Sunday, January 24, 2010

Penemuan kerangka manusia raksasa - benarkah?

Di internet, akhir-akhir ini beredar kembali foto-foto apa yang disebut sebagai kerangka manusia raksasa. Mulai dari yang ditemukan di India hingga Timur Tengah. Apakah kerangka tersebut benar-benar ditemukan, atau sekedar hoax ?


Saya mendapatkan sebuah pertanyaan :

Devy D said...

Dear bang Enigma,

Boleh request ttg raksasa.. saya lihat di beberapa blog ttg penemuan kerangka raksasa, tapi saya nggak yakin, saya bisa yakin bila yg mengeluarkan info tsb dari bang enigma... thanks ya
January 22, 2010 9:27 PM

Sebenarnya, saya tidak mengetahui artikel mana yang dimaksud oleh Devy. Jadi saya mengeceknya via google. Dan ternyata memang ada banyak blog yang membahas soal ini. Sebagian artikel tersebut memang hoax, namun sebagian lagi bukan.

Jika kerangka itu disebut memiliki tinggi badan sekitar 3-4 meter, maka berita itu kemungkinan bukan hoax karena memang pernah ada penemuan kerangka manusia dengan badan setinggi itu. Tetapi jika disebut kerangka yang ditemukan memiliki tinggi lebih dari 10 meter, maka kemungkinan berita itu hoax karena hingga saat ini belum pernah ada konfirmasi dari sumber yang kredibel mengenai penemuan kerangka dengan tinggi seperti itu.

Perhatikan ! saya tidak mengatakan bahwa manusia yang memiliki tinggi 10 meter lebih itu tidak ada. Saya hanya mengatakan bahwa HINGGA SAAT INI belum ada konfirmasi dari sumber yang kredibel mengenai penemuan kerangka manusia dengan tinggi seperti itu.

Pada tulisan kali ini, saya akan menanggapi pemberitaan mengenai penemuan kerangka raksasa yang hoax terlebih dahulu, soal penemuan kerangka raksasa yang bukan hoax akan saya tulis lain kali.

Sebelum saya menjawab pertanyaan di atas, saya ingin memberitahukan kepada kalian bagaimana saya memandang sebuah fenomena misterius.

Saya sering mengatakan bahwa saya bukan seorang skeptis, tapi saya juga bukan orang yang suka mengada-ada.

Jika sebuah fenomena terlalu "spektakuler", maka saya akan mengambil posisi "skeptis" yang membuat saya akan menelitinya lebih lanjut. Namun, jika sebuah fenomena tidak terlalu "spektakuler" (walaupun luar biasa), maka saya akan mengambil posisi "believer" yang membuat saya merasa tidak perlu untuk menelitinya lebih lanjut.

Tentu saja saya memiliki penafsiran sendiri mengenai definisi "spektakuler".

Mengenai kerangka raksasa, pada kisah-kisah yang menyertainya selalu disebut kerangka tersebut memiliki tinggi puluhan meter. Ada yang bilang 30 meter dan ada yang bilang 90 meter. Menurut saya, itu terlalu spektakuler. Jadi saya mengambil posisi skeptis. Lagipula, saya melihat sentuhan photoshop yang sangat jelas di foto-foto itu.

Sebenarnya, pada awalnya saya merasa tidak perlu menanggapi berita-berita hoax ini karena saya yakin sebagian besar dari kalian sudah mengetahuinya. Namun karena National Geographic pernah menanggapi salah satu foto hoax tersebut, maka sepertinya tidak ada salahnya untuk ikut menanggapi.

Pertama, foto ini :

Ini adalah foto kerangka manusia raksasa yang paling terkenal di dunia. Pertama kali muncul di publik lewat sebuah surat kabar India pada Maret 2007.


Foto di atas adalah ternyata merupakan penggabungan dari dua foto. Foto pertama adalah foto ekskavasi tulang Mastodon di Hyde Park, New York, pada tahun 2000.


Sedangkan foto kedua adalah foto kerangka manusia tanpa keterangan yang saya temukan di internet.


Bukan itu saja. hasil photoshop ini bahkan bisa ditemukan di situs worth1000.com, yaitu situs yang khusus memperlombakan foto-foto hasil photoshop. Foto ini dilombakan dalam kategori archeological anomaly.

Jika kalian pernah membaca postingan saya sebelumnya mengenai rekayasa ular raksasa Borneo, maka kalian juga bisa menemukan bahwa foto ular palsu itu adalah hasil photoshop yang juga ikut dilombakan di situs ini.

