eureka!!
maksud saya, saya MENEMUKAN kalau postingan ini berbeda dari yang lainnya,, kenapa?? karena biasanya om enigma menulisnya dengan serius,, dan kali ini benar-benar berbeda,, sangat rileks dan santai,, walaupun mungkin saat menulis sangat capek.. :D
walaupun dengan gaya yang santai,, tapi tetap mengutamakan gaya bahasa indonesia yang baik dan benar,, :thumbsup:

enigma said...

Fakta tambahan :
Total penumpang Titanic 2.223 orang
Penumpang yang meninggal 1.517 orang
Penumpang yang selamat 706 orang

Anonymous said...

Bravo....!!! Bung Enigma hebat euyyy...

Cuma pertanyaannya: kalo ternyata Wenny Kathe ternyata penumpang gelap, gimana dong?

Atau bisa juga dia penumpang yang memakai karcis nama penumpang orang lain seperti Leonardo diCaprio yang dapet tiket Titanic dari orang lain karena hasil menang judi.

Pls don't be offended, I'm a great fan of you (sincerely)

Adi Saputra said...

bang enigma,, mau tanya nih..
btw icon blog'ny gambar apa yah?? Pterodactyl / teratorn / gambar apa?? :)

KEEP POSTING !!

Anonymous said...

aq sukanya sama blog ini krena analisa bung enigma, mantaph....gak sekedar copas, atau mengulang pembahasan yg dah dimuat media lain, benar2 diselidiki, bahsa sendiri, gaya penulisan sendiri, di analisa, membuat kita berpikir dari sudut pandang yang berbeda...satu pertanyaan: waktu di kantor bisa konsentrasi total?? atau mikirin blog juga, atau blognya dipikirin pas pulang kantor aja (1 atw 3 pertanyaan ya...hehehehe), Luph the blog... :)

Anonymous said...

HEBAT!
salut buat anda bung.

Saya rasa anda adalah seseorang yang memiliki 'indera ke-enam' yaitu sebuah kemampuan intuisi yang sangat kuat. Setiap anda memiliki hipotesa, ternyata hipotesa itu terbukti....

Hmmmm, orang seperti anda jarang ditemukan

enigma said...

Anonymous said...
"satu pertanyaan: waktu di kantor bisa konsentrasi total?? atau mikirin blog juga, atau blognya dipikirin pas pulang kantor aja"

Saya bisa konsentrasi dimana saja. Blog ini tidak pernah memenuhi pikiran saya.

Anonymous said...

Memang kLo pake google semuanya bisa di dapat ya...

Menurut saya, kelebihan blog ini adalah bahasanya runtut, mudah dimengerti, dan menggunakan bahasa Indonesia yan baik dan benar. Kalo semua isi blog ini dijadikan buku, pasti laku nih di Gramedia he..he..

Btw, profesinya mas enigma ini apa sih? Jangan sampai menjadi misteri seprti blognya... Soalnya identitasnya tidak dicantumkan...
Tolong dijawab ya...

- accank -

Anonymous said...

Enigma said :)..."Saya bisa konsentrasi dimana saja. Blog ini tidak pernah memenuhi pikiran saya."


Salute salute salute.........kalo aq punya 10 jempol aq kasih deh....:), sayang aq punya cma 4, aq pinjam deh 4 milik keponakan 2 lagi pinjam teman....khusus buat bung enigma... :)

Anonymous said...

widiiihhhhh.... ajib amat nih ceritanya... kaya sherlock holmes uey, muantap... oh iya, aku dah donlod semua file enigma, buat dibaca2 lag dirumah, soalnya di rumah gada internet. izin donlod om.. huhuhuh...

Anonymous said...

mantap n keren Mr. Enigma..I Like it..karena sebelumnya saya pernah baca kisah ini di salah satu Blog dan parahnya saya sempet percaya akan kisah ini sampai semuanya terbuka ketika saya membaca ulasan Mr. Enigma di atas..thanks y..

