Friday, May 14, 2010

Lima makhluk bumi yang mungkin bisa hidup di luar angkasa

Selalu ada pertanyaan di dalam benak kita semua: "Apakah ada makhluk hidup yang bisa tinggal dan bertahan di planet lain?" Jika kita berbicara soal manusia, mungkin tidak. Tetapi, mungkin lima makhluk bumi di bawah ini bisa.


Untuk bertahan hidup, manusia selalu membutuhkan unsur-unsur pendukung kehidupan seperti oksigen. Namun beberapa makhluk hidup yang ada di bumi ini ternyata memiliki karakteristik yang cukup unik dan karakteristik ini memungkinkan mereka untuk hidup pada kondisi ekstrim di luar angkasa.

Sekarang, mari kita lihat lima makhluk super berikut ini:

Cacing yang hidup di es Metana


Saya tahu, melihat foto di atas, kalian mungkin akan teringat dengan salah satu makhluk dalam film alien. Namun, makhluk yang terlihat cukup mengerikan di atas sebenarnya adalah makhluk bumi. Ya, ia diam di antara kita.

Makhluk itu sesungguhnya adalah seekor cacing yang hidup di lempengan es Metana yang terdorong ke permukaan dari dasar laut di dekat pantai Mexico.

Es Metana adalah sebuah gas hidrat yang terbentuk secara alami pada tekanan tinggi dan temperatur rendah di dasar laut yang dalam.

Menurut para ahli dari Pennsylvania State University, penemuan cacing ini telah membangkitkan berbagai spekulasi mengenai kehidupan di luar angkasa.

Erin McMullin, salah satu peneliti yang turut menemukan cacing tersebut berkata:
"Sangat menyenangkan ketika kita sibuk berspekulasi mengenai kehidupan di planet lain, kita malah terus menemukan bentuk kehidupan baru yang sepertinya bukan berasal dari bumi."
Lalu, jika kita memberikan sebuah tempat baru baginya di angkasa luar, dimanakah tempat yang cocok baginya?

Jawabannya adalah di Titan, salah satu bulan Saturnus.

Di Titan, terdapat lautan Methana yang berlapis-lapis. Jika kita menaruh cacing ini di Titan, ada kemungkinan ia dapat bertahan hidup dengan mendiami lapisan es tersebut.

Makhluk yang bisa hidup di ruang hampa



Setelah melihat foto di atas, saya yakin, kebanyakan dari kalian akan segera teringat dengan beruang. Tidak salah juga. Tapi, makhluk lucu ini bukan seekor beruang. Ia bernama Tardigrade. Karena kemiripannya dengan beruang, ia juga sering disebut dengan nama Beruang air.

Berbeda dengan beruang darat yang bertubuh besar, makhluk ini hanya memiliki panjang sekitar setengah milimeter. Ini membuatnya tidak terlihat oleh mata telanjang.

Tetapi, jangan menilainya hanya dari ukurannya. Makhluk mikro ini termasuk salah satu makhluk hidup yang paling tangguh di Bumi.


Ia memiliki satu kekuatan super.

Ia bisa masuk ke dalam kondisi diam sempurna yang disebut TUN. Dalam kondisi ini, makhluk ini bisa bertahan terhadap fluktuasi temperatur, bahkan yang paling ekstrim sekalipun.

Pada tahun 2008, beberapa ekor Tardigrade ikut dikirim ke luar angkasa dan terbukti kalau mereka bahkan bisa bertahan di dalam ruang hampa udara.

Jadi, jika kita melepasnya ke ruang angkasa, ada kemungkinan kalau makhluk ini bisa mengarunginya hingga menemukan tempat berdiam yang cocok baginya.

Cacing raksasa pemakan belerang
Makhluk ini hidup di tepi gunung api super panas jauh di dasar lautan. Dan ia memakan belerang yang dibawa oleh bakteri lokal.


Cacing raksasa ini bisa bertumbuh hingga sepanjang 2,1 meter dan bisa hidup 5 mil di bawah permukaan laut dalam kondisi tekanan yang ekstrim. Tubuh mereka didominasi warna merah. Ini karena banyaknya nadi yang berisi darah di dalamnya.