Nah, selain foto itu, foto raksasa lain yang ikut dilombakan dalam kategori archeological anomaly di worth1000.com adalah sebagai berikut :


Kenal dengan foto-foto di atas ?

Tentu saja, tiga foto berikutnya juga merupakan foto-foto penemuan kerangka raksasa yang beredar di internet.

Jadi saya sudah mengklarifikasi empat foto.

Sekarang, foto kelima yang juga banyak beredar di internet :


Sekarang, kalian akan berteriak, wow, itu baru tengkorak raksasa !

Ya, memang, sayangnya foto ini juga adalah hasil photoshop. Lihat, ini foto aslinya :


Kalian bisa melihat dalam foto ini tidak ada tengkorak manusianya. Foto ini sebenarnya adalah foto ekskavasi tulang Jobaria Tiguidensis, salah satu species baru dinosaurus yang ditemukan di gurun Sahara oleh tim dari universitas Chicago. Ya, tulang itu memang tulang raksasa, tapi bukan milik manusia.

Sekarang foto-foto berikutnya yang juga beredar di internet :


Untuk mengetahui status kebenaran foto-foto ini sebenarnya sangat mudah sekali karena foto itu sendiri telah menyediakan jawabannya. Coba lihat tulisan (watermark) di kanan bawah foto yang terakhir. Disitu tertulis Theorionconspiracy.com. Kalian juga bisa melihat tulisan yang sama di foto sebelumnya (agak samar).

Pertanyaannya adalah, siapakah yang berani membuat watermark di sebuah foto ?

Cuma ada dua orang. Pertama adalah pemilik foto tersebut. Kedua adalah orang lain yang mengambil foto tersebut dan mencantumkan watermark tersebut sebagai sumber aslinya.

Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa situs theorionconspiracy.com adalah kuncinya.

Mungkin jika mendengar namanya, orang akan menyimpulkan situs itu sebagai situs misteri. Namun jika kita masuk ke websitenya, maka kita akan menemukan bahwa theorionconspiracy sebenarnya adalah sebuah situs yang mempromosikan film dokumenter fiksi yang disutradarai oleh seorang seniman grafis Perancis bernama Seb Janiak. Ia membuat foto-foto palsu untuk membuat filmnya terlihat lebih meyakinkan.

Ketika saya mengecek websitenya, inilah yang saya temukan :


Saya menemukan galeri kerangka raksasa di sana.

Perhatikan di foto di kanan bawah. Ternyata foto ekskavasi tulang Jobaria Tiguidensis di Sahara juga ada di situ. Situs ini telah memphotoshop foto ekskavasi itu dan foto lainnya untuk mendukung film science fictionnya. Tapi wajar saja, karena memang tidak pernah ada orang yang menganggap karya Seb Janiak sebagai dokumenter ilmiah.

Namun anehnya, sepertinya banyak orang tidak merasa perlu untuk bertanya mengapa watermark di foto itu bertuliskan theorionconspiracy. Mengapa bukan watermark bertuliskan national geographic ? atau watermark salah satu universitas ternama di dunia ? Aneh kan, penemuan kerangka seperti itu malah bersumber dari sebuah situs science fiction, bukan dari sumber lain yang kredibel dalam soal sains.

Should I continue ?

Apakah saya harus menemukan bukti-bukti lanjutan untuk meyakinkan kalian soal palsunya foto-foto tersebut ?

Saya rasa tidak perlu :)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

129 comments:

Anonymous said...

saya memang yakin dari awal ni hoax..., tapi makin yakin setelah baca postingan bung enigma...
kalo soal yg tingginya 3-4 m bukannya biasa aja ya... sekarang ja ada yng tingginya hampir 3 meteran gitu..., yang masuk kategori raksasa sy rasa yng tingginya 10 m keats...
tapi biar pun gambar2 diaatas hoax, saya yakin ada satu masa raksasa pernah hidup di bumi.....

seperti biasa nice post bung....

diarynisa said...

gud2..bang enigma..ane juga dah pernah liat tuh poto sotoshop yg pertama, dibilang kl kerangka itu kerangkanya fir'aun..hampir percaya siy...
lanjut bang....

mbah ware said...

wakakaka.....hampir aja posting tentang hoax kerangka raksasa....eh..udah keduluan brother Enigma...hehehe...sorry belum sempat posting...sibuk betulin genteng rumah pada bocor....( kelamaan ekspedisi...)wakakaka...ane ngikut ente dulu ah...

enigma said...