-indah-

restu said...

mas spertinya bkn lulusan psikologi,,atau sarjana politik atau HI(bsa jd lulusan sana tp dgn nilai yg gak trllu wah,,hehehe),,diliat dr cara analisanya sih.......
tp analisa anda akhrnya menemukan jalannya jg mnuju kebenaran(buah dari kecerdasan dan pengalaman)..salut!!
hehehee......kalo saya ngaco blg y mas,,ato pling gak blg saya bner atau salah

Anonymous said...

alfa--tajam fenomenal.terima kasih atas kerja kerasnya

apalah arti sebuah nama said...

Salut sama bang enigma, kayak detective conan saja...!!!

heri said...

mantab banget mas. ulasan yang cukup menarik. saya yang biasanya males untuk baca2 cerita yang panjang, jadi penasaran waktu pertama kali baca bagian awalnya. dan akhirnya saya baca sampai habis. bener2 jeli. salut buat mas...........

Anonymous said...

ada crop circle di kepalanya om pentolan dewa..
bs diselidiki g boz enig

enigma said...

@restu : saya memang bukan lulusan psikologi, politik atau HI.

Anonymous said...

mantap analisisnya bung...
posting tentang sejumlah orang yang konon di culik oleh Alien donk,,

-roo-

prijavanese said...

jika jepang punya Conan, kita juga nggak kalah kok, mmasih ada Mr. Enigma ...... i am so proud with you

Anonymous said...

ih keren euy si mas enigma......

toplah pokoknya....

Anonymous said...

Wahyu h:
semoga bs lbh sering menyebutkan sumber beserta linkback ke website aslinya.

Anonymous said...

Analisis yg 10000000% hebat (seandainya ada 10000000%),,,,,
Sya takjub bsa membaca peristiwa2 ini,,,,,
Dan btw bung Enigma, baxk juga penggemarx,,,
So, tingkatkan dan cari baxk2 misteri di seluruh dunia,tdk tapi diseluruh alam semesta ini.......

Anonymous said...

ini saya lagi yang comment 100000000%,,,
sya cuman mau nax,,apa saya bisa gabung ke group, a/ apalah yg bisa membantu sya membaca semua misteri2 bung Enigma......??????
please answer it......

enigma said...

anonymous said :
"Cuma pertanyaannya: kalo ternyata Wenny Kathe ternyata penumpang gelap, gimana dong?"

Nama Wenny Kathe sudah tidak relevan lagi karena kisah awalnya di WWN menggunakan nama winnie coutts.Kisah ini ditulis ulang theuniquenews.blogspot.com, tapi namanya berubah menjadi wenny kathe dengan kisah yang sama persis. Nama Wenny K mungkin hasil kesalahan penyaduran uniquenews.

Lagipula kisah di aslinya tidak mengatakan bahwa wenny kathe penumpang gelap karena ada kalimat :

"Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya."

Jadi kisah itu menyebut nama wenny kathe ada di daftar nama penumpang resmi Titanic.

@adi saputra : itu gambar pterodactyl.

enigma said...

Anonymous said...
sya cuman mau nax,,apa saya bisa gabung ke group, a/ apalah yg bisa membantu sya membaca semua misteri2 bung Enigma......??????
please answer it......

Tidak ada grup, semua tulisan saya bisa dibaca di blog ini.

Putra said...

two thumbs up buat bung enigma! kek gini nih blog misteri seharusnya, ga segan2 capek buat ngebantah berita hoax!

tedy said...

mang sy suka ma gaya bahasanya bung enigma...tp kekuranganya cuman g punya duit buat jalan2 lgsung k TKP hehehe...oia request dong nag hammadi d bahas...

Anonymous said...

merinding bacanya..keep posting mas!!! :eager: :headbang:

Anonymous said...

ternyata banyak info yg gak bisa di percaya di internet, mas enigma memberi pencerahan pada kita semua...semoga ada penceraha juga untuk cerita john titor yang rumornya kebenarannya di tutupi pemerintah kalo dia emang bener dari masa depan...
oh iya, mas...saya baca di berita katanya suku maya masih nyimpen 1 rahasia tentang perubahan jajaran bintang tiap 25800 tahun dan saat itu matahari akan sejajar dengan pusat galaksi..kalo bisa dibahas...trims

Anonymous said...

jangan-jangan pemeran kapten smith di film tianic adalah kapten smith,,soalnya mirip

the universe said...

analisanya ok bgt...
tp mnrt saya..bkn tdk mngkn kl lorong wktu itu ada..

