Sunday, January 17, 2010

Teka-teki harta karun Olivier Levasseur yang hilang

Kita sering mendengar mengenai legenda bajak laut dan harta karunnya yang tersembunyi. Tapi mungkin banyak yang belum pernah mendengar bahwa ada harta bajak laut yang dihubungkan dengan perkumpulan freemason. Ini adalah kisah bajak laut bermata satu, Olivier Levasseur.

Olivier Levasseur lahir di Calais, Perancis, sekitar tahun 1688 - 1690. Nama aliasnya adalah Le Buse atau La Bouche (elang). Julukan ini diperolehnya karena kecepatannya dalam menyerang musuh. Kita mungkin mengira bahwa bajak laut adalah mereka yang berasal dari kaum berandalan, namun tidak demikian dengan Levasseur. Ia lahir dari kalangan borjuis dan berada. Ia bahkan pernah mendapatkan pendidikan yang baik hingga akhirnya menjadi anggota pasukan angkatan laut Perancis.

Petualangannya dimulai ketika terjadi perang Spanish Succession tahun 1701-1714. Levasseur ditugaskan untuk bertempur di dalam perang ini. Ketika perang berakhir, ia dipanggil pulang oleh pemerintah Perancis. Namun ia menolak dan malah bergabung dengan bajak laut Benjamin Hornigold tahun 1716. Akibat perang yang dijalaninya, Olivier membawa sebuah bekas luka di dekat matanya yang membuat pandangannya menjadi lebih terbatas.

Setelah satu tahun melakukan berbagai pembajakan, perkumpulan Hornigold terpecah. Olivier berpisah dan mencoba peruntungannya di pantai barat Afrika. Pada tahun 1719, ia bekerja sama dengan bajak laut Howell Davis dan Thomas Cocklyn.

Pada tahun 1720, mereka menyerang pelabuhan Ouidah di pantai benin dan berhasil menghancurkan benteng-benteng disana. Pada tahun yang sama ia mengalami karam kapal di laut merah dan terdampar di pulau Anjouan, salah satu pulau di Comoro. Saat itu, satu matanya sudah benar-benar menjadi buta dan ia memutuskan untuk memakai penutup mata.

Pada tahun 1721, ia membangun markasnya di pulau Saint Mary, di dekat pantai Madagaskar. Bersama John Taylor dan Edward England, mereka berhasil melakukan beberapa pembajakan yang berhasil. Hasil pertama mereka adalah saat mereka berhasil membajak kapal Laccadives dan berhasil mendapatkan harta senilai 75.000 pound (sekitar 10,35 juta pound saat ini).

Kemudian, kesuksesan mereka yang terbesar datang ketika mereka berhasil menaklukkan kapal portugis Nossa Senhora do Cabo (The Virgin of the Cape) yang penuh dengan harta milik uskup Goa yang juga ada di atas kapal. Harta yang didapat antara lain batangan emas dan perak, lusinan kotak penuh dengan koin golden guineas, berlian, mutiara, batu rubi, sutra dan objek-objek religius dari katedral Saint Catarina di Goa, termasuk Flaming Cross of Goa yang terbuat dari emas murni. Total harta ini diperkirakan bernilai 100 juta poundsterling pada tahun 1968.

Namun petualangan Levasseur berakhir ketika ia ditangkap dan digantung pada tanggal 7 Juli 1730 di pulau Bourbon. Dan dari sinilah legenda mengenai harta yang hilang mulai berkembang.

Legenda mengatakan bahwa ketika ia berdiri di tiang gantungan dengan sepotong kain hitam menutupi matanya, ia mengenakan sebuah kalung yang berisi 17 baris pesan rahasia. Ia melemparkannya ke tengah kerumunan massa yang menyaksikannya dan berteriak,"Temukan hartaku bagi kalian yang bisa mengartikannya!"


Kisah mengenai kalung misterius dan harta ini menghilang selama beberapa abad dari publik hingga tahun 1923. Pada saat itu, seorang wanita bernama Mrs. Rose Savoy yang sedang berjalan-jalan menemukan beberapa ukiran di bebatuan di pantai Bel Ombre dekat Beau Vallon di pulau Mahe, Seychelles.

