Monday, May 3, 2010

Legenda Werewolf dari masa ke masa

Walaupun kedengarannya seperti sebuah kisah dalam film Holywood, namun, kisah mengenai manusia yang dapat berubah menjadi serigala dapat ditemukan di banyak negara di dunia.


Bahkan, kisah mengenai makhluk yang biasa dikenal dengan nama Werewolf atau Lycan ini bisa ditemukan di catatan-catatan Yunani kuno.

Werewolf di dalam Literatur Kuno
Herodotus, dalam bukunya yang berjudul Histories pernah menulis mengenai Neuri, sebuah suku yang berdiam di timur laut Scythia (dekat Ukrainia) yang penduduknya berubah menjadi serigala setiap sembilan tahun.

Dalam mitologi Yunani kuno, raja Arcadia yang bernama Lycaon disebut diubah menjadi serigala oleh dewa Zeus akibat mengorbankan dan memakan daging anaknya sendiri. Nama Lycaon kemudian menurunkan kata Lycanthropy yang kita kenal sekarang ini.

Cendikiawan Roma, Pliny the Elder, juga pernah bercerita mengenai seorang pria yang berubah menjadi serigala setelah memakan isi perut seorang anak kecil.

Lalu, pada tahun 60 Masehi, Gaius Petronius menulis dalam bukunya mengenai Niceros yang menyaksikan temannya berubah menjadi serigala. Niceros bercerita:

"Ketika aku mencari sahabatku, aku menemukannya sedang melepas seluruh pakaiannya dan menaruhnya di pinggir jalan...lalu, ia kencing sambil membentuk lingkaran dengan urinnya di sekeliling pakaian yang tergeletak. Tiba-tiba, ia berubah menjadi serigala. Setelah itu, ia mulai melolong dan berlari masuk ke hutan."

Walaupun lebih banyak ditemukan di Eropa, kisah mengenai werewolf juga bisa ditemukan di wilayah di luar Eropa.

Di kalangan suku Indian Amerika, makhluk serupa dikenal dengan nama Skin Walker. Di Turki disebut Turkadam, sedangkan di Amerika tengah dikenal dengan nama Nagual. Percaya atau tidak, di Eropa dan Amerika, Leak Bali dianggap sebagai Werewolfnya Indonesia.

Karakteristik Werewolf
Menurut legenda, pada saat bulan purnama, seorang manusia, dalam kondisi tertentu akan berubah menjadi serigala. Tubuhnya akan menjadi tinggi dan kuat. Matanya bersinar terang seperti hewan pada umumnya dan alisnya yang lebat akan bertemu di tengah. Mulutnya terlihat selalu kering, seperti orang yang kehausan.

Kulitnya kasar dan ditumbuhi bulu yang lebat. Telinganya berubah menjadi lancip seperti anjing dengan gelambir yang menggantung di lehernya. Bedanya dengan serigala, werewolf tidak memiliki ekor.

Salah satu metode untuk mengidentifikasi werewolf dalam rupanya sebagai manusia adalah dengan melukai tubuhnya. Jika ia adalah werewolf, maka di bagian tubuh yang terluka akan terlihat adanya bulu seperti serigala.

Cara lainnya, menurut legenda Rusia, seorang werewolf dapat dikenali dengan adanya bulu di bawah lidahnya.

Walaupun dalam film-film Holywood disebutkan kalau werewolf bisa dibunuh dengan peluru perak, karakteristik ini tidak bisa ditemukan di dalam legenda.

Bagaimana cara berubah menjadi Werewolf
Di Italia, Perancis dan Jerman, disebutkan kalau seseorang dapat berubah menjadi werewolf dengan cara tidur di luar rumah pada saat bulan purnama musim semi yang jatuh pada hari rabu atau jumat tertentu.

Lalu, ada juga yang percaya kalau seseorang bisa berubah menjadi werewolf karena digigit oleh werewolf lain. Ini membuatnya menjadi sama seperti legenda Vampire. Ada lagi yang percaya kalau seseorang bisa berubah menjadi werewolf karena dikutuk.

Tetapi, kebanyakan legenda percaya kalau transfigurasi seorang manusia menjadi werewolf terutama diakibatkan oleh kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas satanic atau sihir.

Pandangan ini meluas pada abad pertengahan di Eropa yang diiringi dengan perburuan werewolf, vampire dan penyihir. Di Perancis sendiri, antara tahun 1520 hingga tahun 1630, ada sekitar 30.000 orang yang ditangkap karena dianggap sebagai werewolf. Kebanyakan dari tersangka ini kemudian menjalani penyiksaan dan interogasi yang keji hingga tewas.

Walaupun sering dianggap sebagai aktifitas satanic, ada sebuah kisah yang cukup membingungkan.

Pada tahun 1692, seorang pria berusia 80 tahun yang bernama Thiess dari Livonia memberikan kesaksian di bawah sumpah kalau ia dan beberapa teman lainnya adalah werewolf yang disebutnya sebagai "Anjing pemburu Tuhan".

Ia mengklaim kalau mereka adalah perajurit yang diutus Tuhan untuk memburu para penyembah setan dan para penyihir. Thiess juga mengatakan kalau kelompok werewolf seperti dia juga terdapat di Rusia dan Jerman.

Kesaksian Thiess dianggap sebagai penghujatan terhadap Tuhan dan ia dihukum 10 kali cambukan karenanya.

Werewolf dan Vampire
Bagaimana hubungan antara werewolf dan vampire? Kita melihat mereka bermusuhan seperti di film underworld, apakah benar seperti itu?

Sepertinya tidak. Pada abad pertengahan, di Eropa berkembang kepercayaan kalau jasad mereka yang dibunuh karena dianggap werewolf harus dikremasi. Jika tidak, maka jasad itu akan bangkit dari kubur sebagai Vampire.

Ini mengindikasikan kalau masyarakat waktu itu percaya werewolf dan vampire adalah satu oknum.

Di Serbia, Bulgaria dan Slovakia, Vampire dan Werewolf juga dianggap sebagai makhluk yang sama yang dikenal dengan nama Vulkodlak.

Penampakan Signifikan
Salah satu alasan mengapa kisah mengenai werewolf bisa bertahan selama ribuan tahun adalah akibat banyaknya laporan penampakan yang terjadi selama rentang waktu itu.

Misalnya, tahun 1790. Dua orang pengembara sedang berada di Wales Utara ketika seekor hewan besar menyerang kuda mereka. Satu kuda mati terbunuh. Peristiwa ini terjadi saat bulan purnama terlihat di atas langit. Banyak yang percaya kalau makhluk yang menyerang mereka adalah seekor werewolf.

Lebih dari 200 tahun setelah peristiwa itu, tepatnya di tahun 1992, juga di Wales, surat kabar lokal memberitakan mengenai makhluk aneh sebesar beruang yang terlihat berkeliaran di tempat itu. Seorang petani sempat melihat makhluk itu saat bulan purnama dan ia menemukan dua ekor dombanya sudah mati. Sebagian orang juga percaya kalau makhluk itu adalah seekor werewolf.

Legenda Beast of Gevaudan yang meneror Perancis tahun 1760an juga sering dianggap sebagai kasus klasik Werewolf.

Para saksi mata yang melihat makhluk itu mendeskripsikannya sebagai makhluk yang mirip dengan anjing atau serigala.

Beast of Gevaudan tercatat melakukan 11 kali penyerangan dimana kebanyakan korbannya adalah wanita dan anak-anak. Para korban tewas ditemukan dengan tubuh termutilasi dan menunjukkan tanda-tanda dimangsa.


Militer Perancis sampai mengerahkan pasukan untuk memburu makhluk itu. Namun, tidak membawa hasil.

Dari antara semua penampakan modern mengenai werewolf, mungkin penampakan yang paling luar biasa adalah apa yang dialami oleh Mrs.Delburt Gregg dari Texas.

Pada suatu malam di tahun 1958, Mrs.Gregg sedang sendirian di kamarnya ketika ia mendengar suara seperti menggaruk di jendelanya. Sekilas, ia bisa melihat adanya seekor makhluk besar berbulu seperti serigala yang sedang menatapnya dengan mata bersinar. Mrs.Gregg juga bisa melihat gigi taringnya yang putih.

Menyadari kehadirannya telah diketahui, makhluk itu kemudian segera berlari masuk ke dalam semak-semak.

Mrs.Gregg bercerita:

"Setelah beberapa saat, aku menyaksikan satu sosok keluar dari semak-semak. Tetapi, aku tidak melihat adanya serigala berbulu lebat. Figur yang terlihat keluar adalah seorang pria yang sangat tinggi yang kemudian berjalan terburu-buru hingga menghilang di kegelapan malam."

Penampakan Mrs.Gregg sangat sesuai dengan gambaran werewolf versi Holywood.

Kalau begitu, apakah benar ada makhluk werewolf seperti yang digambarkan oleh film-film Holywood?

Penjelasan Alternatif

Sepertinya sulit mengabaikan keberadaan makhluk ini. Jika werewolf hanyalah sebuah cerita rakyat, dongeng atau rekaan Holywood, mengapa kisah penampakan makhluk ini bisa tersebar ke seluruh dunia sejak ribuan tahun yang lalu?

Jika kisah werewolf baru muncul beberapa puluh tahun belakangan, mungkin kita bisa berargumen kalau televisi dan media yang telah menyebarkannya. Tetapi, sepertinya setiap wilayah di dunia, punya kisah werewolfnya masing-masing.

Jadi, apakah makhluk yang disebut werewolf benar-benar ada?

Sebelum masuk ke situ, mungkin ada baiknya kita melihat beberapa teori alternatif yang berusaha menjelaskan mengenai makhluk ini.

Teori alternatif ini dibuat berdasarkan premis kalau tidak ada manusia yang bisa berubah menjadi serigala. Yang ada adalah salah interpretasi atau cerita hiperbolik yang diceritakan secara turun-temurun.

