Saturday, February 6, 2010

Kisah Zana - Bigfoot Rusia yang melahirkan anak-anak dari manusia

Pada tahun 1880an, di Rusia, satu makhluk perempuan serupa Bigfoot pernah ditangkap hidup-hidup. Ia kemudian hidup di tengah-tengah masyarakat dan melahirkan anak-anak dari manusia. Makhluk ini bernama Zana dan masih menjadi salah satu teka-teki cryptozoology yang membingungkan.


Kisah ini berasal dari wilayah Abkhazia di Georgia, Rusia, dan diceritakan oleh Dmitri Bayanov, seorang hominolog, dalam bukunya yang berjudul "In the Footsteps of the Russian Snowman".

Di wilayah itu, makhluk seperti Zana disebut dengan nama Abnuaaya. Tidak jelas bagaimana Zana bisa ditangkap pada awalnya. Beberapa laporan menyebutkan para pemburu tanpa sengaja bertemu dengannya dan segera menangkapnya. Laporan lain menyebutkan bahwa para penduduk lokal yang memang mengetahui adanya makhluk seperti Zana telah mengirim para pemburu untuk menangkapnya.

Tapi, paling tidak kita mengetahui bahwa Zana benar-benar tertangkap dan akhirnya menjadi milik seorang bangsawan bernama Edgi Genaba.

Bentuk tubuh Zana tidak seperti manusia biasa. Ia memiliki badan yang lebih tinggi dan dipenuhi dengan rambut-rambut berwarna hitam kemerahan yang memenuhi kepala hingga kaki. Ia juga memiliki bahu lebar dan otot yang kekar. Kulitnya berwarna gelap, jari-jari kaki dan tangannya lebih panjang dan besar dibanding manusia pada umumnya.

Zana tidak dapat berbicara. Selama puluhan tahun hidup di tengah manusia, Zana tidak pernah bisa belajar bahasa Abhkaz. Ia hanya mengeluarkan suara-suara keluhan dan menangis ketika sedih atau marah.

Ketika pertama kali ditangkap, para pemburu memberikannya kepada kepala wilayah Zaadan bernama DM Achba. Lalu Achba memberikannya kepada salah seorang pegawainya yang bernama Chelokua. Chelokua kemudian memberikannya kepada Edgi Genaba yang berkunjung ke wilayah itu. Genaba merantai Zana dan membawanya ke desa Tkhina di dekat sungai Mokva, 78 kilometer dari Sukhumi.

Pada mulanya, Genaba menolak memberikannya makan dan hanya mengurung Zana di dalam kerangkeng karena sikapnya yang seperti hewan buas. Namun setelah Zana menunjukkan sikap yang baik, Genaba mulai memberikannya makan. Setelah tiga tahun, Zana menunjukkan sikap yang semakin jinak sehingga Genaba memindahkannya ke tempat yang lebih besar dengan pagar. Setelah beberapa lama, Zana dibiarkan bebas tanpa dikurung.

Setelah dilepas, Zana tidak pernah berusaha melarikan diri.

Bertahun-tahun Zana tinggal di desa itu, ia tidak menunjukkan adanya perubahan berarti pada wajahnya. Giginya masih lengkap dan kekuatannya tidak berkurang. Ia bisa berenang menyeberangi sungai Mokva dengan mudah, bahkan ketika air naik dan arusnya deras.

Penduduk desa juga melaporkan bahwa Zana dengan mudah dapat mengangkat sebuah karung berisi 80 kg tepung dengan mudah. Karena itu, Zana akhirnya dilatih untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia seperti menggiling tepung dan mencari kayu bakar.

Lalu, suatu hari, peristiwa yang tidak disangka terjadi. Zana hamil. Tidak ada satupun pria yang mengakui sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Konon, Zana melahirkan anak-anak dari beberapa pria yang berbeda. Ia melahirkan anak-anaknya tanpa bantuan siapapun dan selalu membersihkan bayinya yang baru lahir di sebuah mata air. Akibatnya, semua bayinya tersebut tidak dapat bertahan hidup dan mati karena terkena air dingin.