Yang menarik dari cacing ini adalah kemampuannya bertahan terhadap panas yang ekstrim dan masih tetap bisa menerima kebutuhan hidup yang cukup.

Dimanakah tempat yang cocok baginya di luar angkasa?

Makhluk ini mungkin bisa hidup di Venus dimana terdapat sumber belerang yang luar biasa banyak.

Mikroba Antartika pemakan besi
Darah mengalir deras di Antartika. Apakah ada pembantaian hewan besar-besaran sedang berlangsung?


Tidak! Unsur berwarna merah itu ternyata mikroba yang berdiam di dalam kumpulan air yang terjebak di bawah lapisan es.

Menurut majalah Nature:
"Cairan ini telah terjebak di dalam glasier selama paling tidak 1,5 juta tahun lamanya. Di dalamnya, paling tidak terdapat 30 jenis bakteri yang masing-masingnya memiliki pergerakan kimia yang unik."
Menurut salah satu peneliti bernama Mikucki, mikroba ini menggunakan sulfat sebagai katalis dalam sebuah rantai reaksi yang kompleks dimana penerima elektron akhirnya adalah besi.
"Ini adalah contoh bagaimana sebuah ekosistem berhasil bertahan walaupun tertutupi oleh kegelapan dan es yang tebal."

"Life Finds a Way."
Dengan karakteristik ini, maka mikroba ini mungkin dapat hidup di Europa, salah satu bulan Jupiter yang memiliki lautan yang kaya akan zat besi di bawah lapisan esnya yang tebal.

Bakteri yang mampu bertahan dari radiasi

D. Radiodurans adalah nama bakteri ini. Ia mampu bertahan dalam dosis radiasi yang seribu kali lebih kuat dibanding dosis yang dapat diterima manusia.


Kemampuan ini didapatkannya karena sistem pemulihan DNAnya yang unik.

Manusia yang menerima radiasi umumnya meninggal karena partikel radioaktif tersebut menghancurkan DNAnya. Akibatnya sistem regulasi di tubuh pun terhenti.

Namun bakteri ini secara menakjubkan mampu menyusun kembali DNA nya yang telah hancur.

Salah satu masalah yang dihadapi ketika manusia mencoba untuk hidup di bulan atau Mars adalah adanya radiasi yang cukup mematikan. Jika bakteri ini dilepas di angkasa, maka radiasi yang ada di sana tidak akan mampu mempengaruhi tubuhnya.

Jadi, jika suatu hari kita menjelajahi angkasa luar dan planet-planetnya, jangan heran kalau suatu hari kita bisa menemukan makhluk seperti ini di sana. Mungkin saja.

(i09.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

96 comments:

Lica Lawliet said...

ihh.... menjijikkan.... cacing semua.... T___T
tp yg paling saya suka yg terakhir.... bakteri.... hehehehehe :P

Nate said...

cih!saya gagal jd pertamax...hiks2...lain kali saya akan brjuang lbih lg!><

o ya!!saya tdk stuju dgn prkataanya om enigma yg blg "hewan lucu" brnama tardigrade yang mirip dgn "beruang"...saya tdk terima!!beruang jauh lbh lucu dr mahluk itu....TT.TT

tp, postingannya keren! :D

Anonymous said...

keren bang !!!
tapi apakah masih ada makhluk lainya yang bisa bertahan di luar angkasa selain kelima makhluk di atas bang ???

Vahn Saryu Personal Blogz said...

Bro enigma akhrnya psting ttg hwan lg..
Mgkn lbh tpatnya "life will find the way" bro,just kidding,he..he..he
Soal bktri yg thn rdiasi i2, knp nggak diekstrak sja y buat mnusia sbg obt?ato sdh dlakukan tp blm ada hslnya?

raflesia said...

Cacing raksasa pemakan belerangnya bisa ampe 2,1 meter
berarti gede bgt

Anonymous said...

keeenam!!!!!
mao comment ma indigo, trnyata uda ada posting baruuuu

@nate, lebi lucu teddy bear!!

mungkin gak yah, makhluk-makhluk tsb justru berasal dari planet-planet tsb??