Selama ini ukiran tersebut tersembunyi dari pandangan akibat air pasang. Namun karena kondisi air yang surut tahun itu, ukiran itu mulai terlihat dan menunjukkan bentuk anjing, ular, kura-kura, kuda, lalat, dua gambar hati yang bersatu, sebuah lubang kunci, mata, kotak, tubuh seorang wanita dan kepala seorang pria.

Seorang notaris yang tinggal di Victoria yang mendengar berita ini percaya bahwa ukiran ini pastilah dibuat oleh para bajak laut. Ia lalu mencari ke dalam arsip-arsip tuanya dan menemukan dua dokumen yang mungkin memiliki hubungan dengan ukiran tersebut. Dokumen pertama adalah sebuah peta pantai Bel Ombre yang terbit tahun 1735 di Lisabon. Dalam peta tersebut tertulis : "Pemilik tanah..La Buse." La Buse adalah nama lain Levasseur.

Dokumen kedua adalah wasiat terakhir dari bajak laut Bernardin Nageon de L'Estang alias Le Butin (penyair) yang meninggal 70 tahun setelah Levasseur yang dengan suatu cara berhasil memiliki harta Levasseur. Dalam wasiat ini tetulis 3 baris Kriptogram dan dua surat.

Salah satu surat tersebut ditujukan untuk keponakannya :

"Aku kehilangan banyak dokumen selama karam kapal. Aku telah berhasil mengumpulkan kembali sejumlah harta yang disembunyikan; Namun masih ada empat lagi yang tertinggal. Kamu bisa menemukannya dengan kunci dan kombinasi dan dengan dokumen lainnya."

Lalu, surat lain yang ditujukan untuk kakak laki-lakinya berbunyi :

"Kapten kami terluka. Ia berusaha memastikan bahwa aku adalah benar seorang freemason. Setelah yakin, ia mempercayakan kepadaku dokumen-dokumen dan rahasianya kepadaku. Berjanjilah bahwa anak tertuamu akan mencari harta tersebut dan memenuhi mimpiku membangun kembali rumah kita. Komandan akan menyerahkan dokumen-dokumen tersebut. Jumlahnya ada tiga."
Surat ini pertama kalinya menunjukkan adanya kemungkinan keterkaitan antara perkumpulan freemason dengan harta Levasseur.


Notaris itu kemudian menghubungi Mrs. Savoy dan bersama-sama mereka melakukan penggalian di batu yang ditemukan Mrs.Savoy. Dibawah batu yang memiliki ukiran mata, mereka menemukan dua peti mati yang berisi dua kerangka beserta satu kerangka tanpa peti mati. Tiga kerangka tersebut dipercaya sebagai bajak laut karena cincin emas yang ada pada telinga kiri masing-masing. Tapi tidak ada harta yang ditemukan.

Pada tahun 1947, seorang Inggris bernama Reginald Cruise Wilkins, tetangga Mrs.Savoy mulai mempelajari dokumen-dokumen tersebut. Ia mulai dari tiga kriptogram dan dua surat yang ditemukan dan menemukan bahwa alphabet misterius tersebut memiiki hubungan dengan simbol masonik.

Wilkins juga menemukan bahwa kriptogram tersebut memiliki hubungan dengan Zodiak, buku clavicles of Solomon dan Dua belas tugas Herkules. Buku Clavicles of Solomon adalah sebuah buku yang berasal dari abad pertengahan yang berisi mistik masa reinassance. Sedangkan dua belas tugas Herkules adalah mitos dari Yunani mengenai dua belas tugas yang harus diselesaikan oleh Herkules.

Dalam usahanya yang panjang dan melelahkan, Wilkins berhasil memecahkan sebagian isi kriptogram tersebut. Ia menemukan petunjuk bahwa harta tersebut berada di sebuah ruang rahasia di dalam tanah. Ruangan itu dilindungi oleh air pasang yang membutuhkan bendungan untuk menahannya dan harus didekati dari sebelah utara. Akses ke dalamnya harus dilakukan lewat tangga batu dan terowongan yang menuju ke bawah pantai.

