Tuesday, January 26, 2010

The Toynbee Tiles - pesan-pesan misterius di jalanan

Pada tahun 1992, seorang pria asal Philadelphia bernama Bill O'Neill sedang berjalan kaki ketika ia menyaksikan sesuatu yang tidak biasa. Ia melihat ada sebuah ubin yang dipasang secara mencolok di jalanan lokal yang dilaluinya. Ukurannya kira-kira sebesar plat mobil. Yang paling misterius dari ubin itu adalah adanya sebuah pesan aneh yang tertulis di atasnya.


Penemuan Bill O'Neill adalah satu dari sekitar 130 ubin misterius lainnya yang ditemukan di jalanan lokal Amerika. ubin yang terbuat dari linoleum dan campuran aspal ini ini juga muncul di kota-kota seperti Washington DC, Pittsburgh, New York, Baltimore, Boston dan lainnya. Bahkan ubin serupa juga ditemukan di Brazil, Argentina dan Chili.

Ubin aneh ini sering disebut The Toynbee Tiles dan misterinya masih belum terpecahkan hingga sekarang.

Pesan-pesan Aneh
Jika hanya sebuah ubin berbentuk aneh yang ditemukan terpasang di jalanan, mungkin tidak akan terlalu menarik perhatian. Namun yang membuatnya menjadi misterius adalah pesan-pesan yang tertulis di atasnya.

Ubin-ubin tersebut memiliki variasi dari pesan sama yang berbunyi "TOYNBEE IDEA IN KUbricK’s 2001 RESURRECT DEAD ON PLANET JUPiTER".


Pada masing-masing ubin, selain terdapat pesan utama di atas, juga terdapat catatan-catatan kaki seperti "Murder every journalist, I beg you" dan "Submit. Obey". Catatan kaki lainnya, diantaranya berisi kecaman terhadap media, kelompok Yahudi dan Mafia.


Toynbee dan Kubricks
Jika melihat pesannya, maka sebagian orang mungkin akan segera mengerti maksudnya. Di pesan itu ditulis nama (Stanley) Kubrick yang merupakan sutradara film "2001 : A Space Odyssey" yang dibuat pada tahun 1968. Film itu memang menceritakan tentang seorang pria yang lahir kembali untuk melakukan misi di Jupiter.

Namun apa hubungannya dengan Toynbee ?

Nama Toynbee dipercaya merujuk kepada Arnold J Toynbee, seorang sejarawan yang lahir di Inggris pada tahun 1889. Pertanyaannya adalah, apakah ada hubungan antara Stanley Kubrick dengan Arnold Toynbee ?

Dari dua nama ini, para penggemar misteri mulai mencoba untuk memecahkan rahasia pesan aneh ini. Dan dari penyelidikan ini pula ditemukan adanya petunjuk-petunjuk yang menghubungkan Toynbee dan Kubricks.


Petunjuk pertama, Toynbee ternyata pernah menulis mengenai seseorang yang bernama Zoroaster yang memiliki pemikiran tentang ide-ide Monotheisme. Nama Zoroaster ini juga muncul di soundtrack film "2001 : A Space Odyssey" yang berjudul "Thus Spoke Zoroaster".


Petunjuk kedua dapat ditemukan pada tulisan skenario drama dari seorang penulis bernama David Mamet. Dalam Goldberg Street Collectionnya, ia menulis mengenai sebuah percakapan antara seorang host talkshow radio dengan seorang penelepon misterius yang terobsesi dengan Arnold Toynbee, Film Odyssey dan orang mati. Skenario drama ini dibuat tujuh tahun sebelum penemuan pertama ubin Toynbee.

Namun, walaupun dua petunjuk ini telah ditemukan, masih belum jelas siapa yang membuat pesan-pesan aneh ini dan apa maksud yang terkandung di dalamnya.

Lalu muncul petunjuk lainnya yang sama misteriusnya.