Anonymous said...

buat saya sblm menganalisis sesuatu harus diperhatikan kemungkinan terjadinya kasus tersebut, kalau mmg mustahil ga usah dianalisis karena kemungkinan terakhir adl palsu dan itulah kebenarannya.
waktu bersifat linear dan waktu dalam ilmu fisika bukan besaran vektor dan bukan pula besaran skalar!

bayu said...

sip. investigasi yang menarik bung enigma. meski tetap sahaja, lorong waktu adalah fenomena yang tetap menyita sedikit tempat dalam otak saya

bubububu said...

mas enigma mohon maaf..
saya masukan link ini..
untuk klarifikasi di blok tetangga
www.XXXXXXXXdunia.com

haryadi said...

Jack Dawtson juga penumpang gelap!,..tapi film Titanic laris manis...bagus tuh penelitiannya..mantap Gan..

Anonymous said...

Om enigma memang hebat dalam memecahkan misteri.O...... iya terima kasihya om enigma telah mengucapkan(pembaca blog enigma adalah orang yang kritis dan jeli.

Yazied said...

sebagai pembaca dan fans blog mas enigma yang super ganteng sejagat alam semesta..saya merasa ikut bangga dan tersanjung lho..(Pembaca blog enigma adalah orang kritis dan jeli)..^^

Anonymous said...

enigma tau ttg TV Series Fringe? bercerita ttg kejadian2 aneh yg terjadi di dunia yg melibatkan dunia paralel. Disitu jg diceritakan klo WTC msh berdiri tegak dan JFK msh hidup. Yang berbeda hanya White House yang diceritakan hancur pd dunia paralel. bs kah enigma membuat artikel mengenai dunia paralel ini?

David Gunawan said...

Hebat.. hehe hebat analisa sampai isa nemu artikelnya :p wow salut2 ^_^b

Anonymous said...

Mas enigma sadar ngak kenapa winne coutts bisa selamat?liat dari harga tiketnya dia termasuk kelas eksekutif, artinya dia memang di dahulukan untuk naik sekoci karena penumpang kelas atas.
BTW saya mau tanya kan mas enigma punya list yang survive, ada ngak yang dari kelas 1 (kelas ekonomi).

enigma said...

Dia bisa selamat karena wanita dan anak-anak didahulukan dalam penyelamatan. Yang dari kelas 1 tentu saja ada. Kamu tinggal klik link encyclopedia-titanica.org yang saya kasih di atas.

Anonymous said...

i like your blog....karena memberikan informasi sedetail-detailnya...dan emberikan bahwa itu benar atau bukan....semoga sukses...bro!

Ridwan said...

penelusuran yang hebat, mas enigma. saya pembaca tetapmu sekarang, hehehe. sukses terus untuk blognya!

Anonymous said...

Detektif yang handal... mantab... banyak jempol buat bang enigma...

Adhie said...

Blog Paling Kerenn.. :D
Kakak saya suka ngeliat ke blog kk.
wow. memang takjub. benar2 detektif handal yang bisa mencari itu hoax atau tidak :D
boleh aku COPAS gak?
tapi aku tetep kasih Link.
boleh yaaaaaaaaa...??
tp gk boleh gpp kok!
maaf masih belajar blogger. :D

deo said...

wah uraiannya bagus...udah kek baca novel misteri ajah ^_^...
i`m waiting for ur next amazing articles...

Anonymous said...

baru kali ini gw ngasi comment pdhl dah lama gw baca2 blog ini^^. analisanya bnr2 memuaskan.

Anonymous said...

penutupnya itu lho.....kayak cerpen romantis...

keren bang!!!!

increase your traffic with klikrar said...

wah, gaya analisanya kayak sherlock holmes, atau hercule poirot.. mantep... bang enigma cita2nya tadinya pengen jadi detektif ya?? hehehe.

- Doomsday DefendeR - said...

Kwkwkw ~... mantap bro... ^^... Awesome... Suka ni gw... Hwhw ~...