Ini adalah beberapa diantaranya:

Pria berpakaian serigala
Ada sebuah peristiwa mengerikan terjadi di kota Bedburg, Jerman, pada tahun 1591. Suatu hari, sekelompok penduduk berhasil mengepung seekor serigala yang masuk ke desa. Lalu mereka mulai menyerang serigala itu dengan kayu. Anehnya, serigala itu tidak berusaha untuk lari atau melawan.

Tiba-tiba, para penduduk melihat hewan itu berdiri dan makhluk yang dianggap sebagai serigala itu ternyata adalah seorang pria paruh baya yang mengenakan kulit serigala. Mereka mengenalinya sebagai Peter Stubbe, salah satu penduduk Bedburg juga.

Para penduduk lalu membawanya ke desa dan mulai menginterogasinya. Stubbe mengakui kalau ia telah membunuh 16 orang, termasuk 2 perempuan hamil dan 13 anak-anak.

Lalu, ia mulai bercerita lebih jauh.

Pada usia 12 tahun, Stubbe sudah tertarik dengan ilmu sihir dan mulai mempelajarinya. Bertahun-tahun kemudian, ia semakin serius mempelajarinya dan bahkan ia memulai perjanjian dengan setan. Tidak butuh waktu lama, Stubbe mulai dipenuhi dengan angan-angan untuk membunuh. Ketika mengincar mangsanya, Ia akan bersembunyi di hutan sambil menyamar menjadi serigala.

Pembunuhan yang dilakukan oleh Stubbe terbilang cukup sadis. Ia biasa merobek tenggorokan korbannya dan menghisap darahnya. Secara perlahan, keinginannya akan darah menjadi tidak tertahankan sehingga ia terus membunuh untuk memuaskannya. Dalam banyak kesempatan Stubbe bahkan memakan daging korbannya.

Yang paling mengerikan dari kejahatan Stubbe adalah kejahatan yang dilakukannya terhadap anaknya sendiri.

Suatu hari, Ia membawa anak laki-lakinya yang masih kecil ke hutan, memecahkan tengkoraknya dan memakan otaknya.

Peter Stubbe tercatat sebagai salah satu pembunuh berantai paling sadis di dalam sejarah dunia. Kejahatan yang dilakukannya begitu mengerikan sehingga pengadilan memutuskan untuk menghukum matinya dengan cara yang tak kalah sadis. Tubuhnya diikat di sebuah roda, lalu, daging tubuhnya dicabik-cabik dengan besi panas. Kaki dan tangannya kemudian dipatahkan dan akhirnya ia dipenggal. Sisa mayatnya lalu dibakar menjadi abu.

Peristiwa pembunuhan Peter Stubbe terjadi pada abad pertengahan dimana Eropa sedang berada pada masa dimana tahayul merajalela. Bisa jadi kisah ini tersebar luas dan menimbulkan rumor mengenai adanya makhluk jadi-jadian bernama Werewolf.

Halusinasi

Penulis pertama yang mengkaitkan antara werewolf dengan penyakit adalah Marcellus Sidetes (abad 2 Masehi), seorang Yunani yang tinggal di Turki dan menulis buku mengenai pengobatan.

Ia menyebutkan kalau ada kasus dimana seseorang mengalami perasaan yang menuntunnya untuk percaya kalau ia adalah serigala yang kemudian membuat orang tersebut berkeliaran di pemakaman.

Argumen Sidetes kemudian dikonfirmasi oleh sains modern yang mendukung adanya kemungkinan ini. Salah satunya adalah keracunan ergot (sekumpulan jamur genus Claviceps). Mereka yang keracunan jamur jenis ini bisa mengalami halusinasi yang cukup parah dan bisa menganggap diri mereka sebagai hewan, atau merasa sedang diserang oleh hewan.

Salah satu kasus terburuk keracunan Ergot terjadi pada tahun 1951 di kota Pont St.Espri di Perancis. Sekitar 135 orang masuk rumah sakit dan 6 diantaranya meninggal dunia. Kasus ini terjadi akibat para penduduk memakan roti yang telah terinfeksi ergot. Jamur ini telah membuat mereka mengalami halusinasi yang membuat mereka percaya kalau harimau dan ular sedang menyerang mereka.


Tentu saja teori ini tidak bisa menjelaskan mengapa di tempat yang tidak pernah ditemukan ergot juga dilaporkan adanya penampakan werewolf.

Karena itu, kita masuk ke sebuah sebuah teori lain yang lebih populer. Teori ini percaya kalau werewolf sebenarnya adalah manusia yang terkena kelainan yang disebut Hypertrichosis atau werewolf syndrome.

Hypertrichosis (Werewolf Syndrome)

Jika werewolf hanya didefinisikan sebagai manusia berbulu lebat seperti serigala, maka sepertinya kita telah mendapatkan penjelasannya lewat kelainan yang disebut Hypertrichosis, kadang disebut werewolf syndrome.

Mereka yang menderita kelainan ini mengalami pertumbuhan rambut di tubuh dalam jumlah yang tidak wajar. Ada yang mengalami kelainan ini sejak lahir dan ada pula yang mengalaminya karena faktor eksternal seperti efek samping pengobatan.


Untuk yang mendapatkannya sejak lahir, belum ditemukan pengobatan yang bisa menyembuhkannya. Yang bisa dilakukan hanyalah mencukur rambut dengan teratur.

Kasus Hypertrichosis bawaan dari lahir boleh dibilang sangat langka karena sejak abad pertengahan hanya ada 50 kasus yang tercatat.


Tetapi, masalahnya, penderita Hypertrichosis tidak pernah berubah dari manusia menjadi serigala dan sebaliknya. Jadi, penjelasan ini pun sepertinya tidak sesuai dengan legenda werewolf.

Jadi, makhluk apakah werewolf ini sebenarnya?

Werewolf dan aktivitas sihir
Apakah makhluk ini berasal dari aktivitas sihir?

Ataukah makhluk ini seekor cryptid yang belum dikenal?

Namun, pertanyaan terpentingnya adalah, apakah manusia bisa berubah menjadi hewan?

Jika semua teori di atas tidak bisa menjelaskannya, maka saya rasa, jawaban paling "masuk akal" adalah: Werewolf memang ada dan ya, manusia bisa mengalami transfigurasi menjadi hewan dengan melakukan sihir tertentu.

Tapi, jika kalian tidak mempercayai adanya sihir yang bisa menyebabkan seorang manusia mengalami transfigurasi menjadi hewan, maka saya tidak punya teori lagi untuk dikemukakan.


(wikipedia, hellhorror.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

124 comments:

Lica Lawliet said...

pertamaaaaaxxx!!! >.<
ih, org yg di foto terakhir itu asli?? serem....

Yoel cornelius said...

hallo mas enigma !

saya suka sekali dengan topik2 postingnya...

makin hari,, makin menarik

Mas kapan2 bahas mengenai SUKU SUMERIA donk,,

berikut penjelasan tentang DNA darah orang eropa yang katanya keturunan Alien ! saya penasaran... apakah benar ras kaukasia itu keterunan alien?

Anonymous said...

werewolf........
mau komen apa y??? baca dulu ah!!! kekekekek

Ms. Terry

http://budakpalembang.blogspot.com said...

klo manusia bisa berubah jadi hewan itu sama saja dengan teori evolusi nya darwin toh...!!! bener gan ya !!!

Anonymous said...

Manusia BISA banget berubah jadi hewan bahkan LEBIH RENDAH dari hewan seperti yang dialami Peter kalo ia kehilangan NURANI n LOGIKA nya....seperti banyak kejadian d negara kita jg....

Ms. Terry

Anonymous said...

tess mass,,
om enigma kok agak jarang nulis yaa..
seriingin om...
blog om keren bangeet

Anonymous said...

andre,
hhii jadi takut keluar malem, takut ketemu sama werewolf hhe..
ka Lycantrhopy itu apa ya?

Jendra said...

KEEMPATXXX hehehe..

mantap bang enigma.... saya baca setiap postingannya... semua pertanyaannya sudah terjawab lengkap nih sama bang enigma hehehe...
Nanya satu aja...
Film warewolf yg Hollywood itu dapet inspirasi dari mana ya????
kok sampe2 nyasar ke silver bullet hehehe
Truzz warga eropa aneh dah..
masa cuma karena hewan peliharaan mereka mati saat bulan purnama. Itu dianggap korban warewolf????

Bang yg Crop Circle blom ada lagi ya????
Nyariin nih.....Kangen sama Crop Circle.. tapi jangan yang bermotif burung Phoenix. hehehe

Anonymous said...

^;^
nice..

Sekali-kali posting tentang ANTARIKSA.. GALAKSI.. etc.. Bukan ALIEN-nya.. Kalo ALIEN gw percaya kok.. KITAB SUCI semua agama juga sudah MEMBERITAKANNYA.. Masalah apakah Makhluk2 luar bumi tersebut benar2 ada yang sudah mencapai bumi atau tidak.. itu LAIN PERSOALAN..

Terus kalo tidak BERTENTANGAN dengan TEMA BLOG.. posting juga mengenai KEMAMPUAN-KEMAMPUAN unik dan tidak biasa pada MANUSIA.. baik yang diperoleh dari GIFT.. BAKAT ALAMI.. maupun karena LATIHAN..

xixixixxiix.. BANYAK PERMINTAAN sedikit PARTISIPASI.. maaf yak.. BANG Enig Ma..

^;^ mindhack ^;^

harits indi pradana said...

Ah ga pertamax..
(=T3T=)
Bang,kalo yg di crita gadis brkerudung merah tu jg werewolf kga?

enigma said...

@harits: iya, kerudung merah juga sering dianggap cerita werewolf.

@Jendra: Holywood penuh imajinasi.

Andika said...

HAHAHHA, itu tugas Enigma apakah manusia bisa berubah jadi hewan

Chris said...

Kali ini saya tidak mau ketinggalan kereta lagi..hehe..