James Morasco yang misterius
Ketika menulis artikel mengenai ubin ini pada tahun 2001, seorang reporter menemukan sebuah artikel lama dari surat kabar The Philadelphia Inquirer yang memuat sebuah wawancara dengan seorang pekerja sosial bernama James Morasco. James mengklaim bahwa planet Jupiter dapat dikolonisasi dengan membawa orang-orang mati dari bumi ke sana untuk dibangkitkan, mirip dengan pesan utama pada ubin tersebut.

Lalu wartawan itu menghubungi Mr. Morasco. Seorang wanita yang menyambut telepon mengatakan bahwa Mr Morasco tidak bisa menjawab telepon karena penyakit yang dideritanya.

Seorang reporter lain yang mencoba menghubungi Mr Morasco pada tahun 2003 menemukan fakta bahwa pria tersebut telah meninggal pada Maret 2003 di usia 88 tahun. Namun istri Mr.Morasco mengatakan kepada reporter tersebut bahwa suaminya tidak mengetahui apa-apa soal ubin misterius itu.

Kasus ini kembali menemui jalan buntu.

Siapa yang membuatnya ?
Setiap penyelidikan yang sepertinya sudah mengarah ke si pelaku selalu berakhir tanpa jawaban. Namun, beberapa kesimpulan mungkin bisa ditarik dari ubin-ubin yang dipasang.

Semua ubin tersebut dibuat dari bahan yang sama. Cara pemasangan dan penulisan pesannyapun sama. Ini mengindikasikan bahwa pelakunya mungkin cuma satu orang. Entahkah orang ini memiliki gangguan jiwa atau rasa humor yang tinggi, yang jelas ia adalah seorang yang kreatif.


Karakter lain yang bisa dinilai dari pembuatnya antara lain adalah, ia orang yang sabar dan metodis mengingat ia rela menghabiskan waktu untuk membuat sekitar 130 ubin itu hanya dengan tangan. Melihat dari penyebaran ubin ini di banyak kota dan negara, mungkin orang ini memiliki uang yang cukup yang memampukannya untuk bepergian.

Sebagian orang menduga ia adalah seorang Eropa karena Toynbee dan Kubrick adalah orang Inggris. Sebagian orang lagi percaya pelakunya adalah penduduk asli Philadelphia karena banyaknya ubin yang ditemukan di wilayah ini. Bahkan anehnya, pada salah satu ubin yang ditemukan di kota Santiago, Chili, terdapat alamat sebuah rumah di kota Philadelphia.

Namun, pemilik rumah di Philadelphia itu mengaku tidak tahu menahu mengenai ubin itu dan merasa terganggu karena terus ditanya mengenai ini. Apa maksud si pemasang ubin dengan menyebut alamat rumah itu ? dan apa hubungan antara sang pelaku dengan kota Philadelphia ?

Apakah James Morasco yang membuatnya ?

Banyak yang percaya memang ia pelakunya. Namun teori ini agak sulit diterima karena jika benar Mr.Morasco yang memasang ubin itu, itu berarti ia memasang semuanya ketika ia berusia 70 tahun lebih. Bukan itu saja, teori ini sepertinya terpatahkan dengan sendirinya karena setelah kematiannya di tahun 2003, masih banyak ubin baru lain yang ditemukan.

Apakah semua ini hanya ulah seorang iseng ? Jika ya, maka mungkin ia adalah orang iseng paling tekun di dunia karena rela menghabiskan uang dan tenaga untuk memasang ubin ini di puluhan kota.

Ataukah pelakunya hanyalah seorang depresi yang bermaksud menyampaikan sesuatu ? Atau, ada sesuatu yang lain ?

Bagaimana memasangnya ?
Selain pelakunya, misteri lainnya adalah bagaimana ia bisa memasang ubin tersebut di jalanan ramai tanpa terlihat sama sekali ?

Pertanyaan ini kemudian dijawab oleh seorang peneliti Toynbee Tiles bernama Justin Duerr. Menurutnya, ubin itu pada awalnya dibungkus dengan kertas Tar, lalu ditaruh di jalanan yang ramai pada pagi hari. Mobil yang melindasnya terus menerus akan membuat ubin itu melesak ke dalam jalan dan kertas Tar pembungkusnya akan robek dan menyingkapkan pesan aneh itu. Ini dimungkinkan karena campuran aspal dan linoleum yang membentuk ubin itu.

