Monday, February 1, 2010

Precognitive Dream - Fenomena mimpi yang menjadi kenyataan

Pernahkah kalian bermimpi pada suatu hari dan mimpi kalian menjadi kenyataan pada hari berikutnya ? Pernahkah kalian memimpikan terjadinya sebuah bencana dan bencana tersebut benar-benar terjadi pada hari-hari berikutnya ? Fenomena inilah yang disebut precognitive dream, mimpi yang berubah menjadi kenyataan.


Fenomena ini memang tidak akan bisa dipahami sepenuhnya dari segi sains. Karena itu, ketika menulis soal ini, kebanyakan sumber yang saya temukan adalah situs new age atau paranormal. Jadi, jangan berharap tulisan ini dapat menjawab semua pertanyaan yang kalian miliki mengenai fenomena ini.

Saya akan mulai dari definisinya.

Precognitive Dream adalah sebuah mimpi yang memberikan kepada seseorang informasi mengenai apa yang akan terjadi di masa depan.

Dengan kata lain, mimpi ini memiliki sifat meramalkan.

Precognitive Dream dan Manusia
Kebanyakan mimpi yang bersifat ramalan ini berkaitan dengan bencana, perang, pembunuhan, kecelakaan, bahkan kuda pacu yang akan keluar sebagai pemenang. Namun, kadang hanya berhubungan dengan hal-hal kecil yang terjadi di kemudian hari.

Oh ya, jika saya berbicara mengenai precognitive dream, saya tidak sedang berbicara mengenai kemampuan khusus yang dimiliki oleh paranormal. Saya berbicara mengenai pengalaman yang dialami oleh sebagian besar manusia di bumi ini, termasuk anda dan saya.

Pada konferensi Association for the Study of Dreams, Robert Waggoner, seorang psikolog dan peneliti mimpi, mengatakan bahwa precognitive dream mengabaikan status, jabatan, budaya dan agama.

Karena itu, siapa saja di dunia ini, selama ia adalah manusia dan masih hidup pasti bisa mengalaminya. Yang berbeda hanyalah intensitas pengalaman tersebut.

Sebuah studi yang dilakukan oleh universitas Baylor menemukan bahwa 52 persen masyarakat percaya dengan precognitive dream. Bahkan sebuah survei pernah menemukan adanya 66 persen responden yang mengalami precognitive dream yang akurat.

Dalam sejarah, Abaham Lincoln pernah bermimpi melihat tubuhnya terbaring di sebuah peti mati, dua minggu sebelum pembunuhannya. Lalu seorang insinyur dari Inggris bernama John Dunne pernah memimpikan mengenai letusan sebuah gunung api di Perancis yang kemudian menjadi kenyataan.

Kategori Precognitive Dream

Menurut para peneliti yang sebagian besar adalah psikolog, tidak semua mimpi yang menjadi kenyataan dapat disebut sebagai precognitive. Untuk memenuhi syarat sebagai precognitive, maka mimpi yang menjadi kenyataan itu TIDAK BOLEH memenuhi empat unsur di bawah ini, yaitu :
  1. Menjadi nyata karena probabilitas
  2. Sang pemimpi sudah mengetahui peristiwa tersebut akan terjadi.
  3. Self fulfilling prophecy
  4. Pengaruh Telepati
Akan saya jelaskan dibawah ini :

Menjadi nyata karena probabilitas.
Contohnya, kita membaca berita bahwa 3 hari lagi akan diadakan demo besar-besaran. Lalu malamnya, kita bermimpi mengenai demo tersebut dan kita melihat terjadinya aksi lempar-lemparan batu antara pendemo dengan polisi.

3 Hari kemudian, memang ada demo besar-besaran dan terjadi aksi lempar-lemparan batu.

Mimpi kita menjadi kenyataan, namun tidak bisa disebut precognitive karena probabilitas terjadinya aksi anarki pada demo sangat tinggi.

Sang pemimpi sudah mengetahui mengenai kejadian tersebut.
Syarat ini memiliki contoh sama seperti di atas. Kita telah mengetahui akan terjadi demo sebelumnya. Karena itu, ketika kita memimpikannya, kita tidak bisa menyebutnya sebagai precognitive.

Self fulfilling prophecy
Self Fulfilling prophecy (Ramalan yang dipenuhi sendiri) adalah sebuah prediksi yang secara langsung ataupun tidak langsung menyebabkannya menjadi kenyataan.

Misalnya, ada sebuah ramalan palsu yang diberitakan. Namun ketika ia dideklarasikan sebagai ramalan sejati, maka deklarasi ini mungkin akan mempengaruhi orang-orang untuk membuatnya menjadi kenyataan.

Contoh paling sederhana adalah rumor.

Misalnya, di masyarakat beredar sebuah rumor bahwa bank enigmus (misalnya) mengalami kesulitan likuiditas dan mungkin akan ditutup oleh pemerintah. Padahal kenyataannya bank enigmus sama sekali tidak mengalami kesulitan keuangan apapun. Rumor itu dihembuskan oleh para pesaingnya untuk menjatuhkan reputasi bank tersebut. Lalu para nasabah yang jumlahnya banyak menjadi khawatir dengan rumor tersebut dan segera berbondong-bondong ke bank untuk menarik simpanan mereka.

Tebak, apa yang terjadi selanjutnya ?

Bank enigmus yang baik-baik saja mengalami kolaps karena penarikan dana secara besar-besaran. Bank enigmus pun dilikuidasi (atau di bail out) oleh pemerintah. Dan nasabah pun akan berkata,"Ternyata rumor tersebut benar !"

Inilah self fulfilling prophecy.

Jadi, Jika kalian memimpikan sebuah peristiwa dan turut serta dalam menjadikannya kenyataan, maka jelas itu bukan precognitive.

Pengaruh telepati
Sigmund Freud, bapa psikoanalisa pernah mempelajari hubungan antara mimpi dan pikiran bawah sadar. Ia pernah berkata "Adalah sebuah fakta yang tidak terbantahkan bahwa tidur merupakan kondisi yang sangat baik untuk telepati."

Percaya atau tidak, pernyataan ini terbukti dari banyak eksperimen. Salah satunya adalah eksperimen yang dilakukan oleh psikiater Italia bernama GC Ermacora dimana Ia berhasil memberikan pesan kepada seseorang yang sedang tertidur dan bermimpi.

Jadi, dengan kata lain, mimpi seseorang bisa dipengaruhi oleh telepati. Tentu saja, jika mimpi yang dialami berasal dari pengaruh telepati, maka mimpi tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai precognitive.

Precognitive Dream dan Tekanan Psikologi
"Para pemimpi yang mendapatkan mimpi precognitive sering mengatakan bahwa mereka merasakan perasaan yang berbeda ketika mendapatkan mimpi itu dibanding dengan mimpi biasa." Kata EW Kellog III.Ph.D.

Mereka juga akan menjadi sangat terganggu. Banyak juga yang melaporkan perasaan yang sangat nyata setelah terbangun dan bahkan mereka benar-benar percaya bahwa mimpi itu akan segera terjadi.

Pemimpi yang lain mengatakan bahwa ingatan akan mimpi itu biasanya melekat terus di dalam pikiran mereka selama bertahun-tahun. Karena itulah, banyak pemimpi precognitive yang depresi. Mereka ketakutan karena berpikir bahwa sebuah kecelakaan terjadi karena mereka memimpikannya atau memikirkannya.

Namun ketakutan ini tidak beralasan karena precognitive dream TIDAK menyebabkan sesuatu terjadi. Precognitive dream HANYA menerima informasi mengenai apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Siapa yang biasa mengalaminya ?

Hasil uji scan terhadap otak menunjukkan bahwa manisfestasi precognition berasal dari bagian otak yang mengontrol emosi. Pada individu yang memiliki emosi yang lebih terkendali, akurasi precognition juga menjadi lebih tinggi.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa individu yang kreatif menunjukkan akurasi yang lebih tinggi atas uji precognitive.

Lalu, pada artikel berjudul "Time : Exploring the Unexplained", penelitian menunjukkan bahwa mereka yang secara aktif dan teratur mengikuti disiplin mental seperti yoga dan meditasi juga memiliki tingkat akurasi precognitive yang tinggi.

Dari hasil studi ini, kita bisa menyimpulkan bahwa pemimpi precognitive jelas bukan orang gila atau orang aneh, melainkan orang yang memiliki emosi yang terkendali dan kreatif.

Mendengar ini, mungkin kalian akan menjadi sedikit bangga menjadi seorang precog dreamer.

Teori-teori precognitive
Precognitive dream adalah sebuah fenomena yang belum bisa dijelaskan oleh sains secara sempurna. Walaupun begitu, ketertarikan akan subyek ini telah bermula sejak masa Aristoteles. Pada masa yang lebih modern sekarang ini, beberapa teori sains lahir untuk menjelaskan, atau paling tidak, memberikan sedikit gambaran mengenai fenomena ini. Ini diantara teori-teori tersebut yang saya anggap cukup menarik.

Teori Frekuensi
Sebelum terjadi gempa, hewan-hewan akan berlarian keluar. Para ilmuwan percaya bahwa pergeseran lempeng bumi telah menciptakan frekuensi yang dapat ditangkap oleh otak hewan. Bumi, dalam kondisi normal memiliki frekuensi sekitar 7,83 hertz. Seseorang (atau hewan) yang selaras dengan frekuensi tersebut dapat merasakan perubahan itu, karena itu mereka berlarian keluar.

Berdasarkan argumen ini, lahirlah teori frekuensi. Menurut teori ini, selama bermimpi, pikiran bawah sadar kita mulai terbebas dari belenggu pikiran sadar dan mulai dapat mengontrol bagian otak yang mengatur intuisi dan emosi. Dan hasilnya adalah "tune in" dengan frekuensi yang lain yang menyebabkan terjadinya precognitive dream.

Masalahnya dengan teori ini adalah, apakah "waktu masa depan" memiliki frekuensinya sendiri ?

Sains tidak bisa menjawab ini.

Law of Large Numbers
Teori ini diajukan oleh seorang skeptis bernama Robert Todd Carroll, penulis buku "The Skeptic's Dictionary'. Ia mengatakannya sebagai berikut :
"Katakanlah, kemungkinannya adalah satu juta banding satu ketika seorang individu memimpikan sebuah pesawat jatuh dan keesokan harinya sebuah pesawat benar-benar jatuh. Dengan adanya 6 milyar manusia yang memiliki sekitar 250 tema mimpi yang berbeda setiap malam, maka pastilah akan ada sekitar 1,5 juta manusia dalam sehari yang memiliki mimpi yang sepertinya bersifat meramalkan."
Bagi Robert, precognitive dream hanyalah sebuah kebetulan atau sebuah probabilitas yang muncul karena hukum statistik.

Teori ini, sejalan dengan argumen lain yang menyebutkan bahwa keberhasilan precognitive dream sebenarnya terjadi karena bias memori.

Bias Memori
Artinya, Memori kita hanya akan mengingat mimpi yang menjadi kenyataan dan melupakan mimpi yang tidak menjadi kenyataan.

Ketika sebuah peristiwa terjadi, otomatis, sang pemimpi hanya mengingat mimpinya yang akurat dan ia akan berkata,"Aku sudah pernah memimpikannya !" Tapi ketika mimpi itu tidak menjadi kenyataan, ia akan segera melupakan mimpi tersebut.

Teori ini mungkin ada benarnya juga. Dalam salah satu eksperimen, subyek diminta untuk menulis mimpi mereka dalam sebuah buku catatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah memori selektif bekerja. Setelah dibandingkan dengan peristiwa nyata, mimpi yang tercatat tersebut sepertinya kehilangan akurasinya.

Kesimpulannya, kita bermimpi banyak. Banyak yang tidak akurat dan sebagian akurat. Semuanya hanyalah kebetulan semata.

Ya, saya tahu, kalian tidak puas dengan teori-teori ini. Tapi memang sains tidak bisa menjelaskan fenomena ini dengan sempurna. Mau apa lagi ?

Sekarang, setelah sedikit mengasah otak dengan beberapa teori yang rumit, kita akan masuk ke dalam pertanyaan terpentingnya, yaitu : why me ?

Mengapa precognitive dream terjadi ?
Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanya oleh para pemimpi precognitive.

Sekali lagi, para peneliti tidak memiliki jawaban yang pasti. Mereka hanya mengatakan, Mungkin mimpi itu terjadi sebagai bagian dari mekanisme pertahanan hidup manusia. Dengan suatu cara, mereka diingatkan akan bahaya yang akan datang. Banyak kesaksian yang menyebutkan adanya perubahan jadwal perjalanan tiba-tiba yang menyelamatkan seseorang dari bencana - Ingat film Final Destination.

Lalu, kalian mungkin akan berkata,"Ya, itu mimpi yang berkaitan dengan diri kita sendiri. Bagaimana dengan mimpi yang berkaitan dengan orang lain ? Bagaimana jika saya memimpikan mengenai kecelakaan yang akan dialami oleh sahabat saya ?"

Saya tidak menemukan jawaban pertanyaan ini dari para ilmuwan. Tapi jika kalian bertanya kepada saya, maka saya akan menjawab :

"Tuhan ingin memakai kalian untuk memperingatkan mereka. Jadi, angkat teleponmu dan hubungi dia !"

Precognitive Dream - Last Words
Kita bukan sebuah robot yang terdiri dari mesin-mesin mekanis. Kita adalah manusia yang terdiri dari darah, daging dan roh. Karena itu, manusia disebut juga makhluk spiritual.

Siapa yang bisa mengambil roh manusia dan menelitinya di bawah mikroskop ?

Sebagai makhluk spiritual, adalah hal yang wajar jika kita mengalami beberapa pengalaman spiritual. Jika kita bisa memahami ini dan menerimanya apa adanya, maka mungkin kita bisa menjadi lebih tenang dan bahagia.

Dalam kasus precognitive dream, saya lebih suka menganggapnya sebagai wilayah spiritual dibanding sains.

Just food for thought :)

(wikipedia, psychic-abilities.suite101.com)


Komentar Pilihan

Mr. Jonathan Archer memberikan komentar di bawah ini di tulisan saya sebelumnya mengenai deja vu. Mungkin ini cocok untuk menggambarkan contoh mengenai Precognitive dream (atau bukan dream).

Jonathan Archer said...

Hai om enigma,mau share n tanya:

Dari kecil saya (kadang) bisa ngeliat gambaran/kejadian apa yg terjadi d masa depan ttng khidupan saya/org lain,kadang lewat mimpi,kadang skedar lewat aja/flashing gk jelas.
And saat terjadinya mimpi ke kenyataan sangat cepat,butuh waktu jam-an saja,gk harian...contoh2nya:

1.tragedi Wtc 11 sept,ada kluarga jauh yg mw nek psawat itu,gk tw sebabnya apa,tw2 aku telp mreka,suruh cancel penerbangan,aku sampe maki2 mreka biar ngebatalin,akhirnya batal...5 org kluargaku selamat
.

2.tsunami di aceh,aku lg tdur,berasa aneh,mimpi kabur gk jelas,latar belakang merah darah,org2 teriak,ksakitan,dll.pas bangun,badan lemes,kasur basah ama keringet,mata sembab,mimpi skitar 1 jam an,stelah baca berita,d waktu yg sama dgn mimpi,terjadi tsunami.


