Wednesday, March 10, 2010

Seorang pria Ohio mengaku mendapatkan bukti adanya UFO di atas danau Erie

Euclid, Ohio - Apakah ada sesuatu yang misterius di atas danau Erie di Ohio? Seorang warga lokal mengaku kalau ia telah menyaksikan sebuah UFO dan ia percaya kalau itu adalah bukti bahwa kita tidak sendirian di alam semesta ini.


"Jelas, tidak ada satupun benda yang kita miliki di dunia ini mirip dengan objek itu." Kata Eugene Erlikh.

Eugene mengatakan kalau cahaya aneh itu muncul di luar rumahnya di Euclid selama lima malam. "Benar-benar cahaya warna-warni yang brilian, pertama merah, lalu kuning, hijau, biru. Warnanya selalu berubah-ubah, seperti sebuah denyutan yang terus menerus"


Benda terbang tak dikenal itu masih belum bisa diidentifikasi. Tidak ada satu orangpun yang tahu benda apa itu.

Ini bukan untuk pertama kalinya seseorang menyaksikan sesuatu yang aneh di atas langit Cleveland. Pada tahun 2007, sekelompok warga mengatakan kalau mereka melihat sesuatu yang dipercaya sebagai UFO di atas Key Tower. Dan menurut laporan dari National UFO Reporting Center, Di Cleveland, memang banyak laporan penampakan lainnya di masa lalu.

Carla Jackson, seorang yang tidak mempercayai adanya UFO menganggap cahaya itu hanya sebuah tipuan. "Itu pasti trik kamera, untuk mempercayainya, aku harus berada di sana untuk menyaksikannya sendiri."

Namun Erlikh bertanya-tanya,"Mengapa cahaya itu ada di sana? Mengapa mereka selalu kembali pada waktu yang sama dan di area yang sama? Sepertinya tidak ada alasan yang pasti.

Selain penampakan ini, penjaga pantai dan pihak kepolisian belum menerima laporan adanya penampakan dari warga lain.

Selain beberapa foto, Erlikh juga mengambil rekaman videonya. Kalian bisa melihat videonya dengan masuk ke sumber aslinya yang linknya saya taruh di bawah tulisan.

Oh ya, Saya tidak melihat adanya sentuhan photoshop di foto-foto di atas. Tapi ada satu masalah, yaitu saya tidak bisa melihat objeknya! Where is it?

(fox8.com)

UPDATE 25 Maret 2010


Ketika mendengar laporan penampakan UFO selama beberapa hari berturut-turut, tim MUFON (Mutual Ufo Networks) dari Ohio segera berangkat ke lokasi untuk menyelidiki fenomena itu. Penyelidik Lapangan MUFON bernama Tom Wertman menyimpulkan kalau cahaya yang dilihat oleh Eugene Erlikh adalah cahaya jet pesawat dari bandara internasional Cleveland-Hopkins.

Menurut Wertman, ketika mendengar kasus ini, ia sudah curiga dengan penampakan ini karena cahaya tersebut selalu terlihat di tempat yang sama setiap malam. Menurut para Ufolog, penampakan dengan pola seperti ini biasanya adalah fenomena alam atau buatan manusia.

Wertman lalu melacak cahaya tersebut hingga ia mencurigai cahaya lampu jet dari bandara Cleveland-Hopkins. Ia lalu menggunakan fasilitas dari web pelacak penerbangan dan menemukan kalau timing penampakan cahaya itu sesuai dengan timing penerbangan pesawat dari Bandara tersebut.

"Ketika cahaya itu terlihat di atas danau Erie, objek itu bergantung dengan diam sekitar dua menit. Lalu, cahaya kedua muncul, pada saat yang bersamaan software pelacak penerbangan menunjukkan adanya pesawat kedua yang datang setelah pesawat pertama."

Bandara Cleveland-Hopkins ada di barat daya lokasi Erlikh dan setiap objek yang terlihat memang bergerak dari danau ke arah barat daya, tepat di lokasi bandara.

Dengan demikian, kasus ini dianggap sudah selesai oleh MUFON.