Jadi, ketika Zana kembali melahirkan, para penduduk desa yang peduli membawa bayinya pergi dan membesarkannya. Empat bayi dibawa pergi oleh penduduk, dua laki-laki dan dua perempuan. Keempat anak ini berhasil hidup dan bertumbuh seperti manusia pada umumnya.

Memang, keempat anak ini disebut memiliki fisik yang sedikit berbeda dengan manusia pada umumnya, namun mereka tidak mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan penduduk lainnya.

Putra tertuanya bernama Dzhanda dan putra keduanya bernama Khwit. Putri tertuanya bernama Kodzhanar dan putri keduanya bernama Gamasa. Khwit meninggal pada tahun 1954. Sedangkan keturunan-keturunan mereka masih hidup dan tersebar di seluruh wilayah Abkhazia hingga sekarang.

Gamasa dan Khwit memiliki fisik yang kuat. namun penampilan mereka sudah jauh berbeda dari Zana. Sepertinya penampilan fisik dari ayahnya lebih dominan pada mereka berdua. Khwit meninggal pada usia sekitar 65-70 tahun. Ia disebut sebagai seorang yang gampang marah dan sering mengajak berkelahi para penduduk lain. Bahkan tangan kanannya menjadi cacat akibat salah satu perkelahian itu.

Khwit

Ada rumor yang beredar bahwa ayah Khwit dan Gamasa sebenarnya adalah Edgi Genaba sendiri, namun pada catatan sensus, kedua anak itu diberi nama keluarga Sabekia. Rumor ini mungkin berkembang karena Zana dikuburkan di pekuburan keluarga Genaba dan kedua anak Zana turut dibesarkan oleh istri Genaba.

Pada September 1964, arkeolog VS Orelkin dan Dmitri Bayanov yang tertarik dengan misteri ini berusaha menemukan kembali kuburan Zana. Namun karena semua keturunan klan Genaba telah meninggal, tidak ada yang dapat menunjukkan secara pasti letak kuburan Zana. Para arkeolog tersebut hanya dapat menemukan kuburan Khwit. Tengkorak Khwit lalu dibawa ke Moskow untuk diteliti lebih lanjut.


Antropolog MA Kolodieva membandingkan antara tengkorak Khwit dengan tengkorak pria lainnya yang juga berasal dari Abkhazia dan menemukan perbedaan yang sangat signifikan dalam ukurannya. Lihat foto perbandingan di bawah ini.


Walaupun kisah ini terdokumentasi dengan baik, namun banyak pertanyaan yang masih belum bisa terjawab dengan sempurna.

Apakah Zana berasal dari Species yang sama dengan manusia ?

Jika ya, mengapa ia bisa memiliki fisik yang berbeda ?

Pertanyaan-pertanyaan ini masih menjadikan Zana sebagai salah satu teka-teki paling membingungkan dalam dunia Cryptozoology.

Notes : Foto pertama yang menunjukkan wajah Zana di atas cuma ilsutrasi, bukan foto sungguhan.

Baca juga : Orang Pendek - Hominid mini dari Sumatera.

(hominology.narod.ru)


Komentar Pilihan


de nocture said...

Mungkin juga Zana adalah penderita Hypertrichosis, atau juga dia mengalami kondisi seperti Seftiani Abdul dari desa Desa Tilango Bula, Bone. Bisa saja pada jaman itu Zana ditelantarkan atau diusir oleh komunitasnya karena memiliki kelainan fisik, sehingga ia bertahan hidup sendirian di hutan dan beradaptasi dgn memiliki kekuatan fisik layaknya hewan liar karena tuntutan untuk bertahan hidup di alam liar....mungkin.

February 6, 2010 8:24 PM

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

84 comments:

Anonymous said...

pertamax ..........????? klo gk yg kedua pun jadi..:)

Wiandi Fazzar said...

Pertamax....

Apa ada anak2 lainnya yang masih hidup, bos??Mungkin cucunya dari anak2nya Zana....

enigma said...

Tinggal cucu2nya. anaknya yang terakhir khwit meninggal tahun 1954

Anonymous said...

mantap mas enigma...
tolong bahas juga artikel tentang alien hand syndrome (AHS)...
saya msh pnsaran sm yg namanya AHS...

Anonymous said...