3.gempa jogja:lg telp2an ama pacar,tau2 kaya sejenis flashing memory gt,tiba2 ngomong ma pacar: yank,hari ini bakal ada gempa besar,hati2 ya...2 jam kmudian,jogja bergoya
.

4.gempa padang kmarin2,mimpi tau2 kebangun dr tdur jam 1an,bingung,kosong,tau2 nelp pacar: hri ini sumatra bakal kena gempa besar,pacar cuma nenangin aja,cuma mimpi,tenang aja.tau2 sore/mlm hari dy telp,coba liat berita...padang gempa.
Banyak lg contohnya,tp kpanjangan ntar.

Kadang bingung,mimpi apa yg akan kejadian,mana yg cuma mimpi,tapi ciri2nya,kuping kiri saya berdenging 5-10 menit,migrain tiba2...


Tolong yg om enigma,kira2 dgn crita saya,saya ngalami apa?saya pernah sampe k suatu masa d mana saya down bgt tentang anomali saya,n sempet mau bunuh diri,krna berpikir org2 yg jd korban itu meninggal krn mimpi saya...mu ke psikolog,kyanya sia2,crita2 ke temen,disangka orang gila.ya udah dah,saya share kesini aja...tambahan informasi,saya muslim,tp gk bgitu taat,gak punya ilmu macem2,n gk niat mw punya sesuatu yg lebih,saya cuma mu jd manusia biasa tanpa beban mimpi2 n petunjuk2 kelas berat itu...please help!!


January 27, 2010 3:59 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

179 comments:

Anonymous said...

wih....bru td pgi sya nglamin kya gni nie....heheheh>>>>


maju teruz enigma...
ungkap smua mstry yg tak trpchkan.....he

Firman said...

mas, saya bermimpi bertemu dgan nenek saya yg sudah meniggal, dalam mimpi tsb nenek saya berpesan agar ini itu, setelah saya bangun dan turuti pesan nenek saya, saya mndapatkn sebuah keinginan yg sudah lama saya inginkan terkabul, apakah ini sebuah precognitive dream?

Anonymous said...

cpmmentnya ntar aja dah
ga pernah pertamax. hik hik

Anonymous said...

ini emang tidak bisa dijelaskan 100%dengan sains , tapi banyak sekali orang ngalamin...
Memang , hidup ini penuh misteri :P

keep posting!!^^

faminas said...

om enig, tanpa basa basi tanpa baca dulu artikelnya topik precognitive dream ini favorit saya sekali..hahaha

dhilicioustrafford said...

wah saya setuju sekali dengan Anonymous (1/2/10.8:07) ini 1000% spiritual dan tidak bisa dijelaskan dengan sains (mungkin tidak 100% bisa dijelaskan) tp kalo menurut saya precognitive dream ini adalah misteri kehidupan, dan saya setuju sama prof enigma mungkin ini mekanisme pertahanan hidup manusia
Good Posting Enigma.. ditunggu postingan berikutnya yg saya yakin makin seru hahaha!
GBU!

Tokrem said...

Ya saya jg stuju precognitive dream tdk bs djlaskan dg sains 100%, ramalan mmg brsifat spiritual. kalo Jayabaya bilang di Indonesia akan muncul Ratu Adil, siapa yg bs menelitinya scara sains, dan siapa yg bs memastikan orangnya.

Oh ya...bung Enigma ulasannya kurang lengkap deh...dalam ulasannya ko ga dceritakan pengalaman orang yg prnah mengalami precognitive dream....Siapa,apa yg diimpilan, dan peristiwa apa yg trjadi.Kelihatannya yg di atas cm definisi dan teori..

Bung Enigma Kalo indra keenam itu apa ya. apa ada penjelasan secara ilmiah?

Ok Keep Posting...

aw3ng said...

ikutan bro, diawali pertanyaan...ada g (paling g dan smoga ada) precog-dreamer yg ngetop dr Indonesia? trus klo mnurut bro En, yg ini gimana...sekian tahun lalu, bpk mimpi saya tenggelam...(mnurut "orang dulu", mungkin terlebih org jawa, mimpi yg berhubungan dengan air, tokoh-nya pasti sakit ; ini jg mirip halnya dgn mimpi monyet = mistik ; mimpi ular = masalah)...nah, ternyata ibu ngebangunin bpk...so, stl sdikit interview, bapak "berusaha keras" tidur, dan "ndilalah" nyambung, untungnya saya berhasil diangkat dari air...hasilnya? gak smp sebulan sjak mimpi, saya beneran sakit (kolaborasi maag akut+hepar)...apa ini jg bisa dibilang precog-dream??

keep outstanding bro En...

enigma said...

@Tokrem : saya sudah tambahkan komentar pilihan yang bisa menjadi contoh precog.Indra keenam sama saja bro. mirip2 dengan precog.

@Aw3eng : saya tidak tahu apakah ada precog dreamer yang ngetop di Ind.Kalau mimpi yang dialami bpk kamu, saya rasa tidak memenuhi unsur precog dreamer.

Anonymous said...

saya penggemar baru anda dan saya sdah bca hampir smua portingan dri om/tante enigma smua yg d bhs ad pemecahanx, saya mw request ni ap bnar fosil hewan raksasa di Iran itu hoax apa asli?
jika bnar apa hewan tersebut trmasuk salah satu dinosaurus jenis baru??

mr.shounen said...

Jah! saya si lbh setuju dgn teori 1000+ kemungkinan.ada 1000+ mcm kejadian yg terjadi dibumi tiap detiknya. N menurut saya ada 1000+ kejadian yg dimimpikan oleh orang2. Mksd saya ada org memimpikan akan ada sebuah kebakaran!.. Kan ada bnyk kebakaran yg terjadi di seluruh dunia tiap harinya!! Jade~

Sony said...

"Terkadang saya mimpi pipis di WC.. Eh.. Tak taunya malah pipis beneran. Ngompol deh jadinya.. Kwokwokwokwokwok.."

Yudh said...

tanya bro..klo harta karun soekarno yang katanya didapat setelah mimpi itu gimana?

Sebastian J said...

mr enigma, barusan saya mimpi kalau saya sedang marah dan menghentakan meja sampai2 saya nglindur dan memukul tembok tanpa sadar. apa itu termasuk precognitive dream ?
dan yang anehnya lagi, pada saya tidur di ruang komputer saya, saya selalu terbangun di kamar saya. bagaimana mr.enigma ? aneh kan ?

Alta said...

Hmm... Sudah bertahuntahun sayah kaga bermimpi... Jd kangen... Apalagi klo bs ngalamin precognitive dream... Hmm...

—[Adnane]— said...

Benar-benar lengkap dan mendalam....

Tapi kalau pengalaman saya bermimimpi, dari sekian banyak mimpi itu, hanya sedikit atau bahkan tidak ada mimpi yang di ingat ketika bangun...

Tapi bagaimana bisa Precognitive Dream bisa diingat oleh yang mengalaminya, dan menyakini kalau mimpi itu akan terjadi, bahkan bisa sampai depresi...

riadi muhammad said...

mmm bang,, saya pernah mimpi,, saya sama temen sekolah saya pergi ke hutan. tiba tiba kami ketemu monster raksasa menyeramkan. ceritanya dia kelaparan, lalu nyuruh kami nyariin buah buahan di hutan buat dia makan.
setelah banyak buah buahan terkumpul kami pun memberikan nya pada raksasa itu. sebagai imbalan nya kami dikasih sebuah piring emas yang di dalam nya ada daun emas. besok nya saya ke rumah kakek saya dan dikasih kakek saya 50 ribu. trus saya juga ke rumah om saya dan dikasih om saya 5 ribu.
saya jadi teringat mimpi saya. mungkin piring emas itu berharga 50 ribu dan daun emas nya berharga 5 ribu ehehee....

penghuni60 said...

wah, kalo ini sih, pengalaman tmn sy tuh bang, dia bnr2 kyk pnya indera keenam..,
dia bs melihat masa dpn,katanya sih ms depan itu akan lbh kacau dari skrg,
dia bilang sperti itu pada tahun 2000.
dan ternyata bnr jg apa yg dia bilang, bs buktiin sndiri kan?

Anonymous said...

Sepertinya topik ini memang masuk ke wilayah yang 'sains tidak berdaya mengungkapnya' ... hehehe...^^v
Saya rasa sains ibarat lampu jalan yang bersinar, menerangi daerah disekitarnya, tetapi daerah lainnya tetap gelap. Sains dibangun dari PENGINDERAAN, dipelajari, dibuat hipotesis/teori. Sifatnya tambal-sulam. Jika ada teori yang lebih baik, bisa jadi teori sebelumnya dibuang.
Sedangkan di dunia ini banyak kejadian yang tergolong wilayah 'gaib' atau spiritual, yang hanya Tuhan yg mengetahui hakikatnya.. So, sains hanya mampu memahami sekelumit hakikat dari lautan segala sesuatu di dunia ini. (to saintologist: sains bukanlah segalanya, dia hanya alat utk memahami sebagian kecil misteri kehidupan, for better life...)
(aduh, jd serius ya.. wakwkwkwkwk ^0^)

Oya Bang Enigma, apakah sahabat kita di komentar pilihan itu dijadikan sbg contoh precog dreamer?
Tapi dia mendapat 'flashing' tidak hanya dlm mimpi, tetapi juga dalam dunia nyata, seperti pada saat dia telpon2an, dia mendapat 'flashing' bahwa Jogja akan gempa.
Mungkinkah ini bentuk 'flashing' dalam kategori baru? tidak hanya dalam mimpi, tetapi juga ketika terjaga? atau mungkin ini yg disebut 'indra ke-enam' yang hanya dimiliki orang2 tertentu?

Oya, mengenai 'Bias Memori' si pembuat teori seolah mengatakan dengan mimpi yang begitu banyak yg telah seseorang mimpikan, maka jika suatu saat ADA YANG COCOK dgn 'database' mimpinya, maka orang itu barulah berkata 'wah, ini sudah pernah kejadian dlm mimpiku'.. Padahal setau saya, kita tidak punya apa yg namanya 'database' mimpi, karena kalau tidak salah setiap malamnya kita pasti bermimpi pada saat fase REM (Rapid Eye Movement), hal ini karena otak kita aktif bekerja 'menyusun' memori tentang peristiwa pada siang harinya. TAPI mimpi (atau mimpi2) itu kebanyakan TIDAK AKAN TERINGAT ketika kita bangun, dan tidak pula dapat di-recall kembali walaupun dihipnotis. Tetapi ada juga mimpi yg dapat kita ingat ketika bangun, jika -kalau tidak salah- mimpi itu mengaktifkan sistem limbik otak (pusat emosi) pada saat itu.
Jika yang dimaksud adalah adalah adanya KECOCOKAN kejadian dgn 'kumpulan mimpi2 yg teringat saat bangun' , mgkn lain ceritanya. Masalahnya, detail mimpi akan menjadi kabur dan bahkan terlupa begitu sj jika kejadian terjadi bertahun2 kmdn.
Lagi pula, seperti pengalaman Jonathan Archer, jarak antara mimpi dan kejadian hanya dalam hitungan jam, dan berlangsung lebih dari satu kali atau mgkn sering malah.

Wah, kabut misteri...... ^^

Anonymous said...

wah,saya baru tau kalo ada blog kayak gini, kemarin abis jalan2 di gugel trus ketemu, isi blog nya mantap2 nih!
waktu liat kategori "situs dan tempat misterius" saya jadi teringat ama sebuah acara gak tau tuh apa nama acaranya dah lama banget nontonnya.
acaranya ngebahas tentang misteri juga, ada satu topik yg paling saya inget tuh, tentang 2 orang yg jalan2 di hutan, trus ngeliat ada rumah ala victoria gitu, trus esok harinya dia jalan2 lagi ke tempat yg sama, eh rumahnya dah ilang {lenyap gak tau kemana}, yang ada cuma pepohonan.
kapan2 kalo ada kesempatan bisa tolong bantuin mecahin tuh misteri gak mas, abis penasaran nih... hehehehe.

topazo said...

Boss Enigma, Ada satu paragraf boss yang saya nyangkut dan mungkin bisa dijelasin lebih lanjut di artikel lain... kata boss, kemungkinan terakhir precog dream adalah TELEPATI, itupun kata Freud... Berarti Freud percaya telepati? apakah telepati ada? apakah ada penjelasan ilmiahnya?

Anonymous said...

Saya mengalami persis yang anda alami, mungkin kita bisa sharing email saya : agungsetiawan11@gmail.com

Thanks

amanda said...

makasih ya bang, precognition dream akhirnya diposting jg.. emg bener sih precog susah dijelaskan dgn sains coz manusia gak bisa memahami semua rahasia Ilahi.

bwt topazo, telepati kan bukan unsur precog dream..

Aditya's Blogsphere said...

he/she can seen the future...but she/he not a witches.......she is preacog.....and i think every body have a sense about it...every body's can sense a preacog in their mind.....nice info bang...aq suka dengan spiritualisme seprti ini.....tepatnya supranatural...tolong di liput juga tentang phyrokinesis,telekinesis dan psycokinesis....karena itu semua benar-benar ada..oh ya...btw....tau ndak bang.....aq make komputer yang tak pake buat niggal komentar pertama di blog enigma.....ahahaha....jd nostalgia maneh nih....

Aditya's Blogsphere said...

Menambahkan sedikit tentang telepati @ topazo......hal itu benar-benar ada untuk penjelasan ilmiahnya saya pasrahkan ke bang enigma...tapi kurang lebih....telepaty mengandalkan sistem gelombang elektromagnetik yang di pancarkan oleh otak...semakin tinggi tingkat penguasaan emosi dan kegeniusan otak seseorang.....maka semakin kuat ia mampu menguasai telepaty....dan kebanyakan telepati di miliki oleh pengguna sixth sense......prinsip dari telepaty itu sama dengan penggunaan pesawat handphone (bila mengarah pada alat) karena handphone menangkap gelombang signal dalam frekwensi tertentu dan mengubahnya menjadi objek suara dengan frekwensi yang lebih rendah, handphone juga cukup menggambarkan tentang occultisme atau terawangan dalam bahasa jawa.....karena handphone mampu mengirimkan gambar secara 3G, dan prinsipnya juga sama yaitu mematerialisasi frekwensi tertentu ke dalam bentuk yang mampu di baca oleh sistem otak manusia khususnya mata maupun imajinasi.....dalam hal ini tentu saja imajinasi nyata bukan sekedar khayalan.....oke thanks....selengkapnya tunggu bang enigma ajalah...

LSH said...

Dear enigma,
This is a cool thread....i already read most of your posts and quite satisfied and opened my points of view (although some posts are still mysteries)...
Just curious, can you maybe post / help me explain about "butterfly effect"?
or "telekinesis"? it's quite a mystery right when you can somehow move objects whenever you want it to?? can it be learned??
or maybe about "human auras"......Thnks before.

giga_neku said...

hwah.hwah.hwah..
keren sekali..
tapi saya belum pernah mengalami precognitive nih..
apa mungkin saya termasuk orang2 yang tidak bisa mengendalikan emosi ya??ha.ha.
keep posting bro..
thanks..