John said...

Sudah diuji coba betulan di taruh pada planet/bulannya masing-masing apa belum?

enigma said...

@Van Sharyu: "Life Finds a way" adalah kutipan dari sumber aslinya.

@Anoymous: Saya tidak tahu apakah ada makhluk lain yang memiliki karakteristik seperti mereka.

@John: Belum dicoba. Paling cuma Tardigrade yang dibawa ke luar angkasa.

Vahn Saryu Personal Blog said...

@ Enigma
Oo maaf bro,sy kira anda sndri yg mnulisnya..
Sy prnh dgr klimat ini dr Dr. Malcolm di flm Jurassic Park :)

ANIS said...

WOOOW....nice posting Bang..
Mo nambahin aja soal Tardigrade...
Mereka dapat bertahan 1000x lipat terhadap radiasi dibandingkan binatang lain dan juga manusia, bahkan mereka bisa hidup pada suhu minus 272 derajat celcius dan juga suhu sepanas 151 derajat celcius. bukan hanya itu, bahkan binatang ini bisa bertahan lama tanpa air, dan juga sanggup hidup di ruangan hampa udara selama 10 hari.

Sumber : http://www.apakabardunia.com/post/uncategorized/binatang-binatang-paling-tangguh-di-bumi

Suwun...Kl ke jogja main ya Bang...??hehehe....

Andika said...

Wah, mana namanya Bang,

Untuk yang No.1,3,4, kok gk ditulis namanya,

Si Vahn penghinaan bgt lu.........

enigma said...

@Anis: bagus juga informasi kamu, bisa nambah-nambah pengetahuan. thanks ya. :P

rark said...

Keren bang enigma. Btw, waktu saya baca berita di yahoo, ada informasi cukup unik mengenai "pembajakan" pesawat luar angkasa voyager 2 oleh alien. Berikut ini linknya (http://id.news.yahoo.com/viva/20100513/twl-pesawat-luar-angkasa-voyager-2-dibaj-cfafc46.html). Mohon diselidiki dan dianalisis bang. Terimakasih. Keep the great posting and success

mbah ware said...

Posibilitas dan probabilitas menurut Mbahware :
- Bahwa alam raya ini berkaitan antara satu dengan yang lain dan semua entitas yang ada di bumi mungkin juga bisa ditemukan di belahan jagat raya yang lain. ( ingat bahwa bumi ini dulunya memiliki mega continent yang akhirnya karena pergerakan bumi hingga sekarang menjadi lima buah benua besar dan ratusan ribu pulau besar hingga kecil.Contoh :Kita bisa menemui hewan yang sama persis meski berbeda benua...seperti Panthera Tigris yang bisa kita temui diseluruh benua Asia memiliki kesamaan dengan Panthera Onca/jaguar yang berada di benua Amerika)

- Bahwa berjuta-juta tahun yang lalu saat bumi rentan dengan hujan meteor ,bakteri dan organisme yang ikut terkandung dalam batuan angkasa tersebut terjebak di bumi akhirnya menjadi koloni baru yang bukan asli entitas bumi ( contoh : Nanobes bisa dilihat di http://mbahware.blogspot.com/2009/11/alien-dari-perut-bumi.html )
wakakakaka.....udah dulu deh...entar aja sisain komen buat sih chris...wakakakaka

harits indi pradana said...

Oh my..gatel liatnya..
(='3'=)
Andai bsa ky d film,gbngin dna manusia ma mikroba,asik tuh..

Anonymous said...

WOOW keren. trnyta ad hewan yg bisa hidup dluar angkasa.
tpi knpa serem" smua gitu hewanny.
liat gambrny aj mrinding aplg asliny. hiii

vhz

Anonymous said...

D'virgo said...

Keren deh...!
Jd mkin ykin kalo dplanet lain jg mgkn bsa ad makhluk idup'a..kyk dbumi qta ni..

aw3ng said...

Bro, di foto cacing es Metana ada tulisan 1 mm...ukurankah? ukuran apa-yg mana?

bang tio said...

tumben posting pengetahuan bukan misteri. Tapi tetep.....