Saya suka membaca tulisan bang Enigma, mengalir lancar.

Jadi apakah werewolf itu??

Saya rasa itu tergantung 2 hal:
1.Definisi/persepsi mengenai apa itu werewolf

2. Cara pandang terhadap keberadaan werewolf


Definisi/persepsi terhadap werewolf menghasilkan identifikasi yang berbeda untuk definisi yang berbeda. Misalnya, jika werewolf adalah manusia berbulu lebat di tempat yang tidak semestinya, di wajah misalnya, maka penderita hipertrikosis bisa dianggap sebagai werewolf.
Tapi jika werewolf adalah seperti anggapan klasik, yaitu manusia serigala yang bertaring, bercakar, buas dan menyerang manusia, maka hipertrikosis dicoret.
Memang bisa jadi kisah werewolf adalah cerita hiperbolik yang terinspirasi kisah semacam Peter Stubbe di tahun 1591.
Tapi ini tidak menjelaskan kisah tentang werewolf dengan deskripsi klasik yang terjadi sebelum tahun 1500-an, seperti cerita Herodotus dari Yunani di atas.
Atau pun terhadap cerita-cerita serupa di berbagai belahan dunia.
Apakah ini cuma imajinasi yang kebetulan sama? Ataukah memang nyata?
Pertanyaan di atas jawabannya ada di balik kabut misteri...


2. Cara pandang terhadap keberadaan werewolf:

1. Skeptik
Cenderung menyangkal dengan argumen salah identifikasi, hoax, dsb. Tapi sepertinya pertanyaan kabut misteri kita sulit terjawab oleh penjelasan skeptik.

2. Scientific Skeptic
Cenderung menyangkal dengan argumen ilmiah.
Misal teori hipertrikosis. Walaupun sepertinya werewolf dalam pengertian klasik tidak akan pernah terjelaskan oleh sains.

3. Multiple explanation
Tidak ada penjelasan tunggal tentang fenomena/misteri werewolf di seluruh dunia.
Suatu saat memang murni salah identifikasi, di kisah yang lain cuma hoax, di kisah yang lain lagi hipertrikosis disangka werewolf, dsb.
Teori ini tidak menafikan wilayah non-scientific.
Penjelasan werewolf adalah bentuk aktivitas sihir dapat juga diterima. Karena hal-hal yang tidak diatur oleh hukum alam exist (hal-hal gaib).
Bahkan tidak menutup kemungkinan diantara sekian penampakan werewolf, beberapa di antaranya adalah jin.

Hmm.. Jika saya memilih, saya lebih cenderung pada 'multiple explanation'.

Chris said...

Oya bang Enigma, apakah sistem penanggalan posting tulisan blogger berubah?

Sunday, May 2, 2010?
Bukankah ini waktu AS sekarang?

bang tio said...

jangan-jangan Sumanto juga werewolf!
Kekekekekeke jauhnya... Tapi sapa tau huehuehuehue

Anonymous said...

posting yang bagus, bung enigma (boleh dipanggil 'bung' ya?).

hmm, saya setuju sama bung chris kalau werewolf itu ada hubungannya dengan sihir. Kemungkinan besar memang begitu. Tapi setelah baca lagi kalau itu kemungkinan disebabkan penyakit (seperti hypertrichosis yang dijelaskan bung enigma), saya jadi berpikir mungkin ada juga penyakit yang bikin perubahan seperti itu saat orang tersebut kena cahaya bulan (belum pernah dengar sih, baru MUNGKIN). Atau gak perlu cahaya bulan. Mungkin yang perlu diteliti kondisi lingkungan saat mereka 'berubah' (bisa jadi bukan cahaya bulan yang bikin mereka 'berubah', tapi faktor lain). Masalahnya, belum pernah ada laporan dari saksi yang melihat 'perubahan' itu secara langsung, jadi saya tidak bisa bicara lebih lanjut. Tapi itu juga baru prediksi saya aja sih.

menurut bung enigma gimana?

ngomong2, benar2 kebetulan banget, saya lagi makan nasi padang pakai lauk otak saat baca tentang Peter. Mantab, langsung mual seketika. Lain kali tolong dikasih peringatan ya bung. Kasihanilah orang2 yang sedang makan nasi padang pakai lauk otak seperti saya ini...

u-tell

Anonymous said...

wkwkwk..
Mantap bang..
Saya pembaca setia enigma loh.. Paling seneng baca yg soal HOAX,coz bang enig udah kya ditektif,.haha.
Mungkin nanti saya mau mengikuti jejak christ,my heart dll..haha..
Tunggu aja...


By: pahlawan_bertopeng

Bang BeN said...

klo ngomongin tentang werewolf jd teringat jyabura....
wkwkwkwk

oh z bro en....
td dkatakan leak tu werewolf dri indo....
tpi persamaana mana???
1 serigala 1 lg topeng,,,,
pa karna human transform truz dianggap sama gtu....

Anonymous said...

wjaahaahahahahhahaa, request saya terpenuhi!!!!!!

ni Oon Enigma nulisnya karena request ato mo nulis ndiri, kalo nulis ndiri brarti request saya MUNGKIN tidak dibaca, kalo nulis karena request vrarti DULU request saya ente baca, whwhwhwhwhhahahahhahahahahhahahahhaahaha....!!! :thumbup

nais inpoh Oom, ijin kopas ke forum2 :D

enigma said...

@u-tell: saya juga percaya kalau itu karena sihir. oh ya, soal otak, saya baru denger ada org makan nasi padang pakai lauk otak. Biasanya makan soto kudus yang pakai lauk otak. haha. anyway, sory brother. berarti lain kali tidak boleh baca blog misteri sambil makan nasi. :) haha

Anonymous said...

hehe. terima kasih untuk wanti-wantinya. Lain kali saya gak bakalan lagi deh makan nasi pas buka blog ini. Apalagi nasi padang pakai lauk otak. hehe

saya tunggu postingan bung enigma selanjutnya. tetap jaga kesehatan bung.

u-tell

aw3ng said...

@chris: good choice, coz dunia mash mnyimpan bny misteri...kepala ane trlalu kecil buat itu smua...heheheee...piss..
@Ms. Terry: manusia itu kumplit...jangankan binatang, setan jg ada kok dlm diri kita...tp dun worry, didalam sini juga ada angel...
@bro En: ada g clue ttg penampakan werewolf...mksd ane, klo versi holywood di Undrworld (klo lycan tu bnr sm dgn werewolf) lycan digambarin "brwarna gelap"...kan? tp kok di Dog Soldier (ada yg prnah nonton g yah?) kok digambarin putih?
Last Two, Hypertrichosistu prtama kali ditemuin kapan yah? pnasaran ajah, wlopun teori satu ini siap ane coret,coz dari post ada sekian banyak laporan penampakan, smtr bro En nulis...

Kasus Hypertrichosis bawaan dari lahir boleh dibilang sangat langka karena sejak abad pertengahan hanya ada 50 kasus yang tercatat.

Last One,
Untuk yang mendapatkannya sejak lahir, belum ditemukan pengobatan yang bisa menyembuhkannya.
emang ada pnybab yg lain; slain bawaan lahir?

pertanyaan terpentingnya adalah, apakah manusia bisa berubah menjadi hewan?
mnurut ane...TIDAK...
klo manusia bertingkah/brklakuan SEPERTI hewan...bisa...bahkan udh banyak... (^_^m)

enigma said...

@aw3ng: Kalau dibandingkan sama film, saya nyerah deh. Imajinasi holywood kadang tidak sama dengan legenda. Jadi soal Dog Soldier, saya tidak ngerti deh.

sebenarnya pertanyaan2 yang kamu tanyakan itu sudah mau saya tulis, cuma karena merasa terlalu panjang, saya edit-edit sehingga jadi segini. ternyata kamu suka dengan detail juga ya..

Kasus Hypertrochosis yang pertama dicatat adalah tahun 1648 di Canary island. Nama penderitanya Petrus Gonzales.

Hypertrichosis bisa juga didapatkan dari sebab ekxternal seperti efek samping pengobatan. kalau karena faktor eksternal ini, maka pengobatannya adalah dengan mengobati sumbernya.

ini link wikipedianya:

http://en.wikipedia.org/wiki/Hypertrichosis

aw3ng said...

...ehm...msh kurang puas bro...maksud ane, (maap, sdikit belok dulu...)skian taun lalu, bokap prnah tugas luar jawa, kbtulan disbrang sungai t4 bokap+rombongan rehat, ada srigala yg lagi minum...kt bokap bulunya "klewus" klo kt org jawa...mksude rada2 abu2 gt...nah, dr atas smp bwh post, ane g nemuin "warna" si werewolf...cm Mrs. Gregg...
...Sekilas, ia bisa melihat adanya seekor makhluk besar berbulu seperti serigala...
warnanya?
bs aja beruang laper yg nyasar, coz mgk 'mak Gregg lg masak enak...

...thx anyway 4 d link...
ehm, g nyinggung ttg "kekuatan besar" yah...cm "gondrong" nya aja...heheheee....
kirain klo hyprtrochosis bs pny tenaga berlipat...hahahaakkk... (^_^m)

Anonymous said...

adindaranisatiti

kalo mereka punya werewolf, bukankah kita punya babi ngepet???
hehe ;p
"jempol buat enigma sama chris :)"

Anonymous said...

Nobody said..
itu sihir bro. di kampung saya manusia yang mengalami transfigurasi menjadi hewan dikenal dengan nama SUANGGI. Mereka yang memiliki ilmu tersebut bisa mengubah diri menjadi seekor kucing atau anjing. sihir seperti itu biasanya dipake seseorang untuk menyamar atau dalam misi membunuh seseorang. tetapi di sebuah tempat di daerah saya, ada keturunan dari keluarga tertentu yang bisa berubah menjadi hewan (anjing) dan itu bukan disebabkan oleh sihir, tetapi karena kutukan. Mereka hanya berubah pada bulan2 tertentu saja dan sama sekali tidak menganggu / membunuh orang seperti SUANGGI, sehingga masyarakat sekitar tidak terlalu meresahkan hal tersebut.satu hal lagi, bila transfigurasi itu terjadi, mereka berkeliaran pada malam hari sambil menangis seperti manusia, dan mereka memakai SEPATU.