Anonymous said...

Boro2 precognitive dream.. Mimpi sndiri aj sering lupa.. Hehe.. Oya mas, blog enigma skrng kalo dibuka lewat opera mini agak berat.. Knpa y?

link:www.thenoock.com/2010/01/astagacom-lifestyle-on-net.html said...

hampir mirp-mirp Deja Vu ya.. oh iya bang enigma, numpang nitip link ya,,

http://www.thenoock.com/2010/01/astagacom-lifestyle-on-net.html

ADy "EditoRev" said...

Mas enigma,terus gimana dengan fenomena "Anak Indigo"..??Tolong d post mas...!!Q penasaran... ^_^

Anonymous said...

Mr. Enigma..ada sedikit kesamaan sy dengan Jonathan Archer..bedanya saya suka menghayal tentang kehidupan saya/org lain..yg bikin aneh khayalan saya itu benar2 terjadi g 100% sih yaa sekitar 75% tp dgn alur yg sama..waktu kejadian berkisar 1/2 thn kemudian sampai 1 tahunan,,terkadang apa yg sy khayalkan hari ini terjadi berapa jam kemudian atau bsok harinya..apa itu namanya precognitive dream ya..mungkin Mr.Enigma tau..
Terima kasih sdh menampung sharing sy..

-indah-

UKIM ENUSTAH (SIAPA HAYO???) said...

dah lama disini gak ada CROP CIRLE, kangen deh rasanya.....

zzz said...

ngomong2 ttng mimpi, saya jadi inget saya pernah mimpi aneh. (mungkin lebih tepatnya tidur yang aneh).saya bingung harus gmn ceritainnya,tapi saya akan berusaha...he...hee..he...

1.waktu saya masih kecil saya bermimpi.tapi dalam mimpi itu saya sadar bahwa saya sedang bermimpi.bahkan saya pernah memberitahukan pd temen dalam mimpi saya itu,bahwa kami sebenarnya sedang dalam mimpi.(saya yakin bahwa itu mimpi dan saya bukan hanya 1-2 kali mangalaminya)


2.baru2 ini saya mengalami tidur yang aneh.
suatu ketika saya tdr dan tiba-tiba saya merasa sesak kemudian saya bisa melihat apa yang saya lihat dlm dunia nyata dari posisi sya tidur (misalnya dlm mimpi itu sy mlhat lemari ada d sebelah sy,dan memang lemari itu dri awal sudah berada d smpng sy).dari keadaan sesak itu saya berusaha menggerakan kaki dan tngan saya,tapi saya tdk bisa bergerak dan kemudian tiba2 saya tdr lagi (tiba2 manjadi gelap dan saya tidak ingat apa2)dan akhirnya saya terbangun.
dan baru saja kemarin temen saya mengalami mimpi yng sama.katanya setelah dia bc blog ini yg temanya UFO dan ber harap bertemu dgn mereka.tapi bedanya dia ngedenger suara mesin dan seperti ada d jln raya.

saya berharap bung enigma mau menjelaskannya,saya tau bung enigma bkn peramal tapi saya hanya minta pendapat anda
terima kasih

(sebenarnya ada 2 mimpi yang aneh lagi yang sya ingat ketika baca artikel ini,tapi saya lupa ketika sedang menulis comment diatas,tapi nanti kalo saya ingat saya akan memberi tahu anda)

PS: mungkin saya tidak akan pernah ingat lagi 2 mimpi itu karena sy tdk pernah memikirkan mimpi yang pernah saya alami.kedua mimpi itu (setidaknya sebelumnya 4) saya ingat tiba2 ketika sedang membaca artikel ini....

NENOL said...

MAS ENIGMA,SY SERING SEKALI NGALAMIN NGIMPI KAYAK GINI,tiap hari sy bermimpi,dan sebagian merupakan pemberitahuan apa yg akan sy alami keesokan harinya,kadang mumet juga dgn mimpi2 itu,tapi akhirnya sy bisa menikmatinya,toh sy juga tak bisa mengatur supaya sy tak bermimpi,tapi tiap sy cerita ke teman2 bahwa sy setiap hari bermimpi,mereka tidak percaya,sebab mrk tdk setiap hari bermimpi,termasuk dejavu,sy juga sering mengalaminya,saat mengalami dejavu,ada perasaan aneh,seperti berada di tempat yg tidak semstinya,sy nggak bisa njelasinnya..,terimakasih atas ulasan2 enigma,sy pengagum anda,sayang sekali anda sepertinya tidak mau di kenal,atau jangan2 anda bukan orang sembarangan,menilik tulisan dan tata bahasa yg cerdas namun mudah di cerna ...

Anonymous said...

bung enigma ada pertanyaan nih. apa yg bikin langit bisa berwarna kuning? kalo merah saya tau.
kemarin di Bali sekitar jam 6an langit berubah sangat kuning dan terang. padahal sebelumnya udah gelap. terus ada petir bertubi2 sambung-menyambung. petir itu berwarna ungu. jadi kayak mau kiamat gitu.
yang bikin merinding itu ya warnanya yang sangat kuning. nggak seperti sunset ato sunrise. tp benar2 warna kuning bercahaya. seperti langit, pohon, dan atap2 rumah di cat ulang warna kuning. teman2 saya d daerah lain(sekitar bali) juga mengalami, tapi ada yg lebih ringan, ga separah itu kuningnya.
walau saya pake profil anonim, mohon di jawab ya.....

Anonymous said...

Mas diatas da ngomong kalo precognitive bisa dites make telepati, mank ada ya alat yang bisa buat ngirim telepati? merknya apa n dijual dimana?

enigma said...

@Yudh : itu bukan precognitive dream.

@Sebastian J : itu juga bukan. Soal kenapa kamu bisa pindah, haha, itu misterinya. Apakah kamu tidur sambil berjalan atau seseorang memindahkan kamu.

@Topazo : freud memang percaya telepati.

enigma said...

@LSH : Butterfly effect sounds good. boleh ntar saya tulis.

@Indah : itu sepertinya bukan precognitive dream. Tapi saya tidak bisa menjelaskannya sekarang.

enigma said...

@zzz :
Point no.1 memang sering terjadi kepada siapa saja. Itu mungkin lucid dream. Normal sebenarnya.

Point no.2 : itu fenomena irep-irep. Juga biasa dialami oleh sebagian besar orang lain.

enigma said...

@Anonymous yg nanya soal langit Bali : Saya tidak bisa menjelaskannya. Mungkin lebih baik kalau ada fotonya.

@Anonymous yg nanya soal alat telepati : Telepati yang saya singgung di atas dilakukannya di dalam laboratorium. Sang pengirim telepati dan penerima sama-sama harus memakai alat itu. Tidak dijual dimana-mana.

giga_neku said...

bang enigma tolong donk bahas tentang tembok besi ya'juj dan ma'juj yang mengungkap misteri Dzulkarnain?? yang kata nya itu tembok bsar china..
dan katanya Dzulkarnain itu memiliki tanduk kecil yang tumbuh di kepalanya??

bisa tolong selidiki kebenarannya??

thanks, nuhun, Arigatou, terimakasih

enigma said...

Anonymous said...

"Oya mas, blog enigma skrng kalo dibuka lewat opera mini agak berat.. Knpa y?"

Berat atau tidaknya itu sangat tergantung dengan panjang atau pendeknya postingan, jumlah komentar dan jumlah gambar dalam postingan. Satu lagi, bisa juga jaringan kamu lagi terganggu (hehe, semuakemungkinan harus dipikirkan kan ?)

Tapi saya akan berusaha mempermaknya lagi supaya lebih ringan.

alvi said...

saya selama ini hanya menganggap mimpi sbg bunga tidur saja, hanya lewat bgt saja tidak pernah saya pikirkan. memang ada beberapa peristiwa yg terjadi sama dgn mimpi saya. misalnya ketika suatu saat saya bermimpi ttg nenek saya mengunjungi tanpa memberitahu wkt paginya saya betul2 mendapati nenek saya datang tanpa memberitahu. tapi itu semua saya anggap sebagai kemiripan saja, karena saya tidak pernah ambil pusing dgn alam bawah sadar. namun saya pernah hampiur tidak bisa membedakan antara mimpi dgn kenyataan/alam sadar saya ketika tidur, sehingga saya berpikir bahwa saat itu benar2 ada dalam peristiwa itu..apakah itu bisa dikategorikan sbg tanda precognitive?

haryadi said...

Akhirnya diulas juga,..hhhmmmmmm.....
sains umpama lampu jalan,msh byk sisi yg gelap,
..sejam?sehari?sebulan?wow..pendek sekali...
kurang lebih 22tahun!ntu waktu yg gw hitung mundur ketika mimpi masa kecil tampil didepan mata,padahal diantara masa itu tidak sedikitpun terpikirkan,bahkan bukan cita2 gw untuk merealisasikan mimpi dimasa kecil,gw udah tulis di komentar artikel yang terkait di enigma...bagaimana gw melihat sebuah speed boat patroli melaju disebuah pulau kecil,yang kemudian beberapa tahun kemudian (liburan esde..thn'88) gw nemuin lokasi yang sama persis dg mimpi gw..jaraknya kurang lebih 168mil dri rumah gw,tapi tanpa Speed boat patroli melintas..baru setelah gw iseng2 ikutan tes CPNS di Ditjenhubla th 2007(gw masih Chief Officer dikapal saat itu),..dan gw ketrima,dan ditempatkan di pulau itu sbg Nakhoda (Speed Boat Patroli)padahal dari 5 lokasi penempatan CPNS ,pulau itu tidak termasuk didalamnya....,tahun itu gw sadar bahwa orang yang melaju didalam boat patroli adalah gw sendiri!gw ketawa,tersenyum dan mengucap subhanallah....msh ada dua mimpi lagi yang belum tampil,oh ya..Depresi?dihantui mimpi?bahkan harus pindah sekolah 3x dalam 3 tahun...thn 1996 gw dinyatakan gila,..selalu menangis,ketakutan dan melihat yg tidak dilihat orang,..tapi masa2 itu tidak pernah kembali lagi sejak gw taat beribadah..smwnya kembali bagaimana kita menyingkapi,.mau hanyut atau tidak...salam,pulau sambu.batam

ino-C said...

ada sebuah mimpi yang sebenarnya ingin saya hapus dalam memory saya, tapi menurut saya cukup bagus sebagai bahan referensi mengenai mimpi precog.

Dulu sekali(lebih dari 10 tahun) saya terbangun karena sebuah mimpi yang berkesan sangat dalam. Anehnya meski saya sudah terbangun, kesan mimpi tersebut masih begitu kuat, bahkan saya mampu untuk menuliskan kembali secara detail mimpi saya. biasanya saya tidak bisa mengingat mimpi dengan baik. karena begitu terkesannya, saya sempat menuliskan di dalam buku saya. cerita singkatnya seperti ini: saya berjalan menyeberangi sebuah jembatan, ketika ditengah jembatan, saya berpapasan dengan perempuan yang tampak begitu familiar dengan saya, tapi saya tidak mengenalnya. Begitu familiarnya hingga saya terus memandangnya hingga tahu-tahu saya terjatuh dari jembatan tsb. ketika dalam proses jatuh, saya masih sempat sekali lagi menatap perempuan tsb. Anehnya perempuan tersebut telah berganti menjadi monyet yang sedang nongkrong di pagar jembatan. Saya merasa saya terjatuh sangat dalam...dalam sekali. kemudian blank...dan kemudian mimpi tersebut muncul lagi, dimana saya sedang memanjat dengan susah payah dari dasar dimana saya jatuh.

saya tidak memahami apa arti mimpi tsb. bertahun berlalu, saya sudah lupa sama sekali dengan mimpi tersebut. Hingga pada suatu saat, ketika karir saya menuju sebuah perkembangan yang baik, saya bermasalah dengan salah seorang pegawai perempuan saya yang akhirnya membawa saya ke sebuah kehancuran karir saya. perempuan itu memang begitu familiar dengan saya hingga saya melupakan segalanya....

dan itu terjadi pada tahun 2004, tahun monyet kayu....

seharusnya, saya belajar memahami arti sebuah peringatan yang tersimbolkan dalam sebuah mimpi.

tapi terlambat hehe..

riadi muhammad said...

baca komen @haryadi bikin merinding,,

bang enigma,, saya rikues tentang teleportasi donk,, ehehee
atau dalam ruang lingkup lebih sempit --> Gil Perez,, kasus teleportasi paling fenomenal (katanya siih,,)

tengkyu bang enigma.. muach muachh,,

Anonymous said...

mas enigma boleh minta alamat emailnya ga?
saya mau cerita pengalaman tentang kebetulan ma precognitive dream.

Anonymous said...

rizal achmad said ...

bang enigma, mw nanya sedikit hehe ..
banyak pakar yg mengatakan bahwa sugesti mampu membuat orang menjadi tepat seperti apa yang diinginkannya ..
proses sugesti merupakan proses pendoktrinan atau hegemoni yg melebihi batas yg diserap oleh otak hingga otak hanya menampilkan apa yg di sugestikan dan sedikit persen untuk hal yg lain di luar sugesti tsb ..
apabila sugesti tsb sukses, maka seluruh indera tubuh akan melakukan apa yg diperintahkan oleh otak berdasarkan isi dari sugesti, dan banyak yg masuk kedalam alam bawah sadar manusia ..
rata2 manusia beraktivitas dengan kesadaran yg sadar, tetapi banyak juga yg dengan kemampuan melakukan olah alam bawah sadar tsb bnyk manusia yg melakukan hal diluar nalar ..

klo saya korelasikan logika tsb dgn precognitive dream kelihatannya ada benang merah.. maksudnya, ada kemungkinan sugesti yg berlebihan yg tertampung di otak mengenai suatu hal menimbulkan dampak yg membuat alam bawah sadar hanya meng-eksplore apa yg di sugestikan dan dikirim kembali ke otak .. sehingga melahirkan precognitive dream

contoh : comment bang hariadi yg saya tangkap lebih kepada cita2 beliau yg "begitu besar" sehingga menjadi sugesti dan tertanam didalam alam bawah sadar sampai terbawa mimpi untuk kemudian diwujudkan menjadi kenyataan ..

btw,saya bener2 minta maaf bang klo comment2 saya selalu ngawur karena saya bingung ingin memakai bahasa apa lagi hehe

wassalam ..

enigma said...

Tidak ngawur. Malah bagus sekali commentnya. Memang betul, sugesti seperti itu juga sering disarankan sama motivator2. Tapi sugesti saya rasa tidak ada hubungan dengan precog krn ada faktor seld fulfilling prophecy. Tmsk kisah bang Hariyadi.

haryadi said...