Toynbee Tiles - Unsolved
Hingga tahun 2007, masih banyak ubin baru yang ditemukan di Philadelhia. Namun ukurannya kebanyakan lebih kecil dibanding sebelumnya. Ubin-ubin baru itu juga menunjukkan gaya penulisan pesan yang berbeda.

Misalnya, pada pesan yang baru, ia hanya menulis :

"TOYNBEE IDEA MOVIE 2001 RESURRECT DEAD PLANET JUPITER"

Ia menghilangkan nama Kubrick yang biasa ditemukan pada pesan sebelumnya.

Pada saat ini, banyak dari ubin Toynbee telah hancur akibat perbaikan jalan yang dilakukan oleh otoritas setempat. Menurut mereka, pemasangan ubin itu masuk ke dalam kategori Vandalisme dan mereka berjanji akan menyingkirkan semua ubin Toynbee yang ditemukan.

Namun, soal siapa yang memasangnya dan apa arti pesan yang ada pada ubin tersebut masih belum terpecahkan hingga kini.

(wikipedia, damninteresting.com)


Komentar Pilihan

rio said...

Terimakasih artikelnya. tp mungkin anda perlu membahasnya dari sisi seni kontemporer.;)
January 28, 2010 7:05 PM

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

72 comments:

Anonymous said...

TIDAK................
AKU GAGAL PERTAMAX HUHUHUHUH...

Anonymous said...

Itu cara masangnya gimana??
Apakah mungkin memasang 130 ubin dngan cara menggali aspal jalanan dan menambalnya kembali tanpa ada seorangpun yang tahu??
Ataukah mungkin itu konspirasi seluruh warga philadelpia untk daya tarik tempatnya??

Anonymous said...

Benar2 aneh..
Tapi info tentang james morasco sngt sdkt sekali mas..
Mgkn bs jadi awalnya Mr.morasco yg memulainya namun setelah meninggal ada yg mengikuti jejaknya itu terlihat dari ukuran ubin yg berbeda..
Tapi setelah tahun 2007 masi adakah ubin2 baru?

enigma said...

Saya sudah menambahkan teori mengenai cara pemasangannya di tulisan di atas.

enigma said...

Setelah tahun 2007, saya tidak tahu apakah masih ditemukan atau tidak. Namun soal pelaku copycat, memang ada teori seperti itu.

Anonymous said...

gambar orang pake topinya itu siapa bos?
ko ga kluar full gambarnya?agak kepotong
-don quixote doflamingo-

enigma said...

Itu cuma gambar pejalan kaki biasa. Coba refresh lagi. soalnya saya liat keluar full gambarnya.

Anonymous said...

LUAR BIASA. MUNGKIN BENAR HANYA ORANG ISENG YG KETAGIHAN INGIN MEMBUAT BANYAK ORANG BINGUNG
NICE INFO.





-HENDRIK-

Anonymous said...

jawaban lgsg tersedia...yg punya blog lbh canggih dari tulisannya,,,
apa ubin yg di luar philadhelpia ikut diancurin jg?ada foto2nya ga?
-don quixote doflamingo-

Anonymous said...

Mas enigma..disaat Mr.Morasco sakit antara tahun 2001-2003 apakah juga ada muncul ubin baru?

Anonymous said...

Mas.. Saya masih kurang puas dengan cara pemasangannya..
Berapa ketebalan dari ubin tersebut??
Apakah jika diinjak mobil ubin tsb akan pasti masuk ke jalan?mengingat aspal yg bgitu keras apakah hal tsbt mungkin?
Bukankah ada kemungkinan ubin tsbt pecah atau terpelanting ke pinggir jalan?? Dan apakah tidak ada seorang pun yg curiga dngan 130 kotak yg ada di jalan??

enigma said...

@Don quixote: kamu bisa melihat banyak foto ubin hancur di google image dengan kata kunci toynbee tiles.

enigma said...

