Friday, January 22, 2010

Wajah-wajah misterius dari Belmez

Dear readers,
Akhir pekan ini, saya ingin menceritakan sebuah kisah yang sangat misterius. Jika kalian mendengarnya, mungkin kalian akan segera mengkaitkannya dengan paranormal activity, sesuatu yang tidak pernah dibahas di blog ini. Namun saya melihat sesuatu yang berbeda dari kisah ini yang membuat saya ingin menceritakannya kepada kalian.


Kisah ini adalah mengenai penampakan wajah-wajah aneh di sebuah rumah yang terletak di desa Belmez de la Moraleda, Spanyol. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengarnya. Tapi mungkin banyak juga yang belum mendengarnya. Jadi kisah ini akan saya ceritakan kembali.

Saya menyebut tulisan ini "Wajah-wajah misterius dari Belmez", kalimat yang cukup misterius. Bahkan saya bisa membayangkan kalimat ini digunakan oleh Agatha Christie untuk judul salah satu bukunya.

Baiklah, saya akan memulainya. Kisah ini bermula pada tanggal 23 Agustus 1971. Di desa yang saya sebutkan tadi, saya singkat saja dengan nama Belmez, hiduplah seorang perempuan separuh baya yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Namanya adalah Maria Gomez Camara. Ia memiliki seorang suami bernama Juan yang berprofesi sebagai petani.

Maria hanyalah seorang ibu rumah tangga yang sederhana. Penduduk sekitarpun mengenalnya sebagai tetangga yang baik.

Nah, pada tanggal itu, Maria sedang sibuk beraktifitas di rumahnya. Pada saat ia memasuki dapurnya, ia melihat sesuatu yang hampir saja membuatnya pingsan.

Di lantai dapurnya, ia melihat lukisan wajah seorang pria tergambar dengan sangat jelas !


Maria kaget bercampur ketakutan. Ia berani bersumpah kalau wajah itu tidak ada disana sebelumnya. Jadi, ia percaya bahwa ia sedang melihat manifestasi dunia roh.

Ketika berita tersebut terdengar kepada tetangga-tetangganya, seluruh desa menjadi gempar. Sekumpulan banyak orang berbondong-bondong menuju rumah Maria untuk melihat wajah menakutkan itu.

Wajah misterius itu terlihat seperti sebuah potret ekspresionis yang terlukis secara alamiah, seakan-akan Van Gogh baru saja mampir ke dapur Maria yang sederhana.

Semua takjub dengan apa yang dilihatnya.

Kalian tahu, tidak ada keluarga yang ingin ketenangan mereka terganggu. Coba bayangkan, orang banyak yang terus berdatangan, belum lagi perasaan aneh yang menghinggap karena tinggal bersama wajah tak dikenal di lantai dapur yang memandangmu dengan tatapan dingin.

Ya, akhirnya, keluarga Camara memutuskan untuk melakukan sesuatu. Enam hari setelah wajah itu muncul, Miguel, anak Maria, mengambil sebuah kapak, lalu membongkar lantai dapurnya. Setelah wajah tersebut hancur, ia menimpanya dengan semen. Nah, sekarang, kami semua bisa hidup tenang, pikirnya.

Keluarga Camara memang akhirnya berhasil hidup tenang. Tidak ada yang mengganggu istirahat mereka lagi. Tidak ada lagi perasaan aneh yang menghinggap.

Tapi...semuanya hanya berlangsung selama satu minggu. Pada tanggal 8 September, Maria masuk ke dapurnya lagi (tentu saja, ini kan aktifitas sehari-harinya) dan sekali lagi, seperti deja vu, wajah misterius itu kembali muncul.

kali ini, Maria melihat proses kemunculannya yang misterius. Perlahan-lahan, wajah itu terbentuk persis di tempat yang sama sebelumnya. Garis-garis wajahnya juga terlihat dengan jelas.

Sekarang, keluarga Camara benar-benar tidak bisa hidup tenang. Massa kembali berbondong-bondong datang ke rumahnya. Mereka ingin melihat "wajah dari dunia lain" itu. Berminggu-minggu lamanya wajah itu terlihat di lantai dapurnya. Miguel angkat tangan. Ia tidak mau lagi bersusah payah membongkar lantai dan menyemennya lagi. Jadi wajah itu dibiarkannya.

Setelah beberapa minggu, wajah itu berubah, seperti manusia yang bertambah tua, garis-garis di wajah itu mulai terlihat lebih memudar.

Nah, biasanya, ketika ada sebuah fenomena aneh yang terjadi di suatu tempat dimanapun di dunia, selalu ada smart guy yang bisa melihat kesempatan untuk melakukan sesuatu. Dalam kasus Belmez, smart guy tersebut adalah sang walikota sendiri. Ia melihat kesempatan untuk menjadikan rumah Maria sebagai atraksi untuk menarik wisatawan ke Belmez. Ia meminta lukisan wajah itu dipelihara.

Jadi figur wajah di lantai dapur Maria dipotong dan dibingkai. Lalu digantung di dekat cerobong. Miguel geleng-geleng kepala. Pikirnya, ah, ternyata saya harus menambal lantai itu lagi.

Jadi, sekarang kalian mulai bertanya-tanya dalam hati. Apakah yang sebenarnya terjadi ?