Rizal diatas

Thanks sebelumnya,..tapi cita2 saya adalah "Pelaut" sebab keluarga saya semuanya Pelaut,(tidak ada satupun PNS apalagi Coast Guard)..Pegawai Negeri BUKAN Cita Cita saya,..dan saya sedang On Top Position menggapai cita2 saya saat masih berlayar,namun secara iseng(pengaruh temen2) thn 2007 ikutan masukin lamaran CPNS, bahkan lokasi penempatan tugas juga BUKAN dipulau itu yang saya pilih, pulau itu tidak tercantum samasekali,juga Posisi saat melamar saya ambil SAR PENYELAM namun saya justeru dapat Nakhoda!...kan udah saya tulis diatas..."itu kebetulan aja"...gak ada yang istimewa, kan boleh sekedar berbagi disini.thnks Gan..Just Accidential Luck maybe
Salam

Novenz said...

bang klo peramal sprti mama lauren tu apakah ramalannya di dapat dari precognitive dream?? truz apa lagi tu namanya lucid dream?? maklum agag awam.. wkwkwkwk

ejax said...

mas saya punya cerita.gatau termasuk precognitive dreams gatau bukan,silahkan anda mengomentari

waktu hari selasa kemarin,malamnya saya bermimpi
di mimpi saya,saya pergi ke abang baso,
lalu abang baso itu bilang ke saya begini
"sayang yah de, kenapa samm* keri*patih harus ditangkap polisi gara gara narkoba"
di mimpi saya itu,jelas saya tidak mengerti apa arti ucapan abang baso itu..

sekitar jam 7.10 pagi hari rabu saya bangun dan langsung nonton tv,ga sengaja saya memilih channel tv one,lalu presenter tv one melihatkan sebuah koran hari ini di jakarta yang inti halaman pertamanya menuliskan "SAMM* KERI* PATIH DITANGKAP POLISI" saya pun sempat terheran heran sejenak,dan saya ingat tentang precognitive dreams yang saya baca di enigma ini waktu hari selasa sekitar jam 9 malam

yah itu adalah cerita yg membuat saya terheran heran,
trima kasih

Anonymous said...

precognitive dream apakah sama dengan firasat?

Hal ini pernah beberapa kali dialami kakak saya. Terutama bila menyangkut akan terjadinya musibah.

1. Waktu masih di bangku sekolah, dia dan temannya pergi keluar kota dengan sepeda motor. Kemudian tiba2 dia merasa gelisah dan tidak tenang, merasa ada sesuatu yang tidak enak. Tak lama kemudian temannya mengalami kecelakaan motor. Padahal sebelumnya dia sudah mengingatkan mereka untuk berhati2. untungnya tidak ada yg meninggal.

2. Pada malam meninggalnya ayah kami. Kebetulan waktu itu ayah sedang berada di Jakarta. Kita berada di Kalimantan. Jauh sebelum menerima kabar dari paman. Tiba2 kakakku merasa tidak enak. dia mengatakan kepada ibu sepertinya akan terjadi sesuatu. Tidak lama kemudian paman datang membawa kabar ayah kami meninggal dunia malam itu.

3. Beberapa hari sebelum kejadian. kakakku selalu merasa gelisah. tidak tenang. seakan2 ada sesuatu perasaan ganjil yg sulit untuk dijelaskan. Dia bercerita kepada adik kami yg kecil bahwa dia merasa akan terjadi sesuatu dengan tetangga kami. Tetangga kami itu pasangan orang tua. Memang kondisi fisiknya juga sudah tidak terlalu sehat, terutama untuk suaminya.
Selang dua hari kemudian, kami menerima kabar bahwa sang suami meninggal dunia.
Kakakku tidak terkejut, setelah kejadian, "feeling aneh" nya ikut hilang.

Tiga kejadian di atas hanya beberapa kejadian yang saja. Ada beberapa kejadian yg tidak saya ceritakan di sini.

Akhirnya kakakku sekarang belajar mengabaikan perasaan ganjil yg tiba2 muncul jika merasa akan terjadi sesuatu, Hal ini dia lakukan karena dia merasa tidak nyaman sehingga dia berusaha mengabaikannya.

trims om

Anonymous said...

aku kayaknya gak pernah mimpi kayak gitu.,

cuma ada beberapa mimpi yang masih keinget2 sampe sekarang,.

1. waktu kelas 3 SD aku pernah mimpi liat jamur besar di atas awan, dan besoknya waktu di perpustakaan sekolah aku liat gambar jamur yang persis bgt kayak di mimpiku di salah satu buku ensiklopedia

2. waktu kuliah semester2 awal kuliah aku pernah mimpi disuruh ayah nganterin surat ke rumah nenekku di semarang, harus hari itu juga soalnya penting bgt,.
eh besoknya aku dikabarin kalo nenek meninggal..

wow.

(keliatannya biasa bgt yak? hahaha)

Anonymous said...

@bro hariadi, ceritanya mirip banget sama adegan film HarPot yg pas ada adegan dementor ama harry di danau yg beku (lupa harpot keberapa), harry ngira org yg ngusir dementor itu ayahnya padahal itu dia, pas ending dia baru tau kalo itu dia

@bung enigma, pernah baca buku the secret? Menurut saya ini bukti dari "law of attraction", rata2 precog dream ttg hal yg unusual dalam hidup kita kan ,cth:ada yg mimpiin wtc ambruk, nah didunia ini yg dihuni org yg jumlahnya miliaran, pasti ada sejumlah orang yg bermimpi wtc ambruk dalam malam yg sama. Orang2 ini terus mikirin ttg wtc ambruk itu, sehingga mereka secara gak langsung udah menarik kejadian itu ke kehidupan ini. Bisa dibilang pikiran kita kan magnet untuk barang/pengalaman yg akan terjadi, kita kalau terus memikirkan sesuatu, pasti sesuatu itu akan terjadi. Jadi precog dream=law of attraction

maaf bung komennya berantakan
masi sma si, jadi tulisannya ya berantakan :D

tinker said...

mmm..saya juga sering banget ngalamin mimpi menjadi kenyataan.
tapi wujud nya berupa kejadian seingkat.
misal saya bermimpi sedang makan bersama si A, dan berbicara mengenai rencana berlibur di restaurant barat meja no 10.
Dalam bbrp waktu mendatang, hal itu akan terjadi persis 100%. Baik lokasi, lawan bicara, pose atau gaya atau perilaku ketika bicara, bahkan kata per kata.
Dulu saya mengira ini semacam deja vu, karena ketika kejadian itu terjadi dalam kenyatan, rasa nya spt penah mengalami.
Tapi akhir2 ini makin sering saya msh sgt yakin bermimpi itu pada hari apa tanggal berapa.
Bahkan saya pernah bermimpi hang out bersama orang yg ga dikenal, dan ternyata benar ada nya saya bertemu orang itu dan menjadi kenalan saya.

Menurut enigma, ini termasuk penyebab percognitive yg mana? teori yg mana??

enigma said...

@anonymous : alamat email saya ada di menu contact me di bawah header.

@Novenz : kalo mama lauren, saya tidak tahu dapat darimana.

@ejax : ya, sepertinya itu precog dream

@Anonymous : firasat beda dengan precog dream. Kalo precog dream dapatnya waktu mimpi. bukan dalam kondisi sadar.

@tinker : saya tidak yakin itu masuk kategori precog dream.

Jafan said...

wah hebat y ada orang2 yg punya kmampuan telepati.... itu bakat alam mungkin y, terima aja kelebihan dari tuhan.. mungkin suatu hari bisa ngebantu orang lain...

riadi muhammad said...

oya bang,, apa mungkin deja vu itu juga sebenernya precog dream yang tak terdeteksi oleh ingatan? maksud saya gini,, ada orang mimpi tapi mimpinya biasa aja jadi hilang dari ingatan. trus di kemudian hari mimpi itu jadi kenyataan dan orang itu merasa "sepertinya ini sudah pernah terjadi entah kapan..."

Anonymous said...

i realy like this post..

bkn hanya memberi informasi kepada yang belum mengetahuinya..
tapi jg memberi meluruskan pemahaman dan cahaya hati kepada yang mengalaminya.. kyk bro Jonathan Archer..

you are a kind man bro enigma..^^

-seravina-

Anonymous said...

weewww...keren postnya.

salam kenal enigma, ini komen saya yang pertama.
saya juga mengalami hal hal aneh berhubungan dengan seputar mimpi. tetapi, mimpi saya agak berbeda..saya tidak memimpikan hal yang akan berlangsung...saya memimpikan sesuatu yang sedang berlangsung, contohnya suatu hari teman saya kecelakaan, tempat dimana dia kecelakaan dan tempat saya tinggal berbeda kota...dalam mimpi saya, dia datang kepada saya dan mengajak saya kesuatu tempat dgan menyebutkan bebrapa angka yang ketika bangun angka itu sangat melekat dalam benak saya. ketika bermimpi saya sadar bahwa saya sedang bermimpi, tetapi segala hal yang saya sentuh dengan tangan saya dalam mimpi sangat nyata sekali. selanjutnya saya tahu itu nomer apa, itu nomer kamar disebuah rumah sakit tempat ia dirawat.
apa menurut enigma itu adalah telepati yang datang lewat mimpi?
beberapa mimpi yang sama kadang terjadi walau tidak sering. hal ini yang buat saya penasaran dari dulu.

-adindaranisatiti-

enigma said...

@Adindaranisatiti : mungkin saja itu telepati walaupun saya rasa sains belum bisa menjelaskan dengan pasti bagaimana seseorang bisa menyampaikan telepati ke mimpi org lain tanpa bantuan mesin.
Yang kamu alami itu bukan precog dream karena kamu tidak mendapatkan informasi mengenai peristiwa yang belum terjadi di masa depan. Tapi kamu mendapatkan informasi tambahan yang sdh terjadi. Bisa jadi itu yang kamu alami adalah "remote viewing".

Anonymous said...

yup precognitive dream, mimpi yg seperti nyata, dulu pernah sekarang dah nggak lagi, tuk firman mungkin diganggu jin.
peristiwa aneh yg pernah saya alami.
1. sewaktu tidur dikamar yg gelap gulita di siang hari. tubuh kaya terbang kemana-mana nembus tembok, lantai dll. dulu pernah beberapa kali sekarang sudah nggak. pertama agak takut, lalu jadi enjoy.
2. pernah mencium bau bunga melati dijalan pas mau pulang ke rumah saat hujan. cuman sesaat saja. tapi baunya tajam kayak didepan hidung, sampai rumah ada orang meninggal.
cuman sekali saja.

just sharing believe or not.
Agus

Natanael said...

Kalo precognitive dream sih aku jg sering ngalamin. Tapi pas lg mimpi itu aku sperti ngeliat diriku sendiri, trus aku jg gak bsa dliat ama org2 dlm mimpiku, bsa dtembus, dll... Jd kayak setan gitu... Kalo menurut om enigma gmana? Aku mau tau pendapat om. Boleh kan?

Jonathan Archer said...

Pertama-tama,makasih banyak om enigma,atas penjelasan dan pencerahannya,"kena" banget di gw....
Mau comment dan bertanya lg ah,jgn bosan yaaa....
1.Saya mencoba ambil kesimpulan,pertama2 yg cukup sesuai dgn kejadian saya,yg masalah frekwensi/gelombang bumi,tp itu gk menjawab tentang kejadian pesawat terbang,so saya masih bingung...
2.Trus yang tentang flashing,itu gk terjadi waktu mimpi,tp dalam keadaan sadar,beserta denging di telinga dan migrain,kalo mimpi itu disebut precognitive dream,lha tp kalo msh sadar di sebut apa?
3.om enigma,request pembahasan tentang quantum theory dong,menyeramkan bgt tuh,secara sains,itu adalah penjelasan tentang takdir.
Sbagai contoh,sebelum kehilangan motor di kost,saya bingung mau parkir dimana,depan atau belakang beserta perasaan yg amat sangat tidak nyaman (bingung tidak tahu sebab).akhirnya parkir di depan,bangun tidur siang,motor hilang.saat itu saya langsung tau kalo ternyata waktu keadaan bingung,teori quantum sedang berlaku,yaitu:pemilihan atas nasib motor.jika saat itu saya parkir motor terlambat/lebih cepat karena suatu hal,sudah pasti kejadian akhirnya akan berbeda pula (pengubahan timeline waktu).
Orang2 bilang sih itu firasat/insting,tp terlalu kuno n simple,mungkin melalui penjelasan sains yg ribet bisa jadi bisa lebih diterima.saya pernah baca bukunya,quantum theory,tp baru setengah,soalnya masa pinjam udah habis...hehe.

sekali lg,makasih atas penjelasannya tentang precognitive dream,it help me a lot!! This is a very nice five-star blog!! Keep up your good job,mr.enigma!!

tambahan:buat yg susah pake opera mini,bisa dicoba pake bolt web browser,lumayan gampang konek,tp susah mw isi comment.penyebabnya adalah server opera mini uda overload,maklum uda 50juta org make opera skrg.opsi lain:add blog misteri enigma di bookmark opera mini anda,believe it or not,konek jd gampang

Novi said...

untuk k Jonathan Archer: aku ksih bantuan sedikit deh. kk meningan bersyukur karna kk dah dikasih kelebihan sma ALLAH SWT. kk jg jgn berpikir yg macem2x kya mau bnuh diri atau lain2x itu sma aja kk ga menyukuri kelebihan kk dan berpikir pendek dan jga ga tau tentang kelebihan. semua yg terjadi dari mimpi kk dan terjadi sebuah tragedi yg menewaskan bnyak org udah ada yg ngatur. kk cma dikasih kelebihan kya gitu agar kk sadar jika kk melakukan kesalahan dan kk hrs berhati2x .kk memiliki kelebihan itu hrusnya bersyukur buktinya kluarga kk selamat dari tragedi2x yg bisa menewaskan keluraga kk. kk bersyukur aja tentang kelebihan kk karna ada juga org yg mempunyai kelebihan seperti kk jdi kk ga sedirian pnya kelebihan itu. ada yg mempergunakan kelebihan seperti kk dengan baik ada juga yg tidak. tapi meningan kk menggunakannya dengan baik dan benar aja .kk jg jngan sedih kan manusia punya kelebihan dan kekurangan, kk punya kelebihan dan kekurangan aku jg punya kelebihan dan kekurangan smua org pun jg sama punya kekurangan dan punya kelebihan. jdi kk bersyukur aja tentang kelebihan kk tpi kk jga bersyukur atas kekurangan kk. kk gunakan kelebihan kk dengan hal yg positif aja, ok!...

by:Novi

Anonymous said...

w prna ni ngalamin peristiwa kek gni .. tp tempo ny bsa bbrp hari ato bbrapa bulan kemudian bahkan ampe lngsung terjdi . . brarti bknkah ini membuad bahwa pengelihatan terhadap masa depan dapat ada dan mngkin dpt dilakukan tp bkn dr ilmu" gtu tp dr diri sndiri . w prna ntn dr medetasi gunung dan d penuhi lilin terapi ato apalah itu bsa ngliad masa depan .
w hnya penasaran . dan ini kek menguatkan bahwa lorong waktu itu ad dalam pikiran gtu @@ .
iy nga ? heheheh ....


^^Cheer Enigma

Lica Lawliet said...

saya mau nanya....
saya sering mimpi, misalnya lagi ngobrol sama teman di rumah. trus beberapa hari kemudian saya mengalami kejadian tersebut. sama persis dengan apa yang saya impikan.

anehnya, hanya mimpi2 seperti itu yang saya ingat terus. kalau mimpi2 lain tidak mungkin teringat sejelas itu....

mengapa hal itu bisa terjadi? saya bingung.... --'a

enigma said...

Saya tidak bisa memastikannya. Tapi hal itu memang sering terjadi pada orang-orang, sejenis deja vu tapi lewat mimpi. Saya juga tidak yakin kalau itu adalah precog dream.