@anonymous : soal teknik pemasangan, itu cuma teori lho. haha. jadi jangan langsung dianggap benar.

@Anonymous : antara tahun 2001 dan 2003 ada ubin ditemukan. Tapi Kamu menganalisa terlalu jauh karena saya tidak pernah mengatakan Mr.Morasco sakit selama tiga tahun itu. Saya hanya menulis bahwa saat ditelepon wartawan, Mr.Morasco tidak bisa menjawab karena sedng sakit.

Anonymous said...

wah setelah di search di google ternyata ada videonya jg...
tp msh penasaran jg gmn masangnya.
masa iya teori Om Justin Duerrrrr Jederrrr bener?
seenggaknya kan mobil yg nginjek pasti kerasa udah nginjek sesuatu...
kalo bang enigma pendapatnya gmn?
jenius jg tu orang isengnya.

-don quixote doflamingo-

enigma said...

Menurut Justin, karena ubin itu terbuat dari campuran aspal dan linoleum, jadi bisa melesak ke dalam. mobil kalo melindas benda pipih juga tidak akan berhenti kayaknya.

Tapi saya setuju kalau orang yang memasangnya jenius sampe bisa mikirin hal ini.

inoshi said...

Saya mencoba mengurai,

- ini jelas buatan manusia biasa. buat pecinta ufo, singkirkan jauh-jauh imajinasi bahwa ufo dari planet jupiter yang membuat ini. Kesimpulan ini didapat dari bahan dan tekniknya adalah manusia banget.

- orang yang membuatnya adalah orang iseng yang punya sedikit kesibukan, waktu luang yang banyak (untuk bepergian), agak depresi atau mungkin kesepian (orang yang kesepian suka memfavoritkan sesuatu secara berlebihan bahkan tergila-gila, dalam hal ini film space oddyssey dan Stanley Kubrick sebagai sutradaranya) dan film ini memang bukan sekedar film biasa, dia mendapatkan beberapa penghargaan.

- menurutku sebagian besar bukti mengarah pada Morasco. Dia awalnya adalah seorang tukang kayu, yang jelas punya hubungan dekat dengan bahan linoleum ( bahan pelapis lantai dari campuran serbuk kayu,minyak biji flax, dan serat kanvas. Dalam dunia seni, linoleum sering digunakan sebagai media seni dengan teknik cukil kayu.

Morasco berumur 53 tahun ketika film space oddyssey ini beredar. Menurut dugaan saya, Morasco terobsesi dengan film ini hingga dia pada akhirnya mencoba mengemukakan ideanya mengenai kolonisasi planet jupiter pada tahun 1980 di philadelphia inquiren.(artikel lama yang ditemukan oleh sang reporter). Mungkin karena idenya tidak begitu mendapat sambutan, maka terciptalah ide untuk membuat Toynbee tiles.

Umur 70 tahun adalah umur dimana kita mempunyai banyak waktu luang. ini digunakan oleh morasco untuk bepergian menyebarkan toynbee tiles. Dugaan saya, semua toynbee tiles dibuat di philadelphia dan kemudian dibawa pergi menyebar.
mengenai cara menanamnya, sebenarnya mudah sekali, dia tidak perlu menggali aspal. dia hanya perlu membuang di jalan pada pagi hari, sisanya disempurnakan oleh lalu-lalang mobil yang sibuk pada jam kerja.(kita sering melihat tutup botol tertanam di jalan bukan?).

setelah kematiannya, mungkin ada seseorang yang ingin mengikuti jejaknya. terlihat toynbee pasca kematiannya menjadi berukuran lebih kecil dan mempunyai fonts yang berbeda. Hingga pada tahun 2007, terdapat copycat yang mampu membuatnya jadi sangat persis seperti yang dibuat aslinya. Mungkin dia kecewa karena toynbee tiles pasca kematian morasco menjadi berbeda, sehingga kemisteriusannya jadi mudah ditebak. copycat terakhir ingin mengembalikan nuansa misterynya dengan membuat semirip mungkin.

tentu saja itu hanya dugaan saya...

namun untuk pembuktian, seharusnya para peneliti toynbee tiles harus memeriksa agenda perjalanan morasco pada tahun 1980-2003...

enigma said...