Nice info gan!

jemon said...

hm..
Hebat.
Mungkin ini hewan ACDC.
Bisa aja ini mahluk luar angkasa yg bisa bertahan hidup di bumi. yg bisa bertahan dengan oksigen.
Who know?
Eniwey,, mo nanya mas E, video ufo haiti menakjubkan bgt. Udh berkali-kali liat,msh tetep terpukau. Pertanyaanya, menurut anda Itu asli nggak sih?

Anonymous said...

Ada 1 lg yg bsa hdup d luar angkasa.
Aku..!
Hahaha

peace..!
RY

Anonymous said...

^;^

Bagus banget Bang Enig Ma..

^;^

^;^mindhack^;^

Belajar hidup said...

Nice artcle enigma.Ternyata banyak ya mahluk2 unik yg blum kita kenal rupa dan sifatnya.Eh, trnyata baru sdar ternyata aku hanya manusia biasa.Maha Suci Allah yg telah menciptakan kita semua.Ilmu kita hanya seumpama 1 tetes air di lautan.Keep posting enigma

Mohammad Reza said...

Binatang-binatang itu mampu hidup di tekanan yang sangat tinggi. Dan sebagian besar yang hidup di dasar laut memiliki tubuh yang transparan, ada udang transparan, dan lain sebagainya. Artikel yang bagus bro. Mungkin bisa ditambahkan juga mengenai adaptasi makhluk hidup yang jarang diketahui umum..Seperti Salamander yang menggulungkan tubuhnya hingga berbentuk roda

Jajat said...

Jatz

Hmm, jadi inget SETI (Search of Intelligent bla bla bla, mf lupa lagi).
Bang Enigma, tolong post tentang sinyal WOW yang pernah ditangkap radar SETI donk. . . penasaran nih. mUga di request ku di confirm.

DeeLaBeLLe said...

Ho oh, ngliatny jd gatel. Pertama kali liat tardigrade ak malah liatny kaya babi bukanny beruang :P geli euy ngliatny, hiyyy...!!

Anonymous said...

chris mana?? !anceman! awas kalo chris cuma ngulangin yang diatasnya ajah!

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Qereeen... ^0^
Tumben posting yg unik2 om. Tp q suka!

Kelima mkhluk unik itu hbat yach...

Oya om bleh nambahin gak?? Stlh q sercing2 di om google kykx da kndidat baru, kyk bkteri yg bs mbentuk spora, sporax ini tahan cuaca sngat pnas ato sngt dngin,, n slama dlm bntuk spora dia kykx brhibernasi, gk aktif, tp tetep hdup...
Oya 1 lg: mgkn virus bs jd kndidat om?
Dnger2 seyh virus kalo gk dlm tbuh manusia bs jd kyk bnda mati,, n hidup lg kalo dah dlm tubuh manusia..kykx virus bs hdup di planet pluto yach..xixixi...

PFJ b.2 said...

Mas Enigma, saya request berita2 hoax lagi dong!
Saya seneng baca hipotesa2 mas Enigma dalam membongkar hoax.
Salut saya. belajar dari mana ya?

PFJ b.2 said...

Oh iya, saya tadi baru baca artikel tentang alien UMMO. Bisa dibahas gak. Itu hoax apa beneran. Dinilai dari sudut pandang mas Enigma tentu.
Saya baca dari http://artikelmenarik.wordpress.com/2009/11/26/kontak-makhluk-dari-planet-ummo/

Daun Electonic Book said...

Keep Posting Bro nice article! tapi apakah mahluk2 ini dapat bertahan tanpa oksigen di planet lain? dan tahan terhadap tekanan?

Anonymous said...

manteb-teb-teb-teb baru kali ini gue tahu ttg makhluk-2 itu,mungkin lain kali bisa menyusul makhluk-2 lainnya bung..???thx

Andika said...

@ My Heart2105

Setahu saya yang namanya bakteri tidak dapat hidup tanpa INANGNYA(organisme lain).
Tidak hanya itu Virus juga tidak dapat hidup jika organismenya sembarangan, karena mereka memerlukan oganisme spesifik.
Contoh: HIV/AIDS, virus ini tidak dapat tumbuh pada nyamuk kenapa?, karena virus HIV memerlukan Leukosit sebagai Inangnya.