Anonymous said...

mas enigma... yang pernah saya alamin tuh gni.. dulu waktu saya masih smp saya pernah mimpi saya di rumah sendirian maen komputer padahal dulu itu sya belum pernah kenal ama yg namanya komputer,, trus yaaa skitar sebulan lebih setelah mimpi itu ayah saya beli pralatan elektronik yaaa si komputer itu,, yang anehnya itu gini mas.. waktu kiriman komputer itu sampe ke rumah saya, saya yang belum pernah kenal sama yang namanya komputer pada masa itu merasa bisa menggunakan komputer tersebut dan benar saja saya pasang mouse, keyboard, monitor dan cpu (tanpa adnya buku panduan lo) itu dan saya nyalakan, trus maen dah...
Oh iya.. ini 100% cerita bener lo q brani sumpah.. waktu itu aku smp klas 1 tahun 2002an.. ap ini termasuk precog dream??? ato aq nya yg jenius y??^^

--wayou--

Anonymous said...

jonathan archer org mana ya?! send email ke echoe_sama@yahoo.com ya..... coz q lagi skripsi ttg precognitive dream!!! om enigma klu ada orang yang ngaku pernah bermimpi bencana dan bener - bener terjadi kasi tau aku ya!!!!
thanx a lot....

temperer said...

Kalau menurutku, kejadian-kejadian tersebut erat hubungannya dengan de javu, karena kita mengetahuinya seperti sesuatu yang nyata dan pernah terjadi padamimpi kita, faktanya adalah 95% ingatan tentang mimpi kita akan hilang setelah 5-10 menit terbangun dari tidur. Jadi kita tidak mengetahui hal yang sesungguhnya hingga hal tersebut benar-benar terjadi, tapi ada suatu kemungkinan hal dalam mimpi kita daat kita ketahui benar-benar terjadi jika seseorang dalam kondisi sadar telah mengetahui apa yang kita mimpikan dengan cara seperti menelepon seseorang yang dalam kondisi sadar pada saat kita masih dalam kondisi setengah sadar, dan faktanya kita memang sering melakukan sesuatu yang tidak terduga saat kita masih setengah sadar dari mimpi kita

Suci said...

Saya sering mengalami precognitive dream, dan hal itu sama skali tak pernah dibayangkan sebelumnya,

contoh yg plg saya ingat adlah kejadian ketika saya bermimpi saya melihat seekor kucing yang terluka sedang dipeluk oleh seorang perempuan dewasa di dalam mobil, dan saat itu saya tidak mengenal orang-orang yang ada bersama saya. Di mimpi itu, saya berada di sebuah tempat yang luas dan hijau. Itu,hal yang tak mungkin terjadi karena pada saat mengalami mimpi itu, saya masih duduk di bangku SMP dan teman-teman saya yang non muslim jauh lebih menyukai anjing daripada kucing. Apalagi, tidak mungkin saya pergi ke suatu tempat tanpa orang tua saya. Karena saya cukup dimanja, karena merupakan anak perempuan satu-satunya saat itu. Dan, lagi karena sekolah saya punya TK sampai SMA. Otomatis saya hanya sekolah di sana. Dan teman-teman saya tidak akan berubah.

Tapi, saat saya duduk masuk SMA, saya mendapat adik perempuan, jelas itu membuat orang tua saya menganggap saya sudah dewasa, apalagi saya memilih kuliah di tempat yang cukup jauh dari orang tua saya.
Lalu, kejadian itu terjadi, saya main ke rumah teman kuliah saya (rumah teman saya punya halaman yang cukup luas) dan saat itu, kucing milih teman kuliah saya tertabrak, dan kakaknya memeluk kucing itu di dalam mobil sambil menangis. Bahkan, kata-kata yang diucapkan oleh ke 3 teman saya (kami berniat untuk mengerjakan tugas kelompok) sama persis dengan mimpi saya. Saya bahkan bisa meramalkan kata-kata mereka saat itu.

Itu, cuma salah satu contoh dari banyak mimpi saya yang sering menjadi nyata.
Saya sering merasa takut dengan mimpi-mimpi saya, tapi setelah membaca dan mengetahui saya bukan satu-satunya, saya sedikit merasa lega.

Anonymous said...

Brother Enigma......
saya punya cerita waktu itu saya kelas 10 ibu saya mimpi aneh bgt. di mimpinya saya dapat nilai yang sangat2 jelek semesteran, nah.... pada saat pengumuman nilai semesteran betul2 sama persis dengan apa yang di mimpikan ibu saya jumlah nilainya pun sama. Apa itu termasuk precognitive?

oya ada 1 hal lagi.....
knp comment di tulisan cenote angelita ga bisa lg? pdhl bnyk yg mw di tnyin..

-Travalgar Law-

asaljeplak said...

ikutan comment ya,

waktu kecil (SD) saya dua kali pernah memimpikan kejadian yg beberapa hari/minggu kemudian terjadi. bukan sesuatu yg buruk/kejadian buruk sih, tapi tetap saja membuat saya tidak habis pikir.

kalau akhir2 ini, seminggu sebelum gunung di Islandia erupsi saya memimpikan berada di lereng gunung yang sedang meletus (ini sih hanya kebetulan saya rasa, tp sepertinya cocok dengan temanya hehehe)

Anonymous said...

'Mereka juga akan menjadi sangat terganggu. Banyak juga yang melaporkan perasaan yang sangat nyata setelah terbangun dan bahkan mereka benar-benar percaya bahwa mimpi itu akan segera terjadi.'

makasi mas penjelasannya...
saat dalam mimpi pun sudah terasa lain dr mimpi biasanya.sadar kalo itu cuma mimpi...
pingin nya sich ada penjelasan mengapa saya bisa bermimpi yg sama persis dengan adik saya.saya sekarang tinggal d luar kota,hanya 2 kali setahun pulang.sebelum mimpi komunikasi kami biasa2 saja, tidak ada yg aneh.
biasanya mimpi yg mengganggu saya berkaitan dengan keluarga d rumah makanya saya sangat khawatir.
tapi makasi mas jd bisa nambah ilmu :)

nunik_jogja

Anonymous said...

bahas tentang indigo donk. . .
blum jelas maksud nya

Day Dreamer said...

saya sering kali mimpi begini ni..

dalam mimpi, saya sadar bahwa apa yang saya alami saat itu adalah mimpi.. jadi terkadang saya selalu memimpikan hal2 yang "liar" dan aneh..

di mimpi itu saya berpikir "ini kan cuman mimpi jdi sya bebas melakukan apa saja"

aneh si kedengarannrnya..
Bang Enigma mungkin tau apa itu hal biasa atau ada penjelasan lain ttg hal itu.. saya sangat penasaran nih..

adhe said...

to jonathan:
Aq jg punya bbrp kenalan yg spt km.
Pertaat beribadah kpd Allah.
Atau lbh afdholnya km cari ulama yg bs membimbing km. Semoga saja itu 'berkah' dr Allah yg dberikan ke km agar km bs jd penolong bg mrk2 yg mau ngalami bencana. Tp aq jg khawatir semua itu dtgnya dr selain Allah, salah satu tmn aq pernah bercerita tmnnya jg mirip2 km. Setelang dtg ke ulama (yg kompeten dlm hal beginian) ternyata dia diikuti jin. Setelah mdpt bimbingan ulama, jin itu tdk lg mengikutinya. Kalau tdk salah pd masa rasulullah jg ada peristiwa begini.
Jd, mulailah mencari ulama yg bs membimbing km! Tp jgn sampe salah pilih ulama jg!

adhe said...

tambahan to jonathan:
Ga bermaksud nakut2i diikuti jin lhoh.. N jgn b'pikir bunuh diri segala, dosa besar tau!!
Kalau km mau aq bs bantu cari2 info ulama. Atau kalau ga salah ada amalan2 ato wirid2nya. Easy kok.. Kalau mau..

Thx enigma..

Anonymous said...

abang enigma, knp ga da talisan misteri2 indo jaman dl yah.. Mitos2 jawa kan buanyaaak bang, nyi roro kidul, trus tmpt rekreasi watu ulo (ular batu) spt ular besar yg sdh membatu, malin kundang, etc. Jgn dr barat aja bang! Biar lbh cinta indonesia gitu. Merdekaaa... Xixixi...

Anonymous said...

ini si abang alih profesi jd tafsir mimpi? Knp pd crita mimpi semua..

Anonymous said...

malammm saya rio antoni mau bilang saya malam tadi mimpi idola saya saya fans bangettt ma dia jadiii w dapat no hpnya lalu w bila nyata gak mimpi w nanti coalnya w butuh bangettt n fans banget ma idola ku raffi gmana yahhh saya mohon beri koment nya ya

Anonymous said...

Pernah dulu saya bermimpi. suatu hari saya tahu hari itu pernah saya mimpi namun niat saya mau merubahnya. eh malah gak bisa kerubah n jadi nyata. Aku baru sadar aku punya kayak gitu. bahkan pernah tiap hari

Anonymous said...

saya sering dulu mengalamai preconitive dream... yg langsung sperti kejadian nyata di masa depan...

seperti :
-malamnya saya bermimpi tali sepatu saya dilepas oleh teman saya, dan paginya ketika di sekolah sama persis tali saya dilepas oleh teman saya..
dengan gambaran yang tidak berbeda...
-bermimpi ada tokoh yang meninggal walaupun tidak jelas apakah itu tokoh dunia apa nasional...
teryata beberapa setelah itu, beberapa tokoh indonesia yang sangat terkenal meninggal salah satunya mama laurent...

dan beberapa mimpi2 lain yg menjadi kenyataan dimasa depan dengan gambaran yang persis seperti saat kejadian aslinya. biasanya mimpi yang menjadi kenyataan mudah diingat, hanya berlangsung sebentar mgkin beberapa detik, dan setelah itu saya langsung terbangun...
dan biasanya mimpi itu seperti peringatan bahaya buat saya...

ada mimpi yang masih teringat sampai sekarang yaitu :

"saya bermimpi sedang berada di atas gedung dan melihat pemandangan dengan awan berwarna merah bersama orang2 disekitar saya... dengan benda-benda terbakar jatuh dari atas langit... saya tidak tahu apa itu..."
mimpi ini terjadi sebelum saya tahu isu tentang 2012 dan filmnya jg belum dibuat...

suasana dengan awan berwarna merah seperti di mars... walaupun hanya beberapa detik saja mimpinya masih berbekas sampai sekarang dan saya rasa mimpi ini sangat aneh...

mimpi2 terasa aneh yang dapat saya ingat dimasa lalu, teryata satu persatu benar2 mnjadi kenyataan,... walaupun dengan jeda waktu yang sangt lama, yg penting masih bisa diingat...

semoga aja tidak terjadi apa2 dimasa yang akan datang...
berdoa..hhehe...
wah sayang sering dulu mengalamai preconitive dream... yg langsung sperti kejadian nyata di masa depan...

seperti :
-malamnya saya bermimpi tali sepatu saya dilepas oleh teman saya, dan paginya ketika di sekolah sama persis tali saya dilepas oleh teman saya..
dengan gambaran yang tidak berbeda...
-bermimpi ada tokoh yang meninggal walaupun tidak jelas apakah itu tokoh dunia apa nasional...
teryata beberapa setelah itu, beberapa tokoh indonesia yang sangat terkenal meninggal salah satunya mama laurent...

dan beberapa mimpi2 saya yang lain yg menjadi kenyataan dimasa depan dengan gambaran yang persis seperti saat kejadian aslinya, biasanya mimpi yang menjadi kenyataan mudah diingat, hanya berlangsung sebentar mgkin beberapa detik, dan setelah itu saya langsung terbangun...

ada mimpi yang masih teringat sampai sekarang yaitu :

"saya bermimpi sedang berada di atas gedung dan melihat pemandangan dengan awan berwarna merah bersama orang2 disekitar saya... dengan benda-benda terbakar jatuh dari atas langit... saya tidak tahu apa itu..."
mimpi ini terjadi sebelum saya tahu isu tentang 2012 dan filmnya jg belum dibuat...

suasana dengan awan berwarna merah seperti di mars... walaupun hanya beberapa detik saja mimpinya masih berbekas sampai sekarang dan saya rasa mimpi ini sangat aneh...

semoga aja tidak terjadi apa2 dimasa yang akan datang...
amin...

-nine.w-

-nine.w-

lusciferre said...

aneh juga klo punya mimpi kyk gitu, hehe. kunjungi juga http://lusciferre.blogspot.com

Anonymous said...

Wah wah wah...
Jangan-jangan aku bisa gila kalau ngalamin ini anomali idup
Sebaiknya aku berdoa pada Tuhanku, Allah,,berikanlah padaku sesuatu yang Enkau anggap baikuntukku...
Tapi jangan yang macem-macem...kecuali itu yang asyik n bagus-bagus...
Tau? Aku penakut...hehe

M. Adit said...

Bang Enigma
Aku sering ngalamin mimpi bahkan bukan cuma mimpi, kadang2 pikaranku bisa jadi kenyataan kenyataan meskipun cuma dari beberapa kode ajah. Di kelasku cuma 2 orang ajah yang ngalamin kaya gini.

Mimpi yang masih jelas sampe sekarang :
1. Ane pernah mimpi ketemu bunga mawar di depan rumah tetangga ane, yang jelas gak ada yang punya bunga mawar. Besoknya ane ketemu teman cantik banget di depan rumah tetangga ane yang di mimpi.
2. Ane juga pernah mimpi waktu itu ane ngeliat ada orang yang gak ane kenal, kakinya putus ada di depan mata ane, besoknya ane ngeliat kecelakaan yang jelas di depan mata ane dengan orang yang sama di mimpi ane dan kakinya juga putus, ngliat itu ane langsung lari ketakutan.
3. Ane juga pernah mimpi akan ada semacam bencana di padang yang bakalan kaya tsunami di aceh, abis bangun tidur ane suruh ibu ane buat suruh tante ane yang di padang suruh ke Surabaya sambil bawa harta yang bisa di bawa, akhirnya besoknya gempa di padang & alhamdulillah tante ane slamat.
4. Yang masih terbayang sampe sekarang, ane pernah waktu browsing tentang kejadian misterius, tiba2 muncul pikiran kalo ane harus nolong temen ane. Besoknya waktu mw pergi ke sekolah ane suruh temen2 ane jangan lewat jalan yang biasanya, ada yang gak nurut, barusan gak terlalu jauh dari tuh jalan ada kecelakaan yang salah satu korbannya temen ane.