PERTAMAX KAH??
keren..! nice info..
tapi kalo menurut saya,"mungkin Zana itu adalah seekor ctyptid yang masih dirahasiakan..^^




-Hendrik-

giga_neku said...

ah!!!
padahal udah stand by..
tapi keduluann..tunggu tgl main..
bakal pertamax..ha.ha.

Anonymous said...

wuuhh... masih nggak kepikiran juga,, kenapa kuburan Zana sendiri nggak ketemu ya?? padahal , tahun berapapun itu , penemuan makhluk seperti itu pasti jadi penemuan spektakuler, dan pastinya terkenal kemana mana (minimal di daerah itu juga) , emangnya saksi2 hidup gak cerita ke anak2nya ya...?

abzalom said...

mantapz..om..!! om..kalo boleh taw nie..kuburan zana sendiri kenapa nga ketemu? kalo cmn kuburan anak2nya saja kurang kuat untuk di jadikan bukti. bisa saja kubran khwit itu hanya kuburan biasa milik orang lain??? itu sih menurut saya.

PEACE!!!!!!

dhilicioustrafford said...

menarik ceritanya prof.enigma, saya suka dan cukup tertarik dengan cryptozoology, saya setuju sama Anonymous (6/2/10.7:37) kalo bisa tolong bahas AHS ya Enigma hehe, oiya di paragraf terakhir penulisan cryptozoology nya salah tu prof.enigma (ga penting), hehe keep posting!

de nocture said...

Mungkin juga Zana adalah penderita Hypertrichosis
atau juga dia mengalami kondisi seperti Seftiani Abdul dari desa Desa Tilango Bula, Bone.
Bisa saja pada jaman itu Zana ditelantarkan atau diusir oleh komunitasnya karena memiliki kelainan fisik, sehingga ia bertahan hidup sendirian di hutan dan beradaptasi dgn memiliki kekuatan fisik layaknya hewan liar karena tuntutan untuk bertahan hidup di alam liar....mungkin.

Mihael Keehl said...

*nangis
ya ampun.. aku bener2 udh sibuk banget sampe jarang buka laptop.. rasanya bener2 udh gak enak bgt vacum comment dr blog amazing ini selama 2 bulan... mungkin lebih.. T^T
just wanna say..
Keehl is back!

keren nih beritanya.. siapa bapaknya yaaah???

Ian Abkhazia Yakubov said...

Hmmm...nie makhluk berasal dari tempat kelahiran gw,hehe...
Yup kang Enigma,kuburan zana ko ga ketemu,aneh deh...(sedikit ragu dengan kisah ini)

Anonymous said...

errr.... pertanyaanna..
sapa yg bisa horny ma mahluk cryptid? -__-III

bgi g itu mistery plg besar sjak baca judulna...

enigma said...

@Ian : yup, nama tengah kamu sama dengan tempat kelahirannya. Mungkin cuma belum ketemu saja kuburannya. Tengkorak Khwit ukurannya amazing juga kan ? :)

Mihael Keehl said...

@Enigma: :') seneng bgt bisa kembali baca blog ini setelah bgitu lama vacum! *jelas sekali kalo aku ketinggalan banyaaaaakkk berita!!!
*weekend mau baca semua

chikitanindya said...

tengkorak yg besar itu tengkoraknya khwit ya?

ckck. brarti zana manusia purba dong?

Anonymous said...

Mas Enigma, aku mau tanya. Apa bener kanibal itu ada? Baru-baru ini seorang teman saya memberitahukan link ke sebuah forum yang ada postingan tentang kanibalisme di China. Judulnya semacam: Desa Pemakan Wanita di China. Yang saya tanyakan ini bukan kanibal yang terpaksa dilakukan seperti cerita tentang orang-orang yang kecelakaan pesawat di gunung es terus makan penumpang yang sudah mati untuk bertahan hidup atau kasus orang sakit jiwa yang makan manusia. Tapi kanibal yang dilakukan karena tradisi atau ritual. Yang dilakukan dengan sadar 9kayak yang di China itu, kalau benar).

Makasih sebelumnya... :)

enigma said...

Kanibal itu benar-benar ada. itu dilakukan oleh banyak suku di dunia, mulai dari eropa, afrika, amerika, termasuk di Indonesia.

idiotevil said...

Bro enigma, mau tanya dong, sumbernya bro enigma tau kisah2 misteri itu dari mana yah ?? Tq loh bro

enigma said...