Tapi, menurut saya, ada satu pertanyaan yang belum dijawab oleh MUFON, yaitu mengapa cahaya itu tidak terlihat sebelumnya? Kalau cahaya itu berasal dari bandara, maka bukankah seharusnya cahaya itu juga terlihat pada malam-malam sebelumnya?

Tapi, saya anggap jawaban ini cukup masuk akal.

(examiner.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

72 comments:

  1. pertamaxxx...
    btw gambarya kurang jelas ya

    ReplyDelete
  2. om,tolong bahas tentang astronomi donk

    ReplyDelete
  3. Ariel 10 said...
    Keduax.O..iya ,om sepertinya misteri yang tidak bisa dipecahkan dan paling terkenal itu segitiga bermuda ya om bagaimana menurut om?Ehm aku mau tanya juga videonya itu sebenarnya dimana sih om?

    ReplyDelete
  4. untuk melihat videonya, Klik tulisan fox8.com yang ada di bawah tulisan.

    ReplyDelete
  5. om, td kata Erlikh "mereka selalu kembali pada waktu yang sama", klo boleh tw kapan ya om ?

    shd

    ReplyDelete
  6. Mungkin maksudnya dalam lima hari selalu terlihat di tempat yang sama.

    ReplyDelete
  7. eh
    ada gak sih ufo yg muncul diatas bumi indonesia???

    ReplyDelete
  8. om enigma...
    oom tw gk tikbalang...
    makhluk yg masih misteri d fhilipina lho...
    banyak penampakan d makhluk tersebut..
    klo bs pajang d enigma donk...

    ReplyDelete
  9. Tikbalang? Blm pernah denger. Ntar saya baca2 dulu deh infonya.

    ReplyDelete
  10. aneh! Kayak ada ekornya! Ga bisa liat videonya gara2 pake hp :P

    Mungkinkah pantulan cahaya pada lensa kamera? Wah ga tau deh.

    ReplyDelete
  11. hmm.. bingung (?) kya kembang api yg ska ad pas tahun bru.
    mungkin bner ufo???... or kembang api???...

    ReplyDelete
  12. bro enigma..
    salam kenal, nama saya linda..
    salut bgt deh dengan blog bro enigma, very impressive (walopun saya baru kenal dengan blog ini, hehehe)..
    eniwei, request dunks bro..
    kl bole, bahas ttg bulan september 1752 (saya ingat jelas, karena dulu beritanya saya copy paste, hehehe)..tp ada apa dgn tahun itu? dulu saya perna baca, kl di bulan september 1752, tidak ada tgl 3-13nya.. aneh kan? makanya itu saya masih penasaran, soalnya berita yg saya copy paste itu ngga menjelaskan kenapa, cuman menunjukkan captured gambarnya..
    pliiiiiiiiiiiiiiiisss bro.. tararengkyu b4 ya bro.. ^^v

    ReplyDelete
  13. Menarik. Missing day atau hanya sekedar kesalahan penanggalan? Akan saya cari informasinya :)

    ReplyDelete
  14. Yang gambar pertama (bagian kanan) bukannya itu kayak Helikopter pengangkut AS yang punya 2 baling2 kan ya? tp yang dibawah gambarnya ga jelas, kayak benda vertikal gitu ..

    ReplyDelete
  15. @yg menanyakan 11 hari yg hilang : itu cuma penyesuaian tanggal saja, semula dr sistim penanggalan "a" kemudian ganti ke "b", & dr kedua sistim tersebut selisih harinya 11 (atau 10 ya . ?), nah itulah yg menyebabkan dari tgl 3 langsung ke tgl 13.
    Ma'af, lupa nama sistimnya, tapi yg saya baca mmg begitu . . . ;-)

    Bang Enigma,
    bahas tentang sungai didalam laut yg ada di mexico dong, kelihatanya keren tuh . . . :-D

    §

    ReplyDelete
  16. Soal sungai di dalam laut Mexico, vivanews sudah membahasnya dengan lengkap. Ini linknya :
    http://dunia.vivanews.com/news/read/135424-_sungai__bawah_laut_mexico_berbahaya

    ReplyDelete
  17. Halo Bung Enigma,
    Kapan req saya dimuat tentang spears of destiny & Croatoan.