Manusia tertinggi di dunia yang pernah tercatat adalah Robert Pershing Wadlow yang memiliki tinggi 2,72 meter. Sedangkan manusia tertinggi saat ini yang masih hidup adalah Sultan Kosen yang memiliki tinggi 2,47 meter.

Jadi belum pernah ada manusia modern yang diketahui memiliki tinggi 3-4 meter. jika ditemukan kerangka dengan tinggi 3-4 meter, maka itu sudah bisa disebut raksasa.

Devy D said...

Dear Bang Enigma,
Pertama-tama saya mau mengucapkan banyak terima kasih sudah mengabulkan permintaan saya. (saya sampe terharu...)
Memang saya sering melihat 3 foto pertama yg ditampilkan dari atas, makanya saya bertanya2 apakah itu benar, dan akhirnya jawabannya telah saya terima saat ini.
Saya memang harus lebih selektif terkait banyaknya blog di internet yg memberikan suatu informasi, dan blog yg saya percayai saat ini adalah blog Enigma. Sekali lagi thankssss bangeettt.

enigma said...

@Devy D : Sama-sama, lagipula saya dapat info yang bagus dari kamu. hehe

giga_neku said...

HWAAAAWWWWHHH . . .
bang enigma tadi bilang mau meposting kerangka manusia raksasa yang berkisar 3-4m dan bukan hoax..

saya sangat menanti yo..
:)
oh iyah..bukan nya baru bulan2 kemaren saya melihat berita di salah satu stasiun tv Indonesia ttg manusia yang tinggi nya mencapai 3m..
dan saya kira itu bukan rekayasa kan??

saya lupa lagi nama nya tapi dia benar2 tinggi..

enigma said...

Maksud kamu suparwono dari lampung. Dia memang manusia tertinggi di Indonesia, tapi tingginya cuma 2,42 meter. Jadi suparwono adalah orang kedua tertinggi di dunia. Yang pertama sultan kosen (2,47 meter)

DeeLaBeLLe said...

Wew,mas enigma bs nemu foto2 asli yg blm dphotoshop... Keren bgt!

giga_neku said...

hooooo..saya baru tahu..
thanks bgt bang enigma..

LIKE THIS BGT..
:)

di tunggu next postingan nya..
jadi penasaran..ha.ha.

Anonymous said...

wew....nice post bang enigma. cara nyari data kayak gitu di internet gimana bang? contohnya foto yang urutan ketiga keywordnya apaan kalo di google bg? kok bisa nemu aja.

penggemar enigma said...

suparwono tingginya 2.7 m... sebagaimana ditayangkan di youtube berikut...
http://www.youtube.com/watch?v=fTG1BZHJLNs
jika begitu apa betul dia orang tertinggi di dunia?!

kepletot said...

akhir'y kLuar jg jwban manusia raksasa'y,ahahahhaha..
oie,request crita ttg Sai Baba dong..
kt'y tu org jago bgt iLmu2'y..
oke..

lalitis said...

satu lagi cerita yg suangaaat menarik!

boleh request ngga mas? bahas tentang thylacine dong, hewan yg menjadi lambang suatu negara (atau negara bagian, kl ngga salah), sempat dikira cryptid, tapi sudah terbukti kepunahannya...

soalnya klo dipikir2, bisa aja semua hewan yg dipakai sbg simbol2 tertentu tuh semuanya benar2 ada...

penghuni60 said...

wah,kemaren baru aja saya posting soal manusia tertinggi, skrg bang enigma posting soal kerangkanya ya?
tp syg y semuanya ternyata hoax.
kalo ada yg mau baca soal sultan kosen,mampir ya di postingan saya:
http://penghuni60sains.blogspot.com/2010/01/manusia-tertinggi-di-dunia.html

Anonymous said...

land lord lawie said :
" bang, waktu ane lg di martapura or banjarbaru kalsel, ditunjukin sama supir ane sebuah makam yang panjangnya 7-10m ...., lokasinya di samping masjid apa gt, sori ane lupa....,
warga sana percaya kalo makam itu punya orang tertinggi di Kalimantan, bt who know lah,...

bang enigma ada info ga ...??

bang enigma udah baca the lost symbol "dan brown" ga ???

banyak hal tengtang freemason tuh ...., tapi banyak yg beda sama tulisan bang enigma ....

figor said...

mas...coba selidiki soal mandau terbang dari borneo...bener apa cuman mitos...soalnya data yang saya dapat selama ini sangat sedikit....dan lagi cerita ini sudah tersebar ke luar pulau itu sendiri...makasie...