Tentu saja dari internet. Misalnya, saya masuk ke salah satu web mengenai cryptozoology seperti Cryptomundo.com, lalu menemukan makhluk cryptid yang menarik, maka saya cari informasi di google, lalu tulis. So simple. Atau kamu masuk ke monstropedia.org, disitu banyak daftar makhluk2 cryptid, tapi penjelasannya kurang. Kamu Tinggal tentukan makhluk yang mau kamu tulis, lalu cari informasi tambahan di google.

Mihael Keehl said...

woh.. banyak bgt! ketinggalan parah,..
seru2 lg... wajah misteriusnya mantap

Anonymous said...

Hmmm,,..Makin banyak aja misteri d dunia ini yg lom trpecahkan..mungkin hanya mesin waktu yg dapat menjawabna...heheheheh..

Anonymous said...

ah...kalau ada anak cucunya sih, mending tes dna aja. kalau terbukti dna nya berbeda dgn manusia moderen mungkin ini bakal jd perkembangan bagus.

Ms. Terry

Anonymous said...

nice info! btw, foto pertama kok kayak mona lisa, yah?

inoshi said...

jalan ceritanya aneh, dan saling menyangkal antar paragrafnya. mungkin diterjemahkan secara terburu-buru, ya?

1. dikatakan di atas bahwa ...semua bayinya tidak dapat bertahan hidup dan mati, namun di paragraf berikutnya dikatakan, penduduk membawa bayinya pergi dan membesarkannya.Mana yang benar? sebab paragraf yang mengatakan bahwa semua anaknya mati tsb, sangat penting untuk menjelaskan tingkat kekerabatan zana dengan manusia(karena perkawinan beda spesies sulit dilakukan dan kemungkinan berhasil relatif kecil)bila berhasilpun memberikan keturunan yang tidak sekuat ortunya(meskipun terdapat catatan ada perkawinan antar genus yang berhasil, namun probabilitynya kecil sekali).
Bila memang kemudian terdapat anak yang hidup, maka saya curiga bahwa zana hanya manusia biasa dengan kemungkinan cacat hormon yang kemudian diasingkan sejak kecil (ajaibnya dia tetap hidup, layaknya tarzan)

2. pertanyaan lain, apakah ketika anak-anaknya diambil penduduk, zana tidak marah? ataukah zana merupakan induk yang tidak memperdulikan anaknya? padahal bila zana mempunyai sifat "beast", dia pasti akan mengamuk ketika ada orang yang mengambil anaknya, layaknya induk para makhluk lainnya. Padahal dikatakan bahwa zana lah yang melahirkannya tanpa bantuan dan zana juga yang memandikannya, sebuah pertanda dia induk yang memperhatikan anaknya.
3. terdapat ke 4 anaknya yang berhasil hidup, 2 cowok dan 2 cewek, dimana diceritakan anak turun mereka masih hidup dan menyebar di wilayah abkhazia, khwit meninggal pada tahun 1954 dan peneliti yang tertarik memulai penelitiannya pada tahun 1964, hanya berselang 10 th. Namun dikatakan saksi hidup zana sudah meninggal semua. menurutku aneh, zana hidup dalam suatu pemukiman yang menurutku kemungkinan saksi hidup banyak sekali. katakan bila khwit meninggal pada tahun 65-70 th, maka saya yakin banyak teman seusianya (yang waktu itu juga melihat sosok ibunya) masih hidup pada umur 75-80 tahun. Atau cucu zana seharusnya ada yang pernah tahu sosok neneknya...

enigma said...

@Inoshi :
Point no.1 maksudnya karena Zana selalu melahirkan sendiri dan membersihkan anaknya di mata air akhirnya semua bayinya mati. Penduduk desa yang tidak ingin melihat anaknya mati lagi lalu membawa pergi bayi yang KEMUDIAN lahir. Jadi maksud saya soal bayiny mati semua adalah semua bayi yang lahir sebelum 4 anak yang survive.

Point no.2, Zana sdh tidak punya sifat beast. Mungkin alasan lain ia tidak marah adalah karena anak-anaknya diperlakukan dengan baik.