    ReplyDelete
  18. bung enigma pernah menyaksikan benda aneh ga?

    ReplyDelete
  19. Cahaya2 yg indah bang enigma,ftonya trmasuk jlas mski kcil,i2 mnurut sya.nmun pnampakan UFO terindah bg sya adlh pada pstingan bang enigma yg d lndon i2,he..he
    Psting ttg missing day donk bang enigma?lma2 pnasaran jg,he..he

    ReplyDelete
  20. Wah sekarang tentang UFO lagi...memang gak ada matinya :)
    Saya berkunjung ke website sumber tulisan mas Enigma, yaitu: www.fox8.com/news/wjw-news-ohio-ufos-over-lake-erie-pictures,0,6755335.story
    Wow, berita ini dimuat oleh fox8. Pantas bisa langsung menyebar, apalagi website-website UFO lover, mereka dengan senang hati menampilkan tulisan fox8 di website mereka.

    Setelah saya jalan-jalan dengan Om Google, saya menemukan beberapa keunikan atau bisa juga dibilang keanehan:

    1. Tulisan sumber mas Enigma di fox8.com ternyata tidak bertanggal. Sudah beberapa kali saya cek, saya tetap tidak menemukannya. (Entahlah, apa karena saya pakai Opera Mini?) Hmm...rasanya kurang cocok kalau media seperti fox8 lupa mencantumkan tanggal.

    2. Dalam tulisannya mengulas penampakan UFO oleh Eugene Erlikh, juga tidak disebutkan kapan peristiwa penampakan UFO terjadi.

    3. Saya menemukan artikel senada yang juga dipublikasikan di fox8.com. Ini saya dapati ketika mencari video tentang UFO di Lake Erie di Youtube. Ini linknya: www.fox8.com/news/wjw-ufo-part2-txt,0,5590934.story
    Tulisan tersebut mempunyai tanggal, yaitu 9 Maret 2010 pukul 7.36 PM EST. Saya rasa tulisan itu ditulis berdasarkan video berita fox8 tentang UFO di atas Lake Erie, ini linknya di Youtube: www.youtube.com/watch?v=r2disi7i0tE
    Dalam tulisan disebutkan bahwa Eugene Erlikh merekam penampakan UFO itu. Ia melihatnya selama 6 malam berturut-turut. Ia mendeskripsikan UFOnya dengan warna yang terang dan berubah warna kemudian UFO itu begerak. Tapi dari video di Youtube, tidak terlihat adanya perubahan warna UFO.

    4. Hal yang disebutkan pada point 3 didapati perbedaan dengan tulisan fox8 yang satunya lagi ( www.fox8.com/news/wjw-news-ohio-ufos-over-lake-erie-pictures,0,6755335.story ) yaitu yang menjadi sumber tulisan mas Enigma. Yaitu, pada tulisan ini disebutkan penampakan UFO oleh Eugene Erlikh berlangsung selama 5 malam. Mana yang benar, 5 malam atau 6 malam? Mungkinkah tulisan ini yang dilaporkan terlebih dahulu?
    Ketika saya cek di Youtube, saya mendapatkan video yang saya pikir video inilah yang melatarbelakangi versi tertulisnya. Video ini adalah video berita dari fox8. Video ini juga menampilkan Carla Jackson yang tidak percaya apa yang dilihat Eugene adalah UFO (hihihi...sepertinya si Carla melupakan pengertian UFO ^_^v) Ini linknya di Youtube: www.youtube.com/watch?v=-CNoatkO_7o
    Setelah saya cek ternyata video ini diupload pada tanggal 8 Maret 2010. Sedangkan video berita fox8 yang satunya lagi diupload pada tanggal 9 Maret 2010, begitu juga artikelnya di fox8.com ( www.fox8.com/news/wjw-ufo-part2-txt,0,5590934.story ) juga dipublikasikan pada tanggal 9 Maret 2010. Hmm..ini berarti memang benar kedua tulisan yang dipublikasi di fox8.com dibuat 2 seri yang dilaporkan pada 2 hari berturut-turut.
    Jadi pertama kali Eugene Erlikh melihat UFO itu adalah pada malam 3 maret (atau malam hari tanggal 2 maret), yaitu 6 malam sebelum tanggal 9 maret.