Anonymous said...

nice post mas enigma...

saya juga pernah mendengar waktu saya masih kecil ada yang namanya harimau jadi-jadian, atau buaya putih jadi-jadian, atau ular jadi-jadian...berarti sama aja kan dengan serigala jadi-jadian??
kalau mitos yang pernah saya dengar waktu masih kecil manusia yang berubah jadi makhluk jadi-jadian tersebut dikarenakan ilmu hitam yang dipelajari, berarti sama aja dengan membuat perjanjian dengan setan??
karena dikampung saya, saya mendengar ada buaya putih yang dibunuh tapi bangkainya jadi manusia..coba dicari tentang hal itu ya mas enigma... soalnya mitologi di indonesia ada banyak tapi tingkat kebenarannya lebih sulit dicari..

Anonymous said...

maanusia berubah jadi hewan........pasti ada ........di indonesia juga banyak...jadi babi lah, (babi ngepet...bukannya terkenal banget ya...^_^)jadi monyetlah......, malah di daerahku pernah ada penjahat yg berubah jadi kecebong...jadi setiap dia melakukan kejahatn...pas mo ditangkap...dia pasti cari air...lompat...ngilang dah...beneran..tp dia dah ketangkap...sama polisi yg punya ilmu juga n dtmbak...mati deh...^_^, menurutku semua itu aktifitas abnormal...aktifitas sihir...whareverlah...yg pasti dosa...^_^

thekrim said...

Apakah warewolf bisa dikatakan "siluman"? Istilah dalam bahasa Indonesianya?
Btw, ditemukan kapal Nabi Nuh udah dibahas belum bang?

enigma said...

@thekrim: soal klaim penemuan kapal nabi nuh mmg blm sy bahas, tapi sy yakin kapal yang ditemukan itu hoax.

Anonymous said...

kalo mnurut saya sih dari aktivitas sihir bang, kan di postingan abang sblumnya ad yg ngebahas soal cwe di afrika yg brubah jadi kucing??, kalo itu bner2 terjadi brati warewolf jg termasuk dari itu kan?? cman prubahanya aj yg laen,, yg satu kucing yg satu warewolf...
tapi warewolf cman pas bulan purnama aj y??
sama kek legenda di indonesia tuh, tapi bukan bulan purnama, tapi kalo lilin di nyalakan... :D

-why-

Anonymous said...

xxx said...

mungkin pada zaman dulu emang ada werewolf soalnya dulu kan banyak banget ilmu sihir...

Juan Marthin said...

saya yakin werewolf itu ada, dan saya yakin itu ada karena kegiatan sihir atau ilmu hitam atau sejenisnya. but who knows, dunia ini khan penuh dgn misteri.

thank bung enigma atas postingannya.
maju terus ya

Anonymous said...

nice post brother, trus tolong posting soal mitologi Red Cap donk, thx

499

Anonymous said...

Hm,
Kapan membahas mengenai legenda naga yang lebih terperinci mr.Enigma, kalo sejarah nagakan ada di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, bahkan nongol di pewayangan dan biblepun mengungkapkannya ? Kalo leak dikatakan werewolfnya indonesia ?! Wah, salah besar tuh, Leakkan cuma kepala ma organ tubuhnya aja, ga ada unsur hewannya blasss....... Mohon segera dibahasa ya mr.Enigma walau banyak blog udah membahasnya, tapi saya yakin postingan di sini bakalan lebih bagus lagi !! :D

Misteri@999 said...

wow posting yg bagus bang,ini posting tentang werewolft yg plng lengkap,soalnya saya suka sekali cerita,film tentang werewolf,pokoknya keren banget postingnya dech 4 tumbs up for mr.enigmg

Vee Cree said...

Bang mw nanya nih....
Diantara vampire, werewolf ama penyihir mana sih yang nongol duluan (legendanya/asal usulnya)?

enigma said...

@vee cree: sy tdk tau pasti. Tp sepertinya legenda penyihir lbh dulu ada dibanding yg lain.

Anto Cuervo said...

Uh...ohh Akhirnya Lycanthrophy dibahas juga...
Great Job Om En...banyak literatur kuno yg menceritakan tentang Lycanthropy,kalau digali lebih dalam lagi,metodenya mugkin ya ga jauh2 dari sihir...so i guess you're right, it's just magic.. more or less

Anonymous said...

BAng enigma..saya mau nanya ini berita beneran ato cm hoax ya..?? Terima kasih...
http://id.news.yahoo.com/kmps/20100502/tid-wow-piton-mati-diangkat-pake-ekskava-376aae3.html

WAHYENX666 said...

bang gue gagal pertamax lagi, kemaren bolak-balik ke blog ini lho . .

bang request, misteri tentang pembunuhan Elizabeth Short dong, (disebut juga Black Dahlia)
ngeri leat foto2nya, termutilasi gitu . .

keep your nice posting bang . .



nb:ijin copas . . hehehe \m/

Anonymous said...

@vee cree:

Menurut info yang saya dapat (mohon dikoreksi jika salah) legenda penyihir jauh lebih dulu ada sebelum werewolf dan vampir. Penyihir sudah dikenal jauh sebelum masehi, seperti yang sering disebutkan bahwa di mesir saat zaman firaun (ribuan tahun SM) tukang sihir bahkan jadi pendamping firaun di pemerintahan. Legenda werewolf MUNGKIN baru muncul di zamannya Herodotus (5 abad SM) dan legenda vampir MUNGKIN baru dimulai tahun 1400an (kisah vlad tapes 'dracula'). Jadi menurut saya urutan dari yang paling 'kuno': penyihir, werewolf, vampir.

sekali lagi, mohon dikoreksi kalau salah.

u-tell

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Uwaah..werewolf! Auuu...^0^

Q s7 ma chris,, werewolf mang ada yg krn sihir,, ato krn jin...magic is exist.

Om Enig, q prnh bc ttg werewolf sblmx,, tp lp dmana hehe.. :p
Tp mang ini yg plg mantap!

@Vicree: kalo nurut aq,, lbh duluan ada sihir. Yg psti sihir dah ada sjak zman nabi Musa. Inget kisah nb Musa ditantang ma pnyihir2 firaun??

Anonymous said...

by:agus
penjelasan yg paling mudah adalah sihir, yg kedua boleh jadi penyakit, tetapi muncul bulunya pas bulan purnama saja. susah juga soalnya tidak ada bukti secara menyakinkan.

Anonymous said...

lala said,,
good good good...
kutunggu postingan selanjutnya!!!

Adjie said...

Izin copas untuk forjie.com yah bro. Artikel ente sangat menarik sekali ...

ichabod_CRANE said...

whoaaa...mantap bro Enigma.....
Thanks for Werewolfnya.....

Anonymous said...

coollllllll mantab asli postingnya.tetep maju bang! tengkyu

mevia said...

Bang Enigma, bahas tentang legenda Palasik dong yang ada di Sumatera Barat ...yang saya tau mereka mengincar bayi2 yang baru lahir.Soalnya saya cari dimana2 blom dapet infonya.

Anonymous said...

contohnya BABI NGEPET hehehehe, beneran tuh,saya pnh liat..bahas dong :D kan dr indo asli

emiro said...

kalo menurut saya ih sebenernya werewolf itu orang2 yang melakukan praktikum sihir sama sepert anda tapi mungkinkan werewolf itu adalah HELLHOUND atau anjing neraka tapi menggambil fisik manusia, ataukah hanya sejenis tipu muslihat tukang sihir ini kasus nya sama kaya babi ngepet dong... .tapi andaikan ini adalah salah satu jenis praktikum sihir berart banyak orang2 yang bisa mempelajarinya apakah segampang itu sampai banyak sekali kasus tentang werewolf lalu kenapa yang di ambil oleh para penyihir adalah wujud serigala bukan hewan bua yang lebih kuat lainya seperti harimau singa dan sejenis nya dan kenapa semua mahluk seperti vampir,werewolf,dan penyihir menggambil wujud hewan malam?

vampir-kelelawar
werewolf-jelas serigala
penyihir-kucing,musang,rubah dan bisa jadi laba2

apakah ada penjelaan logisnya

Black_Jack said...

Wah, kalo gitu sekalian aja bahas tenteng penyihir Bro Enima.

Seperti biasanya, nice post !!!!

V(>_<)V

Anonymous said...

Manusia srigala mengigit manusia dan manusia menjadi manusia srigala dan begitu seterusnya. Koq kayak MLM?
Hahahaha
Just kidding.. :D



Support ME, thanks. :D
Bisnis Online & Bisnis Internet

Anonymous said...

saya jadi ingat sama mas SUMANTO...Mungkin yang di inginkan oleh sumanto adalah seperti warewolf, dimana dia harus memakan daging manusia... Atau mungkin ada aktifitas lain... bahwa bisa saja acara makan memakan mayat / anggota tubuh manusia dapat menjadi ritual SIHIR... dan hal itu di mungkin kan bahwa ( Freemasonry menggunakan sihir untuk membuat sebuah misi / tujuan rahasia mereka) seperti berubah menjadi hewan... hehehe... lalu ada sebuah pertanyaan di hati saya... MENGAPA MANUSIA INGIN MENJADI SESOSOK WAREWOLF ??? ada yang bisa jawab???

luthfi said...

menurut saya werewolf bener2 ad ya ..
mereka dapat berubah menjadi srigala karena ilmu sihir ..
sama saja seperti babi ngepet di indonesia ..
tapi di indonesia sendiri kita punya legenda manusia harimau yg berasal dari tanah minang (tanah kelahiran saya) yg tak kalah populer dgn werewolf ..
@bro mevia ,, berhuibung palasik itu dari minang jdi saya ceritakan setahu saya ,, saya pernah diceritakan oleh nenek saya ..
waktu beliau sedang hamil tante saya ,, nenek saya pernah diserang palasik (tante saya belum lahir) dan menurut kakek saya palsik adalah manusia yg punya ilmu hitam untuk awet muda dan dia harus menghisap darah bayi yg masih dalam kandungan untuk bisa tetap awet muda ..
sampai sekarang saya tidak tahu bagaimana cara palasik tersebut menghisap darah bayi yg dalam kandungan ,, katanya seh dengan diliatin aj ..
nah kemudian setelah tante saya lahir beliau jadi gampang sakit dan lemah secara fisik ,, akhirny setelah berinisiatif membawa ke dukun palasik tante saya bisa sembuh ..
kata tuh dukun klaw ni anak telat dibawa kesini tuh palasik bakal terus nempel dan terus menghisap darah tante saya sampai mati ..
mungkin begitu saja ..