Pertanyaan ane apa mimpi2 itu bisa di kategorikan Precognitive Dream ? kalo emang iya, gimana dengan pikiran yang terlintas 2 menit dalam pikiran saya yang bisa jadi kenyataan ?

nearmello said...

wah sekedar share aja ya, kakak saya pernah punya kemampuan seperti ini
tapi sekarang udah ngga

gini bro, dlu kakak saya alim banget, dan yang paling hebat, dia ngga selalu puasa senin - kamis (saya sekeluarga muslim). kakak saya memang orangnya sederhana dan waktu itu selalu jujur dan nurut ke orangtua

sewaktu hari dia pernah cerita klo sering mengalami mimpi2 aneh, katanya mimpi paman saya bakal kecelakaan di rumah saya, dan kakak saya bilang sering mimpi dan jadi nyata akhirnya beneran deh kejadian

bukan cuman itu, waktu itu aq mikir kakak saya dilindungi mahluk halus entah apa. ini berdasarkan percobaan saya dimana waktu itu saya sering menghina kakak saya, kakak saya cuman sabar tapi entah kenapa setelah itu saya selalu sial. mulai jatuh dari tangga sampe mau ditabrak sepeda motor. stelah itu saya kepikiran tentang itu, dan buat eksperimen dengan ganggu/ hina kakak saya setiap 1 jam, dan setiap 1 jam itu kena saya sial dengan bermacam-macam ekspresi. untungnya stelah dewasa, efek itu hilang, mungkin karena sifat kakak saya yg berubah karena udah ngga sealim dan sebaik dlu (teori sementara)
bisa dijelasin ngga???

Anonymous said...

kita bingung krn qta blm mendapat pegangan/informasi tentang sesuatu. someday will..

coba bawa HP ke pedalaman suku terasing, anda pasti dianggap dewa krn ngomong sendiri...:)

Org2 spt itu mempunyai tugas hidup tambahan selain menjalankan tugasnya sbg manusia, jgn bingung apalg bunuh diri, jalanin aja.

Anda sedang di bimbing kok lewat pineal2 anda...
tp apabila tdk mengamalkan nya anda akan merasa menderita. apalg klo kmampuan itu di komersilkan membabibuta, suatu saat anda akan di pertanyakan...

Jd sebarkan Ilmu/Kabar itu...

Anonymous said...

Waktu kecil dulu, sekitar umur 6~7 thn, saya pernah bermimpi ibu saya mendorong kereta bayi di suatu jalanan yg kanan-kirinya ditumbuhin ilalang.
Mimpi ini tidak hanya sekali, tapi terus berulang-ulang hampir setiap malam, dengan posisi ibu saya yg sama, kereta bayi yg sama, jalanan yg sama. Begitu nyata, sampai2 sebelum tidur, saya bertanya kepada diri sendiri, apa saya akan memimpikan itu lagi malam ini?

Frekuensi mimpi ini agak berkurang di tahun2 berikutnya dan berhenti sama sekali setelah ibu saya bilang kalau saya akan jadi kakak.

Apakah ini termasuk precog dream?
Mengapa orang bisa bermimpi mengenai hal yg sama berulang-kali? waktu itu saya masih kecil dan anak bontot, tidak ada yg menyangka kalo saya akan punya adik, termasuk saya sendiri, yg waktu itu sudah keenakan jadi anak bontot :-)

cheers,
sari

Anonymous said...

ak klas 6 sd yang sudah berkali kali mengalami precognitive

Anonymous said...

Bang saya Dwi, saya juga pernah merasakan apa yang disebut dengan precognitive dream. Saya sering mimpi dan itu seakan2 persis terjadi seperti apa yang saya mimpikan. Yang paling ingat yaitu waktu saya mimpi lewat di sebuah perkebunan tebu, waktu itu saya mimpi naik sepeda, melihat perkebunan tebu yang ada di sebelah kanan, dan disebelah kiri ada sebuah sungai.
Dan setelah beberapa hari kemudian pas hari libur saya dan kawan saya pergi bersepeda ke sebuah desa, pas saya duluan jalan kedepan, saya merasa de javu, berada di sebuah tempat seperti yang saya mimpikan, bersepeda melewati perkebunan tebu, perkebunan tebu disebelah kanan, dan sungai ada di belah kiri. Terasa pernah ketempat tsb, setelah dingat2 ternyata pernah masuk dalam dunia mimpi.

Mimpi yang kedua adalah, ketika itu saya mimpi berada di jkt, dan saya mimpi jakarta itu pernah dengan air, dimana-mana hanya air yang memenuhi jalanan, semua orang pada minggir di tepi jalan yang kering tidak erkena air banjir.
Tak beberapa lama ada berita di TV kalo jakarta mengalami Banjir dimana-mana, lupa saya kejadian itu di tahun berapa....

Ridonayakuto said...

hmmm. . .ada pertanyaan nih...apakah precognitive dream itu berhubungan dengan sleep paralyze?soalnya aku juga pernah ngalamin itu walaupun samar-samar,waktu aku lagi tidur aku kena sleep paralyze,nah pas sleep paralyze itu aku ngeliat lemari di kamar aku jatoh,,,lalu aku berusaha bangun,walaupun susah banget ngeluarin diri dari sleep paralyze,setelah bangun aku gak berani tidur lagi,trus besoknya pas aku baru pulang sekolah eh tiba-tiba ortu aku udah ngumpul dikamar sambil ngangkat lemari aku yang jatoh...
aku jugak gak tau apakah sleep paralyze berhubungan ama precognitive dream...tapi setidaknya,itulah yang aku alami...aku juga pernah dengar kalo sleep paralyze itu salah satu tahap dari OUT OF BODY EXPERIENCE atau kita sebut aja ASTRAL PROJECTION..apakah benar bang enigma?tolong dbales ya. . .

enigma said...

Saya kira sleep paralysis tidak berhubungan dengan precognitive dream atau astral projection atau Out of body experience. Bisa saja kamu pas ngalami precog dream saat sleep paralysis.
Setahu saya, sleep paralysis bukan tahap dari astral projection. Orang sering menghubungkannya karena keduanya mirip.

rez69 said...

ane sering nih ngalamin ini...
tapi cmn hal-hal kecil....
tapi yg mnrut ane plg luar biasa,, ktka ane mimpi putus ama cewek ane...
lengkap yg ane liat,, apa pnyebab putus, dmn tmpt pts, baju apa yg d'pakai...
ternyata, ga lama kemudian ane putus...
padahal ane udah berusaha hindarin tuh kejadian...
takdir emank ga bisa di tolak gun.... huhuhu,,, T_T

Anonymous said...

trus terang...terangtrus hihihi..

baca artikel ini bikin perasanan dan emosi saya meluap-luap antara seneng dan sedikit jengkel dan geram knapa baru sekarang ya nemuin artikel kaya gini...sedikit puas juga sih....
soalnya...precognition itukah namanya ya..kalo seseorang bisa ngeliat masa depan...lha kalo orang yg bisa menentukan masa depan itu apa ya namanya...
soalnya saya sering mengalami ini, dan berkaitan dengan kondisi perasaan saya...
contoh :

- kalo pas lagi marah atau jengkel....pasti beberapa detik kemudian ada berita gempa dari skala kecil sampai besar contoh gempa jogya dan ....itu terjadi ketika saya sedang dalam kondisi amat sangat marah sekali dengan keadaan saya..dan beberapa gempa yg sering terjadi sampai sekarang...ato karena aktifitas pikiran saya waktu SMP karena pelajaran geografi mengatakan bahwa indonesia berada di pertemuan dua lempeng benua...dan kemudian saya berpikir wah ini pasti suatu saat terjadi pergeseran dan Indonesia berada dalam keadaan rawan gempa sehingga akhirnya terjadilah sekarang.

peristiwa2 Berikut juga berkaitan dengan kondisi emosi dan aktifitas pikiran saya

- Lumpur Lapindo

- Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan swasta Indonesia yg jatuh di Medan dengan banyak korban...adalah pesawat yg pernah saya naiki sebelumnya

- peristiwa tenggelam nya kapal-kapal

- Berbagai macam peristiwa politik dan ekonomi, karena saya kesal dengan keadaan Indonesia sekarang ini

- Terpilihnya para pemimpin dengan nama sama,
SBY Presiden, Bambang Hendarso Kapolri, Bambang DH walikota surabaya, Bambang Widjianto nggak tau pemimpin apa beliau sekarang,...... menyenangkan buat saya, bukan orang-orangnya, tapi namanya yang sama ituloh asyik khan kalo semua pemimpin memiliki nama sama dan masih ada bambang-bambang yg lainnya...tolong bantu sebutin..

- Jatuhnya Presiden Suharto,
karena saya mikir sudah kelamaan memimpin dan harus siap kader pengganti tapi waktu itu saya berpikir siapa ya yg bisa nggantiin dia yg bisa bikin keadaan stabil...

- bergantiannya para pemimpin/presiden, karena saya nggak suka dengan cara pidato dan program kerjanya serta janji-janjinya....

- runtuhnya menara kembar WTC, karena saya sering bermimpi naik diatas puncak ujung tertinggi sebuah gedung kemudian saya merasa terjatuh dan saya nggak suka...

- terpilihnya para pemimpin dunia salah satunya seperti barack obama karena saya suka dia pernah hidup di Indonesia..

- Bersatunya Jerman barat dan Jerman timur karena saya suka dengan group musik Scorpion yg asal jerman dan lagunya NENA judulnya "Nitynine Luv Balon"

- Hancurnya Rusia menjadi negara-negara kecil karena saya nggak suka sama komunis yg waktu itu saya anggap sebagai musuh dan menyaingi Amerika

- berjayanya Amerika karena Saya suka dengan film-film amerika sejak kecil Tarzan, wild-wild West dan Superman

- Runtuhnya pemerintahan Irak karena saya pikir beraliansi dengan soviet waktu itu karena saya nggak suka komunis

- Munculnya terorisme melawan Amerika karena saya nggak suka waktu Amerika menyerang Quwait
- Meninggalnya salah seorang paranormal indonesia karena saya nggak suka ramalan tentang hari akhir yg membuat saya dan banyak orang takut.

- munculnya fenomena penyembuhan dengan media batu, contohnya ponari karena saya punya kerabat yg bernama ponari juga dan dalam hati saya menyebut nama ponari

- munculnya fenomena ruang angkasa seperti semakin banyaknya ditemukan planet-planet baru mirip bumi karena saya suka dengan film startrek.

- dibuatnya film-film yg menggabungkan banyak bintang terkenal dalam satu film seperti expendable karena pasti asyik melihat mereka berlaga dalam satu film.

dan masih banyak lagi sebagian besar saya lupa...

Anonymous said...

dz_ka said:

bg e...mau cerita dikit ni.
sebenarnya apa yang di alami j.archer
sering juga saya alami...tapi lebih mendekari flashing memory , memiliki ciri2 yang sama...dan juga saya bisa mengurutkan semua kejadia/ kata2 yang akan di ucapkan orang lain secara berturut2 dan menceritakan kpd orang di samping saya...
mimpi sih rasanya g pernah..

saran saya buat j archer..jangan telalu di fikirkan^^ di bawa enjoy aja^^

saya pun awalnya memikirkan hal tsb..sampe berlarut2.. tp saya pertama kali mengalaminya. kurang lebih kelas 2 sd...jadi karna usia yang begitu muda tingkat stres saya tidak terlalu besar hanya dianggap sebgai fantasi anak2^^

memang ketika saya mebaca artikel ini...saya kembali berfikir dengan apayang saya alami....
tpi saya mengp itu sabgai anugrah....^^

oh ya semenjak saya semakin dewasa hal2 kyk gtu intensitasnya udah mulai berkurang..karna semakin banyak yang di pikirkan dan di kerjakan....

sekian

dz_ka...

Yora said...

To : Mr. Jonathan Archer

Kalau saya jadi Anda, saya bikin blog khusus mimpi-mimpi saya, or jangan-jangan sudah buat yah ?
Anggap aja cuma jadi alarm untuk waspada, kalau jadi kenyataan yah memang Tuhan yang menghendaki terjadi, bukan karena Anda.
Sekian

Nizam05 said...

om, saya juga sering mimpi n ngerasa kalo mimpi itu bakal kejadian....
tapi biasanya mimpi na ada yg berhubungan dengan masalah yg sudah cukup lama (berlalu) saya alami...
pada saat saya sudah lupa hampir sepenuhnya dengan masalah tersebut, tiba-tiba mimpinya datang...
tapi saya pada saat bangun akan merasa migran yg lumayan menyakitkan, berkeringan (walaupun di ruangan dingin), jantung berdetak kencang, perasaan was-was....
tapi saya tidak bisa mengatakan itu telah terjadi atau tidak....
tetapi saya merasakan bahwa itu telah terjadi dejavu....
apa itu juga termasuk precognitive ???

Anonymous said...

wah.. klo gitu ada kemungkinan ruang dan waktu bisa tercipta? (maksud saya berhubungan dengan mesin waktu) boleh jadi sinyal itu bisa datang dari masa depan?? hehe.. cuma menebak.

Anonymous said...

ada isu gempa di padang tanggal 26.mlm hari gua mimpi tentang stunami apakah bisa jadi kenyataan?

Anonymous said...

Pagi, saya cuma mau share aja tentang precog dream yg sy alami..

Saya pernah beberapa kali mimpi seperti ini, namun umumnya potongan kejadian sepele di masa depan..
Yang paling saya ingat mimpi waktu kelas 5 SD, saya mimpi sedang mengikuti upacara, namun suasana dan orang2nya tidak sy kenal..

Waktu pertama kali ikut upacara masuk SMP, saya merasa dejavu, dan seketika ingat bahwa saya pernah memimpikan upacara tersebut..

Sejak itu saya selalu memperhatikan, bahwa setiap dejavu yg saya alami adalah ingatan akan mimpi saya..
Namun pada umumnya cuma sekedar potongan2 kejadian sepele di masa depan, seperti main ke rumah teman, mengetik di kantor, dan kejadian2 sepele lain..

Sampai sekarang yang saya menerima dan menganggap biasa hal ini, walau masih penasaran juga apakah hal itu terjadi juga pada org lain

Senang sekali ada yang mengulas mengenai hal ini dengan gaya menulis yang sangat bagus, benar2 berbakat menulis, salut untuk enigma.. :)

Untuk info, saya baru menemukan blog ini beberapa hari yang lalu waktu mencoba googling mencari kebenaran soal korban titanic yang hidup, tidak di sangka menemukan analisis cerdas dari enigma di blog ini

Awalnya kurang tertarik dengan layoutnya, yang terasa njlimet, bagi saya yg suka akan kesederhanaan.. :)
Namun setelah membaca, analisisnya bagus, serta gaya tulisannya juga sangat bagus sehingga semua artikel yang disajikan menjadi sangat menarik..

2 malam saya 'nglembur' untuk membaca artikel2 di blog ini, serasa membaca buku yang sangat menarik dan tidak bisa berhenti karenanya, sekali lagi saya salut dengan enigma..

Good job, keep posting.. ;)

Palyama said...

aku sering merasa bahwa aku berada dalam mimpi, aku tak bisa keluar dalam mimpi itu, mimpi itu tak jelas, sangat nyata
& keesokan harinya aku terjebak dalam sebuah masalah & entah apa penyebab masalah itu

Anonymous said...

wah, Robert Todd Carroll mungkin ada benernya juga. tapi kl saya mimpi, mimpi yg saya tidak inget itu malah jadi kenyataan dan setelah terjadi saya baru sadar sepertinya sudah mengalami hal tsb sebelumnya. tapi kl yg saya inget gk bakal jd kenyataan. nah gtu. bingung juga ya.

Telat ni posting ya, hehehehe

aam eka said...

wah.............
mau kayak Mr. Jonathan..............