Anonymous said...

om enigma...
ak nanyak tentang postingan yg lalu...ttg mars pnya langit biru tuh,,,,
kalo mars punya langit biru berarti mars tuh punya lapisan atmosfer sma kemungkinan mempunyai oksigen jga...
apa brarti tuh ad kehidupan di sono..

enigma said...

@aweng: yang pasti itu bukan ukuran cacingnya. cacingnya memiliki panjang sekitar 1-2 inci.

@jemon: UFO Haiti belum saya lihat

@Myheart: memang bisa. makhluk2 seperti virus biasanya memang memiliki kemampuan unik.

@PFJb2: iya, ntar kalau ada hoax yang keren, saya tulis. Nggak belajar darimana2. semua org bisa asal mau mikir.

@Daun electronic: ada yang bisa. dari lima itu ada.

@Anonymous: Kehidupan di Mars memang bisa jadi ada. Tapi berupa organisme sejenis makhluk di atas.

Andika said...

kalau makhluk mars cuma ada yang kayak diatas, bagaimana cerita piramid dan wajah orang di Mars

enigma said...

@andika: virus bisa juga bertahan hidup tanpa inang. Walaupun mrk bth inang utk mereproduksi.

Anonymous said...

wah, mungkin klo cocok sma manusia bsa d ambil tuh k'mampuan'a biar manusia bisa kebal d luar angkasa + jdi manusia super. t'rutama bakteri t'rakhir yg bsa regenerasi DNA'a .. (ngayal mode : On)

By : Koe-chink

Anonymous said...

@DeeLaBeLLe:Ho oh, ngliatny jd gatel. Pertama kali liat tardigrade ak malah liatny kaya babi bukanny beruang :P geli euy ngliatny, hiyyy...!

Akk jg pertama ngeliat tardugrade kayak beruang..hheu ^_^v

Anonymous said...

posting lg donk Mr.E...bacaan.a sll jd no.1...^_^

Anonymous said...

yg mirip beruang itu kyk monster yang ad di monster inc

Andika said...

@Enigma, memang betul virus bisa survive dialam bebas, tapi hanya dalam bentuk kapsula(spora-nya)

Anonymous said...

Bro Enigma, minta ijin copas ya.

Rasanya manusia juga bisa. Baru-baru ini kan ada penemuan aneh di India. Ada manusia selama 70 tahun lebih tidak makan dan minum.

Henry
misteri.web.id

Nate said...

@anonymous yg blg lucuan teddy bear : hahahaha.....iya....

shiirnyaak said...

pantesaaan, film-film hollywood biasanya bentuk alien kayak hewann-hewan diataas, berlendir kek mulutnya gede kek hahha :D

rommy said...

wah bro enigma, bru kali ini saya bsa kasih koment..mantaff artikelnya, saya pengagum anda sejak lama dan selalu mengikutin postingannya

Massilia said...

Wih menakjubkan. Andai kita bisa bertahan di ruang hampa, sudah pasti bangun rumah di Bulan. hehehehe

Anonymous said...

dengan artikel bang enigma saya 99,9999999999999% percaya klo ada kehidupan lain selain di bumi entah hanya makhluk sederhana ato makhluk tingkat tinggi.

theaskingman said...

wah sifat2 bakter dan cacing itu bsa dimanfaatkan bwt vaksin kali ya

kodzan said...

Yap benar sekali..... Teruskan kiprahmu Mr. Enigma, namun saya juga mau tanya itu semua hampir kesuluhan adalah pekerjaan NASA (USA), apakah kemungkinan ada konspirasi??

Anonymous said...

lala said,,
waduh long weekend bikin aq jd ktinggalan 2 posting nee!!
Btw, ttg postingan di atas nee,, ternyata semuanya itu makhluk mikro y!!
Satu hal yang bisa aq petik dri artikel ini yaitu jangan pernah menganggap remeh sesuatu yang kecil..
Liat aja smua makhluk diatas, semuanya berukuran mikroskopis [eh ga smua deng hhe..] tapi punya kemampuan yang sangat luar biasa yang blm tentu dipunyai makhluk lain termasuk kita manusia!!
pokonya nice deh.. tx

Chris said...