Anonymous said...

bang ulas soal veritas dong...
apa emang ada atau cuma gw aja yg kebanyakan nonton SMALLVILLE

Anonymous said...

bang enigma,,, posting dong tentang burubg garuda
aku jadi penasaran ntu burung beneran ada nggak???

Anonymous said...

pas jaman dulu ad manusia raksasa yang bernama goliath,dia dikalahin sma daud hanya pke batu krikil....

Anonymous said...

om enigma , mau protes , kritik , dan ngasih saran .

saya lebih sering surf Enigma lewat HP (gak punya laptop , malas ke warnet , Long Live Mobile . hahag) . tapi ko kadang beberapa gambar yang di post buram ya om ? padahal udah di reload beberapa kali (saya pakai tampilan asli meski lewat HP) . lah anehnya , gambar yang tidak jelas (buram . pixel-nya raksasa . hehe) biasanya kalau terdapat 5 atau lebih gambar dalam tiap postingan . kenapa ya ? (tugas om untuk memecahkan misteri ini . hehe becanda) . ya anggap saja ini kritik buat om .

om , punya ide nih (tapi jangan diketawain lho >,< .)
gimana kalo Enigma buat semacam kategori dimana om membuat misteri yang harus dipecahkan sama Readers , entah itu hoax , atau real . ya jadi kaya semacam kuis . tapi tiap bulan aja . tekniknya gimana ya terserah om aja . nah yang menang dapet hadiah gitu . agak ribet juga sih , harus gaet sponsor buat dana nya . hehehe .
cuma ide , ga disetujui juga gpp . XD

maju terus ENIGMA .

xoxo : delonge doang lagi hectic ke metal

Alta said...

Numpang nanya bang.. Buat bang enig da ga sih misteri yg udah diteliti cukup lama, tp blum da hasil yg cukup memuaskan..?? Yah setidaknya yg paling sulit deh memecahkannya ampe skrg... Soalnya keliatannya bang enig bisa aja mengungkapkan misteri dlm wkt relatif cepat (mungkin).. Atw emang bang enig yg terlalu hebat? Hmm... Misteri yg cukup misterius.. Eh, mav ya klo da kt2 yg salah... Thx..

Ridwan said...

Wah ternyata, terima kasih mas, saya menemukan jawaban yang selama ini membuat saya penasaran.

Anonymous said...

kalo dalam dunia arkeologi
kerangka yang menyerupai manusia bernama GIGANTOPITHECUS
ini masih termasuk kategori monyet
tingginya bisa mencapai 3

enigma said...

@anonymous : kata kunci di google giant skeleton hoax

@penggemar enigma : awalnya suparwono dikira 2,7 meter. Tapi setelah diadakan pengukuran ulang ternyata 2,42 meter

@Lord landlawie : Apa yang diketahui orang mengenai Freemasonry kebanyakan cuma mitos.

@figor : mandau terbang memang ada, tapi itu hubungannya dengan magic, jadi tidak dibahas disini.

enigma said...

@anonymous yang protes dan kasih saran :

Itu usul yang sangat brilian sekali. Oh ya soal tampilan hp, itu tergantung yang mana dulu, apakah yang feedm8 atau bukan. Kalau feedm8 memang suka masalah. Tapi kalau pake operamini dan memasukkan alamat xfile-enigma.blogspot.com seharusnya tidak masalah.

enigma said...

@Alta : sebenarnya saya tidak memecahkan misteri. saya cuma mengumpulkan data yang sudah ada di internet.

Soal misteri yang masih belum terpecahkan, buannnyyyaaaakkkk sekali. haha. salah satunya John Titor.

enigma said...

@yang request2 : Sai baba itu masuk wilayah keagamaan, jadi tidak bisa dipenuhi permintaannya.

Thylacine boleh, karena memang menarik.

Mandau terbang masuk magic, jadi tidak bisa.

Veritas itu mitos dan dongeng, jadi mungkin tidak.

Burung garuda boleh karena menyentuh soal Indonesia.

Anonymous said...

sudah dari dulu foto2 itu beredar. dan udah kelihatan bgt PS. sejak gempar-gemparnya 2010 dan teori nibirun-ya!!!!