Point no.3.Yang dimaksud sumber adalah semua keturunan klan genaba sudah meninggal semua sehingga tidak ada yang dapat menunjukkan letak kuburannya secara pasti. Kalimatnya sdh saya ganti supaya tidak membingungkan.

Nice Job Mr.Inoshi.

Yudh said...

wah jaman dulu blum ada tes DNA.jadi sampai sekarang tidak diketahui siapa bapaknya si Khwit ini.
Btw ini adalah salah satu posting yang kutunggu..

haryadi said...

waah..menarik sekali artikelnya gan,..

oh iya ,barusan saat neg-PAM dikapal asing,..gw nonton dvd berjudul ''MURDERER"..bintangnya AARON KWOK,..awalnya sih biasanya menceritakan misteri pembunuhan berantai,..namun di pertengahan baru gw temukan sesuatu yang menarik!
"pelaku mengidap Penyakit Anti Penuaan" secara alami,..nah meskipun ia telah berusia 46tahun tapi kulit,wajah,perawakan dan tinggi badannya masih tetap seperti anak usia 6tahun!...yang jadi pertanyaannya; apa bener ada penyakit seperti itu??dikatakan rumour bahwa di Asia Tenggara ada 6orang yang memiliki Penyakit Kelainan Genetika tsb....hhhmmm bisa diulas?

haryadi said...

buat yang mw hunting berita2 misteri laen(penasaran cari sumber berita)bisa di coba ke weburbanist.com atw pravda.ru...disitu byk link2 berita2 unik ,.yaah tapi musti terjemahin sendiri dengan bahasa kalian,cos sebagian berbahasa Russia..tapi ada versi Englishnya juga kok..

tuiter(dot)kom/FoolishDelonge said...

1. ngomong-ngomong soal makhluk aneh , mana postingan tentang Dracul ?
kan udah janji .
lagipula Dracul kan kemungkinan punya banyak anak , cucu , cicit .
emang sih bukan sebuah "misteri" , tapi cukup menarik tuh sepak terjang Dracul di zaman Turki-Turki'an yang sempet jadi islam pula .

2. ngomong-ngomong , sebenernya Bigfoot itu ada apa ngga om ?

3. ngomong-ngomong , kategori kuis nya mana ?

4. ngomong-ngomong , Keelh itu siapa ya om ?

5. reply please (3 dan 4 opsional)

xoxo : Delonge lagi hectic ke metal

Anonymous said...

wajahnya si zana mirip monalisa kalo di perhatikan lagi...hehehehe,

menunggu tulisan mas enigma tentang icarus di mithologi yunani

Anonymous said...

Bung, tlong dunk slidiki video amatir yg dTv one, yg nnjukin buaya yg ktangkap ma warga, panjang'y nyampe 15 m, kata'y dKalbar..

Dharma the Blue_Ragnar said...

Mantap bang Enigma.. !!!!

coba deh posting tentang "Hopkinsville Goblins", kayaknya seru tuh buat dibahas.

thank Enigma.

enigma said...

@tuiter.com :
1. Masih dalam antrian
2. Tergantung apakah kamu percaya atau tidak.
3. Belum kepikiran, hehe
4. an old friend

@Bima yoga : masih.

wahyu said...

wow,

udah sering baca kisah ini berseliweran di blog2 dengan gaya2 sama (copas mode:on), tapi bung enigma menyajikan nya dengan analisa dan sudut pandang yang baru. cukup satu kata : keren !

another nice post from my favorite blog

Anonymous said...

Iya tuh foto zana mirip monalisa. Skali ane liat, lgsg deh tbayang itu foto monalisa yg di photoshop. Lg pula kl saat itu sdh ada dokumentasi, knapa tdk ada sumber data ttg kuburan zana yg valid?

Anonymous said...

Mr. Enigma bisa g' posting cerita "peristiwa misterius" lebih banyak...
Please !!!
Thanx ^_^

J said...

"Jika kau berniat mencarinya, tak akan kau temukan mereka. Jika kau tak ada niat untuk mencarinya(urusan lain), kamu akan menemukannya."

Itu pendapatku mengenai makhluk Cryptozoology seperti orang pendek, bigfoot, nessie dkk.

enigma said...