Waduh, saya ketinggalan kereta lagi...

@mbah ware: wah, komennya sudah diborong nih... :)

@anonymous yang pakai kata 'anceman': saya komentar sesuai apa yang saya ketahui saja...haha :)

Saya suka artikel ini, karena membawa kita merenung sejenak akan eksistensi kehidupan yang ekstrem yang mungkin luput dari perhatian kita. Saya memandangnya sebagai bagian dari tanda kekuasaan Tuhan. Dia berkuasa menciptakan makhluk-makhluk yang menakjubkan. Saya sama sekali tidak memandang keberadaan makhluk-makhluk berukuran kecil ini (kebanyakan mikroorganisme) sebagai bukti bahwa kehidupan di muka bumi ini berasal dari makhluk bersel tunggal dari luar angkasa dan mengalami evolusi sehingga menjadi berbagai spesies di bumi ini. Saya tidak mempercayai teori evolusi, dan saya punya dasar untuk itu.

Hmm..sepertinya dari ke-5 makhluk tangguh itu, kebanyakan mikroorganisme-lah (seperti bakteri) yang memungkinkan hidup di luar bumi. Mereka semua tergolong kepada makhluk dengan morfologi sederhana dibandingkan manusia atau vertebrata pada umumnya. Jumlah sel tubuh mereka yang relatif sedikit dibandingkan kita, memungkinkan metabolisme dan biomolekular tingkat sel yang ekstrem. Seperti kemampuan reparasi DNA spontan saat rusak terkena radiasi, atau pun perbedaan sistem penghasil energi: atom sulphur sebagai akseptor elektron, bukan atom oksigen pada kebanyakan spesies (keunikan ini dimiliki oleh cacing warna merah pemakan sulfur), atau pun penghentian/penurunan aktivitas selular secara 'ekstrem' pada fase TUN pada tardigrade, dsb.
Semuanya itu rasanya hampir mustahil dilakukan pada makhluk 'tingkat tinggi', multiselular, seperti kita manusia.

Menanggapi komentar Myheart2105 dan Andika:

Saya rasa apa yang disampaikan Myheart benar. Memang ada golongan bakteri yang mampu bertahan dalam keadaan ekstrem, yaitu bakteri yang ber-spora. Spora merupakan dinding sel yang kuat yang melindungi bakteri dari faktor luar yang ekstrem, misalnya suhu yang sangat panas atau sangat dingin, radiasi, absennya udara maupun air, sehingga saya rasa bakteri ini mampu bertahan di luar bumi. Bakteri ini contohnya adalah dari genus Clostridium (Clostridium tetani, Clostridium perfringens, dsb).
Rasanya bakteri ini ada dipelajari di Biologi SMA. Info lebih lengkap silakan baca di sini:
www.daviddarling.info/encyclopedia/B/bacspores.html

@Andika:
''Setahu saya yang namanya bakteri tidak dapat hidup tanpa INANGNYA(organisme lain).''

Hmm..mungkin maksud anda adalah 'virus', bukan 'bakteri'. Karena setahu saya, bakteri memang dapat hidup tanpa inangnya, maksudnya tidak memerlukan sel makhluk hidup lain untuk berkembang biak.
Lagipula anda kemudian melanjutkan kalimat anda dengan ini:

''Tidak hanya itu Virus juga tidak dapat hidup jika organismenya sembarangan, karena mereka memerlukan oganisme spesifik.''

(Bersambung...)

Chris said...

(Sambungan...part 2)

Mengenai Virus, hmm..saya setuju, dengan catatan paling tidak bukan untuk semua jenis virus.
Secara umum, virus memang digolongkan makhluk 'peralihan' antara makhluk hidup dan benda mati. (Tapi walaupun demikian, saya tidak menganggap hal ini menguatkan teori evolusi, saya lebih cenderung mengatakan itu adalah 'keunikan' virus). Dikatakan makhluk hidup karena virus bisa bereplikasi dan memiliki materi genetik seperti enzim, DNA atau RNA. Dikatakan benda mati, karena tidak aktif jika berada di luar sel, hanya akan aktif jika telah berhasil memasuki sel, dan bisa mengkristal.