Anonymous said...

luar biasa...! hanya itu ucapan yg pantas untuk enigma! salut dan kagum habis....

prince said...

Mas enigma, aku suka sama ide Anonym diatas yang bilang kalo sekali kali mas bikin quis buat pembaca. Kayanya seru banget tuh mas.

Aditya's Blogsphere said...

Luar biasa..ternyata yang katanya tengkrak nabi adam itu hanya rekayasa potoshop?padahal tadinya aq percaya bang hehe...oh ya bang...saya kasil link back satu lagi di posting saya yang baru.......trims.....

abzalom said...

hehehe...seperti biasa om, sains lah yang bisa membuktikan semuanya secara logika.

PEACE!!!!!

Anonymous said...

bang enigma ap benar kujikiri yang digunakan para ninja berfungsi?thx...

Anonymous said...

saya pake operamini om .
justru kalo langsung ketik alamat nya malah kadang gabisa atau lemot . jadi harus lewat google , itupun harus masuk web lain dulu , kaya ke facebook misalnya , abis itu baru ke google dan ketik BLOG ENIGMA . kalo yg tampilan HP itu kan gapake gambar . jadi mending pake tampilan web aja . tapi ya sama , kadang gambarnya terpotong atau malah buram sama sekali . :-(

anyway , om ada akun fb ga ? atau paling ngga ya Group atau Fan Page gitu ? atas nama pribadi apa Enigma ?
kalo belum ada dibikin aja om , jadi kalo ada tret baru tinggal Update .

oia , kisah Dracula dong om .

maaf om merepotkan dan banyak permintaan . hehe .
semata-mata biar Enigma makin maju dan EnigManiacs terpuaskan . \^.^/ hohoho

xoxo : delonge doang lagi hectic ke metal

enigma said...

Akun FB tidak punya. Fan page ? kayak selebrities saja. haha. Dracula ok.

ichaelmago said...

Ya, foto-foto itu juga aku udah pernah liat sebelumnya. dan..gak percaya. sampe akhirnya ngeliat juga websitenya. langsung deh ketawa-tawa kalo ada temen yang "masih" juga percaya sama foto itu :D

rio2000 said...

nabi Adam as tinggi 30 meter... apakah kerangkanya sudah ditemukan? yah belum..... kerangka2 tersebut mungkin sudah pada jadi debu atau malah sudah jadi "minyak bumi" seperti fosil2 dinosurus yang banyak menjadi "minyak bumi"

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Saya kagum dengan pembahasannya sobat...
Sukses selalu.
Izin Review di lembar alexanya yang keren..

mr blank said...

bukanx suparwono tu no 3 yg ke 2 org china kl g slah? amelia erthartx lama bgt maz?

Anonymous said...

om enigma usul muat juga donk misteri2 yang ada di nusantara... Atau kalo gag, misteri tentang perang-perang gtu thx

Anonymous said...

bang enigma kapan muncul misteri dari negeri sendiri yang up to date

Anonymous said...

oke , dracula nya ditunggu . =D
ya Fan Page nya atas nama Enigma aja . hahaha .

menurut beberapa ahli kitab , orang2 di zaman nabi (bahkan nabi nya sendiri) itu berukuran raksasa , sedangkan manusia sekarang rata2 tingginya 1-2 meter , ga lebih dari 3 meter , kalau memang ternyata benar , apakah yang menyebabkan tinggi manusia (averagely) menurun ? proses adaptasi atau apa ?
dan apakah manusia kerdil yang mendiami suatu tempat seperti Oompa Loompa di film Charlie and The Chocolate Factory itu ada ?

xoxo : delonge doang lagi hectic ke metal

Junior said...

Mas... postingannya udah banyak tuh... dikumpulin bisa jadi buku.... saya yakin bakal best seller tuh... hayoooo ditunggu mas....

Kebaya Putrasemeru said...

Hallo Mr.enigma artikelnya bagus; mengenai manusia tinggi apakah ini mungkin seperti alien cerdas yang berbadan tinggi (ada gambarnya berdiri di dekat pohon cemara) seperti yang pernah Anda tulis?

Anonymous said...

bang enigma..kok artikel insiden roswellnya ga ada?dihilangkan y?

enigma said...

@Kebaya: Bisa saja.

@Anonymous yg nanya soal roswell : saya tidak pernah menghilangkan tulisan Roswell karena saya memang belum pernah menulisnya.