Foto ZANA diatas memang cuma ilustrasi. bukan foto beneran. Maaf bapak-bapak, ibu-ibu, saya kira sdh pada tahu. Tapi sudah saya tambahkan catatan kaki di postingan.

Anonymous said...

mode on (ngelawak) gile org rusia makluk aneh pun di embat,apa ce desa tu langkah,ato org2 rusia jelek2 :P......
tp bagus mas posting nya keren dah.....mantap abis.tapi seperti kata insohi kata2 nya rada2 keseleo jari nya ya mas pas ketik nya....hehehehe.....sini masa tak pijit...wakkwkakwak :P
from : N.O

Anonymous said...

Gara2 bc comment tuiter.com jd kepikiran Elizabeth Bathory. Posting itu jg dong Mr. Enigma.. Btw, artikel ini membangkitkan penasaran bgt. Gue kira pict Zana diatas itu asli ybs. Luv this blog ^^

RAMA said...

KREN MAS,,,


TLONG DKLARIFIKASI BERITA HOAX INI MAS

http://regional.kompas.com/read/2010/02/05/10034445/Sepasang.Naga.Gemparkan.Kutai.Barat

dari ftonya aja udah kliatan hoaxnya,,,

infoaja.com said...

hai enigma..
masih ingat yos ngga? yosbeda.com
sobat blogger waktu awal2 ngeblog dulu itu, hehe
ni klo boleh mau tukeran link ma blogku yang themanya umum infoaja.com..
link enigma udah terpasang di infoaja.com dengan nama enigma...
klo berkenan ditunggu blazanya ya...
terimakasih sebelumnya...
salam..

Anonymous said...

Myheart2105 said...

Om Enigma I am your fan! :-)
Pertama kali aku melihat foto ilustrasi Zana, rasanya sedang melihat Monalisa versi berbulu.. Wkwkwkwk:-P
Mgkn fotoshop kali ya?
Oya Om q mau nanya neyh,
1.''...Putra tertuanya bernama
Dzhanda dan putra keduanya
bernama Khwit. Putri
tertuanya bernama Kodzhanar
dan putri keduanya bernama
Gamasa. Khwit meninggal
pada tahun 1954. Sedangkan
keturunan-keturunan MEREKA
masih hidup dan tersebar di
seluruh wilayah Abkhazia
hingga sekarang.''
Kok aneh ya, mengapa gak ada keturunan2 Zana yg mengenali dia dgn baik, pernah melihat dia? Apakah dia diasingkan?
Kenapa gak ada fotonya ya? Rasanya Uni Soviet sudah cukup maju di zaman itu..

2. ''Ada rumor yang beredar
bahwa ayah Khwit dan
Gamasa sebenarnya adalah
Edgi Genaba sendiri, namun
pada catatan sensus, kedua
anak itu diberi nama keluarga
Sabekia. Rumor ini mungkin
berkembang karena Zana
dikuburkan di pekuburan
keluarga Genaba dan kedua
anak Zana turut dibesarkan
oleh istri Genaba.''
Anggaplah rumor itu gak benar, So knapa dicatat memakai nama Sabekia? Apa cuma dibuat2 saja ya Om? Kalau gak fiktif, kayaknya keluarga Sabekia juga ikut diselidiki..

3. ''Pada September 1964,
arkeolog VS Orelkin dan
Dmitri Bayanov yang tertarik
dengan misteri ini berusaha
menemukan kembali kuburan
Zana. Namun karena semua
keturunan klan Genaba telah
meninggal, tidak ada yang
dapat menunjukkan secara
pasti letak kuburan Zana.
Para arkeolog tersebut hanya
dapat menemukan kuburan
Khwit. Tengkorak Khwit lalu
dibawa ke Moskow untuk
diteliti lebih lanjut.''
Kok bisa sudah meninggal semua ya Om klan Genaba? Apakah mereka terisolasi dan kena wabah penyakit mematikan atw mereka gak kawin2? Hehe.. Maaf kalau aku ngaco.. Kan aneh kedengarannya..

4. Gak pernah ada penyelidikan DNA Zana atau anak2nya Om?
Misal rambut, tulang dan gigi?
Supaya ketahuan kromosomnya dan mengidentifikasi Zana manusia apa bukan.. Kalau bukan, wah saintis bisa ribut tuch..