Dewa_shiwa^_^ said...

saya tidak percaya dengan adanya werewolf....
sperti y di gambarkan selama ini....
itu semua mitos,mungkin zaman dahulu ada manusia y cacad genetika y mngalami prubahan struktur pada tubuh nya sehingga fisik'a berbentuk sperti serigala...
dengan banyak bulu,badan bungkuk,n tengorak mruncing mnyerupai srigala....
contohnya:Kesalahan genetik ato penyakit y menyebabkan orang bertambah tinggi mlebihi ukuran manusia normal....apakah itu bisa dikatakan raksasa sperti y sering kita dengar di dongeng2?????
Tp semua kembali kepada diri qta masing2..percaya ga percaya...terserah...Ty^_^

Andika said...

Menurut saya Werewolf bukan makhluk Cryptid atau Penyakit, mengapa saya katakan demikian.
1. PENYAKIT:
Hypertrichosis, jika seseorang mengalami syndrome ini mereka tidak dapat dikategorikan sebagai Werewolf,Mengapa? WEREWOLF adalah hewan yang buas. Sedangkan sindrome ini hanya mengacu ke peningkatan hormon penumbuh rambut, bukan GIGI, Telinga dan lain2 seperti yang dijelaskan di atas, dan bukan juga menumbuhkan sifat buas atau bisa membuat rambut tumbuh seketika dan mata yang terang
2. Cryptid :
Fosil?
walaupun Cryptid pasti tidak jadi2an
3. ahhhhaaaa......
ini jawaban mutakhir
Multiple explanation

Tidak ada penjelasan tunggal tentang fenomena/misteri werewolf di seluruh dunia.
Suatu saat memang murni salah identifikasi, di kisah yang lain cuma hoax, di kisah yang lain lagi hipertrikosis disangka werewolf, dsb.
Teori ini tidak menafikan wilayah non-scientific.
Penjelasan werewolf adalah bentuk aktivitas sihir dapat juga diterima. Karena hal-hal yang tidak diatur oleh hukum alam exist (hal-hal gaib).
Bahkan tidak menutup kemungkinan diantara sekian penampakan werewolf, beberapa di antaranya adalah jin.

Hmm.. Jika saya memilih, saya lebih cenderung pada 'multiple explanation'(Christ Said)
@Crist Tumben dikit... heheheheh Peace man

Anonymous said...

dewa-krisna said..

@dewa_shiwa: kalo km mlh skeptik itu hak kamu. Tp bs jelasin gk kelainan genetik apa yg km maksud? Apa namanya, kalo mmg ada? Kalo cm mitos, kok bs mncul dlm cerita2 di bnyk tmpat d dunia, n mirip2 lg ciri2nya??

aw3ng said...

@Nobody+: SUANGGI? ane prnah dgr hal itu dt temen, dah lamaa bgt...tp g tau namanya...thx, skr jd tau

@Anonymous: harimau-buaya-ular jadi2an? ...emmm...hampir bs dipastikan seluruh pnjuru Indonesia punya hal itu...

sejenak anda brdua ngingetin ane sm legenda Harimau Malaka (ato cm mitos...???) yg jd penjaga kawasan slama sekian keturunan... (^_^m)

Anonymous said...

itu sih serigala peliharaan punyanya mbah ware. yg sama org2 eropa dibilang ware'swolf,trs dbaca sama org2 bodoh jaman dulu jadi werewolf

fenrir-yorokobi

Pak.RT said...

pak ulas tebo anak keturunan genderuwo yang sering di bawa show wahana misteri,kaynya sih hoax.

cuma kalo pak enig bisa bahas lebih dalam kaynya seru tuh

meet joe black said...

seru nih..

saya tinggal disumatera, riau, klw kisah2 yg beginian (jadi2an) bnyk bgt disini, mulai dari palasik, harimau jadi2an, buaya putih, kucing hitam, voodo, ninja, orang kebal, dll.

tp klw soal palasik, dengar-dengar cerita orang-orang tua, orang yang jadi palasik bisa melepaskan kepalanya alias kepala terpisah dari badan, yang memburu mangsa-mangsanya cuma kepalanya doang, (kepala terbang) biasanya jam operasinya pada malam hari, target mereka adalah bayi-bayi baru lahir, jika bayi-bayi yang berhasil selamat setelah diserang, biasanya akan menjadi idiot, (pernah perhatikan anak2 idiot gak?? kalau dikumpulin rame2, mukanya rada2 mirip satu sama lain, gigi mereka seperti gigi hiu, tajam2 dan kecil)

tapi hal ini belum tentu benar, karena belum ada orang yang mau ngaku didepan umum kalau dia adalah palasik..hehehe.. ntar kalau ada yang ngaku, bung enigma bakal diberi kesempatan buat mewawancarai deh.. hehe

Anonymous said...

klo di KAL-SEL palasik itu di sebut kuyang.
cara membunuhnya harus cari tubuh aslinya terus di isi sama serpihan kaca ato apadeh terserah ,,yg penting tuh kepalanya yg terbang ga bisa masuk lg ketubuh aslinya...terus is dead

THE KROCO said...

bang ane tanya gejala-gejala werewolf syndrome bang!

DeeLaBeLLe said...

skrg bingung mo komen ap, ud banyak komentatorny, pasti bro En jg bingung bales komenny skrg :P

@Lica: congratz ya, akhirny bs pertamax juga ^_^

Dewa_shiwa^_^ said...

@Dewa_krisna(maaf klo pnjelasan q rancuh,maklum q blum bobok nee,klo kata bg.Rhomz "BEGADANG"..^^)

1.Tp bs jelasin gk kelainan genetik apa yg km maksud?(pertanyaan pertama anda;point 5)
"Hypertrichosis (Werewolf Syndrome)==>bca lagi^^
Jika werewolf hanya didefinisikan sebagai manusia berbulu lebat seperti serigala,maka sepertinya kita telah mendapatkan penjelasannya lewat kelainan yang disebut Hypertrichosis,
kadang disebut werewolf syndrome".

2.Kalo cm mitos, kok bs mncul dlm cerita2 di bnyk tmpat d dunia, n mirip2 lg ciri2nya??(pertanyaan 2;POIN;15)
"itu hanya permainan media saja..."
media bisa menciptakan ato mlebih lebihkan apapun....sperti contoh kecil "hantu kolor ijo",ada y mngakui pernah mlihat n bahkan pernah di lukai bahkan dinodai(xixii),
tp setelah ditelusuri,BOHONG..
Bagaimana jika si "kolor ijo" ini diangkat menjadi film di hollywod n ditonton di seluruh negara di bumi..pasti dunia juga akan tau dan akan menyatakan ciri2 y sama di tiap negara.Padahal itu cuma bokisss,setelah itu ada y bpura2 menjadi si "kolor ijo"..guna mnakut2i orang laen..Alhasil orang tersebut akan menceritakan kpada orang laen khan??n bgitu juga sterusnya secara manusia itu adalah mahkluk y suka melebih2kan alias lebay alias alay..
Nah...booming deh tuh "kolor ijo" di sluruh dunia...seperti layak'a si "werewolf"ne..trus qta bahas dehhh....ato contoh laen:"apakah anda dapat membuktikan bahwasanya,kucing itu 9 nyawa(seluruh dunia mngakuinya itu looohhh...tp di head shot mninggal juga tuh kucing..xixiix^^)
Jadi,semua wacana itu mesti di cerna dulu(jangn asal diserap bulat2,karena akan menyebabkan
kanker,serangan jantung,impotensi ganguan khamilan dan janin....parahnya lagi gangguan jiwa)sebelum mgambil ksimpulan...
sperti y enigma sering lakukan....(salute buad ENiGMa(Enak,Nikmat Ga Malu2in^^))
last but not least,believe it or not it's depend to the person,actually(alay mode:on^^)

mevia said...

@Lutfi ...makasih ya infonya, tapi masih kurang detail ...oh ya... aku bukan bro loh.. :)
@ meet Joe Black ... ternyata ditempat lain ada juga toh?

Anonymous said...

syarif " di indonesia ada ngga sech werewolf itu ?

Lica Lawliet said...

@DeeLaBeLLe : makasih k *gaya pemenang dunia*
Hahahaha!
I'm not got pertamax by my self. There's someone who's help me. Makanya, saya tungguin trus. Trnyata dpt. Yeyy! >.<v

yeah_abcd said...

udah la ma bngt baca artikel2 disini,,tapi jarang komen..haha...
bang,,, di tunggu artikel soal HOAXnya... karna di artikel itu banyak detektif yang bermunculan...haha...
<<<pengen blajar jadi ditektif juga kaya my heart,,christ dll...XD..

Anonymous said...

Dewa-krisna said...