@Delonge : Susah menjawabnya. haha

@Mr. Blank : ada yg bilang suparwono no 3 ada yang n0.2. Kalo maksud kamu org cina itu Bao Xijun, maka Suparwono no.2

enigma said...

@anonymous yg nanya kujikiri : bisa saja berfungsi. namanya juga ilmu.

Anonymous said...

bro, w.., minta tulisan tentang ramalan, jangka jayabaya, secara terperinci, dong, boz....

03agoenk said...

Wah wah wah emang ya ga kelihatan efek photoshopnya.....
Saya sampai kagum bisa edit sampai kelihatan asli....

Anonymous said...

request roswell ya bang..soal eeb1 ama eeb2 jg tlg d bahas..tq bang!
(ufo believer)

Anonymous said...

mas enigma hebat yaa . kalo ada misteri yang jadi pertanyaan pembaca enigma slalu bisa dijawab oleh mas enigma dgn bukti" yang kuat . aku aja kalo ada berota yang aku gg percaya trus nyari di internet blm tentu nemu . hehehehhe

Anonymous said...

wah wah wah....
ternyata foto yang tengkorak raksasa itu hoax ya..
ada yg sempet tag foto itu d fb...
pertama aku kira asli... eh taunya hoax...
aku percaya itu hoax or bukan klo mr.enigma yang bahas.. :) karena disertai bukti and analisa yang kuat.
i'm a big fans of you..
keep posting mr.enigma.
-desayntis.

Anonymous said...

ah liat aj tengkorak pertama yg bawa skop ga ada ujungnya

Aditya's Blogsphere said...

Halo bang...pa kabar....perasaan kemaren ada postingan baru...kok tak cari gak ada deh?

jam tangan said...

Oalah ternyata HOAX toh...

Kalo kerangka nabi Adam as, kira2 masih ada apa gak ya?

Anonymous said...

mas enigma, kupas juga tentang JAMA'AH HAJI yg katanya berubah jd ULAR ? foto & videonya beredar juga tuh di internet katanya jama'ah haji tsb berasal dari embarkasi makassar... kasian tuh yg pada ke makan isu... thanks ya mas.

Cid said...

wow hebat analisanya..dari pertama tau blog ini, jujur saya kagum sekali sama apa yang disajikan.
tapi gini mas enigma..saya pernah denger, di salah satu hadist, sahabat rasulullah saw pernah bertanya pada rasul, " yaa rasul, seberapa tinggi kah orang-orang jaman dlu ?" (kurang lebih seperti itu, maaf kalo salah. hehe..) trus rasul menjawab " tingginya 60 hasta " maksud hasta disini tulang hasta..
mungkin iya foto2 kaya gitu palsu hasil photoshop. Tapi tidak bisa di pungkiri bahwa manusia jaman dulu tingginya yaa tinggi bgt,hue..koreksi saya y kalo salah..

Anonymous said...

@atas
Tulang hasta itu tulang yang bagian mana sich om ? kalau 60 tulang hasta jadi berapa tuh tingginya.

Cid said...

klo g salah tulang hasta tuh dari pergelangan tangan mpe sikut..

Reezka Rebels said...

Mungkin anda BENAR tapi mungkin juga anda SALAH...
tidak semua hal yang ada di dunia ini yang aneh2 bisa diklarifikasikan dengan fakta2 seperti yang anda jelaskan. bagaimana dengan UFO yang memiliki kecepatan luar biasa tersebut?kira2 apa pandangan anda?

enigma said...

Kebetulan saya memang tdk pernah berusaha menjelaskan semua fenomena di dunia ini. Di tulisan ini, saya cm mengklarifikasi Foto raksasa yg beredar di internet. Dlm soal foto ini, apkh saya salah?

Black n White said...

anda g salah enigma..

di dunia ni pasti da yg pro n kontra ma kita..

so.. lanjutin kreasimu.. :D

tanpa nama said...

numpang dikit bang..

1. saya insyaAllah punya cerita tentang asal muasal drecula, tapi sayangnya, filenya saya simpan di otak saya, jadi agak lupa" inget.. :p

2. mengenai manusia raksasa itu untuk saat ini saya masih yajin hoax, akan tetapi selama saya belajar d sebuah PONDOK, bahwa tinggi manusia dulu (sebelum masehi) ada yang tingginya lebih dari 20 kaki. akan tetapi mungkin sulit untuk ditemukan karena mungkin kerangkanya itu ada pada lapisan tanah yang cukup dalam.

Adit/Lee'dS said...