    (Bersambung...)

    ReplyDelete
  21. (Sambungan...)

    5. Apa kira-kira UFO yang dilihat Eugene itu?
    Dalam tulisan fox8.com ini (www.fox8.com/news/wjw-news-ohio-ufos-over-lake-erie-pictures,0,6755335.story), Eugene mengatakan:
    "It was such a brilliant
    beam of different lights, it was going red, yellow, green, blue. It was never the same color it was always, like it was pulsating."


    Hmm..saya pikir itu adalah lampu pesawat. Pesawat mempunyai lampu navigasi berwarna merah, hijau , dan strobe light (berwarna silver/putih) dan mereka berkedip (pulsating). Cek disini:
    uk.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090731095621AAlF9vL
    en.m.wikipedia.org/wiki/Navigation_light?wasRedirected=true
    Atau bisa jadi ini juga:
    en.m.wikipedia.org/wiki/Aircraft_warning_lights?wasRedirected=true

    Dalam situs ini: searchingforet.com/in-all-seriousness-how-can-i-tell-the-difference-between-a-ufo-and-a-plane-at-night.html
    Seseorang dengan nick RobisaLo (pada tanggal 25 feb 2010) memberi komentar (no. 9) atas pertanyaan bagaimana membedakan UFO dengan pesawat. Berikut saya kutip:
    ''all civil aircraft / helicopters at must show a standard light configuration at night anything else must lead to other thoughts, blue, orange is not used, so you have white,green,red and flashing
    strobes (bright white tending to silver )''

    Satu hal yang saya garisbawahi. Pernyataan Eugene bahwa dia melihat cahaya berwarna merah, kuning, hijau dan biru, tidak dapat (saya) konfirmasi, karena dalam videonya hanya terlihat cahaya terang warna putih saja (saya tidak melihat warna merah, hijau, biru, kuning). Yang saya perhatikan adalah rekaman videonya, bukan foto yang diselipkan ke dalam video. Mungkinkah Eugene melebih-lebihkan? Hmm..bisa saja.

    Penampakan UFO di danau Erie memang menghebohkan. Banyak video yang telah diupload ke Youtube dan saya lihat video itu diupload mulai tahun 2007. Cek disini: www.youtube.com/results?search_query=Lake+Erie+UFO&search_type=&aq=f

    Saya juga menemukan penjelasan menarik yang mengklarifikasi UFO sightings di tahun 2007 di danau Erie. Yaitu pada artikel ini:
    www.wired.com/entertainment/theweb/news/2008/01/erie_ufos
    Di sini dijelaskan ada video tentang UFO di danau Erie pada tahun 2007 yang ternyata adalah hoax. Yaitu video 'fenomenal' berjudul 'merging UFOs' yang dibuat oleh seorang musisi bernama Michael Lee Hill. Video itu ia posting ke 'Abovetopsecret.com'. Pada akhirnya videonya diberi label hoax oleh website itu.

    Menananggapi fenomenena UFO di Lake Erie, 2 paragraf dari artikel itu mungkin berguna:
    ''An official from Cleveland Hopkins International Airport said the airport went to a "near simultaneous" take-off and landing plan in 2003,
    which sent planes in flight patterns over Lake Erie.

    After adopting the new system, people began calling the airport saying they witnessed a near-air collision,
    but it is an optical illusion: The planes look like they are on
    top of each other, but are actually miles apart, said the official. In addition, Hopkins runs a smaller airport near the lake, not far from where Hill films. Both airports share the same northerly flight paths.''

    Eugene Erlikh dalam video berita fox8.com bertanya: 'mengapa dia muncul pada tempat dan waktu yang sama?'
    Well, mungkin saja itu karena jadwal penerbangan pesawat di malam hari.
    Seharusnya fox8 juga menyediakan kemungkinan jawaban yang antusias maupun yang skeptik, dan juga mengkonfirmasinya dengan penerbangan pesawat di malam hari di bandara/hanggar di Cleveland. Supaya beritanya lebih berimbang...