Wilikins melakukan beberapa penggalian di pulau Mahe. Di dalam sebuah gua, ia menemukan beberapa pistol kuno, beberapa koin dan peti mati bajak laut. Namun Ia tidak menemukan harta karun. Setiap penggalian yang dilakukannya, selalu merujuk kepada petunjuk berikutnya. Mengenai hubungan harta tersebut dengan freemasonry juga masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.
Setelah mencari selama 27 tahun, Wilkins mulai kehabisan dana. Para investor yang tidak sabar mulai menolak mensponsorinya. Lagipula kesehatannya semakin menurun. Namun Wilkins percaya bahwa ia sudah sangat mendekati lokasi harta tersebut. Sayang, pada tanggal 3 Mei 1977 Wilkins meninggal dunia tanpa berhasil memecahkan potongan terakhir kode rahasia tersebut. Saat ini anaknya, John, yang berprofesi sebagai guru sejarah, meneruskan usahanya untuk menemukan harta tersebut.

"Temukan hartaku, bagi kalian yang bisa mengartikannya!" Dan suara tawa Levasseur terdengar menggema dari dalam kuburannya.


Notes :

Kuburan Olivier Levasseur saat ini berada di pulau Reunion, wilayah Perancis yang terletak di laut Hindia, sebelah selatan Madagaskar. Sedangkan Seychelles tempat harta itu berada adalah sebuah negara kepulauan yang kecil di Samudera Hindia, Timur Laut Madagaskar. Negara ini diapit oleh Mauritius, pulau Reunion, Komoro, Mayotte dan Maladewa. Luasnya sekitar 455 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 80.000 jiwa.

(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

78 comments:

  1. pertamax,,,,,,,,,
    prikitiw,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  2. wow kk wow...ternyata harta kirun..eh harta karun bnar2 ad...apakah mungkin relief d candi borobudur adalah sandi/code menuju harta karun yg tak terbayangkan? kek d pelem indiana jones gtu..
    keep posting pak dhe..

    ReplyDelete
  3. wah,, bisa jadi the next National Treasure nih..
    :D

    ReplyDelete
  4. akhirnya posting juga... keep it up bro...

    /surresh/

    ReplyDelete
  5. waw.. mirip dengan kisah Gol D. Roger di One Piece saat menyuruh org2 mencari hartanya padahal ajalnya sudah dekat.

    jangan2 Oda-sensei terinspirasi dari sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya, bro..
      Gue juga berfikir begitu..
      Awal kisahnya emang mirip manga One Piece..

      Delete
  6. wah berati masih misterius ya. Masih penasaran @_@
    good work enigma! keep posting ya!

    ReplyDelete
  7. like this...
    kayak One Piece ya?
    keren...

    Trus bagaimana kelanjutannya?
    si John menemukannya?

    ReplyDelete
  8. sep bro top abis dah

    ReplyDelete
  9. Belum ketemu. masih di suatu tempat di negara Seychelles.

    ReplyDelete
  10. Harta tersebut ada di ujung grand line.. Yaitu di pulau raftel yg diduga kuat sebagai pulau trakhir di grand line..

    One piece lover..

    ReplyDelete
  11. Top bgt infony bang, haha aq suka cerita bajak laut...

    ReplyDelete
  12. kok ada yang aneh yak? cicin emas di telinga kiri tengkorak? apa saya tidak salah arti dan salah baca? Tengkorak tidak punya telinga bukan? sedang cincin kan mustinya dipakai di jari? bagaimana mas Enigma?

    ReplyDelete
  13. Mantap . . .
    sampe g tw mw komen apa. .

    one piece lover to . .

    ReplyDelete
  14. tiap petunjuk selalu merujuk ke petunjuk berikutnya. . ada yang tertarik mau nyari?