Biarkan saya menyelesaikannya. Setelah lantai itu dipotong, para sukarelawan menggali lebih dalam untuk mencari sesuatu yang mungkin bisa menjadi penyebab munculnya wajah aneh itu. Setelah menggali hingga kedalaman 2,7 meter, mereka menemukan sesuatu !

Bisakah kalian menebaknya ?

Saya berpikir dalam hati, perlukah saya ceritakan apa yang ditemukan oleh mereka ? ah, bercanda. Tentu saja, saya akan memberitahukannya kepada kalian.

Pada kedalaman 2,7 meter itu, mereka menemukan Tulang belulang manusia !

Sekarang, para penduduk semakin yakin bahwa kasus ini adalah paranormal activity. Tetapi penemuan ini ternyata tidak terlalu mengejutkan mereka. Soalnya mereka mengetahui sejak lama bahwa rumah Maria berdiri di atas tanah bekas kuburan !

Oke, tulang telah ditemukan dan dikuburkan dengan selayaknya. Para arwah sudah ditenangkan. Sekarang Maria, Juan, dan Miguel bisa hidup tenang.

Ups, nanti dulu.

Dua minggu kemudian, wajah yang lain kembali muncul tepat di sampung titik munculnya wajah pertama (dan kedua). Belum sempat Maria melakukan sesuatu atas wajah tersebut, dua minggu setelah itu, wajah berikutnya kembali muncul.

Sekarang ada dua wajah di lantai Maria. Total empat wajah telah muncul. Yang aneh adalah, muncul figur wajah-wajah kecil di sekeliling wajah keempat. Ini semakin menambah misterius persoalannya.

Maria menyerah. Ia membiarkan wajah itu bertebaran di rumahnya.


Setelah itu, wajah-wajah kembali bermunculan hingga ada sekitar 18 wajah di lantai rumah Maria. Ada wajah yang terlihat sedih, ada wajah yang hanya menatap dengan tatapan kosong. Ada wajah perempuan dan ada wajah pria.

Manifestasi masing-masing wajah bisa berbeda-beda. Satu wajah terlihat seperti wajah orang muda bagi satu orang. Tapi bagi orang lain, wajah itu bisa terlihat seperti orang tua. Kadang, sebuah wajah bisa muncul dan menghilang persis di hadapan mata para penonton.

Ya, Maria, Juan dan Miguel sekarang benar-benar menyerah. Jadi mereka memutuskan untuk hidup berdampingan dengan wajah-wajah itu.

Kalian pasti juga tahu kalau di Eropa, para penduduknya kebanyakan skeptis terhadap sebuah fenomena aneh. Demikian juga di Spanyol. Jadi selain turis, para penganut sekte dan pemuja alien, rumah Maria juga sering didatangi oleh para peneliti yang mencoba mencari penjelasan alternatif atas munculnya wajah-wajah aneh itu.

Banyak peneliti itu yang percaya bahwa fenomena tersebut hanyalah rekayasa Maria untuk mendapatkan keuntungan finansial. Namun pernyataan mereka tidak didukung oleh bukti yang meyakinkan.

Sebenarnya yang didapat Maria hanyalah sebuah dapur baru yang dibangun oleh pejabat setempat. Soalnya, saking banyaknya pengunjung, Maria tidak bisa lagi menggunakan dapur itu untuk memasak dan makan. Jadi pejabat lokal yang kasihan membuatkan dapur baru untuk mereka.

Peneliti lain, seperti Institute of Ceramics and Glass, bahkan ikut-ikutan meneliti wajah itu. Mereka membawa contoh sampel semen dari rumah Maria tempat wajah itu muncul dan menelitinya di laboratorium mereka yang canggih.

Di Lab tersebut, mereka mengadakan percobaan seperti Granulometric, Mineralogical dan Chemical (memang terdengar sangat scientfic). Hasilnya, tidak ada sisa-sisa cat yang ditemukan di sampel tersebut. Mereka tidak mendapatkan jawabannya.

Walaupun tidak ada bukti yang cukup, para peneliti terus menghajar Maria dengan pendapat-pendapat mereka. Misalnya, seorang skeptis bernama Luis Ruiz Noguez yang percaya bahwa Maria dengan suatu cara melukis wajah itu dengan menggunakan unsur Zinc, Timah dan Kromium. Dengan istilah-istilah kimia yang rumit, Luis menyimpulkan bahwa fenomena wajah Belmez hanyalah sebuah rekayasa.

Yang lain, walaupun tidak menggunakan istilah-istilah kimia, tetap mengatakan bahwa wajah-wajah itu adalah hasil lukisan Maria. Menurut mereka, efek wajah seperti itu bisa diciptakan dengan menggunakan cuka dan jelaga. Tapi sayang, mereka gagal mempraktekkan bagaimana Maria membuatnya.

Bahkan, bukan hanya dari para peneliti, tantangan terhadap fenomena ini juga datang dari para paranormal sendiri. Mereka percaya bahwa wajah itu adalah hasil lukisan setelah melakukan fotografi infrared. Sekali lagi, kelompok paranormal ini juga gagal memberikan bukti yang meyakinkan.