Btw... Tuh Dpt Link Ticket"a u dpt info dRi mna..? Pas gw buka... Wogh~... Its ReaL~... Hwhw ~.. Kyen"~... ^^... Good Luck Sob~... ^^...

egganimation said...

analisa yg luar biasa mas..BTW masuk kerja di Badan Investigasi Misteri2 gt donk, ky di FBI or BIN ..hehehe

CydonianKnight said...

kakak enigma , bahas yg dikasih tau sama bro idiotevil dong , menarik tu .
#1 blog in Indonesia is . . . . . xfile-enigma !!!

Anonymous said...

keren...
bisa melakukan analisa sampai serinci itu..

gula said...

Mantab Analisanya... Macam COnan Edogawa saja
heheheh
Cendol Sent
:shakehand

Anonymous said...

hebat...penelitian yang spektakular...kalau boleh tahu apa profesi bang enigma...apakah detektif, pengacara, atau mungkin juga intel...

karena setahu saya seseorang yang punya pekerjaan selain diatas pasti akan buang2 waktu untuk mencari pembuktian yang benar2 akurat dan butuh waktu yang lama...

btw, salut buat bang enigma...salam kenal...

Anonymous said...

top bangeeeet!! kl ttg segitiga bermuda, ada ga' ya...???

Anonymous said...

tp smua data yg anda cari bersumber di internet, bagaimana kalau sumber yang anda anggap sebagai bukti2 tsb sebenarnya palsu. coba deh sumber wawancara atau apalah yg bisa meyakinkan sy..

Anonymous said...

tp, mas 'teka-teki', bgmn kalo sumber yg anda anggap bukti2 akn adanya hoax i2jg palsu? bgmn anda bisa tahu kalo sumber itu asli? bgmn dgn hasil wawancara?

enigma said...

Anonymous said"coba deh wawancara atau apalah utk meyakinkan sy" jawaban sy adl: tdk ada yg bs meyakinkan km, krn walaupun sy bs mendapat wawancara dgn saksi, km akan kembali bertanya: bagaimana kalau saksi itu berbohong? Sbh hoax yg dibuat bdsr data dr internet hrs dibongkar jg dgn info dr internet. Sebuah wawancara sngt tdk relevan dlm kasus ini.

Mif on the duty said...

hebat mas enigma analisanya tajam..apa resepnya mas? kualitas mas enigma mungkin faktual,calm,active,independent(FCAI)

Anonymous said...

makasih ya atas informasinya, tapi apa iya lorong waktu itu memang ada?
kayaknya ga' logis dech kalau orang yang hidup dari tahun 1912, bisa hidup dengan terdampar di gunung es, lagi pula gunung es kan sangat dingin apalagi di samudra artik dan atlantik suhunya bisa mencapai -0 derajat celcius.

robstenfreak said...

kerenn bgttt
ak suka bca na
dn fakta2 na jga ok

ohyahh

riquest dunk

vampire itu nyata ngk sihh
itu misteri bgt buad ak
soalna ak trgila2 ama edward cullen skrg.
tw kn yg main film twilight itu

jd ak pnasaran
vampire itu bneran ada atau ngk, dn tampangnya itu kyk apa gituuu

tnx yahh

nugy nugroho [Luzenk] said...

Terakhirxx..!!!

salut sama enigma..!!!

coba dari dulu saya tau ini blog...
pasti wawasan sudah bertambah banyak...!!!

Anonymous said...

wahh coba saya tahu blog ini dari dulu

btw mantap bgt bos artikelnya

Anonymous said...

hebatt gw jg bngung masa iya seh org bsa mlewati lorong waktu..mustahil bgd.indonesia bsa jaa bikin2annya...dr kmren gw cri bukti2nya gx da dsini bru ktmu trnyata tipuan....

Anonymous said...

mmmmmm..... Tapi mana penjelasan atas Kapten Smith??? Tulisan terapung selama berpuluh2 tahun mungkin hanya menggambarkan bahwa seharusnya ia sudah berpuluh2 tahun terapung... bisa saja hal itu terjadi karena salah menerjemahkan teks aslinya... Sepertinya kasus ini butuh banyak penjelasan....
Thanks bwt infonya...

Anonymous said...

wow baru buka ni blog udah kesemsem abis. keren banget bro..