    ReplyDelete
  15. @Agung :
    sebenarnya ketika saya menulis itu, saya juga mengira bahwa akan ada yang salah paham. Tapi akhirnya saya tetap menulisnya dengan kata cincin, bukan anting. Cincin tidak hanya berarti sebuah perhiasan yang kita pakai di jari. Lingkaran besar yang mengelilingi saturnus juga kita sebut cincin kan ? Para bajak laut biasa menggunakan anting besar berbentuk lingkaran/cincin di telinganya.

    Soal tengkorak tidak punya telinga, memang betul. namun pada saat penemuan kerangka, ditemukannya cincin itu di samping kepala bisa disimpulkan sebagai anting.

    ReplyDelete
  16. wah kayaknya rame tuh, cari yo!

    ReplyDelete
  17. Harta karun tsb bukan terletak di seychelles saja saat ini, karena hal tersebut mengacu pada hal ini:
    http://media.onemanga.com/mangas/00000002/000127742/01.jpg

    ReplyDelete
  18. Mantep om...

    langsung ke TKP ah....
    hahaa

    ReplyDelete
  19. la bouche menurut saya lebih dekat pengartiannya pada 'mulut'. Meskipun deskripsinya lebih dekat pada 'elang' karena kecepatan dan muslihatnya dalam penyerangan. Namun secara lesikal la bouche artinya 'the mouth'.

    Ketika kalung dilemparkan, siapakah diantara kerumunan tersebut yang berhasil menangkapnya? dan setelah menghilang beberapa abad, mengapa kemudian muncul kriptogramnya? Apakah gambar kriptogram diatas adalah isi dalam salah satu dokumen yang ditemukan oleh notaris?

    Notarisnya dapat dari mana? perpustakaan pribadi atau perpustakaan umum? kalau perpustakaan pribadi, seberapa lengkap dia mempunyai koleksi, ataukah notaris tersebut anggota freemason juga?

    masih banyak missing link yang belum terungkap

    ReplyDelete
  20. nice posting mas :)

    ReplyDelete
  21. hmm, jadi ingat kisah One Piece. Matinya Gol D. Roger malah justru membuat era bajak laut baru; yang berburu harta karun Gol D. Roger dengan petunjuk yang sangat minim

    ReplyDelete
  22. ple di merauke dingin nih...

    Bang Enigma bsa posting crop circle yang bentuk alien k.??
    soalnya saya pernah cri di internet crop circle yang bentuknya alien...(kepalanya)...

    ReplyDelete
  23. kita tunggu saja kabar selanjutnya dari tim bajak laut luffy...

    ReplyDelete
  24. kalo diwolayah indonesia dolunya ada bajak laut nda yah??mungkinkah diwilayah indonesia masih ada terkubur harta karun???.bung tolong diposting donk yg ada hubnya dng indonesia sekitar biar kita bisa cari tuh harta wakakakak.nice post bung .pucuk dicinta ulampun tiba

    ReplyDelete
  25. One Piece hehehe

    oh iya ,..di sekitar wilayahku ada banyak bangkai kapal dagang zaman V.O.C bahkan sebelumnya!ada yang minat??bahkan salah satu pulau kosong memiliki Gucci Tunggal Besar(awalnya gw kira bukit!) setinggi 8-10Meter!...

    sambu island,batam

    ReplyDelete
  26. Kok kayaknya jauh dari Mysteri nih... Ulasannya skrg berbeda sama yg dulu2, yg skrg jauh dari "Mysteri dunia yg belum terpecahkan"

    ReplyDelete
  27. mas enigma, kalo lanun yang diceritain di buku maryamah karpov itu fiksi atau nyata? *penasaran*

    ReplyDelete
  28. PRIKITIW....
    itu eichiro oda yg niru levasseur,apa levasseur yg niru eichiro oda....

    kisahnya bener2 too cool arwana too be true...

    bang enigma,kalo bajak laut di somalia gmn tu?apa mereka jd bajak laut karena terobsesi hartanya levasseur atao karena emang mreka pengen aja??

    ReplyDelete
  29. "Ia lahir dari kalangan borjuis dan berada"

    maaf mas maksudnya berada. apa yah?? maklum pemula dlam urusan harta karun.. hehehe

    ReplyDelete
  30. @inoshi: dalam beberapa web lain memang disebut bahwa arti La bouche adalah mulut. namun karena tidak disebut alasan mengapa Levasseur mendapat julukan itu, maka saya memilih "elang".