Secara umum, beberapa jenis virus memiliki selubung atau kapsid yang melindunginya dari kondisi ekstrem, misalnya suhu sangat panas atau sangat dingin. Dan jenis virus ini sepertinya dapat bertahan di luar bumi.
Tidak semua jenis virus memiliki kemampuan ini. Virus flu burung, varicella merupakan virus yang (pada dasarnya) rentan/rusak karena suhu tinggi ataupun rendah.

@Andika:

''@Enigma, memang betul virus bisa survive dialam bebas, tapi hanya dalam bentuk kapsula (spora-nya)''


Mau menanggapi dan mengkoreksi sedikit. Saya rasa istilah 'spora' kurang tepat, karena itu merujuk pada pelindung bakteri terluar yang terdiri bahan penyusun dinding sel (peptidoglikan dengan pola tertentu) yang berisi copy materi genetik bakteri. Sedangkan pada virus, istilah 'kapsul' sudah tepat, karena berbeda dengan 'spora' bakteri, kapsul (atau lebih tepatnya 'kapsid') virus dibentuk oleh protein.

Oya, mau menambahkan sedikit. Mengenai ''Mikroba Antartika pemakan besi'', kalau tidak salah itu adalah bakteri dari golongan thermophillus.

Anonymous said...

2 words : keren bang
"Life Finds a way" -> like it.. ^_^

Anonymous said...

mr. enigma selama ini kita banyak banget mendengar tentang makhluk yang punah selama manusia hidup di bumi, tp sebenarnya ada g makhluk yang baru muncul/berevolusi selama peradaban manusia? jgn2 teori evolusi memang salah.
oya, bang bahas tentang teori2 antara evolusi dan kreasi ya.. seru kyknya

Octorio said...

Kayak Film Jurassic Park,tokoh yg bernama Dr.Ian Malcolm blg "Life Finds a Way" ketika dy dminta memberikan pendapatny tentang pembangunan Jurassic Park yg membuat Cloning Dinosaurus memakai Gen katak Afrika utk melengkapi rangkaian DNA Dinosaurus yg menyebabkan dino2 itw terlahir sbagai Hewan Betina smwny..tp trnyata sx lg "Life Finds a Way" n Dino2 itw trnyata Berkembang Biak karena Ternyata Gen Katak2 afrika itw dapat berubah kelamin d Lingkungan yg Hanya memiliki 1 Jenis kelamin utk mempertahankan Keturunanny n itw terjadi pd Dino2 Peliharaan JP trsebut..Y Hidup Mank Mistery,n Manusia ga bs mengontrol seenakny Kehidupan d bumi layakny God..
keep posting Om Enigma..Sukses Slalu!!!

alif said...

wew,,,,,,,,hebat banget tuh...................sya suka itu,,,,,,,barutau saya mahluk bumi bisa hidup di luar angksa..............trima kasih atas informasin nya

Andika said...

@Chris

Jika anda masih membuka artikel ini kembali.
Kalau untk comment anda yang pertama, itu salah tulis (mohon maaf), tetapi saya rasa di baris kedua telah saya lengkapi dengan kata Virus(dalam arti ini saya benar). karena My Heart 125 berkata ada virus yang bisa hidup di Pluto.
Untuk comment kedua saya mengistilahkan spora karena lupa penyebutan kapsid(saya tuliskan kapsula).

Dan anda memang benar pelajaran ini ada di biologi kelas 1 SMA. Mengapa saya tahu, karena saya telah lewat 1 tahun dari masa itu, atau tepatnya kelas 2 SMA. Dan anda tampak betul2 orang science atas comment anda selama ini.

BTW thnks untuk info tambahannnya.

Anonymous said...