Ini baru namanya Conan Edogawa.

I really like u Mr. Inoshi. Kamu mengadakan riset sendiri, karena itu kamu tahu bahwa Morasco adalah seorang tukang kayu. Saya setuju dengan kamu. salah satu cara menelitinya memang membandingkan antara perjalanan Mr.Morasco tahun 1980-2003 dengan lokasi kemunculan Toynbee tiles. Dan faktor latar belakang tukang kayu dan hubungannya dengan linoleum itu juga menjadi faktor yang memberatkan Morasco.

enigma said...

Tidak ada bro Yudh. Kalau ada pasti orang tambah bingung cara masangnya seperti apa.

Anonymous said...

keren! Nambah atu nih fansnya!
Mau nanya tentang sleepwalking bisa ga? Trus ada ga hubungannya sama pindah posisi tidur?
Soalnya pernah kejadian tuh saya

Bangtio

Mariska Sheila Kellani said...

iya,kalo kata saya mah itu bukan satu orang,,mungkin perkumpulan yg dikasih tau cara nulisnya,cara bikin,dsb dan nyebarin di jalan2 yg memungkinkan untuk mereka pasang.hmmm...

Anonymous said...

bang enigma yg super genius.. tlg tls tentang atlantis ada di indonesia. saya belum puas baca artikel d aurora..
byk koment yg menyangkal artikel tersebut.
makasih

Alta said...

Hehe,, barusan baca deja vu.. Jd da sdikit pertanyaan.... Bedanya deja vu ama jamais vu pa? Kan blum dijelasin lbh lanjut tuh mengenai jamais vu.. Truz.. Dr kt 'deja vu adalah contoh familiarity'
nah,, slain deja vu da g contoh lain familiarity? Thx...

penghuni60 said...

Kalo menurut aku sih.. itu emang buatan org iseng.
Yakin deh itu buatan org!!
Lagian jg ngapain ufo dari planet jupiter kesini cm masang ubin..
:) iya gak?
atau jangan2 cm pengen promosi ubin,
jualan kali ye.. hehe..

Anonymous said...

yg bikin itu ky para bomber yg suka bikin grafiti d tembok2 jkt kali, ngerjainny ga ketahuan, tembok2 yg baru dicat tiba2 ud penuh grafiti hehehe

Anonymous said...

setuju banget sama inoshi,,, analisis yang kereeeennn...

Anonymous said...

masangnya apa cukup dilindas mobil aja tanpa harus melubangi jln dulu?

Anonymous said...

mas brorr coba check video yg membahas tentang iluminati..

Anonymous said...

Saya penasaran dengan kisah Green Children of Woolpit. Bisa dibahas bro? Thanks

Anonymous said...

bung enigma...apakah benar ada petir abadi di Venezuela..kalau benar tulisannya di tampilin dong..
andika

Anonymous said...

bung Enigma sebenarnya tulisan yang anda tampilkan sebagian kecil sudah di bahas di blog lain.....tapi kita ngak puas kalau belum di tampilin di blog ini,soalnya penjelasan dan analisa bung sedikit banyak masuk akal,saya yakin teman yang lain juga setuju....jadi ...tetaplah jadi sumber referensi dan inspirasi,seperti kata di bawah ini. ....Pahlawan tidak pernah mati....mereka hanya sedang di isi ulang (Rambo IV)

Anonymous said...

bung enigma..fenomena/kejadian atau misteri dari negara kita kok sedikit yang di tulis ya...tapi kayaknya kalaupun ada kebanyakan dari indonesia timur yah...apakah bung enigma tidak terlalu suka dengan fenomena yang terjadi di tanah air kita..atau terlalu berbau mistis ya ??.....Pahlawan tidak pernah di lahirkan tapi mereka di ciptakan/di buat (Ironman)

Anonymous said...