Bayangkan ! setelah mendengar usaha-usaha super rumit yang dilakukan oleh para peneliti, saya semakin mengagumi Maria. Betapa tidak, Jika Maria benar-benar merekayasa wajah itu, alangkah cerdasnya ia, karena ia berhasil membingungkan para ilmuwan-ilmuwan hebat itu.

Pada Februari 2004, Maria meninggal dunia di usia 85 tahun. Wajah-wajah itu masih ada di lantai rumahnya. Jika wajah itu adalah hasil rekayasa, maka itu berarti Maria telah merekayasa wajah itu selama 33 tahun.

Baiklah, sekarang kalian mulai bingung. Kalian mungkin akan bertanya kepada saya apakah wajah itu adalah hasil rekayasa atau bukan. Yang bisa saya katakan adalah, para skeptis tidak punya bukti yang kuat yang bisa menunjukkan bahwa wajah itu adalah hasil rekayasa. Bagaimana mereka menjelaskan wajah yang tiba-tiba muncul di hadapan mata para penonton ?

Beberapa misteri memang tidak atau belum dapat dijelaskan, dan saya tidak merasa perlu untuk mengetahui semua jawaban atas misteri di dunia ini. Untuk kasus Belmez, saya anggap misteri ini belum terpecahkan.

Suatu hari, jika kalian punya kesempatan untuk mengunjungi Spanyol, kunjungilah rumah Belmez dan katakan kepada penghuninya : "Las Caras ?"

Maka penghuninya akan menunjukkan kepada anda wajah-wajah yang termashyur itu. Dan saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian jika kalian ditanya mengenai wajah apa yang ingin kalian lihat. Menurut rumor, setelah maria meninggal, wajahnya juga ikut muncul di salah satu bagian lantai rumah itu. Jadi minta padanya untuk menunjukkan kepada kalian wajah Maria Gomez Camara, seorang perempuan sederhana yang telah membuat desa kecil Belmez terlihat di peta dunia.


Selamat berakhir pekan.

(wikipedia, profilingtheunexplained.com, bbc.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

99 comments:

Icha said...

aduhh..kok saya jd inget pngalam di rumah sndri beberapa yahun yg lalu! SAMA PERSIS dgn pengalaman sy. cmn bedanya "wajah" yg muncul dirumah saya ada di ruang tamu dan bukan di dapur. wktu itu smpat saya foto dan saya cetak. sy jd tertarik utk mncari file nya di komp saya. klo sy sdh mnemuknnya. sy kirim ke email enigma yah!! wahh sy jd keingetan nechh!!

Jaka said...

Bang Enigma, saya fans berat anda, lho. Saya selalu buka blog anda, keren, great job, Dude. Keep posting, yah, :).

Anonymous said...

Pertamax brhasil diamankan

nice post, keep posting gan

Anonymous said...

Pertamaxxx??
Keren.!
Saya sangat menyukai artikel mas enigma yg memiliki tingkat kemisteriusan tinggi....

penghuni60 said...

wah, mantep!
saya jd merinding nih bang...
kalo memang bnr wjh2 itu muncul begitu saja ddpn kita.saya gak bs berkomentar lebih, selain bisa bilang "itu bnr2 aneh.."
oya bang, kira2 blm lama kan saya dpt sebuah rekaman video d hp tmn.di video itu memperlihatkan sebuah penampakan mata misterius yg muncul dilangit.
awalnya saya iseng,nyari di google, eh trnyata ada jg, tp msh g jls..
Bisa gak bang cari beritanya.. saya pgn tau tuh, itu hoax atw bkn..
Thanks.. oiya bang, satu lg... soal header blog saya msh gak muncul jg ya bang?

komputertrik said...

Wah alhamdulillah akhirnya saya yang pertama kali berikan komentar, mas makasih atas informasinya selama ini yang sangat berharga, tolong ulas juga mengenai program codex allimentarius yg secara rahasia sudah mulai dijalankan, saya ada datanya komplet tolong dimuat biar semuanya tahu apa yang akan terjadi

mii said...

wow, jujur saya agak2 merinding pas ngeliat gambar yang pertama sama gambar perempuan yang kayak kuntilanak itu. hehe.
aneh yah, mungkin perlu panggil dukun indonesia kesana, kali aja manjur..hahaa :p

DeeLaBeLLe said...

Jd sbnrny ap penyebabny mas,arwahkah? (msh bingung)

enigMAnia said...

Mungkin peristiwa itu memang paranormal activity..
Lanjutkan.. Kami selalu menanti postinganmu.. Apalagi kalo sehari satu postingan.. Hehe..

By: enigMAnia

Anonymous said...

bang,,serem bgt,,merinding saya liat foto2nya,,btw dulu penh baca2 artikel2nya,,gambar2 itu ada hubungannya ama aktifitas penyihir2 abad pertengahan,,

Adi Saputra said...

mangssstabbbbbsss bung enigma . . .

oiiiaaa,, request dunkz tentang fenomena aurora borealis,, apakah fenomena tersebut bisa menyebabkan 'cross-time communication' kayak yang di film "FREQUENCY" ??? apa itu cuma film fiktif duank ?? :)
THX

Anonymous said...

bung enigma...saya salah satu fans anda....saya ga pernah bosan baca blog anda...walo udah sering baca...tapi ga pernah ngrasa bosen ...
SALUT bang....!!!

Ridwan said...