    @Zacky : berada itu artinya kaya.

    ReplyDelete
  31. mungkin kisah ini yang menginspirasi oda sensei membuat anime one piece..

    ReplyDelete
  32. berarti sampai sekarang masih di cari ya harta karunnya?
    ckck, udah hampir 3 abad yg lalu.. msih di cari juga... O_O

    kira" klo ketemu, bakalan masuk museum ato jdi harta pribadi ya?
    ehmmmm.....

    ReplyDelete
  33. jadi ingat sebuah film favorit saya, "the goonies" yg mengisahkan petualangan beberapa anak kecil mencari harta bajak laut. sudah lebih dr 10 tahun sejak pertama kali menontonnya, dan rasa kagum terhadap bajak laut dan harta karun masih terasa stiap ingat adegan2 di film itu.

    ReplyDelete
  34. Wahh..jd inget film National Treasure. turun temurun kakek-bapak-anak mncari harta yg Maha Harta!! whaaaa... bahas jg donk harta karun dunia yg konon katanya di Alquran jg disebutin. "harta Qaruun"..

    ReplyDelete
  35. gold d roger yg asli tuh.wkkwkwkkw

    ReplyDelete
  36. wah mas tokoh ini di parodiin di fim anime ONE PIECE loh, terus legendanya di pake buat alur cerita Pirates of Carribean: Dead Men Chest. Jangan jangan harta yang dimaksud adalah peti berisi jantung davy jones.

    ReplyDelete
  37. kereenn...

    seru juga nih..crita tentang bajak laut..

    humhh..berharap bakal ada sekuel lagi dari Pirates of Caribbean, gara² sang produser baca postingan ini...haha,

    ReplyDelete
  38. davy jones cuma fiksi bro

    ReplyDelete
  39. Oh ini ya asal usul kenapa bajak laut diidentikkan dengan orang bermata satu. Trus kalau yang tangannya ada pengaitnya itu, berasal dari asal usul ini juga, mas?

    ReplyDelete
  40. Hmm, soal pengait, saya harus cari tahu dulu nih.

    ReplyDelete
  41. wahh itu pesan yang ada dikalungnya ada yg kaya sandi kotak ya!!!!
    (sandi kotak yang di pramuka)
    tapi mungkin aja salah maklum baru pertama kali namanya aja anak 12 tahun walaupun masih kecil aku suka postingannya bagus-bagus
    keep posting ya!!!

    ReplyDelete
  42. gila juga tuh ,,,,
    bner" National Treasure yg nyata,,,!!

    ReplyDelete
  43. ...kalo diprhatiin, kynya bahasa tulisan mulai berbau sastra" ya bro...berubah, g kaya sebelumnya... heheheee....pisss....
    btw, jd inget beberapa orang tua yg s4 ane kupingin obrolannya ttg harta bung Karno, yg katanya ada dibeberapa t4 di pulo jawa...bs invest g??
    btw, mgk minggu2 ini ane imel mp3 suara di penggalian yg wkt itu bro...
    sukses yah...

    ReplyDelete
  44. sob...qt tukeran link gmn???bls dengan meninggalkan komentar kamu di pelanginada.co.cc

    ReplyDelete
  45. bang enigma,,
    foto yang muncul qo cuma yang wajah Lavasseur c???
    sdangkan yg laennya g ad!!!!
    bahas tentang Vlad Tepes dunk!!!!

    ReplyDelete
  46. Saya barusan cek, dan ternyata muncul kok. Kalau belum muncul, coba refresh atau coba menggunakan browser yang lain. gangguan itu mungkin muncul akibat koneksi internet kamu yang lagi lambat.