Mutia Irnawati Kartodirdjo said...

saya pernah mimpi jauh sebelum saya mengalami kejadian itu,
bahkan saya pernah berpikir sesuatu lalu beberapa jam kemudian mama saya mengatakan hal itu

saya bisa menyebutkan bahwa indera keenam itu ada datang pada saat berdoa, berpikir, mandi, makan, dan pada saat tidur dan yang mengalaminya hanya orang-orang tertentu (saya punya keturunan darah biru)

cacao said...

wow, saya terpukau oleh post-post-annya, keren banget! mantab! tapi kok saya ketawa ngakak yak pas ada tulisan "Siapa yang bisa mengambil roh manusia dan menelitinya di bawah mikroskop ?"
hoho, keep posting~

Anonymous said...

waktu itu saya pernah nonton di tv, ada seorang wanita (muda) yang setiap harinya mimpi buruk yg berulang2 terus. katanya di mimpinya itu ada setan yg ngehantuin di terus.

dan suatu hari dia mati pas lagi tidur, katanya dia mati gara2 mimpi buruk dan sakit jantung :P

ada penjelasannya gak ya....

luthfi said...

wah.. saya sering tuh mengalami Precognitive Dream,meski mimpinya hanya mimpi kecil"an.hhhh
tapi dulu waktu SD dan SMP tp sekarang saya sudah SMA dan udah jarang" ngalamin Precognitive Dream,
sayang sekali, padahal menerut saya Precognitive Dream membuat hidup saya menyenangkan...
trimakasih atas infonya, saya jadi lebih paham tentang Precognitive Dream.

cold4hands said...

saya setuju dengan last word-nya,. manusia dan segala keunikannya memiliki alasan tersendiri,. Oh iya, kalau cenayang itu sama nggak kang?,
Ijin copas artikel boleh ya?,

uwie said...

saya juga pernah beberapa kali mengalami kejadian seperti ini dan setuju dengan pendapat anda bahwa ini adalah wilayah spiritual timbang sains..posting yang sangat menarik.

tri said...

kalo saya, baru nyadar bahwa saya pernah mimpi akan suatu kejadian, setelah kejadian itu terjadi.

jadi semacam dejavu, dan saya langsung teringat bahwa kejadian yang sama terbentuk dari mimpi, bukan kejadian yang pernah dialami.

hal ini sering terjadi, maka tiapkali saya bermimpi yang agak aneh, saya langsung berdoa kepada Tuhan agar mimpi tsb gak jadi kenyataan :)

L said...

Om Enigma, saya berumur 15 tahun. Saya baru saja melakukan UN dan tadi saya terbangun dengan wajah sedih, saya bermimpi tidak lulus. Mimpi ini sama dengan kejadian waktu SD kelas 6. Tapi bedanya, waktu SD dulu saya bermimpi lulus dengan nilai yang baik. Persis seperti kejadian nyatanya. bahkan nilainya pun tidak beda sama sekali. Tapi kali ini saya bermimpi sangat buruk, membuat saya depresi seketika, bahkan saya tidak bisa berhenti menangis, takut kalau mimpi kali ini akan menjadi nyata seperti waktu saya SD. Di mimpi saya ini terlihat cukup jelas, jalan ceritanya bisa diceritakan dan seperti kehidupan saya biasanya di sekolah. Apa mimpi saya yang satu ini akan menjadi nyata seperti waktu saya SD? Apa ini bisa disebut Precognitive Dream atau Deja Vu? Terima kasih

bonang said...

om enigma,saya masih umur 11,tapi,saya juga sudah mengalami kejadian2 yang dialami jonathan archer.saya mau menanya,kenapa kejadian2 itu harus di saya atau jonathan archer atau orang2 yang pernah mengalaminya?tolong jawab.saya tak tahu dimana lagi harus menanya

Akram said...

pernah ada kejadian dimana waktu itu aq ngelihat sebuah rumah. . . tp waktu aq ngeliat rumah itu tiba2 muncul perasaan kalo aq udh pernah ngelihat rumah itu sebelumnya padahal aq baru pertama kali ngeliat ntu rumah, tp aq ngerasa udah pernah ngeliat ntu rumah dan kayaknya pas aq ngeliat rumah itu udah ga asing lg padahal aq baru sekali ngeliat ntu rumah. . . ada penjelasannya ngga tuh???

Anonymous said...

sebenernya ada 3 pertanyaan nih..
1.temen saya waktu itu sedang main ke rumah saya, dan itu pertama kalinya dia main ke rumah saya. tapi di pernah mimpi kalau pernah liat rumah saya, pokoknya isi sama aturanya itu sama, apa itu termasuk?
2.saya pernah camping, terus temen temen saya bilang kalo saya tidur sambil jalan, tapi saya sendiri gak ngerasa, apa itu termasuk?
3.temen saya itu sering ceritain mimpinya ke saya sama temen temen saya.. tapi dia tau jelas mimpi itu kayak gimana.. biasanya kan kalau orang bermimpi itu gak tau jelas gimana mimpinya, kok bisa gitu?
tolong jawab ya.. thx enigma

Anonymous said...

mas e, kalo saya it bukan dari mimpi, setiap ada kejadian yg akan datang biasanya seperti ada yg memberitahu saya, n tiba2 terlintas dipikiran saya apa yg akan terjadi. Bila it hal buruk lalu saya bilang it ga akan terjadi, maka it pun ga akan terjadi, tapi bila saya ga bilang bgtu biasanya jadi kejadian. Nah kalo ini masukny apa mas?

Rizki miracle

Andre Leadsticker said...

Saya dulu waktu kecil sering sekali mengalaminya, tetapi itu akan terjadi jika saya mengalami mimpi-mimpi pendek misalkan kira-kira hanya 1 menit. Tapi kenapa sekarang mulai jarang...

Aku rindu masa lalu yang indah...

A - Six Figure said...

saya ingat waktu saya kecil, ada konflik antar ayah dan ibu saya , trus kan pas banget saya ama ibu saya ke rumah nenek saya , nenek saya bilang
"ibu sama bapak kamu lagi gk rukun ya ??" nenek saya tanya gitu ... saya gk tau harus jawab apa padahal ibu saya ngelarang buat bilang sama nenek .. trus saya bilang " nenek kok tau ??"
"nenek mimpi nak"nenek saya bilang gitu.
trus ini namanya Precognitive dream bukan ?

Anonymous said...

dear:Jonathan Archer

Yang anda alami sama dengan apa yang telah saya alami,saya mengerti perasaan anda...... karena apa yg anda tulis itu yg ingin ku katakan juga.... saya tahu anda mengalami perasaan bimbang.... dan bertanya pada diri anda sendiri "kenapa ini harus terjadi pada saya?"
Selain sama sperti anda,saya juga mengalami beberapa kejadian yg di posting di blog ini,seperti:
1.fenomena street light
2.anak indigo
3.alter ego
4.deja vu
5.dll
Terkadang saya bertanya pada diri saya "who am i?" atau "kenapa harus saya?" dan semua hal ini telah membuatku muak......tentang hal-hal aneh,bahkan saya sering di bilang aneh..... Thanks

Ebranda D. Josephat said...

woggh.. enigma emang mantap..
ini juga..
pernah saya alamin.. saya menyadarinya ketika hal it terjadi.. dan saya merasa itu pernah terjadi di dalam mimpi saya.. apakah ini termasuk Precognitive Dream ato De Ja Vu???

Kacriet said...

Gan enigma,, kalo soal mimpi yg sering berulang" sama persis itu apa yh..??

soal'y saya ada 2 mimpi yg sering sx muncul sama persis,, bahkan dari kecil hingga sekarang n ga da perbedaan sama sx sama mimpi sebelum'y(kurang lebih sudah 12thn)..

1. saya sering mimpi jatuh dari sebuah tempat yg tinggi,, tp saya ga pernah tau persis jatuh dari mana n sangat dlm, sampai saya terbangun dg badan berkeringat n jatung bedebar". (mimpi itu selalu sama persis,, dan sering terjadi sampe skrng).

2. saya mimpi bertemu dengan seorang perempuan,, yg menurut saya sangat familiar tp ga pernah bisa tau pasti perempuan tersebut,, cz wajah nya selalu buram n setiap x mulai terlihat jelas saya terbangun dengan kondisi seperti mimpi yg diatas (berkeringat dan berdebar) mimpi ini jg sangat sering terjadi n sama persis.

Anonymous said...

enigma mau tanya dong

saya pernah mimpi mengobrol sama teman dan tak lama kemudian dia berbicara kepada saya pada saat itu juga ada seorang teman (laki2) sedang menghapus papan tulis kemudian menendang bola yang ada di dekatnya. Didalam kelas juga sedang diputar lagu2 lawas Ebiet G. ade.

keesokan harinya di sekolah saya mengalami hal tsb sama persis ga lebih & ga kurang
menurut enigma, apakah ini sebuah precognitive dream?

Puja said...

Saya pernah mengalami hal ini saat kelas 1 SMP ,saat itu saya akan dekat Ujian geografi 2 hari lagi , 2 hari sebelumnya saya bermimpi soal yang keluar materi tentang tanah , vulkanik dan beberapa bab tentang kondisi tanah , entah kenapa saya mempelaji bab itu , kemudian saat ujian , Subhanallah materi2 itu yang keluar , Mistery ...

Windy said...

Sya pernah membayangkan bgaimana jika tetangga saya meninggal dunia, apakah saya bisa tdur?
krang lbih 30 menit stelah saya membyangkan itu, slah stu ttangga sya meninngal dunua.pdhal sya tidak tau klau dia sdah beberapa hari sakit.
Sya jga sring bermimpi yg ad hub ma sseorang d'hari selanjutnya.
sya pernah memimpikan adik saya ad 2, sngat mirip ttapi stunya hanya diam dan ternya tidak bgitu lma stlah sya bngun adik sya kesurupan.

Saya juga prnah mimpi bertemu tman sklah sya d'jlan, sya mengendarai sebuah motor dan dya berjalan kaki dan menunduk, sya tegur tidak menjawab.dan k'esokan harinya dia gk msuk skolah krna tdak ada kendaraan untuk k'sekola.
Sya jga pernah mendapat pemikiran ad bnyak orang, dan ada orang yg mengangkut keranda diikuti orang2 d'blkangya d'daerah rmah sya, ada bndera kuning tpi tdak bgtu jlas. trnya bsok hrinya d'sktar tempat yg sya hyalkan ad orang yg meninggal dunia, slah stu tetangga saya tp sya tdk bgtu knal seorang nenek tua..

Apa ini???

Windy said...

Sya Seorang pelajar berusia 17 tahun.
Sya sngat tergangu dngan keadaan nc..
Sya sring mimpi tentang orang2 yg ad d'skitar sya, siapapun yg ad d'mimpi sya psti akn terjadi sesuatu pdanya entah sesuatu yg baik ataupun buruk.dalam wktu yg tdak lma bhkan bberapa menit stlah sya memimpikannya.
Bahkan sya pernah menghayalkan kematian seseorang, sbanyak 2 kali, 1 kali dtang tiba2 dan stu kli itu memang sengaja sya hayalkan, jika seandainya tetangga sya meninggal apkan saya bisa tdur dan krang lebih 30 menit setelah sya menghayalkan itu tetangga sebelah rumah sya meninggal dunia, pdhal sya tidak tau klo dya sdang skit.
Sedangkan yg tdak sya sengaja, sya melihat ada serombonganorang yg membawa keranda dan ad bndera kuning d'daerah rmah sya.dan keesokan harimnya ternyata orang yg tnggal d'sktar tmpat itu ad yg mninggal dunia.

- sya prnah mimpi adik saya ada 2, mereka sangat mirip, tp slah stunya hnya diam tdak mengeluarkan suara sma skli.trnya 15 menit stelah sya bngun adik sya mengalmi kesurupan, dan hntu yg memasuki tubuhnya membisu.gk ngmong apapun.
- sya juga perna mimpi bertemu tman stu skolah sya, dya berjalan kaki mnggunakan seragam skolah dan menundukkan kpla, sya menggunakan sepeda motor.dan keesokan hrinya teman sya itu tdak msuk sekolah karna tdk ad kendaraan.
-Sya mimpi teman stu sklah yg bru sya knal dya pndahan dre luar kota, dan keesokan hrinya sya bertmu dya d'jlan pdhal sbelum2x sya tdak prnah brtmu dya d'jlan it.pdhal dya udah ckup lma d'kta ini dan pda saat itu tba2 dya mlihat k'arah saya.

Apa Ini Sebenarnya?
Qw takut menghayal sesuatu yg berhubungan ma oank d'sktar qw.

Anonymous said...

ngerasa "de javu"
kadang malah takut jika hal buruk yg di mimpi berubah jd nyata.

Jhon Ripper said...

Request bang Enigma.... sy request masalah mimpi jg tp agak tabu.... masalah mimpi basah apa bisa dijelasin secara ilmiah.... sy ingat pernah mimpi basah 2x dlm satu malam lo... sampe sy bingung2 kok bisa gt yah pdhal sy nggak nonton film blue ato lamun jorok sblm tidur.... hehehe sori kl ngelantur :)

Anonymous said...

saya sering mmengalami hal itu,ketika akan kecelakaan,atau ada kematian..semua tergambar jelas dalam mimpi saya,ketika kejadian sy cuman terdiam..banyak hal yg tjd dlm kehidupan saya spt sudah pernah saya jalani,hanya spt siaran ulang..tak tau apa ini normal,tp sangat menyedihkan ketika kita bisa merasakan dan mengetahui sesuatu yang buruk akan terjadi..kadang itu membuat saya sangat tersiksa..spt orang aneh,,tapi juga bersyukur karena Allah memberikan gambaran jelas apa yang akan tjd dlm kehidupanku dan orang2 disekitarku selanjutnya..

Anonymous said...

Siapapun yg mengalami'y,
Gak prlu takut n menderita.
Itulah kelebihan mu yg
diberikan oleh sang pencipta.
Tujuan kelebihan mu it untk
sesaling menjaga 1 sm laen.
Klo saya pnya kelebihan tsb,
maka saya akan mengucap
syukur n berterimakasih
kpd sg pncpta.
hehe
enjoy aja ^_^ :)
by: akulah arjuna.)

Hendrix Kurnia (DendenX) said...

saya juga heran dengan apa yg saya alami,
sebagian besar mimpi itu udah jadi kenyataan..
apakah itu bisa dicegah?.,,
ato kita hanya bisa berpangku tangan menunggu mimpi itu jd kenyataan?..,

kidoy adio said...

Kalo saya pernah bermimpi...
Di dalam mimpi tempatnya disekolah, itupun pada saat saya sekolah. Ketika itu saya sedang berjalan mengikuti sosok wanita, saya berada di belakang dan hanya fokus pada wanita itu. Hingga akhirnya saya menggerakkan tangan untuk menyentuh wanita tersebut dari belakang. Alhasil wanita tersebut menoleh dan saling bertatapan dengan saya.
Saya pun tak berkata apa-apa, hanya terdiam saja
Tiba-tiba saya terbangun dari tidur dan bersiap-siap untuk pergi kesekolah.
Saya menceritakannya pada teman sekelas, pada saat sedang asik cerita. Sosok wanita itu pun melewati kelas dan saya melihat lalu menunjuk ke arahnya, sosok yang benar-benar persis di dalam mimpi saya. Dan saya yakin belum pernah melihat sebelumnya !! Apakah mimpi saya itu dikategorikan pada pembahasan diatas, atau apakah arti mimpi itu sebenarnya ????