Ini baru misteri! Patut diabadikan dalam novel Sir Arthur Conan Doyle nih. Hehe.

inoshi said...

mas, terinspirasi ma novel2 mistery ya? hehe
waktu kecil saya juga suka baca bukunya enid blyton

menurutku ini paranormal activity. Sayang, padahal tahun terjadinya sudah memungkinkan teknologi rekam video yang baik. tapi kok ga ada ya yang niat ngrekam proses penampakannya? padahal katanya maria bisa melihat proses pembuatannya, lagian banyak ilmuwan yang datang untuk menelitinya. tapi kenapa yang diteliti hanya hasil jadinya (lagian juga gagal menyimpulkannya...kecian de luww buat scientis) tidak berusaha meneliti ketika proses tersebut terjadi? taruhlah, penampakan wajah itu ga bisa diramal kemunculannya, tapi kan bisa dipasang cctv misalnya (kalau yang neliti niat loh)
btw, setelah berbusa-busa ngomen, ternyata saya juga ga tau ada ga sih rekaman videonya, bang enigma? jangan-jangan ada...huhu maluw dong gw

enigma said...

Mr inoshi, kamu adalah orang yang punya cara berpikir yang hebat. Logika kamu jalan. Jika suatu hari kamu memutuskan untuk membuat blog misteri, maka blog itu akan menjadi blog yang terbaik di Indonesia. Serius !

ilusi optik said...

ada beberapa hal yg memang tidak bisa dijelaskan dgn logika atau ilmu pengetahuan..

from mars said...

postingan menarik enigma, mungkin lukisan itu adalah perwujudan dari isi kuburan disana hehehe

Anonymous said...

bang coba bahas ttg rumah gurita yg d bandung donk...

-mrcostello-

Mery Louis said...

Baru kali ini ninggalin komen, pdhl udah sering banget mampir ke blog Enigma :)

Menurutku Justru Gambar terakhirlah yang menyeramkan (tatapan matanya itu loh)... Jadi mau pingsan pas ngelihatnya (ga berani scroll up lagi)...
Apalagi orangnya dah meninggal.. @_@

Anyway, keep posting yah bro..

riadi muhammad said...

huhuwahahahahaaaa.... saya suka banget tu kata kata bang enigma ".... dan saya tidak merasa perlu untuk mengetahui semua jawaban atas misteri di dunia ini ...."

misteri akan indah jika tetap menjadi misteri.
tapi misteri akan lebih indah kalo bang enigma yang berhasil memecahkannya. wkawkawkakakakk...

btw idem sama mr inoshi.. napa gada video nya ya..

Anonymous said...

sesuatu yang berbedanya apa, om? mirip sama cerita paranormal biasa, ah

03agoenk said...

Wah memang ini kasus misterius yang belum terpecahkan....

Tapi saya percaya klo segi niskala itu ada [roh, dunia lain].....

Saya ingin sekali pergi ke spanyol untuk melihat itu, tapi dananya kurang, hehehehehehe.....

Teruslah semangat bang enigma untuk membuat tulisan yang berbau misterius yang belum terpecahkan.....

Anonymous said...

apakah setelah meninggalnya Maria,hanya gambaran wajahnya yang terlukis di lantai dapur,kalau memang tidak ada lagi kemungkinan itu memang buatan manusia,entyah dengan cara apa....

andika

Anonymous said...

wah requestku sebulan yg lalu diwujudkan juga...ahaha

Anonymous said...

sungguh kebetulan sekali!!! baru aja beberapa hari sebelumnya saya mencari tahu mengenai peristiwa ini di wikipedia.

subbuahpakdulUNDIP said...

klo stlh meninggalnya maria tidak ad gambar yg muncul bukankah dgn bgt dugaan para skeptis benar? bahwa gambr itu di buat dgn 'entah bagaimana cara' oleh maria? dan apabila hanya gambar maria yg muncul stlh kmatianya bukankah ada kmungkinan itu udah d persiapkanya sndiri menjelang kematianya? ataukah rahasia itu telah terkubur bersama jasad maria atau telah terwariskan untuk anaknya?
mohon d jawab mr.enigma..

Anonymous said...

konon ktny wajah2 itu bisa saling komunikasi d mlm hri,dah dibuktikan dgn rekaman cctv yg d pasang 24 jm.....

Anonymous said...

Bang . Tanya nih . . .
Stelah kematian Maria apakah wajah2 tsb juga msih sering muncul2 lagi . ?
Apakah juga ada yg hilan . ?
Apakah rmh tsb msh dihuni . ?
Apakah hanya di lantai . ?
Di tembok ada tidak . ?

*h'he . . . Investigaster*

BimA Yoga said...

Mr.Enigma...Tiap kali saya demam,saya mimpi ada di dunia yang aneh,ada banyak garis" merah seprti laser,dan ada suara tertawa yang kuat sekali lalu ada sesuatu seperti beban berat yang menimpa saya...mungkin ini biasa,tapi sejak dulu mimpi yang sama selalu datang setiap saya demam dan kejadian di mimpi itu bersambung...Pertanyaannya adalah,Apakah hal yang saya alami ini merupakan hal yang wajar di bidang psikologis,ataukah merupakan hal yang lain?

enigma said...