@dewa_shiwa: hipertrikosis?? Ya jelaslah bukan.
Maksudku yg kamu blg ini nih:

itu semua mitos,mungkin
zaman dahulu ada manusia y
cacad genetika y mngalami prubahan struktur pada tubuh nya sehingga fisik'a berbentuk
sperti serigala...
dengan banyak bulu,badan
bungkuk,n tengorak mruncing
mnyerupai srigala....
contohnya:Kesalahan genetik

Yang ciri2nya km sebutkan itu, kayak tumbuh bulu, badan bungkuk n tngkorak meruncing itu, apa kelainan genetiknya?? Apa namanya? Apa emg ada, ato kamu cm nerka-nerka aja??

Trus km blg, itu mitos krn dsbarluaskan media massa? Emangnya wktu zaman herodotus, suku indian, mesir, dll ada mdia massa kyk skarang??
Wkwkwk.. Masak werewolf disamain analoginya ma kucing yg punya nyawa 9?? Ya jelaslah beda, gak tpat.

Oya, km prcaya sihir itu ada gak?

Anonymous said...

Dea .
Kak thanks banget ya postingan.nya , kereeen bgt . .
oia kak sekalian dong request ttg SIHIR atau PENYIHIR gtu , biar lengkap ada Vampire , Werewolf ada Penyihir jugaaa ..
Ya ya ya ?? sekalian nunggu para alien bikin crop circle
:))
hehehehe

Anonymous said...

bagus2
sekalian mau cerita nih kemarin pagi aku lihat ufo dengan mata kepalaku sendiri, nggak mungkin salah bentuknya kayak bulatan warnanya metalic bergerak zig-zag di langit

Anonymous said...

Hai, Ni John Doe,

Kalo tidak salah, enigma pernah memuat tulisan tentang wanita di afrika yang bisa berubah menjadi kucing kan? mungkin kasusnya analog dengan werewolf ini.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Xixixixi...chris beraksi lg di pstngan mary celeste...pnjelasn tmbahan yg ttp memukau..^_^

@yeah_abcd: :blushing: hehe..aq jd GR neyh,, dblg detektif, n dsejajarin ma chris,, senangnyaaa... (*ditabok!! :p *)

Dewa_shiwa^_^ said...

@dewa_krisna

(baca sendiri yh)
http://www.indoforum.org/showthread.php?t=92269 (manusia berbulu)
klo mengenai manusia badan bungkuk n
tngkorak meruncing itu,q blum dapat infonya...tp jika anda mencoba mnyerang saya karna pernyataan saya ttg Kesalahan/mutasi Genetika tadi...cb anda liad info disekeliling anda...ada manusia raksasa(itu knapa???karna sihirkah?????)binatang berkepala dua(knapa??karna sihir lagi????)binatang bermuka manusia(itu knapa????karna sihir lagi???)Jangan terlalu percaya apa y anda liad n anda dengar....tp telusuri dulu kebenarannya..(ato nnti jika saya mngenakan kostum werewolf,anda akan lari,n berteriak...toolooong,ada werewolf...y seharusnya anda buktikan dulu,werewolf ato kostum..apalahi jaman dulu,manusia rata2 mnggunakan bulu serigala,harimau untuk mnutupi tubuh mreka...jadi marilah mjadi manusia y kritis^^br ga dibodoh2i ama bangsa laen...
aq mngada ada???gini loh maz//mba...seharusnya y berkata sperti itu saya,anda kekeh dgn pernyataan anda bahwasanya "werewolf" itu ada...
sementara tak ada 1 BUKTI konkret y mnyatakan itu ada...
dan tak ada media y brani mnyatakan "werewolf"itu ada secara 100%,mereka mnyebutkannya itu MITOS ato LEGENDA...
apakah MITOS n LEGENDA(itu adalah cerita rakyat,bisa percaya bisa tidak)coba anda baca y diatas lagi,enigma sendiri tidak brani menyatakan werewolf itu ada,dy mnuliskan LEGENDA,coba anda search di om GG,semua mnuliskan dengan kata LEGENDA atau MITOS...tidak ada y mnyatakan 100% ada..klo ada,Ga mungkin saya ga percaya dund..T_T
maff,saya tidak mngatakan media massa sebesar sekarang...tp manusia dulu jauh lebih cerdas bahkan lebih jenius dr kita...mesir n benua amerika atau jaman herodotus...adalah negara-negara cerdas dijaman dulu..mesir hanya dengan tangan bisa buad piramid,plato,nebukadnesar(ato sapalah itu) brasal dr negara2 y tidak punya komputer,tp jenius ilmu perbintangan..masa hanya media aza ga ada,km luctjhu deh,BAHASA selain alat komunikasi juga media,media menyebarkan gosip dari 1 telinga ke telinga lain sampai ke jutaan telinga...lagian jaman dulu penjajahan itu ada mas..sapa tau aza si penjajah itu bawa gosip kenegaranya^^..jadi deh mendunia^^...hahah..
knapa saya samain dengan kucing,karna kedua duanya adalah sama,sama sama LEGENDA n MITOS....
jadi buad dewa_krisna cr lh dulu kbenaranya...sbelum terbukti ataupun masih jadi Legenda..cb di saring informasinya,br lbih enak debatnya^^

mana ada sihir^^....klo ada masa negara ku tercinta ini bisa dijajah blanda slama 350 taun T_T....mending di santet2 aza...be mninggal...ato mungkin karna hantu2'a ga bisa bahasa inggris kalee yh...hahahah T_T..Africa punya sihir vodoo,y terhebat didunia(katenyeee),klo hebat datangin ujan dund....br bisa nanam rawit..hahaha..T_T sihir kq di percaya,kbanyakan nonton/baca crita fiksi yh maz....^^(mf jika ada kata2 y mnyinggung,tp senng punya tmn y suka debt^^lm knl)

Lica Lawliet said...

@DeeLaBeLLe : bukaaann~~
kemaren, kebetulan kk saya ol trus karna dia tau saya ngga pernah dapet pertamaxxx di blog ini (hiks. kasian banget) makanya dy kasih tau saya pas dah diposting ini. (tetep aja curang yah?)

klo gitu, maafkan saya semuanya.... lain kali, bakal pertamaxxx dgn bantuan ade deh!! wkwkwkwkwwk! :P

Anonymous said...

Dewa-krisna said...


@dewa_shiwa: weleh..weleh, sptnya km emosian gt ngejawb prtnyaanku, gk usah lebay lah... :)

Nih aku bkin dftr nmr argumen2 aku..biar mdah dphami.

1. Aku nanya, mana bukti klaim km bhwa pnampkan werewolf yg bner2 kyk mnusia srigala spt bnyk yg dilaporkan dr sblm msehi smpai abad2 stlh renaissance, yg km blg cuma krn ksalahan gnetik. Of course lah, ksalahan gnetik yg aku mksud bkan satu-satu, mlainkan sekaligus. Kalo km gak NGARANG, apa klainan gnetik yg mnyebabkn seseorg berbulu, bdan bgkuk, tgkorak mruncing n kalo mo nambahin skalian tlinga meruncing, gigi taring memanjang, mulut mrongos?? Pkokx yg mnyebbkan seorg manusia mirip werewolf.
Kalo cm mnusia brbulu aja, anak TK jg tau kalee itu gk pntes dsebut werewolf.
Tp km dh jwb sndiri, wlwpun kritrianya gak lgkp:
''klo mengenai manusia badan bungkuk n tngkorak meruncing itu,q blum dapat infonya...''

Ngkak gw bacanya..km kykx kalo mnjm istlah si chris trmasuk golongan skeptic-scientific. Tp itu cm imej yg km cb prlhtkan. Tp knyataannya beda, km gk bisa beri nama klainan gnetiknya apa??
Mau ngles, kalo sains modern blm mnemukanx krn trjd zo dhulu n jarang?? Haha.. Pnampakan manusia srigala dlporkan sjak zmn kuno dgn dskripsi yg sm di tmpt2 yg scr geografis sngt brjauhan, msal mesir dgn indian, dan laporanx lbh dr 1 x.

Hehe..aku ykin km gk kan mnemukanx krn km cm NGARANG ada klainan gnetik kyk gt..km berharap klainan gnetik spt itu ada.

2. Mau tau knapa aku blg km LEBAY?? Nih:

Lebay number 1---> ''cb anda liad info
disekeliling anda...ada
manusia raksasa(itu knapa??? karna sihirkah?????)''
Jwb: ya iyalah tu bkan sihir, manusia rksasa scr sains ada, nama klainanx GIGANTISME, tp yg aku soroti, cntoh2 lebay km brikutx gk mnunjukkan argumen km bhwa mnusia srigala dgn sgla ciri khas tbuhx, adlah krn klainan gnetik.

Lebay number 2--->''binatang berkepala dua(knapa??karna
sihir lagi????)''

Lebay number 3--->binatang bermuka manusia(itu knapa????karna sihir
lagi???)

Ahaha..prtnyaan lbay km itu ya iyalah bkan shir, itu mah krn ksalahan gntik atuh, tp klaim km ttg manusia srigala adlh kelainan gnetik gak da bukti/gk trjawb alias NGARANG...hehe..makanya mas/mbk, jgn sok saintifik yah..ntr malu ndiri... peace ^_^v

Lebay number 4---> ''ato nnti jika saya mngenakan kostum
werewolf,anda akan lari,n berteriak...toolooong,ada werewolf...'' <---g.a.r.i.n.k!

3. Kamu blg:

''apalahi jaman
dulu,manusia rata2
mnggunakan bulu
serigala,harimau untuk
mnutupi tubuh mreka...''

Yakin bgtu? Kok msir n indian, yunani kykx nggk yah?? Kalo biar dsangka werewolf kan makenya dskujur tubuh, bkn cm kyk rompi aja..kalo eskimo sih mgkn aja..
Lgian, jgn underestimate lah ma org2 dl, mreka kan gk bdoh buat ngbedaian mana yg werewolf, n mana yg cm pke bju kulit hwan brbulu.. Kan jelas bdanya itu..

Cont'd

Anonymous said...