Oya Om, tlg diposting tentang butterfly effect and John Titor ya,..
Nice post, keep up the good work! :-o

amanda said...

Nice post bang enigma.. Iya posting ttg butterfly effect dunk.. penasaran, beneran ada ga sih kayak filmna ashton kutcher.

Anonymous said...

andika..
wah comment kali ini banyak ya...mungkin salah satunya ada bapaknya kali ya...he..he....

Yazied said...

gan...cari info tetang buaya yang panjnagnya 15meter di kalbar donkss..itu beneran ga....

abis liat bertitanya di tipi kmaren...begitu denger lgsung ingan bos enigma dengan super brainnya...

hehehe..^^

oiya..kenapa cuman ada foto nya Khwit aja..bagimana dengan Gamasa dan ke2 saudara perempuannya..seandainya memang benar kalo ke4 bersaudara juga melahirkan anak2dan cucu..seharusnya mereka juga punya foto,gambaran ,cerita atou gak lukisan kakek nenek mereka..dan seharusnya semua ketrunannya pastilah punya jejak DNA dari ZANA yang mungkin sudah pasti berbeda strukturnya dari manusia..apa para ilmuwan ga pernah nyoba konfirmasi hal ini..??

Promotheus Predator said...

Keturunan dariZana sekarang masih ada ngga, terus dimana? Mungkin masih bisa diselidiki DNA-nya sama ilmuan, tapi, kok berita tentang Zana tidak beredar di media cetak pada masa itu dan tidak ada orang yang berhasil memfotonya/mengambil gambarnya? Padahal sudah jelas Zana tidak dikurung dan bebas berkeliaran. Ada kemungkinan Zana hanyalah manusia biasa yang mempunyai kelainan.

Anonymous said...

Good Artikel,
Tolong donk mas Enigma bahas kisah ini.
waktu sd gw nonton film judulnya gw lupa, tapi cerita berkisar tentang seseorang yang berusaha memenjarakan sekaratnya sehingga dia berumur panjang, tolong dibahas donk mas. Thank you.

didi said...

oh ya bang, tadi waktu sekolah guru gue bilang klo sekarang ada sebuah tehnik baru dalam belajar, yaitu dengan memanfaatkan otak tengah dengan otak tengah kita dapat cepat mengingat bahkan dapat membaca tanpa melihat atou dengan ngeraba aja kayak cinta kuya gitudeh,...!

program ini baru datang ke indonesia dan sekarang sudah ke palembang(tempat tinggal gue) trus katanya cara ini sudah dilakukan di jepang selama 40 tahun yang lalu?

dan menurut guru gue penyeimbangan otak tengan ini dilakukan dengan gelombang apa gitu(lupa)
dan ini dapat dilakukan pada range umur 0-15 tahun dengan bayar 3juta, ini adalah sebuah prograqm komputer yang di beli oleh china seharga 1milyar dari malaysia dan malaisia beli ma jepang

tolong cari tahu dong bang apakah ini benar adanya trus klo bener apakah ini merupakan kemajuan dari perang dunia ke-2

trus ada seorang anak berumur 6 tahun setelah pelatihannya berakhir(kira-kira 2 hari) anak itu langsung bisa ngebaca sambil ngak liat pesis kayak "cinta kuya"

Anonymous said...

Yang aneh kalau benar Ilustrasi foto Zana seperti di atas. Pria yang menghamilinya pasti lebih gila lagi!!!! wkwkwk masa samapai beberapa kali hamil!!!

Anonymous said...

eh mas enigma
saya mau request materi dong
tadi siang ada temen saya cerita tentang orang ( maaf lupa namanya) dia datang dari 2036 ke tahun 1975, waktu itu ia ketemu sama pembuat komputer, lalu ke tahun ( lupa tahun brapa ) pas WTC hancur itu, dan ia ngabari juga kalo amerika ntar di pimpin orang negro. ia juga datang ke 2012 nyampein emang bakalan terjadi tuh bencana. yang tinggal cuma benua afrika aja "katanya". tapi saya ngk tau ini bner ato ngk. oiya saya lupa, ia pergi kata nya make mesin waktu gitu. tujuannya buat perbaiki masa depan.
karna katanya di masa depan itu air dan makanan bersih itu udah ngk ada lagi.
jadi tolong dibahas ya mas.
mungkin sebagai lanjutan materi tentang kalender maya dan kiamar 2012 itu.