    ReplyDelete
  47. Kode di atas mirip dengan kode dalam sandi kotak yang biasa diajarkan di KEPRAMUKAAN...kalo dokumen di atas diserahkan ke anak PRAMUKA pasti jadi makin menarik (R)

    ReplyDelete
  48. Kak Enigma, bener kata Anonymous, ada beberapa foto yg gak bisa muncul, foto ketiga & foto terakhir :(

    ReplyDelete
  49. Harta ksatria templar

    ReplyDelete
  50. keren bro kaya cerita fiksi, tp ni mah nyata....
    om jadi penulis aja...
    bikin buku tentang Hoax yang terbantahkan...
    Semangatt om enigma..

    ReplyDelete
  51. bang enigma saya mo nanya kemaren maret kan sekolah q mengadakan kegiatan pengajian isro miraj yg intinya kalok candi borobudur itu peninggalan nabi sulaiman or kerajaannya nabi sulaiman trus katanya kerajaan majapahit itu kerajaan islam bukan hindu itu bener atak enggak bang?
    thx for postingnya bang....

    ReplyDelete
  52. saya rasa tidak. karena buktinya memang menunjukkan kalau Borobudur adalah candi Budha. kerajaan Sulaiman itu jauh di timur tengah. Dan bukti arkeologi menunjukkan kalau Majapahit adl kerajaan Hindu.

    ReplyDelete
  53. eah kek sandi kotak tp kblik,lw sandi kotak hruf k2 pke titik lw yg ni hruf pertama yg pke titk

    ReplyDelete
  54. bang, cerita ini fakta ga bang. ?

    tnx.

    ReplyDelete
  55. Silvia, tentu saja kisah ini adalah sebuah kisah nyata.

    ReplyDelete
  56. tadi saya membaca di web lain kalo ternyata hartanya sudah tidak ada, sandinya sudah terpecahkan dan isi salah satu baitnya.
    "harta saya sudah saya berikan kepada anak yatim piatu" ya kurang lebihnya seperti iti..
    gimana tuh boss. ?

    ReplyDelete
  57. Hmm, menarik. Saya malah nggak pernah baca soal itu. Baiklah, nanti akan saya cari infonya. Kalau ada, tulisan ini akan saya update.

    ReplyDelete
  58. siip lah.
    bang, saya mau tanya, sekarang keberadaan bajak laut itu ada ga sih ?, dari tadi saya cari tau tapi belom ada yang bisa meyakinkan saya.
    kalo bajak laut itu bener ada dimana mereka sekarang.?
    apa mereka sembunyi karna ketakutan sama pemerintah inggris yang mencari mereka, ?

    ReplyDelete
  59. Tentu saja masih ada, dr kelas teri sampe kelas kakap. Kalau km suka nonton berita, tentu km sdh pernah dngr kalau bajak laut yg plg meresahkan adalah bajak laut somalia yg pernah menyandera kapal2 eropa dan amerika sampai PBB turun tangan.

    ReplyDelete
  60. waktu aku liat fotonya bajak laut somalia kapalnya bukan kaya di film film bajak laut yang pernah aku tonton, bahkan kapal mereka ga layak di sebut kapal, itu bener mereke bukan ya, ?
    bang, aku masih bingung kan kalo ada kapal lain masuk wilayah perairan negara lain pasti di periksa dulu apa lagi kapal bajak laut, terus gimana caranya mereka berlabuh ya. ?
    aku selalu pengen tau bang tentang bajak laut karna impian aku yang gila, yaitu pengen buat komplotan bajak laut sendiri dan aku kaptennya.
    heheh..
    bales semua pertanyaan aku bang,
    tnx

    ReplyDelete
  61. Tentu saja kapalnya berbeda dari yg terlihat di komik2. Soalnya kt hidup di masa yg berbeda. Yg penting kapal itu bs digunakan utk berlayar. Nah, knp bajak laut tdk diperiksa, jawabannya krn mereka beroperasi di laut internasional yg tdk ada hukumnya. Tahukah km kalau km berlayar ke laut internasional, lalu membunuh org, km tdk akan dipenjara? Hehe. Mimpi km memang wild..