@bima yoga : Mimpi yang sama atau mimpi bersambung memang langka. Tapi Saya betul-betul tidak bisa menjawab itu karena saya bukan ahli soal ini.

topazo said...

boss, ada penampakan UFO lagi... sekarang di Banjarmasin:
http://www.wartakota.co.id/read/warta/20372

enigma said...

Sayang, tidak ada fotonya. yang ditampilkan oleh warta kota itu foto awan cincin di atas moskow.

Anonymous said...

Sempet kaget dan tertegun liat foto yg pertama. Tapi, liat foto yg terakhir langsung merinding & terjungkal. Serius serem bener, lebih serem dari penampakan.

Bung Enigma, kadang2 gambarnya ada yg gak muncul. Tapi, kalo dibuka di new tab ( Firefox ) bisa muncul.

enigma said...

Kalau ada gambar yang tidak keluar, tolong kasih tahu saya di postingan mana ya, ntar langsung saya cek, biar bisa diganti.

Anonymous said...

hemm....
tuhan bekerja dengan cara yang mistrius
tp,belum puas blom terpecah misteri nya
from : N.O

Anonymous said...

Kalo pake hp gambarnya keluar trus..hehe..
Mas, bhs ufo piramida di cina donx..

Anonymous said...

foto ke 5 kok seperti wanita telanjang dada ya ? foto pertama seperti orang bertopeng .

Anonymous said...

Om saya juga pernah mendengar itu bedanya itu tercipta karena cipratan air dan itu juga bergambar malaikat O... Iya JANGAN-JANGAN !. Om enigma wajah itu kan di dapur apakah mungkin karena effect yang ditimbulkan oleh air juga ^_^.Tolong dijawwab ya Om.

enigma said...

Tidak. jika karena air, pasti itu sudah diketahui oleh para peneliti.

giga_neku said...

dari cerita di atas serem bgt..tapi saya jadi tahu karena banyak cerita2 barat yang menyinggung wajah dalam lantai kyk di spongesbob..ha.ha.
saya jadi tahu asal-usul nya..

pengen tahu tentang lubang di kutub utara itu dong bang enigma..

Anonymous said...

mr. enigma yang saya hormati
bukan maksud hati bertanya tapi hanya mengukapkan penasaran sampai sekarang,mr.enigma bagaimana pendapat anda tentang apa yang terjadi pada tragedi wtc 9/11 ???...karna dari kejadian sampai muncul informasi di internet dan telivisi saya merasa ada yang janggal,dan saya merasa ada sesuatu yang di sembunyikan pihak negara tersebut...bisa kah anda membatu saya.!!!!

from : N.O
nb ( mungkin perasaan saya saja atau mungkin kebetulan klo warga yahudi sudah tau kejadiannya )

Flicker's Owner said...

Duuuuuh bang enigma kenapa baru post sekarang? Padahal belum lama ini saya abis dari Spanyol...uhuks... kalo tau ini saya bakal langsung teriak di airportnya "LAS CARAS???"

Hehe...ini keren nih, saya belum tau ada misteri ini, makasih ya bang enigma

Anonymous said...

oh ya satu lagi yang buat saya binggung,
mengapa bila yang di atas tetabrak trus bisa hancur sampai ke dasar nya,katanya wtc bulding memiliki struktur bangunan yang modern dan hebat...
n.o again

Anonymous said...

mantap bahkan para ahli pun tdk dpt memecahkannya

Walz said...

cerita yang sangat menarik...
haha..

tapi sayangnya, bang enigma blum bisa mecahin kasus ini ya.. cuma sekedar menceritakan aja...

agak kecewa sih...

but it's ok lah... toh crita'ny menarik...
haha....

d tnggu post2 berikutnya..

Anonymous said...

Tolong dibahas juga mengenai fenomena "ketindihan" sewaktu tidur. Kejadian di mana kita tidak bisa menggerakkan anggota tubuh, meskipun otak kita sudah sadar (nggak tidur lagi)...
Ocey...

-accank-

Anonymous said...

Wah pernah baca kisah ini dulu waktu masih SD dalam buku cerita2 tentang paranormal activity dari seluruh dunia (lupa judulnya apa tapi dalam Bahasa Indonesia),cuman gak tau kalo itu terjadi di Belmez.

Elsa said...

hehehe.... ngeri banget ceritanya. kalo aku jadi maria sih mendingan pindah aja dari rumah itu.
hehe

Awak UFO said...

ini sih kerjaan nya jin, orang yang udah mati boro2 ngegambar & ngelukis mukanya di tembok, dah pada sibuk di alam kubur sana, kelimpungan ditanya para malaikat.

Anonymous said...

foto kedua dari terakhir mirip alien...
tapi saya ga mau menyimpulkan ini sebagai "hal buatan makhluk pendek hijau" itu...

kalau fenomena itu masih muncul setelah kepergian mendiang maria, en masih banyak wajah2 baru bermunculan, berarti ga mungkin itu buatan mendiang kan? atau mungkin...dia menurunkan "ilmu"nya kepada pewaris rumah yg baru?? who knows? kira2ada wajah baru muncul baru2 ini g mas?

ms. terry

enigma said...

Katanya sih masih tetap ada yang muncul. Tapi soal ini serba kabur. Tidak ada yang mengkonfirmasinya lagi. Soalnya mungkin sdh 30 tahun, jadi orang sudah malas meneliti fenomena ini.

yuliasty said...