Anonymous said...

Kakakkak lucu..yg komen lucu2,pasti bang enigmanya mesem mesem

Anonymous said...

Ni pada Oon smua dah d bilangin tu foto zana ilustrasi bigfoot ttep aja nanya lg.. anehh!

Anonymous said...

Mas enigma ngak search tentang tes DNA khwit?gen pihak pria memang selalu dominan dalam DNA jadi kalau anaknya mirip manusia ya wajar. Khwit mempunyai 50/50 nah kalau dari tes DNA 50 dari Zana bisa ketahuan dia itu homosapiens atau apesapiens, masa sih tengkoraknya di ambil tapi ngak ada tes DNA.

Anonymous said...

Salam Kenal Mas, Saya Fajar.
Artikelnya selalu membuat saya ingin membaca dan membaca lagi.

Rensen said...

I'm back!!! stelah sekian lama jd kgen saya pgen komen d blog sherlockny indonesia ini.. hahaa

pa kbar om enigma?!

saya setuju dgn beberapa komen2 diatas, menurut saya sangat mustahil jika tidak ada seorangpun yg mengetahui siapa keturunan zana, padahal zana hidup bertahun2 dgn manusia, bahkan kalau dilihat dari tulisan diatas sepertinya zana sangat akrab dengan penduduk sekitar.

tapi kenapa sekarang tidak ada yg mengetahui siapa keturunannya (seharusny kalau memang benar zana mempunyai 4 orang anak berarti bisa didapat silsilah keluargany sampai sekarang), dmn dia dikubur, dan kenapa tidak ada satupun foto atau lukisan zana (biasanya zaman dulu kalau g ad foto suka ngelukis objek untuk diabadikan, lagipula fotografi bukanny ud ad sejak tahun 1820an y?!)

Padahal kalau memang cerita ini betul seharusnya kehadiran zana menggemparkan masyarakat desa tersebut bahkan mungkin menggemparkan rusia, bayangin aj klo skrng dtemukan makhluk kyk zana, tp kenapa informasi ttg zana sangat minim y?

Apa mungkin ini cerita hoax om enigma?!

(oh y, mbah ware kmn ud jrang komen y dia?! hha)

Ical said...

ahaha
ada rensen...

hmmmm, dia ngelahirin lagi 4 kali, berarti ada yg kawinin(sorry) dia minimal 4 kali lagi dong?? mungkin dia ga terlalu beda dengan manusia cuma lebih gede...

klo dia bisa punya anak dari manusia, kemungkinan besar dia emang manusia yg kena mutasi, klo cuma karena masalah DNA doang itu ga cukup, babi juga punya DNA yg sangat mirip sama manusia tp ga bisa ngelahirin anak manusia... berarti, ovum sama spermanya compatible, dll...

tapi ini kan cuma deduksi...

good job bgt bgt lah om enigma!

Anonymous said...

koq kalo di liat ciri2 bigfoot tu mirip sama genderuwo ya?
apa jangan jangan itu mmg genderuwo cm berhubung org asing ga percaya mahluk gaib jd nyoba di cari2..hehehe

Anonymous said...

keren bang bos

ini anda menyelidiki sendiri apa copy paste??

enigma said...

Di blog ini, tidak ada tulisan yang hasil copy paste. Jika kamu menemukan artikel yang sama persis dgn yang ada di blog ini, maka sumbernya pasti dari sini.

Anonymous said...

gara2 nafsu bejadd lelaki cwe berbulu aj di garaff.... ckckckck... kasian Zena..

Anonymous said...

bang, kalo bisa tiap hari dong up date beritanya.........
seru bgt..........

Anonymous said...

koq..bru kelihat 1 foto yg diatas,.
yg kepintas di fikiran ku koq MONA LISA ya?..
apa itu mona lisa dalam versi berbulu..

Anonymous said...

Pernah diselidiki secara genetika dan kisahnya dibahas di 'riddle from death' di TV kabel. Hasilnya zana adalah species

Anonymous said...

apakah anak" zana yang putri berkembang biak alias menikah?
Kalau iya,setidaknya bisa diselidiki bukan?

Post a Comment