om tadi siang saya melihat ufo viborg. tapi ini berbeda dengan ufo viborg.(1)Posisinya miring.(2)menghilang dalam hitungan detik. tolong dibahas dan dijawab ya om

wahyu said...

wew satu lagi misteri yang saya baru dengar,,dan ga pernah di bahas di blog2 lain,mangstab bro enigma!

btw, bisa di kupas mengenai misteri asli indonesia ga? salah satu nya rumor harta karun soekarno gitu?

thanks

Anonymous said...

yg difoto itu bung enigmakah??????masih jadi misteri sampe sekarang.manteb kayak biasanya....thx

Anonymous said...

biasa aja ga terlalu misteri ni postingan nya,( hehehehe ) canda .
lumayan buat seorang yang kakek,bisa sekreatif tu tp klo mr inoshi sebenar nya kata2 pada paragrah pertama agak berlebihan bilang pecinta ufo buang imajinasi,buset.......
jauh amat sampe berpikir gitu,santai bro karna orang2 yang menyukai ufo ( objek apa-pun yg penting ga kenal ma tu objek ) ga semudah tu menyimpulkan klo tu perbuatan alien,
lagian Toynbee Tiles cuma ubin buatan orang yg cukup kreatif yang di pandang sebelah mata,jauh dari kata ....WOW..

from N.O

dagsant said...

wah blog nya mas enigma ternyata akhirnya memancing keluarnya analis-analis made in Indonesia, ayo keluarkan kemampuan melacak petunjuk, tunjukkan kita juga bisa...

Anonymous said...

Well setahuku Thus spoke Zarathustra itu karya filsuf Jerman: Fridrich Nietsche. Judul aslinya "Also Sprach Zarathustra" disusun tahun 1883-1885. Sekarang udah ada terjemahan bahasa Indonesia dengan judul "Zarathustra". SO???

enigma said...

Hebat. tidak banyak yang tahu soal itu. Memang benar. Thus Spoke Zarathustra memang salah satu buku karangan Nietsche.

Anonymous said...

hebat... siapapun itu yang memasang ubin.. aku salut akan ketekunannya...
patut ditiru... maksudku bukan meniru memasang pesan aneh ubin.. tapi talk about ketekunan..
page one !!!! yes...
mr.enigma you are owesome !

rio said...

terimakasih artikelnya. tp mungkin anda perlu membahasnya dari sisi seni kontemporer.;)

enigma said...

Yah, betul, sepertinya ubin ini memang memenuhi syarat untuk disebut sebagai seni kontemporer.

Anonymous said...

kok yg ini agak kurang greget ya mas? Apa karena cara pembuatannya yg sudah diketahui atau mas yg terlalu "blak-blakan" menulosnya? hehehehe.....

Ms.Terry

faminas said...

om enigma apa Zarathustra tuh sama dengan Zoroaster?
ngomong2 seni, mungkin om enigma juga bisa ngungkap identitas Banksy yang sama misteriusnya
heuww

Anonymous said...

om ebat lah rank nya dah kecil banget

om daripada masang iklan dari indo mending yg dari luar aj om dari indo murah seklik cuma 100

enigma said...

@Faminas : Zarathustra itu kata Yunani. Zoroaster kata Persia. Tapi sama saja.

Yossi Fadhli said...

Salam kenal mas Enigma! Saya baru 1 minggu akses dr Mobile Web saya blog anda, wah keren!!! Terutama penggemar misteri2 anda! Skrg akses full di PC. Hehehe .....

Anonymous said...

jaman dulu kan belum ada fesbuk, jd orang nulis statusnya di sembarang tempat.. mungkin itu ulah seorang 'terrorist' yg gemar keliling dunia, dan ingin mengungkapkan kekecewaan (sambil menyelam minum air) karena ide film tersebut diambil dari seseorang tanpa izin dan royalti atau merasa dikhianati... ^^a

Dimas Haryo said...

Enigma senpai, salut banget am blog yg satu ini..
emm walopun di atas uda di bilang boleh copast asal cantumkan link, tapi saya msih ga enak kalo ga minta izin langsung.
Mohon izin nya untuk copast artikel di blog ini ke blog saya yg masih bayi, pasti saya cantumin link back ke artikel nya kok..
makasih makasih...
mohon di bales..

enigma said...