Kapan ya bisa ketempat itu...serem nggak ya...pan bekas kuburan tuh rumahnya...

Anonymous said...

bener2 beda ya indonesia
di eropa diteliti dulu dgn seksama truz mncul berbagai macam teori baru diputuskan hoax ato asli
kalo di indonesia liat bentar lngsung diambil kesimpulan 'ini ulah makhluk halus'
hehe

Anonymous said...

mas baru" ini kan ad berita tenang SIPUT SETENGAH FLORA SETENGAH FAUNA..
itu hoax ap bukan ya??

Mariska Sheila Kellani said...

oke, next destination saya ke spanyol deh. amin.

bang..bang..ada penjelasan ilmiah soal ilmu voodoo ato bikin zombie gitu ga sih bang??

Anonymous said...

maaf,, kalo saya ga salah baca,, rumah itu bukan lagi dihuni keluarga Maria Gomez,, tapi sudah jadi milik pemerintah desa setempat, dan sudah dibuka untuk umum sebagai tempat wisata...
dan memang sudah pernah diadakan penelitian meenggunakan CCTV, bahkan diberikan microphone untuk dapat diperdengarkan,, yang konon katanya gambar2 wajah ini berdialog (ngobrol) satu sama lain,,, coba cari videonya di u-tube,,lengkap dengan suara obrolannya itu...
CMIIW

-bunga-

enigma said...

Sepeninggal Maria, rumah itu berencana dijual pada Juli 2004. Apakah sudah terjual atau belum, say tidak tahu.

egganimation said...

keep posting, one of my favorite blog..apalagi ane seneng banget ama Misteri + konspirasi..Pgn bikin blog kaya gini tp suka tiba2 males nyari berita..hehehe..biasanya bikin cerita terinspirasi dr mana sih?

Anonymous said...

kenapa males meneliti ya mas...? padahal kalo saya punya kemampuan n kesempatan, pasti saya meneliti abis abisan. penasaran sih.... but, may be disitulah letak berharganya sebuah misteri.... :)

Ms.Terry

enigma said...

Males memang tidak ada obatnya. Tapi kalau meneliti adalah hobi kita, maka pasti kita tidak akan males. hehe.

enigma said...

@egganimation : inspirasi tentu saja dari media, film, internet.

aw3ng said...

...emmmmm.....paralel-link ???
atw apa sih tuh namanya ??? pokoknya pake kata "paralel"...
btw, ane share ya bro... (boleeehhh...boleeehhh)
heheheheee.....
keep "outstanding" bro...

Exodus said...

kayaknya kasus ini mmg wajar bisa terjadi bro, karena kadang2 ilmu fisika dan ilmu kimia tidak bisa menjelaskan secara detail dan terperinci serta masuk akal tentang dunia roh. Namanya dunia roh akan tetap misteri jika kita masih sebagai manusia, kendati ada beberapa org yg sanggup melakukan perjalanan secara perpindahan roh (astral projection).

Dikotaku ada suatu hotel bintang 4, tapi didirikan dibekas rumah sakit umum. Sudah pasti ada pasien yg meninggal dirumah sakit itu, entah yg tua ataupun bayi yg baru dilahirkan. Akibatnya banyak kasus penampakan dibeberapa kamar hotel tersebut. Ayah temanku pernah menceritakannya padaku bahwa teman kantornya menginap dihotel tsb dan malamnya hampir pingsan melihat seorang wanita tergantung dileher di luar jendela.. ^.^ yg pastinya setelah diperiksa bersama sekuriti, udah lenyap si wanita tsb..

yah, begitulah dunia roh, karena didunia ini tidak bisa lepas dari dunia roh..

Anonymous said...

saya org sains dan percaya bahwa tiap2 suatu perkara dapat dijelaskan scr ilmiah dan logis, ttp karena blm mendapat pnjelasan dan alasannya org2 menganggapnya sbg misteri. utk diskusi saya di asa238@live.com

namun saya malah teringat pd peristiwa masa lalu, dan mengenai masalah ini bung enigma kyknya blm pernah membahasny sama sekali.
kejadian ini terjadi saat saya duduk dibangku kelas 3 sekolah dasar (umur saya skrg lbh dari 20 thn), saya seperti mengulang hari yg sama pada waktu yg berbeda waktu itu bu guru mencatatkan materi ttg laut dan daratan dmn perbandingannya jauh lebih luas dari laut drpd daratan tetapi saya mengatakan kalo materi itu pernah dicatatkn sblmnya. Anehnya tdk ada yg percaya sama saya bhkn tdk ada satu murid pun yg pernah punya catatan tsb, saya tentu saja tetap ngeyel kalo pernah dicatatkn. setelah plg sekolah saya mengambil buku catatn saya, kebetulan waktu itu saya sekolah membawa buku yg berbeda dan ternyata catatan di buku saya sama persih yg tadi baru dicatatkn, seingat saya selisih hari itu saat terulang kembali 1-2 hari. Apa bung enigma punya penjelasan ttg ini?
saya jg punya teman yg punya pengalaman yg sama persih dg saya ini.

enigma said...

Hmm asa238, kasus missing day. very interesting. Kasus memang pernah dialami oleh beberapa orang setahu saya.