Hai, kok berita2nya semua ujung2nya rekayasa, padahal pertama saya tertarik banget bacanya..

Anonymous said...

smua itu adalah tanda2 dari beberapa tanda2 Allah Yang Maha Gagah,,,

riki said...

"Lagipula, saya melihat sentuhan photoshop yang sangat jelas di foto-foto itu." mungkin bro bs kasih penjelasan teknisnya secara detail biar jelas semua.

cale said...

manusia raksasa tanpa foto tapi berita pernah santer di tmeukan di pantai jawa, aceh dan india.

Anonymous said...

kak enigma, saya udah lama jadi fansnya blog enigma, tp br kali ini saya kasih comment, menurut saya blog enigma itu bagus banget dan di jawab dengan sangat jelas oleh kak enigma, dari pertama saya baca, saya udah menyukainya, dan sampe skr kalo saya buka laptop pasti langsung liat blog enigma.
good luck ya kak enigma, maju terus

Anonymous said...

Widih Keren bgd tuh.. saya jg prnh baca buku arkeolog ttg hal itu jg...

Anonymous said...

Bukan! Ini sama sekali bukan siapa2. Foto ini adalah pemenang lomba photoshop tahun 2002. Jadi semua berita tentang foto ini adalah bohong. Logikanya kalo fosil ini benar pasti sudah rame di TV. Iya kan?
Ini gambar buatan seniman grafis asal kanada, backgroundnya dari foto penggalian tulang mastodon di hyde park london sementara foto tulang belulangnya dibuat dengan computer grafis..

Cipanas Online said...

Bener harus selektif menerima informasi, sebab teknologi bisa merekayasanya.
Jangan langsung percaya begitu saja.

tbwatw said...

selain umur manusia juga makin pendek dari zaman ke zaman. ukuran manusia kan juga makin kecil. wlpn hoax tapi kerangka se gede itu bisa aja ditemukan yang aslinya

tbwatw said...

@anonymous said:
Bukan! Ini sama sekali bukan siapa2. Foto ini adalah pemenang lomba photoshop tahun 2002. Jadi semua berita tentang foto ini adalah bohong. Logikanya kalo fosil ini benar pasti sudah rame di TV. Iya kan?
Ini gambar buatan seniman grafis asal kanada, backgroundnya dari foto penggalian tulang mastodon di hyde park london sementara foto tulang belulangnya dibuat dengan computer grafis..

gak mungkin ada orang TV yang bahas masalah ini, apalagi Indonesia. kalo pengen info2 kaya gini ya di internet. kalo TV mah percuma...

nugi said...

bolehkah saya balik jika penemuan tengkorak raksasa dini, ditutupi dan seolah dibuat rekayasa untuk terus mendukung teori bahwa manusia berasal dari kera? ( teori evolusi )...jika saja penemuan tengkorak raksasa ini di benarkan, secara otomatis teori evolusi akan runtuh, yang menjadi taruhanya ada nama dan keilmuwan para ilmuwan pendukung teori evolusi dan ilmuwan - ilmuwan dunia yang tidak percaya akan penciptaan Adam as. langsung bukan dari monyet...

Silahkan di renungkan... :-)

Anonymous said...

@nugi : ga juga sih, renungkanlah analisis diatas dulu :nohope:

Anonymous said...

ingat gak....
awal penciptaan manusia pada zaman nabi adam, nabi nuh, ukuran tinggi badannya hingga 60 m dan umurnya hingga 1000 thn, wallahu 'alam

Aully said...

wow infonya sangat menarik,,,,saya izin sedot sedikit tpi akan saya nyatakan sumbernya dari sobat....

Anonymous said...

bila ingin kejelasannya mengapa tidak datang ke lokasi tempat kerangka itu ditemukan (?)cari tahu lokasinya dinegara mana dikota apa,itu yang adil dan sesuai prosedur ilmiah,jangan bikin kesimpulan dari keterangan orang yang cuma melihatnya dari foto.hanya saintis yang atheistik-materialistik akan tutup mata dan tutup telinga bila ada temuan ilmiah yang memperkuat keterangan kitab suci.mereka akan berusaha menutupi fakta.sebab itu MARI KITA DATANGI LOKASI PENEMUAN YANG SEBENARNYA DAN LALU BIKIN PUBLIKASI ILMIAH DARI SITU.

Anonymous said...