Ok dimas. Tdk masalah. Terima kasih utk rasa sopan santun kamu yg luar biasa.

Anonymous said...

Amerika Serikat itu negara maju banget kan? Setahu saya jalan-jalan besar di kota-kota besar di muka bumi jaman sekarang ini udah banyak yang pake kamera CCTV (whatever la). kenapa orang yang melakukan hal ini ga tertangkap oleh kamera? atau bahkan ketangkep police officer yg selalu lalu lalang di jalan2 di amerika (seperti di film2 itu lo)..
just a curiosity of my weird mind..sorry kalo ga berkenan.. :D

Anonymous said...

SAYA SETUJU BUAT BRO ENIGMA YG BERASUMSI BAHWA MUNGKIN SAJA DIA ADALAH ORANG ISENG PALING RAJIN DAN TEKUN DGN MEMASANG UBIN2 TERSEBUT. TAPI DIA BUKAN APA2 KARENA ADA YG LEBIH ISENG DAN TEKUN LAGI YAITU ANDA SENDIRI BRO ENIGMA. APAKAH ANDA TIDAK BERPIKIR BAHWA YG NAMANYA ORANG ISENG PASTI MELAKUKAN SEGALA SESUATUNYA TANPA TUJUAN. JADI UNTUK APA ANDA REPOT2 BERPIKIR DAN MENGULAS SOAL UBIN ITU? ULAS LAH DIRI ANDA SENDIRI YG SEDANG MENGULAS UBIN DAN PENCIPTANYA.

Anonymous said...

bang aku ralat dikit yah......di gambar ubin toynbee yang terakhir kok kliatannya tulisannya TOYNBEE IDEA MOVIE 2001 RESURRECT DEAD PLAN JUPITER bukan TOYNBEE IDEA MOVIE 2001 RESURRECT DEAD PLANET JUPITER txn

Anonymous said...

haha.. anonymous comment no. 63..
please deh.. ini kan blog misteri..
ya jelas mengulas hal-hal yang berbau misteri doonkk...
hedeuw.. cape de...

Anonymous said...

Hiii ressurect dead kaya film horror ya!
Apa di planet JUPITER bisa?

wools said...

klo dari hasil googling sy lihat di beberapa ubin ada juga gambar semacam sosok manusia/alien gtu. apa itu versi asli atau copycat ya?

Anonymous said...

hmm..

teori pertama saya adalah : sepertinya ada yg terobsesi oleh suatu film lalu ia terinspirasi untuk membuat sesuatu yg akan ditiru oleh orang2 lainnya di seluruh dunia (dan ia tau itu).

gejalanya mirip copas2 video di youtube dsb..

teori keduanya adalah (teori yg contamined.. hehehe) : adanya suatu organisasi bawahtanah yg ingin membentuk opini publik terlebih dulu, lalu suatu saat nanti mereka akan declare tentang keberadaan mereka, maksud & tujuan. tentu saja ubin misterius adalah cara yg tepat mengingat lebih banyak pejalan kaki ketimbang mobil dan kendaraan lain.

soalnya, ubin2 tsb hanya ditemukan di perkotaan bukan? tidak di perkampungan atau hutan yg tanahnya lembek dan sepi pejalan kaki.. :)

salam kenal bung E.. saya DP, anonymous..

Anonymous said...

gan request pembunuhan yang tak terselesaikan di british columbia yg dikenal dengan The BC Feet Mystery

Anonymous said...

Bisa jadi ada kemungkinan lain, bang E, mengingat ubin2nya dtemukan di berbagai tempat, dan mengingat gaya pembuatannya yang mirip, bisa jadi ubin2 ini dibuat di suatu tempat oleh seseorang, namun yang mendistribusikannya dilakukan oleh berbagai oknum, bisa jadi mereka adalah suatu grup yang mempunyai suatu pesan yang hendak disampaikan, who knows :)

Post a Comment