Rex said...

Orang eropa biasanya akan pindah rumah kalau ada sesuatu hal yg kayak gini, tapi apa alasannya yg buat Nenek Maria ini ga pindah rumah?

Anonymous said...

Dirumah Gw, Ditemboknya Bnyak Gmbar Wajah aneh aneh!!,Contoh:Joker,Dewa Langit(yg ad di Kerasakti),Badut,dll,,

noni said...

pernah baca ini jg. tp tulisan di blog yg saya baca sebelumnya menceritakan kalo sketsa2 wajah dilantai itu saling berbicara, dan terdengar samar seperti orang yg sdg berbicara.
aniway saya suka cara anda menuliskan artikel2 yg ada di blog ini walaupun beritanya sama tp anda bs menampilkannya dengan cara yg lain seperti anda bilang "selalu ada sisi yg berbeda". bravo!!

Mr.Dumb said...

Di Rumah saya, lebih tepatnya lantai kamar adik saya yang berumur 3 tahun, tiap hari jum'at jam 7.30 pagi (tepatnya setelah adik saya baru bangun tidur) terlihat gambaran2 aneh yang berwarna-warni seperti gambar bunga, gambar pesawat terbang, gunung dan sawah dan lain-lain, apa bisa dijelaskan apa peristiwa misterius ini?
apakah memang otak saya mengalami penyakit aneh hingga berhalusinasi melihat gambar2 aneh itu?

Anonymous said...

Mas Enigma, salut bgt buat tulisannya. Karena ada yang comment tentang missing day,sy jadi mau cerita pengalaman misterius yang pernah saya alami.

Ceritanya Waktu jaman kuliah dulu. Suatu hari saya bangun pagi mw kuliah. Sy terbangun oleh weker saya yang saya setel jam 5.30, saya mandi, pakaian, dll, sampai selesai, saya lihat jam weker masih 06.00, saya cek jam tangan, sama jam 6.00. Jam dinding? Sama! 06.00. Saya sarapan dulu dan merokok. Mau berangkat lihat jam tangan dan weker sama (6.30). Nunggu Angkot,naik, turun, dan akhirnya sampai di loby kampus. Jam di lobby kampus 06.50, sama dengan jam tangan saya, 06.50 juga.

Kuliah masuk jam 07.00, toleransi telat hingga 07.15. Saya memilih baca2 koran dinding di loby kampus dulu, dan memutuskan masuk kelas 07.10. Baca headline dikit, lihat lagi jam di loby Kampus , 07.10. Jam tangan saya, sama 07.10. Saya putuskan masuk kelas.

Bergegas naik, ketok pintu, dipersilahkan masuk, saya masuk kelas dan gerrrrrr…ledakan tawa satu kelas membahana menertawakan saya. Dipanggil dosen, diomeli didepan kelas (yang saya heran, karena merasa telat dalam batas toleransi.). Singkat kata saya disuruh duduk. Ketika saya duduk (masih bingung salahnya dimana?). Saya lihat jam tangan saya, BERUBAH MENJADI 08.15!!!, Jam tangan teman sebangku dan sekitar saya, semua sama 08.15!! Artinya saya sudah telat 1 JAM 15 MENIT!!. Serasa tiba tiba jam dan waktu dipercepat 1 Jam oleh yang kuasa, tanpa saya merasakannya!!! Hasilnya saya kuliah hanya 15 menit saja, karena jam 8.30 kelas selesai/bubar. Saya buru buru ke lobby dan melihat dan mengechek jam kampus tadi lagi, dan ternyata sama saja, sudah Jam 8.30!!!.

Pertanyaan saya: Mungkinkah mata saya bisa salah melihat 4 macam jam( weker, jam tangan, jam dinding kamar, jam dinding kampus) , dalam kesempatan yang berbeda (bangun tidur, abis mandi, abis sarapan, tiba dikampus, dan mau masuk ruangan)???
Mungkinkah mata saya salah berulang kali???
Atau adakah fenomena yang bisa mempercepat waktu tiba tiba maju 1 jam?
Apakah ada yang pernah mengalami seperti ini?
Apakah ini sama dengan missing day?

Sebagai info, kejadian ini hanya terjadi 1 kali seumur hidup saya, dan hingga 18 tahun sesudahnya (saat ini), saya belum pernah memakai kacamata sama sekali!! Makasih mas enigma buat tanggapannya.

riq

enigma said...

Haha, saya juga punya pengalaman yang mirip, bedanya saya kecepatan. saya lihat jam dindin saya, 7.15, lalu saya mandi dan bersiap beraktifitas. Lalu sesudah rapi dan bersiap pergi, saya lihat jam sekali lagi, ternyata jam 6.45. Artinya, yang saya lihat tadi adalah jam 6.15, bukan 7.15.
Jadi, kalau ditanya, bisakah salah melihat jam?
Saya yakin bisa. tapi kalau 4 macam jam cukup meisterius kan?
hehe.
Maaf bro, saya tidak bisa menjelaskan fenomena ini.

Lica Lawliet said...

a.... akhirnya.... bisa baca sampe habis.... tanpa melihat.... foto terakhir.... karena loading, jd ngga keliatan fotonya.... hehehe.... walaupun baca siang2.... tetep aja takut.... hiks.... serem.... >.< T__T

Anonymous said...

merinding.... sendirian baca ni blog... bisa tidur gak ya, nanti malem???

anonimus said...