LOGIKANYA SAJA :
jika para ilmuwan selama ini telah membuktikan adanya binatang raksasa pada jutaan tahun yg lalu.

maka bukanlah suatu hal yg mustahil jika jutaan tahun lalu manusia juga memiliki tubuh yg seimbang dan sebanding dengan tubuh binatang yg terbesar saat ini (semisalnya: GAJAH)

bagi manusia jutaan tahun lalu, DINOSAURUS merupakan binatang yg paling besar dari binatang lainnya pada masa itu.

maka pada zaman sekarang ini, GAJAH merupakan binatang yg paling besar dari binatang lainnya pada masa ini.
mungkin jutaan tahun mendatang (kalau Tuhan mengizinkan itu) makhluk hidup akan terus berevolusi menyesuaikan dengan alam sekitarnya.

Anonymous said...

Membaca sebuah fenomena spektakuler memang mengasyikkan,walaupun bahkan terkesan "sangat spektakuler" yg justru menggelitik pemikiran kita sebagai manusia yg dikaruniai akal/pikiran/nalar/sikap kritis, untuk tidak dengan mudahnya disesatkan oleh berita2 yg tidak jelas asal-usul dan tujuannya. Dan akhirnya jika menemukan kebenaran/penjelasan yg dapat diterima dari fenomena tersebut, itu adalah sebuah kepuasan tak ternilai harganya..dibanding apapun juga. Tidak hanya bagi sang pengungkap (dgn segala batasan2 yg ia sampaikan- yg dapat dipahami/diterima oleh orang lain), tetapi juga bagi yang awam sekalipun yg bahkan mungkin baru mengetahuinya jauh dikemudian hari.
Cahaya membuat kita dapat melihat dan menuntun dalam kegelapan.
Tapi apakah seluruh hidup ini tidak lebih hanyalah sebuah kegelapan?, dan apakah cahaya itu harus selalu dicari? tidakkah ia bisa kita ciptakan?

Hormat saya.
Denni.

Anonymous said...

kenapa orang di dunia ini cenderung mempercayai dan membesar-besarkan hoax dan tahyul. huahahaha thaks kk enigma!

jam tangan alexandre christie said...

wahh,kalo saya sih emank yakin kalo ada manusia raksasa yg perna hidup dibumi sih

Anonymous said...

thanks gan....kita jangan mau dibodohi...
semua harus berdasarkan bukti otentik....

dizzy zahmoura said...

Makam datuk panjang tuh yg ente mksd gan. Mank ada di kampung emak gw. Kalsel

dizzy zahmoura said...

Bujur banar tuh kesah Gor ay, wayahini ada penulis lengkap dg sumber dr wartawan yg meliput pristiwa tragedi dayak sampit 2001. Searching aja di google.

dizzy zahmoura said...

Makam datuk panjang tuh yg ente mksd gan. Mank ada di kampung emak gw. Kalsel

Faisal AD said...

okay bang.... ku percaya am abang. kalau bisa jelaskan sama yang lain yang. biar org jgn tertipu..:)

Faisal AD said...

okay bang.... good bang
ingatkan juga am yang yaang lain bang. supaya jgn tertipu org.. :)

Anonymous said...

wah, keren bg enigma artikelnya, membuka wawasan.

Anonymous said...

Sampai kapan saya harus menunggu kalo fosil nabi adam itu muncul ? Jikalau manusia zaman dulu memang besar besar, harus nya dalam 2000 taun ini ketemu minimal 1 aja dari sekian banayk org dulu itu. Tapi nyatanya.... Yg di tunggu tunggu, malah ternyata HOAX. Hancur hatiku

IJefry Kholis said...

Hey pernah sekolah gk,klu pernah kalian yg islam pasti tw deh jawaban nya kalu manusia raksasatu bnr ada,coba kalian kaji lagi tentang kisah nabi adam as dan siti haw,coba bayangin lebar dada nabi adam ja 40 hasta sebelah subhanallah,,, ilmuan/arkeolog merekyasa tentang manusia purpa,klu klian mempercayai arkeolog2 itu berarti klian percaya bahwa kalian berasal dari kera,

Anonymous said...

sngt bermanfaat skali bro enigma. kalo asli pasti sdh diliput di tv, sngguh menyesatkan. krn lbih byk org yg pcaya, sy scara logika smntara tdk pcaya krn blum ada bukti,tp justru ditertawakan. teruskan perjuangannya bro, smoga bro enigma slalu jdi org yg brmanfaat.

Anonymous said...

sngt bermanfaat, slamat bro enigma, salut dan sukses

Post a Comment