5. ''sementara tak ada 1 BUKTI
konkret y mnyatakan itu
ada...
dan tak ada media y brani mnyatakan "werewolf"itu ada
secara 100%,mereka
mnyebutkannya itu MITOS ato
LEGENDA...''

Cb mikirnya dperluas dikit, itu artinya jg gak ada bukti konkret bwt mngatakan werewolf tu gak ada. Namanya jg misteri..haha..

6. ''mesir hanya dengan
tangan bisa buad
piramid,plato,nebukadnesar (ato sapalah itu) brasal dr negara2 y tidak punya komputer,tp jenius ilmu perbintangan..masa hanya media aza ga ada,km luctjhu deh,''


Darimana km brkesimpulan kyk gn? Mreka emg maju dlm astronomi bwt ukuran zman itu,.. tp apa yg km maksud: ''masa hanya media aza gak ada''. Koran ?? Yg ada headline ''gempar! Werewolf dtemukan..bla..bla..'' yg brsirkulasi intrnasional??
Haha..(sori lebay dikit). Nah siapa yg lutjhu?? Hehe..
Oya, kalo itu mmg benar, TLG TUNJUKIN BUKTINYA DUND..km kan orgnya saintifik gitoh..hehe..

BAHASA? Sbg pnyebar gosip?? Haha..isenk bnget yak org indian k mesir n smpt2 blajar bhs mesir n dgr gosip werewolf..trus dsebarin di negerinya...lgian ngapain jg org indian k msir? Prdbn mreka di bnua Amerika jg sngt maju..haha..imajinasi dicmpurkan ke fakta..

7. Pnjajahan indonesia? Disantet aja pnjajahnya? Haha.. Aku bkan ahli sihir,, tp kykx shr jg punya batasan2 trtentu..
Stau aku sih Sihir tu dlarang, krn mggadaikan keimanan n jiwanya ma setan/jin. N mgkn shr jg macem2..gak kyk flm harpot yg cm ngayunkan mantra kedabra..org bs trlempar..haha..

Sejauh ini, km aku nilai trlalu angkuh bwt mengakui hal2 gaib itu ada.. Bs aja kan, werewolf tu adlh jin?? Who knows..
Aku salut bwt komen2 bjaksana kyk teori multiple explanation nya chris...

Hehe..peace..sori kalo ada yg trsinggung :D

jmj said...

Brow... bung enigma ada benernya juga sihir itu ada.., ga ush jauh2 liat aj di banten tu orang makan beling juga ga kenapa2 .. apa itu bisa dijelaskan oleh sains ???? saya rasa blum ada. hmmm... berarti sihir itu emng ada kan ... :)

Anonymous said...

Dewa-krisna said

@Andika: waduh, km salah org bro,, aku sih prcya kalo sihir itu ada. Yg gk prcya tu si Dewa-shiwa tuh..

Br buka blog, tp udah kena smprot, tp gk pa2 sih, cm slh sebut aja kayakna..hehe..

Andika said...

@Dewa Shiwa
Anda jangan terlalu arogan untuk mengatakan hal2 gaib dan mistik itu tidak ada. Walaupun hal tesb memang sulit diterima dengan rasional.(bukankah nama anda termasuk sesuatu yang gaib)

Jika anda memang penganalisis ilmiah sejati bagaimana anda dapat menjelaskan, bahwa struktur kelainan genetika dan Hypertrichosis dapat merubah seseorang menjadi werewolf. Bagi saya kelainan genetika dan Hypertrichosis hanya akan merombak penampilan fisiology mereka namun tidak dalam sifat mereka.
Jika werewolf seperti yang anda pikirkan(kelainan gen) bagaimana struktur genetik mereka dapat merubah bentuk telinga, gigi, dan rambut mereka dalam waktu yang singkat seperti yang tlh dijelaskan, dan apakah hanya karena kelainan gen dan Hypertrichosis dapat merubah kelakuan mereka seperti binatang.

Serpti yang anda remehkan, menurut saya lebih
pantas jika werewolf merupakan cerita awal orang yang berpakainan hewan karena mereka adalah pengikut satanisme atau ada gangguan kejiwaan lainnya, psikopat.
dan jika anda mengatakan bahwa kealinan gen adalah musibab dari werewolf anda telah menghakimi mereka.

anakkucing said...

waaaah, lama tida komen di blog ini, ada 2 dewa sedang asik bermain.. ^^

@mba lica, selamat, akhirnya pertamaxx berhasil diraih.. ^^

@dewa shiwa, untuk beberapa hal, saya setuju dengan kamu..
memang werewolf karena kelainan genetik atau werewolf syndrome itu ada, dan tentu saja itu sudah terbukti..dan mungkin werewolf syndrome tidak hanya mempengaruhi bulu/ rambut yg tumbuh,
tp apakah werewolf syndrome juga mempengaruhi selera makan? i mean, apakah penderita werewolf syndrome juga menyukai daging mentah?
saya rasa tidak..dari apa yang saya baca, hypertrichosis hanya mempengaruhi hormon pertumbuhan rambut, sehingga rambut tumbuh berlebihan di t4 yang tidak biasa..
tidak ada referensi mengenai penderita hypertrichosis berubah selera makan menjadi suka daging mentah dan suka memangsa seperti werewolf beneran..

lagipula dunia ini tidak hanya terdiri dari hitam dan putih..
adanya kasus werewolf disebabkan oleh hal lain saya yakin juga pasti ada, dan untuk ini saya sependapat dengan dewa krisna, chris, u-tell dll yang berpendapat adanya multiple explanation atau yg setuju werewolf bisa disebabkan oleh praktikan sihir..
kalau kamu tanya, saya pribadi percaya dengan sihir..
bukan karena saya praktikan sihir, hehehehe.. tp karena yang hidup di dunia ini bukan hanya manusia, hewan, tumbuhan, dan alien .. tp ada juga mahkluk tuhan yang namanya jin, setan dan iblis..
kl kita meminta bantuan dengan jin, setan dan iblis, apapun bentuknya, itulah yang disebut dengan sihir..populer istilahnya di indonesia dengan nama santet, pelet, teluh, tenung. pengasihan, pesugihan dan sejenisnya..
pertanyaan kamu, knp waktu itu para penjajah tidak disantet aja kan beres?
tidak semudah itu.. lagipula, saya yakin, para pejuang kita lebih suka merebut kemerdekaan dengan berjuang secara terhormat dan beragama..
sihir itu bentuknya juga kan macam2..
dan saya setuju lagi dengan dewa krisna, sihir yang ada tidak seperti sihir harry potter..
tp saya percaya ada jenis sihir yang bisa berubah bentuk menjadi hewan, sihir yang menuntut praktikannya untuk minum darah, minta korban nyawa, makan mayat, dan saya juga percaya sihir yang bisa mengendalikan orang mati (zombie memang ada lo.. dan dari yang perna saya baca, voodoo bisa melakukan itu.. @bro enigma, zombie jangan diulas ya, ntar saya ngga bisa tidur, hehehehe..) dan jenis2 sihir lain, salah satunya seperti yang disebutkan jmj..
yah, namanya sihir.. kepala jadi kaki atau kaki jadi kepala pun bisa..
jangan terlalu skeptis ah.. ;)

Lica Lawliet said...

@mba anakkucing : makasih2.... (gaya juara dunia) hiks (terharu) hehehehe :P

aw3ng said...

...gak dongeng herkules, gak blog Enigma...dewa brsbrangaaaannnn mulu...

@anakkucing: 2 d point, ane jg PCY SIHIR; btw, g ush jauh2 kok...Indonesia jg ada...tp cm sbatas bawa pulang mayat (yg mninggal di t4 lain)...ktnya si mayat bs dibangunin lagi, trus diintain tolong nunjukin jalan kerumahnya...bgt da smp rumah, urusini-itu sm kluarga, baru mayat "mati beneran" (ini dulu prna diuat di tabloid, tp anelupa...maaf...)
nemeng2 sihir, kebanyakan org meng-kotak-kan mjd 2 kubu yg kita knal dgn "white" dan "Black" magic...turunannya lagi banyak yg kita kenal...pelet, teluh, pesugihan (tms babi ngepet, kandang bubrah etc...) ane yakin, bgt ane sebut pelet, pst ada yg bpikir "ah, black magic tuh"...eit, jgn kburu2 judge dulu...buat beberapa kasus, pelet itu dibutuhkan...misal pasangan yg ditinggal selingkuh...msl black or white, itu trgantung prsepsi masing2...
klo diatara para pembaca ada yg menyanggah ataupun keberatan dgn bagian tulisan ini, mohon maaf, brarti anda orang baru di Indonesia...(^_^m) coz hal ini dah ada sjak jaman dulu
...brhubungan sm werewolf, mo ente yakin itu hoax, mo ente yakin tu magic, mo ente yakin tu ada, buat ane sah-sah aja...mo debat, sah aja..mo Skeptis skalipun, sah aja...asal jgn smp mempermalukan org laen, trlbih diri sndiri...
(maap bro En, kynya kali ini sdkt rd pajang...heheheee...)

shiirnyaak said...

mm, kalau werewolf bisa aja kan mungkin kayak penyakit yang kalau terkena sinar matahari akan rusaaak...
tapi kali ini jikaa terkena chaya bulaan purnama akan tumbuh buluu nah selain itu dia membunuh orang karena memiliki penyakit meminum darah manusiaa(kayak yg vampire itu lhoo) hmm, jadi penyakitnya campur-campuur gituu hahaha

Anonymous said...

@aw3ng,
Kalo nurut agamaku (Islam), sihir itu diharamkan. Gak boleh. Jd gk ada yang namanya black magic ato white magic.
Kalo misalnya hal2 luar biasa yg trjdi sm org2 yg dekat sm Allah SWT, spt wali, org2 shaleh, itu jg bkan sihir, tp karomah dr Allah SWT. Itu smua gk dplajari, n gk bs diulang2, krn tu adlh keistimewaan yg dianugrahkan olh Allah SWT.