    ReplyDelete
  22. Soal tanggal berita, saya pnya jawaban sederhana. Sumber asli berita diatas sbnrnya adl foxnews.com. Di foxnews cm ada satu paragraf pendek soal ini yang kemudia memberikan link ke fox8.com. Tgl berita ini bs ditemukan di foxnews.com.

    ReplyDelete
  23. @ yg nanya 11 hri :
    Ia it klu ga slah prgntian sstem klndr,
    'n yg klndr 'b' yg tdi dsbt it nmya klndr gregorian,
    Pnybb d gnti sstem kalender k sstem gregorian adlh penanggalan taun kbsat yg agak meleset oleh julius caesar

    ReplyDelete
  24. nice post bro... ga rugi sy tiap hari k sni
    keep posting..

    ReplyDelete
  25. Bahas tntang 2012 lg d0ng, yg LAPAN Mprediksi puncak Badai matahari tahun 2012-2015. .

    ReplyDelete
  26. saya jg jd pengen nanya hal yg sama nih,
    "WHERE IS IT?"

    ReplyDelete
  27. om, bahas tentang peristiwa runtuhnya WTC, katanya runtuhnya WTC itu adalah ulah amerika sendiri,, dan pesawat yang menabrak WTC itu bukan pesawat, karena saat menabrak gedung pesawat yang ada di video itu menembus gedung tidak menabrak (seperti hantu dapat menembus benda)/atau mungkin cuma editan video,,

    jadi mungkin CNN dan pemerintah amerika berkonspirasi untuk membuat seolah-olah WTC itu ditabrak pesawat (ulah teroris), padahal yang menabrak WTC itu bukan pesawat tetapi roket..

    lagi pula, saat WTC runtuh tidak ditemukan bangkai pesawat disana,, anehkan..?

    ReplyDelete
  28. alien nyasar ke bumi ga bisa balik karena UFO nya mogokMarch 11, 2010 at 3:41 PM

    chris: jika dia tidak kelap kelip, terus benda terang apakah itu? jika itu pesawat pasti akan ada lampu navigasi
    you do not know? because it is called "UFO" (Unidentified Flying Object)!

    ReplyDelete
  29. oiya, satu lagi,
    tolong komentarnya jangan di moderasi dong om,,
    saya tahu om enigma memoderasi komentar agar om enigma dapat membaca semua komentar yang masuk.
    Tapi ada cara lain agar om enigma dapat membaca semua komentar yang baru masuk tanpa moderasi, yaitu dengan menggunakan feeds comment, contohnya masuk ke sini om >>
    http://xfile-enigma.blogspot.com/feeds/comments/default

    lalu tinggal klik "berlangganan sekarang juga", nanti akan ada sebuah menu baru di toolbar firefox, kalau ada koment baru disana akan muncul. saya juga menggunakan feeds post untuk melihat postingan baru yang ada di blog ini.. dan feeds comment untuk blog saya sendiri agar bisa melihat komentar yang baru di blog ku.,,

    ReplyDelete
  30. makasih buat link tentang sungai bawah lautnya.
    padahal aku mau minta kak enigma buat bahas itu :D
    peasaran banget ma tuh berita...

    ReplyDelete
  31. Anonymous: komentar dimoderasi bkn cuma spy saya bisa baca semua komentar. Tp supaya saya bisa mensensor komentar. Kalau tdk disensor, blog ini akan menjadi tempat sampah. Jadi harap maklum. Lagipula, saya tdk lama kok approvenya.

    ReplyDelete
  32. @ alien nyasar ke bumi...:
    ''chris: JIKA dia tidak kelap
    kelip, terus benda terang apakah itu? jika itu pesawat pasti akan ada lampu navigasi you do not know? because it is called "UFO" (Unidentified
    Flying Object)!


    Hmm..sepertinya sudah saya jelaskan. Anda menggunakan kata 'JIKA' (jika dia tidak kelap kelip...). Tapi kenyataannya memang benda itu kelap-kelip, silakan cek di Youtube:

    www.youtube.com/watch?v=r2disi7i0tE

    www.youtube.com/watch?v=-CNoatkO_7o

    Dan pernyataan Eugene Erlikh sendiri:
    (www.fox8.com/news/wjw-news-ohio-ufos-over-lake-erie-pictures,0,6755335.story),
    Eugene mengatakan:

    "It was such a brilliant
    beam of different lights, it was going red, yellow, green, blue. It was never the same color it was always, like it was PULSATING."