    ReplyDelete
  62. ia bang, temen - temen aku aja aku ceritain semua yang aku tau tentang bajak laut, mereka bilang "hayalan lo tuh ketinggian silvi". tapi gatau kenapa ye bang aku percaya banget sama semua impian aku, (dasar bodoh).
    ohh gitu ye bangterus kalo mau berlabuh di mane bang. ?
    bang info aku kemaren tentang teka - teki si olivier yang udah terpecahkan gimana tuh bang. ?

    ReplyDelete
  63. Kalau kapal mau berlabuh, dia berlabuh saja seperti biasa di negaranya. Kapal itu tdk akan ditangkap selama dia tdk melakukan kejahatan di wilayah perairan negara itu. Soal teka-teki olivier, sy blm memeriksanya. Mungkin dlm bbrp hr ini ya.

    ReplyDelete
  64. @Silvia: Sepertinya saya tidak bisa mendapatkan informasi mengenai Teka-teki olivier yang sudah terpecahkan. Bisakah kamu memberitahu dimana kamu mendapatkan informasi itu?

    ReplyDelete
  65. mirip one piece

    tapi kok ga diceritain ya masyarakat pada heboh nyarinya
    apa mereka ga tau kalo harta karunya super banyak?

    apa mereka ga tertarik hal hal begituan?
    ato kodenya terlalu susah?

    -jesse-

    ReplyDelete
  66. lho, kok sandinya kayak sandi di pramuka gitu ya..?

    ReplyDelete
  67. harta karun.....i dont think so...

    ReplyDelete
  68. akhirnya !!! bisa di translate

    coba deh sama kalian baca dari segala arah truss translate tin ke google trasnlate

    dijamin kalian pasti kecewa setelah kalian searching di google tempatnya

    ReplyDelete
  69. ketemu akhirnya ketemu betul kata agan yang bilang kita bakal kecewa tapi kecewa nya karena kita ga bakal bisa ke sana huhuhuhuhu

    nih isinya silahkan di translate :

    les aigles de dormir sur l'île d'Anjouan et de sauver la richesse dans la grotte sombre qui a une lumière qui est en or qu'il a volé à partir d'une variété de bateaux qui naviguent, elle continuera d'être un pirate pour le peut dans le oliever sait pas / aigle continuer à voler vers le ciel, si un jour il ont été pendus il n'y avait personne qui sait que l'or est dans la plus grande pierre sur l'île d'Anjouan, La Buse, un homme qui va faire le puzzle du monde le plus grand puzzle.

    ReplyDelete
  70. bener mirip crta gol d rogger....

    ReplyDelete
  71. yaahh ga ketemu hartanyaa .
    salam kenal yaa .
    www.aroundgadget.com

    ReplyDelete
  72. keren !! saya suka tulisan2 dan analisa anda .. rasanya membaca kisah2 detektif di masa lalu !! awesome .. teruskan karya2 tulisannya !

    ReplyDelete
  73. bg enigma@ mantap...coba kumpulin seluruh dukun diindonesia pasti ketemu

    ReplyDelete
  74. bg enigma@coba kumpulin dukun diindonesia ntuk cari harta karun tsb psti ketmu

    ReplyDelete
  75. http://www.kesempatan-sesama.us/2012/01/puzzle-of-lost-olivier-levasseur.html

    The inpirate of Gol D. Roger on Japanese Anime "ONE PIECE"

    kata2 yang di ucapkan sama dengan kata2 Gol D. Roger sebelum di eksekusi "SIAPA SAJA YANG MENGINGINKANNYA, CARILAH!!!! AKU MENIGGALKANNYA DI SUATU TEMPAT DI UJUNG GRAND LINE


    Kelompok Freemassonry seperti halnya manusia yang memakan "DEVIL FRUIT" dalam manga ONE PIECE


    Petunjuk2 yang di dapatkan oleh Mrs. Rose Savoy menunjukkan kebenaran "PONEGLYPH" dengan kosa kata dan model huruf yang sama

    ONE PIECE LOVEr

    ReplyDelete
  76. Nice weblog here! Additionally your web site so
    much up very fast! What host are you using? Can I am
    getting your affiliate hyperlink to your
    host? I wish my website loaded up as fast as yours lol

    ReplyDelete