Anonymous said...

theuniquenews.blogspot.com SEPERTINYA JUGA BUATAN ORANG INDONESIA BANG, LIHAT LINK GAMBAR CACING ANEHnya di link ini

http://theuniquenews.blogspot.com/2007/11/huge-number-of-black-worms-appeared.html

lihat link nama file gambarnya :

http://2.bp.blogspot.com/_TT9yY5iFza8/R0q8thaPqvI/AAAAAAAAAis/qlXIZcMvwh8/s320/cacinganeh.jpg

hehehehe, CACINGANEH.JPG, kayanya itu bukan bahasa inggris dehhh... thanx.. mangtabss banget ulasannya bang Enigma.. keep going on, kayaknya punya bakat detektif nih bang Enigma ...

enigma said...

Wah. Malah kamu yg jago banget bs ketemu fakta itu. Hebat. Saya akui sy tdk menyelidiki sampe sejauh itu.

bimo said...

hmm... yg menrik untuk saya mas,, apakah memang betul perjlanan melintas waktu atau hoax itu memang ada kalo bener ada saya minta kisah nyata-nya ya (kali aja saya bisa lompat ke masa depan atau ke masa lalu yg pad saat hidup ane lbih enak dri skrang hehehe....)

Anonymous said...

analisa anda emang kerennn
tapi bukanya di dunia sesuatu yang gak mungkin bisa jadi mungkinnn,,,tapi smoga suatu hari lorong waktu itu ada ya.
hehhe
good luck terus buat blog nya masss
by aal

Anonymous said...

satu hal yg smpe skrng aku prcya adlh ttg lorong wktu,, atw lbih dknal dng istlh alirn waktu,, mksd_a kt ne ada dlm 1 alran yg troes mnglir ke dpn, nmun bg org2 trtntu ada hmbtan djlan_a yg dnmkan alran wktu,, jd smcam trsdot ke ruang wktu,,
ak prnh bc, dl ada sorg penjga di sebuah istn (lp dngra mn),, dlm htngan dtik dia udh ada di ngra lain (lp jg nm ngra_a) dsksikan ma ratu dan pmbntu2_a di ngra tu,, dan hal ini dbktkan dng dkrmnya kpal utk mnjmpt pnjga td stlh dpat kbar_a,,

jg crta ttg sebatalion tntra turki (kl ga slh ingt) tb2 hlang stlh diselmti kbut,, lg seorg pnlis yg msuk ke goa yg bntu tb2 hlang tak brbekas,, bestu seorng pelari yg lg lari troes jtuh smbl mnjrit kmdian mnghlang, ne dliat ma org2 yg da djlan tu,, mnrut smbr_a smpe skrang pun msih trdngar suara2 lari dan jrtannnya...

(maaf kl crta_a ga spesifik krn udh lm kl ne ksh_a ak bc)

Anonymous said...

eh bang Enig....
kalo tentang kapal titanic yang mengangkut mumi tu gimana?????????????

.Jesse.

Anonymous said...

hadyuuuh.. Sebel..
Jd ketagihan kiy.
Masak dr kmrn aq klak klik terus dr satu artikel ke artikel lain. Cape neh mata, hp ku jg pasti payah banget hrs charge berkali2.. Hadyuuh.. Hadyuuh..

peo octavianie said...

waaahhh..baru tau kalo ada artikel2 yang bagus..knp gak dari dulu2 aku cari ya...mata udah sepet tp penasaran banget...ma kasih infonya..pengetahuan ku jadi bertambah banyak...
bahasanya bisa di mengerti..

andrew said...

semunya itu hanyalah konspirasi orang luar yang hanya mencari ketenaran, , , tapi sebenarnya semuanya itu gk bener, , , klo smith itu di bawa jin ke alam ghaib mungkin w percaya, karna yang kaya gituan udah banyak buktinya

Anonymous said...

Great Blog... Excellent Job !

Baru kali ini sy seneng baca blog.. hehe

Salut buat bang Enigma ! Keep investigating yach..

rark said...

hahaha. great analyze. om enigma ini sepertinya mengidap penyakit yang entah apa namanya sehingga tidak bisa hidup dengan tenang sebelum memecahkan misteri secara logis. wkwkwkwk. salut om

Anonymous said...

just saying "WOOWW"
keren cuy,analisa yg mendalam,..

anyway,.gue percaya sama yg namanya lorong waktu,.
karena di kitab suci agama yg gue anut,sampe 350thn kedepan lg

Anonymous said...