Sori kalo sara...

Anonymous said...

VIC said . . .
Werewolf, legenda yg sangar
mngapa manusia bisa begitu pintar ya??

Anonymous said...

Leak werewolf versi indonesia? Gmana ya setau sy leak emang bs brubah jd monyet, anjing, api dll
tp menyamakan werewolf dngan leak ky na kurang tepat, karna leak itu ilmu hitam n merusak. . Btw bang iar lbh jelas posting tentang leak donk, trims ya

Anonymous said...

werewolf memang ada, saya telah bxk baca buku juga kesaksian ttg og yg menyerahk dirix 100% kpd iblis & pda akhir zaman jumlah mereka akn brtmbh bxk,..!!! pekerjaan mrk adlh mendisiplinkan para pengikut iblis. karena itu mrk sangat di takuti jg sgt d segani di kalangan pengikut iblis,. salah 1 buku yg mexinggung ttg mrk adl bebas dari cengkeraman setan, karangan rebeca brown,.. ulasan bang enigma mmg sgt bagus,..!!! salut bwt bang enigma.,...!!!!

mang said...

iya bro, amang sepokat lah, werewolf, werehog, weretiger, weremonkey dsb aktivitas sihir yang bisa mentranspormasi wujud manusa jadi hewan..
dulu bapaknya tetangga amang ada yang kyk gitu.. btw "were" tu artinya ngepet ya? hehe..

Anonymous said...

Wah werewolf ya 1 2 3 AUUUUUUUUUUU....heh he he (bahasa srigala)

Anonymous said...

dulu di lativi ada acara discovery channel klo ga salah, yg bercerita ttg serigala yg memangsa manusia di india,gw lopa tahun berapa peristiwa itu terjadi.

yg unik adalah para korban atau keluarga korban yg menyaksikan/mengalami serangan tersebut melihat sesosok manusia yg tinggi besar dengan mata menyala yg menyerangnya. begitu saksi warga kpd wartawan ataupun para pemburu dan ahli.
peristiwa penyerangan serigala selalu terjadi pada sore hari dan terjadi d banyak tempat di india. kebanyakan korbannya adalah anak".korbanya pun mencapai puluhan org...

saat di ujung acara tersebut ada yg menarik.
ternyata sebelum peristiwa penyerangan tersebut terjadi ada bbrp warga yg membunuh anak" serigala.
saat d tangkap/di bunuh serigalanya ternyata sangat besar,besarnya hampir sama kayak kap mobil depan(karena gw liat poto srigalanya d iket d mobil,hampir nutupin kap mobil)

mungkin bukan werewolf tapi ada masukan sedikit,
klo ketakuan kita bisa mengubah apa yg kita lihat menjadi sesuatu yg lbh menakutkan

Anonymous said...

werewolf?
knapa cuma aad di barat semenatar di indonesia (timur) cuma ada kuntilanak? knapa meeka berdua ga kawin aja dan ada anak werewofl yg bersuara meng kikik (ketawa kunti)? atau kunti yg bisa melolong?

tidak kah ada yg pernah memperhatikan bahwa hantu itu tidak ada karena adanya perbedaan jenis hantu di timur barat dan timur tengah?
hantu bukan setan ya!

harusnya mereka,dengan kekuatan super powernya dr dulu sdh berkeliling dan saling bertemu, menikah mungkin-sehingga ada hantu blasteran, hantu cina yg takut akan azan, jin/genderewo yg takut akan kitab injil atau bawang atau salib, mungkin drakula yg takut akan kitab quran....

setan mah ada-kalo engga siapa yg menggoda siti hawa?
jin genderewo, drakula, kuntilanak, tuyul... itu yg engga ada

Anonymous said...

lapor ada pencatutan (95% copas) tanpa disertai sumber dari bung enigma.

http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=36697:werewolf-dari-masa-ke-masa&catid=88:fenomena&Itemid=101

laporan selesai

enigma said...

Laporan diterima. Silahkan kembali ke tempat dan terima kasih.

Chris said...

Di sini juga hilang...

REPOST!


Kali ini saya tidak mau ketinggalan kereta lagi..hehe..

Saya suka membaca tulisan bang Enigma, mengalir lancar.

Jadi apakah werewolf itu??

Saya rasa itu tergantung 2 hal:
1.Definisi/persepsi mengenai apa itu werewolf

2. Cara pandang terhadap keberadaan werewolf


Definisi/persepsi terhadap werewolf menghasilkan identifikasi yang berbeda untuk definisi yang berbeda. Misalnya, jika werewolf adalah manusia berbulu lebat di tempat yang tidak semestinya, di wajah misalnya, maka penderita hipertrikosis bisa dianggap sebagai werewolf.
Tapi jika werewolf adalah seperti anggapan klasik, yaitu manusia serigala yang bertaring, bercakar, buas dan menyerang manusia, maka hipertrikosis dicoret.
Memang bisa jadi kisah werewolf adalah cerita hiperbolik yang terinspirasi kisah semacam Peter Stubbe di tahun 1591.
Tapi ini tidak menjelaskan kisah tentang werewolf dengan deskripsi klasik yang terjadi sebelum tahun 1500-an, seperti cerita Herodotus dari Yunani di atas.
Atau pun terhadap cerita-cerita serupa di berbagai belahan dunia.
Apakah ini cuma imajinasi yang kebetulan sama? Ataukah memang nyata?
Pertanyaan di atas jawabannya ada di balik kabut misteri...


2. Cara pandang terhadap keberadaan werewolf:

1. Skeptik
Cenderung menyangkal dengan argumen salah identifikasi, hoax, dsb. Tapi sepertinya pertanyaan kabut misteri kita sulit terjawab oleh penjelasan skeptik.

2. Scientific Skeptic
Cenderung menyangkal dengan argumen ilmiah.
Misal teori hipertrikosis. Walaupun sepertinya werewolf dalam pengertian klasik tidak akan pernah terjelaskan oleh sains.

3. Multiple explanation
Tidak ada penjelasan tunggal tentang fenomena/misteri werewolf di seluruh dunia.
Suatu saat memang murni salah identifikasi, di kisah yang lain cuma hoax, di kisah yang lain lagi hipertrikosis disangka werewolf, dsb.
Teori ini tidak menafikan wilayah non-scientific.
Penjelasan werewolf adalah bentuk aktivitas sihir dapat juga diterima. Karena hal-hal yang tidak diatur oleh hukum alam exist (hal-hal gaib).
Bahkan tidak menutup kemungkinan diantara sekian penampakan werewolf, beberapa di antaranya adalah jin.

Hmm.. Jika saya memilih, saya lebih cenderung pada 'multiple explanation'.

krisna said...

makin seru aja nih perbincangannya!
jadi bingung saya hehehehehehhe

Anonymous said...

bang, Vulkodlak apa sama dengan Kudlak lawan dr Krsnik??

fearvector said...

maaf saya telat nih komennya. baru nemu blog ini. gak tau kenapa, begitu baca posting yang ini, saya langsung keinget kisah babi ngepet di negara kita.
kan juga berubah tuh dari manusia ke hewan

V-man said...

waaah org yg yerakhir itu kayaknya pernah gw lait di tv deh...

Arestullah said...

Biarlah werewolf tetep menjadi sebuah misteri yang melengkapi cerita di dunia ini. Karna tanpa misteri dunia ini tak kan menarik untuk ditinggali

Unknown said...

ntuh mah tk d rgukan lagi...

sperti shir atau ilmu htam yg menumbalkan darah mnusia,korbannya harus anak" atw wanta ...

demi mendaptkan benda pusaka atau menambah ilmu agar lbih tinggi ...

Unknown said...

kalau mnrut aq ....!!

ntuh bsa za ilmu htam yg memakan korban,istlahnya minta tumbal ...

bsa za mnusia yg penganut ilmu htam menjdi srigala jdi"an....
dan memkan korban,yg korbannya adlh anak" dan prempuan

demi mndptkan bnda puska atw ilmu yg lbih tinggi ..

ntuh sja

NaptoR'z

Anonymous said...

mungkin sihir kali
kalo di indonesiakan ada babi ngepet
were wolf = membunuh
babi ngepet = mencuri

by aba gama

Andre Saputra said...

jaman sekarang gk akan pernah dunia percaya kalau werewolf memang ada, alasannya gk masuk akal lah apa lah... itu semua cuma Tuhan yang tau

harris aufa syah alam said...

babi ngepet adalah contoh manusia yang berubah bentuk menjadi hewan melalui sihir

riki's blog said...

maaf saya ingin mengomentari lycan dan werewolf itu beda
lycan ialah manusia yg bisa memilih ingin berubah kapan pun ia mau meskipun tak ada purnama

namun were wolf akan berubah jika ada purnama

dan lycan bukan hasil dari sihir itu murni kemampuan supehuman yg di miliki para superhuman

lycan tak membunuh dan memakan organ tubuh manusia dia hanya berubah untuk menakut nakuti dan lycan berasal dari transylvania abad pertengahan

lycan dan werewolf itu beda

dan lycan jika mati ya mati tak bisa hidup lagi
banyak fakta unik aneh dan menarik di dunia ini yg sengaja di simpan agar tak menjadi penyimpangan atas fakta tersebut

mahmudkamilsyakur said...

sip nih...aku suka selai dengan serigala...apalagi werewolf...thnx infonya

salam....
Kamilato

FB: mahmudkamilsyakur@yahoo.com

alan joe said...

tau gx cara efektif jadi werewolf? coz imajinasi ku dari kecil

kalo digigit mati lah kan bakal dimakan ya kalo werewolf ny kenyang ato puasa >.<

tapi katanya jadi werewolf sulit y? coz harus putra ke 7 dari 7 ber sauddara

ya gw si percaya ada werewolf.... coz orang dulu kan anak nya byk....
ya sekiat coment gw trims kalo dibaca

Post a Comment