*menyeruak dari gunungan kertas laporan, module, n diktat*
HIIIIIII....... I AM BAAACKKK!!!!!!! :) :)

@Chris: seingat saya pada comment kamu beberapa postingan yg lalu, kamu mengakui jika kamu berusia 22 thn, mahasiswa. tapi kok sekarang: "karena saya telah lewat 1 tahun dari masa itu, atau tepatnya kelas 2 SMA." mana yg bener? banyak aliasnya...........

Ms. Terry

Anonymous said...

bung enigma saya anonim May 18, 2010 8:53 AM

saya protes pertanyaan saya ga dijawab2! apa bung enigma g mnjawab prtanyaan dr anonim?

enigma said...

Ohya. Saya minta maaf. Hehe. Kelewat. Apakah ada makhluk yg muncul stlh peradaban manusia? Pertanyaan ini ambigu. Jd jawbnya susah. Yg ada adlh makhluk jenis br dr hasil persilangan atau makhluk yg br ditemukan. Sy tdk percaya ada makhluk yg berubah bentuk dr bakteri atau muncul dr kekosongan.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@ms terry: kamu slh nangkep tuch maxudx...
Yg ngomong:
"karena saya telah lewat 1 tahun dari masa itu, atau tepatnya kelas 2 SMA."

Ini khan kata2x si andika...bkan si chris...xixixi...

Anonymous said...

wah boss sepertinya yang nomor 1 itu,sama dengan cacing pantai(klo di daerah Kepulauan bangka belitung) disebut PUN-PUN.dan dari semua binatang diatas tak satupun yg bisa bertahan dari ASAM dan BASA.cuma kasih info aja nih bro hehehehe

Chris said...

@Andika: sama-sama...

@ms terry:
Yang anda kutip adalah kata-kata Andika. Dia kelas 2 SMA.

Anonymous said...

keerrrweennn gan tolong donk post fenomenon mimpi mati

Viorenda Caroline said...

wow, kotak commentny di buntut, hahaha..saya kira ga ad kotak komen. Mungkin lebih baik diletakkan tepat di bwh artikel, supaya ga cape rolling ke bwh, hehe. tp it cm saran.

artikel ini: WOW! bahkan ak blum pernah liat binatang2 itu dengan mataku sendiri dan aku ga pernah tau. bener2 alien bumi, hahaha

Nice article

Me_OnX said...

hebat bged lho....lo kta jdi slah stu dri mreka,ena ea bisa k'luar angksa tnpa da prlatan...^_^

Anonymous said...

interesting post bung...

cuma nambahin mungkin agan semua udah tahu,

sel adalah bagian penyusun tubuh kita yang terkecil,so tubuh kita adalah sekumpulan sel...
bakteri adalah bentuk kehidupan yang kecil en dahsyatnya bakteri yang bersipat merusak (apatogen kalo ga salah )bisa merusak struktur dari sel..tapi yang lebih dahsyat lagi adalah virus,dia bisa merusak struktur dari bakteri...

kalo persepsi saya
sel = manusia,hewan dan tumbuhan
bakteri = jin dan mahluk gaib
virus = setan dan iblis
jdi kalo dliat dari postingan om...
cm yang no 2 ma 3..,jd mungkin tuhan punya jwbn knapa mereka bisa berthan dari panas en keaadan ekstrem lainnya..,

Meg Lee said...

jangan-jangan makhluk2 diatas td memang alien beneran yang udah hidup d bum ratusan tahun, hehe.. bisa jadi kaaann

Arthur said...

eem, tp kyk'ny ad yg slh ni, cacing raksasa pemakan belerang kn hdp'ny di laut, sementara di venus kn gk ad laut, jd mnurt saya mereka tdk bisa hdp di venus, walaupun di sana ada belerang yg sngt bnyk.

Anonymous said...

HeruE said:
beruang air beneran ada ya..
kirain cm ada di spongebob..
hebat2 tu makhluk.apa mereka masih prlu oksigen?

Samuel Harlas Yoga W said...

mas, ijin copas ni blog saya http://sidu-not.blogspot.com/ .......
makasih........

Herman said...

Ijin Copas yah gan.. Nanti saya cantumkan sumbernya..
Nice Info..

Anonymous said...

Banyak yang bisa dipelajari dari makhluk2 diatas
secara ilmiah tentunya

Post a Comment