Entah kenapa artikel tentang wajah misterius Belmez ini selalu membuat saya merinding... brr..
menurut saya ini salah satu paranormal activity.
tapi apakah ini sejenis dengan fenomena di Jl.Kramat di Jakarta beberapa tahun yang lalu?

Hein said...

hi.... jangan-jangan jadi gak bisa tidur nih.
Abis kebayang sama wajah2 misterius di Belmez.
ngeri!!

Bluezaoldyeck said...

jadi takut ke kamar mandi... seram juga ya kalo melihat penampakan wajaht yg iba-tiba muncul dari tembok, lantai, en langit2 gitu...

Anonymous said...

postingan ttg missing day ada ya bg E???????

o iy bg E, ttg postingan ini.
ada ga foto wajah di lantai, tapi menampilkan juga ruangan dapur nya???

klo ada tempel ya bg E....

klo ga ada, bisa jadi foto2 ini cuma hoax.
kisahnya pun lgsung sya anggap hoax.

hehe.... piss bg E.... agak nantang...
bg E pasti ngerti....

Mutia Irnawati Kartodirdjo said...

aku pernah mengalami missing day,
benar-benar seperti DeJaVu banget
bahkan aku sering mengalaminya
contoh waktu dikampus sedang belajar, dosen nggak masuk sontak anak-anak gembira dan berisik, tiba-tiba perasaan aku pernah mengalami hal ini benar-benar sama persis mulai dari kemeja aku+teman2 sampai suasananya.
Lalu pas mengendarai motor dan mandi.

tolong bang enigma jelaskan mengenai missing day,
apakah sama seperti DeJaVu??

cacao said...

um,, mau tanya,, apa wajah2 masih bermunculan setelah wafatnya Maria? apa cuma wajah Maria doang yang muncul setelah dia wafat?

Wenda said...

Mr. Enigma, sy suka skl dgn blog anda..
oh iya, sy jg pnh baca (lupa blog-nya) ada paranormal activity disebuah rmh yg kesimpulannya "aktivitas" ini menginginkan pemilik rumah meninggalkan rumah yg sementara ini mereka tempati agar "mereka/roh/jin/iblis" bisa tinggal di rumah tsb tanpa ada manusia bersama mereka..
anyway, untuk postingan (keren) di atas kayakx aku bs memberikan sedikit solusi bwt keluarga Maria Gomez Camara yg sy heran koq ga' sempat di pikirkan ya.. pdhl mereka sempat melakukannya saat menemukan penampakan wajah yang kedua, yaitu melakukan pembongkaran seperti :

"Pada kedalaman 2,7 meter itu, mereka menemukan Tulang belulang manusia !

Sekarang, para penduduk semakin yakin bahwa kasus ini adalah paranormal activity. Tetapi penemuan ini ternyata tidak terlalu mengejutkan mereka. Soalnya mereka mengetahui sejak lama bahwa rumah Maria berdiri di atas tanah bekas kuburan !

Oke, tulang telah ditemukan dan dikuburkan dengan selayaknya. Para arwah sudah ditenangkan. Sekarang Maria, Juan, dan Miguel bisa hidup tenang.."

kesimpulan saya:
1. Paranormal Activity ini menyiratkan pesan bagi pemilik rumah tentang "keberadaan" mereka.
2. Alangkah baiknya pd saat kejadian sesudah penemuan Tulang Belulang Manusia dan wajah-wajah lain mulai b"munculan, ada inisiatif utk membongkar/menemukan Tulang Belulang Manusia yang lain (mengingat rmh tsb dibangun di tas kuburan)..
3. kmgkinan, "arwah-arwah" yg lain ikutan "unjuk wajah" ketika ada "temen" mereka yg sudah direlokasi (hehehe kaya' pedagang di pasar aja..), apalagi semenjak di "relokasi" wajah yg pertama sepertix ga' pernah disinggung lg penampakkanx.. hihihi..

(sori kepanjangan comment-nya, cz postingan ini keren abezzz) tQ..

Anonymous said...

walawpun dah lama ne artikel, dan dah dibaca klo ga salah 2 ato 3 kali....

tp yg ga kalah seru dari artikel ini ataupun keseluruhan artikel adalah komentatornya yg mengomentarkan sesuatu yang baru...

request bung enigma (maaf klo dpanggil bung) krna jenis kelamin nya dprofil laki2 sih hehehe....

tentang missing day (waktu yg hilang) ,n bung enigma berkomentar " Hmm asa238, kasus missing day. very interesting. Kasus memang pernah dialami oleh beberapa orang setahu saya"

n dtambah bung enigma juga pernah mengalimnya,mngkin sebagian orang ddunia prnah juga merasakannya n mungkin sy prnah juga mngalaminya. tp kyk ny ga ingat... hehehe maklum pristiwa sprti itu malas menyimpannya...


klo berkenan tuliskan artikel "Missing Day" dong bung enigma...

mana tau ada penjelasan ilmiahnya, n yg prnah mngalaminya merasa jwbannya bisa dtemukan dblog ini...

untuk bung enigma, blog anda bagus saya berkali - kali baca artikel anda...
thx untuk smua artikelny

Post a Comment