    Lampu pesawat juga begitu, cek disini:
    en.m.wikipedia.org/wiki/Navigation_light?wasRedirected=true
    www.airweb.faa.gov/Regulatory_and_Guidance_Library/rgFAR.nsf/0/460D019A348B98DF8525668700728C0B
    Dari pengamatan langsung, memang lampu pesawat berkelap-kelip bukan?
    Dan benar, untuk setiap objek terbang yang tidak/belum dikenali, maka dia disebut 'UFO' ^_^

    ReplyDelete
  33. ok...
    tq om enigma...
    tp yg saya tau tikbalang itu "setan kuda"..
    itu julukannya om...

    ReplyDelete
  34. rizal achmad said ..

    infonya terlalu dikit bang, tapi terbantu sama info yg dikasih bang chris ..

    btw,link yg dikasih bg chris uk.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090731095621AAlF9vL
    en.m.wikipedia.org/wiki/Navigation_light?wasRedirected=true udah ke delete, lalu yg en.m.wikipedia.org/wiki/Aircraft_warning_lights?wasRedirected=true gambarnya seperti semacam tiang listrik (sutet), saya kira ganbar pesawat yg punya lampu dibawahnya itu ..

    tapi terlepas dari itu memang kliatannya Eugene Erlikh keliru mendeskripsikan UFO dgn pesawat biasa, maksud saya, saya juga pernah melihat hal yg seperti mr erlikh lihat waktu malam hari.. saya kira itu ufo gernyata cuma pesawat biasa karena kebetulan rumah saya dekat dengan bandara..

    mungkin bang enigma bisa memberikan info yg lebih lagi buat hal ini, hehe ..

    trims bang

    ReplyDelete
  35. sial..ketinggalan berita lagi...!!

    oke juga..tapi saya juga sama seperti om enigma, saya tidak dapat menemukan objek tersebut dalam gambarnya. mengkin gambarnya yang gelap karena di ambil pada malam hari jadi susah di lihat objeknya.


    PEACE!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  36. @ bang Rizal Achmad:
    Coba dicek lagi yang artikel wikipedia berjudul 'Navigation Light', saya masih bisa mengaksesnya. Halaman itu saya simpan dalam opmin 5 beta 2 saya, tapi setelah di-reload masih muncul, jadi masih bisa diakses.

    Link yang ini: en.m.wikipedia.org/wiki/Aircraft_warning_lights?wasRedirected=true
    Memang terlihat seperti tiang listrik..hehehe... :) , kenapa? Karena dia adalah 'aircraft warning light', lampu pemandu buat pesawat/helikopter. Agar terlihat oleh pilot, maka perlu dibuat tinggi, sehingga dipakailah tiang.
    Saya mencantumkan artikel ini untuk memperluas kemungkinan kasus salah identifikasinya sebagai ufo apalagi pesawat alien. Karena pada malam hari, tiangnya kemungkinan besar tidak kelihatan, yang kelihatan hanya lampunya saja, yang disangka sebagai ufo..

    ReplyDelete
  37. Yang nanya tikbalang diatas (setan kuda)...jadi ingat serial anak filipina Super Inggo yang ceritanya ada mengenai tikbalang...hehehe, ^_^
    >Achel<

    ReplyDelete
  38. Myheart2105 berkata...

    UFO???
    Yup bner tu UFO (Unidentified Flying Object),, tp kalo alien q yakin dech..mnurutq tu cm lmpu pswt wktu mlm hr,, q nebeng dech ma argumen2 si chris :)


    @om Enigma: tlg posting dunks tentang missing day yg bs dialami orang2..pliis ¤_¤ (berbinar-binar...)