Anonymous said...

Saya sebenarnya jarang untuk bermimpi.Tapi sekalinya mimpi itu menjadi kenyataan.
1. Sewaktu kelas 6 SD di Tomohon, SULUT saya bermimpi papah bakal dipindah tugaskan di Bali dan saya tentu saja akan ikut beliau untuk lanjutkan sekolah SMP di Bali tepatnya di SMPN 6 DPS. Ternyata semua itu menjadi nyata, esok harinya persis Papah dipindah tugaskan di Bali & saya didaftarkan Papah untuk bersekolah di SMPN 6 DPS.
2. Begitu pun sewaktu lulus SMP & SMA saya mengetahuinya terlebih dahulu dimana saya itu akan diterima, padahal sebelumnya saya tidak punya gambaran sampai kesana.
3. Malam hari saya bermimpi Papah meninggal dengan sebelumnya Papah berbicara untuk yang terakhir kali >> Nak bobok di dada Papah sini, nanti Papah baru mau tidur << dan setelah berbicara seperti itu ternyata Papah meninggal. Esok paginya kejadian yang saya mimpikan semalam ternyata menjadi nyata. Saya kaget dan menangis tentunya. Begitu pun ketika saya bermimpi Nenek, Kakek & Uwa' saya meninggal, esoknya juga menjadi nyata.
4. Pernah juga didalam mimpi itu, saya diberitahu Papah bakal ada kejadian merapi meletus yang sngat dasyat, saya pun disuruh untuk menonton berita tsr di SCTV. Ketika saya beranjak untuk nonton, papah pun berkata >> Nak, balik dulu itu ke jasadmu, nanti baru kita nonton TV sama-sama << (saya pun melihat jasad saya sedang tertidur di tempat tidur) dan saya pun kembali ke arah jasad saya tsb. Setelah saya terbangun, saya beranjak untuk nonton dan ternyata memang ada kejadian itu. Padahal saya sebelumnya belum pernah mendengar sedikitpun keadaan tentang gunung merapi. Begitu pun dengan kejadian2 bencana alam lainnya.

Kadang tuh percaya tak percaya lha saya sendiri juga. Kadang juga ada rasa takut setelah bermimpi :( Setiap bangun tidur dan saya bercerita tentang mimpi saya kepada Mamah dan Kakak, tapi cuma ditanggapin >> Ah itu hanya bunga tidur saja, Dex. Tak usah risau. Tp tetap aja cemas <<
Apakah itu termasuk Precog Dreamer?

dian cesy said...

Mas, kalo boleh share aq dari kecil juga sering bgt mimpi suatu kejadian dan tempat yg sama persis di mimpi aq bahkan sekarang sehari bisa muncul lebih dari 4x.

Awal aq sedikit parno, tapi lama-lama aq jadi kegirang setiap ngalaminnya, rasanya itu beda bgt itu yg buat aq semakin penasaran.
Biasanya aq mimpiin dateng/ ngelewatin bangunan suci Hindu {Pura} lama kelamaan bgt tempat yg aq kunjunin yg sama persis bgt dimimpi q entah itu mimpi baru atau lama tapi itu memang gag terbayangkan sebelumnya.

Makasi info nya mas, sempet mikir klo selama ini aq ngalamin dejavu.
:D

Anonymous said...

aku bingung plus bangga ada orang kaya om enigma ini... maaf ya aku ngga sopan... om enigma ini orang indigo ya?? atau orang pintar gitu?? hehe. soalnya om enigma ngasih *clue* nya detail banget gitu... maaf ya Om ngga sopan...

Anonymous said...

sy sring mimpi tp tiap bangun mimpi" sy cuma bisa ingat sekilas doank n slalu ada 1 kata or kalimat yg saya ingat. hampir semua yg sy liat di mimpi terjadi. n kata" yg ada d mimpi itu juga saya dengar tiap mimpi sy jadi nyata.. apa ini bisa di sebut precognitive dream??

SyaSya said...

adakah pengaruh besar dalam keseharian pada precognitive dream,coz saya sering mengalaminya dan keseharianku sering terjadi keanehan,melihat darah padahal saya tidak berdarah,melihat hewat melata dalam rumah padahal rumahnya keramikan bersih dan di lantai 4 lagi.dan masih banyak kejadian yg aneh lainnya,yg seperti di luar kendali,apa arti dari itu semua ,OM mohon masukkannya,, apakah saya termasuk dalam tingkat strees berat atau apa..???,

liezhA said...

mimpi yah?

sebenarnya kalo memang ada skill ke sana
ga cuman lewat mimpi aja sih

follow n trust your heart, just it
;)

ga usah di telaah tlalu dalam..
anggap skill yg itu tuh anugerah..

memang sih kebanyakan bencana ato kecelakaan
ato kehilangan seseorang

trus pertanyaan menarik "why me?"
sampe skr jg sy bingung..
kok bisa ya? kenapa bisa?

yah cuman bisa bilang "syukron alhamdulillah.."

no sara :)

Julia Vbian said...

saya mau tanya,,,,ini bisa disebut precognitive atau bukan...
Saya sering punya feeling aneh,,saya sering merasa akan ada hal yang terjadi dan saya pasti terlibat di dalamnya. Sbagai contoh,,1. Kok saya merasakan dalam beberapa waktu dekat saya yakin akan kehilangan sbuah benda kesayangan saya. Dan tak berapa lama itupun terjadi.
2. Saya sring merasa sesuatu yang blum pernah saya alami sudah saya ketahui dulu mulai dari urutan ke jadiannya,waktunya kapan,,jd seolah2..oh kok kayaknya ini pernah terjadi ya, habis ini pasti itu, habis itu pasti ini. Dan itu betul2 terjadi lho..
Dari pernyataan saya diatas ap iya itu semua disebut precognitive????? Mohon penjelasannya.
Terima kasih

NilaAmalia14888 said...

Saya sering mimpi bertemu orang-orang, atau melihat hewan, atau siapa pun itu yang saya temui, kemudian di kenyataan saya benar-benar melihat mereka tapi kejadiannya tidak selalu sama persis dengan di mimpi. Apakah ini termasuk precognitive dreams? bisakah menghentikannya?

Contoh: mimpi bertemu dengan beberapa orang kerabat jauh yang non muslim (bertahun-tahun tidak bertemu & tdk berkomunikasi), kemudian saya menyalami mereka dalam acara pernikahan (tidak jelas siapa pengantinnya). Kemudian tidak lama kemudian saat hari lebaran tanpa direncanakan sebelumnya keluarga saya bertemu mereka dan memang salam2an karena hari raya.

Anonymous said...

wah,,akhirnya ketemu juga istilahnya apa yang sering banget terjadi di hidup ane. awal-awalnya ampe setres sendiri.,dikira gak waras sama orang-orang sekitar tapi wallahualam semoga memang Allah yang 'memberikan' karena memang tidak semua di dunia ini bisa dipandang dari ilmu pasti tapi ada ilmu lain yang dari sudut pandang orang sains impossible banget terjadi.

golan said...

menurut pengalaman saya, precognitive dream bukan sebuah kebetulan seperti yang diungkapkan oleh Robert Todd Carroll. selain memberitahukan apa yang akan terjadi, mimpi juga dapat memberi sebuah pengetahuan baru, yang jika diterapkan dapat menjadi kenyataan. Mimpi juga dapat memberitahukan bahasa baru serta artinya, yang tak ada di kamus bahasa apapun. bagi yang tertarik dengan kedahsyatan mimpi, boleh membaca kisah mimpi saya di http://www.artimimpi.tk/

Anonymous said...

saya sering begini ..
tapi saya tidak mengingat alurnya dengan pasti..

Puji Rahayu Amalia said...

sering ngerasain yang sama cerita gatau mau kesiapa, pernah juga cerita ke nyokap malah dibilang cobaan dari Tuhan jangan percaya ._.

Vie' Han said...

saya sering mengalami mimpi, tapi itu berhubungan dengan pasanganku... dan semua terjadi.. semua hal yang tersembunyi dari pasangan q..dalam mimpi ditunjukkan semuanya dan semua itu terjadi.. awalnya c..sy berharap hanya mimpi..tapi semuanya nyata.. dan orang y berhubungan dgn pasanganku dalam mimpi, beberapa waktu kemudian mimpi itu jadi nyata dan sypun melihat org dlm mimpi itu sama persis dengan aslinya..mimpi buruk .. :-(

Anonymous said...

mimpi mnjadi hal yang memenuhi pikiran saya,, bbrapa hari yang lalu dimimpikan dipeluk erat oleh sahabat saya sendiri kemudian dia brmimpi giginya tanggal,, semua hal ini membuat saya sngat stress,, what must i do???

Anonymous said...

Saya juga pernah ngalamin hal yang sama:

1.saya pernah bermimpi terjadi kecelakaan gk begitu besar cuma 5 orang tewas di baringin di sisi jalan,1 korban yang saya liat pake baju biru.tiba-tiba bangun di bus saat macet , 20 menit kemudian mimpi saya kenyataan dan hal itu juga yang nyebabin macet.
2.saya tidur di kelas.saya mimpi temen saya patah tulang tangan kiri gara-gara naik sepeda banyak gaya [di loncat-loncatin]di sekolah dekat pos satpam jam 3 sore.bangun dah mau pulang,pas liat keluar lagi rame ternyata temen saya patah tulang penyebab sama waktunya pun sama.
dan masih banyak lagi . kebanyakan saya ngalamin saat tengah bulan atau bulan purnama
Bang E ni Precognitive Dream atau Astral Projection dan apakah ini di sebabkan pengruh bulan atau tekanan emosi karena saat itu saya lagi khawatir entah kenapa.

Virgilius Martin Kelake Kedang said...

Wah, saya baru lihat artikel ini dan saya sangat terkejut!!!!

sekitar akhir maret, tahun 2013, saya bermimpi, saya ada di sebuah kamar hotel, bersama teman saya yang bernama elton dan guru saya yang bernama pak frans. Namun, saya tidak sendiri, ada 3 orang lain yang berada sekamar dengan saya, dalam mimpi itu, namun saya tidak kenal siapa mereka, namun salah seorang dari mereka bertiga mencoba memulai pembicaraan, isinya tentang menanyakan kami lomba di jurusan apa, saya menjawab matematika dan sebelum pembicaraan itu, saya sempat tahu namanya dan saya ingat namanya, berturut-turut ragil, ronal, dan ricky.

Nah, anehnya, pada 13 april, saya dipanggil untuk mengikuti OSN SMP Tingkat Provinsi di Kupang (saya dari kabupaten lembata). Dan kami sampai di sebuah hotel bernama hotel pelangi. Ketika kami sampai, alangkah terkejutnya saya sebab 3 orang yang saya tidak kenal dalam mimpi saya itu saya temui waktu itu. saya betul-betul ingat bentuk wajahnya dan saya yakin mereka bertiga adalah orang yang saya temui dalam mimpi itu. dan lebih anehnya lagi, namanya sesuai dengan mimpi saya itu (ragil, ronal, dan ricky)

Kami sekamar (sesuai di mimpi), dengan latar kamar hotel yang sama pula sesuai dalam mimpi itu, dan yang bernama ragil, menanyakan kepada saya "anda jurusan apa?" saya terkejut dalam hati, ini semua seperti skenario yang telah disusun! dengan berat, saya menjawab "matematika"

Apakah ini Precognitive Dream?

Anonymous said...

Saya juga sering mengalaminya bro, tetapi apa yang saya lihat tuh hanya mengenai diri gw sendiri dlm mimpi. Dan lupa apa yg saya lihat sampai saya mengalaminya di Dunia sadar. Saya merasa ini gunany buat pa si? Kalau mimpi saya lupa. Dan akhirny tidak bisa menghentikannya di masa depan. Hanya mengalaminya dengan perasaan sudah pernah mengalami. Ada gak cara biar gak lupa?

X said...

wah disini banyak yg ngalamin juga toh,,
jadi terasa ada teman yang mengalami hal yang sama,,
:)

Tri Bagus Nugraha said...

klo misalnya kita mimipi,,
terus beberapa hari/minggu kedepan kita ngalamin seperti nyata..
sering gitu sayanya..

nah klo itu gimana pendapat anda?

Anonymous said...

Nama saya ibnu.
Mohon baca dan komenta yah.
Mr.enigma .
Lebih dari 20 mimpi saya jadi kenyatan .

tapi mimpi saya itu bukan lah sebuah tragedi atau insiden dengan durasi yang cukup panjang atau bisa diartikan "mimpi singkat". Dan sbagian mimpi saya yang menjadi kenyataan itu sedikit buram dan kurang jelas,sehinga saya tidak tau saya memimpikan apa.

Saat bangun pun saya tidak bisa mengingat mimpi saya yang barusan terjadi. Dan saya hanya ingat mimpinya ketika menjadi kenyataan.

Dibeberapa mimpi saya, tidak hanya 'gambaran' mimpi yang menjadi nyata tapi 'suara' di mimpi itu pun ikut hadir dan nyata. Padahal saya tidur diruang yang sunyi.

Dan mimpi saya yg jadi nyata, tidak di hari itu juga menjadi nyata. Namun memilik waktu yg cukup lama. Entah terjadi setelah seminggu kemudian , bahkan pernah 2 bulan kemudian baru terjadi nyata.

Contoh mimpi yang belom lama terjadi yaitu.

(Disaat bermimpi 'singkat' ini gambaran mimpi ini sangat buram hanya suara dimimpi yang jelas)
Saya bermimpi berada diruang dengan banyak orang. Dan saya sedang memperhatikan memperhatikan orang yg sedang berdialog, yang ternyata itu teman saya yg bernama Anwar dan Roni (saya mengetahuinya setelah menjadi nyata) . Dimimpi saya roni sedang berkata "gua klo ngerti ini udah gua kerjain war" .

Yaa, ini mimpi yang singkat. Namun menjadi nyata setelah semingguan kemudian. Dengan lokasi, posisi saya, suara percakapan dan apa yang saya lihat di mimpi menjadi nyata.

Dan skrg setiap saya bermimpi, saya langsung catat mimpi saya (tanggal, lokasi, inti, siapa pelakunya dari mimpi saya)

Bisa tolong dijelaskan mr.enigma kelebihan apa yg saya alami?

-ibnu stw-

Iftirar said...

Terima kasih atas infonya. Beberapa kali saya mengalami mimpi seperti ini. Awalnya saya merasa seram namun kini telah terbiasa. Terima kasih telah membantu :)

Anonymous said...

mas..
kalo saya mimpi di malam yg sama hilangnya pesawat Malaysia, saya bermimpi melihat ke jendela menghadap selatan, ada sebuah cahaya di langit dari sebelah kiri terbang ke arah kanan, sontak saya berkata " ih.. ada pesawat", yang tak lama kemudian pesawat itu menhampiri saya, setelah pesawat tersebut terbang rendah, ada sebuah pesawat lg menghampirinya, tak lama kemudian, kedua pesawat terbang kembali.. apalah maksud mimpinya mas?? mohon pencerahannya..

Post a Comment