Mantap Gan penyelidikannya! Bakat tuh jadi detektif kaya X-File beneran! Salam

Anonymous said...

waduh kacian yang blog nya disebut....wkwkwkwk...

Anonymous said...

Saya sangat menghargai kecerdasan, pengetahuan, keuletan dan jerih payah enigma dalam menjawab semua pertanyaan. terima kasih! =)

arieff said...

bukannya memang ada yang selamat yaa yang naik sekoci..tapi gak tau juga deh,hehe..

keren..keren penjelasanny...keep posting

Dedy said...

kejanggalan emg bnyak bgt, termasuk dengan daftar penumpang yg ada...sya sendiri masih sangsi dg gambar itu, apakah itu gambar scanc dri majalah ato memang otentik, kalopun otentik, pertanyaan yg mendasar adalah ? apakah komputer pada masa itu sudah mampu menulis macam demikian dg tabel dan tulisan yg halus dan rapi, bukankan saat itu komputer masih di imajinasi...dan kalopun ada, apakah tinta pada masa itu telah mampu memunculkan karakter warna biru...

Anonymous said...

Ada 5 hal yg ingin sy sampaikan :
1. Highly & first class honour to Mr.Enigma
2. Teknik & metode pembuktian 'Hoax or not' Mr.Enigma, cukup sistematis, so sy minta izin untuk copas, sekedar sbg acuan menganalisis suatu berita
3. Bs kh sy dpt 'software' atau 'cara lain' untuk membuktikan suatu foto (digital) adalah hasil rekayasa atau bukan. (kebetulan sy tdk punya Photoshop)
4. Hal ini membuktikan bahwa Internet adalah spt 'both sides of coin' atau pisau bermata 2, bs sebagai alat mencari data /kebenaran tp bs jg memberi data/berita menyesatkan. So beware, Bro..
5. Mohon dibantu untuk 'Membuktikan' fenomena CROPCIRCLE.. apakah 'buatan' manusia atau aliens.
Tks a bunch

Anonymous said...

Sip<, Salut buat Mr.Enigma. Penelitian yang sangat luar biasa.. Saya Kagum sekali. Sebelumnya Terima Kasih atas infonya.. Muantap Gan..

Anonymous said...

kirain beneran,,,
eh ternyata oh ternyata hanya hoax belaka....
secara tidak langsung anda sbg hoax dund..

Anonymous said...

hummm ........ amazing!! ditipu mentah2. thanks analisa yang keren.

arutemia said...

ini hoax ya?
klo memang benar kenapa berita nya tdk pernah muncul di televisi atau booming di media masa, hanya tersebar lewat internet.

SMegoL CiraCau said...

waaaaawwwww.........

SALUTTTTTTTTTT BANGETSS DAHH !!!!!

makasi atas pencerahan ny ya mas.,, ^_^

cale said...

yg membuat orang sulit copy paste tulisanmu adalh narasi sudut pandangnya SAYA. jadi orang harus cape ngedit kalau nggak akan kelihatan begonya klau ngga nyebutin sumber aslinya, yaitu link mu ini.
bravo i love your's.

Anonymous said...

wow,...
saya terkesan dengan analisis dan hipotesa anda,..
apakah anda tertarik menjamah international?

enigma said...

Menjamah internasional? sama sekali tidak pernah kepikiran :)

bayem said...

kenapa ga coba menelusuri kejadian-kejadian konspirasi yang ada di indonesia bro? :D

Anonymous said...

mantap bung...
teliti dan penyampaiannya baik sekali...

nearmello said...

wah keren2 analisisnya
saya baru baca sebagian artikel, jd pengen baca smua artikelnya nih

Rendy Putera Gaffar said...

bro enigma gimana nih linkback nya ?
punya anda sudah saya taro di sahabat ..
di http://goodfate.blogspot.com/ ..
di tunggu link back nya ya bro ..
thanks

Post a Comment