    ReplyDelete
  39. tolong bahas ttg sungai di dasar laut dong, ap itu benar2 air? dan bagaimana bisa ada dua air yg berbeda dilaut yg tdk tercampur seolah2 ada batas yg tdk tertembus..hmm penasaran nih...

    by L

    ReplyDelete
  40. bang saya jga prnh liat yg bgtuan...di jogja wktu itu..mungkin g si klo cm satelit cuaca??aduh maap masi awam bgt...kjadiannya hmpir 3x muncul cm klo malam hari doank si..gmn y bang enig ?

    ReplyDelete
  41. Hmm. tidak bisa dipastikan. kalau ada fotonya lebih baik.

    ReplyDelete
  42. foto yg ke 4 itu cahayanya ada di belakang tebing/gunung yah??? soalnya cahayanya kaya ada yg menghalangi....

    ReplyDelete
  43. ufo mungkin ada kali yach..
    aq prnah ngalami waktu praktek (PKN) di bengkulu. 2 benda bulat berchaya putih jauh di langit tpat diatas kepala, bergerak mundar mandir, kekanan, kekiri. kyaknya pswat gak bsa bgrak sprti itu. bsar benda itu sbsar kyak bintang pd mlm hari...
    aneh!!!

    ReplyDelete
  44. ada foto perbandingannya gak bang antara obyek Eugene Erlikh ama MUFON.?

    keren juga pesawat jet muter" di daerah komersil


    -jakass-

    ReplyDelete
  45. Sayangnya jak, tidak ada gambar perbandingan.

    ReplyDelete
  46. goood posted...aku syarif menurut jangan lihat hanya dari satu sisi atau pandangan saja (MUFON)..bagaimana kalau pernyataan itu hanya untuk mengalihkan pikiran dan pandangan kita saja.kita tahu banyak konsppirasi cerdas dan pintar amerika pada banyak kasus...contoh misteri planet mars dan penampakan ufo di berbagai negara...contoh ufo attack di meksiko yang disaksikan ribuan masyarakat meksiko...kita serahkan saja pada yang Kuasa kapan kita dapat melihat kebenaran...

    ReplyDelete
  47. Ni John Doe,
    Bukannya skeptis, tapi seperti tulisan enigma sebelumnya (atau kata Dedy Corbuzier ya?), bahwa orang cenderung menganggap sesuatu yang dilihatnya adalah apa yang dipikirnya... Ya kan bung enigma?

    ReplyDelete
  48. Memang betul. Tp kamu blm jelas mengungkapkan apa yg kamu skeptiskan. Apkh hasil kesimpulan mufon, atau hasil observasi erlikh?

    ReplyDelete
  49. salam kenal bang enigma,
    Saya pernah dengar bahwa pendaratan manusia di bulan sebenarnya hanya hoax. Apakah bang enigma pernah posting masalah ini. Kalo belum tolong di muat ya bang.

    Makasih.

    Yanyan

    ReplyDelete
  50. Saya sdh pernah tulis soal itu. Coba cari di arsip kategori konspirasi.

    ReplyDelete
  51. Ni John Doe,
    Skeptis kalo UFO itu benar2 makhluk asing dari luar angkasa. Kalo Unidentifed Flying Object sih jelas ada hehehe tul kan? pokoknya benda terbang gak dikenal kan bisa dibilang UFO?
    Btw, kok posting saya bisa kepajang dua kali ya? yang pertama saya coba posting di update tapi gagal, dibilang ama www.blogger katanya bentrok waktunya.

    ReplyDelete
  52. Sdh saya koreksi. Memang blogger kdg gt, blgnya eror, tp nyatanya bisa.

    ReplyDelete
  53. chris nanya panjang lebar....tapi om enigma jawabannya singkat padat dan berisi...he.he....topmarkotop...
    andika...

    ReplyDelete
  54. mas tolong posting tntang kehidupan lain selain di bumi...

    ReplyDelete
  55. Ariel 10 said...
    Wah kasus ini kelihatanya belum selesai dan beum ter pecahkan kurang 1 point penting lagi!siapa ya yang benar benar bisa memecahkan kasus ini?

    ReplyDelete
  56. @ Ariel 10: mungkin kamu menanyakan yang ini?

    ''Tapi, menurut saya, ada satu
    pertanyaan yang belum dijawab oleh MUFON, yaitu
    mengapa cahaya itu tidak terlihat sebelumnya? Kalau cahaya itu berasal dari bandara, maka bukankah seharusnya cahaya itu juga terlihat pada malam-malam sebelumnya?''


    Saya rasa ini bisa terjadi karena jadwal penerbangan dan tujuan keberangkatan pesawat.
    Jadwal penerbangan pesawat pada malam hari memberi penjelasan munculnya cahaya misterius pada waktu yang sama setiap malam.

    Tujuan penerbangan pesawat, mempengaruhi arah terbang pesawat dan sudut pandang pengamat (Erlikh), sehingga dapat terekspos sepenuhnya dengan lampu navigasi pesawat.

    ReplyDelete
  57. Alex...
    Bang ga ada manuskrip misterius lg yah??

    ReplyDelete
  58. Myheart2105 berkata...

    baru beberapa hari gak main kmari, dah ada postingan baru lagi..
    so cm lampu pswt ya??
    btw, good job jg deh bwt Chris...q s7 ma kmen km diats..

    @om Enig: btw, pa mmg stiap misteri yg om tulis dievaluasi kmbali? update ni kbetulan nemu pas lg baca2 info atw mmg dsengaja, tgl skian cek ini,, tgl skian cek itu..??

    ReplyDelete
  59. Myheart2105 berkata...

    om Enig, kok komen di postingan update ufo ohio ditutup??

    ReplyDelete
  60. Itu cuma pengumuman. ntar mau dihapus lagi.

    ReplyDelete
  61. bang enigma, bener nggak sih kalo pilm "paranormal activity" ntu bner2 diambil dari kisah nyata?

    ReplyDelete
  62. bagaimana dengan foto ke 3 dan ke 4...saya tidak pernah melihat lampu pesawat jet yang demikian...tolong dicari jawabannya bung enigma

    ReplyDelete
  63. Hai...salam kenal ne kriegz
    y menurut saya ufo tuh antara ada dan tiada
    terus bisa aja ada mungkin tuhan menciptakan manusia
    bukan di bumi aja melainkan di luar angkasa sana juga ada itu mungkin
    iya beda galaksi lah kalo kita kan galaksi bima sakti mungkin aja ufo itu datang dari black hole (lubang hitam) yang nyasar ke bumi mencari peradaban
    emmm menurut penelitian black holle itu kan kalo misalnya pesawat ada yang masuk situ ga aakan bisa balik lagi karna sudah pergi ke galaksi lain. mungkin ada peradaban selain bumi mungkin beda galaksi sehingga ufo bisa datang dan membuktikan bahwa ada peradaban lain ... !! mungkin
    sekian terimakasih :D

    ReplyDelete
  64. @ September 1752, itu karena ada prubahan dari Kalender Julian ke Gregorian

    ReplyDelete
  65. emang ad tah UFO di muka bumi ini ???
    kalo aku sih percaya gak percaya.,soalnya belum pernah liat yang kaya gituan.,.,

    ReplyDelete
  66. akhir2 ini banyak fenomena2 aneh yg diduga adalah penampakan ufo.
    apabila ufo itu memang benar2 ada, mengapa akhir2 ini ufo sering terlihat ?
    dan apabila ufo tidak ada, fenomena apakah yg akhir2 ini sering muncul di berbagai belahan dunia dan kita lihat ?

    ReplyDelete
  67. Saya hanya menyimak belum memberi komentar

    ReplyDelete
  68. alliansi said..

    bro tlong cri tau september 1752 dong,soal ny dstu dunia khlangan 11 hari..
    tlong ya bro enigma..

    ReplyDelete
  69. jika dilihat dari rekaman videonya dan jika cahaya tersebut benar-benar dari pesawat seharusnya cahaya tersebut satu arah walaupun cahaya tersebut bergerak atas kebawah tetapi mengapa cahaya tersebut bisa bergerak mundur...?

    ReplyDelete
  70. Soal Bulan September 1752, bukannya pada tanggal itu ada perbaikan kalender dunia..???
    Itu menurut saya...
    Maaf kalo ada kesalahan...

    ReplyDelete
  71. good job enigma.

    ReplyDelete